Issuu on Google+

ELM. 5.21

ALAM SINERGY Salam Keselamatan. Bulletin “Kalawarti” tercinta di edisi ke 9 hadir di penghujung bulan April 2009, Bukan karena alasan malas para redakturnya, tapi bener-bener belum ada kesempatan menuangkan Materi yang ada dalam bentuk Tulisan, Jadi ya mohon di persory (eh..dimaafkan). Tapi masih dengan semangat, tetap Hadir di papan informasi dan memberi Kabar dan informasi seputar kegiatan atau aktifitas karyawan dan kebijakan Management PT.RA. juga sosialisasi segala sesuatu yang terkait dengan Safety Health & Environment. Yang pasti tetep dikemas dalam suasana menarik dan tetap Mencerdaskan. Yang dapat kami tampilkan kali ini antara lain: Rekaman training K3 Pertambangan, Deliveri Unit Liebherr 9250 dan OHT 777 baru, info keSEHATan, Refresh Operator Trailler, Rekomesioning Unit dll. Dan “Yang Yang Tetap” Tetap” tentunya: tentunya Profil Kita , Info Rambu dan , Info Karier. Dan Kali ini tidak ada Info Incident Injury, karena alkhamdullilah nggak ada Kecelakaan yang menyebabkan Cidera.sampai disusunnya Bulletin ini, Terakhir ...kiranya Bulletin kita ini Tetap dapat memberikan informasi yang bermanfaat, dari dan untuk kita bersama dan tetap Mencerdaskan tentunya!!! Salam Keselamatan

Redaksi. INFO RAMBURAMBU-RAMBU

TEMPAT PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELKAAN Kalau di Bulletin sebelumnya kita sampaikan Mengenai Rambu “BATAS AKHIR DILARANG MENDAHULUI”, kali ini kita akan menjelaskan secara singkat saja Perihal Rambu yang ada di Samping kita ini. Apa sebenarnya pesan yang ingin disampaikan dari Rambu ini. Apabila terjadi incident atau kecelakaan segera lakukan pertolongan pertama dengan mengevakuasi korban ketempat yang telah di di beri tanda rambu ini, karena dari sinilah dalam keadaan darurat akan dilakukan pertolongan awal bagi korban yang mengalami cedera atau luka. Dan biasakan belajar untuk memahami ERP (Emegency reponse Procedure) gunanya anda tidak panik didalam menghadapi keadaan yang bisa membuat yang mengharuskan anda berbuat yang bisa menolong diri anda sendiri dan orang lain yang berada di sekitar kejadian.

Nah, dengan rambu rambu ini diharapkan dipahami oleh para pekerja agar tidak terjadi kebingungan didalam mengevakuasi korban kecelakaan atau insident khususnya di site adaro indonesia.

Training Kompetensi “K3 Pertambangan” Lagi-lagi PT. Rahman memberikan kesempatan kepada karyawan untuk bisa menupgraded pengetahuan dan kemampuan khusunya untuk para pengawas. Training ini ditujukan untuk bagaiman mereka bisa mengerti kegiatan operasional pertambangan yang memiliki kareteristik yang khusus, yaitu : padat teknologi, pada investasi, dan resiko bahaya yang tinggi. Oleh keran itu sifat khusus tersebut diatas, maka pengelolaan kegiatan pertambangan dilapangan memerlukan konsentrasi yang lebih di semau aspek. Aspek-aspek terebut, antara lain aspek teknologi/efisiensi adan aspek keselamatan dan kesehatan kerja para karyawan dilapangan. Guna mendukung efisiensi dan produktivitas yang ditargetkan, maka perlu suatu aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang baik. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemahaman dan pengertian keselamatan kerja dan yang benar kepada seluruh orang yang berkecimpung pada kegiatan usaha pertambangan tersebut. Didalam training ini pemahaman K3 yang benar dari semua lini management sangat memberikan arti dalam rangka pencegahan kecelakaan dalam kegiatan pertambangan. Dimana diharapkan produksi optimal, namun kecelakaan nihil dan itu sasaran yang ingin dicapai. Perlu disadari bahwa pemahaman dan pengertian keselamatan dan kesehatan kerja tersebut merupakan kempetensi penting yang dimiliki para pelaksana dilapangan yang juga menjdai tanggung jawab pada kepala teknik Tambang dilapangan dalam menjalankan tugas operasional dilapangan secara benar, aman dan professional. Didalam training tersebut mereka akan mendapat penjelasan dan falsafah keselamatan dan kesehatan kerja K3, termasuk megupasan kecelakaan tambang dan upaya pencegahannya. Didalam training ini diajarkan tentang beberapa hal diantaranya: 

Tugas dan tanggung awab keselamatan pekerja.

    

Melaksanakan inspeksi Bertanggung jawab atas keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan semua orang yang ditugaskan kepadanya. Membuat dan menandatangi laporan. Penggolongan bahaya Penyelidikan kecelakaan & kejadian berbahaya.

Dari training ini diharapkan mereka mengerti apa saja yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas seperti inspeksi mengerti maksud dan tujuan serta keuntungan dari isnpeksi tersebut. Pengawas harus mengerti apa saja yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas dilapangan. Kebrhasilan program pengelolaan K3 tidak dapat lepas dari keberadaan pengawas sebagai fungsi pelaksana pengawasan. Dan setelah mengikuti training ini para peserta diharapkan mampu menjelaskan dan melaksanakan secara benar dan aman baik dalam memenuhi aspek teknis maupun ketentuan-ketentuan keselamatan kerja yang diperlukan. Adapun perusahaan yang ikut bergabung didalam training ini dari PT. Adaro Indonesia, PT. Saptaindra sejati, United Tractors, PT. Dahana dan PT. Trakindo Utama, dan akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari di Tanjung Tabalong tepatnya di gedung “sarabakawa” dengan mendatangkan pegawas dari Direktorat Jendral Pengawasan Mineral dan Batubara Jakarta. Dari hasil training ini diharapkan untuk pengawasan dan tingkat kecelakaan di site adaro Indonesia bisa di tekan dan produksi tetap berjalan sesuai dengan target yang ditetap dan tidak mengalami kendala insiden yang sering terjadi dipertambangan pada khusunya.

INFO DILEVERY UNIT BARU… Beberapa hari yang lalu, satu (1) Team MobiliSaTOR-RA yang terdiri dari personel SHE, TC, Operator dan Tech.Support bergerak menuju Port Klanis untuk mobilisasi Unit Liebherr 9250 menuju Site adaro Indonesia. Dan saat ini Unit sudah siap mendukung Operasional PIT setelah lengkap seluruh persyaratan Comissioningnya. Sesuai informasi Pak Wawan kepada redaksi, sebenarnya masih ada beberapa unit lagi yang akan kita proses Mobilisasi dan Commissioningnya di awal Agustus ini: Unit liebherr 9250 telah beroperasi di tambang RA dan telah selesai di commissioning oleh pihak adaro Indonesia dan tanggal 25 Mei menyusul unit Excavator 336, & Backhoe Loader yang telah selesai di commissioning oleh oihak adaro Indonesia dan internal RA. Seperti yang redaksi sampaikan di Bulletin


sebelumnya, Dengan hadirnya unit yang baru di atas tentunya memberikan satu tantangan sekaligus peluang bagi kita untuk lebih meningkatkan Produksi. Menjadi kewajiban kita bersama untuk lebih bekerja keras dalam tiap bagian sesuai porsi kita masing-masing tentunya. Sehingga diharapkan Barang Modal (Excavator Liebherr 9250, BL-01 & 336-01) tersebut dapat berhasil guna dan berdaya guna optimal, harapannya Return of Investment dapat segera tercapai dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Itu yang diharapkan dan diinginkan oleh para Pemegang dan Pengendali Perusahaan ini, agar kita tetap Kuat, Cerdas dan siap dalam menghadapi persaingan dan perubahan GLOBAL. Pengetahuan , keahlian, kebisaan tidak akan cukup mendukung pencapaian tujuan tersebut di atas, bila tingkat kepedulian dan kemauan bekerja sama tidak ada dalam setiap pribadi di Perusahaan ini. Kita sebagai pengelola harus memiliki tanggung jawab untuk selalu menjaga asset perusahaan dan itu akan memberikan suatu yang bermamfaat buat kita kedepannya dalam mencapai kesuksesan bersama dengan kemajuan perushaaan.

KARIER

8 LANGKAH MENGGAPAI IMPIAN DALAM KARIR? Ada 8 hal yang harus anda lakukan agar berhasil dalam karir. 1. Tekunlah Lakukan tugas yang diberikan oleh bos anda sampai selesai, suka atau tidak suka dengan tugas yang diberikan tersebut. Hasilkan kualitas terbaik yang dapat anda lakukan. Tekun bekerja juga harus dilakukan setiap saat, bukan hanya pada saat ada orang yang mengawasi atau hanya pada saat-saat mendekati penilaian kinerja saja. Orang yang tekun bekerja adalah orang yang tidak mudah patah semangat ketika menghadapi pekerjaan yang membosankan ataupun sulit sekalipun. Mereka akan mengerjakan

semua tugas dengan penuh semangat, dan bos akan dengan mudah melihat kualitas orang ini. 2. Bertanggung Jawab Setiap anda diberi tugas oleh bos, berarti anda juga sudah mau menerima tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas tersebut. Oleh karena itu, lakukanlah dengan sebaik-baiknya dan apabila ada hal yang salah, bertanggung jawablah dan tidak menyalahkan orang lain. Orang yang mau bertanggung jawab atas kesalahannya adalah orang yang dewasa dan professional, perusahaan sangat menghargai orang yang memiliki kedewasaan dan professionalisme seperti ini. 3. Tepat Waktu Tidak ada seorangpun yang suka disuruh menunggu, karena itu menunjukkan bahwa anda tidak professional. Setiap pagi, datanglah 15 ? 30 menit sebelum jam kantor dimulai, hadiri rapat sebelum rapat dimulai serta serahkan tugas sebelum deadline. Perusahaan melihat orang yang bisa tepat waktu sebagai orang yang memiliki ?time management? yang baik, sehingga apabila menduduki posisi yang lebih tinggipun, akan mampu menunjukan professionalismenya dan dapat mewakili perusahaan ketika harus berurusan dengan pihak lain diluar perusahaan. 4. Belajar dan belajar lagi Tidak ada yang tetap didunia ini selain perubahan. Oleh karena itu, anda tidak boleh berhenti belajar, baik itu pengetahuan, ketrampilan maupun sikap anda. Perusahaan memiliki begitu banyak karyawan dengan berbagai kelebihan dan kekurangan, kelebihan dari masing2 karyawan akan mampu disatukan oleh perusahaan sehingga menjadi suatu sinergi yang baik bagi kemajuan perusahaan. Tetapi untuk menutupi kekurangan karyawan yang berbeda satu dengan lainnya tidak bisa dengan memberikan pelatihan secara umum kepada semua karyawan. Jadi kalau anda ingin lebih maju dibandingkan dengan karyawan lainnya, pastikan anda belajar lebih banyak dan jangan hanya menunggu pelatihan dari perusahaan. Perluaslah wawasan, tingkatkan ketrampilan, bacalah lebih banyak buku, hadirilah lebih banyak pelatihan dan seminar. 5. Loyal kepada Perusahaan Loyalitas karyawan kepada perusahaan sering menjadi salah satu kriteria bagi perusahaan untuk memilih karyawan yang akan dipromosi. Loyalitas bukan saja ditunjukkan dengan lamanya seseorang bekerja disebuah perusahaan, tetapi juga termasuk sikapnya dalam membela perusahaan dalam setiap kesempatan, termasuk tidak pernah berkata buruk mengenai perusahaan kepada orang lain apalagi kepada perusahaan lain yang sejenis ataupun pesaing bisnis. 6. Jadilah bagian dari Solusi

Apabila anda menghadapi suatu masalah, jangan langsung datang menghadap bos, coba pikirkan beberapa alternatif solusinya terlebih dahulu. Pikirkan apa yang kira-kira bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut, dan apa dampaknya apabila dilaksanakan. Setelah memiliki beberapa alternatif solusi, baru anda datang menghadap bos. Jelaskan permasalahannya secara lengkap, dan sampaikan juga alternatif solusi yang sudah dipikirkan sebelumnya. 7. Bersedia menerima tugas tambahan Seseorang yang tidak perhitungan kerja dan mau menerima tugas dan tanggung jawab tambahan adalah orang yang diperlukan perusahaan. Seringkali perusahaan melakukan penilaian kemampuan karyawan melalui pemberian tugas-tugas baru yang lebih sulit serta diluar ruang lingkup kerja karyawan sehari-hari. Karyawan yang mengerjakan pekerjaan atau tugas diluar ruang lingkup pekerjaannya juga akan mampu memperluas wawasan, pengetahuan dan ketrampilannya, sehingga memudahkan dirinya ketika menempati posisi yang lebih tinggi nantinya. 8. Mampu Memimpin Mencari orang yang mampu menghapalkan fitur dari produk yang dijualnya sangat mudah dan sangat banyak tersedia dipasaran, tetapi tidak mudah untuk mencari orang yang memiliki kemampuan memimpin. Memberikan posisi managerial kepada orang yang tidak bisa memimpin akan membahayakan perusahaan. Jadi, apabila anda memiliki kemampuan memimpin, kesempatan untuk menempati posisi managerial akan terbuka lebar. Bila ini bisa anda terapkan dalam keseharian anda dalam bekerja yakin dan percayalah maka mimpi anda akan tercapai diperusahaan anda bekerja.

INFO keSEHATan FLU BABI SWINE FLU, INFLUENZA DAN ANTISIPASINYA* FLU BABI, SWINE FLU, INFLUENZA A (H1N1) Istilah flu bisa berarti bermacam penyakit. Flu dalam bahasa sehari-hari, yang sering kita alami, dengan gejala batuk pilek bersin, demam sebentar kemudian sembuh, sebetulnya bukan influenza, namun “common cold� atau pilek. Penyebab “common cold� adalah picornavirus atau coronavirus. Sedangkan


Flu dalam pengertian kedokteran atau pemahaman internasional adalah singkatan dari influenza, penyakit yang lebih berat dari common cold, yang dibahas sekarang ini. Influenza, Flu, Flu Burung, Flu Babi, Flu Manusia. Influenza berbeda dengan common cold (pilek), pertama penyebabnya adalah virus influenza; ada virus influenza / flu burung yang menyerang burung dan menyebabkan kematian pada burungdan kadang menular ke manusia . Adapula virus flu babi yang menyerang babi (akan dibahas lebih lanjut) dan virus flu manusia menyebabkan penyakit influenza pada manusia. Flu Babi. Bagaimana dengan flu babi? Masalah flu babi jauh lebih berat dari flu burung. Kasus pertama flu babi di manusia dimulai di negara Mexico, di sebuah peternakan babi. Kasus-kasus pertama tersebut, menderita semacam flu, dilaporkan pada awal bulan April, namun mulai heboh setelah dilaporkan pada tanggal 13 April 2009. Kecurigaan berawal dari kecenderungan jumlah kasus influenza yang meningkat pada bulan April; untuk diketahui seharusnya pada bulan April jumlah kasus influenza Alhamdulillah dengan kemajuan sistem informasi, data baru dan pedoman pengobatan di rumah sakit dan di rumah pasien, dengan mudah dapat diakses di internet. Masalah flu babi saat ini memang makin serius, WHO menetapkan perkembangan wabah influenza A (H1N1) saat ini sebagai fase 5. Disebut fase 5, karena telah terbukti ada penularan dari manusia ke manusia yang lain, dan yang berkelanjutan di antara manusia, di dua negara. Cara Penularan Flu Babi. Cara penularan utama virus-virus influenza, termasuk flu babi, adalah dari manusia ke manusia melalui droplets, batuk dan bersin. Bila pasien influenza batuk atau bersin, maka partikel virus influenza A (H1N1) menyebar melalui udara ke mulut dan saluran nafas orang-orang yang berada didekatnya. Atau bila kita menyentuh partikel tersebut, baik yang di udara maupun di tempat yang ada partikel batuk bersin, kemudian menyentuh mulut atau hidung, sebelum cuci tangan.

Masyarakat juga harus membantu dengan secara sadar, tidak memelihara babi dan unggas di lingkungan perumahan. Pengobatan. Prinsip pengobatan flu babi serupa dengan mengobati influenza manusia. Obat antiviral yang selama ini dipakai untuk mengatasi influenza ada 4, yaitu oseltamivir, zanamivir, amantadine dan rimantadine. Influenza babi A (H1N1) tidak bisa diobati, resisten terhadap amantadine dan rimantadine. Pemeriksaan laboratorium sampai sekarang ini menunjukkan virus influenza babi A (H1N1) sensitif terhadap oseltamivir (Tamiflu) dan zanamivir (Relenza). Alhamdulillah pemerintah kita mempunyai persediaan obat flu tersebut, yang cukup banyak. Influenza juga dapat disertai infeksi bakterial, sehingga kadang memerlukan antibiotika, bila terkomplikjasi dengan bakteri. Pasien influenza yang sudah membaik, kemudian kambuh lagi, seringkali akibat infeksi bakteri. Untuk anak dan remaja dengan flu dan panas, sebaiknya dihindari pemberian aspirin karena dapat menyebabkan penyakit sindroma Reye; bila ada demam panas, pegel linu, dapat diberikan parasetamol, ibuprofen atau naproxen. Masyarakat dianjurkan untuk segera berobat ke rumah sakit bila ada nyeri dada atau sesak nafas. Demikian pula segera ke rumah sakit bila muncul gejala muntah-muntah sehingga sukar makan dan minum, kejang, dehidrasi (kekurangan cairan), kesadaran menurun atau kebiruan pada bibir. Dapat disimpulkan untuk saat ini masyarakat perlu waspada, namun tidak perlu kuatir. Bila ada anggota keluarga yang pilek, batuk bersin dan panas, sebaiknya berobat ke dokter di rumah sakit. Ada beberapa tips agar tetap sehat, yaitu (a) bila anda bersin tutuplah hidung dan mulut anda dengan saputangan atau kertas tissue, (b) biasakan cuci tangan dengan air dan sabun (alcohol juga boleh) cukup sering, khususnya setelah batuk atau bersin, (c) hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, (d) hindari berdekatan dengan orang sakit, khususnya sakit saluran nafas, baik pilek ataupun influenza atau tbc.

PROGRAM PROGRAM FiRE FigHting Beberapa saat yang lalu, Team Rescue PT.RA kembali melakukan aksi di depan masyarakat umum yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, dengan di koordinir oleh Bapak A. hary Cahyono team Rescue PT.RA melakukan aksi simulasi penyelamatan pada saat

Belajar dari pengalaman flu manusia dan flu burung serta flu babi yang menyerang manusia, kita memang perlu waspada, namun masyarakat sama sekali tidak perlu panik. Pandemi influenza belum ada sekarang ini. Namun pemerintah, departemen kesehatan dan instansi serta masyarakat terkait (dokter, dokter hewan, peternak) tentu harus menyiapkan diri. Kita memerlukan obat yang ampuh untuk influenza. Upaya yang paling penting adalah upaya pencegahan. Penting sekali untuk menemukan vaksin untuk melindungi manusia dari kemungkinan penularan flu burung. Selain itu, perlu dilakukan langkah-langkah yang taktis agar kasus flu dapat terlokalisir, jadi tidak sempat menyebar Untuk itu, pemerintah tampaknya perlu menyiapkan perangkat peraturan yang lebih jelas dan tegas tentang orang dan lokasi yang diperbolehkan memelihara babi dan unggas serta menerapkannya dengan tegas.

kebakaran. Program ini bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada masyarakat tentan pentingnya penyelamatan terhadap bahaya kebakaran. Dari hal tersebut kita harus banyak belajar

bagaimana cara penanganan bahaya kebakaran. Maka dari itu Team TC Dept. selalu mengadakan training basic Fire Fighting yang gunanya untuk bemerikan pengertian kepada kita semua tentang penangan pertama pada bahaya kebakaran. Semua ini dilakukan untuk memberikan pembelajaran kepada kita semua bagaimana sikap yang baik didalam menghapapi suatu bahaya kebakaran. Yang tentunya kita tidak mau hal tersebut terjadi dalam kegiatan ini hendaknya kita hanya dituntun harus belajar menghadapi bahaya kebakaran. Belajar untuk mempersiapkan diri kita untuk menghadapi dan cara penanganan bahaya kebakaran dan cara pemadaman yang benar dan efektif. Intinya sih kalo kita mau belajar untuk menghapapi segala sesuatu harus belajar untuk tidak terburuburu didalam mengambil keputusan dan dalam menghadapi kebakaran itu sendiri. Intinya kita banyak belajar untuk bisa mengambil lankahlangkah yang tepat dan akurat didalam menghapadi situasi yang ruwet untuk banyak berpikir. Dan patu kita bangakan Ditambah lagi saat ini PT. RA di berikan kepercayaan oleh PT. Adaro untuk mengirimkan wakinya untuk mengikuti lomba Fire Fighting se Indonesia yang akan diadakan pada bulan juli ini di PT. Newmont Nusa Tenggara, yang akan diadakan pada bulan juli ini. PT. RA sendiri mendapatkan kesematan mengirimkan duawakil yang diberikan kesempatan oleh PT. Adaro Indonesia yang bernama Akhmad sdr. Asya'bi Khairi dari SHE Depart. dan sdr. Wahyu Amin yang kita sudah tau memliki banyak pengalaman didalam team rescue karena beliau banyak memberikan banyak pengaman beliau didalam training yang sering diadakan di TC Depart. Ya kita doakan untuk team adaro dan teman kita berhasil membawa prestasi yang membanggakan perusahaan kita tercinta ini.

Kepedulian PT. RA Terhadap karyawan Luar Biasa salut buat Team Management PT. RA dengan adanya Satu lagi program baru yang akan membuat karyawan PT. RA semakin terjamin masa depannya dengan adanya program Tunjangan Hari tua yang akan di berikan kepada karyawan yang mengabdikan diri di PT. RA sampai pension. Dalam sosialisasi yang di mulai dari Offie RA pada hari Sabtu, 27 Juni 2009 yang di hadiri oleh Team Management dan dari PIhak Asuransi Prudential yang diwakili oleh beberapa team moderator yang


menjelaskan system kerja asuransi yang akan di berikan untuk karyawan PT. RA. Dalam sosialisasi terbebut cukup banyak juga pertanyaaan yang di ajukan oleh beberpaa karyawan yang intinya sih untuk mengetahui keuntungan yang didapat oleh karyawan. Yang pada intinya sih mereka pengetn tahu cara untuk bisa ikut dan apa aja yang mereka akan dapatkan nantinya. Perusahaan asuraunsi Produntial katanya sih berdari di London Inggris dan masuknya ke Indonesia pada tahun 1995. Ya intinya sih kita mengambil hikma dan patut bersukur perusahaan mau peduli dengan kesejahteraan karyawannya nantinya. Sekali lagi salut nih buat team management PT. RA yang sangat peduli kepada kita-kita yang mengabdikan diri untuk perusahaan. Yang pastinya jarang-jarang ada perusahaan yang memliki ide yang brilliant untuk kesejahteraan karyawannya. Semoga dengan adanya program ini menambah semangat kita bekerja dan memiliki komitment yang baik untuk kemajuan kita dan kemajuan perusahaan. Ya semoga dengan adanya program ini produksi perusahaan bertambah dan jangan lupa ingat “Zero Accident” untuk kita semua.

pROFIL Kita Kali ini Bayu Suryo Aji, Bapak yang satu memiliki panggilan “Dokter Bayu” ini baru beberapa minggu ini mengabdikan diri di PT. RA sebagai (Doctor Company) wah Perusahaan kita sudah memiliki dokter aru nih…yang pasti Bapak satu ini memiliki tujuan dan tugas berat untuk melayani kita-kita apabila ada yang mungkin mengalami sakit atau Incident setidaknya ada yang memperhatikan kita-kita semua apabila ada yang sakit. Bari biografinya Bapak satu ini lahir di Jakarta, tanggal 20 Juni 1981, wah ulang tahunnya sudah lewat tapi ga papa lha kita ucapkan selamat Ulang tahun dulu buat Bapak suryo Aji, dan sekarang status masih single alias masih sendiri. Profile beliau cukup banyak pengalaman telah bekerja di beberapa perusahaan sebagai Doctor di perusahaan. Dan motto beliau “jadilah diri sendiri” kalo Istilah Britishnya “ Be your Self and do your best” ya kita dukung keinginanan beliau untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk karyawan PT. RA khusunya. Dengan adanya Doctor Bayu sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan para karyawan dan keluarga yang merupakan investasi untuk perusahaan sebagai asset yang sangat berharga bagi perushaaan dan dapat memperngaruhi kinerja dan keselamatan para karyawan sehingga dapat mengingkatkan produksi kita. Yah kita dukunglah semua keinginan perusahaan dan Pak Dokter untuk kedepannya kita lebih baik untuk kita semua.

InFo K3LH Sanksi Terhadap Pelanggar K3 Diperberat

Pemerintah menargetkan dapat menyusun draf revisi UU No. 1/1970 mengenai Keselamatan dan Kecelakaan Kerja (K3) pada awal tahun 2009, salah satunya mencakup perubahan terhadap sanksi pidana menjadi lebih berat dari ketentuan yang berlaku saat ini. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan kajian akademis terhadap perubahan UU tersebut dengan menyertakan berbagai pihak akademisi perguruan tinggi. Tinjauan akademis yang dimulai sejak November 2007 tersebut dijadwalkan akan rampung pada akhir tahun ini. “Ketentuan sanksi pidana dalam UU No. 1/1970 tentang K3 sudah tidak relevan lagi. Masa nyawa orang dihargai Rp100.000,-. Tentu akan kami revisi,” kata Erman di sela-sela ekspedisi mendadak (sidak) penerapan K3 di gedung Menara Jamsostek, Grand Indonesia, dan proyek apartemen St. Regis, pekan ini. Dalam kesempatan tersebut, Erman juga didampingi oleh Walikota Jakarta Selatan, Walikota Jakarta Pusat, dan jajaran petinggi Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) . Menurut ketentuan pasal 15 UU No. 1/1970, pemerintah memberikan ancaman pidana atas pelanggaran peraturan K3 dengan hukuman kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda setinggi-tingginya Rp100.000. Perdebatan mengenai revisi UU tersebut muncul sejak 2004. Ketika itu, Organisasi Buruh Dunia (ILO) dalam Kertas Kerja bertajuk K3 di Indonesia mengusulkan agar UU itu disesuaikan dengan perkembangan terakhir sehingga menjadi UU K3 yang dengan lebih jelas mencerminkan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Konvensi ILO No. 155/1980 tentang K3. Dari sisi pemerintah sendiri, kesediaan untuk merevisi muncul sejak awal tahun lalu. Menurut Erman pada waktu itu, pihaknya akan mengkaji perubahan sanksi melalui PP atau amendemen UU tersebut.

Paradigma berubah Azhar Usman, Direktur Pengawasan Norma K3 Depnakertrans, mengatakan ketentuan-ketentuan lain selain sanksi yang tercantum dalam peraturan tersebut kemungkinan juga akan mengalami perubahan. Terkait dengan sejauh mana perubahan tersebut dan bagian mana yang akan mengalami perubahan, Depnakertrans masih mengumpulkan berbagai masukan dari berbagai pihak, terutama dari kalangan akademisi yang melakukan kajian akademis terhadap revisi UU itu. Dari pihak Depnakertrans, lanjutnya, format isi UU setelah direvisi tersebut diharapkan akan memiliki paradigma yang berbeda sama sekali dari yang ada saat ini. Dalam UU No. 1/1970, didalamnya mengandung pasal-pasal yang isinya mengedepankan unsur pembinaan dan sosialisasi. “Namun untuk revisi nanti kami akan seimbangkan antara pembinaan dengan penegakan hukum (law enforcement) . Kami juga setuju kalau ketentuan mengenai sanksi itu dirubah,” ujarnya. Menurut Azhar, landasan hukum untuk penerapan K3 sebenarnya sudah memadai. Selain UU No. 1/1970, untuk mendukung terselenggaranya perlindungan tenaga kerja khususnya dalam pelaksanaan K3, pemerintah juga memiliki landasan hukum seperti UU No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, dan UU No. 21/ 2003 tentang pengesahan ILO Convention No. 81 Concerning Labor Inspection in Industry and Commerce.

InFo K3LH DATA INCIDENT SELURUH KONTRAKTOR PT ADARO

Dari data kecelakaan yang terjadi selama bulan June ini dapat kita lihat bahwasanya Kecelakaan yang mengakibatkan Property damage (kerusakan harta benda) masih menduduki peringkat tertinggi. Dalam beberapa waktu yang lalu salah satu karyawan kita mengalami incident seruis yang intinya ya melakukan pekerjaan yang membuat dia Kita kembali harus menjaga keselamatan kerja kita apabila menghadapi sesuatu pekerjaan dan mulai lagi mereview setiap kejadian yang ada karena adanya kelalaian kita didalam menjalankan pekerjaan. Mulai lagi kita mempelajari setiap kejadian incident dari mana kejadina tersebut terjadi dan sebab terjadinya kecelakaan disebabkan karena apa…? Mulailah untuk belajar untuk bisa belajar membiasakan diri untuk selalu berpikir yang jernih didalam melaksanakan pekerjaa. Karean pada bulan may ini PT. RA menyumbangkan dua Insident Property Damage dan itu seharusnya menjadi pembelajaran kita bersama untuk sama-sama mau bembiasakan mengutamakan aspek keselamatan kerja diatas segalanya dan perlu peningkatan kesadaran untuk menjadi lebih baik didalam menerapkan pedoman K3LH dilingkungan anda beraktivitas. bahwasanya di bulan May ini PTRA menyumbangkan kecelakaan yang cukup berarti untuk bisa menreview kembali kesadaran kita didalam menerapkan budaya mengutamakan keselamatan kerja, Hal ini salah satu bukti bahwasanya Aspek Keselamatan Kerja sudah mulai menjadi budaya yang baik dan perlu ditingkatkan lagi. Terima kasih kepada semua pihak. Atas peran sertanya dalam program K3LH dilingkungan Kerja kita masing-masing Kiranya cukup sudah kejadian-kejadian kecelakaan yang selama ini begitu banyak merugikan semua pihak, baik itu menimpa korban, perusahaan maupun Adaro secara keseluruhan. Marilah kita saling bekerja sama dan saling mengingatkan dalam Keselamatan kerja, baik di lingkungan pekerjaan kita maupun dirumah. Salam keselamatan. Redaksi menerima segala bentuk materi berita dari para pembaca untuk di sebarluaskan dalam media Kalawarti ini. Terima kasih – Ttd: Redaksi Kalawarti


Artikel bulan mei 2009