Issuu on Google+

Summary Chap.1 Internet Internet (interconnection-networking) : seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol. Sekilas Sejarah internet 1969 – Pertama kali dibentuk oleh Pertahanan US. (ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) Oktober 1972 - berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Konsep teknologi Internet menurut Komisi Federal : •

Menggunakan IP address

Mendukung TCP/IP

Menyediakan jasa ke pengguna

3 Konsep penting : •

Switching paket

Hubungan protokol TCP/IP

Client/server computing

Switching packet (Sambungan paket) : metode jaringan komunikasi digital yang dikelompokkan menurut semua data yang ditransmisikan, terlepas dari konten, jenis, atau struktur kedalam blok yang sesuai dengan ukuran yang disebut paket. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) : gabungan dari protokol TCP dan IP sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju. Arsitektur TCP/IP (4) : •

lapisan aplikasi : bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP.

lapisan antar-host : berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless.

lapisan internetwork : bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP.


•

lapisan antarmuka jaringan : bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan.

Alamat IP (Internet Protocol Address) : deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Sistem nama domain (DNS) adalah aturan yang dipakai dalam sistem penamaan dari nama domain / URL.

Client server computing : suatu pendekatan bagi penggunaan Jaringan komputer ditangani secara lokal dan secara terpusat. Cloud computing : gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan')


Protokol dan Utiliy Internet lainnya : •

HTTP

Email : SMTP, POP3, IMAP

FTP

Ping

Tracert

Provider Internet : -

Individual

-

Bisnis

-

Institusi

Tipe service-nya : -

Narrowband : saluran nirkabel, narrowband menunjukkan bahwa saluran yang digunakan cukup sempit dan respon frekuensi dapat dianggap datar.

-

Broadband : koneksi internet transmisi data berkecepatan tinggi


Intranet : sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Extranet : jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. First mile : Layanan Internet Backbone yang membawa lalu lintas massal jarak jauh Fiber Optic : mengantarkan data digital yang berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh. Last mile : Dari backbone internet ke komputer pengguna. Mobile wireless internet : Koneksi internet nirkabel melalui perangkat mobile. GSM – CDMA – 2G – 3G – 4G (Wimax, LTE) Macam Teknologi Internet wireless : Wi-fi : jaringan wireless dengan jangkauan area yang luas Wireless Personal Area Network (WPAN) adalah jaringan wireless dengan jangkauan area yang kecil. Contohnya Bluetooth, Infrared, dan ZigBee.

Hypertext : •

Hypertext Markup Language (HTML) : bahasa markah yang digunakan untuk membuat halaman web.

eXtensible Markup Language (XML) : Bahasa mark-up untuk keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.

Web server : software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser. Web Client : menyediakan user sebuah interface dimana akan meminta server dan menampilkan respon dari server. Web Browser : software untuk mengakses world wide web / url

Intelligent Agents (Bots) : Suatu program yang menggabungkan dan menyaring informasi spesifik lalu menyediakan daftar hasilnya. (ex : Search bot, Shopping bot, Web monitoring bot, News bot, Chatter bot) Cookies : teks pendek dari website komputer pengguna untuk menyimpan informasi tentang pengguna. (ex : username dan password pengguna pada suatu website)


Mobile Apps : Aplikasi penunjang aktifitas melalui perangkat portable.


Sumarry chap 1