Page 1

Indah – icha – naya – dila production

keindahan kota yogyakarta Pabrik gula gondang Sudah berdiri sejak tahun 1860 Terletak di klaten, jawa tengah

Beberapa candi Peninggalan sejarah Yang terletak di yogyakarta

1

KERATON Yogyakarta Tempat tinggal para sultan Terletak di D DIY yogyakarta

Letusan gunung merapi Memberi keberuntungan Bagi para petani


Isi dari dice magazine merupakan menggambarkan beberapa tempat yang menurut kami merupakan tempat yang unik dan harus dikunnjungi. Dari semua tempat wisata di Yogyakarta ada beberapa tempat menarik yang bisa anda kunjungi dan anda ketahui melalui artikel-artikel kami, namun yang kita tulis di dice magazine belum menuliskan bebrapa tempat lainnya. Kami hanya menuliskan tempattempat yang kami kunjungi pada saat ekskursi pada tanggal 22-25 april 2013. Ekskursi yang kami ikuti diadakan oleh sekolah madania. Kami semua berangkat menggunakan pesawat garuda Indonesia dan menginap di rich sahid hotel Yogyakarta, hotel yang berbintang 4. Mungkin anda bisa mencoba hotel tersebut, karena hotel itu sangat nyaman untuk ditempati dan menurut informasi baru saja dibuka pada januari-februari 2013.

2


Tentang kami Kami adalah murid madania dari kelas 7k . Kami membuat majalah dice ini bukan hanya untuk menyelesaikan project sekolah namun juga ingin memberi tahu orang bahwa Yogyakarta bukan hanya merupakan kota mitos ataupun kota gudeg namun yoyagakarta juga menyimpan Semenjak kita mengunjungi kota Yogyakarta, pertemanan antar kelas dan banyak cerita!

3

sesama angkatan menjadi lebih dekat. Kami bisa berbicara bersama. Tidak hanya pergaulan saat disana kita mencari banyak informasi untuk melakukan atau mengerjakan majalah dice ini. Kami ingin isi majalah kami lengkap sehingga kami berusaha untuk membuatnya sebaik mungkin. Kami terdilri dari 4 orang murid. Yaitu :  Indah Murdisari Kartika(indah) Sebagai editor dan penulis artikel  Made Ayu Gitagayatri(icha) Sebagai editor dan penulis artikel  Reinaya Adjani (naya) Sebagai penulis artikel  Nadhilah Putri Nashfati Sarjana(dila) Sebagai penulis artikel Sambil Menulis artikel majalah dice kami masing-masing juga tidak lupa mnegerjakan booklet yang merupakan tugas sekolah yang juga wajib dikerjakan.


Pabrik Gula Gondang terletak di Klaten, Jawa Tengah. Pabrik gula ini telah didirikan pada tahun 1860. Gula perkarung bermuatan 50 kilogram. Pabrik Gula Gondang juga menggunakan mesin tenaga uap. Pabrik Gula Gondang dijadikan museum karena 90% alat yang ada masih original walaupun ada sebagian yang baru. Mangko Nagara ke-4 adalah orang yang memiliki pabrik gula pertama di Indonesia. Di Pulau Jawa ini, terdapat 160 Pabrik gula yang hamper sama semua. Pabrik Gula Gondang hanya beroperasi 3 sampai 4 bulan dalam 1 tahun karena factor dari panen tebunya sendiri. Dulu pada zaman Presiden Suharto, kita diwajibkan untuk menanam tebu. Tetapi sekarang petani lebih senang menanam padi karena 3 bulan sekali sudah panen. Faktor kedua adalah karena anak di Pabrik Gula Gondang sudah berusia 150 tahun.

4

Sebelum pabrik memulai proses, mereka biasa menandakan dengan suatu kebudayaan upcara ritual yaitu “Selamaten�. Nanti di upcara ritual tersebut kita akan memotong kerbau, kepalanya ditanam di lokasi pabrik dan dagingnya akan dibagikan kepada masyarakat. Di pabrik tebu selalu dihancurkan bersama kulitnya tetapi yang akan diambil hanya airnya saja. Di Pabrik Gula Gondang terdapat 7 stasiun, tetapi informasi yang kami dapatkan hanya 5 stasiun; Stasiun Tebang Angkut, Stasiun Lori, Stasiun Gilingan, Stasiun Boiler, dan Stasiun Kemurnian. Kami juga mendapatkan sedikit proses pembuatan gula! Tebu diangkat menggunakan katrol di sebelah kiri, kemudian masuk ke dalam stasiun gilihngan. Llau di stasiun gilingan air dan kulitnya dipisahkan. Untuk kulit tebu dimasukan ke dalam stasiun boiler. Stasiun boiler adalah stasiun ketel untuk bahan bakar.


Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang adalah kompleks candiHindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Penjelasan dari setiap candi:  Candi siwa Candi siwa merupakan kompleks candi terbesar yang ada di prambanan. Candi siwa mempunyai tinggi 47M dan berisi 4 ruangan atau bilik. Di bilik pertama terdapat patung dewa siwa, di bilik ke dua ada patung Mahaguru Agastia, di bilik ke tiga ada patung ganesha yang merupakan anak dari dewa siwa dan dewi durga. Dan di bilik terakhir ada patung dewi durga yang merupakan istri dari dewa siwa dan lebih sering disebut dengan sebutan Roro jongrang. 

Candi Wisnu

CANDI WISNU merupakan salah satu candi utama yang terletak di halaman pertama di samping candi Siwa dan candi Brahma, Pada badan candi terdapat bilik candi dengan ukuran ruangan panjang 5,36 m, lebar 5,35 m dan tinggi 11,5 m. di dalam bilik candi terdapat arca Wishnu berdiri di atas lapik berbentuk yoni. Candi brahma Candi brahma terletak d sebelah candi siwa bentuk dan ukurannya lebih kecil. Luas dasarnya 20 meter persegi dan tingginya 37M.

5

Candi nandi

Dari ketiga candi wahana yang ada, candi Nandi ukurannya agak berbeda, demikian juga hiasan-hiasan yang ada. Denah bangunannya berukuran 16,71 x 15,21 m dan tingginya 27,06 m. Pada sisi barat terdapat penampil yang menjorok ke depan yang berfungsi sebagai tangga untuk naik ke selasar. Candi garuda

Candi pendamping yang cukup memikat adalah Candi Garuda yang terletak di dekat Candi Wisnu. Candi ini menyimpan kisah tentang sosok manusia setengah burung yang bernama Garuda. Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Candi angsa Candi angsa merupakan salah satu symbol bahwa dewa siwa dewa brahma.candi ini terletak persis di depan candi brahma.


Oh gunung merapi‌ Erupsimu menjadikan tanah subur Membantu para petani Menumbuhkan padi

Menjadi ketakutan kota yogya Namun sangat dibanggakan Pada saat erupsi ditangisi Saat tenang dijadikan tempat wisata

oh merapi‌ kau bisa dilihat dari setiap sudut Yogyakarta merupakan salah satu keindahan kota mitos itu menjadi indah

6


BELAJAR MEMBATIK Tenagakerja:  Designer (sketch)  Bagianpewarna  yangmembuat batik (denganmalam)  mengontrolkualitas  cap batik  saham batik  stokwarna Perusahaan:  usahainidipimpinoleh Bapak R. BambangSunandioko Batikadalahikondari Yogyakarta, batik adalahsalahsatubajutradisio nal di Indonesia.Dan sekarang batik itusangatterkenal di seluruhdunia. Bahan-bahan:  Kain  Lilin (malam)  Pewarnabaju

7

Alatalat yang dibutuhkan:  Canting  Pensil  Komportradisional  Cap  Kuas  anic

Cara pembuatan batik: 1. Pilihkain yang kitagunakan (sutra, kainkasa, atauterbaikkerjakap as) danmencucikainunt ukmenghilangkanre sidu. 2. Tentukandesaindanj ejakkekaindenganpe nsil. Atau, Andadapat freehand sesuatuataumembua tdesainabstrak. 3. Place wax paper underneath the fabric so the fabric will not stick to the surface you are working on. 4. Setelahsemuabagian wax bahwaAndatidakingi ndicelupAndaharus membiarkanlilinme ngeringpadakainAnd adapatmempercepat proses inidalam freezer 5. Setelahlilinmemiliki keringAndadapatme mbuatefekkresekpa dakaindenganmere maskainuntukmemb uatretakan di lilin. 6. Membuatmandicelu pAndadalampancim angkuksesuaiarahan pewarnaAnda. 7. Biarkankainkering.


Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Banyak orang mengira bahwacandi Borobudur terletak di Yogyakarta tetapi sebenarnya tidak, tetapi orang – orang di beritahu dimana lokasi Borobudur sebenarnya mereka tidak percaya. Lokasi candi Borobudur kira – kira 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta atau Solo, dan 40 km di sebelah baratlaut Yogyakarta.

8

CANDI BOROBUDUR Didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemeritahan dinasti Syailendra. Borobudur merupakan salah satu 7 keajaiban dunia, dan candi terbesar. Borobudur mempunyai 2.672 panel relief, dan sebelum terjadinya gempa ada 504 patung arca Buddha. Ada 3 tingkatan di Candi Brobudurya itu : 1. Kamadhatu 2. Rupadhatu 3. Arupadhatu

Kamadhatu tingkatan paling pertama. Kamadhatu terdiri dari 2 kata yaitu “kama” yang artinya nfsurendahdan “dhatu” yang artinya alam, jadi Kamadhatu adalah Nafsu Rendah Alam. Rupadhatu tingkatan kedua. Rupadhatu terdiri dari 2 kata juga “Rupa” artinya bentuk dan “Dhatu” artinya alam, jadi Rupadhatu adalah Alam Bentuk / Bentuk Alam. Dan terakhir adalah Arupadhatu tingkatan ke-3. Arupadhatu terdiri dari 2 kata juga “A” artinya tidak, “Rupa” artinya bentukdan “Dhatu” artinya alam, jadiArupadhatu adalah AlamTak Terbentuk.


dagadu Di Dagaduiniselainmenjualbaj u, mereka juga menjual sandal, mug, gantungan kunci, topi, stiker, bantal, kartu dan aksesoris lainnya. Distribusinyamelewationline ( www.dagadu.co.id ), eceran, dangrosirdenganmengemb angkancabang – cabang di seluruh Indonesia melalu retail.

Dagadu adalah produk ciri khas Jogja yang berasal dari bahasa slang anak – anak muda Jogja yang berarti matamu, seperti Joger yang merupakanproduk ciri khas dari Bali.Dagadu menjadi pusat pembelanjaan parawisatawan yang dating ke Yogyakarta

Cara membuat : 5. Kain / BahanKaos

Dagadu digambarkan dengan logo mata dan biasanya berisi gambar kartun, slogan, kata – kata kebalikan yang unik. Kata – kata produk dagadu kadang-kadang merupakan plesetan kata – kata lain.

Desain dibuat dan merupakan tanggung jawab tim desain kreatif 8. Metode yang digunakan

9

Kain merupakan bahan pokok dari pembuatan baju. 6. Cat Sablon Cat sablon biasanya menggunakan cat yang tahan lama, setelah cat menempel di kaos tidak akan megelupas lagi 7. Desain

Membuat kaos dahulu lalu baru disablon dengan desain yang telah ditentukan.

1. Mesin’Alat yang digunakan

Gunting, mesin jahit, dan alat-alat menjahit lainnya. Dan untuk sablon menggunakan cetak sablon saja. 2. Bahan yang digunakan Bahan yang digunakan adalah bahan yang telah ditentukan oleh desainer 3. Likuran Semakinrumitdancantikdes ainpadakaosmakapenilaian kinerjaakansemakinmaksim al. 4. Lingkungan Lingkungandimana proses produksiberadasangatmem pengaruhihasilataukinerja proses produksi. Lingkungan yang ramah, santai, penuhcanda, namuntetapseriusselalutam pak di Jl.Pakuningratan 1517 Yogyakarta sebagaisentraldari proses produkkaosDagadu.


Keraton Ngayogyakarta Keraton ini kini juga merupakan salahsatu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keratin merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberiandari rajaraja Eropa, replica pusaka keraton, dan gamelan.

10

Keraton Ngayogyakarta Hadiningratatau Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang kini berlokasi di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,Indonesia.

Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada tahun 1950, kompleks bangunan keratin ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumahtangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini.


Taman Pintar Taman Pintar Yogyakarta adalah wahana wisata yang terdapat di pusat Kota Yogyakarta. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. Beberapa tahun ini Taman Pintar menjadi alternatif tempat berwisata bagi masyarakat Yogyakarta maupun luar kota. Terdapat 5 zona yaitu:  Zona playground atau outbond Di zona ini, para pengunjung anak-anak banyak yang bermain dan mandi di sebuah kolam yang ada air mancurnya, ada juga Permainan cakram warna /Cakram Spektrum Warna, dinding berdendang, Parabola Berbisik, desaku Permai, Sistem Katrol, Rumah pohon, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, dan bermain Pasir .  

Gedung paud Bagi pengunjung yang punya balita atau anak usia dini, di TAMAN PINTARada tempat bermain khusus bagi anak Usia dini. Tempat ini memang di desain khusus bagi anak usia dini. Gedung memorabilia Gedung Memorabilia terdapat di sebelah barat Area Taman Pintar. Di tempat ini para pengunjung dapat melihat miniatur bangunan keraton Yogyakarta secara detail dan menyeluruh, ada pula foto raja-raja dari Keraton Yogyakarta, mulai dari Hamengkubuwono I sampai dengan raja yang sekarang bertahta, Yaitu Sri Sultan HamengkubuwonoX

.Gedung oval

Perlu diketahui oleh para pembaca, bahwa semua yang ada di gedung Memorabilia di atas sebenarnya hanya pengantar atau istilahnya pemanasan saja dari seluruh Zona yang ada Taman Pintar. Memasuki Zona ini, Para pengunjung langsung melewati lorong bawah air, mirip Sea World (tapi mini).  Gedung kotak Setelah itu para pengunjung dapat menyaksikan berbagai macam ilmu pengetahuan dan tekhnologi walau di sajikan dengan saangat sederhana. Dan kita diperbolehkan mencoba semua wahana dan bila perlu kita bisa meminta bantuan kepada petugas yang selalu ramah menyapa pengunjung.  Disini kita akan dipaksa berfikir dan mengingat-ingat (secara sukarela) pelajaran dari SD maupun SMP/SMU yang pernah kita dapatkan. Apa itu Gaya Pegas, Gaya listrik, Gaya Magnet, Simbosis, Fotosintesis, kenapa terjadi Gerhana, dan masih banyak lagi ilmu pengetahuan alam lainnya. Tak ketinggalan pula tekhnologi terbaru yaitu seputar komputer dan Internet.

11


Supported Supported by by ::

12

E Magazine Gen 12_3  
E Magazine Gen 12_3  

Ica, Indah, Naya, Dila

Advertisement