__MAIN_TEXT__

Page 1

FIGUR

ACHMAD SOLAHUDIN CHIEF OF DESIGN

ARSITEK HARUS BISA MENGSINKRONISASI KONSEP DENGAN LINGKUNGAN Seorang arsitek memiliki peranan penting dalam mengkonsepkan sebuah proyek pembangunan. Melalui keahliannya, seorang arsitek melakukan peranan dalam sebuah proses kreatif dalam mewujudkan perencanaan pembangunan sebuah proyek baik bangunan hunian maupun bangunan bertingkat.

S

eorang arsitek memiliki peran penting dalam mengkonsepkan sebuah proyek pembangunan. Melalui keahliannya, seorang arsitek melakukan peranan dalam sebuah proses kreatif dalam mewujudkan perencanaan pembangunan sebuah proyek baik hunian landed maupun bangunan bertingkat. Seorang arsitek juga harus mampu membuat perancangan yang meliputi tata bangunan, tata ruang dan tata lingkungan. Termasuk memenuhi kaidah-kaidah fungsi, konstruksi dan estetika yang mencakup keselamatan dan kenyamanan. Untuk saat ini, dunia arsitek semakin dinamis perubahannya. Seorang arsitek dituntut harus mampu dengan cepat dan tepat memvisualisasikan konsep rancangannya kepada klien

76

edisi 162 - 2019 | Property&Bank www.propertynbank.com

dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan teknologi desain dalam perancangannya. Seorang arsitek harus memiliki konsep desain yang lebih kuat dan matang, baik dalam penyelesaian masalah ruang, konstruksi, maupun estetika. Makin besar keterlibatan mereka dalam pengembangan real estate,kian bagus buat perkembangan kota dan penduduknya. Hal inilah yang dirasakan Achmad Solahudin, Chief Of Design Officer (CDO) PT. Bakrie Pangripta Loka saat merencanakan dan merancang konsep sebuah bangunan. Apalagi saat ini dunia arsitek tertantang dengan banyak pembangunan proyek perumahan maupun hunian jangkung. “Industri properti saat ini, memang tumbuh dengan dinamis dan kompleks, bahkan dengan makin banyak developer mengembangkan kawasan hunian kehadiran seorang arsitek dalam mengkonsepkan sebuah hunian harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat atau konsumen serta tren desain yang berkembang pada saat itu,” ujar pria kelahiran Jakarta 17 Mei 1965 ini. Menjadi seorang arsitek, apalagi mendapat kepercayaan menggarap desain arsitek Sentra Timur Residence memang harus memahami keinginan developer ataupun orang yang ingin membangun rumah. Meski demikan, seorang arsitek harus idealis dalam arti mentaati kaidah-kaidah arsitektur dalam mendesain. “Jadi kita tidak bisa memaksakan orang harus seperti kita melihat desain rumah, artinya kita harus mampu melihat permasalahan dan kebutuhan mendasar konsumen dan mampu memilih solusi yg tepat dengan memanfaatkan potensi yang ada,” papar pria yang hobinya membaca ini. Melihat perkembangan industri saat ini, sebagai seorang arsitek harus mampu sinkronisasikan konsep dengan lingkungannya, baik internal maupun external,“ dalam artian back to nature,” ujar arsitek jebolan Institut Teknologi Bandung angkatan 1984 ini.

Profile for Sentra Timur Residence

ACHMAD SOLAHUDIN: ARSITEK HARUS BISA MENGSINKRONISASI KONSEP DENGAN LINGKUNGAN  

MAJALAH PROPERTY & BANK EDISI: 162 - AUGUSTUS 2019 HAL: 76 JURNALIS: SYAHRUL

ACHMAD SOLAHUDIN: ARSITEK HARUS BISA MENGSINKRONISASI KONSEP DENGAN LINGKUNGAN  

MAJALAH PROPERTY & BANK EDISI: 162 - AUGUSTUS 2019 HAL: 76 JURNALIS: SYAHRUL

Advertisement