Page 1


2

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

3


Reverse Osmosis ( RO ) Reverse Osmosis (RO) system, Reverse Osmosis atau Osmosis Terbalik Osmosis : proses alami) adalah suatu metode penyaringan yang dapat menyaring berbagai molekul dan ion - ion dari suatu larutan dengan cara memberi tekanan pada larutan melalui membrane semipermeable. Air cenderung murni, secara teori hasil filtering mineral (kandungan total kimiawi terlarut) tersisa 10% dari air baku (air baku : air asal), menghilangkan bau, warna dan sebagainya. Tester menggunakan TDS meter (Total Dissolve Solid) dalam satuan mg/liter (ppm

Solusi Penikmat Air Teh Teknologi filtering menggunakan Membran Reverse Osmosis, yang bekerja selain mampu menyaring fisik hingga 1 / 10.000 micron (memungkinkan virus, bakteri, bau, warna dsb, tersaring dengan baik) bekerja berdasarkan perbedaankepekatan air di ruang sebelum membran dansesudah membran. Besar bakteri atau virus secara umum 0,1 - 5 micron.

4

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

5


Preface a cup of tea expresses

many stories

Pemimpin Umum / Penanggung Jawab: Jessica Febrina

Gaya Hidup Tong Tji untuk Anda

Pemimpin Redaksi : Stella Mariss Tjahajanto Redaktur Pelaksana : William Tanujaya Sekretaris Redaksi : Fransisca Ery Kusuma W.

Reporter : Partika Dhimas (Surabaya) Ainun Majid (Semarang) Daniel Setyadi (Tegal) Feri Wibowo (Cirebon) Editor : Partika Dhimas Manager Marketing: Ruschka Trisnadi Administrasi dan Keuangan : Dewi Natalia Marga Wijaya

P

uji dan syukur kami naikkan kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga akhirnya Majalah TONG TJI LIFESTYLE edisi perdana ini terbit. Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk Tim Redaksi yang telah bekerja keras untuk menyusun majalah ini dan juga untuk narasumber dan perusahaan-perusahaan yang mendukung penerbitan majalah ini.

TONG TJI LIFESTYLE merupakan majalah untuk para pelanggan dan rekanan yang dapat dibaca di seluruh gerai Tong Tji Tea House. Majalah ini diterbitkan dengan maksud untuk memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan perusahaan baik untuk pelanggan setia, karyawan dan rekanan perusahaan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari majalah ini antara lain : Pertama, majalah ini berfungsi sebagai sarana informasi bagi pelanggan. Di majalah ini para pelanggan dapat mengikuti perkembangan perusahaan Tong Tji, info seputar produk baru dan berbagai kegiatan yang kami selenggarakan. Jadi dalam hal ini majalah berfungsi sebagai sarana media public relation bagi pembaca.

Koordinator Iklan : Ruschka Trisnadi

Kedua, majalah yang mengambil genre gaya hidup (lifestyle) ini akan memperkaya pembaca dengan berbagai liputan mengenai lifestyle, kuliner, fashion, destinasi wisata dan berbagai hal lainnya.

Account Executive : Adelbertus Galuh Dwi Atmikasari Ivonne Hadisubroto David S. Rahardja

Selain itu majalah ini juga berfungsi sebagai media promosi bagi rekanan perusahaan kami maupun pihak-pihak lain untuk memperkenalkan produk dan perusahaannya ke publik. Majalah yang akan diterbitkan triwulanan ini akan menjangkau pelanggan setia Teh Tong TJi di semua gerai Tong Tji Tea House maupun rekanan-rekanan di seluruh area pemasaran kami. Dan majalah ini akan didisplay selama 3 bulan, sehingga semakin efektif sebagai media promosi.

Koordinator Sirkulasi : Beatrice Septianingsih Koordinator Promosi : Ruschka Trisnadi Fotografer dan Desain : Ega Sanantha Putra Sindhi Nugroho Wibisono

Sebagai informasi untuk para pelanggan setia Teh Tong TJi, pada bulan Mei 2015 ini Teh Tong Tji mendapat penilaian Grade A untuk kualitas produk teh dari BP POM. Hal ini sangat membanggakan bagi perusahaan kami dan juga untuk semua karyawan dan rekanan perusahaan. Semoga penilaian ini tidak membuat kami berpuas diri, tapi akan menjadi pemacu bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan dan seluruh stake holder perusahaan sesuai dengan visi Perusahaan kami, yaitu menjadikan Tong Tji sebagai brand global yang memberikan kualias terbaik bagi konsumen.

Media Consultant : Pancanaka Communications Semarang - Indonesia Alamat Redaksi : Jl. Danau Sunter Barat Blok A2 No.2 RT.014, RW.008 Kel. Sunter Agung. Kec. Tanjung Priok, Jakarta Utara. DKI Jakarta Raya.

Selamat Membaca

Tatang Budiono Direktur Utama

Alamat Surat : Jl. A. Yani No.142-144 Tegal. Jawa Tengah. 52121 Telp 0283-356200. Faks. 0283-358911. e-mail : tongtjilifestyle@gmail.com Saran dan kritik dari pembaca sampaikan ke email.

6

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


WISE WORDS ‘’Semua orang perlu dihargai. Semua orang memiliki potensi untuk memberikan kembali sesuatu’’ -Lady Diana‘’Butuh keberanian sangat besar untuk menentang musuh-musuh Anda, tetapi butuh keberanian lebih besar lagi untuk menentang teman-teman Anda’’ -JK Rowling‘’Setiap hari saya bangun dengan impian yang baru. Dan semakin sering Anda bermimpi, kalau Anda seorang pemimpi, maka segala sesuatu akan terus menciptakan arena-arena baru yang dapat Anda masuki. Itu bagaikan sebatang pohon dengan banyak cabang dan rimbun dedaunan’’ -Dolly Parton‘’Kita ingin anak-anak kita dan semua anak di negara ini mengetahui bahwa satu-satunya limit terhadap keberhasilan Anda adalah pencapaian mimpi-mimpi Anda dan kemauan Anda untuk bekerja’’ -Michelle Obama-

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

7


content 4

preface

6

content

10

Make up dan baju : Koleksi pribadi

quote

13

self development

8 30

PEOPLE 14 fashion

18 40

COVER STORY

36 complement

PEOPLE

OUR KITCHEN

8

TONG TJI LIFESTYLE

34 tips : automotive 38 book review

22

39 rendesvouz 44 event 1

OUR 46 MENU health 48 event 2 Edisi I Juni-Agustus 2015


Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

9


COVER STORY

Ramadan Keluarga Ganjar Pranowo

KOLAK JADI MENU WAJIB

S

etiap buka puasa ada menu wajib yang harus tersedia di rumah keluarga Ganjar Pranowo. Apakah itu? ‘’Kolak, karena bapak dan anak sama-sama sangat suka kolak. Dulu kalau bikin kolak pisang dan kolang-kaling, bapak hanya suka pisangnya saja, sementara anak kami Muhammad Zinedine Alam Ganjar maunya makan kolang-kaling saja. Jadinya dipisah. Lamalama mereka bisa saling toleransi dan menyukai keduanya,’’ kata Siti Atikoh Ganjar Pranowo sambil tertawa menceritakan suasana berbuka puasa setiap Ramadan kepada Majalah Tong Tji Lifestyle. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan isteri awal Juni menerima tim Majalah Tong Tji Lifestyle untuk wawancara dan pemotretan cover edisi perdana, di rumah dinas Puri Gedeh Semarang yang nampak asri. Penerbitan perdana ini berbarengan dengan awal puasa tahun ini, sehingga dipilih topik suasana Ramadan di keluarga Ganjar.

Menurut Atikoh, menu kolak itu harus tersedia selama satu bulan penuh. Saking sukanya sama kolak, kalau harus buka puasa di luar rumah, maka kolak tetap harus disiapkan dan dibawa sebagai menu pembuka. ‘’Bapak itu kalau kebetulan tugas dan berbuka dengan kolak selalu membandingkan, kok tidak seenak yang di rumah ya hahaha..’’. Namun tentu saja bagi Ganjar dan isteri, puasa lebih dari kesenangan ketika berbuka. Ini menjadi momentum untuk mengoreksi diri sendiri, lahir dan batin, jasmani dan rohani. ‘’Ini saat untuk pencucian diri dan pengendalian diri,’’ kata Ganjar, kelahiran Karang Anyar 28 Oktober 1968. Puasa memiliki makna khusus yang mendorong mereka untuk semakin meningkatkan amalan ibadah dan aktivitas. Bagi Atikoh yang lahir di Purbalingga, 25 November 1971, Ramadan merupakan momen bergiat dalam beribadah, yang diwujudkan dengan banyak pengajian, dan shalat sunah yang bertambah. ‘’Biasanya kan bangun sahur jauh sebelum subuh, sehingga bisa semakin rutin shalat tahajud,’’ tuturnya. Di bulan puasa, aktivitas Gubernur bukan berarti berkurang. Justru bertambah padat. ‘’Undangan untuk menghadiri shalat tarawih banyak sekali. Bahkan ada kelompok masyarakat yang meminta kami menjadi tuan rumah tarawih,’’ kata Ganjar, yang juga hobi mendengarkan rock semacam Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin.

10

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


COVER STORY Puasa, menurut Ganjar, seharusnya juga memberikan dorongan kepada seseorang untuk berbuat baik dan mampu membawa makna puasa dalam amalan kebaikan sehari-hari, tidak hanya saat bulan puasa. Contoh sederhana adalah menyapa para penyapu jalan di sekitar Puri Gedeh yang tak pernah diperhatikan orang. ‘’Ketika saya turun dari mobil dan mengajak bicara, saya lihat mata mereka berbinar penuh rasa senang,’’ katanya. Ganjar kemudian juga menyuruh para staf untuk memberikan makanan kepada penyapu jalan itu.

Memasak ini memang sudah dilakoninya sejak SD. Semula karena ibu masaknya itu-itu saja jadi dia merasa bosan. ‘’Ibu lalu bilang ya sudah kalau mau menggoreng nasi sendiri, ini cabenya, garamnya, kasih terasi sedikit biar sedep. Itu bentuk edukasi beliau kepada saya,’’ ucapnya. Selain memasak sendiri yang kemudian menjadi salah satu kepintarannya hingga sekarang, Ganjar juga terbiasa mencuci pakaian, menyeterika, atau menyemir sepatu sendiri. Kebiasaan lapar ini juga masih berlanjut ketika merantau ke Jakarta setelah lulus kuliah. ‘’Saya pernah makan sehari cuma sekali,’’ katanya. Perjuangannya juga disertai dengan tinggal di tempat kos yang terbuat dari tripleks dan seng,’’Kalau siang panas sekali. Kos saya itu tidak hanya di tempat kumuh, tetapi kumuh sekali’’. Kalau beli baju, kata Ganjar, di Sogo, tetapi ‘Sogo jongkok’ alias Tanah Abang. Baju yang di toko besar seharga Rp 100 ribu, di situ cuma Rp 12 ribu. ‘’Kalau ada sobek sedikit, terus ada yang bilang eh Pak Ganjar bajunya sobek, saya cuma bilang oh tadi kecantol (tersangkut) hahaha..’’. Menurut Ganjar, sekarang ini tak masalah baginya diajak hidup susah. ‘’Saya itu tahan lapar, jadi kalau jalan dinas seharian bisa gak makan. Isteri ini yang kemudian sering memarahi karena para staf jadi ikut-ikutan tidak bisa makan,’’ katanya. Atikoh menimpali, ‘’Dia memang kebalikan dari keluarga saya. Bapak saya itu dulu suka kuliner. Jadi kalau anak-anak ribut menentukan tujuan, bapak saya akan belok ke rumah makan. Setelah makan, bapak akan tanya, sudah ini mau kemana. Akhirnya kami Cuma bilang terserah bapak. Ternyata negosiasi meja makan luar biasa hasilnya...’’. Ayah Atikoh, H Supriyadi, adalah tokoh NU di Purbalingga yang pernah menjadi ketua DPRD Purbalingga dan anggota MPR RI.

Biasa Lapar Jadi kalau puasa hanya sekadar menahan lapar bagi Ganjar itu sudah hal yang biasa. ‘’Saya itu dari keluarga susah. Bapak saya polisi, anaknya banyak. Sejak sekolah saya sudah kos di Yogyakarta bersama kakak dan sepupu,’’ katanya. Jika pulang sekolah, kakak dan sepupunya sedang kuliah, Ganjar harus ke pasar belanja kacang panjang dan tempe. ‘’Saya menanak nasi dulu, bikin oseng-oseng kacang panjang dan menggoreng tempe. Jadi makan siangnya baru jam 14.30,’’ tuturnya. Tetangga-tetangga sampai bilang mesakke men (kasihan sekali).

Edisi I Juni-Agustus 2015

Namun Ganjar mengambil banyak pelajaran dari perjalanan hidupnya itu, di antaranya adalah berani mengambil keputusan. Termasuk keputusan untuk segera menikah, segera punya anak, tanpa harus terlalu banyak memikirkan soal rejeki. Padahal gajinya waktu itu cuma Rp 350 ribu sebulan, sementara standar hidup di Jakarta setidaknya Rp 1 juta sebulan. ‘’Nyatanya begitu anak saya lahir, rejeki datang, dan karir terus menanjak’’. Dan kini karirnya itu – setelah jadi konsultan SDM, dan anggota DPR -- membawanya sebagai Gubernur Provinsi Jawa Tengah. (BG,HS)

TONG TJI LIFESTYLE

11


QUOTE #Repost @nizmaarmila Choco banana burn alias pisang bakar cokelat ... ala tong tji bar #tongtji #teahouse #grage #cirebon #instacrbn #pisbak #pisangbakar #chocobanana #nungguanakmain #sambilmangkuyangbayi #foodphotography #note4

#Repost @yulyan_parwati Menikmati sore yang mendung bersama @ tehtongtji hangat .... #tongtjitea #tongtji #tongtjiteahouse

#Repost @noizarkandy

Tea is always good idea #igers #iphonesia #instadaily #instanesia #tea #tongtji #jasmine #delicious #instadrink #andiniskycafe #manggar #belitung #instafood #foodart #foodgasm #foodporn #foodstagram

#Repost @echisofwan Terkadang, kita masih bisa tertawa, padahal rasa cemas sedang menghampiri kita dari segala penjuru. Bukan berarti kita tidak punya perasaan, tapi karena kita memiliki jiwa yang meyakini bahwa setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan. @tehtongtji #tongtji #tehtongtji #teatime #uploadkompakan #iphoneonly

#Repost @ardithaa #tongtjiteahouse #teahousetongtji #itsdfooddiary #cihampelaswalk#tongtji

#Repost @kikydjamal Teatime with #tongtji

#Repost @puthiie Teh Tong Tji dari @Teh Tong Tji Rasa & Aroma teh yang sempurna.

#Repost @yenaistiana #tongtji

12

TONG TJI LIFESTYLE

#Repost @nusaindahsari Tempat nongkrong favorit kita berdua itu, ya di sini. Ini teh favorit aku, teh serai namanya. Ditemani tempe mendoan hangat bikin makin yahut. Yippieeee #tea #tongtji #lemongrasstea #originalindonesia

#Repost @holaferr #bakmoy #fried #rice #imperial #jasmine #tea #tongtji #teahouse #ozone #pik

Edisi I Juni-Agustus 2015


QUOTE

#Repost @missdepinkydepni Assalamualaikum.. Halo mbak @fit179_ salam kenal..minta izin untuk ikutan #teatimefitgiveaway nya ya... Saya mau mengucapkan terima kasih untuk Mbak Fitri karena selalu mampir dan memberikan love maupun komentar cantiknya untuk foto2 saya yang biasa saja adanya hehe.. alhamdulillah ijinkan saya mengajak dulur malang mbak @ndanizam @fifi_rachmawati @anggiandhika @puji_nandangwuyung ayuuk ikutan mbak2...

#Repost @_nizaaaaa [22/3/2015] Nge teh @tehtongtji duluuuu. Sambil makan sepotong roti isi selai cokelat kesukaan. Ini me time ku setelah beberes rumah dan anak-anak. Sambil menyelesaikan bacaan yang belum kelar. #tehtongtji #tongtji #cantikdank #mokalov_tea #Galleryan2015 #pekanbaru #Repost @witalawin Di rumah selalu sedia #tongtji .... Selain jasmine, yang tea jeruk purutnya juga enak ... Hehehhe ... ……………….. and tea time ... Selalu jadi me time buat saya .....

#Repost From @muhajjriah Thank you Tina toon atas kunjungannya at TongTji tea house Medan #tongtjitea #tehtongtji #tongtji #tongtjiteahouse

@ Tong Tji Thank you Indra Herlambang for visiting us at Tong Tji Tea House #tongtjitea #tongtji #tongtjiteahouse #tehtongtji

Edisi I Juni-Agustus 2015

@ Tong Tji Thank you for visiting us ^^ With Mr. President Joko Widodo at Tong Tji Tea Bar #tongtjitea #tongtji #tehtongtji #jokowi #jokowidodo #bejo #tongtjiteahouse

@ Tong Tji Thank you Tukul Arwana for visiting our booth at PRJ #tongtjitea #tehtongtji #tongtji #tongtjiteahouse

@ Tong Tji With Ibu Iriana at Tong Tji Tea Bar ^^ #tongtjitea #tehtongtji #tongtji #tongtjiteahouse #jokowidodo #jokowi

@ Tong Tji Dewi Yul at Tong Tji Tea House Thank you for visiting us ^^ #tongtjitea #tehtongtji #tongtji #tongtjiteahouse

TONG TJI LIFESTYLE

13


14

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


SELF DEVELOPMENT

Memaknai Arti Kesuksesan

A

rti kesuksesan bagi setiap orang berbeda-beda. Ada yang mendefinisikan kesuksesan sebagai memiliki kekayaan dalam jumlah tertentu. Yang lain memandang kesuksesan sebagai memiliki kedudukan yang tinggi baik di organisasi maupun masyarakat. Ada orang lain lagi yang memandang kesuksesan sebagai kepopuleran di masyarakat. Anehnya orang-orang kaya di dunia ini pun masih merasa belum cukup sukses, sehingga terus mengumpulkan kekayaan lagi. Orang yang sudah memiliki kedudukan maupun popularitas juga masih terus mengejarnya karena masih merasa belum cukup sukses. Dan yang lebih aneh ada orang-orang yang sudah berhasil dalam karir, tibatiba mengundurkan diri dari karirnya dan menjadi rohaniwan. Lalu apakah arti kesuksesan itu sebenarnya ?

Dalam salah satu bukunya yang berjudul The 8th Habit, pakar pengembangan diri Stephen R Covey memberikan satu pemahaman yang cukup baik mengenai arti kesuksesan. Setelah sukses dengan buku sebelumnya yang fenomenal yaitu The 7th Habits of Highly Effective People mengenai tujuh kebiasaan manusia yang sangat efektif, Covey merasa perlu menjelaskan hal yang lebih tinggi dari hal menjadi sangat efektf, yaitu greatness atau keagungan. Keagungan yang dimaksudkan di sini adalah menemukan apa yang menjadi panggilan kita dan kemudian membantu orang lain menemukan panggilannya. Kata kunci yang diangkat oleh Covey adalah panggilan. Menurut Covey, kesuksesan adalah menemukan dan memenuhi panggilan kita. Jadi orang-orang yang disebut sukses atau agung adalah orang-orang yang menemukan panggilan hidupnya. Setiap orang memiliki panggilan yang berbedabeda. Dengan demikian kesuksesan bagi setiap orang berbeda-beda juga. Ada orang yang dipanggil sebagai pemimpin perusahaan besar, ada yang dipanggil untuk menjadi politisi, ada yang dipanggil sebagai rohaniwan dan ada yang dipanggil sebagai kepala rumah tangga. Sama-sama pemimpin perusahaan juga bisa berbeda kapasitas, ada yang perusahaan multinasional namun ada juga yang home industry. Sama-sama rohaniwan juga bisa berbeda area dan cakupannya. Ada beberapa implikasi yang dapat kita peroleh antara lain:

Edisi I Juni-Agustus 2015

Pertama, kesuksesan bersifat unik bagi masing-masing orang. Karena setiap orang memiliki panggilannya masing-masing, setiap orang akan memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Kita tidak selalu bisa meniru kesuksesan orang lain. Kita bisa mempelajari kesuksesan orang lain dan memperoleh manfaat yang baik dari pembelajaran itu. Contoh untuk Mahatma Gandhi, kesuksesan adalah perjuangan tanpa kekerasan, bagi Bung Karno perjuangan adalah memproklamasikan kemerdekaan. Keduanya adalah pejuang kemerdekaan bagi bangsanya dengan cara yang berbeda. Dalam dalam hal tersebut keduanya sukses dan kita bisa belajar dari konsistensi dan komitmen perjuangan mereka. Kedua, kita harus menemukan panggilan diri kita. Ada orang yang mampu menemukan panggilan hidupnya sejak masih muda, namun ada juga yang menemukan jalan hidupnya ketika sudah di pertengahan umur. Ketika seseorang menemukan panggilan hidupnya, seringkali mereka mengubah arah hidupnya secara drastis. Ada pebisnis yang akhirnya menjadi rohaniwan. Ada professional yang sudah sukses dalam karirnya, kemudian keluar untuk memulai bisnis sosial atau bekerja di perusahaan nonprofit. Seringkali peralihan ini menyebabkan berkurangnya pendapatan. Namun mereka merasa puas dan merasa hidupnya berarti Ketiga, kita harus bertumbuh di mana kita ditempatkan. Mungkin saat ini kita masih mencari dan masih ragu akan panggilan hidup kita. Sampai kita menemukan apa yang menjadi panggilan diri kita, bertumbuhlah di mana kita ditempatkan. Bertumbuhlah di perusahaan kita. Bertumbuhlah di keluarga kita. Bertumbuhlah di organisasi tempat kita beraktivitas. Pertumbuhan ini akan berguna bagi kita untuk menemukan panggilan kita. Pertumbuhan ini juga akan mematangkan karakter dan kedewasaan kita. Prinsip ini saya pelajari dalam buku yang sangat bagus berjudul Life Story not Job Title karya Darwin Silalahi. Jadi marilah kita temukan apa yang menjadi panggilan diri kita masing-masing. Belajarlah dari orang-orang yang telah menemukan dan menjawab panggilan hidupnya. Dan bertumbuhlah di mana pun kita ditempatkan. Salam Sukses. (William Tanujaya, praktisi manajemen)

TONG TJI LIFESTYLE

15


FASHION

Busana Merespon

PASAR KLEWER Terbakarnya Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, pada akhir tahun 2014, menyisakan duka mendalam bagi Anne Avantie. Pasalnya, ke pasar yang menyediakan beragam produk tekstil itulah perempuan ini dahulu sering bertandang. Ingin menghargai dan merespons keadaan pasar yang eksis semenjak 1970-an itu, Anne mempersembahkan koleksi kebaya yang sebagian materialnya diambil dari sisa-sisa kain dari sana yang terbakar dengan rancangan bertema “Klewer Riwayatmu Kini”. ”Potongan batik terbakar bukan rekayasa, tapi murni. Kain-kain itu disambungkan dengan cara menyulam dengan ‎benang, disambung dari ujungujungnya yang terbakar. Ada juga yang

16

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


FASHION

dibakar sedikit supaya kesan hitamnya tampak,” ujar Anne. Sebanyak 20 hasil rancangan ia pamerkan di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Maret 2015 dan di Mal Paragon, Semarang, Mei 2015. Anne mengatakan saat “diselamatkan” pada awal Januari, kain-kain batik tersebut wujudnya sudah tidak terlalu bagus. Beberapa juga lembab karena diguyur air demi memadamkan api. Namun hal itu tidak menjadi penghalang. Bersama para pedagang dan pemulung di tengah puingpuing sisa kebakaran, ia memilih kain-kain batik yang cukup layak guna disambungkan untuk

Edisi I Juni-Agustus 2015

kemudian dijadikan selendang, bawahan, serta detail pada koleksinya. Ibu tiga anak itu juga menuturkan jika ia tidak melihat dirinya sebagai pahlawan. Namun hanya seorang wanita biasa yang melihat jika produk tekstil tersebut adalah budaya bangsa yang butuh seseorang yang mengasihi. ”Pasar Klewer adalah embrio masa kecil saya. Saya merasa ikut memiliki. Saya berharap ini bisa menjadi wujud cinta dan seni yang dibalut dengan kepedulian. Saya berharap pasar bisa dibangun kembali,” ungkap sang desainer.

TONG TJI LIFESTYLE

17


FASHION

Melalui 20 karya itu Anne ingin menyampaikan kepeduliannya terhadap Pasar Klewer. Warna hitam arang berpadu aksen apik pada sejumlah bagian menyiratkan pesan Pasar Klewer harus bangkit. “Karena seusai gelap dan luluh-lantak pasti ada terang, yang bisa jadi terangnya melebihi sebelum semuanya sirna.� (DZ)

18

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


RECIPE

JellyMix Bahan

2 pcs fruit Frussion TongTji rasa Strawberry/Peach/Lemony 1/2 sdt agar-agar bubuk 1/2 sdt jelly bubuk 3 sdt gula pasir Selasih secukupnya untuk taburan 2 buah jeruk/lemon Cara membuat 1. Seduh fruit Frussion TongTji celup rasa Strawberry/Peach/Lemony dengan air panas selama kurang lebih 3-5 menit. Tunggu hingga hilang uap panasnya. 2. Siapkan jeruk/lemon, belah 2 (membujur), bersihkan bagian dalamnya, sisihkan.

3. Setelah hilang uap panasnya, tambahkan gula pasir, agar-agar bubuk, dan jelly instant bubuk, masak sampai mendidih. 4. Segera setelah mendidih, tuang dalam jeruk/lemon yang sudah dibersihkan bagian dalamnya. 5. Untuk garnishnya taburi dengan biji wijen/selasih 6. Tunggu dingin dan potong menjadi beberapa bagian. Sajikan dingin lebih nikmat.

Fresh Fruit Tea Bahan

3 pcs teh celup “Tong Tji” Lemon Tea 100 ml air panas 3 sdm sirup gula kental Melon secukupnya Strawberry secukupnya Semangka merah secukupnya Pepaya secukupnya Air putih secukupnya Cara membuat 1. Seduh teh hitam celup “Tong Tji” dengan air panas selama kurang lebih 3 menit. Sisihkan. 2. Blender halus 2 buah markisa dengan 2 sendok air putih, lalu saring. Sisihkan. 3. Siapkan gelas saji, masukan sirup melon, sari buah markisa, es batu, seduhan teh hitam celup “Tong Tji”, air jeruk lemon, dan yang terakhir sisa buah markisa yang belum diblender. 4. Sebagai pelengkap hias dengan potongan jeruk lemon dan daun mint.

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

19


PEOPLE

Jembatan Kemanusiaan

Anne Avantie M

erancang busana, bagi Anne Avantie, tidak ubahnya jembatan untuk melakukan gerakan kemanusiaan. Melalui jalur ini, ia ingin terus peduli terhadap orang-orang kurang beruntung dengan mengajak mereka bekerja, memberi bantuan kesehatan, hingga aktivitas kerohanian. Setiap hari, sebanyak 200 perempuan bekerja di rumahnya di Jalan Kalimas Barat A 3-5 Kompleks Tanah Mas, Semarang Utara. Sebelum diterima untuk melakukan rutinitas itu, mereka mengikuti sejumlah pelatihan terkait dengan baju dan segala pernik yang bakal mereka buat.

20

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


PEOPLE

“Saya ingin mengajak semakin banyak orang untuk hidup lebih baik.”

Hal yang sama juga dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Wanita Klas IIA di Bulu, Kota Semarang. Sudah bertahun-tahun perempuan kelahiran Semarang, 20 Mei 1964 ini mengajak mereka untuk ikut serta dalam produksi busana. Di LP yang sama dan berbagai tempat di kota lain, ia kerap melakukan kegiatan kerohanian. ‘’Bagi saya, merancang busana hanyalah jembatan untuk kemanusiaan. Saya ingin mengajak semakin banyak orang untuk hidup lebih baik,” kata perempuan yang dikenal memilih kebaya sebagai basis merancang busana ini.

“Buka 24 jam. Siapa yang masuk kami terima sebagai pasien yang layak ditolong.”

Aksi sosialnya yang lain ditunjukkan dengan pembangunan rumah singgah Wisma Kasih Bunda pada 2003 yang merupakan hasil kerja sama dengan Rumah Sakit St Elisabeth, Semarang. Pada mulanya, rumah singgah ini hanya diperuntukkan untuk penderita hydrocephalus—penumpukan cairan otak yang berlebihan di kepala, namun mulai 2005, banyak penderita penyakit dan cacat lain yang datang untuk mendapat pertolongan, seperti penderita tumor dan bibir sumbing. Rumah yang berlokasi di Jalan Sanggung Barat 3B, Semarang, ini telah menjadi rumah singgah bagi ribuan pasien. Wisma Kasih Bunda memang tak ubahnya rumah yang memberikan pelayanan praoperasi dan observasi pascaoperasi. Pasien hydrocephalus yang datang ke tempat itu dibantu untuk mendapatkan pelayanan operasi gratis di Rumah Sakit St Elisabeth. Anne mengatakan siapa pun yang datang dan membutuhkan bantuan dapat ditolong melalui tempat ini. “Buka 24 jam. Siapa yang masuk kami terima sebagai pasien yang layak ditolong,” kata istri Yoseph Henry Susilo ini.

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

21


PEOPLE

“Sebuah rentang waktu yang tiap elemennya menantang untuk bersinggungan dengan hal-hal yang baru.”

Tanpa Syarat Di rumahnya, Anne menerima ratusan perempuan bekerja tanpa syarat. Itu ia nyatakan dalam sebuah tulisan di depan rumahnya, “Menerima penjahit, tukang bordir, tukang payet, tanpa ijazah”. Hal tersebut, menurut Anne, adalah cara membantu kaum perempuan yang ada di sekitaran tempat tinggalnya supaya memiliki penghasilan. Dalam berbagai kesempatan, ia juga tak ragu membawa nama Semarang. “Saya ingin membuktikan bahwa Semarang mampu memberi pengaruh bagi dunia,” kata dia. Anne juga ingin membuktikan bahwa bisnis yang digerakkan dari daerah justru dapat menyentuh garis kesuksesan dengan cepat. Keputusannya untuk tetap tinggal di Kota Lunpia pun bukan tanpa alasan. Anne memilih untuk tetap menggerakkan roda bisnisnya di kota ini sambil tetap melakukan gerakan sosial. Ia berpandangan tiada guna tenar di luar jika di tempatnya lahir tak mampu memberi apa pun. “Buat apa terkenal di luar kalau di tempat asal tidak memberi apa pun,” ujarnya.

22

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


PEOPLE Peraih penghargaan dari Ani Yudhoyono pada 2008 atas kontribusinya mengembangkan usaha kecil itu mengatakan profesi sebagai desainer sudah menerbangkannya jauh dari seorang pembuat baju. Saat ini, ia sering terlibat dalam seorang entrepreneur, pembicara dalam berbagai seminar, mengisi kesaksian di rumah ibadah, dan menjadi penulis rohani, serta seorang guru. Bagi Anne, dunia desainer bukan sekadar dunia gambar, tapi “Sebuah rentang waktu yang tiap elemennya menantang untuk bersinggungan dengan hal-hal yang baru.” Jagat rancangan busana, ia mengatakan, merupakan dunia kreatif yang mampu menggerakkan banyak hal. Lantas, siapa orang yang sangat mendukung langkah yang telah ia ambil ini? Baginya, setiap peristiwa sangat mendukung tumbuhnya kualitas karakter pribadi seseorang. “Ibu saya mengajarkan untuk menyelesaikan masalah tanpa menjatuhkan ‘korban-korban baru’ yang justru akan mempersulit kehidupan kita ke depannya.”

Minim Pendidikan Dari sosok ibu, ia mendapat ketegaran atas berbagai permasalahan hidup. Ia mengisahkan, di masa lalu dirinya pernah “kalah sebelum berperang”. Anne merasa diperdayakan dengan keadaan di mana memiliki begitu banyak kekurangan: minim pendidikan dan banyak ketidaktahuan yang kemudian membelenggu jiwa. “Saya tidak percaya diri karena memang merasa tidak ada bekal.” Ya, Anne hanyalah seorang tamatan SMP, meski sempat meneruskan SMA namun ia tidak lulus. Namun, keterbatasan itu justru selalu menjadi pendorong baginya untuk berkarya. Dari situlah muncul bayang-bayang kebahagiaan yang menjadi mimpi, bukan menjadi desainer terkenal. Ia termotivasi oleh “keadaan”, bukan oleh seseorang. “Karena memang hidup saya saat itu jauh dari bahagia. Ibu dan kedua adik saya yang waktu itu berusia 8 tahun dan 9 tahun setelah ayah meninggal menjadi pemicu utama yang memotivasi seluruh langkah yang saya ambil.” Kini, ketika siapa pun memandang Anne telah berada di puncak karier, ia merasa dalam posisi yang dilematis. Ke depan, ia ingin lebih mengurus panggilan jiwanya, yakni memberi perhatian kepada mereka yang membutuhkan, selain juga ingin kembali menjadi seorang istri bagi suami dan ibu bagi ketiga anaknya. “Saya ingin turun, tapi turun dengan perencanaan yang matang.” Disinggung soal semangat yang membuatnya terus berkarya, ia mengatakan keinginan untuk membahagiakan ibu dan keluarga adalah dorongan utama. Karena, dari sanalah semangat ia merasa dipompa untuk terus berpikir serta menjalani kehidupan secara alami dengan proses yang berat. ‘’Ini memberikan rasa keyakinan bahwa talenta saya yang akan menyelamatkan.” Karena keterbatasan pula, mulanya Anne tidak menyadari jika akan menjadi seorang desainer andal seperti sekarang, sebelum energi kreatifnya pada umur 10 tahun tertangkap oleh sang ibu. Dari sang ibu pula, ia mengatakan, transfer alamiah itu berlangsung dan tanpa ia sadari menjadi embrio Anne Avantie. “Setelah 25 tahun berkarya, saya punya keinginan mengabdikan hidup dengan mengembangkan Wisma Kasih Bunda menjadi rumah sakit kemanusiaan yang dapat menolong banyak anak-anak.” (DZ)

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

23


24

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

25


OUR MENU

Menu Tradisional Manjakan Pelanggan

D

imulai dari bisnis kecil-kecilan dengan penjualan ice tea di booth sebesar 1m2, saat ini produk Tong Tji ice tea mulai dikenal hampir di seluruh kota besar di Indonesia.

Ibarat menabur benih di atas tanah yang subur bisnis ini sangat ditekuni mulai dari awal, hingga pada hari ini dapat berkembang pesat hingga mencapai lebih dari 300 outlet. Dengan tujuan utama memberikan kepuasan kepada konsumen melalui produk terbaik kami, inovasi, dan pengembangan menu telah diupayakan, sehingga dari kerja keras tersebut terlahir konsep baru yang lebih dikenal dengan Tong Tji Tea Bar dan Tong Tji Tea House.

26

TONG TJI LIFESTYLE

The Trendsetter Pada awal mulanya kami hanya menjual 3 produk unggulan di antaranya Jasmine Tea, Milk Tea dan Lemon Tea.

1. Jasmine Tea

Merupakan produk unggulan kami karena cita rasanya yang nikmat, segar dan dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat. Jasmine Tea ice terbuat dari produk andalan TongTji Jasmine Tea Premium, yang seluruh proses olahannya selalu diawasi dengan baik.

Edisi I Juni-Agustus 2015


OUR MENU

Mulai dari segi kualitas air yang digunakan hingga suhu dan lama waktu penyeduhannya pun dikontrol agar mendapatkan rasa teh yang paling nikmat.

Perhatian juga kami berikan kepada gula. Gula yang kami gunakan merupakan gula asli serta dipilih dari tebu terbaik. Produk ini bisa Anda dapatkan di seluruh outlet Tong Tji, mulai dari booth ice tea terdekat hingga Tong Tji Tea Bar dan Tong Tji Tea House. Produk ini bisa disajikan dengan es batu atau hangat, serta manis atau tawar.

2. Milk Tea Merupakan salah satu produk unggulan hingga saat ini. Terbuat dari produk Tong Tji Black Tea dengan cara diseduh kemudian dicampur dengan susu dan gula. Paduan rasa antara teh dan susu ini sangat digemari oleh semua orang terutama untuk kalangan anak kecil dan anak muda.

3. Lemon Tea

Produk unggulan yang satu ini terbuat dari Tong Tji Black Tea dengan perasan jeruk lemon asli. Rasa teh yang kuat dan lemon yang segar menghasilkan kombinasi ice Lemon Tea yang sangat cocok untuk Anda minum sambil bersantai, jalan-jalan ataupun untuk menemani waktu makan Anda.

Ketiga produk di atas merupakan awal mula penjualan ice tea di beberapa booth berukuran 1m2. Ketiga produk unggulan tersebut sampai saat ini masih menjadi trendsetter di kalangan masyarakat, hingga diikuti oleh pebisnis teh atau minuman lain. Salah satu keunggulan yang membedakan kami dengan perusahaan lain adalah sampai saat ini semua bahan baku yang kami gunakan berasal dari produk-produk alami, dan bukan dari bahan chemicals. Walaupun hanya memiliki daya tahan yang cukup singkat, kepuasan pelanggan dalam hal ini tetap diutamakan, dengan kontrol bahan baku yang memiliki kualitas terbaik.

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

27


OUR MENU

teh uwuh

traditional javanese tea

Traditional Also Can be a Style Ada begitu banyak menu tradisional di Indonesia yang sangat digemari oleh masyarakat, namun kehadirannya belum terlalu banyak dikenal terutama di zaman modern seperti sekarang ini. Kalangan muda lebih suka pergi ke mall dan makan di tempat yang nyaman. Beberapa tahun yang lalu belum banyak restaurantrestaurant di mall menyajikan masakan khas Indonesia yang dikemas dengan menarik. Berawal dari hal tersebut muncullah ide kami untuk menyediakan tempat makan yang cozy dengan menu tradisional yang dikemas secara modern namun tetap nikmat. Pada tahapan inilah Tong Tji Tea Bar lahir memanjakan pelanggan.

singkong goreng

mendoan 28

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


OUR MENU

mie jawa

nasi gila Tong Tji Tea House Banyak pelanggan setia yang menyukai konsep yang dihadirkan oleh Tong Tji Tea Bar. Dengan hobby nongkrong sambil nyemil cemilan tradisional, sampaisampai banyak permintaan dari customer untuk menyediakan makanan berat.

Untuk memenuhi kepuasan customer, menu terus dikembangkan hingga pada akhirnya makanan berat yang ada di Tong Tji Tea House pun menjadi salah satu pilihan favorit pelanggan.

bakmoy ayam

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

29


OUR MENU

nasi goreng president

bihun goreng

Tea Fusion Mengikuti perkembangan zaman serta melalui berbagai inovasi, menu minuman berbahan dasar teh terus kami kembangkan. Kami ingin menyampaikan ke customer bahwa teh lokal Indonesia bila diolah dan dipadukan dengan cara yang tepat

nataberry

oreo milk tea 30

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


OUR MENU

cappucinno milk tea juga bisa menghasilkan produk-produk yang nikmat, tidak kalah dari produk-produk luar negeri yang sekarang mulai berkembang di Indonesia. (*)

taro milk tea

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

31


PEOPLE

Bikin Pegawai Happy Jalankan Tugas

“

Membaca patologi birokrasi Pemprov Jateng, itu istilahnya.

D

i masa awal pemerintahannya, banyak hal yang terbilang kontoversial. Sejumlah kebijakan menuai kritikan. Bukan hanya dari masyarakat, namun juga termasuk LSM maupun anggota DPRD Jateng. Menaikkan anggaran pembangunan jalan dan jembatan menjadi Rp 2,1 triliun. Melakukan lelang jabatan secara terbuka. Hingga menaikkan tunjangan penghasilan pegawai (TPP) yang terbilang besar jika dibandingkan dengan TPP yang diterima PNS kabupaten/kota. Apa sebenarnya yang ingin dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo? Dirinya bergeming saat kritikan datang. Masukan memang menjadi pertimbangan untuk perbaikan, namun ia keukeuh dengan kebijakan yang telah diputuskan.

32

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


PEOPLE

Bertemu face to face, sambil ngopi dan sarapan bareng.

Kebijakan yang ia buat, bukannya tanpa dasar. Begitu dilantik menjadi Gubernur bersama kompatriotnya, Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko, Ganjar langsung melakukan observasi. Membaca patologi birokrasi Pemprov Jateng, itu istilahnya. Dari situ, ia mengetahui bagaimana kinerja PNS dan apa saja problem-problemnya. Ia mendengar, ada praktik setoran pada atasan, harus membayar bagi PNS yang ingin naik jabatan. Namun hal itu seperti kentut, sulit dibuktikan. Melipatkan TPP menjadi salah satu solusinya. Penghasilan yang sah dan legal, sehingga PNS tak perlu berpikir bagaimana cari tambahan. Target kerja bisa ditingkatkan. “Bagaimana bisa saya menekan dengan target kerja, kalau insentif pegawai di jembatan timbang hanya Rp 50 ribu. Padahal mereka terbiasa membawa uang banyak. Wajar jika tergoda, mereka juga manusia. Dengan tambahan itu

Edisi I Juni-Agustus 2015

�

(TPP), saya ingin membuat pegawai kerja dengan serius, tak perlu pikirkan yang lain. Kerja dengan happy,� tutur Gubernur yang berciri khas rambut beruban ini. Gubernur yang terbiasa masak oseng kacang panjang ini juga tak sembarangan dalam merumuskan kebijakan. Ia mencari masukan sebanyak mungkin. Tak hanya dari dinas maupun DPRD, melainkan bertemu langsung dengan masyarakatnya.

Sebar Twitter Hal pertama yang ia lakukan adalah menyebarkan alamat twitter. Tujuannya, semua masukan dan komplain tentang pelayanan bisa ia terima secara langsung. Bukan pencitraan, begitu dapat komplain, ia langsung menanggapi dan menCC (carbon copy) keluhan pada dinas terkait. Komplain pun langsung diberikan solusi.

TONG TJI LIFESTYLE

33


Sudah, tidak usah babibu, tiap pengamat jalan diberikan kendaraan roda tiga. Begitu ketemu jalan berlubang, langsung tambal.

Tak hanya lewat twitter, gubernur juga menerima masukan maupun komplain melalui email, web, SMS, dan lapor gub. Ratusan komplain masuk tiap hari. Bahkan umpatan tak jarang juga ia terima. Terutama saat dirinya menertibkan galian C. Ia sendiri yang menjawab dengan kepala dingin. Utamanya yang melalui SMS , twitter dan email. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain pula ikannya. Selain bertemu rakyatnya melalui dunia maya, politisi PDIP ini juga melakukan cara lain untuk berdiplomasi dengan masyarakat. Bertemu face to face, sambil ngopi dan sarapan bareng. Seakan tak ada sekat dalam acara Ngopi Bareng Gubernur ini. Duduk lesehan sambil nyeruput wedang. Keluhan-keluhan yang selama ini tak tersampaikan, keluar begitu saja dari mulut para pegawai dan masyarakat. Kejujuran memang sangat diharapkannya.

jalan di Purwodadi, dengan mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta maupun dengan petani tebu di Banyumas. Alhasil, dari semua keluhan dan masukan yang ia terima maka dirumuskanlah prioritas pembangunan. Pertama adalah pembangunan infrastruktur jalan. Jika tahun ini anggaran pembangunan jalan dan jembatan dari APBD 2015 senilai Rp 2,1 triliun maka akan ditingkatkan menjadi Rp 2,5 triliun pada 2016. Lalu bagaimana dengan penambalan jalan agar lebih cepat, karena masyarakat tahunya jalan mulus dan nyaman untuk dilalui. “Saat Ngopi Bareng, ada keluhan terbatas sarana dan material. Sudah, tidak usah babibu, tiap pengamat jalan diberikan kendaraan roda tiga. Begitu ketemu jalan berlubang, langsung tambal,” katanya.

Bagi Ganjar, acara itu bagian dari komunikasi dan komunikasi atas sebuah situasi. “Misalnya ada jalan rusak, mbok lapor kades-e. Pak kades sulit dicari. Lha mbok lapor camate, ndak berani pak. Lha kok lapor gubernure, lha bisa langsung ketemu. Bisa juga lapor lewat SMS,” begitu tanya jawab Gubernur dengan warga saat Ngopi Bareng itu. Sejauh ini Gubernur pernah Ngopi Bareng masyarakat dan petugas kesehatan di Brebes soal tingginya angka kematian ibu hamil, pengawas

34

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


�

Begitu ada keluhan, maka Gubernur bisa memberikan solusi dan diteruskan dengan eksekusi lapangan.

Lebih Banyak PR Menjadi Gubernur memang lebih banyak pekerjaan rumahnya jika dibandingkan semasa menjadi anggota DPR RI. Waktu jadi wakil rakyat, Wakil Ketua Komisi II DPR RI, keluhan masyarakat hanya datang dari dapilnya. Keluhan juga dibagi dengan wakil rakyat yang lain. Saat ini, semua keluhan tertuju pada satu orang, Gubernur. Padahal Jateng memiliki 33,2 juta warga. Meski demikian, Gubernur memiliki kewenangan yang lebih besar terhadap anggaran. Begitu ada keluhan, maka Gubernur bisa memberikan solusi dan diteruskan dengan eksekusi lapangan. Pendek kata, lebih solutif. Kebijakan-kebijakan cerdas yang ia ambil, bisa jadi tidak lepas dari karir politik yang terbilang moncer. Lahir di Karanganyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa. Penyuka music rock ini banyak belajar dari Megawati Soekarnoputri dan kemudian bergabung dengan partai yang ia pimpin. Ganjar kemudian terpilih menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI periode 2009-2014. Saat duduk di parlemen, ia termasuk anggota yang vokal. Dirinya juga menjadi salah satu politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. (HS)

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

35


AUTOMOTIVE

All New Alphard & All New Vellfire Menyuguhkan Kemewahan dan Kemegahan

P

ersaingan MVP mewah di Indonesia memanas. Hal ini terkait dengan kehadiran All New Toyota Alphard dan All New Vellfire. Dua model baru yang hadir dengan konsep grand deluxe ini diklaim tidak hanya bergaya mewah melainkan juga megah. Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin saat peluncuran All New Alphard dan All New Vellfire di Jakarta baru-baru ini menegaskan kedua mobil ini menawarkan kualitas kemewahan dalam setiap tampilan dan peralatannya. Pada eksterior, Alphard mengadopsi gril dengan ornamen balok banyak dengan penampang cukup besar. Sementara Vellfire sedikit berbeda pada desain bumper. Pada desain interior, kursi baris kedua dan ketiga kini mengadopsi captain seat ditambah dengan rear seat entertainment yang memberikan kenyamanan bagi penumpang belakang.

Alphard dan Vellfire juga dilengkapi berbagai fitur baru yang canggih. Salah satu yang diunggulkan adalah panoramic view monitor dengan seethrough view. Perlengkapan ini menjadikan penumpang merasa berada di kabin yang luas. Model teratas dari keluarga Alphard bermesin 3.5 liter, dekorasi kabin didesain sebagai executive longue dengan dimensi panjang 4.915mm; lebar 1.850mm; dan tinggi 1.935mm. Minimum ground clearance bahkan memiliki tinggi hingga 160 mm. Jika dibandingkan model sebelumnya, perubahan mendasar All New Alphard dan All New Vellfire terletak pada sistem suspensi dan mesin baru. All New Alphard kini mengusung mesin baru 2.5-liter, menggantikan jantung lama di Alphard Gen2 berkubikasi 2.4-liter. Lumbung baru ini dipastikan tidak hanya memberikan performa lebih baik, tapi juga efisiensi dengan penggunaan start/stop system. Sementara untuk varian paling tinggi Alphard 3.5 Q tetap mempertahankan mesin lama berkubikasi 3.5-liter. (*)

36

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

37


COMPLEMENT

Sadranan

Pantai Eksotis dari Gunungkidul

M

endengar nama Gunungkidul barangkali yang terlintas di benak anda adalah sebuah kawasan gersang di belahan Tenggara Yogyakarta yang mempunyai tiga pantai kondang : Baron, Kukup dan Krakal. Itu dulu. Kini Gunungkidul sudah jauh berbeda. Bila sekarang anda menjelajah kabupaten ini, sepanjang perjalanan terasa lebih segar karena hutan jati rakyat rimbun menggantikan pemandangan bukit-bukit gersang. Aspal mulus dan SPBU juga tergelar sampai pelosok desa sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi daerah wisata favoritnya. Ingin lidah anda menari-nari? Kuliner khas pedesaan yang lezat seperti nasi merah, tiwul, sayur lombok ijo, bakmi Jawa, tongseng Usal (keong laut) dan lain– lain siap mengisi perut anda bila lapar mendera. Tong Tji Lifestyle kali ini berkesempatan menjelajah pesisir selatan kabupaten Gunungkidul untuk menguak Pantai Sadranan, sebuah pantai romantis yang bertengger di antara puluhan pantai cantik lainnya di kawasan itu. Berpasir putih dengan air laut yang bening menggoda sehingga biota laut yang ada dapat dilihat. Tempat ini cocok untuk anda yang hobi bermain pasir, mandi di laut dan bahkan snorkeling.

38

TONG TJI LIFESTYLE

Pantai Sadranan terletak antara Pantai Slili di Barat dan Pantai Ngandong di Timur. Tepatnya di dusun Pulegundes II, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus. Berjarak kira-kira dua jam perjalanan bermobil dari Yogyakarta. Tong Tji Lifestyle mengambil jalur Yogyakarta – Wonosari – Baron. Berangkat dari kota Gudeg jam 05.00 pagi karena berdasar cerita teman yang hobi berkemah di pantai tersebut, bila ingin memotret pemandangan serta snorkeling, pagi hari adalah waktu yang tepat karena selain indah, juga sepi dan sinar matahari tidak akan membakar kulit anda. Perjalanan terasa lancar karena saat itu bukan musim liburan sehingga pukul setengah tujuh kami sudah sampai di pertigaan pantai Baron. Kami langsung ambil belok kiri menuju tanjakan tajam dan mengikuti jalur ini melewati aneka pantai yang lebih dulu ngetop seperti pantai Kukup, Sepanjang, Drini, dan Krakal. Mobil pun terus dipacu melaju kencang menembus segarnya udara pagi. Sesampai di pertigaan Pantai Slili, ada patung orang berselancar yang dibuat oleh mahasiswa KKN Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Mobil kami pun lalu belok kanan memasuki gerbang parkir dengan laju perlahan. Kata kawan kami, akses menuju Pantai Sadranan memang unik karena harus melewati rute menuju Pantai Slili terlebih dahulu.

Edisi I Juni-Agustus 2015


COMPLEMENT

Di sebuah pertigaan kecil mobil kami berbelok ke kiri melalui jalan tanah berbatu. Cukup sempit, kira kira hanya selebar empat meter dan panjangnya seratus meter. Setelah melalui celah sempit itu mulailah pemandangan menawan menghampiri kami. Hamparan pasir putih telah menanti.

Sehabis berenang dan perut terasa lapar, tersedia warung –warung yang menyediakan menu hidangan laut yang menarik. Di pantai Ngandong yang terletak persis di sisi timur Pantai Sadranan ada warung yang menawarkan menu favorit ikan GT (Giant Trevally) bakar dengan sambel lombok ijo. Cukup menggoda bukan?

Pagi itu suasana masih lumayan sepi. Di tepi pantai terlihat puluhan gazebo yang disewakan berjajar dengan rapi. Aneka warung dan penginapan juga cukup banyak, bahkan sampai di bukitbukit banyak penginapan baru sedang dibangun menghadap samudera Hindia.

Sore hari kami kembali ke Yogyakarta, Pantai Sadranan yang eksotik selalu tertancap di hati. Suatu saat kami akan kembali menikmati keindahanmu. (TW)

Pantai Sadranan adalah surga baru bagi para pecinta snorkeling. Pantai ini menyimpan keindahan bawah laut yang masih alami. Aneka ikan cantik menari-nari di antara terumbu karang. Tersedia beberapa jasa persewaan alat snorkeling yang menyediakan pemandu. Mereka tidak segan-segan akan membantu anda yang masih ‘hijau’ dengan sigap. Harga sewa satu set peralatan snorkeling yang terdiri dari kacamata(google), selang, pelampung dan sepatu adalah Rp. 50.000,per dua jam. Pemandu akan mengajari teknik bernapas di bawah air dengan menggunakan mulut dan teknik dasar untuk mengapung agar tidak menginjak terumbu karang. Dua lokasi favorit untuk snorkeling adalah di spot Watu Pecah dan Kali Senggoro.

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

39


BOOKS REVIEW

Buku Ajaib Pengembangan Diri Judul : The 7 Habits of Highly Effective People Penulis

: Stephen R. Covey

Penerbit : Binarupa Aksara Publisher Tebal

: 384 halaman

“Ini adalah buku ajaib yang akan kuberikan sebagai hadiah untuk setiap orang” (Warren Bennis) “Ini adalah buku yang mengagumkan yang dapat mengubah hidup anda” (Tom Peters) “Padanan dari seluruh perpustakaan literatur tentang keberhasilan didapat di dalam satu buku ini” (Ken Blanchard). Demikian testimoni dari tiga orang pakar kelas dunia tentang salah satu buku terlaris di bidang pengembangan diri yaitu The 7 Habits of Highly Effective People. Buku yang ditulis tahun 1989 ini merupakan salah satu buku terbaik yang pernah ditulis mengenai pengembangan diri. Dan di antara karya Stephen R. Covey lainnya, buku ini merupakan karya masterpiece. Pertama kali saya mengenal Seven Habits di tahun 2003 adalah di perpustakaan fakultas tempat saya kuliah. Begitu mulai membacanya, saya langsung melalapnya sampai habis. Isi buku ini begitu menarik perhatian dan di antara ratusan buku pengembangan diri yang pernah saya baca, tidak ada yang mengalahkan buku ini. Seven Habits berbicara mengenai cara menjadikan seseorang sangat efektif dengan membangun tujuh kebiasaan yang efektif. Covey membagi tujuh kebiasaan dalam tiga tahap perkembangan kedewasaan manusia, yaitu tahap ketergantungan, kemandirian, dan kesalingtergantungan. Tiga kebiasaan yang pertama adalah jadilah proaktif, mulai dengan akhir dalam pikiran dan dahulukan yang utama. Tiga kebiasaan ini akan mendewasakan manusia dari tahap ketergantungan menuju ke tahap kemandirian.

namun menuju tahap kesalingtergantungan. Disinilah peranan tiga kebiasaan yang kedua yaitu berpikir win win, berusaha mengerti dahulu baru dimengerti dan wujudkan sinergi. Sedangkan kebiasaan ketujuh yaitu asahlah gergaji memelihara dan meningkatkan aset terbesar yang kita miliki. Mengasah gergaji adalah terminologi Covey yang berarti mengembangkan diri, Keempat bidang pengembangan diri ini adalah fisik, social emotional, spiritual dan mental. Kepopuleran buku ini membuatnya menjadi materi ajar untuk pengembangan diri. Beberapa sekolah di Amerika Serikat memasukkan materi ini sebagai bagian dari kurikulum bagi para siswa. Di kalangan profesional pebisnis, Seven Habits juga menjadi materi pelatihan dan pengembangan diri yang begitu popular. Banyak perusahaan mewajibkan para manajernya untuk mengikuti pelatihan ini. Buku ini layak dibaca oleh orang-orang yang ingin mengembangkan dirinya dan menjadikan dirinya lebih efektif. Selain didasari oleh riset dan pengalaman yang kuat, bukti buku ini telah bertahan dan berkembang selama lebih dari 25 tahun menjadikan buku ini sebagai buku wajib baca. (WT)

Namun hakikat kedewasaan manusia menurut Covey bukanlah berhenti di tahap kemandirian,

40

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


RENDESVOUZ

Dikira “Pemilik” Tong Tji

B

agi dr Nahwa Arkhaesi, teh Tong Tji seakan sudah jadi bagian hidupnya. Banyak kegiatan yang melibatkan teh yang digemarinya ini sebagai minuman. Ketika Tong Tji Lifestyle berkunjung ke kediamannya di Jalan Tampomas Selatan 12A Semarang yang asri, kelahiran Tegal 25 Oktober 1969 ini bercerita banyak sejak awal mula dia membeli dan kemudian menggemarinya. Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro yang sekaligus bekerja di Departemen Ilmu Kesehatan Anak RS Kariadi Semarang ini menceritakan, sekitar tahun 2004 ketika sedang kuliah dan mengerjakan banyak tugas, dia harus sering ke Toko Buku Gramedia. Di sana dia sering membeli es teh yang dijual di stand Tong Tji. Kini dr Essi, panggilan akrabnya, selalu menyempatkan diri mampir ke counter es teh Tong Tji ketika berangkat jaga di poli anak. ‘’Sering saya beli banyak, kemudian saya bagi-bagi kepada teman-teman,’’ katanya. Dia merasa senang melihat orang lain yang sedang haus bisa menjadi segar setelah minum teh yang dibawanya. ‘’Saya itu senang kalau lihat orang haus terus minum glek glek glek . Aduuuuh seneng, seneng betul lihatnya itu, bisa bikin orang lain senang,’’ tuturnya.

Edisi I Juni-Agustus 2015

Aktivitas Sosial Essi yang sedang melanjutkan studi S3 di Undip juga mengungkapkan keterlibatannya dalam berbagai aktivitas sosial, misalnya pengajian ulil albab setiap bulan atau menjadi panitia pada acara-acara yang diadakan Departemen Ilmu Kesehatan Anak di RS Kariadi. Nah, dalam acara-acara di rumah sakit, keluarga, maupun di kantor suami, dia selalu tak mau repot dan mengarahkan untuk menggunakan fasilitas free drink dari Tong Tji. Kesukaannya pada Tong Tji mendorongnya untuk mengajak orang lain merasakan teh kegemarannya itu. ‘’Teman-teman sering bilang apa saya ini pemilik Tong Tji, kok setiap ada saya di situ selalu ada Tong Tji hahaha..,’’ katanya. Dalam acara pengajian ulil albab yang diikuti sekitar 200 orang, dia menyediakan fasilitas free drink teh Tong Tji. Tak hanya pengajian, selama kurang lebih 10 tahun ini, momen buka bersama di setiap bulan Ramadan selalu ia gunakan untuk menabung pahala dengan menyediakan snack dan teh Tong Tji untuk orang lain berbuka. (ER, AM,DA)

TONG TJI LIFESTYLE

41


OUR KITCHEN

Tong Tji Tea House Ciwalk Bandung

kenikmatan minum teh di dalam

sangkar

S

iapa yang tidak mengenal Bandung, kota sejuta pesona yang terletak di Jawa Barat ini sudah sejak lama mendapat julukan Paris Van Java. Memang pas ketika kita menyebut Bandung sebagai Paris Van Java, rentetan butik atau yang lebih dikenal dengan istilah factory outlet berderet rapi di Jalan R.E. Martadinata. Selain itu, Bandung juga terkenal dengan wisata kulinernya. Ribuan wisatawan asing dan dalam negeri selalu datang ke Bandung di akhir pekan maupun musim liburan.

42

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


Dari sekian banyak tempat wisata yang ditawarkan di Kota Bandung, ada satu daerah atau mungkin lebih tepatnya nama jalan yang sejak dulu menjadi tujuan wisatawan asing dan lokal. Jalan tersebut adalah Jalan Cihampelas. Jalan ini sangat terkenal dengan tokot-toko pakaian yang menghadirkan ikon superhero sebagai penarik perhatian. Beberapa patung superhero seperti Superman, Batman, Spiderman, Rambo, dan lain-lain, sengaja dibuat berukuran besar untuk menjadi daya tarik pengunjung. Yang tidak kalah menarik di Cihampelas adalah keberadaan sebuah pusat perbelanjaan yang menghadirkan konsep berbeda dengan konsep pusat perbelanjaan pada umumnya. Biasanya, sebuah pusat perbelanjaan (mall) lebih mengetengahkan konsep indoor (ruangan tertutup) dengan pendingin udara yang sengaja disediakan agar pengunjung mall merasa nyaman. Hal ini berbeda dengan mall Cihampelas Walk. Cihampelas Walk atau yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan Ciwalk, menghadirkan konsep mall dengan

Edisi I Juni-Agustus 2015

kondisi alam terbuka. Taman yang tanamannya dirawat dengan baik dan beberapa pepohonan besar yang sengaja dibiarkan tumbuh alami menambah keasrian dari mall yang bernuansa alam tersebut. Berdasarkan konsep inilah, Ciwalk selalu didatangi oleh pengunjung setianya. Sekitar bulan Maret 2014, ketika itu kami sedang mencari lokasi yang baik untuk Tong Tji Tea House pertama yang akan dibuat di Bandung. Ada beberapa alternatif pilihan lokasi di beberapa mall di Kota Bandung dan salah satunya ada lokasi di mall Cihampelas Walk. Berdasarkan perundingan tim manajemen, diputuskan bahwa Tong Tji Tea House Bandung pertama akan dibuat di mall Cihampelas Walk. Ciwalk dipilih karena mall tersebut telah diakui sebagai ikon dari Bandung. Kami mendapat lokasi yang cukup unik di Ciwalk, lokasi unit yang biasanya berbentuk persegi tidak kami dapatkan di Ciwalk. Lokasi dengan bentuk lokasi yang hampir menyerupai 3/4 lingkaran (seperti potongan kue) dengan

TONG TJI LIFESTYLE

43


konsep terbuka (semi outdoor) sempat membuat kami berpikir cukup keras mengenai konsep Tong Tji Tea House seperti apa yang ingin kami hadirkan bagi pengunjung. Kami menginginkan konsep yang menyatu dengan alam, karena Ciwalk sendiri pun seperti ini. Di samping itu, kami juga menginginkan pengunjung merasa nyaman dengan kondisi udara yang sejuk (walaupun tanpa pendingin udara). Kami menginginkan pengunjung bisa

44

TONG TJI LIFESTYLE

menikmati makanan dan minuman yang kami suguhkan dengan suasana alam yang kental, udara yang segar dan asri. Kami menginginkan pengunjung yang datang ke Tong Tji Tea House selalu merasa nyaman dan selalu ingin kembali lagi. Berdasarkan keinginan itulah maka kami menghadirkan konsep sangkar burung untuk Tong Tji Tea House Ciwalk di lokasi yang mencapai luas 330 meter persegi. 9 Sangkar

Edisi I Juni-Agustus 2015


besar dengan 2 buah sofa panjang berkapasitas 6 sampai dengan 8 orang per sangkar dihadirkan dan berhasil menjadikan daya tarik tersendiri bagi customer. Beberapa meja dengan sofa panjang yang dihadirkan berderet rapi melingkar di relling kaca, dikhususkan bagi customer yang merokok. Suara burung alami yang sengaja diputarkan juga menambah keunikan tersendiri di Tong Tji Tea House Ciwalk. Tong Tji Tea House Ciwalk yang cocok untuk acara ulang tahun, meeting, dan reuni keluarga ini mampu menampung sampai 250 orang pengunjung. Buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam setiap harinya. Pengunjung yang kebanyakan adalah anak muda (pada weekdays) banyak menghabiskan waktu lama sambil bercengkrama dengan teman-teman mereka. Pengunjung yang kebanyakan keluarga datang di akhir pekan. Mereka senang mengabadikan moment kebersamaannya di Tong Tji Tea House Ciwalk. (RUS)

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

45


EVENT 1

Inacraft2015

Kiblat Industri Kerajinan

I

nilah kiblat industri kerajinan di Indonesia. Sebuah pameran kerajinan terbesar di Indonesia, yang diadakan setiap satu tahun sekali di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

The 17th Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2015) merupakan kegiatan promosi produk kerajinan ke-17 dari Inacraft yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) bekerja sama dengan PT. Mediatama Binakreasi yang berlangsung awal April lalu. Penyelenggaraan Inacraft setiap tahun telah menjadi ikon pameran produk Indonesia dan menjadi agenda tahunan pemerintah yang secara konsisten terus meningkat dari segi kuantitas dan kualitas pameran. Inacraft menaungi dan memfasilitasi produk-produk kerajinan untuk bisa naik ke jenjang yang lebih tinggi baik dari segi komersial maupun dari segi estetika seni. Tidak dapat dipungkiri bahwa produk kerajinan adalah bagian dari kebudayaan nasional yang perlu terus dijaga dan dilestarikan, sehingga bisa dijadikan aset nasional.

46

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


EVENT 1

komunitas kerajinan internasional, eksistensi dan kompatibilitas industri kreatif kerajinan Indonesia di tengah-tengah persaingan pasar industri sejenis dengan negara lain.

Peran Tong Tji

Industri kerajinan di Indonesia sudah mulai menunjukkan potensinya. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak perajin baru yang tumbuh dengan inovasi-inovasi dan kreativitas produk-produk yang baru. Tuntutan ekonomi disertai dengan adanya peluang pasar yang cukup menjanjikan, membuat industri kerajinan kian semarak dan membawa harapan untuk perbaikan dan peningkatan perekonomian nasional.

Kualitas Ekspor Didaulat sebagai salah satu pameran kerajinan terbesar yang ada di Indonesia dan sebagai ajang promosi bagi produksi kerajinan dalam negeri untuk merambah pasar domestik maupun pasar luar negeri melalui produkproduk unggulan, Inacraft 2015 mengangkat tema “Kekayaan Warisan Budaya Jawa Tengah” sebagai ikon utama. Inacraft 2015 juga bertujuan untuk mengembangkan produk ekonomi kreatif dalam rangka peningkatan kualitas ekspor produk kerajinan Indonesia sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif faktor penunjang perekonomian nasional di era perdagangan bebas ini. Dengan sub tema “Meningkatkan Kualitas Produk Handicraft Kreatif untuk Memasuki Pasar Global” pameran ini diharapkan mampu menunjukkan kepada

Edisi I Juni-Agustus 2015

Selain kegiatan Inacraft 2015, Pojok Kuliner Nusantara hadir sebagai salah satu kegiatan promosi dan penjualan untuk produk makanan dan minuman yang kebetulan pelaksanaannya bersamaan dengan pameran handicraft terbesar di Indonesia. Kegiatan yang sudah memasuki tahun keenam ini terselenggara atas masukan dari para peserta dan pengunjung Inacraft untuk melengkapi dan menyempurnakan kegiatan pameran hasil kerajinan terbesar di Indonesia tersebut. Teh Tong Tji telah beberapa kali berpartisipasi menjadi peserta yang turut meramaikan acara tersebut. Tahun 2015 ini, Teh Tong Tji yang diprakarsai oleh Tatang Budiono (owner) dan Lina Febe Runtuwene (Regional Manager Jakarta) menjadi sponsor utama dalam event bergengsi tersebut. Dalam acara yang digelar di Parkir Timur Senayan seluas kurang lebih 1500 m2 ini, Teh Tong Tji seolah menjadi tuan rumah yang menyediakan pemuas dahaga bagi semua tamu. Aneka varian rasa Jasmine Tea, Milk Tea, dan Lemon Tea menjadi minuman yang melegakan hampir setiap pengunjung Pojok Kuliner Nusantara. Tentunya hal seperti ini menjadikan teh yang memiliki tagline “Teh Paling Nikmat Titik” tersebut menjadi semakin dikenal di kalangan masyarakat. (*)

TONG TJI LIFESTYLE

47


HEALTH

Insomnia

Kebiasaan tidur yang buruk

Insomnia “yang dipelajari”, akibat sangat khawatir tentang tidur dan mencoba terlalu keras untuk tertidur

Insomnia dan Penuaan

I

nsomnia adalah jenis gangguan tidur yang paling umum ( ada lebih dari 60 jenis gangguan tidur ), mencakup kesulitan tertidur atau tetap tertidur. Lebih dari sepertiga orang dewasa mengalami insomnia pada suatu waktu dalam kehidupan mereka, sedangkan 10 - 15 % melaporkan insomnia jangka panjang ( kronis ). Dengan insomnia, Anda biasanya bangun pada pagi hari dengan rasa lelah dan tidak segar. Hal ini menimbulkan gangguan berat pada kemampuan untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Insomnia melemahkan energy dan mood, kesehatan, serta kualitas hidup Anda.

Insomnia sebagian besar bersumber dari beberapa masalah. Insomnia dapat menjadi gejala gangguan lain atau dapat terjadi akibat penggunaan zat yang mengganggu tidur. Penyebab umum mencakup:

48

Stress, kecemasan dan depresi

Kafein, nikotin dan alkohol

Beberapa obat yang diresepkan dokter untuk kondisi, seperti depresi, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan alergi

Beberapa obat yang dijual bebas untuk masalah kesehatan, seperti kongesti dan nyeri

Kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan insomnia, seperti arthritis, kanker, gagal jantung kongestif, diabetes, penyakit paru dan stroke

Makan terlalu banyak pada malam hari

Perubahan lingkungan atau jadwal kerja

Penggunaan obat tidur dalam jangka panjang

TONG TJI LIFESTYLE

Insomnia lebih sering terjadi ketika kita bertambah tua. Anda dapat mengalami halhal berikut : •

Perubahan pola tidur. Tidur menjadi kurang nyenyak sejalan dengan usia. Karena Anda tidur ringan, Anda juga lebih mungkin terbangun

Perubahan aktivitas. Anda dapat menjadi kurang aktif secara fisik dan sosial. Aktivitas membantu meningkatkan tidur malam yang baik. Anda juga lebih mungkin tidur siang setiap hari, yang dapat mengganggu tidur pada malam hari

Perubahan kesehatan. Nyeri kronis, depresi, kecemasan, dan stres dapat mengganggu tidur. Pria sering mengalami pembesaran kelenjar prostat, yang dapat meningkatkan kebutuhan untuk berkemih dan mengganggu tidur.

Peningkatan penggunaan obat. Orang dewasa lanjut menggunakan lebih banyak obat dibandingkan orang yang lebih muda, yang meningkatkan peluang insomnia.

Berapa Banyak Tidur yang Cukup ? Jawaban akan pertanyaan ini akan berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Sebagian orang dewasa tampak memerlukan sekitar 7-8 jam dalam semalam. Namun beberapa orang masih baik-baik saja jika kurang tidur dan dapat melakukan aktivitas sepanjang hari.

Edisi I Juni-Agustus 2015


HEALTH Pengobatan di Rumah

Anda tidak harus mengalami kurang tidur pada malam hari. Perubahan hidup yang sederhana dapat mengatasi insomnia dan dapat mengembalikan istirahat Anda.

Periksa label obat Anda. Periksa label dan tanya dokter apakah obat Anda mengandung kafein atau stimulan lainnya yang dapat mengganggu tidur

Jangan berusaha untuk tidur. Semakin sulit Anda untuk mencoba, semakin membuat Anda bangun. Jika Anda tidak tertidur setelah 20 menit, bangun dari tempat tidur. Lakukan aktivitas yang tenang, seperti membaca atau mendengarkan musik, lalu tetap bangun sampai Anda merasa mengantuk, dan kemudian kembali ke tempat tidur.

Atur jadwal. Pertahankan waktu tidur dan waktu bangun yang konsisten, termasuk pada akhir pekan

Olah raga secara teratur. Lakukan olah raga minimal 30 menit beberapa hari dalam seminggu. Berikan waktu minimal 5-6 jam antara akhir olah raga dan waktu tidur

Jangan membawa pekerjaan ke tempat tidur. Hindari membawa bahan pekerjaan ke kamar tidur atau menggunakan internet tepat sebelum waktu tidur

Mandi air hangat. Mandi 1-2 jam sebelum waktu tidur dapat menenangkan

Hindari atau batasi kafein, alkohol dan nikotin. Minum kafein setelah makan siang dan menggunakan nikotin dapat menghalangi Anda tertidur pada malam hari. Alkohol dapat menyebabkan tidur yang tidak nyenyak dan sering bangun

Hindari makan besar sebelum waktu tidur. Kudapan yang ringan baik, tetapi makan terlalu banyak pada waktu malam hari dapat mengganggu tidur malam

Minum lebih sedikit cairan sebelum tidur. Minum sedikit cairan akan membantu mengurangi berkemih pada tengah malam

Ciptakan lingkungan tidur yang dingin, gelap dan tenang. Jika perlu, gunakan penutup mata dan penyumbat telinga. Coba tambahkan suara latar belakang yang tidak kentara, seperti suara kipas angin

Sembunyikan jam di kamar tidur, atur alarm Anda, tetapi sembunyikan semua jam di kamar tidur. Melihat jam menyebabkan lebih sulit untuk tertidur

www.whywesuffer.com

Bantuan Medis Jika setelah satu atau dua minggu Anda masih mengalami masalah tidur, kunjungi dokter Anda. Dokter biasanya tidak pernah merekomendasikan penggunaan pil tidur selama beberapa hari. Namun, dokter dapat merekomendasikan penggunaan pil tidur sebagai bantuan sementara sampai pengobatan lain mulai bekerja. Jika dokter berpikir Anda mungkin mengalami gangguan tidur selain insomnia, Anda dapat dirujuk ke pusat penanganan tidur untuk pemeriksaan khusus. Dikutip dari : Kitab Sehat Mayo Klinik. Solusi ratusan masalah kesehatan umum dan pertolongan pertama pada keadaan darurat. Noura Books. 2013

Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

49


EVENT 2

D

alam rangka mewujudkan misi perusahaan Tong Tji menjadi lifestyle di seluruh area Indonesia, Tong Tji Tea House kini menyapa pelanggan di Manado, Sulawesi Utara. Tong Tji Tea House menempati area seluas + 300 m2 di salah satu mall terbesar di Manado yaitu di Kawasan Mega Mall Manado.

Tong Tji Tea House Hadir di MANADO

Dengan konsep dua lantai balkon menghadap ke arah laut, menghadirkan suasana makan tersendiri bagi pelanggannya. Dilengkapi dengan area smoking dan non smoking juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi pelanggan. Tong Tji Tea House di Mega Mall ini juga memanjakan pelanggan dengan suasana yang unik dan cozy melalui permainan desain lantai dan variasi kursi yang melingkar. Tong Tji Tea House Mega Mall Manado ini buka di minggu pertama bulan Juli 2015 ini. Semoga dengan kehadiran Tong Tji Tea House ini akan semakin memperkaya wisata kuliner di Manado dan penikmat Tong Tji tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Jawa untuk menikmati menu-menu Tong Tji. Datang dan nikmatilah. (*)

50

TONG TJI LIFESTYLE

Edisi I Juni-Agustus 2015


Edisi I Juni-Agustus 2015

TONG TJI LIFESTYLE

51


Tong Tji - Lifestyle Magazine 01  

July 2015

Tong Tji - Lifestyle Magazine 01  

July 2015

Advertisement