Issuu on Google+

Buatlah dua alat pengirim kode Morse seperti contoh yang ada dan kirimlah pesan kepada teman-teman Anda. Yang Anda butuhkan adalah kayu, kabel, baterai, fiting bohlam kecil dan sebuah bohlam, kepingan tembaga dan timah dan juga beberapa sekrup. Kode Morse ditransmisikan dalam bentuk titik dan garis. Titik diwakili oleh kilatan cahaya pendek sedangkan garis diwakili oleh kilatan cahaya yang lebih lama.

Sinyal dengan Menggunakan Morse


Ketika mengirimkan sinyal radio, antena Anda harus diletakkan setinggi mungkin. Cara yang paling baik adalah membuat sebuah menara yang dapat digunakan sebagai podium untuk mengirimkan sinyal dengan bendera semafor.

Menara Antena


Radio yang digunakan di lubang persembunyian sangat terkenal di masa perang dunia kedua untuk terus mengikuti berita. Radio ini tidak memiliki sumber tenaga listrik karena mendapatkan signal dari gelombang radio.

Aerial Kabel Magnet 120 putaran

Silet dan grafit dari pensil bekerja sebagai saklar dengan menggerakkan pensil di atas silet untuk mendengarkan siaran radio. Lihat gambar di atas untuk melihat proses pembuatan radio lubang persembunyian.

Grafit dari pensil Silet yang aman digunakan

Headphones

Radio di Lubang Persembunyian

tanah


Alat yang menakjubkan ini sangat mudah dibuat dengan beberapa bahan sederhana seperti mesin penggerak kecil dan beberapa perekat dua sisi. Yang Anda butuhkan adalah baterai kecil, ujung kepala sikat gigi, motor mesin penggerak dan perekat dua sisi. Klik di tautan berikut ini untuk instruksi lebih jelas:

Sikat yang bisa Bergerak


Apakah Anda ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan dengan membuat mesin penggerak termudah di dunia dengan beberapa peralatan sederhana? Anda hanya membutuhkan sebuah baterai, beberapa kabel tembaga dan sebuah magnet kecil.

Buatlah mesin Penggerak Termudah di Dunia


Sinyal Asap adalah bentuk komunikasi paling tua. Sinyal ini menggunakan komunikasi visual untuk jarak yang sangat jauh. Pada umumnya, sinyal asap digunakan untuk memberitahukan kedatangan seseorang, tanda bahaya, atau mengumpulkan massa di suatu daerah. Pada masa Cina kuno, para tentara yang berjaga di Tembok Cina akan memberikan peringatan apabila ada serangan musuh dengan memberikan sinyal dari satu menara ke menara lainnya. Dengan begitu, mereka dapat mengirimkan pesan walaupun terpisahkan jarak. Buatlah sebuah sumber api yang banyak asapnya, misalnya dengan rumput yang masih lembab, dan cobalah mengirimkan sinyal ke seseorang yang berada di lokasi yang lebih jauh.

Memberikan Sinyal dengan Asap


Selotip listrik adalah cara membuat sirkuit listrik berdaya rendah dengan menggunakan selotip aluminium sebagai pengganti kabel. Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan lampu diode di semua barang-barang yang tidak biasa

Selotip Listrik


Semafor

Kisi-kisi semafor

Kisi-Kisi Semafor

Dengan menggunakan kisi-kisi semafor, Anda dapat mengirimkan pesan dengan mudah tanpa harus mengingat semua simbol yang ada – Anda hanya harus mengingat simbol untuk lima huruf pertama. Sebelum memulai, silahkan tulis pesan Anda terlebih dahulu.

Contoh – huruf N adalah 4 dan 3

Semafor


Hubungkan studs oleh kawat link Pertanyaan dan jawaban

Papan karton

Kancing kuningan untuk menjilid kertas

Sirkuit lampu sederhana

Papan Benar dan Salah dapat menjadi materi pembelajaran yang menyenangkan. Pertanyaan dan jawaban disusun di dua kolom yang berbeda dan diacak posisinya. Sebuah penjilid kertas yang terbuat dari kuningan disusun di sebelah setiap pertanyaan dan jawaban. Anggota Pramuka dapat menggunakan sirkuit lampu sederhana untuk menemukan jawaban yang benar. Caranya adalah menempatkan satu sisi sirkuit di pin pertanyaan dan berusaha menemukan jawabannya – lampu akan menyala apabila jawabannya benar.

Papan Benar atau Salah


Sekarang putarlah di atas kepala Anda. Tali penghubung dengan panjang 1200 mm Bullroarer adalah metode kuno dalam memberikan signal untuk banyak orang terutama dalam upacara suku. Metode ini terdiri dari sepotong kayu yang dipahat menjadi bentuk sayap aerodinamis sepanjang kurang lebih 30 cm dan tersambung dengan sebuah tali. Tali digunakan untuk memutar kayu di atas kepala sehingga menimbulkan suara berdengung Selain mudah dibuat, Anda juga dapat merancang dan mendekorasinya semenarik mungkin.

Bullroarer


Yang dimaksud dengan lukisan gua adalah teknik bercerita kuno dengan menggunakan simbol dan gambar. Buatlah lukisan gua dengan menggunakan grafik bayangan untuk membuat bentuk binatang yang bisa digambar atau dicat sekitarnya.

Lukisan Gua


Buatlah sebuah baterai sederhana dengan menggunakan tempat membuat es batu, cuka, kabel dan bohlam diode. Lihat video berikut ini untuk melihat cara kerjanya:

Baterai dengan Menggunakan Cuka


Kepingan CD

Sebuah cermin atau kepingan CD dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal dalam keadaan darurat atau sebagai kegiatan menyenangkan di perkemahan. Anda harus menggunakan dua jari (seperti yang ditunjukkan di contoh) untuk mengarahkan sinyal. Dengan merefleksikan cahaya dari kepingan CD, Anda dapat mengirimkan pesan dengan menggunakan kode morse.

Sinyal dengan Menggunakan Cermin


Kode Bingkai Kode bingkai menggunakan sistem kisi untuk memastikan posisi huruf. Pesan ini ditulis secara grafis seperti yang ada di contoh. Titik mengindikasikan huruf kedua di dalam bingkai.

Kode Roda

Kode roda digunakan untuk menciptakan pesan rahasia dengan menggantikan satu huruf dengan huruf lainnya. Huruf pertama di pesan tersebut adalah huruf yang sesuai dengan huruf A di lingkaran luar. Hanya dengan ini, kode dapat dipecahkan. MEET AT THE CLOCK BERTEMU PADA JAM

PHFFJ PJ JAF NTVNC Bangsa Romawi menciptakan kode di batang kayu yang dibuat dengan membalut lembaran kulit di sebuah batang kayu dengan tingkat ketebalan tertentu. Pesan dituliskan di atas kulit tersebut dan apabila diurai, huruf-huruf yang muncul akan teracak. Anda hanya dapat memecahkan kode ini apabila memiliki batang kayu dengan ukuran yang sama.

Kode Rahasia


Walkie Talkies adalah alat yang hebat untuk berkomunikasi dengan teman-teman Anda. Abjad fonetik dapat digunakan untuk menyampaikan pesan yang jelas dan menghindari terjadinya kesalahpahaman – apabila ada suara gangguan di jalur komunikasi. Abjad ini juga memberikan nuansa otentik dalam pesan Anda. Anda dapat juga menggunakan fitur walkie talkies di smartphone yang Anda miliki dengan mengunduh aplikasi yang tepat.

Fonetis alfabet

Walkie Talkies


Kantong plastik sampah

Buluh bambu yang ringan

memotong lubang

Sangat mudah membuat dan menggunakan layang-layang yang juga dapat digunakan untuk mengangkat sesuatu. Layang-layang dapat mengangkat kabel antena atau mengambil foto dari udara dengan melekatkan sebuah kamera kecil.

Silahkan klik tautan berikut ini untuk instruksi lebih jelas:

Layang-layang kotak memiliki kemampuan mengangkat barang.

Membuat layang-layang


Bayangkan apabila terjadi gempa bumi saat ini dan semua komunikasi terganggu. Latihan simulasi ini dapat membantu Anda memahami kesulitan yang dapat terjadi dan bagaimana membuat stasiun radio yang dapat membantu komunitas Anda dalam hal komunikasi terutama untuk meminta bantuan.

Tugas pertama seorang Pramuka adalah memperoleh setidaknya dua sumber informasi. Ini adalah operasi besar yang membutuhkan bantuan semua anggota pramuka dan semua radio amatir.

Gempa Bumi


Keadaan darurat dapat terjadi kapan saja – apakah anggota Pramuka Anda sudah siap menghadapinya? Apakah mereka dapat membuat sistem komunikasi? Apakah mereka dapat memberikan pertolongan pertama? Apakah mereka dapat membantu korban yang mengalami kesulitan?

Tanggap Darurat


(=_=)

(/.\)

\(*o*)/

Kesal

}i{

Bersorak sorai

\,,/(^_^)\,,/ Metal!!

Takjub

Mendengarkan musik

(~.~) sepi

Bingung

(^.^)/ Melambaikan tangan

Tersenyum kembali

/:-)>~

(o_0)

d^_^b

(:

Kupu-kupu

)-0_0-(

Malu

Pramuka

Komunikasikan emosi dan ekspresi wajah Anda dengan menggunakan simbol-simbol pesan singkat. Apabila Anda ingin lebih kreatif, ciptakan kombinasi simbol baru yang menarik untuk dibagikan ke temanteman Anda.

:) :{:) Hujan

Tersenyum

B) Berjemur

:-o

x-(

Kagum

Marah

:-x Diam

Pesan Singkat Menggambarkan Ekspresi Perasaan


Pesawat luar angkasa Anda baru saja mendarat secara darurat di bulan. Jarak Anda ke Pangkalan Bulan 3 adalah sejauh 200 mil (320 km). Waktu menunjukkan tengah hari (ingat bahwa sehari di bulan sama dengan 14 hari di Bumi). Kru Anda hanya bisa selamat apabila Anda berhasil mencapai pangkalan. Ada 15 benda yang berhasil diselamatkan dari pesawat yang sudah hancur. Anda sendiri harus mengurutkan benda nomor 1 sampai 15 dengan melihat pentingnya barang tersebut. Apabila Anda sudah selesai, silahkan bergabung dengan kelompok Patroli atauTim Anda untuk menyetujui urutan yang sudah Anda buat.

Sekotak korek api Konsentrat makanan Tali nilon sepanjang 15 m Parasut sutra Alat penghangat dengan tenaga surya Oli motor Satu kotak susu bubuk Dua tanki oksigen sebesar 45 kg Rakit Keselamatan Kompas magnet Air sebanyak 15 liter Suar sinyal Kotak P3K (didalamnya terdapat jarum suntik khusus untuk baju luar angkasa) Alat penerima dan pengirim frekuensi FM dengan tenaga surya Peta perbintangan (untuk membantu navigasi)

Latihan ini berfokus pada dialog – mendengarkan, berdiskusi, menyelesaikan konflik dan mencapai solusi yang demokratis.

Pesawat Luar Angkasa


The lab indones