Issuu on Google+


Apa yang Anda peroleh saat menginvestasikan 27 juta untuk sebuah Sony VAIO Z series?


PRODUCT REVIEW : SONY VAIO Z SERIES

B

AYANGKAN DIRI ANDA ADALAH SEORANG PEBISNIS YANG SANGAT SIBUK DAN SEDANG MENGHADAPI SALAH SATU HARI TERSIBUK ANDA. Anda

baru saja meeting seharian di beberapa tempat yang berbeda dan masih harus melintasi kemacetan panjang sebelum bisa tiba di kantor. Setelah tiba kembali di kantor, Anda pun meletakkan Sony VAIO Z Series Anda, yang belum sempat dimatikan, di atas meja kerja Anda, lalu menancapkan satu kabel. Ajaib! Ruang kerja Anda menjadi hidup.Tiga layar eksternal menampilkan semua data, informasi, dan grafik yang Anda butuhkan. Lebih ajaib lagi, saat Anda mengamati indikator baterai, ternyata masih ada sisa 40%. Padahal Anda sudah mengoperasikan laptop Anda dengan baterai sejak pukul 8 pagi dan terus menggunakannya di sepanjang perjalanan melintasi kemacetan. Sekalipun menyadari bahwa laptop Anda sangat ringan dan tidak melelahkan saat dibawa ke mana-mana, Anda tetap memutuskan untuk beristirahat sejenak. Anda meraih earphone dan mendengarkan lagu. Anda merasa puas karena bisa menikmati merdunya suara sang penyanyi tanpa perlu menyetel volumenya keras-keras. Lalu,

4

dengan beberapa klik saja Anda pun menikmati film kegemaran Anda yang tersaji dengan tajam dan detail berkualitas Full HD 1920 x 1080 Blu-Ray. Tidak terasa matahari sudah semakin rendah dan langit bertambah gelap. Anda benarbenar tenggelam dalam film itu dan tidak menyadarinya hingga huruf-huruf di tuts keyboard VAIO Z series Anda memendarkan cahaya kuning lembut di tengah temaramnya ruangan. Perhatian mata Anda teralihkan. Anda pun tiba-tiba menyadari bahwa Anda lupa menyambungkan laptop Anda ke listrik. Kembali Anda terkejut; daya baterai laptop Anda masih tersisa lebih dari 20%! Dalam hati Anda mengakui bahwa aktivitas Anda sepanjang hari itu benar-benar dimudahkan oleh Sony VAIO Z Series.

R

AHASIA DI BALIK KEUNGGULAN LAPTOP INI

adalah hexagonal style design dan carbon fiber serta aluminium premium untuk cover atas, yang membuat laptop ini beratnya hanya kurang dari 1,2 kg. Selain itu, juga ada dukungan layar Sony Quad yang bisa menggabungkan hingga 3 layar eksternal sekaligus melalui port HDMI dan/atau output VGA. Jika Anda berprofesi

Edisi 2 / I / 2012

sebagai desainer atau arsitek yang membutuhkan laptop dengan prosesor berkinerja tinggi serta tampilan gambar di layar yang luas, atau adalah investor serta broker saham yang harus mengamati berbagai grafik yang berbeda pada saat yang bersamaan, solusi dari SONY VAIO Z series ini akan memudahkan pekerjaan Anda.

QUAD DISPLAY

Memori internal sebesar 8GB melengkapi keandalan prosesor Intel Core i7-2640M. Keduanya semakin sempurna dengan Solid State Drive berkapasitas 256GB. SSD ini dijalankan dalam Raid 0 mode yang mempercepat proses booting Windows 7 sehingga laptop bisa siap digunakan hanya dalam waktu 15 detik dari keadaan mati.


Sony pun mempersenjatai Vaio Z series dengan Power Media Dock terpisah. Di dalam Power Media Dock ini, Anda akan menemukan Dedicated Graphic AMD Radeon 6650HD 1GB (dedicated memory) dan Blu-Ray Drive. Selain itu, adanya sheet battery - yang dijual terpisah - bisa membuat daya baterai laptop Anda bertahan hingga 12 jam. Sheet battery dapat diisi ulang secara terpisah.

Satu hal lagi yang juga menjadi keunggulan dari laptop VAIO Z series adalah inorganic EL. Teknologi ini membuat hurufhuruf pada tuts keyboard laptop Anda bisa berpendar dalam gelap. Selain itu, ada sensor cahaya yang bisa mendeteksi kondisi ruangan yang menjadi lebih gelap dan secara otomatis mengatur kecerahan dan tingkat pencahayaan dari belakang keyboard.

Center yang dapat dikendalikan dengan gerakan tangan. Sentuhan pada tombol kedua, WEB Touch Button, akan langsung membuka default web browser yaitu Windows Internet Explorer 9. Sedangkan tombol ketiga, ASSIST Touch Button, jika disentuh akan membuka VAIO Care yang adalah pusat bantuan laptop VAIO dan menyediakan berbagai informasi, termasuk cara-cara untuk melakukan troubleshoot.

KEYBOARD VAIO

SHEET BATTERY

Rangkaian VAIO Z series pun menawarkan sebuah pengalaman komunikasi yang lebih kaya. Anda dapat menikmati lagu, musik, atau audio apa pun tanpa perlu mengeraskan volumenya secara berlebihan berkat earphone digital noise-cancelling.

Keistimewaan lainnya adalah kehadiran 3 tombol khusus: VAIO Touch Button, WEB Touch Button, dan ASSIST Touch Button. VAIO Touch Button adalah tombol pintasan (shortcut) yang akan langsung membawa Anda ke program Sony VAIO Media Gallery, sebuah program yang berfungsi sebagai Multimedia

3 TOMBOL KHUSUS

Jika Anda selama ini menantikan laptop yang menyediakan kenyamanan mobilitas tanpa mengurangi kinerja, jawabannya kini sudah hadir untuk Anda: Sony VAIO Z Series.

DIGITAL NOISE CANCELLING EARPHONE MDR-NC033L2

Edisi 2 / I / 2012

5


YOUR

“Majalahnya keren, kertasnya bagus, gratis pula. Isinya rinci.” DIAN SISKA, Banjarmasin

“Awalnya saya datang ke PAZIA SHOP hanya untuk melihat-lihat tanpa ada niatan membeli. Lalu saya diberi majalah Pazia IT News. Saya baca, deh, di rumah. Saya jadi tertarik dengan produk Galaxy Tab karena artikelnya sangat informatif dan menarik. Akhirnya saya pinang sebuah Galaxy Tab. Saya pun sangat puas dengan pelayanan PAZIA SHOP. Keunggulan Galaxy Tab memang sesuai dengan apa yang ditulis di majalah Pazia IT News. Semoga tetap up to date dan informatif, ya!”

ANGKY, Jakarta

Waktu itu saya sedang berjalan-jalan bersama istri saya di Gandaria City. Saya melihat ada toko laptop yang konsepnya unik dengan desain arsitektur bergaya Yunani. Penjaganya pun langsung menyapa ketika saya masuk. Toko ini ternyata menjual Samsung Galaxy Tab. Saya

sudah lama tertarik dengan tablet ini, namun masih belum menemukan kelebihannya jika dibandingkan dengan tablet merek lainnya. Tampaknya penjaga toko ini bisa menebak apa yang ada dalam pikiran saya dan menjelaskan semua keunggulan Samsung Galaxy Tab, lalu menunjukkan semua aplikasi yang saya butuhkan untuk bekerja. Ia pun menambahkan bahwa saat itu sedang ada promo. Penjelasan dari penjaga itu membuat saya akhirnya yakin memilih tablet ini. Ada satu hal yang menurut saya agak lucu. Ketika membayar, saya bertanya pada kasirnya, “Toko Pazio ini ada di mana saja?” Kasir itu segera membetulkan kekeliruan saya, “Pazia, Pak,” dan menjelaskan di Mall mana saja Pazia Shop hadir di Jakarta. Ternyata cukup banyak. Saya benar-benar puas atas pelayanan dan penjelasan yang diberikan pada saya. Terima kasih, Pazia!

YANUAR SAIBI, Jakarta

Untuk pemasaran dan iklan, hubungi:

PT. Pazia Pillar Mercycom (u.p. Wisman Odhin) Rukan Mangga Dua Square Blok. G No. 32 - 33. Jln. Gunung Sahari Raya Jakarta Utara 14430 Atau melalui e-mail ke: wisman@paziapm.co.id


for blackberryTM

On Device Portal atau ODP adalah teknologi aplikasi Mobile, yang digunakan untuk mendistribusikan konten-konten melalui suatu aplikasi portal khusus yang diinstalasikan dalam perangkat ponsel. Aplikasi ODP dapat diunduh atau pada alamat situs yang telah ditentukan dan ODP bisa digunakan secara online maupun offline.

1.

Download aplikasinya di http://m.suarasurabaya.net/BBscript

1

2

2. Cara buka aplikasi ODP, masuk folder download & cari icon seperti (gambar no 1) dan klik

3.

Tampilan halaman depan (gambar no 2) Menu aplikasi: News, Traffic, Photo, Talkshow, Streaming, Channel

4. Detail Menu Photo :

3 Wed, 08 Jun 2011 12:45

ODP Etalase Suara Surabaya Media

List artikel (gambar no 3) dan detail artikel (gambar no 4)

5. Menu Channel (gambar no 5)

Beberapa konten di dalam menu channel: Culture Tourism, Kuliner, SheRadioFM, map.suarasurabaya.net, suarasurabaya.net, Titik Nol

6. Untuk pengambilan data artikel baru silahkan klik Refresh di menu Blackberry.

7. Link Twitter SSFM100

http://twitter.com/#!/SSFM100

8. Link Facebook E100

http://www.facebook.com/pages/E100/227268729878

4 Wed, 08 Jun 2011 12:48

ODP Etalase Suara Surabaya Media On Device Portal (ODP) Suara Surabaya (SS) Media dilaunching pada 11 Juni 2011 bersamaan dengan ulang tahun SS ke-28. ODP yang dihadirkan ini jadi etalase SS Media. Karena kontennya tidak hanya dari Radio SS, tapi juga berasal dari situs suarasurabaya.net, She Radio, dan majalah Surabaya City Guide. Aplikasinya tidak seperti browser, tapi terinstal di perangkat BlackBerry (BB). Keuntungannya ODP dapat diakses dengan mudah baik online maupun ofine melalui perangkat BB.

5


PRESIDENT DIRECTOR YULIASIANE SULISTIYAWATI

ANDROID adalah sistem operasi dengan arsitektur ARM (desain prosesor yang ekonomis) berbasis Linux yang biasa dipakai pada perangkat mobile khususnya tablet & smartphone.

EDITOR-IN-CHIEF HERMANUS SUSILO

NEWS EDITOR WISMAN ODHIN ESTHER TANUADJI SARI RACHMATIKA SELVIYA HANNA

GRAPHIC & LAYOUT EDITOR STELLA PONG

GRAPHIC CONTRIBUTOR NICKO YOYANDA LIUS ARCIANTO

NEWS CONTRIBUTOR YETI WIHARYANTI ANGGARA BARATA MICHAEL KUNAEFI

RETAIL MANAGER VEMMY LESTARI


WHAT'S NEXT Android Stories

16

Sneak Peek:

20

Android Market

22

30 Aplikasi Android yang Harus Dicoba

23

Modifikasi Android

30

Ice Cream Sandwich on Galaxy Nexus


PRODUCT REVIEW Sony Vaio Z Series Acer Aspire S3 It's Galaxy Note! Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus

3 12 45 48

WHAT WORKS 21

Baterai Android Setting Sendiri Smartphone Anda

50

YOUR LETTERS VOX POP Android

6

39

SAMSUNG GALAXY S2 VS SAMSUNG 42 GALAXY NOTE IT CREW OPINION

Samsung Galaxy Note Memang Mendukung 44 Karierku

REPORTASE

PAZIA EXPERIENCE Pazia TP IV Pazia Cafe Gaming in a Gaming House

32 51 61

GAMES Call of Duty Modern Warfare 3 vs Battlefield 3 Deus Ex Human Revolution Assassin's Creed Revelations

56 58 59

Marketing Awards 2011 Indocomtech 2011 Mobile Games Competition Pembukaan Pazia Shop Summarecon Mall Serpong 2

52 53 53 53

QUIZ

54

4 ALASAN MEMBELI GAME ORI

55

PICK UP POINTS

62


EDITORIAL

S

elamat datang di Pazia IT News Free Magazine. Majalah ini hadir sebagai persembahan dari Pazia IT Crew untuk membantu memaksimalkan pengalaman IT Anda.

Android sudah berhasil menjadi sistem operasi dengan pertumbuhan pengguna tertinggi di dunia – dan ini mereka lakukan hanya dalam waktu beberapa tahun. Hal yang membuat saya paling kagum bukan kecepatannya. Kita semua tahu bahwa Android memang bergerak dengan cepat dan membuat kehidupan kita lebih mudah. Hal yang membuat saya

kagum justru semangat, energi, dan antusiasme yang menyala-nyala dari para pengembang sistem operasi ini, yang akhirnya berhasil ditularkan kepada semua pengguna Android. Berbagai macam usaha dilakukan untuk menyempurnakan sistem operasi ini hingga akhirnya kita bisa menikmati versi terkininya. Semangat ini jugalah yang ingin kami bagikan dengan

Anda sekalian, dalam edisi kedua majalah Pazia IT News ini – dan juga dalam setiap smartphone Android yang Anda gunakan. Explore your IT lifestyle!

Yuliasiane Sulistiyawati - President Director Pazia -

Hak cipta dilindungi Undang-Undang. PT. Pazia Pillar Mercycom memiliki hak atas isi majalah. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi majalah Pazia IT News dalam segala bentuk tanpa seizin penerbit. Semua merek dagang lainnya adalah merek terdaftar perusahaan dan organisasi yang bersangkutan. PT. Pazia Pillar Mercycom tidak bertanggung jawab atas penggunaan tulisan, artikel dan informasi lainnya dalam publikasi ini.

All rights reserved to PT. Pazia Pillar Mercycom. No part of this magazine may be reproduced in any form or by any means without written permission from PT. Pazia Pillar Mercycom. Company and product names mentioned herein are trademarks or registered trademarks of their respective owners. PT. Pazia Pillar Mercycom assumes no responsibilty in the event any of the information in this magazine is used.

Edisi 2 / I / 2012

11


PRODUCT REVIEW : ACER ASPIRE S3

Meet The Ultrabook:

Acer Aspire S3 Ultra Thin

P

roduk unggulan terbaru dari ACER – Aspire S3-951 – disebut-sebut diciptakan sesuai kriteria yang dimiliki sebuah ultrabook. Notebook ini memiliki ketebalan hanya 13 mm dan dilengkapi dengan Solid State Drive (SSD). Selain itu, sebenarnya apa lagi yang membuat Acer Aspire S3 begitu istimewa?

Menyadari kebutuhan Anda yang berbeda-beda, Acer menghadirkan seri ini dalam 3 jenis. Jenis pertama menggunakan chipset high power low voltage Intel Core i52467M dengan kapasitas sebesar 320GB, yang dibanderol seharga Rp 7,999 juta. Jenis kedua memiliki prosesor yang sama dengan jenis sebelumnya, namun kapasitas yang diberikan lebih besar, yaitu 500GB. Laptop ini bisa Anda beli hanya dengan Rp. 8.199 Juta. Di lini terakhir, ACER menanamkan chipset Intel Core i7-2637M dengan kapasitas harddisk 500GB dan dijual seharga Rp. 9,999 juta.

12

Edisi 2 / I / 2012

Pertama kali melihat Aspire S3-951, Anda pasti teringat akan Apple MacBook Air. Warna abu-abu aluminium dan engsel hitam yang menjadi ciri khas laptop Apple tergambar sempurna di notebook ini. Untuk melengkapinya, Acer menggunakan material metal premium, magnesium alloy, yang kokoh namun ringan dan membuat notebook terlihat mewah. Anda akan semakin terpesona ketika menyadari betapa mungilnya notebook ini. Dimensinya hanya 31 cm x 21 cm dan ketebalannya hanya 12 -17 mm. Notebook yang sangat tipis ini begitu nyaman dibawabawa bepergian, terlebih karena beratnya hanya 1,35 kg.


Namun di balik penampilan luar notebook yang super tipis ini, Anda akan menemukan perangkat super canggih yang menjadikan kinerjanya sangat cepat.

itu, Anda juga bisa menemukan Instant Connect yang membuat Anda bisa terhubung dengan Acer Green Instant On

Ultra Fast Keberadaan 20GB SSD semakin menambah keunggulan prosesor 1,6GHz Core i52467M atau Core i7-2637M yang ditunjang oleh 4GB RAM. Kehadiran SSD ini membuat akses pada Windows dari keadaan sleep/deep sleep (hibernasi) menjadi lebih cepat. Prosesor INTEL menjadi solusi andal untuk membuka beberapa program sekaligus. Terlebih dengan hadirnya hard disk SATA sebesar 320GB atau 500GB berteknologi baru untuk mempercepat akses data. Notebook ini pun sangat responsif. Paduan kehebatan perangkat inilah yang membuat kinerja Aspire S3 sangat cepat. Pekerjaan Anda akan lebih cepat dengan fitur Green Instant On yang membuat notebook siap dipakai dalam hitungan kurang dari 2 detik. Selain fitur

jaringan wi-fi hanya dalam 2,5 detik. Anda pun seolaholah mengakses tablet, bukan notebook.

Ultra Desireable Notebook ini dilengkapi dengan program mini games, Microsoft Office 2010 Starter, juga beberapa fitur menarik seperti Acer BackUp Manager, Acer eRecovery Management, MyWinLocker, dan antivirus McAfee. Selain itu, ada juga fitur Acer Clear.fi untuk berbagi atau bersama-sama melihat file multimedia di antara sesama pengguna Acer. Untuk mendukung pengalaman multimedia Anda, Acer juga melengkapi Aspire S3

dengan Dolby Home Theater v4 seperti yang dipakai di notebooknotebook seri Timeline X dan INTEL HD Graphics 3000 dengan memori hingga 1760MB. Selain sangat andal untuk menjalankan banyak program sekaligus, alur pendinginan yang revolusioner pada notebook ini menjadikannya bebas dipakai di atas kasur atau semacamnya. Panas dialirkan melalui celahcelah keyboard dengan bantuan kipas di bagian bawah. Alur pendingin yang canggih ini juga membuat area untuk meletakkan tangan selalu dingin, sehingga Anda pun tak perlu khawatir telapak tangan Anda akan teriritasi. Semua fitur dan fasilitas yang ada, membuat notebook ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan perangkat se-instant tablet, se-powerful notebook, dan dengan mobilitas tinggi. Jelaslah sudah bahwa Acer Aspire S3 adalah Tab-Book yang paling direkomendasikan tahun ini.

Edisi 2 / I / 2012

13


INSIDE

:

Andro id Sto ries Samsu ng Gal axy Ne (Ice Cr xus eam Sa ndwic Andro h) id Mar ket Aplika si And roid Modifi kasi An droid


ANDROID STORIES

WHAT'SNEXT

B

ANGKIT DAN MELEJITNYA ANDROID DALAM DUNIA TEKNOLOGI SESUNGGUHNYA ADALAH KISAH MENGENAI KECEPATAN, SAJIAN YANG UNIK – DAN PILIHAN YANG TEPAT. ANDROID SELALU MENJADI ALTERNATIF YANG LAYAK DIPERTIMBANGKAN, KHUSUSNYA BAGI MEREKA YANG TIDAK MAU SEKADAR MENCOBA-COBA MELAKUKAN SESUATU YANG BERBEDA DENGAN TAMPILAN YANG SEDIKIT DIPERMANIS.

H

ARUS DIAKUI BAHWA SENIMAN DI BALIK SEMUA KESUKSESAN ANDROID SAAT INI ADALAH GOOGLE, namun Android

sendiri sesungguhnya diawali dari keinginan seorang pemilik perusahaan kecil untuk membuat jenis ponsel yang baru: sebuah ponsel yang dioperasikan dengan komputer dan bisa menemukan/menentukan lokasi, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Perusahaan kecil itu bernama Android Inc. Android Inc. tidak membuat robot yang menyerupai manusia – seperti apa yang mungkin bisa ditafsirkan orang dari namanya. Android Inc. bahkan tidak membuat ponsel,

16

apalagi smartphone. Tidak banyak orang tahu mengenai perusahaan ini. Satu-satunya tautan antara Android Inc. dengan dunia

Edisi 2 / I / 2012

ponsel adalah para pendirinya yang bekerja di Danger Inc. – perusahan yang memproduksi ponsel dengan sistem operasi bernama Sidekick, dan saat itu ditujukan untuk remaja.

2005

Ketika itu tahun dan Google membeli perusahaan ini. Namun peralihan kepemilikan ini pun masih belum membuat nama Android dikenal banyak orang. Google tidak terlihat melakukan sesuatu. Sejumlah pertanyaan mungkin timbul: apakah Google merasa salah mengambil keputusan sehingga mereka tidak melakukan apa pun? Atau apakah Google justru merasa terancam dengan keberadaan Android Inc. sehingga mereka cepat-cepat membelinya sebelum perusahaan ini sempat berkembang – lalu mendiamkannya sehingga perusahaan ini mati dengan sendirinya? Atau apakah Google justru sedang membangun


sesuatu yang baru dengan perusahaan ini dan tidak ingin banyak orang tahu sebelum produk mereka siap menggebrak pasar? Akhirnya tiga tahun pun berlalu. Tahun

2008

Google

mengumumkan ponsel Android pertama mereka dan saat itu juga orang-orang tahu bahwa smartphone yang mereka luncurkan ini akan menjadi smartphone jenis baru. Misi sesungguhnya dari Google bukanlah menyaingi Android Inc. – mereka memiliki impian yang lebih besar dari itu.

Android, HTC Dream G1, tersedia di pasar pada tanggal 22 Oktober 2008. Smartphone ini diproduksi oleh HTC, pembuat perangkat bergerak yang berdiri paling lama dan hingga saat ini masih termasuk salah satu perusahaan yang dihormati. Saat itu juga orang-orang bisa melihat bahwa Google tidak hanya sekadar bermain-main. Sistem operasi yang mereka kembangkan ini memiliki banyak keunggulan.

Cupcake (Android 1.5) VERSI KETIGA ANDROID, SEKALIGUS VERSI PERTAMA ANDROID YANG BANYAK DIKENAL PUBLIK, DINAMAI CUPCAKE. Versi

Sasaran mereka adalah iPhone. Sementara tidak seorang pun bisa melihat apa yang sedang terjadi, Google ternyata sudah mengambil beberapa langkah lebih jauh. Secara diam-diam mereka telah bekerja sama dengan Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 47 perusahaan perangkat lunak, perangkat keras, dan telekomunikasi, yang semuanya berbasiskan Linux. Google Android diluncurkan untuk umum pada tahun 2007. Perangkat pertama yang dioperasikan menggunakan

yang telah banyak dikenal masyarakat diawali. Berbeda dengan dua seri pertama Android, Astro dan Bender, serta untuk mempermanis kokohnya keyakinan mereka akan sistem operasi ini, Google memberi nama yang tidak mencerminkan kesan Android (robot) sama sekali untuk setiap versi baru yang mereka kembangkan.

Menu yang ditampilkan di layar (user interface) benar-benar jelas dan rapi, ini membuat para pengguna bisa melakukan navigasi dengan cepat dan langsung. Sistem operasi ini pun menyediakan program yang membuat para pengguna bisa terhubung dengan internet, serta program lain yang membuat mereka bisa memperoleh informasi lokasi menggunakan GPS. Sepertinya kerja keras Google mendatangkan hasil. Kini para pengguna smartphone Android tidak hanya sekadar menyimpan ponsel di sakunya. Mereka ditemani oleh sumber informasi dan penunjuk arah. Namun Google tidak berhenti di sini. Dalam waktu kurang dari satu tahun, Google meluncurkan dua generasi baru smartphone Android. Di sinilah perkembangan Android

ini mampu merekam video dan langsung mengunggahnya ke YouTube. Bluetooth A2DP membuat para penggunanya bisa memutar musik yang disimpan di smartphone Android mereka pada pengeras suara nirkabel Bluetooth atau mendengarkannya langsung dengan earphone. Peramban situs internet (internet browser) telah berkembang dengan dukungan “cut and paste” – cara yang sangat praktis untuk berbagi konten dan tautan di situs-situs jejaring sosial seperti Twitter.

Donut (Android 1.6)

Edisi 2 / I / 2012

VERSI SELANJUTNYA DINAMAI DONUT. Versi

ini mengedepankan fungsi penelusuran dan memperkenalkan

17


ANDROID STORIES

WHAT'SNEXT

penelusuran menggunakan suara. Selain itu, sejak versi ini, Android memadukan pengembangan galeri foto dan video sehingga pengguna bisa dengan santai membuka-buka gambar, apa pun extention file-nya, tanpa mengganggu hard-disk internal. Herannya, hingga saat ini, smartphone yang dioperasikan oleh Android versi 1.6 masih tetap beredar di pasar.

Froyo/Frozen Yoghurt (Android 2.2) PARA PEMILIK SMARTPHONE

dengan sistem operasi Éclair akan segera menyadari bahwa pasar kini tidak lagi mendukung perangkat generasi Éclair. Mereka harus mempertimbangkan perangkat yang dioperasikan oleh Android Éclair (Android 2.0) 2.2, Froyo. Android 2.2 mungkin adalah MELANJUTKAN versi yang paling digemari. PENAMAAN BERDASARKAN Menu yang ditampilkan di layar ALFABET, smartphone yang dioperasikan ANDROID VERSI oleh versi ini berbeda. Fitur2.0 DISEBUT fiturnya pun lebih canggih. ÉCLAIR. Éclair Salah satu di antaranya adalah diluncurkan pada akhir tahun fungsi penelusuran, yang juga 2009. Perangkat yang awalnya direncanakan untuk menggebrak bisa menelusuri Android Market. Selain itu, pada versi ini sudah pasar dengan Android Éclair adalah Samsung Galaxy Nexus, ada program pengunci layar. namun para konsumen ternyata Fungsi kamera yang disertakan menyadari bahwa mereka sudah mendukung sport flash, bisa memperoleh perangkat digital zoom, dan kamera untuk keras yang jauh lebih murah. ponsel. Akhirnya, Samsung Galaxy S Lompatan kecepatan pun memimpin pasar dengan CPU, dari sekitar 400MHz Android 2.1. menjadi 800MHz dan 1GHz, di mana Froyo dioperasikan, menunjukkan bahwa pengguna sekarang bisa membuka beberapa program sekaligus dengan nyaman. Layar yang tidak mau bergerak dan masalah navigasi secara umum sekarang jauh berkurang. Selain itu, adanya menu Setting sekarang membuat pengguna bisa mengelola program, melihat berapa memori yang tersisa pada hard-disk, dan menon-aktifkan layanan WiFi dan 3G. Kini masalahnya tinggal baterai yang cepat habis.

18

Edisi 2 / I / 2012

Gingerbread (Android 2.3) GINGERBREAD (ANDROID 2.3) TIDAK MENUNJUKKAN

banyak perubahan jika dibandingkan dengan Froyo, sehingga kadang kala ada perangkat yang langsung melompat dari versi 2.1 (Éclair) ke versi 2.3 (Gingerbread), seperti misalnya Samsung Galaxy S.

Gingerbread membuat pengguna bisa lebih cepat dan lebih nyaman saat mencari informasi di internet. Salah satunya adalah informasi lokasi yang ditemukan menggunakan Google Map. Gingerbread juga menawarkan sebuah fitur baru yang patut diperhatikan – NFC (Near Field Communications). Fitur ini membuat 2 perangkat yang terletak cukup dekat bisa saling terhubung tanpa kabel dan saling bertukar data.


Honeycomb (Android 3.0) BAGAIMANAPUN JUGA, VERSI YANG BENAR-BENAR DIKEMBANGKAN OLEH GOOGLE

di akhir tahun 2010 hingga awal 2011 adalah Android 3.0, Honeycomb. Ini adalah sistem operasi pertama untuk tablet. Menyadari bahwa Éclair dan Froyo tidak bisa digunakan dengan baik di layar seluas 5 hingga 10 inci, Google memastikan bahwa kualitas perangkat keras yang dioperasikan oleh Honeycomb ditingkatkan hingga benar-benar bisa menyaingi Apple iPad. Motorola Xoom adalah pendukung pertama Honeycomb, dengan prosesor dual-core 1GHz dan RAM 1GB. Sistem operasi ini cepat dan navigasinya mudah. Salah satu tablet Honeycomb yang bersaing di pasar adalah Acer Iconia dan Samsung Galaxy Tab.

Ice Cream Sandwich (Android 4.0) ALASAN MENGAPA ANDROID MENGELUARKAN VERSI SELANJUTNYA JELAS:

memastikan bahwa Android bisa dioperasikan di berbagai perangkat yang berbeda. Selain di smartphone, kita bisa mengoperasikan Ice Cream Sandwich di tablet dan komputer. Pada dasarnya, Ice Cream Sandwich menghadirkan fungsi terkini dari Honeycomb, sistem operasi yang ditujukan untuk tablet, pada ponsel, termasuk multitasking yang lebih baik, menu yang bisa digulirkan, serta widget yang bisa diatur ukurannya dan lebih beragam. Ice Cream Sandwich juga membuat program-program bisa dioperasikan pada perangkatperangkat dengan ukuran layar dan kemampuan yang berbeda. Sistem operasi ini pada dasarnya cukup cerdas dan

bisa menemukan sendiri pada perangkat apa ia dijalankan, lalu menyesuaikan sendiri parameternya. Ice Cream Sandwich akan menutup celah antara sistem operasi yang dikhususkan untuk tablet dan ponsel.

Namun semua perkembangan ini sesungguhnya adalah jawaban atas kebutuhan Anda.

Meskipun semua keunikan Android mungkin terlihat sebagai perwujudan dari apa yang Google inginkan, sesungguhnya mereka adalah jawaban atas kebutuhan Anda. Selain itu, sekalipun Google saat ini mungkin juga terlihat berhasil mengakhiri perkembangan versi Android yang berbedabeda, ini sesungguhnya adalah titik awal mereka untuk hal-hal yang belum Anda bayangkan. Perkembangan Android akan segera menyentuh lebih banyak lagi perangkat lainnya dan mengubah kehidupan Anda.

19


Sneak Peek:

Ice Cream Sandwich on Galaxy Nexus Jelaslah sudah bahwa Samsung Galaxy Nexus memiliki kelebihan khusus yang membuat para pengembang Android memilihnya kembali untuk menggebrak pasar dengan versi terbaru sistem operasi ini. Kali ini, Samsung Galaxy Nexus ditunjuk sebagai smartphone pertama yang akan dioperasikan oleh Ice Cream Sandwich – serta ia berhasil. Semua keistimewaan sistem operasi itu terkemas dengan sempurna. Jika tampilan Roboto (jenis huruf terbaru Android 4.0), atau kemudahan mengatur dan mengelompokkan ikon dan widget tak berhasil memikat Anda, Anda pasti tergoda dengan semua fitur fotografi yang ada.

membagikan semua hasil foto langsung ke jejaring sosial, seperti Google+.

Zero Shutter Lag

Google Beam menjadi fitur pamungkas yang disiapkan Ice Cream Sandwich. Dengan dukungan Near Field Communication (NFC) yang tertanam pada Galaxy Nexus, layanan transaksi pembayaran, bertukar kontak atau data, bermain game bersama, juga berbagi alamat situs internet antar smartphone bisa dilakukan hanya dengan sentuhan. Sangat mudah, cepat, dan sederhana.

Roboto

Instant filter dan zero shutter lag untuk mengambil gambar secara kilat didukung dengan mode panorama swipe yang bisa Anda gunakan untuk membidik objek hanya dengan menggulirkan layar. Seolah terobsesi mengalahkan Instagram dari Apple, Ice Cream Sandwich membuat Anda bisa

20

Edisi 2 / I / 2012

Android Beam

Melengkapi semua keunggulan ini, Galaxy Nexus akan memberi Anda pengalaman unik dengan pengamanan berbasis pengenalan wajah, integrasi buku telepon dengan jejaring sosial secara menyeluruh, sampai tampilan pemberitahuan (notifications) yang kaya dan cerdas. Kehadiran smartphone pertama berbasis Android 4.0 ini tak boleh Anda lewatkan.


BATERAI ANDROID

HANDBOOK

BATERAI ANDROID Untuk apa pun Anda menggunakan smartphone Android Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan dayanya. Teruslah membaca.

Berhati-Hatilah Dengan Wi-Fi

Matikan fungsi Wi-Fi smartphone Anda saat fungsi ini tidak digunakan. Setiap kali Wi-Fi dinyalakan, smartphone Anda akan terus mencari jaringan nirkabel yang ada – dan ini akan segera menghabiskan baterai.

Lupakan Sejenak Bluetooth

Cara lain yang juga mudah untuk membuat baterai Android tidak cepat habis adalah dengan mematikan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya. Anda bisa menyetel fungsi ini di bagian “Wireless&Network”.

Matikan GPS Otomatis

Anda mungkin menginginkan akurasi letak lokasi yang Anda cari, namun mematikan fungsi GPS otomatis juga bisa sangat menghemat baterai Anda. Tugas-tugas yang berorientasi lokasi memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk diselesaikan, namun beban pada baterai Anda pun akan jauh lebih berkurang.

Redupkan Sedikit Layar Anda

Melihat gambar atau membaca informasi pada layar yang lebar dan cerah pasti sangat menyenangkan – namun Anda harus membayarnya dengan konsumsi baterai. Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah menggunakan “Automatic brightness"; fungsi ini akan membuat smartphone Anda menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya berdasarkan pencahayaan sekitar di mana pun Anda berada. Jika perubahan kualitas cahaya di layar Anda terlalu berfluktuasi, sesuaikan saja setelannya secara manual. Semakin rendah Anda bisa menyetelnya, semakin banyak daya baterai yang bisa Anda hemat.

Tutup Program yang Tidak Digunakan Sesudah Anda selesai menggunakan sebuah program (aplikasi), pastikan Anda menutupnya dengan menekan tanda "X". Jangan

meninggalkannya dalam keadaan menyala.

Matikan Paket Data

Jika Anda lebih banyak menggunakan smartphone Anda untuk menelepon, mengirim SMS, dan mengecek e-mail sesekali saja, tidak ada salahnya mematikan paket data Anda, karena mempertahankan koneksi 3G di Android Anda membutuhkan daya yang sangat besar. Ingat, penggunaan baterai Android bisa dikelola. Sedikit usaha sederhana bisa memberikan pengaruh besar.

Edisi 2 / I / 2012

21


Jika informasi bahwa ada 370.000 program di Android Market belum membuat Anda tertarik untuk berkelana di sana, tambahan keterangan bahwa hampir semua program itu bisa Anda unduh GRATIS seharusnya cukup menggoda Anda untuk melihat tempat ini, setidaknya sekilas. Lalu bagaimana cara memilih program yang cocok untuk Anda? Tidak perlu bingung. Android Market telah mengelompokkan semua program dalam dua kategori utama: Games dan Applications. Permainan yang ada dalam kategori Games terbagi lagi dalam subkategori seperti Arcade & Action, Brain & Android Market on Honeycomb Puzzle, Cards & Casino, Racing, Sport Games, dan beberapa hanya menguasai 37%-nya. kategori lainnya. Sedangkan Mudahnya pengembang dalam kategori Applications mengunggah program ke Android Market membuat jumlah terdapat sub-kategori Books & Reference, Business, Comics, program yang ada meningkat Communication, Education, sangat pesat. Apalagi, saat Entertainment, dan seterusnya. mereka tahu bahwa program Jika Anda masih yang dibuat bisa dijual dengan kebingungan menentukan keuntungan senilai 70% dari permainan atau program yang harga jual. Ini benar. Banyaknya program itu membuat Android Market menguasai 67% pasar program gratis; dua kali lebih banyak daripada AppStore yang

22

Edisi 2 / I / 2012

ingin Anda unduh, daftar yang ada pada Top Charts bisa membantu Anda. Pada kategori Top Paid, Anda bisa memilih program berbayar yang paling digemari. Jika Anda termasuk pemburu program gratisan, dapatkan rekomendasi program sesuai peringkat Top Free. Selain kedua pengelompokan itu, Anda bisa memilih daftar Top Grossing, Top New Paid, dan Top New Free. Android Market juga menambahkan fitur Editor’s Choice yang berisi rekomendasi beberapa program Android. Daftar program yang ada bisa menjadi bahan pertimbangan tambahan Anda. Namun berhati-hatilah selalu sebelum mengunduh! Pastikan Anda memperhatikan semua nilai dan komentar pengguna sebelumnya. Dengan demikian, program virus perusak (malware) tidak akan ikut terunduh.


30 APLIKASI yang Harus Dicoba

SEBAGAI PEMILIK SMARTPHONE ANDROID, JANGAN SAMPAI ANDA TIDAK MEMAKSIMALKANNYA. Salah satu cara untuk memaksimalkan smartphone Anda adalah dengan memasang aplikasi yang bisa meningkatkan kinerja Anda. Pada dasarnya, aplikasi adalah program komputer atau perangkat lunak yang didesain untuk mengerjakan tugas tertentu. Sifat open source yang dimiliki Android membuat para pengembang berlomba-lomba menciptakan berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi hiburan, sampai aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas Anda. Inilah 30 aplikasi mengagumkan yang harus Anda coba!

Edisi 2 / I / 2012

23


33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

WHAT'SNEXT

Travel & Local Komutta

** GRATIS ** Komutta adalah panduan rute perjalanan bagi orangorang yang tinggal di Jakarta. Dengan aplikasi ini Anda bisa: • melihat koridor, rute, dan lokasi halte Transjakarta/Busway, • melihat jadwal KRL, • menyimpan rute favorit Anda, • menelusuri sebuah rute dari halte pertama hingga halte terakhir, • membagikan hasil penelusuran Anda dengan teman-teman Anda menggunakan e-mail. Selain itu, Komutta pun hadir dalam bahasa Indonesia.

Wikitude

** GRATIS ** Anda akan selalu tahu apa saja yang terjadi di sekitar Anda, di mana pun Anda berada. Gunakan saja kamera smartphone Anda untuk memindai objek di sekitar Anda dan Wikitude akan langsung menambahkan informasinya. Ada jutaan tempat yang bisa ditemukan dalam Wikitude. Benar-benar aplikasi yang keren!

Mobo Player

** GRATIS ** Mobo Player adalah pemutar video terbaik di Android. Saksikan segala macam video dalam smartphone Anda tanpa konversi apa pun, kapan saja dan di mana saja.

SubtitleDroid

** GRATIS ** Anda tak perlu kebingungan melihat film berbahasa asing karena tak mengerti artinya. Gunakan aplikasi ini untuk mencari, dan mengunduh subtitle berbagai film dalam berbagai jenis bahasa. Aplikasi ini terintegrasi dengan opensubtitles.org dan kompatibel untuk RockPlayer, VLC Media Player, atau MoboPlayer.

LewatMana ** GRATIS ** Kini, Anda tidak perlu lagi terjebak dalam kemacetan di ibukota hanya karena salah memilih jalan. LewatMana akan membantu Anda “memantau” keadaan lalu lintas yang ada di sekitar Anda. Gambar dan video pantauan langsung yang terekam kamera CCTV pun semakin mempersingkat waktu Anda untuk menentukan jalur alternatif dan menghindari jalur-jalur “padat”.

Dengan adanya Komutta, Anda tidak perlu takut tersesat mengarungi luasnya Jakarta.

24

MEDIA & VIDEO

Edisi 2 / I / 2012


BUSINESS Splashtop Remote Desktop

** BERBAYAR: $4.99 ** Aplikasi ini membuat Anda bisa mengontrol PC atau MAC Anda dari perangkat Android Anda. Anda bisa pergi dan beraktivitas di mana pun tanpa harus menggotong komputer Anda ke mana-mana. Splashtop Remote Desktop ini juga tersedia dalam versi HD untuk Honeycomb dengan harga $9.99.

FINANCE

Documents To Go

E-trading Mobile Trading

** GRATIS ** Dengan Documents To Go, Anda bisa menampilkan file Microsoft Word, Excel, dan Power Point di saat yang bersamaan. Aplikasi ini pasti memudahkan kinerja dan meningkatkan produktivitas Anda.

g n i m o c Up HITS...

** GRATIS ** Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan jual beli saham secara mobile dengan smartphone, tanpa ada selisih waktu. E-trading Mobile Trading juga menawarkan layanan push data tanpa selisih waktu, grafik, peringatan akan hasil jual beli Anda, pesanan otomatis, dan akses Quick Button.

E QUAD COR

Bloomberg

** GRATIS ** Jika Anda ingin memperoleh berita bisnis/keuangan dan data pasar serta kemudahan untuk menelusuri portofolio investasi, Bloomberg sudah menyediakan semuanya itu. Aplikasi Android yang praktis dan lengkap ini diandalkan oleh profesional keuangan di seluruh dunia. Anda pun dapat mengakses berita utama dalam bisnis serta tabel dan grafik yang menggambarkan pengaruh dari tren terhadap pasar.

ASUS Eee Pad rime - TF 201 P r e rm fo s n ra T aling p Tablet yang uartal k n a k dinanti 12, dengan pertama 20 core ad prosesor qu 3. ra g NVIDIA Te

Edisi 2 / I / 2012

25


33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

WHAT'SNEXT

LIFESTYLE Sajian Sedap

** GRATIS ** Aplikasi Android ini pasti berguna bagi Anda yang suka memasak di rumah. Dengan Sajian Sedap, Anda tidak lagi membutuhkan buku resep dan membolakbalik halaman. Ketikkan saja nama resep yang Anda inginkan dan aplikasi ini pun akan menampilkannya di layar smartphone Anda.

Camera Illusion** Learn Animal Sounds Game

GRATIS ** Camera Illusion dapat mengolah foto secara real-time, melihat dan mengambil gambar berbagai objek mengagumkan dengan paduan efek dan filter “keren”. Jika Anda menginginkan jenis efek atau filter yang lebih beragam – seperti Lomo, Emboss, Glow, atau Waves, Anda bisa membeli aplikasi versi berbayarnya – Camera Illusion Pro – hanya dengan $2,60.

COMMUNICATION WhatsApp

26

** GRATIS ** Ingin mengajari balita Anda untuk mengenali binatang dari suara dan foto mereka? Aplikasi Android ini wajib Anda miliki. Anda pun bisa mengunggah foto binatang peliharaan Anda. Yang lebih hebat lagi, aplikasi ini dioperasikan dengan pengunci tombol. Anda tidak perlu khawatir aplikasi lain akan terbuka saat anak-anak memainkan smartphone Anda.

Baby Monitor

** GRATIS ** Tidak perlu khawatir untuk meninggalkan bayi Anda sendirian di kamar saat harus memasak di dapur. Dengan aplikasi ini, Anda cukup meletakkan smartphone Anda 2 hingga 3 meter jauhnya dari bayi Anda dan semua gerak-gerik bayi Anda pun akan termonitor. Baby Monitor pun bisa mendeteksi saat bayi Anda menangis dan menghubungi Anda secara otomatis.

** GRATIS ** Berkat WhatsApp, kini Anda tidak perlu lagi berkomunikasi menggunakan SMS. Aplikasi yang dijuluki messenger masa kini ini membuat Anda bisa saling berkirim gambar, pesan suara, pesan video dan lokasi GPS. Selain itu, karena terintegrasi dengan sistem, Anda tidak perlu login dan loading kontak sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi ini pun bisa dimatikan dan hanya diaktifkan jika ada pesan masuk. Dengan demikian baterai pun ikut dihemat.

Edisi 2 / I / 2012


Smart Ruler

TOOLS

news & MAGs

Pocket Tools

Indonesian News benar-benar datar atau tidak). Semua fungsi praktis ini bisa diperoleh hanya dengan memasang satu aplikasi saja.

** GRATIS ** Kini Anda pun bisa mengukur panjang sebuah benda menggunakan smartphone Android Anda. Jika benda yang akan diukur panjangnya cukup kecil, letakkan saja benda itu tepat di atas layar smartphone Anda. Selain bisa mengukur panjang benda dengan akurat, Smart Ruler pun bisa berfungsi sebagai busur derajat dengan kemiringan 0-180o.

A Battery Level ** GRATIS ** Pocket Tools bisa diibaratkan seperti pisau lipat yang bisa dengan mudah Anda simpan dalam kantong. Namun dengan aplikasi ini, bukan pisau yang Anda kantongi. Anda akan mengantongi beberapa peralatan lain: kode morse (meneruskan informasi menggunakan kode morse), massager (mengubah smartphone Anda menjadi mesin pijat), torch (memfungsikan smartphone Anda sebagai senter), bubble level (mengukur apakah sebuah permukaan

Facebook Messenger

** GRATIS ** Aplikasi Android ini akan menampilkan berapa persen daya baterai yang tersisa – tepat di status Anda. Dengan demikian, tidak akan ada lagi insiden low-bat atau kehabisan daya di tengah momenmomen penting Anda.

** GRATIS ** Anda seorang Facebook mania? Dengan aplikasi ini, Anda bisa saling berkirim pesan dengan rekan-rekan Anda tanpa perlu mengakses akun Facebook Anda. Benar-benar hemat waktu dan energi.

Edisi 2 / I / 2012

** GRATIS ** Aplikasi ini membuat Anda tak ketinggalan berita-berita aktual yang sedang berlangsung di tanah air. Dengan memasang aplikasi ini di handset Android Anda, Anda bisa mengakses berita terbaru dari berbagai media di Indonesia, seperti Detikcom, KOMPAS, TEMPO Interaktif, Republika, VIVAnews, BolaNews, Okezone, dan masih banyak lagi.

27


33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

WHAT'SNEXT

Entertainment Photospeak

** BERBAYAR: $4.50 ** Foto Anda pun kini bisa berbicara. Photospeak mengambil foto dari handset Android Anda dan mengubahnya menjadi avatar 3D yang atraktif dan mampu mengulangi kata-kata Anda. Ingat foto-foto yang tergantung di dinding Hogwarts School dan bisa bicara dalam kisah Harry Potter?

Solo

** BERBAYAR: $3.90 ** Jika Anda adalah pemusik, pencipta lagu,

28

atau penggemar musik, aplikasi Android yang satu ini wajib Anda miliki. Dengan Solo, Anda bisa bermain gitar kapan pun dan di mana pun juga, tanpa perlu membawa-bawa gitar. Anda bisa memainkan chord gitar dengan set chord lengkap dan memperoleh kualitas suara yang sama seperti suara gitar yang sesungguhnya.

IMDB

Music & Audio SoundHound

** GRATIS ** Kesusahan menebak-nebak judul lagu yang sedang Anda dengarkan? Letakkan saja smartphone yang telah dipasangi SoundHound pada pengeras suara, dan dalam sekejap semua informasi lagu bisa Anda ketahui. Hebatnya lagi, SoundHound juga mampu mengenali lagu yang Anda senandungkan, atau sekadar Anda gumamkan.

TubeMate

** GRATIS ** Anda penggemar film? IMDB adalah aplikasi utama yang harus ada dalam smartphone Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menelusuri database film terbesar di dunia, menemukan ulasan film, daftar pemain, filmographies, jadwal penayangan, dan trailer. Selain itu, Anda juga bisa menemukan informasi tentang acaraacara televisi di sini.

Edisi 2 / I / 2012

** GRATIS ** Wow! Anda tak perlu membuka situs Youtube berkali-kali hanya untuk melihat video favorit Anda. Dengan TubeMate, Anda bisa mengunduh video-video tersebut dan menyimpannya dalam perangkat mobile Anda. Anda pun bisa menonton video klip favorit itu, kapan pun dan di mana pun.


PRODUCTIVITY Cam Scanner

** GRATIS ** Dengan Cam Scanner, Anda bisa mengubah smartphone Anda menjadi alat pemindai dokumen. Semua dokumen cetakan dalam bentuk apa pun kini bisa Anda ubah menjadi dokumen digital hanya dengan mengambil fotonya, sama persis seakanakan Anda memindai dokumen itu.

Androzip File Manager

** GRATIS ** Dengan AndroZip, Anda bisa menyatukan berbagai file dalam bentuk Zip dan juga membuka lampiran e-mail dalam bentuk Zip.

PrinterShare ** GRATIS ** Sambungkan printer Anda dengan PC yang terkoneksi dengan internet. Dan PrinterShare akan membantu Anda mencetak segala bentuk dokumen, e-mail, foto, kontak, SMS/MMS langsung dari perangkat mobile Anda yang terhubung dengan jaringan baik lokal maupun lewat internet!

Dropbox

** GRATIS ** Dengan Dropbox, Anda bisa membawa semua data, gambar, video, foto, dan bentuk data lainnya ke manamana. Semua file yang Anda simpan di Dropbox juga akan tersimpan di komputer Anda, smartphone Android Anda, serta di server Dropbox. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repotrepot memindahkan dan melengkapi data dari komputer ke smartphone atau sebaliknya.

Handrite

** GRATIS ** Dengan Handrite, Anda bisa langsung menulis

Edisi 2 / I / 2012

dengan jari Anda di layar smartphone. Setiap kali Anda menggeser ujung jari, karakter atau simbol yang Anda tulis akan muncul sama persis di layar. Anda bahkan bisa menyimpan, mengirim, atau memposting tulisan tangan Anda.

Speak To It Assistant

** GRATIS ** Aplikasi ini bisa menjadi teman virtual Anda. “Bicaralah” pada “asisten” Anda ini dan ia bisa menjawab semua pertanyaan Anda, mencari informasi dari mesin telusur Google, membuka aplikasi lain, sampai menghubungkan Anda dengan berbagai macam jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Foursquare.

29


MODIFIKASI ANDROID

WHAT'SNEXT

A

ndroid terlihat tak terkalahkan, namun tetap saja ada beberapa vendor yang memberikan sentuhan tambahan sehingga sistem operasi ini terlihat lebih manis, efisien, dan canggih. Beberapa di antaranya adalah HTC dengan HTC Sense-nya, Motorola dengan MOTOBLURnya, Samsung dengan TouchWiz-nya, Sony dengan Timescape-nya, dan Lenovo dengan oPhone-nya.

HTC SENSE HTC mengembangkan tampilan yang berfokus untuk menyajikan informasi dari berbagai jejaring sosial dalam satu layar sekaligus. Oleh karena itu, mereka menambahkan widget yang disebut “Friend Stream”. Widget ini bisa memadukan informasi dan pembaruan dari Twitter, Facebook, Flickr, dan You Tube. HTC Sense juga dilengkapi dengan widget yang dinamai “Leap”. Widget ini membuat beberapa layar utama bisa diakses sekaligus. Selain widget, HTC Sense menyajikan fitur penelusuran terdedikasi. Selain bisa digunakan untuk menelusuri semua sumber informasi yang ada di internet, fitur ini juga

30

membantu pengguna menelusuri adalah modifikasi Andoid yang seluruh isi smartphone. mempelopori flip sound call. Pengguna cukup membalikkan smartphone-nya hingga bagian punggung smartphone terletak di atas, untuk mengaktifkan mode silent. HTC Sense juga memperkaya informasi kontak yang dimiliki pengguna. Informasi itu tidak hanya diambil dari buku alamat yang ada di smartphone saja tetapi juga dari data rekan-rekan yang tergabung dalam berbagai jejaring sosial. Kemampuan lain yang ditambahkan oleh HTC Sense pada Android adalah input multi sentuh. Layar smartphone menjadi bisa dinavigasikan hanya dengan guliran. Selain itu, HTC Sense pun dilengkapi dengan pengunci layar. Satu hal yang perlu diingat, HTC Sense

Edisi 2 / I / 2012

MOTOBLUR MOTOBLUR dikembangkan oleh Motorola sebagai tampilan Android yang mengedepankan layanan push yang terfokus pada jejaring sosial. Tampilan ini menyediakan fitur yang hampir sama seperti Remote Wipe yang ada di iPhone. Motoblur menampilkan berbagai macam widget yang memadukan berbagai macam portal jejaring sosial – seperti Facebook,


TIMESCAPE

TOUCHWIZ

MySpace, dan Twitter – serta layanan lainnya (berita atau prakiraan cuaca) menjadi satu. Feed dan data ditarik secara berkala oleh widget ini. Awalnya, ketika pertama kalinya diaktifkan, smartphone yang dioperasikan dengan MOTOBLUR meminta pengguna membuat akun MOTOBLUR dan layar utama tidak bisa diakses sebelum akun itu ada. Informasi akun pengguna disimpan di server Motorola. Pada smartphone yang lebih baru, pengguna bisa menunda pendaftaran dan memiliki opsi filter yang lebih banyak, seperti mengelompokkan kontak, menolak informasi yang tidak diinginkan. Baterainya pun lebih tahan lama.

Berbeda dengan para vendor lainnya, Samsung menghadirkan sintesa yang mengagumkan antara Android dan layar sentuh. Mereka menamainya TouchWiz. Banyak orang menyalahartikan TouchWiz sebagai sebuah sistem operasi. Bukan. TouchWiz adalah tampilan yang disajikan Samsung pada smartphone high-end mereka dan tidak tersedia dengan bebas. TouchWiz menambahkan kemampuan panning (geser) dan tilt (miringkan) pada Android sehingga smartphone bisa mendeteksi gerakan dan bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan. TouchWiz juga hadir dengan lebih banyak dukungan untuk para pengguna dari dunia bisnis, beberapa di antaranya adalah fitur pengaman Cisco VPN dan Exchange ActiveSync untuk menyinkronisasikan e-mail, kontak, kalender, informasi-informasi dari server, serta pengiriman pesan ke perangkat bergerak. Saat ini, modifikasi dari TouchWiz-lah yang membuat tablet yang diberdayakan oleh Honeycomb, seperti misalnya Samsung Galaxy Tab 7+, bisa digunakan untuk menelepon - sekalipun Honeycomb sendiri adalah sistem operasi yang murni hanya bisa digunakan pada tablet. Pada Samsung Galaxy Tab II, TouchWiz juga memudahkan pengguna untuk mengatur kecerahan layar. Tekan saja ujung tengah atas layar, lalu geser jari ke kanan untuk membuat layar bertambah cerah, atau ke kiri untuk meredupkan layar.

Timescape adalah tampilan yang dikembangkan oleh Sony untuk membuat sajian Android lebih efisien. Timescape memadukan fitur komunikasi serta multimedia sehingga semua aktivitas pengguna dan teman-temannya bisa disatukan. Timescape membuat aktivitas berbagi konten menjadi mengasyikkan. Pengguna bisa melihat sekaligus berbagai pembaruan status Facebook, siapa yang menelepon atau mengirimkan pesan singkat, melihat e-mail yang belum dibaca, dan mengetahui lagu, video atau foto apa saja yang baru saja ditambahkan. Selain itu, dengan Timescape, berpindah dari satu program ke program lainnya hanya membutuhkan waktu 2 detik.

OPHONE oPhone adalah Android yang telah dimodifikasi untuk pasar lokal China. oPhone bertujuan untuk menyediakan akses smartphone yang murah dan tanpa detail yang mengganggu bagi mereka yang baru saja belajar menggunakan smartphone. Kelebihan tampilan oPhone ada pada bahasa yang digunakan. Semua menu sudah disesuaikan dan ditampilkan dalam bahasa Mandarin.

Edisi 2 / I / 2012

31


“Ini adalah salah satu store paling unik yang pernah saya lihat,�


Pazia IT Shop TP IV Surabaya “Ini adalah salah satu store paling unik yang pernah saya lihat,” kata Dwi S.M. Manuppo, IT Crew senior di Pazia Shop TP IV.

R

izza Prasetyaningtias, salah satu IT Crew yang menjadi rekanan Dwi pun menambahkan bahwa banyak ekspatriat yang datang untuk berfoto di store itu, bahkan ada yang mengetuk-ngetuk dinding dan bertanya apakah interior shop menggunakan batu bata asli atau bukan. Menurut Dwi, keunikan itulah yang

mendisplai produk-produk mutakhir itu. Setelah menemui guratanguratan klasik di pintu masuk yang berupa dinding berwarna putih kekuningan, dua buah meja bulat dengan penopang penuh ukiran siap menyambut para pengunjung. Anda juga akan disambut dengan kalimat “Selamat datang, kami siap

Meja bulat & guratan-guratan klasik

membuatnya betah bekerja di sana. Pazia Shop TP IV memang hadir tidak hanya sekadar untuk memuaskan pengalaman belanja IT yang nyaman dan berbeda. Produk-produk IT yang dijual masih tetap menjadi pusat perhatian dan kesan ini makin kuat karena kontrasnya tempat yang digunakan untuk

IT Crew inilah yang akan menemani Anda mendiskusikan semua kebutuhan dan solusi IT Anda dengan nyaman semua kebutuhan dan solusi IT Anda dengan nyaman. Sekali lagi, Anda akan dikejutkan oleh kepiawaian mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda – hingga pada detail terkecil. Pengetahuan yang mendalam itu jugalah yang membuat para konsumen akhirnya menjadi langganan. Para IT Crew dituntut untuk

membantu Anda” dari para IT Crew dalam seragam mereka yang berwarna hitam – kontras dengan desain keseluruhan ruangan yang didominasi warna putih kekuningan dan diterangi oleh lampu yang memancarkan cahaya terang yang juga berwarna putih kekuningan. IT Crew inilah yang akan menemani Anda mendiskusikan Yudi Wijaja - Supervisor (tengah) bersama IT Crew TP IV


menguasai beberapa keahlian tertentu, seperti: setting program dan troubleshooting, sehingga mereka bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen. Salah satu cara unik mereka untuk memancing obrolan yang bisa membuat mereka lebih memahami konsumen adalah dengan cara tidak memasang harga. Ini membuat pengunjung harus bertanya pada IT Crew. Pertanyaan itu pun sebenarnya adalah kesempatan bagi para IT Crew untuk memberikan kesan yang baik dan menunjukkan kepiawaian mereka. Jika konsumen tertarik, kemungkinan besar mereka akan berkunjung kembali – dan membeli. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal lain yang bisa membuat konsumen kembali membeli adalah karena mereka merasa nyaman. “Kuncinya adalah ramah dan sabar,” jawab Dwi, “kita harus pintar-pintar menempatkan diri.

“Kuncinya adalah ramah dan sabar.” Kita pun harus menjaga baikbaik kepercayaan yang sudah mereka berikan. Konsumen percaya bahwa barang yang kita jual bagus. Hal ini juga didukung oleh jaminan orisinalitas dari shop. Konsumen pun percaya bahwa kami selalu siap membantu mereka saat ada trouble. Bahkan ada konsumen yang bersedia menitipkan tabletnya di sini untuk di-setting, diservis, atau diganti suku

cadangnya. Tentu saja mereka pun menikmati kelebihan layanan kami, yang diberikan oleh seluruh tim, bukan seorang IT Crew saja.”

Seluruh dinding bata berwarna putih yang membalut shop ini dimanfaatkan sebaikbaiknya untuk mendisplai produk

Kembali ke meja tempat mendiskusikan kebutuhan IT, dari sini bisa diamati bahwa seluruh dinding bata berwarna putih yang membalut shop ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendisplai produk. Sebuah lemari kaca bening menjadi highlight di sepanjang permukaan kokoh tersebut. Tampak jelas bahwa lemari tersebut digunakan untuk memamerkan berbagai macam aksesoris komputer, serta gadget terbaru.

Benar bahwa tim memang menjadi urat nadi pelayanan mereka terhadap konsumen. Setiap konsumen yang datang ke shop ditangani oleh tim. Konsumen itu tidak tergantung pada satu orang IT Crew saja. Dengan demikian, konsumen itu bisa kembali kapan saja. Jika IT Crew yang dahulu melayani mereka sedang tidak bertugas, selalu ada anggota lain dalam tim yang siap melayani dengan baik.

Lemari kaca bening sebagai displai produk.

Selain lemari kaca, hadir pula meja panjang dengan penopang penuh ukiran. Di atas meja ini diletakkan laptop dan notebook serta komputer tablet dari Acer dan Samsung. Sementara itu, tepat di sisi dinding kaca yang duduk di atas kokohnya dinding batu putih bergurat, diletakkan monitor Samsung berbagai ukuran. Hitamnya layar dan bingkai semua monitor itu sekali lagi benar-benar kontras dengan putihnya dinding penopangnya


– membuat perhatian kita justru makin terarah pada produk yang ditampilkan.

Memadukan kemewahan dengan kenyamanan Jelaslah sudah bahwa desain klasik Pazia Shop TP IV ini tidak memberikan referensi apa pun pada masa lalu. Segala hal yang terlihat diambil dari masa lalu dihadirkan di masa kini untuk mempertegas kemutakhiran teknologi yang disajikan pada Anda. Memadukan kemewahan dengan kenyamanan, serta kelampauan, kekinian, dan kemutakhiran, Pazia Shop TP IV Surabaya menyajikan sebuah pengalaman teknologi yang benar-benar harus dipertimbangkan.

Displai produk Samsung.


Mulai dari Menemani Menuntut Ilmu Hingga ke China, Membantu Pekerjaan, Hingga Menemani Bersenang-senang

D

engan perkiraan pertumbuhan jumlah pengguna lebih dari 50% dalam 5 tahun, Android juga diperkirakan akan menguasai pangsa pasar di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Keenam puluh ribu pengguna Android di Indonesia pun memiliki cara unik mereka masing-masing untuk menikmati kecanggihan yang ditawarkan sistem operasi smartphone ini. Selain untuk bermain game dan menonton film, Android ternyata sangat mendukung efektivitas mereka dalam bekerja dan juga bisa dibawa-bawa ke luar negeri.

Edisi 2 / I / 2012

39


Victor Archie Winardy, multimedianya. Victor cukup sering menggunakan Samsung NINGBAO,

Galaxy S2 untuk mendengarkan musik dan melakukan aktivitas santai kegemarannya: menonton film. Baginya, memiliki sebuah smartphone yang bisa digunakan untuk memutar film berkualitas HD 1080p tanpa terhenti sedikitpun benar-benar mengagumkan.

Samsung Galaxy S2

Mansyur Tahir, BSc., Makassar, Samsung Galaxy Note

K

alau pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”, Victor Archie Winardy melengkapinya dengan menambahkan Samsung Galaxy S2 dalam usaha kerasnya menuntut ilmu di jenjang pascasarjana di Ningbao, China. Victor membeli Samsung Galaxy S2 di Indonesia lalu membawa smartphone ini untuk menemaninya di China. Ia memilih Samsung Galaxy S2 karena smartphone ini memiliki spesifikasi yang tertinggi di kelasnya, terutama layarnya yang menurut Victor memiliki kualitas luar biasa. Di China, Victor menggunakan smartphone-nya untuk membuka dokumen-dokumen tugas dari kampusnya. “Memindahkan file dari smartphone ke komputer benar-benar lebih mudah jika dilakukan dengan Android. Saya tidak perlu melakukan sinkronisasi lagi.” Satu hal lagi yang membuat Victor tertarik pada smartphone ini adalah kemampuan

40

M

ansyur Tahir yang berasal dari Makassar mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note miliknya lebih banyak ia gunakan untuk mendukung pekerjaannya. “Samsung Galaxy Note jauh lebih cocok bagi saya jika dibandingkan dengan perangkatperangkat lainnya. Segala hal bisa dilakukan lebih cepat. Saya bisa mengakses e-mail lebih cepat. Pekerjaan saya dipermudah, dan saya juga bisa menggunakannya untuk mengolah dokumen.” Mansyur yakin bahwa hal yang mendukung akselerasi kinerja itu adalah prosesor dari perangkat

Edisi 2 / I / 2012


kerasnya dan juga sistem operasi Android terbaru. Sebagai pemula, Mansyur menemukan bahwa Android benar-benar mudah dioperasikan. Ia berencana untuk mempelajarinya pelan-pelan. Selain itu, Android dan Samsung Galaxy Note-nya pun tidak pernah bermasalah, sekalipun harus dioperasikan dengan koneksi internet dari warnet. “Saya tidak pernah mengalami masalah dengan aplikasi atau sistem yang Samsung gunakan. Satu-satunya masalah saya terjadi karena kesalahan saya dan di perangkat Galaxy lainnya. Waktu itu saya pernah mencoba menggunakan pola tertentu untuk key saya. Namun saya lupa. Saya mencoba hingga 400 kombinasi, namun tetap tidak berhasil membukanya. Sepertinya saya harus ke service center untuk meresetnya.”

meng-upload progam-program yang mereka buat ke Android Market. Kelebihan lain dari sistem operasi ini, menurut Esther, adalah keamanannya. Ia belum pernah menemukan Android yang terserang virus. Selain itu, program-program yang bisa diunduh dari Android Market pun termasuk aman. Kebanyakan dari program-program itu sudah bisa dipastikan bebas virus. “Tentu saja para pengguna juga harus berhati-hati,” tambahnya, “jangan lupa memeriksa rating dan komentar saat akan mengunduh sebuah program. Saya pribadi biasanya hanya mengunduh aplikasi yang rating-nya tinggi. Selain itu, jika ada satu komentar saja yang mengatakan bahwa program itu bervirus, jangan mengunduhnya.”

E

sther Irawati Setiawan, S. Kom, M. Kom, salah satu dosen Teknik Informatika Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya, juga mendukung pendapat mereka semua. Menurutnya, Android memang memiliki banyak nilai lebih. Pertama, Android mudah diintegrasikan dengan Google, khususnya fungsi-fungsi seperti e-mail, agenda, chat. Ini memudahkan pengelolaan kegiatan sehari-hari. Selain itu, smartphone Android tersedia dalam berbagai macam varian harga. “Ini membuat smartphone Android jauh lebih terjangkau pasar,” katanya. Selain itu, bagi para pengembang, Android memang benar-benar memudahkan pekerjaan mereka. Mereka bisa dengan mudah

Satu hal yang masih menjadi kendala penggunaan smartphone Android di Indonesia menurutnya adalah ketersediaan layanan internet yang cepat dan berkualitas. Layanan internet berkecepatan tinggi biasanya hanya bisa diperoleh dengan harga yang cukup mahal, apalagi untuk ponsel GSM.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa paket data adalah hal yang sangat penting bagi para pengguna smartphone Android. Harus diakui bahwa paket data yang disediakan oleh pihak operator membuat para pengguna tidak lagi perlu bermatematika ria saat mengakses internet. Menurut Aris Sampurno, manajer MDS East - salah satu internet provider yang bekerja sama dengan Samsung, selain terus mengembangkan koneksi jaringan 3G yang meliputi kotakota besar di Indonesia, mereka juga menyediakan paket layanan data yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan juga sesuai dengan segmentasi pasar. “Kami ingin memfasilitasi pengguna Android yang terus bertambah jumlahnya di Indonesia. Kami melihat bahwa angka ini meningkat cukup tinggi. Oleh karena itu kami menyediakan berbagai layanan, salah satunya adalah kerja sama dengan pihak Samsung, dan juga menyediakan layanan yang mendukung beragamnya kebutuhan para pengguna smartphone Android, dengan tarif yang kompetitif.” Untuk menjawab kebutuhan para pengguna Android, di Indonesia sudah diimplementasikan teknologi yang lebih maju, yaitu jaringan 3.75G. Teknologi jaringan data berbasis IP ini akan membuat kapasitas jaringan naik 2,5 kali lebih besar dari jaringan yang sudah ada. Teknologi ini diyakini akan menjadi solusi terbaik bagi pengguna Android - yang membutuhkan kestabilan dalam akses layanan data.

Edisi 2 / I / 2012

41


S 42

amsung terus mengeluarkan rangkaian smartphone Galaxy-nya. Dua di antaranya adalah Samsung Galaxy S2 dan Samsung Galaxy Note.

Edisi 2 / I / 2012


Game Hub

K

edua smartphone ini memiliki banyak kesamaan sehingga ada yang mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note adalah versi besar dari Samsung Galaxy S II. Benarkah demikian?

Pada Samsung Galaxy S2, fitur Game Hub memberi Anda berbagai macam games berkualitas tinggi dari berbagai developer game ternama, seperti Gameloft, EA Games, GLU, dan masih banyak lagi. Game Hub juga menyediakan lebih dari 20 games jejaring sosial. Sebuah accelerometer dan sensor gyroscope dinamis merespon gerak jari dan tangan Anda dengan akurat. Sedikit saja kesalahan menggerakkan atau memiringkan layar, permainan Anda berakhir!

Stylus S-Pen

Jika Galaxy S2 mengunggulkan fitur Game Hub, fitur yang diunggulkan oleh Galaxy Note adalah stylus S-Pen. Stylus ini bisa mempercepat pekerjaan Anda dan menjadi pengganti tombol “Back”. Anda cukup menekan tombol “Shift” lalu menggeser stylus ke arah kiri di permukaan layar. Untuk menggantikan tombol Menu, Anda hanya perlu menekan tombol “Shift” dan menggeser stylus di permukaan layar, dari bawah ke atas.

Di samping perbedaan utama tersebut, terdapat kesamaan di antara keduanya, yaitu adanya Samsung Apps sebagai tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi mobile yang dioptimalkan untuk Samsung Mobile Devices. Selain itu beberapa fitur pada kedua smartphone ini memang bisa diakses dengan cara yang sama, seperti yang bisa kita lihat pada tabel di bawah ini.

Edisi 2 / I / 2012

43


Samsung Galaxy Note Memang Mendukung Karierku …

S

ejak kemunculannya di Indonesia pada bulan November 2011, Samsung Galaxy Note menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta gadget karena format dan tampilannya yang unik. Secara teknis, Samsung Galaxy Note adalah smartphone, tapi layar super-besar 5.3 incinya yang indah memasukkannya ke dalam teritori tablet. Bahkan, smartphone ini dilengkapi stylus yang bisa digunakan untuk membuat sketsa dan catatan. Selain itu, smartphone raksasa ini pun didukung prosesor Dual Core (1.4 Ghz), OS Gingerbread 2.3, memori internal berkapasitas 16GB, RAM 1GB, dan memori eksternal yang bisa ditingkatkan kemampuannya hingga 32GB. Ternyata, bentuknya yang unik dan spesifikasi lengkap yang dimilikinya membuat Lydia Juanita, 25 tahun, memilih untuk menggunakan Samsung Galaxy Note. “Saya tidak perlu lagi membawa

44

dua atau tiga telepon seluler untuk bekerja atau sekadar jalan-jalan,” ungkap Lydia yang seharihari bekerja sebagai IT Crew Pazia Shop Grand Indonesia. Memang, dengan pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi, fitur yang ada dalam Samsung Galaxy Note sangat berguna baginya. Selain memanfaatkan fitur multimedia yang ada, Lydia juga terbantu oleh Office standar yang tertanam dalam smartphone tipis dan ringan ini. “Laptop membuat saya harus membawa banyak barang. Dengan produk ini, saya bisa lebih praktis mengerjakan pekerjaan office saya, bahkan saya

Edisi 2 / I / 2012

bisa langsung presentasi apabila dibutuhkan.” Ditambah lagi, menurut Lydia, hingga saat ini Samsung Galaxy Note-nya belum pernah mengalami kerusakan. “Tapi mudahmudahan jangan sampai terjadi, ya. Karena saya sangat memerlukan produk multi-fungsi ini,” harapnya. “Akan tetapi,” sambungnya, “seandainya Samsung Galaxy Note saya rusak, pasti akan langsung saya bawa ke PAZIA SHOP atau gerai Samsung Center terdekat.” Lydia mengakui, selama ia menggunakan Samsung Galaxy Note, hari-harinya terasa lebih praktis dan nyaman. Lydia Juanita, IT Crew


PRODUCT REVIEW : SAMSUNG GALAXY NOTE Smartphone? Tablet?

! e t o N y x a l a It’s G Do-in-one Phone

11, akhir 20 i kuartal a dibilang bis Samsung engeluarkan m " "gencar get terbarunya, a seri g d ali dari deretan axy series. Diaw h al ua seperti G pasar akan seb han n tu a perminta g menjawab kebu t, le n gadget ya smartphone, tab an k an Anda ak Samsung melahir , s p e a t k o g en i dan n yang mel axy. e t o N y Galax eri Gal anjang s p r a t f a d

D

Perpaduan fungsi tabl et dan smartphone yang terkemas dalam gadget ini men jadi nilai jual utama, di sampi ng keunikan Galaxy Note yang bisa dijadikan sebagai pengganti bu ku catatan sehari-hari.

Edisi 2 / I / 2012

45


PRODUCT REVIEW : SAMSUNG GALAXY NOTE

Your digital notebook.

Galaxy Note yang ringan, dengan berat 178 gram, dilengkapi dengan layar yang dikembangkan oleh Samsung, HD Super Amoled 5.3�, membuatnya mudah dibawa dan bisa dijadikan sebagai gadget utama tanpa perlu khawatir kehilangan detail dari gambar ataupun film-film HighQuality (HQ) yang sedang Anda saksikan.

membaca e-mail dan membuat pengalaman browsing Anda menjadi lega, tanpa perlu seringsering menggulirkan layar. Selain dilengkapi TouchWiz UI v4.0 yang mempercantik tampilan programprogram di layar, Galaxy Note juga dilengkapi dengan virtual keyboard QWERTY - sangat nyaman dan pas dengan tangan Anda.

HD Super Amoled 5.3"

Virtua l Keyboa rd QWER TY

HD Super Amoled ini merupakan perkembangan dari Super Amoled yang ada di Galaxy S, namun tetap menggunakan PenTile Matrix (berbeda dengan Super Amoled Plus pada Galaxy S2). Dengan resolusi HD 1280x800 ditambah layar berukuran 5,3 inci, efek adanya PenTile Matrix tersebut bisa tersamarkan. Resolusi tinggi ini juga memudahkan aktivitas Anda

46

Edisi 2 / I / 2012

Di samping itu, yang juga menjadi salah satu nilai tambah untuk Galaxy Note adalah kualitas kecerahan maksimal layarnya; apa yang ditampilkan di layar bisa tetap terlihat di bawah pancaran sinar matahari langsung.


Di balik menawannya layar Galaxy Note, tersembunyi prosesor Dual Core 1.4GHz dan memori 1GB RAM yang menjamin kelancaran jalannya semua program yang sedang Anda gunakan. Prosesor ini sangat kuat dan bisa memutar hampir semua format video Full HD. Sistem operasi

Android Gingerbread 2.3.5 yang dibenamkan di dalamnya pun turut menambah kecepatan kinerja Galaxy Note; banyak detail-detail kecil yang ditambahkan dalam sistem operasi ini sehingga para pengguna bisa lebih mudah mengoperasikan smartphone-nya.

Baterai Li-Ion 2500mAh membuat Galaxy Note memiliki daya tahan sekitar 5-6 jam untuk pemakaian normal secara terus. menerus sehingga Anda pun bisa menggunakan smartphone ini untuk mengerjakan semua tugas Anda ketika bepergian.

Kinerja Hebat

Gebrakan Galaxy Note di pasar didukung oleh fitur-fitur andal untuk meningkatkan produktivitas Anda, seperti S-Pen, S-Planner, dan S-Memo. Anda harus berkenalan dengan mereka! S-Pen adalah stylus Samsung yang dibuat khusus untuk Galaxy Note. Stylus ini bisa digunakan untuk menggantikan kendali tangan di layar. Stylus ini juga disertai dengan tombol "shift" untuk mengambil gambar, apa pun formatnya, di Galaxy Note dan mengaktifkan S-Memo dan beberapa fungsi menarik lainnya dengan singkat. Fitur istimewa lainnya, S-Planner, adalah program yang dirancang khusus untuk smartphone Samsung ini. Fungsinya menggantikan program standar yang menampilkan kalender biasa. Jika Anda terbiasa dengan pengaturan waktu yang efisien, jadikan S-Planner sebagai agenda canggih Anda. Yang terakhir, S-Memo, adalah program yang menggantikan fungsi memo/notes (catatan). Di pengaturan awal, S-Memo terletak di tengah bawah. Dengan S-Memo, Anda bisa membuat catatan berupa tulisan tangan, pesan, gambar, atau merekam suara/musik. Untuk mengakses S-Memo Lite secara instan, Anda bisa menggunakan S-Pen dengan cara menahan "shift" lalu menyentuh layar dua kali. Sayangnya S-Memo versi Lite ini tidak dapat memasukkan gambar atau rekaman suara. Selain semua keunggulan itu, fitur lain yang juga menarik untuk dilirik adalah Video Maker. Dengan program ini, Anda bisa membuat video klip sesuai dengan kreasi Anda sendiri. Anda bisa memotong atau menggabungkan video, menambahkan

tulisan atau coretan, serta mengganti lagu atau suara sesuai keinginan Anda. Sebagai sebuah gadget hibrid, Galaxy Note berhasil membuktikan bahwa ia adalah gadget yang berguna, baik untuk pelaku bisnis, seorang profesional seperti dokter atau arsitek, maupun siswa sekolah. Jika Anda mencari sebuah Phoneblet yang berdaya guna dan menakjubkan, pertimbangkan Galaxy Note.

Edisi 2 / I / 2012

47


PRODUCT REVIEW : SAMSUNG GALAXY TAB 7.0 PLUS

HELLO

48

Edisi 2 / I / 2012


D

esain super tipis Galaxy Tab 7.0 Plus yang menawan bisa dipastikan membuat Anda jatuh cinta dengan tablet ini. Galaxy Tab 7.0 Plus begitu mudah digenggam dan dibawa ke mana saja dengan satu tangan, terlebih karena tablet 7� keluaran Samsung ini hanya memiliki berat 345 gram.

yang ditampilkan di layar. Fitur lainnya, Reader Hub, membuat Anda bisa membaca konten e-reading, buku, koran, dan majalah digital. Web browsing dilengkapi Adobe Flash dan konektivitas super cepat HSPA+ 21Mbps membuat Anda melakukan penelusuran dunia maya tiga kali lebih cepat dibanding koneksi HSPA konvensional.

Voice-Video Calls

Spesifikasi Mengesankan

Kinerja Galaxy Tab 7.0 Plus super cepat karena didukung oleh sebuah prosesor 1.2 GHz dual-core yang dilengkapi dengan memori 1GB dan sistem operasi Android Honeycomb 3.2. Selain itu, tablet ini juga berkapasitas cukup besar, yaitu16 GB. Bagian "dalam" yang istimewa itu dilengkapi dengan penampilan luar yang menawan hati. Tablet berukuran 7� ini dikemas dalam layar WSVGA 1024 x 600 pixel, sebuah kamera belakang 3 MP dengan LED flash dan sebuah kamera depan 2 MP.

Fitur Canggih

Di balik ramping dan tipisnya Samsung Galaxy

Tab 7.0 Plus, Anda bisa menggunakannya untuk merekam video 720p HD dengan dukungan DivX & Multi Codec yang membuatnya mampu membaca hampir semua jenis file video dan gambar. Tablet ini juga memiliki fitur yang menyederhanakan kebutuhan mobile Anda dengan Social Hub dan Reader Hub. Fitur Social Hub sendiri mengintegrasikan kontak, kalender, e-mail, pesan instan, dan menghubungkan semua jejaring sosial dalam satu menu

Di bagian kiri, Anda akan menemukan slot microSD dan SIM card. Yang menarik dari tablet ini, SIM card yang biasanya digunakan untuk koneksi data juga bisa digunakan untuk menelepon. Berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 7.0 yang membutuhkan speaker atau bluetooth handsfree untuk menelepon, pada Samsung Galaxy Tab 7.0 terdapat internal speakerphone. Dengan demikian tablet inipun bisa digunakan untuk bertelepon sama persis seperti sebuah smartphone. Samsung Galaxy Tab 7.0 plus pun menjadi tablet pertama berbasis Honeycomb yang mendukung fitur GSM Voice Call. Tablet yang dibanderol sekitar Rp 5,49 juta ini sangat sesuai bagi Anda yang membutuhkan gadget mungil dan ringan untuk menemani aktivitas mobile Anda.

Edisi 2 / I / 2012

49


HANDBOOK

SETTING SMARTPHONE

SETTING SENDIRI SMARTPHONE ANDA Saat pertama kalinya membeli smartphone, seringkali Anda bingung. Anda sudah memasang kartu perdana, namun smartphone Anda tetap tidak mau mengakses internet. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah pengaturan (setting) internet yang belum benar. Masing-masing operator memiliki kode pengaturan yang berbeda.

50

Edisi 2 / I / 2012


Paduan kekayaan kopi nusantara dengan teknologi mutakhir

S

uara mesin pembuat minuman kopi terdengar lembut. Di sudut ruangan yang berbentuk menyerupai huruf L, terlihat para barista sedang sibuk menyiapkan minuman. Ruangan Pazia Café yang terletak di Mall of Indonesia ini terlihat sangat hangat di tengah temaramnya cahaya berwarna kuning pucat yang memancar dari lampu-lampu bulat yang tergantung di langitlangit ruangan. Setiap lampu itu terlindung aman di balik longgarnya kisi-kisi sangkar bambu tak berdasar. Beberapa orang pengunjung melangkah masuk dan duduk di atas sofa. Seorang barista pun bergegas menyambut mereka dan membawakan Samsung Galaxy Tab 10”. Berbeda dengan café pada umumnya, yang menyediakan kartu dan monopoli sebagai hiburan bagi para pengunjungnya, Pazia Café menyediakan komputer tablet. Komputer tablet ini pun berfungsi sebagai daftar menu. Para pengunjung bisa melihat menu di dalamnya dan memesan minuman.

Salah satu minuman yang menjadi andalan Pazia Café adalah Sugeng Dalu. Minuman ini sesungguhnya adalah paduan antara kopi, jahe, dan gula merah. Nama “Sugeng Dalu” sendiri berarti “Selamat Malam”. Sesuai dengan namanya, kopi yang kaya dengan rasa rempahrempah ini akan membuat Anda merasa hangat dan juga menghangatkan kehadiran Anda di sana.

Salah satu hal yang menjamin kualitas rasa dari Sugeng Dalu, dan juga semua minuman kopi lainnya di Pazia Café, adalah biji kopi yang berkualitas. Semua biji kopi mereka diperoleh langsung dari supplier dan langsung dicoba (brew) begitu sampai di tangan. Biji kopi yang tidak memenuhi syarat tidak akan memperoleh tempat di Pazia Café. Biji kopi yang sudah lama pun akan segera dibuang; ini memastikan semua biji kopi yang disimpan di Pazia Café tetap segar. Gagasan di balik pembuatan menu utama ini sebenarnya sangat sederhana: memberi kesempatan dan

mendukung para barista untuk berkreasi. Setiap barista bebas menawarkan ide unik mereka, dan kreasi yang dirasa akan digemari para pengunjung café akhirnya dijadikan menu dan dijual. Ada 7 jenis kopi yang dijual di Pazia Café, semuanya kopi lokal Indonesia: Aceh Gayo, Mandheling, Jawa, Sulawesi, Toraja, Papua Wamena, dan Flores Bajawa.

Memadukan ketujuh jenis kopi ini ternyata tidak mudah. Ada paduan yang justru menghasilkan rasa asam, ada pula paduan yang terasa kurang pas. Setelah dicoba-coba, kopi dari Jawa, Sulawesi, dan Sumatra ternyata memberikan citarasa yang paling pas dan lebih umum. Segera Pazia Café pun memilih paduan ini sebagai House Blend. Pilihan ini terbukti tidak salah, karena memang banyak penggemar kopi yang juga menggemari sajian dari Pazia Café. Rasa kopi Pazia Café mungkin harus berakhir di dasar gelas, namun kenikmatan yang diberikan akan tetap melekat di hati para pengunjungnya.

Edisi 2 / I / 2012

51


NG MARKETI 11 AWARD 20 Tahun ini, Ibu Yuliasiane Sulistiyawati, Founder sekaligus President Director PT. Pazia Pillar Mercycom, menerima penghargaan dalam 4 kategori Marketing Award. Kategori yang dimenangkan itu adalah: The Best Market Driving Company, The Best Innovation in Marketing, The Best in Experiential Marketing, dan The Best in Marketing Campaign. Dewan juri Marketing Award menilai Pazia memiliki keahlian untuk membuat pasar memperhatikan merek dagang mereka. Pazia Shop berhasil menyajikan tampilan yang berbeda dari tokotoko IT pada umumnya.

Selain itu, Pazia juga dinilai berhasil memberikan pengalaman unik pada para konsumen mereka. Fokus utama Pazia Shop, yaitu kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung pusat perbelanjaan kelas atas di seluruh Indonesia, sekaligus menjadi faktor yang membuat mereka bisa menyajikan pengalaman yang berbeda. Satu lagi yang membuat Pazia memiliki nilai lebih: perusahaan ini dinilai pandai menciptakan para konsumen loyal, yang akan terus membeli produk mereka. Strategi yang dilakukan pun dinilai tergolong nekat karena sering mengadakan acara di luar konteks produk yang dijual.

52

Edisi 2 / I / 2012


H

INDOCOMTEC 2011

S

epertinya usaha Pazia untuk menghadirkan konsep baru dalam gaya hidup IT kita semua memperoleh sambutan hangat di Indocomtech 2011 yang diadakan pada tanggal 2-6 November 2011. Pengunjung terlihat memadati stan Pazia yang didesain khusus dalam balutan warna kuning, lengkap dengan etalasenya. Di sudut lain area pamer Pazia, terlihat tim administrasi terlihat kewalahan menghadapi

ES MOBILE GAM : COMPETITION ON TI LU O EV TETRIS R

T

anggal 10 Desember 2011, Pazia Store Surabaya Town Square (Sutos) terlihat ramai. Beberapa orang yang duduk mengelilingi meja-meja persegi panjang tampak serius menatap smartphone mereka masing-masing. Mereka adalah para peserta Mobile Games Competition, sebuah kompetisi hasil kerja sama Pazia dengan Telkomsel. Game yang dilombakan adalah Tetris Revolution yang harus diunduh terlebih dahulu dari Dunia Games Telkomsel dengan menghubungi *900*80#. Setelah melalui kompetisi yang ketat hingga babak terakhir, terpilihlah tiga orang pemenang. Ashari berhasil menjadi juara

para pengunjung yang berdesakan, seakan tidak mau mengantre, untuk membayar produk yang akan mereka beli. Sebagian besar di antara mereka membeli tablet. Beberapa di antara pengunjung itu sudah pernah mengunjungi stan Pazia beberapa hari sebelumnya, namun ketika pertama kalinya berkunjung, mereka hanya sekadar melihat-lihat dan mengumpulkan informasi.

Setelah beberapa hari barulah mereka membeli. Beberapa orang lainnya baru pertama kali mengunjungi stan itu dan langsung tertarik untuk membeli produk di sana. Salah satu hal yang mendukung antusiasme pengunjung untuk membeli adalah program cicilan 0%, kerja sama antara Pazia dengan 5 bank di Indonesia: BCA, Bank Mega, Bank Permata, BII, dan Bank Mandiri. Sekilas terlihat kru promosi yang mewakili Pazia berkeliling di tengah keramaian. Mereka mempromosikan produk-produk Pazia, khususnya produk-produk berhadiah. Mereka juga tidak lupa mengadakan game dan memberi pertanyaan. Para pengunjung yang bisa menjawab dengan benar pun memperoleh hadiah. N UKAA PEMBLE GAMES MOBI SHOP PAZIA : TITION COMPE LL N ECON MATI SUMMARR O LU O EV IS TETR RPONG 2 SE

pertama dan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta serta voucher Pazia Anniversary senilai Rp 200.000. Juara kedua direbut oleh Mario yang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 750.000, sedangkan posisi terakhir diduduki Hendry yang berhak atas uang tunai sebesar Rp 500.000. Selain itu, semua pemenang juga mendapatkan souvenir dan majalah IT News.

A

cara pembukaan Pazia shop Summarecon Mall Serpong 2 pada tanggal 9 Desember 2011.

Edisi 2 / I / 2012

53


QUIZ

WIN IT!

! Z I U Q Anda, h pengetahuan Selain menamba angkan 3 s menarik. Men nu bo n ka ri be juga mem dibagikan soft M3500 yang ro ic M se ou M buah enjawab 3 menang yang m pe g an or 3 k tu un benar. wah ini dengan pertanyaan di ba i dalam ma yang dipaka te gu la h ka pa A 1. Revolution? Deus EX Human an berapa keunggul 2. Sebutkan be am roid 4.0 (Ice Cre yang dimiliki And Sandwich). yang tombol istimewa 3. Sebutkan 3 PCZ VAIO Z Series (V ny So da pa at ap terd 217 GG). an Quiz ke: Kirimkan jawab ercycom M lar Pil PT. Pazia Dua Square Rukan Mangga - 33. Blok. G No. 32 hari Raya Jln. Gunung Sa 430 Jakarta Utara 14 e-mail ke: Atau melalui .co.id pm zia wisman@pa

lah gazine” di sebe Pazia IT News Ma bjek e-mail. su • Tuliskan “Quiz i ga ba se u p, ata kiri atas amplo ukan di Pazia IT an bisa Anda tem • Semua jawab 012. News Edisi 2/I/2 hingga Maret 2012. unggu • Jawaban dit

54

Edisi 2 / I / 2012

M ou se 500 Micro so ft M 3


Tak bisa dipungkiri, pembeli game bajakan dapat memainkan hampir semua jenis game yang ada – karena semua game itu bisa diperoleh dengan harga murah. Namun, pembeli game orisinal tetap merasakan kepuasan lebih karena ada banyak fasilitas atau fitur istimewa yang hanya bisa didapatkan di game orisinal. Inilah empat di antaranya:

Game ori tidak membutuhkan crack, yang Anda tahu sendiri berisiko menyebarkan virus. Bisa dibayangkan betapa terganggunya aktivitas Anda jika perangkat PC Anda terserang virus. Dengan game ori kita bisa bermain multiplayer secara online. Selain menambah teman sesama gamer, Anda bisa menjajal dan meningkatkan keterampilan Anda bermain game. Jika membeli game ori, kita bisa memperoleh versi yang lebih baru secara gratis. Biasanya dalam versi yang lebih baru ini, kecacatan yang ada (bug) sudah diperbaiki, sehingga Anda bisa bermain dengan lebih nyaman. Tentu saja, game ori bisa dikoleksi, dipamerkan, bahkan ditukar-pinjamkan dengan sesama game mania lainnya. Jadi, mana yang Anda pilih? Selamat mempertimbangkan dan jadilah konsumen yang bijak.

Edisi 2 / I / 2012

55


games

MODERN WARFARE 3 VS BATTLEFIELD 3

S

oap dan Price harus menghadapi nuklir yang sudah dirancang untuk menghadirkan kiamat di bumi. Sayang mereka tidak tahu di mana Makarov meletakkan senjata itu. Lebih parah lagi, mereka berdua pun terluka saat menghadapi General Shepard. Rumitnya nuansa perang modern ini hadir dengan kecanggihan sinematik sehingga Anda akan merasa seakan-akan sedang menyaksikan sebuah film laga yang Anda perankan sendiri. Inilah yang membuat Modern Warfare 3 sangat fenomenal. Sebagai game first person shooter, keahlian individu sangat menentukan keberhasilan dalam Modern Warfare 3. Kebutuhan akan keahlian individual ini pun makin nyata saat Anda memilih untuk memainkan survival mode sendirian. Game ini sebaiknya dimainkan dengan: LOGITECH Gaming Keyboard G105 Call of Duty™ official Keyboard & LOGITECH Laser Mouse G9X Call of Duty™ official Mouse

PRO

Sebagai penggemar game tembak-menembak, Anda pun akan dipuaskan dengan berbagai macam pilihan senjata laras panjang (riffle) sebagai senjata utama dalam game ini, dan juga berbagai jenis pistol serta belati sebagai senjata tambahan. Pada mode multiplayer setiap senjata yang digunakan akan mengalami progression, yang bisa juga disebut sebagai penambahan keahlian. Ini artinya, semakin sering senjata itu digunakan, semakin tinggi pula keahlian Anda. Game berkelas film Hollywood ini hadir dalam bentuk grafis yang membuat karakter dan latar belakangnya terlihat sangat menyatu. A

56

BLE VA I L A

at

SHO Edisi 2 / I / 2012

P

• Story mode memuaskan dan menegangkan. • Spec ops ranking membuat ingin terus bermain. • Mode multiplayer menyenangkan untuk dimainkan dan sangat kompetitif.

KONTRA • Multiplayer tidak berubah banyak dari MW2. • Pointstreaks terkadang terlalu overpowered. • Tekstur gambar sedikit pecah jika dilihat dari jarak sangat dekat.

S

ementara itu, Sersan Blackburn memimpin pasukan kecil menembus perbatasan daerah musuh untuk menyelidiki tempat penyimpanan senjata biokimia di sana.


PRO • Grafis dan suara menakjubkan. • Mode multiplayer solid dan menantang. • Battlelog memudahkan melihat statistik pemain. • Kendaraan dan bangunan dapat dihancurkan, membuat permainan menarik.

KONTRA • Campaign pendek dan cerita terlalu umum. • Misi Co-Op sangat sedikit. • Tidak dapat berlatih jet selain di mode multiplayer.

Petualangan yang menantang akan dihadapi Sersan Blackburn dalam mode campaign/single player. Jika mode single player kurang menantang bagi Anda, Anda harus bermain dalam mode multiplayer di antara 2 tim - yang masing-masing beranggotakan 16 orang. Inilah yang dimaksud dengan "Massively Modern Warfare". Dengan demikian, jelaslah sudah bahwa kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk memenangkan game ini dan keahlian individu yang digunakan seorang diri saja seakan menjadi tak berarti lagi. Kelebihan lain dari Battlefield 3 adalah senjata Game ini sebaiknya dimainkan dengan: Microsoft IntelliMouse Explorer 3.0

yang digunakan. Selain bisa digunakan untuk beberapa sesi, senjata itu pun bisa ditingkatkan spesifikasinya. Ada banyak cara untuk menempuh seluruh lokasi kisah perjalanan Battlefield 3. Cara yang paling mudah adalah dengan berjalan kaki. Namun jangan lupa bahwa game ini sudah menyediakan banyak kendaraan canggih, seperti: tank, humvee, boat, helikopter, dan pesawat jet. Semua kecanggihan itu pun ikut didukung oleh gambar yang sangat hidup dan nyata hasil grafis Frostbite 2.0TM Engine dengan setting layar “Ultra” dan resolusi Full HD.

Tampilan grafis ini sangat mendukung dramatisnya perang yang terjadi dalam Battlefield 3. Semua bangunan di game ini bisa dihancurkan secara permanen dan dahsyatnya kehancuran ini bisa dilihat dengan cara membandingkan peta permainan awal dan akhir. Satu lagi, jangan lupa memasang speaker berkualitas tinggi sehingga gemuruh pekik peperangan serta suara senjata dan kendaraan bisa terdengar nyata. AVA IL A BLE

Battlefield 3

at

SHOP Modern Warfare 3

Penekanan keahlian

Lebih mengarah pada kerja sama tim, tidak bisa sekadar mengandalkan keahlian individu.

Menekankan keahlian individu.

Senjata

Senjata yang sama bisa digunakan untuk beberapa sesi. Spesifikasi senjata bisa ditingkatkan.

Sangat variatif. Keahlian pengguna senjata akan bertambah.

Kendaraan

Pemain bisa menjelajahi medan perang menggunakan berbagai macam kendaraan.

Pemain menjelajahi medan perang dengan berjalan kaki.


S

ekuel Deus EX – Deus EX Human Revolution – menjadi salah satu game yang peluncurannya ditunggu-tunggu banyak orang. Game ini mengambil setting sebelum Deus EX dan Deux EX: Invisible War.

Game ini menceritakan kehidupan di Bumi pada tahun 2027 ketika terjadi kontroversi penggunaan “mesin” dalam tubuh manusia (augmentation) yang akan membawa Anda ke era human cyborg. Petualangan dimulai ketika Adam Jensen, seorang Security Expert dari Sarif Industries – salah satu perusahaan pendukung augmentation –tiba-tiba diserang oleh sekelompok tentara human cyborg bersenjata. Kondisi Jensen begitu parah dan Sarif Industries merehabilitasinya dengan teknologi augmentation. Jensen yang menjadi manusia berkekuatan “lebih” lalu berusaha mencari tahu dalang di balik penyerangan itu serta apa yang mereka cari. Desain kota didominasi warna emas dan hitam, yang menguatkan suasana cyberpunk futuristic. Selain itu desain karakter dalam Deus

58

EX HR bisa dibilang “keren”. Gameplay hybrid (FPS, Stealth, dan Action RPG) dalam Deus EX HR cukup variatif karena biasanya terdapat lebih dari satu jalan untuk mencapai area tertentu dan aksesnya disertai dengan augmentations skill yang terus meningkat. Kualitas suara bernuansa techno dan nada yang terkesan futuristik begitu melekat dengan permainan, terutama lagu temanya yang berjudul “Icarus”. Jika Anda seorang mainstream gamer Metal Gear SolidTM, Anda harus mencoba berlaga daam Deus EX: Human Revolution.

A VA I L

Edisi 2 / I / 2012

PRO • Nuansa Futuristik benar-benar “terasa”. • Alur cerita menarik untuk diikuti, sesuai dengan tema. • Pengalaman bermain lama dan memiliki replay value tinggi.

Game ini sebaiknya dimainkan dengan: • Microsoft Sidewinder X4 Keyboard. • Sidewinder X3 Mouse.

ABLE

at

SHOP

KONTRA • Animasi wajah terlihat kuno. • Musuh kurang pandai. • Boss fight kurang variatif dan menantang.


games

DEUS EX & ASASSIN'S CREED

AVA IL A B L

at

E

SHOP

E

zio Auditore da Firenze berkelana melewati lintasan penuh bahaya yang akan membawanya ke Konstantinopel. Master assassin zaman Renaissance yang 3 tahun lalu berhasil menggulingkan kekuasaan templar di Roma itu kemudian melanjutkan perjalanan ke Masyaf – kota tempat seorang assassin hebat, Altair Ibn La’Ahad. Dalam seri terbaru Assassin's Creed – Assassin’s Creed Revelations (ACR), Ezio akan mengajak Anda berpetualang menguak misteri dengan mencari 5 kunci untuk membuka perpustakaan Altair. Peningkatan kualitas grafis sangat terasa pada detail kota Konstantinopel yang lebih hidup dan jubah Ezio yang terlihat lebih nyata. Peningkatan efek dan tekstur grafis juga terlihat pada bangunan-bangunan menarik, seperti Hagia Sophia, Menara Galata, dan lainlainnya. Beberapa penambahan variasi gerak membuat

penjelajahan kota begitu menyenangkan. Hadirnya senjata baru, Hookblade, menambahkan eksplorasi gerak meluncur di tali, atau memanjat dinding yang tidak terjangkau. Di ACR, Ezio juga memiliki kemampuan tambahan meracik bermacam-macam jenis bom, mulai dari bom asap, bom Setelah berbau menyengat, bom racun, menamatkan sampai bom berdaya ledak Assassin's Creed besar. Revolutions, jangan Jika berperan sebagai Ezio lupa menyaksikan tak lagi menantang, peran serunya final Desmond – seorang assassin chapter Ezio Saga yang dikemas modern yang selama ini lebih dalam sebuah film banyak berada di balik layar, atau Altair – tokoh utama dalam pendek: Assassin's Creed Embers. Assassin's Creed seri pertama – dapat Anda PRO mainkan. Musik latar • Gerakan baru bernuansa orkestra membuat jelajah kota yang sangat kental, menyenangkan. ditambah pengisi • Sistem perekrutan suara berdialek daerah brotherhood baru. tersebut menjadi daya • Grafik bernilai tarik tersendiri dari artistik tinggi serasa game ini. menghidupkan kembali kota Konstantinopel abad pertengahan. • Musik latar yang berkesan. • Akhir cerita yang menggugah hati.

KONTRA • Ide cerita yang kurang berkembang dan terkesan "cepat".

Edisi 2 / I / 2012

59


60

Edisi 2 / I / 2012


Gaming in a Gaming House

P

ara penggemar game sekarang memiliki kesempatan untuk tenggelam dalam dunia ajaib game sekelas Battlefield 3, dan bisa merasa seakan-akan merekalah yang menjadi tokoh utama dalam sebuah film laga, di Pazia Gaming House FX Plaza. Pazia Gaming House dibuka pada bulan Desember 2011 di FX Plaza Jakarta. Pazia menjanjikan bahwa setiap pengunjung yang mencoba game di sini akan merasakan pengalaman yang spektakuler, sama seperti yang dijanjikan oleh game itu sendiri. Sebelum dijadikan tempat untuk memperagakan game, Pazia Experience FX Plaza saat ini sudah menjadi tempat di mana Pazia memajang tiga layar LCD touch screen seukuran meja yang dinamakan PZ Touch. Sekalipun sudah canggih, pengalaman yang dinikmati pengunjung saat bermain game di layar ini hanya terbatas untuk game berkualitas visual "ringan".

... akan merasakan pengalaman yang spektakuler...

Pada Gaming House yang mengambil tempat di ruang Multi Media, selain merasakan kecanggihan visual dari 3 layar Vikuiti yang digabungkan menjadi satu, pengalaman pengunjung juga akan diperkaya dengan kecanggihan audio. Layar Vikuiti itu sendiri terbuat dari kaca film yang didesain khusus untuk menangkap cahaya proyektor dan didatangkan langsung dari

sepenuhnya terbuat dari kaca tebal, semua suara yang dihasilkan dalam ruangan akan terperangkap dan tidak terdengar sama sekali dari luar. Prinsip kotak kaca ini akan membuat suara di dalam ruangan terdengar makin mantap. Suasana di dalam Pazia Gaming House ini menjadi makin kaya dengan kecanggihan cahaya yang

3 layar Vikuiti yang digabungkan menjadi satu Singapura. Layar ini memiliki resolusi 3820 x 1024. Selain dukungan layar, para gamer bisa menikmati kecanggihan visual ini berkat adanya teknologi eyefinity dari AMD Radeon dan VGA berkualitas premium. Kecanggihan audio yang ditawarkan pada Pazia Gaming House ini hadir berkat dukungan speaker berkualitas tinggi dan akustik ruangan yang didesain untuk menangkap suara. Dengan dinding yang

terpancar dari lampu acak di langit-langit ruangan. Lampu ini menyala bergantian mengikuti pola yang ada, memancarkan cahaya yang senantiasa berganti warna sehingga ruangan tidak pernah terasa monoton. Pazia Gaming House ini direncanakan untuk menjadi tempat di mana para pengunjung bisa mencoba sendiri semua game yang dijual di Pazia Shop.

Edisi 2 / I / 2012

61


JAKARTA Mall Citraland

• Pazia Shop • Lau's Kopitiam • J.Co Donuts • Kopi Luwak • American Grill • Burger King • Dunkin Donuts • Bengawan Solo • Kawula Muda • Yopie Salon • Jhoni Andrean

Mall Taman Anggrek • Pazia Shop • Sour Sally • Starbucks Coffee • J.Co • Donner Kebab • Mc Donald • Pepper Lunch • Hoka-Hoka Bento • Fish & Co. • Saint Cinnamon

La Piazza

• Pazia Shop • Starbucks

Plaza Indonesia • Pazia Shop

Grand Indonesia • Pazia Shop

Emporium Pluit • Pazia Shop

Gandaria City • Pazia Shop • Concierge

TANGERANG Kelapa Gading

• Pazia Shop • Sushi Groove • Tenant MKG • Pizza Hut • J.Co

Mall of Indonesia • Pazia Shop • Starbucks • Excelso • J.Co • Ohlala Café

Orion Mangga Dua • Pazia Shop

FX Plaza

• Pazia Shop • Harris Hotel • Segafredo • Café Cartel • Mata Uang • Kaffein • Tawan • Sale Senayan • The Coffee Bean • Delifrance • Dome • Little Penang • Celebrity Fitness • Yopie Salon • Bianco • Chirofira • Exenta • Pedro • Mazze • XX1 • Mangkuk Putih • Quic • Global Art

Summarecon Mall Serpong 2 • Pazia Shop

Supermal Karawaci

• Pazia Shop • Cuppa Coffee • The Coffee Bean

SURABAYA Tunjungan Plaza

• Pazia Shop • Dante • Dome Café • The Coffee Bean • Java Mocha • Starbucks • Excelso

Surabaya Townsquare • Pazia Shop

SEMARANG Paragon Mall

• Pazia Shop

MAKASSAR Trans Studio Mall • Pazia Shop • ZView

BANJARMASIN Duta Mall

• Pazia Shop • X.O Suki & Grill • Mr. Pancake • Excelso • Dunkin Donuts

YOGYAKARTA Plaza Ambarrukmo

• Pazia Shop • Boshe VVIP Club • Nanamia Pizzaria • Grisse Café & Lounge • Semesta Café • House of Balcony

62

Edisi 2 / I / 2012



Pazia IT News Magazine Ed.2