Page 1

syamsulalam.net

http://www.syamsulalam.net/cara-membuat-website/

Cara Membuat Website Sendiri Sebelum anda belajar mengenai cara membuat website, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan anda membuat website dan website macam apa yang akan anda buat. Hal ini penting karena detail pembuatan website yang nantinya akan anda pelajari akan sangat tergantung dari tujuan dan jenis website anda. Jika tujuan anda memiliki website sendiri adalah sekedar menyampaikan gagasan, opini, dan ilmu yang anda miliki agar didengar oleh khalayak luas, tentu tipe website yang anda perlukan hanyalah sebuah blog. Blog adalah website jurnal (web log) yang menyimpan catatan, baik tulisan, gambar, atau video dalam urutan berdasar tanggal. Jika anda ingin blog yang gratis, anda dapat belajar tutorial tentang cara membuat blog di blogger. Tutorial ini akan mengajarkan anda cara membuat website gratis menggunakan layanan Blogger.com. Keunggulan membuat blog di blogger adalah anda tak perlu membayar biaya bulanan untuk hosting, tak perlu membayar biaya tahunan untuk domain, dan tak perlu belajar banyak. Jika anda bisa mengikuti instruksi dan terbiasa menulis di Microsoft Word, anda pasti bisa membuat blog sendiri. Sementara itu, bagi anda yang ingin menghasilkan uang dari internet, anda harus paham cara-cara menghasilkan uang lewat internet terlebih dahulu sebelum mulai belajar membuat website. Kenapa? Karena cara membuat websitenya akan berbeda tergantung dengan tipe website penghasil uang yang akan anda buat. Beberapa cara menghasilkan uang dari website yang kita buat (yang saya ketahui) adalah: toko online (e-commerce site), high traffic site, affiliate site, dan membership site.

Definisi Toko Online dan Contohnya Jika anda ingin mendapat uang di internet dengan menjual produk fisik milik anda, maka yang perlu anda pelajari adalah cara membuat toko online. Toko online adalah toko sebagaimana umumnya sebuah toko, dimana pengunjung dapat melihat produk, bertanya-tanya, dan membeli produk tersebut. Hal yang umumnya harus ada pada website toko online adalah product display (tempat dimana pengunjung dapat melihat secara langsung produk yang sedang dijual) serta cara pemesanan dan pembayaran (detil pemesanan, F.A.Q, rekening pembayaran, macam-macam cara pembayaran, dan lain-lain). Anda juga mungkin memerlukan katalog produk yang dapat didownload oleh pengunjung anda dalam format PDF. Contoh toko online di Indonesia adalah http://www.muslimgaleri.com/ (toko baju busana muslim). Pada tahap ini, anda biasanya harus mulai menyiapkan dana investasi untuk bisnis anda. Jika anda ingin menggunakan blogger, setidaknya belilah template toko online untuk blogger dan milikilah domain TLD (.com, .net, .org) agar bisnis anda terlihat profesional.


Jika ingin toko online yang lebih canggih dan keren, maka anda harus beralih ke WordPress self hosting yang artinya anda harus keluar dana untuk sewa server. Jangan pelit untuk berinvestasi pada server dan domain yang bagus. Anggaplah biaya investasi untuk ‘sewa ruko’ bisnis anda. Klik di sini jika anda ingin belajar tentang cara membuat toko online »

Definisi dan Contoh High Traffic Site Jika anda ingin membuat website yang memiliki banyak trafik sehingga anda bisa memasang iklan untuk mendapatkan uang (high traffic site), maka ada beberapa pilihan website yang bisa anda buat. Klik di sini jika anda ingin belajar tentang cara membuat high traffic site »

Definisi dan Contoh Affiliate Site? Selain dari toko online dan site bertrafik tinggi, anda juga dapat menghasilkan dari internet dengan membangun affiliate site. Affiliate site adalah site yang dibuat oleh affiliate (orang tengah yang menghubungkan vendor dan pembeli atau makelar) dengan tujuan untuk menjual produk vendor dengan hasil berupa komisi. Affiliate site dapat bermacam-macam bentuknya. Beberapa diantaranya (setidaknya yang saya ketahui) adalah: Review site, yakni site yang isinya merupakan ulasan lengkap terhadap produk yang dijual. Ulasan ini dapat berisi mengenai keunggulan produk, manfaat produk, kelemahan produk, kegunaan produk, testimonial dari pengguna, harga produk, dan tempat untuk membeli produk tersebut. Review site (atau minisite sebagaimana beberapa orang memanggilnya) banyak digemari karena banyak pembeli umumnya hanya perlu diyakinkan sedikit sebelum membuat keputusan. Coupon site, yakni site yang berisi kupon-kupon sebagai insentif bagi para calon pembeli untuk mendapatkan potongan harga karena telah berkunjung ke site tersebut. Keunggulan dari coupon site adalah bahwa pengunjung yang mengunjungi site tersebut datang dengan niatan untuk membeli produk. Namun mereka berharap untuk mendapatkan sedikit potongan harga. Ini merupakan tipe trafik idaman bagi semua marketer. Product information site, yakni site yang ada hanya dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai suatu produk. Informasi yang ada bukan berupa ulasan, melainkan hanya ‘informasi’ mengenai sejarah singkat perusahaan penjual, informasi singkat produk, testimonial tentang produk tersebut, nilai dari produk tersebut, dan semuanya terkesan formal. Site semacam ini akhir-akhir ini banyak digemari karena tak perlu membutuhkan keahlian menulis, sangat cepat dibuat, dan jika mampu memberikan informasi tentang banyak produk, site semacam ini bisa menghasilkan banyak uang. Klik di sini jika anda ingin belajar tentang cara membuat affiliate site »

Definisi dan Contoh dari Membership Site Yang terakhir adalah site keanggotaan (membership site). Site semacam ini sederhana, anda hanya perlu halaman dimana pengunjung bisa bergabung menjadi member, dan halaman yang menjelaskan persyaratan dan keuntungan menjadi member. Jika anda ingin menjual produk informasi, dimana


orang perlu membayar untuk menjadi member sehingga bisa men-download produk anda, maka anda perlu belajar tentang cara membuat membership site. Membership site ada yang gratis, ada yang memerlukan pembayaran sekali, ada yang memerlukan pembayaran beberapa kali hingga suatu waktu yang telah ditentukan, dan bahkan ada yang memerlukan pembayaran secara terus menerus selama anda menjadi member atau menggunakan jasa yang disediakan oleh site tersebut. Contoh dari membership site adalah perusahaan hosting, perusahaan software, perusahaan yang menjual produk informasi, dan lain-lain dimana anda harus menjadi anggota untuk bergabung dan menikmati jasa yang disediakan oleh situs tersebut. Klik di sini jika anda ingin belajar tentang cara membuat membership site » Setelah anda menetapkan tujuan dan jenis website yang anda buat, kini saatnya belajar mengenai cara membuat website. Link-link dibawah akan mengantarkan anda ke tutorial yang anda inginkan sesuai jenis website yang ingin anda buat. Cara membuat blog di Blogger » Cara membuat blog di WordPress.com » Cara membuat situs/blog di WordPress self hosting » Cara membuat toko online » Cara membuat forum » Cara membuat situs berita » Cara membuat situs direktori » Cara membuat situs kupon » Cara membuat review site » Cara membuat membership site » Selamat belajar!

asdadjugul  

asda sdg dgg sdgsdg ggdgsdg wkhtmltopdfwkht mltopdfwkhtmltopdfwkh tmltopdfwkhtmltopdfwkhtmltopdfwkhtmlto pdfwkhtmltopdfwkhtmltopdfwkhtmltopd...

Advertisement