Page 1

06 11/13

AIR TERJUN WAY LALAAN Lokasinya yang persis di bawah gunung hijau dan dan lebat, berudara sangat nyaman.

untuk bacaan di tempat

w w w. op i n i - i n d on es i a. c om /p oi n t

managed by

WISATA AIR TERJUN Banyak air terjun indah yang tersembunyi di balik hijaunya nusantara.

TIPS & TRICKS Jangan sampai salah pilih agen perjalanan supaya liburan anda tidak menjadi penyesalan.

ma ja la h ke ba ngga an masya r a kat la mpung


CONTENT

11 6

2

Di Indonesia ada banyak sekali air terjun yang indah, namun masih banyak yang tersembunyi di balik hijaunya nusantara.

Pesona Alam Way Lalaan Kawasan yang berada di bawah kaki Gunung Tanggamus ini cocok melepas kepenatan bagi mereka yang jenuh pada hiruk-pikuk kota. Lokasinya yang persis di bawah gunung hijau dan dan lebat, berudara sangat nyaman.

18 16

14 Air Terjun: Keindahan Indonesia yang Tersembunyi

Tips Memilih Agen Perjalanan Wisata Banyak agen perjalanan yang nakal. Mereka menjanjikan fasilitas yang mewah dengan harga murah tapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan yang ditawarkan, jangan sampai hal ini terjadi pada Anda.

Jejak Era Megalitik dan Klasik di Lampung Tradisi megalitik merupakan kebudayaan jaman prasejarah, di mana manusia belum mengenal tulisan. Sedangkan tradisi klasik, berlangsung setelah mendapat pengaruh agama Hindu dan Budha.


3


Style

“Produk kreatif atau ekonomi kreatif ini tampaknya banyak didominasi oleh orang-orang muda dan bagi saya produk kreatif adalah perpaduan dari seni dan teknologi yang biasanya memberikan nilai tambah yang tinggi dan seringkali bukan produksi masal” Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Boediono.

Top Konser Diva Dihadiri Warga Bandar Lampung

W

Wapres RI juga mengungkapkan bahwa kegiatan PPKI dapat menjadi wahana sebagai langkah awal pengembangan sektor ekonomi kreatif yang dapat membawa pelakunya menembus pasar global. “Anak muda harus bisa menghasilkan produk-produk inovatif yang berorientasi pasar guna kemajuan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, acara PPKI merupakan langkah awal yang baik untuk anak muda kita dalam rangka menghadapi persaingan ekonomi global” pesan Wapres RI dalam sambutannya. Berbeda dengan tahun lalu, PPKI 2013 tidak hanya terselenggara atas kerjasama lembaga dan instansi pemerintah tetapi juga melibatkan langsung 17 wirausaha muda yang mewakili 15 sub-sektor ekonomi kreatif dalam perancangan dan penyelenggaraannya.

arga Bandar Lampung menghadiri Top Konser Diva Akhir Tahun 2013 yang diselanggarakan oleh Perhimpunan Ridho Berbakhti (Pariti). Konser yang digelar di Lapangan PKOR Way Halim Minggu (24/11) menghadirkan sejumlah artis seperti Syahrini, Dewi Persik, Zaskia Gotik, Inul Daratista, Nazar KDI, Cakra Khan, dan Kiky The Potters. Masyarakat yang hadir didominasi oleh anak muda, umumnya menyatakan ingin menyaksikan penyanyi muda Cakra Khan dan juga Syahrini. Cakra Khan dalam penampilannya di Bandarlampung kali ini mengajak M Ridho Ficardo, bakal calon gubernur Lampung dari Partai Demokrat untuk bersama-sama bernyanyi Dalam acara konser yang diselingi dengan olahraga bersama, panitia juga menyiapkan sejumlah hadiah sebagai doorprize di akhir acara bagi pengunjung yang hadir, diantaranya satu unit mobil, lima unit sepeda motor, kulkas, televisi, dan sepeda. Ketua Pariti Wahid Hamdan mengatakan antusias warga dalam Top Konser Diva Indonesia ini sangat baik terlebih acara ini dimeriahkan oleh tujuh artis papan atas Indonesia. “Secara teknis acara ini berjalan mulus, lancar, dan damai tanpa hambatan atau halangan sedikit pun. Masyarakat juga sangat antusias menyaksikan penampilan para artis yang kami hadirkan,” katanya.

n KPEK/ED

n ANT/ED

PPKI 2013 Digelar Acara Pekan Produk Kreatif Indonesia diselenggarakan sebagai salah satu usaha mendukung perkembangan ekonomi kreatif yang mulai tumbuh di Indonesia.

P

ekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) digelar di Epiwalk Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta. PPKI yang ketujuh kali ini diselenggarakan pada 27 November – 1 Desember 2013. Selama perhelatan akan ditampilkan berbagai pertunjukan seni, pameran serta konvensi dan temu bisnis bagi pelaku kreatif. Acara Pekan Produk Kreatif Indonesia diselenggarakan sebagai salah satu usaha mendukung perkembangan ekonomi kreatif yang mulai tumbuh di Indonesia. Para pelaku dan penikmat ekonomi kreatif yang umumnya didominasi oleh anak muda difasilitasi untuk menunjukan kreativitasnya dalam pameran dan pertunjukan maupun dalam meningkatkan kemampuannya melalui seminar dan konvensi yang diselenggarakan. Dalam acara Pembukaan PPKI 2013,

4 |


Style

“Terwujudnya deklarasi gerakan nasional penyelamatan Danau Toba secara menyeluruh harus menjadi awal kesadaran semua pihak untuk membangkitkan kembali kejayaan pariwisata Danau Toba,” tutur Marandus Sirait.

Natal Lingkungan Di Danau Toba

S

ejumlah pemerhati lingkungan akan menggelar perayaan Natal di atas kapal di tengah perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada Sabtu (7/12) sebagai bentuk ajakan memelihara kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya. “Penyelenggaraan Natal dalam nuansa berbeda di tengah perairan danau itu, sebagai upaya menggugah semangat para peserta untuk melestarikan kawasan Danau Toba,” kata Ketua Panitia Natal, Marandus Sirait. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Natal tersebut, kata penerima kalpataru sebagai pembina lingkungan pada 2005 tersebut, di antaranya, perlindungan kawasan Danau Toba sebagai salah satu situs dan sejarah pembentukan bumi dapat dikampanyekan secara lebih luas. Selain, acara seremonial Natal, lanjut Marandus, mereka juga akan melaksanakan penanaman pohon serta pelepasan berbagai jenis burung dan ikan ke perairan serta menyelenggarakan rapat persiapan deklarasi pemulihan kawasan Danau Toba di Kecamatan Tuktuk, Kabupaten Samosir. Diakuinya, karunia keindahan Danau Toba sulit dibantah, karena setiap sudutnya sangat menakjubkan, sehingga tidak berlebihan jika saat ini danau terluas di Asia Tenggara tersebut diperjuangkan ke UNESCO untuk menjadi salah satu situs warisan dunia. Saat ini, lanjut Marandus, kawasan hutan Toba diperkirakan hanya tinggal 15 persen lagi, sementara penjarahan hutan tak kunjung berhenti.

Meski kerusakan sistematik terus terjadi dan sering menjadi sorotan publik, kata dia, bukan berarti pengrusakan alam Danau Toba semakin menciut, malah sebaliknya terus membesar.

Saat ini kawasan hutan Toba diperkirakan hanya tinggal 15 persen lagi, sementara penjarahan hutan tak kunjung berhenti. Dia menambahkan, penghargaan lingkungan sama sekali tidak berarti jika pengrusakan alam terus berjalan mulus. Sampai kini, kawasan Danau Toba masih terus mendapat tekanan fisik maupun psikis dengan ekspolitasi berlebihan. “Kami ingin menyampaikan pesan Natal, agar seluruh pemangku kepentingan di kawasan Danau Toba dapat menyadari pentingnya memelihara kelestarian lingkungan yang berkelanjutan,” kata Marandus. n ANT/ED

Penghargaan Desa Wisata 2013

M

enteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu pada hari Sabtu tanggal 23 November 2013 memberikan Penghargaan Desa Wisata tahun 2013 untuk desa-desa penerima bantuan PNPM Mandiri Pariwisata. Kegiatan ini dilaksanakan untuk kedua kalinya setelah pertama kali diadakan tahun 2012 lalu. Pemberian penghargaan dilaksanakan untuk mendorong pengelola desa wisata meningkatkan kualitas desa wisata sebagai daya tarik wisata dan pendukung daya tarik wisatayang berbasis

kepada pemberdayaan masyarakat. Tahun ini pemberian penghargaan diadakan di Desa Pentingsari, Kabupaten Sleman, Yogyakarta Desa yang berada di lereng Gunung Merapi ini dipilih menjadi tempat pemberian penghargaan karena meski masyarakatnya hidup sederhana namun dinilai mampu mengembangkan desa wisata agar mendapatkan nilai tambahan atas kehidupan sosial, ekonomi dan budaya. n KPEK/ED

| 5


Pesona Alam

Way Lalaan

Air terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya sekitar 200 m. Aliran air berasal dari sungai Way Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka. Kawasan yang berada di bawah kaki Gunung Tanggamus ini cocok melepas kepenatan bagi mereka yang jenuh pada hiruk-pikuk kota. Lokasinya yang persis di bawah gunung hijau dan dan lebat, berudara sangat nyaman.

6 |


| 7


Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu pada zaman pemerintahan kolonial Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun

P

rovinsi lampung mempunyai segudang wisata, selain kaya akan pesona pantainya, provinsi ini juga mempunyai beberapa objek wisata yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah air terjun Way Lalaan. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan domestik terutama pada hari besar nasional seperti Idul Fitri dan tahun baru. Kawasan yang berada di bawah kaki Gunung Tanggamus ini cocok melepas kepenatan bagi mereka yang jenuh pada hiruk-pikuk kota. Lokasinya yang persis di bawah gunung hijau dan dan lebat, berudara sangat nyaman. Secara administratif berada di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung dan terletak sekitar 8 km dari Kota Agung, ibu kota Kabupaten Tanggamus. Dari kota Bandar Lampung berjarak sekitar 80 km dan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan. Waktu yang tidak sebentar memang. Dalam perjalanan kita akan menyusuri Gunung Tanggamus. Anda harus berhati-hati karena jalanan berkelok-kelok dan naik turun. Namun anda akan disuguhi pemandangan pepohonan hijau di sekitarnya. Way Lalaan berada di tepi jalan Raya Kota Agung – Balimbing, tak jauh dari kompleks perkantoran pemerintahan Kabupaten Tanggamus. Untuk sampai ke lokasi kita harus masuk sekitar 300 meter dari pintu gerbang. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni bukit. Anda harus menuruni banyak

8 |


anak tangga untuk mencapai air terjun tersebut. Cukup melelahkan memang, namun semuanya terbayarkan oleh keindahan air terjun Way Lalaan. Airnya mengalir deras dan masih sangat jernih. Di sekitar air terjun anda juga disuguhi oleh pemandangan pegunungan dan pepohonan tinggi. Di sekitar air terjun terdapat beberapa pondok, untuk melepas lelah dan untuk bersantai bersama keluarga. Lalu di bawah bukit juga terdapat rerumputan yang sangat cocok untuk berpiknik. Air terjun Way Lalaan merupakan air terjun bertingkat, berasal dari aliran Way Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka. Hanya sayang tingkat pertama tidak kelihatan dari lokasi wisata ini. Di kenal sejak tahun 1937, dimana pemerintahan kolonial Belanda telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun. Tangga itu awalnya dibangun pada tahun 1937.

Mungkin untuk melengkapi prasarana tetirah pejabat Hindia Belandai di Gisting yang tak jauh dari Way Lalaan. Gisting sendiri memang merupakan kota dataran tinggi dengan udara yang sejuk. Sekarang berstatus sebagai kota kecamatan, berada di ketinggian Âą700m dpl dengan suhu udara sekitar 18-28 Celcius. Jika berkunjung ke Gisting jangan lupa eksplorasi bangunan-bangunan kuno peninggalan Belanda seperti Rumah Sakit, Sekolah dan Gereja. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tak perlu risau karena objek wisata ini memiliki pelataran parkir yang cukup luas. Disediakan juga shelter serta mushola adalah fasilitas yang tersedia selain kamar bilas untuk wisatawan. Banyak sekali wisatawan yang mandi dan berendam di pinggiran kolam, keran lokasinya yang cukup aman. n

| 9


14 Air Terjun Keindahan Indonesia yang Tersembunyi

Air Terjun adalah sebuah sungai yang jatuh ke bawah dimana jalur dari sungai tersebut terpatah sebagai akibat gerakan bumi. Di Indonesia ada banyak sekali air terjun yang indah, namun masih banyak yang tersembunyi di balik hijaunya nusantara.


Air yang tumpah dari ketinggian tebing-tebing batu menjadi pemandangan indah. Di bawahnya, orang berkerumun dan siap bermain pancuran alami atau berenang di kolam yang sejuk. Di berbagai tempat di Indonesia, air terjun selalu menjadi objek wisata alam yang menarik. Sipiso Piso, Sumatera Utara

Sumatera Utara. Dari namanya, air terjun ini memiliki dua warna, yaitu biru dan bening. Dibutuhkan perjuangan yang keras untuk melihat kecantikan air terjun ini. Anda harus berjalan lebih dari satu jam dalam menembus hutan yang rimbun. Tanjakan, turunan, hingga jurang akan menantang stamina Anda. Akan tetapi, setibanya di air terjun dua warna ini rasa lelah akan hilang dan rasa takjub akan datang. Air terjun ini begitu cantik, indah, dan unik. selalu ramai dikunjungi oleh para pelancong.

Air Terjun Sipiso Piso terletak tidak jauh dari Danau Toba. Jadi jika anda kebetulan sedang liburan ke Danau Toba, mengapa tidak menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat yang eksotis ini.

Lembah Anai, Sumatera Barat

Dua Warna, Sumatera Utara

Sigura-gura, Sumatera Utara Air Terjun Sigura-gura merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 250 meter. Air Terjun Sigura-gura terletak di Kabupaten Toba Samosir, sekitar 250 kilometer dari Kota Medan. Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, maka tak heran jika air terjun ini

12 |

Air Terjun Dua Warna adalah air yang terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang,

Terletak di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi, air terjun ini sebenarnya terletak di kawasan cagar alam Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Di sekitar air terjun terda-


Sri Gethuk, Yogyakarta

pat monyet yang berkeliaran. Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter ini punya pemandangan luar biasa. Pada saat liburan, air terjun ini dikunjungi oleh ratusan pengunjung.

Resun, Kepulauan Riau

Air terjun Resun terletak di Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Airnya berasal dari sungai-sungai yang mengairi Gunung Daik dan banyak dikunjungi wisatawan lokal saat hari libur. Selain Gunung Daik dan air terjun Resun, ada juga tempat pemandian putri Sultan Mahmud Muhazam Syah, Batu Babi dan Batu Buaya (karena berbentuk mirip seperti babi dan buaya), Batu Belah, pemandian Lubuk Papan dan air terjun Cik Latif.

Pemandangan air terjun Sri Gethuk Yogyakarta memang pantas menyandang nama ‘Never Ending Asia’, karena keindahan alamnya yang tidak pernah habis. Air terjun Sri Gethuk di wilayah Gunungkidul akan membuat Anda bertekuk lutut karena pesonanya. Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu terletak di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu terletak sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

Sedudo, Jawa Timur

Curug Cimahi, Jawa Barat

Air Terjun Sedudo terletak di Ngliman, kecamatan Sawahan. sekitar 30 km dari Nganjuk. Selain sebagai objek wisata, air terjun ini sering dijadikan tempat pelaksanaan Upacara Tradisional

Air terjun Curug Cimahi ini berasal dari kata curug dan Cimahi. Curug merupakan bahasa Sunda yang memiliki arti air terjun sedangkan Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ Lembang. Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Objek wisata alam yang menempati area seluas 2 hektar dan tinggi sekitar 85 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Bandung. Jika beruntung, wisatawan dapat melihat pelangi yang tampak indah di sini.

Grojogan Sewu, Jawa Tengah Air terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu air terjun yang berada di Jawa Tengah. Terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten

| 13


oleh masyarakat dan Pemerintah setempat. Hal ini semakin menambah daya tarik bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lawean, Jawa Timur

Madakaripura. Air terjun ini terletak di Desa Sapeh, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Tidak hanya keindahannya saja, tetapi air terjun ini menyimpan legenda Mahapatih Gajah Mada.

Moramo, Sulawesi Tenggara

Air terjun Lawean, terletak di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sendang, 25Km arah barat daya kota Tulungagung. Dengan ketinggian 1.200 m dari permukaan laut, air terjun ini merupakan bagian dari lereng gunung Wilis. Tidak jauh dari air terjun Lawean, terdapat juga air terjun lain yang tidak begitu tinggi tapi juga tak kalah mempesona untuk dikunjungi, yaitu air terjun Panda Wangi. Di lokasi yang lain lagi, yang juga tidak jauh, terdapat Candi Penampehan. Semua lokasi di sekitar air terjun sangat layak untuk dikunjungi.

jembatan batu alami. Selain itu, ada air terjun mini lain yang memungkinkan aktivitas panjat tebing seperti. Keunikan air terjun ini adalah tingkat-tingkatannya. Air terjun Moramo terletak di Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Ada yang menghitung tujuh tingkat, ada yang menghitung 10 tingkat. Kurang lebih, air akan jatuh berturutan dari ketinggian 100 meter. Konon, air terjun yang terletak di hutan suaka alam Tanjung Peropa ini juga terkenal akan legenda tempat mandi bidadari.

Sendang Gile, Lombok

Jembatan Batu, Maluku Utara

Madakaripura, Jawa Timur

Jika anda berkunjung ke Jawa Timur kurang lengkap rasanya jika tidak melihat air terjun

14 |

Air terjun Jembatan Batu terletak di Halmahera Utara, Maluku Utara. Sebenarnya air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 10 meter. Tetapi yang istimewa adalah — seperti namanya — bebatuannya berbentuk seperti

Air Terjun Sendang Gile Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani yang gagah dan menawan. Tidak hanya itu, air terjun Sendang Gile juga menjadi tempat pelepas kepenatan di Lombok. Air terjun ini pun sangat dingin dan sejuk, karena berasal dari Gunung Rinjani. Air terjun yang indah ini terletak di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Dengan melewati 500 anak tangga, air terjun yang cantik dan indah ini siap menyambut Anda. Airnya begitu bersih dan segar, maklum karena berasal langsung dari Gunung rinjani. Alam di sekitarnya juga begitu tenang dan alami. n ED


| 15


Tips Memilih Agen Perjalanan Wisata

I

ndustri pariwisata di Indonesia semakin lama semakin berkembang dengan pesat, persainganpun menjadi semakin kompetitif di industri jasa ini. Agen perjalanan yang semakin banyak membuat siapa saja tertarik untuk mengikutinya. Paket wisata yang ditawarkan pun beragam mulai dari kawasan wisata dalam negeri hingga luar negeri. Harganya juga relatif murah meriah. Tapi jangan salah, banyak agen perjalanan yang nakal. Mereka menjanjikan fasilitas yang mewah dengan harga murah tapi pada kenyataannya tidak sesuai dengan yang ditawarkan, jangan sampai hal ini terjadi pada Anda. Berikut ini tips memilih agen perjalanan untuk Anda :

Pilih agen perjalanan yang profesional Pilihlah perjalanan seperti anda memilih dokter. Agen perjalanan yang profesional dapat menjelaskan secara detail tempat yang akan anda kunjungi. Anda juga bisa mencoba mendengar nasihat teman dan kerabat yang telah menggunakan agen perjalanan yang mereka percayai. Karena jenis pilihan perjalanan (seperti perjalanan keluarga, berkelompok/ grup, petualangan, ekoturisme) merupakan keputu-

16 |

san personal yang bertujuan sama yaitu ingin mendapatkan kepuasan dalam perjalanan. Agen perjalanan akan berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan klien, tidak semata mengejar transaksi di saat itu saja.

Jangan tertarik harga murah Agen perjalanan yang semakin banyak membuat mereka berlomba-lomba mengadakan promo dengan harga murah. Tapi ingat! Jangan mudah tergiur dengan tawaran paket murah. Anda harus perhatikan rincian paket yang diberikan, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tur keliling. Pastikan fasilitas yang diberikan memadai dan tidak merepotkan Anda.

Pilihlah agen perjalanan dengan jaringan luas Pastikan bahwa agen perjalanan yang Anda pilih punya jaringan kuat dengan industri pariwisata pada umumnya seperti dengan asosiasi agen perjalanan, maskapai penerbangan, jar-

ingan hotel, kereta api, kapal pesiar, tur operator, atau perusahan rental mobil. Agen perjalanan yang berjaringan luas mencerminkan agen tersebut kredibel. Dengan dukungan jaringan yang dimilikinya agen pun dapat menawarkan banyak pilihan serta informasi harga untuk Anda.

Perhatikan rute perjalanan wisata Hal yang paling umum untuk diketahui adalah perhatikan rute perjalanan wisata. Pilih agen perjalanan yang menawarkan paket wisata sesuai dengan keinginan Anda. Jangan sampai memilih agen dengan paket wisata kunjungan ke tempat yang tidak Anda tahu. Minimal, pilihlah agen dengan paket kunjungan tempat wisata dominan yang Anda inginkan. Misalkan, dari 10 tempat wisata yang ditawarkan, ada 7 tempat wisata di paket yang memang ingin Anda datangi. Jika ingin menghabiskan banyak waktu sendiri ketimbang bersama rombongan di agen perjalanan, Anda bisa memilihi agen yang menawarkan kunjungan wisata lebih sedikit dan lebih banyak waktu bebas. n BT/ED


Masjid Sultan Suriansyah, Kalimantan Selatan

Keberadaan masjid ini merupakan bukti sejarah, awal masuknya agama Islam pada abad 16 di daerah Banjarmasin, yang pada kemudian hari, berkembang dan menyebar ke seluruh wilayah Kalimantan Selatan dan juga ke wilayah tetangganya.

M

asjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin adalah sebuah masjid bersejarah di Kota Banjarmasin yang merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Masjid Sultan Suriansyah ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah (1526-1550). Beliau adalah Raja Banjar pertama yang menganut agama Islam. Diperkirakan usia masjid ini sudah mencapai angka 450 tahun dan termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia. Masjid Sultan Suriansyah ini terletak di Kelurahan Kuin Utara, kawasan yang dikenal sebagai Banjar Lama merupakan situs ibu kota Kesultanan Banjar yang pertama kali. Masjid ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri ketika mengunjungi Pasar Tera-

pung Kuin di Sungai Barito. Masjid yang terletak di tepian Sungai Kuin ini memang searah dengan Pasar Terapung Kuin jika kita berangkat dari Kota Banjarmasin. Masjid ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional khas Banjar. Konstruksinya serupa rumah panggung dengan atap tumpang. Di berbagai sudut bangunan kita juga dapat melihat ornamen-

ornamen ukiran khas Banjar menghias dengan indah. Jika diperhatikan sekilas, konstruksi masjid ini mirip dengan Masjid Agung Demak. Hal itu mungkin karena dalam perjalanan sejarahnya Kerajaan Banjar pernah mendapatkan bantuan dari Kerajaan Demak dalam peperangan melawan Kerajaan Daha. Inilah awal masuknya Islam ke Kerajaan Banjar. Arsitektur, ornamen, ukiran, sampai warna yang khas memang membuat masjid ini sangat unik. Apalagi ditambah dengan nilai sejarah yang terkandung di dalamnya, masjid ini sangat layak untuk dikunjungi.

| 17


B

agi yang menyukai wisata sejarah Indonesia, tidak ada salahnya jika mengunjungi taman purbakala yang satu ini. Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs arkeologi bekas peninggalan Jaman Megalitik-Klasik Indonesia. Di taman purbakala ini Anda akan menemukan berbagai macam benda-benda bersejarah yang menarik untuk dijelajahi. Terletak di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Anda bisa menemukan kekayaan ragam sejarah Indonesia yang unik dan melegenda. Dengan menempuh jalan darat sejauh 52 kilometer dari Bandar Lampung, situs arkeologi ini akan benar- benar memuaskan rasa keingintahuan Anda mengenai budaya Indonesia masa lampau. Sebelum memasuki situs arkeologi peninggalan Hindu Budha yang memiliki luas area sekitar 30 hektar ini, perjalanan Anda akan ditemani oleh pemandangan perkebunan serta beragam tanaman khas Indonesia lainnya. Kekaguman tidak hanya akan berhenti sampai di sini, karena beragam benda di taman berketinggian 80

18 |

Jejak Era Megalitik da Dengan menempuh jalan darat sejauh 52 kilometer dari Bandar Lampung, situs arkeologi ini akan benar- benar memuaskan rasa keingintahuan Anda mengenai budaya Indonesia masa lampau. meter ini siap membuat wisata menjadi lebih bernilai. Taman purbakala ini, merupakan peninggalan dari dua tradisi, yakni megalitik dan klasik. Tradisi megalitik merupakan jenis kebudayaan jaman prasejarah, di mana manusia pada waktu itu belum mengenal tulisan. Sebagai ciri-ciri alat kehidupan saat itu, masih terbuat dari bebatuan besar. Antara lain seperti batu tegak atau disebut (menhir), meja batu (dolmen) kuburan batu dan keranda batu. Sedangkan tradisi klasik, berlangsung setelah mendapat pengaruh kebudayaan agama Hindu dan Budha, pada abad keenam sampai abad kelimabelas. Awalnya, kompleks Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan daerah yang dianggap sangat angker oleh sebagian masyarakat setempat. Sebab setelah ratusan tahun, daerah ini, tidak dihuni manusia sehingga menjadi kawasan hutan belantara dengan berbagai pohon besar yang tumbuh liar memberi kesan seram. Pada tahun 1954, para transmigran asal pulau Jawa membuka hutan. Mereka me-

nemukan gundukan tanah bersusun batu besar. Susunan tersebut, berbentuk bujur sangkar dan batu arca yang di beri nama Putri Badriah atau lebih dikenal dengan patung Budha. Setelah di lakukan survei dan penelitian oleh ahli benda bersejarah pada tahun 1968, akhirnya pemerintah pusat dan daerah melakukan pemugaran awal pada tahun 1977. Sedangkan pemugaran kedua tahun 1984, berhasil menyusun peninggalan bersejarah tersebut ke posisi semula. Adapun peninggalan bersejarah yang bernilai situs budaya antara lain, dua buah


an Klasik di Lampung Tradisi megalitik merupakan kebudayaan jaman prasejarah, di mana manusia belum mengenal tulisan. Sedangkan tradisi klasik, berlangsung setelah mendapat pengaruh agama Hindu dan Budha. situs benteng yang terdiri gundukan tanah berbentuk memanjang dengan tinggi mencapai 3,5 meter dan panjang 1.200 meter. Sementara bagian luar benteng, terdapat parit atau sungai dengan kedalaman mencapai 3 sampai 5 meter. Menurut hasil penelitian sejarah, benteng tersebut, merupakan tempat pertahanan dari serangan binatang buas dan suku lain. Selain itu, juga terdapat 13 punden ke-

Pada situs batu, terdapat situs batu kandang (batu mayat), batu bertakuk (batu berlubang) batu lumpang, batu bergores dan kolam pemandian umum. Konon menurut cerita yang beredar di masyarakat, air dari sumber kolam pemandian di percaya

dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan menjadi awet muda. Sumber air bersih ini tidak pernah kering sepanjang tahun, meski musim kemarau. Di dalam kolam pemandian, terdapat batu dan gua bersejarah sepanjang puluhan kilometer yang berujung hingga danau Way Jepara. Namun sayangnya gua tersebut, tidak dapat di lihat dengan kasat mata manusia biasa. Dengan banyaknya koleksi dan mengingat situs ini berasal dari dua jaman dengan rentang waktuyang sangat panjang ditambah rimbunnya pepohonan di sekeliling taman serta potensi wisata yang menjamin lebih luasnya wawasan, membuat Taman Purbakala Pugung Raharjo dinilai cukup unik karena situs prasejarah seperti ini terbilang sulit ditemukan. n

cil dan besar, terbuat dari gundukan tanah. Punden-punden ini, berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap arwah para nenek moyang terdahulu.

| 19


24


The Point 06  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you