Page 1

Oleh Ainur Rofiq dan Nanang Suryadi


ď ˝

ď ˝

ď ˝

Para entrepreneur dan pelaku pemasaran membutuhkan media komunikasi yang tepat dan efektif dalam memasarkan produk Biaya Pemasangan iklan yang mahal sehingga diperlukan pemilihan media yang tepat Pengukuran efektivitas iklan dapat dilihat melalui recall, brand attitude (recognition), dan purchase intention konsumen (Numberger dan Schwaiger, 2003)


Menguji perbedaan kemampuan konsumen dalam me-recall merek yang diiklankan pada koran, majalah, dan website. Menguji pengaruh ukuran iklan pada koran, majalah, dan website terhadap kemampuan konsumen dalam me-recall merek. Menguji pengaruh warna iklan pada koran, majalah, dan website terhadap kemampuan konsumen dalam me-recall merek. Menguji pengaruh keinginan membeli (purchase intention) terhadap kemampuan konsumen dalam me-recall & recognition merek dari iklan koran, majalah, dan website


Metode Penelitian  Jenis Penelitian ini adalah eksperimen  Variabel Independen  Ukuran iklan (besar vs kecil),  Warna (berwarna vs hitam putih)  Media (majalah vs koran vs website)  Intention to purchase (high vs low involvement).  Variabel Dependen: banyaknya iklan yang direcall (recognition)  Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik self-

administered questionniare, yaitu partisipan diminta mengisi sendiri kuesioner yang dibagikan oleh peneliti  Alat yang digunakan :  Iklan yang ada di majalah tempo, koran kompas dan situs

detik.com sebagai stimulus  kuesioner pertanyaan terbuka untuk mengukur recall dan recognition serta dua pilihan jawaban ya atau tidak untuk mengukur intensi membeli


Metode Penelitian ď‚— Partisipan

Partisipan yang digunakan adalah mahasiswa Jurusan Manajemen FE Universitas Brawijaya Malang. Rentang umur partisipan 18 sampai 25 tahun. Rentang umur ini adalah rentang umur awal dewasa yang dianggap memiliki kesamaan. ď‚— Kelompok Partisipan Pengelompokan partisipan dilakukan secara convenience sejumlah 87 partisipan (namun hanya 85 yang dapat diolah lebih lanjut hasilnya)


Metode Penelitian ď‚— Teknik Pengumpulan Data

Peneliti masuk kelas sesuai jadwal mengajar seperti biasa, dan menawarkan/ membagikan kepada mahasiswa Majalah Swa Sembada(1 kelas), Koran Kompas (1 kelas) dan mengajak untuk mengakses internet (1 kelas). Pengumpulan data recall, recognition dan intention to purchase dilakukan serentak di setiap kelas.


Metode Penelitian ď‚— Alat anailisis yang digunakan

Univariate Analysis of Variance dipergunakan untuk menguji seberapa signifikan main effect dan interaction effect pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen.


35 30 25 20

Detik.com

15

Kompas

10

Swa Sembada

5 0

Pembaca


60 50 40

Low Involvement

30

High Involvement

20 10 0

Partisipan


60 50 40 30

Laki-laki

20

Perempuan

10 0

Partisipan


60 50 40 30

Laki-laki

20

Perempuan

10 0

Partisipan


25 17 Tahun

20

18 Tahun

15

19 Tahun

10

20 Tahun

5

21 Tahun

0

22 Tahun Partisipan


80 60 Iklan Berwarna 40 Iklan Hitam Putih

20 0

Partisipan


70 60 50

Iklan Ukuran Besar

40 30

Iklan Ukuran Kecil

20 10 0

Partisipan






Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan media, warna, ukuran tidak memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap banyaknya merek yang diingat oleh partisipan. Banyaknya merek yang mampu diiingat partisipan terbukti signifikan berbeda jika partisipan dikelompokkan ke dalam dua kategori yaitu yang keterlibatannya tinggi (high involvement) dan keterlibatan rendah (low involvement) yang sekaligus menunjukan tingkat purchase intention yang tinggi dan rendah.






Walaupun hasil penelitian ini menunjukkan temuan yang sama dengan temuan Numberger dan Schwaiger (2003) yaitu banyaknya merek yang dapat di-recall oleh partisipan lebih banyak jika melihat iklan di koran, namun hasil uji statistik menggunakan Tests of Between-Subjects Effects analisis univariate menunjukkan perbedaaanya tidak signifikan. Demikian juga dengan pengaruh warna, hasil penelitian ini menunjukan perbedaan dengan hasil penelitian Fernandez dan Rosen (2000) yang menemukan bahwa iklan berwarna memiliki pengaruh terhadap recall yang lebih besar daripada iklan tidak berwarna.










Kemampuan konsumen dalam me-recall merek yang diiklankan pada koran, majalah, dan website tidak berbeda secara signifikan. Ukuran iklan pada koran, majalah dan website tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsumen dalam me-recall merek. Warna iklan pada koran, majalah dan website tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsumen dalam me-recall merek. Keinginan membeli (purchase intention) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsumen dalam me-recall dan me-recognition merek dari iklan koran, majalah dan website.






Bagi para pengiklan bahwa untuk memasang iklan di media koran, majalah dan website hal yang terpenting diperhatikan adalah keinginan konsumen terhadap produk yang akan dibeli. Oleh karena itu, agar iklan bisa efektif maka iklan perlu didesain sesuai dengan target market-nya. Bagi peneliti berikutnya bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan temuan dengan penelitian sebelumnya, terutama dengan hasil penelitian Fernandez dan Rosen (2000). Perbedaan tersebut terkait dengan warna iklan. Dalam penelitian ini iklan berwarna dan tidak berwarna tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan recall sedangkan temuan Fernandez dan Rosen menunjukkan bahwa iklan berwarna memiliki pengaruh terhadap recall yang lebih besar daripada iklan tidak berwarna. Oleh karena itu untuk penelitian mendatang guna mengembangkan penelitian ini maka partisipan yang digunakan dapat diperbesar jumlahnya atau menggunakan partisipan yang berbeda.

Efektivitas Iklan Pada Koran, Majalah, dan Website  

Efektivitas Iklan Pada Koran, Majalah, dan Website Ditinjau Dari Aspek Recall, Recognition dan Purchase Intention Sebagai Dasar Pemilihan Me...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you