Page 1

Katak Gendut si Pembohong & Kelinci Kurus yang Cerdas Ayuri Lintang Putri Wahyuningati - Madania 2L

Tuesday, January 22, 2013


Ayuri Lintang Putri Wahyuningati, lahir di Bogor, 9 Juni 2005. Sejak balita ia senang bertutur, merangkai sebuah cerita. Buku ini merupakan cerita bertutur yang dilakukannya di usianya 7 tahun sebagai murid di SD Madania kelas 2.

karya Lintang (4 tahun)

Tuesday, January 22, 2013

Ceritanya lalu diketik dan diberi ilustrasi oleh ayahnya. Ia membaca kembali alur cerita dan mengeditnya. Sebagian gambar ilustrasi dibuat dan diwarnainya sendiri.


Pada suatu hari ada seekor katak gendut yang nakal karena ia suka mencuri makanan dan minuman teman-temannya. hmm, makanan siapa kali ini yang akan aku ambil ya.....?

Tuesday, January 22, 2013


Suatu hari katak gendut yang nakal itu berjumpa dengan kelinci. Ia bertanya, “Mengapa kau begitu kurus Kelinci?” Kelinci menjawab, “Aku tidak suka makan berlebihan” bukan aku yang mencuri, tapi temanku si Raku..

kamu pasti katak yang nakal....!

Si Katak tertawa mendengar jawaban Kelinci, lalu berkata, “Itu artinya kamu harus menjadi jahat seperti aku, mencuri makanan dan minuman teman-temanku supaya menjadi gemuk....”

Tuesday, January 22, 2013


Lalu katak nakal pulang ke rumahnya, ia memanggil temannya si Raku yang kurus,

Lho kenapa aku yang dituduh..

“Hai Raku mana makananku..? jangan kamu habisi semua nanti kamu jadi gemuk seperti aku... � Hmmm.., aku tahu si gendut itu bohong, dia mau menjahili si Raku....

Tuesday, January 22, 2013


“Tollongg...!”

Tiba-tiba saat mereka berbicara, datanglah bocah laki-laki yang menangkap si Raku.

Melihat si Raku tertangkap, si katak gendut merasa kasihan dan ingin membebaskan-nya.

Tuesday, January 22, 2013

“Ooo..kasihan si Raku, aku harus membebaskannya... “


Ia lalu mengakui perbuatannya pada Kelinci Katak gendut berjanji tidak akan mencuri makanan teman-temanku lagi, sambil berharap Kelinci mau membantunya membebaskan si Raku

“Maaf ya aku telah berbohong padamu. Si Raku tak pernah mencuri makanan.

Teman katak gendut dan Kelinci lalu memanggil teman-teman mereka untuk membebaskan si Raku. Si Kelinci ditunjuk menjadi pemimpin pasukan mereka. Tuesday, January 22, 2013


“aaaa..!”

Lalu terdengar teriakan Kelinci, “Serrbbuuuu....!” dan kawanan katak dan kelinci berlompatan menyerbu bocah laki-laki dan temannya ke arah tubuh dan wajah mereka. Mereka pun lari terbirit-birit.

“aaaa.....!”

“Horeee.., bebas euiy!”

Akhirnya si Raku dapat melepaskan diri ketika toples yang mengurung dirinya terlepas dari tangan bocah itu....

Tuesday, January 22, 2013


Kawan2 aku janji tak akan mencuri makanan lagi.. Kau pahlawanku, dan tidak ada pahlawan yang mencuri....

Akhirnya, si Raku terbebas dan pergi berkumpul bersama kawanan katak dan kelinci di tepi danau di pinggir hutan. Mereka bersenang-senang dan tertawa gembira sambil bersenda gurau bersama menyambut katak gendut yang insyaf... Tuesday, January 22, 2013


Katak Gendut si Pembohong dan Kelinci Kurus yang Cerdas  

Kisah tentang Kelinci yang suka mencuri

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you