Issuu on Google+


INTRODUCTION B

ulan April adalah bulannya perempuan Indonesia. Di mana Kartini dilahirkan sebagai seorang perempuan yang dikenal gigih dalam memperjuangkan hak perempuan di eranya. Perjuangan yang akhirnya bisa dinikmati oleh kaum perempuan Indonesia di era modern ini. Hasil semangatnya juga ditularkan pada gadis-gadis remaja JKT48. Perjuangan tiada akhir untuk mencapai kesuksesan. Dalam edisi Ankoru eMagazine kali ini, kami merangkum bagaimana JKT48 berusaha kembali menarik hati para fans. Mulai dari Flying Get Concert di mana para member menampilkan sesuatu yang baru. Spesial untuk penonton yang hadir saat itu. Liputan ini tersaji bersama foto-foto yang bisa anda nikmati seperti biasa. Tak hanya itu, liputan HUT Dahsyat pun bisa anda baca di edisi kali ini. Gelaran bertema Dahsyat 6aspol itu makin meriah karena JKT48 menyisipkan perayaan kecil bagi Melody yang juga berulang tahun waktu itu. Penampilan sister group AKB48 itu makin heboh karena tampil sepanggung bersama seluruh member. Termasuk Generasi III yang baru saja resmi bergabung dengan Melody dkk. Berbicara soal generasi ke 3, banyak dari anda pasti penasaran bagaimana kelanjutan kisah mereka. Perjalanan berbulan-bulan dan latihan keras yang mereka jalani, bagaimana hasilnya. Apakah mereka bertahan? Mampukah mereka merebut hati fans? Bagaimana kesempatan mereka untuk menerobos masuk menjadi pengisi suara di single ke 6 JKT48 nantinya memang menjadi pertanyaan menarik di kalangan penikmat idol group ini. Maka dari itu pastikan anda membaca Ankoru eMagazine kali ini, karena semua kami bahas tuntas. Lalu, masih ingatkah anda dengan Stella Cornelia? Gadis remaja ini mulai merajut asa sebagai solois tanpa membawa lagi embel-embel idol group yang membesarkan namanya. Jadwal padat untuk mengarungi tur promo single terbarunya berjudul “Gelisah�, Stella masih menyempatkan waktunya untuk berbagi cerita bersama tim Ankoru. Kami menyajikan liputan ini bersamaan dengan foto-foto saat Stella melakukan promo singlenya. Tak bermaksud melebih-lebihkan, tapi kami berharap melihat sosok Kartini muda di era modern ini dengan hadirnya JKT48, perjuangan dan usaha kerasnya mereka untuk meraih mimpi dapat menjadi contoh gadis remaja sepantaran. Seperti biasa, tugas anda selalu memastikan dan menjaga perkembangan mereka sebagai idol group terbaik di Indonesia dan tak lupa selalu menjadikan Ankoru eMagazine bacaan wajib anda setiap waktu. Selamat Membaca! Tim Redaksi.

2

April 2014

photo : Adnan [ cover & intro ]

Intro : Redaksi

April 2014

3


6 18

CONTENTS Klik pada gambar untuk menuju halaman yang diinginkan

30

4

April 2014

April 2014

5


HUT DAHSYAT H

ari jadi acara musik Dahsyat kembali menjadi memberikan kejutan bagi fans JKT48. Jika pada ulang tahun ke lima pada 2013 lalu menjadi ajang kembalinya Sonya kembali tampil setelah absen cukup lama, acara kemarin lebih heboh. Dalam gelaran bertema Dahsyat 6aspol itu, JKT48 tampil full tim dengan generasi III.

6

April 2014

Photos : Taufiq

seperti biasa, ulang tahun Dahsyat ke 6 itu berlangsung dari pagi hingga malam. Menghadirkan berbagai bintang tamu papan atas. Selain JKT48, ada Ayu Tingting, Mulan Jameela, Zaskia Gothik, Cherrybelle, Wali, Afgan, Maudy Ayunda, hingga Citra Scholastika. Tidak hanya selebriti, acara ulang tahun ke 6 Dahsyat juga diramaikan oleh Polisi Wanita alias Polwan. Mereka memberikan ’’kado’’ pada Dahsyat dengan cara yang tidak jauh-jauh dari ciri khas korps Bhayangkara. Yakni, unjuk kebolehan mengendarai motor gede. Ada juga tarian yang dibawakan oleh Brimob.

Text : Tria

April 2014

7


8

April 2014

Photos : Adnan

April 2014

9


H

UT Dahsyat kembali terasa Sedangkan

dalam

penampilannya

istimewa bagi Kapten Tim malam itu, JKT48 memberikan kejutan J Melody. Sebab,gelaran kepada penonton dan

tersebut bertepatan dengan ulang

pemirsa HUT Dahsyat 6aspol. Siapa

tahunnya yang ke 22. Tak ayal, member yang menyangka kalau tiga generasi JKT48 juga ikut merayakan hari

JKT48 tampil bareng diatas

lahir kakak Frieska itu di atas

panggung.

panggung Dahsyat. Sama seperti

ya 60an member bernyanyi dan menari

Dihitung-hitung, sedikitn-

sebelumnya, ada kue ulang tahun yang bersama alunan music Fortune Cookie dibawa oleh para member.

yang Mencinta. Bisa dikatakan, itu adalah penampilan

Melody mengaku bahagia karena ulang pertama mereka secara resmi di televitahunnya kembali dirayakan

si dengan embel-embel nama JKT48.

bersama dengan hari jadi Dahsyat, Apalagi, banyak member, fans, dan bin- Untuk membedakan mana generasi tang tamu yang memberikan ucapan

pertama, kedua, dan ketiga malam itu

selamat kepada dirinya. Soal harapan cukup mudah. Mereka dibedakan oleh di usianya saat ini, member asal Band- pakaian yang dikenakan di atas ung itu mengaku tidak punya doa mu- panggung. luk-muluk. ’’Doanya nggak muluk-muluk, sudah 22 kan ini artinya sudah tambah tua. “Harapannya ingin tetap muda aja,’’ ujarnya lantas tersenyum.

10

April 2014

Photos : Adnan , Taufiq

Text : Tria

April 2014

11


Kostum yang berkilau membantu penampilan JKT48 makin terlihat memukau. Sedangkan Generasi III tampil sederhana dengan kaos berwarna pink. Kaos tersebut hanya dihiasi tulisan JKT48 berwarna putih di sisi kiri. Member yang baru bergabung itu memadukannya dengan celana pendek berwarna gelap.

12

April 2014

Photo : Lukman

Penampilan mereka tentu saja membuat panggung Dahsyat menjadi penuh. Namun, memberikan kesan mendalam bahwa mereka benar-benar bisa tampil satu panggung meski Generasi III lebih pada menari ketimbang bernyanyi.

Mereka menutup penampilan di acara yang sehari-harinya dipandu oleh Raffi Ahmad serta Olga itu dengan Flying Get. Kali ini, mereka menggunakan kostum Cheongsam berwarna merah. Kostum terinspirasi gaya pakaian orang Tionghoa itu juga dikenakan oleh tim senbatsu single ke 5 di video Flying Get.

Text : Tria

April 2014

13


14

April 2014

Photo : Taufiiq

April 2014

15


16

April 2014

Photo : Adnan

April 2014

17


FLYING GET

CONCERT

I

tu adalah kejutan yang dijanjikan para member untuk para fans. Nusa Indah Theater, Balai Kartini Jakarta, pada Jumat 15 Maret menjadi tempat bagi para personel JKT48 untuk menggelar konser single terbaru mereka, Flying Get. Berbekal janji menampilkan sesuatu yang baru, konser itu berhasil menyedot tak kurang dari 700 penonton. Suara Nabilah dari balik panggung membuka konser itu. Seisi Balai Kartini langsung dihentak oleh irama Flying Get dan Hanikami Lollypop yang baru saja dirilis. Memasuki sesi MC, Sisil, Novinta, Dena, Acha, Nadila, Noella, Hanna, Sinka, Uty, Shafa, and Via dengan luwes memancing gelak tawa penonton dengan permainan plesetan kata. Di sela-sela sesi MC itu, terselip ucapan selamat ulang tahun bagi Dena Siti Rohyati yang tepat berusia 17 tahun di hari itu.

18

April 2014

photo : Redie

’’Sosialisasi Pemilu – Kantor Kelurahan Senbatsu Kecamatan JKT48,’’ tulisan itu terpampang jelas disalah satu bagian panggung. Tak berapa lama setelahnya Melody memasuki panggung mengenakan kemeja putih, rok hitam dan kacamata. Dia memperkenalkan diri sebagai pembawa acara di panggung pemilihan itu. Tak hanya Melody yang berperan dalam sketsa ini, beberapa member lain ambil bagian menjadi warga yang mengikuti sosialisasi pemilu ini. Banyak kelucuan yang disajikan member dalam sketsa ini, seperti saat Ayana seolah kesurupan, dan dengan sigap Nabilah mengambil air putih, berlagak seperti dukun lalu tanpa ampun menyemburkan air ke muka Ayana.

Text: Wisnu

April 2014

19


Melihat itu, sontak para penontok berteriak dan tergelak. Tak hanya Ayana, Shania pun menjadi salah satu korban semburan Nabilah yang memang terkenal usil diantara member lain. Dalam sketsa tersebut juga menampilkan Viny yang berperan menjadi seorang pria. Ceritanya, dia adalah calon legislatif dari salah satu partai. Didampingi Veranda sebagai asistennya, dia memulai kampanye dihadapan member lain. Tak hanya Viny, Haruka pun hadir memerankan peran yang sama dari partai yang berbeda. Uniknya, Haruka memerankan seorang caleg dari luar negeri, dan membutuhkan seorang asisten yang diperankan oleh Natalia. ’’Yombre’’, satu kata yang selalu diucapkan Haruka dalam kampanyenya . Tak akan lepas dari ingatan penonton bagaimana tingkah laku Haruka yang berlari lari di panggung dan diakhiri dengan berguling-guling. Di akhir sketsa, para member yang berperan berkumpul. ’’Jangan lupa pilih member di single ke 6 JKT48 ya, daripada pilih caleg yang nggak jelas, semua ikutan ya’’, teriak para member mengakhiri sketsa.

20

April 2014

Photos : Redie

Kelar dengan sketsa komedi, para member kembali bersiap menghibur penonton dengan lagu dan tarian mereka. Saat disimak, beberapa lagu yang ditampilkan seperti ingin memperkenalkan setlist terbaru dari tiap tim. Seperti saat lagu Warning, Tanjoubi no Yoru, Natsu ga Icchatta milik tim J di setlist Dareka no Tame ni. Atau, ketika lagu-lagu di setlist Seishun Girls seperti Cinderella wa Damasarenai, Korogaru Ishi ni Nare, Virgin Love ditampilkan dengan apik oleh para member tim KIII. Hal menarik lainnya adalah saat Dena, Saktia, Novinta, Sisil, Shafa mendapat kesempatan tampil membawakan lagu Riders. Mereka berlima masih terdaftar sebagai member trainee, tetapi tak mengurangi kepercayaan diri mereka diatas panggung dan menampilkan yang terbaik bagi penonton. Suatu hal yang jarang terjadi, dan kesempatan itu tak disia-siakan. Penonton diajak untuk menyambut kejutan berikutnya ketika Melody dan Kinal memperkenalkan 32 member Generasi III yang hadir dalam konser itu. Dengan menggunakan kaos berwarna pink sebagai identitas, member baru masih terlihat malu-malu untuk menyapa penonton.

Text : Wisnu

April 2014

21


“Final Pose” Malu - Malu Lollypop

22

April 2014

Photo : Redie

April 2014

23


Tak disangka, semua member generasi 1 dan 2 perlahan meninggalkan panggung. Walaupun terlihat masih gugup, 32 member Generasi III mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi. Mereka membawakan lagu Aitakatta yang mampu ditampilkan dengan baik. Itu adalah kali pertama Generasi III tampil dihadapan penonton. Tugas mereka belum usai, Fortune Cookie yang Mencinta menjadi lagu berikutnya yang harus dibawakan. Tapi, kali ini tak hanya member Generasi III yang tampil. Generasi I dan II pun ikut ambil bagian. Di akhir lagu, Jiro sang General Manager JKT48 memasuki panggung dan memberikan informasi soal hasil terbaru dari pemilihan member di single ke 6 mereka. Nama-nama seperti Melody, Haruka dan Viny masih mendominasi perolehan suara yang disampaikan Jiro. Hasil itu masih bisa berganti karena fans bisa terus memberikan suara hingga 22 April sesuai syarat yang sudah ditentukan. Setelahnya, 3 lagu terakhir dinyanyikan secara berurutan oleh member Generasi I dan II.

24

April 2014

Photos : Redie

Setlist: M1. Flying Get M2. Hanikami Lollypop Sketsa M3. Seishun Girls M4. Kimi ga Hoshi ni Naru Made M5. Warning M6. Tanjoubi no Yoru M7. Virgin Love M8. Korogaru Ishi Ni Nare M9. Natsu ga Icchatta M10. Adyth M11. Cinderella wa Damasarenai M12. Dareka no Tame ni M13. Rider (Novinta, Saktia, Dena, Sisil, Shafa) Perkenalan Generasi 3 JKT48 M14. Aitakatta (Gen 3) M15. Koisuru Fortune Cookie (All Member JKT48) Pengumuman Sementara Pemilihan Member Single Ke-6 JKT48 M16. Medley -Baby Baby Baby -Oogoe Diamond -Manatsu no Sounds Good! -River M17. Shoujotachiyo M18. First Rabbit

Text : Wisnu

April 2014

25


Selama lebih dari 2 bulan ini, para fans disuguhkan wajah-wajah baru di dalam tubuh JKT48. Mereka adalah calon Generasi III yang telah terpilih setelah proses audisi yang memakan waktu cukup lama. Total ada 32 member yang masih bertahan hingga sekarang dan mulai berjuang untuk merebut hati para fans. Sebanyak 32 gadis yang kini tergabung dalam tim trainee itu perlahan mulai menapaki jalan terjal mereka menjadi seorang idola. Sudah tak asing bagi penikmat JK48 bahwa menjadi seorang idol bukan perkara yang mudah. Latihan keras, dihadapkan pada pilihan sulit antara sekolah atau karir. Bahkan sampai di bully di media sosial akan menjadi makanan mereka sehari-hari. Disini nantinya, siapa yang mampu bertahan, niscaya telah menebar bibit kesuksesan sejak awal. Jika melihat member Generasi I dan Generasi II, sebenarnya tantangan tersulit justru datang dari dalam tubuh JKT48 sendiri. Tim trainee dituntut untuk bisa bersosialisasi dengan senior mereka. Mengambil hati dan menjalin komunikasi yang baik agar mereka sendiri merasa nyaman saat berada dalam idol group itu.

26

April 2014

Photo : Redie

Bagaikan dua sisi mata uang. Di sisi lain, mereka harus melihat senior mereka sebagai rival terberat. Bukan hanya dari sisi menarik hati para fans, tapi juga soal pemilihan senbatsu. Ini memang hal baru yang terjadi di tubuh JKT48, mereka mengadakan pemilihan secara langsung untuk pengisi suara di single ke 6 nanti. Uniknya, tim trainee yang tergolong masih hijau ini langsung mendapatan kesempatan untuk merebut suara para fans agar memilih mereka masuk di single ke 6 nanti. Saat dikalkulasi dari perolehan suara nantinya, kemungkinan member trainee untuk langsung masuk dan mengisi salah satu pos suara di single terbaru memang cukup sulit. Tapi, setidaknya akan menjadi pembuktian bagi mereka bahwa para penggemar telah mengakui keberadaan generasi baru di tubuh JKT48. Generasi yang mampu memberi warna baru, generasi yang tak kenal lelah untuk berusaha menggapai impian mereka.

Dari senior mereka, banyak yang mengundurkan diri atas hal ini. Mulai dari kerasnya sistem latihan yang harus dijalani, permasalah aturan yang tidak mereka taati, atau soal hubungan yang tidak terjalain baik antar individu. Sejatinya, harus mulai ditanamkan dalam pikiran setiap member trainee bahwa apa yang mereka lakukan semata-mata untuk kesuksesan mereka, kepercayaan ini nantinya yang menjadi modal mereka meraih kesuksesan. Lalu apakah kesuksesan akan datang begitu saja? Tampaknya tidak. Setelah latihan keras yang mereka jalani, waktu yang mereka habiskan dan tenaga yang mereka keluarkan, member Generasi III pasti membutuhkan wadah untuk memperlihatkan hasil latihan mereka dihadapan para fans.

Semua mata akan tertuju pada mereka di satu titik, yaitu panggung teater. Menjadi pertanyaan adalah setlist apa yang nantinya mereka bawakan. Jika dirunut ke belakang, kawah candradimuka bagi setiap generasi adalah setlist Pajama Drive. Setlist yang terkenal dengan kelincahan dan menguras tenaga. Setlist itu juga dikenal mampu membakar tak hanya semangat member tetapi juga para fans. Patut dinanti apakah benar setlist ini yang akan dibawakan, atau bahkan manajemen sudah menyiapkan setlist lain yang memang sesuai dengan karakter Generasi III kali ini. Banyak hal yang harus dibuktikan oleh member Generasi III untuk mengambil hati fans. Seperti semangat Kartini yang berusaha membuktikan bahwa derajat seorang wanita itu sama dengan lelaki, seperti itu pulalah semangat yang harusnya ditanamkan dalam diri setiap member. Tugas para fans adalah menjaga mereka dalam perkembangannya sebagai idola baru dan sambutlah mereka sebagai Kartini muda generasi ketiga. Text: Wisnu

April 2014

27


List Nama-Nama

1. Alycia Ferryana

11. Fransisca Saraswati Puspa Dewi

Member Generasi 3 JKT48 :

2. Amanda Dwi Arista

12. Indah Permata Sari

3. Andela Yuwono

13. Kezia Putri Aandinta

4. Anggie Putri Kurniasari

14. Maria Genenoveva Natalia Desy Purnamasari Gunawan

5. Anindhita Rahma Cahyadi

Photo : Redie

32. Zeby Magnolia Fawwaz

24. Shaffa Nabila

16. Michelle Christo Kusnadi

26. Shania Gracia

8. Elaine Hartanto

17. Milenia Christien Glory Goen awan

27. Sofia Meifaliani

9. Farina Yogi Devani

18. Nadhifa Salsabila

10. Feni Fitriyanti

19. Ni Made Ayu Vania Aurellia 20. Nina Hamidah

31. Yansen Indiani

23. Rizka Khalila

25. Shani Indira Natio

7. Chikita Ravenska Mamesah

April 2014

22. Putri Farin Kartika

15. Martha Graciela

6. Ayu Safira Oktaviani

28

21. Pipit Ananda (Mengundurkan diri terhitung tanggal 24 Maret 2014)

28. Stephanie Pricilla Indarto Putri 29. Syahfira Angela Nurhaliza 30. Triarona Kusuma

Text : Wisnu

April 2014

29


M&G

STELLA CORNELIA J

am menunjukkan sekitar pukul 11.37 pada Rabu 16 April lalu saat akun twitter @stella_scw mulai mencuit. Dia memberi informasi bahwa single pertamanya setelah dirinya memutuskan graduate dari JKT48 sudah tersedia di iTunes. Dia langsung mengajak para penggemarnya untuk membeli single tersebut.

30

April 2014

Photo : Genta

Text: Tria

April 2014

31


’’Single aku gelisah sudah bisa di dapatkan di i-Tunes :D,’’ cuit kakak member JKT48 Sonia Natalia itu. Stella sangat bersemangat dengan single perdana yang sebelumnya sudah diperkenalkan melalui berbagai roadshow tersebut. Apalagi, lagunya sempat berada di posisi ke 21 chart iTunes. Di tengah woro-woronya soal meet and great di beberapa kota, Stella terus mempromosikan single barunya tersebut. Banyak tweet support dari teman maupun penggemar yang dia retweet. ’’Kemarin sempet liat ada di chart nomer 21 iTunes..ayo yg blm heheh siapa tau bs jd nomer 1 :p,’’ imbuhnya. Pemilik nama lengkap Stella Cornelia Winarto itu pantas girang. Sebab, single Gelisah menjadi pembuktian dirinya sebagai penyanyi solo sekaligus menjadi momentum pembentukan imej baru. Setelah ini, dia berharap agar orang mengenalnya sebagai Stella secara pribadi tanpa embel-embel JKT48.

32

April 2014

Photo: Genta

Sebenarnya, single tersebut sudah dirilis lebih dahulu daripada iTunes pada Maret lalu. Single tersebut dijadikan bundling dengan photobook terbarunya. Di iTunes, lagu bernada jazzy itu dilepas dengan harga yang cukup terjangkau. Diharapkan penggemar maupun penikmat musik Indonesia bisa membelinya tanpa takut kantong kering. Tentu saja, dia berharap agar single Gelisah tidak menjadi materi pembajakan. Stella menjelaskan, single tersebut bercerita tentang orang yang sedang jatuh cinta dan berharap agar orang itu menjadi miliknya. Tapi, masih diangan-angan saja. Prosesnya sendiri tidak terlalu lama. Pengambilan suara memakan waktu sekitar dua minggu. ’’Lagu ini Stella Cornelia banget deh,’’ katanya.

Text : Tria

April 2014

33


Untuk pangsa pasar, Stella mengatakan lagunya bisa dinikmati oleh segala umur. Namun, sasaran sebenarnya adalah remaja atau dewasa. Tidak ketinggalan, adalah untuk para fans yang sudah mendukungnya sejak bersama JKT48. Diam-diam, ternyata Stella juga ingin menciptakan lagu sendiri. Beberapa lirik diakui sudah ada yang dibuatnya. Namun, dia merasa masih perlu belajar untuk memainkan alat musik sebelum mewujudkan lagu ciptaannya. ’’Pengen banget, tapi kan aku perlu belajar alat musik. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa (dirilis),’’ terangnya.

34

April 2014

Photo: Genta

Text: Tria

April 2014

35


CHEESE!

36

April 2014

Photos : Genta

April 2014

37


Video Interview With : STELLA CORNELIA

38

April 2014

Video : Genta

April 2014

39


40

April 2014

Photo: Genta

April 2014

41


PHOTOGRAPHER : Agan Sam, Bayu Aji Widyadi R, Dimas Widy Prasetyo, Fariz Adnan, Haidar Murtadho, Hasmy Rifani, Idrus Barusman, Lukman Anugerah, Qinthara Arief, Rezza Habibie Team PJ Jogja, Taufiq Iskandar ARTICLE : Tria Pratama, Whisnu Anugrah VIDEOGRAPHER & VIDEO EDITOR: Auvy Ahmad Haidar, Prasetyo Genta TONE, LAYOUT & GRAPHIC : Prasetyo Genta MAGAZINE CONCEPT : Fariz Adnan

46

April 2014

April 2014

47



Ankoru emagz edisi april 2014