Issuu on Google+

Cover


Ni Hao !!

Quarter kedua tahun 2013 telah dimulai, pertanda kita telah memasuki musim semi. Kadang panas, kadang dingin. Itulah perubahan suhu yang terjadi di Taiwan satu bulan terakhir.

Taiwan merupakan salah satu negara di Asia yang terkenal dengan seni dan teknologi, baik dari seni murni maupun seni yang telah bercampur dengan teknologi saat ini. Edisi IV kali ini mengupas tentang seluk beluk dunia seni di Taiwan dan sejumlah hal yang telah dilakukan masyarakat Taiwan seputar dunia seni. Sebuah negara yang memiliki sejumlah budaya kuno, diantaranya kaligrafi tulisan China yang sangat melekat. Kami berusaha merangkum semua hal tersebut dalam edisi kali ini. Di sisi lain, tidak terasa Majalah YinNi Hao telah memasuki usianya yang ke dua. Regenerasi pengurus telah dilakukan di edisi ke 4 ini. Seperti pengurus sebelumnya, kami berusaha memberikan informasi yang terbaik kepada para pembaca setia YinNi Hao. Namun, tidak ada gading yang tak retak. Masukan dan kritik dari para pembaca sangat kami harapkan untuk perbaikan ke depannya. Akhir kata, selamat berjuang kepada para senior dan teman-teman yang akan menempuh sidang di pertengahan tahun ini. Selamat membaca dan salam sejahtera untuk kita semua. Salam, Richad Yanato Penanggung Jawab: Ketua PPI Taiwan Pimpinan Redaksi : RICHAD YANATO Redaktur Pelaksana: MUHAMMAD ABDULLAH Editor: MUSTIKA PRASELA (Koordinator), SISILIANY PUTRI S, REYMON ROTIKAN, GITA HASTUTI Reporter: LAKSMI DEWI (Koordinator), DYAH AYU S, DEQI RIZKIVIA R, SEPTIAN LISTIYA E. R, Fotografer : DIANA STEPHANIE (Koordinator), TAHTA AMRILLAH, PRIYANTO, DZULGUNAR MUHAMMAD N Layouter : JESSICA RENATA Y MARKETING & HUMAS : MUNIFAH YASMIN, LUH MULYASIH, LINDAWATY Kontributor : ERNESTASIA SIAHAAN YinNi Hao PPI Taiwan @redaksiyinnihao http://yinnihao.wordpress.com majalahyinnihao@gmail.com majalah_yinni_hao_ppi_taiwan


Daftar Isi EDISI 4 / 2013

Surat Pembaca 05 Laporan Utama 06 Dunia Seni di Taiwan Loker Informasi 14 Laporan Khusus 16 Pu Tai Hsi Tips dan Trik 20 Memilih dan Membaca Makalah Ilmiah Buletin PPI 23 Sains dan Technologi 24 Di Balik Sebuah Aplikasi Jalan - Jalan 27 Alishan Profil 30 Evelyn Setiawan Lai Hiburan 32 Inspirasi 34 Ganas atau Ramah Lingkungan? Fotografi 38


Surat Pembaca

Lisa Wijaya, Mahasiswa TransWorld University

Kirimkan saran dan kritik ke redaksi YinNi Hao melalui facebook, twitter, atau email ke majalahyinnihao @gmail.com

Majalah yang bagus dan menarik untuk mahasiswa Indonesia di Taiwan. Namun, mengapa tidak ada informasi seputar beasiswa untuk calon mahasiswa Indonesia baik dari Pemerintah Indonesia sendiri ataupun Pemerintah Taiwan. Informasi tersebut mungkin akan membantu teman-teman Pembahasan mengenai Beasiswa yang akan datang ke di Taiwan sudah pernah Taiwan.

Jeffry, Mahasiswa I-Shou University

dibahas di Majalah YinNi Hao pada Edisi 1. Namun redaksi akan mempertimbangkan untuk membahasnya kembali dengan bahasan yang lebih mendalam di edisi mendatang

Saya ada pertanyaan. Sejauh ini, saya melihat website Majalah YinNi Hao tidak pernah up to date dan masih banyak halaman yang kosong. Memang Terima kasih sengaja ya? karena sudah diingatkan. Ke depannya kami akan up date data terbaru di website.


Loker Informasi Teks : Laksmi Foto : Berbagai Sumber

DRAGON BOAT FESTIVAL Festival Perahu Naga (端午节) merupakan acara yang dirayakan oleh orang Cina. Mereka adalah penduduk Cina daratan, maupun orang-orang Cina dan keturunannya yang tersebar di Singapura, Malaysia, Hongkong, dan tak ketinggalan juga yang berada di Taiwan. Festival ini biasanya dirayakan pada tanggal lima bulan lima berdasarkan kalender Cina. Berdasarkan pertimbangan kalender tersebut, festival ini biasanya disebut juga Double Fifth Festival atau Duan Wu Jie (端午节). Festival ini diadakan untuk memperingati pengorbanan Qu Yuan, seorang

penyair Cina legendaris yang menenggelamkan dirinya di sungai Mi Lo sebagai bentuk protes terhadap penguasa yang zalim pada saat itu. Untuk menghormati jasa-jasanya, orang membuang Dumpling, makanan khas masyarakat Tiong Hoa, ke dalam sungai agar ikan-ikan di sungai tidak memakan tubuh sang penyair. Di Taiwan sendiri, biasanya diadakan perlombaan perahu dayung untuk memperingati peristiwa bersejarah tersebut. Para pengunjung bukan hanya dapat sekedar menikmati, namun bahkan dapat mengikuti lombanya!


Festival Seni Pahat Pasir Fulong Dari namanya, sudah tentu festival ini erat kaitannya dengan seni pahat dan pasir. Festival ini merupakan sarana “unjuk gigi” orang yang menyukai kesenian dari pasir. Namun, pesertanya tidak harus berprofesi sebagai seniman pahat pasir. Para peserta bisa berasal dari beraneka ragam profesi, mulai dari pelajar, mahasiswa, profesional, dsb. Festival ini biasanya diselenggarakan pada bulan Mei-Juni di pantai Fulong (福隆海水 浴場). Berbagai kreatifitas dari pasir akan ditampilkan di sini, seperti patung beraneka rupa. Pembuatannya sendiri membutuhkan kerumitan dan kejelian tingkat tinggi. Sehingga bisa dipastikan, karya seni pasir ini akan memuaskan selera para pecinta seni pasir dan mata para pengunjung.

Festival untuk merayakan mekarnya bunga pohon Tung ini biasanya diselenggarakan pada bulan April-Mei. Festival ini merupakan tradisi dari suku Hakka (客家). Suku ini terkenal karena sifat kerja keras dan kehidupan sederhananya yang sangat menginspirasi kebudayaan Taiwan. Festival ini dimaksud sebagai ucapan rasa syukur pada alam karena telah memberikan hasil alamnya kepada manusia. Terdapat lima kota yang mengadakan perayaan ini, yakni Taoyuan, New Taipei, Keelung, Hsinchu, dan Yunlin. Selama festival berlangsung, pengunjung dapat menikmati bunga dan mengikuti tur desa Hakka.

Festival Bunga Hakka Tung

Festival Kembang Api Penghu Lain halnya dengan perayaan sebelumnya, festival ini merupakan pesta kembang api yang diadakan oleh penduduk Penghu (澎湖 縣). Pengunjung bisa menyaksikan kembang api yang dipentaskan selama bulan April-Mei. Selain itu juga terdapat kios-kios makanan dan pasar yang berjualan di pusat kota. Meskipun banyak festival serupa, namun festival ini mampu menarik puluhan ribu orang untuk berkunjung ke Penghu.


16


17


18


19


Buletin PPI Pemilihan dan Pelantikan Pengurus PPI Taiwan 2012/2013

Bertempat di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), Taipei, kongres pelajar 2012 sukses digelar. Acara yang dihadiri sekitar 70 orang ini merupakan program tahunan di akhir kepengurusan. Ramzi Adriman, Ketua PPI Taiwan periode 2011-2012 melaporkan acara selama satu tahun terakhir. Setelah itu dilanjutkan dengan acara pemilihan Ketua PPI Taiwan periode berikutnya. Rangga Aditya dari National Cheng Chih

University (NCCU) yang merupakan calon tunggal akhirnya terpilih dan memaparkan rencana kerjanya. Rangga menitik beratkan inovasi dalam melanjutkan program kerja yang pernah dibuat di kepengurusan sebelumnya. Rangga Aditya dilantik langsung oleh Kepala KDEI Taipei di kantornya, Selasa 29 Januari 2013. Acara tersebut sekaligus menjadi pelantikan pengurus tahun 2012-2013, Bamus PPI Taiwan dan IDN Taiwan.

Deklarasi PPI NPUST

Pameran Budaya di Chungli

12 Januari 2013 menjadi hal berserajarah bagi mahasiswa Indonesia di Pintung. PPI NPUST (National Pintung University of Science and Technology) terbentuk dan didekralasikan. Ketua pertama, Asri Nurul Huda dilantik langsung oleh Ketua PPI Taiwan Rangga Aditya. Program kerja kedepan yang paling dekat adalah Indonesian Festival NPUST yang ke dua kalinya yang dilaksanakan di akhir 26 April 2013.

Seluruh pelajar Internasional di Chung Yuan Christian University, Chungli, memamerkan budaya khas mereka. Di ikuti 8 negara, pameran kebudayaan ini dibagi menjadi 3 kegiatan dalam waktu yang bersamaan yaitu bazaar makanan tradisional, pameran kerajinan dan pertunjukan tarian daerah. Teman-teman dari Indonesia juga turut memamerkan sejumlah barang kerajinan Indonesia dan menunjukkan tarian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

23


Di Balik SEBUAH APLIKASI

PERMAINAN

PERNAHKAH PEMBACA MEMAINKAN SEBUAH PERMAINAN DAN BERPIKIR BAGAIMANA PROSES PENCIPTAANNYA? ADA BANYAK HAL DALAM KESEHARIAN YANG KITA GUNAKAN TANPA MENYADARI CERITA DI BALIKNYA. KALI INI, REDAKSI YIN-NI HAO ME- NGAJAK PEMBACA MENGINTIP TEKNOLOGI DI BALIK PENGEMBANGAN VIDEO DAN PERMAINAN KOMPUTER. Tak Dari Nol, Berkat SDK Permainan komputer pada dasarnya adalah perangkat lunak, sehingga proses pengembangannya tidak jauh berbeda dari pengembangan perangkat lunak pada umumnya. Untuk mengembangkan sebuah permainan, dibutuhkan sebuah software development kit (SDK). SDK terkait erat dengan platform yang menjadi sasaran penggunaan permainan tersebut. Permainan di dalam Xbox, PS, Android, atau iOS akan membutuhkan SDK yang berbeda untuk mengembangkannya. Dengan adanya SDK, para pengembang permainan tidak perlu memusingkan pemo-

graman perangkat keras yang digunakan. Sebagai contoh, dengan SDK untuk pengembangan permainan pada Android atau iOS, pengembang tidak perlu membuat kode untuk mengenali dan membaca input sentuhan pada layar piranti. Contoh lain-nya, penggunaan SDK untuk permainan Wii atau Xbox 360 membebaskan pengembang dari keharusan untuk membuat kode yang menangani bagaimana sensor akan mengenali dan menginterpretasi gerakan dari pengguna. SDK memungkinkan pengembang permainan untuk fokus pada pengembangan fungsi-fungsi utama permainan yang dirancang.

24


Mengenal Mesin Permainan Pada dasarnya, setiap permainan mempunyai desain dan alur yang berbeda satu dengan lainnya, tetapi memiliki kebutuhan dasar yang sama untuk mengembangkannya. Contohnya, kebutuhan rendering grafik 2D atau 3D yang dipakai, atau kebutuhan efek suara. Kali ini giliran mesin permainan berperan untuk memudahkan pekerjaan para pengembang. Mesin ini menyediakan komponen-komponen yang merupakan kebutuhan dasar berbentuk kode yang dapat dengan mudah dikembangkan menjadi permainan yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah komponen dinamika fisika dalam sebuah permainan. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan tampilan simulasi dinamika fisika secara cepat. Bentuk dinamika fisika yang dimaksud seperti collision detection untuk mendeteksi pertemuan dua atau lebih objek (misalnya peluru yang mengenai suatu objek), serta simulasi

dinamika untuk menghasilkan gerakan benda yang realistis (misalnya gerak bangunan yang runtuh akibat ledakan). Komponen lain yang juga populer adalah komponen kecerdasan buatan (KB). Komponen ini berfungsi mengatur perilaku tokoh-tokoh selain tokoh pemain dalam sebuah permainan. Dalam permainan bergenre aksi atau petualangan misalnya, KB adalah ‘otak’ yang membuat tokoh-tokoh (selain yang dikendalikan pemain) dalam permainan tersebut dapat mengambil keputusan-keputusan cerdas, seperti mencari tempat berlindung saat hendak mengisi ulang senjatanya, atau memutuskan jalur terbaik yang harus diambil saat mengejar musuhnya. Komponen lain yang juga menarik adalah komponen terkait terrain atau penampilan lahan dalam permainan, agar menyerupai karakter lahan di dunia nyata. Dengan mengutak-atik komponen ini, seorang

25


pengembang permainan dapat dengan lebih leluasa menghasilkan tampilan lahan dengan berbagai tekstur. Di antaranya seperti: tampilan-mata-burung dunia dalam permainan, hingga efek-efek khusus seperti erosi, penggalian, dan sebagainya. Beberapa mesin bahkan mempunyai kemampuan membaca data lahan dunia nyata, kemudian menghasilkan bentuk 3D-nya di layar.

Selain menggunakan mesin permainan yang sudah ada, tak jarang pengembang memilih untuk mengembangkan sendiri mesin permainannya. Contohnya, Super Meat Boy, Braid, dan Minecraft, yang dikembangkan secara indie. Karena tidak bergantung pada model mesin yang sudah ada, permainan-permainan ini dapat menghadirkan fitur-fitur yang unik, seperti memutar balik waktu dalam permainan Braid, atau menghadirkan dunia yang sepenuhnya tersusun atas blok dalam permainan Minecraft.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kekayaan komponen-komponen dari sebuah mesin permainan memberi peluang pembuatan permainan yang berbeda-beda dari sebuah mesin yang sama. Contohnya, mesin permainan CryEngine3 keluaran CryTek digunakan untuk first-person shooter game Crysis dan FarCry 3, massive multiplayer online role-playing game (MMORPG) ArcheAge, hingga mobile puzzle game berbasis fisika Fibble Flick ‘n Roll. Selain itu, ada juga Gamebryo dan LightSpeed yang digunakan untuk MMORPG Ragnarok Online 2 : LoTS, dance game Dance on Broadway, hingga racing game QQ Speed.

Begitulah sepintas ulasan mengenai SDK dan mesin permainan dalam pengembangan permainan. Mereka hanyalah dua bagian dari banyak bagian menarik lainnya di balik realisasi sebuah permainan. Masih banyak hal lainnya yang jika ditelisik, semakin membuat kagum dan menambah apresiasi terhadap orang-orang yang bekerja keras menghasilkan salah satu media hiburan bernama aplikasi permainan. (ERN /Dari berbagai sumber )

26


JALAN-JALAN


JALAN-JALAN


HIBURAN Teks : Munifah Yasmin Foto : Kwek Li Na

Email : kwekliena@yahoo.co.id Facebook : www.facebook.com/kwek.lie.na Puisi-puisiku yang kutulis, sebenarnya sedikit banyak adalah ide-ide yang spontan/tiba-tiba muncul di kepalaku lalu kujadikan status di Facebook atau kucatat di inbox. Karena ide yang kubiarkan saja muncul tanpa kucatat maka akan hilang, tak berjejak. Aku termasuk orang yang suka mengamati gerak-gerik orang, keadaan, lalu kunikahkan pengamatan dengan perasaan. Maka jadilah puisi.

Bagiku, puisi adalah sebuah penyampaian yang unik tentang banyak hal, ditulis dengan singkat namun sering bermakna luas. Membuat puisi seperti meracik bumbu masakan. Semakin sering kita berlatih, tekun menulis serta berani mencoba, maka akan melahirkan puisi yang bukan saja indah namun mampu menyentuh hati pembaca. Modal seorang penyair adalah ketekunan dan juga kepekaan menangkap ide-ide dari apa saja dan siapa saja.

Kwek Li Na yang biasa dipanggil A Ling lahir di Semitau, Kalimantan Barat, 4 April 1979. Beliau menempuh pendidikan di SMEAK Immanuel dan ABA Pontianak. Karya-karyanya telah terbit di beberapa media, baik di Indonesia ataupun majalah lokal berbahasa Indonesia di negeri Formosa Taiwan. Beliau juga aktif di FLP-Taiwan (Forum Lingkar Pena - Taiwan), wadah bagi teman-teman pecinta dunia tulis menulis. Beberapa buku antologinya yang telah terbit antara lain : Antologi Puisi Merah Yang Memerah Antologi Perempuan Dalam Sajak Himpunan Puisi Padang 7,6 Sr Jejak Para Kaul Antologi 500 haiku Antologi Puisi Deru Deru Awang Antologi Kumcer Hujan Melukis Lautan Antologi Puisi Mbeling ‘Suara Suara Yang Terpinggir’ Izinkan Aku Mencintai Indonesia Bersama Sahabat FLP-Taiwan Poetry Poetry From 200 Indonesian Poets : Diverse Guci Berdarah Bersama Group Kamboja. Sosok A Ling sangatlah menarik. Orangnya ceria, murah senyum, ramah, dan tampil tegar penuh semangat. Saat itu saya berkenalan hanya dari jejaring sosial. Lalu pernah kopi darat di acara Halal Bihalal FLP-Taiwan, yang bersamaan dengan bedah buku solo karyanya yang ke tiga yaitu kumpulan cerpen. Dua buku A Ling sebelumnya adalah kumpulan puisi. Motivasi dari sang penulis yang kerap di panggil A Ling ini adalah ingin merekam jejak perjalanan kepenulisan dan berharap bisa berbagi ke lebih banyak orang. Majalah mungkin hanya terbit dan beredar di negara tertentu saja. Namun melalui buku, sang penulis dapat berbagi dengan pembaca di mana saja.

32


Bunga Rindu di Sandaran Bintang Bunga Rindu di Sandaran Bintang memuat 107 puisi yang dibuat antara 2009–2010 oleh Kwek Li Na. Puisi-puisinya kental tentang cinta, rindu, dan kehidupan yang tertutur melalui kata, frasa, majas, dan metafora yang bersahaja. Buku ini telah menyebar di berbagai negara dan diterima hangat di tangan sahabat-sahabat yang tinggal di Indonesia, Taiwan, Belanda, Singapura, Jepang, Hongkong, Brunei Darussalam, Malaysia, New York, hingga Rusia. Bahasa yang disajikan cukup lugas, padat, mudah dipahami, dan sarat akan makna; yang mempertegas maksud dari sang penyair tentang ungkapan rasa rindu. Bahasa puisi memang selalu indah terangkai dari alunan kata hati, bersimpul keseimbangan indra perasa kita pada beberapa ruang lingkup; bisa dari alam, lingkungan, bahkan kenangan, ataupun sosial budaya yang kita tangkap isyaratkan idenya.

Planetoid Cinta Planetoid Cinta adalah buku kumpulan puisi yang inspiratif dan penuh api, mengandung irama kesedihan, satire, amarah, kasih sayang, dan cinta. Meneguhkan keberanian dan daya juang perempuan. BMI (Buruh Migran Indonesia) mendapatkan tempat khusus di buku ini. Sang penulis pun menciptakan karya puisinya pada momentum tertentu. Contohnya, puisi KARTINI di atas sangat memberi motivasi, khususnya bagi kaum hawa. Puisi yang terinspirasi jasa pahlawan bangsa Ibu Kartini ini gagasan bahasanya mampu menelanjangi arti sesungguhnya. Bahwasanya, Kartini memang berbeda dan dia tidak akan sama dengan siapapun. Tuhan menciptakan setiap orang dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal bagaimanakah cara kita sebagai generasi penerus bangsa untuk mengikuti jejak-jejak baik dan semangatnya untuk maju.

Imaji Air Imaji Air hadir dalam bentuk Kumcer alias Kumpulan Cerpen. Buku ini membawa kita untuk melihat suka dukanya hidup di jantung takdir para Warga Negara Indonesia yang berada di luar negeri, khususnya Taiwan. Banyak kisah pengalaman hidup yang sarat renungan dan semangat di rantau negeri Formosa, banyak juga kisah mengharukan yang membuat pembaca teraduk-aduk antara degupan jantung dan keingintahuan akan akhir kisah ceritanya.

33


37


Fotografi Diana Stephanie

White Sakura

Spring comes Sakura blooms White shining Delighting the eyes Bringing peace to the heart Joyful, indeed, is life Oh Spring, don’t ever go Let Sakura bloom forever Cherishing the life Beautifying the world

Dzulgunar Muhammad Nasir

Lampion

Berkelok indah bagai ular; mengalir tanpa henti namun tetap tenang seimbang laksana air. Semoga hidup ini terus menampakkan keceriaan penuh berkah. Happy Chinese New Year 2013. Xin Nian Kuai Le.

38


Muhammad Abdullah

Harmoni

“Sekeras apapun batu kehidupan akan terasa nyaman jika kita bisa memadukannya dengan keindahan. Temukan hal-hal yang terbaik dan terindah pada diri kita untuk mewarnai harmoni kehidupan�.

39


INTAI ADVERTISING


Yinni Hao 4