Repa Kustipia - Multiple Governance

Page 1

Multiple Governance Pada Kebijakan Gizi Seimbang Repa Kustipia

Sumber Telaah : The Three Action Levels of Governance: Re-framing the Policy Process Beyond the Stages Model PETER L. HUPE AND MICHAEL J. HILL Handbook of Public Policy Edited by B. Guy Peters & Jon Pierre, 2006 SAGE Publications: London Thousand Oaks New Delhi


1. Jelaskan, Apa yang dimaksud dengan : kebijakan sebagai multiple governance !

Kebijakan yang berfungsi melibatkan : tindakan tata kelola yang memiliki peta pengumpulan keputusan dan evaluasi

memiliki model tahapan yang bisa diaplikasikan pada suatu fenomena ataucongue Vestbulum tempus problema sosial masyarakat Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor.

adanya kontribusi dari berbagai sektor dimulai dari : 1. Keterlibatan aktor, 2. Level aksi, 3. Situasi aksi, 4. Komponen administratif, 5. kerangka kerja

penelaahan pada teori kontekstual sehingga mempermudah dalam implementasi hasil keputusan atau kebijakan secara praktis.

Kebudayaan dan Kebijakan - Repa Kustipia


2. Jelaskan, Bagaimana kerangka multiple governance dapat digunakan untuk menjelaskan kompleksitas contoh kebijakan yang didiskusikan dalam pertemuan sebelumnya !

Kebudayaan dan Kebijakan - Repa Kustipia



Kompleksitas


Respon saya sebagai Nutritionist Bentuk konsorsium Per Daerah dengan data lokal dan perbanyak kategori jenis manuasia penerima manfaat dari programnya, persempit fokus tujuan dan tuntaskan per mikro-masalah. karena permasalahan gizi bukan sekedar isi piring saja, namun ada : kekuatan daya beli masyarakat, aktivitas per kelompok umur, faktor stress, kebugaran, sistem pangan, pertanian, sumber daya manusia yang belum mengerti mengaplikasikan hasil forum global. Selalu perbarui informasi primer dan tidak kaku menggunakan kerangka pemikiran baru yang relevan sesuai analisis situasi faktual. Rampingkan sektor yang tujuannya mendekati dan sama, agar tidak ada komando ganda.

Terimakasih