Page 1

Jadwal Sholat BERLAKU UNTUK WILAYAH LHOKSEUMAWE DAN SEKITANYA *) UNTUK HARI BERIKUTNYA

Zuhur Ashar Magrib Isya Subuh 12.40 15.49 18.47 19.54 05.23*

KORAN PERISTIWA PALING UP TO DATE

METRO ACEH

EDISI: 0337 TAHUN I

AHAD

ECERAN

RP. 2000

15 FEBRUARI 2009 19 SHAFAR 1430 H

Per Eksempl

ar

Redaksi e-mail

: Jl. T. Iskandar No.53 Lambhuk, Ulee Kareng, Banda Aceh - NAD. : metroaceh@gmail.com

BAHTIAR HUSIN/METROACEH

TANGKAP: Rampok yang gagal melarikan diri gara-gara dihajar massa.

Rebutan Selang Air Bawa Petaka

BAHU TERBELAH DISABET PARANG

LANGSA-Seorang pria asal Jambi nyaris tewas akibat gagal merampok. Tersangka digimbal warga yang merasa geram atas

perbuatannya tersebut, ketika berusaha menjarah uang

„ Baca Bandit Jambi.. Hal.2

Melly Goeslow ENAKNYA suami dan istri memiliki profesi yang sama, seringkali kemanapun selalu berdua. Pasangan Anto Hoed dan Melly Goeslow adalah salah satunya. Mereka jarang sekali tampil sendiri-sendiri. Karenanya, Hari Valentine bagi mereka bukan hanya pada 14 Februari saja, tetapi hari-hari lainnya. ke hal.. 3

Obrolan Lintas Selebritis

„ Baca Ditodong Senpi.. Hal.2

Bandit Jambi Gagal Merampok

IObisO

METRO ACEH / AGUSTIAR

LAPOR: Marlinawati korban perampasan sedang memberikan keterangan kepada Kasat Reskrim Polres Lhokseumawe AKP Ricky Purnama Kertapati terkait kejadiannya, Sabtu (14/2).

PERISTIWA sial menimpa ibu rumah tangga (IRT) tersebut pada Sabtu (14/2) pagi sekitar pukul 08.00 WIB di depan Taman Makam Pahlawan Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe, tepatnya di Jalan Medan-Banda Aceh. Dua pelaku menaiki sepmor ternyata sudah mengikuti korban dari belakang.

Nyaris Mati Dikungfu Warga

Metro

LHOKSEUMAWE-Marlinawati (32) warga Cibrek Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara tak mampu berkata-kata saat sepeda motornya dirampas bandit bersenpi. Ia pun harus bersyukur, lantaran nyawanya masih lengket di badan usai diancam tembak.

BAHTIAR HUSIN/METROACEH

Cekcok dengan Tetangga

hangus akibat HANGUS: Kediaman tiga keluarga m. mala arin dijilat si jago merah, kem

Jago Merah Hanguskan Dua Rumah

„ Baca Jago Merah.. Hal.2

Jhon Kaplok Tunggu

REDELONG–Malang benar nasib, Iskandar (30) warga Kampung Alam Jaya, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Bahunya terbelah akibat sabetan parang tetangga. Cekcok mulut berujung pembacokan tersebut bermula dari sengketa pipa air bersih dari wadah penampungan.

PERISTIWA naas tersebut menimpa korban pada Jum’at (13/2) pagi sekitar pukul 08.00 WIB. Pelakunya adalah Ridwan (54), yang sudah diringkus aparat kepolisian Polres Bener Meriah. Tersangka menjadi kalap gara-gara pria tuna wicara tersebut memindahkan selang air dari penampungan, menuju rumahnya.

„ Baca Bahu Terbelah.. Hal.2

Kerap Beraksi, Resahkan Jamaah

Tiga Remaja Curi Sandal Masjid LHOKSEUMAWE-Adaada saja ulah tiga remaja ini. Betapa tidak, sandal milik para jamaah masjid pun mereka jarah. Alhasil, para pelaku terpaksa berurusan dengan aparat kepolisian, lantaran hal ini sudah sering dilakukan.

Terungkapnya kasus pencurian tersebut berawal dari anggota Polsek Banda Sakti yang kehilangan sandal, usai melakukan sholat berjamaah di Masjid Baiturahman, Lhokseumawe, Jumat (13/1) kemarin. Ternyata, lacak punya la-

cak, selop itu sudah berpindah kaki. Merasa curiga, pemilik tak resmi yang masih remaja itu pun diringkus, tak jauh dari masjid. Az (15) bersama dua orang kawannya, Ang (13)

Tak Ada Spesial di Hari Valentine

„ Baca Tiga Remaja.. Hal.2

Aksi Teror Terus Geranyangi Aceh

Rismawan Lengser ke Mabes Polri Banda Aceh-Teror bom dan aksi penculikan terus menggeranyangi bumi serambi Mekah, pasca perjanjian Helsinki 15 Agustus 2005 lalu. Bahkan kontak tembak senjata antara aparat keamanan dan perusuh, masih sering terjadi. Laporan: RAHMAD SYAHPUTRA DI tahun 2008 sampai ke 2009 sekarang, jelang pemilu, hal serupa

tak bisa diredam. Hingga pada Jumat (13/ 2) kemarin, Presiden SBY pun berujar, "jangan lagi ganggu keamanan Aceh". Selang beberapa hari ucapan itu terlontar, Kapolda NAD Irjen Pol Rismawan pun lengser, ditarik ke Mabes Polri. Pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta semua pihak untuk menjaga kondisi keamanan pascatsunami dan konflik di Nangroe Aceh Darussalam. Dari data yang dikumpulkan Metro Aceh, semasa kepemimpinan Irjen Pol Rismawan selaku Kapolda NAD, teror bom dan penggranatan

„ Baca Rismawan.. Hal.2

TEROR : Kantor DPW Partai Golkar yang menjadi sasaran granat oleh OTK kemarin di Aceh.

Irjen Pol Rismawan DOK/METROACEH

IKLAN

cmy


2

Metro Aceh

AHAD, 15 FEBRUARI 2009

Bayi Berekor Dibuang ke WC PESERTA pameran bunga dan security di toko bangunan Mitra 10 jalan raya Menganti Babatan komplek Royal Regency geger. Seorang bayi mungil dengan ekor dipunggungnya ditemukan di dalam lobang kloset pria. Saat ditemukan bayi mungil yang beratnya sekitar 2,5 Kg panjang 45 centimeter kondisinya tengkurap. Beruntung bayi tersebut masih hidup. "Saat saya melakukan evakuasi awalnya kesulitan. Kondisi bayi tersebut keadaannya tengkurap kepala ke bawah, sedangkan pantatnya di atas. Lokasinya jelas sempit karena ada di kloset toilet," tutur Achmad, di lokasi kejadian, Sabtu (14/2). Karena itu peserta pameran bunga dan security ramai-ramai merusak kloset toilet terlebih dahulu. "Kalau tidak dirusak, tidak mungkin bisa mengambil bayinya," ucapnya. Usai mengangkat bayi yang baru lahir tersebut beberapa satpam dan pedagang bunga memandikan sesekujur badan bayi tersebut. Darah pun berceceran di lantai toilet. "bayinya ya oleh ibu-ibu di sini (pedagang bunga) diberi baju dari kain seadanya. Bahkan, saat diangkat bayinya itu masih hangat dan ada ariari pusar di perutnya," tambahnya. Penemuan bayi itu terjadi sekitar pukul 21.30 WIB, Jumat malam. Saat itu ada sepasang suami istri,yang ingin melihat pameran bunga. "Saat itu Ny Indra pergi ke toilet. Ia mendengar di toilet pria ada tangisan bayi," tutur Achmad. Begitu, mendengar tangisan bayi, kontan langsung saja Ny Indra meminta tolong ke para penjual bunga yang sedang ada pameran. Bayi itu pun segera dilarikan ke RS Wiyung Sejahterah jalan Raya Menganti Karang, Surabaya. (int)

Jago Merah.. LANGSA-Tanpa diketahui penyebabnya, secara tiba-tiba dua unit rumah warga di Desa Matang Seulimeng, Langsa Barat musnah dilalap api. Meski tak ada korban jiwa, namun para korban menanggung rugi ratusan juta rupiah. M.Junet (72), Ismail (35) dan Muslim (50) tiga Kepala Keluarga (KK) kini tak punya lagi tempat bernaung, akibat api menyelimuti kediaman mereka, Jumat (13/2) malam sekitar pukul 21.30 WIB. Pada Metro Aceh saat menemui Junet di sisa-sisa puing rumahnya mengatakan, kebakaran itu terjadi saat itu ia dan keluarga berada di tempat. Sedangkan Ismail dan Muslim bersama anak-anaknya tak berada di rumah mereka. Sebelum api membesar, Junet mendengar suara letupan dari rumah Ismail. Saksi pun keluar untuk memastikan suara tersebut. "Begitu saya keluar, saya terkejut ternyata rumah Ismail telah terbakar dan api sudah membesar sampai ke atap rumah, langsung saja saya teriak," terang M.Junet. Ia menambahkan amuk si jago merah tergolong cepat merembet ke samping rumahnya. Selang beberapa menit, warga yang berada disekitar TKP langsung memadati lokasi dan berusaha memadamkan api. Namun karena kedua rumah berkontruksi papan dan atap daun, maka api tidak berhasil dikuasai sehingga meratakan tempat tinggal tersebut. "Kami juga tidak sempat menyelamatkan isi rumah karena apinya sangat besar dan tidak bisa mendekat," ujar M.Junet lagi. Api baru bisa dipadamkan setelah dua unit armada pemadam datang ke lokasi. Sayangnya seluruh barang-barang sudah hangus tak tersisa. Sedangkan Ismail mengatakan, saat peristiwa berlangsung dirinya sedang berada di warung depan SMKN1 Langsa. Sementara istrinya lagi mengantarkan anaknya pergi mengaji, sehingga rumah dalam kondisi kosong. "Saya tahu kebakaran itu dari warga yang menelpon dan mengatakan, ang Is cepat pulang, rumah abang terbakar," sebut Ismail. Selain kediamannya, sepmor Yamaha yang baru dibeli korban turut musnah terbakar termasuk barang barang-barang rumah tangga seperti tv, kulkas, dan lain-lain. (dai)

Jhon Kaplok Tunggu KARENA bosan menganggur, Jhon Kaplok lalu berniat melamar pekerjaan di perusahaan. Karena kantor tersebut tidak mempunyai lift, maka Jhon amar harus menuju lantai 5 melalui tangga. Setelah sampai di lantai 5, dia bertemu dengan resepsionis dan mengutarakan maksudnya. Reseptionis: “Ada yang bisa saya bantu?” Jhon Kaplok: “Saya mau melamar pekerjaan.” Reseptionis: “Oh kalo gitu silahkan tunggu..” Akan tetapi di ruangan itu tidak terdapat kursi atau sofa untuk tamu, sehingga Jhon hanya menunggu sambil berdiri. Setelah kira-kira 1 jam menunggu, ternyata pegal juga menunggu sambil berdiri. Ia lalu mencoba bertanya kembali pada resepsionis, dengan harapan dapat segera masuk, atau kalau harus menunggu, bisa mendapatkan tempat duduk. Jhon Kaplok: “Maaf bu saya belum dipanggil juga ya?” Resepsionis: “Oh iya maaf, kelihatannya tadi pak manager HRD-nya ada tamu. Bapak, capek ya dari tadi nunggu?” Jhon Kaplok: “Oh, ngga" pa pa koq...” Reseptionis: “Kalo bapak mau menunggu sambil duduk, mungkin bapak bisa duduk di ruang sebelah karena disana ada ruang tunggu...” Jhon Kaplok: "Kenapa gak bilang dari tadi! Lututku sudah mau lepas, sialan!!" (*) Presiden Komisaris Rida K. Liamsi Komisaris Ari Purnama Direktur Utama Syaiful Ishak Pemimpin Umum/Penanggung jawab Syaiful Ishak Pemimpin Perusahaan Finka Rozana Tanjung Pjs Pemimpin Redaksi Riza Budiwan

Sambungan Kantongi Si Putih, Dua Pria Dibui LANGSA-Akibat mengkonsumsi dan mengantongi si putih alias sabu-sabu, dua warga masing-masing Salidin (36) warga Gampong Beusa Kecamatan Peureulak Barat, Aceh Timur dan T.Mustafa (41) warga Gampong PB. Seuleumak, Langsa Barat terpaksa masuk bui, Sabtu (14/2). Kapolres Langsa AKBP. Marwan Syukur, SH,MH melalui Kasat Reskrim AKP.Festo Ari Permana, SIK kepada Metro Aceh di ruang kerjanya mengatakan, kedua tersangka diringkus secara terpisah pada Rabu (11/2) lalu. “Awalnya kita meringkus tersangka Salidin di jalan Kp, Jawa Belakang, persisnya depan café Mierasa sekira pukul

TERSANGKA: Dua pelajar SMP yang mencuri helm di kampus UNSAM Langsa saat akan dibawa ke Mapolres Langsa dengan mobil patroli petugas, Sabtu (14/2).

Ditodong Senpi, IRT..

METRO ACEH/BAHTIAR HUSIN

Mau Helm Bagus, Pelajar Nekat Mencoleng LANGSA-Dua orang anak yang berstatus sebagai pelajar pada salah satu tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Langsa, FR (13) warga Desa Matang Seulimeng, Langsa Barat dan BB (16) penduduk Gampong Jawa Muka, Langsa Kota tertangkap tangan mencuri helm milik mahasiswa. Aksi tersebut dipergoki petugas security Universitas Samudera (Unsam) Langsa, di Kampus tersebut, Sabtu (14/02) sekira pukul 10:00 Wib. Sementara dua orang rekan tersangka lainnya yang juga berstatus pelajar pada SMP yang sama, berhasil melarikan diri dengan mengendarai Sepmor Yamaha Mio. Bahkan tersangka tersebut berhasil membawa kabur satu unit helm merk LTD milik Adi salah seorang mahasiswa semester V (lima) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) Jurusan sejarah UNSAM Langsa. Rocky, security UNSAM Langsa kepada wartawan mengatakan, saat itu dirinya bersama rekan kerjanya, Papi sedang berada di kantin dekat kampus. Saat itulah ia melihat gelagat mencurigakan dari dua sepmor dengan empat pengendara yang masuk menuju tempat perparkiran mahasiswa FKIP. “Satu Sepmor Mio dengan dua orang pengendara berpakaian seragam pramuka dari arah Kampus STAIN Cot dan satu Sepmor Smash dengan 2 pengendara, 1 orang memakai baju pramuka dan 1 orang memakai baju bebas dari arah depan Kampus

Unsam, mereka langsung menuju parkir FKIP,” sebut Rocky. Lanjutnya, melihat gelagat mencurigakan itu dirinya langsung memantau gerak-gerik para pelaku. Ternyata benar, satu orang diantaranya langsung mengambil Helm LTD di slah satu sepmor yang terparkir disana. Melihat aksi mereka yang nekat mencuri helm dikalangan kampus itu, secara spontan Rocky dan Papi menghampiri pelajar dimaksud. Namun belum sampai security menghampirinya, ke empat pelajar langsung tancap gas untuk melarikan diri. Saat melarikan diri itu, naas bagi bacah SMP pengendara Smash, karena tiba-tiba mereka terjatuh saat hendak kabur dan tak berkutik saat disergap oleh security UNSAM. “Awalnya mereka sempat melawan, namun karena badan mereka kecil, ya kita berhasil tangkap mereka, namun dua orang temannya yang lain mengendarai Mio berhasil kabur membawa Helm hasil operasinya tersebut,” ujar Ricky lagi. Menurut pengakuan pelaku, mereka hari itu bolos sekolah dan diajak oleh temannya mencuri Helm jenis LTD. “Karena kalau LTD seken bisa dijual satu unit Rp.150 ribu, lalu hasilnya kami bagi sama bang,” sebut FR salah satu pelaku kepada petugas security saat diintrogasi. Selanjutnya, dua pelajar pelaku pencurian helm tersebut langsung diserahkan ke Mapolres Langsa guna proses hokum. (dai)

Rismawan Lengser ke.. semakin menjadi-jadi. Belum lagi kasus penembakan dan penculikan, seperti tiada habisnya, patah satu tumbuh seribu. Meski ada yang terungkap, tapi situasi keamanan Aceh masih diragukan. Satu pihak dituding sebagai dalang, namun untuk tunjuk hidung, tunggu dulu. Apabila benar terbukti, masih punya celah untuk berkelit. Pihak kepolisian pun seharusnya bisa lebih tegas, dalam meredam konflik tanpa harus bersinggungan dengan masyarakat sipil, sesuai dengan prosedur yang ada. Meski demikian, warga NAD juga menghargai jerih payah yang sudah dilakukan aparat kepolisian dalam memberantas kejahatan. Berikut sedikit kasus-kasus teror yang belum terselesaikan dan menjadi PR polisi. 1. Pada 9 September 2008 di Lamreung kecamatan Krueng Barona Jaya, Aceh Besar, terjadi penggranatan rumah ketua komite peralihan Aceh (KPA)/ Par tai Aceh (PA) yang menyebabkan rumah dan 1 mobil rusak berat. 2. Pada 18 September 2008 terjadi peng granatan terhadap kantor DPW-PA Bi reuen yang menyebabkan ruang di lan tai dua gedung rusak. 3. Pada 11 Oktober 2008 terjadi pembaka ran pengurus Gampong (KPG) PA di Gampong Timbang Langsa Kecamatan Langsa Baroe Kota Langsa yang Menyebabkan Seluruh Bangunan Mus nah Terbakar. 4. Pada 16 November 2008 terjadi Peng granatan terhadap rumah Sekwan Aceh Utara di Gampoeng Jawa Baru Kecama tan Banda Sakti Kota Lhokseumawe mengakibatkan rumah mengalami kerusakan. 5. Pada 9 Desember 2009 terjadi pembaka ran terhadap atribut PKS di Gampong Si dorejo Kecamatan Langsa Lama, Langsa. 6. Pada 5 Januari 2009 terjadi pembakaran terhadap dua Kantor DPS-PARTAI ACEH di Kecamatan Lawe Sumur Dan kecamatan Badar kabupaten Aceh Teng gara yang menyebabkan dua bangunan rusak ringan. 7. Pada 5 Januari 2009 terjadi pembakaran Baliho Partai Rakyat Aceh (PRA) di gampong Perapat Hilir kecamatan Babussalam kabupaten Aceh tenggara. 8. Pada 13 Januari 2009 terjadi pelempa ran Granat terhadap kantor DPP- Partai Aceh (PA) di Banda Aceh yang

17.00 Wib dan bersamanya saat digeladah ditemukan barang bukti 0,25 gram sabusabu dari saku celananya. Selanjutnya pada pukul 19.00 Wib hari yang sama kita juga berhasil meringkus tersangka T.Mustafa dijalan desanya dan dari dia (tersangka-red) berhasil diamankan barang bukti sabu-sabu 0,49 gram,” terang Festo. Menurutnya, kedua tersangka itu berhasil diringkus berdasarkan pengembangan informasi dari tersangka kasus narkoba yang berhasil diungkap sebelumnya. Bahkan diakuinya, saat ini polisi juga telah mengantongi beberapa nama tersangka pengedar dan pemakai sabu-sabu lainnya. (dai)

menyebabkan pintu dan beberapa kaca penyekat ruangan pecah. 9. Pada 14 Januari 2009 terjadi pembaka ran Baliho Partai Bersatu Aceh (PBA) di persimpangan PT PIM kawasan Lancang Barat kecamatan Dewantara kabupaten. Aceh utara. 10. Pembakaran dua kantor DPS-Partai Aceh pada 5 Januari 2009 di kecamatan Lawe Sumur dan kecamatan Badar kabu paten Aceh Tenggara yang menyebab kan dua bangunan rusak ringan. 11. Pembakaran baliho Partai Rakyat Aceh (PRA) pada 5 Januari 2009 di gampong Perapat Hilir kecamatan Babussalam kabupaten Aceh tenggara. 12. Penggranatan kantor DPW-Partai Aceh Kabupaten. Aceh Utara pada 26 Januari 2009 di gampong Meunasah Mancang kecamatan. Samudera yang mengakibat kan kaca jendela bolong dan retak. 13. Ditemukannya granat di as belakang mobil Dinas walikota Sabang pada tgl 1 Februari 2009 dan telah dilaporkan se cara resmi kepada polres sabang untuk proses penyelidikan. 14. Penembakan terhadap satu orang ang gota KPA Bireuen pada tanggal 3 Febru ari 2009 yang mengakibatkan korban meninggal dunia. 15. Kantor Dpw Partai Aceh kota langsa digranat pada tanggal 4 Februari 2009 yang menyebabkan kaca depan kantor pecah dan timbulnya kepanikan masyarakat sekitar. 16. Penembakan di ruas jalan Banda Aceh – Krueng Raya pada tanggal 4 Februari 2009 yang menyebabkan satu orang te was dan satu orang kritis masing-mas ing dari anggota KPA. Sementara itu terkait lengsernya Rismawan dari jabatan Kapolda NAD dibenarkan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Abubakar Nataprawira dihubungi, Sabtu (14/2). Menurut Abubakar, keputusan penggantian jabatan itu dilakukan dalam forum Dewan Kebijakan Pangkat Tinggi (Wanjakti). Pengangkatan Haiti kemudian diatur berdasarkan SK Kapolri Nopol Skep/65/II/2009 mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan di lingkungan Polri. "Kapolda Nangroe Aceh Darussalam (NAD) Irjen Pol Dr Rismawan diangkat sebagai Pati Mabes Polri (diarahkan pada Lemhanas). (*)

Sampai di tempat kejadian perkara (TKP), ia pun dipepet. Saat hendak berteriak, langsung diancam tembak. Lagi pula situasi saat itu dalam kondisi sepi penduduk. Tak ayal, sepeda motor Supra X 125 BL 5962 XQ miliknya yang masih kredit harus berpindah tangan. Padahal korban berangkat dari rumah hendak menuju Batuphat. Kepada Metro Aceh yang menemui Marlina di kantor polisi, ibu tiga anak tersebut mengatakan pelakunya berambut gondrong. Ia merasa ketakutan saat bandit itu menarik pistol dari pinggangnya. Mereka tak cuma merampas sepmor, bahkan dompet dan uang yang berada dibagasi juga dibawa kabur. “Saya curiga pada saat melewati simpang Loskala, ada sebuah sepeda motor terus mengikuti. Pas di depan Taman Makam Pahlawan, sepeda motor tadi langsung menghadang saya. Seorang pria berambut gondrong yang diikat langsung turun dan meminta kendaraan saya,”terang korban di Polres Lhokseumawe Kecurigaan ini bertambah karena pelaku terus mengikuti, meski tak ada kenderaan lain yang lalu lalang. Hingga dirinya lang-

sung dihadang. “Pelaku yang berambut gondrong turun dan langsung meminta kendaraan saya. Dalam bahasa Aceh dia mengatakan “bie honda kah”, tapi saya menolak dan sempat terjadi tarik menarik. Namun ia langsung mencabut sesuatu dari pinggangnya. Saya melihat benda itu mirip sekali sebuah pistol asli, ditunjuk pas di dada saya. Melihat ini saya langsung gemetar dan merelakan sepeda motor berpindah tangan, ujar Marlina. Sementara itu, korban yang ditinggalkan penjahat tersebut terpaksa menumpang labi-labi (angkot, red) langsung menuju polsek Muara satu untuk membuat laporan. “Pelaku juga membawa SIM, STNK dan uang Rp.200 ribu yang ada di dompet dan kebetulan diletakkan dalam bagasi sepeda motor,”tambahnya. Menyangkut kasus ini, Kapolres Lhokseumawe AKBP Zulkifli melalui Kasat Reskrim AKP Ricky Purnama mengatakan korban mengaku senjata yang dipakai jenis revolver. Hal ini diketahui saat ditunjukkan jenis senpi yang diperlihatkan polisi kepadanya. (agt)

Bahu Terbelah Disabet.. Padahal Ridwan baru saja mengalihkan pipa ke tempat tinggalnya. Merasa tidak senang, ia lalu mendatangi kediaman Iskandar. Ternyata hal ini sudah diperkirakan korban, langsung membogem wajah tamu tak diundang itu. Tak mau kalah, tersangka lalu menyabetkan parang yang sudah dibawa sebagai senjata. Crass...., bahu pemuda ini pun terbelah dan darah kontan mengucur deras. Mendapat serangan tiba-tiba tersebut, pria tuna wicara itu tak bisa mengelak, ia roboh ke tanah dengan bersimbah darah. Perkelahian baru terhenti setelah warga sekitar datang dan mengamankan pelaku. Sedangkan korban lalu dilarikan

ke Puskesmas Timang Gajah untuk mendapat perawatan intensif dari luka bacok dibagian bahu belakang. Terkait masalah ini, Kapolres Bener Meriah AKBP Helmi Kwarta K Putra SIK MH melalui Kapolsek Timang Gajah, Ipda Darmawi Hasibuan kepada Metro Aceh, Sabtu (14/2) siang mengatakan kedua warga Kampung Alam Jaya itu cekcok mulut berujung baku hantam. Seorang korban roboh setelah dibacok tersangka. Akibat luka sepanjang 15 cm dengan kedalaman 2 cm, bahunya terpaksa dijahit. Kini Iskandar masih terbaring lemah di RSU Datu Beru Takengon. Sedangkan tersangka, sudah mendekam di balik sel tahanan polisi. (ron)

Tiga Remaja Curi Sandal.. dan Ri (16) warga Kampung Cina, Lhokseumawe tak bisa mengelak dari introgasi polisi. Ke tiganya mengaku membeli sandal dari anak-anak di mesjd yang menjualkan barang haram tersebut. Namun aparat tak mau percaya begitu saja. Karena menurut Kapolsek Banda Sakti, dari segi penampilannya, ke tiga pelaku tidak terlihat sebagai jamaah Jum’at. Jadi tidak mungkin, sandal dibeli begitu cepat, padahal baru usai shalat Jum’at. Selama ini informasinya, banyak sandal atau sepatu milik jamaah Jum’at yang hilang di masjid. Sehingga, diduga ada komplotan spesialis pencuri sandal di masjid itu, saat pemiliknya menunaikan sembahyang. Atas kelakuan melenceng tersebut, Adi Sofyan mengatakan, akan menyerahkan ke

tiga remaja itu ke orang tuanya dan disaksikan oleh kepala desa setempat, untuk dibina. Pada saat bersamaan, polisi juga mengamankan Jus (27) warga Gandapura yang tertangkap menggelapkan sepeda motor milik Mahdi, penduduk Mon Geudong Lhokseumawe. Diketahui, tersangka dan korban merupakan sahabat karib, sehingga Mahdi merelakan sepmornya itu saat dipinjam pada 10 Januari lalu. Sayangnya kepercayaan itu dibalas dengan tuba, Jus malah membawa kabur kenderaan tersebut. Ia berhasil ditangkap dari kediamannya setelah buron beberapa waktu. Sementara itu, Jumat malam kemarin, petugas juga menjaring tujuh warga tanpa identitas dalam operasi preman di terminal Lhokseumawe. (lis)

Bandit Jambi Gagal.. sebanyak Rp 28 juta milik Yusriadi, ST (41) warga Rantau Pajak Pagi, Aceh Tamiang. Uang milik korban awalnya disimpan di jok depan mobil Phanter mini bus BK 16 YR, diparkirnya saat parkir minum kopi di Café Mierasa Desa Kp. Jawa, Langsa Kota. Ternyata gerak-gerik Yusriadi sudah dipantau Hairul (26) warga Desa Jua-jua Kecamatan Kayu Agung Kabupaten Agan Komiring Provinsi Jambi, yang berniat buruk, Sabtu (14/2) siang sekitar pukul 12.00 WIB. Kapolres Langsa AKBP. Marwan Syukur, SH,MH melalui Kasat Reskrim AKP. Festo Ari Permana, SIK kepada Metro Aceh di ruang kerjanya menerangkan, aksi itu dilakukan saat menjelang shalat. Korban yang baru mengambil uang puluhan juta tersebut, keluar dari Bank Mandiri Cabang Langsa di Jalan A.Yani dan singgah di café Mierasa Desa Kp.Jawa untuk istirahat sambil minum kopi. Hasrul pun bergerak menaiki Yamaha Jupiter Z, mendekati mobil sasarannya. Tanpa banyak bicara, ia pun memecah kaca mobil dan menyambar kantong uang terletak di dalamnya. Yusriadi yang berada tak jauh dari lokasi lalu terkejut dan spontan berteriak minta tolong. Jurus yang dikeluarkan korban ini ternyata cukup ampuh. Tersangka gugup lalu

terjatuh hingga warga sekitar berhasil meringkusnya. Selanjutnya berbagai pukulan dan tendangan ala kungfu mendarat ke tubuh Hasrul hingga babak belur. Beruntung, uang milik korban berhasil diselamatkan dan dikembalikan kepada pemiliknya. Aparat kepolisian tiba di lokasi kejadian tak lama berselang peristiwa itu berlangsung. Kini tersangka bersama barang bukti jam tangan, kalung emas putih dan HP hasil curian sebelumnya telah diamankan di Mapolres Langsa guna pengembangan lebih lanjut. Dalam keterangannya, Hasrul mengaku baru satu bulan datang dari Jambi ke kota Langsa dan kos di Gampong Seuriget, Langsa Barat bersama rekan sekampungnyaNoveri Saleh yang juga ikut bersamanya saat merampok uang korban tersebut. Menurut pengakuannya, aksi perampokan itu sudah dua kali dilakukan bersama rekannya Noveri Saleh di kota Langsa. "Sebelumnya saya berhasil mencuri Rp.24 juta uang dari bagasi sepeda motor milik warga di halaman Bank BPD Aceh Langsa pada 11 Januari 2009 lalu dan uang itu sudah saya gunakan untuk membeli jam tangan dan kalung emas putih itu," sebut tersangka seraya menambahkan, sisanya juga sudah dikirim untuk orang tuanya di Jambi. (dai)

KORAN PERISTIWA PALING UP TO DATE Dewan Redaksi: Syaiful Ishak (Ketua), Riza Budiwan, Amru Lubis, Imran Joni, M. Susahdi, Idris Bendung (Anggota), Pjs Redaktur Pelaksana: Amru Lubis, Koordinator Liputan: Imran Joni, M. Susahdi,

Redaktur: Mardeni Malemi, Al Amin Zakir, Siti Amelia, Ass. Redaktur: Sudirman Mansyur, Rahmad Syahputra, Sekretariat Redaksi: Fatimah Zuhra, Reporter: M. Khaddin, Sulaiman, Bahriar Syah, Dian Emsaci, Denny Sartika (Banda Aceh) M. Rizal (Sabang) Bahrul Walidin ( Bireuen) Muchlis Ismail, Armiadi, Agustiar, (Lhokseumawe) Faisal (Lhoksukon, Aceh Utara) Roni Juanda, Win Ruhdi Bathin (Takengon), Ray Iskandar (Idi Rayeuk, Aceh Timur) , Bahtiar Husein (Langsa) M. Nurdin, Sutrisno (Kualasimpang) Isfandiar (Sigli), Fauzul (Pidie Jaya), M. Alman Safriandi (Blangpidie), Pracetak/ Perwajahan: Turimin (Kabag), Iswendy, Heri Yanto, Muhajir, Heriyanto Jr, Puji Ardiansyah, Fauzi ( Design Grafis) Umum/Adm/Keu: Finka Rozana Tanjung (Kabag), Dirma Jelita Gea, Pemasaran: Ansor Khawari ( Kabag. Pemasaran), Junaidi (Koorddinator Banda Aceh), Helmi, Dian, Zakir M, Ahmad, Muzakir, Ramlan (Koordinator Lhokseumawe), Hakim Syaputra, Padan Mulya S, Zulpan Efendi (Ekspedisi), Biro Bireuen: Bahrul Walidin (Ka. Biro), Lina (Adm), Biro Lhokseumawe: Idris Bendung (Ka. Biro), Efridawati (Adm.), Suryanie (Adm.), Dep. Iklan: Ansor Khawari (Kabag), M. Faisal Azhari (Design), Nour Wahyuni, Website: www. rakyataceh. com , Fauzan S Ag (Penjab), Penelitian dan Pengembangan (Litbang): Salamuddin . Alamat Redaksi dan Pemasaran : Jalan Panglima Nyak Makam No.39 Banda Aceh Telp. 0651-31341 Fax (0651)35478. Perwakilan Aceh Utara : Jl.Baiturrahim No.15 Tlp.(0645) 42538 Lancang Garam Lhokseumawe. Perwakilan Medan : Graha Pena Medan Jl.Sisingamangaraja Km 8.5 No.134 Amplas-Medan. 7883061 Fax (061) 7881733. E-mail : rakyataceh@yahoo.com. Perwakilan Jakarta : Jalan Raya Kebayoran Lama 17 Jaksel Telp. (021)5349205, 534926, 5349115. Fax. (021)- 53490522. Tarif Iklan: Hitam/Putih (B/W) Umum/Display Rp. 6.000/mm kolom (Khusus Halaman 1 Rp. 15.000/mm kolom, Halaman 8 Rp. 10.000/mm kolom), Iklan Keluarga/Ucapan Selamat Rp. 4.500/mm kolom, Iklan Warna (Full Colour) Rp. 15.000/mm kolom (Khusus Halaman 1 Rp. 20.000/mm kolom, Halaman 8 Rp. 15.000/mm kolom). Harga iklan ditambah PPN 10%. Rekening A/n: PT Aceh Inter Media Pers, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kota Banda Aceh No.Rek: 01.05.570145.7 dan Bank Syariah Mandiri Pusat Kota Banda Aceh No.Rek : 0100311937, Penerbit: PT Aceh Inter Media Pers. Pencetak : PT Medan Graindo, Graha Pena Medan, Jl.Sisingamangaraja Km 8.5 No.134 Amplas-Medan. Telp. (061)-7881661 (Hunting). Isi di luar tanggungjawab pencetak.

METRO ACEH

Wartawan Metro Aceh dilengkapi dengan ID Card dan atau surat tugas yang ditandatangani oleh Pemimpin Redaksi dan tidak dibenarkan meminta dan menerima sesuatu dari narasumber. Segala hal berkaitan dengan tindak tanduk wartawan Metro Aceh, diminta menghubungi Sekretariat Redaksi.


Metro

Obis I O

Kevin Costner Dianugerahi Anak Keenam LOS Angeles Aktor dan produser film Kevin Costner tengah berbahagia. Istrinya, Christine Baumgartner melahirkan seorang anak laki-laki. Costner kini memiliki 6 anak. Baumgartner melahirkan bayi yang diberi nama Hayes Logan Costner itu pada Kamis (12/2) malam waktu Los Angeles. Bayi laki-laki ini menjadi buah hati Costner

dan Baumgartner yang kedua. Sebelumnya pasangan itu telah memiliki anak pada Mei 2007 silam yang diberi nama Cayden Wyatt. “Ibu dan anaknya dalam keadaan sehat,” ujar juru bicara Costner, Arnold Robinson, saat memberikan pernyataan mengenai kondisi terakhir perempuan berusia 34 tahun itu seperti detikhot kutip dari

Obrolan Lintas Selebritis Eno Netral

Valentine Setiap Hari HARI kasih sayang bagi Eno ‘Netral’ tak mesti dirayakan setahun sekali pada 14 Februari. Bagi Eno, setiap hari merupakan hari kasih sayang. “Setiap hari kita Valentine. Kalau kasih sayang kita setiap hari kok,” kata Eno, belum lama ini. Putus dari Cathy Sharon, penggebuk drum Netral ini menggandeng aktris Nadila Ernesta. Beruntung, Nadila bukan tipikal cewek yang mengharuskan merayakan Valentine. “Kadang kita suka dadakan saja. Kalau Valentine hayo. Tapi sebenarnya itu sih buat yang merayakan,” tutupnya. (int)

Marshanda

Valentine dengan Pria Baik HARI kasih sayang tahun ini, Marshanda merasakan nuansa berbeda. Pada Valentine kali ini, aktris cantik ini ditemani pria baik. “Kali ini aku ditemani oleh seseorang yang tulus dan baik. Beda dengan yang dulu,” ungkap Marshanda, beberapa waktu lalu. Bintang film Kalau Cinta Jangan Cengeng ini memuji kekasihnya yang sekarang, VJ Ben. “Dia tipe cuek, kocak, dan dewasa banget. Sejauh ini kita serius,” kata perempuan yang akrab disapa Chacha ini. Walau mengaku serius pacaran, Chacha belum mau buruburu menikah. “Untuk selebihnya kita banyak cita-cita yang belum tercapai (menikah), kuliah, karier. Sementara ini, menikah masih belum prioritas,” jelasnya. Di hari kasih sayang, Chacha dan VJ Ben akan merayakannya dengan jalan-jalan berdua. “Kita berdua belum tahu mau bagaimana detailnya. Yang pasti, aku punya sesuatu buat dia. Jangan dikasih tahu dulu, nanti dia tahu kalau lihat berita ini,” tukasnya. (oz/net)

Raffi Ahmad

Valentine Pertama Jomblo TAHUN ini, pertama kali Raffi Ahmad melalui hari Valentine seorang diri. Walau tanpa pacar, bintang film Heart ini berusaha santai. “Valentine tahun ini aku sendiri saja. Ulang tahun tanggal 19 Februari juga sendiri saja. Enggak masalah buat aku. Aku enggak terlalu mikirin banget soal yang begituan,” kata Raffi, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, belum lama ini. Mantan pacar Velope Vexia ini sekarang menenggelamkan diri dalam kesibukan bekerja. Segala tawaran yang datang disabetnya. “Aku sibuk kerja. Sitkom, sinetron striping juga, presenter. Jadi enggak sempat memikirkan yang kayak begituan,” jelasnya. Lantas, bagaimana Raffi melewati hari Valentine ini? “Teman-teman banyak yang sayang sama aku. Aku juga sayang sama teman-teman aku. Jadi rayain Valentine sama teman-teman saja. Karena Valentine bukan hal yang besar bagi aku. Aku enggak iri kalau lihat teman-teman datang bersama pasangannya,” tandas personel grup vokal BBB ini. (oz/net) IKLAN

aceshowbiz, Sabtu (14/2). Hingga kini Baumgartner dan putranya masih menginap di sebuah rumah sakit di Los Angeles yang dirahasiakan namanya untuk menjaga kenyamanan mereka. Selain memiliki 2 anak dari pernikahannya dengan Baumgartner, Costner yang kini berusia 54 tahun telah memiliki 4 keturunan lainnya. (net)

Metro Aceh

AHAD, 15 FEBRUARI 2009

3

Melly Goeslow

Tak Ada Spesial di Hari Valentine ENAKNYA suami dan istri memiliki profesi yang sama, seringkali kemanapun selalu berdua. Pasangan Anto Hoed dan Melly Goeslow adalah salah satunya. Mereka jarang sekali tampil sendiri-sendiri. Karenanya, Hari Valentine bagi mereka bukan hanya pada 14 Februari saja, tetapi hari-hari lainnya. Sama-sama bergabung dalam band Potret membuat pasangan suami-istri Anto Hoed dan Melly Goeslow hampir selalu tampil bersama. Makanya, ketika banyak orang sibuk merayakan Hari Valentine bersama pasangannya, mereka tampak santai saja menghadapinya. “Yah, tiap hari juga berdua terus, jadi bukan Hari Valantine saja. Jadi ngapain repot-repot menghadapi Valentine,” ungkap Melly santai. Bahkan, malam menjelang Valentine, Jumat, 13 Februari mereka masih bekerja juga, yakni menghibur masyarakat Bandung dalam ajang Carnaval SCTV. “Ya, karena kami memang tidak ada acara khusus untuk merayakan Valentine. Jadi kerja saja,” kata Melly yang jago membuat lagu itu. Kebersamaan, bagi Melly dan sang suami memang bukan hanya pada Valentine saja, tetapi juga pada harihari lainnya. “Mungkin kami melihat Valantine sebagai momen kasih sayang saja. Sebenarnya bukan untuk pasangan pacara atau suami istri saja, tetapi juga seluruh bangsa Indonesia yang belakangan mudah sekali terbakar emosi dalam menghadapi suatu permasalahan,” ujarnya. Untuk mengetahui apa makna Hari Valentine, berikut petikan wawancara Melly Goeslow dalam sebuah situs internet : Apa saja yang dilakukan di Hari Valentine?

Tidak ada yang dipersiapkan secara khusus. Bahkan selama saya pacaran sampai menjadi istri dari Anto tidak pernah merayakan Valentine secara khusus. Cinta dan kasih sayang itu kan harus selalu ada, bukan hanya pada Hari Valentine saja. Lagian kami sekarang sudah tidak muda lagi, jadi nggak pakai valentinevalentine-an deh... hehehe Tapi kan banyak orang sibuk merayakan Valentine? Ya biar saja.... Bagi kami Valentine itu yang penting bukan perayaannya, tetapi lebih kepada maknanya. Makna cinta dan kasih sayang. Dan ini harus dipertahankan bukan ada Hari Valentine saja kan, tetapi juga hari-hari lainnya. Yah saya sendiri sih berharap momen Hari Valentine menyadarkan banyak orang untuk memahami makna cinta dan kasih sayang. Kalau cinta dan kasih sayang ada pada setiap manusia kan tidak bakal ada kekerasan dan perang. Damai terus. Barangkali momen Valentine arahnya lebih ke situ, bukan sekadar kasih sayang dengan orang yang kita cintai, tetapi juga dalam lingkungan masyarakat kita. Jadi suami Anda tidak pernah kasih hadiah pada Hari Valentine? Nggak pernah. Tetapi, di hari-hari lain, ya sering. Sebagai ungkapan cinta, ia memang sering memberi saya hadiah. Jadi memang ungkapan cinta itu bisa dilakukan kapan saja, bukan pada hari tertentu saja. Mas Anto itu romantis orangnya, dan keromantisannya tidak hanya ditunjukkan pada hari Valentine saja, tetapi juga hari-hari lainnya. Kalau dia mau pergi, pasti sun (cium). (int)

Kuliner

Agar-agar Lapis Kelapa Muda MERIAHKAN suasana keluarga anda dengan menyajikan sesuatu yang spesial di tengah kebersamaan keluarga, terutama di saat-saat santai. Hidangan Agar-Agar Lapis Kelapa Muda rasanya sangat cocok untuk menambahkan kehangatan di tengah kebersamaan anda dengan orang-orang yang anda cintai. Bahan-Bahan : Bahan Lapisan Putih: 500 ml santan, dan 1 1/2 butir kelapa 100 gram gula pasir 1 bungkus agar-agar bubuk putih 1 butir kelapa muda, keruk kasar 1 butir telur, kocok sebentar 1/2 sendok teh esens kelapa (coconut essence) Bahan Lapisan Cokelat: 200 gram gula merah

1 bungkus agar-agar bubuk putih 750 ml air Bahan Saus Santan: 200 ml santan, dari 1/2 butir kelapa 1 lembar daun pandan 1/2 sendok teh garam Cara Mengolah : Membuat Lapisan putih: 1. Didihkan santan sambil diaduk-aduk. 2. Angkat dan dinginkan. 3. Pisahkan santan kental yang ber kumpul di permukaan. 4. Masak santan cair bersama gula dan agar-agar sampai mendidih. 5. Masukkan kelapa keruk, lalu ang kat dari atas api. 6. Masukkan telur kocok, esens kela pa, dan santan kental. 7. Aduk sampai rata benar, lalu tuang

ke dalam loyang. 8. Sisihkan sampai dingin. 9. Setelah mengeras, keruk agar-agar dengan sendok, sisihkan. Membuat Lapisan cokelat: 1. Masak gula merah, agar-agar, dan air sampai mendidih, kemudian saring.

2. Basahi gelas/mangkuk dengan air. 3. Tuang 1 sendok sayur agar-agar cokelat ke dalamnya. 4. Sisanya biarkan di atas api kecil agar tetap cair. 5. Masukkan kerukan agar-agar Putih ke dalam gelas/mangkuk. 6. Biarkan agak dingin. 7. Tuang lagi agar-agar cokelat di atas nya, beri kerukan agar-agar putih. 8. Lakukan seterusnya sampai kedua bahan agar-agar habis. 9. Usahakan agar yang berwarna cokelat berada paling atas. 10. Dinginkan sampai mengeras. Membuat Saus Santan: 1. Masak santan, pandan, dan garam sampai mendidih sambil diadukaduk terus supaya santan tidak pecah. 2. Angkat, dinginkan, sajikan bersa ma agar-agar.


Metro Aceh

AHAD, 15 FEBRUARI 2009

>> Christian Panucci

>> Andres Iniesta

La Liga Priorita Barcelona

Diamuk Tifosi Cewek NASIB sial harus diterima bek veteran AS Roma Christian Panucci. Menyusul perseteruannya dengan Luciano Spalletti, Panucci mendapatkan perlakuan buruk dari tifosi I Giallorossi sewaktu berlatih di Trigoria. Sepertinya mimpi buruk Panucci bersama Roma berlanjut dan tiada akhir. Kali ini, justru berasal dari tifosi Roma yang menyalahkan bek berusia 35 tahun ini. Panucci bersiap meninggalkan Trigoria, kamp latihan Roma, sore tadi namun dia berhenti untuk memberikan tanda tangan dan foto bersama tifosi Roma. Namun, tidak semuanya bersahabat dengan Panucci, beberapa tifosi mulai menanyakan tingkah lakunya selama ini. Romanews.eu mengklaim, tifosi cewek marah dan mulai menggunakan kata-kata kasar melawan Panucci menyusul keinginan Panucci untuk hengkang dari Roma, Januari silam. Tifosi cewek ini mengatakan Panucci

PERFORMA Barcelona membuat keder setiap lawan yang dihadapi. Di klasemen sementara La Liga, Barca begitu mendominasi. Tim asuhan Pep Guardiola sulit dibendung dengan keunggulan 12 poin dari seteru utama mereka sekaligus juara bertahan, Real Madrid. Di Liga Champions mereka melaju ke babak 16 besar dengan predikat juara grup. Peluang terus melangkah terbuka dengan Olympique Lyonnais sebagai batu sandungan terdekat. Di Copa del Rey, Los Blaugrana tinggal selangkah lagi menuju partai puncak, seusai menundukkan Real Mallorca 2-0 di leg pertama. Itulah mengapa tidak sedikit yang menyangsikan Barca berpeluang menyabet tiga gelar sekaligus alias treble winners. Tapi buat Andres Iniesta menyatakan musim ini sudah terbilang sukses jika mampu meraih satu gelar, yakni La Liga. La Liga menjadi prioritas utama dan kompetisi lain merupakan bonus. Bagi saya gelar juara liga (La Liga) sangat penting. Keunggulan yang begitu jauh merupakan kerja keras sepanjang musim dan akan sangat membanggakan jika kami memenanginya, papar Iniesta kepada Sport, harian olahraga yang berbasis di Katalan. La Liga sangat sulit dan membutuhkan perjuangan keras jika ingin berada di atas di akhir musim. Dalam setahun ini gelandang yang Mei nanti berumur 25 tahun memiliki rekam jejak mengesankan. Di Euro 2008 ia mencuri perhatian bersama Spanyol. Meski sempat diganggu cedera, kontribusinya besar buat Barca. Itulah mengapa namanya muncul dalam kandidat FIFA World Player of the Year.(net)

harus mengubah sikapnya dan menunjukkan hormatnya pada klub. Ada reaksi kecil dari bek pengalaman ini saat duduk di Ferrarinya, Panucci hanya sedikit menjawab,”Saya akan berbicara secepatnya,” seperti dilaporkan Romanews.eu. Skuad Spalletti sendiri berlatih

keras jelang laga tandang mereka ke Atalanta Bergamo. Roma akan tampil di Stadion Atleti Azzurri d’Italia dan berharap menuai tiga poin penuh untuk bisa merebut tiket Liga Champions musim depan.(net)

>> Mark Webber

Berkaki Titanium PEMBALAP Red Bull Mark Webber, sukses menjalani debutnya di sesi latihan pra musim 2009. Webber melahap 83 lap tanpa masalah berarti di sirkuit Jerez, kemarin (13/ 2). Pembalap asal Australia tersebut sempat mengkhawatirkan kondisinya sebelum menjajal diri di sesi ini. Webber memang baru saja mengalami cedera parah patah kaki, November lalu. Pembalap 32 tahun ini melibas 83 lap dengan sempurna dengan mobil barunya RB5. Webber bahkan masih terlalu cepat bagi rekan barunya, pembalap asal Jerman Sebastian Vettel. “Terlalu banyak pertanyaan hari ini. Dan saya sudah menjawab pertanyaan itu dengan sesi latihan hari ini,” jelas Webber seperti dikutip F1Live. Webber sendiri baru saja mencabut pin titanium pada kaki kirinya dan terlihat berjalan pincang. “Dari beberapa poin yang bisa saya lihat, saya merasa semakin baik. Saya sudah bsia melewati hari pertama saya kembali dalam kokpit mobil. Masih ada waktu beberapa pekan lagi untuk kembali ke Melbourne,” lanjut Webber. Seri perdana Formula One musim ini akan dimulai dengan GPAustralian, pada 29 Maret mendatang. (net)

>> Douglas Maicon <<

Perisraja 1 v 1 Persikad

Bikin Special One Meradang

Makin Kendor

bek kanan dan tidak pernah absen dalam setiap laga Serie A di musim ini. Untuk menutup bolong di sisi kanan pertahanan Mourinho harus memilih menarik Javier Zanetti atau mempercayai defender muda Davide Santon. Jika Santon jadi diturunkan maka bek kiri diserahkan ke Cristian Chivu.

BANDA ACEH Persiraja Banda Aceh kembali tampil mengecewakan dalam lanjutan Divisi Utama Liga Indonesia. Penampilan tim ini mulai kendor di kandang sendiri. Ditahan tamunya Persikad 1-1. Wajah tim tanah rencong diselamatkan oleh penalti Musawir pada menit 55. Setelah lima menit sebelumnya tim tamu Persikad Depok menang satu gol, dalam lanjutan Divisi Utama putaran kedua, di Stadion H Dimurthala, Kamis kemarin. Menghadang anak-anak Depok, Azhari dkk tampil lebih dominan sepanjang pertandingan. Sayangnya, puluhan peluang sepanjang pertandingan gagal membuahkan gol. Akibatnya 45 menit babak pertama skor masih kacamata. Meski peluang emas melalui kaki Emeka Obidah, Musawir, di menit 18, 20, 26 nyaris membuahkan gol.

MOURINHO meradang devender utamanya dikhawatirkan tidak bisa bermain. Cedera menggerayangi Douglas Maicon yang memaksa full-back kanan Brasil ini harus melupakan laga versus AC Milan di Stadio Giuseppe Meazza. Seperti dilansir Sportsmediaset, Maicon meninggalkan pusat latihan Inter di Appiano Gentile, Jumat ini, setelah mengalami cedera saat berlatih di sesi pagi hari. Padahal sebelumnya Jose Mourinho mengutarakan rasa bahagia karena Inter Milan terbebas dari hantu cedera. Kini Special One mendapat warta tidak menyenangkan. Warta yang tidak ingin didengar dalam persiapan tim menuju partai krusial Derby della Madonnina, Minggu (15/2). karena Maicon merupakan pilihan pertama di

>> Valentino Rossi

Dapat Sponsor Baru VALENTINO Rossi resmi menambah satu logo sponsor pada helmnya, untuk musim depan. Pada helm Rossi akan terpampang produk minuman energi, Monster, dan akan tertulis logo M-claw. Monster telah menunjuk dengan tepat Rossi sebagai alat nomor satu memasarkan produk minuman asal Amerika Serikat tersebut. Diharapkan Rossi bisa menduniakan level Monster sebagai minuman internasional. “Saya gembira bisa bekerja sama dengan Monster Energy dan menjadi salah satu olahragawan Eropa pertama untuk brand baru ini. Monster sedang merambah seluruh dunia dan saya sangat tertarik bisa

bergabung dengan mereka. Saya pikir kami bisa membuat sesuatu yang spesial, dan Mclaw terlihat bagus di helm saya,” jelas Rossi seperti dikutup AP, Jumat (13/2). Presiden Monster Energy Mark Hall menambahkan, “Going Big adalah motto utama kami Monster Energy. Kami menunjuk Valentino Rossi sebagai sosok yang besar di MotoGP,” Desain helm Rossi menarik perhatian semua media olahraga. Dan penambahan logo Monster adalah sebagai salah satu ide Rossi untuk menambah ramai helmnya yang akan digunakan pada ajang musim 2009. (net)

Maicon terkapar di lapangan dan tidak bisa melanjutkan sesi secara penuh dan segera meninggalkan kompleks latihan untuk beranjak ke rumah. Inter kemudian meng- konfirmasi kalau Maicon dipastikan absen dan Channel4 merilis kalau pangkal permasalahan terdapat di otot paha kanannya. Baru Sabtu besok waktu setempat Inter melakukan pemeriksaan intensif namun tidak tertutup kemungkinan pemain eksplosif ini harus beristirahat lama. Bahkan terdapat anggapan kalau Maicon harus melupakan leg pertama babak 16 besar Liga Champions kontra Manchester United di Giuseppe Meazza, Selasa (24/2).(net

Anak asuk Iwan Setiawan mendapat peluang matang di menit 42 melalui kaki striker legamnya, Emeka. Sialnya, sepakan pemain nomor punggung 11 itu, hanya tipis disisi kanan Diki Zulkarnaen, penjaga gawang Persikad. Kendati menguasai pertandingan, tetap gagal mengoyak gawang skuad Meyadi Rakasiwi. Gedoran skuad Laskar Rencong juga tidak mengondor sejak kick off babak kedua ditiup wasit. Sedangkan tim tamu dari kaki Yusuke Sasa dan Onana lewat serangan balik acap merepotkan barisan bawah tuan rumah yang digalang Eli Mayega dan Kurniawan. Hasilnya, menit 50 sebuah terobosan dari rusuk kanan berhasil mencocor Sasa bola menjadi gol. Peluang satusatunya itu, dimanfaatkan dengan baik stiker asal Jepang itu. Sedangkan Deda Pranata, kiper Persiraja mati langkah, tak kuasa menghalanginya. Kaget ketinggalan 0-1. Tuan rumah kembali mengkreasikan

serangan dari sayap kiri dan kanan yang diisi Mahadirga Lasut dan Rahmat. Pemain Persikad pun seperti kewalahan menghalau gempuran M Nasir Cs. Akibatnya, menit 55, sebuah skrimit antara Musawir dengan pemain bertahan Persikad di muka gawang berbuah handball. Praktis, titik putih ditunjuk pengadil. Kendati melakukan protes, wasit bergeming. Sepak 12 pas yang dieksekusi secara dingin oleh Musawir menerjang pojok kiri Diki Zulkarnaen. Skor menjadi 1-1. Selepas menyamakan kedudukan, tuan rumah makin bernafsu menyerang. Peluang matang memang didapat melalui, lagi-lagi Emeka, tapi sepakan kerasnya hanya melesak disisi kiri gawang. Begitu pula dengan tendangan Zulkarnaen, berhasil ditangkap dengan jitu. Satu menit diwaktu tambahan, tuan rumah, kembali mendapat peluang emas. Sayangnya, penyelesaian akhir stiker persiraja tidak tepat. Skor 1-1 tetap bertahan sampai pluit panjang. (sud)

Kejurnas Catur Terbuka Unham

Zulkhairi Tekuk GM Ardiansyah BANDA ACEH - Master Nasional (MN) Zulkhairi dari Tim Pengprop Percasi NAD membuat kejutan dalam pertandingan utama kejuaraan nasional (Kejurnas) terbuka Rektor Universitas Amir Hamzah (Unham) di Medan, Sumatera Utara. Dalam pertandingan babak keempat di hari kedua, Kamis sore yang berlangsung di aula Unham, Zulkhairi berhasil menumbangkan grand master (GM) kawakan Indonesia, asal Jawa Tengah, Ardiansyah. Zulkhairi menjadi pecatur pertama yang menghadang laju GM yang kenyang pengalaman bermain di olimpiade dan gelanggang catur international, di even Kejurnas terbuka itu Pertarungan pecatur Aceh dari Kota Sabang ini dengan GM Ardiansyah di meja tiga menjadi perhatian utama para penonton. Terlebih saat Zulkhairi sudah dalam posisi menuju kemenangan, perhatian semakin terpusat ke meja mereka. Zulkhairi peraih emas di Porda IX/2006 Tekengon dan tidak dipakai Pengprov Percasi Aceh

dalam Porwil IX /2007 di Medan, dalam permainan itu mengendalikan buah hitam bertarung alot sepanjang tiga jam. Lewat permainan gambit raja yang cemerlang, pecatur tuna rungu dan guru matematika YPAC Banda Aceh ini berhasil memaksa GM Ardiansyah menumbangkan rajanya sendiri, tanda menyerah di langkah ke-51. Ardiansyah akhirnya menyerah dalam permainan akhir (ending), setelah melihat lawannya unggul dua bidak yang akan promosi. Kemenangan Zulkhairi ini mendapat aplus dari semua peserta even tersebut. Dengan kemenangan tersebut, Zulkhairi mengumpulkan 3,5 MP dan belum terkalahkan, hasil sekali remis dan tiga kali menang. Hingga usai babak ke-empat ia berada di urutan ke-dua klasemen sementara dari 120 pecatur. Menang Lagi Sukses menumbangkan GM, Zulkhairi kembali meraih kemenangan di babak ke-5 yang berlangsung, Jumat (13/2) atas MN tangguh dari Jambi, Arman-

syah Putra. Dengan kemenangan itu yang telah mengoleksi nilai 4,5 MP. Di babak ke-enam saat berita ini ditulis, pecatur asal Sabang itu sedang bertarung dengan Chairon dari Aceh Selatan yang mengantongi nilai 4 MP. Manejer Tim NAD, MN Sayed Hanafiah kepada koran ini mengatakan, selain Zulkhairi sukses menundukkan GM Ardiansyah, sehingga mengumpulkan 4,5 MP, satu lagi pecatur tim NAD MN Ahmad Muslim memiliki 4 MP dan MN Irwandi 3 MP. “Dengan meraih nilai bagus hingga babak ke-lima, para pecatur kita ini harus bertarung di meja utama, klasemen atas. Kita harapkan mereka tetap bermain maksimal meraih sukses seterusnya, demi catur Aceh bangkit dan maju,” kata Ketua Bidang Pembinaan Pengprov Percasi Aceh ini. Sementara itu, Tim Catur LP3KI Banda Aceh mulai terseok di hari ke-tiga kemarin, empat pecaturnya baru mengumpulkan nilai masing-masing, Teuku Ardiansyah 2,5 MP, Aluya Atosanda 1,5 MP, Syahrumsyah 1,5 MP dan Barri 1 MP. (sud)


Metro Aceh

AHAD, 15 FEBRUARI 2009

Ketua KPK Antasari Azhar Diserang Santet Menjadi pemburu koruptor bukanlah pekerjaan mudah karena berisiko tinggi mulai dari ancaman kejahatan fisik hingga metafisik alias santet. Terlebih sebagai ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Antasari Azhar jelas incaran no.1 untuk disantet agar tidak mampu bekerja dengan optimal sehingga kasus korupsi yang tengah diselidiki akan terhenti. DIKATAKAN oleh paranormal Ki Lalang Siguntang,63 tahun, yang ditemui Misteri mengatakan bahwa dirinya telah mendapat order menyantet yang diterimanya pada 26 Desember 2008 silam sekitar jam 9 malam. Paranormal asal belitang ini mengaku dapat oder senilai 200 juta untuk menghabisi pria berkumis tebal itu. Order tersebut singgh ke ruang praktek Ki Lalang disebuah apartemen mewah di jakarta barat. Ki Lalang menyebut si pengorder adalah Mr.X, konglomerat hitam penjarah dana BLBI bernilai triliyunan rupiah. Siapa Mr.X tersebut? silahkan anda reka-reka sendiri. Yang pasti sinaylemen Antasari Azhar untuk mengungkap kembali kasus penggerogotan uang negara yang sudah dipetieskan tel-

ah membuat sejumlah pihak kebakaran jenggot. Bisa jadi dalam waktu dekat kasus BLBI akan diungkap,menyusul tertangkapnya Artalyta dan Jaksa Urip yang terbukti bersalah berkolusi mengubur kasus korup tersebut. Ki Lalang mengatakan, meski sudah menerima uang panjar 50%, namun santet tidak langsung dikirim ke alamat yang dituju. Terlebih dahulu Ki Lalang dan Timnya mengumpulkan data diri seperti nama ibu, anak-anak, tanggal lahir, jam lahir, hari lahirnya Antasari Azhar. Tanggal 1 Januari 2009 pukul 23.00 WIB yang jatuh bertepatan dengan malam jumat kliwon awal suro barulah santet ditembakan. Melalui sebuah telur ayam cemani, foto dan nama serta mata Antasari Azhar dilukis. Beberapa saat kemudian mata itu ditusuk peniti panas dari bara api dan ditiupkan mantra perintah pada jin suruhan untuk menghajar Antasari Azhar. Dalam hitungan detik setelah jarum ditusukan, bola api warna merah melesat ke udara mengarah ke posisi dimana Antasari berada. Tapi sayang beberapa saat kemudian, bola api itu kembali dan berbalik menghajar Ki Lalang Siguntang. Bujang tua itu terpental dan nafasnya berhenti mendadak. Tapi beruntung nyawanya masih selamat sebab akhirnya dia bisa bernafas lagi setelah pingsan selama 20 menit. “Ternyata sasaran saya punya benteng gaib yang kuat. Pak Antasari itu rupanya bukan orang sembarang. Dia punya ilmu tertentu penangkal santet. Saja juga me-

lihat Antasari didampingi puluhan jin yang kuat melawan serangan teluh. Mungkin karena itulah selama ini di sangat berani bertindak”, ungkap Ki Lalang. Ki Lalang Siguntang mengaku sudah banyak melakukan tindakan santet untuk pejabat. Yang paling banyak targetnya santetnya adalah pengacara, hakim, polisi dan jaksa. “Biasanya paling lama 4x24 jam sasaran mati. Tapi dengan ketua KPK ini nyawa saya malah terancam”, katanya ringan. Sebagai penyantet, kehidupan Ki Lalang hingga sekarang memang tidak jelas asal-usulnya, siapa ayahnya, keluarganya tidak ada yang tahu pasti. Gaya hidup Ki Lalang menggelandang ke mana saja di antero negeri ini untuk menyantet orang. Kadang dia ada di Sumbawa, timika, jakarta atau medan. Secara kebetulan, Misteri bertemu tokoh ini di sebuah rumah makan khas Palembang di daerah manggarai Jakarta Selatan. Di Jakarta, dia praktek di sebuah apartemen berlantai 34 dikawasan jakarta barat. Dia mengaku ada seorang sahabat yang mengelolanya dan memenej order santet kelas atas. Pokoknya dia tinggal menyantet saja, soal urusan order adalah urusan manajernya. “Tapi perlu diketahui, saya tidak selalu ada di apartemen ini, sebab saya juga ada di timika papua dan saya sering pula disana disatu kamar hotel yang sangat rahasia!” ungkap Ki Lalang.

Tentang t a r i f nyantet, Ki Lalang mengaku terhiAntasari Azhar tung murah. Sebab untuk membunuh seseorang dengan teluh, resiko yang ia hadapi adalah neraka. “Yang menerima dosa adalah berdua. pengorder dan penerima order. Tapi lebih besar dosanya adalah eksekutor seperti saya, yang mematikan adalah saya bersama jin setan yang saya perintah. Karena itu, dengan biaya 200 juta cukup imbanglah!”, selorohnya. Menurutnya, tahun 2009 ini perang santet akan banyak terjadi. Ada santet satu arah dan santet dua arah. Dua orang bersengketa berebut hak waris saja bisa saling santet padahal keduanya adik-kakak kandung. Banyak kasus sengketa yang tidak bisa diselesaikan dengan hukum lalu diselesaikan dengan santet. Tahun lalu, ratusan orang Indonesia mati karena santet. Tahun 2009 ini akan meningkat menjadi ribuan orang yang mati karena santet!”, tutup Ki Lalang sambil pamit meninggalkan rumah makan dan menghilang dengan sepeda motor 250 CC warna hitam legam. Tak lama kemudian, dia tenggelam di keremangan ibukota. (net)

Ilmu Pengasihan Liler Nabi Daud

Pantai Pulau Nusa Kambangan

Peristirahatan Nyi Blorong di Nusa Kambangan

Jelmaan Nyi Blorong

MASYARAKAT mengenal Nusa Kambangan sebagai tempat ‘pembuangan’ narapidana kelas kakap. Tetapi, siapa yang menyangka bila di pulau tersebut Nyi Blorong memiliki tempat peristirahatan. Kabarnya, pada waktu-waktu tertentu anak Kanjeng Ratu Kidul itu singgah di Gua Putri untuk memadu kasih dengan sang pacar. Apa yang mereka lakukan? Gua Putri bukan hanya menjadi tempat kencan antara Nyi Blorong dan Syech Jumadi Kubro dari Gunung Merapi, tetapi juga dijadikan tempat untuk melakukan pertemuan dengan bawahan Nyi Blorong. Maklum di gua ini juga tinggal salah satu anak dari penguasa Nusa Kambangan Prabu Pule Baas. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas persoalan-persoalan penting yang sedang mereka hadapi. Pemberian nama Gua Putri itupun mengandung makna khusus. Konon, masyarakat yang sering bertandang ke gua ini pernah melihat putri-putri cantik menampakkan dirinya. Mereka yakin putri-

putri itu adalah dayang Nyi Blorong, sehingga gua itupun akhirnya diberi nama Gua Putri. Keangkeran gua tersebut sudah terlihat tatkala kita akan memasuki mulut gua. Dari luar kita bisa mencium bau wangi yang menyengat. Anehnya, ketika Anda berusaha untuk mencari sumbenya, bau wangi itupun malah makin menyengat. Menurut penuturan para ahli kebatinan bau wangi Gua Putri adalah aroma kerajaan Nyi Blorong. Bila Anda berada di dalam Gua Putri, sebaiknya Anda berhati-hati. Bila Anda memiliki niat yang baik maka keberadaan Anda tidak menjadi persoalan. Lain hanya bila kedatangan Anda ke gua ini mempunyai tujuan-tujuan khusus yang ditentang oleh pemilik kerajaan gaib. Bila demikian, bukan mustahil Anda akan mendapatkan petaka. Menurut cerita yang berkembang, ada salah seorang petugas LP Nusa Kambangan yang hilang di dalam Gua Putri. Tak seorang pun yang tahu maksud kedatangan orang itu. Yang jelas, orang tersebut raib di dalam gua. Jasadnya tidak pernah ditemukan, sementara kabar tentang kehidupannya juga tak terdengar. (net)

Zodiak Anda Minggu Ini Scorpio

Apa yang menurut Anda baik, lakukan segera. Namun jangan mudah percaya pada orang yang memberi janji-janji muluk. Selain itu, Anda mesti hati-hati dengan pengeluaran finansial, sebab kondisi keuangan tidak terlalu baik. Kesehatan mudah merasa lelah, jaga kondisi. Asmara tenang-tenang saja. Hari baik Selasa. Angka bahagia 4-7.

Capricorn

Virgo Ada kesempatan bagus meningkatkan usaha. Yang penting minggu ini jangan mengumbar emosi. Semuanya akan membuahkan hasil bila dihadapi dengan sikap dewasa. Keuangan tak ada masalah. Kesehatan kurang prima. Asmara hendaknya lebih banyak melakukan pendekatan. Hari baik Jumat. Angka bahagia 4-6.

Sagitarius Sebaiknya segera buat rencana yang lebih baik agar bisa membawa manfaat bagi usaha yang Anda kerjakan. Ada kesempatan untuk meningkatkan karir Anda. Keuangan bagus, saat yang tepat melakukan perluasan usaha. Kesehatan cenderung menurun, jangan diremehkan. Asmara perlu saling percaya. Hari baik Kamis. Angka bahagia 2-9.

Minggu ini tampaknya kurang begitu bagus, dan kalau ada masalah, jangan mencari alasan untuk membenarkan tindakan Anda. Yang penting ambil tindakan untuk mengatasi persoalan yang ada. Keuangan akan banyak pengeluaran. Kesehatan jaga makanan saja. Asmara jangan mudah cemburu. Hari baik Selasa. Angka bahagia 4-8.

Aquarius Usaha lumayan lancar dan sebaiknya menyempatkan waktu untuk memikirkan rencana buat masa depan. Ingat, keluarga jangan sampai diabaikan. Selain itu, jangan terlalu keras terhadap orang di sekitar Anda. Keuangan jangan menjadi beban pikiran. Kesehatan waspadai kalau sakit perut. Asmara jaga kemesraan. Hari baik Kamis. Angka bahagia 3-9.

HANYA dengan berbicara menggunakan media telepon atau handphone, lawan jenis yang dituju pun menjadi takluk dan jatuh hati. Kekuatan Liler Nabi Daud terletak pada suara yang bisa membuat lawan jenis rindu serindurindunya. Ilmu pengasihan ini berasal dari Ranah Minang dan diyakini sangat ampuh untuk menundukkan lawan jenis. Kekuatan ilmu ini terletak pada suara. Hanya dengan berbicara dan mendengarkan suara dari si pengamal, maka orang yang dituju akan jatuh cinta dan selalu rindu jika tidak bertemu dengan si pengamal. Untuk menguasai ilmu Liler Nabi Daud, tidak susah yang, terpenting adalah keyakinan serta tekad yang bulat. Ilmu ini bisa diamalin oleh pria dan wanita. Bagi anda yang berminat untuk menguasai ilmu Liler Nabi Daud pada kesempatan ini penulis akan memaparkan dengan lengkap syarat dan ajian yang akan dibacakan. Penguasaan ilmu Liler Nabi Daud, anda harus bersih raga dan rohani dengan berpuasa sunnah, dimulai dari hari kelahiran anda. Sebelum puasa, anda haruslah mandi keramas. Adapun niat berpuasa adalah untuk mendapatkan ridho dan izin dari Allah dalam mendapatkan ilmu Liler Nabi Daud. Untuk menyempurnakan ilmu

METRO ACEH/INT

Te m pat Persinggahan Nabi Daud

Cancer Hati-hati, sebab bisa muncul masalah di tempat kerja Anda. Yang harus Anda hindari, jangan membuat gosip mengenai orang lain yang tidak benar. Keuangan akan ada perbaikan yang cukup berarti. Kesehatan waspadai kalau sakit kepala. Asmara perlu sabar sebab tidak semuanya berjalan mulus. Hari baik Rabu. Angka bahagia 7-3.

Taurus

Aries Jangan berpikir negatif dan jika ada kabar yang kurang menyenangkan, cobalah untuk tabah. Minggu ini sedapat mungkin jangan membuat masalah dengan orang lain. Usaha perlu dipikirkan lebih serius. Kondisi keuangan agak pas-pasan. Kesehatan tidak stabil. Asmara lama tak jumpa membuat makin rindu. Hari baik Rabu. Angka bahagia 7-3.

Libra Ada peluang yang cukup bagus di awal minggu ini. Wujudkan ide yang telah lama Anda pikirkan. Namun Anda perlu hati-hati terhadap orang yang berusaha merusak karir Anda. Keuangan ada kemungkinan memperoleh pemasukan besar. Kesehatan agak menurun. Asmara perlu lebih serius. Hari baik Senin. Angka bahagia 2-1.

ini, puasa dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Pada puasa hari kedua dan seterusnya, bacakan ajian ilmu Liler Nabi Daud pada tengah malam sebanyak 7 kali. Pembacaan ajian tersebut dilakukan sambil membayangkan orang yang hendak dituju. Setelah berpuasa, anda dapat menggunakan ilmu Liler Nabi Daud. Pada saat berbicara langsung atau lewat telepon cukup dibaca 1x. Ajian dibacakan saat orang yang dituju sedang berbicara kepada anda. Setelah ajian dibaca hembuskan nafas dimulut secara perlahan ke arah orang tersebut atau ke telepon. Agar lebih mudah digunakan, anda harus menghafal ajian tersebut. Sebagai informasi Ilmu Liler Nabi Daud dapat juga digunakan untuk agar disenangi dalam percakapan, atasan, sales yang menjual barang dagangan ataupun transaksi bisnis yang sering menggunakan telepon. Adapun pesan dari penulis, bila anda berniat menguasai ilmu ini, kunci utamanya adalah keyakinan karena Allah SWT. Dan diharapkan juga ilmu ini digunakan dengan niat yang baik serta tidak disalah digunakan akibatnya akan jadi fatal. (net)

Gemini

Minggu ini semangat Anda sedang diuji dan bersiaplah menghadapi masalah. Baik buruk, keputusan tetap ada di tangan Anda. Usaha akan lancar bila ditekuni dengan serius. Kesehatan tidak ada gangguan serius. Keuangan hati-hati dengan pengeluaran yang cukup besar. Asmara tampak tenang. Hari baik Sabtu. Angka bahagia 7-5.

Leo Kalau minggu lalu banyak kesibukan, minggu ini Anda bisa lebih santai. Namun jangan sampai Anda tidak mau tahu situasi yang ada. Keuangan kondisinya cukup stabil, namun usahakan untuk memperketat pengeluaran. Kesehatan hati-hati bila demam. Asmara perlu perhatian lebih serius. Hari baik Rabu. Angka bahagia 3-9.

Akan ada hasil baik jika Anda mau menekuni apa yang sebenarnya Anda sukai. Usaha memang terasa sedikit lesu, namun pertahankan semangat sebab peruntungan membaik di akhir minggu. Jaga kesehatan, mudah sakit. Asmara berjalan wajar-wajar saja. Keuangan ada sedikit masalah. Hari baik Kamis. Angka bahagia 8-5.

Pisces Jaga pembicaraan, jangan sampai menyakiti hati orang lain. Soal rezeki, syukuri apa yang telah diterima. Usahakan untuk lebih bergairah, sebab hasilnya akan lebih baik. Keuangan sejauh ini belum banyak perubahan. Kesehatan perubahan cuaca tidak menguntungkan. Asmara perlu lebih serius. Hari baik Minggu. Angka bahagia 5-6.


6

Metro Aceh

SMS mengandung unsur SARA tidak akan di terbitkan. Selain itu isi SMS diluar tanggung jawab Redaksi dan Percetakan

AHAD, 15 FEBRUARI 2009

Kepada pembaca Rakyat Aceh dan Metro Aceh yang ingin berkenalan, cari teman plus jodoh silahkan layangkan SMS ke:

085 08522 6050 9999 Dengan format pengiriman; Jodoh#Nama#Jenis Kelamin#Umur#mendambakan.... SMS Jodoh mengandung unsur SARA dan Porno tidak akan diterbitkan. Selain itu isi SMS di luar tanggungjawab Redaksi dan Percetakan.

CEWEK CARI

COWOK 081360431605 Hai""nm aq Siska Maya Sari (sms) umr 18,aq tnggl d langsa, oia aq ne msh jmblo lo,aq pngen cri cowok yg seiman/se agama,lo km emang cowk,zmz aq y??? Pst aq balas. 081370708298 Hai saya cwek, nama saya Pida..Saya mau cari calon suami yang jujur dan mau terima Pida apa adanya, kalau ada hubungi aja ke no ini ya. di tunggu, thanks Metro.

Sampaikan Aspirasi Anda Melalui SMS ke

081269281128 Assalamualaikum. Halo Metro Aceh saya mau cari teman saya Agus Isrqa. Saya masih ingat sama dia. Orangnya terima saya apa adanya. Kalopun kekurangan saya, Agus hatinya baik.Tolomg maafkan kesalahan Eka. Lhok'seumawe. 085262877798 Assalamualaikum. namaku Ika umr 21 thn tgl d kw simpang q mu cri tmn crht bgi yg mu jd tmn ak tlpn no no ini key. 081360751754 Ha! Sahabat Metro ne qu cewek Scorpio.namaku Yani n3m qu yan! T9l d! Sputaran s'l!put qu mau cr! Tm3n buat curhat to pcr yg ca3m-a? aq t99u buat kol dar! Kamu ca3m? 081396803568 Asslkm,namaku Lia,umur 25 thn, aku pgn cri tmn crht yg bs dajak ngbrol dan nymbung aja,bt metro Aceh sukses trus y 081267700815 Nama Putri Wahyuni jenis kelamin perempuan umur 17 tahun mendambakan cowok yang baik hati, jujur dan rajin sholat. 085260291261 Hai knlin nma aq Intan. Tan tinggalnya di sekitaran Lhoksukon. Tan pengen cari teman curhat, klo cwox tan seh udh ada,cma tan pngen cri tman yg bsa ngrtiin sft'a tan,tan umur'a 17 thun,gk tua2 amt kan,mksih yach metro. 085262300720 aku Tata cewek 20 tahun aq cuma mau bilang sukses teruz dan makin jaya ya metr0, sekallian bagi yang mau kenalan bisa telpon ato SMS 085260291261 Intan,umr 17thun,tan pngen bngt dpt tman crht,klo cwok tan seh udh ada,cma tan pngen dpt tman curht ya bsa ngrtiin sft'a tan,mksh ya metro.

Curi Buah, Warga Dipenjara, Pengawas Tidak

08137485xxxx Anak Tiri Anak Kandung. Kejadian PT. Mapoli Raya di Air Masin, pengawas ketangkap ninja buah hampir 2 ton tidak dipenjara. Tapi masyarakat ketangkap buah 1 janjang menjalani hukuman 6 bulan penjara. Pihak keamana kebun dan pimpinannya tidak punya hati nurani.

Sebelas Tahun Menunggu Baju Dinas

Jalan Kutamakmur Seperti Kulit Durian

08526282xxxx Kepada mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Gayo Lues. Pak Khairul mana baju dinas kami yang diukur tahun 1997. Uang baju sudah cair tapi bajunya tidak kami terima.

08576061xxxx Tolong pak pejabat datang ke kecamatan kami, tapi jangan pakai mobil mewah bapak jalannya jadi tak terasa. Jjika pingin ngerasain jalan, enaknya jalan ke Kutamakmur pak, jalannya enak kayak durian.

Oknum Caleg Pukul Warga Magang di Puskesmas 08527797xxxx Dipungut Biaya Tolong pak polisi usut, oknum caleg yang memukuli warga Simpang Tiga Kebun Baru Langsa Barat. Hanya karena saudara kandungnya yang hendak membobolkan kedai di Sp 3 Kebun Baru. Yang sangat kami sesali, dia seorang caleg, kenapa tidak bersikap adil dan malah melindungi kejahatan. Tolong pak polisi yaa...!

Pilih Caleg Ganteng 08526158xxxx Kepada warga nanggroe yok kita sukseskan pemilu 2009 dgn memilh caleg yg ganteng /cantik ramah dan alim. Jangn yang kasar, sok paten dan mau menang sndiri ingat lho itu kita butuh ketenangan

Guru Jadi Camat 08526282xxxx Untuk Sekda Kabupaten Gayo Lues. Pak Bakar Jasbi, ini baru paten, mutasi untuk kepala Dinas sekali ini 80 persen dari Kampung Kutalintang, kalau bisa guru-guru SD pun diangkat jadi Camat. dari masyarakat.

Oknum Caleg Bagi-bagi Bingkisan 08126959xxxx Untuk dapat di perhatikan ke KPU Aceh Tamiang. Mohon di tindak tegas bagi salah seorang Caleg Partai Demokrat yang telah membagi-bagikan bingkisan untuk kepentingan pribadinya! Inisialnya N daerah pemilihan 1.

08982449256 Tia 19 tahun aq pengen cari cowok yang biasa-biasa aja, asal orangnya baex, ngerti dengan keadaan..Gak mesti berduit asal rajin berusaha dan taat beribadat.Aq lage kesepian banget sekarang gak ada teman..Zmz aq y pst Q BLS.ThankQ MTRO.

Dayah Perlu Bantuan

085261955859 Assalamualikum. Saya Intan tggl di Kuala Simpang. cri2 say: itam manis tggi 162 rambut pendek. pengen cari cwok' yang jujur pengertian, baik hati, bsa bimbing Intan ke jalan yang lurus. kalau kamu minat SMS atau hubungi aq ya.

Aspal Jalan Jangan Bertele-tele

085277098344 Hai aq NANDA,umur 17 thn,aq t99l d lan9sa,aq pg3n knln ma cowk y9 bsa buat curhat n gk sk mainin prasaan cwek + gk playboy.trim's. Bg! yg mo knl ma aq sms ja kok gk call ja past aq ldenin.cey 085277567869 Hay Metro Aceh, , , ! ! Tl9 muat!N slam q buaT my B.Friend, Maulida. . . Ucpn@ MEt mnjlnKan ibdah pws , 5m9a kbr@ baex2 z. . , , . .! ! Wassalam.dr.icut. 081269591009 Metro Aceh aq Dila tggl d Lhoksmwe.slam buat yayang (Daniel) di Meulboh yg ge cibuk.Dil kngeen bng3t ma dy.lebran Dil tnggu lo di rumah.yakinkan Dil sllu menuggu mu.hngga akhr wkt ku.tlog d pjang ya bg d metro aceh. 081323730373 Lia. Saya Lia pengin punya kwan cwok yg pgrtian,sbr,klu ada sih yg dwsa gtu,yg umr 25 ke ats..klu lia pgin crht bs ksh mskan tk lia...!Tlp/sms lia tggu ya..

0852 6050 9999 * Tarif SMS sesuai standar masing - masing Operator

085260856076 Assalamualaikim. Hai Metro, nama aku Dewi umur 24 th tgl d bna.mendambakan cwok yg dewasa.jejaka/duda .yg ptg baik mau menerima aq apa adanya.yg berminat sms y pst aq bl{...} 085361019254 Hai nm aq Imel aq mw cri tmn cwk yg bsa qu jd kn tmn crht cp yg brmnt call tau sms ke sni ya psti ku bls.

Aspirasi

08136039xxxx Wahai para penderma dan pemerintah "Dayah Tgk Chik Di Reung2 Kec Kb Tanjong Kab.Pidie membutuhkan 10 Unit komputer dan 1 wireless untuk santri, siswa, mahasiswa. Mohon bantuannya

08527697xxxx Ass,kpd bpk Bupati Ilyas Pase kami mohon kepada bapak untuk membuat jalan aspal Medan-B Aceh secepatnya jangan bertele-tele terutama di Desa.Reudeup Lhoksukon khususnya Sygilah kami yang tiap harus makan debu.

Kering Isap Debu Hujan Minum Lumpur 08526107xxxx Kami mohon JalanKeude Tp.Punti diaspal hotmix.Kalo kering isap debu kalo hujan minum lumpur Kepada Yth Bapak2 pembangunan Aaceh. Utara. Semoga bapak bersedia turun ke lapangan lihat sendiri kami sudah cukup menderita.

Uang Masyarakat Disengat PLN 08529715xxxx Banyak uang masyarakat yang dimakan oleh PLN pembayaran rekening semakin membengkak. Dari pada itu mohon kepada penegak hukum agar jangan diam saja. Kepada aparat penegak hukum yang hanya menoton saja. Atas perhatiannya terimah kasih banyak.

08536007xxxx Sekarang ini untuk magang di Pustu atau Pukesmas kok dipungut dana ya? Untuk Kepala Dinkes Kota Lhokseumawe sadarilah personil anda khususnya bagian ketenagaan, terlalu banyak makan uang haram. Mudahmudahan Allah membuka mata dan telinganya. Sadarilah dunia hampir akhir, jangan makan uang haram. Tampil bagai malaikat penolong padahal tikus pemerintah yang rakus.Thanks metro

Jalan Ditanam Padi 08126983xxxx Kepada Bapak Bupati ATIM Tolong dilihat Jalan Kuta Binjei - Alue Ie Mirah udah bisa kita tanam padi dan badan jalan sudah beralih fungsi menjadi kubangan kerbau. Katanya Pak Bupati mau membangun infrastructur transportasi, terutama jalan dan jembatan. Kami mendukung program bapak lho.

Tertibkan Becak 08137715xxxx Assalamualaikum. kepada yang terhormat Bapak Walikota dan Kadis Perhubungan tolong ditertibkan becak yang tidak resmi. apakah gak ada lagi peraturan di Kota Lhoseumawe lagi. terimakasih.

Banyak Kecelakaan Perketat Pengurusan SIM

08526158xxxx Pilihlah caleg yang muda energik dan bermoral jangan yang pensiunan. Biarlah yang tua-tua istirahat saja menikmati hari tuanya.

08137736xxxx Polantas tolong dalam pengurusan SIM prosudernya jgn diabaikan. Karena kecelakaan lantas sudah tinggi sekali, bisa jadi akibat ketidaktauan aturan berkendara. Selain faktor lainnya, saya melihat rata-rata orang kurang faham Tatib rambu lantas dan jangan pula ada istilah selesai dengan damai alias uang rokok. Kepedulian kita kebaikan bersama.

Parlok Jangan Sok Pahlawan

Lihatlah Perilaku Wanita Aceh

Caleg Tua Pensiun Saja

08136264xxxx Kami rakyat Lhksukon memohon kepada Parlok jangan sok pahlawan karena rakyat dah pandee dengan MoU Helsinki.

Lembu Berkeliaran di UNIMAL 08136017xxxx Kepada Rektor UNIMAL. Kami minat tolong agar lembu-lembu yang ada di kampus dikeluarkan dari area UNIMAL. Karena kami merasa sangat terganggu.. thank'z buat Metro Aceh.

WH Tolong Patroli ABG Matang Kuli 08527700xxxx Ass. Bukan kami masyarakat ngatur bpk WH, tapi kami sudah gak sanggup lagi ngatur anak ABG yang ada di Matang Kuli jadi kami mintak tolong kepada bapak WH Aceh Utara datang sekali-sekali ke Matang Kuli patroli liat tingkah laku anak matang kuli sudh keterlaluan kelakuannya,kepda Metro Aceh tolong muat lnspirasi msyrkat mtg kuli.TTD Anak nanggroe.

Aceh Damai 08526231xxxx Assalamualaikum.melalui Metro Aceh, Saya atas nama masyarakat Aceh ingin menyampaikn kepada seluruh partai-partai Politik yang telah dinyatakan lulus verifikasi, kami bermohon dengan sangat.. Tolong janganlah jaga kedamaian di Aceh.

Tembok Bukan Untuk Partai 08126909xxxx Kami dari masyarakat memohon kepada bapak- bapak yang memegang partai tolong jangan mencat tegu atau tembok lainnya untuk dijadikan lambang partai atau sebagai bendera partai.

08526059xxxx Pak Gubernur, Bupati dan segenap para jajaran pemerintah Atjeh! Coba anda lihat sekarang apa dan bagaimanakah tingkah laku perempuan Atjeh pada saat ini semenjak petugas syariat dibentuk perihal yang terjadi adalah! Wanita mulai pakek celana jeans sampe ke celana ketat ala Pasha dan sekarang yang lebih menghebohkan wanita memakai celana stoking macam (shot) dan baju kaos tipis, tapi mereka bangga dan berani jalan-jalan sampe kemanapun dengan ala busana yang seronok kek gitu. Sekarang apa jawaban dari anda wahai pejabat-pejabat Ajteh?Adakah ijin untuk kami masyarakat agar bisa bertindak terhadap tingkah laku para pelanggar syariat? Baik itu laki-laki atau perempuan.

COWOK CARI

CEWEK 085262176656 Tolong diterbitkan . Nm aq Repta , cowk 23 tahun pengin cari teman sebanyaknya dengan tujuan mempererat tali persaudaraan juga jalin silaturahmi kepada seluruh masyarkt NAD khusus'ya 085260112049 Ipol 19 thn,smp' ckrnq ak msh "jomblo",pnqen nyr! Cwek yq prht!an and stia ja,jq baek,yq pst-a nqk maetree... 085260975326 A's nm qu:Ijal 19thn,mndambkan cwek yg biasa n s0leha,tl0n9 sms aq xa???...wslm 085277924150 h Assalam wrwb Frendy is my name 25tahun Aku pengen cr cew/cow utk d jadikan teman curhat! 085260137137 Assalamualaikum wr wb.Nama aq Anwar 22 taon.pgen cr teman ne,cp az yg mw jd teman anwar xmx za psti anwar blz xmx'a.anwr mo ucpin ne bwt mua umat islam sedunia slmt menunaikan ibdh puasa mg ibdah qta diterma ma Yang Maha Kuasa.amin.bwt smua kru metro aceh mkch ya semga metro aceh truz brjaya&ada diNAD. 081269366094 Assalamualaikum ne Rosmini,,di Langsa, Ros cuma mau cr teman cwox?yg baik, jujur,sayang sama istri,gk pelit punya krjaan tetap rajin sholat 081269718874 Dolles laki-laki 20tahun aku mau cari cewek yg baik, rmah, humoris dan mo ngrti kq ap adanya 085260793750 Namaku Dani,tgl lhok seumawe,mau berteman dgn cewek bisa diatur,asal jgn minta yg nggak2,dan turuti sgl perintahku, sestai dgn prosudur. 085275035383 Assalamualaikum. . .ne Rizki Ananda 20 thn 'cwok',,tggl di Langsa..mau krim salam buat ''Rizki Ananda SMAN 4 Banda Aceh''yg ikt lmb Foto pelajar brsama Honda Beat...!! Coz ank'@ Chant!k & ManiEeeZzzz... Oy,nm kt kok sm y.!? 'Mks MetrO' 085260429021 Assalamualaikum.saya Akil tggl di seputaran Bireuen. Mau cari perempuan janda untuk dijadikan isteri ygber minat hubungi. 081377467340 Hai nama gua Levi, umur 21 thn..tggl di kuala simpang.ag mndmbakan cwek yg synk,pengrtian,n yg bs ngrtiin ag,ag tgg@ kbr dr gm smua.. 081361614670 Zal laki2 32 thn. Pingin wanita yang dewasa dalam berpikir dan berbuat. Bisa jadi teman curhat dan tdk iseng. 085277301464 Asslmkm.Metro,aq M,Rijal tgl di Durung Bnda Aceh. Gua mau cari ceweq yang manis sopan juga yang berpendidikan santri, krn sebaya dgn gueè,umur gueè 23 thn, cita-cita jadi ustaz/tgk... wasalam.. hubungi gua di nmr ini. 085277140754 Vani cowok 28 tahun mendambakan sohib gw Sinta n Friends, secara perseorangan sanggup mengabarkan aceh pada dunia tetap saja hrs diberi apresiasi yg layak, pencapaian masalah yg berbeda. 085262795803 Assalamu'alaikum.Kawan-kawan yang manis. Saya Wawan anak Atjeh, boleh donk Wawan knalan sama kawan Metro Aceh.... wawan orgnya asyik kok, walau Wawan kcil imut. 085360032213 Hai cwek-cewek yang lagi baca Metro. Zuki u 18 th. U cwek yg lagi butuh teman crht, apalagi jomblo ne. Mau cirinnya cewex yg baek, pengrtan, terima aku apadanya. SMS aja ke sini. Insya Allah ku blas. 085277086412 Aq Dian. Aq orangya jelek tak ada bentuk kayak peyek, hitam, gemux, pndex. rambut kriting, bibirku jeber dan gigi boneng.. pngen cari cewek yang sama kayak aku. jangan malu-malu. miscall aja psti aq miscall balek ... skian n trim's. . 081397329476 Hhay, Metro nama ku Rama saya mau mencari cwek yang baik dan jujur slama ne q blum jg mndapatkan yg jujur dan dewasa gt saya anak SMA AW tempat tinggal B Raja. 081360087474 Assmlkum Metro,aq Dani..tgl d lhsmwe..aq lg nyri cwek yg btl2 lg jomlo gtue..klu ad yg mrsa jomblo hbgi aq..at sms aj pst gue bls..ocey..mksh metro. 081269580571 Soffiyan,20 thn. Mahasiswa. AJCEH TIMUR. Mendambakan cwek yg muslim/ muslimah ,rajin shalat. terutama, sopan santun, ciri2 putih,cntik, manis, .mau nerima ak ap ad nya. yg mau kenalan SMS aja. Tapi aneuk aceh beuh?


Du’ek si’at

Hikayah MALAIKAT Jibril pernah hadir di tengah-tengah majelis Rasulullah SAW Ketika itu Jibril mengajukan serangkaian pertanyaan yang mampu dijawab Rasul dengan baik. Setiap kali Rasul menjawab, Jibril mengatakan, “Engkau benar!” Hal ini membuat heran para sahabat. Dia yang bertanya, tapi dia pula yang membenarkan jawaban Rasul. Keheranan ini terjawab ketika Rasul mengatakan kalau yang datang itu adalah Malaikat Jibril yang sengaja memberi pelajaran kepada mereka tentang iman, Islam dan ihsan. Ihsan adalah beribadah seolaholah melihat Allah. Bila kita tidak melihat Allah, maka sesungguhnya Allah melihat kita. Demikian makna ihsan menurut Rasulullah SAW (HR Muslim). Jadi, ihsan menunjukkan satu kondisi kejiwaan manusia, berupa penghayatan bahwa dirinya senantiasa diawasi oleh Allah. Perasaan ini akan melahirkan sikap hati-hati, waspada dan terkendalinya suasana jiwa. Iman, Islam, dan ihsan adalah tiga pilar bangunan Islam. Sehingga ihsan tidak bisa dilepaskan dari

Metro Aceh AHAD, 15 FEBRUARI 2009

7

Perjalanan Panjang Meraih Ihsan

rukun iman dan rukun Islam. Ketiganya saling melengkapi. Kalau diilustrasikan, fondasinya adalah rukun iman, pilar-pilar dengan keseluruhan bangunan yang ada di atasnya adalah rukun Islam, dan ihsan sebagai ruhnya. Jadi, ihsan adalah penentu hadir dan tidaknya ruh seorang Muslim dalam menjalankan aturan Islam. Ketika seseorang beriman, berislam, namun tidak berihsan, maka saat itu ia belum sampai pada ruh ajaran Islam. Karena itu sangat penting bagi setiap Muslim untuk terus melakukan introspeksi diri, apakah sudah melakukan tajdiidul ihsan atau belum. Jangan sampai karena sibuk mencari dunia, aktivitas yang kita lakukan kehilangan ruhnya. Allah SWT mendesain waktu yang panjang demi berjalannya proses penerapan rukun Islam. Dalam setahun, rukun Islam— khususnya rukun yang empat sesudah syahadat—dijalankan sejak bulan Rajab sampai Muharam. Perintah shalat hadir di bulan Rajab, melalui peristiwa Isra Mi’raj. Lalu perintah saum terjadi di bulan Ramadan, zakat di akhir Ramadan, dan haji di bulan Dzulqa’dah.

Dari sana lalu masuk bulan Muharam atau tahun baru Hijriyah. Setelah memasuki tahun baru hijrah, umat yang berhaji diharapkan bisa kembali dengan membawa semangat hijrah yang membawa perubahan pada dirinya. Mengapa syahadat tidak memiliki momen khusus? Syahadat adalah transaksi kehidupan kita dengan Allah yang harus terus berlangsung selama 12 bulan penuh. Pertanyaannya, bagaimana cara mempertahankan sikap ihsan ini? Mempertahankan ihsan tidak jauh beda dengan mempertahankan iman. Dalam sebuah hadis disabdakan bahwa al-iimanu yazid wa laa yankus. Iman itu kadang bertambah, kadang berkurang, kadang naik, kadang turun. Kalau dibuat grafik, naik turunnya iman ada tiga. Pertama, garis turun dan garis naik berada dalam posisi sama. Naik +10, turun -10. Keimanan seperti ini memungkinkan seseorang mendapatkan khusnul khatimah (baik di akhir), bila Allah berkenan mencabut nyawanya pada saat iman sedang naik +10. Namun bila Allah mencabut MENDATAR ======================== 1.Negara beribukota Rabat. 4.Permaianan yang dilarang agama. 6.Belajar membaca. 7.Hujan (Ingg). 9.Alat untuk memasak. 10.Tarian ala barat. 12.Sadar akan kelakuan yang kurang baik. 16.Bawah Lima Tahun. 17.Logam mulia. 18.Sekolah Perawat Kesehatan. 19.Tahan lama. 20.Tarian dari Tapanuli. MENURUN ======================== 1.Ibukota Spanyol. 2.Tempat memanggang kue. 3.Kota di Jepang. 4.Sebuah negara di Eropa. 5.Saudara suami/istri. 8.Atom beraliran listrik. 11.Semangat. 13.Wajib dimiliki pengemudi. 14.Belerang. 15.Pita rekaman. 16.Tuna netra. 17.Buntut.

nyawanya pada saat imannya turun (-10), maka ia akan mendapatkan su’ul khatimah (jelek di akhir). Kedua, naiknya sedikit, tapi mudah turun secara drastis. Misal, naik +2, turun -15, dst. Orang yang memiliki keimanan seperti ini, kemungkinan besar akan meninggal dalam kondisi su’ul khatimah. Ketiga, naiknya cepat, tapi lambat turunnya dan sedikit. Orang dengan iman konstruktif seperti ini, ketika ketaatannya naik, ia akan merasakan betapa lezatnya keimanan. Namun saat ia terjatuh pada kemaksiatan, ia akan resah dan ingin segera meninggalkan kemaksiatan tersebut. Ada tiga cara untuk meningkatkan kualitas iman dan ihsan. Pertama, tadzwidul ‘ulum atau membekali diri dengan ilmu tentang hakikat kebenaran dan jalan hidup. Kalau kita ingin memiliki ihsan yang terpelihara, jadilah orang yang haus ilmu dan terus belajar tentang kebenaran (agama). Kedua, kita harus memiliki shahabatus shalihin atau bersahabat dengan orang shalih. Kita boleh kenal dengan sembarang orang, tapi kita tidak boleh bersahabat dengan sembarang orang. Rasulullah SAW bersabda bahwa seseorang akan mengikuti agama dan keyakinan sahabat karibnya. Maka hendaknya seseorang memerhatikan siapa yang akan dijadikan sahabat karibnya (HR Abu Dawud dan Tirmidzi). Ketiga, amalkan hadis Nabi bahwa agama itu nasihat (saling menasihati). Faktor ketiga ini sulit dilakukan sebagian besar masyarakat kita. sebab, masyarakat kita memiliki tiga penyakit. [1]. Penyakit ewuh pekewuh, merasa sungkan, ada beban psikologis saat harus menasehati orang lain dalam kebaikan. [2]. Masyarakat kita belum menjadi masyarakat yang digambarkan Rasul. Kata Rasul, umat Islam itu laksana sisir, di mana anak sisir selalu sama tinggi dan sama rendah (egaliter). Masyarakat kita cenderung paternalistik. Orang yang lebih rendah akan sulit menasehati orang yang lebih tinggi. Padahal kehidupan Rasul dan para sahabat sangat egaliter. [3]. Cycle linguistic. Bahasa yang kita miliki sangat kaya ungkapan kebencian dan miskin ungkapan cinta

serta kasih sayang. Kalau tiga hal tersebut kita jalankan dengan baik, insya Allah bukan hanya iman yang bisa dipertahankan, tapi juga ihsan. Bila ihsan tetap menyala dalam hati seorang Muslim, niscaya ia akan jadi manusia unggul. Ia tidak hanya berpikir sekadar beramal, tapi akan berpikir bagaimana amal tersebut bisa

RADIO

Birama

optimal. Karena itu, seorang ihsan akan terhindar dari sifat under achiever, minder, merasa cukup dengan nilai delapan padahal ia mampu meraih nilai sepuluh. Hakikatnya, ihsan itu dekat dengan itqan, yaitu selalu rapih, tertib dan mampu menata hidup dengan baik. Itulah cerminan para muhsinin. (*)

FM

Tamiang Radio Station 103,7 Mhz Jalan Ir.H.Juanda-Dusun Ir.H.Juanda-Dusun Satelit BTN Karang Baru, Aceh Tamiang

Telp.(064 elp.(0641) 1) 32331 -7000388 Dan Rental Sound System Berkapasitas 40 Ribu Watt

Berita-berita di METRO ACEH dapat disimak setiap hari di Radio Dewantara


cmyk

METRO MEDAN KORAN KRIMINAL PALING UP TO DATE

Pemukul Azis Angkat Ditangkap? MEDAN-FS (23) seorang mahasisawa mahasiswa Universitas Sisingamangaraja XII Medan diduga sebagai pelaku pemukul almarhum Abdul Azis Angkat pada kerusuhan anarkis di Gedung DPRD Sumut 3 Februari lalu, berhasil ditangkap. Dengan penangkapan tersangka FS, tersangka kerusuhan anarkis hingga menewaskan Ketua DPRD Sumut Abdul Azis Angkat menjadi 67 orang. Tersangka terakhir disebut-sebut sebagai pelaku pemukulan wajah Abdul Aziz Angkat yang tertangkap kamera. Tersangka FS (23) resmi ditetapkan sebagai tersangka baru pada Sabtu (14/2) siang. Tim penyidik Polri di

Poltabes Medan menemukan indikasi keterlibatan mahasiswa tingkat akhir itu dalam kerusuhan yang menewaskan Ketua DPRD Sumut Abdul Aziz Angkat. Tak tanggung-tanggung, FS disinyalir sebagai mahasiswa bergelang karet yang tertangkap kamera saat meninju wajah Aziz Angkat. “ Statusnya sudah resmi sebagai tersangka,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Baharudin Djafar, Sabtu (14/2) siang. Namun untuk membuktikan kebenaran tudingan itu, tim penyidik masih memeriksa tersangka, dan mencocokannya wajahnya dengan foto yang terpampang di beberapa media massa. Bila terbukti,

tersangka akan digabungkan dalam kelompok tiga, yaitu pihak yang terlibat kerusuhan di dalam Gedung DPRD Sumut. “Kemungkinan apapun bisa saja terjadi, karena sampai sekarang tim penyidik masih bekerja keras,” ungkap Baharudin. Dengan ditetapkannya FS sebagai tersangka baru, menambah daftar tersangka kerusuhan di Gedung DPRD Sumut menjadi 67 orang. Besar kemungkinan jumlah itu bertambah, mengingat pada Jumat (13/2) kemarin, polisi juga meringkus Bendahara Harian SIB Hotlam boru Manik (36) di Merdeka Walk Medan. (min)

HALAMAN 8

A H A D 15 FEBRUARI 2009 19 SHAFA R 1430 H

PURA-PURA CARI RUMAH KOS

Seorang warga Aceh berpura-pura mencari tempat kos, namun nyatanya membongkar isi rumah. Namun anehnya barang yang dicuri hanya pakaian saja bukannya barang berharga lainnya. KETERANGAN dihimpun dari lokasi penangkapan dan kepolisian, Sabtu (14/2), Ilham alias Asiong (32), penduduk Jalan Maimun Saleh Banda Aceh, babak belur dihajar warga karena kepergok membongkar rumah kos Acong (27) di Jalan Sei Kera Kecamatan Medan Perjuangan, Jumat (13/2) malam. Acong yang dikonfirmasi mengatakan, pada hari itu dia kedatangan tamu, Asiong, yang bermaksud ingin kos di rumahnya. Karena memang dia menyediakan

jasa tersebut, keinginan tersangka disambut baik dan dipersilahkan melihat keseluruhan kamar di rumah kosnya. Acong yang awalnya terkesan dengan kesopanan Asiong mempersilahkan tamunya melihat PERAMPOK dan memasuki setiap kamar. DI MASSA Karena merasa terkesan dia malah meninggalkan sejenak tersangka sendirian melihat-lihat yang akhirnya menjadi awal kesalahan fatalnya. Rupanya tanpa sepengetahuan pemilik rumah, tersangka segera mengeluarkan perkakas untuk membongkar rumah dari dalam tas pinggang dibawanya. Operasi segera dijalankan, dari salah satu kamar di lantai dua

Sindikat Pembobol Grosir Antar Daerah Dibekuk MEDAN-Tim Buser Polres Deliserdang berhasil membekuk 2 dari 5 kawanan sindikat spesialis pembobol grosir antar daerah dari sebuah rumah di Dusun III Gang Anur Desa Bandar Labuhan Kecamatan Tanjung Morawa. Kedua pembobol grosir itu, SS alias Diro (47) warga Dusun III Desa Bandar Labuhan Tanjung Morawa dan SEW alias Kacuk (36) warga Dusun I Desa Sei Belumai Tanjung Morawa. Sedang 3 teman mereka masih diburon adalah Ku (36), Si (35) dan Sup (36) ketiganya disebut warga Mabar Medan. Kapolres Deli Serdang AKBP Mashudi SiK SH yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Ruruh Wicaksono SiK, kemarin (14/2) membenarkan penangkapan kawanan sindikat pembobol grosir tersebut. “Salah seorang diantaranya terpaksa kita tembak karena berusaha melarikan diri,” tukasnya. Lebih lanjut diterangkannya, keberhasilan ini berawal informasi masyarakat kepada petugas yang menyebutkan adanya sebuah mobil Kijang Innova warna hitam diduga baru melakukan aksi kejahatan. Petugas langsung melakukan penyelidikan, dan menemukan mobil tersebut sedang parkir di depan rumah di Dusun III Gang Anur Desa Bandar Labuhan Tanjung Morawa. Setelah digeledah, didalam mobil tersebut ditemukan puluhan slop rokok dari berbagai macam merek, beberapa plat mobil yang berbeda, 2 tang potong dan obeng besar. Setelah ditanyai SS mengaku bahwa barang tersebut baru dicurinya dari sebuah grosir yang berada di Dusun IV Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Namun saat hendak meringkus, SEW berusaha melarikan diri, sehingga SEW dilumpuhkan dengan sebutir peluru di bagian pantat bagian bawah tembus ke paha. Kepada petugas, SS mengaku saat beraksi dia ditemani 3 orang temannya Ku, Si dan Sup. Menurutnya SEW tidak ikut dalam aksi, namun hanya merupakan supir yang merental mobil kijang innova tersebut. Sekira pukul 08.00 WIB, pemilik grosir, Abdul Said Depari (34) warga Dusun IV Desa Percut Kecamatan Percut Sei Tuan, membuat pengaduan di Polsekta Percut Sei Tuan bahwa grosir miliknya dibobol pencuri sekira pukul 02.00 WIB. Disebutkan, uang tunai Rp10 juta di dalam laci, puluhan slop rokok berbagai macam merek dan berbagai macam barang dagangan lainnya raib digondol maling. Pencurian itu baru diketahuinya sekira pukul 06.00 WIB, setelah digedor warga yang mengatakan bahwa pintu depan grosirnya terbuka. (min)

cmyk

Perantau Asal Aceh Dimassa kamar dibuka paksa dan seluruh lemari kemudian dibongkar. Karena asiknya membongkar seluruh isi lemari dan meggondol pakaian yang ada, membuat tersangka lupa diri dan waktu. Korban yang menunggu di bawah menjadi curiga karena tersangka tidak juga turun-turun dari lantai dua untuk memantau. “Saya kemudian melihat ke atas. Rupanya dia sedang membongkar lemari pakaian. Saya langsung teriak maling dia langsung melarikan. Untung dapat ditangkap warga yang mendengar teriakan saya,” tukas Acong. Warga yang mendengar teriakan Acong segera berlari ke arah teriakan. Mereka melihat tersangka keluar dari pagar rumah dengan wajah ketakutan. Langsung saja satu terjangan membuatnya tersungkur disusul berbagai pukulan beruntun lainnya dari warga yang kesal. Oleh

warga dia kemudian diboyong ke Poltabes Medan. Kasat Reskrim Poltabes Medan Kompol Gideon melalui Kanit Jahtanras Poltabes Medan Iptu Faidir Chaniago yang ditemui di ruangannya kepada wartawan membenarkan penangkapan tersangka pembobol rumah kos ini. Dari tersangka polisi menyita barang bukti berupa tas berisi pakaian milik korban, sebuah linggis, dan berbagai ukuran kunci pas. Alat-alat itu digunakan tersangka untuk membongkar pintu kamar. Hingga kini polisi masih menelusuri kasus itu, untuk mengungkap latar belakang aksi pencurian itu. Polisi belum bisa memastikan alasan tersangka lebih memilih pakaian dari pada benda yang lebih berharga yang ada di kamar korban. “Dia mengaku semua sangkaan tapi belum mau jujur kenapa hanya pakaian saja yang diambilnya bukan barang berharga lainnya,” tukas Faidir. (min)

Operasi Kejahatan Jalanan

434 Kasus Berhasil Terungkap MEDAN-Sebanyak 434 tindak kejahatan jalanan di sejajaran Polda Sumut berhasil diungkap dalam Operasi Pemberantasan Kejahatan Jalanan sejak dimulainnya operasi Operasi Pemberantasan Kejahatan Jalanan, 20 Januari hingga Jumat 13 Februari. Informasi ini diungkapkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumut Komisaris Besar Polisi Baharuddin Djafar kepada Metro Aceh, Sabtu (14/2) terkait operasi yang dicanangkan Mabes Polri menje-

lang Pemilu 2009 ini. “Dalam sehari kita bisa membekuk puluhan pelaku kejahatan di jalanan. Dan setiap harinya juag, hasil penangkapan semakin berkurang saja menandai efektifnya operasi yang dilaksanakan,” tukasnya. Keterangan tersebut didasarinya laporan yang masuk setiap harinya kepadanya. Seperti laporan hasil operasi pada Jumat (13/4), dari kepolisian di sejajaran Polda Sumut diketahui 38 orang pelaku kriminal jalanan ditangkap. “Mereka ini ditangkap dengan berbagai perkara yang kita kenakan. Paling banyak berasal dari wilayah kesatuan Poltabes Medan,” tukasnya. Lebih detil diterangkannya, Poltabes Medan menangani 21 kasus perjudian, perampokan 3 perkara, copet (3 kasus), Curanmor (2), aniaya (3), pemerasan (3), dan perkara lainya 3. Dari hasil operasi ini 24 orang diamankan namun hanya 22 or-

ang diantaranya ditahan sedangkan 2 orang lagi hanya menjalani pembinaan. Kemudian kesatuan Polresta Tebing Tinggi 1 perkara yakni pencopet dan ditahan, Polres Simalungun 2 perkara keduanya ditahan, Polres Tapteng 2 perkara, Polres Nias 2 perkara dan Polres Asahan yang menangani 4 perkara. Berdasarkan data yang masuk kepadanya sejak dimulainya operasi ini, telah lebih 500 tersangka yang diamankan pihaknya. “Jumlah pasnya saya tidak ingat, namun lebih dari 500 tersangka dari 434 tangkapan kita lakukan,” tukasnya. Lebih lanjut disebutkannya, operasi akan diteruskan hingga Selasa (24/2) nanti dan akan diteruskan oleh setiap kesatuan mengambil sandi masing-masing. “Ini akan terus dilanjutkan oleh setiap satuan dengan operasi format yang hampir sama dengan operasi pemberantasan kriminal jalanan yang diintruksikan Mabes Polri ini,” pungkasnya. (min)

Peneror Rumah Konjen AS Diduga Stres MEDAN-Setelah melalui pemeriksaan intensif, Ferdi Arfan alias Arfan (40) yang diamankan atas tindak terornya terhadap rumah dinas Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat (AS), diduga mengalami gangguan jiwa. Hal ini ditandaskan Kapolsekta Medan Baru AKP M Adenan, Sabtu (14/2) kepada wartawan ketika dipertanyakan perkembangan penyelidikan terhadap tersangka Adenan penduduk Jalan Puri, Kecamatan Medan Area tersebut. “Kalau dilihat dari ciri-ciri fisik, sepertinya tersangka ada kelainan jiwa. Tapi dari bukti yang kami sita seperti bon pembayaran wartel, terlihat normal,” jelas Adenan. Disebutkan Adenan. Dugaan itu timbul setelah menjalani serangkaian pemeriksaan tersangka kerap memberikan keterangan yang ngawur, jauh dari pertanyaan yang dilontar-

kan petugas pemeriksa. “Dia sempat mengaku kerabat dekat seorang Letkol. Tak tahu apa maksudnya,” tukas Adenan lagi. Lebih lanjut diterangkan Adenan, pada awal pemeriksaan kepada petugas tersangka menerangkan aksi terornya tersebut dilakukan karena kesal dua kali suratnya kepada Presiden AS tidak juga mendapat jawaban. “Sakit hati dia kemudian menelpon Konjen dan mengancam akan melakukan pemboman,” kata Adenan. Namun untuk memastikan dugaan itu, polisi akan mengirim tersangka ke RS Bhayangkara Medan untuk menjalani serangkaian tes kejiwaan. Bila hasil pemeriksaan mengindikasikan tersangka sehat, maka ia akan dijerat Pasal 335 (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara. Aksi teror itu dilakukan tersangka pada Ka-

mis (12/2) lalu, dengan cara menelepon pos penjagaan Konjen AS, yang diterima Abdullah Sopa. Dalam percakapan itu, tersangka mengaku sebagai anggota AMD SK 14/7/25 Medan. Dari balik telepon, tersangka mengaku sudah memasang bom aktif di rumah dinas Konjen AS Jalan Walikota Medan. Tim Gegana Polda Sumut, dan Polsekta Medan Baru yang menerima informasi itu langsung menelusuri ancaman itu. Setelah memastikan tak ada bom, petugas mulai melacak keberadaan pelaku berkoordinasi dengan PT Telkom merunut nomor yang masuk ke Konjen AS dan akhirnya menemukan asal telepon dari Wartel di kawasan Medan Area. Pelacakan kemudian ditingkatkan hingga akhirnya dapat meringkus tersangka di kediamannya. (min)


cm y Berlaku Untuk Wilayah Banda Aceh dan sekitarnya *) Untuk hari berikutnya

Zuhur Ashar

Magrib Isya

12:40 16:03

18:35 19:50

Subuh 05:23*

Rakyat Aceh ECERAN RP. 2000

Adil, Damai, dan Demokrasi

www .rak yataceh www.rak .rakyataceh

NO. 030 TAHUN V

Ahad

15 FEBRUARI 2009 19 SHAFAR 1430 H

com

ONH Akan Turun JAKARTA-Harga bahan bakar pesawat, avtur merupakan salah satu komponen dalam penentuan tarif Ongkos Naik Haji (ONH). Namun, turunnya harga minyak dunia yang diikuti dengan penurunan harga avtur tak bisa memastikan harga ONH akan turun juga. “Kita belum bisa memastikan apakah tarif ONH akan turun

„ Jika Pemondokan, Transportasi dan Katering Turun „ Garuda Tak ‘Kuasai’ Calon Haji Lagi

„ Baca ONH Akan Hal 2

NOMOR CPNS KELUAR ATAS NAMA ORANG LAIN

Pengumuman CPNS Amburadul LANGSA-Pengumuman Kelulusan CPNS formasi 2008 yang dikeluarkan di satu media terbitan lokal, Jumat kemarin, ternyata terjadi sedikit kekeliruan. Dalam pengumuman itu ada kesalahan penempatan nomor ujian yang lulus atas nama orang lain. Hal itu dikeluhkan Nurul Husna, warga Sungai Pauh, Langsa Barat kepada wartawan di Langsa. Dalam pengumuman kelulusan CPNS itu untuk formasi guru jurusan D-II PGSD (Akta IV) wilayah Kabupaten Aceh Timur, nomor ujiannya 050300133 keluar dalam pengumuman itu. Namun nama yang keluar atas nomor itu bukan atas namanya, melainkan atas nama Nurfajri. Menyikapi kekeliruan itu, dirinya mencoba mengkonfirmasikan perihal kesalahan itu kepada pihak Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Aceh Timur. Namun dirinya mendapat jawaban yang tidak memuaskan. Bahkan jawaban dari salah seorang staf BKD sempat membuat hatinya sakit. “Saya dikatakan bodoh dan pekuk oleh seorang staf BKD Aceh Timur, saat mempertanyakan kesalahan hasil kelulusan nomor dirinya

atas nama orang lain itu,” sebut Nurul Husna sambil menangis mengingat jawaban yang diterima dari staf BKD Aceh Timur. Lanjut Nurul Husna, bahkan staf BKD itu juga mengatakan kalau dirinya tidak percaya dengan hasil pengumuman itu, maka dirinya disuruh membawa anaknya sekalian dan menginap di di BKD selama satu minggu. “Kalau tidak percaya bawa saja anakmu dan tidur disini selama seminggu,” sebutnya mengutip pernyataan staf BKD sambil terisak-isak, seraya menambahkan kalau nama yang sama itu biasa tapi bila nomor ujian itu tidak mungkin. Dalam nomor ujian Nurul Husna tertera sebagai salah seorang peserta ujian CPNS tahun 2008 dengan nomor ujian 050300133, kode jabatan guru SD, dengan kulaifikasi pendidikan D-II PAI. Wagub : Kalau Terbukti KKN Usut Sementara itu, terkait isu KKN dalam penerimaan CPNS 2009, Wakil Gubernur Aceh, M Nazar menegaskan, pihaknya tidak

„ Baca Pengumuman Hal 2

USUT TUNTAS KASUS KRIMINALITAS DI ACEH

Perusak Perdamaian Jadi Musuh Bersama ACEH UTARA-Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Malikussaleh (Unimal) Reuluet, Aceh Utara, Muntasir Pase, mendesak pihak kepolisian yang mempunyai legalitas penuh dalam menangani kondisi keamanan di Aceh pasca perjanjian damai. Tentunya, untuk dapat mengusut tuntas kasus-kasus pembunuhan dan tindak kriminalitas baik

bersifat politis serta ekonomis yang sedang marak terjadi di Aceh. “Ini semua perlu dilakukan untuk membuktikan kepada masyarakat maupun dunia Internasional bahwa Polri konsisten dalam menjaga perdamaian dan kamtibmas di Aceh, terutama menjelang Pemilu,” tegas

„ Baca Perusak Hal 2

Panwaslu Kesulitan Usut Pelanggaran BANDA ACEH-Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) NAD, menyatakan kesulitan dalam mengusut berbagai laporan kasus pelanggaran pidana oleh peserta Pemilu, karena bukti maupun saksi yang diberikan tidak kuat. Hal itu dikatakan anggota Panwaslu Zuraida Alwi Sabtu (14/ 2) saat diskusi Publik tentang ‘Potret Buram Pemilu 2009 di Aceh’, bersama Kapolda NAD Irjen Pol Rismawan yang diwakili Dir Reskrim, Kombes Pol Drs H S Maltha dan Ketua DPW PKS Ghufran Zainal Abidin, yang digelar Pema Unsyiah di Universitas Syiah Kuala. “Ada yang dapat melaporkan pelanggaran dengan membawa barang

rakyataceh@yahoo.com

cmy

bukti berupa abu bekas bendera yang terbakar, hal itu tidak dapat dijadikan bukti kuat tanpa dilengkapi saksi yang melihat langsung kejadian tersebut,” kata Zuraida. Panwaslu menurut Zuraida, tidak dapat meneruskan laporan tersebut untuk diusut oleh Polri karena tidak cukup bukti, begitu juga Polri nantinya akan mengalami keselitan saat penyidikan kasus tersebut, oleh itu bagi masyarakat maupun peserta pemilu yang ingin melaporkan harus menyertakan bukti dan saksi kuat agar memudahkan pengusutan.

„ Baca Panwaslu Hal 2

KAWASAN ENDEMIS MALARIA DI BANDA ACEH „ Beberapa kelurahan di Kecamatan Meraksa „ Beberapa kelurahan di Kecamatan Syiah Kuala „ Beberapa kelurahan di Kecamatan Kuta Alam „ Beberapa kelurahan di Kecamatan Kuta Raja „ Beberapa kelurahan di Kecamatan Baiturrahman SUMBER : DOK RAKYAT ACEH

Kawasan Endemis Malaria di Fogging

RAKYAT ACEH/IMRAN JONI

HADIRI PERTEMUAN : Rombongan Deplu melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Aceh, M Nazar di Banda Aceh, Jumat (13/2).

Pemulangan Pengungsi Rohingya Dievaluasi

BANDA ACEH-Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Sabtu (14/2) menggandeng Parpol PKPB Provinsi melakukan fogging di Kelurahan Keuramat yang merupakan salah satu kawasan endemis malaria. Camat Kuta Alam, Banda Aceh, Fadhil S Sos didampingi koordinator pelaksanaa PKPB, Adnan Yacob kepada wartawan, mengatakan, fogging ini dalam rangka mengurangi berkembang biaknya nyamuk malaria di lingkungan tersebut. Menurutnya, ada beberapa kawasan di daerahnya merupakan endemis malaria, termasuk Kelurahan Keuramat di Kota Banda Aceh, sebab, kawasan ini saluran pembuangan sangat rendah dari jalan sehingga air pembuangan penduduk tidak mengalir. Namun, katanya dibandingkan Syiah Kuala sebelumnya merupakan tertinggi, justru awal tahun ini terjadi penuruan dibandingkan Kelurahan Keuramat dan berdasarkan laporan bahkan, anak-anak pun terkena DBD.

BANDA ACEH-Kementrian Departemen Luar Negeri (Deplu) Indonesia, menyebutkan, keberadaan pengungsi Rohingya, Myanmar yang terdampar di Aceh, dalam waktu dekat segera dipulangkan. Untuk pemulangan nantinya, pihaknya masih belum memastikan jadwalnya kapan, tetapi, kata Andri, Deplu bersama Pemerintah Aceh akan mencari mekanisme yang baik sehingga ada keseimbangan ‘balance’ daerah dan pusat. “Kita sedang mengevaluasi dahulu untuk kepulangan mereka, sebab, secara kemanusiaan sudah ditangani dengan baik oleh Pemerintah Aceh dan jajarannya beserta instansi lainnya,” ujar Dirjen, Informasi dam Diplomasi Publik, Andri Hadi usai bertemu dengan Wakil Gubernur Aceh, M Nazar di Banda Aceh, Jumat (13/2). Evaluasi yang dilakukan, menurut Andri, Deplu akan mempelajari kembali motif mereka, apakah melarikan diri disebabkan desakan ekonomi ataupun adalah politik. Deplu sudah melakukan verifikasi dan memberikan bantuan sekaligus mewawancarai sejumlah pengungsi. Dan, semata-mata demi kepentingan nasional dan Aceh. Namun, tambahnya, berdasarkan hasil informasi dari pejabat di Aceh maupun para pengungsi itu mereka melarikan diri dari negaranya karena motif ekonomi, sehingga secara kemanusian perlu dibantu sementara saja yang sudah diberikan Pemerintah

Akan Segera Dipulangkan

„ Baca Kawasan Hal 2

FOGGING : Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bekerjasama dengan Parpol PKPB Provinsi Aceh, Sabtu (14/2) melakukan fogging kepada masyarakat di Kelurahan Keuramat, Sabtu (14/2).

„ Baca Pemulangan Pengungsi Hal 2

RAKYAT ACEH/IMRAN JONI

JERITAN MASYARAKAT MISKIN MENUNGGU RASKIN

Tak Segera Dikucurkan, Kami Akan Kelaparan Tingginya harga gabah padi tentunya diikuti dengan mahalnya harga beras dipasaran membuat bertambahnya beban hidup. Jeritan kemiskinan semakin nyata didepan mata bahkan kelaparan akan segera mengancam bila pemerintah tidak segera mengucurkan beras bagi rumah tangga miskin atau raskin. LAPORAN AMIRINSYAH KUTACANE

RAKYAT ACEH/ AMIRINSYAH

WARGA MISKIN : Inen Awi (65) terlihat duduk terpaku merenungkan nasib keluarganya yang hidup menumpang dirumah orang lain, karena tak sejengkal tanah pun yang mereka punya. Foto dijepret, Sabtu (14/2).

www.epaper.rakyataceh.com

TIDAK dapat dipungkiri, kebijakan pemerintah tentang bantuan raskin untuk rumah tangga miskin yang menjadi sasaran sangatlah tepat, terbukti dengan adanya bantuan raskin jeritan kemiskinan kian berkurang bahkan terlepas dari ancaman kelaparan. Tapi kapan pemerintah akan mengucurkan raskin kepada masyarakat sementara saat ini masyarakat sangat membutuhkan bantuan tersebut. Sebelum pemerintah pusat mengucurkan bantuan raskin ini adakah kebijakan dari pemerintah kabupaten untuk membantu masyarakat dengan cara menanggulangi raskin yang belum dikucurkan tersebut. Pertanyaan ini muncul dari benak masyarakat miskin yang saat ini sudah mulai berteriak tentang kelaparan,wajar

„ Baca Tak Segera Hal 2

iklan@rakyataceh.com


2

Rakyat Aceh AHAD, 15 FEBRUARI 2009

www.rakyataceh.com

Insiden Pulau Miangas Bukti Pemerintah Lalai KASUS dimasukkannya wilayah perairan Pulau Miangas dalam rute perjalanan biro travel wisata Filipina merupakan bukti kelalaian Pemerintah Indonesia dalam menginvetarisir teritorialnya. KSAL Laksamana Tedjo Edhy Purdijanto di sela-sela rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR meminta Departemen Luar Negeri untuk mengadakan pembicaraan dengan Filipina terkait status Pulau Miangas. Kendati permintaan itu dituruti dan kemudian diketahui bahwa pangkal persoalan karena faktor ketidaktahuan biro travel yang bersangkutan, Bantarto tetap menilai insiden terjadi karena faktor kurangnya perhatian pemerintah terhadap wilayah-wilayah perbatasan. “Baru ketika ada negara lain yang mengklaim, pemerintah seakan-akan terkejut,” terangnya. “Ini harus diperbaiki agar kasus serupa tidak terjadi dan tidak dianggap sebagai titik lemah negara Indonesia oleh negara-negara tetangga,” imbuhnya. Bantarto menjelaskan, insiden semacam ini bisa berakibat fatal bagi hubungan bilateral kedua negara. Sehingga langkah pencegahan agar kejadian serupa tak terulang harus segera dilakukan. “Bisa jadi negara-negara tetangga menjadikan langkah semacam itu untuk mengetahui kekuatan Indonesia,” ungkapnya. Karena itu, Departemen Dalam Negeri selaku pihak yang bertanggungjawab harus melakukan inventarisasi ulang wilayah-wilayah perbatasan dan mensosialisasikannya kepada TNI, Departemen Luar Negeri, dan publik. Disebutkan , Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjamin Pulau Miangas tidak akan jatuh ke pihak asing. Hingga kini belum ada tentara negara Filipina yang berani memasuki wilayah teritori Indonesia diujung Sulawesi itu. “Miangas tidak ada masalah, sejauh ini tidak ada tentara Filipina yang berusaha mengambil alih pulau itu,” tegas juru bicara Mabes TNI Marsekal Muda TNI Sagom Tamboen di Jakarta, Sabtu (14/2). Sagom kembali menegaskan hingga status Pulau Miangas masih betul-betul dalam kendali NKRI. Bahkan, dia menjelaskan sebenarnya Filipina tidak pernah mengklaim kepemilikan atas pulau itu. Sehingga tidak diperlukan adanya tambahan pasukan. “Yang ada saja kita berdayakan,” ungkapnya. Menurut Sagom, yang ada hanya informasi bahwa salah satu biro perjalanan pariwisata di negara Filipina memasukkan wilayah perairan Pulau Miangas dalam rute perjalanan wisata yang ditawarkan. “Sehingga TNI perlu mengingatkan Departemen Luar Negeri untuk mengklarifikasi soal itu,” terangnya. Dalam hal ini, TNI mendesak agar instansi terkait yang menangani masalah perbatasan seperti Departemen Luar Negeri segera mengambil langkah konkret untuk mengklarifikasi masalah itu. “Kita jangan buang-buang waktu,” pintanya. (net/jpnn)

Arianespace Siap Luncurkan 5 Satelit Baru JAKARTA-Akhir 2010, Ariane 5 akan kembali meluncur dengan membawa 5 satelit baru di Prancis. Keterangan resmi Arianespace, Sabtu (14/2), menyatakan kelima satelit tersebut adalah Hispasat 1E yang akan digunakan oleh operator Spanyol Hispasat, Arabsat 5C dan 6B untuk operator Saudi Ariabia Arabsat, dan Yamal 401 dan 402 untuk operator Rusia Gazprom. Hispasat 1E akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 pada akhir 2010 dari Guina Space Center di Kourou, Perancis Guiana. Satelit ini akan dirancang dengan Space Systems atau Loral menggunakan platform LS 1300. Dengan bobot sekitar 5.270 kg pada saat peluncuran, satelit ini akan dilengkapi dengan transponders 53 Kuband. Satelit besar ini akan memberikan Hispasat kapasitas tambahan, yang memungkinkan untuk meluaskan jaringan video dan jasa data transimisi yang meliputi Eropa dan pan-America. Diposisikan pada orbit 30 derajat bujur barat, Hispasat 1E dirancang untuk mencapai umur 15 tahun. Hispasat 1E kan menjadi satelit Spanyol ke-6 yang diluncurkan oleh Arianespace. Peluncur Eropa telah mengorbitkan Hispasat 1A dan 1B pada tahun 1992 dan 1993. Lalu, di tahun 2005 dan 2006, grup Hispasat meminta Arianespace untuk meluncurkan satelit XTAR-Eur dan Spainsat dari HISDESAT. Tahun ini Arianespace akan meluncurkan kembali salah satu satelit perusahaannya, Amazonas-2. Arabsat 5C dijadwalkan akan meluncur dalam orbit transfer geostationary (GTO) pada kwartal ketiga tahun 2011. Akan diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 ECA Guina Space Center di Kourou, Perancis Guiana. Peluncuran Arabsat 6B ini dijadwalkan pada semester kedua 2012. Dua kontrak ini merupakan yang ke-14 dan yang ke15 dari kontrak Service and Solutions yang ditanda tangani oleh Arianespace di Timur Tengah. Satelit Arabsat 5C dan 6B akan diproduksi oleh EADS Astrium dan Thales Alenia Space, yang merupakan bagian dari kontrak turnkey dengan satelit komunikasi milik Arabsat operator, yang berbasis di Riyadh, Saudi Arabia. Astrium akan menyediakan platform Eurostar E3000 dan menangani satelit integrasi, sementara itu Tahles Alenia Space akan menyediakan payloads. Dengan desain yang akan mencapai hingga 15 tahun, dua satelit komunikasi akan menyediakan jasa telekomunikasi dan tayangan televisi di Timur Tengah dan Afrika. Arabsat 5C akan dilengkapi dengan transponder aktif 26 C band dan 12 Kaband dan akan diposisikan pada 20 derajat bujur timur. Arabsat 6B akan dilengkapi dengan transonder aktif 36 aktif Ku-band dan akan diposisikan pada 26 derajat timur. Kedua satelit ini berbobot mencapai 5 ton. (net/jpnn) Presiden Komisaris Rida K. Liamsi Komisaris Ari Purnama Direktur Utama Syaiful Ishak Pemimpin Umum/Penanggung jawab Syaiful Ishak Pemimpin Perusahaan Finka Rozana Tanjung Pjs Pemimpin Redaksi Riza Budiwan

Sambungan Menteri Keuangan Negara G7 Bicara Krisis

RAKYAT ACEH/IMRAN JONI

KENA DBD : Seorang bocah, M Fitra Aska (6) warga Kelurahan Keuramat, Banda Aceh terbaring lemas akibat terjangkit DBD.

Kawasan Endemis Malaria di Fogging Sambungan dari hal 1

“Kita sangat mendukung program pemberantasan DBD, namun, terkendala dengan anggaran, karenanya dengan kepedulian PKPB melakukan fogging justru telah meringankan beban pemerintah

kota,” ungkapnya. Sementara, koordinator pelaksana, Adnan Yacob mengatakan, program ini bentuk kepedulian PKPB kepada masyarakat di lingkungan Kuta Alam dan sekitarnya memberantas DBD. “Kami peduli dengan kesehatan dan lingkungan masyarakat

paling tidak dapat meringankan beban pemerintah kota,” ujarnya. Pelaksanaan ini tambahnya berlangsung Sabtu dan Minggu, dan direncanakan fogging bergiliran di kawasan dalam Kecamatan Kuta Alam, baik rumah warga maupun selokan yang tergenang air. (imj)

Perusak Perdamaian Jadi Musuh Bersama Sambungan dari hal 1

Muntasir Pase, kepada wartawan koran ini, Sabtu (14/2). Selain itu, dia juga juga mendesak pemerintah agar dapat menghadirkan pemantau Internasional ke Aceh untuk memantau proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) pada April mendatang. Pasalnya, jika Pemilu nantinya gagal maka kita khawatirkan akan berimbas terhadap perdamaian yang sudah terbangun dengan susah payah di Aceh. “Kita merasa prihatin terhadap kondisi aktual keamanan Aceh, apalagi ironisnya dari sekian kasus kriminal dan pembuhunan yang bersifat politis menjelang Pemilu, sampai saat ini belum

ada satu pun kasus yang telah di usut tuntas pihak kepolisian. Sehingga pihak-pihak yang mencoba merusak perdamaian Aceh masih leluasan mengobok-ngobok kembali Aceh, termasuk membunuh kader-kader partai politik,” ungkap Ketua BEM Unimal, Aceh Utara. Sebut Muntasir, para pelaku kriminalitas ini sangat kontras adanya indikasi untuk mengagalkan pemilu dan perdamaian sehingga Aceh kembali terjaring ke kancah konflik dan bila itu terjadi sangat disayangkan sudah puluhan tahun rakyat Aceh, hidup dalam konflik. Dimana puluhan ribu korban berjatuhan baik dari sipil, GAM/ TNI/Polri yang menjadi korban perang. Lanjut dia, dalam menyikapi situasi dan

kondisi aktual kami juga menghimbau kepada kader-kader parpol agar mematuhi aturan yang berlaku untuk dapat bersaing secara fair pada Pemilu mendatang. Karena yang perlu diketahui bagi semua pihak Pemilu hanya sesaat, sementara perdamaian untuk selamanya dan segenap elemen masyarakat untuk pro aktif serta melaporkan aksiaksi yang mengarah kriminal kepada pihak kepolisian. “Marilah kita jadikan pelaku kriminalitas dan perusak perdamaian Aceh sebagai musuh bersama. Jangan kita biarkan mereka bebas melakukan kejahatan dengan meneror serta menembak kader-kader partai politik, termasuk rakyat Aceh sendiri yang tidak berdosa,”imbuhnya. (arm)

Pengumuman CPNS Amburadul Sambungan dari hal 1

segan-segan untuk meminta aparat penegak hukum mengusut pejabat yang melakukan KKN dalam penerimaan CPNS 2009. Sebelumnya Nazar sudah mengingatkan kepada pejabat di daerah untuk tidak melakukan KKN dalam penerimaan CPNS di masingmasing daerahnya. “Saudara saya saja tidak ada yang ikut pegawai,” tandasnya menjawab wartawan kemarin. Menurutnya, mencuatnya kasus KKN

penerimaan CPNS sebagaimana terjadi di Aceh Selatan, Aceh Tenggara yang dimuat beberapa media massa lokal kemarin masih akan dipelajari kembali olehnya. “Saya sudah membaca beritanya dan kemudian dapat laporan dari Aceh Selatan, ada istri Wakil Bupati setempat yang lulus dua tempat, namun, sejauh ini kita tidak bisa menuduh apakah KKN atau tidak,” ungkapnya. Begitu juga terhadap nama ganda pada satu formasi, menurutnya memang di Aceh nama seseorang nyaris banyak kesamaan

dan itu akan dihapus dan dipilih salah satu tidak bisa dua nama. “Jadi yang sama nama ataupun tertukar akan diproses kembali pada saat pendaftaran ulang oleh panitia sebelum dikirimkan ke Menpan,” jelasnya. Menurutnya, hasil pengumuman itu dilakukan dengan IT sehingga jelas jawaban tertinggi atau banyak benar merekalah yang lulus dan tidak ada upaya untuk merekayasa hasilnya, sebab, kita ingin kelulusan ini benar-benar murni. (imj/dai)

Panwaslu Kesulitan Usut Pelanggaran Sambungan dari hal 1 etiap tahapan Pemilu masalah pelanggaran

Zuraida menjelaskan, kini Panwaslu sudah banyak menerima laporan pelanggaran baik langsung maupun lewat Short Message Service (SMS) maupun telepon dan ada beberapa kasus telah ditindaklanjuti menurut porsi pelanggaran yang terjadi. Dalam kesempatan tersebut, Dir Reskrim Kombes Pol Drs H S Maltha mengatakan, dis-

tidak dapat dihindari. “Dan diperlukan kerja ekstra dan koordinasi yang kuat antara Polri, Panwaslu dan pihak kejaksaan,” ujarnya. Ia menyatakan, Polri akan membantu penuh Panwaslu dalam menerima laporan tindakan pidana Pemilu dari Panwaslu untuk segera diselidiki dan bila berkasnya sudah cukup maka akan diteruskan ke pihak kejaksaan.

Sementara itu, Ghufron menyatakan keoptimisannya pemilu 2009 akan berlangsung aman dan damai di Aceh, walaupun ada beberapa gesekan dan pelanggaran yang dilakukan di lapangan. Namun menurutnya, hal tersebut dapat dijadikan pembelajaran dan pendewasaan bagi masyarakat, disamping pelanggaran yang terjadi dijadikan sebagai evaluasi agar kedepan bisa dihilangkan dan diminimalisir. (slm)

Pemulangan Pengungsi Rohingya Dievaluasi Sambungan dari hal 1

Aceh dan Pusat. Menyinggung tentang pengungsi Rohingya ini ingin tinggal di Aceh, dan tidak ingin kembali ke negaranya, pihaknya belum mendengar kabar tersebut, dan menurutnya pemerintah tidak ingin terbebani untuk itu. “Kita harus melihatnya secara hati-hati dahulu, penduduk kita saja su-

dah banyak, ditambah lagi mereka tentunya kita tidak ingin nambah lagilah, justru nanti datang gelombang pengungsi lebih banyak lagi, dan wilayah ini akan menjadi medan bagi pengungsi serta tidak hanya menjadi beban daerah tetapi juga nasional,” tandasnya. Sebagaimana diberitakan sebelumnya,. Pertengahan Januari dan awal Februari 2009 telah ditemukan dua gelombang pengungsi

Rohingya Myanmar terdampar di Sabang sebanyak 198 orang dan Kuala Idi 193 orang. Mereka kemudian diberikan pelayanan kesehatan dan akomodasi oleh pemerintah setempat beserta instansi terkait lainnya karena sudah terkatng-katung selama 20 hari di laut. Dan, kini para pengungsi itu masih di dua lokasi dan dalam pengawasan pihak terkait. (imj)

ROME-Kemarin, para menteri keuangan dari kelompok G7 mulai mengadakan pertemuan untuk segera membahas rencana untuk mengeluarkan dunia dari krisis ekonomi yang berkelanjutan. Hal tersebut dipicu oleh Kepala Dana Moneter Internasional (IMF) Dominique StraussKahn yang mengatakan bahwa ekonomi global sedang dalam resesi yang dalam. “Perekonomian dunia menuju resesi yang dalam. Negara-negara berkembang pun juga terkena imbasnya. Kami tidak melihat adanya sinyal kalau di 2009 akan lebih membaik seperti yang diharapkan,” ujar Dominique StraussKahn, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (14/2). Para menteri keuangan dari G7 dan kepala bank sentral dari Inggris, Kanada, Perancis, Jerman, Italia, dan Jepang, dan AS bertemu untuk bersama-sama membahas krisis, membandingkan paket stimulus yang dikeluarkan masing-masing negara, termasuk adanya peraturan baru yang dikeluarkan menyangkut krisis tersebut. Menteri Keuangan AS Timothy Geithner secara mendadak pun tiba di Roma untuk membicarakan masalah krisis tersebut secara bilateral bersama dengan tujuh delegasi masing-masing negara yang berasal dari tujuh negara industri. “Ini merupakan panggilan yang luar biasa bahwa semua bisa berkumpul di sini. Para menteri keuangan ini akan menjalankan peran mereka untuk memperkuat perekonomian makro dan sektor keuangan yang menjadi tantangan,” ujar Geithner. Geithner juga direncanakan untuk menbicarakan rencana stabilisasi keuangan AS, yang mendapat reaksi skeptis di AS sendiri. “Hal pertama yang harus dilakukan adalah meyakinkan diri bahwa sistem keuangan di negara kita kredibel dan beregulasi,” tandasnya. Sementara itu, Menkeu Jepang telah memperingati delegasi G7 akan mengambil ‘langkah pasti’ melawan ‘kejahatan absolut’ dari sistem proteksionisme, di mana negara-negara mengukur dan mendukung perekonomian mereka. (rtr/jpnn)

ONH Akan Turun Sambungan dari hal 1

karena selain penerbangan juga ada tarif pemondokan, transportasi dan katering. Kalau semua ini bisa turun, maka kemungkinan tarif ONH akan diturunkan,” ujar Maftuh Basyuni, Menteri Agama (Menag) usai membuka acara Internasional Islamic Expo 2009 di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (14/2). Menurut Maftuh, tahun 2009 Depag juga akan memberikan kesempatan bagi maskapai selain Garuda, dan Saudi Airlines untuk memberangkatkan jamaah haji ke Tanah Suci. “Kita memberikan kesempatan asal semua izinnya telah dipenuhi,” katanya. Depag Masih Tunggu Tanggapan Pemerintah Arab Saudi Sementara itu, terkait penerapan paspor hijau bagi seluruh jamaah haji, Maftuh Basyuni bilang, Departemen Agama (Depag) masih melobi pemerintah Arab Saudi untuk memberikan waktu bagi pemerintah Indonesia. Menurutnya, pemberlakuan paspor hijau bagi jamaah haji indonesia bertentangan dengan undang-undang. “Kita sudah mengirimkan surat untuk meminta pemerintah arab saudi memberikan toleransi waktu mengenai penggunaan paspor internasional tersebut bagi Indonesia,” katanya. Maftuh menyatakan salah satu masalah yang timbul karena pemberlakukan paspor hijau tersebut adalah peraturan tersebut akan bertentangan dengan UU yang ada di Indonesia. “Karena menurut UU Imigrasi maupun UU Haji, jamaah haji harus menggunakan paspor coklat. Ini menimbulkan dilema karena jika tidak mengikuti peraturan tersebut maka tidak akan diberi visa,” jelasnya Maftuh mengakui kini sulit melakukan revisi UU tersebut disebabkan. Jadwal pemilu menyulitkan Depag untuk melakukan pertemuan dengan DPR. “Ini kan tahun politik. Sehingga cukup sulit untuk melakukan pertemuan dengan DPR,” ucapnya. (net/jpnn)

Tak Segera Dikucurkan, Kami Akan Kelaparan Sambungan dari hal 1

saja mereka berteriak lapar karena dengan penghasilan jauh dibawah Upah Minimum Regional (UMR) tidak akan mungkin mereka mampu membeli beras dengan harga yang tidak terkendali. Inen Awi (65), warga Desa Titi Pasir Kecamatan Semadam kepada koran ini bercerita bahwa sepeninggal suami dan anaknya, dirinya bersama menantu perempuannya harus menanggung beban hidup lima orang cucunya yang masih kecil. Sementara menantunya Inen Kasnan (32), juga hanya bergantung kepada buruh tani yang terkadang ada kadang tidak. Sedangkan Inen Awi sendiri hanya mampu duduk dirumahnya karena dirinya yang sudah tua,saat ini Inen Awi juga sudah tidak dapat melihat hanya saja masih mengenali suara orang terdekatnya. Kini hidup keluarga miskin yang tinggal dirumah kebun milik seorang warga Simpang Semadam ini makan juga bergantung kepada

bantuan warga yang masih memiliki nurani karena tidak sejengkal tanahpun yang Inen Awi miliki. Akankah keluarga ini mampu bertahan dengan belas kasih dari orang lain sementara orang lain juga yang berada disekitarnya saat ini mulai kesulitan untuk membeli beras karena mahalnya harga kebutuhan pokok tersebut. Saat wartawan koran ini berkunjung kerumah Inen Awi yang ditemui sendirian dirumahnya mengaku kelima cucunya sedang bermain sementara menantunya menjadi buruh tani pada lahan milik warga sekitar. Kesedihan demi kesedihan terlontar dari mulut nenek yang sudah renta ini. “Sampai kapan kami akan tinggal dirumah milik orang ditengah kebun ini,tidakkah ada perhatian dari pihak lain untuk keluarga miskin seperti kami,” katanya seakan berbisik. Keluhan yang sama juga dirasakan oleh Asiah (40) warga desa yang sama,janda beranak tiga ini harus banting tulang menjadi buruh tani untuk mengisi sejengkal perut ketiga

anaknya. Kehadiran Raskin bagi mereka merupakan berkah yang tak terhingga “Namun kapan raskin ini akan diterima, adakah pemerintah daerah berpikir untuk membantu kehidupan masyarakat miskin seperti kami?” tanya Asiah. Asiah mengaku tidak membutuhkan bibit coklat serta bibit mangga atau rambutan yang dibagikan secara cuma-cuma karena tidak bermanfaat bagi mereka. “Mau kemana kami tanam bibit coklat itu,jangankan tanah untuk kebun, tanah untuk kuburan saja kami akan menumpang di TPU (Tempat Pemakaman Umum),” katanya lirih. “Kami hanya orang miskin yang tidak punya tanah,kami hanya butuh beras untuk makan bukan yang lain,kalau tahun lalu kami masih terima Raskin,tapi tahun ini belum ada sama sekali,” aku Asiah. Terkait mahalnya harga gabah padi dan beras dipasaran, Budiman Ishak (50), seorang pengusaha kilang padi UD KP Budi mengakui kalau harga gabah padi saat ini dipasaran mencapai Rp 3.400 per kilogram

dan harga beras mencapai Rp 5.850 per kilogram. “Harga ini memang sangat menyulitkan masyarakat,namun bila Pemkab Agara segera turun tangan menertibkan harga pasar besar kemungkinan harga ini akan stabil,penertiban yang dilakukan Pemkab Agara juga harus disertai dengan pengucuran Raskin kepada masyarakat,” terang Budiman. Bila Raskin tidak dikucurkan maka penertiban harga pasar ini juga tidak akan berlangsung lama, selain mengucurkan Raskin,Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Kutacane juga diharapkan mengadakan operasi pasar sehingga masyarakat miskin benar-benar merasa dibantu dan dapat terlepas dari ancaman kelaparan. Peran Pemerintah dalam hal ini sangat dibutuhkan, kalau hal ini terus dibiarkan maka kelaparan benar-benar akan melanda. “Karena hanya sebagian masyarakat yang mampu mengikuti perkembangan harga, kebanyakan masyarakat di Agara adalah kurang mampu,” pungkas Budiman. (**)

Redaktur: Mardeni Malemi, Al Amin Zakir, Siti Amelia, Ass. Redaktur: Sudirman Mansyur, Rahmad Syahputra, Sekretariat Redaksi: Fatimah Zuhra, Reporter: M. Khaddin, Sulaiman, Bahriar Syah, Dian Rakyat Aceh Emsaci, Denny Sartika (Banda Aceh) M. Rizal (Sabang) Bahrul Walidin ( Bireuen) Muchlis Ismail, Armiadi, Agustiar, (Lhokseumawe) Faisal (Lhoksukon, Aceh Utara) Roni Juanda, Win Ruhdi Bathin (Takengon), Dewan Redaksi: Syaiful Ishak (Ketua), Riza Budiwan, Amru Lubis, Imran Joni, M. Susahdi, Idris Bendung (Anggota), Pjs Redaktur Pelaksana: Amru Lubis, Koordinator Liputan: Imran Joni, M. Susahdi,

Terbit Sejak 17 Januari 2005 Ray Iskandar (Idi Rayeuk, Aceh Timur) , Bahtiar Husein (Langsa) M. Nurdin, Sutrisno (Kualasimpang) Isfandiar (Sigli), Fauzul (Pidie Jaya), M. Alman Safriandi (Blangpidie), Pracetak/Perwajahan: Turimin (Kabag), Iswendy, Heri Yanto, Muhajir, Heriyanto Jr, Puji Ardiansyah, Fauzi ( Design Grafis) Umum/Adm/Keu: Finka Rozana Tanjung (Kabag), Dirma Jelita Gea, Pemasaran:Ansor Khawari ( Kabag. Pemasaran), Junaidi (Koorddinator Banda Aceh), Helmi, Dian, Zakir M, Ahmad, Muzakir, Ramlan (Koordinator Lhokseumawe), Hakim Syaputra, Padan Mulya S, Zulpan Efendi (Ekspedisi), Biro Bireuen: Bahrul Walidin (Ka. Biro), Lina (Adm), Biro Lhokseumawe: Idris Bendung (Ka. Biro), Efridawati (Adm.), Suryanie (Adm.), Dep. Iklan: Ansor Khawari (Kabag), M. Faisal Azhari (Design), Nour Wahyuni, Website: www. rakyataceh. com , Fauzan S Ag (Penjab), Penelitian dan Pengembangan (Litbang): Salamuddin . Alamat Redaksi dan Pemasaran : Jalan Panglima Nyak Makam No.39 Banda Aceh Telp. 0651-31341 Fax (0651)35478. Perwakilan Aceh Utara :Jl.Baiturrahim No.15 Tlp.(0645) 42538 Lancang Garam Lhokseumawe.Perwakilan Medan : Graha Pena Medan Jl.Sisingamangaraja Km 8.5 No.134 Amplas-Medan. 7883061 Fax (061) 7881733. E-mail : rakyataceh@yahoo.com.Perwakilan Jakarta: Jalan Raya Kebayoran Lama 17 Jaksel Telp. (021)- 5349205, 534926, 5349115. Fax. (021)- 53490522. Tarif Iklan: Hitam/Putih (B/W) Umum/Display Rp. 6.000/mm kolom (Khusus Halaman 1 Rp. 15.000/mm kolom, Halaman 8 Rp. 10.000/mm kolom), Iklan Keluarga/Ucapan Selamat Rp. 4.500/mm kolom, Iklan Warna (Full Colour) Rp. 15.000/mm kolom (Khusus Halaman 1 Rp. 20.000/mm kolom, Halaman 8 Rp. 15.000/mm kolom). Harga iklan ditambah PPN 10%. Rekening A/n: PT Aceh Inter Media Pers, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kota Banda Aceh No.Rek: 01.05.570145.7 dan Bank Syariah Mandiri Pusat Kota Banda Aceh No.Rek : 0100311937,Penerbit: PT Aceh Inter Media Pers. Pencetak : PT Medan Graindo, Graha Pena Medan, Jl.Sisingamangaraja Km 8.5 No.134 Amplas-Medan. Telp. (061)-7881661 (Hunting). Isi di luar tanggungjawab pencetak.

WartawanHarianRakyatAcehdilengkapidenganIDCarddanatausurattugasyangditandatanganiolehPemimpinRedaksi dan tidak dibenarkan meminta dan menerima sesuatu dari narasumber. Segala hal berkaitan dengan tindak tanduk wartawan Rakyat Aceh, diminta menghubungi Sekretariat Redaksi.


Kuta sultan

CM Y K

Rakyat Aceh AHAD, 15 FEBRUARI 2009

www.rakyataceh.com

3

Warga Butuh Pembinaan BANDA ACEH-Masyarakat Aceh juga merupakan masyarakat yang dipimpin dan perlu dibina. Sekaligus, tidak mengkotak-kotakan kelompok masyarakat Aceh. Kalau masih ada masyarakat Aceh yang dianggap sebagai milisi, berarti dendam masa lalu masih kuat pada diri para pemimpin yang berkonflik dulu. Hal itu ditegaskan Kapendam Iskandar Muda Mayor Caj Dudi Dzulfadli, kepada koran ini kemarin melalui press release yang dikirim ke redaksi, kemarin. Masih ditulis Kapendam, jadi tidak ada kata milisi lagi, jangan menempatkan masyarakat Aceh, sebagai milisi yang merusak, karena Pernyataan gubernur Irwandi tentang penangkapan anggota PA dalam satu razia digelar para milisi di kawasan Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah, cukup mengagetkan. Kapendam IM menilai, pengistilahan milisi tidak dikenal di Aceh, apalagi pada saat damai. Dan seluruh masyarakat Aceh adalah rakyat Pak Gubernur. Mayor Caj Dudi Dzulfadli menegaskan dalam releasenya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka mengartikan istilah milisi sebagai orang yang menjadi prajurit. Karena memenuhi wajib militer atau kewajiban masuk tentara untuk masa yang tertentu. Menurutnya, sejarah keterlibatan sipil bersenjata (milisi) untuk mendukung perjuangan sebuah cita-cita di Indonesia memang pernah ada. Tetapi, itu perjuangan kemerdekaan Indonesia yang melibatkan sejumlah kelompok sipil bersenjata dengan berbagai nama. Mereka waktu itu, disebut Laskar-laskar, bahkan menjadi modal pembentukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini. Karena itu, TNI dianggap sebagai anak kandung rakyat, karena dilahirkan oleh rakyat. ”Jangan ada masyarakat yang dijadikan musuh, sedangkan yang lain dijadikan anak emas. Peristiwa di Bener Meriah adalah masyarakat yang sedang melakukan Siskamling, untuk menjaga dan memelihara keamanan lingkungannya, terutama bagi orang yang perlu dicurigai. Kebetulan saja yang dicurigai saat itu adalah anggota PA,” tulis Kapendam IM. Dudi menilai perkara menuduh dan mencurigai di berita media di Aceh, seharusnya komunikasi selalu dibangun di berbagai lini. Siapapun masyarakat, apapun statusnya akan selalu mendambakan Aceh ini damai selamanya, termasuk media massa yang menjadi penentu kabar masyarakat di wilayah Aceh. Juru bicara Pendam IM, menyarankan untuk itu hindari ungkapan-ungkapan tanpa bukti, ucapan-ucapan dan istilahistilah yang dapat mencederai perdamaian. Percayakan kepada pihak Kepolisian bila terkait dengan tindakan kriminalitas. Pelaku kekerasan harus ditempatkan sebagai pelaku kriminal, pelaku kriminal harus ditindak dan hukum harus ditegakkan, jangan saling menuduh, mencurigai dan memusuhi, karena hal ini dapat menumbuhkan benih-benih konflik baru di masyarakat. “Jelang Pemilu 2009, saya berharap masyarakat Aceh membangun komitmen bersama untuk melaksanakan mekanisme Pemilu dengan baik, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (Luber dan Jurdil). Tidak melakukan hal-hal yang dapat mencederai demokrasi, seperti mengancam, teror, menculik dan membunuh,” tulis Kapandam. (ian)

KESEHATAN

Buah-buahan Undang Diare dan Gas MENGKONSUMSI buah-buahan terlampau banyak dapat menyebabkan adanya gas di lambung serta kejang perut dan diare pada mereka-mereka yang sensitif yang memiliki intoleransi terhadap fruktose, demikian disampaikan oleh perkumpulan ahli alergi dan asma Jerman. Seorang dewasa yang sehat biasanya tidak dapat menoleransi lebih dari 25 gram fruktose dalam sehari. Jumlah tersebut lebih rendah bagi orang-orang yang alergi terhadap buah-buahan yang memiliki masalah utama usus besarnya mengalami kesulitan untuk menyerap dan mengirim fruktose ke bagian tubuh yang lainnya. Banyak orang tua yang meyakini bahwa memberikan banyak buah-buahan kepada putraputrinya adalah baik bagi kesehatan anak-anak mereka. Pada orang tua yang sering kali memberikan minuman sari buah apel pada anak-anak mereka, dihimbau bahwa seringkali minuman itu telah diberi pemanis fruktose dan seseorang dapat mengonsumsi minuman tersebut dengan jumlah fruktose paling banyak 25 gram, demikian disampaikan oleh Sonya Laenmel seorang ahli gizi . Jadi untuk mencapai satu pola makan yang sehat berimbang dianjurkan agar lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran, kata Sonya Laenmel. Jumlah konsumsi buah-buahan yang direkomendasikan bagi orang dewasa adalah 500 gram untuk satu hari sedangkan kepada anak-anak separuh dari jumlah tersebut di atas. Agar fruktose dapat dicerna dengan baik maka diingatkan bahwa kelompok usia dewasa jangan mengkonsumsi buahbuahan saat perut mereka kosong sebaiknya hidangan buahbuahan dikonsumsi dengan susu asam (yoghurt) . Buahbuahan yang memiliki kandungan tinggi fruktose termasuk di sini adalah apel, pear, kurma, mangga dan nanas. (int/jpnn)

RAKYAT ACEH/IST

TELKOMSEL VALENTINE: Seorang petugas pelayanan Telkomsel memberikan informasi seputar layanan Valentine Telkomsel. Telkomsel menghadirkan berbagai layanan spesial untuk Hari Kasih Sayang ini berupa Gratis NSP lagu bertema cinta, Telkomsel Emo untuk mengetahui suasana hati pasangan, Telkomsel Suara untuk ucapan selamat hari Valentine.

NSP Valentine Telkomsel Diminati Pelanggan BANDA ACEH-Momen hari valentine yang jatuh pada Sabtu, 14 Februari kemarin, berbagai pihak banyak memanfaatkan tanggal tersebut. Khususnya penjual jasa telekomunikasi. Alasan mereka, untuk memuaskan pelanggan dalam bentuk layanan spesial hari kasih sayang. Salah satunya, GSM Telkomsel yang memanfaatkan momen hari kasih sayang ini, dengan menawarkan Nada Sambung Pribadi (NSP) secara gratis bertemakan lagu cinta. Selain itu, juga ditawarkan Telkomsel Emo untuk mengetahui suasana hati pasangan, dan satunya lagi, Telkomsel Svara untuk ucapan selamat hari Valentine. Manager Grapari Telkomsel Banda Aceh, Erwin Nurpatria mengakui setelah diinfokan tentang layanan spesial hari valentine tersebut, tidak sedikit pelanggan yang menggantikan NSP-nya.

Belum lagi, ujar Erwin Nurpatria, pesan singkat melalui SMS yang berisi ungkapan kasih sayang, saling bersautan antara sesama kartu di Telkomsel. Ada juga SMS ‘banyolan’ yang mengakibatkan hingga tengah malam menjelang tanggal 14 Februari, pengguna kartu As, Simpati, juga Halo, terpantau masih disibukan menerima dan membalas pesan pendek itu. Diana (36), warga Lampineng menyebutkan, paling sedikit 30 SMS diterimanya, termasuk SMS lucu. Alhasil, ujarnya lagi, hingga menjelang dinihari, ia masih mengudara melalui pesan pendek dari handphonenya. Salah satu bunyi SMS itu, yaitu “Sobat, tanggal 14 Februari ini aku menikah. Maaf mendadak, tapi aku harap sobat bisa datang dan bisa kumpul di hari bahagia aku. Aku harap sobat bisa temenin aku di saat aku nikah, gak

pelu bawa apa-apa. (Lalu, isi SMS-nya kosong satu layar penuh) kemudian lanjutannya, cukup bawa Pengantin Prianya saja...jangan bawa bunga atau coklat ntar dikirain kita ngerayain valentine.day kalu itu yang dibawa”. Diana bilang, hampir semua teman yang dikiriminya SMS tersebut mengatainya ‘dodol’ dan tengah malam itu pun, ia dan teman-temannya tak henti tertawa via telephone seluler. Diakuinya, nada sambung pribadi bertema lagu-lagu cinta pun diaktifkannya, begitu program layanan spesial dari Telkomsel diinfokan. Kembali ke Manager Grapari Banda Aceh. Pihak Telkomsel memanfaatkan moment Valentine Day, agar dimanfaatkan orang untuk mengungkapkan perasaan cintanya, bukan hanya kepada pasangan namun juga sebagai bahasa cinta kepada orangorang yang disayangi seperti ibu,

bapak, saudara, dan sahabat. Dia menerangkan, pihaknya memberikan gratis nada sambung dari 44 lagu bertema cinta dari artis-artis terkenal, seperti Pasto – Aku Pasti Kembali, d’Masiv – Merindukanmu, Bunga Citra Lestari – Tentang Kamu, Slank – I Miss You But I Hate You, Samsons – Hening, serta Rita Sugiharto & Rhoma Irama – Cuma Kamu. Pelanggan cukup mengakses *121# langsung dari ponselnya atau ketik Kode Lagu/Alias kirim SMS ke 1212, contoh untuk mengaktifkan lagu d’Masiv-Merindukanmu, ketik VAL22 kirim ke 1212. Pelanggan akan menikmati NSP ini secara Gratis selama 7 hari pertama, dan untuk perpanjangan 7 hari selanjutnya hanya dikenakan Rp3.000. Pelanggan dapat menikmati program Gratis NSP ini hingga 10 Maret 2009. (ian)

Kodim Siap Bantu Poltabes

Banyak orang tua yang meyakini bahwa memberikan banyak buahbuahan kepada putra-putrinya adalah baik bagi kesehatan anakanak mereka.

RAKYAT ACEH/IMRAN JONI

DILAPISI PERMADANI: Seorang pekerja memasang permadani dalam ruangan Masjid Al Makmur, Lamprit, Banda Aceh. Masjid tersebut sebelumnya mengalami rusak berat akibat gempa dan tsunami 26 Desember 2004 lalu. Kemudian mendapat bantuan rehab dan sekaligus permadani dari Negara Oman. Foto dijepret Jumat (13/2).

BANDA ACEH – Kodim 0101 Aceh Besar mengaku siap membantu Polisi kota Besar (Poltabes) Banda Aceh, jika mendapat tindakan huru-hara tingkat tinggi. Selama empat hari, 30 personil Kodim dilatih pengendalian massa . Sejak Jum’at (13/2) hingga Sabtu kemarin, Kodim 0101 melatih 30 pasukannya untuk dipersiapkan menjadi Pengendali Massa (Dalmas) atau dengan sebutan lain Pengendalian Huru-hara (PHH). Ketrampilan yang disadur dari Poltabes ini akan digunakan kodim jika sewaktu-waktu polisi kuwalahan mengahadapi kerusuhan massa . Dalmas atau PHH merupakan satuan kekuatan di lingkungan polisi, guna mengendalaikan berbagai kerusuhan massa. Satuan setingkat kompi ini berada di bawah koordinir Dit Samapta. Kodim 0101 Aceh Besar berpartisipasi melatih 30 pasukanya untuk kekuatan pengendalian massa. “Siapa tahu diperlukan tenaga kami, memungkin kami siap turun untuk membantu,” kata Komandan Kodim 0101 Letkol Infantri Fauji Rusdi kepada koran ini. Berdasarkan peraturan dalam pertahanan negara, TNI wajib membantu jika

tindakan kerusuhan Huruhara telah mencapai tingkat tinggi. “Jika demikian kita akan membantu, tapi barisan kami bagian bagian dua (Ring 2) sedangkan Polisi bagian depan (ring 1),” tutur Fauji. Menguasai ketrampilan pengendalian huru-hara tersebut dilakukan selama empat hari pelatihan. Pembimbingnya diambil dari lingkungan Poltabes lantaran ini mereupakan keterampilan mereka. Terkait instruktur Dalamas Kodim 0101 terpaksa harus mengambil dari pihak Polisi Kota Besar (Poltabes) Banda Aceh. “Ya, terkait korps yang menguasai ketrampilan ini ada pihak polisi, oleh karena itu kita minta Poltabes untuk memberikan pelatihan kepada 30 personil saya,” paparnya Fauji. Kapoltabes Banda Aceh, Kombes Pol Syamsul Bahri mengatakan, “Ya, namanya kita diminta pasti akan dikirim intrukturnya,” jelasnya. Dalam pelatihan, 30 pasukan kodim diberikan ketrampilan cara mengunakan tameng dan berbagai keguanaanya. Serta cara mengunakan tali tambang, untuk mengahalau kerumunan massa yang berusaha untuk menembus tameng dan membuat kerusuhan. (den)

Artis Galang Dana untuk Palestina BANDA ACEH – Sedikitnya puluhan artis Aceh yang tergabung dalam Asosiasi industri Rekaman Aceh (AIRA), merencanakan menggelar Konser Amal yang didedikasikan untuk membantu rakyat Palestina. “Konser amal bertujuan untuk menggalang dana bantuan guna membantu saudarasaudara kita yang ada di Palestina. Kegiatan dimaksud dikemas dalam bentuk dan Pelelangan hasil produksi rekaman Aceh yang disumbangkan oleh para produser

yang bernaung di bawah Asosiasi Industri Rekaman Aceh,” kata Syekh Ghazali selaku Koordinator Pelaksana, Jumat kemarin. Syekh menjelaskan, pengumpulan dana dilakukan melalui beberapa cara seperti penjualan tiket dari para pengunjung yang datang, juga akan dilakukan pelelangan kaset, VCD dan produk Indutri rekaman rekaman. Selain itu juga pengedaran kotak bantuan yang dilakukan oleh panitia kepada para pengunjung. Ia menuturkan, seluruh hasil

penjualan tiket baik dari VIP maupun umun akan disumbangkan untuk membantu kebangkitan rakyat Palesetina, dari keterpurukan akibat invansi Zionis Israel, melalui lembaga-lembaga yang mengkoordinir bantuan untuk Palestina. Konser amal jelasnya, dilaksanakan di Taman Ratu Safiatuddin, Sabtu kemarin dimulai jam 14.00 s/d jam 23 WIB, dimeriahkan oleh Artis-artis Aceh yang ada di Nanggroe Aceh Darussalam. Sebelum memulai konser para artisa Aceh direncanakan akan

melakukan konvoi dengan mobil bak terbuka mengelilingi beberapa ruas jalan protokol di ibu Kota Banda Aceh Grup Eumpang Breuh, Liza Aulia (Kutidhing) Bergek, Said Jaya, Marwan, Sabirin Lamno, Cut Adek Zia, Dedek Wahyudi, Dewi S, Syeh Wan, Cagok Apa Gense, Syeh Min Cakradonya, ,Andy Bijeh and Friend, KODA (Komunitas Drumer dan Perkusi Aceh), Saleum, Raket, Ratoh, Maggot Band, Peunana Band, Seuramo Ragge, dan Puisi Palestina dari Ampuh Defayan. (slm)


4

Rakyat Aceh

www.rakyataceh.com

AHAD, 15 FEBRUARI 2009

Potret Buram Demokrasi Aceh BANDA ACEH-Menyikapi berbagai tindakan intimidasi, terror, dan tindakan kriminalitas, Pemerintah mahasiswa Unsyiah (Pema) Sabtu (14/2) di Banda Aceh, mengadakan Diskusi Publik terkait hal ini. dengan mengundang pihak berkopenten, Polisi, Panwaslu, dan para politisi Aceh. Sesi Tanya jawab dibuka antara sumber dan audien. Suasana sedikit tegang terpancar. Beberapa orang mahasiswa melemparkan pertanyaan kepada Kobes Pol Drs, H. Martha, SH perwakilan dari Polda, hingga ditangapi. “Setiap warga negara berhak mendapati keadilan, jika menerima berbagai tindakan intimidasi dan sebagaimnya dapat melaporkan kepada aparat berkopenten, jika berdasarkan penelusuran kuat terjadi pidana tetap akan ditindak lanjuti. Dra. Zuraida, anggota Panwaslu tak mau ketingalan, wanita ini menuturkan, jika ada yang mendapatkan berbagai tindakan melanggar kodeetik pemilu hal tersebut dapat ditindak sesuai hukum. Jika telah terjadi tindakan melanggar, Pemilu tetap pada urutan pertama, berdasar UU Nomor 10/2008 tentang pemilu legislatif. “Menyatakan tindakan pidana pemilu legislative diatur dalam pasal 91, ayat satu, 94 dan dua. Sedangkan regulasi pasalnya, yakni 266 dan 291,” ulas Zuraida. Sementara itu, Gufron Zainal Abidin Lc. Asal politisi PKS tak mau ketinggalan, ia menuturkan pemilu Aceh akan berlansung lancar dan positif. Dalam pemilu pelanggaran memang dapat terjadi, tapi dapat diselesaikan melalui proses hukum, bukankah dalam UU Nomor 10 tahun 2008 tentang pemilu jelas menyatakan, barang saiapa melakukan pelanggaran pemilu dapat dihukum penjara, sedangkan kini Panwaslu telah terbentuk seharti telah ada perangkat yang menangani hal itu. Sukarmida, Ketua Panitia mengharapkan acara pendidikan masyarakat seperti ini, dapat terus dilakukan di kabupaten Kota Se-Aceh, selain dapat melakukan pembelajaran, juga dapat tetap mengontrol proses pemilu diderah masingmasing. (den)

Petro dolar

SDN 10 Lhoksukon Butuh Perhatian

R A K YAT ACEH/FAISAL

MEMPRIHATINKAN: Bangunan SDN 10 Lhoksukon yang saat ini kondisinya sangat memperihatinkan. Pihak sekolah sangat berharap agar Pemkab Aceh Utara segera memperbaiki bangunan sekolah yang telah rusak. Foto dijepret Jumat kemarin.

LHOKSUKON-Sekolah Dasar Negeri 10 di Desa Arakeumudi, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, membutuhkan perhatian serius dari pemerintah daerah setempat, Pasalnya beberapa ruang kelas yang terdapat di SD tersebut, kini kondisinya sudah tidak layak pakai. Selain lantainya yang sudak rusak, bagian atap ruangan tersebut juga banyak berlubang. Sehingga menimbulkan bau tidak sedap yang dapat menganggu proses belajar mengajar. Bahkan pagar sekolah sudah rusak, sehingga banyak hewan ternak warga yang masuk ke dalam perkarangan sekolah. Dan memakan semua tanaman yang ada. Parahnya lagi, beberapa rumah dinas dewan guru yang terletak di belakang bangunan sekolah, kini kondisinya juga sangat memprihatinkan. Sehingga tidak dapat ditempati oleh para dewan guru. Kondisi tersebut sudah berlangsung selama 5 tahun. Yang lebih parah lagi, Pemkab Aceh Utara melaui dinas terkait, hanya diam dan membiarkan bangunan itu hancur. Hal tersebut dibenarkan Kepala Sekolah SDN 10 Lhoksukon, Neny Misriana kepada koran ini, Jumat (13/

2). Katanya, banyak bangunan di sekolah dasar tersebut sudah rusak akibat dihantam banjir. Sehingga membuat pagar sekolah, ruang kelas dan beberapa rumah dinas dewan guru, semakin rusak dan tidak layak huni. Neny menambahkan, sekolah telah melaporkan hal tersebut kepada Pemkab Aceh Utara melaui dinas terkait. Tapi belum juga ada realisasinya. Sehingga kondisi tersebut sangat berpengaruh bagi kenyamanan belajar mengajar. Kini jumlah murid yang belajar di SD 10 Lhoksukon mencapai 229 murid, dewan guru 15 orang, 8 PNS, 2 pegawai honor daerah, 2 bakti murni dan 4 honor sekolah. Sementara Kepala UPTD Lhoksukon H.Razali SAg MM mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari SDN 10 Lhoksukon. “Pengawas dari UPTD Lhoksukon sedang berada di lapangan guna mendata semua sekolah yang berada di bawah UPTD Lhoksukon. Kita akan mengusulkan kepada Pemkab Aceh Utara melaui dinas terkait, agar lebih memperhatikan sekolah – sekolah yang kini kondisinya rusak dan butuh perbaikan,” ujar Razali. (sal)

Tinjau Ulang Jabatan Kepala Bappeda ACEH UTARA-Ketua Komisi E DPRK Aceh Utara, Saiful Mahdi SPi meminta agar Bupati dapat meninjau ulang posisi Kepala Bappeda, Isa Ansari. Pasalnya sudah sekian lama jabatan itu dipegang oleh pejabat saat ini tidak terlihat ada kemajuan dari sisi pembangunan. Bahkan terkesan, Kepala Bappeda kurang jeli dalam melihat program prioritas bagi daerahnya. “Kita meminta agar bupati dapat meninjau ulang atau kalau perlu mengganti jabatan kepala bappeda Aceh Utara saat ini. Sebab sejak kepemimpinan Pak Isa Ansari, tidak ada terlihat ada kemajuan

pembangunan. Malah terkesan antara Bappeda dengan sejumlah SKPD lainnya tidak singkron,” terang Saiful Mahdi SPi melalui wartawan koran ini. Sambungnya, apalagi keberhasilan program pembangunan di suatu daerah juga tidak terlepas dari kinerja pihak Bappeda tentunya. Selama ini banyak program yang sebenarnya penting dan menjadi prioritas dipangkas oleh bappeda. Sehingga banyak sekali keluhan yang timbul dan dilaporkan oleh masyarakat. Usulan pergantian ini tentunya bukan tidak punya alasan, sebab selama ini, ujar

Saiful Mahdi, dia melihat banyak sekali program prioritas yang dipangkas oleh pihak bappeda. Bahkan dalam persetujuan program terhadap SKPD terkesan pilih bulu. Seperti halnya program dinas kesehatan tahun 2009 banyak yang dipangkas. “Kita minta bupati dapat meninjau ulang jabatan kepala bappeda. Mungkin beliau sudah jenuh dan perlu mendapat penyegaran. Hal ini juga dapat kita lihat pada pembahasan anggaran tahun 2009. Antara bappeda dan keuangan juga tidak singkron menyangkut dana SILFA. Kondisi inilah yang membuat

pengesahan anggaran menjadi molor,” papar politisi ini. Bukan itu saja, tambahnya, kalau dilihat dari usulan sejumlah dinas dalam RAPBK Aceh Utara 2009. Banyak sekali kebutuhan dinas dan sejumlah program yang hilang dari usulan awal. Namun kalau milik bappeda sepertinya tidak tersentuh bahkan terbilang lebih dibandingkan sejumlah SKPD lainnya. “Saya menilai sudah saatnya kepala bappeda Aceh Utara dapat diganti. Hal ini agar program pembangunan ke depan lebih baik dan sesuai prioritas pembangunan,” ujarnya. (agt)

Ikatan Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISME) Korwil Sumatera

Ada Apa Dibalik Rancangan UndangUndang Kawasan Ekonomi Khusus Bagi semua pihak di Aceh, termasuk Pemerintah Aceh dan anggota DPR-RI asal Aceh, bertanggung jawab untuk mengawal ketat Rancangan Undang-Undang Kawasan Ekonomi Khusus ( RUU-KEK) yang sedang bahas Panitia Khusus (Pansus). Namun, jika seandai ini tidak dilakukan dimungkinkan pelabuhan bebas Sabang akan dicabut statusnya.

Laporan Armiadi Aceh Utara PENGAWALAN terhadap rancangan Undang-Undang Kawasan Ekonomi Khusus (RUU-KEK) yang sedang dibahas Panitia Khusus (Pansus) harus dikawal dengan ketat. Baik itu, oleh anggota DPR RI asal Aceh yang terlibat lansung dalam tim Pansus maupun Pemerintah Aceh untuk segera memberikan aspirasinya. Pasalnya ini semua untuk kepentingan dan pengembangan sektor ekonomi masyarakat kearah yang

lebih baik kedepan. Karena jika seandai tidak dilakukan pengawalan kemungkinkan besar pelabuhan bebas Sabang akan dicabut statusnya. Ini sangat jelas sebagaimana tercantum dalam RUU-KEK Bab VII pasal 45, ayat 2 Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2000 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2000 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang Menjadi UndangUndang, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku. Status pelabuhan Sabang juga tercantum dalam UU No 11/ 2006. Dan setiap kebijakan terhadap Aceh harus ada pertimbangan terlebih dahulu dari pemerintah Aceh. Disamping itu kita juga menilai dalam RUU tentang Kawasan Ekonomi Khusus juga banyak kemudahan.. Bahkan, cakupan fasilitas diperluas, berupa insentif perpajakan di pusat maupun di daerah, kepabeanan, cukai, retribusi daerah, pertanahan, perizinan, keimigrasian dan ketenagakerjaan. Semangat dari RUU KEK ini tentu saja sama dengan UU sebelumnya, yaitu mengundang investor sebanyak mungkin dan mengejar target pertumbuhan ekonomi. “Tidak hanya itu pada Bab VI yang ter-

diri atas16 pasal dalam RUU KEK adalah bab paling spesial karena secara detail mengatur soal fasilitas dan kemudahan. Jadi seolah-olah bab itu menjadi roh penyemangat bagi daerah dalam membangun kawasan ekonomi khusus,”cetus Koordinator Wilayah (Korwil) Sumatera, Ikatan Mahasiswa Ekonomi Indonesia (ISME) Habibillah, yang juga mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimal, Reuluet, Aceh Utara, kepada Rakyat Aceh, kemarin. Lanjut dia, dalam RUU KEK tersebut juga disebutkan ada Zona Pengolahan Ekspor, Zona Logistik, Zona Industri, Zona Pengembangan Teknologi, Zona Pengembangan Energi, dan zona ekonomi lainnya, seperti, zona pariwisata dan zona jasa keuangan. Habibillah juga meminta untuk dimasukkan beberapa daerah lagi untuk Aceh dalam kawasan Ekonomi Khusus termasuk Banda Aceh, Bireuen, Aceh Tengah, Aceh Utara, Lhokseumawe dan beberapa daerah lain akan disesuaikan dengan zona masing-masing. Selain itu, menyangkut dengan impor barang dalam KEK juga diberikan sejumlah fasilitas yaitu berupa penangguhan bea masuk, pembebasan cukai untuk bahan baku atau bahan penolong produksi, tidak dipungut Pajak Pertam-

bahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk barang kena pajak, dan tidak dipungut PPh impor. Sementara motivasi untuk pengembangan kawasan ekonomi khusus ini adalah untuk menarik arus investasi dan perdagangan di berbagai daerah di Tanah Air, maka Pemerintah Pusat pun seakan mengwajibkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk berlomba memberikan insentif. Kemudian dalam Pasal 34 disebutkan setiap wajib pajak (WP) yang melakukan bisnis di KEK diberikan insentif berupa pembebasan atau keringanan pajak daerah dan retribusi daerah. Selain itu juga ada insentif pajak daerah dan retribusi daerah, serta Pemerintah Daerah kemudahan lainnya. “Dalam hal ini kita berharap kepada yang berwenang dalam memutuskan kebijakan untuk segera mengambil langkah-langkah menanggapi permasalahan tersebut dan harus betul-betul jeli melihat peluang dan hambatan bakal terjadi dengan akan disahkan UU KEK,” pinta Habibillah. Apalagi ini menyangkut dengan pengembangan ekonomi rakyat yang bersifat kontinue dan berdampak secara signifikan terhadap pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat Aceh kedepan. (*)


Nanggroe

Rakyat Aceh AHAD, 15 FEBRUARI 2009

www.rakyataceh.com

5

IPI Komit Pertahankan NKRI

Lampu Jalan Banyak Rusak

TAKENGON-Jajaran Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Pemuda Indonesia (DPD IPI) Nanggroe Aceh (NAD), telah komit menjaga dan mempertahankan Republik Indonesia dari Sabang samapi Merauke. Hal itu ditegaskan Wakil Ketua IPI Aceh Tengah, Drs. Rizalihady kepada wartawan Rakyat Aceh, di sela-sela Pelantikan Ikatan Pemuda Indonesia (DPD IPI). Pengukuhan pengurus tersebut dilakukan langsung oleh Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pemuda Indonedia (DPP IPI), Mayjen TNI Mulia Setiawan, di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon Aceh Tengah, Kamis malam. Acara tersebut sekaligus dengan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Pemuda Indonesia (DPC IPI) untuk enam Kabupaten yang ada di Provinsi Aceh. Sementara itu, Wakil Ketua Panitia DPD IPI Provinsi NAD, Drs Rizalihady mengatakan, IPI merupakan suatu organisasi ikatan pemuda yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang bertujuan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari rongrongan yang dilakukan oleh sekelompok tertentu. ”Bila ada sekelompok yang ingin merusak keutuhan NKRI itu, maka yang bersangkutan harus berhadapan dengan anggota IPI,” kata Drs Rizalihady. Selain itu, ujarnya, kehadiran DPD IPI NAD tersebut mencakup enam DPC yang ada di Provinsi NAD, tapi hingga saat ini yang telah terdaftar sebagai anggota DPC IPI hanya enam kabupaten yang ada di Provinsi NAD yang telah dikukuhkan diantaranya, DPC Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Kota Cane, Singkil, DPC Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdiya) dan DPC Kota Subussalam. Lanjutnya, kehadiran IPI di Provinsi NAD, hendaknya dapat membantu dan membela kebenaran yang terjadi dalam masyarakat yang mengutamakan perdamaian. Wakil Ketua IPI juga menyatakan, kehadiran DPD IPI NAD juga dapat ikut membentuk suatu ikatan dalam masyarakat yang bebas, berusaha, berbicara dan bebas memperoleh kesejahteraan dengan rasa adil dan makmur, serta menjunjung hukum Hak Azasi Manusia, yang sesuai dengan cita-cita Pancasila dan UUD 1945, dengan motto,”Datang bagaikan petir dan hilang bagaikan asap.” (ron)

Kuala Simpang Jadi ‘Kota Hantu’ KUALA SIMPANG-Masyarakat kabupaten Aceh Tamiang mengeluh terhadap kinerja Pemkab Aceh Tamiang, tentang pelayanan lampu jalan yang selama ini sebahagian besar mati (rusak,red). Akibatnya Kota Kuala Simpang dan sekitarnya di malam hari jadi gelap gulita. Padahal setiap pelanggan PLN dipungut biaya Pajak Penerangan Jalan Umum sebesar 7 persen dari jumlah pemakaian rekening listrik setiap bulannya. Pantauan koran ini di Kota Kuala Simpang, Jumat malam hingga Sabtu kemarin, sebahagian besar lampu jalan yang tidak berfungsi terutama di jembatan. Sehingga kota paling timur NAD ini terkesan bagaikan kota hantu. Apalagi di kecamatan-kecamatan dan desa di Atam, banyak sekali lampu jalan yang tidak menyala. Hal ini dengan sendirinya sangat merugikan masyarakat. Terkait dengan banyaknya lampu jalan yang tidak menyala tersebut, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Syuibun Anwar, Jumat (13/2) membenarkan hal tersebut. “Memang banyak sekali lampu jalan yang tidak berfungsi,” ujarnya. “Berdasarkan hasil survey yang kami lakukan pada bulan Juli 2008 jumlah lampu jalan dalam kabupaten Aceh Tamiang milik Daerah berjumlah 4072 titik. Sementara yang aktif hanya 2448 dan yang mati sebanyak 1624 titik. Itu data 6 bulan lalu, kalau sekarang mungkin sudah lebih dari itu yang mati,” ujar Syuibun. Menurut Syuibun, matinya lampu jalan dalam kabupaten Aceh Tamiang antara lain disebab kan sudah 2 tahun pihaknya tidak memiki biaya perawatan terutama untuk mengganti bola lampu yang telah putus. Kedua, pihaknya tidak memiliki fasilaitas kenderaan tangga untuk perbaikan lampu jalan yang tingginya mencapai 9 meter. Disamping tidak tersedianya biaya perawatan pihaknya juga telah memiliki utang penerangan lampu jalan lepada PLN setempat untuk tahun 2008 sebesar Rp 1,2 miliar. Karena tidak teranggarkan dalam APBD 2008 untuk pembayaran rekening lampu jalan. “Saya heran kenapa ketika pembahasan di dewan waktu itu DPRK Atam tidak menyetujuinya,” ujarnya. Oleh sebab itu kata Syuibun, pihaknya pada tahun anggaran 2009 menyusulkan kepada Dewan Atam untuk menyetujui program Pemasangan Lampu Jalan Umum, mulai dari Perbatasan Aceh Tamiang – Sumatera Utara sebagai lanjutan dari program Provinsi NAD sampai ke perbatasan Kota Langsa, plus Komplek Perkantoran Aceh Tamiang dan Kota Kuala Simpang. Itu karena Pemerintah Provinsi NAD telah melaksanakan pelebaran jalan negara. “Jadi untuk menghindari terjadinya kecekakaan lalu lintas dan memperindah Kota Kuala Simpang pada malam hari,” kata Syuibun seraya mengatakan, pihaknya sesuai arahan Bupati Atam telah menganggarkan dana sebesar Rp 2 miliar dari anggaran Rp 12 miliar untuk pemasangan baru dengan sistem Program Muties selama 3 hingga 4 tahun pembayaran. (urd)

3.000 Alat Semprot buat Petani GAYO LUES-Angoota DPR Aceh, H Jouharuddin Armay membagikan 3.000 alat semprot (hand spray) kepada 557 kelompok tani di Gayo Lues, Sabtu (14/2). Sementara 8 ribu alat semprot lagi diberikan kepada 4 kabupaten lain yang memembutuhkannya, yakni Kabupatena Aceh Tenggara, Kabupten Singkil, Kabupaten Aceh Tamiang dan Kota Subusalam. Latar belakang pemberian alat semprot kepada masyarakat di 5 kabupaten itu merupakan inisiatif Gubenur Aceh, Irwandi Yusuf dengan mengucurkan anggara Rp 2 miliar kepada para anggota dewan untuk membuat program yang langsung menyentuh rakyat. “Setelah melakukan koordinasi dengan bupati masing-masing daerah, kemudian bupati memberihkan masukan, barulah program bantuan semprot diberihkan,” ujar Jouharuddin Armay. Masih dikatakan Jouharuddin, program ini diberihkan tidak ada kaitannya dengan pemilu 2009. Meskipun dirinya mencalonkan diri sebagai anggota DPRA lagi, namun bantuan ini diberihkan murni untuk meningkatkan produksi pertanian masyarakat. Kalaupun bantuan semprot baru di berikan karena ada kesalahan teknik semata. Diakuinya, mestinya, bantuan semprot itu diberikan akhir 2008 lalu. Kepada para petani, Jouharuddin memintah agar alat bantuan yang diberikan dapat digunakan sebaik-baiknya. Sehingga produksi hasil pertanian dapat meningkat. “Saya yakin alat semprot ini dapat meningkatkan produksi pertanian. Sebab selama ini warga yang kekurangan perekatan pertanian tidak bisa bersalasan lagi karena kekurangan alat semprot. Sehingga tanaman mereka muda terserang hama. Tak ada hama yang tidak bisa dibasmi. Hanya satu hama yang tidak dapat di basmi yaitu hama malas,” ujarnya. Bupati Gayo Lues, H Ibhnu Hasym meminta kepada kelompok tani yang baru mendapatkan alat semprot untuk menggunakan sebaik-baiknya. Sehingga dapat meningkatkan produksi hasil pertanian. “Alat semprot harus digunakan. Jangan disia-siakan bila ini terjadi Allah SWT akan murka. Bila kita dapat memamfaatkan bantuan, kita akan mendapat rezski yang setimpal,” pintanya. Sementara itu, kepada dinas terkait diharapkan dapat mengkoordinasikan bantuan alat penyemprot manual, sehingga tidak ada keributan di antara penerima. Apalagi bantuan yang diberikan tidak dapat mencukupi anggota kelompok tani yang ada. Mengingat anggota kelompok tani yang ada lebih banyak ketimbang alat yang diberikan. (mag-26)

Kesehatan Teh Hitam Turunkan Resiko Penyakit Jantung PAKAR gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan, pola konsumsi teh hitam secara rutin minimal 2 cangkir sehari, dapat menekan peluang munculnya penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol hingga 40 persen. “Kolesterol yang sedianya akan menumpuk di pembuluh darah tidak jadi melekat di pembuluh darah jantung, karena proses oksidasinya dibuyarkan oleh zat anti-oksidan di dalam teh hitam,” kata Prof Dr Ir Ali Khomsan, guru besar pangan dan gizi IPB, di Jakarta. Menurut Ali, antioksidan dalam teh hitam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Bila LDL teroksidasi, maka penyumbatan pembuluh darah akan mudah terjadi dan resiko terserang penyakit jantung pun meningkat. “Dalam proses pembuatan teh hitam, antioksidan catechin berubah menjadi theaflavin,” ujarnya. Mengutip hasil penelitian Prosenjit dan Sukta tahun 2003, “Theaflavin mempunyai laju penangkapan radikal bebas yang lebih tinggi daripada EGCG (epigallocatechin-3-gallate), atau lebih banyak 36,7%.” Selain itu theaflavin juga meningkatkan antioksidan alami yang diproduksi oleh tubuh, yakni glutation peroksidase dan katalase. Prosenjit dan Sukta bahkan berkesimpulan theaflavin dalam teh hitam mempunyai aktivitas antioksidan yang lebih kuat daripada vitamin E dan vitamin C. Sebagai negara yang ekonominya sedang berkembang, pola makan masyarakat Indonesia yang lebih sering menyantap makanan memicu angka kanker dan penyakit jantung. Tren kematian akibat penyakit jantung koroner (PJK) di Indonesia terus menunjukkan kenaikan seiring dengan peningkatan kesejahteraan. Pada tahun 1975, tercatat sekitar 5,9% kematian di Indonesia disebabkan oleh PJK. (int/jpnn)

TAK BERFUNGSI: Banyak lampu jalan dalam Kota Kuala Simpang yang tidak menyala sehingga Kota Kuala Simpang bagaikan kota hantu. Foto dijepret kemarin. R A K YAT ACEH/M. NURDIN

Pegawai Honor Daerah Diangkat PNS

Rapel Tak Diberikan KUALASIMPANG-Kalangan tenaga Honor Daerah Aceh Tamiang, diangkat statusnya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) terhitung Januari 2007, kini dilanda keresahan. Pasalanya, rapel honor daerah yang diangkat PNS tersebut, red), hingga kini belum juga dibayar oleh Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. “Pengangkatan honor daerah menjadi PNS pada tahun 2007, rapelnya belum juga dibayar oleh pemda setempat. Padahal, didaerah lain, seperti Kota Langsa dan Aceh Timur, rapelnya sudah dibayar pada april

2008 lalu,” ujar seorang PNS yang tidak bersedia disebut namanya kepada koran ini, Sabtu (13/2). Belum diberikan rapel tersebut, tambah PNS itu, param tenaga honor daerah yang diangkat PNS tersebut merasa haknya dirampas oleh pemda setempat. Padahal, lanjut PNS itu, rapel sudah merupakan kewajiban untuk diberikan bagi mengabdian Honda puluhan tahun yang telah bestatus PNS. “Daerah lain saja rapel telah diberikan, di Aceh Tamiang hingga kini kok belum diberikan. Dikemanakan uang itu. Ketertutupan selama ini yang terjadi membuat kalanagan diderah ini terus beramsumsi miring terhadap pemda setempat. Apa kendalanya, seharusnya diberitahukan - lah kepada kami,” ujar PNS itu mentesalkan. Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Tamiang Ir. Syaiful Anwar, SH dikonfirmasi via selular, Sabtu kemarin,

tidak bisa memberikan keterangan, dan menyarankan agar hal tersebut ditanyakan kepada Kepala Bagian (Kabag) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat Basyaruddin. “Mengenai hal itu, tanyakan saja ke pak Basyaruddin selaku Kabag BKD,” kata Syaiful Anwar. Bagian (Kabag) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat Basyaruddin dikonfirmasi mengatakan, mengenai hal itu, dirinya belum bisa memberikan keterangan, karena harus melihat berkas yang ada dikantornya terlebih dahulu. “Saya kan baru diangkat jadi Kabag BKD, untuk memberikan keterangan mengenai hal itu, saya harus melihat berkas yang ada dikantor BKD. Apalagi ini kan hari libur, Insya Allah, Senin (15/ 2), saya bisa menjelaskannya,” kata Basyaruddin diujung selular. (sut)

Kimiskinan dan Dongkrak Pertanian Diprioritaskan TAKENGON-Dalam menjalankan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, Pemkab Aceh Tengah masih dihadapkan pada isu-isu strategis. Karenanya isu-isu strategis tersebut memerlukan penanganan segera. Isu-isu strategis yang perlu menjadi fokus perhatian adalah, angka kemiskinan yang masih relatif tinggi, Pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian masih rendah, lapangan kerja, Masyarakat belum sepenuhnyha mandiri, Pelayanan kebutuhan dasar belum sepenuhnya terjangkau, penanganan sosial belumk sepemnuhnya merata dan harga bahan pokok yang meningkat. Berdasarkan permasalahan yang dih-

adapi itu, kata Bupati Aceh Tengah diwakili Sekda, Muhammad Ibrahim, SE pada Pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, Sabtu (14/2) di Aula Kantor Camat Bies, mengemukakan beberapa startegi. Strategi yang diungkapkan di hadapan para camat, sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat kabupaten, kepala desa se Kecamatan Bies, anggota PKK dan para kepala dinas yakni pembangunan bidang agama, ekonomi, sosial budaya, prasarana dan pembangunan pemertintahan dan ketertiban. Menurut Muhammad Ibrahim, pembangunan yang telah dilakukan dalam kurun waktu terakhir sedikit banyaknya telah membuahkan hasil. Secara rinci dijelaskannya, bukti kleberhasilan tersebut seperti tingkat pengangguran di daerah yang berhawa sejuk itu mengalami penurunan sebesar 7,2 persen

dari angka 35,1 persen pada tahuhn 2007 menjadi 28,1 persen. Pada tahun 2008 jumlah rumah tangga miskin juga mengalami penurunan sebanyak 2.466 KK dari jumlah 16.966 KK. Pada tahun 2007 menjadi 14.500 KK, pada Tahun 2008 atau sebesar 37,72 persen dari total jumlah KK di Aceh Tengah sebanyak 38.440 KK. Untuk itu Musrenbang kecamatan tahun 2009 yang dilaksanakan, merupakan salah satu proses dalam perencanaan pembangunan daerah yang dilakukan. Karena dari kegiatan Musrenbang tersebut diharapkan akan terakomodir prioritas rencana kegiatan untuk tahun 2010 yang benar-benar bersumber dari aspirasi masyarakat. Sisi lain prioritas rencana kegiatan tersebut akan disesuaikan dengan visi Aceh Tengah, yakni terwujudnya kemakmuran dan terhalaunya kemiskinan menuju masyarakat Aceh Tengah se-

jahtera tahun 2012 mendatang. Namun Sekda menambahkan, untuk mewujudkan visi tersebut bukanlah hal yang mudah. Karena melihat dari sumber pembiayaan pembangunan sangat terbatas. Makanya kepada para camat dan SKPD yang mengikuti Musrenbang tersebut, ia meminta agar dalam Musrenbang kegiatan-kegiatan yang diajukan merupakan hasil dari Musrenbang tingkat kampung yang mengedepankan skala prioritas dan aspirasi dari masyarakat. Karena pembangunan yang dilaksanakan harus benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Sebelumnya Camat Kecamatan Bies, Ariansyah, S. STP dalam laporannya juga berharap, Musrenbang Kecamatan yang merupakan tindak lanjut dari Meusrenbang tingkat kampung. Dan nantinya, akan menghasilkan suatu pembangunan yang benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat. (win)


Rakyat Aceh AHAD, 15 FEBRUARI 2009

Jelang Pemilu, Polres Agara Kerahkan Pasukan

Ranmor Disiagakan, Mobil Rantis Diperbaiki KUTACANE – Kapolrres Aceh Tenggara AKBP Herdi Pujiono SH, Sabtu (14/2) dalam acar Gelar Pasukan menjelang Pemilu mendatang, melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kenderaan bermotor milik Polres setempat, untuk disiagakan guna pengamanan pemilu. Selain memeriksa seluruh kenderaan baik roda dua dan empat, Kapolres juga saat ini sedang mengadakan perbaikan terhadap dua unit mobil rantis yang juga dipersipakan untuk mengamankan pesta demokrasi ini. Dalam pemeriksaan yang digelar dipelataran parkir Stadion H Syahadat Kutacane, Kapolres selain memberikan pengarahan tentang perawatan mobil diesel yang digunakan petugas juga PERIKSA RANMOR: Kapolres Aceh Tenggara AKBP Herdi Pujiono SH terlihat melakukan pemeriksaan terhadap kenderaan dinas yang disiagakan untuk pengamanan pemilu, Sabtu (14/2).

diadakan uji coba mengenderai mobil mundur dan berputar. Usai mengadakan pemeriksaan,Kapolres memberikan pengarahan kepada seluruh personil agar menempatkan diri pada posisi netral dalam pemilu mendatang, tidak ada keberpihakan baik itu terhadap parnas maupun parlok. “Bila ada personil Polres yang nantinya ditemukan terlibat dengan pemilu baik itu masalah kampanye. Saya akan menindak dengan tegas dan akan dihadapkan kepada Provost,” tandas Herdi Pujiono. Dengan alasan apapun tidak ada personil polisi yang terlibat dengan kampanye, meskipun untuk kepentingan keluarga sekalipun tidak ada yang diijinkan ikut kampanye apalagi menggunakan kenderaan dinas polisi. “Silakan gunakan kenderaan dinas dengan baik dan benar untuk melaksanakan tugas mengamankan jalannya tahapan pemilu, dari gangguan orangorang yang tidak bertanggung jawab,” pintanya. (mag-25)

RAKYAT ACEH / AMIRINSYAH

Dikepung Massa

Kantor KPUD Mencekam BANDUNG - Ribuan massa tiba-tiba saja menduduki kantor KPU Kota Bandung, Sabtu (14/2) pagi sekira pukul 09.00 WIB. Mereka mengaku tidak puas dengan kinerja lembaga penyelenggara pemilu ini. Mereka meminta pertanggungjawaban KPU kota Bandung, karena dinilai tidak transparan dalam penetapan daftar calon anggota DPRD Kota Bandung. Mereka sempat membakar ban di halaman Kantor KPU Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Jawa Barat. Polisi baru datang 30 menit kemudian dan berusaha melakukan negosiasi dengan pengunjuk rasa. Kapolwiltabes Bandung Kombes Pol Imam Budi Supeno turun langsung memimpin pengamanan tersebut. Sayang, negosiasi tidak berhasil meredam amarah massa dan mengakibatkan situasi tak terkendali. Massa pun memaksa masuk. Polisi akhirnya mendatangkan bantuan baru dari satuan Brimob Polda Jabar dan situasi pun mulai terkendali. Aksi tersebut merupakan bagian dari aksi simulasi pengamanan menjelang Pemilu 2009. Dalam simulasi tersebut polisi membubarkan massa dengan tiga tahap, negoisasi, pemecahan masalah, dan pembubaran massa. Kapolwitabes Bandung Kombes Pol Imam Budi Supeno kepada wartawan mengatakan, agar sejumlah anggota di lapangan bisa memahami tentang UU pemilu dan unsur-unsurnya. “Dengan kegiatan simulasi ini, kita berharap anggota di lapangan bisa memahami juklak UU pemilu dan unsur-unsurnya agar pemahaman penanganan dalam Pemilu terlaksana,” pungkasnya. (int/jpnn)

KPUD ‘Haram’ Ngemis Bantuan Pemda BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum Pusat (KPU) melarang KPU provinsi dan kabupaten/kota, mengajukan permohonan bantuan dana kepada pemerintah daerah demi mensukseskan pemilu. Karena dikhawatirkan berpotensi membuka peluang korupsi. UU Nomor 10/2008 tegas mencatumkan anggaran pemilu hanya bersumber dari APBN. “Kita lagi minta dikeluarkan perpres soal penggunaan bantuan berdasarkan azas manfaat kepada pemerintah daerah. Tapi bantuan sarana dan pra sarana,” tegas Anggota KPU Korwil Kalimantan I Putu Ari Suta di Hotel Blue Sky, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat malam. Saat ini diakui Putu, banyak KPUD yang mengajukan bantuan dana kepada pemerintah daerah. Termasuk KPUD Kaltim yang mengajukan dana Rp190 miliar untuk honor PPS dan tambahan logistik. “Bukan hanya Kaltim, tapi juga daerah lain,” ujarnya. Menurut Putu, dana pemilu harus bersumber pada APBN karena itu perpres yang akan diajukan akan mengatur bahwa KPUD bisa menerima bantuan dari pemda ketika ada force majeure. Itu pun dalam bentuk fasilitas. “Kita hanya terima barang saja,” jelasnya. Perpres soal kerjasama pemda dan KPU saat ini sudah dirumuskan. Diharapkan pekan depan bisa diterbitkan presiden. “Karena kita tidak pernah tahu kebutuhan darurat di daerah seperti di Kalimantan,” ungkapnya. (ful)

Caleg SIRA Dibekali LHOKSEUMAWE- Sebanyak 55 calon anggota legislatif dari partai Suara Independen Rakyat Aceh (SIRA), baik dari wilayah Kota Lhokseumawe, Aceh Utara dan yang akan naik untuk tingkat propinsi, diberi pengetahuan tentang tugas seorang anggota dewan jika sudah terpilih kelak, Sabtu (14/1). Kegiatan pelatihan tersebut, digelar di gedung Hasbi Ash Shiddiqy, Lhokseumawe. Menurut Ketua KPW Partai SIRA Lhokseumawe T.Rudi Fatahul Hadi, caleg dari Kota Lhokseumawe yang mengikutinya sebanyak 16 orang. Dari Aceh Utara sebanyak 32 orang dan yang akan maju untuk caleg DPRA sebanyak tujuh orang. Sementara mengenai materi yang akan diberikan, pada pelatihan yang hanya berlangsung sehari itu saja adalah, landasan hukum pemilu dan kampanye. Fungsi dan peran legislatif serta strategi pemenangan pemilu. Dimana, para nara sumbernya, terdiri dari akademisi hukum Amrijal J Prang SH M,Hum, Alfian dari LSM MaTA dan Tgk.M.Saleh dari DPP SIRA. Sedangkan tujuan digelarnya pelatihan tersebut, adalah untuk memberi pengetahuan kepada Caleg dari SIRA, terhadap apa yang akan menjadi tugasnya di saat terpilih menjadi anggota legislatif kelak. Agar aspirasi rakyat yang memilihnya dapat tertampung serta mampu berbuat dan bekerja untuk rakyat sehingga tidak semata-mata menghabiskan uang rakyat untuk membayar gajinya tiap bulan tanpa bisa bekerja apa-apa. “Karena itu, caleg dari SIRA harus tahu, apa itu tugas dewan dan bagaimana seorang anggota dewan harus bekerja dalam memperjuangkan aspirasi rakyat. Serta jangan hanya menjadi penonton saja di saat sidang berlangsung. Jadi sebelum terpilih menjadi anggota dewan, seorang caleg dari SIRA harus tahu tugas dewan apa,” ungkap Rudi. (lis)

Money Politik Hancurkan Demokrasi

Masyarakat Pemilih Harus Cerdas

TAKENGON - Ajang Pemilihan Legaslatif tinggal menghitung jari. Setiap individu berhak menentukan pilihannya di Pemilu 9 April mendatang. Karenanya, cara-cara intimidasi dan money politik yang dilakukan oleh para caleg dengan memberikan barang –barang tertentu dan embelembel untuk memilih yang bersangkutan pada hari (H). Demikian ditegaskan Ketua DPC. HMI Cabang Takengon, Mizan Adli, di sela-selakesibukannya dalam penyelenggaraan Basic Traning (LK-1) HMI berlangsung di SMAN 4 Takengon, Sabtu (14/2). Masih dikatakan Mizan Adli, pemberian yang dilakukan oleh

sejumlah caleg itu merupakan sebuah tatanan yang merusak proses pesta demokratisasi. Karenanya kita berharap masyarakat yang saat ini dikatakan telah mampu berdemokrasi, harus cerdas. Sehingga tidak tergugah oleh rayuan para caleg yang merusak tatanan demokrasi. Hal itu pada pesta tersebut. Hal itu dikatakan oleh Selain itu, Mizan Adli mengatakan, fenomena yang dilakukan oleh para pelaku yang mencalonkan pemilu tahun ini diberbagai tingkatan, bila informasi yang kita dengar dari masyarakat khususnya di pelosok-pelosok, ada diantara caleg yang memberikan sejumlah uang atau berbentuk barang. Dentgan harapan, masyarakat pada hari H mau memilih yang bersangkutan. “Nah, bentuk-bentuk pendekatan caleg yang notabenenya kader partai seperti

Pemantau Asing Belum Mendaftar BANDA ACEH-Hingga saat ini belum satupun lembaga pemantau asing mendaftar pada Departemen Luar Negeri (Deplu), untuk memantau pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009 di Indonesia 9 April mendatang. Dirjen Informasi dam Diplomasi Publik, Andri Hadi di Banda Aceh, kemarin menyebutkan, hingga saat ini belum ada satupun lembaga asing mendaftar. “Belum, belum ada,” ujarnya usai bertemu dengan Wakil Gubernur Andri Aceh, M Nazar di Banda Aceh, Jumat kemarin. Ia menyebutkan, lembaga asing yang ingin masuk ke Indonesia sebagai pemantau Pemilu, justru harus mendaftar pada Deplu sehingga keberadaannya diketahui. Menurutnya, keberadaan pemantau asing merupakan kebijakan pemerintah pusat, dan dilaksanakan secara nasional. Bahwa, tambah Andri. kalau mereka ingin datang ke Indonesia melihat pesta demokrasi di Indonesia sudah berjalan dengan baik. “Datang ya sah-sah, tetapi, yang dilakukan sekali lagi adalah secara nasional setelah mendapat persetujuan Deplu,” tandasnya. Sebagaimana dikatakan Sesmenkopohukam, kemarin dalam pertemuan

dengan Gubernur Aceh, kehadiran pemantau asing di Aceh pada Pemilu Legislatif 2009 tidak diperlukan, pasalnya, untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi di negeri ini sudah ada Panwaslu dan Bawaslu sebagai penanggungjawab berdasarkan UndangUndang. Kecuali itu, kehadiran pemantau asing justru dibolehkan secara nasional dan tidak berdasarkan permintaan daerah per daerah dan kehadirannya pun harus Hadi mendapat persetujuan dari Departemen Luar Negeri (Deplu). “Kita sudah ada Panwaslu dan Bawaslu. Nah mereka ini bekerja keras mengawasi keseluruhan pelaksanaan Pemilu,” tegas Sesmenkopolhukam, Letjen TNI Romulo Simbolon. Romulo menyebutkan, tugas pemantau asing tersebut tidak lain untuk menyaksikan proses demokrasi di negara kita, apakah berjalan dengan baik atau tidak. Namun, tambahnya tugas itu sudah diberikan kepada Panwaslu dan Bawaslu. “Sekali lagi saya tegaskan yang harus bekerja keras adalah Panwaslu dan Bawaslu, karena merekalah yang berwenang dan bertanggung jawab terhadap kelancaran pesta demokrasi di Indonesia ini,” jelasnya. (imj)

ini, justru melanggar aturan main (money politik). Dan bukan pencerdasan politik rakyat,” tegasnya kecewa. Mahasiswa semester akhir di Universitas Gajah Putih Takengon itu mengharapkan, agar agar masyarakat tidak terpancing dan harus cerdas dalam memilih wakil rakyat untuk duduk di DPRK, DPR Propinsi dan DPR-RI maupun dari Caleg DPD. “Bila rakyat sudah mampu memilih yang terbaik, mari kita buktikan di Pemilu 9 April mendatang,” pintanya. Kendati demikian, Ketua HMI Cabang Takengon, ini juga meminta agar Panwas segera dilantik. Sehingga celah-celah perusak tantanan demokrasi, segera diberikan sanksi dan teguruan. Bila tidak dipatuhi mereka, maka Panwas bersama dengan KIP Aceh Tengah, harus berani tegas

menjatuhkan sanksi berat, yakni mencoret namanya dari daftar caleg. HMI sebagai organisasi ekstra kampus yang bersifat Independen, ujar Mizan, siap membantu proses demokrasi untuk mencapai pemilu yang bersih, jujur adil dan terhindar dari cara-cara kotor. Sementara informasi yang dihimpun wartawan koran ini di berbagai pelosok di Aceh Tengah, para caleg sudah menebar seyum serta menjanjikan dan memberikan sejumlah uang, maupun berbentuk barang kepada masyarakat. Misa,lnya di Dapil Aceh Tengah II, ada caleg bersama timsesnya menghampiri rakyat dan menjanjikan sejumlah uang, agar memilih dirinya pada pemilu mendatang. “Jumlah uang yang dijanjikan besaranya Rp 100 ribu hingga Rp 150 per suara,” ujar Mizan. (ron)

Angka Golput Tak Bisa Diprediksi JAKARTA - Hingga menjelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 9 April 2009 nanti, sampai saat ini pemerintah tidak bisa memprediksikan jumlah angka golput. Namun pemerintah berupaya agar pemilu setiap 5 tahun sekali berlangsung sukses. “Kita nggak punya perkiraan, kalau perkiraan begitu kita nggak punya. Itu kan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga yang melakukan survei itu. Kalau pemerintah tidak ada,” ungkap Ditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi, Depkominfo, Subagyo M.S. kepada wartawan seusai acara sosialisasi pemilu 2009, Sabtu kemarin. Namun dia mengaku bila ada beberapa wacana yang muncul akhir-akhir ini yang memperkirakan angka golput akan bertambah banyak. Menurutnya, prediksi tersebut belum tentu benar bila angka golput akan bertambah. Apabila ada seseorang yang tidak menggunakan hak pilihnya memang haknya setiap orang. Namun sebagai warga negara yang baik demi kepentingan bangsa dan negara untuk 5 tahun mendatang, kesempatan untuk memilih calon-calon pemimpin yang berkualitas ada pada pemilu 2009 nanti. “Kami mengimbau agar semua warga negara menggunakan

hak pilihnya secara cerdas dan bijak. Suksesnya pemilu adalah tanggung jawab kita bersama, keterlibatan semua pihak sangat penting untuk keberhasilan pemilu 2009. Depkominfo memfasilitasi untuk melakukan sosialisasi pemilu 2009,” kata Subagyo. Dia menambahkan dalam pemilu nanti terdapat perubahan cara memilih dari mencoblos menjadi memberikan tanda contreng atau centang pada tanda gambar ataupun nomor urut caleg. “Pemerintah berupaya terus melakukan sosialisasi agar rakyat mengetahui tata caranya dengan menandai satu kali mencentang. Sebab bila suara tidak sah besar jumlahnya akan banyak merugikan,” ungkap dia. Dia juga menyatakan menolak bila dikatakan pemerintah tidak akan ambil pusing mengenai golput. Dia menegaskan pemilu 5 tahun sekali itu adalah saat yang paling strategis, penting dan bermakna bagi kemajuan bangsa dan negara. Warga negara juga mempunyai hak untuk memilih. “Silahkan memilih untuk bangsa dan negara ke depan yang lebih baik. Bagaimana memilih secara cerdas, sehingga nanti mendapatkan pemimpin yang berkualitas untuk bangsa Indonesia yang lebih maju,” ujarnya. (int/jpnn)

Mengais Rejeki dari Atribut Partai LHOKSUKON – Menjelang pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari. Ternyata berdampak positif bagi sebagian masyarakat. Pasalnya dalam pemasangan atribut partai, ternyata dapat menambah penghasilan bagi warga yang menawarkan jasa. Yakni memasang baliho atau atribut dari berbagai partai guna mendapat dukungan atau simapati dari masyarakat. Dalam setiap pemasangan atribut partai,hasil yang diterima oleh masyarakat cukup lumayan, berkisar ratusan ribu rupiah. Sehingga banyak masyar-

akat yang menawarkan jasa mereka ke partai guna pemasangan baliho, spanduk ataupun atribut partai lainnya. Seorang warga Desa Dayah, Bachtiar (28) kepada koran ini, Jumat kemarin mengatakan, menjelang pesta demokrasi mendatang, banyak partai yang memasang baliho atau spanduk dengan ukuran berbagai jenis. Dan biasanya dalam pemasangan sebuah baliho harganya mencapai ratusan ribu rupiah. “Sehingga banyak masyarakat, terutama para pemuda menawarkan jasa guna

memasang spanduk. Inikan dapat menambah penghasilan masyarakat. Pesta demokrasi tersebut hanya lima tahun sekali diadakan, sehingga banyak masyarakat menunggu kesempatan emas ini,” ujar Bachtiar. Hal senada juga diungkapkan Hamrizal. Katanya, dalam sehari ada lima spanduk caleg dari berbagai partai yang dipasang. Ini jelas mendatangkan rejeki kepada warga setempat, khususnya para pemuda. “Biasanya pemasangan sebuah baliho dilakukan secara bersama-

sama, dan penghasilannya dibagi rata,” ujar Hamrizal. Hal itu dibenarkan kader PDI P, Suprayitno. “Setiap pemasangan baliho atau spanduk caleg, sebagai rasa ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah berkerjasama, pihaknya memberikan uang ratusan ribu rupiah kepada warga. Ini tak ada kaitannya dengan politik. Hanya ucapan terimakasih kepada warga yang telah membantu memasang baliho atau atribut partai,” jelas Suprayitno. (sal)


cmy cmy

Rakyat Aceh AHAD, 15 FEBRUARI 2009

Cedera Kambuh Lagi, Nesta Batal Duduk di Bench AWALNYA, Alessandro Nesta direncanakan akan duduk di bangku cadangan pada laga melawan Inter Milan akhir pekan ini. Namun, akibat cederanya kambuh lagi, hal itu urung terlaksana. Seperti diberitakan oleh Channel4, Sabtu (14/2/2009), Nesta kembali mengalami masalah pada punggungnya dalam persiapan menjelang Derby Della Madonnina yang akan digelar Senin (16/ 2/2009) dinihari WIB. Sebelumnya, mantan pemain Lazio ini disiapkan Carlo Ancelotti untuk masuk sebagai pemain pengganti di derby Milan. Namun, kondisi tubuhnya malah memburuk dan tidak bisa meninggalkan tempat tidurnya pada pagi ini. Dikabarkan oleh harian La Gazzetta dello Sport, jika keadaan Nesta makin memburuk, kemungkinan AC Milan akan melakukan operasi pada mantan pemain Lazio ini paling tidak pada minggu depan. Sebenarnya, Nesta baru saja pulih dari cederanya pada awal tahun lalu setelah hampir sepanjang tahun 2008 menjalani perawatan khusus bersama spesialis di Miami. Kembali kambuhnya cedera tersebut semakin membuat kariernya berada di ujung tanduk, apalagi usia Nesta kini sudah berkepala tiga. Pada 19 Maret mendatang ia akan berumur 33 tahun. (jpnn)

Salutnya Maldini pada Mourinho JELANG laga antara Inter Milan melawan AC Milan, Paolo Maldini mengeluarkan komentar menyoal Jose Mourinho. Bukan komentar miring, melainkan sebuah pujian. Apa kata kapten gaek Milan itu? Adalah catatan Mourinho dalam meraih berbagai trofi di beberapa liga yang menjadi pusat perhatian Maldini. Menurutnya, meraih beberapa gelar juara di Portugal dan Inggris bukanlah hal yang mudah, meski tampak mudah pada awalnya. Di Portugal, Mourinho meraih gelar juara liga pada musim 2002/03 dan 2003/04, plus menjuarai Liga Champions tahun 2004. Sementara di Inggris, bersama Chelsea, ia menjuarai Premiership musim 2004/05 dan 2005/06, serta Piala FA tahun 2007. Alhasil, Maldini pun tak heran apabila Mourinho cukup banyak omong. Bagi bek berusia 40 tahun itu, The Special One sudah dinilai cukup kredibel untuk mengombar berbagai komentar yang terkadang bisa membuat kuping panas. "Mourinho menjadi juara di Portugal dengan tim yang bagus namun tidak fenomenal. Ia kemudian menjadi juara di Inggris dan semuanya tampak mudah," ujarnya seperti dilansir Goal. "Namun, jika dilihat lagi, sebenarnya semua itu cukup sulit." "Bagi citra seorang pelatih, hasil adalah yang paling penting. Tanpa hasil, apa yang ia katakan tak akan ada apa-apanya. Sebagai contoh, seseorang seperti (Zdenek) Zeman (mantan pelatih AS Roma dan Lazio di era 90-an, red) tidaklah kredibel." Derby Della Madoninna yang akan berlangsung pada hari Senin (16/2/ 2009) dinihari WIB nanti akan menjadi derby terakhir bagi Maldini. Pasalnya, ia sudah merencanakan bakal pensiun di akhir m u s i m nanti.(jpnn)

Milan - Laga derby antara Inter Milan melawan AC Milan akhir pekan ini bukan hanya soal pertaruhan gengsi kedua klub. Javier Zanetti menyebut, duel ini bisa menjadi titik krusial kedua tim dalam perebutan scudetto. Baik Inter maupun Milan kini berada dalam jalur yang sama menuju tahta juara Seri A. La Beneamata untuk sementara berada di depan dengan status pemuncak klasemen. Mereka mengoleksi 53 poin, delapan angka atas Milan. Seandainya Inter bisa memenangi laga melawan Milan nanti, selisih poin itu akan melebar. Hal itu bisa jadi semakin menyulitkan Rossoneri untuk menyalip tetangganya itu, dan inilah yang dincar oleh Zanetti. “Ini adalah pertandingan yang penting. Saya tak terlalu ingat mengenai pertandingan-pertandingan derby yang sudah saya mainkan, namun kami merasa tenang karena kami percaya dengan pekerjaan yang kami lakukan,” ujarnya di Goal. “Kami berharap berada dalam performa bagus dan memenang-

inya, karena ini bisa menjadi titik balik dalam musim ini,” tandasnya. Inter melalui tiga pertandingan terakhir mereka dengan hasil dua kemenangan dan satu hasil imbang. Sementara Milan, meraih dua hasil imbang dan satu kemenangan. Menarik ditunggu apakah Milan bisa memperbaiki rekor tersebut dengan kemenangan, atau sebaliknya, malah Inter yang melanjutkan tren bagus mereka. Milan Tanpa Kesalahan, Inter Pasti Kesulitan AC Milan membuat kesalahan fatal saat cuma bermain imbang dengan Reggina akhir pekan lalu. Jika tampil tanpa cela di derby Della Madonina akhir pekan ini, Inter Milan dijamin bakal kesulitan. Demikian keyakinan yang dilontarkan Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani, jelang laga kedua klub akhir pekan ini. Milan yang sering tampil tak stabil disebut Galliani bakal membuat saudara sekotanya kewalahan, dengan catatan Paolo Maldini cs mampu menunjukkan performa terbaik. “Kami masih sangat tenang saat ini, kami masih berusaha berhadapan dengan masalah yang terjadi dengan performa buruk saat menghadapi Reggina,” ungkap Galliani dalam wawancaranya dengan Sportsmediaset dan diberitakan Goal. Menjamu Reggina, Milan menguasai penuh jalannya pertandingan dan membuat beberapa peluang meyakinkan. Namun mereka lengah mengantisipasi serangan balik tim lawan

yang membuat Rossoneri sempat tertinggal 0-1. Penalti Kaka akhirnya menjadi penyelamat karena laga kemudian berkesudahan imbang 1-1. Hasil tersebut seperti mengembalikan penyakit lama Milan yang kerap kesulitan menghadapi tim-tim kecil. Kondisi yang jelas harus diwaspadai Carlo Ancelotti karena akhir pekan kemarin Inter justru tampil sangat meyakinkan saat menundukkan Lecce 3-0. “Kami sudah memikirkan sepanjang musim ini kalau apa yang membedakan kami dengan Inter di klasemen adalah hasil pertandingan menghadapi tim-tim lemah. Faktanya, dari tujuh pertandingan menghadapi lima tim terbawah kami mendapat 12 poin, sementara dari jumlah yang sama Inter mendapat 19 angka,” lanjut Galliani. Tapi Galliani tak minder dengan rekor tersebut, dasarnya adalah rekor pertemuan dengan tim di posisi 15 besar hasilnya nyaris sama dengan apa yang sudah didapat Inter. Jumlah poin yang dikumpulkan Milan cuma kalah satu angka dari saudara sekotanya itu. “Menghadapi tim di posisi 15 besar kami hanya kalah satu poin dibanding Nerazzurri. Untungnya kami punya kesempatan untuk menghadapi Inter akhir pekan ini, dan saya yakin kami akan bermain dengan baik.” “Di 2008 kami memenangi dua derby jadi kami berharap bisa melakukannya lagi kali ini. Saat kami bermain dalam performa terbaik, akan sangat sulit untuk menghentikan kami,” pungkas Galliani.(jpnn)

Milan Unggul di Februari DI Seri A saja, pertemuan AC Milan dan Inter Milan sudah terjadi sebanyak 171 kali. Namun sepanjang 50 tahun terakhir cuma ada enam laga derby di bulan Februari dengan Rossoneri punya hasil

yang lebih baik. Senin (16/2/2009) dinihari WIB, Milan dan Inter akan melakoni laga derby-nya yang ke-171 di Seri A. Untuk sementara Nerazzurri masih unggul atas Rossoneri dengan perbandingan kemenangan 61:58. Namun jika pertemuan kedua tim dilakukan pada bulan Februari, Milan punya koefisien kemenangan yang lebih besar, setidaknya dalam 50 tahun terakhir. Tercatat ada enam laga derby della madonnina di bulan Februari dalam kurun tersebut dengan Milan meraih dua kemenangan dan Inter dapat satu kemenangan sementara tiga lainnya berkesudahan imbang. Pertandingan terakhir kedua tim di Februari terjadi pada musim

2004-05 tepatnya tanggal 27 Februari, saat itu Kaka menjadi penentu kemenangan Diavolo Rosso dalam laga yang berkesudahan 1-0. Kondisi serupa terjadi di musim sebelumnya, 21 Februari musim 2003-04, di mana gol-gol John Dahl Tomasson, Kaka dan Clarence Seedorf mengungguli dua gol yang dilesakkan Dejan Stankovic dan Javier Zanetti. Satu-satunya kemenangan Inter terjadi pada 4 Februari 1962 deng a n Egidio Morbello dan Luis Suarez menjadi penentu kemenangan 2-0 Inter. Tiga hasil imbang didapat di 23 Februari 1958 (skor 22), 24 Februari 1963 (1-1) dan 18 Februari 1968 (1-1). Demikian dikutip dari situs resmi Milan. Akankah Milan kembali menang dalam derby di bulan Februari ini? Peluang tersebut tentunya terbuka, meski akan terasa makin sulit menyusul absennya Kaka yang tengah dibebat cedera. Menang Berarti Pesta Seminggu Penuh Pertandingan antara Inter Milan vs AC Milan selalu mendapat perhatian khusus dari suporter kedua tim. Tifosi dari tim yang menang akan merayakan kemenangan itu selama seminggu penuh. Adalah mantan penjaga gawang Inter, Gianluca Pagliuca, yang membeberkan hal tersebut. Selama karirnya membela Nerrazurri, ia sudah memainkan 10 buah laga derby di Seri A, di mana tak satu pun berakhir dengan kekalahan. "Saya bermain di 10 laga derby, enam di antara berakhir imbang dan kami menang empat kali. Artinya, saya tak pernah merasakan kekalahan," ujarnya seperti dilansir Goal. Pria berusia 42 tahun ini pun menggambarkan betapa meny-

enangkannya apabila bisa memenangi Derby della Madoninna. Tidak hanya para pemain yang bergembira, tetapi juga seluruh tifosi akan berpesta. "Para fans sangat peduli dengan pertandingan ini dan mereka akan merayakannya selama, setidaknya, seminggu penuh. Untuk pertandingan hari Minggu nanti, saya melihat Milan sangat termotivasi." "Mereka tertinggal delapan poin dan akan melakukan apapun untuk memangkasnya. Sebagai mantan kiper Inter, saya tentu akan membela Nerrazurri," tukasnya.(jpnn)

cmy

Rakyat Aceh  

Rakyat Aceh, Metro

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you