Issuu on Google+

PMB 2013 : BAKAR BAKAR BAKAR !!! Surabaya—Kampus D3 Teknik Mesin FTI – ITS (18/6) – Bakar bakar bakar! Itulah jargon peserta Pelatihan Motor Bakar (PMD) HMDM FTI – ITS. Pelatihan yang diliputi kepingintahuan, kepenasaran, dan ketidaktahuan mayoritas peserta akan dunia otomotif ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa dan Rabu (18-19 Juni 2013). Peserta pada PMB tahun ini berjumlah 29 mahasiswa angkatan 2012 dan satu mahasiswa angkatan 2011 (Andrew Jaya Nazar). Pelatihan ini sebelumnya memiliki target peserta, yaitu 30 peserta yang terdiri dari 25 mahasiswa angkatan 2012 dan 5 dari mahasiswa angkatan 2011. Tetapi terdapat kesalahan teknik pada pendataan peserta, yaitu panitia mendapatkan 32 peserta (30 mahasiswa 2012 dan 2 mahasiswa 2011). “Jadi sasaran pelatihan ini (PMB) yaitu 25 (mahasiswa) angkatan 2012 dan 5 (mahasiswa) yang 2011. Tetapi ada miss, ada 32 yang jadi peserta, dan ada satu yang mengundurkan diri (Reddy Berto Alfiando – Mahasiswa angkatan 2011)”, ujar Nurhadi, ketua pelaksana PMB 2013. Pelatihan yang dibawahi oleh Divisi Semi Otonom Bengkel ini diadakan oleh keperluan akan persepsi masyarakat akan percampuradukan dunia mesin dengan dunia otomotif. “Latar belakang kami melaksanakan pelatihan ini agar entar temen-temen (peserta) dapat memperbaiki motor. Masyarakat kan kebanyakan memandang bahwa seorang mahasiswa teknik mesin bisa benerin motor yang mogok, padahal mahasiswa sendiri tidak mendapatkan mata kuliah tersebut”, jelas mas Hadi, sapaan mahasiswa yang berNRP 2111030065. Mengenai pelaksanaan pelatihan ini : pada hari pertama terdapat 4 materi dan pada hari kedua terdapat 1 materi serta simulasi total. Materi pertama yang diisi oleh Achmad Maryono mengenai “4 Tak dan 2 Tak”. Ketita ditanyai mengenai kesan saat menyampaikan materi, mahasiswa yang ber-NRP 2110030091 ini menjawab, “Anak-anak (peserta) kurang dalam termodinamika, karna sangat berpengaruh besar, kurang juga dalam dunia otomotif. Tetapi dalam pemahaman banyak yang sudah ngerti kok”. Pesannya agar lebih digiatkan dalam pembelajaran termodinamika dan fungsi kerja motor bakar, terutama mengenai Internal Combustion Engine. Selanjutnya pada materi kedua, yaitu mengenai karburator yang disampaikan oleh Bagus Pambudi Setiawan.

Mas Ahmed yang sedang menyampaikan materi 2 TAK dan 4 TAK

Pada materi kedua ini, mas Bagus, sapaan mahasiswa angkatan 2010 ini, peserta mendapatkan hadiah karena berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa asal Jombang ini. Mereka, yaitu Kreshna Dyaksatama, Esti Nur Afifah, Pradana Dewantoko, dan Andrew Jaya Nazar, mendapatkan hadiah berupa satu set kunci L, obeng plus, dan satu kotak roti. Selesai dari materi kedua, dilanjutkan materi kedua, yaitu materi kelistrikan oleh Sapto Wisasno, lalu materi keempat, yaitu materi trouble shooting oleh Itsnaini Ahyar Fuad Zain. Penutupan hari pertama Pelatihan Motor Bakar

2013 HMDM FTI – ITS ditutup dengan jargon

peserta : PMB 2013! Bakar bakar bakar! Selanjutnya pada hari kedua peserta akan melaksanakan simulasi total. Penasaran bagaimana kelanjutannya? Tunggu “D3MITS TODAY” besok. (rak/rmja)


PMB 2013 : BAKAR BAKAR BAKAR !!!