Page 15

16

RABU, 2 SEPTEMBER 2009

Ibra Menahan Sakit ZLATAN Ibrahimovic langsung mencetak gol untuk Barcelona pada laga pertama Liga Primera. Namun, penyerang asal Swedia itu mengaku belum puas dengan performanya. Ada apa? Usut punya usut, kondisi Ibra memang belum sempurna. Pemain 27 tahun itu mengaku harus menahan sakit ketika tampil melawan Sporting Gijon kemarin. ’’Kondisi saya belum 100 persen fit dan saya masih merasakan sakit di pergelangan tangan kiri,” ungkap penyerang berdarah Bosnia-Kroasia itu sebagaimana dikutip Barca TV. Pergelangan tangan kiri Ibra masih dalam tahap pemulihan pascaoperasi awal Agustus lalu.

Ada tulang di pergelangannya yang retak. Cedera itu terjadi ketika Ibra membela Inter Milan melawan Chelsea pada turnamen pramusim World Football Challenge di Amerika Serikat (AS), 23 Juli 2009. ’’Saya tidak bisa memastikan kapan siap sepenuhnya karena saya masih dalam progres mencari bentuk permainan terbaik di Barcelona,” tutur Ibra. ’’Tapi, saya senang bisa tampil penuh di partai pertama saya di (Liga Primera) Spanyol. Tim juga bermain bagus dan itu membantu saya beradaptasi lebih baik lagi,” ujar topskor Serie A Italia musim lalu dengan 25 gol itu.(jpnn)

MENIT BERMAIN IBRA TANGGAL LAWAN

FOTO AFP

GOL PERTAMA: Penyerang Barcelona Bojan Krkic membuka kemenangan tuan rumah atas Sporting Gijon dini hari kemarin.

(3) Barcelona

Laporan Wartawan JPNN Editor: Eko Nugroho BARCELONA – Hasil bagus dipetik Barcelona pada awal pentas Liga Primera 2009/2010. Sang juara bertahan itu mengalahkan Sporting Gijon 3-0 (2-0) di Nou Camp. Bintang baru El Barca Zlatan Ibrahimovic menorehkan gol pertamanya. Ibra –sapaan akrab Ibrahimovic– mencetak gol ketiga Barca pada menit ke-82 melalui sundulan. Sebelumnya, striker 19 tahun Bojan Krkic membuka kemenangan tuan rumah pada menit ke-18 dan dilengkapi gol Seydou Keita tiga menit jelang turun minum. Dengan raihan tiga poin, Barca berada di jajaran papan atas klasemen sementara. Namun, Blaugrana –julukan Barcelona– belum berhak menempati urutan teratas karena kalah agresivitas gol dibandingkan Getafe. ’’Kami seharusnya bisa bermain lebih bagus. Namun, saya tidak berniat mengkritisi tim

RONA bahagia terpancar dari wajah kapten Barcelona Carles Puyol dini hari kemarin. Selain mengantarkan timnya menang atas Sporting Gijon, dia menorehkan penampilan ke-300 di Liga Primera. Puyol kini berada di urutan keenam pemain yang paling sering membela Blaugrana –julukan Barcelona– di kompetisi tertinggi itu. Pencapaian bek 31 tahun itu hanya berselisih satu laga dengan kiper legendaris Barca dan Timnas Spanyol, Andoni Zubizarreta. Namun, Puyol tetap tertinggal 17 laga dengan rekan setimnya, Xavi Hernandez. ’’Momen yang menggembirakan karena catatan bersejarah

PREMIERLEAGUE

saya sendiri karena para pemain telah bekerja keras,’’ kata Josep Guardiola, entrenador Barca, sebagaimana dilansir Sport. Permainan agresif, cepat, dan penuh aksi individu yang menjadi pakem Barca tidak begitu kentara melawan Gijon. Itu mungkin bisa dimaklumi karena Barca minus bintang penyerang Argentina Lionel Messi dan gelandang lincah Andres Iniesta. Messi sudah terbang ke Argentina untuk persiapan melawan Brazil dalam big match kualifikasi Piala Dunia 2010 zona Conmebol di Rosario Minggu pagi WIB (6/9). Sedangkan Iniesta belum pulih dari cedera paha. Tapi, tanpa keduanya, Barca justru punya variasi permainan. Ibra yang diplot sebagai target man lebih efisien dan efektif dengan dukungan Bojan dan pahlawan Barca di Piala Super Eropa, Pedro Rodriguez.

Simak komentar bek kanan Barca Dani Alves. ’’Pergerakan saya lebih leluasa. Segalanya terasa lebih mudah dengan kehadiran Messi. Namun, saya enjoy dengan peran saya di laga tadi (kemarin),’’ ungkap pemain Brazil itu. Alves mengirim pesan kepada rival abadi Barcelona, Real Madrid. Dibandingkan Real yang hanya menang 3-2 atas Deportivo La Coruna, pencapaian Barca lebih baik. Sebagai catatan, di laga pertama Liga Primera musim lalu, Barca dan Real sama-sama kalah. ’’Hasil awal musim memengaruhi perjalanan tim ini secara keseluruhan. Kami juga tidak perlu khawatir dengan Real Madrid sepanjang kami bisa meraih hasil positif di setiap laga,’’ ungkap pemain termahal Barcelona dan Liga Primera musim lalu itu. Dari kubu Gijon, entrenador Manolo Preciado menye-

but kekalahan tiga gol tanpa balas dianggapnya hasil lumayan. Kok bisa? ’’Realistis, sulit terhindar kekalahan dari Barcelona di Nou Camp. Terlebih, mereka baru memenangi dua gelar sebelum kompetisi (Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa, Red),’’ ungkapnya kepada Tribalfootball. ’’Saya terkesan dengan cara pemain kami mengimbangi pemain Barcelona karena gol-gol lawan bukan lahir dari permainan terbuka, melainkan skema set piece,’’ tutur Preciado. Kemenangan Barca atas Gijon kemarin membawa korban dengan cederanya dua penggawa klub asal Catalan itu. Yakni bek kiri Maxwell dan pencetak gol pertama Barca musim ini, Bojan. Keduanya sama-sama mengalami hamstring. ’’Cedera Maxwell tidak terlalu serius, sedangkan Bojan bisa absen selama 15 sampai 20 hari. Kami memiliki skuad kecil. Jika seorang pemain mengalami cedera, berarti kesempatan pemain yang lain bermain,’’ tutur Guardiola. (*)

PENAMPILAN TERBANYAK BARCELONA (Liga Primera)

Selama satu dekade berkostum Barcelona, Puyol mengoleksi sepuluh trofi, baik pada ajang domestik maupun internasional. ’’Saya banyak menerima ilmu dari para pelatih yang menangani Barcelona. Saya juga bangga mengenakan nomor punggung 5. Yang saya ketahui, nomor itu pernah dikenakan pemain hebat klub ini,’’ urai Puyol. Keenam pelatih yang pernah memoles Puyol antara lain Louis Van Gaal yang kini menangani Bayern Munchen, Llorenc Serra Ferrer, Charly Rexach, Radomir Antic, Frank Rijkaard, dan Josep Guardiola. Nama terakhir adalah mantan pemain Barca yang memakai nomor punggung 5. (jpnn)

391 laga 328 laga

CARLES PUYOL

itu tepat di satu dekade saya membela Barcelona,’’ ungkap Puyol sebagaimana dilansir di situs resmi klub. ’’Saya telah banyak menjalani suka duka

Sporting Gijon (0)

: Migueli : Rexach

317 laga

: Xavi Hernandez

311 laga

: Guillermo Amor

301 laga

: Andoni Zubizarreta

300 laga

: Carles Puyol

bersama Barcelona dan itu membuat saya semakin mencintai klub ini,’’ sambungnya. Puyol melakoni debut bersama Blaugrana saat melawan Real Valladolid pada 2 Oktober 1999. Pada Agustus 2004, dia yang semasa junior berposisi sebagai kiper dan striker, menerima mandat sebagai kapten Barcelona .

DURASI MAIN

AJANG

45 menit

Joan Gamper Trophy

19-8-09

Man. City

23-8-09

Athletic Bilbao

70 menit

Piala Super Spanyol

28-8-09

Shakhtar Donetsk

80 menit

Piala Super Eropa

31-8-09

Sporting Gijon

90 menit

Liga Primera Spanyol

RADAR LAMPUNG | Rabu, 2 September 2009  

ePaper RadarLampung

RADAR LAMPUNG | Rabu, 2 September 2009  

ePaper RadarLampung

Advertisement