Issuu on Google+

REDAKSI TELP EXT FAX

ONLINE Iklan Sirkulasi

: (0711) 361638 : 815 : (0711) 362452

: (EXT 805) : (EXT 803)

Bisnis Sumsel I N S P I R A S I B I S N I S M A S YA R A K AT S U M S E L

SELASA 26 JULI 2011 RADAR PALEMBANG HALAMAN 9

Pemkab Ambil Alih Saham Agrolanggeng TERHADAP kepemilikan saham Pemkab Muara Enim di PT. Pemdas Agro Citra Buana (PT. PACB) yang merupakan perusahaan bentukan antara Pemkab Muara Enim melalui Perusahaan Daerah Sarana Pembangunan Muara Enim dengan PT. Surya Bumi Agrolanggeng itu, dinilai tidak sesuai penghitungan asset kepemilikan saham milik Pemkab Muara Enim yang cuma dihitung berdasarkan aset kepemilikan tanah saja.

Ir Muzakir Sa’I Sohar

MUARA ENIM, RP – Bupati Muara Enim, Ir Muzakir Sa’I Sohar dalam wawancara dengan wartawan belum lama ini meminta agar penyesuaian asset milik Pemkab Muara Enim tidak dihitung berdasar-

kan harga tanah waktu pertama kali dibentuk perusahaan itu, akan tetapi disesuaikan dengan harga jual saat ini. Bupati sendiri mengisyaratkan, bila nantinya dalam penghitungan ulang ternyata tak sesuai juga, Pemkab Muara Enim berkeinginan mengambil alih seluruh saham milik PT. Surya Bumi Agrolanggeng di PT. Pemdas Agro Citra

Buana tersebut. “Kita ni kan hanya punya modal tanah, kalau tanah kita dulu ditakar 1 ha cuma Rp. 2 juta, itu kan tidak sesuai lagi. Ini perlu direview lagi sehingga ada kesetaraan penyeKe Halaman 15

FOTO : SALAMUN/RADAR PALEMBANG

Memeriahkan bulan Ramadan outlet penjualan produk fashion ternama Contempo menghadirkan sederetan koleksi busana muslim.

Contempo Hadirkan Busana Muslim PALEMBANG, RP – Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba outlet penjualan produk fashion

ternama Contempo menghadirkan sederetan koleksi busana muslim edisi special. Busana ini dapat Anda kenakan untuk mene-

mani hari-hari spesial. Koleksi busana muslim kali ini dirancang khusus bagi pelanggan setia Contempo, terbuat

dari bahan linen dan katun yang sangat nyaman. Khusus untuk koleksi busana muslim kaum wanita dihadirkan sederetan blus

dengan detail bordir nan cantik yang ditawarkan mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 360 ribu. Ke Halaman 15

Target Pendapatan Rp 75 juta Retribusi Parkir DINAS Perhubungan (dishub) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ditahun 2011 ini menargetkan pendapatan retribusi parkir di OKI Rp 75 Juta, target ini empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan target tahun 2010 yang hanya Rp 13 juta dan terealisasi Rp 17 juta. KAYUAGUNG, RP - Dishub optimis target tersebut akan tercapai karena saat ini lahan parkir di OKI sudah banyak bertambah seiring dengan tambah berkembangnya perekonomian di kabupaten OKI. Selain itu dishub juga melakukan pengawasan secara ketat terhadap para jukir liar. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan OKI Asnawi P Ratu didampingi kabid Lauluntas dan angkutan jalan (LLAJ), Syaiful Bahri, saat ditemui di kantornya, kemarin (25/7). “Kita ditargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Retribusi

parker Rp 75 juta, target ini empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan target tahun 2010 yang hanya Rp 13 juta,” tuturnya. Pihaknya yakin target tersebut bisa tercapai, karena sekarang pada semester pertama atau pertengahan tahun sudah mencapai Rp 50% dari nilai yang ditargetkan. “Dari target Rp 75 juta, sekarang masuk semester pertama kita sudah mendapatkan Rp 30 juta, sekitar 50 persen dari target, kami yakin target tersebut bisa tercapai,” jelasnya. Diakuinya memang target pendapatan retribusi parker empat Ke Halaman 15

BERAS: Harga beras jelang Ramadan di beberapa kabupaten Kota di Sumsel mulai beranjak naik

Harga Beras Merangkak Naik MUARADUA, RP – Mendekati momen puasa dan lebaran harga beras mulai merangkak naik. Kenaikanya memang tidak terlalu significan, sekitar Rp200-300 perkilonya. Namum, bila kenaikan harga yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat ini dibiarkan berlarut-larut khawatir

akan menyebabkan keresahan masyarakat. Dampaknya masyarakat ekonomi menengah ke bawah kesulitan membeli beras yang terus merangkak naik. Herlina, agen beras toko Asia kelurahan pasar Muaradua menyebutkan jika kenaikan harga beras sudah terjadi sejak dua

pekan terakhir. Penyebabnya tidak diketahui persis. Yang jelas, tambah Lina kenaikan harga terjadi dari tempat pemasok beras dari Lampung. “Beras kita dipasok dari Lampung, harga beli dari sana (lampung) naik, makanya kita juga Ke Halaman 15

3.760 Kendaraan Lakukan Pemutihan MARTAPURA, RP - Program pemutihan pengurusan pajak yang dilakukan Kantor Perwakilan Samsat Kabupaten OKU Timur sejak Juni hingga Oktober 2011, mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Terbukti, ribuan pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat langsung memanfaatkan program tersebut. Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Kantor Perwakilan Samsat OKU Timur, Bustomi Syahir, melalui Kepala Seksi Penetapan Pembukuan dan Pelaporan, M Asrat, terhitung sampai akhir Juni tercatat ada 3.760 unit kendaraan bermotor telah melakukan pembebasan pokok dan denda atas tunggakan pajak kendaraan bermotor. “Jika dihitung dengan rupiah, total pendapatan yang berhasil dikumpulkan dari pembebasan diatas adalah sebesar Rp 814,4 juta. Sedangkan kendaraan bermotor yang membayar BBNKB II untuk yang bernomor polisi dalam Provinsi Sumatera Selatan (plat BG) tercatat 47 unit kendaraan dengan jumlah uang Rp 26,7 juta,” ujarnya. Sementara untuk kendaraan bermotor luar Provinsi Sumsel yang melakukan mutasi ke OKU Timur sebanyak 122 unit dengan jumlah uang sebesar Rp 95,3 juta. “Kita bersyukur program pemutihan ini mendapat perhatian dan tanggapan positif dari masyarakat,” ungkapnya. Adapun program pemutihan yang dilakukan Samsat OKU Timur sendiri dilakukan untuk mempermudah pemilik kendaraan yang terdata telah menunggak lebih dari setahun mengurus mutasi dan membayar pajak. Untuk itu bagi masyarakat yang mengurus mutasi dan membayar pajak pada 25 Juni hingga 25 Oktober 2011 mendatang, lakan dibebaskan dari biaya tunggakan. (awa)


Index

Kenali Sekolah Lebih Dekat, Helat Kegiatan MOS Kegiatan Masa Orientasi Sekolah (MOS) penting untuk diadakan. Melalui cara inilah siswa akan lebih mengenal sekolah yang akan mereka jalani selama tiga tahun. Sebagaimana yang diadakan SMK Pembangunan YPT Palembang. Di selasela pengenalan sekolah, juga diberikan materi mengenai bantuan hukum gratis bagi rakyat miskin. Halaman 13

SELASA 26 JULI 2011

CELOTEH PELAJAR

TAB, Haruskah Perlengkapan Sekolah Serba Baru ? SORAK kegembiraan menyelimuti awal tahun ajaran baru, perlengkapan sekolah juga baru mulai dari tas, sepatu, seragam, bahkan penampilan juga baru. But, sebenarnya perlu gak sih segala perlengkapan yang baru itu, yukkkzzzz kita liat pendapat generasi abu2 berikut ini :

HALAMAN

11

Harian Bisnis Radar Palembang memberikan peluang kepada sekolah, perguruan tinggi maupun komunitas untuk ikut berpartisipasi mengisi kolom ini. Kami menampung semua kreatifitas remaja dan anak-anak. Silakan menghubungi Rani, hp: 0813-73880509 atau 0711-8678743

TAHUN AJARAN BARU SEMANGAT BARU

Hidayatul Falaah SMA N 10 Palembang Hmmm.... klo aq sich, lihat kondisi perlengkapan sekolah itu sendiri. Klo udah rusak atau udah lama baru aq beli yang baru. Monica Putri H SMK N 3 Palembang Klo tahun ajaran baru itu, gak harus perlengkapan baru juga cz kalo perlengkapan yang lama masih bisa dipake, gak perlu donk beli perlengkapan baru. (*)

Yeah itʼs time back to school. Tahun ajaran baru telah dimulai sejak seminggu yang lalu. Apa aja sich yang terbayang dalam benak kamu tentang tahun ajaran baru? Tahun ajaran baru ada kelas baru. Itu artinya kita harus berpisah kelas dengan teman lama, namun hal ini perlu jadi catatan khusus.

QUIS

Setinggi Apa Semangat Berprestasi di Tahun Ajaran Baru ? SELAMAT tahun ajaran baru, guys.....!!!! Hal-hal yang baru pasti mengisi awal tahun ajaran baru ini, mulai dari teman-teman baru, kelas baru, suasana baru, sampai perlengkapan sekolah juga baru pastinya. But, hal-hal baru itu lebih baik lagi jika diimbangi dengan prestasiprestasi yang oke donk. Hmmttt guys, praktek gak semudah teori lho, maksudnya gimana kita bisa mengukir prestasi kalau kita aja gak punya niat ʻn semangat buat ikutan perang pendidikan biar bisa ngedapetin ”Mahkota Prestasi Emas”, heheeee........ Nah guys, sebelum turun ke medan perang pendidikan, kita perlu banyak banget persiapan, salah satunya dengan mengukir tingkat semangat kita. Seberapa tinggi ya semangat kita buat memproleh prestasi di tahun ajaran ini ?,,,,mau tahu....... Letʼs try this quis....... Step 1 : Jawab yuuukkkkk pertanyaan2 di bawah ini 1). Kalau memilih tempat duduk, posisi mana yang kalian pilih? a. Barisan depan b. Barisan tengahc. Belakang 2). Kalau kamu dikasih soal-soal latihan tapi soal-soal itu belum selesai dijawab dan soal-soal itu dijadikan PR gara2 waktunya udah habis. Apa yang biasanya kamu lakukan ? a. Gak ngerjain soal-soal itu di rumah cz bakalan datangnya pagi-pagi ke sekolah buat mencontek teman. b. Soal-soalnya diselesaikan di rumah sampe terjawab semua. c. Cuek-cuek aja, gak ngerjain PR ʻn

gak ngumpulin PR itu. 3). Setelah guru menyampaikan materi, ternyata kamu gak ngerti dengan materi itu. Apa yang kamu lakukan ? a. Cuek-cuek aja. Pura-pura ngerti gitu. b. Menyuruh teman menanyakan yang gak dimengerti itu kepada guru. c. Langsung mengangkat tangan dan bertanya pada guru 4). Kalau kamu lagi belajar, nah ada temen kamu yang minta ditemenin mencari komik di toko buku. Apa yang biasanya kamu lakukan ? a. Langsung nyimpen buku, ganti baju ʻn langsung pergi ke toko buku. b. Menolak ajakan teman itu cz kamu lagi belajar. c. Basa-basi buat gak ikut ke toko buku, tapi kalo teman tetep maksa, ya udah ikut aja ke toko buku. 5). Siapa sih yang memotivasi kamu untuk lebih berprestasi ? a. Orang tua b. Pacar c. Diri sendiri 6). Biasanya, kalau lagi santai apa yang kamu lakukan ? a. Menonton acara tv favorit. b. Membaca materi yang akan dipelajari besok. c. Membaca komik/Novel biar nemuin kata-kata indah. 7) Apa sih alasan kamu pengen jadi siswa berprestasi ? a. Biar kelihatan perfect di mata teman2. b. Pengen ngebuat ortu bangga. c. Pengen ilmunya dan prestasinya bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Step 2 : Nah guys,setelah semua pertanyaan terjawab, itʼs time to check your point

Poin-poin 1) a. 3 b.2 2) a.2 b.3 3) a.1 b.2 4) a.1 b.3

c.1 c.1 c.3 c.2

5) a.2 b.1 c.3 6) a.1 b.3 c.2 7) a.1 b.2 c.3

Step 3 : Jumlahin dech poin2 kamu and then, lihat hasilnya yukkkkzzz. Hasilnya........ Poin 7-11 Semangat kamu buat berprestasi itu termasuk rendah guys, ya, kira-kira di bawah 40% gitu. Sebenarnya kamu itu ingin banget berprestasi, tapi usaha kamu sangat minim guys. Kamu lebih bergantung pada orang lain dalam proses belajar. Sebaiknya kamu lebih memaksimalkan usaha-usaha kamu cz setiap usaha pasti ada hasilnya,semangat guys... Poin 12-16 Hmmm, semangat kamu tergantung dengan mood kamu dech guys. Kamu itu udah punya usaha yang hampir maksimal buat berprestasi but sayangnya kamu itu mudah terpengaruh oleh ajakan-ajakan temen kamu buat hang out gitu. Jadi sebaiknya kamu belajar untuk meneguhkan pendirian ya guys..kamu pasti bisa,,,,,, J Poin 17-21 Congratulation, buat kamu yang punya poin 17-21, semangat kamu buat jadi siswa yang berprestasi udah ada di rating atas nih guys. And pola belajar kamu juga OK. Tapi kamu juga perlu berhati-hati cz semakin tinggi semangat kamu bwt berprestasi maka kamu akan semakin dekat dengan obsesi2 kamu. Nah kalau gitu takutnya kamu jadi orang yang over ambisius upppsssss... over ambisius itu gak baik loh......J

COZ pisah kelas gak berarti kita akan melupakan teman lama. Namun justru semakin membuat kita jadi diri sendiri dan harus pintar-pintar menempatkan diri di tengah-tengah suasana baru, kelas baru, teman baru dan juga harapan baru. Namun dengan segala yang serba baru tersebut mesti diwaspadai. Setiap perubahan baru pasti memebawa berbagai dampak.Ya bagus kalau dampaknya membawa ke arah yang lebih baik lagi. Namun jika dampaknya negatif wah bahaya ini, mesti dicegah sedini mungkin agar tidak terjadi. Kelas baru tentunya suasana baru juga dunk, so pasti itu kelas yang baru berbeda dengan suasana kelas yang lama. But, kalian jangan minder yach. Jangan gara-gara suasana kelasnya yang berbeda dengan susana kelas lama. Jadi kamu mesti pintar-pintar menempatkan diri pada suasana dan kondisi yang serba baru. Namun kamu gerlu jadi orang lain untuk bisa diterima di lingkungan baru. Jika kamu berpikir bahwa berubah dan mencontek kepribadian orang lain agar diterima di lingkungan baru itu salah besar. Orang justru akan lebih menghargai dan menerima kamu jika kamu bersi-

kap dan menjadi diri sendiri, lho!!! New class, new spirit, kelas baru dan semangat baru. Dengan kelas baru pastinya juga semangat baru di tahun ajaran baru. Pastinya temen-temen ingin lebih baik dari sebelumnya baik dalam bidang pelajaran maupun lainnya, harus dong! Dengan begitu kita bisa semakin maju. Di tahun ajaran baru mungkin ada beberapa perubahan dalam cara balajar dari sebelumnya. Belajar 1 jam sehari kini menjadi 2 jam sehari, atau mungkin ada perubahan-perubahan lainnya. Misalnya nih, kita yang dulu les bimbel di luar kini lesnya di rumah alias les privat. Itʼs okay guys, selama itu baik buat kamu. Well, meskipun semuanya serba baru di tahun ajaran baru, harus kita imbangi pula dengan pembaharuan dari diri kita. Buang semua sifat-sifat buruk kita agar menjadi insan yang disukai banyak orang, oke guys…? (tim)

Sang Rembulan dalam Naungan Doa Bila nanti aku muli tak memperhatikanmu kembali Dan tanganku mulai berpindah genggaman jangan pernah engkau tanyakan mengapa demikian Sebenarnya aku tak ingin hanya menjadi saudaramu,,, Teman,,, Bahkan sahabat Aku ingin menjadikanmu seseorang yang special di hatiku Sedikit memberikan perhatian dan mencoba setia dalam ikatan satu hati Cinta... Namun apabila engkau tak ingin memberikan hati kepadaku dengan segenap rasa dan cinta akupun takan pernah memaksamu untuk mencintaku Duhai sang rembulan,,, Jangan pernah engkau berpikir aku tak mampu mencari cinta sejatiku Cinta yang penuh dengan harapan Kasih sayang Dan perhatian Serta kepastian Namun aku berharap hanya engkaulah cintaku Cinta satu hati dalam naungan doʼa Bukan aku tak perduli dengan apa yang ada di sekeliling kita Namun aku merasa inilah jalan terbaik kita Menuju jalan cinta dan kepastian demi cinta kita berdua hingga pada ahirnya terbina ikatan asmara dalam satu cinta kita berdua.

Karya: Muhammad Efendy (UNIV PGRI).


HALAMAN

12 RADAR PALEMBANG

Mari berkreasi

Kampus SELASA 26 JULI 2011 Harian Bisnis Radar Palembang memberikan peluang kepada sekolah, perguruan tinggi maupun komunitas untuk ikut berpartisipasi mengisi kolom ini. Kami menampung semua kreatifitas remaja dan anak-anak. Silakan menghubungi Rani, hp: 0813-73880509 atau 0711-8678743

Polsri dan Bank Mandiri Jalin Kerjasama Kewirausahaan

Berikan Bantuan Dana PMW 2011

Politeknik Negeri Sriwijaya sebagai lembaga pendidikan yang telah teruji kualitas dan alumninya, dari hari ke hari semakin meningkatkan eksistensi menciptakan generasi penerus bangsa yang berdayaguna dalam berbagai bidang dan keahlian. Namun, persaingan dalam industri dunia kerja saat ini dirasa masih sulit jika tidak dibekali dengan skill yang baik. Guna menyikapi tantangan dunia kerja tersebut maka Polsri sadar betul dengan kebutuhan untuk menjawab tantangan tersebut. Berlatarbelakang permasalahan tersebut maka Polsri terinspirasi untuk menciptakan wirausahawan muda yang mampu berkiprah dan membuka kesempatan kerja.

Bantuan dana yang diserahkan Tahun 2010 Kelompok usaha: 4 jenis kelompok usaha @ 5 orang = 20 orang Masing-masing mendapat bantuan dana 40 juta x4 kelompok =160 juta 38 jenis usaha individu @ 5 juta x 38=190 juta Total penerima bantuan dana 58 orang dengan total dana yang diserahkan 350 juta Tahun 2011 Kelompok usaha: 5 jenis kelompok usaha @ 5 orang = 25 orang Masing-masing mendapat bantuan dana 40 juta x 5 kelompok =200 juta 38 jenis usaha individu @ 5 juta x 38=190 juta Total bantuan dana yang diserahkan 390 juta Total penerima bantuan 63 orang PALEMBANG, RP -Dengan semangat entrepreneurship diharapkan mampu merubah paradigma yang telah lama melekat dalam masyarakat dan dalam kehidupan kita. Selama ini, jika telah selesai dan lulus dalam menempuh pendidikan, tujuan akhirnya mencari kerja. Tapi dengan semangat kewirausahaan ini diharapkan mampu merubah pandangan tersebut menjadi bagaimana caranya menciptakan usaha yang mampu menyerap lapangan pekerjaan. Dan mengurangi tingkat angka penggangguran. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Yuliana SE, selaku ketua pelaksana kegiatan penyerahan dana bantuan kewirausahaan dan juga selaku sekretaris P3M Polsri. �Kalau jadi pengusaha enak, bisa kami atur sendiri sehingga bisa bebas. Namun tetap menghasilkan dan mampu menyerap tenaga kerja,� papar Yuli. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut maka Polsri bekerjasama dengan bank Mandiri menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan muda mandiri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan dan keterampilan khususnya sense of business sehingga akan tercipta wirausaha muda yang potensial dan menumbuhkan wirausaha baru yang berpendidikan tinggi. Di bawah naungan pusat penelitian dan pengembangan masyarakat. Maka terbentuklah suatu program yang diberi nama program mahasiswa wirausaha 2011. Program mahasiswa wirausaha ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir, bekerjasama dengan berbagai bank. �Tahun ini kami mencoba mewujudkan program kewirausahaan dengan menggandeng bank Mandiri sebagai rekanan. Kami juga ingin menjajaki kerjasama tak hanya dengan satu pihak saja tetapi juga dengan berbagai pihak,� jelas Yuli. Program mahasiswa wirausaha 2011 ini memiliki serangkaian tahapan yang panjang dan cukup memakan waktu. Untuk sosialisai hingga tahapan penyerahan dana saja, dibutuhkan waktu lima bulan. Hal ini dimaksudkan agar benarbenar muncul bakat wirausaha yang bersungguh-sugguh dan tangguh dalam menghadapi persaingan berwirausaha. Jumlah awal peserta yang mengikuti tahapan sosialisasi sekitar 384 peserta. Namun, akibat ketatnya tahapan seleksi maka hanya terpilih 63 orang saja yang lulus. Mereka inilah yang berhak mewujudkan usahanya sesuai dengan proposal yang diajukan. Dibantu pula oleh arahan mentor yang berasal dari dosen yang mengajar mata kuliah kewirausahaan dan juga dosen pembimbing lainnya. Selain bimbingan dari mentor yang ahli dibidangnya, juga dibantu dengan modul dan buku terkait yang mampu mewujudkan usaha yang dilakoni. Sebelum dinyatakan layak dan menerima bantuan dana program PMW, semua peserta dinilai oleh tim juri yang berasal dari bank,UKM, maupun mentor. Tahun 2011 ini, jumlah peserta yang berhasil masuk hingga tahap pendanaan meningkat dari tahun lalu. Jika pada tahun lalu jumlah keseluruhan peserta sebanyak 58 orang. Terdiri dari 2 kategori usaha yakni usaha kelompok dan usaha individu. Untuk usaha kelompok terdapat 4 jenis usaha kelompok dengan masing-masing anggota setiap kelompak terdiri dari 5 orang dengan bantuan dana sebesar Rp 40

juta perkelompok. Sedangkan untuk usaha individu sebanyak 38 orang, dengan bantuan masing-masing jenis usaha sebesar Rp 5 juta dengan total dana Rp 350 juta. Kemudian di tahun 2011, alami peningkatan menjadi 63 peserta. Lima kelompok usaha dengan masing-masing anggota lima orang dengan bantuan sebesar Rp 40 juta. Lalu, 38 orang untuk jenis usaha individu dengan bantuan dana masing-masing sebesar Rp 5 juta. Jadi total dana yang diserahkan tahun ini sebesar Rp 390 juta. Penyerahan dana dilakukan pada Sabtu (23/7) di Aula KPA Politeknik Negeri Sriwijaya. Kegiatan di awali dengan pembukaan dan laporan pertanggungjawaban kegiatan yang disampaikan oleh Yulina SE. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan direktur polsri yang diwakili oleh pembantu direktur 1. Sekaligus penyerahan dana usaha secara simbolis. Penyerahan dana usaha secara simbolis diberikan kepada masing-masing perwakilan kelompok dan individu. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Cabang Wilayah Palembang Wahyu Nugraha untuk dua jenis usaha kelompok, dan dua jenis usaha individu. Penyerahan dana program mahasiswa wirausaha ini juga sekaligus melantik kepengurusan P2KPN. Untuk mewujudkan keberhasilan dalam menjalankan usaha maka bank Mandiri turut serta memberikan penyerahan buku dan modul kewirausahaan dari bank Mandiri kepada Polsri. Sebagai bentuk telah terjalinnya kerjasama maka diberikan cinderamata kepada bank Mandiri dari pihak Polsri. Ini sebagai ucapan syukur atas suksesnya kegiatan ini maka acara ditutup dengan pembacaan doa. (s1/kr)


HALAMAN

13 RADAR PALEMBANG

Mari berkreasi

SELASA 26 JULI 2011 Harian Bisnis Radar Palembang memberikan peluang kepada sekolah, perguruan tinggi maupun komunitas untuk ikut berpartisipasi mengisi kolom ini. Kami menampung semua kreatifitas remaja dan anak-anak. Silakan menghubungi Rani, hp: 0813-73880509 atau 0711-8678743

SMK Pembangunan YPT Palembang

Kenali Sekolah Lebih Dekat, Helat Kegiatan MOS PALEMBANG, RP - Masa Orientasi Siswa (MOS) biasanya diadakan pada saat penerimaan siswa baru untuk tiap sekolah. Begitu juga SMK Pembangunan YPT Palembang yang telah meluluskan 41 angkatan. Dan pada tahun pelajaran 2011/2012 ini juga mengadakan kegiatan yang sama. Pada dasarnya kegiatan ini adalah untuk mengenal lebih dekat tentang lingkungan sekolah. Diikuti oleh seluruh siswa baru, anggota OSIS, materinya diberikan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina Osis, guru serta dari BHG (Bantuan Hukum Gratis Kota Palembang). Materi yang diberikan mengenai pelayanan hukum gratis pada masyarakat miskin. Selain itu kegiatan MOS juga memberikan aspek-aspek positif bagi siswa siswi dengan tujuan mendidik siswa agar menjadi siswa handal, smart, entrepreunership, dan beradaptasi satu sama lain. Juga disampaikan kepada siswa tentang visi pendidikan Kota Palembang yaitu terwujudnya Palembang sebagai Kota Pendidikan Cerdas dan Bermartabat. Sementara Misi yang dilakukan Disdikpora Kota Palembang yakni meningkatkan pemerataan pelayanan pendidikan menuju tuntas wajib belajar pendidikan menengah 12 tahun. Meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, baik formal maupun non formal. 1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi global dengan menjunjung norma dan budaya bangsa. 2. Mengembangkan lulusan berwawasan entrepreneur pada semua jenjang pendidikan 3. Mengembangkan lulusan Berwawasan Lingkungan Hidup (Clean, Green, and Blue) 4. Mengembangkan lulusan berkepribadian unggul, disiplin, dan berakhlak mulia (caracter building). Selain itu siswa siswi di SMK Pembangunan YPT mempunyai Yel Yel khusus. Yakni ketika disebutkan kata YPT OK maka siswa menjawab Yes…Yes..Yes.. ,Belajar Yesss dan Narkoba No. Adapun motto DISDIKPORA CEMERLANG yaitu Cerdas,Merata dan Prestasi Gemilang. Kegiatan MOS selama tiga hari itu sungguh terasa indah dan menyenangkan. Sebab, pendekatan yang digunakan adalah penuh dengan kekeluargaan dan dialog yang menyenangkan. Semoga kegiatan ini akan menjadikan siswa bertambah jiwa entrepreunership , agar tamatan SMK Pembangunan YPT memang dapat memenuhi kebutuhan industri dan perkantoran. Dan dengan jiwa kewirausahaannya, tamatan sekolah ini dapat membantu pemerintah dengan membuka peluang usaha bagi masyarakat Kota Palembang. (s1/yd)

K

Biodata Kepala Sekolah Nama Jabatan Alamat Sekolah : Jln DI Panjaiitan No Telepon E-mail

: Drs Yudistira : Kepala SMK Pembangunan YPT Palembang : 36 Plaju( Kampus B ) : Jlm. Let Jen Bambang Utoyo No : 119 ,(Kps A ) : 0711 516348 / 0711 713755 : smkp_ypt@yahoo.com

DIALOG Ketika dialog terputus maka rasa hati sering terjebak perbedaan rasa. Apalagi perbedaan keinginan bertolak belakang maka dialog terhenti. Kekakuan ego memuncak kondisi jadi tegang, masing-masing pihak melihat pembenaran jadi kebenaran, ini pasti berujung kekerasan perilaku, hal sepele jadi besar bila masing-masing pihak berpijak pada ego, kejadian yang diharapkan menjadi berderai, saling menyalah kan jadi pembelaan diri. Ricuh dan kericuhan dianggap sebagai efek wajar dari sebuah kondisi dimana setiap induvidu merasa punya hak, apalagi kalau mereka melihat pembenaran jadi acuan atas nama HAM, masing-masing pihak melihat kepentingan secara sempit dengan tidak menjadari bahwa kepentingan orang lain tidak bisa dilepaskan dari kepentingan mereka sendiri dan dalam kepentingan diri mereka juga tidak terlepas dari kepentingan orang lain. Jika masing-masing pihak menjadari arti dari kebersamaan, maka setiap individu akan bertukar kata dalam kehalusan bahasa, akan terjadi dialog sebab dialog merupakan jembatan hati menyatu rasa, bila setiap induvidu mampu menjaga rasa kebersamaan, setiap saat dialog pasti berjalan baik, kebenaran untuk kebersamaan bisa terwujud, karena setiap perbedaan akan bisa dipertautkan. Repotnya bila ada sikap masa bodoh diantara mereka terhadap kepentingan orang lain karena merasa punya hak lebih, baik oleh sistim maupun kekuasaan atau ada aspek lainnya yang menunjang untuk itu, mau tidak mau akan terjadi letupan emosi dan membakar emosi massa, kondisi itu bisa dipastikan terjadi hal-hal yang jauh dari harapan kebersamaan, dapat dipastikan keributan massa berakhir dengan kericuan yang merugikan semua pihak baik berupa kerugian jiwa ataupun materi. Menyongsong Sea Games yang akan diadakan di Provinsi Sumatera Selatan dituntut setiap elemen bangsa untuk menyadari dan melihat kepentingan lebih luas dari kepentingan induvidu,kelompok,suku dan agama ,agar bangsa dan negara ini senantiasa menjadi jauh lebih penting dalam menata kebersamaan sebagai satu bangsa yang memiliki martabat .SMK Pembangunan YPT sangat mendukung dan bangga atas terpilihnya Provinsi Sumatera Selatan sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Sea Games,ini akan memberikan kesempatan kepada siswa siswi untuk melihat jauh kedepan bagaimana era perdagangan bebas masuk ke Indonesia,sehingga memberi semangat siswa untuk benar benar memiliki jiwa entrepreneurship pada diri mereka,dan terutama bahasa yang menjadi jembatan penghubung interaksi berdialog,sesuai dengan MISI Disdikpora Kota Palembang yaitu meningkatkan kemampuan berkomunikasi global dengan menjunjung norma dan budaya bangsa. Dalam dunia pendidikan juga dialog ini akan sangat penting peranannya,Di Smk Pembangunan – YPT untuk mengatasi letupan – letupan kecil dari siswa,seperti terjadi perkelahian antar siswa atau tawuran

antar sekolah,maka dialog ini menjadi solusi yang handal untuk memecahkan berbagai persoalan ..Diantara guru dan siswa harus terjadi dialog yang terbuka tanpa melupakan sikap santun dalam berbicara dan perilaku yang pantas. Peran guru BP/BK dalam menyelesaikan masalah siswa harus mencarikan jalan yang terbaik tanpa harus memaksakan kehendak ,guru sebagai orang tua,guru sebagai psikolog. Dalam tahun ajaran 2010/2011 ini siswa SMK Pembangunan –YPT Alhamdulillah tidak terlibat dalam keributan atau tawuran antar siswa,mungkin peran dialog inilah yang membantu sekolah, dalam hal ini yang kami terapkan adalah dialog antara wali kelas dengan orang tua siswa,disini kami mewajibkan seorang wali kelas harus mempunyai nomor telpon orang tua siswa dan sebaliknya orang tua siswa harus tahu nomor telepon wali kelasnya ,sehingga semua informasi yang ada pada anak didiknya dapat langsung disampaikan keorang tua siswa. Dengan cara dialog yang tidak terputus. inilah salah satu cara untuk memonitor keberadaan siswa baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Apabila setelah jam pelajaran sekolah ada siswa yang belum sampai dirumah maka akan dengan mudah berdialog dengan sekolah atau dengan wali kelasnya untuk dapat mengetahui keberadaan siswa tersebut. Inilah yang kami terapkan disekolah,untuk menyambung dialog yang selama ini terputus.Ditahun pelajaran 2011/2012 ini kami mengajak siswa-siswi untuk bergabung di SMK Pembanguan –YPT yang akan menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang produktif,adaptif dan kreatif serta berkualitas,sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.Demikianlah Dialog singkat kita ,mari kita Doakan Semoga pelaksanaan Sea Games akan berjalan dengan lancar ,aman dan bermanfaat buat dunia pendidikan, khususnya di Kota Palembang, Aminn. (Ka SMK Pembangunan – YPT .Yudistira)


P

HALAMAN

14 RADAR PALEMBANG

Mari berkreasi

SELASA 26 JULI 2011 Harian Bisnis Radar Palembang memberikan peluang kepada sekolah, perguruan tinggi maupun komunitas untuk ikut berpartisipasi mengisi kolom ini. Kami menampung semua kreatifitas remaja dan anak-anak. Silakan menghubungi Rani, hp: 0813-73880509 atau 0711-8678743

MOS Terasa Berbeda di SMA PGRI 2 Palembang

M Sofyan SAg

M Thabrani Rizki

PLT Kepala Sekolah

Camat Seberang Ulu 2

NUANSA berbeda pada Masa Orientasi Sekolah (MOS) di SMA PGRI 2 Palembang uang berlangsung tiga hari dan digelar di lingkungan sekolah mulai pukul 08.00. Pada MOS dilakukan pengenalan lingkungan sekolah, berkunjung ke Balitek merupakan wisata teknologi, wisata sejarah berkunjung ke museum, dan berwisata alam dalam MOS, dan dilanjutkan dengan kegiatan bakti sosial. SMA PGRI 2 Palembang memiliki beberapa fasilitas yang menunjang infrasuktur belajar mengajar para siswa diantaranya, Lab Bahasa Inggris, yang langsung terhubung keluar negeri, membentuk kelas IT. Tenaga pengajar didatangkan dari Jakarta untuk sementara waktu, dan beberapa ekstrakulikuler.

PLT Kepala Sekolah M Sofyan SAg, memaparkan jumlah siswa 344 orang, dan 8 kelas. “Tanggapan positif datang dari siswa baru yang beragam masuk ke SMA PGRI 2 Palembang in. mengingat ekstrakulikuler, dan bidang akademik selalu didukung sepenuhnya pihak sekolah sesuai dengan bakat minat para siswa guna mengasah bakat mereka

lebih dalam lagi. Apalagi akses cukup sangat starategis,”ujarnya. Ekstrakurikuler di sekolah ini 15 diantanya, PMR, Pramuka, Paduan Suara, Teater, Antik (anak pencinta Matematika), ESC(English Study Club), Fantasi(Pecinta Akuntansi), Kompak(komunitas pecinta komputer), 9 K (pecinta keindahan), Rohis, Dancer,

Basket, Futsal, KIR, dan memiliki 64 guru dengan pendidikan S1, S2 dan S3. Kepala Sekolah PGRI 2 Palembang Drs Surmana MM menambahkan diselasela acara MOS berlangsung pihaknya mengadakan kegiatan bakti sosial berupa khitanan masal gratis untuk masyarakat di lingkungan sekolah. SMA PGRI 2 Palembang sendiri selalu

melihat khususnya dalam kegiatan sosial dan sangat peduli kepada masyarakat, dan para medis yang bertugas merupakan alumni SMA PGRI 2 Palembang seperti Dr Fellyanti dan para rekanrekan, dan pelaksanaannya dimulai Aabtu (23/07), diikuti sekitar 22 peserta khitanan masal. “Kedepanya khitanan ini, akan dibuat lebih besar lagi, dan merangkul para alumni PGRI 2 dari dokter, perawat, dari kesemuanya antusias masyarakat sekitar terasa terbantukan berupa biaya, karena dari hitanan masal tersebut juga dibantu oleh Bina Sriwijaya (Binas), berupa peci, dan sarung,”tukasnya. Disamping itu, digelar merakit komputer atas kerjasama Bina Sriwijaya (Binas), mencoba memberikan apresiasi berupa sertifikat yang ditanda tangani Diknas dan SMA PGRI 2 Palembang. Dengan sertifikat ini mereka dinilai sudah mengetahui komputer, setara dengan D1. Bagi mereka yang nantinya kuliah di Bina Sriwijaya tidak perlu mengambil mata kuliah ini lagi. ”Harapannya kedepan kemampuan para guru dan siswa lebih komunikatif lagi terutama pada bidang IT karena proses belajar sekarang menggunakan IT dan mudah-mudahan berangsur-angsung lebih baik dari tahun mendatang,” pungkasnya. (ME)

KIPRAH LEMBAGA

Fakultas Hukum Universitas Palembang dan Kementerian Hukum dan HAM Gelar Seminar

S

Rizayusmanda SH MH Dekan Fakultas Hukum Universitas Palembang.

UATU bentuk kerjasama dengan Kementerian hukum dan HAM Sumsel dan Fakultas Hukum Universitas Palembang, kemarin (25/7) diselenggarakan Seminar Hasil Pengkajian Umum PERDA Provinsi Sumsel No13 tahun 2002 tentang Pemberantasan Maksiat di Provinsi Sumatra Selatan yang bertempat di Universitas Palembang. Seminar tersebut dihadiri Kakan-

wil Kementerian Hukum dan HAM Sumsel yang juga memberikan sambutan dan sekaligus membuka seminar. Hadir pula undangan dari Pemprov, Pemkot, PR I, para akademisi dan perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum dari berbagai universitas. “Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan wawasan, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Palembang dan para

anggota seminar pada umumnya,” kata Dekan Fakultas Hukum Universitas Palembang Rizayusmanda SH MH. Ia juga mengatakan bentuk kerjasama selanjutnya akan digelar penelitian dan penyuluhan hukum serta masih banyak lagi program yang akan dikerjakan kedepan. “Kerjasamanya sendiri sudah di sepakati selama 3 tahun” kata Riza. Ia menilai materi seminar yang

dibahas sangat tepat. “Ini sangat sesuai dengan visi dan misi Provinsi Sumatra Selatan yang religius. Dengan seminar ini saya harapkan para mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori dalam kelas, tapi juga bisa mengaplikasikan tentang wawasan yang di dapat, selain itu juga dapat mengembangkan sikap mahasiswa dalam hal komunikasi bergaul dan terbiasa tampil di muka umum,” tuturnya. (S3/msfr)


SELASA 26 JULI 2011 l HALAMAN 15

RADAR PALEMBANG

Contempo

Dari Hal 9 ) ..............................................................................................................................................

Khusus untuk kaum pria dihadirkan aneka koleksi baju koko yang juga didesain khusus dengan warna-warna yang soft. Kasir Contempo PS Mall, Desi menyebutkan, tak hanya menawarkan koleksi busana muslim, outlet

busana yang senama dengan merek produknya itu menghadirkan sederetan koleksi busana muslim family edition. Terdiri dari koleksi busana muslim ayah, ibu dan anak yang ditawarkan dengan harga yang sangat spesial.

Target Pendapatan kali lipat lebih tinggi dibandingkan target dari tahun sebelumnya. Hal ini karena tempat usaha dan lahan parkir di OKI semangkin bertambah. “Setiap tahun perekonomian OKI terus mengalami kemajuan, tempat-tempat usaha mualai banyak, otomatis ini menambah pendapatan retribusi parkir,” ungkapnya.

“Penawaran menarik lainnya juga bisa Anda dapatkan diskon spesial up to 50 persen untuk item produk tertentu yang terdiri dari aneka kemeja cewek dan cowok ditawarkan mulai dari Rp 100 ribu-an. Selain itu untuk

pembelanjaan minimal Rp 1 juta pelanggan setia Contempo bisa mendapatkan satu buah sajadah ladies, belanja diatas Rp 1,5 juta pelanggan bisa pilih antara sajadah atau cluch cantik,” ungkapnya promosi. (iya)

Dari Hal 9 ) ..................................................................................................................

Selain itu, lanjutnya tenaga Juru Parkir (jukir) di wilayah OKI juga terus didata agar tidak ada jukir liar yang masuk. “Keberadaan jukir liar inilah yang membocorkan retribusi parkir, oleh karena itu kita awasi terus jukir ini, data kita saat ini ada 80 Jukir yang resmi, tersebar di beberapa titik lahan parkir,” terangnya. Semenetara itu,

mengenai Tarif Parkir, lanjutny belum ada kenaikan, hal tersebut sesusi dengan peraturan daerah (perda), untuk sepeda motor Rp 10 ribu, Mobil Rp 2000, bus Sedang Rp 1,200 dan Bus besar Rp 30 ribu. “ Sesuai dengan undang-udang No 20 tahun 2009 tentang pajak daerah, bahwa PAD itu 30 persen dari total penerimaan retribusi parkir, sementara 70 persen

itu merupakan jasa pemilik lahan dan jasa jukir,” urainya. Kedepan Pihaknya juga berharap pendapatan Parkir terus bertambah, karena saat ini sudah ada perda baru tentang perubahan tarif, kemudian pengaturan parkir sudah efektif, selanjutnya yang sangat mendukung adalah wilayah kerja terus bertambah. (res)

Pemkab Ambil Alih suaian. Ya kalau tidak mau juga, kita minta hitunglah modalnya, kita kembalikan seluruh modalnya atau kita ambil alih,” ungkap Bupati, kemarin. Dikatakan Bupati, selama ini, Pemkab Muara Enim selalu mengikuti keinginan dari manajemen perusahaan PT. Surya Bumi Agrolanggeng, akan tetapi nyatanya hingga kini belum ada laporan jelas dari usaha perkebunan kelapa sawit itu. Dulunya, kata Muzakir, tanah milik Pemkab Muara Enim itu seluas 400 ha, dan waktu itu nilainya diperkirakan Rp. 2 juta per ha, artinya kepemilikan modal milik Pemkab Muara Enim sebesar Rp. 800 juta. Akan tetapi, kini perkebunan kelapa sawit itu, kata

Harga Beras

Dari Hal 9 ) ..........................................................

Bupati, sudah memasuki masa panen buah pasir tahun ke 6 atau tahun ke 7. “Kalau kito nak meloki dio (perusahaan, red), berapo tahun nian lagi kito dapat ngecap hasilnyo. Ya kita menginginkan adanya penghitungan kembali estimasi besaran saham milik Pemkab dengan asset perusahaan sekarang ini, sehingga ada penyesuian. Kalau sekarang sungguh tidak logis, kalau dak galak dihitung, hitunglah modal dio, berapo biayanyo, nah itu kito balikkan,” jelas Muzakir. Menanggapi hal ini, Ketua DPRD Muara Enim, Thamrin AZ ketika diwawancarai belum lama ini menyambut baik apa yang diusulkan Bupati Muara

Enim, Ir Muzakir Sa’I Sohar perihal pengambilalihan asset PT. Surya Bumi Agrolanggeng di PT. Pemdas Agro Citra Buana oleh Pemkab Muara Enim. Menurutnya, peluang perkebunan kelapa sawit memiliki prosfek pasar yang baik di masa yang akan datang. Terlebih, kata dia, bila kebun kelapa sawit tersebut mencapai 400 hektar. “Dengan luasan itu, Pemkab Muara Enim nantinya secara laporan akan menerima secara utuh perkembangan perusahaan. Selain itu, perkembangannya juga bagus, sebab dengan kebun sawit 400 hektar, kita sudah dapat membuat pabrik pengolahan cruide palm oil (CPO) mini,” tukas Thamrin. (yan)

Dari Hal 9 ) ......................................................................................

ikut naikkan harga,” kata Herlina kepada koran ini beberapa waktu lalu. “Bisa saja penyebab naiknya harga beras karena mendekati puasa dan lebaran, biasanya momen ini sudah menjadi trend harga-harga kebutuhan termasuk beras mengalami kenaikan,” tambahnya lagi. Memang, dilihat dari lonjakan harga yang terjadi kenaikan harga beras berkisar antara Rp200,hingga Rp300,- perkilonya. Seperti harga beras merek raja lela saat ini harganya Rp6 300 per kg dari harga sebelumnya Rp 6 ribu per kg. Beras merek dua daun, harganya sekarang Rp6 800 per kg dari harga sebelumnya Rp6 500 per kg. beras merek super ikan barlin harga sekarang Rp8 800 per kg dari harga sebelumnya Rp8 500 per kg. sementara untuk harga beras lokal masih tetap Rp6 500 per kg. Tidak jauh beda dengan harga beras eceran. Pantauan koran ini, kemarin (25/7) di pasar saka selabung Muaradua, kenaikan harga beras juga terjadi di tingkat pedagang pengecer. Rata-rata selisih harga yakni Rp500 per kg, lebih mahal dari harga beras di tingkat agen. Dikonfirmasi ke Dinas Koperasi UKM Pasar Industri dan Perdagangan (Diskoperindag) OKU Selatan. Kepala Diskoperindag Drs Armansyah mengakui jika menjelang puasa dan hari lebaran memang sudah menjadi trend di tingkat pedagang terutama di tingakat tengkulak menaikkan harga kebutuhan pokok. Nah, agar kenaikan harga kebutuhan pokok di pasaran tidak terjadi

kenaikan yang significan, Pemkab OKU Selatan sendiri memiliki rencana menggelar operasi pasar murah. Baik itu paket sembako murah seperti yang sudah di jatah dari Pemprov Sumsel untuk kabupaten OKU Selatan sebanyak 3 ribu paket sembako, ataupun pelaksanaan pasar sembako murah yang akan dilaksanakan Pemkab OKU Selatan sendiri. “Untuk pelaksanaan operasi pasar sembako murah dari Pemda OKU Selatan rencananya bersamaan dengan pasar ramadhan. Nah, untuk paket sembako murah yang didapat dari Pemprov Sumsel harus menunggu kesiapan lebih dulu. Yang pasti pelaksanaannya akan dilakukan di tiga titik yakni di kecamatan Muaradua, kecamatan Simpang dan satu Simpang Sender kecamatan BPR Ranau Tengah,” tandasnya. Sementara itu, menjelang Ramadan, stock serta harga sembako di Kota Pagaralam sampai hari ini (kemarin, red) masih tetap stabil, hal ini berdasarkan hasil dari Inspeksi Mendadak (Sidak) yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi UKM (Perindakop), kemarin (25/7). Kepala dinas Perindagkop Firmanuddin S Sos MM melalui Kabid Perdagangan Budiharjo Sahar MM didampingi Kasi Perlindungan Konsumen Nasrullah ketika di konfirmasi, berdasarkan hasil sidak yang dilakukan hari ini (kemarin, red), untuk stock serta harga sembako sementara ini masih tetap stabil. “Cuma yang mengalami kenaikan harga sekitar 5 persen sekarang

ini terdapat pada telur, yang mana harganya dari Rp 900 menjadi Rp 1.200/ butirnya,” tukasnya. Untuk permasalahan sembako selain telur tersebut masih tetap stabil, seperti harga beras Rp 6.000 / Kg, gandum Rp 6.800 / Kg, begitupun dengan harga sembako yang lainnya sementara ini masih normal. “Begitupun dengan stock sembako hingga saat ini masih stabil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Pagaralam, seperti di Pagaralam Square (PS) setiap bulannya menyetok beras 1 ton / bulan, minyak sayur 12 ton / bulan, gula 24 ton / bulan, tepung terigu 7 ton / bulan. Begitupun agen-agen yang lainnya seperti di toko sahabat 1 dan 2, setiap bulan menyetok beras 1,5 ton / bulan, minyak sayur 10 ton / bulan, tepung terigu 10 ton / bulan, gula 15 ton / bulan serta garam 15 ton / bulannya, belum lagi stock-stock di agen sembako yang lainnya, oleh sebab itu stock yang ada sekarang tetap normal dan cukup untuk kebutuhan masyarakat di kota ini,” terang dia. Dirinya mengharapkan, kepada seluruh masyarakat Kota Pagaralam, untuk stock dan harga sembako masih normal, jadi warga yang ada belilah sembako di pasaran dengan seperlunya saja, sebab stock dan harga masih aman, jangan sampai masyarakat meresahkan keberadaan sembako, sebab keresahan dari masyarakat inilah terkadang dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk menyetock sembako dan menaikkan harga sembako yang ada,” harapnya. (rom/gie)


REDAKSI TELP EXT FAX

ONLINE Iklan Sirkulasi

: (0711) 361638 : 815 : (0711) 362452

: (EXT 805) : (EXT 803)

Radar Sumsel

SELASA 26 JULI 2011 Terbit 16 Halaman Harga Eceran Rp. 2.000

INSPIRASI BISNIS MASYARAKAT SUMSEL

40 Peserta Ikuti Diklat Kepemimpinan MUARADUA, RP – Pemkab OKU Selatan menggelar pendidikan dan latihan (diklat) kepemimpinan tingkat empat kementrian dalam negeri kabupaten OKU Selatan. diklat diikuti peserta sebanyak 40 orang perwakilan dari dinas, badan, kantor dan bagian sekretariat daerah (setda) di lingkungan Pemerintah kabupaten OKU Selatan, berlangsung di hotel samudra kemarin (25/7). Bupati H Muhtadin Serai dalam sambuta tertulisnya dibacakan Ass III administrasi umum Drs Nurdin Bangun MBA menyebutkan melalui pelaksanaan diklat kepemimpinan tingkat IV tersebut diharapkan meningkatkan pengetahuan, keahlian dan ketrampilan dan sikap. Tujuannya, tambah Nurdin agar ke depan yang peserta diklat dapat melaksanakan tugas jabatan struktural eselon IV secara professional dengan dilandasi kepribadian serta etika pegawai sesuai kebutuhan instansinya. “Di kesempatan ini saya harapkan saudara dapat mengikuti diklat dengan penuh kesungguhan dan kedisiplinan. Sehinggingga segala ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang disampaikan dapat diterima dan diserap, dan hasilnya ke depan dapat menjadi pedoman saat melaksanakan tugas di lingkungan instasi masing-masing,” sambung Nurdin. Sementara itu, dalam laporannya kepala BKD OKU Selatan Hj Lamtana S Sos M Si mengatakan jika sasaran dilaksanakannya diklat adalah tersedianyaa para calon pejabat eselon IV yang mampu membantu pimpinan dalam menata program dan mampu menyampaikan gagasan yang berkaitan dengan tugasnya dalam menyusun rencana kegiatan di unit kerjanya. Lebih lanjut, Lamtana menyebutkan diklat kepemimpinan tingkat IV kementrian dalam negeri kabupaten OKUS berlangsung sejak 25 juni-19 semptember mendatang. adapun tenaga pengejar terdiri dari widyaiswara dan pejabat struktural di lingkungan badan diklat Provinsi Sumsel. Ditambah para pejabat struktural di lingkungan Pemkab OKU Selatan. (gie)

Dukung Aksi Penggalangan Dana LAHAT,RP – Masih ingat dengan Ahmad Rifki (13), warga Lembayuyung kota Lahat dan siswa kelas V Sekolah Dasar yang menjadi korban dugaan malpraktik oleh tim medis di RSUD Lahat hingga membuatnya harus melakukan transfusi (Cuci darah) darah sebanyak dua kali seminggu. Ternyata hal tersebut tidak hanya mendapat simpatisan saja dari masyarakat dan siswa sekolah, melainkan Senin (25/7) gabungan wartawan harian Sumatra Selatan (Sumsel) yang ada dikota ini melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu Rifqi. Koordinator aksi Udin mengatakan, aksi yang dilakukan sebagai bentuk dukungan rasa solidaritas untuk membantu sesame khusunya bagi Rifqi yang kini terbaring lemah dirumah sakit karena harus melakukan cuci darah sebanyak dua kali seminggu. Dan mudah – mudahan para masyarakat dapat berbagi untuk menyisihkan sedikit rezeki demi kelangsungan hidup korban. “Adapun pesertanya merupakan wartawan dari Harian Bisnis Radar Palembang, Sumatra Ekspres (Sumeks), Palembang Pos (Palpos), Sentral Pos, Sripo, serta Sindo yang tergabung dalam aksi tersebut,”ujarnya. Ditambahkannya, untuk rute yang diambil mulai dari simpang empat pusat kota Lahat dekat pasar lematang karena jalan tersebut merupakan salah satu jalan utama yang bias menghubungkan antara kota Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang. Namun, tidak hanya sampai disitu melainkan besok Selasa (25/7) para wartawan juga akan melakukan aksi serupa digedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lahat. (man)

Ratusan Sopir Angdes Demo Pemkab Banyuasin Tolak Bus Trans Musi Beroperasi BANYUASIN, RP - Ratusan Penumpang Palembang Pangkalan-Balai menumpuk di dibeberapa titik di Jalintim dari arah Palembang-Pangkalan Balai pada Senin (25/7). Pasalnya ratusan sopir angdes jurusan Palembang-Pangkalan Balai yang tergabung dalam Aliansi Sopir Bersatu Banyuasin (ASBB) mendatangi pemkab Banyuasin sekitar pukul 9 00 wib hingga demo selesai sekitar pukul 13 00 wib. Massa yang semuanya para sopir andes jurusan Palembang-Pangkalan Balai bergerak dari halaman Pemkab Banyuasin dan di kawal oleh puluhan Satpol PP dan polres Banyuasin. Mereka meneriakan yel-yel batalkan operasional Trans Musi trayek Palembang -Pangkalan Balai karena dinilai akan mematikan usaha mereka. Seusai orasi di halaman kantor Bupati sekitar 20 menit, massa yang tak ditemui oleh bupati karena ada acara paripurna DPRD kabupaten Banyuasin di gedung paripurna DPRD, massa lantas bergerak menuju kantor DPRD dan mereka menggelar orasi tepat di pintu masuk kantor DPRD Banyuasin. Koordinator aksi ASBB, Iyan Apriyansyah SIP mengatakan, para sopir angdes jurusan PalembangPangkalan Balai sangat keberatan dengan langkah kebijakan yang akan ditempuh oleh Dishub Banyuasin dengan bekerjasama dengan provinsi membuat trayek trans Musi. Para sopir angdes merasa sangat dirugikan karena beberapa alasan, diantaranya sebelum ada trans musi saja jalan lintas timur dari Palembang-Pangkalan Balai sudah macet apalagi tambah armada trans musi. Lalu sebelum trans musi beroperasi saja penumpang sepi, kalau sampai trans musi masuk maka kita kehilangan penumpang. Dikatakan Iyan, Dishub Banyuasin telah menyusun rute halte bus (Fortble) trans musi kurang lebih 26 titik kanan kiri sepanjang Jalan Palembang Pangkalan Balai sampai msuk ke komplek perkantoran pemkab Banyuasin memutar kota Pangkalan Balai. Salah satu anggota Komisi III DPRD Banyuasin Rizal Effendi, dan kadishub Banyuasin Supriadi MSTr menemui para Sopir Angdes dan mengajak dialog di ruangan komsi III. Sepuluh orang perwakilan sopir angdes diajak berdialog namun tak menemukan titik temu. Kendati Tidak ada kesepakatan, kepala Dishub kominfo Banyuasin Supriadi mengharapkan, dengan dibukanya trayek trans Musi di Banyuasin tujuannya ingin memberikan pilihan kepada masyarakat angkutan transportasi yang mereka sukai. “Tujuan kami hanya ingin memberikan pelayanan transportasi yang mudah dan murah untuk masyarakat Banyuasin, tanpa harus mematikan usaha angdes,” ujarnya. “Kami nilai usia angdes yang beroperasi di Banyuasin ini banyak tak layak lagi digunakan untuk angkutan umum, dan kami minta ke lantas polres untuk merazia lagi angdes yang liar seperti plat hitam dan yang sudah usianya lebih dari 15 tahun,” ujarnya.(tri).

DEMO:

Ratusan sopir angdes yang menggelar demo di Pemkab Banyuasin kemarin.

Nasib 17 PNS di Muba tak Jelas Wakil Bupati dan Gubernur Dilaporkan ke MenPAN SE K AY U , RP - Perseteruan antara bupati Muba den g a n gubernur Sumsel terkait mutasi sejumlah pegawai negeri sipil

Rusydan SH MH

(PNS) di lingkungan Pemkab Muba kembali memanas. Hal ini dipicu mutasi 17 orang PNS kabupaten Muba menjadi PNS provinsi yang proses pemindahannya dini-

lai menyalahi prosedur alias tanpa persetujuan bupati Muba selaku Pejabat Pembina kepegawaian (PPK) kabupaten. Kepala BKD dan DIklat Rusydan SH MH kepada sejumlah wartawan menjelaskan pemutasian 17 PNS ini baru diketahui setelah pihaknya melakukan penelusuran atas informasi yang berkembang. “Kita mendengar ada PNS yang pindah ke propinsi, nah dari situ kita selusuri dan ternyata ada 17 orang PNS yang pindah ke propinsi, “ ujarnya. Diterangkannya dari hasil penelusuran, ternyata pemutasian mereka ini hanya berdasarkan persetujuan dari wakil bupati bukan bupati. Padahal berdasarkan PP no 09 tahun 2003, pejabat yang berhak memindahkan PNS adalah bupati. “Untuk kabupaten Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) adalah bupati bukan wakil bupati, jadi ini tidak sesuai prosedur atau tidak sah,” ujarnya. Dan satu lagi sambung Rusydan, Bupati H Pahri Azhari tidak pernah memberikan

Operator e-KTP Harus Kuasai SIAK KAYUAGUNG, RP – Untuk mendukung penerapan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang akan diterapkan pada bulan Agustus mendatang, Pemerintah kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), sudah menyiapkan tenaga operator di setiap UPTD di 18 Kecamatan yang tersebar di kabupaten OKI. Agar e-KTP bisa sukses di OKI, tenaga operator yang disediakan tidak

sembarangan orang, mereka harus menguasai Sistem Administrasi kependudukan (SIAK) dan menguasai IT. Setiap UPTD Kecamatan disediakan 4-6 Tenaga operator, sehingga pelayanan terhadap warga yang membuat e-KTP dapat maksimal. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Pemkab OKI, Gamal abdul Najib. “Para tenaga operator ini kita siapkan disetiap Kecamatan, untuk melayani para pembuat e-KTP, selain mereka harus menguasi SIAK dan IT, mereka juga akan mendapat pelatihan secara langsung di Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementrian Dalam negeri,” jelasnya. Mengenai alasan para

tenaga operator ini harus menguasi SIAK, menurut Gamal, hal itu sangat penting karena program e-KTP bukan program sebarangan, jika sedikit saja mengalami kesalahan, maka secara nasional dinilai gagal. “Mereka harus paham SIAK apalagi bersentuhan langsung dengan data penduduk, makanya kita ambil para tenaga operator ini yang sebelumnya honor di Dukcapil, karena mereka sudah paham SIAK,” ungkapnya. Selain, lanjutnya, selain harus menguasi SIAK tenaga operator ini juga harus faham IT, karena program e-KTP ini sangat berkaitan dengan teknologi. “Selama mendapat pelatihan di kementrian dalam negeri, para tenaga operator ini akan dilatih bagaimana menggunakan alat e-KTP yang disediakan dari pemerintah pusat,” tuturnya. (res)

persetujuan ataupun mendelegasikan masalah mutasi PNS ini kepada wakil bupati. “ Disini jelas, kalau wakil bupati tidak memiliki wewenang untuk memindahkan PNS,” tegasnya. Yang lebih parah lagi, tegas Rusydan, wakil bupati H Islan Hanura ternyata juga menandatangani surat keterangan penghentian pembayaran (SKPP) yang seharusnya di tandatangani oleh kepala DPPKAD. “ Baru kali ini saya melihat ada wakil bupati yang menandatangani SKPP,” tegasnya. Dijelaskannya dalam SKPP tersebut ditembuskan ke gubernur, DPPKAD kabupaten Muba, BKD dan DIklat Muba serta Taspen. Namun sampai saat ini pihaknya tidak pernah mendapatkan tembusan tersebut. “Seharusnya gentleman, serahkan tidak usah kucing-kucingan seperti ini, “ tegasnya. Terkait dengan kondisi ini, pihaknya akan melaporkan masalah ini ke BKN dan mendagri. “Kalau ini dibiarkan tentu tidak akan baik, dan juga permasalahan ini sebenarnya sudah pernah terjadi dan kenapa masih diulang kembali, ini arogan namanya, “ tegas Rusydan. (ace)

Polres Upayakan Pencegahan Narkoba MUARA ENIM, RP – Tingginya angka kasus pemakaian narkotika dan obat-obatan terlarang di wilayah hukum Mapolres Muara Enim, membuat satuan reserse narkoba Polres Muara Enim mengambil inisiatif untuk lebih menggalakkan lagi program penyuluhan mengenai bahaya pemakaian narkoba tersebut. Dalam catatan kasus narkoba yang ditangani Satuan Reserse Narkoba Polres Muara Enim, dalam kurun waktu antara bulan Januari hingga Juli 2011 ini, tercatat sebanyak 25 berkas perkara pemakaian narkoba dengan menetapkan 28 orang tersangka baik itu pemakai maupun pengedar. Dari 25 berkas itu, 3 berkas diantaranya masih dalam proses penyidikan Sat Reserse Narkoba Polres Muara Enim, sementara 22 berkas lainnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Muara Enim(P21). Kapolres Muara Enim, AKBP Budi Suryanto melalui Kasat Reserse Narkoba Polres Muara

Enim, AKP Tri Wahyudi kepada wartawan mengatakan, dari penanganan kasus narkoba semenjak terbentuknya Satuan Reserse Narkoba Polres Muara Enim kebanyakan tersangka adalah pengonsumsi narkoba jenis sabusabu, lalu disusul pemakai narkoba jenis ganja dan ineks. “Program penyuluhan ke desadesa harus digalakkan lagi. Sebab kita tahu, penanganan penggunaan narkoba tak hanya dengan penindakan, tetapi juga harus ada upaya preventif atau pencegahan,” ungkapnya, kemarin(25/7). Dikatakan Tri, sejalan dengan komitmen Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat yang menginginkan adanya Indonesia bersih narkoba pada tahun 2015 mendatang, pihaknya sendiri menghimbau pihak-pihak terkait untuk melakukan upaya serupa. Banyak hal yang dapat dilakukan, kata dia, seperti halnya penyuluhan narkoba ke semua lini termasuk pelajar dan umum. (yan)

BGL Harus Mampu Kenalkan Pariwisata LAHAT,RP – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sri Mulyati melalui Kabid Seni dan Budaya Sapran mengatakan, pemilihan Bujang gadis Lagat (BGL) hendaknya jangan dijadikan sebagai ajang untuk mencari kegiatan biasa saja, melainkan para semifinalis yang terpilih dan yang menang harus dapat memahami pariwisata yang ada diBumi Seganti Setungguan dan harus mampu menjadi daya tarik untuk mengenalkan wisata alam yang ada. “Saat ini para finalis yang ada berjumlah sebanyak 30 orang yang terdiri dari 15 cewek dan 15 cowok. Dan seekarang sedang diadakan pelatihan pembekalan materi untuk memperubitkan

juara yang bias mengharumkan nama Lahat,”ujarnya. Ditambahkannya, saat ini bias dikatakan bahwa pariwisata alam yang ada di Lahat tidak kalah dengan daerah lain. Untuk itu kita harapkan dengan kegiatan ini nantinya siapapun nantinya yang akan terpilih harus mampu mengenalkan kebudayaan dan kekayaan alam Lahat khususnya ppariwisata kepada masyarakat luar. “Potensi yang ada harus dapat diketahui oleh masyarakat luar juga. Dan kita harapkan kepada mereka yang terpilih nanti karena kita tahu bahwa yang menjadi finalis tidak melalui proses yang mudah dan memiliki potensi,”imbuhnya. (man)


RP2_26072011