Issuu on Google+

“go to international education

Menuju


PENDAHULUAN z PENDAHULUAN LATAR BELAKANG

Dalam kegiatan pembelajaran di perkuliahan tidak terlepas dari berbagai elemenelemen pokok yang saling berkaitan satu sama lain yaitu pendidik(dosen) ,mahasiswa (peserta didik),dan SAP (satuan acara perkuliahan). Semua elemen ini tercakup dalam sistem pendidikan yang ada. Sistem pendidikan pemerintahan saat ini jauh dari kata maksimal karena sistem pendidikan yang dicanangkan oleh Pemerintah saat ini hanya sekedar program-program pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, belum ada tindak lanjut yang tegas dan bukti yang nyata dari peaksanaan program tersebut. Salah satu contohnya adalah kurang efektifnya sistem pendidikan yang diterapkan pada perguruan tinggi.

Saat ini, ketidakefektifan sistem pendidikan tersebut berdampak pada jumlah pengangguran di Indonesia yang didominasi oleh lulusan mahasiswa melebihi batas maksimal yaitu sekitar 60 % . Jika dilihat secara fill down lagi, hal tersebut salah satunya dilatarbelakangi oleh penyampaian materi yang diberikan oleh dosen kurang maksimal baik dari sisi mahasiswa atau dosen itu sendiri. Padahal materi yang diberikan oleh dosen sangat penting sebagai katalisator penambah ilmu. Berdasarkan hal tersebut dosen (pendidik) dituntut harus mampu menggunakan berbagai model pembelajaran agar peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar. Hal ini dilatar belakangi bahwa peserta didik bukan hanya sebagai objek tetapi juga merupakan subjek dalam pembelajaran. Peserta didik harus disiapkan sejak awal untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga berbagai jenis model pembelajaran yang dapat digunakan oleh dosen. Mahasiswa sebenarnya mengharapkan sistem pendidikan yang dapat memudahkan mereka dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan dosen secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu bentuk interaksi yang digunakan ialah


dengan menggunakan suatu media yang merupakan implementasi dari interaksi antara dosen dan mahasiswa secara tidak langsung dalam kegiatan belajar mengajar. Untuk memperbaiki sistem pendidikan agar sesuai dengan yang diharapkan, kami sebagai mahasiswa berusaha membantu mewujudkan harapan tersebut melalui aplikasi berbasis web dengan menggunakan metode sim card yang kami beri nama INKUBATOR(Inovasi Kuliah Berbasis Teknologi Online Reformasi). INKUBATOR ini akan mempermudah interaksi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar yang memungkinkan keefektifan waktu lebih efisien, biaya yang di keluarkan lebih murah dan mahasiswa pun paham terhadap materi yang di sampaikan oleh dosen.

RUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana cara membuat aplikasi berbasis web dengan tema kuliah online? 2. Bagaimana cara membuat vip card agar bisa login secara langsung ke aplikasi berbasis web? 3. Bagaimana aplikasi berbasis web bisa mengatasi masalah dalam kegiatan belajar mengajar? 4. Bagaimana aplikasi berbasis web mampu menghubungkan pesan dari mahasiswa ke dosen meskipun dosennya tidak online? 5. Bagaimana cara untuk berdiskusi seputar matakuliah antara mahasiswa dan dosen? 6. Bagaimana membuat aplikasi web terpercaya untuk menarik semua mahasiswa agar berpartisipasi aktif dalam situs web “INKUBATOR�?


TUJUAN PEMBUATAN Adapun tujuan pembuatan aplikasi ini, 1. Menjadikan INKUBATOR sebagai sarana dan prasarana dalam kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi. 2. Menambah keefektifan dan keefisienan dalam sistem belajar mengajar. 3. Meningkatkan minat belajar dan mutu pendidikan di perguruan tinggi. 4. Membantu mengurangi berbagai masalah-masalah yang telah disebutkan di latar belakang agar dunia pendidikan di indonesia semakin maju.


ISI PENDAHULUAN LUARAN Aplikasi INKUBATOR yang kami usulkan di dalam proposal ini merupakan aplikasi penyampaian materi kuliah berbasis online. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang pernah di buat sebelumnya oleh salah satu perguruan tinggi di indonesia,karena user tidak perlu lagi memasukkan nim dan password secara online. Dengan menggunakan vipcard berbasis barcode yang hanya di miliki oleh setiap mahasiswa di perguruan tinggi tertentu dapat mencegah terjadinya aktivitas cracker.

ARSITEKTUR SISTEM Arsitektur sistem berdasarkan gambar di atas kita bisa melihat adanya arsitektur sistem dari INKUBATOR itu sendiri sebagai berikut.

Gambar 1


DIAGRAM DARI ARSITEKTUR SISTEM

APLICATION J2ME

PES

SIM CARD

DOSEN

FASILITAS UNTUK DOSEN

INKUBATOR

PROFIL DOSEN

MAHASISWA

FASILITAS UNTUK MAHASISWA INBOX

CHAT TIME ON FORUM HOME REGISTER CHAT HOME HELP ABOUT US

HELP


GAMBARAN DARI APLIKASI INKUBATOR

Didalam aplikasi INKUBATOR kami menggunakan sebuah web site berbasis moodle dan J2ME yang di beri bagian-bagian tertentu sehingga memungkinkan semua anggota INKUBATOR meliputi mahasiswa dan dosen dapat menikmati segala fasilitas yang ada di dalamnya. Kinerja dari aplikasi ini yang pertama,mahasiswa bisa membuka halaman awal INKUBATOR dengan alamat web www.inkubator.com Disini akan muncul halaman utama dimana user di minta untuk memasukkan vipcard berbasis barcode kedalam web cam melalui bluetooth yang telah ada aplikasi barcode. Setelah mahasiswa memasukkan vip card nya kedalam web tersebut,akan muncul halaman “anda sudah login silahkan lanjut ke halaman berikutnya�.Di halaman berikutnya terdapat aplikasi char,web cam,inbox,dan lain-lainya. Salah satunya fasilitas web cam di sini mahasiswa bisa langsung berinteraksi secara tutorial dengan dosen yang sudah dipilih dan bisa bertanya semua hal yang menyangkut perkuliahan melalui halaman ini,setelah user selesai berinteraksi dia bisa melanjutkan pilihan lain dengan mengikuti kontent aplikasi yang ada, lama transaksi maksimal 2 jam. Kedua,dosen bisa mengupload materi melalui pengelola INKUBATOR,yaitu virus pes. Dosen juga memasukkan jam-jam kosong melaui pengelola INKUBATOR agar mahasiswa tau ,kapan bisa berinteraksi dengan dosen yang dipilih. Adapun penjelasan lebih rinci tentang aplikasi ini akan di jelaskan pada halaman berikutnya.


ARSITEKTUR PERANGKAT LUNAK

Microsoft

Operating system

Client side

integrated bite

Database server

web standard

J2ME

Web browser

Web teknology

E-learning


FUNGSIONALITAS – FUNGSIONALITAS APLIKASI: 1. Untuk mahasiswa Pendaftaran anggota yang di lakukan secara offline di saat mahasiswa pertama kali melakukan registrasi di awal perkuliahan Forum sebagai portal mahasiswa Manajemen SDM Update materi perkuliahan Pusat informasi tentang kuliah online o

Informasi tentang INKUBATOR

o

Sebagai tempat sharing mengenai berbagai pengalaman tentang kuliah

o

Menyajikan informasi tentang upload dan download materi

Expert sistem yang di gunakan sebagai dokter bagi mahasiswa yang ingin berkonsultasi tentang perkuliahan Forum jual tiket o

User bisa membeli sim card secara online namun memiliki harga jauh lebih mahal di bandingkan dengan membeli sim card di waktu awal perkuliahan

2. Untuk perguruan tinggi dan dosen Informasi data perguruan tinggi dan dosen yang mengajar di INKUBATOR Informasi data mengenai kapan saja dosen bisa e-learning melalui aplikasi tersebut dengan mahasiswa CONTENT APLIKASI: Ada berbagai macam kontent yang terdapat pada aplikasi INKUBATOR,antara lain sebagai berikut; Vipcard Berisi aplikasi seperti barcode yang bisa terdeteksi ketika pengelola INKUBATOR telah mendaftarkan kartu tersebut pada database.


Registery Pada halaman ini,user diminta untuk memasukkan vipcard nya melalui laptop yang sudah ada aplikasi barcode,jika user memasukkan vipcardnya dan ternyata tidak sama dengan data yang ada pada aplikasi pengelola INKUBATOR,maka user tersebut tidak bisa lanjut ke menu home.

Home Berisi halaman mengenai informasi terbaru INKUBATOR antara lain statistik anggota yang sudah mendaftar di aplikasi INKUBATOR,news-news terntentu misalnya waktu luang dosen untuk mengajar di aplikasi kuliah online,materi –materi terbaru yang bisa di upload.

Inbox Sebuah halaman dimana user bisa memasukkan kritik,pesan dan saran melalui sms yang di tujukkan kepada dosen dan pengelola melalui aplikasi INKUBATOR,dimana nantinya pengelola akan mencari nomor hp dosen yang bersangkutan dan akan menghubungi mahasiswa kembali, supaya waktu untuk perkuliahan dan informasi yang lain secara online lebih jelas.

Chat Disini merupakan halaman yang berisi faslitas untuk chatting dimana user bisa melakukan contact langsung dengan dosen melalui webcam yang ada pada laptop

Forum Di dalam forum,berisi nama-nama dosen lengkap dengan materi perkuliahan yang di tanganinya,materi –materi yang bisa di download,nama-nama dosen yang bisa mengajar hari ini ,dan link-link ke perguruan tinggi lainnya untuk bertukar pikiran.


Help Berisi menu tentang bagaimana cara untuk menggunakan web INKUBATOR About us Berisi tentang profil kuliah online itu sendiri. Menu ini dimaksudkan agar anggota tertarik untuk berkuliah secara online. Selain itu menu ini menyajikan informasi mengenai prasyarat yang dibutuhkan oleh anggota agar bisa bergabung dengan kuliah online ini.

Profil anggota Berisi tentang informasi anggota,informasi ini terkait dengan nama,nim,alamat,no hp,foto dan alamat email. Di dalam menu ini user bisa update dan mengedit data entry apabila ada kesalahan penulisan yang terjadi. Profil dosen Berisi tentang informasi dosen yaitu terdiri dari nama,tempat tanggal lahir, email,dan chatting. Disini dosen bisa mengupdate profil yang ada.


METODE PELAKSANAAN

Identifikasi masalah

Menetapkan tujuan

Mengumpul kan bahan

Design software

Design antarmuka

A sistem

Penggabun gan sistem

Design sistem

Pembuatan sistem

B sistem

Publikasi

Menganalisis hasil

Maintenance

Ajakan kerjasama

Rekomendasi dari intiusi

Perbaikan Keterangan :

Tahap analisis

Tahap design

Tahap pembuatan

Tahap pengujian

Tahap aplikasi

Tahap akhir


KEMUDAHAN YANG DIBERIKAN OLEH KULIAH ONLINE: Adapun kemudahan yang diberikan oleh kuliah online adalah sebagai berikut, 1. Tempat yang fleksibel Tidak memerlukan tempat nyata atau suatu ruangan gedung, dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi dimanapun sehingga menghemat waktu dan lebih efisien. 2. Waktu dan tempat untuk berkomunikasi dan berinteraksi yang fleksibel Kendala saat mahasiswa tidak mengetahui harus bertemu dosen,dimana saat itu mahasiswa membutuhkan materi pelajaran dari dosen, mahasiswa menanyakan apa yang tidak diketahui dan ingin ditanyakan, sulit menentukan tempat untuk berdiskusi dengan dosen, dan malu bertanya ke dosen secara langsung 3. Forum diskusi online Disediakan forum seperti pada ym, mahasiswa bisa memposting tentang soal-soal materi kuliah yang akan ditanyakan kemudian dosen dan mahasiswa dapat menanggapi postingan tersebut. 4. Mudah mengakses aplikasi Mudah dalam mengakses aplikasi, cukup dengan menggunakan simcard berbasis barcode kemudian barcode tersebut di scan, setelah di scan user langsung dapat login ke aplikasi.


ANGGARAN BIAYA OPERASIONAL Biaya operasional awal pengimlplementasian INKUBATOR adalah sebesar Rp 9.050.000,-. Biaya untuk operasional tiap tahunnya adalah sebesar Rp 4.500.000,-. NAMA

DESKRIPSI

HARGA

Vip card Barcode

Dengan spesifikasi terendah

Rp250.000

Hosting

Hosting 1 tahun

Rp1.000.000

Komputer server

Dengan spesifikasi terendah

Rp3.500.000

Dihitung 1 tahun

Rp3.500.000

Jaringan internet TOTAL BIAYA

Rp9.050.000


PENUTUP PENDAHULUAN

KESIMPULAN INKUBATOR adalah suatu website menggunakan vipcard sebagai kartu online yang menggabungkan antara konsep e-learning berbasis moodle dan aplikasi j2me dengan social website,yang merupakan tempat bagi mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia untuk berinteraksi seputar kuliah. Permasalahan-permasalahan yang dihadapi kuliah dipecahkan dengan menggunakan teknologi INKUBATOR sehingga kuliah yang selama ini membosankan menjadi menyenangkan saat mengunakan aplikasi didalamnya. Kuliah tidak dipandang lagi sebagai sesuatu yang membosankan dengan adanya INKUBATOR, tetapi merupakan sebuah aplikasi yang membntu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sesuai dengan yang diharapkan.


FLOWCHART Flowchart menu utama

mulai

mau login?

mulai

tidak

ya

login

tidak

berhasil?

ya

dosen?

masuk menu dosen

masuk menu mahasiswa


Flowchart Menu Home

mulai

dosen?

mahasiswa?

masuk home dosen

masuk home mahasiswa

keluar


Flowchart Home Dosen

Dari halaman home dosen

tidak

pilih menu inbox?

ya

masuk menu inbox

tidak

chat?

ya

masuk menu chat

ya

masuk menu forum

ya

e-book terdownload

ya

tutorial terdownload

ya

masuk menu egames

ya

masuk menu atur jadwal

tidak

pilih menu forum?

tidak

download e-book?

tidak

download tutorial?

tidak

bermain e-games?

tidak

atur jadwal?

tidak

Dari halaman home dosen

tulis pesan?

tidak

baca pesan?

tidak

balas pesan?

tidak

hapus pesan?

ya

ya

ya

ya

tulis pesan

pesan terbaca

balas pesan

pesan terhapus


Flowchart Home Mahasiswa Dari halaman home mahasiswa

pilih menu inbox?

ya

masuk menu inbox

tulis pesan?

tidak

pilih menu forum?

ya

masuk menu forum

ya

e-book terdownload

ya

tutorial terdownload

ya

masuk menu egames

tidak

baca pesan?

tidak

balas pesan?

hapus pesan?

tidak

ya

ya

ya

ya

tulis pesan

pesan terbaca

balas pesan

pesan terhapus

tidak

download e-book?

tidak

download tutorial?

tidak

bermain e-games?

tidak

pilih menu dosen?

tidak

ya

lihat nama-nama dosen?

tidak

pilih dosen?

ya

tidak

ya

pilih matakuliah?

ya

tidak

tidak

pilih menu matakuliah?

tidak

keluar

ya

lihat matakuliah?

tidak

ya

ya

lihat nama dosen pangajar?

ya

pilih dosen?

lihat status dosen?

tidak

tulis pesan pribadi ke dosen?

ya

ya

status dosen

tulis pesan

tidak

chat?

chat

tidak

voice?

voice

tidak

webcam?

webcam


Competiton Technology