Issuu on Google+

Kanal Informasi Dunia Konstruksi

Harga Rp. 20.000

03 16 Desember 2011


ARSITEKTUR

Lahan Sempit Bukan Masalah

T

2 empat tinggal dengan ruangan kecil ini memadati lahan dengan luas hanya 95.4 m . Perusahaan arsitrektur Jepang Mizuishi Arsitek Artelier menciptakan desain rumah yang sempit ini dengan pikiran terbuka untuk konsep arsitektur yang kreatif. Dan apa yang kurang dalam bangunan persegi panjang ini, sebuah rumah yang tersusun rapi dari sebuah kreatifitas.

Bangunan dengan eksterior yang kecil namun dapat dikelabui oleh interior yang luas, terang dan terbuka. Keistimewaan dapur dan ruang keluarga terletak pada langit-langit rumah yang menjulang tinggi mencapai atap dan terlihat area bermain anak-anak dengan loteng yang modern, sementara langit-langit rumah di ruang tamu dibuat rendah dengan tampilan dan nuansa yang nyaman. Jendela yang memiliki fungsi penuh di kedua sisi memeperlihatkan pemandangan yang menciptakan rasa terbuka. Interior minimalis memberikan sebuah rumah yang memiliki estetika, bersih, rapi, dan kontemporer.< (sumber: trendir.com)

20


ARSITEKTUR

21


TRAVELING

Pesona Hotel Berbintang Tujuh Siapa sih yang tak kenal Burj Al Arab? Ya, hotel supermewah yang terletak di kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) ini seakan-akan menjadi barometer baru luxury travel ketika resmi dibuka menjelang Tahun Baru Millenium akhir 1999 lalu, bahkan didapuk sebagai “The Most Luxurious Hotel in the World”.

S

aat itulah, untuk pertama kalinya, nama Dubai mulai dikenal di luar kawasan Timur Tengah sekaligus diasosiasikan dengan kemewahan ala raja minyak. Tidak hanya kemewahannya yang mengundang kekaguman, sebagai bangunan hotel tertinggi di dunia (saat itu) dengan tinggi 321 meter, sekaligus hotel pertama di dunia yang didirikan di atas pulau buatannya sendiri, Burj Al Arab merupakan sebuah terobosan baru dalam ilmu arsitektur. Belum lagi desain bangunannya yang tidak konvensional - di siang hari, ia bagaikan layar terkembang yang gagah mengarungi ombak, sementara di malam hari lampu beraneka warna memendarkan cahaya yang cantik dan gemerlap. Masyarakat dunia yang terpukau pun kemudian menjulukinya “hotel berbintang tujuh”, walaupun secara resmi hotel ini “hanya” berpredikat bintang lima, yang memang merupakan predikat tertinggi dalam dunia perhotelan. Disambut Kopi Arab Suasana wah segera terasa begitu ketika Anda memasuki area lobi yang luas dengan sambutan permainan air mancur dan pencahayaan yang menakjubkan dan diapit oleh akuarium air laut besar berpenghuni puluhan ikan warna-warni yang cantik di kedua sisinya. Belum lagi jika Anda memandangi keindahan area lobi, seorang pegawai hotel berpakaian tradisional setempat menawarkan handuk dingin dan secangkir kopi Arab yang mengepul-ngepul dengan aroma rempah yang khas.

26

Burj Al Arab Pagi Hari foto: zonawaktu.blogspot.com


TRAVELING Di sekitar gerbang masuk hotel pun nampak potret HH Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan dan HH Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, yang adalah presiden dan perdana menteri negara setempat, seakan-akan mengingatkan kepada para tamu akan arti nama Burj Al Arab itu sendiri, yakni The Tower of Arabia. Hotel ini sejatinya lantai empat belas karena setiap lantai di gedung ini setara tingginya dengan dua lantai di gedung normal. Tampak beberapa tamu yang tengah menikmati secangkir teh dengan iringan dentingan piano di samping butik-butik aksesoris dan pakaian papan atas. Tidak sedikit pula wisatawan yang nampak mengabadikan momen-momen indah mereka di Burj Al Arab. Oh ya, hanya tamu hotel dan tamu restoran saja lho yang diperkenankan masuk ke area hotel, jadi suasana eksklusifnya begitu terasa. Apalagi dress code yang diterapkan di hotel ini pun cukup ketat; no shorts, no sleeveless shirts, no slippers. Malu kan kalau masuk hotel berbintang tujuh dengan sandal jepit dan kaus oblong?

No Rooms, Just Suites! Tipe kamar â&#x20AC;&#x153;standarâ&#x20AC;? yang sesungguhnya berupa suite yang luasnya tidak tanggung-tanggung, yaitu 170 m2, jauh lebih luas dibandingkan kamar hotel-hotel berbintang lima lain di Dubai yang rata-rata berkisar antara 40 - 50 m2. Oh ya, kesemua kamar di hotel ini terdiri dari dua lantai; ruang tamu, ruang makan, dan ruang kerja menempati lantai dasar, sementara lantai atas ditempati ruang tidur dan kamar mandi. Bahkan, Royal Suite yang merupakan tipe kamar termahal di sini dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan pribadi,

Lobi Hotel (dilihat dari lantai 7)

Salah Satu Sudut Lobi

foto: wisata.kompasiana.com

bioskop pribadi, hingga lift pribadi dengan luas mencapai 780 m2! Posisinya yang dikelilingi perairan Teluk Arab (walaupun sebenarnya lebih dikenal sebagai Teluk Persia, orang Arab tetap keukeuh menyebut teluk ini sebagai Teluk Arab) memungkinkan semua kamar di hotel ini memiliki pemandangan sea view yang indah yang dapat anda nikmati melalui jendela kaca floor to ceiling, baik dari kamar tidur maupun ruang tamu. Jika bosan menikmati pemandangan laut, Anda bisa juga bersantai di Jacuzzi pribadi sambil menikmati segelas wine dan berbagai penganan manis khas Arab yang disediakan secara cuma-cuma atau mungkin menonton TV melalui layar pop-up di kamar tidur. Oh ya, ada satu hal yang juga menarik dari desain kamar di hotel ini, yaitu sebuah cermin besar yang dipasang di atas tempat tidur! Entah apa tujuannya, mungkin untuk menjadikan tidur Anda lebih sensasional, apalagi bagi mereka yang sedang berbulan maduâ&#x20AC;Ś hmmâ&#x20AC;Ś Walaupun letaknya di tepi pantai, Burj Al Arab juga menawarkan fasilitas yang memadai bagi para pelancong bisnis, misalnya laptop pribadi dengan fasilitas internet gratis dan mesin fotokopi, printer, sekaligus mesin faks di setiap kamar. Oh ya, selain melalui laptop yang disediakan, fasilitas internet ini juga bisa diakses melalui televisi layar datar di kamar tidur maupun di ruang tamu.

foto: wisata.kompasiana.com

27


TRAVELING

Kamar Tidur Utama

foto: wisata.kompasiana.com

Seakan-akan ingin mengimbangi fasilitas yang wah, tidak heran jika berbagai amenities yang disiapkan pun tidak kalah wah dan eksklusif. Tidak tanggungtanggung, perlengkapan mandi di kamar pun dipasok oleh fashion line terkemuka Hermes dan tersedia dalam ukuran besar, termasuk sebotol parfum berukuran 100 ml. kabarnya harga parfum serupa di sebuah toko duty free, haaaâ&#x20AC;Ś ternyata mencapai Rp 800 ribu sebotolnya! Kesemua fasilitas ini tentunya didukung dengan kualitas pelayanan yang prima. Setiap lantai dilayani oleh staf profesional atau butler di setiap lantai yang selalu siap sedia melayani para tamu 24 jam non-stop bak pelayan pribadi, mulai dari layanan check-in, reservasi restoran, rekomendasi obyek wisata dan tur, hingga check-out, bahkan memesan jenis bantal tertentu dari pillow menu yang disediakan di setiap kamar.

Di Bawah Laut atau di Awang-awang? Burj Al Arab menawarkan berbagai restoran dengan aneka pilihan hidangan dari penjuru dunia. Bagi mereka yang menggemari hidangan prasmanan, ada tiga restoran yang bisa menjadi pilihan, yang masing-masing menyediakan menu Timur Tengah, internasional dan hidangan Asia. Namun sayang rasanya bertandang ke Burj Al Arab jika belum menjajal salah satu signature restaurant-nya, yaitu Al Mahara dan Al Muntaha. Al Mahara menawarkan hidangan laut dengan suasana fine dining dengan centrepiece berupa sebuah akuarium air laut berukuran besar di tengah-tengahnya, cocok bagi mereka yang ingin beromantis ria dengan

28

Dinner Room

foto: edysyahxie.blogspot.com

sensasi bak berada di bawah laut. Harga yang dibandrol memang cukup mahal, namun restoran ini biasanya mengadakan promosi khusus santap siang dengan kualitas setara namun harga yang lebih terjangkau dibandingkan makan malam. Al Mahara menjadi salah satu restoran seafood fine dining terbaik di Dubai. Kalau Al Mahara menawarkan pengalaman bersantap â&#x20AC;&#x153;di bawah lautâ&#x20AC;?, Al Muntaha justru menawarkan

Pemandangan Dari Almuntaha foto: wisata.kompasiana.com


TRAVELING

pengalaman kuliner yang sangat berbeda. Terletak di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut (setara lantai 54 di gedung biasa), Al Muntaha menawarkan pemandangan ke perairan Teluk yang tenteram, di mana anda bisa juga melihat kompleks pulau buatan Palm Jumeirah dan The World. Namun, untuk bersantap di sini cukup membuat kantong meringis. Jika sempat anda dapat mengunjungi restoran pada saat Friday Brunch (berhubung akhir pekan di Dubai jatuh pada hari Jumat dan Sabtu, brunch biasanya diselenggarakan pada hari Jumat, bukan Minggu seperti di negara asalnya, Inggris Raya). Pilihan makanannya memang tidak terlampau berlebihan, namun kualitas bahannya patut diacungi dua jempol! Salah satu makanan favorit di sini adalah suguhan tiram dan king crab segar serta roast beef yang lembut dan juicy. Really worth the hefty price tag!

Berenang Menembus Cakrawala Jika Anda gemar memanjakan diri di spa, tidak ada salahnya mencoba kemewahan Assawan Spa di hotel ini. Terletak di lantai 18 (sejatinya lantai 36), spa ini menawarkan berbagai pilihan yang cukup “luar biasa”, termasuk temporary tattoo dengan bahan dasar emas! Akan tetapi, anggaran anda tidak memungkinkan, maka anda cukup “memanjakan diri” berenang-renang di infinity poolnya yang terletak di lantai yang sama saja. Sesuai namanya, tepi kolam ini berada di bawah permukaan air sehingga menjadikan kita seolah-olah berenang menembus cakrawala! Setelah lelah berenang, sempatkan diri anda untuk menikmati sauna dan Jacuzzi di lokasi yang sama pula. Segar! Jika Anda termasuk penderita akrofobia alias takut akan ketinggian, tidak perlu khawatir. Hotel ini juga menyediakan kolam renang outdoor di lantai dasar serta fasilitas pantai eksklusif, lengkap dengan para lifeguard dan beach butler, kalau-kalau Anda ingin menikmati romantisnya sunset di tepi pantai dengan segelas cocktail di tangan. Hmm… nikmat! Nah, jadi jika suatu saat Anda berkesempatan berwisata ke Dubai, silakan menyempatkan diri menengok hotel yang satu ini. Lumayan untuk cerita ke anak-cucu, atau malah berbagi kisah dengan rekan lainnya, mungkin?< (sumber: wisata.kompasiana.com)

Burj Al Arab Saat Malam foto: zonawaktu.blogspot.com

29


TIPS

Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding Retak rambut pada dinding mungkin terlihat sepele. Namun, bila terus dibiarkan, kondisi ini akan merusak kekuatan dan keindahan dinding.

B

iasanya, kelalaian saat proses pengerjaan dinding menjadi penyebab utamanya. Seperti plester tidak dibasahi sebelum pengerjaan acian, atau campuran semen plester yang buruk. Penyebab lainnya adalah penggunaan cat dengan nilai kerapatan dan elastis kecil, sehingga tidak menempel sempurna ketika mengering. Untuk mengatasi retak rambut itu, berikut solusi yang bisa Anda terapkan: 1. Kerok seluruh lapisan cat dan lapisan plamir dengan kapi atau sikat besi 2. Lanjutkan dengan pengampelasan hingga permukaan acian terlihat seluruhnya. 3. Bersihkan dinding dengan roll atau lap basah untuk menghilangkan kotoran dan debu sekaligus

melakukan pembasahan dinding. 4. Tutup celah pada lokasi retak rambut dengan wall filler (anda bisa beli di toko bangunan), bila susah mencarinya bisa digantikan dengan semen khusus untuk pengisi nat keramik lantai. 5. Setelah kering (+/- 7 hari), bisa dilapisi dengan plamir yang bermutu baik. 6. Setelah plamir kering, bisa dilanjutkan dengan pengampelasan agar halus. 7. Lapisi permukaan dinding dengan cat dasar atau cat sealer. 8. Nah, sekarang dinding bisa dicat lagi dengan warna cat yang diinginkan. Semoga tips diatas bisa berguna untuk mengatasi masalah retak rambut pada dinding bangunan rumah anda.< (dari berbagai sumber)

TAHUKAH KAMU? Ternyata menara Kuala Lumpur (KL) yang masuk dalam daftar 7 menara tertinggi di dunia ini dirancang oleh anak bangsa. Menara kebanggaan Malaysia yang menjulang setinggi 421 meter ke angkasa dan menghabiskan dana sekitar Rp. 647 miliar ini lahir dari tangan dan buah pemikiran seorang Ir. Achmad Moerdijat, seorang insinyur lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung). Meskipun Ia telah lama bermukim di negeri jiran Malaysia, namun kita patut berbangga karena anak bangsa yang seorang lulusan perguruan tinggi dalam negeri ini mampu mengukir prestasi yang luar biasa di mancanegara.< (dari berbagai sumber) foto: farahhutamin.blogspot.com


The Jebel Hafeet Mountain Road, UAE

Trollstigen-Norway

GALERI

Road of Death, North Yungas

JALAN PALING MENAKJUBKAN DI DUNIA Lysebotn Road, Norway

Atlantic Road, Norway

Transfagarasan, Romania

Col de Turini, France Oberalp Pass, Switzerland Stelvio Pass, Italy

Los Caracoles Pass, Andes

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan jalan sebagai sarana kita untuk menuju ke suatu tempat/daerah. Seiring perkembangan jaman, jalan raya saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah adanya jalan bebas hambatan. Namun di beberapa wilayah yang memiliki bentang geografis yang tidak rata/berbukit, jalan justru dibangun dengan banyak tikungan dan tanjakan curam. Bahkan beberapa diantaranya bisa dikatakan ekstrim, karena dapat mengancam keselamatan siapa saja yang melintas jika tidak hati-hati. Berikut beberapa foto yang menggambarkan keadaan jalan yang sangat menakjubkan.< (sumber : nofianusnofin.blogspot.com)

Guoliang Tunnel Road-China Iroha - Zaka, Jepan

39


Preview PustakaKonstruksi #03