Page 8

Pontianak Post

8

Pontianak Post Rabu 17 April 2013

SOSOK

ZASKIA SHINTA

Kaget SBY Punya Twitter

HINGGA kemarin siang, jumlah follower account twitter Presiden SBY sudah mencapai 700 ribu lebih. Salah satunya, pedangdut Zaskia Shinta. Lucunya, si Goyang Itik ini terhitung telat mengetahui SBY sudah punya twitter sendiri. “Luar biasa, aku follow twitternya SBY. Kapan lagi bisa follow orang terhebat di Indonesia,” ungkap Zaskia, kemarin. Sebenarnya beberapa kepala negara sudah memiliki twitter. SBY terhitung telat. Namun pelantun Satu Jam Saja ini tetap heran kenapa seorang

KEJURDA BANK KALBAR

Pilot Malaysia Puji Kalbar

PONTIANAK—Pembalap Sepeda dari Tim Maswing Malaysia Roger Astra menyambut baik pelaksanaan Kejurda Balap Sepeda dalam rangka HUT Bank Kalbar ke-49 yang dihelat Minggu (14/4) kemarin di Sirkuit MT Haryono. Menurutnya, pelaksanaan kejuaraan tersebut sukses dan memberikan nilai positif bagi persahabatan yang harmonis antar dua negara, Indonesia dan Malaysia. “Kami merasa begitu dihargai. Diundang dan dilayani dengan baik disini. Terus terang kami merasa tersanjung dan kami siap datang kesini lagi untuk ikut berlomba atau dalam rangka kegiatan lainnya,” ungkap Roger Astra kepada Roger Astra (kanan) dan MaPontianak Post keruki Matsum. marin. Roger yang turun di kelas MTB Master Road Race sukses naik podium kedua pada kejurda kemarin. Dia mengatakan, Kalbar merupakan propinsi yang unik. Karena itu dia selalu senang jika diundang untuk berlomba ke daerah ini. “Saya sudah tiga kali kesini. Pada Kejuaraan Bank Kalbar tahun lalu saya juga ikut berlomba. Kemudian pada Kejuaraan Tour De Khatulistiwa saya juga ikutserta. Dan terakhir pada kejuaraan ini,” ungkap Roger. Menurutnya, kendati tidak membawa banyak pembalap namun, ungkap Roger, dia membawa rombongan yang cukup banyak untuk menyaksikan kegiatan tersebut. Menurutnya, beberapa rekannya di Perusahaan Penerbangan Mas Wing yang merupakan anak perusahaan Malaysia Airlines juga datang ke Pontianak untuk berlibur, berwisata sekaligus menyaksikan kejuaraan balap sepeda tersebut. ”Kami senang jika diudangan kemari. Selain ikut balap, kami bisa berlibur dan berwisata, sekaligus promosi perusahaan penerbangan kami Mas Wing,” ungkap dia. Roger yang juga berprofesi sebagai Pilot Mas Wing itu mengatakan, perusahaannya memang sedang mengembangkan armadanya hingga ke wilayah Borneo. Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Kalsel menjadi beberapa daerah yang dibidiknya. Karena itu, pada setiap kesempatan dirinya selalu mengunjungi beberapa wilayah di Kalimantan. Lebih lanjut Roger juga mengungkapkan bahwa dirinya adalah warga negara Indonesia. Tahun 1989 dia hijrah ke Kuala Lumpur dan menetap disana. Kemudian tak lama dia bekerja sebagai pilot. ”Dulu saya juga masuk pelatnas bersama Maruki Matsum. Saya masuk dalam tim DKI. Maruki adalah senior saya di Pelatnas,” ungkap Roger yang mengaku berdarah asli Pekanbaru Riau. Tak hanya Tim Mas Wing yang ikutserta di Kejurda Bank Kalbar kemarin, tim Viking Sarawak juga tampil. Bahkan tim ini mengusung 10 pembalapnya untuk memeriahkan kejuaraan tersebut. (bdi)

PENDIDIKAN

Ganti Soal Unas

PONTIANAK—Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Ahmadi Usman berharap pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud) supaya mengganti soal ujian nasional (Uanas) tingkat SMA sederajat di 11 provinsi yang tertunda tersebut. Ia khawatir para peserta ujian susulan berpotensi meraih nilai lebih besar, dibanding siswa yang menempuh ujian terlebih dahulu. “Sebab, bukan tidak mungkin terjadi kebocoran. Dan idealnya 11 provinsi yang terlambat, kertas ujian nasional harus diganti,” katanya, Selasa (16/4) Unas di hari pertama tingkat SMA/sederajat di 11 provinsi pelaksanaannya ditunda seperti . Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Menurut dia, ini mungkin perdana terjadi di 11 Provinsi di Indonesia harus telat kertas soal ujian. Mau tidak mau, ada yang salah dalam pelaksanaan dan proses tender kertas soal ujian tersebut. Namun sangat tidak baik, jikalau menyalahkan tertentu. ”Harus saling evaluasilah. Yang penting jangan korban pelajar saja,” ucapnya. Meski demikian, ia tetap meminta pihak terkait untuk melakukan investigasi sebab musabab ditundanya pelaksanaan Uanas di 11 provinsi. Peristiwa ini kejadian serius yang harus diselidiki. “Apakah itu kontraktornya, apakah itu saat pengadaannya atau apapun,” ucapnya. (den)

kepala negara bisa punya account twitter. “Kaget juga SBY ada Twitter, baru tahu sekarang. Komentarnya, ya menurut Neng wajar-wajar saja. Mungkin pengen lebih dekat sama masyarakat, pengen komunikasi langsung sama masyarakat. Menurut Neng bagus sih, dampak positif bagus,” ujarnya. Bicara soal penampilan, Zaskia rela tubuhnya disuntik vitamin hingga makan dedaunan demi menjaga daya tahan tubuh dan vokal suara. Ia juga suka minum air putih, meski diakuinya jarang berolah raga. Selain itu, ia juga harus menjaga pola makan. Tak hanya mengurangi nasi, Zaskia juga tak boleh minum yang dingin. (MER)

SISI LAIN

NIA RAMADHANI

Curiga Ardie Cari Istri Muda

Nia Ramadhani sudah merayakan ulang tahunnya yang ke-23, Selasa (16/4) dini hari dengan cara yang unik. Bersama sang suami, Ardie Bakrie mereka ‘berpesta’ di Taman Suropati. Lalu, apa kado dari sang suami? Menurut Nia, ia cukup senang dengan kejutan yang dibuat Ardie hingga tak perlu kado ‘wah’ seperti helikopter. “Waktu dia ngurusin ginian aja udah seneng saya. Kalau dikasih helikopter bingung narohnya di mana,” kelakar Nia yang ternyata bisa melucu juga. “Surprise udah biasa jam 12. Rada aneh sih, kemudian aku dibawa ke luar naek motor. Ah mungkin dia nyiapin sesuatu dari rumah saudara, terus mikir dibawa kemana nih. Eh tau-tau sampe situ lurus, ah Tamsur nih kumpul sama anak-anak sini. Ya pokoknya ini keren sih, thank you Ardie. Seneng banget.

Tadinya sih mau ajak Mikha (anak),” tutur eks Ratu Striping ini. Ditegaskan Nia, dia tak terbiasa merayakan ulang tahun. Apalagi setelah dikaruniai putri pertama Mikhayla Zalindra Bakrie. Ardie yang disinggung soal usia sang istri yang tergolong masih muda itu sempat mengucapkan kata-kata bijak. “Perjalanan masih panjang. Masih muda juga,” kata Ardie. Pasang muka jutek tapi becanda, Nia balas menyentil. “Nggak bakal cari istri muda lagi berarti kan,” celetuk pesinetron Bidadari ini. Bertambahnya usia, Nia berharap bisa terus menjadi istri dan ibu yang baik. “Ibu yang dapat didik anaknya, bermanfaat, rendah hati, dan tidak beda-bedakan siapapun,” paparnya. (MER)

Dinkes Buat Ruang Menyusui

HUMAS PEMPROV KALBAR

TANDA TANGAN: Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Desa Model PKK, dari Ketua Tim Penggerak PKK Prov Kalbar Ny Frederika Cornelis, S.Pd kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se- Kalbar.

Serius Kembangkan Desa Model

PONTIANAK--Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar telah membina dan membantu mengembangkan program desa model di kabupaten/ kota se Kalimantan Barat. Pada rapat koordinasi Tim Penggerak PKK se-Kalbar di Hotel Santika, Selasa (16/4), Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar Ny Frederika Cornelis, S.Pd menyerahkan langsung program Desa Model kepada Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalbar. Dalam paparannya, Frederika Cornelis berharap kepada kabupaten/kota untuk benarbenar membina sekaligus mengembangkan desa model yang telah diserahkan. TP PKK Prov Kalbar tidak lepas tangan

kepada kab/kota, akan tetapi dengan diserahkan langsung kepada kab/kota, kita bisa melihat bagaimana keseriusan daerah tersebut dalam memajukan dan mengembangkan desa model. Tahun berikutnya ada tiga kab/kota yang akan diadakan desa model, yakni Kota Singkawang, Sambas dan Kubu Raya. “Ketiga daerah ini kita harapkan untuk menyiapkan secara baik agar desa model bisa di tentukan pada tempat yang pas, dan bisa menjadi contoh bagi tempat lainnya,” ujarnya. Dalam rapat koordinasi itu, Frederika Cornelis mengatakan ada delapan hal yang perlu diingat oleh TP PKK, antara

lain; menjalin kerjasama dan dukungan serta kemitraan dari pemerintah daerah setempat maupun pihak lain yang peduli terhadap pembangunan kesejahteraan keluarga dan masyarakat terus diupayakan dan ditingkatkan. Kemudian menyusun rencana kerja setiap tahun sebagai penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, memberikan petunjuk dan bimbingan, pembinaan dalam pelaksanaan program-program PKK kepada kecamatan, pembinaan dasa wisma dan mengaktifkan kembali dasa wiswa merupakan ujung tombak keberhasilan program PKK,melakukan monitoring, evaluasi, dan bimbingan sebagai umpan

balik pada TP PKK kecamatan yang telah melaksanakan program,melaksanakan tertib program administrasi sesuai dengan ketentuan, menerima, mengolah dan mengirim laporan tahunan, dan laporan khusus kepada TP PKK Prov Kalbar dan Ketua Dewan Penyantun Kabupaten/Kota, mengadakan konsultasi dengan ketua dan anggota dewan penyantun TP PKK Kabupaten/Kota. Pertemuan ini diharapkan Ny Frederika menjadi sarana saling bertukar pikiran tentang keberhasilan dan berbagi pengalaman untuk melaksanakan tugas–tugas sesuai dengan 10 Program Pokok PKK. (Humas Prov)

PONTIANAK--Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kalimantan Barat mendukung rencana pembuatan ruang menyusui Dinas Kesehatan Provinsi sebagai percontohan. Dinkes akan membuat ruang menyusui untuk percontohan sekaligus untuk ruang perah karyawan-karyawannya. Hal itu diungkapkan Ketua AIMI Kalbar Marsia Dewi usai mengikuti rapat di Dinkes Provinsi Kalbar, Senin kemarin. Dia menjelaskan, dalam pertemuan tersebut juga sudah disurvei tempat ruang menyusui tersebut. “Lokasinya sudah dicarikan di Dinkes dan untuk pembangunan dari Wahana Visi Indonesia (WVI) dan USAID akan turut membantu,” terang dia. Menurut dia, AIMI Kalbar akan mendukung melalui penyediaan alat-alat untuk menyusui berupa alat memompa, botol untuk menyimpan air susu ibu perah (asip) dan perlengkapan lainnya.”Selain itu kami juga menyediakan layanan konseling oleh konselor laktasi secara terjadwal dan bisa dibuka untuk umum,” papar Marsia. Dirinya berharap, pembangunan ruang menyusui percontohan tersebut dapat ditiru kantor-kantor atau instansiinstansi lain sebagai implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) nomor12/2012 tentang pemberian ASI eksklusif. “Kami berharap bangunan tersebut dapat terealisasi, paling tidak ini merupakan langkah awal Kota Pontianak memiliki ruang menyusui sesuai standar,” kata Marsia. Sementara itu Kepala Bidang Gizi Dinkes Kalbar Nursiah mengungkapkan, rencana penyediaan ruang menyusui itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2012 mengenai Pemberian ASI Eksklusif telah disahkan.(bdi)

Pengerjaan PLTU Hampir Rampung

Butuh 13 Ribu Ton Batu Bara Per Bulan SANGGAU--Awak media dari media cetak dan elektronik, Selasa (16/4) kemarin berkesempatan mengunjungi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sanggau dengan kapasitas 14 (2x7) Mega Watt (MW) di Desa Sungai Batu, Kecamatan Kapuas, Sanggau. Letak PLTU tersebut berjarak sekitar 20 km dari pusat Kota Sanggau. PLTU Sanggau 14 MW tersebut berdiri di lahan seluas 10 Hektar (Ha). PLTU tersebut menggunakan dua generator dengan bahan bakar batu bara kalori rendah yakni 3500-4000 kalori. Sementara pengerjaan fisik PLTU sendiri sudah hampir rampung. Staf Unit Pelaksana Konstruksi (UPK) PLTU Kalimantan Barat III, Arif Nurhadi, Selasa (16/4) kemarin mengatakan operasional PLTU tersebut membutuhkan batu bara sedikitnya 165.00 ton per tahun atau 13.000 ton per bulan untuk dua unit generator. Sementara untuk kapasitas Dry Coal Shed untuk satu bulan 13.000 ton

SUGENG/PONTIANAK POST

PLTU Sanggau Desa Sungai batu, Kecamatan Kapuas, kabupaten Sanggau.

batu bara. Sejauh ini, satu generator sudah memulai proses pembakaran dengan batu bara. Tetapi, untuk menghasilkan listrik sendiri baru pada bulan Juli. Sebab, pada bulan Mei 2013 baru dilakukan singkronisasi terlebih dulu. “Kalau semuanya sudah siap, beban dasarnya listrik di Sanggau akan dipasok dari PLTU, sisanya akan dicukupi

dari PLTD di Semboja. Pengangkutannya batu bara ini menggunakan angkutan air. Sementara waktu memang belum kita perhitungkan bagaimana kalau kondisi air surut, karena pada tahap awal datang kondisi air sedang dalam kondisi pasang. Untuk awal ini tahap konstruksi sudah ada 4300 ton batu bara yang sudah datang,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa Commercial Operation Date (COD) untuk unit I ditargetkan pada bulan Juli 2013 bisa tercapai. Sedangkan untuk yang unit II, ditargetkan pada bulan September 2013. Jika PLTU sudah beroperasi maka produksinya akan dikirim terlebih dahulu ke PLTD Sanggau yang ada di wilayah Semboja atau biasa disebut dengan interkoneksi,

baru kemudian disebar untuk wilayah Sanggau. “Kalau sudah beroperasi dan produksi sendiri total 14 MW. Itu artinya untuk beban dasar pemakaian listrik di Kabupaten Sanggau pada malam hari bisa terbantu. Kita ketahui bahwa total pemakaian listrik pada malam hari di Kabupaten Sanggau yakni 17 MW. Jadi, PLTU ini bisa mengcover 14 MW beban dasar untuk pemakaian listrik pada malam hari. Sisa kekurangannya yang 3MW akan disuplai oleh PLTD, jadi bisa dimaksimalkan pelayanan kebutuhan listrik kepada masyarakat,” jelasnya. Sementara itu, staf ahli PLN Wilayah Kalimantan Barat, Ismail menjelaskan bahwa PLN saat ini berupaya meningkatkan mutu pelayanan dan terus memperbaiki sistem kelistrikan mulai dari hulu sampai ke hilir. Untuk mesin pembangkit juga ditambah, perbaikan mesin transmisi dan distribusi hingga sistem layanan langsung pada pelanggan berbasis website antara lain AP2T, APKT, PPOB dan lainnya. “Sambil menunggu kelar, sinergisitas layanan lainnya juga akan ditingkatkan untuk pelayanan yang maksimal bagi masyarakat,” katanya. (sgg)

Pontianak Post  

17 April 2013

Pontianak Post  

17 April 2013

Advertisement