Page 50

Meng-Indonesiakan MDGs

MDGs yang diformulasikan secara bersama pada tingkat global, dalam beberapa aspek bisa saja disesuaikan dengan situasi dan kondisi Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah. Pencapaian tujuan MDGs sebagian besar berada di pundak pemerintah propinsi dan kabupaten. Seperti terlihat pada Gambar 9.1, kabupaten dengan mantap mulai mengambil alih lebih banyak pengeluaran rutin pemerintah37.

Jadi Pemerintah daerah seharusnya dapat lebih berperan? Tentu saja. Masalah informasi jelas masih menjadi kendala. BPS memang mengumpulkan data sejumlah informasi di tingkat kabupaten. Namun, tidak mencakup hingga tahun 1990 sehingga menyulitkan penetapan target 2015. Hal tersebut tidak menjadi masalah, selama propinsi-propinsi dan kabupaten-kabupaten memikirkan cara terbaik untuk pencapaian MDGs, tidak hanya di tingkat kabupaten, namun sampai ke desa-desa.

Misalnya?

Anda dapat memeriksa bagaimana anak-anak yang lambat pertumbuhannya, memperoleh makanan dan mungkin dapat memberikan saran atau dukungan kepada para ibu. Apakah semua anak Betulkah? Apakah kita dapat mengukur bersekolah? Hal ini akan mudah diketahui dari buku semua ini di sebuah desa? pendaftaran di sekolah. Jika TBC menjadi masalah, Ya, tetapi tidak harus orang luar yang melakukannya. mungkin anda dapat mencoba untuk melakukan Penduduk sebuah desa bisa sepakat memilih apa tes pada sebanyak mungkin orang dan kemudian saja dari tujuan MDGs yang menjadi prioritas memulai pengobatan. Apakah perempuan mereka, termasuk memantau dan mempercepat meninggal karena persalinan? Bagaimana dengan pencapaiannya. Misalnya, ketika kekurangan gizi pengawasan tentang berapa banyak perempuan menjadi persoalan yang dicemaskan, mungkin perlu hamil yang mendatangi klinik-klinik pada masa memastikan bahwa puskesmas selalu menimbang pra-persalinan. Begitu juga apakah mereka telah semua anak-anak. Anda kemudian dapat memiliki persiapan untuk menghadapi keadaan menambahkan semua informasi yang dibutuhkan darurat. untuk mencermati apakah angka kekurangan gizi meningkat atau menurun. Dan yang lebih penting, Tampaknya, banyak yang harus dilakukan anda bisa sepakat tentang apa yang harus dilakukan Anda tidak harus mencoba melakukan semuanya untuk menanggulangi hal tersebut. sekaligus. Anda dapat memulai dengan sejumlah

Gambar 9.1 Penyebaran Anggaran Pemerintah Sumber: World Bank 2007

39

Laporan Pencapaian MDGs 2007/2008  

Laporan pencapaian MGDs Indonesia

Advertisement