Page 49

beberapa dasawarsa lalu dan mereka menghapus sebagian utang kita. Namun saat ini, semuanya menjadi lebih sulit. Para penyandang dana internasional masih memberikan penghapusan utang, namun hanya kepada negara-negara yang sangat miskin. Saat ini, Indonesia adalah negara berpenghasilan menengah sehingga tidak masuk kategori layak memperoleh penghapusan utang. Ketika meminta penghapusan utang, kita juga harus mau dikaji oleh Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Indonesia menggunakan dana tersebut untuk proyek-proyek pendidikan dan lingkungan. Sayangnya, skema seperti itu biasanya hanya dalam jumlah kecil (jumlah keseluruhan utang kita kepada Jerman adalah 1,3 milyar dollar AS). Sekali lagi, aturan-aturan internasional tidak memungkinkan kita untuk menukarkan utang dalam jumlah yang sangat besar.

Saatnya untuk mengubah aturan-aturan tersebut

Ide yang bagus. Bersama dengan negara-negara berkembang lainnya, Indonesia harus menyatakan Samasekali tidak. Dalam kenyatannya pemerintah bahwa tingkat utang yang tinggi menghambat telah sengaja membayar semua utangnya kepada pencapaian MDGs, jadi semestinya negara IMF agar kita tidak harus mengikuti persyaratan IMF. seperti kita layak untuk mendapatkan semacam Namun masih ada hal-hal yang dapat kita lakukan penghapusan utang. Kenyataannya, untuk banyak untuk mengurangi utang, paling tidak sedikit. isu di Tujuan 8, baik tentang perdagangan, bantuan Salah satu pilihan adalah dengan mendorong atau utang, pemerintah maupun masyarakat sipil para penyandang dana bilateral untuk melibatkan harus melawan status quo di tingkat internasional. diri dalam pertukaran atau �konversi utang� (debt Kita cukup bangga untuk melaporkan upaya-upaya kita sendiri dalam mencapai tujuan-tujuan yang swaps). sudah kita sepakati. Namun negara-negara maju Sangat aneh. Kita bisa menukarkan utang juga perlu memantau aktivitas-aktivitas mereka. dengan apa? Tujuan-Tujuan Pembangunan Milenium juga Memang kedengarannya tidak lazim. Namun merupakan tanggung jawab internasional. sejumlah penyandang dana bilateral siap untuk menghapuskan sebagian utang kita jika Sangat menarik. Apakah kita sudah kita membelanjakan jumlah yang sama untuk selesai? pembangunan. Jerman, misalnya, sepakat dengan Ya,kita sudah selesai dengan 8 tujuan MDGs. Namun, Indonesia untuk menghapuskan utang bilateral terasa perlu untuk ‘meng-Indonesiakan’MDGs. bernilai sekitar 135 juta dollar AS jika pemerintah

Hal yang tidak begitu disukai

38

Laporan Pencapaian MDGs 2007/2008  

Laporan pencapaian MGDs Indonesia

Advertisement