Page 32

staf dan tidak memiliki layanan 24 jam. Jika kita hendak mewujudkan tujuan yang berkaitan dengan angka kematian ibu, perlu memperbaiki perawatan di pusat-pusat kesehatan. Lebih dari itu, kita juga perlu memikirkan tentang apa yang terjadi sebelum dan selama kehamilan. Bahkan jika kita tidak dapat meramalkan keadaan darurat, kita bisa mencoba untuk memastikan bahwa para ibu berada dalam kondisi terbaik dan tetap bertahan, dengan gizi yang cukup. Saat ini, sekitar seperlima perempuan hamil kekurangan gizi dan separuhnya menderita anemia.

persalinan dimana mereka menerima suplemen zat besi. Perempuan yang secara rutin mendatangi klinik pra persalinan biasanya mengetahui apa yang harus mereka lakukan apabila terjadi keadaan darurat. Selain melindungi kesehatan ibu, perawatan pra dan pasca persalinan juga memberi manfaat pada anak-anak serta dapat menyelamatkan nyawa mereka. Anda mungkin masih ingat dalam tujuan MDGs sebelumnya bahwa saat ini kebanyakan anak meninggal segera setelah kelahiran.

Ya, masih ingat

Ini adalah salah satu contoh tentang keterkaitan Anemia adalah rendahnya kadar zat besi dalam antara semua tujuan-tujuan MDGs. Bila terjadi darah. Ini dapat terjadi selama kehamilan ketika kemajuan di satu tujuan, sangat mungkin untuk tubuh ibu memerlukan lebih banyak zat besi. mencapai tujuan lain. Perlu anda ketahui bahwa Anemia membuat perempuan jauh lebih rentan perempuan juga punya kecenderungan anemia untuk sakit dan meninggal. Namun demikian, jika mereka terkena malaria, yang membawa kita mereka dapat mengganti kekurangan zat besi ke tujuan berikutnya. tersebut jika mereka mendatangi klinik pra

Anemia?

TUJUAN 5: Meningkatkan kesehatan ibu Target 6: Menurunkan angka kematian ibu sebesar tiga perempatnya antara 1990 dan 2015. Data tersedia yang terdekat dengan tahun 1990 berasal dari tahun 1995. Berdasarkan data-data tersebut, target yang harus dicapai adalah 97. Melihat kecenderungan saat ini, Indonesia tidak akan mencapai target. Indikator kedua yaitu proporsi persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih, saat ini menunjukkan angka 72,4%.

21

Laporan Pencapaian MDGs 2007/2008  

Laporan pencapaian MGDs Indonesia

Advertisement