Page 12

Bincang-Bincang tentang MDGs

Apa yang anda inginkan untuk masa depan? Bagi anda, jawabannya mungkin keluarga yang sehat dan bahagia, juga pendidikan bermutu bagi anakanak. Selain itu, anda tentu saja berharap mampu menyediakan sandang dan pangan berkecukupan serta memiliki rumah idaman. Anda pun dipastikan mendambakan kebebasan, yaitu hidup dalam sebuah negeri bernama Indonesia yang demokratis, di mana kebebasan untuk mengungkapkan pendapat dan mengatur kehidupan, dijamin oleh undang-undang.

sakit atau rumah yang dilanda banjir. Situasi pun bisa berubah menjadi buruk bagi negara secara keseluruhan. Sepuluh tahun lalu, misalnya, terjadi krisis moneter. Tiba-tiba banyak yang jatuh miskin. Meskipun demikian, dalam menapaki periode panjang sejak kemerdekaan, nampaknya Indonesia telah menuju arah yang tepat, terlihat dengan capaian ‘pembangunan manusia’ berupa peningkatan penghasilan dan perbaikan pendidikan. Orang Indonesia saat ini pun, hidup lebih lama dan lebih sehat.

Bukankah itu yang diinginkan semua orang?

Bila berhasil, mengapa Indonesia masih miskin?

Sebenarnya, Indonesia sudah dikategorikan sebagai negara “berpenghasilan menengah�. Hal ini dikarenakan penghasilan masyarakat Indonesia berdasarkan Gross National Index (GNI), yang dihitung dari nilai pasar total dari barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam periode tertentu, penghasilan per kapita Indonesia tahun 2007 adalah $ 1.420. Nilai ini setara dengan Rp. Tapi, saya tidak merasa sekaya itu 1.077.000 per bulan. Jika dibandingkan dengan Boleh jadi tidak. Ini hanyalah ukuran rata-rata. negara lain, Indonesia masuk urutan ke-139 dari Sebagian dari kita memang lebih beruntung 209 negara di dunia (World Bank GNI, 2007). dibandingkan yang lain. Namun, saat ini, sudah lebih banyak orang yang menjadi semakin Urutan ke-139? Kedengarannya tidak sejahtera. Bukan sekedar dari ukuran penghasilan. terlalu bagus. Coba perhatikan berbagai kemajuan di sekitar Akan lebih baik kalau Indonesia di urutan yang anda. Kini tersedia lebih banyak jalan, sekolah, lebih tinggi. Namun urutan tidak terlalu penting. Terkadang ada negara yang berkembang cepat, pusat kesehatan dan tempat-tempat hiburan. sementara yang lain lebih lambat. Namun, Juga semakin banyak polusi, kebisingan, yang perlu dicermati adalah apa yang terjadi di dan korupsi Indonesia. Apakah semakin banyak penduduknya Memang tidak semuanya menjadi lebih baik. keluar dari kemiskinan? Lalu, semakin banyakkah Terkadang, situasinya malah memburuk. Mungkin yang mampu membaca dan menulis? Atau, apakah saja anda kehilangan pekerjaan, anak anda jatuh semakin banyak anak yang diimunisasi sehingga Rasanya ya. Menggembirakan bahwa saat ini semakin banyak orang Indonesia menjadi lebih makmur. Dibandingkan sekitar 60 tahun lalu ketika Republik ini didirikan kita telah mengalami kemajuan pesat. Kita menjadi lebih kaya dengan rata-rata penghasilan lima kali lipat penghasilan saat itu.

1

Laporan Pencapaian MDGs 2007/2008  

Laporan pencapaian MGDs Indonesia

Advertisement