Page 1

Interaksi BULETIN BULANAN

Edisi 08/ Mei 2010

PPI Jepang

Cam pus

INFO DARI:

PPI Pusat PPI Daerah


Dari Redaksi

2

REDAKSI PENGARAH Farid Triawan

Assalamualaikum Wr.Wb

Pemimpin Redaksi Rodiyan Gibran Sentanu

Salam Sejahtera Rekan-rekan PPI Jepang

Kontributor Berita Atus Syahbudin Farid Triawan Mochamad Asri Lubis Fariz Zulkarnaen

Sedikit demi sedikit, perlahan-lahan PPI Jepang mulai bergerak membenahi segala aspek keorganisasiannya, baik itu internal maupun eksternal. Di bulan ke limat tahun 2010 ini, PPI Jepang kembali hadir di tengah rekan-rekan dengan buletin edisi 08 sebagai wujud pelayanan PPI Jepang periode 2009-2010 Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan Korda dan Komsat. Dengan dukungan dan kerjasama antara tim redaksi serta pengurus PPI Korda dan Komsat, buletin PPIJ bisa kembali terbit menyapa seluruh anggota PPI Jepang dari ujung utara, Hokkaido, hingga ujung selatan, Okinawa. Sambil terus melakukan perbaikan dari segi design,isi, maupun keragaman berita, kami akan terus berusaha memberikan yang terbaik bagi para pembaca.

Editor Rodiyan Gibran Sentanu Pandji Prawisudha Asep Ridwan Mochamad Asri Designer Deby Mardiansah Email : [pengurus@ppijepang.org] Redaksi menerima pertanyaan, saran, dan kritik dari pembaca. Untuk setiap email yang masuk mohon mencantumkan nama, instansi (sekolah/tempat bekerja) dan kota tempat tinggal.

Masih dengan semangat INTERAKSI (Integrity, Teamwork, Action, Solidarity),kami berharap buletin ini bisa menjadi media untuk saling merasakan keberadaan satu sama lain. Dengan begitu, rasa kepemilikan terhadap organisasi kita, PPI Jepang, yang bisa membawa pada perbaikan PPI Jepang serta memberikan kontribusi nyata kepada negara kita, Indonesia tercinta.

Kami pun sadar buletin ini belum sempurna. Untuk itu, kami akan selalu setia mengharapkan berbagai saran dan kritik dari para pembaca demi Buletin PPIJ yang lebih baik.

Hormat Kami, Tim Redaksi

Š Copyright PPI Jepang 2010 Š Copyright PPI Jepang 2009


3

Daftar Isi

DAFTAR ISI

Diolabs, Solusi Sms murah ke Indonesia ! Arubaito di Ehime Korda Chugoku-Shikoku dalam Revitalisasi Kepengurusan komsat yang baru Penyetaraan Izajah Luar Negeri Tokyo Tech Indonesia Commitment Award Pusat Informasi Beasiswa PPI Jepang Hasil Hashimoto Cup 2010 Online Banking dengan Japan Post Bank (Bagian 1)

Wawancara dengan Pendatang baru International Festival 2010 PPI IUJ PPI Jepang Bid. Kebudayaan/ Bulan Budaya

Š Copyright PPI Jepang 2010


Diolabs

© Copyright PPI Jepang 2010

4

Back to Daftar Isi


Arubaito

5

ARUBAITO (アルバイト): KIND OF EHIME UNIVERSITY'S STUDENT ACTIVITY OUTSIDE THE CAMPUS Pendahuluan Arubaito (アルバイト) telah menjadi budaya pelajar di luar kelas yang terkenal di Jepang. Arubaito sendiri berasal dari bahasa Jerman arbeit, yang berarti kerja paruh waktu atau tidak resmi. Banyak sumber menyebutkan, arubaito merujuk utamanya kepada kerja paruh waktu yang dilakukan pelajar SMA dan mahasiswa pada waktu senggang mereka. Saat ini sedikit sekali penjelasan mengenai arubaito yang didasarkan kepada cara pandang pelajar Jepang, dan hal ini yang menyebabkan saya tertarik melakukan jajak pendapat yang bertujuan untuk mengetahui arubaito yang dilakukan mahasiswa Universitas Ehime.

Metoda Penelitian Jajak pendapat dilakukan terhadap 42 responden dengan rata-rata usia 20,97 tahun, yang berasal dari berbagai fakultas: 30,95% dari Fakultas Teknik, 28,57% dari Fakultas Hukum dan Sastra, 21,42% dari Fakultas Pertanian, 16,67% dari Fakultas Pendidikan, dan 2,38% dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam. Tidak ada responden dari Fakultas Kedokteran. Hasil Jajak Pendapat Jajak pendapat menunjukkan bahwa semua mahasiswa Universitas Ehime saat ini melakukan arubaito. 36,53% melakukan arubaito di rumah makan, 19,23% di bimbingan belajar, 11,53% di supermarket dan toko 24 jam, 9,61% di universitas (laboratorium, mengatur parkir sepeda, dll.), 5,76% di tempat hiburan (karaoke, bowling, dll.), dan 17,3% di tempat-tempat lain.

Alasan mahasiswa melakukan arubaito adalah karena alasan keuangan (85,71%), mendukung hobi (11,9%), dan alasan budaya (2,38%). Untuk alasan keuangan, secara rinci mahasiswa Universitas Ehime mengatakan bahwa uang mereka tidak cukup/kurang (61,11%), mengumpulkan uang/menabung untuk masa depan dll. (38,88%), dan alasan lain (8,33%). Dari jajak pendapat juga diketahui bahwa 35,71% responden telah melakukan arubaito kurang dari 1 tahun, 30,95% melakukannya antara 1 hingga 2 tahun, 14,28% telah melakukan arubaito antara 2

© Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


6

Arubaito

hingga 3 tahun, 16,67% melakukan arubaito antara 3 hingga 4 tahun, dan 2,38% telah melakukan arubaito selama lebih dari 4 tahun. Rata-rata honor per jam yang diterima adalah 829,76 yen. Angka ini berbeda untuk mahasiswi yang rata-rata menerima 829,13 yen dan mahasiswa yang menerima 864,73 yen. Rumah makan adalah tempat favorit untuk melakukan arubaito (34,14%), disusul oleh bimbingan belajar (24,39%), dunia hiburan (9,75%), 7,31% di supermarket dan toko 24 jam, serta universitas (4,87%). 19,51% memilih tempat-tempat lain. Kesimpulan 1. Rumah makan adalah tempat favorit melakukan arubaito 2. Alasan paling umum melakukan arubaito adalah keuangan 3. Mahasiswa Universitas Ehime memiliki motivasi tinggi untuk bekerja Catatan Redaksi: Ini adalah saduran bebas dari artikel berbahasa Inggris karya A. B. Naro Putra, PPI Ehime University.

Back to Daftar Isi

Š Copyright PPI Jepang 2010


Korda Chugoku

7

KORDA CHUGOKU SHIKOKU DALAM REVITALISASI

Korda Saudara juga kurang sehat ? Segera laporkan segera pada yang “berwajib” atau “dokternya”. Jangan biarkan berlarut-larut !

© Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


Pergantian Kepengurusan

8

Pergantian Kepengurusan PPI di Beberapa Daerah Beberapa PPI Komsat dan Korda diantaranya :

telah berhasil melakukan

regenerasi kepengurusan,

PPI Komsat Aidai Ketua Lama: Atus Syahbuddin Ketua Baru: Andi Erwin Eka Putra PPI Komsat Miyagi Ketua Lama: Titi Anggono Ketua Baru: Aunuddin Syabba Vioktalamo Selain itu, PPI Komsat Takushoku kini memiliki: Ketua baru: Andri Permana PPI Jepang mengucapkan selamat kepada para ketua terpilih. Semoga senantiasa semangat dan sabar dalam mengemban amanah baru ini. Kepada para Ketua sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas jasa dan pengabdiannya selama ini di PPI setempat. Semoga semua jerih payah bisa menjadi amal yang berlipat.

Back to Daftar Isi

Š Copyright PPI Jepang 2010


Penyetaraan Ijazah

9 Penyetaraan Izajah Luar Negeri

KATA PENGANTAR Penyetaraan Ijazah Luar Negeri merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh Direktorat Akademik Ditjen DIKTI yang telah dilakukan selama puluhan tahun Penyerataan ijazah ini bukan dimaksudkan untuk menentukan diakui tidaknya ijazah dan gelar yang diperoleh seseorang dalam menempuh pendidikan di luar negeri, akan tetapi lebih kepada menentukan apakah gelar yang diperoleh tersebut setara dengan ijazah jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia. Beberapa hal penting yang dipertimbangkan dalam proses penyerataraan ini antara lain: sistem akademik, jumlah kredit yang diambil, masa studi, kualitas tugas akhir, dan masa tinggal di tempat di mana pendidikan tersebut ditempuh. Perlu juga diketahui bahwa penyerataraan ijazah ini bukan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh para lulusan luar negeri. Penyetaraan ini hanya diperlukan jika disyaratkan oleh tempat kerja atau pengguna lulusan perguruan tinggi luar negeri tersebut. Selama ini rata-rata dalam setiap bulannya terdapat 200-250 lulusan luar negeri yang melakukan penyetaraan ijazah. Tentunya Direktorat perlu melakukan perbaikan sistem agar proses ini dapat dilakukan dengan mudah dan singkat. Beberapa perubahan sistem telah dilakukan, termasuk di dalamnya menentukan status penyetaraan secara online di mana pengguna tidak perlu lagi melakukan penyerataan apabila sudah ada lulusan pada jenjang dan program studi yang sama yang telah disetarakan. Berbagai Prosedur Operasi Baku (POB) telah dikembangkan dan diberlakukan agar proses evaluasi dan penyetaraan dapat dilakukan secara terukur. Dalam rangka merealisasikan berbagai masukan baik dari pengguna maupun pihak mitra, Direktorat Akademik meluncurkan sistem baru, yaitu pendaftaran ijazah luar negeri secara online. Sistem ini dikembangkan agar waktu yang diperlukan untuk melakukan proses (pendaftaran) penyetaraan menjadi lebih singkat, dengan dimungkinkannya lulusan luar negeri melakukan pendaftaraan dari mana saja melalui internet. Kami berharap sistem baru ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengguna sehingga dapat memberikan manfaat yang maksimal. Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak sehingga sistem ini dapat diluncurkan. Masukan dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan agar kami secara terus menerus dapat meningkatkan pelayanan melalui perbaikan sistem. Jakarta, 2 Mei 2010 TTD Ilah Sailah Direktur Akademik

Š Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


10

Commitment Award Tokyo Tech Indonesian Commitment Award www.commitment.ppitokodai.org

Call for Participation : Tokyo Tech Indonesian Commitment Award Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap perkembangan dunia pendidikan dan penelitian di Indonesia, Persatuan Pelajar Indonesia di Tokyo Institute of Technology (PPI Tokodai) mengadakan sebuah program yang bernama "Tokyo Tech Indonesian Commitment Award". Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong dan mengapresiasi hasil karya para mahasiswa program Sarjana di Indonesia dalam bidang Sains and Teknologi. Para calon peserta diundang untuk mengirimkan ide atau hasil karya penelitiannya dalam bentuk proposal. Selanjutnya akan dipilih 10 karya terbaik, yang terbagi dalam 2 kategori, yaitu : 1. Golden Award Winner (3 orang pemenang), dengan total hadiah sebear 225.000 dan sertifikat. 2. Finalist Award Winner (7 orang pemenang), dengan total hadiah sebesar 70.000 dan sertifikat. Batas akhir pengiriman proposal secara online hingga 30 September 2010. Info lebih lengkap dapat diperoleh melalui website "Tokyo Tech Indonesian Commitment Award" di www.commitment.ppitokodai.org Dipersembahkan oleh: PPI-Tokodai (Persatuan Pelajar Indonesia di Tokyo Institute of Technology) www.ppitokodai.org

Back to Daftar Isi

Š Copyright PPI Jepang 2010


Beasiswa PPI Jepang

11

Pusat Informasi Beasiswa PPI-Jepang Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh, Rekan-rekan ysh., Saya ingin mempromosikan hasil kerja keras kawan-kawan kita di Komite Beasiswa PPI Jepang, berupa pembuatan Pusat Informasi Beasiswa PPI Jepang yang mencakup: 1. Informasi beasiswa untuk pelajar Indonesia yang ingin belajar ke Jepang 2. Informasi beasiswa untuk para pelajar di Indonesia, yang dikoordinasikan oleh lembaga-lembaga di Jepang, baik itu oleh PPI korda/komsat, ataupun lembaga NGO lainnya. 3. Informasi beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang sudah berada di Jepang. Informasi ini semakin hari semakin lengkap dan rinci. Silahkan kunjungi tautan di bawah ini: Http://beasiswa.ppijepang.org/ Mohon bantuan rekan-rekan untuk menyebarluaskan situs ini. Selain itu masukan dari rekan-rekan sangat kami harapkan demi perbaikan pusat informasi beasiswa ini. Kami juga menantikan partisipasi rekan-rekan untuk ikut bergabung di komite beasiswa ini. Tugas komite tersebut cukup berat, yaitu bukan hanya menyediakan informasi beasiswa tetapi juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk seputar informasi beasiswa. Saat ini kondisi komite ini sudah hampir overload. Jika rekan-rekan berminat, silakan menyampaikan kesediaannya ke alamat email berikut: Komitebeasiswa.ppij@gmail.com. erima kasih atas perhatian dan waktunya, Jabat erat, Ketua PPI Jepang Farid Triawan

Š Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


12

Hasil Hashimoto Cup Hasil Hashimoto Cup 2010

Hashimoto Cup (pertandingan futsal) telah dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2010 dan berlangsung meriah. Sedikit berbeda dengan acara di tahun-tahun sebelumnya yang hanya dihadiri oleh 10 tim, acara kali ini dihadiri oleh 12 tim dari berbagai daerah di Kanto. Acara yang dimulai dengan upacara pembukaan pada pukul 9 pagi dan selesai pada pukul 5 sore. Melalui kegiatan ini, seluruh panitia beserta para peserta telah menitikkan memori kebersamaan, semangat, serta keberjuangan tim demi mencapai 1 tujuan, yaitu : bermain sportif dan menjadi Juara Umum. Setelah berjuang dengan sungguh-sungguh, akhirnya Tim Anak Bangsa meraih Juara Umum dan membawa pulang Piala Bergilir Hashimoto Cup. Sedangkan posisi Runner Up diduduki oleh tuan rumah, Tim Hashimoto. Untuk Juara 3 diraih oleh Tim Inior (SRIT) yang tahun lalu menjadi Juara Umum Hashimoto Cup. Terakhir untuk Top scorer dipegang oleh Nunu dari Tim Inior. Panitia juga ingin menyampaikan permohonan maaf atas kekurangan dari pihak panitia sejak awal persiapan hingga pelaksanaan selesai. Sampai jumpa di Hashimoto Cup 2011! Ketua Panitia Hashimoto Cup 2010 Fariz Zulkarnaen PTU 2008

Back to Daftar Isi

Š Copyright PPI Jepang 2010


Online Banking

13

Online Banking dengan JAPAN POST BANK (ゆうちょ銀行) Bagian 1 Penulis : Gibran Sentanu Beberapa saat yang lalu, ada beberapa rekan yang sudah lama di Jepang namun ternyata belum mengetahui tentang fasilitas online banking di Japan Post Bank. Secara resmi, fasilitas ini bernama 「ゆ うちょダイレクト」(Yucho Direct). Melalui tulisan ini penulis ingin berbagi sedikit pengetahun tentang cara melakukan transaksi online di Japan Post Bank. Tulisan ini dibuat dengan tujuan untuk membantu sesama pengguna jasa Japan Post Bank tanpa sama sekali ada niat promosi. Fasilitas online banking Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan dalam fasilitas ini: 1. Cek saldo 2. Cek pemasukan dan pengeluaran 3. Transfer uang antar Japan Post Bank Selain 3 poin di atas, masih ada beberapa fasilitas yang lain. Namun dalam tulisan kali ini, penulis hanya akan menjelaskan 3 poin ini yang penulis anggap penting.

 Persiapan Sebelum melakukan pendaftaran, berikut beberapa hal yang harus disiapkan: 1. Rekening tabungan Japan Post Bank 2. 印鑑(in-kan) atau cap sebagai pengganti tanda tangan di Jepang 3. Lembar pendaftaran 4. Amplop pengiriman

 Pendaftaran Cara pendaftaran terbagi menjadi 2. Cara pertama bagi pengguna yang memiliki printer dan cara kedua bagi yang tidak memiliki printer. Pendaftaran dengan printer 1. Siapkan komputer beserta dengan printer. Karena file tidak bisa disimpan atau dipindahkan, maka pendaftaran online dan pencetakan harus dilakukan dalam komputer yang sama. 2. Ikuti link berikut: http://www.jp-bank.japanpost.jp/direct/pc/sinki/dr_pc_sk_mousikomi.html lalu klik link dengan tulisan 「PDFによるダウンロード(PDFファイル/731KB)」yang terletak di akhir halaman seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah

© Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


14

Online Banking

atau buka file PDF dalam browser anda dengan mengikuti link ini: https://wwws.jp-bank.japanpost.jp/form/direct/PDF/mousikomi.pdf 3. Isi formulir pendaftaran langsung di dalam browser anda. Untuk pendaftaran online banking, tidak semua bagian perlu di sini. Silahkan lihat gambar dibawah ini untuk mengetahui bagian yang harus diisi. 4 kotak berwarna beserta nomor adalah tambahan dari penulis sebagai pembantu dalam penjelasan. .

Kotak merah (nomor 1) Di bagian ini, ada 9 bagian yang perlu diisi. Nomor rekening (kigou dan ban-gou), tanggal registrasi, kode pos, alamat terdaftar (kanji), alamat terdaftar (katakana), nama terdaftar (romawi), nama terdaftar (katakana), dan nomor telepon. Untuk letak pengisian, silahkan garis warna merah di gambar berikut. Kotak biru (nomor 2) Untuk bagian ini, Anda hanya perlu men check-list 2 kotak yang dilingkari seperti dalam gambar diatas ini. Kotak ungu (nomor 3) Di dalam bagian ini, Anda perlu mengisi 2 bagian, yaitu : PIN transaksi online dan batas maksimal transfer dana dalam 1 hari. Untuk PIN transaksi online, harus berupa angka dengan jumlah karakter 6 sampai 12. Angka tidak boleh mewakili tanggal lahir, nomor telepon, dan sebagainya sehingga mudah diterka pihak lain. Untuk batas maksimal transfer dalam 1 hari, satuan yang digunakan adalah 万円 (man-en) atau puluhan ribu Yen. Batas maksimalnya adalah 1000万 円 atau 10 juta Yen. Letak pengisian bisa dilihat di kotak hijau dalam gambar diatas ini. 4. Cetak formulir pendaftaran yang sudah diisi dengan meng-klik perintah cetak di pojok kanan atas formulir seperti ditunjukkan dalam lingkaran ungu di gambar berikut ini.

Back to Daftar Isi

© Copyright PPI Jepang 2010


Online Banking

15

Hasil cetak otomatis akan muncul 3 lembar. Lembar pertama bertuliskan「事務センター用」adalah lembaran yang harus dikirim. Sedangkan lembar kedua bertuliskan「 お 客 様 控 」 adalah sebagai duplikat untuk disimpan. 5. Cap 印 鑑 (in-kan) sebagai pengganti tanda tangan di kotak yang tersedia di sebelah kanan nama di lembar pertama. 6. Di lembar ketiga, gunting kotak dengan garis putus-putus yang ada di sebelah kanan bawah. Setelah itu, rekatkan guntingan tadi di amplop bagian depan, tempat menempelkan perangko. Guntingan kertas ini berguna sebagai pengganti perangko. Sebagai contoh, silahkan lihat gambar dibawah.

7. Masukkan formulir pendaftaran lembar pertama ke dalam amplop, tutup rapat amplop dengan perekat, lalu masukan ke dalam kotak pos. Pendaftar tanpa printer Untuk pendaftar tanpa printer, formulir bisa didapatkan di kantor pos terdekat. Selanjutnya, silahkan mengisi formulir sesuai petunjuk di atas. Online pertama Apabila pendaftaran berhasil, Anda akan mendapatkan surat pemberitahuan dari pihak Japan Post Bank dalam jangka waktu 1-2 minggu. Di dalam surat pemberitahuan, ada selembar kertas berwarna hijau yang berisi kartu online banking sebesar kartu ATM betuliskan 「インターネットサービス利用者カー ド 」 dan password awal. Untuk detailnya silahkan lihat gambar dibawah. Password awal terletak di kotak warna ungu dan kartu online banking terletak di dalam kotak merah. Silahkan lepas kartu ini, dan simpan dengan baik.

Back to Daftar Isi

© Copyright PPI Jepang 2010


16 SBI 2010

Online Banking 16

Setelah menerima kartu, langkah selanjutnya adalah merubah password untuk login. Berikut langkahlangkah yang harus dilakukan. 1. Masuk ke halaman login dengan alamat link sebagai berikut: http://www.jp-bank.japanpost.jp/direct/pc/dr_pc_index.html 2. Klik tombol 「ログイン」berwarna oranye di sebelah kiri seperti gambar berikut.

3. Masukkan 13 digit nomor pelanggan「お客さま番号」yang tertulis di kartu online banking lalu klik tombol 「次へ」. Cara penulisan adalah seperti berikut : XXXX-YYYY-ZZZZZ

4. Masukkan password awal yang tertulis di kertas warna hijau. Untuk penulisan password, seluruh huruf alphabet harus ditulis dalam huruf kapital. Setelah itu klik tombol 「ログイン」.

5. Setelah berganti halaman, klik tombol 「パスワード変更」.

6. Masukkan password awal di kolom nomor 1, password baru di kolom nomor 2 dan 3, dan PIN transaksi online di kolom nomor 4. Password terdiri dari 6 sampai 12 karakter yang merupakan gabungan dari huruf alphabet dan angka. Huruf alphabet minimal terdiri dari 2 karakter dan ditulis dalam huruf kapital. Setelah itu klik tombol「実行する」di nomor 5.

7. Setelah proses pergantian password selesai, klik tombol「ログアウト」di pojok kanan atas untuk logout.

Demikian informasi yang bisa penulis sampaikan dalam tulisan bagian ke-1 ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

© Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


17

Wawancara Wawancara dengan Pendatang baru

PROFIL Nama Asal di Indonesia Alamat di Jepang Datang ke Jepang Program beasiswa Asal sekolah

: Rifan Agustian (Rifan) : Lahir dan besar di Palembang : Tokyo : April 2010 : Monbukagakusho D3 (2010) : SMA Xaverius 1, Palembang

Motivasi ke Jepang? Awalnya, saya hanya berpikir untuk sekolah sebaik-baiknya. Karena kendala ekonomi juga, awalnya tidak ada niat untuk sekolah ke luar negeri. Akhirnya, saya mencoba beberapa beasiswa ke luar negeri. Yang pertama, saya coba ke NTU, Singapura. Tapi karena tidak mendapat beasiswa, saya batal ke sana. Akhirnya saya mencoba beasiswa ke Jepang dan ternyata saya mendapat kesempatan ke Jepang. Bagaimana respon orang tua? Mereka sangat senang. Keluarga kami tidak mungkin membiayai saya untuk sekolah ke luar negeri. Jadi, ketika mendapat kesempatan bisa sekolah ke Jepang, ini merupakan anugerah bagi kami sekeluarga. Orang tua sangat mendukung keberangkatan saya ke Jepang. Bagaimana kesan pertama datang ke Jepang? Kesan pertama ketika sampai di Jepang adalah dingin. Selain itu, Jepang juga sangat bersih. Saya benar-benar kagum. Di Jepang semua serba teratur. Berbeda dengan kondisi di Indonesia. Bagaimana rencana studi ke depan? Saat ini yang ada di benak saya adalah saya ingin sekolah setinggi-tingginya. Tahun ini saya harus sekolah bahasa Jepang, lalu dilanjutkan 3 tahun ke kousen (semacam sekolah kejuruan di Jepang). Setelah itu, saya ingin sekali melanjutkan ke S1, S2 atau bahkan S3. Memang saya belum tahu tentang persyaratan, langkah-langkah yang harus diambil, dan sebagainya. Tapi yang pasti, saya ingin sekolah setinggi-tingginya. Apakah sudah ada rencana bekerja di Jepang? Tentang bekerja, saya belum memikirkan. Saya yakin nanti pasti akan ada jalan untuk saya. Saat ini fokus saya adalah belajar bahasa Jepang dulu. Apakah sudah pernah dengar tentang PPI Jepang? Sejujurnya, saya belum pernah dengar tentang PPI Jepang. Apa yang sudah dilakukan untuk mencari tahu tentang kehidupan di Jepang? Begitu mendapat berita bahwa saya mendapat beasiswa ke Jepang, saya mencoba mencari informasi via internet. Apalagi sekarang kita kenal situs Facebook. Sekarang hampir tidak ada orang yang tidak tahu facebook. Dari situlah saya bisa berhubungan dengan teman-teman lainnya di Jakarta maupun kota-kota lain. Dari Facebook juga saya mendapat informasi tentang kebutuhan yang diperlukan. Banyak senior-senior yang berbaik hati untuk berbagi cerita. Selain itu, ada juga semacam majalah online dan dalam bentuk cetak dari PMIJ. Itu juga sangat membantu. Apa harapan kepada PPI Jepang? Sebetulnya sederhana saja. Saya berharap PPI Jepang bisa memberikan berbagai informasi tentang kehidupan di Jepang terutama bagi para calon pelajar asing dari Indonesia. Mungkin bisa dengan bekerjasama dengan Kedutaan Jepang ataupun pihak imigrasi di Indonesia.

Back to Daftar Isi

Š Copyright PPI Jepang 2010


International Festival 2010

Š Copyright PPI Jepang 2010

18

Back to Daftar Isi


19

PPI Jepang Bidang Kebudayaan

Š Copyright PPI Jepang 2010

Back to Daftar Isi


PPI Jepang Bidang Kebudayaan

Back to Daftar Isi

20

Š Copyright PPI Jepang 2010


21

Kritik dan Saran

Kritik dan Saran Saran, Kritik, dan Isi Berita Kami sebagai Tim Redaksi Buletin PPI-Jepang sangat mengharapkan saran ataupun kritik dari para pembaca untuk memperbaiki kualitas buletin ini. Silahkan kirimkan langsung melalui email ke pengurus@ppijepang.org. Selain itu, kami juga menerima berbagai berita tentang kegiatan anggota PPI-Jepang di mana pun berada. Kami berharap dengan saling menginformasikan kegiatan masing-masing, bisa menjadi bahan masukan untuk rekan-rekan yang lainnya. Selain itu, media ini juga bermanfaat untuk mempererat tali silaturahmi di antara anggota PPI-Jepang dari ujung utara, Hokkaido, sampai ujung selatan, Okinawa. Demi PPI-Jepang yang lebih baik!

Back to Daftar Isi

Š Copyright PPI Jepang 2010


Presented by

Š Copyright PPI Jepang 2010

Buletin Interaksi PPI Jepang - Mei 2010  

Buletin Interaksi PPI Jepang Edisi ke-8 Bulan Mei 2010

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you