Page 1

Tahun Depan, Medan Berlakukan No Smoking

9

Baca Hal

Tahun ke VIII Bung! Hari Ini MINGGU 13 JUNI 2010

edisi Minggu

Menyajikan Fakta, Peristiwa & Fenomena Paling Aktual

Della Dahaka

Modeling Bakatku

GANGTUNGKAN cita-citamu setinggi langit. Kata-kata bijak itulah yang menjadi pemecut Della Dahaka bersungguhsungguh menekuni dunia modeling.

Terima Kasih Telah Mempercayakan Kami untuk Maju pada Putaran Kedua Pilkada Kota Medan

Baca Selengkapnya di Halaman 8

13 Tahanan Narkoba Demi Konfidensi Poldasu Kabur Lagi JERMAN

Vs

AUSTRALIA

RCTI Minggu (14/6), Pukul 01.30 WIB

LUBUKPAKAM Rumah Tahanan (Rutan) Narkoba Poldasu, Sabtu (12/6) pagi sekira pukul 04.00 wib kebobolan untuk ketigakalinya. Tak tanggung, 13 tahanannya kabur. Pelarian kali ini, merupakan peristiwa terbesar sejak penjara khusus itu didirikan dan disahkan Kapolri Jenderal Sutanto pada April 2006. (Bersambung ke hal 2)

NAMA TAHANAN KABUR 2006 S/D 2010 z Per 12 Juni 2010 1. Indra Gunawan, warga Kampung Lalang, Kecamatan Sunggal, Deliserdang. 2. Rahmad Hidayat Nasution, warga Jalan Letda Sujono, Gang Becek, Medan Tembung. 3. Nasrul Lubis, warga Pajak Garuda, Jalan Garuda, Perumnas Mandala, Kecamatan Percut Sei Tuan Deliserdang. 4. M Misrik Azis, warga Gang Ahmad, Mabar, Kecamatan Medan Labuhan. (Bersambung ke hal 2)

3 Kali Selalu dari Sel No 4 Lagi -lagi lewat menara pengawas ini pula para tahanan itu melarikan diri. PM/FITRA

PENGALAMAN adalah guru paling berharga. Begitu nasihat yang selalu dita-

SOAL BAYI BERUSIA 20 BULAN TEWAS DISIKSA

HAMPARAN PERAK Tewasnya bayi berusia 20 bulan, Siska Ramadhani dengan kondisi mengenaskan, Sabtu (12/6) (Bersambung ke hal 2 )

Jenazah Siska Ramadhani

Cinta Buta Nyaris Membunuhku DELITUA Benar kata orangtua cinta itu buta. Bukan buta mata, tapi buta hati. Saking butanya mata hati ini, aku yang perantauan Berastagi dan ngekos di Jalan Delitua tak bisa lagi melihat kepalsuan cinta Iwan Bahri (25) terhadapku. (Bersambung ke hal 6 )

namkan pada setiap orang. Tapi, apa yang terjadi (Bersambung ke hal 2)

Oknum Tentara Mengamuk di Demo Supir Truk

Pengasuh dan Ortu Siska Harus Dalam Diselidiki

PM/DOK

DURBAN Pasukan Jerman berangkat dengan kekuatan pas-pasan ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Hanya dalam kurun sebulan, juara PD tiga kali itu mendapat ujian dengan kehilangan pemainpemain terbaiknya, termasuk gelandang tengah sekaligus kapten Michael Ballack. Meski pelatih Joachim Loew sudah menunjuk pengganti untuk pemain-pemain

PM/JPNN

Ariel dan Luna Maya.

Ariel Luna Pucat dan Shock Pemeriksaan Terpaksa Ditunda JAKARTA Penyidik Direktorat 1 Keamanan dan Transnasional Bareskrim Mabes Polri belum tuntas memeriksa Nazriel Irham alias Ariel dan Luna Maya. Keduanya

harus datang lagi besok (14/ 6). Orang ketiga yang juga tersangkut kasus video syur mirip mereka, yakni artis Cut Tary (bukan Tari seperti tertulis sebelumnya), diminta (Bersambung ke hal 6)

(Bersambung ke hal 2)

HASIL PERTANDINGAN GRUP B

2 Korsel

Vs

Yunani 0

1 Argentina Vs

Nigeria 0

z J. Lee (7), z J. Park (52) z Heinze (6)

Baca Halaman 14 dan 16 Rumah yang hancur karena ledakan.

PM/DEDI

Pasca Ledakan di Jalan Pukat V

Warga Yakin, Ledakan itu Akibat Benda Angkasa MEDAN Ali Petot, korban tabung gas meledak di Jl Pukat 5, Medan

Denai, kini dipindahkan ke Rumah Sakit Internasional (Bersambung ke hal 2)

BINJAI Ratusan supir truk galian C, Sabtu (12/6) berunjuk rasa di Jl Gatot Subroto Simpang Pertanian–Binjai Barat. Aksi berubah ricuh. (Bersambung ke hal 2)

Lokasi unjukrasa supir truk galian C, simpang Pertanian, Jalan Gatot Subroto, Binjai. PM/ASWIN

Soal Air Sumur Berubah Jadi Memerah di Binjai

Berisi Mustika Merah Delima, Dijaga Kera Putih dan Kakek Tua TEMUAN berubahnya warna air sumur milik Banun (43) di rumahnya, Jl Umar Baki, Lk V, Kel Limau Mungkur, Kec Binjai Barat, terus dibanjiri pengunjung. Belakangan diyakini, memerahnya air itu akibat unsur gaib.

LAPORAN : ASWIN/BINJAI

Sumur yang memerah itu.

PM/DOK

Sampai kemarin, tak henti-hentinya warga berdatangan ke rumah Banun, yang bersebelahan dengan kediaman Walikota Binjai. Sejak ditemukan warnanya berubah menjadi merah, setidaknya telah ratusan orang datang berkunjung. Seorang di antaranya adalah warga Jl Madura, Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara. Dia menyebutkan, di dalam sumur yang airnya berwarna merah itu,

terdapat dua buah batu mustika merah delima. Benda gaib itulah yang diyakini mengubah warna air sumur menjadi merah. Cerita itu, kemarin langsung menyebar dari mulut ke mulut, hingga ke meja redaksi POSMETRO MEDAN. Informasi terbaru itu, kembali membuat wartawan melangkahkan kaki ke rumah Banun. Tiba di sana, rumah itu masih saja terus dipadati warga yang datang. Yah, (Bersambung ke hal 2)

Alamat Redaksi: Graha Pena Medan Jl. SM Raja KM 8.5 No. 134 Medan Telp : Sekretariat (061) 7881661, Redaksi 08126309088, Iklan: 061-91013355, Pemasaran:081362235898, Fax (061) 7881733, Klik : www.posmetro-medan.com


MINGGU 13 JUNI 2010

Demi Konfidensi

Bajak 7 Pesawat Salah Lae Togar baru pulang dari kantor polisi. Kemarin, dia jadi saksi dalam kasus pembajakan pesawat. Lucunya, si pembajak malah salah membajak pesawat dan kesalahan kemarin adalah kali ke-7. Saat mau pulang ke Medan dari Singapura, Lae Togar menaiki pesawat dengan nomor penerbangan 7557. Tapi dia curiga saat pria di sampingnya gelisah dan bolak-balik melihat sekelilingnya. Benar saja. Tak lama pesawat lepas landas, dia memanggil pramugari dan berbisik. Lae Togar juga dengar. “Jangan panik, di dalam jaket saya ini ada granat aktif yang akan saya ledakkan kecuali pilot segera mengarahkan pesawat ini ke Medan!” ancam si pembajak. Dengan tetap tenang, pramugari itu pun menjawab, “Tapi pak, pesawat ini memang akan menuju ke Papua!” “Waduh ...!” teriak pembajak itu, “Salah bajak pesawat nih ...!”. Dasar pembajak bodoh, gumam Lae Togar.(*)

Warga Yakin, Ledakan itu (RSI) Gleni Jl Listrik, Medan. Sebab, Ali Petot perlu dirawat lebih intensif akibat luka bakar sekitar 90% di tubuhnya. Soal ledakan, warga lebih yakin itu akibat benda angkasa. Hal ini dibenarkan salah seorang petugas medis Rumah Sakit Methodist yang berjaga di Bagian Informasi, Sabtu (12/6) Siang. Katanya, Ali Petot dipindahkan pukul 08.00 WIB. Sementara istrinya, Ameng (50) masih tetap dirawat di rumah sakit di Jl Thamrin itu sebab lukanya tidak terlalu serius. Saat ditanya mengenai kondisi Ali Petot sebelum dipindahkan, karyawan tersebut mengatakan tidak mengetahui pasti. “Saat dipindahkan, saya belum masuk bertugas bang,” ujar pegawai Rumah Sakit Methodist Medan itu. Sementara itu peristiwa ledakan di Jalan Pukat 5 Kecamatan Medan Denai, Jum’at (11/06/2010) pagi kemarin masih menyisakan banyak tanda tanya bagi masyarakat, bahkan kejadian itu seolah menjadi misteri. Warga masih belum percaya ledakan di rumah no 51 H milik Ali (56) tersebut berasal dari tabung gas. Masyarakat di kawasan itu lebih tertarik memperbincangkan ledakan yang terjadi kemarin karena benda luar angkasa. Dalam ledakan kemarin pagi itu, setidaknya ada tiga rumah mengalami kerusakan. Ketiga rumah itu adalah rumah milik A Kiet Nomor 51 F yang berada di

sebelah kiri rumah Ali, rumah No 51 H milik Ros yang ada di sebelah kanan rumah Ali, dan rumah Ali sendiri, No 51 G. Dari ketiga rumah itu, kondisi rumah Ali yang paling parah. Lantai satu rumah itu hancur. Keyakinan soal ledakan di rumah Ali tersebut bukan berasal dari tabung gas, setidaknya sedikit terjawab dengan pernyataan anak Ali, Suwandi (25). Suwandi mengatakan, tabung gas yang berada di rumahnya baik-baik saja. “Kalau gas, tidak ada tercium bau gas. Dan gas di rumah kami juga bagus. Katubnya masih bagus saya sempat lihat. Saya nggak tau itu apa, saya langsung ke rumah sakit begitu tahu kondisi bapak,” jelas putra sulung dari tiga bersaudara tersebut. Ia menambahkan, Jumat pagi, ia tengah tertidur saat tiba-tiba merasakan getaran. “Saya pikir gempa, makanya saya bangun,” imbuh pria yang kaki kanannya diperban karena terkena serpihan kaca. Suwandi yang saat itu berada di lantai 2, panik. Karena, tak lama kemudian, kaca-kaca di rumahnya runtuh, begitu pula dengan tembok rumahnya yang hancur sebagian. Saat hendak mengetahui apa yang tengah terjadi, ia melihat ayahnya dengan kondisi luka parah yakni sekujur tubuh melepuh dan celana pendek yang dikenakan ayahnya hangus. “Saya lihat bapak mau naik ke atas dari lantai satu, badannya melepuh dan celananya hangus,” tambahnya.(rud)

Pengasuh dan Ortu Siska mengundang komentar dari Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Sumatera Utara, Zahrin Piliang. Dia meminta kepolisian mendalami penyelidikan kepada pengasuh dan orang tua bayi. Pasalnya, dari pemberitaan yang dibaca Zahrin sebelumnya, ada pengakuan pengasuh Mira (36), sebelum tewas, bocah tersebut pernah jatuh hingga dua kali. Begitu juga kedua orang tua bayi yang terkesan mengabaikan tanggung jawab mengasuh bocah tersebut. “Kelalaian hingga mengakibatkan anak mengalami cedera dan hingga meninggal dunia dapat di jerat dengan Undang–Undang Perlindungan Anak. Ancamannya bisa minimal 3 tahun penjara. Oleh karena itu, pengasuh dan orangtua juga dapat dikenakan dalam perkara ini,” kata Zahrin Piliang. Sebab, lanjut Zahrin Piliang, kelalain hingga mengakibatkan tewasnya Siska Ramadhani, berada dalam lingkup tanggungjawab orangtua, begitu juga bagi pengasuh. “Kedua orang tua yang belum bercerai wajib bertanggungjawab atas anaknya, walaupun anaknya dititipkan pada orang lain, harus dilihat dulu apa dasar penitipannya. Jadi tidak tertutup kemungkinan, kedua belah pihak telah melanggar UU Perlindungan Anak,” terangnya. Berdasar dari UUPA itu, berulang kali Zahrin mengatakan, polisi harus ekstra keras mengejar kedua pihak terkait tanggungjawab dalam mengasuh bayi. Apalagi jika nantinya pelaku di balik tewasnya anak itu mengaku menyiksa, maka akan dijerat Pasal 80 dengan ancaman di atas 5 tahun. Sebelumnya, Kapolsek Hamparan Perak, AKP Azuar SH yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya

telah memokuskan pemeriksaan secara intensif kepada pasangan suami istri, Tugino dan Mira, yang mengasuh Siska. Namum pihaknya belum dapat menentukan siapa tersangka atas kematian bayi tersebut. Dari hasil pemeriksaan, kata kapolsek, belum ada titik terang mengarah kepada siapa pelakunya. Oleh karena itu, pihaknya memperbolehkan pasutri itu pulang. “Kita telah periksa, tapi belum ada yang ditetapkan jadi tersangka, namun demikian pasangan suami istri yang telah kita periksa wajib lapor sebelum menunggu bukti– bukti pendukung,” katanya. Dijelaskan Azuar juga, pihaknya juga telah melakukan pendalaman penyelidikan di lapangan. Dia berharap, ada bukti baru yang bisa dikumpulkan dari proses penyelidikan ini. “Kita terus upaya melakukan penyelidikan lebih dalam, karena hasil visum belum diterima dari rumah sakit,” jelasnya. Disinggung dugaan keterlibatan ayah bayi, Azuar mengatakan, dalam kasus ini ayah kandung bayi itu hanya dimintai keterangan akibat keberatan, putri bungsunya tewas. “Permasalahan ini belum bisa mengarah kepada ayah kandung tersebut, yang pasti kita terus melakukan kerja keras atas tewasnya bayi itu. Kita masih berusaha terus untuk penyelidikan,” tegasnya. Sementara itu, walau dalam perkara tersebut yang keberatan atas nama ayah kandung bayi, polisi juga akan memanggil ibu kandung Siska Ramahdani. “Laporan ayahnya saja sudah cukup memang. Tapi ibu kandung korban juga harus kita mintai keterangan. Hanya saja, sampai saat ini ibu bayi itu belum datang dari Siantar ke kantor kita,” jelas polisi berpangkat tiga balok emas ini mengakhiri.(fachril)

cedera itu, kondisi tersebut tetap saja membuat tim Jerman tidak percaya diri. Karena itu, misi mereka bertekad memetik kemenangan dalam laga perdana melawan Australia dini hari (14/6) nanti. Victory tersebut, diyakini Loew bisa mendongkrak konfidensi pemain. ”Kami ingin memulai perjalanan kami di sini dengan kemenangan. Itu akan memberikan suntikan kepercayaan diri buat tim,” ucap defender Philipp Lahm kepada Associated Press. ”Tim ini masih sangat muda, dan para pemainnya haus kemenangan,” lanjut bek Bayern Munchen yang ditunjuk menggantikan Ballack sebagai kapten tersebut. Setelah kehilangan Ballack, Jerman tidak banyak melakukan uji coba. Tercatat, hanya dua pertandingan persahabatan yang digeber Loew. Pertama melawan Hungaria (30/5), ketika Lahm dkk memetik kemenangan 3-0. Yang kedua, mereka mengempaskan Bosnia Herzegovina dengan skor 3-1. Dalam dua laga tersebut, peran Ballack digantikan gelandang VfB Stuttgart berusia 23 tahun Sami Khedira. Kekuatan Hungaria dan Bosnia memang belum bisa disamakan dengan lawan-lawan Jerman di Grup D. Tapi setidaknya, itu menjadi modal Jerman menyongsong laga ini. Apalagi, dalam dua uji coba itu pasukan muda Jerman sudah membuktikan mereka mampu mengemban tanggung jawab di level tinggi. Terlepas dari cederanya pemain kunci yang mereduksi kekuatan mereka, sampai saat ini Die Mannschaft—julukan Jerman— memang masih menjadi salah satu favorit turnamen. Dengan status juara dunia tiga kali, mereka punya sejarah yang lebih bagus di PD.

Namun, itu tidak serta merta membuat Loew menganggap remeh Australia yang baru tiga kali tampil di even empat tahunan ini. ”Kami bisa saja berangkat ke sana dengan percaya diri, tapi kami tetap menaruh respek kepada Australia,” ungkap Loew. ”Mereka adalah tim dengan organisasi yang sangat bagus. Memang bukan tim yang spektakuler, tapi mereka mau bekerja keras. Passing-passingnya bagus, sangat tangguh secara fisik, dan punya pertahanan luar biasa,” paparnya. Menghadapi kemungkinan sang lawan bakal menurunkan pertahanan baja, Loew mengantisipasinya dengan menyiapkan skema ofensif 4-3-3. Itu artinya, dia akan memfungsikan seluruh penyerang yang sedang on fire di klub masing-masing. Yakni Lukas Podolski, Thomas Muller, dan striker senior Miroslav Klose. ”Kami ingin mempermalukan Australia dengan style permainan kami yang menawan,” sumbar Loew. Paling Atraktif Di sisi lain, Socceroos—julukan Australia—menyadari bahwa mereka akan menghadapi salah satu tim muda paling atraktif di PD 2010. Namun, pasukan Pim Verbeek itu punya modal untuk merasa percaya diri. Yakni, kembali tampilnya gelandang serang Tim Cahill, striker veteran Harry Kewell, dan kiper Mark Schwarzer. Tiga pemain di atas 30 tahun itu akan memanfaatkan pengalaman mereka tampil di PD 2006 untuk menembus pertahanan Jerman. ”Saya rasa, kami cukup mengejutkan banyak orang di edisi 2006 dengan melangkah ke 16 besar. Saya yakin kali ini lebih sulit, tapi kami tetap optimistis,” ungkap

Kewell kepada Reuters. ”Kami bakal menghadapi salah satu tim terkuat di turnamen. Dan daripada memikirkannya lebih baik kami main lepas dan tanpa beban. Mungkin justru dengan begitu kami bisa memetik empat poin,” lanjutnya, setengah berharap. Kewell yang baru sembuh dari cedera otot tidak akan diturunkan sejak menit pertama. Kemungkinan besar, Verbeek akan kembali menggunakan formasi 45-1 dengan Josh Kennedy sebagai striker tunggal. Dia mendapat dukungan penuh dari Cahill di kiri, dan Mark Bresciano di kanan. ”Saya memang akan menggunakan pendekatan yang lebih sabar untuk menghadapi Jerman ini. Seperti apa sabar itu, saya rasa semua sudah bisa menerjemahkannya,” ungkap Verbeek. ”Yang jelas, kami sudah berencana mengunci tiket ke babak selanjutnya sebelum laga terakhir melawan Ghana di Johannesburg. Karena itu, kami pasti all out besok (dini hari nanti, Red),” pungkasnya. (jpnn) PERKIRAAN PEMAIN Jerman (4-3-3): 1-Neuer (g), 16-Lahm, 14Badstuber, 17-Mertesacker, 3Friederich ; 8-Ozil, 7Schweinsteiger, 6-Khedira ; 11Klose, 10-Podolski, 13-Muller Pelatih: Joachim Loew Australia (4-5-1): 1-Schwarzer (g), 2-Neill, 3Moore, 11-Chipperfiled, 8Wilkshire ; 23-Bresciano, 5Culina, 13-Grella, 7-Emerton, 4Cahill ; 9-Kennedy Pelatih: Pim Verbeek Stadion : Moses Mabhida, Durban Wasit : Marco Rodriguez (Meksiko)

HEAD TO HEAD

15/06/05 Jerman v Australia 18/06/74 Jerman Barat v Australia

4-3 3-0

5 LAGA TERAKHIR JERMAN 04/06/10 v Bosnia (home) 30/05/10 v Hungaria (away) 04/03/10 v Argentina (home)

3-1 0-3 0-1

19/11/09 v Pantai Gading (home) 2 - 2 14-10-09 v Finlandia (home) 1-1 AUSTRALIA 05/06/10 v AS (away) 01-06-10 v Denmark (away) 24/05/10 v Selandia Baru (home) 10/10/09 v Belanda (home) 05/09/09 v Korea Selatan (away)

3-1 0-1 2-1 0-0 3-1

Berisi Mustika Merah Delima sumur itu menjadi daya tarik sendiri. Salah seorang warga yang menghubungi reporter koran ini via telepon seluller, mengaku mendapat pesan gaib tak lama setelah menuangkan air sumur berwarna merah itu ke dalam gelas miliknya. Tak lama berselang, alamat warga tersebut pun ditelusuri. Ternyata, penelepon asal Jl Madura, Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara itulah yang memberikan informasi soal unsur mustika merah delima. Dihampiri di rumahnya, Erwin mengatakan, istrinyalah yang memili kemampuan dalam melihat hal gaib. “Di dalam air sumur itu terdapat dua buah mestika delima yang dijaga oleh kera putih berkepala dua bersama seorang kakek tua yang mempunyai tongkat,” jelasnya. Dikatakan Erwin, setelah air sumur berwarna merah itu dituangkannya ke dalam gelas, istrinya diberi pesan gaib. “Setelah rumah itu sering dikunjungi, kan ada sumbangan dari warga yang datang. Nah, pesan dari penunggu sumur itu, agar si pemilik rumah menggunakan sumbangan itu untuk tujuan yang benar,” kata Erwin mengulangi keterangan istrinya yang tengah tak berada di rumah. Lanjutnya, makhluk pe-

ngunggu sumut itu tahu soal kehamilan seorang wanita di rumah itu. Dipesankan, agar uang yang disumbangkan warga dipergunakan untuk biaya persalinan kelak. “Karena kata penunggunya, pemilik rumah itu tergolong orang susah dan kondisinya sedang mengandung. Jadi, alangkah baiknya agar uang sumbangan itu dipakai untuk menutupi biaya persalinan nanti,” terang Erwin. Tak hanya itu, si mahkluk penunggu sumur bahkan mengatakan, bayi yang akan dilahirkan itu kelak adalah berjenis kelamin laki-laki. “Nama bayi itu pun jangan diberi asalan. Karena penunggu sumur itu, telah menyiapokan nama si jabang bayi,” ujarnya lagi. Masih ujar pria yang berstatus sebagai PNS di Pemko Binjai itu, istrinya telah diberitahukan soal nama yang disiapkan mahkluk penunggu sumur itu. Tapi untuk saat ini, nama itu masih harus dirahasiakan. Sampai kemarin malam, POSMETRO MEDAN yang kembali ke rumah Banun, masih menyaksikan ramainya kedatangan warga. Sayangnya hingga malam itu, wartawan tak berhasil menemui Murni (30), wanita yang disebut-sebut tengah hamil itu. Murni adalah adik kandung Banun. Menurut penghuni rumah itu, Murni sedang tidak berada di rumah.(aswin)

13 Tahanan Narkoba Kehebohan pun langsung menyelimuti rutan yang berada di Jl Karya Jasa No 2, Desa Jati Sari, Kec Lubukpakam, Deliserdang itu. Pelarian 13 tahanan itu diketahui, saat tim yang terdiri dari 5 personil pengamanan menggelar patroli malam. Brigadir JP Simatupang, adalah petugas jaga yang pertama kali mengetahui aksi pelarian 13 tahanan itu. Tepat saat memeriksa ruang sel nomor 4, Brigadir JP Simatupang tak menemukan penghuninya. Selain tak menemukan penghuninya, BrigadirJPSimatupangjugadikejutkanadanya 1 buah gergaji besi, 1 buah kikir segitiga serta 3

batang potongan besi terali jendela bekas potongan para tahanan yang kabur. Temuan itu lalu diberitahu pada Direktorat Narkoba Poldasu yang segera menggelar penyelidikan. Namun sampai kemarin malam, petugas yang memburu para pelaku telah kehilangan jejak. Tak seorang pun dari 13 tahanan itu ditangkap. Pelarianke-13tahananinidibenarkanseorang petugas piket yang ditemui POSMETRO MEDAN. “Masih diselidiki Dit Narkoba Poldasu, bang. Saya nggak bisa memberi komentar,” ujarnya mengamini informasi yang awalnya didapat wartawan dari sumber

kepolisian itu. Begitu diyakinkan identitas lengkapnya tak akan dikorankan, petugas jaga itu pun mulai mau buka mulut, meski tak blak-blakan. Dia menyebutkan, ke-13 tahanan itu, kabur menggunakan modus yang sama dengan yang sebelum-sebelumnya. “Sama seperti tahanan yang kabur dulu juga, Bang. Mereka yang lari, berasal dari ruang nomor 4 dengan cara menggergaji terali besi jendela,” ujar petugas jaga itu, seraya berulangkali meminta namanya tak disebutsebutkan di Koran. Ditanya soal adanya dugaan keterlibatan

3 Kali Selalu dari Sel No 4 kemarin, menunjukkan petugas Rutan Narkoba Poldasu tak mau belajar dari pengalaman di masa lalu. Apa pasal? Kaburnya ke-13 tahanan kemarin, bukan peristiwa kali pertama, melainkan yang ke-3. Lebih mengherankan lagi, seluruh pelarian itu, selalu terjadi dari ruang sel nomor 4 di Rutan Narkoba Poldasu. Soal modus aksi pelarian itu, juga sama persis dengan peristiwa pertama dan kedua. Yakni, para tahanan lebih dulu memotong terali besi jendela kamar. Begitu 3 terali besi terpotong, mereka melompat keluar secara bergiliran dari dalam sel. Begitu berhasil keluar kamar, para tahanan itu kabur dari Rutan Narkoba Poldasu, dengan melewati menara pengawas yang posisinya berada di pojok kanan bagian belakang tembok Rutan Narkoba Poldasu itu. Aksiparatahananinisemakinmulus,lantaran kurangnya pengawasan dari petugas jaga yang hanya berjumlah 5 orang tiap regu. Selain minimnya petugas jaga, rutan yang dikhususkan bagi para pelaku narkoba itu, tak diberi alat pengawas tambahan, seperti CCTV alias kamera pengintai.

petugas hingga ke-13 tahanan kasus narkoba tersebut berhasil meloloskan diri, si petugas kembali menolak berkomentar. “Soal itu, Saya nggak tahu. Cuma, mereka (5 petugas-red) yang dapat giliran berjaga waktu kejadian tadi, saat ini sedang diperiksa sama provos di Propam Poldasu,” ujarnya. Ditanya identitas ke-5 petugas yang diduga lalai dalam menjalankan tugas, hingga ke-13 tahanan berhasil kabur, sumber terpercaya POSMETRO MEDAN itu, juga bungkam. “Maunya ditanya ke Poldasu aja langsung, Bang,” ujarnya berhati-hati.(pasta)

Nama Tahanan

Data yang dimiliki POSMETRO MEDAN yang juga bersumber dari kepolisian, kaburnya tahanan dari rutan ini pertama kali terjadi saat baru didirikan sebulan lebih. Pelarian perdana itudilakonitahananbernama,Ridwan(20)pada Mei 2006. Selanjutnya, dilakoni 7 tahanan sekaligus pada September 2009. Tapi nyatanya, seluruh peristiwa itu seperti tak dianggap sebagai pelajaran bagi pihak Direktorat Narkoba Poldasu. Apa pasal? Sejak pelarian pertama hingga yang ketiga kali itu, penjara khusus itu tak kunjung diberi alat pengamanan tambahan. Seperti disebutkan sumber dari dalam Rutan Narkoba Poldasu, penjara itu tak ada diberi ClosedCircuitTelevision(CCTV)aliaskamera pengintai. Selain itu, terali besi yang terkesan begitu gampang dipotong, tak kunjung diperkuat. Sumber itu mengatakan, penjara itu dibiarkan begitu saja tanpa ada diberi tambahan alat pengamanan. “Semua besi terali di rutan ini, tak kuat. Terlalu gampang untuk dirusak. Makanya tahanan mudah kabur,” ujar sumber yang menolak menyebut identitasnya itu. Pernyataan itu, juga dibenarkan salah seorang

perwira di Polres Deliserdang. Kata polisi yang tak ingin namanya dikorankan, lantaran kasus itu di luar wewenangnya mengatakan, ”Rutan itu memang kurang aman.” Disebutkannya, petugas jaga tak bisa disalahkan mutlak atas peristiwa itu. “Memang mereka salah karena lalai dalam bertugas. Tapi seandainya ada CCTV, atau petugas jaga ditambahi, dan terali besinya dibangun lebih kuat lagi, saya rasa tak akan terjadi peristiwa seperti ini,” ujarnya. Dia membenarkan, akibat kaburnya ke-13 tahanan itu, pihaknya juga diikutsertakan dalam perburuan.Hanyasaja,sampaikemarinmalam, tak seorang pun dari tahanan kabur itu berhasil diamankan. “Kita masih berusaha,” katanya. Sayang, tak seorang pun perwira yang berwenangmaumemberikanketeranganresmi dalam kasus yang memalukan instansi Polri ini.“LangsungsajakeDirNarkoba,”kataKabid Humas Poldasu, Kombes Pol Baharudin Djafar. Namun saat Dir Narkoba Poldasu serta perwira intinya dihubungi, termasuk dikirimi pesan singkat via seluler berulang kali, tak kunjung mendapat jawaban.(pasta)

5. Pariadi Syahputra warga Pasar 12, Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa Delserdang. 6. Zulfan Nur, warga Gang Sekata, Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia. 7. Mhd Aris, warga Gang Sekata, Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia. 8. Erwinsyah Lubis, warga Gang Sekata, Helvetia, Kecamatan Medan Helvetia. 9. Afrizal, warga Aceh. 10. Ihcsan Daulay, warga Desa Tumpatan Kecamatan Beringin, Deliserdang. 11. Giatno warga Langkat. 12. Mawardi, warga Gang Mesjid, Kampung Lalang. 13. Indra, warga Medan. z Per September 2009 1. Zuherpi alias Lefi, warga Sunggal, Deliserdang. 2. Supriadi alias Edi, warga Sunggal, Deliserdang. 3. Abdul Rahim (28) alias Rahim, warga Kota Medan. 4. Seprianto Chaniago, warga Kota Medan. 5. Rahmadsyah alias Simen, warga Kota Medan. 6. M Yusuf alias Acoy, warga Kota Medan. 7. Dedi Syahputra Gultom, warga Kota Medan. z Per Mei 2006 1. Ridwan (20), warga Medan.

Oknum Tentara Atap Pos Restribusi Dishub Binjai dihancurkan. Sejumlah oknum tentara tak ketinggalan, berulah arogan di lokasi.Tak puas merusak dan menghancurkan bangunan pos restribusi, massa juga merusak kanopi pos yang kosong itu hingga roboh. “Kami kesal bang. Pihak Dishub taunya hanya minta uang restribusi aja. Maunya kalau kami bayar, ya jalan untuk kami melintas dipikirkanlah,” ujar seorang dari massa supir itu. Data dihimpun, unjukrasa itu menuntut pertanggungjawaban pihak

Dinas Perhubungan agar ada jalan keluar,pascademowargasebelumnya yangmenutupjalurlintasyangmereka lalui itu. “Jalur biasa tempat kami melintas, masih ditutup masyarakat yang demo. Kami nggak mau jadi korban kemarahan warga. Jangan taunya ngutip uang tapi nggak dicari solusi. Mau dari mana kami lewat? Jadi biarlahmogokditengahjalanginiaja,” teriak sejumlah supir diwakili Anto (37) warga Medan Sunggal. Unjukrasa supir truk Galian C itu, seketika berubah tegang ketika 2 unit armada truk rio militer membawa

sejumlah oknum berambut cepak dari arah Binjai menuju Kuala. Mereka turun dengan berjalan kaki di depan truk militernya. Mereka memaksa sejumlah massa membubarkandiri.Sikaparoganyang diperankan sejumlah oknum tentara itu, bahkan diwarnai dengan kata–kata kasar sembari berteriak menghampiri massa. “Bubar…bubar kalian. Jangan suka–suka kalian aja,” ucap beberapa oknum tentara yang terlihat berang. Beberapa wartawan yang sedang meliput pun, tak ketinggalan kena umpatan mereka. Peristiwa itu terjadi saat wartawan mengabadikan foto

kemacetan lalu lintas bersamaan dengan kedatangan sejumlah oknum tentara yang berpakaian sipil tadi. “Woi kamera kau itu. Kau buang itu kamera kau. B*b* (nawma binatangred)kalian.Kupijak–pijakkaliannanti. He kau kamera kau itu,” bentak oknum tentara itu menunjuk ke arah POSMETRO MEDAN dan wartawan lainnya. Tak mau terjadi adu jotos, massa bersama wartawan yang meliput peristiwa itu, memilih membubarkan diri.Dandim0203/Langkat,LetkolInf Widjanarko ketika dihubungi melalui telepon genggamnya mengenai

oknum TNI dari salah satu kesatuan di Binjai itu mengaku akan menguhubungi komandan yang bersangkutan. “Terimaka/sih atas informasinya, biar kita hubungi Danyon nya agar menegur anggotanya,” ujar Dandim kepada POSMETRO MEDAN. Tak lama, seorang pria yang mengaku Pasi Intel Arhanud Binjai, Kapten Doma, melalui kontak telepon selullernyakepadawartawanjugameminta maaf atas perlakuan dan sikap anggotanya. “Nanti biar saya tegur mereka,” ujar oknum yang mengaku Pasi Intel Arhanud itu. (aswin)

8410


LINTAS

Supir Sisipkan Ganja di Sayur makanan ke sipir untuk tahanan AG, lalu pergi begitu saja. Karena curiga, petugas pun memeriksa sayurdan didapati ganja yang terbungkus plastik gula. Kepala Rutan Musadad SH menyatakan, pihaknya lalu bekerja sama dengan pihak kepolisian membekuk si supir yang mengantar narkoba tersebut. (reza)

Begelek Biar Bisa Tidur kan polisi sebagai barbut. “Itu alasan klasik para tersangka ganja yang kita tangkap selama ini. Kalau tidak untuk menghilangkan capek, ya supaya bisa tidur,”kata Kapolsek Patumbak AKP Wahyudin. Pihaknya saat ini memburon pria berinisial B, warga Pasar VII, Tembung guna pengembangan kasus narkoba. (syahrul)

MEDAN Beralasan memiliki penyakit susah tidur, Faisal Amir (29) pun mengonsumsi ganja. Namun alasan warga Garu II, Amplas itu tak membuatnya lepas dari jeratan hukum. Petugas Polsek Patumbak meringkusnya di depan rumahnya, Minggu (5/6). Sepaket ganja yang dibelinya dengan harga Rp20 ribu diaman-

Duh Nekatnya, Beganja di Jalan yang kebetulan melintas di lokasi, segera mengamankan keduanya. Sebatang rokok yang sudah dicampur ganja diperoleh dari mereka. Kapolsek Delitua, AKP B Marpaung SH Ssos menyatakan, tersangka terancam 5 tahun penjara. (jery)

DELITUA Tindakan dua pria ini tergolong nekad. Sambil berjalan kaki, Abdul (29), warga Kampung Baru dan Jimmi Syahputra (30), warga Sutomo Ujung, Medan, mengisap gelek di kawasan Delitua. Petugas Polsek Delitua

Bede Gagal Beli Baju banjahe, saat turun dari angkot, Senin sore (7/6). ‘’Niatku, untung jual ganja ini kubelikan baju,’’aku Rikki di markas polisi. Namun niat itu tak kesampaian keburu petugas meringkusnya. Dari tangannya petugas memperoleh 18 amp ganja siap edar. (nanang/amry)

KABANJAHE Ingin beli baju baru, malah mengantar Rikki Palentinus Ginting Suka (26), warga Jalan Lingkar, Kabanjahe ke penjara. Soalnya, lelaki itu melakukan cara cepat mencari uang dengan menjadi bandar ganja. Sat Narkoba Polres Tanah mering- kusnya dari Tugu Bambu Runcing Ka-

Pemuda Tebing Kantongi Narkoba 4 amp ganja. Adi mengaku, membeli daun bersirip lima itu dari Erik (buron) dengan harga Rp10 ribu per amp. Kasat Narkoba Polres Tebing Tinggi, AKP H Tampubolon menyatakan, pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut. (asnawi)

TEBING TINGGI Muliadi Sirait Alias Adi (27), warga Jl Simalungun, Kelurahan Satria, Padang Hilir Kota Tebing Tinggi, ditangkap Petugas Sat Narkoba Polres Tebing Tinggi, Senin malam (7/6), di Jalan Sutoyo, Tebing. Dari saku celana pemuda itu, petugas mendapati

MINGGU, 13 JUNI 2010

HALAMAN 3

BAYI TEWAS, IBU STRES MENYUSUL MEDAN Dua hari setelah melahirkan bayinya di emperan toko, Jalan Matahari Raya, Helvetia, wanita stres yang mengaku bernama Lia itu pun meninggal dunia di RSU Pirngadi Medan (RSUPM), Sabtu dinihari (12/6). Sebelumnya, bayi perempuannya begitu lahir langsung meninggal dunia, dengan

kondisi terjepit di paha ibunya. Menurut petugas medis RSUPM yang tak ingin namanya dikorankan, Lia dirawat di ruang V RSUPM. Kondisi wanita itu seperti depresi berat dengan rambut acak-acakan. Bicaranya ngawur dan sering tidak nyambung. Pengakuan Lia yang mengaku korban perkosaan 4 pria

juga diragukan kebenarannya oleh sejumlah petugas medis di rumah sakit milik Pemko Medan itu. ‘’Kondisinya sangat lemah sekali,’’terang perawat itu tanpa mau menjelaskan lebih rinci penyakit yang diderita si pasien. Selama 3 hari dirawat petugas medis, tak seorang pun sanak saudara maupun kerabat datang

LAKALANTAS SIANTAR-PARAPAT, ANGKOT MRT TABRAK POHON

1 Penumpang Tewas, 9 Luka Parah SIANTAR Akibat kebanyakan cerita dengan penumpang, mobil angkutan penumpang Medan Raya Tour (MRT) BK 1088 LG menabrak pohon, Sabtu (12/6) sekira pukul 10.00 WIB, di Jalan Siantar Parapat KM 1011 Simpang Panombean Nagori Bah Sampuran Kecamatan Jorlang Hataran. Akibatnya seorang penumpang tewas dan 9 lainnya luka-luka. Korban masing-masing, Imran Feri (24), warga Laguboti, Daulat (30) warga Laguboti, Gopar Simanjuntak (70), warga Balige, Edison Panjaitan (56) warga Laguboti, Lenni boru Hutauruk (29) warga Laguboti, Reli (48) warga Balige, Nehemia (55), Siti Pakpahan (64), warga Porsea, dan Torang Sianipar (52), warga

Jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar. hingga saat ini mereka masih menjalani perawatan di rumah sakit Tentara Pematangsiantar. Informasi yang berhasil dihimpun wartawan, lakalantas bermula saat mobil yang dikemudikan Edison melaju dari arah Parapat menuju Pematangsiantar.

Selama perjalanan, supir asik bercerita dengan Ricard Panjaitan (71), warga Matio Laguboti yang duduk di samping kiri supir. Diduga keasikan bercerita, Edison kurang konsentrasi mengemudikan angkotnya dan menabrak pohon yang berada dipinggiran jalan Siantar-Parapat. ‘’Supirnya kebanyakan cerita sama penumpang di sebelahnya. Tiba-tiba mobil sudah nabrak pohon mahoni,’’kata Daulat, salah seorang korban yang ditemui di RS Tentara. Warga yang mengetahui kejadian itu segera menolong dan membawa penumpang yang terluka ke RS Tentara Pematangsiantar. Sementara seorang penumpang tewas diboyong ke intalasi jenazah RSUD dr Djasamen Saragih guna visum. (pmg)

Pasien Nyanyi, Bede Sabu Diringkus LUBUKPAKAM Gara-gara nyanyian pasiennya (pemakai), Yusni Amri alias Yus (36) bandar psikotropika jenis sabu-sabu yang tinggal di Jalan Perintis Kemerdekaan, Tanjung Morawa B diciduk Tim Buser Sat Narkoba Polres Deliserdang, Minggu dinihari (6/6) dari sebuah rumah yang berada di Gang Darmo, Desa Bangun Sari,

Tanjung Morawa. Yus yang tengah asyik nyedot sabu bersama Rahmadsyah (22), warga Jalan Abadi, Tanjung Morawa, sontak terkejut ketika sepasukan polisi datang menggerebek. Mereka diamankan setelah Niko, pasien Yus lebih dulu ditangkap. Dari tangan Niko, diperoleh 3 paket sabu sebesar 0,9 gram. (pasta)

Jenazah Lia dirumah sakit Pirngadi Medan

menjenguk Lia maupun menjemput mayat bayinya di ruang jenazah RSUPM. Korban dan

CMYK

PANCUR BATU Rutan Pancur Batu, Jumat siang (5/6), memergoki aksi supir berinisial H yang membawa sebungkus sayur cap cai untuk menjenguk tahanan. Sayur tersebut ternyata disisipi 3 amp ganja kering. Mengendarai mobil angkot jenis Rajawali, supir itu berhenti di rutan dan menitipkan

PM/FATIMAH

bayinya langsung dimakamkan di pekuburan umum kawasan Delitua. (fatimah)

LINTAS

Pemilik Lapo Tuak Jual Togel TEBING TINGGI Meski sudah memiliki usaha lapo tuak, namun Marudut Matondang (51), merasa penghasilannya kurang mencukupi. Warga Jalan Danau Ranau Lingkungan III, Kelurahan Lubuk Raya, Padang Hulu, Tebing Tinggi itu pun nyambi jual togel di warungnya. Naas, Sabtu

malam (11/6), Marudut ditangkap petugas Polsek Padang Hulu ketika hendak mengantar rekap togel pada Onces Silaban (buron). Kapolsek Padang Hulu, AKP K Nadeak menyatakan, tersangka melanggar pasal 303 dan terancam pidana penjara 5 tahun. (asnawi)

Taruhan Seribu, 6 Orang Diamankan MEDAN Berawal dari iseng-iseng, berakhir di kurungan sel tahanan Mapolsekta Medan Baru. Ini lah yang dialami Putri Handayani br Perangin (21), warga Jl. Nibung Tengah, Kec. Medan Baru ini terpaksa ditahan beserta 5 temannya karena tertangkap basah sedang main kartu domino, Minggu (6/6) sekira pukul 23.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari masyarakat, kediaman Putri acapkali jadi lokasi main judi. Info itu pun diteruskan petugas dan menggrebek lokasi. Selain Putri, turut diamankan 5 rekannya, Ganda, Firman, Panti, Naldo dan Bombong. Tersangka mengaku main hanya iseng saja dengan taruhan seribu rupiah setiap putaran. (sahala)

Demi Anak Jadi Jurtul MEDAN Untuk membiayai 4 anaknya, Amudi Napitupulu (42) rela jadi jurtul togel. Namun, Senin sore (7/ 6), warga Jl Tinta, Medan Baru ini mengalami naas. Petugas Polsek Medan Baru meringkusnya selagi tersangka sedang merekap togel di

kawasan Pabrik Tenun Ujung. Dari tangannya, polisi menyita selembar kertas rekap dan uang sejumlah Rp55 ribu. “Kek mana lah Bang, aku punya anak empat, kerjaku gak ada, terpaksalah kayak gini,”kata Amudi sembari menundukkan kepala. (sahala)

Tanah Karo Masih Hot Judi KABANJAHE Meski polisi sudah jor-joran penangkapan terhadap pelaku judi, namun tetap saja praktik perjudian togel di Tanah Karo tetap 'hot'. Pekan lalu, (5/6), seorang buruh bangunan yang nyambi jurtul togel, Surya Butar Butar (21) warga Simpang Jalan Irian Komplek PU, Kabanjahe

diamankan Tim Opsnal Polres Karo di Hotel Pelindung Bawah Jalan Kapten Bangsi Sembiring Kabanjahe. Surya ditangkap saat sedang menulis togel Singapore milik seorang bandar lokal Kabanjahe yang juga disinyalir berdomisili di lokasi tempat tinggal pelaku. (nanang/amry)

Transaksi Narkoba, 4 Pemake Dibui

Beli Paket Cepek BINJAI Niat Juliansyah alias Zul alias Anton (34), warga Jalan Pangeran Diponegoro, Lingkungan VI Kelurahan Mencirim-Binjai Timur untuk mengkonsumsi sabu, tak kesampaian. Baru saja beli sepaket sabu dengan harga Rp100 ribu di Jalan Cendrawasih, Zul sudah ketangkul

petugas Sat Narkoba Polres Binjai, Selasa (8/6). Sabu yang dikemas dalam 2 kemasan plastik kecil dan alat hisap (bong) diamankan dari tangannya. Penangkapan tersangka dibenarkan Kasat Narkoba Polresta Binjai, AKP Rosad Sibarani, ketika dikonfirmasi POSMETRO MEDAN. (aswin)

Dari dalam saku jaket Ricky yang tergantung di dalam kamarnya, ditemukan 2 bungkus rokok berisi 22 amp ganja. Lalu 1 kotak rokok berisikan 1 pipet kaca, 2 pipet plastik dan sebuah jarum suntik. “Aku sudah candu ngisap gelek, selain untuk uang kantong, biar bisa dipakai gratis, ‘’kata Ricky. (sahala)

Kontrak Diputus, 2 Perantau Stres SERGAI Gara-gara kontrak kerja diputus sepihak, Dedi Herianto (22) dan Rosianto (25), keduanya warga kampung Melati II, D u s u n Rambe, Perbaungan, Sergai, menikmati daun haram di warung dekat rumah mereka. Tak dinyana, petugas yang kebetulan melintas langsung

meringkus keduanya. Pengakuan mereka, sepulang merantau d a r i Kalimantan karena kontrak kerja diputus, dua sekawan ini luntang-lantung cari kerja. Stres, keduanya iseng begelek. Dasar lagi naas, keisengan mereka terpaksa dibayar di jeruji besi Polres Sergai. (zulfadli)

Warga Doulu Polisikan Ketua Kas Desa Dana Rp70 Juta Lenyap Tak Berbekas KABANJAHE Puluhan masyarakat dan anggota BPD Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo adukan Ketua Pemegang Kas Desa Doulu, RS (50). Sikap ini diambil menyusul munculnya dugaan penggelapan dana kas senilai Rp70 juta yang dilakukan RS. Pada laporan warga di Mapolres Tanah Karo, Jumat (11/6), sesuai dengan surat penerimaan laporan no STPL-C/332/VI/2010/SU/RES T.KARO, warga menengarai pada Kamis (20/5) telah terjadi peristiwa perkara penggelapan yang merugikan masyarakat Desa Doulu. Thomas Tarigan, Yahya Purba dan Pasti Barus didampingi

puluhan masyarakat lainnya menyatakan, ketika masyarakat memerlukan dana untuk membeli sebidang tanah guna membuat dapur losd (jamburred), RS tak dapat memberikan dana itu. Bahkan hingga 2 kali rapat digelar, RS malah tak menampakkan batang hidung. Curiga, masyarakat meminta laporan detil pengeluaran dana kas desa. Disitulah kemudian tampak angka mencurigakan, seperti adanya pengambilan kas desa sebesar Rp25 juta yang katanya untuk dana swadaya proyek pengairan dalam hal pembangunan bendungan di sekitar pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk. Padahal proyek pengairan itu sendiri dibiayai

pemerintah. Selain itu adanya pengambilan dana Rp4 juta dengan dalih diperuntukkan menyemen kaki lima losd (jambur). ‘’Laporan ini jelas tidak dapat diterima, soalnya penyemenan jambur dibiayai dari dana PNPM PISEW. Tak jauh beda dengan 2 poin di atas, dua kali penarikan uang senilai Rp11,4 juta lainnya yang dilaporkan RS juga dianggap tidak benar. Kami sangat kecewa atas tindakan ini makanya kami laporkan. Apalagi pengambilan dana itu tidak pernah dimusyawarahkan sebelumnya,’’kata Thomas seraya meminta Polres Tanah Karo mengusut penggelapan dana kas Desa Doulu tersebut. (nanang/ amry)

CMYK

Buat Pakean Gratis MEDAN Biar bisa memakai narkoba gratis, Ricky Benedict (24), warga Jl PWS, Petisah, jadi pengedar ganja di kawasan tempat tinggalnya. Namun, Selasa siang (8/6), Ricky ketiban naas. Warga melaporkan kegiatan narkoba di wilayah itu, hingga petugas Polsek Medan Baru meringkusnya.

F/PMG

Beginilah kondisi angkot MRT yang menabrak pohon

081362235898

mati kibotan di pesta pernikahan di sana. Namun baru sepuluh menit transaksi narkoba, beberapa petugas berpakaian preman langsung meringkus. Barbut yang diamankan sepaket sabu dari mereka. Kapolsek Pangkalan Brandan AKP HM Kosim S membenarkan adanya penangkapan itu. (joko)

Mau Berlangganan POSMETRO MEDAN Hub :

PANGKALANBRANDAN Empat pemuda pemakai sabu diamankan petugas Polsek Pangkalan Brandan dari Gang Cempaka, Kelurahan Brandan Timur, Babalan, Langkat, Sabtu malam(6/6). Tersangka masingmasing, Anton (29), Agus (25), Ade (24) dan Budi (30). Keempatnya bermaksud mengonsumsi sabu untuk menik-

MENINGGALKAN RUMAH Nama : MUSTAR / ATIONG Umur : 38 Tahun Jenis Kelamin : Laki - laki Pekerjaan : Ikut Orang tua Agama : Budha Alamat : Jl. Biruang No.56/10 -AA Medan Ciri-ciri Khusus : Tinggi 175 cm, Wajah Oval, Rambut Lurus Pendek, Kulit Putih dan Selalu Jalan Menunduk (Ada Gangguan Jiwa) Pergi Meninggalkan Rumah Hari Selasa 8 Juni 2010 Tolong kalau menemukan orang ini mohon segera Hubungi : 061-76857581 - 061-68755286 0812 1077 9278 - 0878 6886 7921 Akan diberi imbalan yang sepantasnya.


SENIN 10 MEI 2010

MOBIL

Honda Civic Wonder thn ‘87, warna abu2, plat BK , DP MURAH !!!

CAPELLA PAKET AWAL TAHUN

Mazda Vantcend ‘95, mulus, hijau met, Medan

• Xenia 1. ostd Dp. 10Jtan angs 3Jtanx60bln • New Luxio Dp. 6Jtan angs 4Jtan. • New PU Dp. 7Jtan/15Jtan angs x 1,9x60bln • Terios TS Dp. 20Jtan angs 4Jtanx48bln Bisa tkr tambah, dptkan full discount & hadiah. Hubungi: Sahrul HP: 0813 9611 5768, 0816 307 084

mulus, lengkap, siap pakai, vr, br. Peminat serius hubungi: 0812 6541 846 (TP)

asli, cantik, ps, pw, tp, ac, vr, br, harga 27Jt/ nego. Hub: 061-844 0463

SEPEDA MOTOR

SAATNYA berDAIHATSU BARU

• Xenia Dp. 10Jtan •Terios Dp. 15Jtan, Luxio, PU. HONDABARUKHUSUSPNS&PEG.SWASTA Hub: Manda Astra, 0812 6316 330, 061-6647 0080

DAIHATSU 100% BARU DP SUPER RINGAN

• Luxio Dp. 6Jtan • Xenia Dp. 10Jtan • Pick Up Dp. 6Jtan • Terios Dp. 15Jtan Data dijemput, terima tukar tambah. Serius !!! Hub: Handry Tigor, 0812 654 2619, 7713 7278

• Revo Dp. 500rb angs 489rb • Blade Dp. 500rb angs 573rb • Supra X Dp. 700rb angs 591rb • Beat Dp. 1Jt angs 513rb Hub: Arnold Sinaga, 7762 5078, 0812 6036 424

Cicilan syariah : Yamaha, Honda, Suzuki Hub: CV. Daboss Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367, 061- 777 48444 • Vega ZRD • Jupiter MX CW AT • Jupiter MX CW • Scorpio Z CW • Mio • Mio CW • Mio Soul

Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt Dp. 7Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt

ang Rp. 466.400 ang Rp. 657.000 ang Rp. 664.200 ang Rp. 807.900 ang Rp. 464.500 ang Rp. 500.500 ang Rp. 547.500

• V-ixion Ext • New Vixion • New Jupiter Z • New Jupiter Z CW

Dp. 4Jt Dp. 4Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt

ang Rp. 904.200 ang Rp. 898.200 ang Rp. 548.200 ang Rp. 581.500

Menjual segala macam jenis kendaraan bekas

• Vega ZRD

ang 3Jtan. Terios Dp. 16Jt ang 4Jtan. Pick Up Dp. 6Jtan ang 2,5Jtan. Tersedia Luxio, Sirion, Gran Max. Hub: Anto Sinaga, 0812 6525 230, 061- 7703 8771

gratis 3x. Hub: Sahabat Motor, Jl. Pancing No. 135, Telp. 061-7655 5700, 0813 7644 4483, kendaraan yang dijual sebagai berikut :

• Mio Soul • Jupiter Z New • Jupiter Z CW

DAIHATSU BARU

NEW SUPRA FIT X

Dp. 1,5Jt Dp. 1,5Jt Dp. 2Jt Dp. 1,5Jt Dp. 1,5Jt

DAIHATSU PAKET MURAH : Xenia Dp. 12Jt berkualitas (Cash/Credit) ada garansi mesin, service • Mio CW

Luxio Dp. 5,6Jt angs 4Jt. Xenia Dp. 11Jt-an angs 2,8Jt. Pick Up Dp. 8Jt angs 2Jt. Terios Dp. 20Jtan angs 4Jt. Hub: Yudi 0812 6413 641, 7757 9718

PAKET GEBYAR MEI 2010

Xenia Dp. 10Jtan angs 2Jtan. Terios Dp. 20Jtan. Luxio Dp. 6Jtan. G. Max PU Dp. & angsuran paling rendah. Hub: Tengku Andi, 7715 5669, 0812 6581 973

MOBIL BARU...REZEKI BARU..!!!

• Pick Up Dp. 5Jt • Xenia Dp. 10Jt • Terios Dp. 13Jt • Sirion Dp. 14Jt Proses cepat, data dijemput + hadiah Hub: Kalpin, 0852 7014 9000

DAIHATSU PROSESNYA CEPAT!!!!

Pick Up Dp. nego. Xenia Dp. nego !!! Hub: Didi Mulyono, HP. 0813 9691 1148

thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 800.000

SUPRA X 125 CAKRAM thn 2005 Dp. 800.000 thn 2006 Dp. 800.000

READY DAIHATSU TERMURAH

Xenia Dp. 10Jt ang 2Jtan. Terios Dp. 13Jt. PU Gran Max Dp. 5Jt Luxio Dp. 5Jt. Full discount & cash back. Hub: Nababan, 0813 6237 1768, 0856 5814 3812

DAIHATSU BARU MENUJU IMPIAN

Pick Up Dp. 5Jtan. Luxio Dp. 10Jtan Xenia Dp. 10Jtan. Terios Dp. 13Jtan Info Hub: Jaya, 0813 6177 3589, 7794 3677

DAIHATSU READY STOCK

• Luxio Dp. 6Jtan • Pick Up Dp. 5Jtan • Xenia Dp. 10Jtan • Terios Dp. 20Jtan Hubungi: Jevri Purba 0813 6222 2890

DAIHATSU PAKET MURAH : PU Dp. 5Jt-an. Xenia Dp. 11Jt-an. Terios Dp. 23Jt-an. Luxio Dp. 12Jtan. cash back+disc/happy full service gratis 1 thn. Hub: Astra Nugroho, 061-7706 0301, 0813 7629 5205 XENIA : Dp. 11Jt-an atau angs 3Jt-an, Terios Dp. 14

Jt-an atau Angs 4 Jt-an, Luxio & Pick Up Dp. 5 Jt-an, Proses mudah & cepat.081263109000,77049000

DAIHATSU 100% BARU

Pick Up Dp.5Jtan angs 2Jtan . Xenia Std Dp. 10Jtan angs 2Jtan . Gran Max MB Dp. 8Jtan angs 3Jtan. Rudi Capella 0815 3462 6624, 061-69694724

MITSUBISHI PAKET MURAH + DP RINGAN

T120SS, L300, Colt Diesel, Fuso Triton, Pajero Sport. Hub: Reni Lubis, HP. 0812 6097 1771

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.300.000 thn 2009 Dp. 1.500.000

REVO JARI

VARIO CW

thn 2007 Dp. 1.300.000 thn 2008 Dp. 1.300.000 thn 2009 Dp. 1.500.000

JUPITER MX JARI

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

JUPITER MX CW

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

NEW JUPITER Z

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

NEW JUPITER Z CW

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000

NEW VEGA R CAKRAM thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 900.000 thn 2009 Dp. 1.200.000

APV, Splash, Grand Vitara, Swift, SX-4, tambah bonus lain. Hub: Yudi, SE. HP. 0812 6000 5066, 77799059

thn 2008 Dp. 1.100.000 thn 2009 Dp. 1.200.000

TOYOTA 100% BARU

NEW SMASH CAKRAM

TOYOTA DP SUPER RINGAN

Ready stock: Avanza, Innova, Rush Dp. 10% saja Hub: 0812 6010 066, 7772 8120

TOYOTA BARU : Ready stock: Avanza, Inova,

Rush, Yaris, Fortuner, Vios, dll. Dp. hanya 14Jtan angs 4Jtan. Buat apa beli bekas, yg baru juga murah kok. Hub: 0813 7516 2401

RENTAL ANTAR JEMPUT

Inova, Avanza, Xenia. Harian/bulanan Telp. 061-6968 9711, 0812 6090 7003

201 RENT : Menyewakan mobil Toyota Kijang

Krista, LGX, Xenia, Avanza, Innova, Mitsubishi double cabin, Fortuner lepas kunci/supir. Hub: 061-6644122, 77179898, 77065252

RG RENT CAR (081376788399, 76779799)

Sedia Xenia, Avanza, Luxio, APV Arena, Inova, Honda Jazz, hrg 225-325/hr.

JUAL/RENTAL MOBIL :

2 unit Inova ‘06, 2 Kapsul ‘02, 2 Xenia ‘08, 1 Renzer Minibus ‘96. Hub: CV. Bintang Terang (BT) Telp. 061-7786 0954, HP. 0812 604 0889

DIJUAL :

Mobil Kijang Krista biru thn 2001, sehat terawat, BK Medan. Hub: 0813 9699 1568

DIJUAL : Corolla DX 80/81, w. coklat, ac, vr,

br, tape, mulus luar dalam, sehat siap pakai. Harga Rp. 22Jt/nego. Hub: 0813 9791 3399 (TP)

DIJUAL : Mitsubishi Lancer SL 1981,

bodi kaleng, ac, ban baru, mesin ok, Rp. 14Jt. Telp. 061-9122 9484, 0813 9662 2989

DIJUAL : Toyota Corrona 2000 thn 78,

mulus, w. hitam, mesin sehat, barang simpanan. Hub: 0813 7007 2753, 0856 6600 8180

DIJUAL CEPAT :

Mobil JetStar thn 89, surat lengkap. Harga 9 Jt-an, bisa nego. Hubungi: 061-7787 8964

angs 488.000/36bln angs 529.000/36bln angs 569.000/36bln angs 358.000/36bln angs 398.000/36bln

REVO CW thn 2007 Dp. 900.000 angs 378.000/36bln thn 2008 Dp. 900.000 angs 428.000/36bln ABSOLUTE REVO 110 JARI thn 2009 Dp. 1.000.000 angs 488.000/36bln

MIO CW SUZUKI BARU DP 10% : Carry PU Dp. 5Jtan thn 2007 Dp. 1.000.000

Ready: Avanza, Innova, Rush, Yaris, Vios, Fortuner, dll. Hub: 0813 7597 9007, 061-7746 2006

angs 468.000/36bln angs 488.000/36bln angs 519.000/36bln

NEW SUPRA X 125 R (NF 125 TR)

2007 Dp. 900.000 NEW XENIA 2010 Dp. 12Jtan. New thn thn 2008 Dp. 900.000 Terios 2010 Dp. 18Jtan. Hubungi: Nitha, 0812 6011 1198, 061-7757 7722

angs 396.000/36bln angs 410.000/36bln

NEW SUPRA X 125 CAKRAM thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

thn 2007 Dp. 1.000.000 thn 2008 Dp. 1.000.000 thn 2009 Dp. 1.000.000

NEW SMASH CW

ang Rp. 518.000 ang Rp. 554.000 ang Rp. 604.000 ang Rp. 605.000 ang Rp. 640.000

CV. DABOSS MOTOR angs 358.000/36bln PAKETANGSGRATIS3BLN+HADIAHHIBURAN angs 378.000/36bln

angs 458.000/36bln angs 498.000/36bln angs 529.000/36bln angs 448.000/36bln angs 478.000/36bln angs 519.000/36bln angs 468.000/36bln angs 498.000/36bln angs 539.000/36bln angs 468.000/36bln angs 488.000/36bln angs 519.000/36bln angs 478.000/36bln angs 498.000/36bln angs 378.000/36bln angs 408.000/36bln angs 428.000/36bln angs 448.000/36bln angs 468.000/36bln angs 488.000/36bln angs 320.000/36bln angs 338.000/36bln angs 375.000/36bln

• Revo Absolute Dp. 2,5Jt ang 520rb 36bln • Supra X 125 Dp. 2,5Jt ang 642rb 36bln • Blade Dp. 2,5Jt ang 620rb 36bln

• New Beat CW Dp. 1,1Jt ang Rp. 570.000 • New Beat Spoke Dp. 1,1Jt ang Rp. 552.000 • New Beat Gropuy & Bold Dp. 1,1Jt ang Rp. 588.000 • Beat/New Beat Dp. 1,1Jt ang Rp. 568.000 • Vario Techno Dp. 1,6Jt ang Rp. 706.000 • Vario Racing/New Vario Dp. 1,1Jt ang Rp. 568.000 • Revo Spoke Dp. 1,25Jt ang Rp. 519.000 • Revo CW Dp. 1,15Jt ang Rp. 570.000 • Revo Deluxe Dp. 1,15Jt ang Rp. 597.000 • Blade Dp. 1,15Jt ang Rp. 608.000 • Blade Repsol Dp. 1,15Jt ang Rp. 615.000 • New Supra X 125D Dp. 1,1Jt ang Rp. 633.000 • New Supra X 125 CW Dp. 1,1Jt ang Rp. 733.000 • New Supra X 125 R Dp. 1,1Jt ang Rp. 683.000 • Mega Pro Dp. 5,1Jt ang Rp. 703.000 • Mega Pro Racing Dp. 5,1Jt ang Rp. 755.000 • New Tiger Dp. 9Jt ang Rp. 800.000 • CS-1 Dp. 2,1Jt ang Rp. 746.000 CV. Daboss Motor Syariah Hub: 0813 9722 2228, 061-7637 7367, 061-7774 8444

HONDA PAKET SYARIAH + HADIAH • Absolute Revo • Revo CW • Revo Deluxe • Blade • Blade Repsol • New Supra X 125D • New Supra X 125R

Dp. 2,1Jt Dp. 2,3Jt Dp. 2,3Jt Dp. 2,1Jt Dp. 2,1Jt Dp. 2Jt Dp. 2,2Jt

ang Rp. 482.000 ang Rp. 529.000 ang Rp. 555.000 ang Rp. 565.000 ang Rp. 572.000 ang Rp. 593.000 ang Rp. 632.000

• New Supra X 125CW Dp. 2,2Jt ang Rp. 679.000 • CS-1 Dp. 3,2Jt ang Rp. 670.000 • New Beat CW Dp. 1,6Jt ang Rp. 546.000 • New Beat Spoke Dp. 1,6Jt ang Rp. 530.000 • Beat/New Beat Dp. 1,6Jt ang Rp. 527.000 • Vario/New Vario Dp. 1Jt ang Rp. 649.000 • Vario Techno Dp. 1,65Jt ang Rp. 655.000 • Mega Pro Dp. 6Jt ang Rp. 658.000 • Mega Pro Racing Dp. 6Jt ang Rp. 708.000 • New Tiger Revolution Dp. 9Jt ang Rp. 746.000 • New Smash Dp. 2,5Jt ang Rp. 558.000 • New Smash SCD Dp. 2,5Jt ang Rp. 541.000 • New Smash SDKG Dp. 2,5Jt ang Rp. 577.000 • New Shogun FL 125 SD Dp. 3Jtang Rp. 633.000 • New Shogun FL 125 RCD Dp. 3Jt ang Rp. 644.000 • New Shogun F1 RCMD Dp. 3Jt ang Rp. 655.000 • New Shogun RCDZ • Spin UY 125 SCZ • Spin UY 125S • Spin UY 125 SC • Skydrive • Satria

Dp. 3Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt Dp. 2,5Jt Dp. 3,5Jt

ang Rp. 556.000 ang Rp. 504.000 ang Rp. 538.000 ang Rp. 538.000 ang Rp. 550.000 ang Rp. 785.000

• Skywave VW 125SC Dp. 2,5Jt ang Rp. 617.000 • Skywave 125 NR Z SR Dp. 2,5Jt ang Rp. 634.000 • Thunder EN 125 KS Dp. 3Jt ang Rp. 647.000 CV. Daboss Motor Syariah HP. 0813 9722 2228, 061-7774 8444, 061-7637 7367

DP. SUPER MURAH. PROSES CEPAT

Survey langsung dan aman Turun unit sepeda motor baru bayar Dp. Sistim Syariah Yamaha, Honda dan Suzuki CV. Daboss Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

Dp. 2Jt ang 571.000 • Vario Dp. 2,5Jt ang 672.000 Hub: Riski, 0813 7673 0096, 7673 5007

BEBAS ANGSURAN 5 BLN + MESIN CUCI • Vega ZR • Jupiter Z • MX AT CW • Vixion

Dp. 2Jt Dp. 2Jt Dp. 2,5Jt Dp. 5Jt

ang 525.000 ang 630.000 ang 680.000 ang 858.000

BEBAS ANG 3 BLN + HP. ONLINE + 200RB • Mio CW Dp. 2Jt ang 562.000 • Mio Soul Dp. 2Jt ang 612.000 Hub: Riski, 0813 7673 0096, 7673 5007

HANDPHONE REPERASI/SERVICE HP SETIAP HARI HP. 0852 7094 9889 NB: Terima HP second & rusak

KREDIT HANDPHONE BARU SEGALA MERK

thn 2007 Dp. 900.000 thn 2008 Dp. 900.000 thn 2009 Dp. 900.000

SPIN 125 CW

thn 2007 Dp. 1.000.000 thn 2008 Dp. 1.000.000 thn 2009 Dp. 1.000.000

NEW SHOGUN 125 SP thn 2008 Dp. 1.500.000 thn 2009 Dp. 1.500.000

angs 338.000/36bln angs 357.000/36bln angs 384.000/36bln angs 357.000/36bln angs 375.000/36bln angs 393.000/36bln angs 448.000/36bln angs 475.000/36bln

THUNDER 125 KS

thn 2007 Dp. 1.200.000 angs 430.000/36bln thn 2008 Dp. 1.200.000 angs 448.000/36bln Ayo Buruan jangan sampai ketinggalan !!!

• Vega ZR • MX AT CW • Vixion

Dp. 2,5Jt ang 466.400 Dp. 2,5Jt ang 673.100 Dp. 5Jt ang 856.500

• Mio CW Dp. 2,5Jt ang 505.000 • Mio Soul Dp. 2,5Jt ang 547.500 • Jupiter Z New Dp. 2,5Jt ang 569.200 Hub: Dodi Jaya Motor, 7764 3666, 0812 6521 5666

BEBAS 5 BLN ANGS + SIM C + 200 RB • Beat Dp. 2,5Jt ang 526.000 • Vario Dp. 2,5Jt ang 672.000 Hub: Dodi Jaya Motor, 7764 3666, 0812 6521 5666

angs 522rb. Thunder Dp. 1,1Jt ang 682rb. Skydrive Dp. 1,4Jt ang 550rb. Shogun Dp. 1,1Jt angs 577rb atau dptkan gratis 3 bln angs. 7628 1045, 0813 7690 5487, 0812 6566 176. Psr. cpt

BUTUH DANA TUNAI !!!

Min. 25Jt, jaminan BPKB mobil/truk. Proses cepat & aman. Hubungi: Rahmat, 061-7707 0202, 0813 9697 0202

BUTUH KARTU KREDIT

Kredit tanpa agunan & pakai jaminan Hubungi: 0812 6327 1170

BUTUH DANA : Jaminan sertifikat tnh, camat,

BPKB mobil, sp. motor, elektronik, laptop & perhiasan. Hub: Akien 0819 6005 252, 7706 5252

BUTUH KARTU KREDIT!!! Hub: 0813 7644

5362. Utk wiraswasta/Pengusaha/Kary. Swasta/PNS/ Profesional/Ibu rumah tangga. Proses cepat!

BUTUH....KARTU KREDIT

Kredit tanpa agunan & pakai jaminan Hub: 0812 6327 1170

Cuma biaya Adm. Hub: Channel CV. Kesuma, 0812 6575 0133, 061-7622 2896, alamat Jl. Utama simpang Cemara (Amaliun) No. 53 Medan

JUAL : Jupiter MX CW (06) Jupiter MX (07)

Suzuki Smash (05) Honda New Supra Fit (06) Vega R Cakram (05) Jupiter (03) Yamaha Jupiter Z CW (07) Hub: 0813 9766 5356, 061-6996 2285

* Isi dari Materi Iklan diluar tanggung jawab Penerbit

bersih, penjual ATK lapangan, mes ada, 08-17wib, jam kerja, minggu libur, 061-7784 1353

Dp. 500rb ang 489rb 36bln • Blade Dp. 500rb ang 573rb 36bln • Supra X 125 D Dp. 700rb ang 591rb 36bln • Beat jari Dp. 700rb ang 570rb 30bln Hub: Ferry, 0813 7690 8123, 061-7657 4066

DIJUAL :

GL Max thn 85, harga 3,7Jt. Body oke, mesin sehat, pajak mati. Hub: 0812 6044 6091

Panggilan rumah/hotel Hub: 0852 7527 2826 (Boy)

dipanggil kehotel & rumah

MASSAGE ‘N LULURAN : Jl. Simp. Barat,

belok kanan Jl. Sei Besitang, kira2 100m belok kanan Jl. Sei Halian (Kiki) 0813 7689 6577

DUTA ELEKTRINDO SERVICE : Specialist MASSAGE + LULUR BODY SCRUB TV, Polytron, Digitek, LG, Changhong, Samsung, dll. Jl. William Iskandar No. 6. HP. 0813 9742 2594

Pijat sehat & berbagai keluhan, perawatan kulit. Bagi putra putri, org dewasa yg tdk sempat keluar rumah/ke salon. Hub: Mbak Lina 0852 6112 8168

Buka. Hub: 77651615, 0815 3322 9839

Jl. SM. Raja Gg. Kamboja No. 3 (dpn. PT. Asahan) Hub: 0812 6352 9688. Iklan tidak iklan tetap buka

“IKHLAS” SERVICE : AC, TV, Kulkas, M. Cuci. DIBUTUHKAN : Wanita (gadis/janda) utk di Melayani cash/credit elektronik, spring bed, furniture, MASSAGE FULL BODY pekerjakan jaga anak & org tua, gaji 600rb s/d 1Jt/ bln bersih + bonus 50rb. Hub: Yayasan Kasih Sayang. Telp. 0813 9792 2135, 061-7737 7059

DIBUTUHKAN : Tkg. pangkas berpengalaman,

ada jaminan, tempat tinggal, makan siang. Hubungi: 0813 7592 3189, Tanjung Morawa

dll. HP. 061-6878 7317, 0852 7550 8349

PLAYSTATION EVOLUTION GAME • PS2 slim 90006 baru

35.000, alamat : Jl. Pancing. Hubungi: 0852 9661 8111, 061-6844 4820

muslim, harus pintar masak, tinggal ditempat, minggu libur, wanita baik-baik, gaji 800rb. Hub: 061-7633 6605, 0819 6357 00 (rumah sendiri/bukan yayasan)

DIBUTUHKAN : Tk. pangkas berpengalaman, ada jaminan. Pangkas Mardi, Jl. Marelan Raya Psr. I. Hub: Ijon, 0813 9643 4475 DIBUTUHKAN : 1 org gadis/janda, utk bantu

masak dan beres warung, bersedia nginap boleh dari luar kota. Hub: 0852 6236 0340, No SMS

DIBUTUHKAN : Tk. pangkas, jaminan

Rp. 40.000/hari. Jl. Krakatau. Wisma Pangkas. Hub: 0812 6001 5252

DIBUTUHKAN : Wanita 17 s/d 30thn.

sebagai perawat jompo/kakak asuh, honor Rp. 500rb s/d 1,5Jt. Hub: Yayasan Sumatera, Telp. 8450 863, 0813 6172 9884

bergaransi bergaransi • PS2 Hard Disc 80 & 160 GB bergaransi • Pasang hardisk PS2 slm & tebal grnsi • Service PS1, PS2, PS3, X-Box, PSP, siap ditempat. Jl. AH. Nasution No. 8C Titi Kuning Mdn Telp. 061-7688 9988, 0812 6569 9860

syarat: wanita maks. 35thn, min. tamat SMA. Lamaran antar langsung ke Jl. KL. Yos.

thn 90 & sp. motor. Hubungi: Samuel 0852 9615 6555, Andi 0812 640 0575

Bersedia dipanggil ke rumah atau hotel Hubungi: Safrizal, 0813 9711 0881

PIJAT CAPEK2 LULUR : Lemah syahwat,

Mbak Anna (Rindu Sehat) Jl. HM. Jony arah Menteng, 3 rmh dr Pom bensin prtma, 0812 6556 1048

PIJAT & LULUR MBAK TARI

HP. 061-9167 1526 NB: Menerima panggilan ketempat

PIJAT TRADISIONAL

Hub: Ibu Wahyu HP. 0812 6582 3788

JUAL & BELI : TV, PS1, 2, 3, Handycam, LCD, PIJAT MACHO Proyektor, Laptop, Keyboard, Kulkas, M. Cuci, Compo, Sound, dll. Hub: Market Electronic Tlp. 8210097, 66900693, Jl. Setia Budi 424B. S.R. Road

PS2 slim lengkap, grs 3bln Rp. 750rb. PS2

HDD grs 3 bulan Rp. 1450rb. PS2 tebal lengkap grs 3 bulan Rp. 950rb. PSP slim mls 99% Rp. 1400rb. Hub: Zein Elektronik, 061-7726 3935, 0813 6199 3636, Jl. AH. Nasution No. 8A

RUMAH DIJUAL RUMAH : Ut. 6x19m2, U. rumah

5x14m2, di Jl. Pertahanan Gg. Supir. Hub: 0819 6062 910, 77039 548, Bpk. Ucok

DIBUTUHKAN : Tk. cuci dan gosok, DIJUAL RUMAH : Lb. 6x16m, minimalis 11/2L,

BUTUH DANA : Jaminan BPKB mobil/truck Sudarso No. 136A/2 P. Brayan, Telp. 6621 247

SHM, pam, kramik, pagar, 2kt, 1km, Jl. Platina VII No. 26A sblm KPX Bank, 0813 7676 1076

RUMAH DIJUAL : Di Komp. Taman Tamora

Ganteng, penyabar, pintar mijat, berpengalaman. Hubungi: 0852 7070 0345, 061-7718 2510

PIJAT TRADISIONAL ZULIYA

Khusus refleksi, lulur, capek2, lemah syahwat Jl. Laksana 33-O, HP. 0813 7087 8289

PIJAT & LULUR ELIWATI

Jl. Selam Gg. Pertama HP. 0878 6935 6207

PIJAT & LULUR MBAK MIKA

Jl. Mandala By Pass, HP. 0812 6446 8869 NB: Menerima panggilan ketempat

KUSUK CAPEK-CAPEK DAN LULUR Hub: Mbak Endang HP. 0812 6540 0190

AHLI KUSUK REFLEKSI KHUSUS PRIA Hub: Dedy, 0812 6343 2464 Bersedia dipanggil kerumah/hotel

DIBUTUHKAN : 1 org tk. pangkas, jaminan II BLok B No. 2 Ds. Bangun Sari Tj. Morawa, Lt. CLASSICAL : Pijat, lulur dan refleksi. DANA SUPER CEPAT & PM 8 MENIT 35rb. Hub: Pangkas Rudy, Jl. Sunggal simp. 8x15, Lb. 8x10, 3kt, 1km, 1 dapur, surat HGB. TOP Hubungi: Mei-Lei, 0878 6844 0500, Mei-Mei BPKB & pbelian + BPKB dana pribadi : mobil/sp. motor thn 1980-10 & BM= 0,56%/bln. Mr. JG, 7779 0557, 0813 7548 5990

ANDA BUTUH UANG KONTAN

Raja Motor Jl. Bahagia By Pass No. 35 Medan. HP. 08126326121, 08126326120, 061-7863647 (Jaminan BPKB sp. motor/mobil 15 menit cair)

DANA CEPAT CAIR : Izin resmi dari

Pemerintah, jaminan aman di Bank negara, syarat: BPKB mobil, motor, betor, data bisa dijemput. (Wong) 0812 6091 1996, 0852 6105 9996, bonus Cash back

GEBYAR DANA EXPRESS : Bunga rendah 1-

2% 1hari cair. Khusus BPKB mobil, truk, pick up (dlm & luar kota) spd. motor, betor (dlm kota) Trima mobil yg masih kredit, trima over leasing & bantu pelunasan BPKB. Proses mudah, cepat & terjamin (bisa langsung tau perincian) 0812 6095 5531, 0813 9750 6240

Kuswari, 0813 9670 5041

Hub: 061-7942 387, HP. 0812 6511 269

DIBUTUHKAN :

DIJUAL RUMAH/TANAH : Luas tanah

Teknisi AC, gaji 50 s/d 60rb. Supir, belum menikah, gaji 800rb. Hub: 7747 9929

DIBUTUHKAN :

2 org teknisi AC yg memiliki SIM C & belum berkeluarga. Hubungi: 061-7765 1615

DIBUTUHKAN SEGERA : Asisten cuci

bebyliss, creambath, pengalaman ± 1 tahun. Hub: Salon Harmonis, Jl. Cik Di Tiro No. 31 Kp. Madras, fas: Gp + u. makan + u. kerajinan + bonus. HP. 0819 882 533, 0813 9721 8766

DIBUTUHKAN SEGERA :

Supir. Lamaran diantar langsung ke Jl. SM. Raja No. 76 depan Ramayana Teladan

DIBUTUHKAN SEGERA : DANA TUNAI : Jaminan BPKB mobil thn 87- Tk. las dan kernek yang pengalaman.

1471m2, Sk. camat, Lbr. 15m2, pjg 101m2, Jl. Setia No. 06/66 Marendal. Hrg 300rb/mtr. 0811 616 303

061-7795 0021, Merry 0813 7513 6980

MBAK NENENG : Terima pijat utk capek-

capek, lemah, letih, lesu, keibuan, sabar, pintar mijat. Hub: 0813 6172 7258

DIJUAL T. USAHA : Lt. 6x33m, Lb. 5x23m, 2kt, RERE OUKUP + KUSUK SEHAT 2km, SHM, IMB, Jl. Sei Bangkatan Tnh Seribu Binjai. Hub: 0812 6361 3600, bisa bayar 2x

TANAH

Mengobati masuk angin, badan pegal-pegal, keseleo, mandi rempah-rempah/air panas Alamat : Jl. Veteran Krakatau No.7 C dekat Maju Bersama, HP: 061-76417925

LINTAH SUPER + VACUM IMPORT Bikin Besar, Panjang, Keras A. Vital

KAVLINGMURAHSHMDIBINJAISLTN/ESTATE Aldo 0812 109 44445 Antar • Uk. 7x15=25Jt • 14x15m=50Jt • 10x20m=50Jt • 10x25m=60Jt. Hrg nego. Buruan terbatas!!! Lbr jln 5m, 7m, 13m. Lok: 5mnt dr Ktr. Walkot Binjai, Jl. Semi 3 dkt Mesjid Ubudiyah. Hrg sdh termasuk pajak jual beli & balik nama, SHM, PBB awal. Serius. Hubungi: 0816 312 4916, 0813 7629 5205

95 (Mdn) BPKB spd. mtr thn 2002-up (Mdn) BPKB mobil thn 96-up (Sumut, Aceh, P. Baru) BPKB Pick Up, Truk thn 2000-up (dlm/luar kota) juga terima mobil yg masih kredit, terima juga over leasing BPKB dan bantu pelunasan BPKB. Proses cepat, aman dan terjamin. Bunga rendah, 1 hr cair. Hubungi: S8F 0813 7044 6633, 061-8445716

Hubungi : 7361 562

8% Rp. 7.280.000 selama 100 hari, modal suka suka. Info www.berlianvalley.com atau SMS “Petunjuk” ke 0878 8405 8076

0812 2105 6612, 0818 0925 9349

Bunga rendah, proses cepat dan terjamin, pinjaman max. 500Jt, 1 hari cair. Khusus Kotamadya Medan, lsng pendana, juga terima take over bank, kredit macet dan pinjaman bank. Hub: Family Finance 061-7685 4885, 0813 7044 6668

diutamakan pakai Jilbab & berkendaraan roda 2, utk jd Kasir. Hub: 0813 7066 9884

061-7656 9063, Jl. Tuasan No. 95 Medan (TP)

DIJUAL TANAH : Lebih kurang 1200m2, DICARI : Investor (tanpa bekerja) profit perhari Jl. Imam Bonjol No. 160 Binjai, TP. Hubungi:

PELANGSING FAT LOSS LOGO

1 Bulan Turun 5 - 12 Kg Pasti Tanpa Efek Aldo 0812 109 44445 Antar

OBAT KUAT TADALAFIL + SPRAY Spontan Kuat, Keras & Tahan Lama Aldo 0812 109 44445 Antar

WC SUMBAT/RUSAK

DIJUAL TANAH : Terdiri 2 bh Ruko (tdk tingkat) 1 bh rmh 4kt, 3km + 3bh rmh kost uk. WC TUMPAT SEDOT : DICARI : Wanita tamatan SMA sederajat, 3x5m, Hak milik dan sertifikat, L: 571m2. Hub: Saluran air, kamar mandi, wastafel. Bergaransi. SPESIALIS SURAT TANAH/RUMAH/RUKO Hubungi: 0812 6082 7816

DIJUAL TANAH : WC EKA JAYA : 0813 9761 2319, 061DICARI : Agen distributor utk pasarkan kamera, Uk. 11x45m, alamat Klambir 5 Kampung Gg. 76880437. Sedot sumbat, sal. air, ps piva

pulpen, remote & audio mp3, memory card. Segera hub: 0852 7092 1945, 061-7764 3892

Temes. Hub: Bpk. Supri, HP. 0882 6173 8941

sanyo, rehab. Gatot Subroto 90. Garansi

LOWONGAN KERJA : Dibutuhkan pembantu

ANEKA RAGAM

WC TUMPAT/SEDOT

Hanya jaminan BPKB sepeda motor dan mobil. Proses cepat data dijemput. Hub: 061-8444 632, 0812 6502 6196, 0813 7504 0707, 0813 9767 9869

rumah tangga dan baby sitter, wanita, rajin, jujur, dan bersedia nginap. Hub: 0812 6568 0555

DANA X’PRESS

SALON INA :

BUTUH DANA !!!

SALSA SERVICE WC : SALON JOINT : Membutuhkan beberapa asisten DICARI : Tambak udang utk disewa ± 30 kolam, Sedot WC, tumpat, dll buat usaha tambak alam, syarat salinitas ± 10-25ppm/

3 s/d 10Jt. Jaminan BPKB sp. motor, 3jam cair. Hub: Duta Jaya Motor, Jl. Thamrin, Telp. 4560 736 (Ida) HP. 0812 6543 188

ANDA BUTUH UANG KONTAN

Jaminan cukup BPKB mobil, sepeda motor, proses cepat 5 menit cair. Untuk kawasan Medan sekitarnya. Hub: 456 2277, 0813 7677 8831

ANDA BUTUH DANA CEPAT : Jaminan BPKB

spd motor/mobil, proses cepat dan mudah, bunga ringan. Hub: 061-4158 061, 061-6948 9338

LOWONGAN KERJA

ADA LOWONGAN : Wanita (gadis/janda) 1 HONDA PAKET GURU, PNS & KARY. SWASTA org jaga anak & 1 org jaga org tua, gaji 650rb +

ANDABUTUHKREDITBECAKMOTORTANPADP • Revo jari

MASSAGE FOR MAN

AC KING SERVICE : Cuci AC Rp. 20.000, DIBACA LGSG DTG : Bergaji 800rb/bln, jamin Bngkr/Psng AC,Kulkas, M Cuci, Dispenser,TV. Libur WATY MASSAGE :

BEBAS ANG 3 BULAN + SIM C + HP Jaminan BPKB sp. motor/mobil, aman & langsung cair. Menerima ass. salon Hub: 061-7739 3718, 7662 6755, 0813 7095 1418 Datang langsung, HP. 0813 6201 18817 ONLINE + U. TUNAI 200 RIBU

PROSESCEPATNMURAH1JAMOKBARU!! SUZUKI 100% BARU+ HP + MAGIC COM GRATIS ANGSURAN 5BLN + HP QWERTY Smash Dp. 600rb angs 529rb. Spin Dp. 800rb • Supra X 125 Dp. 900rb • Beat Dp. 1Jt • Blade Dp. 900rb • Mio Dp. 1Jt • Revo Dp. 900rb • New Jupiter Dp. 1,3Jt • Vario Dp. 1Jt • Vega ZR Dp. 1Jt Hubungi : Hafiz, 0812 6501 1970

BUTUH SEGERA : 2 wanita cuci blow, meni-pedi, facial Gp. 700rb/bln. 2 wanita lulur, pglmn mantap, bagi hasill + %. 2 wnt PRT, jujur Gp. 600rb/bln (nginap) HP. 0813 8080 8701

JAMAL SERVICE & REPERASI : AC, Kulkas, M. cuci, Dispenser, TV, dll. Hub. 061-77856677, 0813 7618 6677. Jl. Mesjid No. 112B simp. 5 Helvetia

DIBUTUHKAN : Pembantu rumah tangga, wanita,

BEBAS ANG 5 BLN + SIM C + HP ONLINE ANDA BUTUH UANG KONTAN angs 439.000/36bln + U. TUNAI 400 RIBU

SPIN 125 JARI

HP. 0812 6011 904, 0813 9743 7923

BUTUH UANG

NEW SHOGUN 125 RR

• Revo Absolute Dp. 2,5Jt ang 520rb 36bln • Supra X 125 Dp. 2,5Jt ang 642rb 36bln • Blade Dp. 2,5Jt ang 620rb 36bln Hub: Dodi Jaya Motor, 7764 3666, 0812 6521 5666

Dibutuhkan P/W, usia 17-45thn, min. SMP, SMA sederajat. Dtg lgsg kerja, penghasilan diatas UMR (1,8Jt/bln). Hubungi: Ibu Diana, SE. HP. 0813 6166 9314. Jl. Wahid Hasyim No. 118 A simp. Barat ± 100m dari Gatsu

DIBUTUHKAN : Tukang pangkas, jaminan • PS2 tebal

angs 338.000/36bln angs 366.000/36bln angs 393.000/36bln

angs 466.000/36bln

AC, Kulkas, M. Cuci, TV. Bergaransi. Hubungi: 061 -7791 3537

Syaratnya: fotocopy KTP & phas photo Hub: 061-9122 7006, 0812 6547 3836

thn 2007 Dp. 1.000.000 thn 2008 Dp. 1.000.000 thn 2009 Dp. 1.000.000 thn 2008 Dp. 1.300.000 thn 2009 Dp. 1.500.000

jaga anak & prwt org tua, gaji 600rb-1,2Jt/bln (bersih) + bonus 50rb. Hub: Cahaya, Jl. Ayahanda 44E, 061-7670 0079, 0812 6514 3676

ASIA SERVICE : AC, kulkas, mesin cuci rusak. ENJOY MASSAGE (FOR MAN) BEBAS ANG 5 BLN + HP. ONLINE + 200RB ADA LOWONGAN; INCOME BESAR Jl. Asia No. 608 Medan. Telp. 061-7369 135, Andi, 0852 7089 2229

PAKET SYARIAH GRATIS 3 BLN + HADIAH • Beat

PAKET SYARIAH GRATIS 3 BLN + HADIAH

SAHABAT MOTOR

BEBAS ANGSURAN 3 BULAN + PS2 ADA LOKER : Wanita (gadis/janda) dipekerjakan JAYA TEKHNIK SERVICE :

bonus/bln. Hub: Nesia, Jl. Flamboyan Raya No. 21 Tj. Sari. 061-6992 1199, 0812 6463 504

salon, berpengalaman. Hub: 0813 7079 1300, gaji 500rb-700rb (didaerah P. Brayan Kota)

TK. PANGKAS : Dibutuhkan yg berpengalaman

jaminan 40rb/hr + silet, pks sudah lama/ramai. Hub: Pks. Sahabat 1, Jl. Sei Blutu simp. Darussalam No. 5, HP. 0813 7574 6798

ELEKTRONIK

Tempahan Murah : Hub. 661 6802, 6618116 WC TUMPAT : Sedot, sal. air Lemari pakaian 3 Pt sungkai asli Rp.1,5Jt. Kursi Sofa Kulit 3,2,1 Spring Rp. 1,3Jt. Spring Bed 6 kaki, 2 lapis Rp. 1,1Jt Grs per 10 th

ada mess. Hub: 0813 9791 3399

BILLYARD

Murah bergaransi 061-786 2713, 0812 6491 1858

0813 7047 9596

WC AMIN JAYA : Tumpat, sedot, saluran air,

wastafel. Hub: 061-6649 6455, 9162 3773, Jl. Gatot Subroto 78. Murah Garansi

BARUS BILYARD CENTER : Melayani jual- MARTIN SERVICE SEDOT WC TUMPAT beli meja baru/bekas, menyewakan meja (bola 15 & bola 9) hrg nego. Hub: Jl. Berlian Sari Gg. Baru (Katamso Km. 7) 7883910, 08126012412

Setaluran air kamar mandi, wastafel, bergaransi. Hub: 061-7627 9447, 0812 600 7919

MOBIL SEDOT WC : 061-7773 7996, “SS” BILLYARD : Jual, Sewa baru bekas, 0852 7093 3649 sal. air, wastafel, grsi, murah.

DIBELI DENGAN HARGA TINGGI Jl. Brigjend Katamso Kp. Baru. Bekas @5Jt 0819 3340 8099. Maju Jaya Gatsu 159 TV, DVD, Ampli, Spk, dll. Hubungi: Umar Telp. 77137799 HP. 0816 333 799

SERVICE

(nego). Telp. 0813 6221 6221

PENGOBATAN

MEISSY MASSAGE AC TRISAT : Service cuci AC Rp. 20.000,- Berpengalaman dari Malaysia, ahli urat reperasi AC, bongkar psng AC central, dispenser,

dan segala penyakit pria/wanita. Hubungi:

6540 7033, alamat : Jl. AR. Hakim/ ADA DIBUTUHKAN : Pria/wanita utk mar- psng baru. Terima servis luar kota. Bergaransi. 0812 Bakti Gg. Rahayu 1 No. 11 Sukaramai Mdn keting, syarat punya kendaraan sendiri, Hub. 7322 579/HP. 0812 6012 868 pendidikan SMA, D1, D3. Lamaran kerja, DRH, fotocopy KTP, Ijazah, pas photo. Antar langsung ke alamat Jl. Ring Road No. 18B Tanjung Sari Medan, Telp. 061-7635 4268, Kennie House

Saluran air, murah bergaransi. Hubungi : 061-7878791, 088261586654

SUQMA SERVICE : AC, Kulkas, M. Cuci, Kompor JASA MASSAGE : Ramah, penyabar, pintar Gas, Isi freon, dll. Telp. 7722 1289, 0813 6111 9896, Jl. AR. Hakim No. 31

mijat, bersih. Menerima panggilan kerumah/hotel. Call: 0812 6394 9586, 0852 7546 2133

WC TUMPAT 061-7762 6388

Sedot / Saluran Air K. Mandi, Westafel, Rehab S.Bor. Garansi Hub : 0812 6392 2800

HIMBAUAN PENTING.......!!!

Dihimbau kepada seluruh Pembaca POSMETRO MEDAN Setiap mengadakan transaksi Jual Beli Barang/Jasa dengan harga murah, kredit murah, tiket murah dan barang Tercecer sudah ditemukan .

. Pastikan Barang Yang Dibeli Sudah Anda Terima . Baru Anda Bayar / Transfer Uang . Atau Pastikan Indentitas / Alamat Orang Yang menawarkan Barang / Tersebut Ada. Himbauan ini disampaikan

POSMETRO MEDAN


Korea Utara Ancam Lakukan Penyerangan SEOUL Korea Utara menyatakan akan segera melakukan penyerangan militer secara penuh, melalui pengeras suara yang mereka hubungkan kepada pihak Korea Selatan. Mereka mengeluarkan ancaman ini untuk menghancurkan perang urat saraf yang didengungkan Korea Selatan beberapa waktu terakhir. “Pasukan militer Korea Utara akan melancarkan serangan militer secara menyeluruh untuk menghancurkan pihak yang terus menerus melancarkan perang psikologis,” ungkap pihak Angkatan Darat Korea Utara seperti dikutip AFP, Sabtu (12/6). Dalam pernyataan lanjutan-

nya pihak Korut memberi peringatan kepada Korsel jika pihaknya mampu melancarkan serangan tanpa ampun sama sekali. Bahkan serangan itu nantinya akan diarahkan kepada negara tetangganya. Sekali Korut menganggap Korsel sebagai ladangnya penghianat yang nantinya akan terbakar oleh lautan api. Kedua negara yang pada dasarnya masih dalam keadaan gencatan senjata sejak Perang Korea era-50an ini, saat ini dilanda ketegangan. Masalah utama adalah tenggelamnya kapal perang Korsel di dekat wilayah perbatasan laut kedua Korea tersebut. (bd/kcm)

Obama Beri Tips Berhenti Merokok untuk Aquino MANILA Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memberikan saran yang berbeda untuk Presiden terpilih Filipina Benigno Aquino. Melalui telepon, Obama berikan tips cara berhenti merokok kepada Aquino. Aquino menyatakan selama hampir 20 menit pembicaraan melalui telepon, Presiden AS ke-44 tersebut memuji pemilihan umum di Filipina 10 Mei lalu sebagai contoh tranparansi dan kekuatan demokrasi di Filipina. “Sempat saya melontarkan lelucon padanya,” ungkap Aquino seperti dikutip Reuters, Sabtu (12/6), usai melalukan pertemuan dengan Duta Besar Australia untuk Filipina.

“Presiden Obama, saya paham jika kita berdua memiliki kebiasaan buruk yang sama yakni merokok,” ucap Aquino seraya menirukan apa yang telah ia bicarakan kepada Presiden Obama. “Saat itu Presiden Obama merespon jika dirinya sudah berhenti. Kini masalah itu (kebiasaan merokok) menjadi urusan saya. Dia (Obama) bersedia untuk memberikan tips untuk saya,” menurut Aquino. Bulan lalu putra dari mantan Presiden Filipina Corazon Aquino ini menyatakan dirinya masih belum siap untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Hal ini menurut Aquino amat mempengaruhi caranya mengambil keputusan.(bd/oz)

MINGGU, 13 JUNI 2010

HALAMAN 5

Rehabilitasi Narkoba Diserang, 19 Tewas MEKSIKO Sejumlah pria bersenjata menyerbu sebuah klinik pemulihan korban narkoba di kota Chihuahua di Meksiko utara dan menewaskan 19 pecandu muda. Serbuan ini merupakan yang paling akhir dalam gelombang serangan terhadap pusat-pusat rehabilitasi pecandu narkoba di dekat perbatasan AS itu. Polisi Meksiko, Jumat (11/6), menuturkan, 24 pria bersenjata otomatis masuk ke klinik Faith and Life dan memperkenalkan diri mereka sebagai polisi, Kamis malam. Mereka menangkap 19 pasien, berusia antara 18 dan 25 tahun lalu menembak mereka dengan gaya polisi. Polisi menemukan hampir 200 selongsong peluru dari bermacam-macam senjata yang berbeda-beda di tempat itu. Lebih dari 23.000 orang telah tewas dalam kekerasan terkait narkoba di Meksiko sejak Presiden Felipe Calderon memegang tampuk kekuasaan pada tahun 2006 dan menyatakan perang terhadap kartel-kartel obat bius. Kekerasan di negara-negara bagian di

Meksiko utara seperti Chihuahua meledak dengan baku tembak serampangan dan pembunuhan besar-besaran ketika para kartel memerangi pasukan keamanan dan berperang satu sama lain untuk memperebutkan rute penyelundupan yang bernilai ke AS. Menurut polisi, serangan pada Kamis itu merupakan salah satu yang terburuk dalam aksi kekerasan perang narkoba yang menghantam Chihuahua, pusat industri dan ibu kota negara bagian Chihuahua, yang juga menampung tempat tak aman terburuk dari narkoba, Ciudad Juarez. Calderon, yang berada di Afrika Selatan untuk menonton permainan Meksiko pada pembukaan pertandingan sepak bola Piala

Dunia, mengutuk pembunuhan itu. “Itu tindakan memalukan yang memperkuat kebutuhan untuk memerangi dengan kekuatan penuh kelompok-kelompok kejahatan yang melakukan tindakan kejam seperti itu,” tegasnya dalam sebuah pernyataan.

Ciudad Juarez, yang dibanjiri kekerasan terkait narkoba, sekarang dianggap sebagai salah satu kota paling keras di dunia. Kota itu telah menyaksikan serangan yang sama terhadap pusat rehabilitasi pecandu narkoba ketika orang-orang kartel bersenjata

memburu para pedagang saingan mereka. Orang-orang bersenjata telah menyerang sedikitnya tujuh klinik rehabilitasi di kota itu sejak awal 2008. Dua serangan pada September lalu menewaskan 28 orang.(bd/kcm)

Dijual Koin Emas Terbesar di Dunia WINA Bagi Anda yang tengah mencari emas, mungkin bisa melirik tembaga mulia yang satu ini. Emas yang satu ini bukan sebuah perhiasan, melainkan sebuah koin emas raksasa. Koin yang pernah menyabet koin terbesar di dunia versi Guinness Book of World Records ini, memiliki ukuran diameter 53 sentimeter (21 inci) dan berat 100 kilo-

gram (220 pon). Rencananya koin langka ini akan dijual pada 25 Juni di rumah lelang Dorotheum, Wina. Gambar di salah satu sisi pada koin tersebut adalah gambar Ratu Elizabeth II. Sementara sisi lain bergambar tiga daun maple, sebagai simbol nasional Kanada. Koin The Maple Leaf ini memiliki nominal 1 juta dolar Kanada atau setara dengan 800 ribu euro atau USD970 ribu dolar. Koin ini

dicetak di Kanada pada 2007. Demikian seperti dikutipAFP, Sabtu (12/6). Harga lelang koin diharapkan bisa melebihi nilai nominal menyusul tingginya harga emas saat ini. Jika berani turun, emas akan bernilai sekitar 3,9 juta dolar (3,2 juta euro). Koin ini dimiliki oleh perusahaan investasi AvW Austria, yang tengah digulung kebangkrutan sejak Mei 2010 lalu.(bd/oz)


MINGGU 13 Juni 2010

Indeks EMAS - London - 97 %

Negara USA Australia EURO Hongkong Jepang Malaysia Singapura Thailand China

HARGA HARI INI

Rencana Flexi Bersinergi dengan Esia

Beli Jual 358.000 359.500 345.000 347.000 VALAS Jual Beli 9.246 9.154 7.820 7.740 11.187 11.074 1.187 1.175 10.109 10.007 2.819 2.787 6.584 6.512 285 282 1.354 1.341

MA TERIAL BANGUNAN MATERIAL BATU BATA - JUMBO

:

300

- MESIN

:

400

SEMEN - PADANG 40 KG

: 41.000

- PADANG 50 KG

: 51.000

- ANDALAS 50 KG : 51.000 KAYU SEMBARANG - BALOK 1X2

: 20.000

- BALOK 1½X 2

: 30.000

- BALOK 2X2

: 40.000

- BALOK 2X3

: 57.000

- BALOK 1½X3

: 40.000

KAYU MERANTI - BALOK 1X2

: 25.000

- BALOK 1½X2

: 38.000

- BALOK 2X2

: 50.000

- BALOK 2X3

: 75.000

PAPAN (LEMBAR) : 55.000 PAKU (KG) - 1 INCH

: 18.000

- 1 ½ INCH

: 16.000

- 2, 2 ½, 3, 4, 5”

: 13.000

BATU (M3) - CORAL

: 85.000

- GULI

: 25.000

- SIRTU

: 80.000

PASIR (M3)

: 80.000

PVC STANDART - 3 INCH

: 50.000

- 4 INCH

: 75.000 SUMBER :

UD. LEMBAH MELINTANG JL. PANGLIMA DENAI NO. 81 A TELP. 7863194 - 7872701

0813 7644 0955

iklanposmetromedan@yahoo.com iklanposmetrocepat@gmail.com

Pemerintah Pertahankan Direksi Telkom politik. “Saat ini kami tidak bisa memberikan pernyataan apa-apa,” tukasnya. Sebagaimana diketahui, ada dua direksi dan tiga komisaris yang habis masa jabatannya. Akan tetapi, pemerintah tampaknya masih mempertahankannya. Antara lain, Dirut Rinaldi Firmansyah, Direktur Enterprise and Wholesale Arief Yahya, Komut Tanri Abeng, Komisaris Independen Arif Arryman, dan Komisaris Independen P Sartono.(japs)

Direksi dan Komisaris PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dipertahankan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) tahun ini. Padahal, sejumlah pejabat tinggi di perusahaan plat merah yang bergerak dalam bidang telekomunikasi itu sudah habis masa jabatannya.

Deputi Bidang Riset Kementerian BUMN Sahala Lumbuan Gaol sempat mengatakan, mereka dipertahankan karena masih ada ‘pekerjaan rumah’ yang harus mereka kerjakan. “Masih ada isu-isu strategis yang harus diselesaikan,” kata Sahala dalam RUPSLB di kantor Telkom, Jakarta, Jumat (11/6). Padahal, sebagaimana diketahui, saat ini Telkom tengah menjajaki untuk konsolidasi dengan perusahaan telekomunikasi anak usaha Bakrie, PT. Bakrie Telecom Tbk (BTEL). Di mana anak usaha penyedia layanan CDMA Telkom, Flexi bakal disinergikan dengan layanan Esia yang dimiliki oleh BTEL. Banyak rumor terkait rencana ini. Ada yang menyebutkan, Selasa lalu Telkom telah melakukan penandatangan perjanjian due diligence meeting (DDM) dengan BTEL. “Sampai saat ini belum ada kesepakatan beli atau jual. Baru ada permintaan evaluasi, belum ada permintaan jual. Evaluasi untuk industri, bisnisnya dan segala macamnya. Kita belum menandatangani apa-apa,” elak Direktur Utama Rinaldi Firmansyah. Bahkan, Rinaldi juga enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hal ini. Dia hanya menegaskan jika tidak ada tekanan

Tips

Struktur Direksi PT. Telkom yang disyahkan Pemerintah dalam Rapat RUPS LB, yang masih mempertahankan formasi sebelumnya

Piutang Negara Membengkak jadi Rp 62 triliun Upaya penagihan piutang negara, rupanya, belum menunjukkan kinerja memuaskan. Buktinya, jumlah piutang negara tidak mengecil, tapi justru membengkak. Dirjen Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Hadiyanto menyatakan, penambahan piutang negara disebabkan masuknya piutang-piutang baru yang belum tercatat pada akhir 2009. “Pada Desember 2009 kan ada Rp 50 triliun, sekarang sekitar Rp 62 triliun,” ujarnya di Kantor Ditjen Kekayaan Negara, Jumat (11/6). Menurut Hadiyanto, penagihan kembali seluruh piutang tersebut dari para obligor memang tidak mudah. Sebab, kata dia, para obligor yang telah menikmati duit negara tersebut tidak selalu didukung jaminan utang yang cukup. Selain itu, kalaupun jaminan cukup, ada sengketa hukum terhadap jaminan tersebut. “Akibatnya, peminat lelang barang jaminan sulit melakukan pembelian,” katanya.

bahwa Kementerian Keuangan sudah memiliki peraturan bersama dengan Polri dan Kejaksaan Agung dalam Pelaksanaan Paksa Badan dalam Rangka Pengurusan Piutang Negara oleh PUPN. Upaya paksa badan atau gijzeling tersebut pernah disuarakan Komisi XI DPR. Mereka mendesak pemerintah untuk melakukan paksa badan kepada delapan obligor BLBI. Di antaranya, James Januardy dan Adisaputra Januardy (Bank Namura), Atang Latief (Bank Bira), Lidya Mochtar (Bank Tamara), dan Omar Putihrai (Bank Tamara). Selain itu, Marimutu Sinivasan (Bank Putera Multikarsa), Agus Anwar (Bank Pelita), dan Ulung Bursa (Bank Lautan Berlian). Hadiyanto menyatakan, di antara delapan obligor tersebut, ada yang sudah melunasi utang. Ada pula yang baru membayar sebagian utang. “Ada juga yang sudah di luar negeri. Kalau obligor di luar negeri, kan sulit menerapkan paksa badan,” ujarnya. (japs)

Faktor lain yang membuat penagihan piutang negara sulit dilakukan adalah adanya masalah dengan pihak ketiga. Hadiyanto menjelaskan, sebagian besar piutang tersebut mengendap di beberapa obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Utang tersebut kemudian diteruskan bank-bank hasil rekap. Termasuk bank BUMN. “Jadi, sejak diserahkan ke PUPN (Panitia Urusan Piutang Negara) yang sekarang menjadi Ditjen Kekayaan Negara, piutang itu sulit ditagih,” terangnya. Hadiyanto mengungkapkan, pengurusan piutang negara berbeda dengan pengurusan piutang perpajakan yang basisnya berasal dari kewajiban terhadap peraturan negara. Meski demikian, kata dia, Dirjen Kekayaan Negara memiliki wewenang untuk mengajukan sita dan cekal kepada obligor agar penagihan efektif. “Biasanya, setelah dicekal, pembayaran baru efektif,” ujarnya. Sebelumnya, Hadiyanto menyatakan

Tips ‘Membekali’ Anak Kartu Kredit

Berikut adalah tips-tips dari Citibank bagi orang tua yang memberikan kartu kredit kepada anak: 1. Ajarkan anak menggunakan kartu kredit dengan bijak Anda sebaiknya mengajari dan memberi contoh penggunaan kartu kredit dengan baik kepada anak. Jika Anda sendiri tidak memiliki kebiasaan baik, kemungkinan besar putra-putri Anda akan mengikuti kebiasaan tersebut. Selalu ingatkan bahwa kartu kredit merupakan sarana pembayaran non tunai, bukan fasilitas untuk berutang. 2. Sampaikan bahwa kartu kredit adalah sebuah Privilege Saat pertama kali memiliki kartu kredit, sampaikan pada mereka bahwa kartu ini adalah hak istimewa yang Anda berikan padanya dan oleh karena itu mereka harus sepenuhnya bertanggung jawab dalam menggunakannya. Beritahukan juga bahwa Anda akan senantiasa memonitor transaksi yang dilakukan oleh anak. 3. Kaji ulang dan diskusikan tagihan setiap PM/net bulan

Saat menerima tagihan bulanan kartu kredit, duduklah bersama dan kaji setiap pengeluaran yang dilakukan oleh anak Anda. Jika Anda merasa terdapat hal-hal yang tidak diperlukan atau tidak semestinya, langsung ajak bicara dan selesaikan hal tersebut bersama putra atau putri Anda. Melalui tagihan bulanan, Anda juga bisa mengajarkan anak mengenai bunga dan pentingnya melunasi tagihan tepat waktu. 4. Miliki rencana pembayaran yang jelas Satu hal yang penting didiskusikan dengan anak adalah bagaimana ia akan membayar tagihan tersebut. Jika mereka belum bekerja, maka Anda dapat

memberlakukan potongan terhadap uang bulanannya. Ajarkan bahwa mereka hanya bisa melakukan pengeluaran sebesar jumlah uang yang mereka miliki. Jika tidak demikian, maka mereka nantinya tidak mempunyai kemampuan mengelola kartu kredit dengan baik. Jika membelikan anak sesuatu dengan biaya besar, Anda boleh saja mengenakan bunga saat ia mengembalikan uang kepada Anda. 5. Tentukan limit yang dapat digunakan anak Orang tua sebaiknya membuat kesepakatan dengan anak mengenai batas penggunaan kartu kredit. Dengan adanya limit tersebut, kedua belah pihak harus konsisten dalam mematuhi kesepakatan yang telah dibuat. Pastikan Anda hanya memberikan satu kartu kredit kepada anak.(japs) PM/net

Bisnis Peternakan Susu Sapi Murni Hasilkan Rp150 Juta per Bulan

Berawal dari Keprihatinan Gizi Anak di Brastagi

Berawal dari rasa keprihatinannya terhadap anak Indonesia yang banyak kekurangan gizi akibat tidak mengkonsumsi susu, Simon K Lee pun bercita-cita membuka peternakan sapi penghasil susu di Desa Jaranguda, Kecamatan Berastagi. Investasi yang ia tanamkan untuk memulai peternakan sapinya mencapai Rp12 miliar. Saat wartawan koran ini menyambangi peternakan tersebut, si pemilik peternakan, Simon K Lee sedang mengamati sapi ternaknya di lokasi dengan ditemani Ir Petrus Sitepu, Direktur Pengembangan, Pemasaran PT Putra Indo Mandiri Sejahtera (PIMS), perusahaan milik Simon K Lee yang bergerak di bidang pengelolaan susu sapi murni. “Saya membuka peternakan sapi penghasil susu karena ingin masyarakat di Berastagi sehat

dengan meminum susu sapi murni yang harganya terjangkau. Niat ini saya wujudkan ketika pulang menjenguk ibu saya di Berastagi,” kata Simon. Diceritakan Simon, pada pertengahan Nopember 2005 lalu, ia bersama Petrus memulai rencana membuka peternakan dengan membangun kantor, pabrik dan kandang sapi, serta mendirikan perusahaan bernama PT Putra Indo Mandiri Sejahtera (PIMS). Lokasi peternakan dibangun di atas areal seluas 13 hektar idan rampung awal 2006. Kemudian, pada 28 Maret 2006, ia memasok sapi keturunan impor dari Pulau Jawa dengan mendatangkan 70 ekor sapi keturunan impor jenis FH asal Amerika. Langkah membeli sapi turunan, mengingat sapi yang didatangkan langsung dari Amerika harganya sangat mahal. Harga seekor sapi impor

I

k

per ekor Rp27 juta. Dari hasil perkawinan silang dengan beberapa jenis sapi FH asal Belanda dan Australia, kini ternak sapinya mencapai 260 ekor. “Dari total 260 sapi, 50-an merupakan penghasil susu (melahirkan), sementara sisanya, anak (dara), jantan dan betina tidak memiliki anak,” kata dia. Namun, sambungnya, sapi yang ada sekarang, telah dikawinsilangkan dengan beberapa jenis sapi FH asal Belanda dan Australia. Sekarang yang memproduksi susu sekitar 50an ekor sapi betina. “Beberapa di antaranya stop produksi karena tidak memiliki anak,” ujarnya. Menurut ayah tiga anak ini, sapi betina keturunan impor mereka per harinya mampu memproduksi 15 liter susu murni. Padahal, sapi petani lokal hanya bisa menghasil susu 9 hingga 10 liter per harinya saja. (japs)

l

Direktur Pengembangan, Pemasaran PT. Putra Indo Mandiri Sejahtera (PIMS) Ir Petrus Sitepu PhD, bersama sapi keturunan impor di Daling Farm, Desa Jaranguda Berastagi.

a

n


KLINIK METAFISIKA Diasuh : Raden Haryo Damar Ahli Metafisika & Raja Susuk Ketik : POS(spasi)TGP (spasi)Pertanyaan Kirim ke 7669 (maks. 160 karakter) Hotline: 08153120669

SELALU TERLIHAT MEMBOSANKAN

HARTA karun dilego. Komersialisasi sejarah atau sejarah yang dikomersilkan menjadi buntut perdebatan. Ini mirip dongeng Alibaba dan Ali Kasim. Hedonisme menjebak yang berwatak rakus. Kita sedang ‘menggadaikan’ masa lalu itu agar jika melihat diri sendiri harus ke negeri seberang.

MISTERI PETA KUNO Istana Taifurkhafi di Istanbul, Turki, tersimpan selembar peta kuno yang sangat unik. Peta kuno yang terbuat dari bahan kulit rusa (Gazelle skin) ini ditemukan pada awal abad ke-18, sekilas jika dilihat mungkin hanyalah merupakan selembar replika peta daratan dimasa masa lalu. Dalam peta tersebut, hanya kawasan Laut Tengah yang tergambar secara persis, sedangkan kawasan lainnya, seperti benua Amerika dan benua Afrika tergambar sangat berbeda. Kemudian, di saat para ilmuwan menelitinya dengan lebih lanjut, hasil yang diperoleh sangat mengejutkan, karena ternyata peta kuno ini sebenarnya adalah gambar pandangan udara dari atas angkasa yang sangat detail dan terperinci. Jika disandingkan dengan gambar yang diambil dari pesawat Apollo 8, maka peta kuno Turki ini bagaikan fotokopinya. Gambar perubahan garis besar pada benua Amerika dan Afrika di peta kuno tsb, sesuai dengan gambar yang diambil melalui pesawat Apollo 8. Dan yang lebih menakjubkan lagi adalah, bahwa peta kuno itu melukiskan bentuk rumit permukaan bumi kutub selatan yang tertutup lapisan es tebal,Tidak ada perbedaan sedikit pun dengan hasil gambar pemetaan menggunakan fatometer yang dilakukan oleh tim eksplorasi kutub selatan pada tahun 1952 yang mengadakan penyelidikan keadaan bumi

di bawah lapisan es. Lalu siapakah pada masa purbakala yang sudah menguasai teknologi tinggi pemotretan melalui angkasa luar? Dari penemuan peta kuno ini menjadi suatu bukti akan kemajuan pengetahuan ilmu astronomi peradaban masa silam yang sampai detik inipun belum bisa dikuasai oleh manusia-manusia zaman sekarang yang notabene mungkin mempunyai peralatan yang lebih canggih dari mereka. Studi lebih lanjut mengatakan mungkin mereka telah dapat menciptakan suatu trobosan teknologi yang luar biasa pada masa itu,seperti telah melakukan penjelajahan luar angkasa dan pendaratan diplanet lain. Apalagi hal tersebut didukung oleh beberapa penemuan artifak2 kuno yang menggambarkan beberapa gambaran imajinasi astronot2 pada masa silam. Lalu, mungkinkah nenek moyang kita sudah ada yang bermigrasi dan menetap diplanet-planet lain yang memiliki karakteristik mirip dengan bumi yang pada saat mungkin belum dapat ditemukan keberadaannya oleh para astronom kita? Jikalau benar demikian, apakah ada benarnya juga kisah mengenai bangsa Lemuria yang dikisahkan sebagain penduduknya banyak yang bermigrasi keluar dari Bumi untuk mencari tempat tinggal baru diplanet lain ketika diambang kekalahannya dengan bangsa Atlantis pada dahulu kala?. (carikita.com)

Menyajikan Fakta, Peristiwa & Fenomena Penerbit : PT. Posmetro Medan Pers (Harian Posmetro Medan) Chairman Komisaris Utama Komisaris Direktur Utama Direktur

: : : : :

H Rida K Liamsi MBA Marganas Nainggolan Ari Purnama Janopa Sihotang Syaiful Ishak

HALAMAN 7

MINGGU, 13 JUNI 2010

TANYA: RHD, Saya penggemarmu dan saat ini bekerja sebagai tata rias di salon. Bagaimana agar enak dipandang orang, karena banyak yang bilang membosankan padahal saya sudah berusaha tampil maksimal. Pengirim: Dewi, Tebingtinggi JAWAB: Ada yang tidak berfungsi dalam diri Anda yaitu Innerbeauty, makanya selalu terlihat membosankan meski telah mati-matian berhias. Tips saya, buka aura dan pasang susuk semisal susuk kemilau. Saya yakin Dewi pasti lebih kinclong. (*)

Harta Karun dan ‘Karang Hantu’ Harta itu memang belum jadi dijual. Bukan timbulnya kesadaran terhadap nilai sejarahnya, tetapi lebih karena belum ada yang beli. Maka hanya dalam hitungan hari yang pro dan kontra meredup. Mereka tidak memperpanjang polemik. Harta karun itu diangkat dari laut Banten. Berbagai keramik berbentuk guci, mangkuk, piring, belanga perunggu dan emas permata berhasil dikumpulkan. Nilai taksiran sekitar Rp 700 miliar. Ada yang berspekulasi bisa menembus triliun rupiah. Hampir pasti harta itu punya pertalian erat dengan kerajaan Banten (1631-1683). Kerajaan ini mencapai keemasannya ketika Sultan Ageng Tirtayasa memerintah. Banten menjadi bandar internasional. Perdagangan maju pesat, money changer berdiri sepanjang sungai berdampingan dengan perkampungan bangsa asing yang menambah semaraknya ‘Kraton Air’ (Tirtayasa). Sultan Ageng Tirtayasa (16511683) adalah sosok yang perlu ditauladani. Dia anti asing yang menjajah. Mencegat dan mengusir armada Portugis sebelum masuk perairan , dan menolak berdamai dengan Belanda. Sikap ini yang membuat geram para agresor itu. Putra Sultan Abu al-Ma’ali Ahmad yang bergelar Pangeran Surya itu mengangkat kebesaran sejarah dan pengukir sejarah daerah ini. Dia me-

neguhkan eksistensi Sunan Gunung Jati yang dimakamkan di Gunung Sembung. Menjadikan makam Adipati Keling sebagai tonggak peringatan. Sebab keberanian bermartabat itu pangkal niat Sang Adipati ngabekti hingga anak-cucunya kini. Sikap kukuh itu juga sebagai bentuk keteguhan Tirtayasa dalam melihat Sumur Gumuling dalam perspektif sejarah. Para wali berkumpul di pelataran ini dan sepakat memilih arah dalam syiar Islam di tanah Jawa. Itu dalam babad disebut sebagai ‘embrio lahirnya Walisongo’. Sayang militansi Sultan Ageng Tirtayasa itu tergerogoti dari dalam. Dua putranya Pangeran Haji dan Pangeran Purbaya menghancurkan pondasi yang dibangun. Pangeran Haji didukung Belanda, menyerang kerajaan sang ayah, dan kudeta itu berakhir berdarahdarah. Banten yang gagah hilang sudah. Kebesaran kerajaan ini terserak di banyak tempat. Beton dan pagar, bekas ‘pabrik mesiu’ serta tergalinya kapal dagang memuat harta karun bukti akan itu. Artefak ini kebenaran masalalu. Juga situs di Gunung Jati dan Gunung Sembung, Klenteng Talang, serta masih banyak lagi. Maka yakin atau tidak yakin, yakinlah, bahwa Banten memang kerajaan yang sangat luar biasa. Di tengah kebesaran itu, se-

mua peninggalan terbengkelai, dongeng mengikis fakta, dan kita juga acap mendengar ‘ribut’ antar trah. Maka ‘pasar krempyeng’ Karangantu rasanya tepat sebagai etalase keterpurukan itu. Pasar yang dulunya menjadi sentra bisnis internasional itu kini berdiri sepi di tepi sungai berbau tak sedap. Jangan kaget bila ada yang memelesetkan Karangantu dengan ‘Karang Hantu’.

Untuk itu, entah, penjualan aset berharga bangsa ini tepat atau tidak. Terlalu banyak ‘hantu’ untuk urusan itu. Jangan lagi yang terserak dalam laut atau tanah. Sedang yang ada dalam museum saja dijarah dan dipalsukan aslinya. Lihat peristiwa di Museum Radya Pustaka, Solo beberapa tahun lalu. Maka di tengah melalar baikburuk penjualan artefak yang sudah molor sampai dua men-

teri itu saya sering bertanyatanya, kenapa patung Brawijaya yang kini tersimpan di Candi Cetho itu diburu puluhan tahun di negeri orang hingga balik lagi ke asalnya. Atau? Jangan-jangan patung itu sekarang juga palsu setelah menghabiskan dana besar dan ribut berbagai kalangan reda? Wah, kita memang saudaranya Alibaba, Ali Kasim yang rakus.(Djoko Suud)

Ariel - Luna Pucat dan Shock hadir. “Kalau bisa, ketiganya datang sekaligus supaya pemeriksaan segera tuntas,” ujar Wakil Kepala Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Zainuri Lubis saat dihubungi kemarin (12/6). Berdasar informasi yang diterima polisi, ketiganya berjanji terus kooperatif selama pemeriksaan berlangsung. “Kami menghargai kesadaran mereka. Warga negara yang baik taat hukum,” kata mantan kepala bagian perencanaan bareskrim itu. Saat ke Mabes Polri pada Jumat (11/6), hanya Ariel dan Luna yang datang. Cut Tary belum muncul. Ariel dan Luna juga belum banyak memberikan keterangan penting. Menurut Zainuri, kondisi keduanya kurang sehat saat bertemu penyidik. “Agak shock dan pucat. Kami maklumi. Memang tidak bisa terburu-buru,” katanya. Saat datang, Ariel juga meminta agar polisi menjaga privasi mereka terhadap awak media. “Kami tidak mengistimewakan, tapi penyidik wajib menghargai. Sebab, status mereka masih saksi korban,” tegasnya.

Secara terpisah, salah seorang penyidik yang menangani kasus tersebut menjelaskan, saat ini tim sedang mengejar dua orang tersangka peng-upload video berdurasi 2 menit 37 detik dan 6 menit 49 detik itu. Juga orang yang menyebarkan video mirip Cut Tary berdurasi 8 menit 45 detik. “Lokasinya sudah terlacak,” kata sumber Jawa Pos grup POSMETRO MEDAN itu. Orang itu memasukkan video mirip Luna ke situs komunikasi orang dewasa SM dengan ID Dimasboy. “Dia upload tanggal 3 Juni (Kamis) pukul 22.30. Sekarang sudah di-deleted sendiri di situs itu,” katanya. Dilihat dari status anggotanya di SM, dia masih pemula (rookie). “Kami duga, dia sengaja masuk menggunakan forum itu, lalu menyebarkan,” katanya. Orang lain ber-ID Kee juga diincar polisi. Kee adalah “orang lama” di dunia mesum internet. Dia juga mengelola sebuah situs di blogspot dengan nama soerga-dunia. Posisi keduanya adalah di Bandung, Jawa Barat. “Kami sudah koordinasi dengan Polda Jawa Barat,” kata perwira menengah

senior itu. Secara terpisah, tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga berhasil melacak penyebar video tak layak tonton itu. Juru Bicara Kominfo Gatot S. Dewobroto mengatakan, pihaknya sudah bergandeng tangan dengan polisi. “Alhamdulillah, kami sudah pantau dan dapatkan lokasinya,” kata Gatot kemarin. Namun, dengan alasan penyidikan, Gatot menolak menjelaskan secara lebih detail. “Kami minta masyarakat bersabar dan tidak perlu cemas lagi. Dalam hitungan hari akan segera terungkap dan ditangani pihak berwajib,” tegasnya. Harus Segera Minta Maaf Video porno yang pemerannya mirip Ariel, Luna Maya, dan Cut Tary beredar luas di publik. Kalau memang bintang dalam video itu mereka, tiga artis papan atas itu pun diharapkan segera memberikan klarifikasi dan kemudian meminta maaf dan agar perilaku di dalam video tidak ditiru.

“Kalau memang orang dalam video itu mereka, cepat-cepatlah minta maaf. Kalaupun tidak benar, ya bilang saja tidak benar,” kata Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, Sabtu (12/6). Selain meminta maaf, Ariel, Luna, dan Tary juga diharapkan bisa mengatakan kepada fans-nya agar tidak meniru perilaku yang ada di dalam video. “Mereka kan publik figur, dengan bilang ‘jangan ditiru’ diharapkan itu bisa meredam ini semua,” kata Arist. Arist mengatakan, peredaran pornografi di lingkungan anak-anak saat ini sudah sangat tinggi. Apalagi dengan adanya video porno mirip idola para remaja ini. “Ariel dan Luna itu kan idola, bayangkan kalau idolanya melakukan demikian. Bisa ditiru itu sama anak-anak,” kata Aris. Setelah lebih dari sepekan video mirip artis beredar, Ariel dan Luna belum berbicara banyak. Pasangan kekasih itu memang telah memenuhi panggilan Mabes Polri namun masih bungkam kepada pers. Sementara itu Tary telah membantah video itu bukanlah dirinya. (jpnn)

diteruskan. Karena pengurusan di kantor polisi berbelit-belit dan memakan waktu, kami pulang larut malam. Ibu Iwan membawaku ke rumahnya untuk bermalam dan beristirahat di kamar adik Iwan yang bernama Evi. Besoknya (5/6), aku mendengar Iwan berbicara dengan seorang wanita melalui ponsel. Pembicaraan itu begitu mesra, sampai aku menggigil menahan marah dan cemburu. Tak sanggup lagi menahan emosi, aku langsung merampas ponsel Iwan. Tapi Iwan malah marah dan menonjok mata kananku. Tak puas, sambil mengambil paksa ponselnya dariku, Iwan menamparku sebanyak 4 kali. Aku berniat kabur, tapi Iwan malah mencekik dan mendorongku hingga tersungkur ke tanah. Aku sakit hati sekali diperlakukan bagai

binatang oleh lelaki yang sangat kucintai. Segala pengorbananku jadi sia-sia. Tak sedikit pun dia memperlakukanku sebagaimana layaknya kekasih. Padahal wanita yang kini dekat dengannya adalah cewek kafe yang notabene melayani lelaki hidung belang. Kali ini Iwan takkan kumaafkan, meski pun ibunya menjilat kakiku. Aku kembali melaporkan penganiayaan Iwan ke Polsek Delitua. Terserahlah polisi mau bilang apa, mungkin mereka heran denganku. Tapi biarlah, aku yang tahu karena aku yang merasakan kesakitan ini. Keluargaku di Berastagi juga sudah mengetahui persoalanku. Biarlah.semua orang tahu, aku benar-benar ingin memenjarakan orang yang pernah kucintai itu. Perasaanku sudah hambar terhadapnya. (Curhat Chika Br Barus pada Jery Panjaitan)

Cinta Buta Nyaris Membunuhku Aku terlalu percaya padanya hingga harta pun tak kuperdulikan habis ditangan pacarku itu. Hajabnya, cinta buta ini juga nyaris merenggut nyawaku. Tanpa kuketahui, ternyata Iwan main api di belakangku. Lelaki jahat itu menjalin kasih dengan cewek kafe di Marindal, namanya Winda. Aku percaya saja setiap kali Iwan meminta uang padaku. Bahkan 3 unit hpku yang dipinjam Iwan, malah dijualnya. Katanya untuk biaya betulin sepeda motor. Tapi ternyata pacarku yang menetap di Jalan Delitua Gang Sempurna itu ternyata suka bernarkoba dan bermain judi. Aku pun melontarkan kekesalan padanya melalui sejumlah SMS. Namun karena tak satupun SMSku dibalas, telepon juga tak diangkat. Aku lalu mendatangi lokasi nongkrongnya. Berjarak 50 meter aku memanggil Iwan agar datang, aku tak mau ribut di depan

Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan: Janopa Sihotang Wakil Pemimpin Umum : H Affan Bey Hutasuhut Pemimpin Redaksi : Maranatha Tobing Ombudsman: Vincent Wijaya Dewan Redaksi: Marganas Nainggolan (Ketua), Janopa Sihotang, H Affan Bey Hutasuhut, Maranatha Tobing, Ahmad Faisal Matondang, Alvin Nasution Wakil Pemimpin Redaksi: Ahmad Faisal Matondang, Alvin Nasution Redaktur Pelaksana : Jhonson Sibarani Assisten Redaktur Pelaksana : Budi Hariadi

teman-temannya. Tak dinyana, Iwan menggas sepeda motornya dan melaju kencang ke arahku. Aku mengira dia akan berhenti tepat di depanku. Tapi tidak, Iwan ternyata sengaja menabrakku hingga aku tercampak ke aspal dengan luka robek di kepala. Sejumlah warga yang menyaksikan itu lalu membawaku ke Polsek Delitua melaporkan perbuatan Iwan. Namun di tengah laporan, aku tiba-tiba pingsan karena darah banyak keluar dari kepalaku. Beberapa hari aku opname di rumah sakit. Begitu sembuh, Jumat (4/6), aku kembali ke kantor polisi guna melanjutkan pengaduanku. Namun tiba-tiba orangtua Iwan datang dan mencium kakiku, minta agar aku tak melanjutkan laporanku. Melihat ibu Iwan memohon-mohon, aku pun iba. Kami lalu membuat surat perdamaian agar masalah itu tak lagi

Koordinator Liputan : Solideo Sembiring Redaktur :Mangampu Sormin, Johasman Tarigan, Hiras Budiman Situmeang Reporter: Johan H Panjaitan, Nanang,Darwis Sinulingga, Pasta Tarigan, Elfitra Sihombing, Mula NH Tinambunan, Kali A Harahap, Jafar Siddik, Reza Wibowo, Ali Amrizal, Rusdi Nasution, Syahrul R Sihotang, Sahala Simatupang, Aswin ,M. Zulfadli Siregar Sekretariat Redaksi: Sekretaris Redaksi: Nurleni Dept Perwajahan, Pracetak & Artistik : Kadept. Perwajahan, Artistik : Simon Sinaga Ka.Bag: Dedy Syahputra Kord Pracetak/Perwajahan : Ferry Sumarlen

Kord. Mounting : Syafrizal Art/Graphis: Boniq Suhendar Tekhnisi, Maintenance dan IT: Joel E Simanjuntak Penjab Online : Rudi Eka S Simanjuntak Departemen Umum/Adm/Keuangan: Manager Umum/Sdm/Keuangan: Rudyanton M Sidabutar Kadept. Umum/Adm/Keu : Eva D Sitorus Kabag. Adm/Piutang : Nancy Paulina Departemen Sirkulasi/Pemasaran: Manager Pemasaran : Feri Agustika Kadept. Pemasaran: Advert B. Malau Kabag Pengembangan : Novi Syahputra Kord. Pengembangan : Indra S Lingga

Kord. Ekspedisi : Oryza Pasaribu Kord. Distribusi : M Taufik Kabag. Adm/Piutang : Imelda Simbolon Departemen Iklan: Manager Iklan/EO : Losber Sihotang Ka.Bagian Iklan: Sri Kurniasih Kord. Adm/Piutang : Henny Siregar Kord. Pengembangan : Parsaoran Purba Kord. Design : Arif Budiman Penasehat Hukum : A Hakim Siagian M.Hum Tarif Iklan : Halaman 1 (Utama) Full Color Rp. 26.000 mm kolom, Hitam/Putih (B/W) Rp. 20.000/mm kolom, Halaman 8, 9 & 16, Full Color Rp. 15.000 mm kolom, Hitam/Putih (B/W) Rp. 10.000/mm, Ucapan Duka Rp.

8.000 mm kolom, Halaman Dalam (B/W) : B/W Rp. 8.000 mm kolom, B/W duka Rp. 5.000 mm kolom. Harga iklan ditambah PPN 10%. Harga Eceran Rp. 2.000 (dalam kota). Rekening a/n : PT. Posmetro Medan Pers, Bank Mandiri Cab. Tiara Medan Ac: 105-0003103441. Rekening a/n: Marganas Nainggolan Alamat Redaksi/Iklan/ Pemasaran: Jl.SM RAJA KM 8,5 No.134 Medan-Amplas, Telp (061) 7881661 Fax (061) 7881733.e-mail: pos_metro_medan@yahoo.com Perwakilan Jakarta: Jalan Raya Kebayoran Lama17 Jakarta Selatan, Telp. (021)-5349205, 5349206, 5349115. Fax. (021)-53490522. Pencetak : PT Medan Graindo, Jl.SM RAJA KM 8,5 No.134 Medan-Amplas Telp (061) 7881661 Fax (061) 7881733

PENGUMUMAN : Setiap menjalankan tugas peliputan, Wartawan POSMETRO MEDAN dilengkapi Surat Tugas atau Kartu Pers POSMETRO. Jika ada yang mencurigakan, silahkan hubungi call centre kami di 0812-6309088. Terima kasih


MINGGU 13 JUNI 2010

CMYK

CHOKY SITOHANG

Siap aikahi

Nangis Demi Empati Masyarakat JAKARTA Tercatat, Luna Maya dua kali menangis pasca video mesum mirip dirinya dan Ariel beredar. Luna menangis bukan tanpa tujuan. Dia ingin meraih simpati masyarakat. Ketika video mesum ‘ArielLuna Maya’ beredar pada Jumat, 4 Juni 2010, Luna langsung menjadi incaran wartawan. Ramai-ramai pewarta menunggu Luna yang sedang syuting acara musik Dahsyat di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Di sela jeda iklan, Luna yang wajahnya terlihat mendung tak kuasa lagi menahan tangis. Tampaknya, bintang iklan sabun mandi ini tak sadar kamera wartawan masih menyorot wajahnya. Tatkala sadar masih diperhatikan wartawan, Luna buru-buru menyeka air mata. Kali kedua air mata aktris asal Bali ini tumpah manakala diperiksa di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo No 3, Jakarta, Jumat (11/6). Menurut sumber, Luna menangis saat diperiksa di depan penyidik. Reaksi bintang film Asmara Dua Diana ini dalam menghadapi kasus video porno berbeda jauh dengan ketika diterpa masalah melawan infotainment. Saat berkasus dengan infotainment, Luna sangat tegar dan terkesan frontal. Malah dia berani mencaci infotainment di Twitter dengan mengatai,

“Infotemnt derajatnya lebh HINA dr pd PELACUR, PEMBUNUH!!! may ur soul burn in hell!!”. Nah, mengapa di kasus video porno ini Luna terlihat rentan, rapuh, dan mudah menitikkan air mata? “Artis pintar menampilkan apa yang dia ingin tampilkan di muka umum. Yah tak ubahnya drama queen. Ada agenda setting yang hendak dia raih. Misalnya, empati masyarakat,” analisa psikolog Sani B Hermawan, saat berbincang dengan okezone, baru-baru ini. Dikutip dari Kamus Daring, empati memiliki makna yaitu keadaan mental yang membuat seseorang merasa atau mengidentifikasi dirinya, keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain. Dari pengertian empati tersebut, bisa diartikan, Luna menangis demi berusaha membuat masyarakat ikut merasakan perasaannya yang tertekan, marah, dan kecewa akibat peredaran video itu. “Luna Maya bukan artis baru, sudah mapan. Dia punya kesadaran membentuk imej di masyarakat. Sulit untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dari tangisan Luna itu. Kalau menurut saya, dia ingin mengambil empati publik. Karena menangis kan sebenarnya bisa ditahan,” jelasnya. (bd/oz)

MELISSA ARYANI

JAKARTA Kisah percintaan presenter Choky Sitohang dengan Melissa Aryani tidak banyak diketahui publik. Namun ternyata Choky akan segera menikah dengan perempuan yang sudah dipacarinya selama lebih dari empat tahun itu. Pembawa acara ‘Take Me Out’ itu mengaku sudah siap menikahi sang pacar bukan karena lamanya mereka berhubungan. Tetapi Choky yakin bahwa Melissa adalah sosok perempuan yang memang pantas untuk mendampingi hidupnya. “Pernikahan akan berlangsung tanggal 18 Juni, hari Jumat,” ucap Choky yang didampingi Melissa saat ditemui di Wisma 76, jalan S.Parman Kav.76, Jakarta Barat, Jumat (12/6) malam. Dikisahkan Choky, awal pertemuannya dengan sang pacar adalah saat mereka mempunyai kegiatan yang sama

disebuah komunitas anak muda. Hanya butuh waktu satu bulan, mereka pun resmi berpacaran. “Saya ketemu Caca (panggilan Melissa) sejak awal membangun karir,” tuturnya. Bagi lelaki kelahiran Bandung, 10 Juli 1982 itu, Melissa adalah sosok perempuan yang setia. Choky bercerita, pernikahannya nanti dengan sang pacar akan menggunakan konsep modern dan elegan. Tetapi pemain film ‘Sang Dewi’ itu juga akan mengkombinasikannya dengan adat Batak. “Saya pakai adat Batak modern. Pakaiannya bernuansa Batak, tapi tidak ada

adat Batak secara lengkap karena waktunya tidak cukup,” tambah Choky yang jadwal kerjanya selalu padat itu. Lelaki berusia 27 itu juga mengungkapkan kalau satu hari setelah mereka menikah nanti, dirinya sudah ditunggu pekerjaan. “Besoknya saya harus menjadi MC menjadi pernikahan orang lain. Lucu ya, cuma saat menjadi MC itu saya udah jadi suami,” kata Choky sambil tertawa. (bd/dc/oz)

Acha-Irwansyah Nyanyi Bareng Lagi JAKARTA Sejak putus pacaran, Acha dan Irwansyah tak lagi tampil bersama. Bagi Anda yang merupakan fans mereka, keduanya akan duet bareng lagi.

“Sudah lama tidak duet bareng dia. Kita akan duet nyanyi soundtrack film Love Story, Desember tahun ini,” ungkap Acha yang ditemui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (11/6). Tak hanya menyanyikan lagu soundtrack, Acha juga akan membintangi film itu bersama Reza Rahardian. Menurut

Acha, film berlatar belakang pedesaan itu sangat unik. Sayang, artis yang pernah digosipkan pacaran dengan Pasha ‘Ungu’ itu menolak bercerita detail. “Aku belum bisa cerita peran aku apa di film itu. Nanti enggak seru lagi dong. Tapi yang pasti untuk soundtrack kemungkinan besar saya

dengan Irwansyah lagi,” kata Acha. Bekerja sama lagi dengan mantan pacar, artis yang masih kuliah di Malaysia ini senang. Dia sudah yakin, akan ada perbedaan antara kerja sama dengan Irwansyah ketika pacaran dulu dan sekarang. bd/oz)

HIKAOYLSIE: MndeknmS Eapaspt Tahun Ini MiSie Eripa

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari) Kamu agak menutup diri dari pergaulan yang sudah lama ngga kamu masuki. Padahal mereka beberapa kali mencoba menghubungimu. Kesehatan: Ngantuk berat! Keuangan: Semua bisa dihitung. Asmara: Belum ada cinta baru. Kepribadian: Kamu memang punya ambisi besar memperoleh suatu hal yang sudah kamu niatkan. AQUARIUS (18 Januari-18 Februari) Kamu akan memulai hari ini dengan kesibukan yang sesuai dengan hobi kamu. Karena itu waktu jadi terasa begitu cepat. Kesehatan: Jangan lupa olahraga. Keuangan: Ada pemasukan tambahan. Asmara: Manusia ngga luput dari kesalahan, jangan terlalu menuntut donk! Kepribadian: Kata orang sabar memang ada batasnya, tapi untuk beberapa kasus sabar ngga ada batasnya untuk menanti sebuah kesuksesan diiringi dengan usaha dan doa.

donk.

PISCES (18 Februari-20 Maret) Berita yang kurang menyenangkan akan kamu terima dari seorang teman. Tapi jangan mudah percaya begitu saja. Kamu berhak mengecek kebenarannya. Kesehatan: Perbanyklah makan buah. Keuangan: Agak berkurang. Asmara: Jangan suka curiga berlebihan. Kepribadian: Kamu GR aja deh kalau ada yang memuji. Boleh sih, tapi tetap rendah diri ARIES (21 Maret-19 April) Kalau kamu menampilkan sikap yang acuh tak acuh seperti sekarang ini, pasti deh ngga lama lagi kamu bisa dicap

sombong. Kesehatan: Segar bugar. Keuangan: Belum ada pemasukan tambahan lagi. Asmara: Semua masih nampak indah. Kepribadian: Kamu suka terlalu tertutup, sehingga orang salah duga dengan apa yang kamu mau.

Della Dahaka

ulasnya. Dengan para pemain bintang dalam kesebelasan Inggris, Kinaryosih yakin tim itu bisa mengatasi Jerman di final jika prediksinya benar-benar terjadi. “Inggris punya Rooney, Terry, Lampard, yang sangat punya skill bagus. Aku pegang Inggris lawan Jerman di final dengan skor 2-0,” pungkasnya. (kcm)

MEDAN “Gangtungkan cita-citamu setinggi langit”. Kata-kata bijak itulah yang menjadi pemecut Della Dahaka bersungguh-sungguh menekuni dunia modeling. Dara manis kelahiran Medan, 29 Desember 1994 ini pun telah memetik hasil dari ketekunannya. Berbagai penghargaan telah ia bawa pulang. Anak tunggal pasangan Muhammad Izam Pane dan Ira ini merasa tak pernah puas memberi kebanggaan kepada kedua orangtuanya. Sejak sekolah dasar Della telah mampu membawa pulang piala dan perhargaan dalam ajang modeling. Diantaranya, juara 3 kejuaraan Top Model Batik Nusantara Se-Kota Medan, Juara 3 Fashion Show “Kemilau Wisata Nusantara”. Keberhasilan yang diraih gadis yang kini duduk di kelas I SMA Negeri 4 Medan merupakan mimpi yang belum keseluruhannya tercapai. Anak Sunggal yang menetap di Jalan Kaswari, Gg Damai, No 7, Kel Sei Sekambing B ini juga telah mampu menghasilkan uang dengan bakatnya. Sebab tak jarang ia dibesut untuk tampil dalam event promo produk-produk otomotif. Semua yang telah didapat tak lantas membuat Della besar kepala. Tak jarang pula ia menolak tawaran jika di jam sekolah. Bagi pecinta kucing ini, pendidikan adalah segala-galanya. “Makanya aku gak mau kalau ada event di hari sekolah. Tapi kalau minggu ya jelas dong,” ungkapnya pemilik tinggi badan 162 cm dan berat badan 45 kg ini.(fitra)

CMYK

JAKARTA Aktris yang juga model Kinaryosih (31) memprediksi final ideal. Menurutnya, Inggris versus Jerman akan menjadi tontonan yang menarik jika kedua tim itu bertemu di partai puncak Piala Dunia 2010. “Aku ingin Inggris bisa ke final dan juarai Piala Dunia tahun 2010 ini, setelah di final melawan Jerman,” kata peraih Piala Citra 2006 untuk kategori Pemeran Pembantu Wanita Terbaik dengan aktingnya dalam film Mendadak Dangdut ini. Kinaryosih menilai, Inggris dan Jerman sama-sama memiliki peluang untuk melangkah hingga ke final Piala Dunia 2010. “Dua kekuatan Eropa yang samasama punya peluang juara dunia. Piala dunia tahun ini milik Eropa,” katanya lagi dengan penuh semangat. Meski menjagokan tim asal Eropa, Kinaryosih tetap mewaspadai juara dunia lima kali, Brazil. “Walaupun Brazil dan Argentina kuat, tapi Inggris lebih siap dibanding mereka. Dengan pelatih sekaliber Capello, mereka, pemain, bisa konsentrasi dan percaya diri untuk melalui penyisihan sampai ke final,”

TAURUS (20 April-20 Mei) Ketika semua hal berjalan lancar, hati jadi tenang. Apalagi bila ditambah dengan adanya prospek yang cukup cerah dalam hal asmara. Kesehatan: Siap beraksi. Keuangan: Dompet menipis sedikit. Asmara: Klop banget. Kepribadian: Orang-orang sering menyebutmu sebagai orang yang konyol. Kalau dalam situasi yang tepat, memang kepribadianmu ini bernilai positif. GEMINI (21 Mei-21 Juni) Ada ajakan untuk berkumpul bersama teman lama. Kamu merasa malas dan udah ngga bakal nyambung lagi kalaupun berjumpa dengan mereka. Kesehatan: Sering pusing sedikit. Keuangan: Agak berkurang. Asmara: Jangan menunjukkan kemesraan yang berlebihan. Kepribadian: Kamu jangan sampai dibilang kacang lupa kulitnya lho. Biar bagaimanapun kamu harus ingat masa lalumu.

CANCER (22 Juni-22 Juli) Kenali perasaanmu dengan baik supaya bisa memecahkan masalah yang kamu hadapi. Kalau ngga bisa mengindetifikasikan bagaimana kamu bisa memecahkannya? Kesehatan: Jangan lupa makan buah. Keuangan: Coba hitung budget sebelum bertindak. Asmara: Kalau marah, jangan berlebihan. Kepribadian: Jangan menilai orang lain terlalu jauh sebelum kamu mengenalinya. LEO (23 Juli-22 Agustus) Keresahan yang kamu memang beralasan. Namun, jangan membawa perasaan itu berlebihan sehingga kamu ngga bisa mengerjakan yang lain-lain. Kesehatan: Jagalah kebersihan kulit. Keuangan: Pengeluaran harus lebih diperhitungkan. Asmara: Kalau mau mendapat perhatian darinya, cobalah bersikap menjadi dirimu sendiri. Kepribadian: Jangan suka membesar-besarkan masalah. Karena semua apsti akan ada jalan keluarnya.

VIRGO (22 Agustus-22 September) Cobalah atur waktu dengan proporsional. Perbanyak porsi istirahat agar fit. Karena akhir minggu ini kamu bakal melakukan aktivitas berat. Kesehatan: Bersin-bersin terus. Keuangan: Tabungan akan terisi lagi. Asmara: Dia terus memperhatikanmu. Kepribadian: Sering kali semangat dalam dirimu berlebihan sehingga kamu ngga sadar kapan harus behenti. LIBRA (23 September-23 Oktober) Sebagai seorang pemimpin, kamu diberikan tanggung jawab untuk memberikan panutan kepada orang lain. Kamu pasti bisa melakukannya. Kesehatan: Bagus. Keuangan: Jangan lupa menabung. Asmara: Agak ragu. Kepribadian: Semangatmu untuk memimpin dengan baik kadangkala dikacaukan oleh semangatmu untuk ditakuti.

SCORPIO (24 Oktober-21 November) Kenapa sih kamu kok selalu menuntut orang lain memperhatikan dirimu sesuai apa yang menurutmu paling ideal? Kamu harus bisa ikhlas. Kesehatan: Kalau capek, istirahat donk. Keuangan: Kamu bisa menagtur pengeluaran dengan cukup baik. Asmara: Harus lebih saling pengertian. Kepribadian: Kalau kamu hanya mau dimengerti, lingkunganmu bisa jadi ngga betah kamu perlakukan seperti itu terus. SAGITARIUS (23 November-21 Desember) Kamu sering kali terlalu posesif sehingga orang yang dekat sama dirimu kamu atur berlebihan. Mereka juga punya keinginan bebas. Kesehatan: Perlu banyak bergerak agar lebih bugar. Keuangan: Cukup aman sampai akhir bulan. Asmara: Saat bersama dengannya semua terasa lebih mudah. Kepribadian: Jangan terbelenggu sama masa lalu dan menjadikannya sebagai patokan satu-satunya untuk mengambil sikap.


HALAMAN

CMYK

CMYK

10

sambungan panggung hukum

Klik

MINGGU, 13 JUNI 2010

www.posmetro-medan.com

http://epaper.posmetro-medan.com

2011 Medan Berlakukan NO SMOKING MEDAN ‘’Hajab kali ah, merokok aja sudah dilarang pemerintah,’’begitu sepenggal kalimat yang dilontarkan beberapa warga Kota Medan, menanggapi bakal diberlakukannya Kawasan Tanpa Rokok (KTR) oleh Pemko Medan pada tahun 2011 nanti. Meski belum diberlakukan, namun pelarangan itu sudah diprotes para penikmat rokok.

Hal ini tentu berpengaruh terhadap perilaku penikmat rokok dalam pergaulan. Bahkan kebanyakan penikmat rokok mengaku tak bisa berpikir atau mengerjakan sesuatu jika tak merokok dulu. Ada juga yang menyebutkan, rokok untuk menghilangkan suntuk. Begitulah yang diungkapkan Faisal, warga Pulo Brayan Medan. Pekerja di pabrik meubel ini seharinya menghabiskan 2 bungkus rokok kretek. Pola hidup yang dijalaninya seakan tak bisa lepas dari asap tembakau itu. ‘’Aku pernah coba

Masyarakat Belum Siap

PM/INT

berhenti merokok, malah kepalaku pusing. Jadi kalau merokok dibatasi pemerintah, kayaknya tak masuk akal. Kan rokok itu kami yang beli, pakai uang sendiri bukan uang pemerintah,’’kata lelaki bertubuh tegap ini. Senada juga diungkapkan Wak Dul, penarik betor di

kawasan Pancing. ‘’Ah ada-ada saja pemerintah ini, merokok pun dilaranglarang. Dalam agama islam, merokok itu makruh. Sama seperti makan jengkol dan petai, merokok itu bukan sesuatu yang haram. Merokok tetap diperbolehkan untuk dilakukan meski tidak disarankan,’’kata Wak Dul sembari menyedot rokok mild-nya. Berbeda dengan keduanya, Nasrun, warga Brigjen Katamso, mendukung

program pemerintah. Meski dia perokok, namun menurutnya, banyak masyarakat yang merupakan perokok aktif g merokok di tempat-tempat yang termasuk dalam kategori kawasan dilarang merokok. Walaupun sudah ada tempat khusus merokok bagi para perokok, terkadang masih banyak orang yang merokok seenaknya sendiri

>> Baca di Hal 10

Peringatan di Kotak Bagai Macan Ompong MEDAN Gagasan dan inisiatif Ranperda Larangan Merokok di tempat umum yang berhembus dari gedung eksekutif tentu pantas untuk didukung. Apalagi, jika kemudian kalangan eksekutif dan legislatif bersepakat menuangkan gagasan itu ke dalam peraturan hukum yang bersifat mengikat warga.

Dukungan penuh itulah yang dilontarkan Direktur Lembaga Advokasi Perlindungan Konsumen (LAPK) Farid Wajdi pada Pemko Medan. Farid menilai, Urgensi ranperda terkait tidak efektifnya peringatan kesehatan berPM/INT

bekerja asal-asalan, Pemko Medan harus dikuatirkan akan melalui sejumlah timbul gejolak di tahapan untuk memkalangan masberlakukan program yarakat. KTR. Tak hanya me‘’Merokok itu kelakukan pembahasan biasaan prilaku dengan berbagai eleseseorang. Merubah men masyarakat dan kebiasaan itu sulit, badan legislative. Tapi karena itu harus juga survey ke lokasidilakukan dengan lokasi umum yang tercermat dan teliti. tutup, seperti gedung, Sebab, selama ini kantor dan angkot. masyarakat sesuka ‘’Dikuatirkan mashatinya merokok yarakat belum siap PM/DOK tanpa peduli dengan menerima larangan Sabar Syamsuria Sitepu kesehatan orang merokok ini,’’kata Wakil Ketua DPRD Medan Sabar yang tidak merokok. Begitu semua tahapan sudah dilakukan, program Syamsuria Sitepu. Politisi Golkar ini menegaskan, KTR sudah bisa disosialisasikan pihaknya mendukung program karena masyarakat sudah siap,” pemerintah. Namun jika program itu pungkasnya. (Ali Amrizal)

Langkah Menertibkan Umat PENCANANGAN pemerintah membuat suatu daerah larangan merokok itu harus berjalan arif dan bijaksana. Sehingga tidak terjadi kesingunggan dengan masyarakat lain. Hal itu dilontarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan Prof M

Hatta kepada POSMETRO MEDAN, Jum’at (11/6). “Kita berharap diimplementasikan perda larangan rokok ini dalam kehidupan masyarakat. Ini suatu langkah menertibkan umat. Sebab,

>> Baca di Hal 10

bunyi merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, serta gangguan kehamilan dan janin (PP Nomor 38 Tahun 2000 tentang Pengamanan

>> Baca di Hal 10

PM/INT


2011 Medan Berlakukan No Smoking tanpa menghiraukan kenyamanan dan kesehatan orang lain. ‘’Saya memang perokok, tapi saya setuju program pemerintah untuk memberlakukan Kawasan Tanpa Merokok. Jadi masyarakat itu tahu dan lambat laun mengurangi konsumsi rokoknya,’’kata karyawan swasta itu. Perokok Indonesia Memprihatinkan Menurut Kabag Hukum Pemko Medan Idris Luthfi, keputusan membuat Perda larangan merokok itu sudah mendesak. Sebab berdasarkan data, selain merugikan diri sendiri merokok juga merugikan orang yang berada di sekitarnya terlebih orang yang perokok pasip alias tidak merokok. Berdasarkan data yang dipegang pihaknya, Lutfhi bilang, jumlah perokok di Indonesia sudah cukup memprihatinkan. Untuk anakanak berusia 5 sampai 9 tahun mencapai sudah mencapai 1,8 persen, Remaja wanita berusia 15-19 tahun mencapai 1,9 persen, Wanita dewasa 4,5 persen dan pria dewasa mencapai 6,3 persen. “Sekitar 60 juta lebih rakyat ini merokok. Jumlah itu jumlah pengkonsumsi tembakau terbesar ketiga di atas bumi ini. Keuntungan dari cukai rokok dari jumlah perokok yang besar itu mencapai Rp32,6 triliyun. Namun kerugian akibat perobatan karena rokok mencapai Rp167 triliyun. Dan dari 60 juta perokok di negeri ini,

sebanyak 427.948 orang meninggal setiap tahunnya karena rokok dan 1.127 setiap hari orang meninggal karena rokok,” terangnya. Sejauh ini, Luthfi bilang, program KTR sudah dilaksanakan tahap awal oleh Dinas Kesehatan Kota Medan khususnya di sekolah-sekolah kota Medan. “Untuk tahap awal, sekolahsekolah sudah terbebas dari asap rokok. Jika tidak ada halangan, dalam minggu ini kita akan melakukan jejaring kepada tokoh masyarakat, ulama dll kemudian buat Ranperdanya,” katanya menambahkan, pihaknya akan lebih dulu mengundang sejumlah pihak termasuk tokoh masyarakat untuk duduk bersama membahas KTR. Setelah itu, draf Ranperda dibawa ke DPRD Medan untuk disetujui. Sementara itu, salah seorang Manager rokok di area Medan, Andry tak memberi banyak komentar ketika dikonfirmasi POSMETRO MEDAN akan berkurangnya konsumen rokok seputar pemberlakuan KTR yang akan dilakukan Pemko Medan tahun depan. ‘’Saya belum bisa memastikan. Program itu kan belum berjalan. Jadi, saya pun belum bisa memprediksinya apakah bisa berdampak kepada konsumen rokok atau tidak. Kita lihat saja nantinya,” katanya singkat. (Maria/Ali)

Langkah Menertibkan Umat dapat menyejukkan masyarkat yang tidak merokok. Pasalnya, selama ini masyasrakat yang tidak merokok selalu menderita. Jadi, kita setuju dan tidak ada masalah dengan semuanya itu,” tegasnya. Selain itu, Hatta memaparkan, sebelum larangan rokok ini berjalan, Pemerintah harus melakukan sosialisasi di tengah-

tengah masyarakat. Selanjutnya, membuat tempo (waktu) sekian lama agar masyarakat juga bisa menerimanya. “Lebih cepat lebih bagus. Jadi, kita berharap larangan ini segera berjalan dan dilaksanakan secepatnya. Kita minta supaya ada penindakan bagi masyarakat yang melanggar aturan ini dengan tegas,” ujarnya. (Ali Amrizal)

Peringatan di Kotak Rokok ...

Rokok bagi Kesehatan). Ranperda itu merupakan implementasi PP Nomor 38 Tahun 2000 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan Pasal 24 menyebutkan bahwa pimpinan atau penanggungjawab tempat-tempat umum dan tempat kerja harus mengupayakan terbentuknya kawasan tanpa rokok. “Substansi regulasi itu bermakna agar pimpinan/penanggungjawab baik instansi pemerintah maupun swasta untuk mengeluarkan peraturan yang melarang seluruh pegawainya masing-masing untuk tidak merokok di ruang milik publik, seperti ruang perkantoran pemerintahan, bus umum, kereta api, halte, sekolah, swalayan dan tempat umum yang lain sekaligus dengan penegakan sanksi hukumnya. Namun regulasi ini seperti ‘macan ompong’, apalagi di era otonomi daerah seperti sekarang ini,” tegasnya. Bahkan menurutnya lagi, karena ketiadaan hukum (vacuum of law) telah membuat para perokok begitu dimanjakan atau begitu at home (betah). Karena di negeri ini, mereka bisa beraktivitas tanpa rambu kecuali sebatas ‘etika sosial’ yang semu. Selain itu, para produsen rokok juga sangat leluasa bergentayangan membuat iklan guna ‘menghipnotis’ calon perokok. Sebab dengan rokok bisa menjadi manusia jantan atau ‘gaul’. “Inisiatif perda larangan

HALAMAN 10

MINGGU, 13 JUNI 2010

Tersangka pemerkosa sejumlah anak perempuan dibawah umur, Mochammad Davis Suharto (tengah, pakai kaos NVD) saat diperlihatkan pada awak media di Poltabes Denpasar beberapa waktu lalu. PM/JPNN

Perkosa 11 Bocah Perempuan TERHENTI sudah petualangan Pemerkosa Bermotor yang sempat membuat resah para orangtua di Batam, sepanjang 2009 silam. Nun jauh dari Denpasar, Bali, sana, kabar tertangkapnya Mochammad Davis Suharto oleh aparat polisi Polda Bali, sekaligus mengungkap misteri, pria berusia 30 tahun itulah orang yang bertanggungjawab atas terenggutnya enam keperawanan bocah-bocah putri di bawah umur di Batam. Davis mengaku, sebelum memperkosa lima bocah di Bali, enam kali ia memperkosa bocah-bocah di Batam.

merokok sangat klop dengan Kepastian sementara bahwa Davis melihat ada codet di wajah pemerkosa. warning kalangan ahli Kembali kepada kabar tertangkapnya adalah pemerkosa di Batam tersebut kesehatan (dokter) yang sekaligus menghapus teori Kepala Davis Suharto. Butuh 350 personil polisi menuturkan bahwa rokok Poltabes Barelang, Komisaris Besar plus tumbal dicopotnya Kapoltabes berbahaya bagi kesehatan Leonidas Braksan, yang pernah Denpasar Bali, Kombes I Gede Alit manusia, apalagi bagi anakmengatakan bahwa Pemerkosa Widana, untuk bisa menangkap Davis anak, remaja dan wanita. Bermotor adalah orang berbeda. Leo, yang dikenal licin ini. Di Denpasar, Davis Data WHO (1997) 3,4 juta dalam diskusinya bersama POSMETRO diduga sudah menggauli lima bocah SD manusia meninggal dunia akhir tahun lalu sempat meyakinkan, sepanjang lima bulan terakhir. akibat mengonsumsi rokok Kepala Polda Bali, Irjen Polisi Sutisna bahwa pelaku perkosaan bocah-bocah di atau sama dengan 10.000 Batam sepanjang 2009 bukan orang yang dalam jumpa persnya hari Minggu manusia per harinya. Khusus sama. Leonidas waktu itu menegaskan, kemarin mengungkapkan, tersanga di Indonesia diperkirakan kesamaan cara dan metode si pemerkosa, dibekuk polisi di Jalan Pantai Kuta, pada 57.000 orang per tahun dinihari sekitar pukul 04.00 Wita. bukan berarti sama orangnya. dicabut rohnya oleh rokok,” Namun pengakuan Davis menyangkal Tersangka yang berprofesi sebagai terangnya. teori tersebut. Adalah ciri codet pada tukang pijat dibekuk ketika polisi Pastinya berdasarkan kajian bagian kanan wajah pria asal Lamongan, menggelar patroli rutin lalu lintas di ilmiah paling mutakhir, Farid Jawa Timur, yang kian menguatkan daerah Kuta. bilang, ekses asap rokok Penangkapan terhadap pria asal bahwa pelaku perkosaan Denpasar sama terhadap manusia dan lingkungan dengan Pemerkosa Bermotor di Bali. Lamongan, Jawa Timur bermula saat telah menyebabkan pelbagai Salah seorang korban perkosaan di anggota Polsek Kuta mencurigai penyakit dan memperburuk Batam, RPK, remaja putri berusia 11 pengendara motor bernopol S 4758 KK keadaan lingkungan. Lebih ironis tahun yang tinggal di Bengkong Harapan di Jalan Legian, Kuta. Polisi langsung lagi, dampak asap rokok bagi sempat menyebutkan, pria yang mengejarnya dan dihentikan di Jalan perokok pasif ternyata jauh lebih Pantai Kuta. “Setelah dibuka helmnya memperkosanya punya codet di wajah. besar ancamannya bagi RPK diperkosa pada 31 Agustus 2009 dan diperiksa ternyata pria tersebut ada kesehatan manusia dan di hutan bersemak di daerah Nongsa. kemiripan dengan pelaku perkosaan lingkungan dibanding perokok Ketika itu RPK yang tengah menunggu dengan ciri bercodet,” kata Sutisna. aktif sekalipun. Lalu, yang paling Pelaku langsung diperiksa lebih lanjut jemputan dari ibunya di depan rentan jadi korban asap rokok sekolahnya di SD Bengkong, ditawari di Mapolsek Kuta. Dari pemeriksaan itu pasif adalah anak-anak dan tumpangan oleh pria bermotor yang tak terkuak pengakuan bahwa Davis adalah wanita. lain si pemerkosa. RPK ketika itu menurut pria yang selama ini menjadi buron utama Kehadiran perda larangan saja ketika si pria membawanya ke daerah Polda Bali. Sutisna mengatakan tersangka merokok sedikit banyak memberi Nongsa. Di semak-semak di dekat jalan memiliki ciri-ciri yang sama dengan angin segar bagi perubahan Raya Nongsa, RPK diperkosa. Ketika keterangan para bocah SD yang menjadi perilaku warga. Namun demikian, itulah RPK sempat mencuri pandang, korbannya, yaitu memiliki codet di hidung lahirnya suatu produk hukum bukanlah jaminan akan terjadinya suatu peruabahan yang cepat. “Kalau tidak aspiratif, perda ini cuma bakal menjadi perda ‘kacangan’. Karena CUKUP 1MINGGU X PENGOBATAN hanya ada di atas kertas, 2010 UNTUK13 JUNI SELAMANY A SELAMANYA setelah itu kemudian Tanpa mantra, urut urut,, suntik, vakum, masuk tong sampah. Tak obat oles & efek samping bisa dibuat efektif disebabkan proses awal regulasinya juga Solusi yang tepat menuntaskan masalah setengah hati atau euphoseksual Pria & wanita baik diusia tua dan muda ria belaka. Apalagi di MINGGU MENUNTASKAN MASALAH SEKSUAL WANITA SEPERTI negeri ini praktik 13GURAH JUNIVAGINA, 2010SUBUR KANDUNGAN KEPUTIHAN, PEKTAI, penegakan hukum (law KAMI MEMBERI BUKTI UNTUK ANDA enforcement) masih ‘memble’ dan semangat Hub : Jl. Krakatau Simp. Jl. Sido Rukun No.3A Medan, kepatuhan hukum juga HP: 0813 6169 1789. masih rendah,” Buka Setiap hari : 08.00 s/d .19 00 WIB pungkasnya. (Ali Hari libur Tetap Buka: 08.00 s/d 15.00 WIB. Izin Dinkes: 06/YANKES/BATRA/III/445/2003. Amrizal)

sebelah kanan. Mirip dengan pengakuan RPK, gadis Bengkong korban perkosaan. Sutisna juga mengakui sempat kesulitan menangkap tersangka yang licin menghindar dari kejaran polisi ini. “Kita sempat dibuat kalang kabut untuk menangkap tersangka ini. Akhirnya anggota kami berhasil menangkap dengan ciri-ciri codet bagian hidung sebelah kanan,” kata Sutisna sebagaimana dikutip detik.com. Selama dua bulan terakhir, Davis memang menjadi buronan paling dicari Polda Bali, terutama Poltabes Denpasar. Pencarian tidak hanya dipusatkan di Denpasar, namun Davis dikejar hingga seluruh wilayah Bali. Perjuangan seluruh jajaran Polda Bali mengejar Davis baru berakhir pada Minggu dinihari kemarin. Perkosaan di Batam Selain mengaku telah memperkosa lima gadis di Bali, Davis juga mengaku telah memperkosa enam gadis bawah umur di Batam. Kapolda Bali Irjen Sutisna menegaskan hal itu. “Pelaku juga melakukan aksi pemerkosaan di Batam sebanyak enam kali,” tegas Sutisna. “Dari koordinasi dengan Polda Kepri, memang yang bersangkutan telah melakukan perkosaan enam kali terhadap bocah SD,” imbuhnya. Hal senada juga diungkapkan Kapoltabes Barelang, Komisaris Besar Leonidas Braksan. “Kita sudah berkoordinasi dengan Polda Bali dan Poltabes Denpasar, Senin (har ini) tim kita meluncur ke Bali,” ujar Leonidas lewat pesan singkat yang dikirimkan ke POSMETRO. Terlepas dari pengakuan bahwa Davis pernah memperkosa enam gadis di Batam, sejauh ini polisi Batam memang terkesan tak berdaya dengan kasus Pemerkosa Bermotor. Polisi terus berkeyakinan bahwa pelaku Pemerkosaan Bermotor bukanlah orang yang sama dan tak punya kelainan seks maupun pelaku yang sedang menganut ilmu hitam.

Buat meyakinkan hal itu, polisi kerap mengekpos sejumlah kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur yang berhasil diungkap. Faktanya, kasus yang terungkap itu memang dilakukan oleh tersangka yang sudah mengenal korban. Nah, apakah dengan ditangkapnya tersangka pemerkosa di Bali itu akan menjawab teka-teki kasus pencabulan yang tak terungkap? Kepolisian Barelang masih menyelidikinya. Informasi lain yang dirangkum POSMETRO, tim dari Intelkam Poltabes juga sudah melacak alamat yang diduga jadi tempat tinggal pelaku selama di Batam. Namun, setelah diselidiki, rupanya alamat KTP yang tertera di Bengkong Baru RT 4 RW 4 itu hanyalah fiktif.(int/jpnn)

Korban-korban Batam yang diduga dilakukan Davis Suharto: - Tanggal 15 April 2009, Y, seorang bocah 10 tahun warga Perumahan Legenda Malaka diperkosa di hutan dekat Bundaran Batubesar - Tangga 31 Agustus 2009, RPK, bocah 11 tahun warga Bengkong Harapan diperkosa di semak-semak daerah Nongsa. - Tanggal 3 September 2009, L, bocah 9 tahun diperkosa di Bengkongsadai - Tanggal 8 September, A, gadis berisua 6 tahun warga Bengkong, diperkosa di Kampung Nanas, Batamcentre. - Tanggal 15 September, NS (6) warga Bengkong Swadaya diperkosa di Taman Raya - Tanggal 29 September, PA (9) diperkosa di hutan dekat Bandara. (int/jpnn)

7 HARI MENUNTASKAN

IMPOTENSI & EJAKULASI DINI

BIRVA TRADISIONAL

MINGGU 13 JUNI 2010

MINGGU, 13 JUNI 2010

MINGGU, 13 JUNI 2010

MINGGU, 13 JUNI 2010

MINGGU 13 JUNI 2010 MINGGU 13 JUNI 2010

MINGGU 13 JUNI 2010


MINGGU 4 April 2010

POSMETRO MEDAN

RADEN HARYO DAMAR

PUSAT PENGOBATAN & SPESIALIS ALAT VITAL M. YANA PERMANA SIDIK & HM. YUSUF ASLI PEWARIS TUNGGAL & TERBESAR BANTEN

& GUS YUSS

BPOM RI PO. 07.05.01163751.B166/DSP.5.08.2009

TERAPI ALAT VITAL SUPER SPEKTAKULER

Semua Program Hasil Resensi Ilmu Ghaib & Rujukan Kitab Kuning, Tidak Menyimpang dari Kitabullah, Assunnah, Ijmak,Kiyas, Bebas Agama, Arts Magic & Religi, Aman & Permanen. * PELET KAMASUTRA + MIMPI TEMBUS (Hajar Do’i Biar Klimpungan) Pancarkan Daya Pekasih Bikin Do’i Tunduk Takluk Bisa Difungsikan untuk pelaris/memikat relasi/hubungan dengan atasan/merupakan senjata yang menggiriskan untuk menaklukkan lawan jenis yang angkuh (BONUS BUKA AURA). * SUSUK & MUSTIKA (KEMILAU) “SUPER STAR” & “SANG DIVA” & CHARGER Kajian dari Khazanah ilmu susuk terbaik dari yang baik & sudah diuji bertahun ( di Medan & Surabaya) Terbukti bikin cantik & bagus rupa (tak perlu operasi plastik) Aura Kemilau (silahkan poto aura) Pesona diri & Suara Karisma & bertaburan bintang, suksek bisnis,karir,jodoh,sial hilang & manfaat lain yang tak tertulis. Bahkan bisa pengaruhi wajah hingga mirip idolamu. Lihat RHD Mirip siapa? (+ Mantra Gendam + air aura keramat) Saksikan * MUSTIKA MACAN LANGIT (+ Body Guard Goib) Iklan Deli TV Tak cuma sensasi tapi sudah diuji ribuan orang dalam & Luar negeri Tiap hari Senin jam 08.00 s/d Transfer Energi Ilahiah & Sufistik/Metafisika, Theormodinamika. 09.00 pagi Fungsi : Kebal Sajam/Tembak/Kepruk/Anti Silet/Cukur (tes pakai silet Goal Tajam) Diwajibkan mengasah parang dari per - mobil Setajam - tajamnya untuk dites. Bacok,Sayat,Gorok,Tusuk,Bahkan Bisa tes sendiri sepuasnya. Anti Api (tes) Tes Kepruk,bela diri Ghaib. Keselamatan jiwa raga, Pukulan Sakti, menghalau musuh dll. Sudah dibuktikan oleh para Kyai & Ribuan Banser NU (dalam gemblengan masal) + Terbaik & Telah teruji Dilaga. * Susuk / Mustika Junjung Derajat : Pegangan khusus untuk anda yang sudah menemukan jati diri (Boss, kontraktor, pejabat) Melayani: Goyang Lidah/Mus Kyai Kanjeng (Pelaris Bisnis Dasyat) Pengobatan Medis / Non Medis/ Pemindahan Penyakit ke Telur/Ayam / Kambing. Siap Diundang Ceramah Agama (Nada & Dakwah) & Gembleng Masal.

Langsung besar dan panjang di tempat (Dalam tempo wkt 20 menit). Dijamin No Suntik silikon, terapi asli tradisional bebas pantangan usia, ras & agama. Hasil permanen seumur hidup dijamin tanpa efek samping & bergaransi pengobatan cukup 1 x keahliannya luar biasa sudah teruji & terbukti secara spritual & faktual!!

ANDA PUNYA MASALAH SEKITAR ALAT VITAL DISINI JAWABANNYA Tambah Besar 3, 4, 4.5 s/d 5.5 • Panjang 15, 16, 17 s/d 20 • Keras, kuat, tahan lama • Loyo & kurang gairah sex • Ejakulasi dini/ lemah syahwat • Impotensi, mani encer • Tidak punya keturunan • Spilis, diabetes • Kencing Nanah Pastikan niat anda diterapinya aman tanpa efek samping

Juga melayani : Pil/Wil perselingkuhan asmara suami/istri, pacar hianat, lesbi, pasang susuk janur kuning ratu pengantin (1116). Susuk Ki Arjuna Si Raja membangkitkan (7 unsur dlm tubuh) Jodoh, tender, peloby/ pekerja malam, dll.

“ Buka tiap hari jam 08.00 s/d 21.00 WIB ” Alamat : Jl. T. Amir Hamzah No. 30 Binjai ± 100 m Tugu Pahlawan. Hubungi Hp : 0813 6170 0088/0812 6077 2009

KLINIK METAFISIKA Jl. Medan Tjg. Morawa KM 11,5, Depan Hotel Halay INN Medan HP. 0815 3120 669, 061- 7760 8103

AHLI PIJA PIJATT URA URATT TRADISIONAL BU TIWI

TERAPI KEJANTANAN ALAT VITAL PRIA & WANITA PALING SPEKTAKULER DARI PELABUHAN RATU PANTAI SELATAN DITANGANI LANGSUNG : BPK. UMAR & UST.A.AZIS

Cara efefktif paling jitu menurut faal dan jalur anatomi tubuh. Menyembuhkan : masuk angin, capek2, pegal2,ngilu2, lesu tak bergairah, sakit. kepala, sinusitis,batuk panjang, flu menahun radang teggorokan, darah mengental, cairan mengental - Angin duduk : penyempitan pembuluh jantung, sesak nafas, sulit tidur, darah kental, beku cairan mengental, pengerasan otak (sumsum tlg belakang) nyeri punggung, nyeri tulang. - Darah tinggi/rendah, kolestrol, pengapuran, stress, stroke, (trigliserida) sakit bahu, sakit pundak, kebas2, leher kaku, tangan sulit diangkat, tapak kaki pedas (berat) jari2 kaku, tulang selangka sakit, lemas. - Asam urat, reumatik, encok, diabetes,(gula) nyeri sendi, bengkak2, tulang pinggul Sakit Angin duduk, bersila, jongkok, sakit untuk berdiri nyeri lutut, berjalan tak tahan, paha sakit - Gangguan ginjal: Pinggang rasa mau patah bangun tidur (urat saraf terjepit) terkilir, otot 2 kaku, kuping berdengung. - Turun perut, maag lambung, sulit BAB, Ambeien perut kembung, kepala pusing , hernia, sering buang air kecil. Dilengkapi minyak rempah beramuan asli karo dll. Untuk pria/ wanita, lansia, anak2, dewasa. KHUSUS KEJANTANAN PRIA : impoten, sulit ereksi, cepat loyo, lemah syahwat (ED), gampang ereksi mati tiba2, keras tidak sempurna, pegal ngilu dan berdenyut di alat vital, gairah sex menurun, porstat, buang air kecil tersendat2 (tidak lancar) ingin kokoh, kuat, keras, besar alami (tidak kendor) dijamin Berhasil tidak kecewa, untuk kebahagiaan suami istri, dilengkapi minyak rempah beramuan asli karo KHUSUS WANITA : monopouse, firigit (tidak gairah) miss V becek, organ sex longgar, berlendir, keputihan, bau tdk sedap, ingin berdenyut, berpasir, cengkram, hancurkan lemak alami, totok dan buka aura agar cantik alami, berseri, awet muda, dilengkapi lulur rempah tradisional dan penguapan asap rempah untuk missV. Jl. Bayangkara no.390 Medan dkt SPN Sampali

HP:

Harga net Rp. 180.000,-

Dunia mengakui oil pembesar yang paling hebat adalah dari AFRIKA SELATAN yaitu BLACK MAMBA OIL. Kami tidak menjual obat kuat/ alat pembesar produk lain, karena kami hanya menjual produk BLACK MAMBA terlaris dan terbaik tanpa efek samping. Hampir semua alat vital orang NEGRO, panjang, besar, kuat, keras dan tahan lama. Siap dibuktikan! Anda korban/ kecewa obat pembesar produk lain? Buktikan kehebatan BLACK MAMBA. Dijamin tidak kecewa untuk yang kedua kalinya dan istri anda akan kagum yang luar biasa karena besarnya. On-line: 08.00-20.00 WIB

ANTAR ,TAMBAH BIAYA TRANSPORT

African’s Oil & Capsules

HUB:

Melayani Berbagai Macam Keluhan Antara Lain: * Khusus Pria, Tambah Ukuran - Panjang 13-16-19-22cm diameter : 3,5,4-4,5,5-5,5-6cm - Kuat dan Tahan Lama - Ejakulasi dini, sphilis/rajasinga mani encer - Lemah Syahwat, diabetes Impoten, dll

Alamat: Jl. SM. Raja Sp. Limun, Jl. Selamat lurus No.2 S 061-68787695, 0812 6379 9049, 0812 7863 6428

Hanya ada Satu - satunya Black Mamba yang ada di Medan

Rek. Mandiri : 1050009956669

* Khusus Wanita - Memperbesar Payudara - Terapi Perawan/virgin - Kista, Lemah Kandungan - Kanker Payudara - Ingin Mempunyai keturunan Dll

Buka setiap hari

* Ingin Cepat dapat jodoh, pengasihandisegani jam 08.00-21.00 atasan, menyatukan dan memisahkan PIL/WIL Mahar Rp.500.000 puter giling, juga melayani pasang susuk dll bergaransi, alami tanpa efek samping, langsung reaksi ditempat, hasil Izin : B-70/DSP.5/II/2007 permanen untuk seumur hidup.

Alamat Praktek : Jl. SM. Raja Depan Taman Makam Pahlawan No.130 B Medan Samping Showroom Toyota Auto 2000 Belakang Tambal Ban

HP. 0813 8042 6253

081263515003

Mengatasi keluhan pria dengan BLACK MAMBA OIL langsung terbukti seketika besar, panjang , kuat, keras, kencang dan tahan lama. 100% paten, permanent dapat dibuktikan langsung di tempat. Cukup 1 botol untuk selamanya.

URAT SYAHWAT 1. Impoten, L. Syahwat (gula), kurang gairah/ keras, tambah besar & panjang 2-3-5 cm, ejakulasi dini, mani encer, telor turun, mandul, terbukti di tempat, permanen, aman, tanpa efek samping mahar 100 ribu 2. Urat terjepit, otot persendian kaku, mati rasa, angin duduk, mahar 50 rb 3. Pagar badan, pelet, penglaris mahar 50 rb 4. Pengobatan ghaib (ruqyah),membuang hasad dengki manusia, ilmu2 hitam, dll 100 rb 5. Buka aura, kewibawaan, penunduk, awet muda,murah jodoh/kerja, buang sial, dgn mandi minyak panas, air raksa, samber lilin mahar 200 rb 6. “Ramuan” keperawanan agar rapat, legit, wangi, kesat, keputihan, 300 rb 7. Mengobati jerawat batu mahar 200 rb 8. Patah tulang, terkena guna, santet, narkoba, stress, siplis (raja singa), medis/non medis, lainnya. 9. Memisahkan WIL/PIL 10. Buka pintu ghaib, pandangan ghaib, silat ghaib, komunikasi dengan seluruh ghaib.

PA’ YONG SIKUMBANG

Jl. Pertahanan / Patumbak Taman Jasmin Mas No. A 4 Amplas, Hp: 0812 604 1050 Flexy 061-7769 8634 Izin. Kejatisu : B-23/ DSP 5/ 001/2008 1. Kerahasiaan anda saya jamin aman & siap memberikan yang terbaik untuk anda. Anda punya masalah dan keinginan telepon saja saya untuk konsultasi seperti : Ruwatan dan melihat, mendeteksi apa yang terjadi pada diri & kehidupan anda sehingga sial, kurang beruntung, Sulit jodoh, terkuncilkan dll. Bonus : Minyak pelet pemikat & pengasih yang sangat cepat bereaksi memikat & menundukkan yang dituju baik lawan jenis & siapa saja + buka aura. Pelarisan dagangan besar dan kecil. Membekap istri simpanan agar semua keinginan dituruti suami disayang & dimanja. Pengisisan kosmetik, penyatuan pasangan & pemisahan, pelet vagina, matikan pistol suami. Menundukan bos/atasan agar sayang & tidak pelit & percaya cocok untuk pembantu, pegawai dll. Melihat masa depan. Jual beli rumah, mobil, dll. Pertahankan jabatan, menghadapin ujian. Pacar hianat, kasar dll. Pengobatan medis & non medis. Gurah hidung dll. Semuanya bergaransi dan siap dibuktikan kekuatannya. 2. Susuk cahaya aura 7 Pancar.Tampil cantik dan tampan bersinar ditempat yang terang berkilau ditempat yang gelap menambah daya pikat & pesona terhadap lawan jenis dan siapa saja yang memandang & awet muda. Aman dunia akhirat. Kekuatannya dapat mempengaruhi yang dituju (dapat dites kekuatannya). Cocok untuk istri simpanan, anak malam (psk), penyanyi, marketing, model,peragawati,artis,pelamar pekerjaan (interview). Pimpinan sidang apa saja sekaligus benteng diri tidak ada pantangan, tidak mempersulit kematian. 3. Bait 1 Malam (Pengisian habis-habisan) menjadi paranormal/ guru dan thabib cara mengajar teori langsung praktek 4. Tenaga dalam inti cakra hikmah sejati : benteng diri dari gangguan ghaib dan nyata. Bisa mengobati diri sendiri dan orang lain. Mempunyai pukulan penderas (dites), meraga sukma (dites). Keselamatan, pelet & pengasih, pengawal gaib. Kebal hikmah (dites). Sedot pusaka/harta karun. Cara menangani orang ke masukan. Menjatuhkan tanpa menyentuh (dites). Mendeteksi dan banyak lagi. Ilmu Hikmah diperoleh dari ustad Azis Hidayatullah sang Pemburu Hantu

HUB: RADEN SUROPATI 0813.6100.2240 JLN. PANCING LEWAT PAJAK SORE,MEDAN PRAKTEK MENETAP

PENGOBATAN

TERAPI KEJANTANAN ALAT VITAL

TRADISIONAL OMPUNG TANGGO SIALLAGAN SPESIALIS PENYAKIT KULIT DAN GATAL - GATAL

HJ. MAK. EROT Ditangani Langsung oleh A. SAHRUDIN

Dapat mengobati segala jenis penyakit kulit dan gatal - gatal, berat ringan, lama dan baru. sudah bosan berobat kemana - mana, “ dan sudah pernah sembuh tetapi kambuh lagi”. Kami dapat mengobati sampai tuntas dengan Ramuan Tradisional. Termasuk Kutu Air, Panu, Kurap gajah, Eksim, Pitiligo,jerawat termasuk Keputihan bagi wanita dan Penyakit kulit lainnya.

Izin No : B-204/DSP.5/08/2007 Mengobati khusus alat vital komplit bagi pria dan wanita asli alami, paten seumur hidup, bebas usia dan agama. Khusus Pria : Khusus Wanita : - Panjang, besar, perkasa. - Ingin punya keturunan - Kuat, keras, tahan lama. - Payudara jadi montok dan indah AR M AH - Lemah Syahwat .600.000,- - Ingin cepat dapat jodoh Rp - Mani Encer - Buka Aura, pengasihan - Impoten, Kencing batu, dll - penglaris, pasang susuk, dll Bentuk ukuran: Panjang: 14 cm, 16 cm, 17 cm, 20 cm Buka tiap hari: Jam 08.00 s/d 21.00 WIB Diameter: 3 cm, 3,5 cm, 4 cm

NYATA AMPUHNYA, NYATA SEMBUHNYA Dijamin Halal dan Mujarab, setelah sembuh tidak akan kambuh lagi. BUKAN JANJI TAPI BUKTI Izin Dinkes No: 448/2611/III/2008 Izin Kejaksaan No: B-50/DSP.5/03/2008 Alamat Rumah/Praktek : Jl. Putri Hijau No.46 H Medan (SampingKantorLurahKesawan)BukaPraktekJam04.00 Sore s/d 09.00 Malam Setiap Hari. HP. 0812 6367 676

Alamat Praktek: Jl. SM. Raja Gg. Purnama No.1 (depan bengkel MICKRO SEHAT) ± 50 M dari Makam Pahlawan arah Simpang Limun. HP : 0813 9752 5049

POSMETRO MEDAN KORAN NOMOR 1 TERBESAR JUMLAH PEMBACANYA DI MEDAN Hasil Survey LP3ES & SPS Pusat Tahun 2009 PONDOK NUR AGUNG AKTE NOTARIS NO.07/NA/2009

Insya ALLAH dapat membantu anda yang sudah kemana-mana tetapi belum berhasil dan merasa puas ??? I. PENGOBATAN MEDIS & NON MEDIS II. Buka Aura, Pelaris Usaha, Karier, Kewibawaan, Ritual Tarik Rezeki, Semar Mesem, Kekebalan, Pasang Susuk, Pesugihan, Jin Pendamping, Istri Cantik, Suami Kaya, Gendam dll. III. PROGRAM SERTIFIKASI PENGHUSADA (SPH) : Insya ALLAH Anda akan memiliki kesehatan tubuh, Kelancaran Usaha, Terbuka Aura Positif, Terawangan, Batin dapat memanggil Kodam Jin & Berkomunikasi, Memiliki Berbagai Macam Kesaktian, Dapat Melakukan Pengobatan Medis & Non Medis, Menguasai berbagai Macam Ilmu Supranatural, Merasakan Kedekatan Diri Kepada Sang Pencipta dan Ketenangan Batin (Berijazah Sertifikat) IV. Program Master Penghusada (MPH) : Anda akan menguasai berbagai ilmu supranatural & kesaktian, Batin dapat Menembus Alam Siluman, Ruhania, Malakut, Kembaran Diri Serta Berkomunikasi, Menguasai Seluruh Program I s/ d III sert dapat menurunkannya secara Profesional kepada orang lain, Merasukan Kedekatan diri kepada Sang Pencipta (Berijazah Sertifikat) HUB : PAK RANDI (TOKOH SPRITUALIS YANG BERPENGALAMAN_ Telah Menerima Piagam & Piala Penghargaan CITRA PENGOBATAN ALTERNATIF Serta SPRITUALIS INDONESIA AWARD 2007 Alamat : Perumahan CENDANA ASRI BLOKAC/06 Kampung Undian (Masuk dari simpang timbangan kayu besar, jl.Limau Manis Tg. Morawa )

77789233, 081361188416, 081388110705 (No SMS)

7 HARI MENUNTASKAN

IMPOTENSI & EJAKULASI DINI CUKUP 1 X PENGOBATAN A SELAMANYA UNTUK SELAMANY

Tanpa mantra, urut , suntik, vakum, obat oles & efek samping

BIRVA TRADISIONAL

Solusi yang tepat menuntaskan masalah seksual Pria & wanita baik diusia tua dan muda MENUNTASKAN MASALAH SEKSUAL WANITA SEPERTI KEPUTIHAN, PEKTAI, GURAH VAGINA, SUBUR KANDUNGAN KAMI MEMBERI BUKTI UNTUK ANDA Hub : Jl. Krakatau Simp. Jl. Sido Rukun No.3A Medan,

HP: 0813 6169 1789.

Buka Setiap hari : 08.00 s/d .19 00 WIB Hari libur Tetap Buka: 08.00 s/d 15.00 WIB. Izin Dinkes: 06/YANKES/BATRA/III/445/2003.

KI AGENG TAPAK JALAK

( Bukan Memberi Janji Tapi Memberi bukti ) Insya ALLAH dapat membatu anda dalam hal

A. PENGOBATAN MEDIS DAN NON MEDIS : Kebas2, Asam Urat, Struk, Darah Tinggi, Diabetes, Liver, Batu Ginjal, Asma, TBC, Kanker, Kelenjar Getah Bening, Ejakulasi Dini, Ingin Punya Keturunan, Stress, Gila, Kena Narkoba, Anak Bandel, Terkena Racun, Kena Guna2, Santet, Teluh dsb ( Mahar Ikhlas) B. Tasbih Alkaromah, Batu Merah Delima, Alqur'an Stambul, Rompi RijalulGoib, Sabuk Kekuatan, Keris Semar Mesem, Tali Pinggang Karomah, Buka Aura, Pelarisan Usaha, Susuk Kantil, Susuk Rembulan, Sususk Samber Lilin, Masalah Asmara, Tender, Jabatan, Pagar Goib, Kekebalan, Kapsul Kecantikan, Terawangan, Rogo Sukmo, Siref, Sedulur Papat dll Problem. Alamat : PERUMAHAN GRIYA MORA INDAH BLOK C / 105 Tj. MORAWA

TELP : ( 061 ) 69627396, 0813 6116 4240 (NO SMS) Praktek : Jam 13.00 - 21.00 WIB NB : Iklan Tidak Naik Tetap Buka RIBUAN ORANG TELAH TERBUKTI

PUSANGGRAHAN KUMALA TUNGGAL Konsultasi Supranatural & Pengobatan Alternatif Ditangani Langsung Oleh Paranormal Dari Pati Radhien Mas Ahmadi Suwinoto Broto Izin Kezati Nomor : 13/71 DSP.5/05/2007 Website.www.radhienmasahmadi.com Email : radhienmasahmadi sb@yahoo.co.id

1. PEMASANGAN SUSUK PANCA WARNA + BEDAH AURA Mengoptimalkan pancaran aura tubuh, pengasih, pemanis, pemikat, penglaris, awet muda, kerezekian, kewibawaan, kharisma, pesona diri, daya tarik luar dalam baik tatapan mata, suara, kinerja, dan penampilan fisik yang sempurna juga berfungsi untuk pagar badan. 2. RUWATAN AGUNG KUMALA TUNGGAL Adalah ritual turun temurun dari leluhur yang berfungsi untuk membersihkan hawa-hawa negative, sial, sengkolo, sulit jodoh, sulit punya keturunan, karier dan usaha yang macet, serta sakit yang tak kunjung sembuh. Ruwatan ini merupakan warisan leluhur yang tidak di titis restukan pada banyak praktisi spiritual, syukur pada illahi, kamilah pewaris ilmu ruwatan agung kumala tunggal. 3. HAIKAL KUMALA TUNGGAL Penglarisan dan penderas rezeki, juga pagar usaha, menarik rezeki dan segala penjuru, azimat yang sangat ampuh cocok untuk semua jenis perniagaan, dirumah, dipasar, sales dan dimanapun anda berdagang. 4. MUSTIKA JAMRUD KAROMAH Memiliki energi pengasih tingkat tinggi, kewibawaan, kharisma, benteng diri, penunjang karier, hoky dalam berbisnis, relasi kerja, pengaruhi lawan bicara bahkan urusan asrama. 5. AZIMAT KERAMAT LULANG KEBO LAWU + MINYAK KEMBANG LAWU Dikeramatkan ratusan tahun, memiliki kekuatan magis yang luar biasa dan energi metafisika tingkat tinggi, asli dari alam ghoib gunung lawu, sangat ampuh untuk meningkatkan hoky, merontokan sial diri, menunjang karier, keharmonisan dalam asmara, memunculkan pesona aura, menundukan dalam negoisasi, membuka peluang bisnis besar, kharisma, sangat cocok untuk pebisnis, eksekutif, pejabat, bos, pimpinan dan lain sebagainya. 6. PENGOBATAN PENYAKIT MEDIS NON MEDIS Dengan metode kebathinan, terapi telur, terapi pijat, terapi tenaga dalam, pemindahan penyakit ke kambing khusus penyakit dalam, ramuan-ramuan tradisional dan herbal.

Alamat praktek Jl. Medan - Tg. Morawa Km. 13,5 Gg. Lokasi Komplek Perumahan 75 0399 Tamora Indah II Blok B No. 38. HP HP.. 0813 75 7575 0399.


PILKADA HALAMAN 11

MINNGU, 13 JUNI 2010

Bank Indonesia

PM/ARI

Rahudman Harahap-Dzulmi Eldin bersama warga Pintu Air dalam kediatan sosialisasi Calon Walikota Medan, beberapa waktu lalu

Rahudman Komit Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat MEDAN Mantan Penjabat Walikota Medan yang juga calon Walikota Medan periode 20102015 Drs H Rahudman Harahap, MM mengatakan komitmennya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Medan kedepannya. “Pemerintah Kota Medan harus memikirkan kesehatan masyarakatnya. Untuk itu, kedepan pelayanan kesehatan terhadap warga harus lebih meningkat. Saya telah mempunyai konsep atau komitmen bila dipercayakan untuk memimpin kota ini lima tahun kedepan akan menghidupkan kembali semua Puskesmas,” kata pasangan calon nomor urut 6 Rahudman Harahap paca acara seminar di Universitas Dharma Agung Medan, Jumat (11/6). Dikatakan Rahudman, selama ini pelayanan Puskesmas di Kota Medan kurang maksimal terhadap masyarakat, sehingga warga yang ingin berobat selalu kecewa dengan kurangnya pelayanan tersebut. Hal ini harus menjadi perhatian bagi Walikota Medan kedepannya. “Kondisi Puskesmas di kota ini masih sangat memprihatinkan. Selain pelayanan yang masih kurang maksimal, obat-obatan juga masih kurang. Ditambah lagi kurangnya disiplin pegawai yang bertugas di tempat tersebut,” terangnya. Untuk itu, kedepan pasangan nomor urut 6 telah mempunyai komitmen yang jelas dengan mengaktifkan petugas kesehatan sampai pukul 18:00. “Saya akan minta agar Puskesmas dibuka 24 jam dengan mengaktifkan dokter jaga. Kesehatan masyarakat Kota Medan harus menjadi program utama bagi saya,” ucap Rahudman yang disambut tepuk tangan oleh ratusan peserta yang hadir.

PHDI Dukung Sofyan Tan

Selain memiliki komitmen meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Kota Medan, mantan camat terbaik se Sumut ini juga memaparkan konsepnya dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Medan. Dikatakan Rahudman, anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total APBD Kota Medan semua untuk peningkatan kualitas pendidikan di Kota Medan. Semua sekolah negeri harus memiliki kualitas sama. “Peningkatan kualitas sangat penting untuk meratakan pendidikan. Jangan semua berlomba-lomba untuk masuk satu sekolah negeri paling favorit,” ucap Rahudman. Dia menambahkan, penambahan sekolah di Medan Utara juga akan dilakukan. Pasalnya, terlalu besar biaya operasional yang dikeluarkan orang tua murid setiap hari. Jauhnya perjalanan ditempuh memakan biaya cukup tinggi. Dengan dibangunnya satu unit sekolah sangat membantu meringankan beban orang tua. Menurut Rahudman, kawasan itu sangat layak dibuat satu unit sekolah, karena banyak pelajar yang tinggal di sana. “Tidak ada itu sekolah gratis. Itu hanya janji saja. Yang terpenting bagaimana meringankan beban orang tua. Salah satunya membangun satu unit sekolah baru.Berkurangnya beban, dan kesejahteraan akan bertambah,” ungkapnya. Dia juga menjelaskan, apabila mutu pendidikan di Kota Medan meningkat pastinya yang dihasilkan murid yang cerdas juga. Murid terampil, cakap, bijak, pintar, cerdas dan bisa diandalkan untuk menjadi pemimpin masa depan. Mereka hanya butuh peningkatan disiplin. Apabila diawasi dan diberikan pengarahan fokus semua itu akan berjalan sesuai diharapkan. (ari)

PM/IST

PHDI Himbau Warga Pilih Sofyan Tan-Nelly MEDAN Setelah mendapatkan dukungan dari forum ustadz-ustazadh Kota Medan kini pasangan calon Walikota, dr Sofyan TanNelly Armayanti kini mendapatkan dukungan dari organisasi keagamaan lainnya yakni Komunitas jaringan doa ‘Sumatera Berdoa’ dan Parsada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bahkan menyerukan agar umat Kristen dan Hindu bersatu memenangkan pasangan tersebut. Dukungan tersebut untuk memilih kepada pasangan nomor urut sepuluh itu berdasarkan track record dan tidak berdasarkan atas suku, agama ras dan antar golongan (SARA) yang saat ini digunakan oleh pihak-pihak tertentu untuk memecah belah umat beragama. “Sekarang ini tidak lagi zamannya mempersoalkan sara karena setiap warga negara, anak bangsa mempunyai tanggung jawab yang sama untuk memberikan darma baktinya dalam pembangunan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik,” ujar ketua Sumatera Berdoa, JA Firnandus saat menggelar pertemuan dengan Sofyan Tan di Koki Sunda Restoran Medan, Selasa (8/6). Hal inilah, lanjutnya, yang menjadikan dasar Sumatera Berdoa menentukan pilihan kepada Sofyan Tan-Nelly untuk dipilih pada 19 Juni mendatang. “Pasangan Sofyan Tan mempunyai program yang cerdas dalam bidang mensejahterakan rakyat mulai dari UKM, kesehatan dan pendidikan. Hal ini juga telah dilakukan oleh bung Sofyan Tan sebelumnya dalam bentuk yayasan pendidikan yang tidak memberikan akses dan beasiswa pendidikan kepada siswa miskin tanpa pamrih untuk kecerdasan masyarakat,” kata Dikatakannya, berdasarkan apa yang telah dilakukan oleh Sofyan Tan maka pihaknya menyerukan umat Kristen yang ada di

Kota Medan untuk memilih pasangan yang diusung oleh PDIP dan PDS itu. “Marilah umat Kristen mempergunakan hak pilihnya dalam pemilukada Kota Medan mendatang untuk mencapai cita-cita. Firman Tuhan mengatakan Tidak ada pemerintah yang tidak berasal dari Tuhan dan segala sesuatunya berasal dari Tuhan,” katanya. Pada pertemuan itu juga dihadiri oleh Forum Komunikasi Umat Budha Indonesia (FKUBI), Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), Parsada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), perwakilan Katolik dan organisasi lainnya. “Minggu kemaren juga kami sudah membuktikan untuk mendukung Sofyan Tan yang mana beliau hadir dalam satu acara yang dihadiri oleh empat ribu umat Hindu di kuil di perkebunan Bekala,” ujar ketua PHDI Sumut, Naran Sami. Dikatakannya, saat itu umat Hindu sudah terpikat dengan Sofyan Tan karena pada acara itu Sofyan Tan langsung berdialog dan menampung aspirasi umat Hindu Kota Medan. “Saat itulah saya berani menyatakan dukungan kepada Sofyan Tan-Nelly dan saya himbau umat Hindu Kota Medan untuk memenangkan dan memilih Sofyan Tan-Nelly,” katanya. Dikatakannya, saat ini memang banyak kelompok-kelompok tertentu yang memecah belah umat dalam hal penentuan pilihan. Untuk itu, lanjut Naran, umat Hindu jangan mau terprokasi dan harus tetap solid dalam memenangkan Sofyan Tan-Nelly Armayanti. “Mari kita rapatkan barisan untuk memenangkan pasangan nomor sepuluh secara sukarela bukan karena ada iming-imingan tertentu dari kelompok Sofyan Tan tapi karena prestasi dan perbuatan yang dilakukan oleh Sofyan Tan dalam membantu orang miskin,” katanya sembari mengatakan sosok Sofyan Tan dapat memberikan perubahan kepada semua umat terkhusus umat Hindu Kota Medan. (alvin)

Gudang Uang Belanda Tak Usang Dilindas Zaman MEDAN De Javasche Bank (yang sekarang bernama Bank Indonesia) merupakan salah satu bangunan bersejarah peninggalan Belanda yang masih utuh dan tetap dipertahankan sampai sekarang di kota Medan. Humas Badan warisan Sumatra (BWS) Hayrul kepada POSMETRO MEDAN, Rabu (9/6) mengutarakan De Javasche Bank dibangun tahun 1906 oleh biro konsultan arsitek Hulswit/Fermont & ED Cupers yang berpusat di Amsterdam. Pembangunan gedung tersebut berfungsi gudang uang Belanda, yang sekalihus menangani pemasukan dan pengeluaran pemerintah Belanda di Indonesia. Akhirnya, tepat tanggal 30 Juli 1907, gedung De Javasche Bank resmi dibuka dan merupakan gedung De Javasche Bank yang ke11 di Indonesia. Berdirinya kantor cabang Medan awalnya menempati bangunan sementara. Jadi, untuk mendapatkannya gedung yang permanent, pemerintah Belanda sepakat untuk menyediakan sebidang tanah dekat lapangan umum (sekarang bernama Lapangan Merdeka) sebagai tempat yang ditunjuk untuk mendirikan kantor cabang di Medan. pada saat itu, rencana pembangunan gedung permanent bagi kantor cabang Medan dilakukan bersamaan dengan perluasan tahap kedua bank sentral di Jakarta menyusul kantor cabang lainnya di Indoneisa. Pimpinan kantor cabang Medan yang pertama adalah L. Vonhemert. Tahun 1951 pada saat nasionalisasi terjadi, kantor cabang Medan dipimpin oleh S.F Van Musschenbroek dan pada saat Undang-undang Bank Indonesia tahun 1953 diberlakukan, pimpinan kantor cabang Medan berganti lagi menjadi M Plantema. Putera Indonesia pertama yang mengendalikan Bank Indonesia yakni M Rifai. “Ini dapat terlihat jelas. Karena, setiap terjadinya pergantian faham dan sistem pemerintahan, maka akan terjadi juga pergantian pemimpin yang mengendalikan kota Medan,” ucapnya. Mengenai ciri arsitektur kantor cabang Indonesia sebut Hayrul, mempunyai persamaan

dengan ciri arsitektur Eropa pada zamannya. Material yang digunakan tegel sebagai material satu-satunya untuk lantai, genteng tanah sebagai material satu-satunya untuk penutup atap sesuai penerapan arsitektur tropis pada bangunan di wilayah yang memang memiliki iklim tropis. Pembangunan kantor cabang Medan dimulai bersamaan dengan pembangunan gedung Balaikota Medan yang letaknnya bersebelahan. Sehingga material yang digunakan juga tidak jauh berbeda. Selain itu, konsep arsitekturnya juga tak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya. Baik dari sisi eksterior, interior maupun program ruang antara kedua bangunan. “Semuanya memiliki kesamaan yang hampir mendekati kata ‘sama’. Perbedaannya cuma terletak di bagian kubahnya saja. kantor Bank Indonesia terdapat kubah pada bagian atapnya sebagai Void untuk sumber cahaya dan udara untuk mengalirkan udara ke dalam bangunan yang tidak dimiliki oleh gedung Balaikota. Selain itu, terdapat sebuah jam berukuran besar yang menjadi simbol kekuasaan Belanda di Indonesia dengan ruangan berukuran 21 x 33 meter,” terangnya. Lebih lanjut, Hayrul menjelaskan, seluruh gedung De Javacshe Bank yang terdapat di Indonesia memiliki tipikal bangunan yang sama. Baik dari segi bentukan massa, desain arsitektural,

struktur dan material pembangunannya. Pemerintah Belanda memakai biro konsultan arsitek yang sama setiap pembangunan gedung De Javacshe Bank (biro konsultan a Hulswit/Fermont & ED Cupers yang berpusat di Amsterdam) dengan tujuan supaya gedung De Javacshe Bank mudah dikenali masyarakat dan menjadi suatu trademark tersendiri. “Hingga saat ini, gedung De Javacshe Bank masih terawat dengan baik. Selain berfungsi sebagai kantor Bank Indonesia, gedung De Javacshe Bank ini juga memiliki sejarah yang sangat tinggi. Karena, gedung ini merupakan peninggalan kolonial Belanda di kota Medan. Gedung ini juga sering dikunjungi para wisatawan sebagai objek wisata sejarah kota Medan khususnya,” tegasnya. Gedung De Javasche Bank (sekarang BI) terdapat beberapa ruangan. Yakni Hall Nasabah, sebagai tempat transaksi nasabah (bank-bank lainnya) dengan pihak BI untuk melakukan sistim pembayaran dengan cara kliring. Ruang Akunting, berfungsi untuk menghitung jumlah uang masuk dan jumlah uang yang keluar setiap harinya. Ruang Penghancur Uang, sebagai tempat meleburkan uang yang tidak sesuai lagi dengan terbitan yang baru menjadi bubur kertas kemudian dimusnahkan. Di lantai bawah terdapat ruang khasanah yang berfungsi sebagai tem-

pat penyimpanan uang dan barangbarang berharga lainnya. Di ruangan ini tidak terdapat pembatas. Sehingga ruang khasanah hanya berupa hall besar yang memiliki tembok yang sangat kokoh dan tidak ada celah. Bahkan, tidak ada ventilasi sama sekali. Lantai utama terdapat tangga menuju ke bawah sebagai akses satu-satunya menuju ruangan khasanah. “Tangga ini akan menuju ke gang khasanah yang berukuran 1 meter dan semua dibuat melingkar mengelilingi ruangan khasanah tersebut. Hal itu dilakukan karena memang pada dasarnya gang ini merupakan salah satu syarat dalam membuat ruang khasanah dan ini sesuai dengan peraturan dari badan Perbankan Dunia,” tuturnya. Selain itu, gedung tengah yang dibangun tahun 1972 ini terdapat sambungan ruangan khas yang berada di bawah tanah dan tertutup dari kehadiran masyarakat umum. Hanya para staff yang bisa masuk ke dalam ruangan tersebut. Sedangkan di bagian belakang gedung tengah ini terdapat ruangan-ruangan service. Seperti mushalla, klinik, kantin, toilet, hall kecil sbagai tempat pertemuan antar pegawai non-staff dan gudang. Ruangan service yang terdapat di gedung tengah ini merupakan pusat dari seluruh ruangan service bagi ketiga gedung lama, gedung tengah dan gedung baru dengan lantai 10 yang dibangun tahun 1990.(ali amrizal)

Pelestarian Budaya

Tari Adat Karo Pengganti SKJ KUTALIMBARU Tari patam-patam kini menjadi primadona pelajar di Kecamatan Pancurbatu Kabupaten Deli Serdang. Malah sudah diagendakan sebagai senam kesegaran jasmani para siswa. Seperti dilakukan siswa SMP Negeri I Kulatimbaru Kabupaten Deli Serdang. Tari patam patam diperagakan setiap Jumat, sebagai pengganti senam jasmani biasanya. Tak canggung bagi siswa maupun siswi untuk melakukannya. “Santai, namun sangat bermanfaat bagi kami,” ujar Rini, salah seorang siswi SMP Negeri I Kutalimbaru saat diminta tanggapannya. Salah satu kelebihan tari patampatam ini dibanding dengan senam lainnya bagi adalah seluruh badan akan ikut bergerak. Tari yang diperkenalan Naek Edi Sinulingga ini berlangsung sejak tahun 2003.

Tari Patam-patam

Kepala Sekolah SMP N 1 Kutalimbaru, Drs Zainal Abidin Sembiring menyambut positif tari patam patam yang masuk ke sekolah yang dipimpinnya. “Ini merupakan tradisi masyarakat Karo yang harus dilestarikan. Untuk itu, memperkenalkan-

nya kepada siswa merupakan langkah positif dan harus dijunjung,” ujarnya. Zainal Abidin juga mengucapkan terimakasih kepada Kadis Pendidikan Kabupaten Deli Serdang Sofian Marpaung yang mendukung tari

patam patam dijadikan agenda bagi para siswa. Hal itu turut pula mendapat dukungan Jesayas Tarigan AMD, Ketua DPP PPK (Pemuda Pancasila Karo) yang hadir menyaksikan para siswa menampilkan tari patam patam. “Saya sangat mendukung adikadik semua untuk menjaga tari patam patam yang merupakan tradisi masyarakat Karo. Karena selain menjaga tradisi, tari patam patam ini bisa meningkatkan kebugaran kalian,” ujarnya didampingi Musa Kaban, Ketua I DPD PPK Sumut dan Ancu Surbakti, Ketua DPC PPK Deli Serdang. Pada acara tersebut, Pemuda Pancasila Karo memberikan sumbangan ala kadarnya untuk membeli peralatan sound sistem yang dipergunakan saat melakukan tari patam patam. (reza/sormin)


Jika Anda punya Honda Tiger produksi 1994 dan bosan dengan tampilan, Erfan Nurdianto dari K-Cau Modification (K-CM) Magelang, Jateng, ini punya trik untuk memodifikasinya jadi semakin garang.

MINGGU, 13 JUNI 2010

HALAMAN 12

Tiger Berjurus Ninja Italia

Anda Mau Pasang Iklan Hubungi : 08126456433

BM MOTOR

Jual - Beli Mobil Cash - Credit

JL. TRITURA SIMPANG STM UJUNG NO.18 MEDAN

Telepon : 0813 9764 0122 , 061-77 182 814

P

Platina Mobil

Platina Mobil PM 71

Jual - Beli Mobil Baru & Bekas, Cash - Kredit , Tukar Tambah Jl. Tritura No.71 G Medan Hub: 061-785 1846, 061-7726 9797, 0813 6117 2089

Dijual

Asli dari jenis sport motor berlambang sayap mengepak itu hilang, setelah diramu jadi ala street fighter dengan daya tarik di bagian tertentu. Seperti sektor buritan, yang dibentuk menyerupai Ninja 250 karena banyak diomongin orang. Untuk mengubahnya, tentu ada rombakannya. Menurut Erfan, tulang belakang dibuang sekitar 15 cm sehingga buntut bisa dibuat lebih nungging. Pengerjaan seluruh bodi menggunakan bahan fiber, mulai dari depan sampai belakang. “Hanya tangki digarap sistem kondom, jadi aslinya masih ada di dalam,” un-

gkap sang pemilik motor. Jika belakang terinspirasi dari Ninja 250, untuk depan Erfan memasukkan model Ducati. Supaya tampilan motor jadi lebih besar, dibuatkanlah deltabox variasi dari bahan aluminium. Pertimbangannya, “Selain mudah dibentuk, biar lebih mengilap.” Trus, motor apa lagi yang disematkan pada Tiger ini? Tengok lampu depan, diambilnya dari Kawasaki Athlete 125 karena belum banyak yang mengaplikasikan. Hasilnya, tampilan motor dengan sok depan custom dan sistem rem belakang yang sudah cakram, jadi lebih segar dan fresh. (Nurfil/kcm)

Warna Silver Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Warna Hitam , Solar Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Dijual

Warna Biru Met/ Abu2 Met

Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp081397640122, 77182814

Chevrolet Blazer 2.2 Montera ‘05

Warna Hitam Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Dijual Starlet ‘91/’96 Warna Merah/Biru Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Honda CRV 2.0 A/T ‘01

Mitsubishi Kuda GLS ‘00

Suzuki Swift GL ‘06 AT

Warna Hijau, type Jeep Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Warna Ungu Metalik, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Mitsubishi T120 SS ‘92 Kondisi Siap Cat/ Jok baru/ BK Panjang, kondisi Jalan, Harga 33 Jt/ nego Hub: Jimmy, 0811 632 813 , 77863990, lokasi: lewat TOL Tamora belok kiri arah B. Kuis samp. Lap. Golf No.369

Toyota Kijang Krista 2.5 Solar ‘00

Hyundai Atoz 1.0 GLS ‘01

Warna Biru Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Telp. 061-785 39 62

Jual - Beli Mobil Cash - Kredit Jl. Karya Bakti No. 15 Medan Johor Telp. 0811 637 306 - 061 768 50121 Dijual

Dijual

Kijang Commando Long / Rover ‘91/’93

Honda Grand Civic ‘89/ Katana 4x4 ‘88

Warna Abu2 Hub: KARYA MOBIL

Warna Hitam/ Hijau Metalik Hub: KARYA MOBIL Dijual

Dijual

Honda Civic Wonder ‘87 Warna Merah Maron, AC, Tape, velg racing, body kaleng, BK Medan asli (2 nama dari baru) harga 28 Jt/ nego. Berminat hubungi: 081265813303, harga 28 Jt/ nego

Suzuki Amenity ‘90 Warna Merah Maron, AC, Tape, body kaleng, BK Medan, asli, berminat hubungi 77515245, 081265813303, harga 31 Jt/ nego

Suzuki Katana ‘88

Warna Hijau, 4x4 Hub: KARYA MOBIL

Dijual

Toyota Kijang LGX Diesel ‘01

Warna Hijau Metalik Hub: KARYA MOBIL

Suzuki Escudo Nomade ‘99 Warna Silver Hubungi: HORAS MANDIRI MOBIL Jl. Jend. AH. Nasution/Tritura No.18 Telp.(061) 076218855,0813 7664 2255

Daihatsu Rocky Independent ‘98 Warna Abu2 Hubungi: HORAS MANDIRI MOBIL Jl. Jend. AH. Nasution/Tritura No.18 Telp.(061) 076218855,0813 7664 2255

Kijang Innova G ‘05

Warna Merah, Full Audio!!! Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Grand Livina XV M/T ‘07

Warna Silver Stone, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

238B

Toyota Kijang LGX Solar ‘03 Warna Biru Hubungi: HORAS MANDIRI MOBIL Jl. Jend. AH. Nasution/Tritura No.18 Telp.(061) 076218855,0813 7664 2255

Kijang LGX Solar ‘00 Warna Biru Hubungi: HORAS MANDIRI MOBIL Jl. Jend. AH. Nasution/Tritura No.18 Telp.(061) 076218855,0813 7664 2255

Toyota Kapsul LGX Bensin ‘01

Daihatsu Taruna CSR ‘00 Warna Hitam Hubungi: HORAS MANDIRI MOBIL Jl. Jend. AH. Nasution/Tritura No.18 Telp.(061) 076218855,0813 7664 2255

Toyota Avanza GVVTI ‘07

TAFT GT’93

Bensin, Warna Hitam

Warna Biru, 4x4 , siap pakai

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

• Jual & Beli Mobil • Cash & Kredit • Baru & bekas

Jl. Tritura No.82 Medan Hub: 0811 6099 03 - (061)7715 2989

Toyota Corolla New Altis 1.8 type G, VVTi ‘04 Warna Merah Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Daihatsu Xenia ‘04 Type Li, biru metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Toyota Kijang Krista Diesel ‘00 Warna Biru MITRA JAYA MOBIL Jl. Gatot Subroto No. 238 B Medan Telp. 4574933-081264854159

Kijang Kapsul LGX ‘01 Warna Biru MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 238 B Medan Telp. 4574933-081264854159

Dijual Kijang Krista Diesel ‘01 Warna Biru Mika MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 238 B Medan Telp. 4574933-081264854159

Dijual Cevrolet Blazer O1 DOHC ‘05 Warna Biru Tua MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 238 B Medan Telp. 4574933-081264854159

Daihatsu Espass Minibus 1.3 CC ‘03 Warna Silver MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 238 B Medan Telp. 4574933-081264854159

Daihatsu Rocky 4x4 ‘95 Warna Hitam MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 238 B Medan Telp. 4574933-081264854159

Kijang Kapsul LX Bensin ‘97

Warna Hijau Metalik

Warna Silver Metalik

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Dijual

Daihatsu Espass ‘96 Warna merah 1.6 BK Medan Asli 1 nama, cantik. Harga 32 Jt. Hub: 081370996825/ 77565225

Suzuki Grand Vitara JLX ‘06

Warna Silver Metalik

Warna Silver Metalik

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

SEMPABUMobil

il Jual Beli Mob Baru - Bekas Jl. Tritura No.50 A Medan Cash - Kredit Telp. 061-77698741 - 0812 637 8815

Jual - Beli Mobil Cash- Kredit

Jl. Ngumban Surbakti No.14 Pasar VIII Medan Telp. 0813 9691 9855 Dijual

Dijual

Rocky 4x4 ‘95 Warna Merah Maron, BK Medan, lengkap, bisa tukar tambah. Hrg 72 Jt/ damai. Hub: 081265451974

Honda Jazz IDSI ‘05 MT

Telephone : 4574933-081264854159

GANORI MOBIL DIFA Mobil

Dijual

Warna hitam, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

KARYA MOBIL

Dijual

BMW 3181 M3/M40 ‘91 Warna Abu2 gelap, BK Medan, komplit, Hub: 081370667070

Warna Hitam, Harga Nego !!! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Dijual Dijual

Jl. Tritura No.71 F Medan

Jl. Jend. AH. Nasution/Tritura No.18 Telp.(061) 076218855,0813 7664 2255 Dijual

Warna Kuning, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Dijual

Warna Hijau Metalik Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

HORASMANDIRIMOBIL

JUAL-BELI,TUKARTAMBAH,SEGALAJENISMOBIL CASH/ KREDIT

Warna Hitam, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Toyota Wish 1.8 L ‘05 AT

Dijual

Dijual Timor ‘97 Warna Hitam Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Suzuki APV GE ‘08 akhir

Kia Visto ‘00/ ‘01

Warna Biru Muda/ Biru Metalik Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Dijual

BMW 320i ‘95 warna hijau Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Warna Hitam, Harga Nego !!! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Dijual

Panther Touring / HiGrade ‘05/’95

Toyota Kijang LGX 1.8 ‘03/99

Dijual Honda Ceilo ‘94 Warna Hijau Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Chevrolet Aveo LT MT ‘04

Kijang Innova G 2.5 ’07

Toyota Corolla Altis 1.8 G.A/T ‘02

Mitsubishi Triton Double Cabin

Baru, Cash/Kredit, Dalam & Luar kota Hubungi : DIFA MOBIL, 061-77698741-08126378815

Honda Accord I-VTEC 2.4 MATIC ‘08

Hyundai Verna ‘02

Warna Silver, BK Medan, Jok Kulit, AC, Tape, Alarm, Harga Rp.72 Jt/nego,mulus.

Hub: DIFA MOBIL, 061-77698741-08126378815

Warna Hitam Hubungi : CV. Suka Mobil 061-68784998, 08116203698

Dijual

Honda City IDSI ‘04

Warna Hitam metalik, Manual Hubungi : CV. Suka Mobil 061-68784998, 08116203698

Dijual

Kijang Pick Up Kapsul ‘97 Warna Hitam, VR, BK Medan, Siap Pakai, Harga 55 Jt/ Nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Panther LDX ‘91 Warna Abu-abu metalik, VR, AC double blower, harga Rp.39 Jt/nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Hartop Pick Up ‘80 Mesin 2F Timbul, ada 3 unit,Dilelang 80 Jt/ nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Taft Badak Minibus ‘82 Warna Merah, Pajak Hidup, Harga 26,5 Jt/ Nego Hub : Sempabu Mobil Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Dijual

Dijual

Mitsubishi L300 ‘92 Pick Up Bensin Kondisi Siap Cat/ Jok baru/ BK Panjang, kondisi Jalan, Harga 40 Jt/ nego, Hub: Jimmy, 0811 632 813 , 77863990, lokasi: lewat TOL Tamora belok kiri arah B. Kuis samp. Lap. Golf No.369

Toyota New Avanza type G VVTI ‘08 Warna Hitam Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Toyota Kijang LGX Diesel ‘01 Warna Silver Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Mazda Lantis ‘97

Suzuki Baleno ‘00

Warna Biru, Asli Medan, Original, Velg 16’ Brabus, Jok asli, Harga Rp.57 Jt/nego

Hub: DIFA MOBIL, 061-77698741-08126378815

Dijual

Warna Biru Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Dijual

Zebra Pick Up ‘93 Kondisi Siap Cat / Jok Baru, BK Panjang, Kondisi Jalan, Harga 23 Jt / Nego Hub: Jimmy, 0811 632 813 , 77863990, lokasi: lewat TOL Tamora belok kiri arah B. Kuis samp. Lap. Golf No.369

Toyota Kijang LGX ‘97 Warna Hijau Botol Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Suzuki Baleno DX ‘02 Warna Hijau Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Dijual

Mitsubishi Eterna ‘90/’91 (DOHC) Mulus, standard Original, VR, BK Asli Medan, mobil tdk kecewa khusus pemakai (Agen2 tdk dilayani) Hub: 081260088688

Toyota Absolute ‘97 Warna Gold Silver , BK asli Medan, km 65 rb, jarang pakai, AC, CD, alarm, CL, PW. Hrg 68 Jt/Nego Hub: DIFA MOBIL, 061-7710220008126378815 Dijual

Misubisi Lancer Evo 3 ‘95 Warna Abu2 Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Suzuki Katana ‘91 Warna Biru, BK Medan, Ban 30, Tape AC, Bangku hadap depan Hubungi DIFA MOBIL 061-77698741, 08126378815

Suzuki APV type X ‘06/’07 Warna HItam, asuransi allrist, 1 nama. Hubungi DIFA MOBIL 061-77698741, 08126378815

Dijual

Suzuki Escudo 1.6 ‘04

Timor DOHC ‘97 Warna Biru

Warna Hitam Hubungi : CV. Suka Mobil 061-68784998, 08116203698

Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698 Dijual

Dijual

Kia Karens II ‘04 Warna Hijau, spesial edition, asli Medan, bangku 3 baris, CD, tape, Hubungi DIFA MOBIL 061-77698741, 08126378815

Warna Hitam Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Dijual

Dijual

L300 Pick Up ‘87 Solar ban 95 % Velg baru, mesin & body Ok, eks angkut makanan ringan, harga 39 Jt/ nego, Binjai. Hub: Ismail, Hp: 081381660838

Toyota Avanza VVTI ‘07

Kijang LGX Diesel ‘99

Warna Silver, BK tunggal Medan, Original, AC, CD, Mp3, Alarm

Hub: DIFA MOBIL, 061-77698741-08126378815

Toyota Soluna XLI ‘00 Warna Biru

Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Kijang Pick Up ‘90 Warna Biru, pajak hidup, siap pakai harga 38 Juta/ nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Dijual

Kijang Innova Type G Bensin ‘05/’06 Warna Hitam

Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Kijang Super Long ‘95 Warna Biru, Siap pakai, harga 52 Jt/ nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Daihatsu Zebra Minibus ‘94 Warna Hitam, 5 speed , rem depan cakram, siap pakai Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan


HALAMAN 14

MINGGU, 13 JUNI 2010

PSMS kini berlaga di Divisi Utama Liga Indonesia karena tergusur dari Liga Super. Sesuai janjinya, Ketua Umum PSMS Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi akan mengangkat kembali prestasi klub berjuluk ‘Ayam Kinantan’ itu. Mari dukung dengan mengirimkan pesan ke nomor

081396006871 085288236769 : Agar PSMS bangkit lagi, pilih pemain terbaik di setiap kabupaten Sumut. 087892684160 : Sekali merdeka, tetap merdeka. Ayo Kinantan berjuang. Maju trus pantang mundur. 081396674424 : Kami merindukan kokok Ayam Kinantan, I love prestasimu PSMS

Juga Melanda Luar Angkasa Demam Piala Dunia 2010 melanda seluruh masyarakat di dunia, tidak terkecuali para astronot yang kini sedang berdiam di stasiun luar angkasa internasional (ISS). Tiga orang astronot yang sedang mengorbit akan bergabung dengan miliaran penggemar sepak bola di bumi untuk mendukung tim sepak bola mereka bersaing memenangkan kejuaran FIFA World Cup 2010 yang berlangsung mulai hari ini di Johannesburg, Afrika Selatan. (int)

Kesetiaan Zamorano Terpecah Tak perlu meragukan loyalitas legendaris Chili Ivan Zamorano kepada negaranya. Tapi, khusus di Piala Dunia Zamorano mengunggulkan Argentina. Setelah memutuskan gantung sepatu pada 2003 Zamorano tak bisa lepas dari dunia sepakbola. Dia kini aktif sebagai jurnalis dan komentator sebuah stasiun televisi di negaranya. (int)

Arjen Robben Tiba Kabar gembira untuk fans De Oranje. Winger Arjen Robben tiba di Afrika Selatan kemarin, menyusul rekan-rekannya di skuad Belanda. Meski begitu pelatih Bert van Marwijk menegaskan belum mau hanyut dalam optimisme bahwa pemain Bayern Munich itu bisa diturunkan di laga awal melawan Denmark dinihari nanti. (int)

Afsel Kini Fokus ke Uruguay Afrika Selatan segera melupakan hasil imbang 1-1 melawan Meksiko di laga perdana babak penyisihan grup A Piala Dunia 2010. Kini mereka mengalihkan fokus ke pertandingan selanjutnya menghadapi Uruguay. Itu diungkapkan oleh dua punggawa Bafana Bafana Siboniso Gaxa dan Itumeleng Khune. Mereka sama-sama menganggap hasil melawan El Tri sebagai hal positif. (int)

Appiah Lebih Takut pada Serbia Jerman boleh menjadi unggulan di grup D babak penyisihan Piala Dunia 2010, namun sayang mereka bukan dianggap sebagai tim paling menakutkan. Adalah kapten Timnas Ghana Stephen Appiah yang membuat pernyataan itu. Menurutnya tim paling menyeramkan ialah Serbia. “Kami hanya fokus pada Serbia. Kami tidak memikirkan yang lain,” ujar Appiah seperti dikutip Goal, Sabtu (12/6). (int)

John Travolta Semangati Australia Aktor Hollywood John Travolta terbang menggunakan jet pribadinya hari Jumat (11/ 6) ke Afrika Selatan untuk memberi dukungan kepada tim nasional Australia sebelum menghadapi pertandingan perdananya di Piala Dunia 2010 tanggal 14 Juni nanti melawan Jerman. Bintang berusia 56 tahun itu datang bersama istrinya Kelly Preston dan putrinya Ella. Travolta menerbangkan sendiri jet miliknya dan mendarat di Bandara Lanseria, sebelah barat laut Johannesburg, hari Jumat pagi. (int)

jangan kecewakan fansmu di tanah air. 085761703935 : PSMS ayo maju trus. Tembus Champions Asia tanpa play off. 085761611543 : Ayo PSMS, kamu harus seperti yang dulu. 087869858735 : Ayo PSMS kalahkan semua lawanmu dari kejarlah juara..!

Biden Tinggalkan Obama Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Jumat mengatakan kepada Presiden Barack Obama bahwa ia minta maaf meninggalkannya untuk menangani tumpahan minyak, tetapi merasa sangat senang nonton Piala Dunia. “Saya merasa terhormat (berada di sini) mewakili Amerika Serikat. Presiden marah,” kata Biden kepada sekelompok tokoh terkemuka di Konsulat AS di Sandton, dekat Johannesburg. (int)

JOHANNESBURG Argentina mengawali usahanya meraih gelar juara Piala Dunia 2010 dengan hasil bagus. Menghadapi Nigeria pada partai perdana penyisihan Grup B di Stadion Ellis Park, Johannesburg, Sabtu (12/6), Albiceleste menang 1-0.

Terinspirasi Usain Bolt Steven Gerrard bertekad membawa Inggris menjuarai Piala Dunia 2010. Skipper Liverpool tersebut mengaku terinspirasi oleh kesuksesan Usain Bolt. Bolt adalah seorang sprinter top asal Jamaika. Ia merupakan seorang juara lari Olimpiade dan pemegang rekor tercepat dunia lari jarak 100 meter dan 200 meter. (int)

Kanu Kecam Maradona GABRIEL Heinze menjadi pencetak gol tunggal kemenangan Argentina. REUTERS/EDDIE KEOGH

Cardozo Absen ? Oscar Cardozo terancam kehilangan semua laga Piala Dunia 2010, karena cedera engkelnya terus memburuk. “Cedera Cardozo ternyata lebih serius dari yang kami perkirakan,” ujar Hector Cartes, direktur teknik timnas Paraguay. Cardozo dibawa ke Afrika Selatan (Afsel) setelah tampil gemilang bersama Benfica sepanjang musim lalu. Ia mencetak 36 gol, dan menjadi salah satu andalan tim berjuluk Gerardo Tata Martino. (int)

Ji-Sung Dukung Korut Park Ji-Sung menunjukkan solidaritas kepada negara tetangga. Meskipun tampil membela Korea Selatan (Korsel), dia tetap tidak lupa memberikan dukungan kepada Korea Utara (Korut). Pemain Manchester United itu bahkan merasa bangga karena bisa hadir di Afrika Selatan bersama saudara serumpunnya. Dia juga mengaku tertarik menyaksikan seluruh laga yang dimainkan oleh Korut. (int)

karena mereka bisa kembali ke hotel tepat waktu sebelum kick off pertandingan pembuka Piala Dunia 2010 antara Afrika Selatan kontra Meksiko. Di luar hotel, dari sebelum-sebelumnya terpampang tulisan peringatan berbunyi, “Gajah mendekat ke pagar, harap Anda menjaga jarak minimal 30 meter dan tetap diam.” serta “Awas Babon, harap tidak mendekati mereka dan jangan memberi makan.” Amerika Serikat akan memainkan pertandingan pertamanya di Grup C dengan menghadapi Inggris di Rustenburg, Minggu (13/ 6) dinihari WIB. (int)

vs

membedakan penjaga gawang atau bukan kiper. Off-side terjadi jika penyerang menerima bola dan hanya berhadapan dengan tinggal satu pemain lawan yang berada di depannya, kendati itu bukan kiper, (dalam kasus ini posisi itu ditempati Pienaar). Publik sepakbola mungkin terbiasa dengan peraturan off-side jika seorang penyerang menerima bola dan tinggal berhadapan dengan kiper. Dalam kasus gol Vela, Piennar-lah yang bertugas menjadi orang terakhir (kiper), setelah kiper Itumeleng Khune, sudah maju untuk memotong tendangan sudut. Jika merujuk pada peraturan off-side, sosok hakim garis yang menjadi asisten wasit pasti sangat paham dengan aturan tersebut. Dan keputusannya mengangkat bendera sudah tepat. (int)

NIGERIA 1

HASIL BAGUS

Shunsuke Nakamura tak berharap Jepang hanya menjadi penggembira di Piala Dunia 2010. Ditegaskannya, Jepang akan berusaha untuk membuktikan kemampuan mereka untuk bisa berbicara banyak di Afrika Selatan. Dengan tujuan itu, Nakamura pun bertekad untuk bisa memberikan kemampuan terbaiknya selama dipercaya untuk memimpin skuad Jepang. (int)

Diego Maradona menuduh Nigeria akan mengkasari pemain bintang Argentina. Nwankwo Kanu mengatakan; “Kami datang ke Piala Dunia 2010 untuk bermain bola, bukan untuk melukai orang lain.” Argentina menang 1-0 atas Nigeria mengawali laga Grup B di Ellis Park, Johannesburg. Maradona yakin Nigeria akan menggunakan semua cara untuk menghentikan aksi pemain bintangnya. (int)

AFP PHOTO / PEDRO UGARTE

CARLOS Vela (kanan) golnya yang dianggap off-side oleh wasit.

1 ARGENTINA

Siap Buktikan Kemampuan

Pemain AS Terjebak Gajah RUSTENBURG Kehidupan liar menjadi warna eksotis Afrika Selatan. Namun kehidupan liar bisa menimbulkan masalah, seperti yang terjadi pada pemain-pemain timnas Amerika Serikat. Pada hari Jumat (11/6) siang, 10 pemain AS berjalan-jalan dengan bus menuju ke sebuah pasar terbuka di dekat Hotel Bakubung Bush Lodge di Rustenburg. Saat itulah, bus mereka terjebak dalam kemacetan lalu lintas akibat adanya seekor gajah di jalanan. Demikian diungkapkan jubir tim AS Michael Kammarman seperti dikutip AP. Beruntunglah para pemain AS itu

ATURAN OFF-SIDE ANULIR GOL VELA JOHANNESBURG Kontroversi terjadi saat Meksiko sukses menggetarkan gawang tuan rumah Afrika Selatan, pada laga perdana Piala Dunia 2010. Gol Carlos Vela di menit 37 dianulir wasit, karena dianggap dalam posisi off-side. Wasit asal Ubzekistan Ravshan Irmatov, memutuskan untuk membatalkan gol tersebut setelah hakim garis mengangkat bendera tanda penyerang milik Arsenal tersebut sudah dalam posisi off-side. Kontroversi dan protes pemain Meksiko pun terjadi. Pasalnya, mereka melihat di depan Vela ada gelandang Afsel Steven Pienaar. Di sinilah peraturan off-side yang sedikit membingungkan itu dijalankan wasit. Pienaar sendiri memang bukan penjaga gawang. Namun peraturan off-side tidak

Gabriel Heinze menjadi pahlawan tim Tango—julukan Argentina— dalam laga seru tersebut. Aksi heroik bek kiri ini, membuat Argentina unggul cepat pada menit keenam. Sambil terbang, Heinze mengarahkan bola umpan pojok, ke sudut kanan atas gawang Nigeria. Kiper Vincent Enyeama hanya terperangah melihat gawangnya kebobolan dalam tempo yang begitu singkat. Gol Heinze ini mematahkan rekor gol tercepat di Afrika Selatan, yang sekitar satu jam sebelumnya diciptakan bek Korea Selatan, Lee Jung-Soo. Lee mencetak gol pertama timnya pada menit ketujuh, sekaligus mengawali pesta Korsel atas Yunani, yang digasak 2-0.

ALJAZAIR

vs

KLASEMEN SEMENTARA GRUP A Afrika Selatan Meksiko Uruguay Prancis

1 1 1 1

0 0 0 0

1 1 1 1

0 0 0 0

1-1 1-1 0-0 0-0

1 1 1 1

GRUP B Korea Selatan Argentina Nigeria Yunani

1 1 1 1

1 1 0

0 0

0 1 1

0-2 1-0 0-1 2-0

3 3 0 0

DAFTAR PENCETAK GOL : 1 gol : Siphiwe Tshabalala (Afrika Selatan), Rafael Márquez (Meksiko), J. Lee (Korsel), J. Park (Korsel), Heinze (Argentina)

Dengan demikian, Korsel dan Argentina menjadi tim pertama yang meraih kemenangan di Piala Dunia 2010 karena pada laga penyisihan GrupAyangberlangsungsehari sebelumnya, tak ada yang meraih kemenangan. Tuan rumah Afsel ditahan imbang 11 oleh Meksiko, serta Uruguay bermain kaca mata dengan Perancis. Dan, raihan tiga poin ini membuat Korsel untuk sementara memimpin Grup B, disusul Argentina. Lionel Messi menjadi bintang pertandingan ini. Striker mungil Barcelona tersebut

SLOVENIA

DUEL PENTING POLOKWANE Gelandang Slovenia, Aleksandar Radosavljevic, menilai timnya fokus 100 persen untuk menghadapi Aljazair, Minggu (13/6). Menurutnya, kepercayaan diri timnya sangat besar untuk meraih tiga poin di pertandingan pertama tersebut. Slovenia dan Aljazair sebenarnya tak terlalu diunggulkan untuk lolos dari Grup C. Masih ada dua tim yang lebih kuat, yakni Inggris dan Amerika Serikat. Meski begitu, menurut Radosavljevic, Slovenia tak memikirkan kedua tim tersebut dan fokus kepada performa tim sendiri. “Kami tidak memikirkan Slovenia atau Inggris saat ini. Kami hanya memikirkan Aljazair dan kami percaya diri bahwa kami bisa bermain baik dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya,” kata Radosavljevic. “Kami tahu bahwa seluruh rakyat Slovenia berada di belakang kami, jadi kami tak merasa tertekan. Kami tahu berapa banyak orang yang akan mendukung kami di Afrika Selatan dan di negara kami sendiri. Kami harus bermain baik untuk membangkitkan duku-

ngan ini, tapi kami percaya diri, kami bisa melakukannya.” “Kami tidak memikirkan atau berbicara tentang memenangkan Piala Dunia. Hal ini tidak masuk ke dalam pikiran kami. Kami fokus penuh pada diri kami sendiri,” lanjut pemain berusia 31 tahun tersebut. Percaya diri Sementara mendapat warisan ban kapten Aljazair merupakan kehormatan tersendiri bagi Antar Yahia. Namun, bek kelahiran Prancis ini berharap Yazid

Mansouri, sang kapten sesungguhnya, cepat pulih dari cedera. Mansouri, yang dipercaya pelatih Rabah Saadane sebagai kapten tim, ternyata tidak mendapat dukungan sepenuhnya dari rekanrekan tim. Kini, Mansouri masih dalam masa pemulihan dan dipastikan absen pada laga perdana Aljazair melawan Slovenia. Mansouri menyerahkan jabatannya sementara pada Yahia, yang mencetak gol vital pada laga kualifikasi melawan Mesir. Aljazair pun sukses menyingkirkan jawara Piala Afrika 2010 tersebut, sekaligus menjadi peserta terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2010. “Yang pertama dan utama, saya tetap mendukung kapten tim sesungguhnya, Yazid Mansouri. Kritik apapun yang ditujukan padanya tidak layak bagi statusnya, meski berdampak bagi timnas,” ungkap Yahia. (int)

DUA pemain Slovenia Andrej Komac dan Matej Mavric (kiri) saat melakukan latihan di Peter Mokaba Stadium.

memperlihatkan sihirnya, yang membuat barisan belakang Nigeria kocar-kacir dalam mengantisipasi serangan. Pada menit ke-27 Nigeria mencuri peluang setelah Obasi yang berada di sisi kanan pertahanan Argentina melepaskan tembakan yang sayang masih melebar dari sasaran. Pada menit ke-36 kerjasama satu dua Messi dan Mascherano diakhiri umpan ke Messi lagi. Lantas ia pun melepaskan tendangan kaki kiri ke tiang jauh yang bisa di-tip Enyeama. Tiga menit babak kedua berjalan sebuah umpan menyilang datarVeron dari sayap kanan mengarah ke kotak penalti dan Messi menyentuh bola sedikit. Namun bola malah melenceng tipis. Pada menit ke-64 lewat sebuah serangan balik cepat. Bola dikuasai Carlos Tevez yang lantas mengoper ke Messi di sebelah kanan. Dibayangi dua pemain, Messi melepaskan tembakan yang lagi-lagi gagal menemui sasaran. Tendangan keras kaki kiri Taiwo dari luar kotak penalti pada menit ke-70 dari bek kiri Nigeria itu masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Sergio Romero, Di menit ke-78 tendangan keras Obafemi Martins dari jarak jauh masih bisa ditepis oleh Romero. Hingga laga berakhir skor 1-0 tetap bertahan. Penampilan yang belum memuaskan dari calon juara dunia. (int)

INJURY TIME DANIELE DE ROSSI DANIELE De Rossi ditakutkan menyusul Andrea Pirlo dan Mauro Camoranessi yang cedera.

REUTERS/GIAMPIERO SPOSITO

Bikin Italia Was-was ITALIA sukses menutup laga ujicoba terakhirnya dengan raihan positif. Namun Azzurri harus kehilangan De Rossi dalam pertandingan itu. Parahkah cedera De Rossi? De Rossi mendapat cedera minor pada betisnya dan harus meninggalkan lapangan saat laga belum berakhir. Kejadian ini tentunya mengkhawatirkan bagi Italia yang sudah kehilangan Andrea Pirlo karena problem serupa. Kehadiran De Rossi dibutuhkan sebagai pengganti Pirlo sebagai jenderal lapangan tengah Italia selama gelandang AC Milan itu absen tiga pekan. Untungnya De Rossi diberitakan masih bisa bermain meski dokter tim juara bertahan itu belum memastikan De Rossi pasti tampil saat melawan Paraguay 14 Juni di laga pembuka Grup F. Selain Pirlo dan De Rossi, Italia masih menunggu perkembangan kabar winger kanan asal Juventus, Mauro Camoranesi, yang masih berkutat dengan cedera lutut. Italia dalam laga pemanasan terakhirnya menang 6-0 atas Gauteng All Stars, Sabtu (12/6) dinihari WIB. Giampaolo Pazzini dan Simone Pepe mencetak masing-masing dua gol. Sisanya diboyong Vincenzo Iaquinta serta Antonio Di Natale. (int)

REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH

KONSULTASI SEKS METRO Diasuh : AA’ Ks. Gunawan (Pakar Pengobatan Alat Vital Pria) Ketik : POS(spasi)TGP(pertanyaan) Kirim ke 7669 (maks. 160 karakter) Hotline : 081534431998 (no sms)

ORGASME BERBEDA TANYA : Tiap kali berhubungan intim, saya sering kecewa karena suami saya terlalu cepat orgasme. Kekecewaan itu muncul karena saya takut tidak akan hamil. Pertanyaannya, apakah jika suami sudah ejakulasi tetapi istri belum bisa terjadi kehamilan? 06191556*** JAWAB : Proses kehamilan tidak dipengaruhi oleh orgasme wanita, melainkan orgasme pria (ejakulasi). Orgasme keduanya hanya berdampak secara psikologis saja. Tapi bila bisa terjadi orgasme bersamaan akan lebih baik, karena begitu pria orgasme dengan menyemprotkan sperma, dan wanita orgasme dengan kontraksi semua otot Mrs. V yang dapat menghisap sperma lebih cepat untuk terjadinya pembuahan di rahim.

URUGUAY JUGA BIKIN REKOR CAPE TOWN Gelandang Uruguay, Nicolas Lodeiro, mencatatkan sejarah sebagai pemain pertama yang mendapat kartu merah pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, menyusul pelanggarannya terhadap bek Perancis, Bacary Sagna, dalam duel babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Jumat (11/6). REUTERS/MIKE HUTCHINGS

NICOLAS Lodeiro (kiri) saat dikartumerahkan wasit Yuichi Nishimura.

Catatan ini menjadi catatan rekor lanjutan dari pemain Meksiko, Efrain Juarez, yang menjadi penerima kuning pertama pada Piala Dunia ini. Juarez menerima kartu kuning akibat melakukan hand ball saat melawan Afrika Selatan pada babak penyisihan Grup A, beberapa jam sebelum Uruguay menghadapi Perancis. Siapa sangka, rekor tersebut langsung dilanjutkan dengan sejarah baru berikutnya.

Bermain menggantikan Ignacio Gonzalez pada menit ke-63, Lodeiro cuma butuh waktu dua menit untuk menerima kartu kuning pertamanya pada pertandingan itu. Namun, bencana sesungguhnya baru terjadi pada menit ke-80 ketika ia mengganjal Sagna, yang sebetulnya tidak dalam posisi sangat mengancam gawang Uruguay. Untung bagi Uruguay, keluarnya Lodeiro gagal dimanfaatkan secara maksimal oleh Perancis sehingga laga itu tetap berakhir seperti ketika dimulai. (int)


HALAMAN 15

MINGGU, 13 JUNI 2010 ALJAZAIR VS SLOVENIA

Kerja keras dan kerjasama tim yang baik membuat Aljazair lolos ke Piala Dunia 2010 setelah menang atas Mesir di babak play off. Menghadapi Slovenia yang juga tim debutan diyakini akan bisa menampilkan permainan terbaiknya. Duel tim debutan ini diyakini akan dimenangkan Slovenia.

POSMETRO FC Imbangi Marinir Futsal Team

SERBIA VS GHANA

Kedua tim hampir memiliki kesamaan. Serbia, negara pecahan Yugoslavia ini mengandalkan semangat dan kerjasama tim. Namun Ghana tak bisa dipandang sebelah mata, pasalnya para pemainnya sudah banyak berkiprah di Eropa. Dan jiwa nasionalismenya sangat tinggi jika berlaga di timnas. Untuk itu Vidic cs harus waspada.

TIM Posmetro FC foto bersama dengan Marinir Futsal Team sebelum pertandingan.

JERMAN VS AUSTRALIA

Melihat prestasi tim, Australia masih sulit menandingi Jerman. Tim Panzer—julukan Jerman merupakan tim favorit menjuarai Piala Dunia 2010 ini. Dengan mental dan kerjasama pemain yang baik diyakini Panzer akan bisa menggilas Kanguru—julukan Australia.

PM/SORMIN

Domenech mengunci setiap pergerakan pemain dan membuat permainan tidak bisa berkembang. “Kamimenikmatiritme permainan, namun kami dipaksa bermain cepat ketika mereka mengunci setiap pergerakan. Permainan kami benar-benar tidak bisa berkembang,” pungkasnya seperti dikutip Goal, Sabtu (12/6). Sementara hasil imbang itu membuat Patrick Evra bingung. Tidak banyak peluang emas yang bisa didapatkan oleh kedua tim. Akibatnya, selama 90 menit tidak ada satu pun gol tercipta. Uruguay sendiri bermain dengan 10 pemain pada 10 menit terakhir setelah Nicolas Lodeiro diusir dari lapangan. Lodeiro mendapatkan kartu kuning kedua akibat melanggar Bacary Sagna. Namun, dengan keunggulan jumlah pemain Prancis tetap tak bisa membobol jala Uruguay. “Sejujurnya, saya tak tahu apa masalahnya. Kami bermain dengan baik. Saya tak tahu mengapa pertandingan ini bisa berakhir imbang,” tukas Evra kepada L’Equipe. Untuk menjaga peluang mereka loloskebabakselanjutnya,Pranciswajib memenang. Selanjutnya, Les Bleus bakal menghadapi Meksiko pada 17 Juni mendatang. Tabarez Senang Sementara pelatih tim Uruguay

Oscar Tabarez cukup puas mendapat satu poin dari Prancis. Ia pun yakin hasiltersebutmembuattiaptimdiGrup Amasihmemilikipeluangyangsama. Menahan imbang tanpa gol Juara dunia 1998 di Cape Town bagi Tabarez adalah hasil yang cukup baik. Apalagi skuadnya sempat bermain dengan sepuluh pemain setelah Nicolas Lodeiro di kartu merah di menit ke-83. “Ketika Anda melihat Prancis dengan sejarahnya dan faktanya dia memiliki finansial jauh kari kami tentu saja kami senang dengan hasil seri ini, kami pantas mendapatkanya,” kata Tabarez seperti dilansir Sky. Setelah di laga pembuka Afrika Selatan ditahan imbang Meksiko 11, Tabarez pun tahu semua tim punya peluang sama. “Grup ini sekarang seimbang dan laga selanjutnya akan sangat penting,” ujarnya. Tabarezpunsenangkarenamemiliki striker Diego Forlan yang beberapa kali mengancam gawang Prancis. Striker Uruguay ini telah didampuk menjadi pemain terbaik dalam pertandingan tersebut oleh FIFA Forlan pun tahu laga selanjutnya akan sangat penting. “Tidak banyak kesempatan bagi tim. Namun tim juga ingin mengambil banyak kesempatan. Ini sangat rumit,” aku striker Uruguay ini. (int)

MEDAN Tim Futsal POSMETRO FC menahan imbang Marinir Futsal Team dengan skor 7-7 pada laga persahabatan yang digelar di Lapangan Menteng Futsal, Jalan Menteng Medan, Sabtu (12/6). Laga persahabatan ini sebagai ajang silaturahmi dan

meningkatkan tali persaudaraan bagi kedua tim. Sejak awal pertandingan, pemain Marinir Futsal Team langsung memegang kendali permainan. Namun peluang yang diraih belum bisa menciptakan gol. Sementara POSMETRO FC yang dapat mengimbangi pertandingan unggul tiga gol yang disumbangkan Ricky,

Waspadai siap menggagalkan ambisi mereka,” kata Stankovic. Muntari Fit Menghadapi Serbia, Ghana mendapatkan kabar baik. Muntari sudah mulai pulih dan berlatih ringan bersama rekan setimnya. Sebelumnya, gelandang Inter Milan ini menderita cedera paha saat gim persahabatan melawan Belanda beberapa hari lalu. Ia pun diragukan bisa turun dalam pertandingan pembuka di Grup C Piala Dunia 2010 melawan Serbia. Menurut Soccernet, kondisi Muntari sudah membaik

Rekor

dan hampir dipastikan bisa diturunkan menghadapi Serbia. Hal ini juga melegakan pelatih Milovan Rajevac yang sudah terpukul dengan absennya Michael Essien. ‘Muntari sudah mulai pulih. Ia sudah berlatih bersama rekan setimnya di Rustenburg. Ia siap diturunkan sejak menit pertama menghadapi Serbia,’ demikian pernyataan salah satu petinggi pengurus sepakbola Ghana. Ghana berada di Grup C bersama Serbia, Jerman dan Australia. Mereka diprediksi seabgai salah satu timAfrika yang akan bersinar di Piala Dunia 2010. (int)

Tolak Pacarnya juga pria idaman wanita-wanita Inggris, yakni pemain bola profesional. Dia menjalin hubungan spesial dengan Peter Crouch, salah satu punggawa timnas Inggris. Otomatis sebutan WAG’s (wives and girld friends) pun melekat kepada wanita berambut pirang itu. TapiAbbey menolak mentah-mentah citra WAG’s yang hanya nebeng ketenaran sang pacar. ’’Saya tak harus melakukan sesuatu hanya karena dia. Dia memiliki pekerjaan dan saya juga kan,” ungkap cewek kelahiran Liverpool itu

Faisal dan Fahril. Ketinggalan 0-3, membuat para pemain yang dimanajeri Koptu Syafrianto (Ajo) ini ‘mengamuk’. Tiga gol dalam hitungan 12 menit diciptakan lewat Lettu L Manurung, Serma J Lubis dan Peltu M Hendrik. Di babak kedua, para pemain kedua tim saling berusaha mengejar ketertinggalan. POSMETRO FC kembali unggul lewat Alvin Nasution selaku kapten tim. Namun Marinir Futsal Team dapat menyamakan kedudukan lewat Pelda M Rusli. Stamina POSMETRO FC mulai kendor dan berhasil dimanfaatkan Marinir Futsal Team dengan menyumbangkan dua gol melalui Serda Rusdi dan Praka Erwin. Dan pertandingan akhirnya imbang 7-7, setelah Mangampu Sormin dan Dedi. “Pertandingan ini semakin meningkatkan silaturahmi dan tali persaudaraan dengan POSMETRO FC,” ujar Koptu Syafrianto. Pemain yang diturunkan Marinir Futsal Team yakni Lettu L Manurung, Serma J Lubis, Peltu M Hendrik, Pelda Hendrik, Pelda M Rusli, Sertu Rois, Sertu Abu Bakar, Serda Rusli, Koptu Syafrianto (Ajo), Koptu Domu Purba, Praka Erwin dan Praka Hendra. (sormin)

seperti dilansir Exprees. Makanya saat ada ultimatum Fabio Capello yang melarang WAG’s untuk terbang ke Afsel, Clancy tak kebingungan. Dia tetap disibukkan dengan kegiatannya sendiri. Memang harapan untuk menyaksikan penampilan kekasih hati tetap menyala. Maklum pesta sepak bola itu berlangsung empat tahun sekali dan kali ini dihelat diAfrika Selatan (Afsel). Negara yang amat berbeda dengan Eropa. (jpnn)

Permainan Cepat Memasuki babak kedua, Korsel kembali menggebrak melalui permainan cepat. Setelah beberapa kali kandas di tengah jalan, mereka mampu menggandakan keunggulan melalui Park Ji-Sung pada menit ke-51. Gol bermula dari kesalahan Avraam Papadopoulosmengirimumpansehingga bola direbut Park. Park kemudian menggiring bola menembus jantung pertahananYunani. Setelah melewati dua bek, ia menyepak bola masuk ke tengah bawah gawang Tzorvas. Keunggulan 2-0 tak membuat Korsel puas. Sebaliknya, mereka terus meningkatkan agresivitas. Selain rajin mengejar vola ke mana-mana, mereka juga segera membangun serangan ketika menguasainya. Sayang, usaha Korsel tak melulu berjalan mulus. Yunani tampaknya

belajar dari dua kesalahan mereka sehingga meningkatkan disiplin, terutama lini belakang. Hasilnya, meski kesulitan menciptakan serangan, mereka mampu mematahkan serangan-serangan Korsel. Yunani ternyata tetap berusaha menyelipkan ancaman. Mengandalkan permainan bola-bola panjang, mereka berusaha menghindari penjagaan pemain Korsel. Usaha Yunani akhirnya membuahkan peluang emas di menit ke80. Namun usaha itu gagal menciptakan gol. Saat itu, Theofanis Gekas berhasil menguasai bola di tengah kotak penalti dan menembakkannya ke tengah atas gawang. Namun, Jung Sung-Ryong mampu menepisnya. Sampai peluit berbunyi panjang, papan skor tetap menunjukkan skor 2-0. (int)


0 URUGUAY

vs

PRANCIS 0

Domenech Frustasi

AFP PHOTO / FRANCK FIFE

CAPE TOWN Raymond Domenech tidak bisa mengelak atas hasil imbang tanpa gol yang diraih Prancis ketika menghadapi Uruguay di laga kedua babak penyisihan grup A Piala Dunia 2010. Dia mengaku frustrasi. Domenech mengakui kalau duel di Green Point Stadium, kemarin dinihari (12/6) membuat dirinya dan tim cemas bercampur bingung serta frustasi.

“Pertandingan itu sungguh membuat frustrasi. Kami ingin memanfaatkan setiap momen yang datang, namun kami juga tidak ingin tiba-tiba kebobolan,� ujar Domenech. Pelatih yang dipastikan mundur usai perhelatan di Afrika Selatan itu juga memuji permainan lawan. Menurutnya Uruguay sangat terampil BACA HALAMAN 15

SERBIA

vs

GHANA

PREDIKSI LAE TOGAR

WASPADAI KECEPATAN JOHANNESBURG Striker Serbia, Marko Pantelic, meminta timnya mewaspadai kecepatan pemain-pemain Ghana. Menurutnya, Ghana merupakan tim terbaik benua Afrika dengan gelandang-gelandang eksplosif, seperti Stephen Appiah, PRAKIRAAN PEMAIN Sulley Muntari, dan Kevin-Prince SERBIA (4-3-1-2) : Boateng. 1-Stojkovic (g); 6-Ivanovic, 5Vidic, 20-Subotic, 3-Katarov; 14Javanovic, 11-Milijas ,10Stankovic; 17-Krasic, 15-Zigic; 9Pantelic PELATIH : Radomir Antic

GHANA ( 4-4-2) : 1-Agyei (g); 18-Addy, 6-Inkoom, 17-AR Ayew, 15-Vorsah; 11Muntari, 9-Boateng, 21-Asamoah, 23-Kevin Boateng; 20-Adiyiah, 7Owusu Abeyie PELATIH : Milovan Rajevac WASIT :

Hector Baldassi (Argentina) STADION :

Versfeld Stadium, Pretoria 5 LAGA TERAKHIR AFSEL 05/06/10 02/06/10 29/05/10 07/04/10 03/03/10

v v v v v

Kamerun ( home) Polandia ( away) Selandia Baru ( away ) Jepang ( away ) Aljazair ( away)

4-3 0-0 1-0 0-3 0-3

5 LAGA TERAKHIR MEKSIKO 05/06/10 01/06/10 03/03/10 31/01/10 28/01/10

v v v v v

Latvia ( home) Belanda ( away) Bosnia ( away) Mesir ( home ) Nigeria ( home)

1-0 4-1 2-1 0-1 1-0

Ghana memang patut diwaspadai. Dalam dua tahun terakhir, sepak bola mereka maju pesat. Dimulai dari keberhasilan timnas yunior menjuarai Piala Dunia U-20. Lalu tim senior juga sukses melenggang ke partai final Piala Afrika, Januari lalu, meski tampil tanpa bintangbintang utamanya seperti Michael Essien. “Ghana adalah tim terbaik Afrika di turnamen ini dengan beberapa pemain individu yang luar biasa. Mereka adalah tim yang lebih baik dari Kamerun karena mereka lebih cepat, solid, dan tangguh di lini tengah,� kata Pantelic. Sementara itu, kapten Serbia, Dejan Stankovic, mengungkapkan bahwa timnya takkan terpengaruh oleh ribuan pendukung Ghana yang akan memenuhi Stadion Loftus Versfeld, Minggu (13/6). “Ada sedikit demam panggung. Kami tahu bahwa pendukung kami akan kalah banyak dengan pendukung Ghana karena mereka bermain di benua mereka sendiri, tapi hal itu takkan memengaruhi kami. Teman Ghana-ku di Inter Milan, Sulley Muntari, memberi tahuku bahwa target mereka adalah masuk ke empat besar, tapi kami

vs

ini. Mengandalkan kecepatan, kelincahan, dan kekompakan, Korsel terus memberikan tekanan kepada Yunani, melalui permainan umpan silang dan terobosan. Meski tak selalu lancar, usaha mereka membuahkan sejumlah ancaman serius ke gawang Yunani. Pada menit ke-26, misalnya, gawang Yunani nyaris dibobol oleh Park Chu-Young. Untung saja, Tzorvas berhasil mengantisipasinya. Sung-Ryong menguasai bola pada menit ke-44. Ia melepaskan tendangan akirat keras yang lagi-lagi berhasil dimentahkan Tzorvas. Yunani sendiri bukannya tanpa usaha. Setiap menguasai bola, mereka selalu berusaha melakukan tekanan. Sayangnya, koordinasi permainan buruk membuat serangan mereka kerap kandas di tengah jalan. Selama 45 menit pertama, Korsel menguasai bola sebanyak 50 persen dan menciptakan dua peluang emas dari lima usaha. Bandingkan dengan Yunani yang sama sekali gagal merepotkan Jung SungRyong.

dari sepak pojok dan sejauh ini, merupakan gol tercepat pada gelaran Piala Dunia kali PARK Ji-sung melengkapi kemenangan Korsel atas Yunani di Nelson Mandela Bay Stadium.

BACA HALAMAN 15 REUTERS/HOWARD BURDITT

Slovenia Ghana Australia

SIARAN LANGSUNG

Abbey Clancy

Tolak Berangkat ke Afsel DI usianya yang baru menginjak 24 tahun, Abbey Clancy sudah memiliki segala yang didiamkan sebagian besar wanita. Karir sukses, pacaran jalan terus. Selain menjadi model dia juga membawakan salah satu program TV.

BACA HALAMAN 15

YUNANI 0

REKOR TERCIPTA PORT ELIZABETH Tim nasional Korea Selatan menang mudah 2-0 atas Yunani pada babak penyisihan grup B Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, di Stadion Nelson Mandela Bay, Sabtu (12/6). Hasil itu cukup adil mengingat Korsel memang tampil lebih dominan sepanjang babak pertama. Memang, pada menit keempat, Yunani nyaris unggul melalui Vassilis Torosidis. Namun, setelah eksekusi itu melenceng dari sasaran, Korsel segera merebut kendali permainan dan berhasil unggul berkat Lee yang berhasil menyontek umpan sepak pojok masuk Ki SungYoung masuk ke sudut kiri bawah gawang Yunani. Gol itu merupakan gol pertama yang diciptakan

½:0 0:0 0:2

GLOBAL TV Minggu (13/6), pukul 18.30 wib : Aljazair vs Slovenia RCTI Minggu (13/6), pukul 21.30 wib : Serbia vs Ghana RCTI Senin (14/6), pukul 01.30 wib : Jerman vs Australia

NEMANJA Vidic siap mengimbangi kecepatan para pemain Ghana.

BACA HALAMAN 15

2 KORSEL

Aljazair Serbia Jerman

AFP PHOTO / ANDREJ ISAKOVIC

YOANN Gourcuff (tengah) kontrol bola dan dibayangbayangi dua pemain Uruguay.

MINGGU 13 JUNI 2010

SERBIA vs GHANA

‘GHANA MENANG’ Koptu Syafrianto (Marinir) SATU lagi wakil Afrika yakni kesebelasan Ghana akan berhadapan dengan tim benua Eropa Timur, Serbia. Tanpa Michael Essien, Ghana diyakini akan bisa menang. Apalagi laga yang digelar di Afrika Selatan membuat para pemain Ghana akan bertarung habis-habisan demi menjaga nama Afrika di kancah sepak bola dunia. “Saya yakin Ghana akan meraih kemenangan dari Serbia. Ghana‌.Ghana‌.Ghana‌.oyeee,â€? kata Koptu Syafrianto. Menurutnya, kerjasama dan semangat tim Ghana semakin meningkat guna meraih target ke semifinal.

JERMAN vs AUSTRALIA

‘PANZER MENANG’ Lettu Markus M Pakpahan (Marinir) KEDIGDAYAAN tim Panzer—julukan Jerman—sudah diakui, apalagi pernah tampil sebagai juara dunia. Menghadapi Australia di laga pertama di Grup D, Miroslav Klose cs diyakini akan meraih poin penuh dengan mudah. “Jerman memiliki pemain yang berkualitas dan merata di semua lini. Untuk itu saya menjagokan mereka pada laga ini,� ujar Lettu Markus M Pakpahan. Diakuinya bahwa Australia memang memiliki beberapa pemain berkualitas. Namun mengimbangi kekuatan Jerman yang merata akan masih sulit.

posmetro medan  

edisi 13 juni

Advertisement