Issuu on Google+

Tahun ke VIII, SABTU 17 APRIL 2010

Harga Rp.2000,- Per Eksemplar

Menyajikan Fakta, Peristiwa & Fenomena Paling Aktual

SMS Center: 085-6-580-66666

SEPUTAR PEMBUNUHAN DI JL SUTOMO

Janda & Anaknya Itu Dibunuh Siswa SMK

KEBAKARAN DI TEBING TINGGI

Bensin Tumpah, 3 Rumah Hangus Pasutri & 2 Bocah Terluka Bakar TEBING TINGGI Tiga rumah dan satu sepedamotor terbakar serta 4 orang terluka bakar (Bersambung ke hal 2)

Jenazah Cairin saat polisi melakukan olah TKP.

MEDAN Pembunuh Cairin (53) janda pengusaha roti dan anak angkatnya Antoni Hank (18) di Jl

Sutomo Ujung, Medan akhirnya terungkap. Pelakunya ada(Bersambung ke hal 2)

NENEK DIBUNUH SAAT SHALAT

Tangannya Genggam Yasin LANGKAT Usai sholat subuh, Hajjah Darmataksiah (70) selalu mengaji. Suara itu lamat-lamat didengar warga yang melintas dari rumah panggungnya. Tapi Jumat (16/4) pagi itu, tak terdengar ia mengaji, dan malah ditemukan tewas bersimbah darah di atas sajadah. Ia menggenggam buku yasin. Tubuhnya masih dibalut telekung.

Jenazah Hj Darmataksiah

PM/ASNAWI

Kobaran api yang menghanguskan 3 rumah.

Ditimpa Meteor, 3 Rumah Hangus BANDA ACEH Tiga rumah warga di Gampong Lamdingin, Kec Kuta Alam, Banda Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam, ludes terbakar. Bersamaan itu, aliran listrik PT PLN, Kamis (15/4) sekitar pukul 19.30 wib padam. Sumber mengatakan, peristiwa hebat itu akibat (Bersambung ke hal 2)

Warga & Polisi Tertipu

Dihabisi Pria Berkerabu Sebelah? PIHAK kepolisian masih terus memburu pelaku pembunuhan yang menghabisi Darmataksiah yang tengah mengaji itu. Diduga, pembunuhnya lelaki, memakai kerabu di sebelah

kiri, rambut ikal, dan memakai kaos kaki warna hitam-putih. “Pelaku jelas tidak berprikemanusian, kenapalah nenek (Bersambung ke hal 2)

z Usai Cabuli Anak

Dikira Orang Dimutilasi Ayah Tiara Tuding Diana Rupanya Babi Busuk Doyan Ganti Pasangan

(Bersambung ke hal 2)

(Bersambung ke hal 2)

Diana

PM/SAHALA

(Bersambung ke hal 2)

PM/DARWIS

Tempat tinggal Hj Darma Taksiah.

Arwah Gentayangan, Hari Ini Digelar Tahlilan

MEDAN Tiga kali mulus melakukan cabul dengan menghisap kemaluan putrinya, belum membuat

Menurut Jolil, ayah Tiara, Diana masih istrinya. Namun 2 tahun lalu, Diana meninggalkannya tanpa alasan yang jelas. Ironinya, tanpa perceraian resmi, Diana menikah lagi dengan Arianto.

“Andung ini menjadi penghuni surga. Dia nggak pernah marah dan bertengkar dengan siapapun. Setiap kali melintas dari (Bersambung ke hal 2)

Hal-hal Gaib Terjadi di Gg Sakiran

Ayah Suruh Putrinya Disetubuhi Pacar

MEDAN Ada kehebohan unik sekaligus menggelikan di Jl Ngumban Surbakti, Ringroad Medan kemarin (16/4) sekira pukul 23.00 wib. Ratusan warga setempat serta pengendara yang melintas, berduyun-duyun meramaikan temuan dua kardus berisi daging membusuk. Dikira manusia dimutilasi, ternyata bangkai babi.

PM/DARWIS

Mantan Istri Anggota DPRD Langkat

(Bersambung ke hal 2)

Arianto PM/SAHALA

ADETIYA Hapsari dikenal periang. Gadis manis kelas 2 SMP di yayasan Terimakasih, berkulit kuning langsat ini juga terbilang gadis yang cantik di lingkungannya. Banyak yang sayang kepada Aditiya karena selalu sopan dalam bertutur kata. Namun sejak kematiannya yang penuh curiga itu, warga Gang Sakiran sering melihat halhal gaib. Seperti Kata Mayang yang duduk di kelas II SMP Yayasan Puti, Jl Sutomo Ujung ini, arwah Aditiya dilihatnya sekira pukul 11 malam. Saat itu, kata Ma-

Jenazah Adetiya

PM/DOK

yang, dia sedang menonton TV di ruangan tamu. Lalu, Mayang mendengar suara tangisan dari arah depan pintu rumahnya. Tapi remaja berambut pendek itu tak menghiraukan. (Bersambung ke hal 2)

Biar Tak Perawan, Aku Ogah Nikah LABUHAN Aku baru sebulan mengenal Rahmat (20). Tapi aku tak mengira, dibalik kebaikannya tersimpan pikiran jahat untuk menodaiku. Sebut saja namaku Melati. Usiaku 17 tahun. Aku perantauan asal Kisaran dan bekerja jadi pembantu rumah di Jalan Perbatasan, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli. Setahun bekerja di (Bersambung ke hal 2)

2 Tahun Gagal Menguak Pembunuh Polisi Terbaik Tanah Karo (4)

Beru Sembiring: Anak-anak Masih Mengira Bapak Mereka Lagi Tugas Sekolah di Jawa

Bripka Hotmajon Matondang semasa hidup.

“Paling nggak bisa saya lupakan, saat kami nyanyi pakai gitar, dia main gitar saya yang nyanyi.” Dengan air mata jatuh menitik di pipi, janda Bripka Hotmajon Matondang menceritakan kenangan manis paling tak terlupakan bersama suami tercinta selama 14 tahun berumah tangga, usai berpacaran sejak SMP.

PENCURIAN KE 19

“SAYA,” sambung Ny. Tiwa beru Sembiring, “tak pernah merasakan kejamnya suami seperti apa, karena kami kek bukan suami istri, banyak bercandanya lah. Makanya sampai sekarang (hampir 2 tahun ditinggal mati suami –red) saya masih seperti belum percaya suami saya telah tiada.” Pada POSME(Bersambung ke hal 6)

Tiwa beru Sembiring

PM/REZA

BERKEMEJA liris merah, Lae Togar pagi ini mendatangi pengadilan. Dia penasaran dengan sidang pencuri yang tak mau dipenjara meski aksinya yang ke-19 ketahuan. Dalam persidangan, pengacara terdakwa berkata, “Klien saya hanya memasukkan tangannya ke dalam (Bersambung ke hal 2)

Alamat Redaksi: Graha Pena Medan Jl. SM Raja KM 8.5 No. 134 Medan Telp : Sekretariat (061) 7881661, Redaksi 08126309088, Iklan: 061-91013355, Pemasaran:081362235898, Fax (061) 7881733, Klik : www.posmetro-medan.com


SABTU 17 APRIL 2010

Ayah Suruh Putrinya puasArianto(37).Ironinya,ketika memergoki cewek 15 tahun itu berduaanditutupisehelaiselimut bersamakekasihnya,ayahbejatitu malahmauikutan.Pedagangmie ayamitu,taksadarsengajadijebak putrinyayangdendam. InformasidihimpunPOSMETRO MEDANdiPolsekMedanBaru,aksi wargaJlDeliTua,GgRelaitutelah berlangsungsejak3bulanterakhir. Awalnya,saatDiana,ibuTiarasedang berbelanjakepasar. Tiarasendiriandirumah.Taklama, Arianto,ayahtirinya,pulangdengan alasanmengantarmieayam.Melihat rumah sunyi, ‘arus bawah perut’ Arianto‘naik’saatmelihatTiara. DengandalihmenuduhTiaratelah melakukanhubunganbadandengan Akbar (15), pacarnya, Arianto memintaagarTiaradiobatinya.Kata Arianto,caranyadenganmenghisap kemaluansiswakelasIsalahsatuSMU swastadiKotaMedanini. “Akumintadiatelentangdanaku hisap kemaluannya untuk mengeluarkanspermayangadadi dalamkemaluannyaagartidakhamil,” jelasArianto. AwalnyaTiaramenolak.Namun saatitu,Ariantomengatakan,“Kalau kautakmau,bapaksamamamakmu gila kubuat.” Sejurus kemudian, wanitaberwajahmanisinimanutsaja. Selamalimamenit,kemaluanTiara

dihisapnya. Setelahkejadianpertamaitu,Arianto ketagihan.Duapekankemudian,saat istrinyaDianamembeliesbatu,Arianto memaksamasukkekamartidurTiara. Cewek ABG ini disuruh melepaskanpakaian. Disini,Tiarajugasempatmenolak. Tapisepertisebelumnya,Tiaralagi-lagi manutsaatdiucapkankalimat,“Kalau kautakmau,bapaksamamamakmu gilakubuat.” Kaliini,Ariantohanyamenghisap payudaraTiara.Sedangkemaluan putrinyaituhanyadipegang-pegangi. Sebulankemudian,kejadianaibitu kembaliterulang.Saatitu,Tiaraingin berkunjungkerumahneneknya. Tapiibunya,Diana,menawarkan agarTiaradiantarkanolehArianto. Traumadenganayahtirinyayangbejat, jelassajaTiaramenolak.Tapiibunya terusmemaksa.“Inisudahmalam. Nanti kau ada apa-apa di jalan, bagaimana!” ujar Diana. Merasa terpaksa,Tiaraakhirnyamenurut. Tepatsepertiditakutinya,bukannya mengantarTiarakerumahnenek, Ariantomalahmembawaputritirinya ke salah satu kafe lesehan di Jl AH Nasution/AsramaHajiMedan. Di situ, Tiara sempat meronta. NamunAriantomendorongtubuh Tiarakesebuahbiliktertutupditempat itu. Lagi-lagi, seperti orang yang terhipnotis,TiaramenurutsaatArianto

Dikira Orang Dimutilasi Awalnya,duakardusterpisahyang mengeluarkan bau busuk itu ditemukanseorangwargadidepan kafe Playstation Sumo. Lantaran curiga,halitudiberitahukepadapihak kepolisian. Kedatangan puluhan petugasdilokasi,membuattempatitu ramai. Masyarakatsetempatmenyemakdi situ.Takketinggalanparapengemudi kenderaan.Kontanhalitumembuat macet Jalan Ringroad, Ngumban Surbakti,PadangbulanMedan.Kondisiitumemaksapolisimenambah

pasukandariberbagaisatuan. Tak cuma petugas Reskrim dan Samapta, personil dari satuan lain sepertiIntelkamdanSatlantasturut diterjunkan.Tempobeberapamenit saja, lokasi yang biasanya sepi di malamhariitu,menjadisesak. Nah,yangtadinyawargabegitu harap-harapcemas,tiba-tibaterbahakbahak. Ternyata, tim Labfor mengabarkan,dagingbusukitubukan mayatmanusia,melainkandagingbabi busuk.Taklama,lokasiituberangsur sepikembali.(tim)

Janda & Anaknya Itu lahHariman(17)siswakelas2SMK Yapim Jl Pintu Air. Pelaku teman sekelasAntoniyangmalamsebelum tidursamadikamarkorban. Hariman adalah warga Rantau Prapat,ditangkapJumat(16/4)sekira pukul22.30darikamarkosnyadiJalan Gelas Ayahanda. Pengakuan Hariman,iamenghabisiAntonikarena sakithatisebabduabulanlaluAntoni memukulkepalanyahinggaluka. Hariamanadalahtemansekelas Antoniyangbaru3bulanpindahke YayasanPendidikan(Yapim).Mereka dudukdibangkukelas2.Pelakudan korbanseringbermainsama.Pelaku jugaseringtidurdirumahkorban. Pembunuhanituterjadisaattersangkamenginaptidurdirumahkorban. Pagiharinya,pelakudankorbanyang tidurdikamarlantai3sudahbangun, tapitiba-tibabertengkar.Lantas,pelaku mengambillinggisyangterletakdi dalamkamardanmemukulkannya kebagiankepalaAntoni.Sadisnya, untukmenghilangkanjejak,pelaku mengambilpisaucutterlalumembeset kedua urat nadi korban. Maksud pelakuinginmengelabuipolisibahwa korbantewasakibatbunuhdiri. Tapirupanya,ibukorban,Cairinalias Ireneyangsempatmendengarsuara gaduhdilantaitigaitubermaksudhendaknaik.Bertepatanpula,pelaku—-

sambilmenentenglinggisyangdilumuridarah—-turundarilantai3hendakkabur.Dilantaisatuitulahpelaku danibukorbanbertemu.Panik,pelaku memukulkanlinggiskebagiankepala Irenebeberapakali.Seketikajanda pengusaharotiinirobohbersimbah darahtepatdianaktanggapertama. Setelah menghabisi nyawa dua korbannya, pelaku kabur naik sepedamotorspinBK4954ZC.Tapi sebelumnya,pelakusudahmengambil uang Rp70 ribu dan dua unit handphonemilikibudananakkorban. LalupelakukaburkekosnyadiJalan GelasAyahanda. Pelakusendiriberhasilditangkap polisi karena lupa menonaktifkan handphoneyangdicurinya.Disitulah polisi melacak melalui GPS, dan mendapatihandphonekorbanaktifdi JalanSendokAyahanda,Medan.Polisi jugamengetahuibahwapelakuberada di seputaran Jalan Ayahanda dari handphoneyangmasihaktifitu.Lalu sejumlahpolisiberpakaianpreman melakukan penyisiran. Tapi baru keesokanharinyapelakuditangkap. Hinggakemarinmalam,tersangka belumbisadimintaiketerangankarena masihdiperiksaPolsekMedanTimur. Takseorangpunwartawandiberi kesempatan mewawancarai pelaku.(Rusdi/johan/elfitra)

Ditimpa Meteor, kejatuhanmeteor.Tigabangunanitu, duadiantaranyarumahtoko(ruko) semipermanensertasaturumahbiasa, tidak dapat diselamatkan. Meski terjadibegitucepat,tidakadakorban jiwadalamperistiwaitu. Hasanuddin,wargasetempatyang menjadi saksi mengatakan, api berasaldarisalahsatubangunanruko yang dijadikan tempat usaha permainananak-anak(PlayStation). Informasi yang berkembang menyebutkan,kebakarandiawali jatuhnyabendaaneh,sepertiapike atasatapsalahsatubangunan.Benda aneh itu jatuh dari langit. Warga menduga,bendadarilangitituadalah meteor. Mobilpemadamkebakarantibadi tempat kejadian sekitar 30 menit setelahkebakaranterjadi.Duabelas armadayangdikerahkan,takberhasil menjinakkan si jago merah. Akibatnyarumahdanrukobeserta isinya,habisdilahapsijagomerah. Hasanuddin menjelaskan, api

begitu cepat menyambar ketiga bangunanyangberdekatanitu.Upaya keraspersonilpemadamkebakaran dibantuaparatkeamanantakberhasil memadamkanapidarirumahmilik Usmantersebut. Selain petugas pemadam kebakaran, ratusan masyarakat setempatjugaikutberupayamemadamkansijagomerah.Masyarakat hanyamenggunakanperlengkapan sederhana,sepertiemberdantimba. Agar tak melebar, mereka juga menyirambagianbangunanlainyang dekatdenganbangunankebakaran tersebut. Sementaraitu,aparatkepolisianikut mengamankanlokasiterbakarnyatiga bangunanmilikmasyarakatdikota berpenduduksekitar230.000jiwaitu. Menurutpengakuankorban,Usman, kerugianhartabendamiliknyayang tidakberhasildiselamatkanituditaksir ratusanjutarupiah.Namun,pihak kepolisian masih menyelidiki penyebabpastikebakaranitu.(int)

Catatan LAE TOGAR jendela dan mengeluarkan beberapa benda dari dalam. Lengannya bukan dirinya, dan saya tidak mengerti bagaimana Anda memnghukum seseorang secara keseluruhan untuk kesalahan yang dilakukan oleh lengannya?”. Meski kesal, hakim menjawab, “Oke, gunakan logika Anda. Dengan ini saya memutuskan menjatuhkan hukuman bagi lengan terdakwa selama satu tahun penjara. Dia bebas

untuk memilih, mau ikut lengannya atau tidak, itu terserah terdakwa.” Spontan terdakwa yang mengenakan baju tahanan 8206 itu tersenyum. Dengan bantuan pengacaranya, dia melepaskan tangan palsunya, menaruhnya di meja, dan berjalan ke luar ruang sidang. Lae Togar pun spontan ngakak hingga membuat hakim berang dan melemparkan sepatunya ke Lae Togar yang disambut gelak pengunjung lain.(*)

Ayah Tiara Tuding Diana kembalimengatakan,“Kalaukautak mau,bapaksamamamakmugila kubuat.” Di lokasi tempat mangkalnya pasangan muda itu, aksi mesum kembaliterjadi.PriaasalNgawi,Jawa TimurinimelepaskancelanaTiara. Yah,kemaluanTiarakembalidihisap. Tiga hari kemudian, di rumah kontrakannyadiJlMedanBinjaiKm 14,AriantobertemudenganTiara. Tapi waktu itu Tiara tak sendiri, melainkan bersama kekasihnya, Akbar.Saatitu,ibunyaDianasedang keluar.

Tanpa alasan yang jelas, Arianto memintaAkbardanTiaramelakukan hubunganbadanlayaknyasuamiistri. “Kalian main aja. Bapak gak akan lihat,”ujarpriaberkulitsawomatang ini. Saatitu,rupanyaTiaratelahbercerita soalkebejatanayahtirinyaitupadasang kekasih. Kedua lalu sepakat mau menjebakArianto.AkbardanTiara lalu seolah-olah mau menuruti permintaanArianto. Berpura-pura mau melakukan hubunganintim,pasanganmudaini menutupibadannyadengansehelai

selimut.Saatitujuga,Arianto‘masuk perangkap’.Pedagangmieayamini mengintiplalumembukaselimut, didugahendakinginikut‘beraksi’. DiluarperkiraanArianto,keduanya hanya berpelukan. Saat itu, pertengkarantakbisaterelakkan.Tiarayanghabiskesabarannya,langsung mengajakAkbaruntukmelaporkan kejadiantersebutkepadaneneknya. Mendengarpenjelasancucunya, nenek Tiara naik pitam dan melaporkankejadianitukepadaJolil (37),ayahkandungTiara.Ariantolalu ditangkappolisi.(sahala)

“Mungkinmemangsudahtabiatnya selaluberganti-gantilaki-laki.Karena daridulumemangsudahseringmain laki-laki,”beberpriayangsehari-hari mencarinafkahsebagaikulibangunan ini.Joliljugamenuding,Dianatelah mengetahuiaksibejatAriantoterhadap Tiara.“Tapidiatakmaungasitahu samasiapa-siapa,”keluhnyadengan rautlemas.Priaberkemejakotak-kotak ini,berharapagarpihakkepolisian seriusmemprosesAriantosehingga dapatdiganjarhukumanberat. “Dia(Tiara-red)anakkandungSaya pak.Sayaikhlaskalaupuninisudah

terjadi.Tapisetidaknya,janganada Tiara-Tiara lain yang jadi korban setelahanaksayaini,”pintanya. BerdasarkanpengakuanJoliltadi, POSMETRO MEDAN kembali mendatangi Diana. Namun saat ditanya,Dianalangsungmenghindar danberjalankeluarPolsekMedan Baru.SedangArianto,saatdikonfirmasi,membantahsedangmenganut ilmuhitam. “Saya cuma khilaf pak, saya gak belajarilmu,”akunyasaatdimintai keterangandiMapolsektaMedan Baru.(sahala)

Tangannya Genggam Yasin Kemarin pagi sekira pukul 09.00 rumah panggungbercatbirulangitdiJlTerusan,Dusun I,DesaLalang,KecTanjungPura,Langkat,itu mendadakramai.Biasanya,rumahitusepi karenadihunisendiriolehHajjahDarmataksiah. WargamemanggilDarmataksiahdengan sebutanandungaliasnenek.Darmataksiah adalahnenektiriKetuaDPRDLangkat,Rudi HartonoBanggunSE. Darmataksiahmeregangnyawadengan kondisisadis.Iadibunuhsetelahkepalabagian belakangnyadihantampakaibendatumpul. Darikepalabelakangkorbanmengucurdarah kental namun telah menghitam, sedikit mengering. Hidung dan telinganya juga mengeluarkandarah.Sadisnya,Darmataksiah

dibunuhsaatatausedangsholat.Takjauhdari jasadkorbanditemukansepotongkayubroti ukuran23incisepanjang1metertersandardi dindingrumahpapanitu. Ceritanyabegini.Pagiitutidakbiasanyapintu danjendelarumahHajjahDarmataksiahmasih tertutup.Padahal,kataparatetanganya,usai sholat subuh, atau sekitar pukul 06.00, Darmataksiahsudahmembukajendeladan pinturumah.ItupulayangmembuatErna bertanya-tanyakepadaHalimah,tetangga HajjahDarmataksiah. “Kemanaandung,kenaparumahnyatertutup aja,daritadinggakadakutengok andung,” tanyaErnapadaHalimahyangrumahnyahanya berjarakbeberapameter.Takpunyajawaban,

Dihabisi Pria Berkerabu Sebelah? setua itu tega dihabisi. Kalaupun hendak mengambilhartabendanya,ambilsaja,tapi janganhabisinenekitu,”katawargamengutuk peristiwapembunuhanitu. Daripenelurusanreporterkoraniniserta keterangansejumlahwargadisekitartempat kejadian,kuatdugaankorbandihabisiorang yangdikenalnya.Artinya,pelakukemungkinan masihberhubungankeluargadengankorban. Namunyangmembuatsejumlahwarga mengernyitkandahi,motifpembunuhaninisulit diarahkankepadaperampokanataupencurian. Pasalnya,isilemaripakaiandanbarang-barang dirumahitutidakadayanghilang.Lemari korbanjugatidakdiacak-acak. MenurutMimi(45),seorangwargapemilik warung,sebelumkematianDarmataksiah,sore itusekitarpukul17.30,adaduaorangpriamengendaraisepedamotordatangkerumahsi nenek.Mimimengakutakmengenalkeduapria berusiasekitarduapuluhantahunanitu.Tapi MimijugatakmenaruhcurigakarenasebelumnyaDarmataksiahseringdikunjungikeponakan dancucunya. NamunkataMimi,iamasihsempatmelihat DarmataksiahmeminjamuangRp20ribudari tetanganya.Setelahitu,pemudayangdimak-

sudkanmasukkerumahDarmataksiah,lalu uang Rp20 ribu itu dibeilkan rokok di warungnya. “Waktu itu sempat lama kupandangisosokpemudayangbelirokokke warungkuitu.Gayanyasepertianak-anak bandal(punk).Yangkuinggatdiamemakai anting-antingsebelahditelingakiripakaikaos kakihitamputih,memakaigelangkaretwarna hitamditangan,celanapendek,rambutikaldan perawakantubuhnyatidakterlalutinggi,”terang Mimidikantorpolisi.Didugapemudainilah pelakupembunuhan. “Untukitu,keberadaansipemudainiharus dicaritahu,karenatidakmungkinkorban meminjamkanuangdarioranglainuntuk diberikankepadaorangyangtidakdikenalnya. Kesimpulannyasementarapemudainilahyang sangatdicurigai,”ujarKasatReskrimPolres Langkat AKP Wahyudi SIK didampigi KapolsekTanjungPuraAKPMarham. Rayanakangkatkorbanyangjugaberadadi PolsekTanjungPuramengakusangatterkejut dengankabarkematiankorban.“Sayaminta pelakunyasegeraditangkap,sayatidakterima mamaksayadibunuhdengancarasadisseperti ini.Siapapundiapelakunyaharusdihukum berat,”pintaRay.(darwis)

keduawanitainimemutuskanmendatangi rumahDarmataksiahyangsejakbeberapatahun terakhirhidupsendiridirumahitu. Saatmelangkahdarianaktangga,Ernamelihat pintudepanrumahkorbansedikitterbuka. Denganperlahan,keduaiburumahtanggaini menyeruakkanpintuhinggaterbukalebar.Dan, saatmemasukipinturumahyangkedua,kedua wanitainidikejutkandengansosoktubuhyang terkapardiatassajadahdenganposisimiring. Saatdiamati,daribagiankepalakorbanyang masihmengenakantelekung(mukena)itu tergenangdarahmembasahitelekung.Kontan, ErnadanHalimahmenjerithisteris.

Jeritanitumengundangwargayangkemudian tumpahruahdirumahkorban.SejuruskemudianpetugasPolsekTanjungPurayangbermarkashanyabeberapakmdarirumahkorbansigap melakukanolahTKP.Lalu,unitJahtanrasPolres Langkat dipimpin Kasat Reskrim AKP WahyudiSIKbersamaIpdaFirmanPAyang belakangantiba,mengintruksikanjasadkorban dievakuasikeRSUTanjungPuragunadivisum. Polisi melakukan penyidikan. Sejumlah wargadimintaiketerangannya.Setidaknyaada empatorangwargayangdiperiksadiMapolsek TanjungPurasebagaisaksidiantaranyaErna, Halimah,danMimi.(darwis)

Mantan Istri Anggota DPRD Langkat sampingrumahnyaini,kitaselalumendengar diamengaji.Sholatnyapunnggakpernah ketinggalan. Kok tega kalilah orang itu membunuhnya,”tukasduakeponakankorban, EdahdanRaidah. EdahdanRaidahmengatakan,saatditemukan tewas,Darmataksiahkemungkinanbaruselesai sholatsubuhatausedangmengaji.Pasalnya, katakeduanya,tanganDarmataksiahmasih menggenggambukuyasin. “Kalauandunginiselamahidupnyasetahu kamidipergunakanuntukberbuatamal.Kadang-kadangdatangorangmintasedekahke rumahnya.Meskitakpunyauangsimpanan, andungsanggupmeminjamuangkepadawargadanmemberikannyakepadayangmeminta,” timpalRaidahdenganmengucurkanairmata. Katakeduanyalagi,Darmataksiahberasaldari KecamatanSelesai,Langkat.Sejakditinggal matiolehsuamipertamanyapuluhantahun silam, Darmataksiah kemudian menikah dengan seorang duda bernama H Abdul RahmanSyirat(almarhum). KetikamenikahiHajjahDarmataksiah,Abdul Rahman Syirat membawa empat orang anaknyayaituHjJamjami,HjZaitun,HFaisal Haq,danHTaufiq.SedangkanDarmataksiah membawaseoranganakangkatbernama AhmadSyafraialiasRai.Nah,kemudiansalah

seorangputriHFaisalHaqmenikahdengan KetuaDPRDLangkat,RudiHartonoBanggun SE. Jadilah Rudi Hartono memanggil Darmaktasiahnenek. Semasahidupnya,suamiHjDarmataksiah, AbdulRahmanSyiratpernahmenjabatsebagai anggota DPRD Langkat dari Partai Partai PersatuanPembangunan(PPP). “Kalausayanggaksalah,tahun80-an,H AbdulRahmanSyiratmenjadianggotaDPRD Langkat.SebelumnyamenjabatCamatKecematanSelesai,”ujarKepalaDesaLalang,FirdauskepadaPOSMETROMEDANdirumah duka. SejakditinggalmatisuaminyaHAbdulRahmanSyirat,korbantinggalsendiriandirumah panggungitu.Untukmakandanminumnya, ada warga yang dibayar mengantarkan kebutuhannya.Begitujugauntukmencuci pakaian korban, menjadi tugas seorang pembantuyangsudahdibayar. Diungkapwarga,anak-anakDarmataksiah semuanyasuksessepertiHFaisalHaqyang menjadiKetuaDPRDLangkatyangsebelumnyajugamenjabatanggotaDPRDLangkat. “Tapiandungtidakmauikutanak-anaknya. Ia lebih memilih hidup sendiri dan menghabiskanharituanyadirumahitu,”kata warga.(darwis)

Arwah Gentayangan Tapikarenamerasaaneh,Mayang membukapinturumah.Dan,matanya terperangah.DilihatnyaarwahAditiya berdiritanpasehelaibenang.Arwah itudilihatnyasekitar5detik,yangkemudianmenghilangbagaiditelan bumi. “Kutengok dia (Aditiya) di depanpintuinibang.Dianangis.Dia itunggakpakaibaju,”kataMayang yang ditemui POSMETRO MEDAN, Rabu (14/4) malam, di depan rumahnya. Kata Mayang, rumahnyaseringdijadikantempat berkumpulsemasaAditiyahidup. SetelahmelihatarwahAditiya,esok harinyaatauJumat(9/4)silam,sekira pukul12malam,Mayangbermimpi sedangbermain-maindenganAditiya. Namun,kataMayang,Aditiyatak bicara sepatakata pun, melainkan hanyatertawa. “Dia hanya ketawa, nggak ada ngomong.Pokoknyadalammimpiku itudiakutengokcantik.Tapinggak tahuakudimanatempatkamimain dalammimpiitu,”terangMayangitu. GelarTahlilan40Hari Sabtu(24/4)mendatangtepat40hari kematian Aditiya. Dan kata tante Aditiya,Lina(34)rencananyawarga GangSakirandanGangYahyaakan melaksanakantahlilansekaliguszikir bersamauntukmendoakanAditiya. Turutdiundangsalahsatupasangan calonWalikotaMedanHAjibSyah. Nah,kepadaAjibSyah,Linaberharap dugaanAditiyadibunuhbisadiselidiki polisi. Percayaatautidak,menurutsalah seorangparanormalasalHamparan Perak,arwahAditiyagentanyangan telanjangkarenadiejekroh-rohlain. Paranormalinijugamenyakini,arwah Aditiya gentayangan karena kematiannyatidakwajaraliasdibunuh. Jadi,kataparanormalini,sebelum gagarmayangditaruhdikuburanAditiya, arwah akan terus

gentayangan. “Sebelumgagarmayangdiantarkan ke makam, arwahnya akan terus gentayangan,sekalipunsudahdigelar tahlilan. Gagar mayang ini lah yang menjadipakaianuntukmenutupi tubuhnya.Jikasudahdiberikan(gagar mayang) arwahnya pasti tak akan gentayanganlagi.Pastidukunlain sependapatdengansaya,”katanya. Lina tante korban yang ditanyai tentangpermintaangagarmayangitu taksepenuhnyamenyanggupi. “Sekarangbelumbisakamipastikan. Mungkinmalamtahlilannantikami musyawarahkanitu.Apakahgagar mayangdibuatdimakamatautidak,” katanya.Pertimbangannyamemang,

gagarmayangdianggapmusrikalias menduakanTuhan,yangjelas-jelas dilarangdalamajaranIslam. “Kemungkinanduaratusanwarga akantahlilan.Mudah-mudahanHAjib Syahhadir.Kalaubeliauberkenan hadir,kamimintatolongsupayakasus inidibongkar,”harapnya. Sementara itu kedua orangtua Aditiya,RizalSaragih(39)danAfsah (40)bersamaduaanaknyamasihberadadiTanjungBalai.Rizalkaburdari rumahnyasejakisupenubuhanyagn dialamtkanpadanya.Sebelumnya, Rizaljugapernahmengancamseorang remaja lelaki dengan pisau. Rizal menuduh remaja itu melempar rumahnya.Sepertiyangdikatakan

KapolsekMedanTimur,AKPYatim Nasution,pihaknyabelumbisamemastikananakpertamadaritigabersaudaraitutewasakibatdianiayaayahnya. Apalagi,kataNasution,belumseorang wargayangmembuatlaporanseputar dugaanpenganiayaanitu. Begitupun,AKPYatimmengatakan,untukmenindaklanjutipenyelidikan,makadibuatLPmodelA,yang artinyapolisimembuatlaporandengan cara menjemput bola dan sudah memeriksa7orangsaksitermasuk Mala,salahseorangwargayangikut memandikanjenazahAditiya. “Sudahtujuhorangkitaperiksa,tidak adayangmengatakandibadankorban itubekaspenganiayaan.Termasuksi

Malayangmemandikanjenazahitu. Jadi siapa yang mau kita buat tersangka?Semuayangkitaperiksa tidakadamengatakandianiaya,”ujar AKPYatim. Lainversipolisi,lainpulapendapat wargasekitarGgSakiran.Parawarga GgSakiran,keberatanbahkanbersikukuhbahwayangmenyebabkan meninggalnyaAditiyaitupastidianiaya bapaknya, Rizal. “Pasti dia (Rizal-red)yangmembunuhsiAdeitu. Orangkaminampaksemuadipinggangnyamacambekaspukulan.Mana mungkinjatuhdenganlukayangsepertiitu,”ujarseorangibuyangmengakuLina,yangjugamenyaksikan jenazahAditiyadimandikan.(fitra)

sembarimenentengjerigenisi5liter. Lantas,keduabocahitumasukke kedai Buyung. Buyung—- baru sembuhdaristroke—mengetahuiada yanghendakmembelibensinmeraih lampu teplok lalu melangkah mendekatiwadahtempatbensin. “Buyungpunmengisibensinke dalamjerigenhinggapenuh.Namun tanpasadar,minyakyangdituangnya kejerigentadiadayangtumpahke lantai.KarenakondisigelapBuyung meletakkanlamputeplokdilantai, kontan saja api lampu teplok itu menyambarbensinyangtumpahtadi,” terangGuloyangmengakumelihat persiskejadian. Ironisnya,setelahbensinmenyambar apiteplok,apijugamenyambarbensin yang diangkut Dimon Rias pakai jerigen.Panik,jerigenitudilepaskan. Danakibatnya,apimembesarlalu membakarkedaimilikBuyung.LangsungChinChiangmenyelematkan keduaanaknyayangsempatdijilatapi. Apibegitucepatmerembesdikedai Buyungyangjugamenjualminyak tanahitu.Lantas,apimenjalarkerumah yangdisebelahnyamilikSariGulodan

salonMimi.Wargapunhebohdan mencobamemadamkanapidengan peralatan seadanya. Api semakin membesardanmulaimenghanguskan tigarumahyangsalingberdampingan itu.Sekitarsatujamkemudian3unit mobilpemadamkebakarantiba. Namunmobilpemadamsempatkesulitanmasukkarenaribuanwargamemadatijalanmenujulokasikebakaran. Sejumlah polisi pun mengambil tindakan,menjauhkanwargadarijalan. Begitupun, walau air telah disemprotkandari3mobilpemadam, apitetapmenghanguskan3rumah. Barulahsetelahbekerjaselamahampir 2,5jam,apiberhasildipadamkan.Tak adabarangyangbisadiselamatkan sepertibarangdaganganBuyungdan sepedamotor Mio yang berada di dalamsalonmilikMimi. Kapolsek Rambutan AKP M Simarmatamengatakanmasihkita menelusuri penyebab terjadinya kebakaran.“Sudahdipasangpoliceline mengelilingitigarumahyangterbakar itu,”katanya. 4 Orang Terluka Bakar Pascakebakaran,kerugianditaksir

ratusanjuta.Namunperistiwasemakin miriskarena4orangmengalamilukalukabakaryangcukupseriusyakni, BuyungdanistrinyaNorayangpada malamitudilarikankeRSDrKumpulanPaneTebingTinggi.Keduanya mengalamilukabakardikakidanlengan.Sedangkan2oranglagiDimon RiadanFiGoldesmengalamilukabakardiwilayahpahadanlengan. SaatPOSMETROmenyambangi rumahDimonRiadanFieGoldesdi JlKasKasLkIVKelurahanBandar Sakti,TebingTinggi,terlihatkeduanya sedangtertidursambilmerintihmenahanpanasdarilukabakaryangsuadh diolesisalep. Ketikadiajakberbicara,keduaanak ituenggan.“Akibatkejadianyang merekaalamiitu,istridankeduaanak sayamasihshockbang.Maklumsaja ya bang, namanya masih menenangkandiri.Malamitumemang saya menyuruh mereka membeli bensinuntukmenghidupkangenzet. Abangtausendirilah,PLNkitaini, sabanhariadasajalistrikyangpadam,” ujar Lidia Wati, kerabat korban. (Asnawi)

Bensin Tumpah ketikasijagomerahmengamukdiJl FTandeanLkIV,KelBandarSakti, TebingTinggi,Kamis(15/04)sekira pukul 21.30. Pemicunya, bensin tumpahdanmenyamparlamputeplok. Kerugianditaksirratusanjuta. Ketigarumahyanghangusterbakar ituberdempetenmilikpasutri;Buyung (54)danMakNora(50),SariGulo(40) danNurainiBrDamanik(46),serta salonmilikMimiwargaTionghoa. SariGulosalahseorangkorbanyang rumahnyaterbakar,mengatakan, kebakaranterjadisaatlistrikpadam. Ketikaitu,tambahGulo,iasedang duduk-dudukdidepanrumahnyayang bersebelahandengankedaiBuyung, lalumelihatseorangwanitaTionghoa, Chin Chiang (43) warga Jl Kas, Lk IV,KelBandarSakti,membelibensin dikedaiBuyung. “Chin Chiang mengendarai sepedamotorSupra.Diamembonceng duaanaknya;DimonRia(13)alias Ping ping dan Fie Goldes (5) alias WangWang,”terangGulo. ChinChiangtidakturundarisepedamotor,menyuruhanaknyaDimon RiadanFeiGoldesmembelibensin


MEDAN Kawasan Helvetia, tepatnya di Jalan Kapten Sumarsono, Simpang Lima, macet total selama 1 jam, Jumat (16/4) pagi. Pasalnya, truk jenis intercooler bernopol B 9698 QZ tabrakan dengan truk tronton. Dalam insiden itu, Olan (40), si supir truk intercooler terjepit bomper depan sehingga harus dirawat di rumah sakit.

Informasi yang diperoleh, truk yang dikemudikan Olan melaju menuju arah KIM, tapi tiba-tiba angkot di depannya mendadak berhenti. Mengelakkan tabrakan, Olan banting setir. Namun naas, dari arah berlawanan truk tronton muncul dan langsung menabraknya. Meski tak ada korban jiwa, namun lalulintas sempat terganggu di sana. (dedi)

Wayar Anti Petir Dicolong LABUHAN Wayar anti petir atau anti gasi sepanjang 50 meter yang menghubungkan tower ketinggian 25 meter di kawasan Jalan Suasa Raya, Gang Bersama, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli, milik perusahaan selular raib dicuri maling. Peristiwa itu dilaporkan petugas perawatan lapangan,

Jansen Siahaan ke Polsek Labuhan, Jumat siang (16/4). Jansen mengatakan, dia mengetahui kehilangan itu berdasarkan laporan masyarakat. Pencurian terjadi 3 hari lalu. Warga takut, jika tak ada anti petir, tower tersebut akan tumbang disambar petir. “Kami akan segera memasang anti petir lagi,’’bilang Jansen. (fachril)

Jurtul Ditangkap Bandar Dibiarkan KABANJAHE Sejumlah juru tulis togel dibekuk Polres Tanah Karo. Seperti Randal Tarigan (68), warga Desa Kuta Rayat, Kecamatan Naman Teran, Nazar Sembiring (32), warga desa Nderam, Kecamatan Merdeka dan masih banyak

lagi. Tapi sayangnya, hingga Jumat (16/4), tak seorang pun bandar togel diringkus. Padahal petugas kepolisian ngakunya melakukan pengembangan dengan memeriksa para jurtul. (nanang/ amry)

HALAMAN 3

SABTU, 17 APRIL 2010

Tak Dikasi Pinjaman Buat Bayar Hutang

Habisi Nyawa di Tali Gantungan KISARAN Tak tahan hidup terlilit hutang, Agus Irawan (32) mengakhiri hidupnya di tali gantungan. Warga di Lingkungan V, Dulang Mauli Aek Loba, Kecamatan Aek Kuasan, Asahan kontan heboh mendapati tubuh Agus tergantung di atap belakang rumahnya, Kamis (15/4) pukul 15.00. Yuni (30), istri korban yang pertama kali mendapati tubuh suaminya tergantung. Ibu anak dua ini heran, suaminya tak kunjung nongol dari belakang rumah. Padahal, saat berpas-pasan, Agus mengatakan mau ke kamar mandi, yang letaknya di belakang rumah. Penasaran melihat suami tak balik-balik, Yuni langsung bergegas menuju belakang rumah. Berulang kali dia memanggil suaminya, namun tak ada jawaban. Yuni lalu mencari di seputaran belakang

rumah. Jantungnya seakan mau copot melihat pemandangan mengerikan di depannya. Sang suami ditemukan tergantung di tali plastik nilon, lidahnya menjulur keluar. Sontak Yuni menjerit sekuatnya, minta pertolongan warga. Informasi yang diperoleh POSMETRO, Agus sempat menemui kerabatnya untuk meminjam uang buat membayar hutang pada temannya. Bahkan Agus sempat mengancam akan bunuh

tersebut, keduanya mendengar suara Kawasaki Ninja milik Dani sedang dinyalakan.. Dani melaporkan curanmor itu ke Polsek Helvetia. Beruntung, saat dipancar luaskan melalui radio panggil polisi, pihak Polisi Lalu Lintas Diski sedang mengamankan seorang penunggang kereta yang sedang mengalami kecelakaan karena menabrak betor. Kanit Reskrim Polsek Helvetia, Iptu Zulkifli Harahap menyatakan telah menahan tersangka. (sahala)

PM/PASTA

Beginilah kondisi minibus yang nabrak pohon sawit itu.

BANGUN PURBA Berupaya elakkan laga kambing, mini bus Isuzu BL 7548 NB malah nabrak pohon sawit milik PTPN IV Kebun Adolina di Bangun Purba. Insiden itu mengakibatkan seorang penumpang tewas di tempat, Jumat pagi (16/4). Beberapa warga di sana menyebutkan, bus yang dikemudikan Pe-

Korbannya Pingsan Diinjak-injak Perampok Alam, Asahan, dengan mengendarai Honda Revo. Tiba-tiba, dari arah belakang muncul pelaku mengendarai sepeda motor. Man langsung memepet kendaraan Siti dan menendang kendaraannya hingga jatuh. Begitu melihat korbannya jatuh, Man langsung turun dari kendaraannya. Tas milik Siti dirampas Man. Namun Siti coba mempertahankan dan berteriak sekuatnya. Kesal, Man menginjakinjak tubuh Siti hingga tasnya terlepas. Sebelum tak sadarkan diri, Siti masih sempat berteriak minta

pertolongan. Namun Mas keburu lolos membawa tas milik korban yang berisi handpone Nokia 5300, uang dan surat berharga. Warga memboyong korban ke rumah sakit terdekat. Petugas Satreskrim Polsek Air Batu Asahan segera bergerak cepat begitu mengetahui ada perampokan. Selang beberapa jam, Man diringkus petugas. Kapolsek Air Batu, AKP Syahrul SH didampingi Kanit Reskrim, Iptu Anderson Siringoringo menyatakan, pihaknya masih melakukan pengembangan terhadap pelaku. (arnes)

rdana Purba (25), warga Gunung Meriah, melaju kencang dari arah Gunung Meriah menuju Medan dengan membawa dua penumpang yakni, J Sitepu (80) dan Bahagia Tarigan (26), keduanya merupakan penduduk Desa Pamah, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Deliserdang. Naasnya, saat melintas di Jalan

umum Bangun Purba-Lubukpakam atau persisnya di seputar Desa Batu Gingging, dari arah berlawanan muncul angkot. Saat itu angkot tersebut berusaha mengelakkan lubang yang berada di badan jalan, hingga si supir angkot mencuri jalur ke kanan jalan. Melihat ada angkot di jalur jalannya, si pengemudi bus banting setir dan menabrak sawit. Tabrakan itu begitu keras hingga depan mobil ringsek berat. J Sitepu yang duduk di sebelah supir kontan menemui ajal dengan kondisi mengenaskan. Sedangkan si supir naas, mengalami patah tulang di kaki dan tangan. Sementara Bahagia Tarigan menderita luka di tubuhnya. Kasat Lantas Polres Deliserdang AKP Efendi Sirait menyatakan, pihaknya sudah menangani lakalantas maut ini. (pasta)

PM/FACHRIL

Sopir ini menunjukkan kaca angkot yang dilempar batu.

Kawasan Pancing, Kelurahan Martubung Rawan

7 x Ngadu, Angkot Rahayu 125 Tetap Dilempar Batu LABUHAN Pelemparan batu yang dilakukan orang tak dikenal (OTK), terhadap angkutan kota (Angkot) Rahayu 125 jurusan Martubung-Amplas kembali terjadi di kawasan Pancing, kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan. Pelemparan batu terhadap 2 angkot Rahayu 125 BK 1086 GM dan BK 1452 HNu dilakukan OTK yang mengendarai RX King, Jumat (16/4). Keterangan yang diperoleh POSMETRO MEDAN menyebutkan, pagi itu sekitar pukul 06.30 WIB, angkot yang dikemudikan Hendra dilempar pengendara RX King di kawasan Pancing, tepat di depan kantor lurah, mengenai kaca depan angkot “Waktu dilemparnya saya lihat ke belakang plat BK nya tak ada Bang, yang pasti orangnya naik RX King,” kata Hendra. Tak disangka, nasib naas juga dialami Sofian, yang baru saja keluar dari pangkalan.

Dari arah berlawanan melempar batu, angkot yang dikemudian Sofyan dilempari. Pelakunya juga pengendara RX King. Bersama mandor, para sopir ini melaporkan pelemparan itu ke Polsek Labuhan. “Kami sudah sering dilemari Bang, dulu malam hari, sekarang pagi. Lebih kurang, sudah 20 kali kami kena lempar,” kata P Hutapea menambahkan, akibat teror itu, para penumpang jadi enggan naik angkot mereka. Mandor Rahayu 125, Maria mengatakan, pihaknya sudah 7 kali melaporkan kasus itu ke Polsek Labuhan sebanyak 7 kali. Tapi hingga kini, pelakunya belum ditangkap juga. Terpisah, Kapolsekta Medan Labuhan, AKP Ruruh Wicaksono SH Sik yang dikonfirmasi, membenarkan adanya 7 laporan dari angkot yang dilempari selama ini. ‘’Kami masih menyelidiki pelakunya,’’ perwira ini. (fachril)

SOAL WANITA HAMIL DIGONIKAN

Namanya Maya, Asal Kisaran LUBUKPAKAM Mayat wanita hamil di dalam goni yang ditemukan di alur anak sungai, Dusun I, Desa Bagan Serdang, Pantai Labu yang terjadi Selasa lalu (13/4), belum menemukan titik terang. Petugas Polsek Beringin belum mampu mengungkap kasus itu.

Sementara, dari investigasi POSMETRO MEDAN, beberapa cewek malam yang biasa mangkal di seputar Lapangan Segitiga Lubukpakam mengaku, mengenal mayat wanita itu. Susi (21) menyebutkan, wanita itu bernama Maya dan usianya masih 17 tahun. Sejak dua pekan

lalu, ujar Susi, Maya menghilang dari kosnya di seputaran Jalan WR Supratman Lubukpakam Kota. Masih pengakuan Susi, Maya berasal dari Kota Kisaran, Asahan. Terakhir kali terlihat diantar tukang becak langganannya ke kafe yang berada di dekat Mapol-

sek Beringin, Deliserdang. Susi mengetahui hal itu lantaran saat itu langsung mengontak HP Maya dan dijawab Maya kalau dirinya tengah menunggu seseorang. Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Beringin Iptu M Yunus Tarigan SH menyatakan, pihaknya masih meminta keterangan saksi. (pasta)

MENINGGALKAN RUMAH

Nama : HENDY ALIAS ASIONG Umur : 20 Tahun Alamat : Jl. Ok Alivia No.12B. Tebing Tinggi Ciri2 : Rambut Hitam lurus, tinggi 170-an, Badan tidak gemuk dan tidak kurus. Terakhir meninggalkan rumah dengan membawa sbh mobil kijang kapsul warna biru metalik BK1254DU, pada tgl 12 Februari 2010 pukul 11.00 WIB. Bagi Yang Mengetahui keberadaanya dapat menghubungi: Bapak JOE SENG LIN 0812.8801.5858 Ibu ERLINA 0813.7690.4001 Tidak akan dituntut dan akan diberi imbalan sepantasnya

CMYK

KISARAN Modus perampokan yang dilakukan Suparman alias Man (41), tergolong sadis meski tak menelan korban jiwa. Korbannya diinjakinjak sampai pingsan. Namun aksi warga Dusun V, Desa Tanjung Alam, Asahan ini harus berhenti. Sebab, Satreskrim Polsek Airbatu Asahan meringkusnya dari rumah, Kamis sore (15/4). Adalah Siti Komaryah (26), warga Dusun IV, Desa Tanjungsari, Asahan, korban perampokan Man. Di hari naas itu, Siti melintas di Jalan Umum Dusun III, Desa Tanjung

diri jika tidak diberi pinjaman. Namun pinjaman tak diberikan saudaranya, karena mengira dia bercanda. Tak dinyana, ancaman itu benarbenar terjadi. Agus mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Jenazah Agus dievakuasi petugas Polsek Pulo Raja Asahan ke Puskesmas Puloraja. Berdasarkan olah TKP, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan dari tubuh korban. Dari lokasi kejadian, petugas mengamankan seutas tali nilon warna hijau dan kursi plastik sebagai barang bukti. Disamping korban juga ditemukan sepucuk surat yang berisikan pesan untuk istri agar menjaga kedua anaknya. Kasatreskrim PolresAsahan,AKP Sony Nugroho Tampubolon SIK menyatakan,Agus murni bunuh diri. (arnes)

Bus Tabrak Sawit, Sitepu Tewas

Nabrak Betor, Maling Sepmor Gol MEDAN Dasar naas, aksi kriminal Eko Sulaiman (32) harus berakhir di Jl. Medan Binjai saat dirinya mengendarai sepeda motor hasil curian dan menabrak sebuah betor. Akhirnya, warga Jl. Denai, Kec. Medan Denai ini diamankan di Pos Polisi Lantas, Diski, Rabu (15/4) sekira pukul 22.00 WIB. Menurut Mhd. Syafii (22), saat itu pemilik warnet Novri ini sedang makan malam bersama temannya, Dani (24). Tiba-tiba, dari dalam warnet

CMYK

Peristiwa Ngelak Angkot, Sopir Truk Terjepit


SABTU 3 APRIL 2010

MOBIL CAPELLA PAKET AWAL TAHUN

• Xenia 1. ostd Dp. 10Jtan angs 3Jtanx60bln • New Luxio Dp. 6Jtan angs 4Jtan. • New PU Dp. 7Jtan/15Jtan angs x 1,9x60bln • Terios TS Dp. 20Jtan angs 4Jtanx48bln Bisa tkr tambah, dptkan full discount & hadiah. Hubungi: Sahrul HP: 0813 9611 5768, 0816 307 084

201 RENT : Menyewakan mobil Toyota Kijang Krista, LGX, Xenia, Avanza, Innova, Mitsubishi double cabin, Fortuner lepas kunci/supir. Hub: 061-6644122, 77179898, 77065252 JUAL/RENTAL MOBIL :

2 unit Inova ‘06, 2 Kapsul ‘02, 2 Xenia ‘08, 1 Renzer Minibus ‘96. Hub: CV. Bintang Terang (BT) Telp. 061-7786 0954, HP. 0812 604 0889

BEBAS ANG 3 BLN + DISCOUNT HABIS SPIN 125 CW • Vega ZR Dp. 1,5Jt ang 532.000 • Vixion Dp. 4Jt ang 869.000 • MX AT CW Dp. 2Jt ang 679.000 • Mio CW Dp. 1,5Jt ang 557.000 • Mio Soul Dp. 1,5Jt ang 608.000 • Jupiter Z New Dp. 2Jt ang 597.000 RiskyJayaMotor,081397591908,081376730096

BOLEH DI COBA!!! : Pick Up Dp. 5Jtan. thn 90, pajak mati 1 thn. Harga 25Jt.

DIJUAL : Toyota Starlet thn 88, vr jazz, ac, tv, dvd, sound, alarm, body kaleng, 2 nama, khusus pemakai. Harga 37Jt/nego. Hub: 0882 6174 8272

BBS 5 BLN ANG+ MAGIC COM + 200 RB

DAIHATSU 100% BARU DP SUPER RINGAN

• Luxio Dp. 6Jtan • Xenia Dp. 10Jtan • Pick Up Dp. 6Jtan • Terios Dp. 15Jtan Data dijemput, terima tukar tambah. Serius !!! Hub: Handry Tigor, 0812 654 2619, 7713 7278 New Xenia 2010 Dp.12 Jt an/Angs. 2 Jt an New Terios 2010 Dp.14 Jt an/Angs. 4 Jt an Hub : Nitha, 081260111198/061-77577722

DAIHATSU BARU

Luxio Dp. 5,6Jt angs 4Jt. Xenia Dp. 11Jt-an angs 2,8Jt. Pick Up Dp. 8Jt angs 2Jt. Terios Dp. 20Jtan angs 4Jt. Hub: Yudi 0812 6413 641, 7757 9718

DAIHATSU PAKET MURAH : Xenia Dp. 12Jt

ang 3Jtan. Terios Dp. 16Jt ang 4Jtan. Pick Up Dp. 6Jtan ang 2,5Jtan. Tersedia Luxio, Sirion, Gran Max. Hub: Anto Sinaga, 0812 6525 230, 061- 7703 8771

SAATNYA berDAIHATSU BARU

•Xeniahanya Dp. 10Jtan •Terios Dp. 15Jtan, dll. Hub: Manda Astra, 0812 6316 330, 061-6647 0080

ASTRA DAIHATSU DP RINGAN

Xenia Dp. 10Jtan. Pick Up Dp. 7Jtan. Terios Dp. 13Jtan. Luxio Dp. 7Jtan. Hub: Henri, 0812 6585 160, 7724 2403

ASTRA DAIHATSU :

PU Gran Max Dp. 5Jt. Xenia Dp. 12Jt. Terios Dp. 23Jt. Luxio Dp. 23Jt. Data dijemput. Hubungi: 0813 7611 1867, 7664 7557

• Revo

DIJUAL : Mobil merk Bison, warna kuning, • Revo CW Hubungi: Syaripah, 0813 6228 8568

SEPEDA MOTOR DP MURAH !!!

Cicilan syariah : Yamaha, Honda, Suzuki Hub: CV. Daboss Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

• Revo Dp. 2,5Jt byr 1,7Jt ang 520rb • Revo CW Dp. 3Jt byr 1,8Jt ang 563rb • Supra X 125 Dp. 2,5Jt byr 1,5Jt ang 642rb RiskyJayaMotor,081397591908,081376730096

BEBAS ANG 5 BLN + SIM C + HP ONLINE + U. TUNAI 400 RIBU • Revo Absolute Dp. 2,5Jt ang 520rb 36bln • Supra X 125 Dp. 2,5Jt ang 642rb 36bln • Blade Dp. 2,5Jt ang 620rb 36bln Hub: Dodi Jaya Motor, 7764 3666, 0812 6521 5666

• Supra X 125 CW Dp. 3Jt angs 674.000/bln • Blade Dp. 2,5Jt angs 620.000/bln • Blade SE Dp. 2,5Jt angs 628.000/bln CV. Dabos 0813 9722 2228, 061-7637 7367

BEBAS ANGS 5 BLN + UANG TUNAI 1,8JT • Revo Absolute Dp. 2,5Jt angs 520.000/bln • Supra X 125 Dp. 2,5Jt angs 642.000/bln • Blade Dp. 2,5Jt angs 620.000/bln • Supra X 125 CW Dp. 3Jt angs 674.000/bln Hub: CV. Dabos Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

• Vixion

Dp. 5Jt

ang 809rb 36bln

• Mio CW Dp. 2,5Jt ang 493rb 36bln • Mio Soul Dp. 2,5Jt ang 541rb 36bln • Jupiter Z New Dp. 2,5Jt ang 574rb 36bln Hub: Dodi Jaya Motor, 7764 3666, 0812 6521 5666

BEBAS 5 BLN ANGS + SIM C + 200 RB • Beat Dp. 2,5Jt ang 544.000 • Vario Dp. 2,5Jt ang 672.000 Hub: Dodi Jaya Motor,7764 3666, 0812 6521 5666

DAIHATSU READY STOCK BARU

• Xenia VVT-i Dp. 11Jtan • Terios Dp. 21Jtan • Pick Up Dp. 5Jtan • Luxio Dp. 6Jtan. Proses cepat hadiah lgsg. Hub: 0813 6100 7907, 061-6690 7084

• Beat • Vario

Dp. 2,5Jt angs 544.000/36bln Dp. 2,5Jt angs 672.000/36bln Hub: CV. Dabos Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

• Vega ZR • MX AT CW • Vixion

Dp. 2,5Jt angs 470rb/36bln Dp. 2,5Jt angs 671rb/36bln Dp. 5Jt angs 809rb/36bln

• Mio CW Dp. 2,5Jt angs 493rb/36bln • Mio Soul Dp. 2,5Jt angs 541rb/36bln • Jupiter Z New Dp. 2,5Jt angs 574rb/36bln Hub: CV. Dabos Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

BEBAS ANGS 3 BLN + DISCOUNT HABIS • Vega ZR

Dp. 1,5Jt angs 532.000 Dp. 4Jt angs 869.000 • MX AT CW Dp. 2Jt angs 679.000 • Mio CW Dp. 1,5Jt angs 557.000 • Mio Soul Dp. 1,5Jt angs 608.000 • Jupiter Z New Dp. 2Jt angs 547.000 CV. Dabos Motor,0813 9722 2228, 061-7637 7367

DAIHATSU TERMURAH BANJIR HADIAH • Vixion AT CW Xenia Dp. 10Jtan ang 2Jtan. Terios Dp. 17Jtan. Pick Up Dp. 6Jtan. Full cash back+ hadiah + HP. Proses cepat. Hub: Nababan, 0813 6237 1768

DAIHATSU...GEBYAR SUPER RINGAN

• Pick Up Dp. 5Jtan angs 2Jtan • Xenia Dp. 12Jtan angs 3Jtan • Terios Dp. 14tan angs 4Jtan • Luxio Dp. 7Jtan angs 4Jtan Miliki : Cash back + discount +hadiah Proses super cepat, pasti Ok !!! Siregar Astra, 0813 9611 6389, 7798 7389

MITSUBISHIDPRINGAN&DISKONKANDAS

Pick Up T120SS, L300, Colt Diesel, Fuso. Hub: Vina Siregar 081260360000, 061-77530154

DAIHATSU ASTRA 100% BARU

Xenia Dp. 10Jtan, Pick Up Dp. 5Jtan, Terios Dp. 14Jtan, LuxioDp.7Jtan.FullDiscount+cashback&hadiah,data dijemput. Hub: Arif Nst, Astra 24 jam,0812 6005 2465

DAIHATSU PAKET MURAH : PU Dp. 5Jt-an.

Xenia Dp. 11Jt-an. Terios Dp. 23Jt-an. Luxio Dp. 12Jtan. cash back+disc/happy full service gratis 1 thn. Hub: Astra Nugroho, 061-7706 0301, 0813 7629 5205

DAIHATSU BARU TERMURAH

Full cash back + diskon. Pick Up Dp. 5 Jtan, Xenia Dp.10 Jtan, Terios Dp.14Jt an. Pasti Ok. Hubungi: Purba Astra, 061-7791 5246

PAKET GEBYAR APRIL 2010

Xenia Dp. 10Jtan/angs 2Jtan. Terios Dp. 20Jtan. Luxio Dp. 6Jtan, G. Max PU Dp. & angs paling rendah. Hub: Tengku Andi 7715 5669, 0812 6581 973

KIA MOBIL

• Picanto cicilan Rp. 120.500/hari • Pick Up 3W 2,7 cicilan Rp. 130.900/hari Hubungi: 061-7632 4133

MITSUBISHI PAKET MURAH + DISCOUNT ABIS

T120S, L300, Colt Diesel, Fuso, Triton, Pajero Sport, Grandis. Hub: Reni, HP. 0812 6097 1771

NEW MITSUBISHI : PU L300 FD Dp. 16Jtan angs 3Jtan. Tersedia: PS 110/125HD, bs tkr tambah. Proses kredit cepat/luar kota ok...! Hub: 0813 7030 1000

berkualitas (Cash/Credit) ada garansi mesin, service gratis 3x. Hub: Sahabat Motor, Jl. Pancing No. 135, Telp. 061-7655 5700, 0813 7644 4483, kendaraan yang dijual sebagai berikut :

• Revo Dp. 2,5Jt byr 1,7Jt angs 520rb • Revo CW Dp. 3Jt byr 1,8Jt angs 563rb • Supra X 125 Dp. 2,5Jt byr 1,5Jt angs 642rb CV. Dabos Motor HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

SUZUKI 100% BARU + HP + MAGIC COM • Smash • Spin • Thunder

Dp. 600rb angs 529rb Dp. 800rb angs 522rb Dp. 1,1Jt angs 682rb CV. Dabos Motor, 0813 9722 2228, 061-7637 7367

SUZUKI 100% BARU + HP + MAGIC COM

• Skydrive Dp. 1,4Jt angs 550rb • Shogun Dp. 1,1Jt angs 577rb atau dapatkan gratis 5 bulan angsuran secara cuma-cuma CV. Dabos Motor, 0813 9722 2228, 061-7637 7367

CV. DABOSS MOTOR. MELAYANI SISTEM

Kredit/Cash sepeda motor Yamaha, Honda dan Suzuki. Proses cepat dan aman. Anda berminat hubungi: 0813 9722 2228, 061-7637 7367

GELEGAR SUZUKI BERHADIAH • Spin • Smash • Shogun 125

Dp. 700rb angs 522rb Dp. 550rb angs 529rb Dp. 1Juta angs 577rb CV. Dabos Motor, HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

DP SUPER MURAH. PROSES CEPAT Survey langsung dan aman. Sistim syariah. Merk Yamaha, Honda dan Suzuki CV. Dabos Motor, HP. 0813 9722 2228, 061-7637 7367

SUZUKI BARU DP 10% : Carry PU Dp. 5,9Jt • Spin

TOYOTA DP RINGAN : Avanza, Innova,

Rush, Yaris. Ready stock, bunga ringan. Hubungi: 0812 6010 0 66, 7772 8120

RENTAL ANTAR JEMPUT

Inova, Avanza, Xenia. Harian/bulanan, Telp . 061-6968 9711, 0812 6090 7003

thn 2008 Dp. 800.000

thn 2007 Dp. 800.000 angs 468.000/36bln thn 2008 Dp. 800.000 angs 498.000/36bln Ayo Buruan jangan sampai ketinggalan !!!

HANDPHONE

Supir becak motor, Jl. Utama simpang Cemara No. 53. Hub: 0812 6575 0133 (Bpk. Mustapa)

DIJUAL RUMAH : Jl. Tirtosari No. 30A (depan jalan) Uk. 7x17m, SHM. Harga Rp. 130Jt/nego. Hubungi : 0813 6172 1553

DICARI :

RUMAH MURAH : SHM, PAM, Listrik, Tlp,

Tukang pangkas yg berpengalaman, untuk dikirim ke Bali. Hub: Pak Jefri, HP. 0813 5311 4141 rapi, tempat strategis dan ramai. Hub langsung Pangkas Pelangi, dpn. Mesjid Psr. Deli Tua. 0812 6062 660

SHM di Graha Deli Permai Blok A6/11 jl. Tani Saudara - Johor , 165Jt/ Nego Hub: 081265238948

DICARI : Asisten salon yg berpengalaman, anda berminat hub: Indah Salon, Telp. 061-6643 289, Jl. Pertempuran No. 10F (P. Brayan)

KOST BARU : Jl. Ketapang No. 8 dkt Jl. Sekip/ Universitas Prima. Terima kost 1 kamar 1 orang, dgn harga Rp. 600 s/d 700rb. 1 kamar 2 orang dgn harga 800rb. Ada spring bed, lemari, meja tulis. Hubungi: 0812 6544 902, 0813 6217 5800

DICARI : 10 wanita, usia 20-35thn, menarik, ahli

massage dan lulur. Hubungi: Kiki, 0812 6094 7044

Nokia, Samsung, Motorolla, semua type, syarat ringan, prosescepat.Hub:081397328028,081265051370

BUTUH UANG

11x17x16m, 3kt, r. tamu, keramik, dapur. 061-7773 7996. Jl. G. Subroto Mesjid Barat 159 Medan

DICARI : Tk. pangkas berpengalaman, min. 2 thn, jujur, RUMAH DIJUAL : Lb 70/Lt 141, disudut, telp,

KREDIT HP & ELEKTRONIK : Black berry, (No SMS), Jl. Sei Serapuh dpn. Medan Plaza

DICARI : Tukang pangkas utk jadi Kapten/ Pembina, pengalaman min. 2thn, ada tempat tinggal, area Gaperta,hasil nego. Hubungi: 0619106 2700, 0813 7683 9995

TERCECER : 1 bh BPKB spd. motor Vega R,

BK 5644 UD, an. Hendra Gunawan, alamat Dusun VIII Mawar Laut Dendang Kec. Ps. Tuan Kab. DS. Hub: 0813 9621 0778, 0882 6162 4615

PENGOBATAN MEISSY MASSAGE

Berpengalaman dari Malaysia, ahli urat dan segala penyakit pria/wanita. Hubungi: 0812 6540 7033, alamat : Jl. Bakti Gg. Rahayu Sukarame

RANI MASSAGE : Pintar mijat, putih, bersih Bersedia dipanggi ke tempat. HP. 0852 7546 2133

TERIMA KOST : Jl. Setia Baru No. 50, Jl. JASA MASSAGE :

Sekip Ujung terus belok kiri dkt Gereja Katolik. 1 kamar Rp. 350rb kosong. Hub: 0812 6544 902

DIJUAL TEMPAT USAHA : Lt. 6x33m, Lb.

5x23m, 2 kt, 2km, SHM, IMB, Jl. Sei Bangkatan Tanah Seribu Binjai. Hub: 0812 6361 3600, bisa byr 2x

LOWONGAN KERJA : Dibutuhkan 2 org

Ramah, penyabar, pintar mijat, bersih. Menerima panggilan kerumah/hotel. Call: 0812 6394 9586

WATY MASSAGE

Jl. SM. Raja Gg. Kamboja No. 3 (dpn. PT. Asahan) Hub: 0812 6352 9688

BUTUH DANA CEPAT pembantu rumah tangga dan 2 org menjaga anak DISEWAKAN : Ruko 2 Lt, lokasi strategis, Jaminan BPKB spd motor, mobil pribadi, KPUM, (bersedia menginap) Hubungi : Ibu Meta, Telp. cocok utk segala jenis usaha, Jl. Denai No. 51, min. KUSUK CAPEK-CAPEK DAN LULUR

Min. 25Jt, jaminan BPKB mobil/truk. Proses cepat & aman. Hubungi: Rahmat, 061-7707 0202, 0813 9697 0202

ANDA BUTUH UANG KONTAN

Hanya jaminan BPKB sepeda motor dan mobil. Proses cepat data dijemput. Hub: 061-8444 632, 0812 6502 6196, 0813 7504 0707, 0813 9767 9869

Dp. 700rb angs Rp. 522 ribu • Smash Dp. 550rb angs Rp. 529 ribu • Shogun 125 Dp. 1 Juta angs Rp. 577 ribu Call : 061-7756 5414, 0813 6191 5181, 7702 9844

SUZUKI 100% BARU+ HP + MAGIC COM

Smash Dp. 600rb angs 529rb. Spin Dp. 800rb angs 522rb. Thunder Dp. 1,1Jt ang 682rb. Skydrive Dp. 1,4Jt ang 550rb. Shogun Dp. 1,1Jt angs 577rb atau dptkan gratis 5 bln angs. 7628 1045, 0813 7690 5487, 0812 6566 176. Psr. cpt

angs 358.000/36bln angs 378.000/36bln

thn 2006 Dp. 900.000 thn 2007 Dp. 900.000

angs 489.000/24bln angs 541.000/24bln

NEW SUPRA X 125 CAKRAM thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

angs 468.000/36bln angs 488.000/36bln angs 519.000/36bln

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.300.000 thn 2009 Dp. 1.500.000

REVO JARI

thn 2007 Dp. 900.000 thn 2008 Dp. 900.000

BUTUH DANA : Jaminan surat tanah & tanpa anda selama 120 kali (tanpa kerja), Modal Rp. 25Jt-

jaminan, serta bantu kredit bermasalah/kredit macet. Hub: Suhendra, 0812 6066 3516

thn 2007 Dp. 1.300.000 thn 2008 Dp. 1.300.000 thn 2009 Dp. 1.500.000

JUPITER MX JARI

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

JUPITER MX CW

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

NEW JUPITER Z

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

NEW JUPITER Z CW

thn 2007 Dp. 1.200.000 thn 2008 Dp. 1.200.000

NEW VEGA R CAKRAM thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 900.000 thn 2009 Dp. 1.200.000

MIO CW

thn 2007 Dp. 1.000.000 thn 2008 Dp. 1.100.000 thn 2009 Dp. 1.200.000

NEW SMASH CAKRAM thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 800.000 thn 2009 Dp. 900.000

NEW SMASH CW

thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 800.000 thn 2009 Dp. 1.000.000

NEW SHOGUN 125 RR thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

SPIN 125 JARI

thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 800.000 thn 2009 Dp. 900.000

Untuk wiraswasta / pengusaha / Kar. Swasta /PNS. Proses cepat Hub.0812 6327 1158, datadijemput(leo)

Rp. 40Jt.www.berlianvalley.com/000176, atau SMS "Petunjuk" ke HP. 0878 8405 8076

ELEKTRONIK

BUTUH DANA : Jaminan BPKB mobil/truck DIBELI DIATAS HARGA YG LAIN!! thn 90 & sp. motor. Hubungi: Samuel 0852 9615 ANDA BUTUH UANG KONTAN

TV, PS2, PS3, DVD, ampli, keyboard, laptop, kulkas, ac, m. cuci, dll. Hub: Trisna Elektronik Jl. Sunggal No. 361 Medan Telp. 846 8930, 7759 6876

Raja Motor Jl. Bahagia By Pass No. 35 Mdn HP. 08126326121, 08126326120, 061-7863647 (Jaminan BPKB sp. motor/mobil 15 menit cair)

JUAL/BELI : Komputer, Laptop, LCD, PS2, segala kondisi. Hub: 061-7632 5828, 0813 7556 6632. NB: Khusus area Langkat

BUTUH DANA CEPAT !!!

DIBELI :

Jaminan BPKB sepeda motor, mobil. Proses cepat dan mudah, serta bunga ringan. Hubungi: 7755 8223, 0811 657 792, 7793 7792

Keyboard Technic KN 2000/Korg PA 50. Hub: 0813 7898 3137

PT. SS FINANCE : Jaminan BPKB s. motor

SERVICE

ANDA BUTUH DANA

AC TRISAT : Service cuci AC Rp. 20.000,reperasi AC, bongkar psng AC central, dispenser, psng baru. Terima servis luar kota. Bergaransi. Hub. 7322 579/HP. 0812 6012 868

angs 358.000/36bln angs 398.000/36bln

DANA CEPAT !!!

angs 378.000/36bln angs 428.000/36bln

thn 2008 Dp. 900.000 ABSOLUTE REVO 110 JARI thn 2009 Dp. 1.000.000 angs 488.000/36bln

VARIO CW

M’V ENTERTAINMENT : Membuka peluang bagi anda yang mempunyai bakat n pede dalam bidang akting n model. Langsung casting n job shoting, dibantu langsung dari Jakarta. Hub: Ka’ Teddy, 0813 7666 3994, 061-6961 4054

angs 488.000/36bln angs 529.000/36bln angs 569.000/36bln

NEW SUPRA X 125 R (NF 125 TR)

angs 458.000/36bln angs 498.000/36bln angs 529.000/36bln angs 448.000/36bln angs 478.000/36bln angs 519.000/36bln angs 468.000/36bln angs 498.000/36bln angs 539.000/36bln angs 468.000/36bln angs 488.000/36bln angs 519.000/36bln angs 478.000/36bln angs 498.000/36bln angs 378.000/36bln angs 408.000/36bln angs 428.000/36bln angs 448.000/36bln angs 468.000/36bln angs 488.000/36bln angs 348.000/36bln angs 368.000/36bln angs 408.000/36bln angs 368.000/36bln angs 398.000/36bln angs 428.000/36bln angs 478.000/36bln angs 508.000/36bln angs 368.000/36bln angs 388.000/36bln angs 418.000/36bln

Mbak Anna (Rindu Sehat) Jl. HM. Jony arah Menteng, 3 rmh dr Pom bensin prtma, 0812 6556 1048

bersedia nginap. Hub: 0812 6568 0555

DIJUAL TANAH : Di Jl. Psr. 7 Bengkel RERE OUKUP + KUSUK SEHAT (Tembung) ukuran 600 m2. Harga 36Jt. Surat Notaris. Hub: 0813 7898 3137

DIJUAL MURAH :

Tanah 10x21m, Sk. camat, depan jalan Sei Mencirim.

TVI EXPRESS : Profit Rp. 2,5Jt/hari, via rek Hub: 0813 7013 6682

6555, Andi 0812 640 0575

SUPRA X 125 CAKRAM

BEBAS 5 BULAN + MAGIC COM + REVO CW thn 2007 Dp. 900.000 200 RIBU

GELEGAR SUZUKI BERHADIAH

APV, Splash, Grand Vitara, Swift, SX-4, tambah bonus lain. Hub: Yudi, SE. HP. 0812 6000 5066, 77799059

angs 488.000/36bln angs 519.000/36bln

SAHABAT MOTOR BEBAS ANGS 5 BLN + UANG TUNAI 1,8JT Menjual segala macam jenis kendaraan bekas ANDA BUTUH KARTU KREDIT???

NEW SUPRA FIT X Angs4 Jt-an,Luxio& Pick Up Dp. 5Jt-an, Proses mudah BEBAS ANGSURAN 3 BLN + HP ONLINE thn 2007 Dp. 800.000 & cepat. Hub: Rozak, 0812 6310 9000, 7704 9000 ATAU UANG TUNAI 700 RIBU • Luxio Dp. 6Jtan • Pick Up Dp. 5Jtan • Xenia Dp. 10Jtan • Terios Dp. 20Jtan Hubungi: Jevri Purba 0813 6222 2890

thn 2008 Dp. 1.200.000 thn 2009 Dp. 1.300.000

DIBUTUHKAN :

Hub: Mbak Endang 2 thn. Hub: 061-7639 9797, 0812 7669 5392 betor. Hub: KSU Yoga Solafide Jl. Pertempuran 061-7722 7076, HP. 0812 6362 777 HP. 0812 6540 0190 BEBAS ANGS 5 BLN + U. TUNAI 1,7 JT BEBAS ANG 3 BULAN + SIM C + HP No.41Telp.061-662 8116,061-4557607 P.Brayan • Revo Dp. 2,5Jt angs 520.000/bln ONLINE ATAU U. TUNAI 700 RIBU LOWONGAN KERJA : Pembantu rumah Dp. 2,5Jt ang 470rb 36bln • Revo CW Dp. 2,5Jt angs 587.000/bln • Vega ZR PIJAT CAPEK2 LULUR : Lemah syahwat, BUTUH DANA TUNAI !!! tangga dan baby sitter, wanita, rajin, jujur dan TANAH • Supra X 125 Dp. 2,5Jt angs 642.000/bln • MX AT CW Dp. 2,5Jt ang 671rb 36bln

XENIA : Dp. 11Jt-an angs 3Jt-an, Terios Dp. 14 Jt-an

DAIHATSU READY STOCK

NEW SHOGUN 125 SP

angs 388.000/36bln angs 408.000/36bln angs 428.000/36bln

HONDA 100% BARU BEBAS ANG 5 BLN THUNDER 125 KS Dp. 500rb ang 544.000 Dp. 500rb ang 611.000 • Supra X 125 Dp. 500rb ang 666.000 • Blade Dp. 500rb ang 645.000 RiskyJayaMotor,081397591908,081376730096

Xenia Dp. 10Jtan. Terios Dp. 14Jtan. Luxio Dp. 6Jtan. Full cash back + hadiah !!!!. Ari Astra, 0812 6423 792

thn 2007 Dp. 800.000 thn 2008 Dp. 800.000 thn 2009 Dp. 900.000

& mobil. Proses mudah, bunga ringan, bisa bantu pelunasan. Hub: 7878 819, 0813 6113 6834

Pakai jaminan/tanpa jaminan/kartu kredit/ take over. Hub: Mr. Lin, HP. 0812 6580 1799 Jaminan BPKB Sp. motor/mobil, BPKB aman, langsung cair. Hub: 0852 9726 1067, 061-7679 0248

AD SERVICE & REPARASI : AC, Kulkas, M. Cuci, Dipenser, TV, dll. Hub: 061-6870 9593, 0812 6522 8384, Jl. Bunga Raya No. 53 Asam Kumbang

Mengobati masuk angin, badan pegal-pegal, keseleo, mandi rempah-rempah/air panas Alamat : Jl. Veteran Krakatau No.7 C dekat Maju Bersama, HP: 061-76417925

SPECIALIST MATA TANPA OPRASI

Dpt disembuhkan mata mius, plus, glaucoma,

TNH KAVLING MRH : Lgsg bangun di Binjai Estate/ mata merah, berair, bengkak, katarak, khusus Selatan. Uk. 7x15m=25Jt, Uk. 14x15m=50Jt, Uk. 10x20m=50Jt & Uk. 10x25m=60Jt. SHM siap 1 bln. 5 mnt dr Ktr. Walkot Binjai. Hub: 0816 312 4916

DIJUAL TANAH : Kaplingan, siap bangun, Jl. Pertahanan/PatumbakdepanKantorCamat,Uk.10x18, Sk. camat. 25Jt/kapling. Hub: 0813 7695 6384 Sandi

yg gagal msk angkatan jrk ± 7 mtr b/w (buta warna dpt disembuhkan) smpi tuntas. Hub: Ibu Farida Akhram Jl. Prof HM Yamin SH (Serdang) No. 251. Tlp. 061-456 3067 Medan

SPECIALIST AMBEYENT (WASIR)

Tanpa oprasi, putus sampai ke akar2 ± 10 hari garansi. Dijamin Hub Mhd. Rawal Jl. Prof HM Yamin SH

DIJUAL CEPAT TANAH : Ukuran 16x16m, (Serdang) No. 251 Tlp. 061-456 3067 Medan

Lokasi dekat sekolah SMP N3 Sei Mencirim, Sunggal. Harga 30Jt nego. Hub: 061-6992 6043

ANEKA RAGAM

Cabang: Jl. Puyuh Mas No. 9 Pekanbaru Tangerang Tengah, HP. 0812 6568 700, 0761-7674197

LINTAH SUPER + VACUM IMPORT Bikin Besar, Panjang, Keras A. Vital Aldo 0812 109 44445 Antar

Tempahan Murah : Hub. 661 6802, 6181166 Lemari pakaian 3 Pt sungkai asli Rp.1,5Jt. Kursi Sofa Kulit 3,2,1 Spring Rp. 1,3Jt. Spring Bed 6 kaki, 2 lapis Rp. 1,1Jt Grs per 10 th

PELANGSING FAT LOSS LOGO

Hever, Patek Philippe, Omega Tudor, Panera I Audemas Piaget. Hubungi: 0812 600 5252, 061-7706 5252

Aldo 0812 109 44445 Antar

1 Bulan Turun 5 - 12 Kg Pasti Tanpa Efek Aldo 0812 109 44445 Antar

OBAT KUAT TADALAFIL + SPRAY DICARI : Jam tangan merk Rolex (asli), Tag Spontan Kuat, Keras & Tahan Lama

BILLYARD

TERAPI PIJAT TRADISIONAL “RAHMAT”

Capek, sakit pinggang, lemah syahwat, dll. Hubungi: 0813 8201 4747, Jl. Mongonsidi pas dpn Ktr. Garuda

TERAPI KHUSUS TRADISIONAL

Menangani sakit ginjal, lambung dan keluhan pria. Hub: Ibu Suriyati 081376616488, dan

BARUS BILYARD CENTER : Melayani jual- dibantu oleh tenaga muda lainnya

DANA TUNAI !!! : Jaminan BPKB ASIA SERVICE : AC, kulkas, mesin cuci rusak. beli meja baru/bekas, menyewakan meja (bola 15 & bola 9) hrg nego. Hub: Jl. Berlian Sari Gg. Baru (Katamso Km. 7) 7883910, 08126012412

sp.motor/mobil, aman & langsung cair. Hub: Edo, 0813 7095 1418, 061-7739 3718

Jl. Asia No. 608 Medan. Telp. 061-7369 135, HP. 0812 6011 904, 0813 9743 7923

ANDA BUTUH UANG KONTAN

MENANTI BILLYARD JAMAL SERVICE & REPERASI : AC, Kulkas, SABAR Jual-beli/sewa meja (murah) Jl. Jahe Raya No. 1A WC TUMPAT/SEDOT

Jaminan cukup BPKB mobil, sepeda motor, proses cepat 5 menit cair. Untuk kawasan Medan sekitarnya. Hub: 456 2277, 0813 7677 8831

JAMINAN APA SAJA : Jaminan Sertifikat tanah, Sk. camat, BPKB mobil, sepeda motor, elektronik, laptop & perhiasan, masih kredit juga boleh. Hubungi: Akien, 08196005252,081376916374, 061-77065252

LOWONGAN KERJA ADA LOWONGAN; INCOME BESAR

Dibutuhkan P/W, usia 17-45thn, min. SMP, SMA sederajat. Dtg lgsg kerja, penghasilan diatas UMR (1,8Jt/bln). Hubungi: Ibu Diana, SE. HP. 0813 6166 9314. Jl. Wahid Hasyim No. 118 A simp. Barat ± 100m dari Gatsu

M. cuci, Dispenser, TV, dll. Hub. 061-77856677, 0813 7618 6677. Jl. Mesjid No. 112B simp. 5 Helvetia

AC KING SERVICE : Cuci AC Rp. 20.000,

Bngkr/Psng AC,Kulkas, M Cuci, Dispenser,TV. Libur Buka. Hub: 77651615, 0815 3322 9839

AHLI TV : TV Toshiba, Sony, Polytron, LG, JVC,

DIBUTUHKAN : Wanita (gadis/janda) utk di

Sal. Air. Murah, garansi 3 bulan. Hubungi: 7869237, 0812 6578 734

RAJA KREDIT PS2 :

WC TUMPAT SEDOT : TERCECER : 1 bh dompet warna hitam, berisi Saluran air, kamar mandi, wastafel. Bergaransi.

Dp. 300 rb, angsuran 230.000 x 5. Hub : Toko Bakti Elektronik, Tlp.7356756. Toko Denai Elektronik, Tlp.7358962. Toko Veteran Elektronik, Tlp.6851257

ZIDAN GAME. TELP. 7741 8902

PS1 Rp. 354rb. PS2 750rb/950rb. HDD, dll Terima : PS1, 2, & 3, camera, laptop, PSP, LCD, TV, dll.

@ 5Jt/nego Bilyard 7 feet baru (Belgi) @ 7Jt. Hub: 0813 6221 6221

STNK L300 bensin, BK 593 , KTP an. Sepri Tarigan, SIM A. Tercecer sekitar Jl. Jamin Ginting-Pkok Mangga. Bagi yg menemukan hub: 0813 7072 7572, 0813 9785 828

WC TUMPAT: penuh , saluran air, rehab,

survey gratis/bergaransi dan murah, hubungi: Pak Andi telp: 061-8227240

Hubungi: 0812 6082 7816

MARTIN SERVICE SEDOT WC TUMPAT

Setaluran air kamar mandi, wastafel, bergaransi. Hub: 061-7862679, 0812 600 7919

TERCECER : 1 bh ijazah No. 05.71.01.1.0988, WC TUMPAT 061-7762 6388 disekitar Jl. S. Budi Ring Road, Tgl. 25 Apr 2010. Bagi yang menemukan harap hub: 061-8227 684

Sedot / Saluran Air K. Mandi, Westafel, Rehab S.Bor. Garansi Hub : 0812 6392 2800

EKA JAYA : 0813 9761 2319, 061TERIMA SEGALA KONDISI !!! TELAH TERCECER : 1 bh raport an. Hizkia WC 76880437. Sedot sumbat, sal. air, ps piva PS2, PS3, PSP, TV, LCD, Komputer Hubungi: 7777 9762 (dijemput ex-pres)

DIBUTUHKAN :

JUAL & BELI : TV, PS1, 2, 3, Handycam, LCD,

di Panglong Kayu (tk. kosen & pintu) yg berpengalaman. Hub: Fajar Rimba, Jl. Ngumban Surbakti No. 2B, 061-8216 482

0819 3340 8099. Maju Jaya Gatsu 159

WC TUMPAT/ SEDOT

TERCECER

DITERIMA PS3 DENGAN HARGA TINGGI

DIBUTUHKAN : 2 org pria, utk dipekerjakan

menyewakan bilyard sistim bagi hasil. Hub: Jl. Tirtosari No. 25E, HP. 0813 6172 1553

PLAYSTATION

pekerjakan jaga anak & org tua, gaji 600rb s/d 1Jt/ bln bersih + bonus 50rb. Hub: Yayasan Kasih Sayang. Telp. 0813 9792 2135, 061-7737 7059

2 org teknisi AC yg memiliki SIM C & belum berkeluarga. Hubungi: 061-7765 1615

MOBIL SEDOT WC : 061-7773 7996, MELAYANI : Jual meja baru/bekas dan 0852 7093 3649 sal. air, wastafel, grsi, murah.

DIJUAL : Bilyard 7 feet bekas (Belgi)

DIBUTUHKAN : Wanita (gadis/janda) utk JL. AR. Hakim No. 177A, Jl. Gatsu 186A dipekerjakan jaga anak & org tua, gaji 600rb s/d 1,2Jt/bln bersih+bonus. Hub: Yayasan Sepa Husada 061-7794 2694, 0811 602 145

Saluran air, murah bergaransi. Hubungi : 061-7878791, 088261586654

Aiwa, TV China, dll. Master TV (Ridwan) Tlp. 7762 1674, 0812 6303 4400, siap ditempat. Garansi

CARI :

Mitra kerja salon, menyediakan tempat dan alat. Lokasi Ketapang. Hub: 0812 6544 902

Simalingkar Tel: 061-7654 9599 HP. 0812 6020 493 Kabanjahe Telp. 0819 3340 9444 (Pak Ginting) Jl. Bdr. Labuhan Tj. Morawa, HP. 0852 7610 2168

WC SUMBAT/RUSAK

Damanik, siswa SMA Neg. 17 Medan, disekitar Jl. Pd. Bulan. Yg menemukan hub: 061-4536 208

sanyo, rehab. Gatot Subroto 90. Garansi

Keadaan lengkap: stick dan kaset Hub: 0812 6344 6363, 7779 5216

Proyektor, Laptop, Keyboard, Kulkas, M. Cuci, Compo, Sound, dll. Hub: Market Electronic Tlp. 8210097, 66900693, Jl. Setia Budi 424B. S.R. Road

OBRAL PS2 : Slim, seri 99xx 650rb. TV

Samsung 29”, slim, flat 1,350Jt. Sony 53”, mdl baru 6Jt. TV 14”, datar LG 450rb. Hub: Trisna Elektronik, Tlp. 8468 930, 0812 6454 5680

DIBUTUHKAN : Beberapa tk. pangkas yg

sdh berpengalaman, diberikan jaminan Rp. 40.000 s/d Rp. 50.000. Bg yg berminat hub: 0813 7554 3177, 0812 6545 4828 Segera

RUMAH

HIMBAUAN PENTING.......!!!

Dihimbau kepada seluruh Pembaca POSMETRO MEDAN Setiap mengadakan transaksi Jual Beli Barang / Jasa dengan harga murah, kredit murah ,tiket murah dan barang Tercecer sudah ditemukan .

. Pastikan Barang Yang Dibeli Sudah Anda Terima . Baru Anda Bayar / Transfer Uang . Atau Pastikan Indentitas / Alamat Orang Yang menawarkan Barang / Tersebut Ada. Himbauan ini disampaikan * Isi dari Materi Iklan diluar tanggung jawab Penerbit

POSMETRO MEDAN


C MYK

Klinik Metafisika Diasuh : Raden Haryo Damar Ahli Metafisika & Raja Susuk Ketik : POS(spasi)TGP (spasi)Pertanyaan Kirim ke 7669 (maks. 160 karakter) Hotline: 08153120669

SUSUK MASIH MERAGUKAN TANYA : RHD, sekali lagi saya mohon maaf. Apakah susuk itu tidak berbahaya? Kenyataannya, tetangga saya susah meninggal karena memiliki susuk. Mohon dijawab dengan jujur agar saya bisa berobat. Pengirim: Doni William, Medan JAWAB : Saudara Doni, susuk memang berbahaya jika menggunakan ilmu hitam karena menggunakan jasa Khodam Jin KFR. Sedangkan ilmu putih itu mutlak memakai energi ilmiah dengan Khodam putih, jadi dijamin aman tanpa efek samping dan bisa buat beribadah. Semoga Anda tidak ragu lagi.. (*)

- On kunyet (daun kunyit), si- teguh, akarnya kuat, sehingga tahfat asalnya tahan dari penyakit. an dari segala penyakit. Maknanya Warnanya kuning dan buahnya agar benih padi tersebut memiliki bersih, maknanya ialah agar be- daya tahan dari gangguan serangan nih padi tersebut tahan dari seg- penyakit. - Sira (gaala serangan ram). Sifat penyakit dan sira adalah tumbuh subur asin dan dapseperti kunyit. at menghan- On nilam curkan bibit (daun nilam), penyakit dan sifat asalnya gangguan apabila dibuat gaib dari minminyaknya eral yang terharum sehingga kandung pada orang banyak garam. yang senang. Maknanya Maknanya adalah agar ialah agar padi benih padi tersebut memiloleh: Spiritualis yang disemai iki bentuk daun memiliki sifat nilam, buah seperti garam, padinya tumyaitu dapat buh subur. - On birah (daun sejenis keladi), menghancurkan penyakit yang daunnya yang berwarna hijau dan hinggap pada padi, sehingga tumtahan hujan, maknanya agar benih buh dengan subur. - Saka (gula). Sifat saka adalah padi yang akan ditanam menjadi seperti daun keladi tersebut dan tah- manis. Maknanya adalah agar padi yang akan disemai dapat memberian dari gangguan hama. - On naleueng sambo (daun rum- kan manfaat bagi orang yang put sambau), sifatnya kokoh dan menyemainya.

Omtatok*

HALAMAN 6

SABTU, 17 APRIL 2010

Peusijuek, Ritual Kuno Aceh

Penyatuan Alam Nyata dan Gaib

- Boh kuyuen (jeruk nipis), rasanya asam mengisyaratkan agar hama dan kekuatan gaib tidak nyaman berada disawah. Jeruk nipis selalu digunakan untuk membersihan sesuatu dari kotoran yang melekat, hal inilah yang juga diisyaratkan dari pengunaannya. -minyeuk ata (minyak wangi) dicampurkan dengan air putih sehingga menjadi harum. Maknanya ialah benih padi itu diibaratkan sebagai bayi yang baru lahir, memerlukan wangi-wangian. Orang-orang yang menciumnya akan merasa senang dan segar. Demikian juga halnya dengan benih padi yang diperlakukan seperti bayi, supaya tumbuh subur dan banyak orang yang senang melihatnya. - Asap keumeunyan (kemenyan), dibakar ketika padi menjelang direndam. Maknanya adalah agar padi dapat hidup dengan leluasa dan sempurna serta cepat berbuah. Diharapkan juga menjadi penyatuan alam nyata dan gaib yang hidup saling berdampingan. 3. Peusijuk Tempat Tinggai Setiap orang yang mendiami rumah baru, kebiasaannya dilakukan upacara peusijuek. Pelaksanaannya

oleh beberapa orang terdiri dari tiga, lima orang dan seterusnya dalam jumlah ganjil. Upacara ini dimaksudkan untuk mengambil berkah agar yang tinggal di tempat ini mendapat ridha Allah mudah rezeki dan selalu dalam keadaan sehat wal’afiat. Pada upacara ini alat-alat yang digunakan adalah ; dalong, bu leukat, tumpo / u mirah, breueh pade, on sisijuek, on manek manoe, naleueng sambo (ketiga yang terakhir di ikat menjadi satu), glok dan sangee. 4. Peusijuk Peudong Rumoh Rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Oleh karena itu, kegiatan membangun rumah selalu dipilih pada hari baik. Demikian juga dalam memilih bahan-bahan rumah yang dianggap baik. Selanjutnya, membangun rumah atau sering disebut peudong rumoh diawali dengan upacara peusijuek. Yang di peusijuek biasanya adalah tameh (tiang) raja, dan tameh putroe serta tukang yang mengerjakannya (utoh) agar ia diberkati oleh Allah SWT. Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk upacara peusijuek ini adalah : dalong, bu leukat, breueh pade, teupong taweue, on sisijuek, on

manek manoe, naleueng sambo, ija puteh dan ija mirah, glok dan sange. 5. Peusijuk Keurubeuen Bagi orang Islam yang mampu, sering memberikan kurban pada hari raya sesuai dengan hukum agama. Seekor Kameng (kambing atau domba) cukup untuk korban bagi seorang, sedangkan tujuh orang secara bersama-sama memberi korban seekor Lemoe (lembu). Perangkat yang digunakan dalam upacara peusijuek ini adalah sebagai berikut : dalong, boh manok meuntah, teupong taweue, breueh pade, on sisijuek, on manek manoe, naleueng sambo, minyeuk ata, suereuma, baja, ceureuemen, sugot, sikin cuko, gincu (lipstik), beudak, boh kayee (buah-buahan), tirai peunahan matahari, dan ija puteh (kain putih). Semua bahan, termasuk alat-alat adalah untuk merapikan tubuh domba oleh penyembelih (jagal) dipakai menurut kegunaannya masing-masing. Menurut keyakinan masyarakat Aceh, bahan-bahan tambahan yang dipersiapkan untuk peusijuek tersebut seperti minyeuk ata, suereuma, baja, ceureuemen, sugot, sikin cuko, gincu, boh kayee, tirai peunahan

matahari, dan ija puteh. Mempunyai makna dan fungsi di hari akhirat kelak. Di mana hewan yang diperuntukkan untuk korban atau aqiqah tadi nantinya akan menjadi kenderaan di hari akhirat kelak dan fungsi dari bahan-bahan tersebut sebagai hiasan kenderaan. 6. Peusijuk Kendaraan Apabila seorang yang baru memiliki kendaraan ataupun angkutan lainnya, maka diadakan peusijuek. Hal ini dimaksudkan supaya kendaraan yang dipakai akan terhindar dari kecelakaan. Yang melaksanakannya satu orang atau pun tiga orang. Dan masih banyak lagi pelaksanaan Peusijuek dalam mobilitas masyarakatAceh, seperti Peusijuek Dapu dan Peutron Aneuk yaitu pada Hari Ke 44 Setelah Anak Dilahirkan Setelah Madeueng. PERLENGKAPAN UPACARA PEUSIJEUK 1. Dalong Pada masyarakat Aceh, dalong mengandung makna bahwa mempelai yang dilepaskan akan tetap masih bersatu dalam lingkungan keluarga yang ditinggalkannya. Karena dalong merupakan satu wadah yang diisi dengan bermacam-macam alat peusijuek sehingga dianggap memiliki kebersamaan yang kuat yang tidak dapat dipisahkan. 2. Bu Leukat Warnanya kuning ataupun putih. Makna dari beras pulut ini adalah mengandung zat perekat, sehingga jiwa raga yang di peusijuek tetap berada dalam lingkungan keluarga atau kelompok masyarakatnya. Pulut kuning merupakan lambang kejayaan dan kemakmuran, sedangkan pulut putih melambangkan suci dan bersih. Maksudnya supaya yang di peusijuek dapat memberi manfaat yang lebih baik bagi orang lain dan yang di peusijuek dalam ketentraman menuju jalan yang benar. 3. U mirah Makna dari U mirah adalah sebagai pelengkap dalam kehidupan dan memberikan perpaduan yang manis. 4. Breueh pade

maknanya adalah sifat padi itu semakin berisi makin merunduk, maka diharapkan bagi yang di peusijuek supaya tidak sombong bila mendapat keberhasilan dan peranan beras ialah sebagai makanan pokok masyarakat. 5. Teupong Taweue ngon ie. Makna dari pada teupong taweue dan air adalah untuk mendinginkan dan membersihkan yang di peusijuek supaya tidak akan terjadi halhal yang di larang oleh agama melainkan mengikuti apa yang telah ditunjukkan yang benar oleh agama.Diharapkan tidak mengandung unsure bid’ah yang bias mempersekutukan Sang Ilahi. 6. On sisikuek, manek manoe dan naleueng sambo Ketiga jenis perangkat ini di ikat dengan kokoh menjadi satu, yang peranannya sebagai alat untuk memercikkan air tepung tawar. Makna tali pengikat dari semua perangkat tersebut untuk mempersatukan yang di peusijuek sehingga dapat bersahabat dengan siapapun dan selalu terjalin hubungan yang harmonis dan terbina. Sedangkan dari masing-masing perangkat dedaunan merupakan obat penawar dalam menjalankan bahtera kehidupan seperti mengambil keputusan dengan bermusyawarah dan berkepala dingin, bertanggung jawab dengan sepenuhnya dan dapat menjalin hubungan yang erat dengan siapapun. 7. Glok Peranannya sebagai tempat mengisikan tepung tawar yang sudah dicampur dengan air dan yang satu lagi digunakan sebagai tempat mengisi beras dan padi. Maknanya adalah jika yang di peusijuek tersebut melakukan aktivitas sebaiknya hasil yang didapatkan disimpan dengan sebaik-baiknya. 8. Sangee Berperan untuk menutup perlengkapan alat-alat tepung tawar. Maknanya untuk mengharap perlindungan supaya yang di peusijuek mendapat lindungan dari Sang Maha.*Ketua Umum Majelis Kaji Metafisika

Sambungan hal 1 Beru Sembiring: Anak-anak Masih Mengira benar suami saya sudah meninggal. Apalagi jika ada orang datang buka pagar (rumah), saya sangka itu suami saya.” Perasaan aneh hingga tak memercayai Bripka Hotmajon Matondang telah meninggal itulah yang membuat Tiwa dan keluarganya amat berharap besar agar Kapolda Sumut sekarang, Irjen Oegroseno, segera mengungkap kasus pembunuhan salah seorang polisi terbaik di Satuan Narkoba Polres Karo itu. Bahkan, “Saya berharap kiranya dapat bertemu dengan bapak Kapolda. Akan saya cerita sama beliau mengapa suami saya yang polisi terbaik tapi sampai sekarang polisi tak mampu mengungkap kasus kematiannya,” kata Tiwa. Dibutuhkan Polisi Kayak Tumpal Manik Meski peristiwanya berlalu hampir 2 tahun lalu, tapi kasus kematian Bripka Hotmajon Matondang sampai sekarang masih menyisakan kejanggalan bagi banyak warga Tanah Karo yang mendambakan tegaknya supremasi hukum. Setidaknya, itu hasil amatan dan wawan-

Biar Tak Perawan, Aku Ogah Nikah

cara POSMETRO pada kalangan pemerhati hukum di bumi turang. Karena itu, siapa genk narkoba yang santer diisukan bermain di balik pembunuhan polisi yang banyak mengungkap kasus narkoba ini dinilai penting cepat diungkap bila pihak Polres Karo masih punya keinginan dipercaya warganya. Itu pula makanya beredar pameo pesimis di kalangan warga Tanah Karo yang saat ini sedang mencari keadilan: bagaimana mungkin kasus rakyat biasa dapat cepat terungkap kalau pembunuh polisi saja hampir 2 tahun ngendap terus di balik meja. Sebagian dari warga juga memberi bukti kasus lain yang bernasib serupa. Itulah kasus pembunuhan di areal proyek PU Desa Tongging, Kec. Merek, juga kasus di Desa Sampun, Kec. Dolat Rakyat, yang sampai sekarang pelakunya masih bebas tak tersentuh hukum. Pesimistis senada juga sempat terjadi tatkala polisi tak juga dapat meringkus para pelaku

pembakar gedung DPRD Karo. Tapi setelah kasus itu terbongkar akibat buah keberanian dan keuletan AKBP Tumpal Manik (Kapolres Tanah Karo kala itu), kepercayaan masyarakat Karo pada polisi kembali membumi. Tapi kepercayaan publik kini dinilai kembali mengerucut menyusul jabatan Kapolres Tanah Karo yang dipegang AKBP Tumpal Manik digantikan oleh AKBP Agus Pranoto. Di masa Kapolres Tanah Karo dipegang AKBP Agus lah, Bripka Hotmajon Matondang terbunuh dan kasusnya jadi misteri. Kisah janggal kematian polisi ini terus jadi misteri meski orang nomor 1 di Polres Tanah Karo terus berganti, dari AKBP Agus Pranoto ke AKBP Ig Agung P. Akankah kasus polisi yang jasad kakunya ditemukan Kamis sore 3 Juli 2008 di alur Sungai Lau Mandin, Tiga Binanga, Tanah Karo, itu terungkap di jaman Kapolres AKBP Ig Agung? (reza/nanang/amry/besok baca: Ada Benang 7 Warna di Makam Hotmajon)

rumah majikan, aku melihat Rahmat melintas di depan rumah. Semula aku biasa saja. Tapi lelaki yang baru tamat SMA itu sering menegurku. Ternyata Rahmat tinggal tak jauh dari rumah majikan. Karena sering bertemu, kami jadi akrab. Beberapa kali Rahmat mengajakku pergi, tapi aku selalu menolak. Yah.pekerjaan ini tak bisa kutinggalkan. Majikan perempuanku bekerja di rumah sakit kawasan Belawan, sedangkan suaminya tugas di Aceh. Tiga anaknya masih kecil-kecil dan perlu pengawasan. Walau sering kutolak, tapi Rahmat tampaknya tak gampang menyerah. Di malam naas itu, Rahmat datang ke rumah. Mungkin dia mengetahui tak ada majikanku di rumah, makanya dia berani bertandang. Mengira ingin ngobrol biasa saja, aku dan Rahmat duduk di ruang tamu. Perbincangan kami berlangsung hingga larut malam. Bahkan hingga anak majikanku tidur. Saat itu, waktu menunjukkan 23.00 WIB, Rahmat tak juga pulang. Rahmat mulai duduk mendekatiku. Tiba-tiba dia menciumiku. Aku terkejut dan menolak tubuhnya. Tapi Rahmat seperti kerasukan iblis. Dia menarikku paksa masuk ke ka-

mardanmengancamakanmembunuhku jika berteriak. Aku berusaha meronta, tapi Rahmat yang memiliki tubuh tinggi besar langsung menimpaku. Leherku dicekiknya. Ketakutan, aku tak berani melawan lagi. Pakaianku dibukanya paksa. Sebelah tanganku dipelintirnya agar tak bergerak. Dia memperkosaku malam itu. Usai melampiaskan nafsunya, Rahmat pergi. Tapi dia mengancam agar aku tak memberitahu pada siapapun. Dia berjanji akan menikahiku. Tapi aku peduli rayuan gombalnya. Aku sakit hati dan sakit badan. Keperawanku direnggut paksa oleh pria yang baru sebulan kukenal. Bukan dengan pria yang kucintai. Aku tak sudi menikah dengannya, meski aku tak perawan lagi. Malam itu juga, aku menghubungi majikan perempuan melalui sms dan melaporkan peristiwa itu. Majikanku meminta pada adiknya yang tinggal tak jauh dari rumah, agar melihat keadaanku. Bersama adik majikan, aku melaporkan pemerkosaan itu ke polisi. Saat itu juga Rahmat dibekuk petugas. Keluarga Rahmat mendatangiku danmenawarkanperdamaiandengan menikahkan aku dan Rahmat. Tapi aku menolaknya. Perlakuan Rahmat

merupakan contoh buruk yang tak bisa kulupakan selamanya. Bagaimana mungkin aku bisa hidup dengan suami yang sifatnya jahat, beringas dan pemerkosa? Meski keperawananku direnggutnya, tapi aku tak mau menikah dengan dia. Di mataku Rahmat terlalu kasar dan jahat. Biarlah dia tetap di penjara dan semoga pengadilan memutuskan hukuman yang setimpal untuknya. (fachril) TRI AKB AR HO TEL TRAINING AKBAR HOTEL CENTER (LEMB AGA PELA TIHAN (LEMBA PELATIHAN PERHO TELAN) PERHOTELAN) Izin Disnaker Pemkot Medan No.41/LPK/III/2010 Jln. Pertahanan No.174 Amplas, Medan 20148. e-mail : trivera_akbar@mail.com

Menyelenggarakan Pelatihan Gratis untuk bidang Perhotelan Selama 1 bulan Bagi 50 orang dan jaminan penempatan Magang Kerja (Praktik Kerja Industri) Selama 6 bulan di Malaysia atau Inggris bagi yang berkompeten. Pendaftaran Mulai Tgl. 19 - 23 April Pukul 09.00 wib - 12.00wib. Syarat Pendaftaran : 1. Pas Photo warna ukuran 4x6=6 Lembar 2. Photo copy ijazah terakhir (minimal SMP) yang di legalisir 3. Photo copy Kartu Keluarga 4. Photo Copy KTP 5. Daftar Riwayat Hidup 6. Min Usia 17- 25 Tahun Pelatihan diadakan pada tanggal 26 April - 26 Mei 2010 Informasi lebih lanjut Hubungi : Mrs. Forthina Sianturi,A.Ma.Par,Spd. 081375364330 MS. Martha Sitompul,SS,Spd. 08126371271

PROYEK SEDANG DIKERJAKAN

Kantor Proyek :

061 - 6996 3691

81396894099

C MYK

TRO MEDAN, ibu 3 anak ini lalu menunjukkan cincin perkawinan yang dulu dipakai Hotmajon Matondang, kini melingkar di jarinya. Bagaimana dengan anakanak, mereka sudah tahu kan bapaknya sudah tiada? “Saya sudah memberitahu yang sebenarnya pada anak-anak, tapi mereka sampai sekarang tetap tak percaya,” jawab Ny. Tiwa. “Bapak sekolah kan, Mak.” Tiwa mengulang ucapan anakanaknya dan, air matanya makin jatuh berlinang. Karena dikira sang ayah masih hidup dan sedang tugas pendidikan Polri di Pulau Jawa, “Kalau rindu, si bungsu maksa sambil nangis pingin menelepon bapaknya. Saat itulah diam-diam saya suruh satu orang di antara saudara-saudara saya berpura-pura menjadi bapaknya (Hotmajon Matondang -red). Anak cakap dengan saudara yang disangkanya bapaknya, baru dia berhenti nangis” terang Tiwa. Karena kondisi itulah, “Sampai sekarang saya masih bertanya pada diri saya : apa


Janji Komponen Masyarakat Karo se-Kota Medan

Dukung dan Doakan Nurlisa MEDAN Seluruh komponen masyarakat Karo se kota Medan mendoakan dan mendukung sepenuhnya Ir Hj Nurlisa Ginting, satu satunya srikandi karo yang tampil menjadi calon wakil Wali Kota Medan mendampingi Sigit Pramono Asri dalam memimpin periode mendatang. “Kami menggelar acara adat Mburo Ate Tedeh Ras Njujungi Beras Piher di Jambur Namaken, malam ini (17/4),” ungkap Ketua Panitia Mburo Ate Tedeh Ras Njujungi Beras Piher Benar, Sinuraya SH MH didampingi Sekretarisnya, Ir Kamta Gia Sembiring, Jumat (16/4). Dikatakan Benar Sinuraya, dalam acara yang dihadiri ribuan masyarakat karo se-Kota Medan, Nurlisa akan didoakan agar sukses dan berhasil terpilih. “Masyarakat karo sangat mendukung Nurlisa menjadi wakil walikota Medan. Karena dia adalah srikandi Karo. Dengan menjadi wakil walikota Medan, Nurlisa diharapkan dapat memperjuangkan dan melestarikan kebudayaan karo, khususnya di kota Medan,” terangnya. Diharapkan ke depan, terpilihnya Nurlisa dapat memunculkan srikandi-srikandi baru yang akan mengikuti jejak Nurlisa Ginting. Karena walau ba-

SABTU, 17 APRIL 2010

gaimanapun, Karo memiliki sejarah sebagai pendiri kota Medan. Hingga kini, masyarakat karo sudah menyatakan diri mendukung sepenuhnya Nurlisa Ginting sebagai wakil walikota Medan, seperti pemuda merga silima, Himpunan Masyarakat Karo Indonesia, Keluarga Muslim Karo Indonesia dan perkumpulan mahasiswa karo se kota Medan. “Jika ada masyarakat karo yang mendukung calon lainnya, itu hanya bersifat personal. Masyarakat karo yang asli tentu saja mendukung orang yang memang benar-benar berasal dari karo,” bebernya sembari menambahkan dalam acara tersebut akan dimeriahkan dengan perkolong-kolong dan artis karo lainnya. Sekretaris Kamta Sembiring mengatakan, sebagai fungsionaris merga silima, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat karo untuk mendukung sepenuhnya Nurlisa Ginting sebagai wakil walikota Medan. Masyarakat Karo harus memilih yang karo asli, bukan yang di luar karo, tegasnya. “Kepada seluruh masyarakat karo se-kota Medan untuk hadir dan secara bersama memberi restu dan doa kepada Nurlisa Ginting,” pintanya. (ali amrizal)

Harapan Warga Sukaramai Kepada Sofyan Tan

Listrik Jangan Padam

Sofyan Tan

MEDAN Kondisi kelistrikan yang terus-terusan padam masih menjadi masalah utama yang dikeluhkan masyarakat. Paling tidak, ini tergambar dalam dialog calon Wali Kota Medan, Sofyan Tan dengan ratusan warga yang bermukim di Sukaramai, Kamis (15/4) malam. Abeng, salah seorang warga mengaku sangat kesulitan dengan kondisi listrik yang sering kali padam. Padahal, listrik membantunya menjalankan usahanya sebagai penjual makanan. “Pak, nama saya Abeng, saya tinggal di Sukaramai. Kalo bapak jadi walikota, tolonglah pak supaya listrik gak mati-mati terus,” harap Abeng. Keluhan serupa juga disampaikan Amin, warga Mandala. Amin yang bekerja sebagai loper koran mengatakan, listrik yang terus padam membuat anak-anaknya kesulitan belajar. “Anak-anak aku kesulitan belajar kalau listrik terus-menerus padam. Jadi, kami berharap bapak bisa mengatasi masalah ini,” ujar Amin yang disambut tepuk tangan hadirin yang hadir. Menanggapi keluhan tentang listrik, Sofyan Tan mengatakan bahwa pemakaian listrik terbesar di Kota Medan adalah kawasan Industri. Karena itu, jika ia terpilih sebagai walikota, ia akan meminta agar kawasan industri memiliki pembangkit listrik sendiri seperti di negara-negara lain. “Jika kawasan industri memiliki pembangkit listrik sendiri, maka krisis listrik kita

bisa teratasi. Dan ini sudah dilakukan di negara-negara lain,” jawab Sofyan Tan dengan berapi-api. Sementara itu, keluhan terhadap pelayanan buruk yang diterima di pejabat pemerintah tingkat bawah juga mencuat di silahturahmi yang di gelar di Rose Garden di kompleks Rumah susun Asia Mega Mas. Alex, warga Jalan Selam IV, Mandala menanyakan kemampuan Sofyan Tan menindak pejabat ditingkat bawah yang tidak memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat jika nanti terpilih sebagai walikota Medan. “Saya pengen tahu, apakah bapak nantinya jika terpilih jadi walikota mampu mengurusi para pejabat di tingkat bawah, yang sering menjadikan masyarakat sebagai perahan dengan mempersulit segala pengurusan,” tanya Alex. Menanggapi pertanyaan ini, Sofyan Tan dengan serius mengatakan bahwa ia tidak akan pernah meminta setoran dari pejabat di tingkat bawah untuk mendapatkan jabatan. “Pejabat di tingkat bawah menjadikan masyarakat sebagai perahan, karena mereka juga menjadi perahan para petinggi supaya bisa mendapatkan posisi yang lebih tinggi. Dan ini yang tidak akan saya lakukan,” janji Sofyan yang disambut tepuk riuh warga yang hadir. Acara yang berlangsung dengan sederhana tapi penuh keakraban itu merupakan prakarsa Wijaya, yang mengaku sangat mengagumi sosok Sofyan Tan. “Saya mau menyelenggarakan silahturahmi ini bukan karena saya ingin cari nama atau ketenaran, tapi karena murni dorongan hati saya sebagai bentuk simpati saya ke beliau,” ungkap Wijaya. Warga yang hadir pada silahturahmi itu kebanyakan merupakan warga dari kelas ekonomi menengah ke bawah. Kegembiraan tampak di raut wajah mereka meski hanya mendapatkan kesempatan foto bersama dengan calon walikota dengan nomor urut 10 itu. (rel)

Menyajikan Fakta, Peristiwa & Fenomena Penerbit : PT. Posmetro Medan Pers (Harian Posmetro Medan) Chairman Komisaris Utama Komisaris Direktur Utama Direktur

: : : : :

H Rida K Liamsi MBA Marganas Nainggolan Ari Purnama Janopa Sihotang Syaiful Ishak

HALAMAN 7

Rahudman-Eldin Menggema di Medan Kota MEDAN Pasangan Calon Wali Kota Medan nomor urut enam, Rahudman Harahap-Dzulmi Eldin kembali melantik Gerakan Relawan Masyarakat Pendukung Rahudman-Eldin (Gempare), di Hotel Semarak Jalan SM Raja, Selasa (13/4) malam. Kali ini, Gempare Medan Kota yang dilantik. Eka Putra Siregar, Kordinator Gempare Medan Kota mengatakan, pihaknya akan terus menggemakan nama Rahudman-Eldin di tengah-tengah masyarakat Medan Kota. “Di Kecamatan Medan Kota, terdapat 12 kelurahan. Dan kami akan terus mengenalkan Rahudman-Eldin termasuk visi-misi yang kami nilai sangat berpihak kepada masyarakat,” bebernya. Amiruddin, Wakil Ketua Tim Pemenangan Rahudman-Eldin menjelaskan, pihaknya cukup yakin pasangan nomor urut enam ini bisa lolos satu putaran. Asalkan peran serta relawan maksimal. “Rata-rata, pasangan incumbent itu menang. Karena sudah dikenal baik oleh masyarakat. Kalau yang lain masih tahap

berencana. Sedangkan Rahudman-Eldin sudah berbuat,” jelas Amiruddin. Sedangkan Syaf Lubis, Ketua Partai Golkar Medan yang juga ketua Tim Pemenangan Rahudman-Eldin menyatakan kesiapan partainya sebagai garda terdepan pengontrol kinerja Wali Kota. “Partai Golkar dan Demokrat siap di barisan terdepan, apabila nanti pasangan yang kami usung tidak berpihak kepada masyarakat. Sebagai teman yang baik, harus saling mengingatkan,” katanya. Menurut Syaf, banyak hal yang harus segera dibenahi. Dan Rahudman-Eldin diyakini mampu melanjutkan apa yang sudah pernah dilakukan. “Bersamasama relawan, kami yakin Rahudman-Eldin mampu

Ajib Shah peduli kesehatan di Jalan Denai Medan.

melanjutkan kinerja. Yang terpenting, hal utama seperti pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan menjadi prioritas yang harus segera dibenahi,” sambung Syaf. Syaf juga mengajak ratusan relawan yang hadir pada acara itu, agar tidak termakan isu negatif yang kerap menghampiri pasangan Rahudman-Eldin. “Saya salut dan bangga kepada Rahudman-Eldin. Meski kerap ditebar isu, mereka tegar dan tak ingin membalasnya. Pemimpin yang besar adalah pemimpin yang tak pernah menjelekkan orang lain, dan ketika mendapatkan fitnah tetap sabar,” pungkas Syaf. Rahudman sendiri menyampaikan terimakasihnya atas dukungan warga Medan Kota. “Ada kekuatan besar dari relawan. Itulah kekuatan kita bersama. Saya tidak akan bisa berbuat tanpa dukungan dan kerjasama dari masyarakat,” katanya. “Ini pula yang disebut jembatan hati. Antara kami dan warga saling mengisi. Bersamasama maju dalam perbaikan kota yang kita sayangi ini,” sambung Eldin. (rel)

PM/DOK

Rahudman Harahap dan Dzulmi Eldin siap membawa maju kota Medan menjadi Metropolis dan Madani.

PM/SORMIN

PM/SORMIN

Ajib-Shah peduli kesehatan di Kel. Bantan, Medan Tembung.

Gelar Pengobatan Gratis di Medan Tembung dan Denai

Jiwa Sosial Ajib-Binsar Dipuji MEDAN Pengobatan gratis yang digelar pasangan calon Wali Kota Medan, H Ajib Syah-Binsar Situmorang di Kel. Medan Denai dan Medan Tembung dihadiri ratusan warga. Program yang digelar secara serentak itu dinilai sangat positif, Jumat (16/4). Sesuai jadwal, pengobatan gratis digelar mulai pukul 09.00. Namun karena tingginya antusias masyarakat, warga yang ingin memanfaatkan pengobatan ini sudah berkumpul sejam sebelum pengobatan mulai. “Kami sangat terbantu dengan pengobatan gratis ini. Saya harap Ajib-Binsar bisa menang dalam Pilkada 12 Mei nanti,” ujar Uli, salah seorang warga sambil menggendong anaknya. Menurut Uli, pada dasarnya seluruh masyarakat sangat ingin memeriksakan kesehatan secara rutin. Hanya saja, keadaan ekonomi menjadi kendala tersendiri. “Dengan bantuan ini, saya harap masyarakat bisa memilih pemimpin kota Medan yang peduli terhadap kesehatan,” sambung Rita, warga lainnya. Dengan tegas, Rita dan Uli berjanji akan mencoblos nomor 9 yakni pasangan H Ajib ShahBinsar Situmorang pada Pilkada nanti. “Dulu para pejabat selalu membuat janji-janji, namun tak pernah direalisasikan. Akhirnya warga yang melarat,” tambah mereka. Itulah alasan mereka bertekad memilih pasangan Ajib-Binsar, dengan harapan program serupa semakin rutin

digelar karena sangat membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Harapan serupa juga disampaikan warga Kel. Bantan, Medan Tembung. Menurut mereka, program pengobatan gratis oleh Ajib-Binsar yang rutin dilakukan setiap JumatSabtu-Minggu sangat bermanfaat bagi kesehatan. “Pengobatan gratis ini bukan hanya untuk warga yang menderita penyakit ringan, tapi juga berpenyakit berat akan tetap diperiksa dan diawasi,” ujar Canda Lubis dan Nelson Nasution, ketua panitia. Keduanya mengaku sangat berterimakasih kepada AjibBinsar yang peduli terhadap warga di daerahnya. Dengan sosok kepedulian itu, ia berharap warga benar-benar memilih pemimpin yang memiliki jiwa sosial seperti pasangan ini. Itu telah mereka buktikan dengan mendirikan posko-posko pengobatan gratis. “Ajib tidak mau membedabedakan agama, suku dan ras. Buktinya, bantuannya juga banyak diberikan kepada warga yang beragama Kristen, Budha dan Hindu,” jelasnya. Kota Medan dihuni beragam suku, agama dan ras. Untuk tetap menjaga keamanan yang selama ini terjadi, butuh pemimpin pemberani dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Memilih Binsar sebagai wakil, menurut Canda adalah pilihan tepat bagi pasangan bernomor urut 9 ini. Keduanya mewakili semua suku dan ras. (sormin)

Pedagang Wajib Bayar Retribusi, Pasar Palapa Brayan Tetap Terlupakan

Air Cuma Mengalir Tiga Kali Seminggu MEDAN Pasar merupakan salah satu penggerak perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat kecil. Sayang, sektor ini justru kurang diperhatikan. Buktinya, sejumlah pasar di Kota Medan masih dalam kondisi memprihatinkan. Pasar Palapa di Jalan Yos Sudarso, Brayan, Medan bisa dijadikan contoh. Buruknya insfrastruktur menjadi keluhan tersendiri bagi para pedagang. Ya, pasar yang didirikan pemerintah pada 10 tahun silam itu, benar-benar tidak layak untuk melakukan transaksi jual beli. Atap bocor di mana-mana, jalan pasar becek dan nyaris sulit dilalui jika hujan, ditambah lagi parit menganga di sepanjang jalanpasar yang diakui pedagang kerap

Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan: Janopa Sihotang Wakil Pemimpin Umum : H Affan Bey Hutasuhut Pemimpin Redaksi : Maranatha Tobing Ombudsman: Vincent Wijaya Dewan Redaksi: Marganas Nainggolan (Ketua), Janopa Sihotang, H Affan Bey Hutasuhut, Maranatha Tobing, Ahmad Faisal Matondang, Alvin Nasution Wakil Pemimpin Redaksi: Ahmad Faisal Matondang, Alvin Nasution Redaktur Pelaksana : Jhonson Sibarani Assisten Redaktur Pelaksana : Budi Hariadi

mengakibatkan pembeli terjatuh atau terperosok ke dalamnya. Beny (34), salah seorang pedagang mengungkapkan, selama berjualan di sana dirinya tidak pernah melihat adanya perbaikan. Padahal, mereka sangat mengharapkan hal tersebut. Sebab, dengan kondisi buruk tersebut, mereka kerap menanggung rugi. “Ikan yang kami jual jadi lebih cepat rusak, karena air hujan tidak lagi terhalang oleh atap,” ujarnya, Jumat (16/4) siang. Pedagang lainnya, Boru Simanjuntak juga mengeluhkan hal serupa. Hanya saja, wanita ini lebih menyoroti minimnya pasokan air bersih. Padahal, air tersebut sangat mereka butuhkan untuk menunjang aktifitas berdagang.

Koordinator Liputan : Solideo Sembiring Redaktur : Mangampu Sormin, Johasman Tarigan, Hiras Budiman Situmeang, Maria Surbakti Reporter: Johan H Panjaitan, Nanang,Darwis Sinulingga, Pasta Tarigan, Elfitra Sihombing, Mula NH Tinambunan, Kali A Harahap, Jafar Siddik, Reza Wibowo, Ali Amrizal, Rusdi Nasution, Syahrul R Sihotang, Sahala Simatupang, Aswin, M. Zulfadli Siregar Sekretariat Redaksi: Sekretaris Redaksi: Nurleni Dept Perwajahan, Pracetak & Artistik : Kadept. Perwajahan, Artistik : Simon Sinaga Ka.Bag: Dedy Syahputra

“Air di sini cuma hidup tiga kali seminggu. Bagaimana kami bisa nyaman berdagang,” keluhnya. Sementara itu, Ketua Kerukunan usaha Kecil Medan Indonesia (KUKMI) Kota Medan, Zulkifli Chaniago menyebutkan, kondisi serupa dapat ditemukan hampir di seluruh pasar tradisional. Ini terjadi karena pemerintah terkesan lepas tangan begitu pendirian pasar selesai dilakukan. “Begitu pasar didirikan, dibenak pemerintah hanya menunggu setoran atas pembayaran retribusi pedagang. Soal perawatan, mereka terkesan sengaja lepas tangan,” ujar Zulkifli yang juga pedagang di sana.Lebih lanjut, Zulkifli menyebutkan, di Pasar Palapa terdapat 2000 pedagang. Tapi karena kond-

Kord Pracetak/Perwajahan : Ferry Sumarlen Kord. Mounting : Syafrizal Art/Graphis: Boniq Suhendar Tekhnisi, Maintenance dan IT: Joel E Simanjuntak Penjab Online : Rudi Eka S Simanjuntak Departemen Umum/Adm/Keuangan: Manager Umum/Sdm/Keuangan: Rudyanton M Sidabutar Kadept. Umum/Adm/Keu : Eva D Sitorus Kabag. Adm/Piutang : Nancy Paulina Departemen Sirkulasi/Pemasaran: Manager Pemasaran : Feri Agustika Kadept. Pemasaran: Advert B. Malau Kabag Pengembangan : Novi Syahputra

isinya yang memprihatinkan, banyak pedagang memilih berjualan di badan jalan. Inilah yang dijadikan oleh pejabat sebagai biang kemacetan. Karenanya, siapa pun pemenang pada Pilkada tahun ini diharapkan segera melakukan perbaikan. Sebab, sektor ini tidak akan pernah bagus jika tidak adanya campur tangan pemerintah. Menanggapi masalah ini, calon Wali Kota Medan, Ir H Maulana Pohan di sela-sela kunjungannya ke Pasar Palapa menyebutkan, persoalan ini timbul karena terdapat kesalahan dalam pengelolaan pasar. Perusahaan Daerah (PD) Pasar cenderung berlaku seperti dinas-dinas lain, tidak pernah melakukan terobosan apapun.

Kord. Pengembangan : Indra S Lingga Kord. Ekspedisi : Oryza Pasaribu Kord. Distribusi : M Taufik Kabag. Adm/Piutang : Imelda Simbolon Departemen Iklan: Manager Iklan/EO : Losber Sihotang Ka.Bagian Iklan: Sri Kurniasih Kord. Adm/Piutang : Henny Siregar Kord. Pengembangan : Parsaoran Purba Kord. Design : Arif Budiman Penasehat Hukum : A Hakim Siagian M.Hum Tarif Iklan : Halaman 1 (Utama) Full Color Rp. 26.000 mm kolom, Hitam/Putih (B/W) Rp. 20.000/mm kolom, Halaman 8, 9 & 16, Full Color Rp. 15.000 mm kolom,

Padahal, PD Pasar diharapkan menjadi salah satu ujung tombak pencapaian pendapatan asli daerah. “Ke depan, PD Pasar harus berbuat lebih baik dengan melakukan penataan pasar tradisional secara tepat,” ujar Maulana Pohan, disambut antusias oleh para pedagang Pasar Palapa. Lanjut Maulana, penataan dapat dilakukan dengan menyediakan lokasi baru bagi pedagang. Tidak sekedar mampu menampung jumlah pedagang yang semakin banyak, tetapi juga harus tetap memperhatikan penataan secara berkala. Jika itu tidak dilakukan, maka kota Medan tidak akan pernah terlepas dari kesemrawutan. (hiras/bro)

Hitam/Putih (B/W) Rp. 10.000/mm, Ucapan Duka Rp. 8.000 mm kolom, Halaman Dalam (B/W) : B/W Rp. 8.000 mm kolom, B/W duka Rp. 5.000 mm kolom. Harga iklan ditambah PPN 10%. Harga Eceran Rp. 2.000 (dalam kota). Rekening a/n : PT. Posmetro Medan Pers, Bank Mandiri Cab. Tiara Medan Ac: 105-0003103441. Rekening a/n: Marganas Nainggolan Alamat Redaksi/Iklan/ Pemasaran: Jl.SM RAJA KM 8,5 No.134 Medan-Amplas, Telp (061) 7881661 Fax (061) 7881733.e-mail: pos_metro_medan@yahoo.com Perwakilan Jakarta: Jalan Raya Kebayoran Lama17 Jakarta Selatan, Telp. (021)-5349205, 5349206, 5349115. Fax. (021)-53490522. Pencetak : PT Medan Graindo, Jl.SM RAJA KM 8,5 No.134 Medan-Amplas Telp (061) 7881661 Fax (061) 7881733

PENGUMUMAN : Setiap menjalankan tugas peliputan, Wartawan POSMETRO MEDAN dilengkapi Surat Tugas atau Kartu Pers POSMETRO. Jika ada yang mencurigakan, silahkan hubungi call centre kami di 0812-6309088. Terima kasih


SABTU 17 APRIL 2010

CMYK

Biodata NAMA : Sofyan Tan. TEMPAT/TGL LAHIR : Sunggal/25 September 1959. ISTRI : Elinar. ANAK EMAIL

PENGHARGAAN 2007 2002 1994 1990 1989 PEKERJAAN 2006-2011

: Sarjana Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran, Universitas Methodist Indonesia, Medan. : Danamon Award. : Anugerah Wiyata Mandala Provinsi Sumatera Utara dari Gubernur Sumatera Utara. : Tokoh Terpopuler Harian Waspada. : Pemuda Pelopor Pembangunan Bidang Kesetiakawanan Sosial dari Menpora RI. : Fellow Ashoka. : Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM). Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Presiden Komisaris PT Sukses Chantiq Lestari. Presiden Direktur PT Raja Albatros Mas. Ketua Yayasan Ekosistem Lestari. Ketua Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda. Guru Biologi SMA PKMI-2 Medan.

2006-2011 2006-Sekarang 2003-Sekarang 2002-2011 1987-2006 1988-1991

: : : : : :

ORGANISASI 2007-2011 2007-2010 2005-2010 2004

: : : :

2002-2004 2002-Sekarang

CMYK

PENDIDIKAN 1990

: Tracey, Cindy, Felix, dan Davin. : sofyan_tan59@yahoo.com

Ketua Dewan Penasihat Pengda Perbasi Sumut. Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Medan. Ketua Pembina Yayasan Pat Ti Hut Cou. Pendiri dan Penasihat Lembaga Sahabat Center Sumatera Utara. : Ketua Presidium Forum Nasional UKM. : Anggota Komite Pemulihan Ekonomi Nasional (KPEN).

TANGAN SOSIAL : Tangan sosial Sofyan Tan menyentuh penderita gizi buruk yang tinggal di Jalan Garu III, Medan Amplas. Dengan penuh kasih tokoh peduli kemanusiaan ini memberi harapan kesembuhan bagi Bagus Gunawan, bocah laki-laki berumur 8 tahun.

Yang Rasional Pilih Sofyan Tan Keceriaan seorang calon pemimpin yang ditunjukkan Calon Walikota Medan, dr Sofyan Tan mampu membuat mereka tersenyum di saat sulit.

DIALOG : Senang dialog dengan akar rumput untuk mengetahui secara langsung nasib masyarakat bawah.

Pemikiran yang rasional akan memilih dr Sofyan Tan pada hari pemungutan suara. Alasanya, Sofyan merupakan tokoh yang kaya akan gagasan, kreatif dan sudah berbuat.

dengan sistem manajemen yang baik, ide itu bisa berkembang dan maju. “Bagaimana ide kreatifitas dan gagasan membangun dengan manajemen yang baik itu dipindahkan ke lembaga pemerintahan. Itulah yang menjadi pokok diskusi saat Sofyan pamit kepada sekitar 40 lembaga swadaya masyarakat yang ada di Sumut, sebelum maju sebagai calon walikota Medan,” sebut Efendi Panjaitan. Disebutkannya, diskusi bersama Sofyan Tan sudah lama dijalin. Dari diskusi itu, Sofyan kaya dengan berbagai ide. Bahkan, ide dari lawan diskusi dipikirkan dan dipertimbangkan dengan matang. “Dari pengalaman diskusi itu, jelas Sofyan merupaka orang yang kaya dengan gagasan. Bahkan berani ditantang untuk beradu gagasan,” katanya. Penyampaian ide dan pelaksanaanya, Sofyan berhasil membangun dan memajukan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), Yayasan Pendidikan Sultan Iskandar Muda. Lembaga yang dibangun melalui pengelolaan yang baik sudah menampakkan hasil. Dimana YEL yang konsen terhadap lingkungan pernah mendapatkan penghargaan dari Amerika Serikat, sedangkan Yayasan Sultan Isakanadar Muda dibangun dengan konsep membangun sumberdaya manusia secara sosial. Kesempatan itu, Efendi menegaskan

Direktur Lembaga Studi dan Advokasi Kebijakan (Elsaka) Sumut Efendi Panjaitan menyebutkan

pemilih rsional akan melihat secara jeli apa yang ada pada si calon. Memilih bukan berdasarkan latar belakang, melainkan apa ide dan gagasan yang muncul dari calon, apa yang sudah dilakukannya dan bagaimana hasilnya. “Integritas, kreatifitas gagasan, pelaksanaan serta pengelolaan merupakan hal yang terpadu dan modal dalam membangun. Hal itu ada pada Sofyan Tan. Karenanya, pemilih rasional yang ingin perubahan Medan akan memilih pemimpin yang memiliki kreteria seperti itu. Dan Soofyan Tan memilikinya,” ungkap Efendi dalam diskusi dengan wartawan di Medan, Jumat (16/4). Mantan koordinator Komite Independen Pemantau Pemilu Tahun 1999 itu menyebutan bahwa, Sofyan Tan dengan idenya membentuk berbagai yayasan dan lembaga. Sedangkan

Sofyan Tan membentuk dan membangun yayasan tidak lepas dari hubungan atau jaringan. Karenanya, jika sistem itu yang diaplikasikan dalam pembangunan Medan, benar adanya bahwa menjadi walikota bukan bergantung pada Anggaran Belanja dan Pembangunan Daerah, bagi proyek dan lainnya. “Medan bisa dibangun dengan ide yang baik dengan jaringan dan dikelola dengan baik,” sebutnya. Dari sisi latar belakang, lanjutnya, Sofyan Tan berangkat dari kalangan minoritas. Latar belakang itu, baik dari sisi agama juga suku bangsa. Namun itu menjadi keberuntungan bagi Sofyan Tan. Sebab kalangan minoritas akan lebih banyak yang mengontrol, artinya kesempatan untuk menyalahgunakan kewenangan dan korupsi tak ada lagi. Masih dari sisi minoritas, dengan majunya Sofyan Tan sudah memberikan warna demokrasi di politik. Jika Sofyan Tan memenangkan pemilihan, bisa menjadi pembelajaran demokrasi di Medan, Sumut bahkan di Indonesia. “Amerika membuat sejarah baru, presiden yang menang dari kalangan minoritas. Karenanya, kami dari kalangan masyarakat sipil sangat yakin, pemilih yang rasional akan memilih Sofyan Tan,” katanya. (pm/rel)

Mau Kemana Anda Malam Ini

CMYK

bkanya pada masyarakat, baik orang SANTUN : Sifat santunnya mengakra maupun anak-anak.

tua

sering ditemukan saat bersama warga CERIA : Wajah ceria Sofyan Tan akan ngi betor keliling Medan. kecil. Demikian juga saat menumpa

kan hati suami istri yang menjadi korban RANGKULAN HANGAT : Menenang Amplas dengan memerikan bantuan. kebakaran di Jalan Garu III, Medan


CMYK

HALAMAN

10

sambungan panggung hukum

Klik

SABTU, 17 APRIL 2010

www.posmetro-medan.com http://epaper.posmetro-medan.com

Perselingkuhan Mantan Pegawai Depkumham Sumut Disoal

Sudah Tak Pernah Ditahan Kok Nggak Disidang Juga MEDAN Daulat Siregar mempersoalkan kinerja Kejari Medan atas kasus perselingkuhan istrinya, RJB br Hutasoit SH dengan teman sekantornya, Bindu Tagor Naibaho. PNS yang bertugas di Binjai ini heran, sejak digrebeknya sendiri pada 24 Juli 2009 lalu, istrinya dan pria selingkuhannya tak ditahan. Anehnya, hingga kemarin (16/4) belum juga disidang. “Sudah tak pernah ditahan, kok nggak disidang juga,” keluhnya kepada POSMETRO MEDAN, pada Kamis (15/4) sore. Diceritakan Daulat, hingga kemarin, Pengadilan Negeri Medan tak kunjung menyidangkan kasus perselingkuhan istrinya, RJB dengan rekan sekantornya Bindu. Saat itu, keduanya adalah PNS di Departemen Hukum dan Ham (Depkumham) Sumut. Perselingkuhan itu terungkap saat Daulat dan ketiga anaknya melakukan penggrebekan di Hotel Cirasa yang berada di Sei Kambing B, Medan Sunggal pada 24 Juli 2009. Sore itu, lanjut Daulat, dia telah mencium gelagat

>> Baca di Hal 10

KPU Medan Bersikeras Abaikan Putusan PTUN MEDAN Meski Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan memenangkan gugatan pasangan Drs Rudolf M Pardede-Drs Afifuddin Lubis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan tetap pada pendiriannya. Tak memberi peluang terhadap pasangan Rudolf-Afif untuk maju menjadi peserta Calon W ali Kota Medan pada 12 Mei 2010 nanti. “Kita sudah berulangkali membahas masalah ini. Artinya, KPU Medan selalu menjalankan tugastugasnya sesuai dengan aturan dan perundangundangan. Dimana pada No 68 pasal 9 ayat 1 menyatakan, setiap calon harus memiliki ijazah SMA sederajat. Namun bagi Rudolf sama sekali tidak ada. Itulah alasan KPU untuk membatalkan

>> Baca di Hal 10

PM/JOHAN

NGAMUK :Tak terima pembunuh suaminya divonis 15 tahun, Sun Mei mengamuk di PN Medan, Kamis (15/4) lalu. Dia menginjak meja jaksa dan berteriak telah menyetor uang Rp30 juta.

Tudingan Suap Sidang Pembunuhan Bos Valas

Saya yang Antar Duit Rp30 Juta itu MEDAN Buntut tudingan Sun Mei yang mengaku telah memberikan Rp30 juta kepada jaksa penuntut umum (JPU) agar vonis terhadap Acong, pembunuh suaminya diperberat, sejumlah pejabat di Kejari Medan diperiksa di Kejatisu. Atas tuduhan suap itu, Iwan Ginting SH selaku JPU yang menangani perkara kematian bos PT Surya Indo Valas Medan itu, diperiksa di Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Jl A H Nasution, kemarin (16/4) pagi. “Tim Pengawas kita (Kejatisu) sedang melakukan pemeriksaan terhadap jaksa IG (Iwan Ginting-red) terkait adanya

DUGAAN MARKUS dugaan suap atas penanganan perkara terhaap keluarga korban tersebut,” ujar Kasi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Edi Irsan Tarigan SH pada POSMETRO MEDAN. “Selain melakukan pemeriksaan terhadap Iwan Ginting. Kejatisu juga akan memanggil pihak-pihak yang terkait atas

adanya dugaan suap tersebut,” sambungnya. Sementara itu, pantauan POSMETRO MEDAN di Kejatisu, Iwan didampingi atasannya, Kasipidum Kejari Medan, Ricki Sapta Tarigan. Tak lama kemudian, Kajari Medan, Sudung Situmorang SH juga mendatangi Kejatisu dengan mengenakan baju safari abuabu dan langsung naik ke lantai II gedung Kejatisu. Sekira 15 menit disana, orang nomor satu di Kejari Medan yang saat itu wajahnya terlihat kusut, bergegas keluar dari gedung berlantaiIIItersebut.

>> Baca di Hal 10

DPO Korupsi Tapsel Diciduk Sumut telah merugiMEDAN kan negara sebesar EMPAT tahun lebih Rp1,590 miliar lebih,” melarikan diri ke Desa ungkap Pelaksana Lumpatan, Kec SiHarian (Humas) Polkayu, Kab Musi Badasu, A K B P MP nyuasin, Sumatera SeNainggolan didamlatan, Amrin Tambupingi Kasat III Tipikor nan, mantan pemePoldasu, AKBP Pragang kas Setda Kab setiyono, kemarin (16/ Tapsel akhirnya di4)siang. tangkap. Kamis (15/4) Diterangkan Naingmalam, pelariannya g olan, kasus yang sepun berakhir setelah PM/SYA H R U L belumnya dilaporkan diciduk Unit Tipikor AKBP MP Nainggolan oleh Bupati Tapsel Poldasu dari tempat persembunyiannya di kota empek- Saleh Harahap itu, bermula ketika Amrin menerima pembayaran empek. “Beliau (Amrin) ditangkap terkait TPAPD triwulan I,II,III dan IV Tahun kasus dugaan korupsi Penyaluran Anggaran 2005 sebesar Rp5,9 miliar Dana Tunjangan Penghasilan Aparat dari bendahara umum daerah. Pemerintah Desa (TPAPD) yang berdasarkan penghitungan BPKP >> Baca di Hal 10

Kisruh Pencoretan Pasangan Rudolf-Afif dalam Pemilihan Wali Kota Medan

Tipis, Peluang KPU Medan Dibawa ke BK Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan kemungkinannya tipis untuk bisa disidangkan ke Badan Kehormatan (BK) KPU. Pasalnya, dari laporan Panwas Kota Medan yang sudah disampaikan ke Bawaslu, memang di buku induk siswa SMA Penabur Sukabumi yang ada di Polda Sumut, tidak ditemukan nomor induk siswa atas nama Rudolf M Pardede. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bidang Hukum

dan Pengawasan Pelanggaran, Wirdyaningsih menjelaskan,

Panwas Kota Medan melakukan pengecekan ke Polda Sumut setelah diperintahkan Bawaslu. “Kami sudah perintahkan Panwas Kota Medan untuk memeriksa Buku Induk Besar yang ada di Polda Sumut. Hasilnya yang sudah dilaporkan ke kami, memang tidak ada nama Rudolf M Pardede. Yang ada

Rudolf siapa gitu, tapi bukan Rudolf M Pardede. Ini merupakan bukti baru,” beber Wirdyaningsih kepada koran ini, kemarin (16/4). Wirdya menjelaskan, data mengenai tidak adanya nama Rudolf M Pardede di buku induk siswa itu semula diterima Bawaslu dari KPU Medan saat dirinya melakukan pengumpulan data ke

Medan 8 April lalu. Untuk mengecek benar tidaknya data itu, Bawaslu lantas minta Panwas Kota Medan melihat data langsung dokumen yang ada di Polda Sumut. Apakah dengan demikian Bawaslu tidak akan merekomendasikan ke KPU agar KPU Medan disidang BK? Wirdya belum menjawab tegas. Alasannya, hingga saat ini Bawaslu masih

>> Baca di Hal 10


SABTU 17 APRIL 2010

Saya yang Antar Duit Rp30 Juta itu

Sudah Tak Pernah Ditahan Kok Nggak Disidang Juga aneh istrinya RJB yang tak kunjung pulang dari tempatnya bekerja di Depkumham Sumut. Apalagi,lanjutbapaktigaanakini lagi,iatelahmendapatinformasikalau sang istri pulang bersama dengan Bindu, rekan kerja sang istri. “Saya dan ketiga anakku langsung menggrebek mereka berduan di kamarhotel.Karena,sayasudahlima bulan ini curiga mereka sering telepon-teleponan dan juga smssmsan mesra,” tegas Daulat. Masih dikatakan PNS di Kota

Binjai ini lagi, penggrebekannya terhadap sang istri bersama PIL-nya yangjugatelahberistritersebut,telah dilaporkankePolsekSunggaldengan nomor laporan pengaduan : LP/1686/ VII/2009/Tbs.Sunggal26Juli2009. Akan tetapi, lanjut Daulat lagi, dikarenakan sang istri dan PIL-nya dijeratpasal284ayat(1)1ehurupb KUHPidana, keduanya tak ditahan mulai dari kepolisian sampai kejaksaan. Diungkapkannya lagi, diduga, terkait perselingkuhan itu, istrinyadanBindudipindahkan.Bindu

ke Kantor Depkumham Papua, sedangkansangistrikekantorBHPJl Listrik Medan. “Saya menduga mereka dipindahkan bertugas atas perselingkuhanitu,”kataDaulat. Namun, masih kata pria yang menetap di Jl Pemasyarakatan, TanjungGustaMedaninilagi,Jaksa Penuntut Umum tak kunjung menyidangkan perkara perselingkuhanistrinyaitu. Menurutnya, sesuai surat penetapan ketua Pengadilan Negeri Medan per 12 maret 2010 yang

dilayangkan pada JPU, seharusnya JPU menggelar sidang 30 maret 2010 pada pukul 10.00 WIB. “Inikan jaksa sudah melanggar penetapan majelis hakim. Sesuai apayangtelahdiaturUUno.8tahun 1981. JPU harus menggelar persidangan tersebut. Ini tanpa alasan dari JPU, sampai sekarang tak ada menggelar sidangnya. Ada apa ini,” pungkasnya. Sementara itu, saat POSMETRO MEDAN menemui Jaksa Penuntut Umum pengganti, Iwan Ginting SH

yang mendapat tugas untuk menangani perkara perselingkuhan tersebut, mengaku belum mendapat surat penetapan dari PN Medan. “Saya belum menerima surat penetapan jadwal sidangnya. Saya kan jaksa penggantinya. Karena, sebelumnya yang akan menangani perkara perselingkuhan itu Lila Nasution, SH, Mhum yang sudah pindah tugas,” terang Iwan. Akan tetapi,lanjutIwan,dalamwaktudekat tepatnyaSelasa,20 April sidangnya akandigelar.(johan)

KPU Medan Bersikeras Abaikan Putusan PTUN pasangan itu,” ucap Ketua KPU Medan,EviNovidaGinting,Jumat(16/ 4)siangdiHotel Angkasa, Medan. Apalagi menurut Evi, Rudolf sama sekalitidakdapatmenunjukkanijazah aslinyajugatidakterdaftardalamBuku Induk Siswa SMAK Sukabumi, Penabur,tahun1959-1962.Danseluruh berkas itu ada di Poldasu serta sudah diberikan pada Hakim Tunggal PTUN Medan. “Lihat semua bukti di Poldasu. Dia samasekalitidakterdaftar. KPU Medan menurut saya sudah tepat dalam menjalankantugaspokokdanfungsinya (tupoksi).Dankitajugatidaktakutpada putusan PTUN, karena bukan bagian daridiamenyidangkanataumengadili KPU Medan,” ucapnya. Saat disinggung akan kelangsungan persidanganSelasa(14/4)sianglalu,Evi Novida menampik semua isi berita seluruhsuratkabar.Menurutdia,kalau saksi yang ia hadirkan memberikan keterangan sama dengannya. Yakni, menyatakanseluruhberkasRudolftidak dapatdipertanggungjawabkan. “Saya kesal melihat wartawan saat itu.Sayabilang A ditulisB.Maksudnya, apa yang saya bilang berbeda dengan yangterbit.Dansayajugamenilaikalau pihakPTUNtidaknetral,”pungkasEvi Novida. Sementara diketahui, keterangankeduasaksi,yakniDrs Yadi Supriadi,PNSdantahun2003menjabat sebagai Kepala Tata Usaha Dinas Pendidikan Sukabumi dan Drs Ayeb Supriatna,SekretarisDinasPendidikan Sukabumi menyatakan,seluruhberkas Rudolf yang mereka teliti tidak ada ditemukan masalah. Apalagi Drs Yadi Supriadi. Sebelumnya mengakui Marta, Kepala Sekolah SMAK Penabur, pernah menangis dihadapannya dan mengatakan, kalau Rudolf tak pernah sekolahdisana.Kenyataanpadahakim, Drs YadiSupriadijustrumengakukalau Marta tidak pernah menangis

dihadapanya, namun di depan Kepala DinasPendidikan.Sedangkaniahanya melihatsepintassaja. “Benarpakhakim,Martatidakpernah curhat atau menangis di depan saya. Saya hanya melihat ia menangis di depan Kepala Dinas, saat itu masih dijabat Drs Dadang Dali. Dan saya beradadiPTUNjugadibiayaiolehKPU Medan,” ucap Yadi. Evi Novida juga tidak mengakui pernyataansaksikedua(saksiahli),Drs Ayeb Supriatna, yang mengatakan, seluruhberkasatausuratmenyuratRudolfMPardedesesuaidenganPeraturan MentriPendidikan(Permendiknas). Salahsatunya,jikaRudolfmengakui ijazahnya hilang maka dapat ditunjukkan surat pengganti ijazah yang dikeluarkan sekolah. Tak hanya itu, pernyataantemansekolahjugaberlakudan dapatdiajukan. “SayaberasaldariSukabumiataspermintaan KPU Medan. Melihat seluruh bukti,jikadilihatdariPermendikas,syah dantidakditemukankesalahanapapun. Masalah buku induk siswa SMAK Penabur,sayasendiritakpernahmelihat. Dasaritusayatidakberanimengatakan, kalauRudolftidakterdaftar,”ucapnya. Tak hanya itu, Evi Novida Ginting, selaku tergugat pasangan RudolfAfifuddin juga tidak mengakui kuasa hokum KPU Medan angkat tangan saat mengikuti persidangan di PTUN. Akhirkata,EviNovidaGintingtetap pada komitmennya, tidak akan mengakui Rudolf sebagai calon walikotaMedanpriode2010-2015nanti. DandiatetapberkesimpulanpadaSurat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) RI Nomor 8 Tahun 2005, tentang Petunjuk Teknis Sengketa Mengenai Pilkada bukan sengketa TUN. Mereka berasumsi kalau pihak PTUN tidak berhak memeriksa juga mengadili sengketaPilkada. Surat Suara Tetap Dicetak Duaharilalu(15/4)sore,dipengadilan

PTUN, kuasa hukum KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik SH Cs, meminta agar pembacaan putusan ditunda Senin (19/4). Hakim Tunggal PTUN Simon Pangondian Sinaga SH, menyetujui.Dengancatatan,percetakan suratsuaraditundahinggaadaputusan berkekuatan hukum tetap. Namun kenyataan,EviNovidaGinting,Ketua KPUMedan,selakutergugattetappada prinsipnya. “Tidak ada yang kita tunda. Percetakansuratsuaratetapdilakukan dan besok, dua komisioner berangkat ke Jawa Tengah. Yakni, Bakrul dan

RahmatKartolo.Karenadisanatempat pemenang tender, yakni PT. Pura Barutama,”kataEvidengannadasantai. Dimana diketahui, kalau pemenang tendertersebutberalamatdiJalan AKBP Agil Kusumadya No 203 Kudus-Jawa Tengah. PT. Pura Barutama memenangkan tender dengan SK PPK KPU Medan No: 270/1187/IV/KPU-MDN/ 2010tanggal7 April2010,dengannilai tawaranRp.1.728.428.194.Dandiyakini, besok,tertanggal17 Aprilsuratsuaraitu harussudahdicetak. HalsamajugadikatakanPandapotan Tamba, SH, MHum, Devisi Hukum

dan Humas KPU Medan, menjelaskan,hinggapukul2siang,pihak PTUN belum ada memberikan kabar kalau proses percetakan surat suara ditunda.Menggingattahapanpengadaan surat suara harus dilaksanakan, maka tidakadaalasanuntukmenundanya. Saat disinggung, permintaan penundaan pembacaan putusan dan ditundanya percetakan surat suara berasal dari kuasa hokum KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik SH Cs, membuat Pandapotan terdiam. Dia berdalih belum mendapat informasi tentangini. (mula)

Tipis, Peluang KPU Medan Dibawa ke BK melakukankajian.Setelahkajianselesai, akandibuatkankesimpulandantahapan berikutnya dibawa ke pleno Bawaslu. “Yang jelas, sudah ada bukti baru,” ucapnya. Apakahdenganadanyabuktibaruini lantas Panwas Kota Medan bisa mencabut usulan ke Bawaslu agar KPU Medan disidang ke BK? Wirdya menjelaskan, sebenarnya bukan Panwas Kota Medan yang melaporkan kasus dugaan ketidaknetralan KPUD Medan ke Bawaslu. MenurutWirdya,padaawalnyayang melaporkan adalah pasangan RudolfAfifuddin.SetelahadalaporanRudolfAfifmasukkeBawaslu,lantasBawaslu memerintahkan Panwas Kota Medan melakukankajian.HasilkajianPanwas itu yang selanjutnya disampaikan ke Bawaslu. “Jadi, yang lapor bukan PanwasKotaMedan,tapiPakRudolf,” ujarWirdya. Terkait dengan persidangan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, yang putusannya akan dibacakan pada 19 April mendatang, Wirdya punya pendapat yang sama dengan salah seorang anggota hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar. Menurut W irdya, sesuai denganperaturanperundang-undangan,

persoalanpilkadayangbisadiadilihanya menyangkutsengketahasilakhirpilkada saja.“ItupunpenyelesaiannyadiMK. Ini juga sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung,”terangnya. Sedang yang menyangkut persoalan tahapan pilkada, lanjut Wirdya, sama sekalitidakdiaturdiperaturanperundangundangan. “Lembaga mana yang punya kewenangan menyelesaikan masalahtahapanpilkada,itusamasekali tidak diatur. Inilah bolong-bolongnya aturankita,”ujarWirdya. Mengenai adanya fatwa MA yang menjadi dalih PTUN Medan mengadili masalah tahapan pilkada ini, kekuatan hukumnya lemah karena fatwa tak punya daya mengikat. Karena fatwa hanyalah semacam pendapat hukum. Sebelumnya,pada9 Aprillalu,kepada koraninisalahseoranganggotahakim MK, Akil Mochtar,menyatakan,sudah selayaknya KPU Medan tetap melanjutkan tahapan pilkada. Akil menjelaskan, PTUN tidak berhak memintaagartahapanpilkadaditunda. Dijelaskan mantan anggota DPR itu, sesuaiperaturanperundang-undangan, tahapan pilkada hanya bisa ditunda apabila ada gangguan keamanan, bencana alam, dan gangguan lainnya. Alasanlain,papar Akil,sudahadasurat

edaran dari Mahkamah Agung (MA) yang menjelaskan bahwa PTUN tidak berhakmenanganiperkarayangterkait dengantahapanpilkada. “Dansudahjelas,yangbisadiajukan kepersidanganadalahhasilakhirpilkada dan itu diajukan ke MK. Ini karena pemilu dan pilkada itu merupakan agenda yang sudah pasti jadwalnya, yaknisetiaplimatahunsekali.Jadi,benar itu kalau KPU Medan masih tetap melanjutkan tahapan pilkada,” terang Akilsaatitu.(sam)

Terpisah, Iwan yang saat itu mengenakanbajusipilkemejalirisputih hijau menjalani pemeriksaan di lantai III.Dan,hinggakemarinsore,jaksabertubuh pendek dan tambun tersebut masih menjalani pemeriksaan. Ketika dihampiri, dia langsung ‘menyosor’ menghindar dan sama sekali tidak sejumlah pertanyaan yang diajukan POSMETRO MEDAN. Sementara itu, Tarmigo (60) alias Afok, saat dihubungi kemarin sore, kembali menyakinkan atas pemberian Rp30 juta pada Jaksa yang menangani perkara menantunya itu. “Saya sendiri langsungmengantarkanuangRp30juta kekantornya.Jangandibilangnyatidak adadantakmengenalsaya,”bebernya. Dikatakannya lagi, uang Rp 30 juta tersebutataspermintaanIwandandiserahkan lima hari menjelang BAP kematianmenantunyaP-21(berkastelah selesaiataudinyatakanlengkap).“KatanyauangRp30jutaituuntuktuntutan agar terdakwa dihukum berat (maks imal)seumurhidupatauhukumanmati,” tegasnya lagi seraya mengaku akan menuju Kejatisu untuk dimintai ket erangannyaatastudingansuaptersebut. Sementara itu, Asisten Pengawas Kejatisu,NulisSembiringsaatdihubungi mengaku belum mengetahui adanya pemeriksaantersebut.“Sayalagidiluar kota,nantisayacaritahuya,”kilahNulis yangbarudilantiktersebut. Terpisah, Muslim Muis SH menduga penangananperkaraataskematianbos valas tersebut ada aksi tabur menabur uang.Dan,ditengaraidilakukanoknumoknummafiaperadilan. Bahkan, aparat penegak hukum diduga telah memanfaatkan kelemahan korban dan keluarganya. Dan, apabila dugaantersebutterbukti,penegakhukum tersebut bisa tergolong melakukan pemerasan. Poltabes Medan Kepanasan PernyataanSunMeisaatsidangdua

hari lalu, membuat Poltabes Medan, khususnya tim yang menangani pembunuhan Yunan, kepanasan. Pasalnya, Kabid Humas Poldasu, KombesPolBaharudinDjafarlangsung datang ke Mapoltabes Medan. Baharuddin langsung bertanya kepada Kasat Reskrim Poltabes Medan, Kompol Jukiman Situmorang dan Kanit Jahtanras, AKP FaidirChan,apakahjuga menerima uang dari keluarga Yunan. Baharuddinberjanjibakalmenindak polisi yang ikut bermain dalam kasus tersebut.“Kalauternyatanantinyaada yangmelaporkanadanyamarkusterkait kasus ini, maka tim yang menangani kasus ini akan diperiksa. Tapi dalam kasusinikamitelahbertemudengan A Pok selaku orang tua Sunmey dan dikatakannya tidak ada memberikan uangkepadaPolisi,”ujarperwirayang biasadisapaPakHajiitu. Sementara itu, A Pok kepada POSMETRO MEDAN, membantah telahmemberikan‘fulus’kepadapolisi. “Gakpernahkitakasihuangsamapolisi dalam kasus ini. Ya kalau cuma uang operasionaladalah. Tapigaksampaisatu jutakok,”ujarnya. Masih A Pok. Dia memberikan uang Rp 30 juta kepada jaksa Iwan Ginting SH dan dijanjikan hukuman terdakwa akan dijatuhi hukuman mati, seumur hidupatau20tahun. Tapikenyataannya, setelah uang diberikan, hukuman terdakwamalah15tahunpenjara. Parahnya, pasal 340 tentang pembunuhan berencana dan pasal 338 KUHP tentang pembunuhan diganti dengan pasal 365 tentang perampokan dibarengi kekerasan. “Saya yakin ada markusdalamkasusini,”terangnya.Dan atasketerangannyaitu, A Pok mengaku siap bila dituding mencemarkan nama baikIwan.“Sayasiapkok,ngapaintakut. Yongbuktinyaadasamakita,”tegasnya tanpamerincibuktiapayangdimilikinya. (johan/fitra)

DPO Korupsi Tapsel Diciduk “Dari jumlah itu, yang disalurkan kepada Kepala Bagian Pemerintah Desa hanya sebesar Rp4,364 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp1,590 miliartidakdistorkannya,”terangperwira berpangkatduamelatiemasitu. Lanjutnya, atas perbutan Amrin tersebut, sekira tahun 2006, Badan Pengawas Daerah (Bawasda) Sumut yangberkunjungkePemkab Tapselpun mengetahui kalau ada ketimpangan pada penyetoran dana TPAPD. Dari situ,melaluiBupati Tapsel, Amrin pun dilaporkepihakyangberwajibdengan Nomor LP: 276/VIII/2006/TPS tertanggal24 Agustus 2006 karena tak bisa mepertanggungjawabkan perbua-

tannya. “Setelahdilapor,dirinyapunmelarikan diri ke luar kota agar bebas dari jerat hukum.Hinggasaatini,selainlepasdari jabatannya,kabarnyadirinyapuntelah dipecatdariPNS,”jelasnya. Ditambahkan Kasat III Korupsi, Prasetiyono,sebelumnyatimpenyidik Sat Reskrim Tapsel telah memeriksa 27 saksi terkait kasus ini. “Setelah tersangka lari dan ditetapkan DPO, makakasusnyakitaambilalih.Barang bukti yang kita dapatkan sebelumnya berupa Surat Perintah Membayar Uang (SPMU), rekening korang Setda Kab Tapsel dan daftar surat pertanggungjawaban,” ungkap perwira yang baru

hitunganbulanmenjabatsebagaiKasat Tipikoritu. Labih lanjut dikatakannya, saat ini pihaknyamasihterusmelakukanpemeriksaan mendalam kepada Amrin. Selain itu, dalam waktu dekat barang buktiyangmasihdisimpan Amrin pun akandisita. “Selain itu, untuk mengembangkan kasus ini, kita juga akan memeriksa pejabat Tapsel lainnya, baik itu yang masihaktifmaupunyangsudahpensiun. Bila ada yang terkait ikut melakukan korupsi, maka tidak tertutup kemungkinan akan kita proses juga sesuai hukum yang berlaku,” tandasnya.(Syahrul)


BISNIS Khasiat Herbal untuk Pemulihan Penderita Kanker

Baik Bagi yang Sedang Jalani Terapi Konvensional Indonesia sangat kaya tanaman berkhasiat anti kanker, jauh lebih kaya daripada Cina. Tetapi mengapa angka kejadian kanker di Indonesia lebih tinggi daripada Cina? Apakah kondisi stress yang menyebabkan kanker? Mereka yang mempunyai keluarga dengan riwayat kanker beresiko tinggi mengidap kanker. Bila tak dideteksi secara dini, kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Umumnya pengobatan kanker menggunakan metode barat. Terdiri atas pembedahan, kemoterapi hingga radiasi. Namun metode tersebut memerlukan biaya yang sangat tinggi, juga menyebabkan efek samping seperti badan menjadi lesu, kurang nafsu makan, kerontokan rambut, dan sebagainya. Metode seperti kemoterapi dan operasi juga merusak metabolisme tubuh pasien sehingga sel kanker akan menyebar lagi. TCM Harapan Baru dengan metode pengobatan kanker yang menggabungkan barat dan timur didukung dokter konsultan dari GuangZou China menghasilkan lima langkah atasi kanker seperti : pertama, herbal meningkatkan daya tahan tubuh menetralkan racun dan memperkuat proses theraphy

kanker. Dua, K.ABiology Element Theraphy. Tiga, Detoxitika sel-sel Kanker. Empat, theraphy Microwave, akupuntur. Dan, langkah kelima, formula unggul anti Kanker AI ZHI. Metode ini sangatlah efektip bagi penderita kanker pada stadium dini dan lanjut juga bisa jadi nilai nutrisi bagi penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi,radioterapi atau terapi medis lainya sehingga penderita kanker bisaterhindar dari efek terapi tersebut. Disamping itu akan mencegah penyebaran kanker dan mengobati kanker pada akarnya yaitu sel kanker. Pengobatan kanker dengan herbal, hasilnya efektif,aman tanpa oprasi biaya pun terjangkau. , dan pengobatan herbal ini tidak menimbulkan efek samping seperti mual, atau kerontokan rambut. Ingin mengetahui informasi lebih rinci tentang kanker, silakan silakan menghubungi Klinik TCM Harapan Baru yang beralamat di K.H. Wahid Hasyim No 4, Depan Pintu RS Brimob, Medan.(rel)

Wanita Bukan Kuda Tunggangan Politik MEDAN Dalam dunia politik selalu diidentikkan dengan dunianya kaum lakilaki, sementara kaum wanita dijadikan sebagai pelengkap dalam berdemokrasi. Akan tetapi kali ini para wanita bukan lagi sebatas penggoda melainkan sebagai subjek yang turut dalam pertarungan politik. Penyetaraan ini merupakan suatu pola demokrasi yang terbuka sekaligus melengkapi kuota prempuan dalam 30% di setiap berdemokrasi dan diatur undangudang pemilu. Berdasarkan itu, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Utara menjadikan judul seri dialognya yang ke empat di Hotel Grend Antares Medan, Kamis (15/4), “Bagaimana peluang dan tantangan perempuan dalam pemilukada,” demikian disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Sugiat Santoso, SE dalam sambutannya. Narasumber kali ini dari tokoh kaum hawa diantaranya, Prof DR.

Hj. Darmayanti Lubis anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Nurlela Djohan mewakili anggota Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumut, Elvi Hadriani, SP dari lembaga pemerhati perempuan, Emmy Suryana Lubis, SH.MAP dari Biro Pemberdayan Perempuan Pemprovsu. Dalam kesempatan itu juga, H. A Yasir Ridho Lubis Ketua DPD KNPI Sumut mengatakan, setidaknya kaum hawa dapat mengambil peluang dan tidak menjadikan dirinya sebagai kuda tunggangan yang dapat dimarginalkan. Pada makalahnya, Nurlaila Djohan menyampaikan, adanya peserta perempuan dalam dunia politik menandakan bukti keterwakilan pada pesta demokrasi. Sebab politik itu bukan hanya sebatas mencari kekuasaan, melainkan sebagai aspirasi atau pendidikan dan milik semua orang. Prof. DR. Hj. Darmayanti Lubis menyampaikan makalahnya, perempuan dalam berpolitik mendapat hambatan. (maria)

HALAMAN 11

SABTU, 17 APRIL 2010

Bayar Dulu Baru Listrik Hidup

PLN Sosialisasikan Pembayaran Layaknya Isi Pulsa Brilian : Bagus, Asal Tak Ditangani Pihak Ketiga MEDAN Usai diluncurkan pertengahan Januari 2008, Perusahaan Listrik Negara berlakukan sistem pembayaran dan pembelian listrik yang dilakukan diawal, sebelum pemakaian di Kota Medan. Jadi kalau

mau listrik hidup bayar dulu.

Pengembangan system prabayar layaknya model pengisian pulsa ini mulai dikembangkan di Kota Medan mulai, Kamis (15/4). Hal ini ditandai dengan pemasangan meter elektronik prabayar (MPB) di 8 (delapan) rumah konsumen yang berlokasi di Jalan Bilal, Gang Bidan Medan. Sistem prabayar merupakan terobosan dari PLN guna memberi kesempatan seluas-luasnya kepada pelanggan untuk mengendalikan pemakaian listrik sesuai kebutuhan dan keinginan serta untuk menghindari kesalahan pencatatan. “Kekhawatiran tagihan listrik yang membengkak tidak akan terjadi lagi, mengingat semua pemakaian tergantung pada perilaku pelanggan untuk berhemat,” ujar Deny Pranoto, GM Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumut. Dikatakannya, untuk tahap awal ditawarkan di wilayah kerja PLN Cabang Medan, Binjai, Lubuk Pakam dan Siantar. Selanjutnya akan diperluas untuk seluruh wilayah kerja PLN Wilayah Sumatera Utara. “Sampai bulan Mei 2010 menurut rencana akan di pasang 750 meter prabayar,” tambahnya. Model layanannya sama dengan telepon seluler menggunakan pulsa prabayar atau membayar di muka. Layanan LPB ini cocok untuk pelanggan yang ingin berhemat atau akan bepergian cukup lama sehingga tidak sempat membayar tagihan listrk. Keuntungan lainnya, pemutusan listrik tidak akan terjadi asalkan pelanggan mem-

perhatikan limit stroomnya. Apabila pelanggan lupa mengisi stroom atau stroom listriknya tinggal sedikit, di meteran listrik akan ada tanda bahwa stroom akan berakhir. “Pokoknya persis dengan pulsa HP prabayar. Hanya bedanya, kalau pulsa telepon prabayar ada limit waktunya, sedangkan listrik prabayar tidak ada batas waktu. Artinya, selama nilai “stroom” listrik masih ada, maka listrik akan “on” terus,” bilangnya. Untuk mengisi ulang stroom listrik, kata dia, bisa dilakukan di mana saja, dan disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Pelanggan dapat membeli stroom listrik di loket-loket pembayaran rekening listrik, ATM di Bank yang telah bekerjasama dengan PLN yaitu BRI, Mandiri, NISP dan Bukopin serta Kantor Pos. Dilanjutkannya, tarif listrik Prabayar sesuai dengan Tarif Dasar Listrik (TDL) Tahun 2004 dan bila dibandingkan dengan tarif reguler, maka listrik prabayar boleh dikatakan lebih murah. Karena pelanggan tidak perlu lagi membayar Uang Jaminan Langganan (UJL), sementara harga per kWh-nya

10 Cawalkot Harus Bebas Korupsi LABUHAN Lapisan masyarakat Medan Labuhan sangat mengharapkan 10 kandidat calon walikota Medan yang akan bertarung pada Pilkada mendatang harusbersihdarikorupsidanNarkoba.Tokoh masyarakat Medan Labuhan, E Sitorus (58), mengharapkan dalam pertarungan 10 kandidat calon walikota Medan pada Pilkada yang tinggal menghitung hari dapat memberikan contoh bagi masyarakat khususnya masyarakat Medan Utara. “Sayaselakuyangmewakiliseluruhmasyarakat Medan Labuhan ingin 10 calon walikota Medan benar - benar bersih dari korupsi,” katanya kepada POSMETRO MEDAN, Senin (13/4).

Ditegaskannya juga, KPU Medan meninjau kembali keabsahan verifikasi kelulusan 10 calon walikota. Pasalnya, kelulusan para calon tidak pernah dijabarkan secara terbuka kepada masyarakat. “Kalau memang ada terbukti para calon menggunakan narkoba dapat dilakukan tindakan tegas oleh KPU. Karena ini sangat merugikan masyarakat nantinya,” tegas E Sitorus. Hal senada juga dibeberkan Jansen Sibarani (32), mewakili pemuda Medan Labuhan, karena itu sangat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. “Kita juga minta masyarakat lebih cerdas memilih 10 calon yang akan bertarung. Kitamintamasyarakatdapatmemilihcalonyang bebas dari korupsi,” katanya.(fachril)

Pirngadi Akhirnya Bersedia Tampung Pasien Deliserdang

Susyanto Diprotes Anggota DPRD DS di Atas Pesawat MEDAN RSU dr. Pirngadi Medan akhirnya memutuskan menerima kembali pasien dari luar Medan, tanpa harus jadi pasien rujukan dari RSUD setempat. Ini dilakukan mengingat semakin banyaknya pasien dari luar Medan yang berasal di perbatasan Medan. Kebijakan ini semakin diperkuat dengan lampu hijau dari pemerintah Deliserdang melalui anggota DPRD Deliserdang. KetuaPenanggulanganMasyarakatMiskin di Luar Kepesertaan Jamkesmas dan Jamkesda Bantuan Penalangan Provinsi di RSU dr. Pirngadi, drg. Susyanto menjelaskan,pihaknyatidakmaudikatakanmelanggar UU Rumah Sakit No. 44 Tahun 2009, dengan menolak pasien. “Kami tidak mau dibilang menolak pasien. Namun seperti yang kami katakan sebelumnya, kebijakan yang sudah diberlakukan di Pirngadi sejak tanggal

9 April usai kesepakatan, semua pasien selain dirujuk Puskesmas setempat, juga harus dirujuk ke atau dari ke RSUD Deliserdang,” tuturnya kemarin. Susyanto mengaku, Kamis (15/4) lalu dia satu pesawat dengan anggota DPRD Deliserdang, Rakhmad Syah dari komisi A. Dari perbincangan selama 2 jam, Susyanto mengatakan, Rakhmad Syah mempertanyakan masalah pasien Deliserdang.

“Dan intinya beliau memastikan silahkan Pirngadi menerima pasien terutama dari perbatasan Deliserdang dan Medan untuk dirawat meski hanya mengantongi rujukan Puskesmas atau Surat Keterangan Tanda Miskin (SKTM),” ungkapnya. Dari situlah, kata Sekjend Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Medan ini pihaknya memegang perkataan lisan DPRD Deliserdang, sama seperti kesepakatan lisan di Dinas Kesehatan Sumut. “Jadi kami mulai menerima kembali pasien Deliserdang yang membawa administrasi SKTM, KTP, KK juga rujukan Puskesmas. Sebenarnya yang merasa resah dengan hasil rapat tanggal 8 lalu, bukanlah kami hanyalah masyarakat perbatasan. Kami senang saja jika banyak pasien,” paparnya. Bahkan, katanya, Senin (19/4) depan pihaknya akan berdialog bersama DPRD Deliserdang. “Itu yang diagenda-

kan, kita pada prinsipnya menunggu kapan pastinya,” tukasnya. Dia mengakui, sah saja jika RSU dr. Pirngadi menjelaskan marketing rumah sakit ke banyak masyarakat, yang akhirnya berimbas kepada masyarakat Deliserdang di perbatasan langsung ke Pirngadi. “Pirngadi adalah rumah sakit rujukan, secara marketing commercial akan sangat bagus untuk PAD jika banyak pasien dari luar Jamkesmas, Medan Sehat, jika dana Rp7,1 miliar dana talangan ada, kenapa tidak diambil, itu kan kebijakan masing-masing rumah sakit. Lalu siapa yang salah jika pasien lebih memilih Pirngadi. Kan semua terserah pasien,” tegasnya. Seorang pasien dari Deliserdang yang mulai dirawat di Pirngadi dengan bermodalkan SKTM dan rujukan Puskesmas, KTP serta KK, adalah Rumini, 38.(jafar)

tetap (flat). “Dengan listrik prabayar, keuntungan ganda diperoleh pelanggan, disamping dapat mengkontrol pemakaian listrik sesuai kemampuan biaya, juga tidak dikenakan UJL,” bilangnya. Setiap pembelian isi ulang prabayar terdiri dari unsur Energi Listrik (kWh), Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dan meteran, pili-

han besaran isi ulang bebas, dengan nilai minimum Rp50.000 sampai Rp5.000.000 serta tidak ada biaya beban. Asal Jangan Ditangani Pihak Ketiga Menanggapi rencana PLN wilayah Sumut yang akan memberlakukan pembayaran listrik tak ubahnya mengisi pulsa dinilai Anggota DPRD Sumut, Brilian Moktar sebagai gagasan yang baik. Sebab menurutnya, dengan pola seperti itu masyarakat dan seluruh elemen pemerintah akan mampu mengontrol pemakaian. “Hal itu sangat baik, karena masyarakat terlalu boros menggunakan listrik. Instansi pemerintah begitu juga. Sebab meski para pegawai sudah pulang, lampu masih saja hidup disana-sini. Dengan system ini kita harapkan mampu menghemat penggunaan listrik hingga 20 persen,” tutur Brilian Moktar. Meski mendukung program PLN tersebut, namun Brilian tak yakin program tersebut berjalan dengan baik jika masih ditangani pihak ketiga. “Asal jangan ditangani pihak ketiga program ini akan berjalan dan menguntungkan masyarakat. Program ini harus dikerjakan PLN sendiri. Sebab yang namanya dikerjakan pihak ketiga persoalan tanggung jawab dan harga pasti tak akan berpihak pada kepentingan rakyat. Sebab pihak ketiga akan mencari keutungan dari kerjasamanya dengan PLN,” kritik Ketua Komisi E DPRD Sumut ini. (maria surbakti)

Senin, 650 CPNS Baru Mulai Ngantor MEDAN

Akhirnya, teka-teki kapan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2009 Pemko Medan yang lulus terjawab sudah. Mulai Senin (19/4) 650 orang sudah diperbolehkan masuk kantor. Sedangkan 51 CPNS harap bersabar. Soalnya, SK dari BKN Sumut lagi memprosesnya. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Medan Lahum melalui Kasubbid Pengadaan dan Pensiunan Pegawai kota Medan, Adrian Saleh kepada POSMETRO, Jum’at (16/4) di gedung Balaikota Medan. “Formasi yang diterima Pemko Medan 688 orang. Baru keluar SK ada 637 orang dan 51 orang lagi SK lagi diproses lantaran terlambat dilaporkan. Sedangkan 13 orang berasal tenaga honor yang lulus CPNS dari

Dinas Dispenda, Disperindag, Kb dan Dinas lainnya,” terangnya. Jauh-jauh hari, Adrian menjelaskan, pihaknya sudah menghubungi para CPNS yang lulus untuk datang ke Pemko Medan. Pakaian yang dipergunakan yakni pakaian hitam putih saat mendengarkan pengarahan. “11 orang secara simbolis akan menerima SK saat pengarahan dilapangan. Selain itu, mereka juga diberikan CD untuk mengisi biodata kembali. Batas waktu diberikan selama 6 hari mulai 20, 21, 22, 23, 26 dan 27 April. Begitu menerima SK, mereka sudah bisa bekerja di Dinas masingmasing,” bebernya. Mengenai gaji para CPNS ini apakah di rapel atau tidak,Adrian bilang, tidak ada. (ali amrizal)


Jenis accu pada dasarnya dibagi menjadi dua macam yaitu : baterai kering (dry battery) dan baterai basah (wet battery). Saat ini telah dikembangkan accu dengan isi ulang (charge indicator).

SABTU, 17 APRIL 2010

HALAMAN 12

Cara Merawat Accu Dengan menggunakan charge indicator maka tingkat keasaman cairan elektrolit dapat diketahui. Berdasarkan tegangannya, accu yang umum digunakan pada kendaraan dibagi menjadi 6 volt, 12 volt, dan 24 volt. Accu dapat digunakan pada beberapa tingkatan mulai dari 40 Ah-120 Ah. Perawatan Accu * Hindari accu dari getaran, karena accu sangat sensitif terhadap getaran. Getaran dapat mengakibatkan plat-plat dalam accu rontok. * Cairan elektrolit diusahakan jangan sampai kurang atau lebih dari ukuran yang telah ditetapkan. Jangan sampai plat yang terdapat dalam accu tidak terendam cairan elektrolit. Apabila plat tersebut tidak terendam dan kering, maka dapat timbul oksidasi yang menyebabkan plat menjadi rusak. Sebaliknya apabila accu diisi terlalu penuh dan meluap dapat mengakibatkan kerusakan komponen bodi. Tekanan air accu yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada rumah accu * Cek cairan elektrolit dengan hidrometer untuk mengetahui apakah berat jenis cairan masih sesuai dengan standar yang ditentukan. Apabila berat jenisnya

Anda Mau Pasang Iklan Hubungi : 08126456433

sudah menjadi satu, cairan harus segera diganti, karena cairan tersebut dapat menyimpan aliran listrik. * Sebaiknya tidak menggunakan energi listrik secara berlebihan karena dapat mengurangi berat

Iklan Mobil & Rumah

jenis cairan elektrolit. Apabila pemakaian listrik lebih besar dari pemakaian normal, sebaiknya accu dan alternator diganti dengan kapasitas yang lebih besar. Berat jenis accu akan tetap sebesar 1.26 apabila pemakaian seimbang.(int)

Hanya

ang i Datto Kamem fo M

Rp.15.000/terbit

Dijual Katana ‘89 Warna Biru Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Dijual Honda Genio ‘92 Warna Merah Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Dijual Kijang Krista ‘08 Warna Biru Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Dijual Toyota Twin Camp ‘92 Warna Merah Hubungi : 081361111004, 061-77410890 Jl. A.H. Nasution No. 54 Medan

Dijual

Dijual

1 Unit Rumah

Honda Civic Wonder ‘87 Warna Silver Metalik, siap pakai, Harga Rp. 26 Jt (Nego Jadi). Hub: 081375033703

Uk. 5x23 m, LB 4x15, KTP 2 KM 2, Full Keramik, Asbes. Dijalan Sidomulyo Pasar 9 Gg. Blibis No.30 Tembung, Harga 75 Jt/ Nego Hub: 081376447430, 061-77244630

Dijual

Dijual

GANORI MOBIL Honda Grand Civic ‘89

Warna Hitam, VR, AC, Tape, BK Medan, Harga 35 Jt/ nego Hub: 061-69621590, 081376407800

Suzuki Carry Real GRV Van ‘01 Warna Biru, BK (Mutasi) Full Setahun, D Blower, CL, DVD ban baru, siap pakai, harga 53 Jt (nego) serius, Hub: 081260078666, 77387166

• Jual & Beli Mobil • Cash & Kredit • Baru & bekas

Hyundai Verna ‘02 Warna Silver, Jok Kulit, Alarm, BK Medan, Mulus, Harga 72 Jt/ nego. Hub: 061-77698741, 08126378815

Jl. Tritura No.71 F Medan

Jl. Tritura No.82 Medan Hub: 0811 6099 03 - (061)7715 2989

Telp. 061-785 39 62

Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

KARYA MOBIL Jual - Beli Mobil Cash - Kredit Kijang Innova G ‘05

Toyota Twincam ‘90 Warna Abu-abu met, BK medan asli, BR, VR 15 Inch, Jok kulit, Tape, CD, MP3, Power, mobil mulus tinggal pakai, Harga 45 Juta/ nego. Hub: 0813 7666 5660 (tdk layani agen)

Jl. Karya Bakti No. 15 Medan Johor Telp. 0811 637 306 - 061 768 50121

Dijual

Dijual

Daihatsu Taft GT ‘93

Zebra Minibus ‘93 Kondisi Siap Cat/ BK Panjang, siap pakai, mulus, , Hrg 21 Jt Nego Hub: Jimmy 0811 6328 13, 7786 3990

Warna Merah Metalik Hub: KARYA MOBIL Hp: 0811 637 306, 061-7685 0121

Dijual

Dijual

Toyota Kijang Super G 1.8 Long ‘96

Warna Abu2 Hub: KARYA MOBIL Hp: 0811 637 306, 061-7685 0121

Kijang Kapsul LSX Diesel ‘97

Suzuki Escudo ‘99

Toyota Corolla Twincam ‘91

Warna Hitam Hub: KARYA MOBIL Hp: 0811 637 306, 061-7685 0121

Warna Biru, 4x4 , siap pakai

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Warna Merah, Ban Radial, Siap Pakai Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Warna Biru Metalik

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Kijang Kapsul LX Bensin ‘97

Starlet Kapsul SEG ‘96

Warna Silver Hub: KARYA MOBIL Hp: 0811 637 306, 061-7685 0121

Warna Hijau Metalik

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Suzuki Cary Extra ‘93 pintu belakang Alexander hitam mulus, AC, Tape, VR, BR, jok asli, mesin sehat, Rp. 25 Juta/ nego, Hub: 08126578790, 77788647

Telepon : 0813 9764 0122 , 061-77 182 814

Dijual

Escudo semi Nomade ‘96/’97 Warna Hijau tua, full sound, VR, BR, TV, AC, remote, peredam, BK Medan asli, pajak panjang, Mbl cantik siap pakai, satu nama dari baru, Harga Nego. Hub: 08136177122, 087868832142

Dijual

Kia Sedona ‘02 Warna Hitam, M/T, Mulus, tangan pertama, jarang dipakai, Hub: 061-7713 0828

Dijual

Kijang Innova 2.0/ 2.5 (G) /’07

Warna Biru Metalik Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Warna Hitam , Solar/ bensin Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Dijual

Warna Biru Met/ Abu2 Met

Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp081397640122, 77182814

Kijang Kapsul LSX Diesel ‘02

Warna Silver Metalik Hubungi : CV. Suka Mobil 061-68784998, 08116203698

Dijual

Isuzu Panther Touring 2.5 ‘05

Toyota Kijang LGX 1.8 ‘03/99

Toyota Soluna GLI ‘00 Warna Silver, BK Mdn Asli, 1 nama Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Dijual Kijang Krista Diesel ‘01 Warna Biru Mika MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 399 Medan Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

Dijual Mitsubishi Kuda GLS Diesel ‘00 WarnaMerah hati MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 399 Medan Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

Kijang Pick Up Bensin ‘05 Warna Hitam, Tangan Pertama, AC, Siap Pakai Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Daihatsu Espass Minibus 1.3 CC ‘03 Warna Silver MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 399 Medan Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

Daihatsu Taft Rocky 4x4 ‘94 Warna HItam MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 399 Medan Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

Jl. Ngumban Surbakti No.14 Pasar VIII Medan Telp. 0813 9691 9855

Dijual

Isuzu Panther LV ‘02

Suzuki Aerio VVT ’05 Warna Merah Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 - (061)7715 2989

Daihatsu Feroza ‘94 Warna Biru Metalik MITRA JAYA MOBIL: Jl. Gatot Subroto No. 399 Medan Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

Warna Biru Cristal Metalik Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Chevrolet Blazer 2.2 Montera ‘05

Suzuku Carry GRV 1.3 ‘97

Warna Hitam Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Warna Hijau Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Dijual

Dijual

Toyota Kijang Krista 2.5 Solar ‘00

Hyundai Atoz 1.0 GLS ‘01

Warna Hijau Metalik Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Warna Biru Hub : BM MOTOR: Jl. Tritura No.18 Medan Telp.081397640122, 77182814

Platina Mobil

Platina Mobil PM 71

Toyota Kijang Super ‘92 AC, Tape, VR, warna abu2 metalik. Harga Rp. 36 Jt/ Nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Honda City IDSI ‘04

Warna Hitam metalik, Manual Hubungi : CV. Suka Mobil 061-68784998, 08116203698

Warna Silver Metalik Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Hartop Pick Up ‘79 Harga 50Jt/ nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Warna Hijau Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Dijual

Suzuki Karimun GX ‘00 Warna Merah,

Taft Badak Minibus ‘81 Warna Biru , BK Hidup, 4x4, Solar, Hrg 27 Jt/ nego Hub : Sempabu Mobil Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Kijang LSX 1.8 ‘00

Warna Hitam, Harga Nego !!! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Suzuki APV L ‘04/’05 Suzuki APV GE ‘08 akhir

Warna Hitam, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Hijet 1000 minibus ‘85 Warna biru mulus, siap pakai Rp. 13.5 Jt/ Nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Kia Visto ‘00/ ‘01

Mercedes Benz ‘00 A140

Mitsubishi Kuda GLS ‘00

Honda Jazz IDSI ‘05 Honda Jazz IDSi ‘06

Warna Kuning, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Warna Ungu, Harga Nego !!! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Dijual

Daihatsu Espass ZLI ‘05 Warna Biru

Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Jl. Tritura No.71 G Medan Hub: 061-785 1846, 061-7726 9797, 0813 6117 2089

Dijual

Daihatsu Taft Independent ‘96

Daihatsu Taruna CX M/T ‘03

Jual - Beli Mobil Baru & Bekas, Cash - Kredit , Tukar Tambah

Dijual

Dijual

Dijual Dijual

Dijual

P

Jual - Beli Mobil Cash- Kredit

JL. TRITURA SIMPANG STM UJUNG NO.18 MEDAN

Dijual

Xenia 1.3 VVTI ‘06 Warna Aqua Blue Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 - (061)7715 2989

Isuzu Panther PU ‘05 Warna Hitam MITRA JAYA MOBIL Jl. Gatot Subroto No. 399 Medan Telp. 414 77 46 - 0812 6485 4159

SEMPABUMobil

Jual - Beli Mobil Cash - Credit

TAFT Ranger ‘91 pintu 5 AC dobel, VR, BR, Jok Kulit, tape, warna biru Rp. 45 Juta/ nego. Hub: 0812 6578790 77788647

Suzuki Sidekick Dragone ‘00 Warna Silver, BK Mdn Asli Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Dijual

BM MOTOR

Dijual

Toyota Kijang Innova Bensin type E ‘05 Warna Coklat Metalik Hub: Ganori Mobil Hp: 0811 6099 03 (061)7715 2989

Dijual

Angkot PT. Mars Trayek 65 Unit Gabungan 198 seperti ‘06 Mobil Seperti baru, sekali tengok pasti jadi. Harga 29,5 jt/ nego Hub: 081260776226, 061-77763035

TAFT GT’93

Bensin, Warna Hitam

Hubungi: PARDA MOBIL 061-785 39 62

Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Kijang Pick Up ‘90 Warna Biru, pajak hidup, siap pakai harga 38 Juta/ nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Daihatsu Zebra Minibus ‘94 Warna Hitam, 5 speed , rem depan cakram, siap pakai Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Warna Ungu Metalik, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Warna Silver Stone ‘06, Warna Merah ‘05, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Dijual

Toyota Soluna SLI ‘00 Warna Biru

Hubungi : CV. SUKA MOBIL 061-68784998, 08116203698

Kijang Pick Up Kapsul ‘97 Warna Hitam, VR, BK Medan, Siap Pakai, Harga 55 Jt/ Nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Toyota Kijang Pick Up ‘85 Warna Abu2, Surat2 Hidup, Harga 16,5 Jt/ nego Hub : Sempabu Mobil, Telp. 0813 9691 9855 Jl. Ngumban Surbakti No.14 Psr 8 Medan

Honda City Type Z ‘03

Warna Merah, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089

Grand Livina XV M/T ‘07

Warna Silver Stone, Harga Nego !! Hub: PLATINA MOBIL Telp.06177269797, 081361172089


JUMAT 12 Maret 2010

POSMETRO MEDAN

TERAPI KEJANTANAN ALAT VITAL PRIA & WANITA PALING SPEKTAKULER DARI PELABUHAN RATU PANTAI SELATAN DITANGANI LANGSUNG : BPK. UMAR & UST.A.AZIS Melayani Berbagai Macam Keluhan Antara Lain: * Khusus Pria, Tambah Ukuran - Panjang 13-16-19-22cm diameter : 3,5,4-4,5,5-5,5-6cm - Kuat dan Tahan Lama - Ejakulasi dini, sphilis/rajasinga mani encer - Lemah Syahwat, diabetes Impoten, dll

* Khusus Wanita - Memperbesar Payudara - Terapi Perawan/virgin - Kista, Lemah Kandungan - Kanker Payudara - Ingin Mempunyai keturunan Dll

Buka setiap hari

* Ingin Cepat dapat jodoh, pengasihandisegani jam 08.00-21.00 atasan, menyatukan dan memisahkan PIL/WIL Mahar Rp.500.000 puter giling, juga melayani pasang susuk dll bergaransi, alami tanpa efek samping, langsung reaksi ditempat, hasil Izin : B-70/DSP.5/II/2007 permanen untuk seumur hidup.

Alamat Praktek : Jl. SM. Raja Depan Taman Makam Pahlawan No.130 B Medan Samping Showroom Toyota Auto 2000 Belakang Tambal Ban

HP. 0813 8042 6253

PUSAT SPIRITUAL ALI HIKMAH Ber sama M. JUN AEDI Bersama JUNAEDI

Dari Perhimpunan Keluarga Besar Banten Yang Siap Melayani Problem SEPUTAR ASMARA DAN KEHIDUPAN PRIBADI SEPERTI :

PELET ASMARANDANA PELET BULUH PERINDU PELET RUNCANG KUNANG

: Yang bisa menaklukan lawan jenis baik pria atau wanita. : Yang mengikat dan mengunci agar tidak bisa berpindah ke lain hati. : Yang sanggup menaklukkan lawan jenis dengan wangi parfum yang anda pakai atau media lain yang anda inginkan. BUKA AURA : Untuk membuka aura yang sudah redup kembali bercahaya. Bisa untuk mempercepat jodoh, disenangi dan disegani. MEMANTAPKAN POSISI ATAU JABATAN (PROMOSI JABATAN) : Khusus yang kerja di kantor atau instansi yang ingin dapat kedudukan yang sesuai. SUSUK BANYU BAYU AMARTA : Yang bisa membuka aura ketampanan / kecantikan seumur hidup. PERSAINGAN USAHA DAN NIAGA (PERDAGANGAN) : Untuk melancarkan usaha dan niaga (perdagangan) anda PROBLEM RUMAH TANGGA : Mengembalikan keharmonisan rumah tangga. Ditinggal suami / istri dan perselingkuhan PIL / WIL PROBLEM ASMARA GAY / LESBI JUGA MELAYANI PAGAR RUMAH, PAGAR TEMPAT USAHA, PAGAR BADAN, DLL JUGA MENGOBATI KELUHAN LAKI-LAKI

DENGAN SYARAT YAKIN & PERCAYA INSYAALLAH SEMUA KEINGINAN ANDA AKAN TERKABULKAN Alamat : Kami memberikan Jln. S.M.Raja (Yuki Simp. Raya, Masuk BUKTI bukan JANJI Jln.Amaliun No.84 B, Samping Sekolah Al - Ulum) BEBAS pantangan, Ras, dan Agama Buka Tiap Hari HP : 0813 7554 5457

URAT SYAHWAT

& GUS YUSS

Semua Program Hasil Resensi Ilmu Ghaib & Rujukan Kitab Kuning, Tidak Menyimpang dari Kitabullah, Assunnah, Ijmak,Kiyas, Bebas Agama, Arts Magic & Religi, Aman & Permanen. * PELET KAMASUTRA + MIMPI TEMBUS (Hajar Do’i Biar Klimpungan) Pancarkan Daya Pekasih Bikin Do’i Tunduk Takluk Bisa Difungsikan untuk pelaris/memikat relasi/hubungan dengan atasan/merupakan senjata yang menggiriskan untuk menaklukkan lawan jenis yang angkuh (BONUS BUKA AURA). * SUSUK & MUSTIKA (KEMILAU) “SUPER STAR” & “SANG DIVA” & CHARGER Kajian dari Khazanah ilmu susuk terbaik dari yang baik & sudah diuji bertahun ( di Medan & Surabaya) Terbukti bikin cantik & bagus rupa (tak perlu operasi plastik) Aura Kemilau (silahkan poto aura) Pesona diri & Suara Karisma & bertaburan bintang, suksek bisnis,karir,jodoh,sial hilang & manfaat lain yang tak tertulis. Bahkan bisa pengaruhi wajah hingga mirip idolamu. Lihat RHD Mirip siapa? (+ Mantra Gendam + air aura keramat) Saksikan * MUSTIKA MACAN LANGIT (+ Body Guard Goib) Iklan Deli TV Tak cuma sensasi tapi sudah diuji ribuan orang dalam & Luar negeri Tiap hari Senin jam 08.00 s/d Transfer Energi Ilahiah & Sufistik/Metafisika, Theormodinamika. 09.00 pagi Fungsi : Kebal Sajam/Tembak/Kepruk/Anti Silet/Cukur (tes pakai silet Goal Tajam) Diwajibkan mengasah parang dari per - mobil Setajam - tajamnya untuk dites. Bacok,Sayat,Gorok,Tusuk,Bahkan Bisa tes sendiri sepuasnya. Anti Api (tes) Tes Kepruk,bela diri Ghaib. Keselamatan jiwa raga, Pukulan Sakti, menghalau musuh dll. Sudah dibuktikan oleh para Kyai & Ribuan Banser NU (dalam gemblengan masal) + Terbaik & Telah teruji Dilaga. * Susuk / Mustika Junjung Derajat : Pegangan khusus untuk anda yang sudah menemukan jati diri (Boss, kontraktor, pejabat) Melayani: Goyang Lidah/Mus Kyai Kanjeng (Pelaris Bisnis Dasyat) Pengobatan Medis / Non Medis/ Pemindahan Penyakit ke Telur/Ayam / Kambing. Siap Diundang Ceramah Agama (Nada & Dakwah) & Gembleng Masal.

KLINIK METAFISIKA Jl. Medan Tjg. Morawa KM 11,5, Depan Hotel Halay INN Medan HP. 0815 3120 669, 061- 7760 8103

“OLOT KLINIK AHLI ALAT VITAL”

AHLI PIJAT URAT TRADISIONAL “BU TIWI” Cara Efektif menurut jalur anatomi tubuh, melancarkan langsung sirkulasi darah, menyembuhkan: - M.Angin, Capek2, Pegal2, letih, lesu, lelah, lemah, batuk, flu, kuping berdengung, sakit kepala, magh, asam lambung. - Angin Duduk, Jantung, asma, sesak napas, sinusitis, radang tenggorokan, darah kotor, darah mengental. - Pengapuran, kolesterol,trigliserida, darah tinggi/kebas, pitam, leher kaku, tangan sulit diangkat, tapak kaki berat (pedas), stroke, stress, sakit tengkuk. - Asam Urat, saraf terjepit, gula, nyeri sendi, ngilu2, nyeri punggung, nyeri pundak, nyeri tulang, nyeri lutut, bengkak, jari tangan dan kaki kaku, betis pegal, sekitar pinggang mau patah, berdiri tidak tahan lama, kaki lemah jongkok, bersila, duduk, sulit berdiri (sakit) - Turun perut, ambeien, kandungan kemih, porstat dll. Dilengkapi minyak rempah beramuan asli karo. Untuk Pria/Wanita dan Lansia. - Khsusus Kejantanan Pria : Urat melemah, lemah syahwat (ED) impoten, mau ereksi mati tiba-tiba, sulit ereksi, tidak tahan lama, gairah menurun, sulit punya keturunan, besar alami, ingin kokoh, kuat, perkasa, dijamin berhasil tidak kecewa. - Khusus Wanita : Frigit, tidak gairah, monoupose, keputihan, becek, bau tak sedap, otot vagina longgar, buka aura, cantik alami, berseri, awet muda.

RADEN HARYO DAMAR

DRS. MAHJUDDIN ZAIDUN, MBA Mantan Penasehat IPPSU 2002-2006

“MASTER SPRITUAL PADEPOKAN ASSYPA”

30 Tahun berkiprah di Jakarta kini buka Praktek Menetap di Kota Medan, langsung breaksi di tempat, Untuk semua agama. 1 X datang hasil permanen KHUSUS PRIA • Tambah Ukuran • Panjang 13cm, 15 cm, 18cm, 20cm • Diameter 4cm, 6cm • Tahan Lama • Mani encer • Lemah Syahwat/ impotensi

WANITA • Ingin mempunyai keterunan • Memperbesar Payudara • Vagina seperti perawan kembali, hasil bisa dicek ke Dokter • Mati rasa, infeksi rahim, senggugut

Konsultasi umum: Menghadirkan pewaris, ilmu sapu masalah, R. Tangga, Jodoh, karir, bisnis, pelaris, PIL/WIL, susuk jual tanah, buka aura.

Alamat Praktek: Jl.SM. Raja Yuki Simp.Raya masuk dr Jl. Amaliun masuk lagi Jl. Cemara no.49 Medan Hp: 0812.6337.5477 izin Kejaksaan: B. 18/DPS.5/01/2008. izin Dinkes: 448/347

Hub : HP. 0812 6351 5003. Jln. Bayangkara No.390 Medan Pengalaman, Profesional datang dan buktikan langsung Tenaga Pria Anak BU TIWI “YUDHI” 0812 6351 5002

MENGELUARKAN: Lendir yang kotor, beracun dan kuman penyakit dari dalam tubuh melalui hidung dan tenggorokan KHASIAT GURAH : Suara merdu, nafas menjadi kuat, otak menjadi lebih cerdas, menambah percaya diri dan pembentukan anti bodi untuk menangkal penyakit: MENGOBATI : Sinusitis, Alergi, Bronchitis, TBC, Migren, Pilek/ batuk, Sesak nafas, paru-paru, masuk angin, polip, maag, gondok, stress, narkoba, amandel Sakit Mata • Mata Kunang GURAH MATA : •• Mata Kabur -kunang • Sering Perih • Mata Merah

• Rabun/ Katarak • Memberi Vitamin Pada Syaraf Mata • Bintik Kecil ditepi mata

Praktek Setiap Hari: Jl. Flamboyan Raya Setia Budi Flamboyan I Lor 3 No.13 Komp. PEMDA II/ Polda Sumut Tj. Sari Medan

Telp. 061-8216242 - 081370945277

NAGA INTEN

TERAPI KEJANTANAN ALAT VITAL

HJ. MAK. EROT Ditangani Langsung oleh A. SAHRUDIN

Pengisian Air Raksa - Multi Fungsi Pemasangan Susuk Jaran Goyang. PemasanganSusuk Penakluk - Lawan Jenis Atau Sesama Jenis Ramalan Melalui Kartu Tarrot / Kebatinan

Izin No : B-204/DSP.5/08/2007 Mengobati khusus alat vital komplit bagi pria dan wanita asli alami, paten seumur hidup, bebas usia dan agama. Khusus Pria : Khusus Wanita : - Panjang, besar, perkasa. - Ingin punya keturunan - Kuat, keras, tahan lama. - Payudara jadi montok dan indah HAR MA - Lemah Syahwat Rp.600.000,- - Ingin cepat dapat jodoh - Mani Encer - Buka Aura, pengasihan - Impoten, Kencing batu, dll - penglaris, pasang susuk, dll Bentuk ukuran: Panjang: 14 cm, 16 cm, 17 cm, 20 cm Buka tiap hari: Jam 08.00 s/d 21.00 WIB Diameter: 3 cm, 3,5 cm, 4 cm

Hp : 0815 3332 0450 Maaf Tidak Melayani Sms Konsultasi / Ramal Mahar Rp.70.000 Alamat :

Alamat Praktek: Jl. SM. Raja Gg. Purnama No.1 (depan bengkel MICKRO SEHAT) ± 50 M dari Makam Pahlawan arah Simpang Limun. HP : 0813 9752 5049

Jl. SM. Raja / Simp Marendal Masuk Garu VI Gg. Belibis No. 25E

PONDOK NUR AGUNG

TERAPI PENYEMBUHAN ALAT VITAL: PRIA/ WANITA Yang Paling Terpercaya Dan Sudah Terbukti !! Ditangani: A. SYAEPUDIN dari Gunung Kidul Pelabuhan Ratu

EPS_FILTER_BUG

PA’ YONG SIKUMBANG

Jl. Pertahanan / Patumbak Taman Jasmin Mas No. A 4 Amplas, Hp: 0812 604 1050 Flexy 061-7769 8634 Izin. Kejatisu : B-23/ DSP 5/ 001/2008

GURAH TETES THT DAN PARU-PARU

DARI CISOLOK PELABUHAN, RATU JABAR DITANGANI: MAK OLOT BPK. KOSIM, SAG UST. R. ZAELANI

EPS_FILTER_BUG

1. Impoten, L. Syahwat (gula), kurang gairah/ keras, tambah besar & panjang 2-3-5 cm, ejakulasi dini, mani encer, telor turun, mandul, terbukti di tempat, permanen, aman, tanpa efek samping mahar 100 ribu 2. Urat terjepit, otot persendian kaku, mati rasa, angin duduk, mahar 50 rb 3. Pagar badan, pelet, penglaris mahar 50 rb 4. Pengobatan ghaib (ruqyah),membuang hasad dengki manusia, ilmu2 hitam, dll 100 rb 5. Buka aura, kewibawaan, penunduk, awet muda,murah jodoh/kerja, buang sial, dgn mandi minyak panas, air raksa, samber lilin mahar 200 rb 6. “Ramuan” keperawanan agar rapat, legit, wangi, kesat, keputihan, 300 rb 7. Mengobati jerawat batu mahar 200 rb 8. Patah tulang, terkena guna, santet, narkoba, stress, siplis (raja singa), medis/non medis, lainnya. 9. Memisahkan WIL/PIL 10. Buka pintu ghaib, pandangan ghaib, silat ghaib, komunikasi dengan seluruh ghaib.

AKTE NOTARIS NO.07/NA/2009

Ahli didalam Ilmu Hikma, Kebatinan, Hakikat & mahrifat menyajikan berbagai macam Kekutan Ghaib yang Anda inginkan : • PENGOBATAN MEDIS & NON MEDIS • Pelarisan Usaha, Ajian Semar Mesem, Ajian Macan Putih, Kekebalan, Melamar Kerja, Kewibawaan, Karier, Jabatan, Pengisian Air Raksa, Jin Pendamping, Pesugihan, Pengisian Susuk, Terawangan, Rogo Sukmo, Sedulur Papat, Program Sph, Program Mph Kebatinan, Program Master Guru Nur Agung dll Problem HUB : PAK RANDI ( TOKOH SPIRITUALIS YANG BERPENGALAMAN ) Alamat : Perum. CENDANA ASRI, Blok C / 06 Desa Medan Sinembah Kampung Undian Tj.Morawa (Masuk dari Simpang Timbangan Kayu Besar, Jln. Limao Manis TELP : (061) 7778 9233, 0813 6118 8416 ( NO SMS ) CAB : PANGKALAN KERINCI ( Kalau mau datang telepon & buat perjanjian dulu ) JUTAAN ORANG TELAH TERBUKTI

Bagi Anda Pria yang ingin tambah ukuran besar, Panjang Lemah/ kurang perkasa, cuma disini pengobatan asli dan benar-benar bukti. Satu-satunya Pengobatan yang bisa kelihatan langsung perubahannya. Bukti di tempat tanpa harus menunggu Waktu lama, tidak ada efek samping karna pengobatan disini menggunakan ramuan Herbal Alami. Jika anda berobat di tempat kami dijamin Anda tidak akan kecewa, karna dari sekian pasien datang belum pernah ada yang gagal, semua berhasil !! Ingat Pengobatan disini bukan janji, Bukan Reaksi Tapi bukti!! Khusus wanita : Khusus Pria : • Problema Rumah Tangga, Buka Aura • Memperbesar, Panjang, Lemah Syahwat • Mengembalikan Keperawanan, Penglaris • Kuat, Keras, Tahan Lama, Impoten • Memperbesar dan perkencang payudara • Mani Encer, Ejakulasi Dini, hernia • Ingin cepat dapat jodoh, ingin punya keturunan • Mati Rasa/ Total, Kencing Manis • Susuk Banyu, Pengasihan • Diabetes, Mandul

Alamat : Jln. Amaliun Simpang Laksana No.P33 100 M dari Yuki Simpang Raya HP. 0813 9693 8588 Izin Kejari DSP 22/-0-101-/2009

7 HARI MENUNTASKAN

PUSANGGRAHAN KUMALA TUNGGAL

Konsultasi Supranatural & Pengobatan Alternatif Ditangani Langsung Oleh Paranormal Dari Pati Radhien Mas Ahmadi Suwinoto Broto Izin Kezati Nomor : 13/71 DSP.5/05/2007 Website.www.radhienmasahmadi.com Email : radhienmasahmadi sb@yahoo.co.id

IMPOTENSI & EJAKULASI DINI CUKUP 1 X PENGOBATAN UNTUK SELAMANY A SELAMANYA

Solusi spiritual dahsyat dan cepat tanpa tumbal, tanpa jin, dan tanpa repot-repot puasa bisa untuk semua agama, suku, semua profesi dan golongan aman lahir batin permanen dan tidak ada efek samping negative • AZIMAT KERAMAT LULANG KEBO LAWU Dikeramatkan ratusan tahun, Memiliki kekuatan megis yang luar biasa dan energi metafisika tingkat tinggi, Sangat ampuh meningkatkan hoky,Keselamatan, Pertahanan, Benteng diri, Kewibawaan, Kharisma, Merontokan sial di badan, Membuka peluang bisnis besar, Cocok untuk pebisnis & exsecutive, Pejabat, Pemimpin, TNI, Polri. • MINYAK KERAMAT KEMBANG LAWU Dikeramatkan ratusan tahun, Sangat ampuh untuk memunculkan pesona aura pria / wanita, Menundukan lawan dalam negosiasi, Karier, Keharmonisan, Fresh, Dituruti keinginan dan berkharisma, Buktikan efek positifnya.....! • Mustika Jamrud Karomah: memiliki energi pengasihan dan kewibawaan tingkat tinggi, kharismatik dan benteng diri menunjang karir dan hoky dalam berbisnis, relasi kerja pengaruhi lawan bicara bahkan urusan asmara • Haikal Kumala Tunggal: Penderas rejeki/ pelarisan + pagar usaha, untuk kios, toko, warung, grosir, restoran, salon, bengkel, kantor, pabrik, PT, CV, Klinik, Biro jasa, Sales, dll • Problem sehari-hari, Pemasangan susuk,puter giling sukmo, kunci pasangan, PIL/ WIL, ruwatan khusus bersihkan badan dari sial/ sengkolo, sulit jodoh, sulit punya anak, sakit-sakitan, menunjang karir, Dll • Pengobatan penyakit medis non medis dengan metode kebathinan, terapi telur, terapi pijat, terapi tenaga dalam, pemindahan penyakit ke kambing khusus penyakit dalam, ramuan-ramuan tradisional dan herbal.

Tanpa mantra, urut, suntik, vakum, obat oles & efek samping

BIRVA TRADISIONAL

Solusi yang tepat menuntaskan masalah seksual Pria & wanita baik diusia tua dan muda MENUNTASKAN MASALAH SEKSUAL WANITA SEPERTI KEPUTIHAN, PEKTAI, GURAH VAGINA, SUBUR KANDUNGAN KAMI MEMBERI BUKTI UNTUK ANDA Hub : Jl. Krakatau Simp. Jl. Sido Rukun No.3A Medan,

HP: 0813 6169 1789.

Alamat praktek Jl. Medan - Tg. Morawa Km. 13,5 Gg. Lokasi Komplek Perumahan 75 0399 HP.. 0813 75 7575 0399. Tamora Indah II Blok B No. 38. HP

Buka Setiap hari : 08.00 s/d .19 00 WIB Hari libur Tetap Buka: 08.00 s/d 15.00 WIB. Izin Dinkes: 06/YANKES/BATRA/III/445/2003.

CENTRAL OBAT HERBAL, COSMETIC & OBAT KUAT IMPORT

per Su

bel Do

go Lo

TERBAIK, TERPATEN, TERUJI, TERBUKTI...MUTUNYA

EPS_FILTER_BUG

GAGAL / PALSU KEMBALIKAN DIJAMIN 100% PATEN Pelangsing Terdahsyat saat ini, Dalam waktu yang singkat turunkan Berat badan 8-10kg/bulan. "BUKTIKAN" • Kecilkan Perut Buncit • Larutkan Kolesterol Tinggi • Mengandung Vitamin E Yang Berfungsi kencangkan & haluskan kulit • Hancurkan Lemak di Badan dan Merubah Jadi Energi Tanpa Efek

CALL / SMS : DENGAN SARI :

165 rb

7706 5999 / 0856 639 7888

* PENINGGI BADAN USA * PEMUTIH BADAN / WAJAH * PERONTOK BULU SUPER * VAKUM + CREAM MONTOK PYDR * PERAPET VEGI EMPOT2 * OBAT MATA MIN / PLUS * CREAM PENGECIL PAYUDARA * PEMTH SELANGKANGAN / KETIAK * OBAT GEMUK SEHAT

ANEKA KONDOM ANTIK & UNIK IMPORT TERLENGKAP, READY STOCK AFRICA BLACK ANT SPRAY LONG TIME VAKUM + OIL PERKASA CIALIS ENGLAND

CALL / SMS : DAVID :

PIL BIRU USA ZENGDA / LANZIO

77 8558 78

ANTAR GRATIS

0812 6332 4888 / 0812 656 3689 VIRGO Jl. Asia No.77 Simp. Jl Thamrin Pas Lampu Merah Medan Jl. Sutomo Ujung No.77A Dpn.Gelanggang ± 150M Grand Angkasa Jl. H.M. Yamin No.602 Simp. Jl. Pahlawan Medan


KONSULTASI SEKS METRO Diasuh : AA’ Ks. Gunawan (Pakar Pengobatan Alat Vital Pria) Ketik : POS(spasi)TGP(pertanyaan) Kirim ke 7669 (maks. 160 karakter) Hotline : 081534431998 (no sms)

HALAMAN 14

SABTU, 17 APRIL 2010

Bersetubuh Selama Pacaran TANYA : Sekarang ini saya berusia 22 tahun dan sedang menjalin hubungan atau pacaran. Selama pacaran, kami sering melakukan hubungan seks. Meski belum hamil, cowok saya telah berkomitmen segera melamar dan menikah saya. Pertanyaannya, adakah efek buruk yang akan kami alami setelah menikah nanti?

Rooney Digoda Real Rp2 Triliun CRISTIANO Ronaldo sudah meninggalkan Manchester United ke Real Madrid awal musim ini. Bukan tidak mungkin, Wayne Rooney menyusul Ronaldo ke Real awal musim depan. Itu seiring tawaran menggiurkan Real kepada Rooney sebagaimana dilansir The Sun, kemarin (16/4). Tidak main-main, Los Blancos—sebutan Real—menyodorkan paket transfer 150 juta pounds atau lebih dari Rp 2 triliun dengan kurs 1 pounds = Rp 13.987. Yakni meliputi fee 90 juta pounds (Rp 1,25 triliun) dan gaji 250 ribu pounds (Rp 3,5 miliar) per pekan untuk durasi

081265873***

JAWAB : Tak tertutup kemungkinan perasaan bosan saat kalian menjalani bahtera rumah tangga. Pasalnya, hubungan yang terjalin bukan dikarenakan cinta, melainkan nafsu. Biasanya hubungan seperti ini tak bertahan lama. Jadi sebaiknya, Anda lebih berhatihati jika tak ingin kecewa. Saran saya, kurangi kebiasaan buruk itu, karena banyak dampak negatif yang akan muncul.

1 ALMERIA vs R. MADRID 2

Belum Memuaskan punya peluang menambah keunggulan sehingga tidak terlalu kepikiran gol balasan lawan,” tandas dia.

FRANCISCO BONILLA - REUTERS

RAFAEL Van der Vaart (kiri) membawa Real Madrid menundukkan Almeria.

ALMERIA Real Madrid sukses menggenapkan kemenangan tandang nomor tujuh berturut-turut usai berjaya di markas Almeria. Namun, ini belum bikin ManuelPellegrinipuas-puasamat. El Real memetik kemenangan 2-1 saat bertamu ke Estadio Mediterraneo, Jumat (16/4) dinihari WIB. Tertinggal lebih dulu, sepasang gol dari Cristiano Ronaldo dan Rafael van der Vaart membuat Madrid berbalik menang. Hasil itu bukan hanya membuat Si Putih terus menguntit pemuncak klasemen Barcelona tapi juga menggenapkan tujuh kemenangan beruntun Madrid di kandang lawan. Kali terakhir Ronaldo cs takluk di laga tandang adalah pada 14 Januari lalu. Meski begitu, Pellegrini selaku entrenador Madrid belum terlalu puas dengan penampilan timnya. Meski menyebut Madrid bermain bagus, dia juga menyoroti banyaknya peluang terbuang dan kenyataan bahwa Madrid ketinggalan lebih dulu. “Kami main bagus dalam banyak aspek. Kami bisa pulih secara psikologis, yang sangat sulit setelah laga terakhir (saat ditekuk Barcelona),” ujar Pellgrini di situs resmi Madrid. “Kami punya enam atau tujuh peluang bersih, tapi (kiper Almeria) Alves main bagus. Hasil akhirnya membuat saya berpikir bahwa tim kam risau Almeria akan menyamakan skor, tapi kami sebenarnya

Menunggu Jawaban Dzeko Untuk saat ini masa depan Edin Dzeko adalah di Bundesliga bersama VFL Wolfsburg. Tapi tak menutup kemungkinan juga penyerang berpaspor Bosnia Hezegrovina itu melabuhkan karirnya di kompetisi lain musim depan. Dzeko sejak awal musim panas ini sering dikait-kaitkan dengan beberapa klub besar Eropa terkait performa ciamiknya musim lalu. Dengan 26 golnya, Dzeko membawa Wolfsburg jadi juara liga untuk pertama kalinya. AC Milan adalah klub yang paling gencar mengincar tanda tangan penyerang muda usia 24 tahun itu. Namun kabar itu menguap begitu saja dan Dzeko masih berkostum Wolfsburg musim ini. (int)

Dikejutkan Almeria mengejutkan Madrid kala pertandingan baru berjalan seperempat jam. Dari umpan Kalu Uche dari sayap kanan, Crusat muncul dari belakang untuk menyodok bola masuk gawang Iker Casillas. Namun Madrid tidak butuh waktu lama untuk membalas. Aksi individu Ronaldo melewati beberapa bek Almeria disudahi dengan tendangan kakikiriyangbersarangdikanangawang lawan yang dikawal Diego Alves. Dua menit berselang, Madrid hampir saja membalikkan skor. Sebuah tendangan Gonzalo Higuain dari dalam kotak penalti gagal berbuah gol karena Alves dengan sigap menepisnya. Van Der Vaart yang membuang peluang emas di babak pertama, menebusnya di menit 68 . Tendangan kaki kiri gelandang Belanda itu dari luar kotak penalti sukses merobek gawang Alves dan Madrid pun berbalik memimpin 2-1. Sementara Valencia masih tetap memantapkan posisinya di zona Liga Champions usai menekuk Athletic Bilbao 2-0. David Silva menjadi bintang dengan memborong dua gol Valencia. Hasil tersebut membuat Valencia tetap berada di posisi ketiga klasemen La Liga dengan 59 poin. Namun tiga poin yang diraih mereka membuat Valencia unggul tujuh poin dari pesaingnya di posisi keempat Real Mallorca. (int)

KLASEMEN SEMENTARA 1. Barcelona 2. Real Madrid 3. Valencia 4. Mallorca 5. Sevilla 6. Bilbao 7. Getafe 8. Villarreal 9. Deportivo LC 10. Atl. Madrid 11. Osasuna 12. Sp. Gijon 13. Almeria 14. Espanyol 15. Santander 16. Zaragoza 17. Malaga 18. Tenerife 19. Valladolid 20. Xerez

32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32 32

26 26 17 15 15 14 14 13 12 11 10 9 9 9 8 8 7 7 5 6

5 2 8 7 6 6 5 7 7 7 8 10 10 10 11 9 11 7 13 8

1 4 7 10 11 12 13 12 13 14 14 13 13 13 13 15 14 18 14 18

80-19 85-29 52-35 50-37 46-38 45-44 46-40 46-44 33-42 48-50 30-37 33-41 34-45 26-40 34-46 38-56 37-42 31-61 32-54 28-54

83 80 59 52 51 48 47 46 43 40 38 37 37 37 35 33 32 29 28 26

belum ada tanda-tanda pria asal Spanyol itu akan memutuskan deal tersebut di tengah jalan. (int)

Sulit Kejar Chelsea Robin Van Persie mengakui harapan Arsenal meraih gelar berakhir sudah setelah mereka kalah dari Tottenham Hotspur. Bagi Van Persie, kekalahan itu membuat Chelsea sudah sulit dikejar. Arsenal baru saja menelan kekalahan 1-2 dari Spurs di White Hart Lane. Danny Rose dan Gareth Bale langsung membuat Spurs memimpin 2-0 sebelum Nicklas Bendtner mencetak satu gol bagi The Gunners. (int)

NIGEL RODDIS - REUTERS

ESPANYOL

BARCELONA Ketika kompetisi di Liga Spanyol tinggal tersisa enam partai lagi, Barcelona masih menunjukkan keperkasaan mereka pada puncak klasemen sementara. Mereka berkuasa dengan keunggulan tiga poin atas Real Madrid (83-80).

Mereka difavoritkan menjuarai Liga Primera musim ini. Meski Real belum menyerah, tapi sulit bagi mereka mengejar kalau Barca melanjutkan performa hebatnya. Mereka selalu menang dalam tujuh laga terakhir di Liga Primera. Karena itu, tatkala Barca menantang Espanyol dalam Derby Catalan pada pekan ke-33 Liga Primera dinihari nanti (18/4), klub besutan Josep Guardiola itu diyakini bisa bawa pulang poin absolut. Dengan begitu, mereka dapat memastikan tetap berkuasa. Ya, sekalipun bertajuk derby, perimbangan kekuatan Barca dengan Espanyol pada musim ini sangat jauh. Apalagi, soal performa. Barca hanya sekali menelan kekalahan sepanjang musim, bandingkan dengan Espanyol yang hanya menang sembilan kali dari 32 laga. Belum lagi, saat menjamu Barca, Espanyol tidak bisa turun dengan kekuatan terbaik seiring dengan sanksi terhadap kiper Carlos Kameni dan full back David Garcia. Padahal, selama musim ini mereka berdua adalah pemain pilihan Mauricio Pochettino, pelatih Espanyol. Barca sendiri belum juga bisa tampil dengan kekuatan terbaik seiring cedera yang menimpa Zlatan Ibrahimovic, Andres Iniesta, dan Eric Abidal. Namun, selama ini, Guardiola tidak mengalami kesulitan mencari pengganti mereka di lapangan. Meski begitu, tidak ada alasan bagi Barca untuk terlalu percaya diri melawan Espanyol. Setidaknya, faktor historis menunjukkan Barca tidak terlalu dominan. Barca menang empat kali, Espanyol menang tiga kali, dan seri tiga kali. Sudah begitu, bentrok kedua tim di Liga

Rafa Berusaha Diselamatkan Rafael Benitez diisukan akan hengkang dari Liverpool karena kondisi keuangan klub yang tak stabil. Maka rencana mendatangkan investor asal China pun dijadikan alat untuk menahan Rafa tetap di Anfield. Juventus dan Real Madrid adalah dua nama klub yang dihubunghubungkan dengan Rafa belakangan ini. Kedua klub tersebut adalah yang paling gencar menginginkan Rafa untuk jadi pelatih baru mereka. Masalahnya adalah Rafa masih terikat kontrak dengan Liverpool hingga 2014 dan tampaknya

Zlatan Ibrahimovic kemungkinan akan tampil saat Barcelona menghadapi Espanyol di akhir pekan setelah menunjukkan tanda-tanda bebas dari cedera. Indikasinya, striker asal Swedia itu sudah mengikuti sesi latihan penuh bersama Barcelona sejak kemarin. Juga dilaporkan, tidak ada kendala berarti dirasakannya selama menjalani sesi latihan. Sebelumnya Ibra dipaksa beristirahat selama lebih dari dua minggu karena mengalami cedera betis. (int)

PSMS kini berlaga di Divisi Utama Liga Indonesia karena tergusur dari Liga Super. Sesuai janjinya, Ketua Umum PSMS Medan Drs H Dzulmi Eldin MSi akan mengangkat kembali prestasi klub berjuluk ‘Ayam Kinantan’ itu. Mari dukung dengan mengirimkan pesan ke nomor

087891637801 : Ayo PSMS, kamu pasti bisa. Pantang kalah dan menyerah. Kami dari Tanah Karo tetap mendukungmu. 085762061012 : Yo..ayo..ayo PSMS, kuingin kita terus menang. Salam dari pecinta Ayam Kinantan. 085270288613 : Horas Medan, bangkit dari tidurmu dan saatnya kau berkokok, nyaring dan bunyinya "ISL kami datang". Dari anak Belanda (belakang Ayahanda). 085760940744 : Horas..Ayo PSMS tunjukkan ketajamanmu pada nusantara. Maju terus, kalahkan lawan-lawanmu. 081361200081 : Horas Medan, tunjukkan prestasimu seperti yang dulu. Aku selalu mendukungmu. By Lana. 087869643559 : Ayo PSMS banggakan kembali kota Medan. Horas. 0852751101050 : PSMS aku tiap hari berdoa agar kamu masuk peringkat pertama Liga Utama Indonesia. By Arif Wahyudi. Horas PSMS. 087868227010 : Mejuah-juah, PSMS Medan, ayo PSMS maju terus jangan mau menyerah, pantang mundur. Kami warga Karo mendukungmu, Petek Sembiring. 085760161628 : Horas PSMS, jangan surut dalam keterpurukan, tunjukkan tajimu untuk bangkit kembali. Kami pasti mendukungmu. By Jhon.

400 Pemain Ikuti Seleksi PSMS Junior AFP PHOTO/LLUIS GENE

PRAKIRAAN PEMAIN : ESPANYOL (4-4-1-1) 25-Alvarez (g); 2-Torres, 16-Pareja, 12Roncaglia, 2-Chica; 22-Hurtado, 10Garcia, 20-Coro, 18-Forlin; 11-VerdAlonso Pelatih : Mauricio Pochettino BARCELONA (4-3-3) 1-Valdes(g); 2-Alves, 4-Marquez, 3Pique, 19-Maxwell; 20-Jeffren, 6-Xavi, 24-Toure; 10-Messi, 17-Pedro, 11-Krkic Pelatih : Josep Guardiola

HEAD TO HEAD 12/12/09 21/02/09 27/09/08 19/04/08 01/12/07

Barca Barca Espanyol Barca Espanyol

v v v v v

Espanyol Espanyol Barca Espanyol Barcelona

1-0 1-2 1-2 0-0 1-1

Primera selalu menghadirkan skor ketat. Hanya sekali, berakhir dengan

skor cukup besar, yakni 3-1 ketika Espanyol menang pada 13 Januari 2007. Selain itu, tidak pernah skor lebih dari dua gol. “Ini seperti kunci dari kompetisi musim ini, pertandingan penting dan mereka (Espanyol, Red) punya pelatih bagus seperti (Mauricio) Pochettino yang kerap bikin lawannya kesulitan. Persiapan kami harus bagus,” ungkap Guardiola, seperti dikutip Reuters. Selain itu, Espanyol punya motivasi lebih karena untuk kali pertama mereka menjalani derby di stadion anyar mereka Cornella-El Prat Stadium yang berkapasitas 40 ribu penonton. Sudah begitu, tak ada tiket yang dijual kepada fans Barca karena kericuhan musim lalu. Di sisi lain, karena tertahan di papan bawah, Pochettino terus meminta pasukannya fokus penuh di sisa enam laga. “Tujuan kami sekarang hanyalah bermain bagus di setiap partai dan tidak boleh santai dengan ambisikami,”ujarpelatihasalArgentina itu seperti dikutip Goal. (jpnn)

SOSOK

NeymardaSilvaSantosJunior

Nantikan Panggilan Dunga

Camoranesi Tunggu Lamaran Marseille

Ibra Kembali Berlatih

separonya. “Ronaldo dan Rooney bakal menjadi kombinasi lebih hebat di Real Madrid dibandingkan di Manchester United,” kata salah satu orang terdekat Perez sebagaimana dilansir Marca. Perez memang menjadikan Rooney sebagai buruan utama musim depan karena kurang puas dengan performa Karim Benzema. Menariknya, Benzema merupakan striker yang diminati pelatih United SirAlex Ferguson. Alhasil, tidak menutup kemungkinan, kedua klub melakukan barter. (jpnn)

081396006871

CARLES Puyol (kanan) berusaha menghentikan peyerang Espanyol, Luis Garcia

Kamis waktu setempat. Diungkapkan FIFA, sebanyak 23 pertandingan dari 64 partai yang dijadwalkan, tiketnya sudah terjual habis setelah disebarkan lewat pusat jual beli tiket dan bank di seluruh Afrika Selatan. (int)

Terkait menurunnya performa tim di musim ini, Juventus berkali-kali diebut-sebut bakal melakukan restrukturisasi skuad besarbesaran di akhir musim. Sejumlah pemain yang dinilai telah lanjut usia bakal ditendang dari Turin. Salah satunya adalah winger veteran kelahiran Argentina yang memutuskan membela timnas senior Italia, Mauro Camoranesi. Kontrak kerja Camoranesi bersama Bianconeri sejatinya baru akan kedaluwarsa di akhir musim depan. (int)

BARCELONA

TAK SEPADAN

Delapan Jam Dibuka, Tiket Terjual Fabregas Serang Balik 53FIFARibu mengungkapkan 53 ribu tiket Piala Dunia 2010 terjual dalam delapan jam di Presiden Arsenal fase terakhir penjualan tiket pada hari Presiden Arsenal, Peter Hill-Wood, bilang Cesc Fabregas tak cukup bagus untuk bermain di Barcelona. Tak terima pernyataan sang bos, Fabregas pun balik menyerang Hill-Wood. Apa katanya? Dalam wawancara dengan Dailymail, Hill-Wood mengemukakan opininya soal isu Fabregas yang akan pindah ke Barca musim depan. Menurutnya hal itu tak akan terjadi karena Fabregas dirasa tak mumpuni bisa menembus skuad utama Barca yang sudah diisi nama-nama besar saat ini. Namun demikian bagi Fabregas, omongan sang presiden itu ternyata malah membuatnya kupingnya panas. Mungkin bagi gelandang usia 23 tahun itu, ucapan Hill-Wood bisa saja diartikan ‘mengusir secara halus’ dirinya dengan gantinya klub mendapat dana segar dalam jumlah besar dari penjualan Fabregas. (int)

vs

kontrak selama lima tahun. Nominal itu melebihi paket transfer Ronaldo, yakni fee 80 juta pounds (Rp 1,1 triliun) dan gaji 200 ribu pounds (Rp 2,8 miliar) per pekan. Presiden Real Florentino Perez optimitis bisa mendatangkan Rooney yang kontraknya di United hanya tersisa dua tahun lagi. Tidak hanya itu. Rendahnya pajak pesepak bola profesional di Spanyol menjadi faktor lain yang bisa mengubah loyalitas Rooney terhadap United. Sebagai catatan, pajak pesepak bola di Inggris bisa sampai 50 persen. Bandingkan dengan di Negeri Matador yang hanya

GOOGLE.COM

SAO PAULO Beberapa waktu lalu, tersiar kabar jika publik dan pendukung Timnas Brasil mendesak pelatih Carlos Dunga untuk membawa serta bintang AC Milan, Ronaldinho, ke dalam skuad Tim Samba yang akan bertanding di putaran final Piala Dunia (PD) 2010 diAfrika Selatan, 11 Juni11 Juli mendatang. Namun, akhir-akhir ini, gebyar isu Ronaldinho mulai memudar. Perhatian publik dan fans Timnas Brasil beralih pada sosok striker muda berusia 18 tahun yang memperkuat Santos, Neymar da Silva Santos Junior. Di mata media massa, publik, dan fans, Dunga

pantas membawa bomber yang cukup dipanggil dengan nama Neymar itu ke Afsel. Terakhir, Neymar tampil fantastis dengan mencetak lima dari delapan gol yang dibukukan Santos saat menggunduli Guarani 8-1 di babak 16 besar Piala Brasil, Rabu (14/4) lalu. Bahkan, tidak kurang dari legenda sepakbola Brasil dan dunia, EdisonArantes do Nascimento alias Pele yang menyatakan dukungannya jika Neymar bergabung bersama Robinho dkk dalam skuad Tim Samba. Pun demikian pula halnya dengan mantan striker Brasil di PD 1994, Romario, dan mantan pelatih Jepang dan Olympiakos, Zico. Neymar sendiri mengaku sangat menantikan panggilan Dunga. “Setiap detik dan menit saya membayangkan tengah memakai kostum Selecao,” aku Neymar. “Saya telah berusaha untuk bermain dengan baik di lapangan dan mencetak gol. Saya berharap Dunga menyaksikannya. Mimpi ini belum berakhir,” tegasnya. Dunga sendiri memuji kiprah bomber Timnas Brasil U-16 dan U-17 yang di mata sebagian publik mempunyai kemiripan dalam hal kecepatan dan skill dengan seniornya di Santos, Robinho. Meski demikian, Dunga tak mau memberi jaminan dirinya bakal memanggil Neymar. Tampak jelas, Dunga enggan untuk membuat kejutan dan bakal tetap mempertahankan komposisi lama di sektor penyerangan, yaitu Robinho, Adriano, Nilmar, dan Luis Fabiano. (int)

MEDAN Empat ratusan pemain junior U-18 dari berbagai daerah di Sumut siap mengikuti seleksi PSMS Junior di lapangan sepakbola PPLP Sumut Medan Sunggal, Senin (19/4) mendatang. Hal ini disampaikan Sekretaris Umum PSMS, Idris SE kepada wartawan di Stadion Kebun Bunga Medan, Jumat (16/4). “Kita akan membuka kesempatan sebanyak-banyaknya bagi pemain usia muda dari berbagai daerah di Sumut untuk menjadi skuad inti PSMS Junior,” terangnya. Dikatakannya, para pemain yang akan mengikuti seleksi ini akan dipantau langsung tim seleksi yang dikomando Iwan Karo-Karo, Suheri, Suyono, dan Syahril Nasution dengan Manager tim Alexander dan Saryono. “Dalam seleksi nantinya, tidak ada namanya campur tangan maupun intervensi dari pihak manapun, karena para pemain akan benar-benar diseleksi menghadapi Piala Suratin yang bergulir Juli mendatang,” terangnya. Seleksi akan dimulai pukul 14.30 WIB dengan ketentuan semua pemain harus membawa perlengkapan sepakbola seperti,sepatu, bola dan perlengkapan pelindung. Manager tim, Alexander GHO yang dipercayakan menahkodai PSMS junior menghadapi Piala Suratin menyatakan tetap optimis PSMS dapat berbicara di tingkat nasional. “Saya cinta PSMS dan saya cinta sepakbola Medan oleh sebab itu kepercayaan pengurus PSMS akan kita buktikan dengan kerja keras dan komitmen dalam membangun sepakbola Medan,” pungkasnya. (sormin)


Krusial Sir Alex Ferguson memainkan Rooney yang dikabarkan sudah fit dan bisa kembali bermain. Hadirnya Rooney yang sudah mencetak 26 gol di Liga Inggris musim ini bisa jadi lawan sepadan bagi sisi defensif City yang dihuni pemain berkualitas. Laga pertama kedua tim di Old Trafford Oktober lalu berakhir dengan skor ketat 4-3

Tetap Dengan keunggulan empat poin dari Manchester United dan menyisakan empat laga lagi, Chelsea di ambang gelar pertama setelah 2006. “Tidak hanya kami yang menjalani derby pekan ini, melainkan rival kami (Manchester United, Red). Apabila City mengalahkan United dan kami mengalahkan Tottenham, itu makin mendekatkan kami ke tangga juara,” kata Cole kepada ESPN. “Kami tidak bermain bagus di laga terakhir, tapi menang (1-0 atas Bolton Wanderers, 13/4, Red).Asalkan kami bermain santai, kami bisa meraih hasil optimal,” tambah pemain yang justru dikabarkan bakal hengkang ke United musim depan itu. Kendati terkesan santai, kiper Chelsea Petr Cech menyebut timnya tetap harus serius memburu tiga poin di White Hart Lane. “Kami gagal menang di tiga laga terakhir di White Hart Lane dan Spurs berkepentingan finis empat besar. Itu akan membuat laga berjalan makin sulit bagi kami,” terang Cech yang mencatat 100 clean sheet di Premier League seusai lawan Bolton. Di sisi lain, pelatih Arsenal Arsene Wenger berharap Spurs bisa menahan laju Chelsea. Dengan begitu, persainganjuaratetapserusampailaga pemungkas 9 Mei nanti. “Saya menantangSpursuntukmembuktikan punya kualitas berlaga di Liga Champions musim depan. Caranya, mereka harus mampu mengalahkan Chelsea,” ucap Wenger di Soccernet. Bagaimana respons Spurs? Bicara keyakinan, pelatih Harry Redknapp tentu memilikinya. Tapi, bicara realities, Redknapp sadar timnya diancam faktor kebugaran karena berhadapan dengan rangkaian laga berat. (jpnn)

PONDOK NUR AGUNG AKTE NOTARIS NO.07/NA/2009

Insya ALLAH dapat membantu anda yang sudah kemana-mana tetapi belum berhasil dan merasa puas ??? I. PENGOBATAN MEDIS & NON MEDIS II. Buka Aura, Pelaris Usaha, Karier, Kewibawaan, Ritual Tarik Rezeki, Semar Mesem, Kekebalan, Pasang Susuk, Pesugihan, Jin Pendamping, Istri Cantik, Suami Kaya, Gendam dll. III. PROGRAM SERTIFIKASI PENGHUSADA (SPH) : Insya ALLAH Anda akan memiliki kesehatan tubuh, Kelancaran Usaha, Terbuka Aura Positif, Terawangan, Batin dapat memanggil Kodam Jin & Berkomunikasi, Memiliki Berbagai Macam Kesaktian, Dapat Melakukan Pengobatan Medis & Non Medis, Menguasai berbagai Macam Ilmu Supranatural, Merasakan Kedekatan Diri Kepada Sang Pencipta dan Ketenangan Batin (Berijazah Sertifikat) IV. Program Master Penghusada (MPH) : Anda akan menguasai berbagai ilmu supranatural & kesaktian, Batin dapat Menembus Alam Siluman, Ruhania, Malakut, Kembaran Diri Serta Berkomunikasi, Menguasai Seluruh Program I s/d III sert dapat menurunkannya secara Profesional kepada orang lain, Merasukan Kedekatan diri kepada Sang Pencipta (Berijazah Sertifikat) HUB : PAK RANDI (TOKOH SPRITUALIS YANG BERPENGALAMAN_ Telah Menerima Piagam & Piala Penghargaan CITRA PENGOBATAN ALTERNATIF Serta SPRITUALIS INDONESIA AWARD 2007 Alamat : Perumahan CENDANA ASRI BLOK-AC/06 Kampung Undian (Masuk dari simpang timbangan kayu besar, jl.Limau Manis Tg. Morawa ) 77789233,

081361188416, 081388110705 (No SMS)

untuk tuan rumah. “Saya pikir lebih baik jika Rooney bermain Sabtu nanti. Dia adalah pemain yang fantastis dan mempunyai musim yang hebat,” sahut pria asal Italia itu di laman resmi klub. “Dia akan berbahaya tentunya tapi United punya banyak pemain bagus di tim mereka, tapi kami pernah mengalahkan mereka di kandang sekali dan kami akan melakukannya lagi,” tukas eks pelatih Inter Milan dan Lazio itu. “Saya pikir ada baiknya jika kedua tim dalam kondisi full team dan tim yang bisa meraih tiga poin bisa berkata tim terbaiklah yang menang. Dan mungkin itu adalah kami,” tutup Mancini. Tevez Paling Semangat Carlos Tevez dinilai akan menjadi pihak yang paling berhasrat untuk mengalahkan Manchester United. Sakit hati yang pernah dia rasakan akan menjadi motivasi terbesar. Sudah bukan rahasia lagi apabila Tevez menyimpan sakit hati pada klub lamanya itu. Penampilan gemilangnya di musim 2008/09 lalu tidak dianggap karena dia kemudian malah dijual. Padahal banyak fans yang mendesak petinggi MU untuk mempertahankannya. Konflik tersebut semakin meruncing setelah Tevez resmi menjadi pemain The Citizens—julukan Manchester City. Puncaknya di semifinal Piala Carling, tiga bulan lalu dimana pemain 24 tahun itu terlibat cekcok dengan Gary Neville. “Carlos akan memiliki motivasi ekstra melawan United. Tidak diragukan lagi,” klaim winger City, Adam Johnsson kepada Mirror Football. “Saya merasa jika Anda menanyakan kepada dia, dia mungkin rela menukarkan seluruh gol yang telah cetak untuk mencetak gol kemenangan pada Sabtu (melawan MU).” Tevez sukses membuktikan diri dengan 28 gol yang menjadi koleksinya sejauh ini. Dengan melihat hal itu, Johnsson berani memastikan bahwa Sir Alex Ferguson pasti menyesal telah membuangnya meskipun manajer MU itu mengaku sebaliknya. (int)

HALAMAN 15

SABTU, 17 APRIL 2010

FREE PRACTICE II GP CHINA

Hamilton Lanjutkan Dominasi McLaren SHANGHAI McLaren Mercedes melanjutkan dominasi di hari pertama GP China. Setelah pada free practice I menempatkan Jenson Button, di latihan bebas kedua giliran Lewis Hamilton jadi yang tercepat. Hasil free practice kedua yang dilangsungkan di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat (16/ 4) siang WIB tak banyak berbeda dibanding sesi pertama beberapa jam sebelumnya. McLaren Mercedes dan Mercedes GP masih menempatkan dua pembalapnya di posisi empat besar. Yang berbeda adalah pemilik status pembalap tercepat, jika sebelumnya milik Button, maka kali ini jadi kepunyaan Hamilton. Catatan waktu terbaik yang dibuat juara dunia 2008 itu adalah satu menit 35,217. Sementara Button bergeser ke posisi tiga setelah lebih lambat 00,376 detik dari rekan setimnya itu. Sama seperti FP I, posisi dua masih menjadi

HASIL FREE PRACTICE II GP CHINA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24

LC Hamilton (GBR) N Rosberg (GER) J Button (GBR) M Schumacher (GER) S Vettel (GER) M Webber (AUS) A Sutil (GER) J Alguersuari (ESP) R Kubica (POL) F Alonso (ESP) F Massa (BRA) V Petrov (RUS) PM de la Rosa (ESP) K Kobayashi (JPN) RG Barrichello (BRA) V Liuzzi (ITA) N Hülkenberg (GER) J Trulli (ITA) H Kovalainen (FIN) T Glock (GER) K Chandhok (IND) L di Grassi (BRA) B Senna (BRA) S Buemi (SUI)

McLaren Mercedes McLaren Mercedes Red Bull Red Bull Force India Toro Rosso Renault Ferrari Ferrari Renault BMW Sauber BMW Sauber Williams Force India Williams Lotus Lotus Virgin HRT F1 Virgin HRT F1 Toro Rosso

1’35.217 1’35.465 1’35.593 1’35.602 1’35.791 1’35.995 1’36.254 1’36.377 1’36.389 1’36.604 1’36.944 1’36.986 1’37.421 1’37.431 1’37.657 1’37.804 1’37.867 1’39.624 1’39.947 1’40.233 1’41.008 1’41.107 1’41.345 -

milik Nico Rosberg. Waktu yang dibuat pembalap Jerman itu adalah satu menit 35,465,

atau lebih lambat 0,248 detik dari Hamilton. Juga berhasil mempertahankan posisinya adalah Michael Schumacher. Legenda F1 pengumpul tujuh gelar juara dunia itu lagi-lagi berada di tangga keempat setelah menorehkan waktu terbaiknya di lap ke-28, satu menit 35,602 detik. Hal ini sekaligus meralat berita sebelumnya, yang menyatakan Schumi duduk di posisi tujuh free practice I. Dengan waktu terbaik satu menit 35,791 detik, Sebastian Vettel menguntit di belakang Schumi. Juara GP China tahun lalu itu ditemani sesama penunggang Red Bull, Mark Webber, yang meraih posisi enam. Kejutan dibuat Adrian Sutil setelah berhasil menembus posisi tujuh. Pembalap Force India itu menorehkan waktu 1:36.254 untuk mengungguli Jaime Alguersuari di urutan delapan dan Robert Kubica di posisi sembilan. Penghuni posisi terakhir urutan 10 besar adalah Fernando Alonso dengan waktu terbaiknya 1:36.604. Alonso dikuntit dengan ketat oleh rekan sesama penunggang F10, Felipe Massa, yang menempati urutan 11. (Int)

bola top. Dilaporkan The Sun, ada saksi yang melihat wanita seksi itu bermesraan dengan Ronaldo di sebuah restoran mewah setelah menyaksikan pertandingan Real Madrid di Spanyol. “Dia dan Ronaldo terlihat sangat mesra dan mereka saling berciuman,” ungkap seorang saksi mata dalam wawancara ekslusifnya dengan tabloid Inggris yang dikenal sensasional itu. “Mereka terlihat sangat akrab, selalu tertawa sepanjang waktu.” Setelah makan malam itu, kebersamaan mereka ternyata tidak lantas berakhir. Kim konon menyempatkan diri untuk mampir di kediaman mantan bintang Manchester United tersebut selama empat jam sebelum kembali ke negaranya. (int)

Tevez-Neville semua fans,” tegas Ian Hopkins, Asisten Kepala Polisi setempat yang dikutip The Sun. “Ketika sebuah kelompok minoritas melakukan tindakan buruk, maka hal itu akan berdampak buat semua orang,” tuntas dia. Polisi dan stewards akan menjalankan prosedur pengamanan yang ketat. (int)

KI AGENG TAPAK JALAK

Mancini Dinyatakan bersalah, pelatih asal Italia itu mendapat hukuman percobaan denda sebesar 20 ribu poundsterling dan mendapat peringatan keras dari FA. “Komisi Peraturan Independen memberikan peringaktan keras terhadap perilaku Mancini dan dia mendapat hukuman percobaan denda sebesar 20 ribu poundsterling hingga akhir musim 2011/ 12,” demikian pernyataan FA. “Sanksi ini secara otomatis berlaku jika Mancini memperlihatkan perilaku negatif sebelum masa percobaannya usai.” Keputusan ini tentu saja membuat Mancini lega karena berarti dia masih diijinkan mengawal timnya bertarung di sisa kompetisi termasuk di laga krusial melawan Manchester United. Moyes yang dinyatakan tidak bersalah

Berciuman

( Bukan Memberi Janji Tapi Memberi bukti ) Insya ALLAH dapat membatu anda dalam hal

sebelumnya mengatakan Mancini tidak perlu mendapat hukuman. “Saya rasa Mancini hanya melakukan apa yang harus dilakukan demi timnya,” kata Moyes. “Dia hanya ingin City

meraih sesuatu pada laga tersebut.” “Roberto telah meminta maaf atas tindakannya setelah pertandingan. Dia manajer yang baik.” (int)

Poster Banyak yang menilai, poster itu untuk memanaskan tensi agar mempengaruhi psikologi MU sebab Tevez sebelumnya adalah pemain MU. Tevez merasa dibuang oleh Pelatih MU Alex Ferguson meski dia memberi kontribusi besar kepada klub itu. ”Aku tak pernah mengerti maksud dari pembuatan poster itu. Apa intinya? Katakan kepadaku. Apakah ini untuk menyambut kedatanganku di Manchester City atau untuk

membuat MU marah, tak ada yang tahu. Tak seorang pun pernah menjelaskan kepadaku,” kata Tevez. ”Penting Anda tahu, aku tak punya kaitan apa pun dengan poster itu. Aku malah berharap poster itu tak usah dipertunjukkan di stadion kala MU datang. Aku menghormati semua klub yang pernah aku perkuat. Munculnya poster itu sama halnya tak menghormati lawan,” tambahnya. (int)

A. PENGOBATAN MEDIS DAN NON MEDIS : Kebas2, Asam Urat, Struk, Darah Tinggi, Diabetes, Liver, Batu Ginjal, Asma, TBC, Kanker, Kelenjar Getah Bening, Ejakulasi Dini, Ingin Punya Keturunan, Stress, Gila, Kena Narkoba, Anak Bandel, Terkena Racun, Kena Guna2, Santet, Teluh dsb ( Mahar Ikhlas) B. Tasbih Alkaromah, Batu Merah Delima, Alqur'an Stambul, Rompi RijalulGoib, Sabuk Kekuatan, Keris Semar Mesem, Tali Pinggang Karomah, Buka Aura, Pelarisan Usaha, Susuk Kantil, Susuk Rembulan, Sususk Samber Lilin, Masalah Asmara, Tender, Jabatan, Pagar Goib, Kekebalan, Kapsul Kecantikan, Terawangan, Rogo Sukmo, Siref, Sedulur Papat dll Problem. Alamat : PERUMAHAN GRIYA MORA INDAH BLOK C / 105 Tj. MORAWA

TELP : ( 061 ) 69627396, 0813 6116 4240 (NO SMS)

Praktek : Jam 13.00 - 21.00 WIB NB : Iklan Tidak Naik Tetap Buka RIBUAN ORANG TELAH TERBUKTI

RACIKAN MINYAK BULIN (BULUS & LINTAH ASLI) 1.

ALAMI TANPA EFEK SAMPING Diracik dengan ramuan kung sehingga tercipta minyak alami & ajaib mampu bikin ala vital pria jadi = besar- panjang - kokoh berotot & bertenaga sehingga anda akan jadi jagoan pria perkasa, bikin tahan lama sepuas - puasnya... Bahkan usia 70 tahun serasa 20 - an. Cobalah & buktikan Di jamin mujarab = 100% dan bergarans1 (hanya rp 150.000 / botol) Cukup pakai satu botol secara rutin. Hasilnya akan mantap permanent/seumur hidup. Bonus : rahasia agar tetap sugar & awet muda NB : untuk payudara juga tokcer 2. PENGISIAN "SUSUK PAMUNGKAS SAMBAS LILEN" = jenis susuk pamungkas dengan kekuatan energi sepuluh kali lipat, di isi sesuai kebutuhan anda (dijamin aman,tanpa resiko apapun) 3. SUSUK & BEDAK Ratu cennera =khusus untuk wanita agar tampil cantik mempesona & putih menanan,awet muda dan mengandun daya pikat luar biasa 4. BUKA AURA & AJI PENGASIHAN TEMBUS = tergolong ilmu pengasihan dahsyat mampu memancarkan daya pikat tanpa batas dan mendatangkan rejeki besar.... Mahar Rp. 91 ribu

SIAP UNTUK DIBUKTIKAN...!! KONSULTASI GRATIS

Alamat praktek : Bambang Al-Azis/ konsultan spiritual Hub : 061 773 773 70 - hp : 0813 7084 7253 Jln. Medan - tg. Morawa km. 12.5 gg. Suka mulia no. 76 sebelum pesantren al-muklisin izin kejati no. B-239/dsp.5/11/20091


vs

HE S NC

FO

OTB

TER U

NI

D TE

MAN. CITY

MA

SABTU 17 APRIL 2010

ALL C L

UB

MAN. UNITED

KRUSIAL TOTTENHAM vs CHELSEA

CARLOS Tevez kembali bersua mantan klubnya dalam derby Manchester.

TETAP SERIUS LONDON Dua derby seru tersaji di pekan ke-35 Premier League. Setelah derby Manchester (City versus United), berlanjut dengan derby London antara Tottenham Hotspur versus Chelsea di White Hart Lane. Berarti, White Hart Lane menggelar derby London beruntun setelah Spurs—julukan Tottenham— kontra Arsenal Rabu lalu (14/4). Seiring kemenangan 2-1 Spurs atas Arsenal 2-1, Chelsea semestinya waswas dengan sepak terjang tuan rumah. Benarkah begitu ? Ternyata tidak. The Blues—julukan Chelsea—sangat santai menyongsong derby di White Hart Lane. Joe Cole, gelandang serang Chelsea, menilai timnya sangat rileks karena timnya tidak lagi dalam tekanan besar dalam persaingan juara.

MANCHESTER Manchester City mendapat kabar baik seiring pulihnya beberapa pemain di sisi pertahanannya. Maka Roberto Mancini pun menantang Manchester United memainkan Wayne Rooney di Derby Manchester. Wayner Bridge adalah pemain paling ditunggu kehadiran seiring kesembuhannya usai menjalani operasi hernia yang membuatnya absen di lima laga terakhir City. Bridge adalah kekuatan utama City di posisi bek kiri. Selain Bridge, Stephen Ireland yang pulih dari cedera engkel dan lutut Patrick Vieira sudah sembuh. Baik Ireland dan Vieira adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan atau jangkar. Menyusul ketiga pemain itu adalah bek kanan Pablo Zabaleta yang sudah terbebas dari skorsing dua laganya. K e m balinya

empat orang yang memiliki naluri bertahan itu membumbungkan optimisme Mancini dalam menyambut laga panas dan krusial kontra MU, Sabtu (17/4). Dengan sistem permainan menyerang dan terbuka yang dianut kedua, laga tersebut berpotensi memunculkan banyak gol. “Pablo Zabaleta akan kembali lagi setelah suspensi dua pertandingan dan kemungkinan Stephen Ireland, Patrick Vieira dan Wayne Bridge adalah berita yang sangat bagus untuk kami,� ucap Mancini di ESPN. “Saya sangat senang mereka bisa kembali berlatih dan kita lihat bagaimana permainan kami minggu ini. Berita baik pemain kami fit semua di saat memasuki fase krusial musim ini dengan banyaknya laga penting di depan,� tambahnya. Jika pilar pertahanan sudah membaik, Mancini lantas ingin menguji sekokoh apa nanti benteng yang dibangun para pemainnya. Baca Halaman 15

: : : : : : : : : : : : : : : : :

0 Livorno 0 Chelsea ½ Wolves 0 Everton ½ Burnley 0 Bolton 0 Man Utd 1 Hannover ½ Bremen 0 Mainz 0 Leverkusen 0 Nurnberg ½ Mgladbach 0 Getafe ½ Almeria 0 Santander ½ Atletico

SIARAN LANGSUNG ESPN Sabtu (17/04), pukul 18:45 wib : Man City vs Man Utd Sabtu (17/04), pukul 21:00 wib : Blackburn vs Everton TVONE Sabtu (17/04), pukul 23:30 wib : Tottenham vs Chelsea

JADWAL PERTANDINGAN LIGA INGGRIS Sabtu, (17/04) : Tottenham vs Chelsea, Fulham vs Wolves, Blackburn vs Everton, Sunderland vs Burnley, Stoke vs Bolton, Man City vs Man Utd LIGA ITALIA Sabtu, (17/04) : Chievo vs Livorno LIGA JERMAN Sabtu, (17/04) : Bayern vs Hannover, Wolfsburg vs Bremen, Hamburg vs Mainz, Stuttgart vs Leverkusen, Freiburg vs Nurnberg, Schalke vs Mgladbach LIGA SPANYOL Minggu, (18/04) : Tenerife vs Getafe, La Coruna vs Almeria, Xerez vs Santander, Malaga vs Valladolid, Villarreal vs Atletico

Baca Halaman 15

MIRROR

PREDIKSI LAE TOGAR 0 0 0 1 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0

Setelah sempat menjadi “bintang� koran kuning karena mantan pacarnya, Vanessa Perroncel, pernah berselingkuh dengan pemain Chelsea John Terry, Bridge terakhir digosipkan menjalin hubungan dengan Kardashian. Bridge bertemu bintang reality show ternama di Amerika Serikat saat berlibur bersama rekan setimnya di Miami beberapa waktu lalu. Setelah itu mereka sering terlihat jalan bareng dan kabarnya mereka juga sering bertukar SMS. Akan tetapi, jika berhasrat pada Kardashian, Bridge harus kembali mendapat saingan seorang pemain

Poster Tevez Kopian Obama Panasi MU

Baca Halaman 15

Chievo Tottenham Fulham Blackburn Sunderland Stoke Man City B. Munich Wolfsburg Hamburg Stuttgart Freiburg Schalke Tenerife La Coruna Xerez Villarreal

Wayne Bridge diisukan kembali harus bersaing dengan sesama pemain bola soal perempuan. Model hot Kim Kardashian yang menjadi teman kencannya dikabarkan kedapatan bermesraan dengan Cristiano Ronaldo.

KIM KARDASHIAN

REUTERS/TOBY MELVILLE

FRANK Lampard optimis kembali meraih kemenangan di White Hart Lane.

Berciuman dengan Ronaldo

Wayne Rooney kemungkinan diturunkan Sir Alex Ferguson untuk mengisi lini depan MU.

32 Tevez

TEVEZ-NEVILLE DIMINTA JAGA SIKAP TINGGINYA tensi Derby Manchester membuat kepolisian setempat berada dalam kewaspadaan penuh. Pihak berwajib secara khusus juga memperingatkan Carlos Tevez dan Gary Neville. Laga antara dua tim elit ini dipastikan akan berlangsung ‘panas’, tidak hanya di luar lapangan tapi juga antar pemain. Publik tentu masih ingat dengan perselisihan

Mancini Lolos dari Sanksi Berat FA ROBERTO Mancini lolos dari sanksi berat FA dan hanya mendapat hukuman percobaan denda setelah dinyatakan bersalah karena berlaku kasar. Sanksi ini berkaitan dengan insiden antara Mancini dan bos Everton David Moyes. Pelatih Manchester City itu melaPHIL NOBLE - REUTERS kukan tindakan berlebihan terhadap Moyes yang sedang mengulur-ulur waktu di menit-menit akhir. Mancini mengambil paksa bola dari tangan Moyes hingga keduanya berkonfrontasi. Laga tersebut akhirnya dimenangkan Everton dengan skor 2-0. Baca Halaman 15

antara Tevez dan Neville ketika kedua timnya bertemu di leg pertama semifinal Piala Carling, Januari silam. Tevez yang mencetak gol lantas melakukan selebrasi provokatif yang kemudian dibalas dengan acungan jari tengah oleh Neville. Meskipun kejadian itu sudah berlalu namun hingga kini keduanya belum menunjukkan tanda adanya ‘kesepakatan damai’. Walau begitu,

diharapkan Tevez dan Neville dapat menjaga sikapnya agar tercipta suasana yang menyenangkan selama pertandingan. “Tujuan utama kami adalah menyakinkan laga tersebut menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan buat Baca Halaman 15

POSTER Carlos Tevez yang meniru poster Barack Obama saat kampanyenya.

MANCHESTER Manchester City mencoba menaikkan tensi saat mereka menjamu rival sekota, Manchester United. City menyewa seniman yang melukis poster kampanye Barack Obama untuk membuat poster Carlos Tevez. Seniman Shephard Fairey membuat desain poster Obama dengan tulisan �Hope� untuk kampanye Presiden Amerika Serikat. Poster itu akhirnya populer dan berkesan. Saat menjamu MU nanti, City akan memamerkan poster Tevez dengan karakteristik sama dengan poster Obama. Bedanya, tulisan �Hop� diganti dengan �Pasion� atau gairah dalam bahasa Spanyol. Baca Halaman 15


17 April 2010