Issuu on Google+

Visi : “Memberikan pelayanan prima kepada masyarakat Kepulaun Selayar (Committed toExcellence in Services)”

MISI:

Misi : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Saatnya kita bertindak mewujudkan keselamatan Lingkungan Hidup. Saatnya kita bertindak mewujudkan keselamatan Mayarakat di Kepulauan dan Daratan. Menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas darat dan laut. Memberikan pendidikan terhadap masyarakat dalam rangka Membangun Jiwa dan Raga. Mendukung program Selayar sebagai Kabupaten Kepulauan menuju ‘Maju, Sejahtera dan Religius’. Proses transparansi dalam pelaksanaan tugas, salah satunya bekerjasama dengan media. Berusaha menjadi Bhayangkara yang baik dan humanis dengan filosof ‘Perbaiki Terus Kapalmu Karena Lautan Akan Semakin Dalam’.

Polda Sulsel. Luas Wilayah Hukum Polres Kepulauan Selayar tdr dr Polsek (4 polsek di daratan dan 3 polsek di pulau + 4 pospol) jika dibandingkan dgn Data Kabupaten Selayar berobah menjadi Kabupaten Kepulauan Selayar berdsrkn PP no 59 Thn 2008 Tgl 21 Agustus 2008. Jmlh Kecamatan 11, (6 di daratan: Bontomatene, Buki, Bontomanai, Benteng, Bontoharu, Bontosikuyu) dan 5 di kepulauan (Pasimarannu, Pasimasunggu Timur, Pasimasunggu, Pasilambena, TakaBonerate). Jumlah Desa 81, jumlah Kelurahan 7. Jumlah Pulau 130 buah, 26 di antaranya berpenghuni. 1).jmlh Penduduk kesluruhan 123.283 jiwa. 2).Jmlh penduduk di daratan 79.891 jiwa 3).di pulau: 43.392 jiwa. 4).Luas wilayah daratan 1.357,03 km2 , Luas Lautan 9.146,66 KM2. Sumber Data: Selayar dlm Angka Tahun 2012. (Isi data th 2011). Sehubungan dgn Karakteristik Kerawanan Daerah Kepulauan utk Polres Kepulauan memiliki Satuan Fungsi Polair utk memberikan pelayanan kpd masyarakat dlm menjaga Wilayahnya terutama pengrusakan lingkungan melalui pencurian terumbu karang, satwa Laut yg dilindungi, ilegal logging, ilegal fishing... Kami akan konsolidasi ke dalam dulu/internal dan menscanning permasalahan2 yg terjadi shg bisa teridentifikasi utk dilaksanakan secara skala prioritas sesuai dengan Arahan Pak Kapolda Sulsel utk bertindak scr normatif dg taat azas dan taat prosedur. Dan kami mengajak seluruh elemen utk memberikan dukungan dari masyarakat sangat penting utk menciptakan kamtibmas yg kondusif dibackup stake holder yg ada diantaranya Pemda, Toga, tomas dan unsur TNI termasuk Media Massa dlm memberikan sajian informasi yg produktif dan edukatif.


Hari Pertama tiba di selayar tgl 19 peb 13 Kunjungan pertama Kapolres kepulauan selayar, AKBP Moh Hidayat B SH SIK MH, melakukan blusukan. Di dampingi sang istri dan keluarga, Kapolres yang tiba di kota benteng, ibu kota kab selayar, sekitar pukul 16.00 waktu setempat langsung melayat ke rumah warga yang sedang berduka. Tidak hanya melayat, kapolres juga menyempatkan diri mengikuti proses pemakaman almarhum di tempat pemakaman umum kota benteng.


Sebelumnya kapolres yang melakukan perjalanan dari makassar ke kab selayar dengan melalui jalur darat dan jalur laut, sempat melakukan koordinasi dengan kapten kapal KM bontoharu, terkait keamanan berlayar dan ketertiban para pengguna jasa kapal feri tersebut.


setelah tiba untuk pertama kalinya di kab selayar, perwira yang pernah menjabat sebagai kasat lantas polrestabes makassar ini/ juga menyempatkan diri shalat ashar berjamaah di masjid an nasir, di desa bonea, kab selayar. Usai shalat berjamaah, tanpa di dampingi anggota polres selayar, kapolres melakukan pemantauan dengan berkeliling kota benteng dan bersilaturahmi dengan sejumlah masyarakat.


Malamnya digelar acara sambutan dan perkenalan dengan jajarannya di ruang aula anindhita polres kepulauan Selayar.


penyelamatan cagar budaya.

1.Rumah dinas kapolres kepulauan selayar merupakan cagar budaya


2.Rumah panggung sebagai cagar budaya yg dijadikan kantor bayangkari cabang Polres kepulauan selayar


3.Rumah panggung sebagai cagar budaya yg dijadikan ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, ruang Kasat Binmas & Ruangan Kabag Sumda Polres kepulauan selayar


4.Penjelasan dari pelaku sejararah: Gong Nekara berada di desa matalalang kabupaten kepulauan selayar sejak tahun 1600an di bawa oleh kapal Thailand yg karam di daerah tersebut sehingga raja Thailand memberikan gong tersebut sebagai Upeti kepada warga desa yang telah membantu pada saat kapal karam.


5. Penjelasan dari pelaku sejararah: Gong Nekara berada di desa Padang kabupaten kepulauan selayar.


Silaturahmi dengan unsur TNI yaitu Komandan Kodim 1415 kepulauan selayar Letkol Infantri Leo Agung Priyo sambil menjelaskan Visi Misi Polres kepulauan selayar sehingga dapat saling mensinergikan Program TNI & POLRI yang secara kebetulan kedua Pamen tersebut sama-sama mengenyam pendidikan AKABRI Tahun 1991-1994


Melatih Kebugaran di tengah-tengah Apel Pagi Rabu tgl 20 februari 2013


14. VISI MISI POLRES SELAYAR KEGIATAN