Page 1


PROLOG

The

Yoke T

ak satu pun manusia yang dalam hidupnya tidak pernah merasakan menjadi orang yang paling tertinggal di antara teman-temannya, baik dalam tindakan, pemikiran; dan di saat yang sama merasakan Tuhan itu tidak pernah ada dalam kehidupannya. Ia seakanakan hanyalah bagian dari imajinasi dan pemikiran manusia belaka karena di dasari oleh kelemahan manusia.

Mungkin pertanyaan yang paling pas adalah ‘mengapa’. Banyak faktor yang membuat kita sebagai manusia merasa seperti itu, contohnya prestasi. Manusia berusaha untuk menjadi ‘a perfect being’, sebagaimana seorang samurai menjalani hidup, harus sempurna sekali.

Namun, pernahkah kita merasakan bahwa hidup yang didasari pemikiran tersebut hanya membawa kesia-siaan? Hidup sempurna memang Pikullah kuk ya ng Kupasang dan h a r u s , t a p i b e rd a s a r ka n a p a ? belajarlah pada -Ku, Pemikiran sempurna karena Aku lema hanya hidup di lembut dan rend h byang awa h ku k d u n i a , ah hati dan jiwamu seperti logika dan mendapat ketena akan jasmani–bukan kuk ngan. yang telah disediakan Matius 11:29 oleh Allah–hanya membawa pada

A thrill of hope, the weary world rejoices For yonder breaks a new and glorious morn - O Holy Night

kegalauan hidup. Sekilas kuk itu berat, tetapi ketika kita mengikut segala arahan kuk Allah, kita akan mendapat damai sejahtera seperti yang dijanjikanNya. Ingat juga dalam Yoh 16:33b, kuk Allah memang berat dalam dunia (dalam dunia kamu menderita penganiayaan), tetapi janji Allah tetap untuk selamanya (Aku telah mengalahkan dunia). Tetap setia berkarya dalam Tuhan Yesus, karena pelayanan dan pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia. (adp) *** Fröhliche Weihnachten 2012 und Glückliches Neues Jahr 2013

sangkakalanatal 2012

1


Dari

Redaksi Sangkakala kembali hadir dalam Peringatan Momen Terbaik kita di penghujung tahun 2012 ini. Sungguh, secara luar biasa, kuasa dan tuntunan Tuhan sangatlah Redaksi rasakan pada pembuatan Sangkakala ini. Pada edisi kali ini, Sangkakala akan membahas tentang Natal, mulai dari ekposisi tema, trivia, review lagu, film, hingga hal-hal selingan lain di luar Natal. Semua artikel yang disajikan diharapkan bisa membangun rohani kita, menguatkan perjalanan iman kita, serta menambah pengetahuan kita. Semoga para pembaca bisa merasakan berkat Tuhan melalui Sangkakala Natal ini. Akhir kata, Redaksi mengucapkan Selamat Natal 2012, Tuhan Yesus memberkati kita semua. (ens)

Prolog Dari Redaksi & Daftar Isi Sambutan Ketua Natal Eksposisi Tema ”Momen Terbaiku” Seputar Natal “Advent” Liputan “Gathering Pekerja” Kesaksian ”Pemuridan” Trivia ”Tradisi Natal di Indonesia” Komik “Never Alone” Ngulik Lagu “The Story of White Christmas” Artikel “Akhir Zaman” Artikel “Maukah Engkau Menerima Kasih Itu?” Artikel “Sinterklaas” Isu Kampus “Ehh Ehhh... Tau Ga Sih?” Profil Tokoh Angela Dorothea Merkel “Reformasi Dari Titik Terendah” Christian Worldview Tubuh dalam Perspektif Alkitab Review Film “A Christmas Carol” DU-DU Quiz “Examine Yourself”

1 2 3 4 6 8 10 13 15 17 19 21 23 25 27

29 31 33 36

fb.me/pmkitb admin@pmk.itb.ac.id pmkitb

SUSUNAN REDAKSI: PEMIMPIN UTAMA Tuhan Yesus Kristus PEMIMPIN REDAKSI Ervan Sjukri [SI'11] KETUA EDITORIAL James Jaya [IF'11] KETUA DESAIN Agnes Cynthia Garetta [AR'11] KONTRIBUTOR Alexander Daniel

Pratama [FITB'12], Rachel Pra Asta Christya [AR'11], Arthur Marshall Tielung [TK'11], Andrea Monica [AR'11], Jovita Calista [SAPPK'12], Natalia Siringo Ringo [AR'11], Richard Andika [FTI'12], Yohans [MA'11], Andry Vince Sembiring [FTMD'12], Wendy William [TK'11], Rosalia Pujiastuti [FKK'11], Dini Dublong Restyanti [DKK'11], Mateus Frans Julio Naibaho [FITB'12], Fredrik Sofyan Hutapea [FTSL'12], Ivana Anggraeni [SAPPK'12], Kevin Agustinus Lazarus [FITB'12], Vani Adelina S. [SAPPK'12], Adinda Christina R. [AR'10], Yosua Rio Anugrah [FTI'12], Daniel Christian [EL'10], Simon Ferez Sinaga [FTTM'12], Christian Hanover [AR'11], Carolina Sanjaya [SITH'12], Kevin Nathaniel [FTSL'12], Justlynn Ray [TK'11], Junita Sinambela [STEI'12], Grace E. M. Hutahaean [SITH'12], Trisfianto Prasetio [FT'11], Erick Mulijadi [FTSL'12], Dita Ayu Marlina Banjarnahor [FTI'12], Timothy Pratama [STEI'12], Alvin Sutandar [STEI'12], Ratna Dewi Pardede [SAPPK'12], Jessica Evangeline Mulyono [MG'11], Yohanes Arya Duta [DP'11], Genta Indra Winata [IF'11], Claudia Clara [SR’11]

2

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku

Persekutuan Mahasiswa Kristen ITB

@pmkitb pmk.itb.ac.id

Kasih Mula-Mula Keluarga Tuhan Seorang anak mendapatkan hadiah dari ayahnya, melambangkasih kasih mulamula. Tuhan yang memberikan hadiah keselamatan. Ayah adalah figur Allah. Art by Claudia Clara [SR’11]


Apa kabar PMK ITB? Luar biasa, Yesus dahsya t!

RAWR!!

HANS ANDRE AS [TK’11]

Tidak terasa ya satu semester lagi sudah berlalu dan kita sudah sampai di penghujung tahun 2012. Pasti banyak hal yang telah kita lalui sepanjang tahun 2012 ini, terutama bagi adik-adik angkatan 2012 yang baru merasakan kehidupan perkuliahan di ITB. Selain teman-teman baru, pasti kalian juga mengalami banyak pengalaman dan sukacita selama satu semester pertama kalian di kampus Ganesha ini. Aku harap juga kalian sudah bertumbuh secara rohani lewat PMK ITB. Ingat Matius 6:33 berkata “Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Jadi jika kita menempatkan Tuhan sebagai prioritas pertama kita, niscaya hal-hal yang lain termasuk kehidupan perkuliahan kita akan senantiasa diberkati. Sudah pada tahu pastinya dong ya kalo pada akhir tahun ada perayaan Natal. Hehe... Namun yang penting bukan perayaan, pesta, atau makan-makannya. Namun ini adalah momen yang sangat penting bagi kita, yang mengingatkan bahwa Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah datang ke dunia ini untuk menebus dosadosa kita semua, sehingga oleh jubah kebenaran Kristus, kita dilayakkan menjadi ahli waris surga. Tentunya ini adalah sukacita terbesar bagi kita semua. Aku sangat bersyukur kepada Tuhan karena kita masih bisa ketemu lagi di Natal tahun ini. Semoga lewat momen ini kita bisa lebih dekat lagi, terutama kita semua bisa lebih erat dipersatukan dalam tubuh Kristus. Semoga kita juga bisa merasakan kasih mula-mula, ketika kita “jatuh cinta” pertama kali pada Kristus, dan semakin jatuh cinta setiap hari. Dalam 1 Yohanes 4:10, “Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita.” Sungguh merupakan suatu kasih karunia yang besar kita dikasihi oleh Pribadi yang luar biasa, Yesus Kristus. Kasih ini harus kita pelihara senantiasa dalam hubungan kita dengan Kristus. Aku mewakili Panitia Natal PMK 2012 mengucapkan “Selamat Natal 2012!”. RAWR! (Resurrected to Act on World Redemption) It’s all about grace!! (amt) Sola Gracia! Feliz Navidad en 2012!! Dan… selamat menyambut tahun baru 2013 dengan penuh sukacita! \\^o^// Jesus Loves you!!

sangkakalanatal 2012

3


EKSPOSISI TEMA

u k k i a b r e n e T m o M

“

g lotre, , menan n ia p im san anggap asuk juru n apa yang kamu m , N T P ome SNM Tembus an hati–m ? sang puja a dalam hidupmu k a b m e dit rg a rh e aling b momen p

“

[

Saat‌ jatuh cinta dengan Tuhan Yesus, pastinya!

Ingatkah hari saat kamu pertama menerima Yesus sebagai Juru Selamatmu? Ingatkah hari saat kamu benar-benar menerima Ia di hatimu? Di hari itu kamu dimenangkan, kamu benar disadarkan akan betapa besar kasih-Nya yang rela memberikan Anak-Nya yang tunggal untuk menebus dosadosamu.

Pada hari itu kamu sadar bahwa relasimu dengan Allah diperbaiki dan kamu dilayakkan untuk memanggil-Nya Bapa.

Luar biasa kejadian Tuhan pada hari itu dan pada momen itu pun kamu jatuh cinta pada Tuhan! Kamu jatuh cinta pada Tuhan karena Ia telah mengasihimu terlebih dahulu. (1 Yohanes 4:19)

[

First love with Jesus

[

Di Alkitab berbahasa Indonesia, rasa cinta ini dinamakan sebagai 'kasih mula-mula' (Wahyu 2:4) (atau 'first love' dalam Alkitab terjemahan bahasa Inggris (NIV)). Kasih ini tulus dan murni. Kasih ini membuatmu merasa dipenuhi kegembiraan, suka cita yang sesungguhnya. Kasih ini begitu bersemangat, sehingga kamu ingin menceritakan tentang kasih ini dan Sumbernya ke semua orang. Kasih inilah yang membuat kamu ingin mengasihi orang lain.

Kasih ini juga yang membuat kamu tidak terjerumus saat terjatuh. Kamu tetap merasakan sukacita dan benar-benar mengerti kalau Tuhan Yesus pasti menepati semua janji-Nya. Kamu benar-benar berharap dan menggantungkan segalanya pada Tuhan dan pasti, pengharapanmu tidak akan sia-sia.

4

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


[

Kasih 'mula-mula'? Hanya saat di awal‌?

[

Tentu tidak! Kasih mula-mula tidak berarti kasih ini cuma ada saat awal kita menerima Yesus. Rasa cinta pada Tuhan yang begitu besar dan kuat ini harus kita pertahankan sepanjang hidup kita. Tuhan Yesus sendiri mengajarkan kita untuk mengasihi Allah dengan segenap hati kita. (Matius 22:37-40)

Kamu pasti mempunyai seseorang yang kamu sayang di dunia ini. Mungkin ibumu, mungkin saudaramu, mungkin sahabatmu. Kalau kamu benar menyayangi mereka, maka kamu tidak akan menyakiti hati mereka.

Begitu pula saat kamu benar-benar mengasihi Tuhan dengan kasih mula-mula yang sangat menggebugebu itu. Tidak mungkin muncul setitikpun rasa ingin menyakiti hati Tuhan dengan melakukan dosa dan menjauhi kehendak-Nya!

Kasih ini pula yang menjadi 'bahan bakar' yang benar dalam pelayanan. Seluruh pelayananmu, seluruh bagian hidupmu, seharusnya dilandasi akan cinta yang begitu besar pada Tuhan, sehingga apapun yang kamu lakukan kamu benar-benar sadar bahwa semuanya diberikan oleh Tuhan dan untuk memuliakan nama-Nya. Tidak sedikitpun usahamu di dalamnya dan tidak sedikitpun namamu dimuliakan.

[

[

Karena itulah, kasih mula-mula ini harus kita pertahankan sepanjang kita hidup, bukan hanya hangat di awal saja, sehingga seluruh hidupmu bersama Tuhan adalah momen terbaikmu!

Selamat dua puluh lima Desember. Selamat merayakan permulaan dari Maha Karya-Nya. Semoga kita ikut kembali ke mula; ke rasa cinta mula-mula kita terhadap Tuhan! (kal)

Soli Deo Gloria.

Ia diutus untuk menebus mereka, yang takluk kepada hukum Taurat, supaya kita diterima menjadi anak.

sangkakalanatal 2012

5


SEPUTAR NATAL

6

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup ynag kekal." Yohanes 3:16

Noel, Noel, Noel, Noel Born is the King of Israel!

sangkakalanatal 2012

7


LIPUTAN

LIPUTAN

GATHERING PEKERJA 2 NOVEMBER 2012

Gathering Pekerja adalah suatu kegiatan yang mengumpulkan seluruh pekerja PMK ITB untuk membahas seluruh kegiatan di tiap-tiap divisi selama ini, apaapa saja yang telah dilakukan di tiap-tiap divisi, dan juga tak kalah pentingnya adalah masalah yang dihadapi di tiap-tiap divisi. Para pekerja yang dimaksud di sini ialah seluruh orang-orang yang terlibat dalam tiap-tiap divisi PMK ITB.

01 8

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku

G at h e r i n g Pe ke r j a P M K I T B i n i dilaksanakan di BSC-A/Basic Science Center-A pada hari Jumat, 2 November 2012 tepatnya pada pukul 7 malam. Acara dimulai dengan menaikkan puji syukur ke hadirat Tuhan, dan kemudian dilanjutkan dengan siraman rohani dari Ibu Marrietta selaku pembicara. Beliau menjelaskan apa yang dimaksud dengan pekerja, apa itu pelayanan, dan apa yang Tuhan kehendaki dari setiap pelayanan yang dilakukan para pekerja Tuhan yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit.


Acara kemudian dilanjutkan dengan review dari masing-masing divisi yang dipandu oleh Hans (TK 2011) dan Devica (GL 2010). Tiap-tiap divisi diwakili oleh satu orang untuk maju ke depan memaparkan hasilhasil kerja dari divisinya selama tahun 2012 ini. Setelah itu, dilakukan pembagian kelompok berdasarkan sepotong kertas yang telah diterima oleh tiap-tiap orang sewaktu memasuki ruangan. Di dalam kelompok itu tiap-tiap orang diajak berkonsultasi mengenai divisi-divisi tadi, dan juga apa yang dirasakan dari ketika berada di divisi kita pribadi masing-masing. Tak kalah pentingnya selama mengikuti gathering pekerja ini kita juga dapat makan loh. Manfaat dari keseluruhan acara ini ialah untuk me-review kembali tiap-tiap divisi, apa yang telah dilakukan, apa masalah yang dihadapi, mendata kembali anggota-anggota di tiap-tiap divisi, dan juga memberikan solusi untuk menghadapi masalah ke depannya. (dry)

Prospero Ano y Felicidad, Feliz Navidad

sangkakalanatal 2012

9


KESAKSIAN

Pemuridan Pemuridan? Kata tersebut pertama kali

Setelah bergumul dan berdoa selama

saya dengar ketika saya duduk di bangku kelas X

beberapa hari, akhirnya pada tanggal 4 September

SMA di salah satu sekolah negeri di Bandung. Di

2008 saya memutuskan untuk menjadi anak PA

sekolah saya, ada sebuah Persekutuan Siswa

Kak Jenne. Saya memiliki satu orang saudara PA

Kristen yaitu One Creative Ministry (OCM).

yang bernama Naomi M. F. Di pertemuan PA

Suatu hari, setelah ibadah OCM di hari jumat

pertama, banyak hal yang dibagikan oleh Kak

selesai, ada seorang kakak alumni OCM yang

Jenne. Salah satunya adalah mengenai

bernama Jenne Maria Magdalena yang

keselamatan. Saya memang sering mendengar

mendatangi saya. Kemudian ia bertanya kepada

tentang kata keselamatan, tetapi dulu bagi saya

saya mengenai pemuridan. Saat itu, saya belum

kata itu hanya sekedar kata saja dan saya tidak

pernah mendengar tentang pemuridan.

terlalu mengerti mengenai maknanya. Namun,

Setelah saya mengatakan bahwa saya tidak

melalui keluarga PA ini saya menjadi mengerti

tahu mengenai pemuridan, Kak Jenne langsung

mengenai makna keselamatan tersebut.

menjelaskan tentang pemuridan kepada saya.

Keselamatan itu tidak ada di dalam siapapun juga

Di akhir penjelasannya, Kak Jenne bertanya

selain di dalam Dia (Kis 4 : 12).

kepada saya, “Apakah kamu mau menjadi anak

Sebelum saya masuk SMA, saya memang

PA Kakak?�. Saat itu, saya tidak yakin dan

sudah menjadi seorang kristiani, namun saya tidak

merasa ragu untuk dimuridkan, sehingga Kak

pernah memaknai hidup saya sebagai seorang

Jenne meminta saya untuk mendoakannya

kristiani. Dapat dikatakan bahwa hidup saya tidak ada bedanya dengan orang-orang yang tidak

terlebih dahulu.

mengenal Kristus. Kak Jenne banyak menceritakan kisah hidupnya bersama Kristus, diantaranya mengenai perubahan karakter dari yang sangat pemalu menjadi sosok yang menyenangkan. Kak Jenne juga telah disembuhkan dari sakit ginjal yang dideritanya ketika ia masih kecil. Bahkan dokter-dokter yang sempat memeriksanya mengatakan bahwa harapan hidup yang dimiliki oleh kak Jenne sangat kecil. Namun, kini ginjalnya

10

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


telah pulih seratus persen layaknya ginjal

usaha saya, tapi ini semua karena kasih karunia

normal. Bagi saya semua kejadian yang dialami

Tuhan (Ef 2 : 8 - 9).

oleh Kak Jenne sangat luar biasa dan tidaklah

Sebelum saya dimuridkan yang saya

terlepas dari kasih karunia Tuhan. Sebelumnya

tahu, Tuhan itu pengasih dan penyayang saja.

tidak pernah terpikirkan oleh saya untuk melalui

Namun, kini saya mengenal Tuhan sebagai

setiap detik di dalam hidup saya bersama Tuhan.

Tuhan yang tidak pernah berhenti berjuang bagi

Namun, semenjak saat itu saya sangat ingin

saya, Ia sangat kreatif, sangat penuh kejutan,

sekali mengalami hal-hal yang luar biasa

selalu setia walaupun sering saya tidak setia

bersama Tuhan secara pribadi. Di akhir

kepada-Nya, dan masih banyak lagi. Semua hal

pertemuan PA kami yang pertama tersebut, Kak

ini dapat saya ketahui karena saya langsung

Jenne berpesan “Ketika kalian mau mengalami

mengalaminya sendiri bersama Tuhan. Saya

kejadian yang luar biasa bersama Tuhan,

dapat lebih mengenal Tuhan karena saya belajar

pertama-tama kalian harus menerima Kristus

untuk membaca Alkitab (isi hati Tuhan), berdoa,

sebagai juruselamat dulu. Undang Tuhan untuk

memuji dan menyembah. Karena sesungguhnya

masuk ke dalam hati setiap kalian pribadi. Mulai

Tuhan bukanlah sosok yang sulit untuk

ceritakan segala sesuatunya kepada Tuhan.�

dimengerti.

Setelah hari pertama PA tersebut, saya

Satu hal yang paling ditekankan oleh Kak

mulai belajar untuk berdoa dan mengundang

Jenne kepada saya dan Naomi adalah jangan

Tuhan untuk masuk ke dalam hati saya. Memang

pernah menghindari proses! Mungkin untuk

awalnya saya merasa hal yang saya lakukan

m e l a l u i s et i a p p ro s e s b u t u h b a nya k

tersebut tidak ada dampaknya, bahkan dulu

pengorbanan dan tidak semudah membalikan

saya sempat berpikir, apakah hal yang saya

telapak tangan. Tetapi, belajarlah untuk tetap

lakukan ini sudah benar? Namun, tanpa saya

taat dan setia walau apapun yang terjadi di

sadari hal-hal tersebut berdampak besar di

dalam hidupmu. Karena Tuhan telah

dalam hidup saya. Dulu ketika saya masih kelas

menyediakan segala sesuatu yang terbaik bagi

X, saya adalah pribadi yang sangat moody. Di

diri kita masing-masing. Awalnya memang saya

suatu saat saya bisa tertawa terbahak-bahak,

merasa sangat kesulitan dan merasa tidak

tapi beberapa menit kemudian saya bisa diam

mampu melewati setiap

seribu bahasa dan menjadi sosok yang mungkin

pencobaan yang ada di

dapat dikatakan sangat menjengkelkan. Dulu

d a l a m h i d u p s aya .

saya juga memiliki kepahitan kepada Ayah saya.

Namun, saya selalu

Namun kini, secara perlahan tapi pasti Tuhan

teringat kata-kata dari Kak

telah memulihkan hidup saya, termasuk

Jenne tersebut, sehingga

hubungan saya dengan Ayah saya. Saya

saya terus berjuang

menyadari bahwa ini semua bukanlah hasil

untuk melalui setiap

Go tell it on the mountain, Our Jesus Christ is born

sangkakalanatal 2012

11


proses yang telah Tuhan taruhkan di dalam hidup saya. Saya merasakan secara perlahan tapi pasti, suatu perubahan telah terjadi di dalam hidup saya ketika saya belajar untuk tetap taat dan setia menjalani setiap proses yang ada di dalam hidup saya. Melalui keluarga PA ini, saya juga belajar untuk menguatkan dan juga dikuatkan. Setelah dimuridkan apakah semuanya selesai? Tidak. Kita juga harus belajar untuk membagikannya kepada orang lain, supaya orang lain juga boleh mengenal Tuhan. Seperti yang tertulis dalam Matius 28 : 19 -20, “Karena itu pergilah jadikanlah semua bangsa muridKu dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarkanlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.� Semenjak tanggal 10 Februari 2012, Tuhan telah mempercayakan saya untuk menjadi seorang kakak PA bagi Nadya dan Hana. Saat ini, mereka masih duduk di bangku kelas XI SMA. Saya telah mendoakan tentang hal memuridkan ini semenjak masih duduk di bangku kelas XII SMA. Kemudian ketika saya bertemu dengan Nadya dan Hana, saya mendoakan mereka di setiap doa malam saya. Saya terus memastikan kepada Tuhan kalau memang mereka yang harus menjadi adik PA saya. Karena saya tidak mau asal-asalan di dalam mengambil adik PA. Karena saya tahu ketika saya memuridkan, saya berarti bertanggung jawab atas hidup seseorang. Maksudnya disini adalah ketika saya menjadi seorang kakak PA, saya akan menceritakan Kristus melalui hidup saya, dan adik PA saya akan melihat hidup saya. Berarti saya harus terus memastikan bahwa hidup yang sedang saya jalani saat ini benar dan berkenan di hadapan Tuhan. Saya sangat bersyukur karena saya boleh memiliki kesempatan untuk melihat perkembangan rohani dari kedua adik PA saya. Mungkin memang tidak mudah untuk melalui setiap proses yang ada di dalam hidup kita. Tetapi “Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu� (Ams 3 : 5-6). Jangan pernah takut untuk dimuridkan dan memuridkan. Yang terpenting adalah tetap jaga komunikasi dengan Tuhan. Kalau memang merasa bingung atau merasa takut salah, mintalah bimbingan Tuhan. Karena Tuhan tidak akan pernah memberikan jawaban yang salah. Ini kisahku, bagaimana dengan kisahmu? (orp)

12

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


TRIVIA

Tradisi di

Natal

Indonesia

N

egara kita terdiri dari beragam suku yang menjadikannya negara yang kaya akan budaya. Masing-masing daerah mempunyai tradisi yang berbeda untuk merayakan hari-hari besarnya. Nah, penasaran nggak sih bagaimana setiap daerah di Indonesia merayakan hari Natal? Let's find out, keep reading.

DKI Jakarta Di DKI Jakarta terdapat Kampung Tugu. Nah, di sini terkenal tradisi unik untuk merayakan Natal yang disebut Rabo-Rabo. Setelah kebaktian, warga berziarah ke kuburan yang terletak di samping gereja, lalu dimulailah tradisi Rabo-Rabo. Warga bermain musik keroncong dengan lagu Natal sambil berkeliling kampung untuk mengunjungi keluarga. Setiap penghuni rumah yang habis dikunjungi wajib mengikuti rombongan sampai ke rumah yang terakhir. Puncak perayaan terdapat pada tradisi mandi-mandi. Warga Kampung Tugu berkumpul di rumah keluarganya lalu mereka saling mencorat-coret muka dengan bedak putih. Ini merupakan simbol untuk membersihkan kesalahan yang lalu menjelang tahun baru.

Toraja Setiap Natal, Pemda Toraja mengadakan festival budaya dan pariwisata bernama “Lovely December". Festival ini dibuka pada awal Desember dengan pemotongan kerbau belang dan berakhir tanggal 26 Desember dengan arak-arakan yang disebut lettoan. Di festival yang terbuka untuk umum ini, para pengunjung dapat menikmati karnaval, bazaar Natal, kontes kerbau, aneka acara adat, pentas seni, pameran kerajinan tangan, dan kuliner.

Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu petanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

sangkakalanatal 2012

13


Sumatera Utara Masyarakat Batak di Sumatera Utara mengenal tradisi Marbinda untuk perayaan Natal. Pada tradisi ini, masyarakat memotong seekor hewan bersama-sama. Hewan dibeli dari hasil tabungan bersama beberapa bulan sebelumnya. Masyarakat dapat membeli kerbau, tetapi kalau tabungan sedikit biasanya mereka hanya membeli babi untuk di potong. Pada saat perayaan, masyarakat melakukan marhobas, yaitu pemotongan dan pembagian hewan hasil patungan tersebut.

Yogyakarta Yogyakarta memang kota yang kental akan nuansa budaya, termasuk pada perayaan Natal. Pada saat perayaan Natal, biasanya pendeta memimpin ibadah dengan memakai beskap dan blangkon serta menggunakan bahasa Jawa halus. Selain itu, ada pula pertunjukan wayang kulit bertema kelahiran kristus. Pada 25 Desember, ada juga tradisi saling mengunjungi. Tak jarang, anak-anak pun pulang dengan membawa angpau sehabis mengunjungi saudara dan orang terdekatnya. Asik ya teman – teman

Papua Warga Papua mempunyai tradisi barapen atau bakar batu, yaitu sebuah ritual kuliner lokal untuk mengolah babi. Tradisi ini dilakukan sebagai ungkapan kebahagiaan Natal. Selain itu, banyak tempat yang dihias dengan dekorasi bertemakan kelahiran Yesus, lagu-lagu Natal pun diputar selama 24 jam.

Ambon Di Ambon, Natal identik dengan bunyi sirine kapal, kembang api, dan lonceng gereja yang dibunyikan serentak pada tengah malam 24 Desember. Momen ini juga identik dengan pertemuan keluarga besar. (mib)

14

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


KOMIK

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

sangkakalanatal 2012

15


sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku

Art by: Ivana Anggraeni [SAPPK'12]

16


NGULIK LAGU

The Story of

White Christmas

[

[

I'm Dreaming Of A White Christmas With Every Christmas Card I Write

May Your Days Be Merry And Bright

And May All Your Christmas As Be White I'm Dreaming Of A White Christmas

Just Like The Ones I Used To Know Where The Tree Tops Glisten

And Children Listen, To Hear Sleigh Bells In The Snow.

Akhirnya hari Natal datang juga, beberapa lagu Natal pun sudah tidak asing lagi kita dengar di berbagai stasiun radio rohani atau bahkan di beberapa toko swalayan yang menjual pernak-pernik natal. Nah, siapa sih diantara kamu yang gak tahu penggalan lagu White Christmas yang liriknya tertulis di atas? Lagu ini terkenal banget loh! Selain merdu dan enak didengar, ternyata ada sejarah dibalik terciptanya lagu White Christmas yang terkenal itu. Jadi beginilah ceritanya, dulu saat masa-masa terjadinya perang dunia kedua, lantunan lagu White Christmas merupakan salah satu lagu favorit yang sering dinyanyikan oleh masyarakat saat itu. Mereka yang ketakutan karena adanya perang saat hari Natal merasa terhibur dengan lantunan lagu White Christmas yang merdu.Tidak hanya sampai berakhirnya perang dunia kedua saja lagu White Christmas didengarkan, tetapi sampai saat ini pun lagu White Chritmas ini masih mendapat tempat di hati para pendengarnya. Saat ini, hampir di setiap event Natal, lagu White Christmas dapat kita dengarkan? Entah lewat koor gereja, radio rohani, atau bahkan dapat dengan mudah kita unduh di internet.

sangkakalanatal 2012

17


Nah, sebenarnya siapa sih yang sudah menciptakan lagu White Christmas ini? White Christmas merupakan lagu Natal yang diciptakan oleh Om Irving Berlin. Siapa sih Irving Berlin itu? Kok hebat banget bisa buat lagu semerdu White Christmas? Jadi, Irving Berlin adalah seorang komponis dan penulis lagu asal Amerika Serikat dan juga salah seorang pengarang lagu yang paling berbakat dan terkenal dalam sejarah. Berlin lahir di Rusia, 11 Mei 1888 dan meninggal di New York, Amerika Serikat, 22 September 1989 pada umur 101 tahun. Irving Berlin juga adalah salah seorang dari segelintir penulis lagu Tin Pan Alley/Broadway yang menulis baik kata-kata maupun musik dari lagu-lagunya. Meskipun ia tidak pernah belajar untuk membaca musik lebih dari tingkat yang paling dasar, Berlin mampu mengarang lebih dari 3.000 lagu, antara lain adalah God Bless America, White Christmas, Alexander's Ragtime Band, dan There's No Business Like Show Business. Selain itu, ia juga mengarang 17 karya musik untuk film dan 21 karya musik Broadway. Lepas dari karyakarya hebatnya yang lain, secara khusus ASCAP (The American Society of Composers, Authors and Publishers) juga pernah menetapkan lagu White Christmas sebagai lagu Natal yang paling sering dinyanyikan dalam kaset rekaman sepanjang sejarah, dengan lebih dari 500 versi dalam 25 bahasa. Kisah penulisan lagu White Christmas sendiri dilakukan Irving ketika ia bekerja di Hollywood. I'm Dreaming Of A White Christmas, Just Like The Ones I Used To Know adalah bait pertama dari lagu White Christmas, yang ditulis Irving. Alasannya menulis syair bait pertama lagu itu sangat sederhana yaitu ia terinspirasi kenangan Natal pada masa kecilnya. Nah, ternyata keren banget kan cerita dibalik lagu White Christmas. Kita patut bersyukur karena lewat Irving Berlin kita bisa mendengar lagu-lagu Natal yang merdu dan indah. Tuhan memakai hidup Irving Berlin untuk kemulian-Nya lewat lagu-lagu yang yang ia ciptakan. Selamat Natal. Tuhan Yesus memberkati! (kvn)

18

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


ARTIKEL

Zaman

Tidak terasa sudah bulan Desember dan mendekati tahun baru 2013. Waktu berjalan terasa

semakin cepat dan tanpa kita sadari kita akan melewati 1 tahun lagi. Mungkin banyak yang mendengar tentang akhir zaman kembali diperkirakan pada akhir tahun ini. Sebelumnya, apa itu akhir zaman? Berita akhir zaman bukan hanya berita kehancuran total langit dan bumi, bukan berita akhir dari segalanya, bukan berita yang menakut-nakuti, tetapi di dalamnya terkandung berita pengharapan, sukacita, keselamatan bagi orang yang percaya dan takut kepada Tuhan Semesta Langit dan Bumi. Akhir zaman adalah masa saat Tuhan Yesus datang kedua kalinya. Matius 24-25 menjelaskan tentang tanda-tanda akhir zaman, perumpamaan-perumpamaan dan nasehat. Tanda-tandanya akan ada nabi-nabi palsu yang menyatakan dirinya sebagai Juruselamat (Matius 24:5), perang besar antar bangsa ayat 7-8, penyiksaan karena nama Yesus ayat 9, dan kasih akan semakin dingin ayat 12. “Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya." (Matius 24:13-14) Banyak referensi dan sumber yang mempelajari secara alkitabiah tentang akhir zaman. Tandatanda akhir zaman sudah dapat kita lihat pada sekarang ini. Namun, tidak ada satupun orang yang tahu kapan itu terjadi. Siapa pun bisa membuat perhitungan dan perkiraan, tetapi sekali lagi, tidak ada yang tahu kapan masanya terjadi. “Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini , ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu”……”Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." (Matius 24:32-33, 36) Artikel ini tidak membahas tentang tanda-tanda, apa yang terjadi, atau nubuat-nubuatan akhir zaman. Kita dapat membacanya di Matius 24-25. Tetapi, sebagai pengikut Kristus, apa yang bisa kita lakukan menanggapi akhir zaman?

Malam kudus, sunyi senyap, bintang-Mu gemerlap Jurus'lamat manusia, ada datang di dunia Kristus Anak Daud

sangkakalanatal 2012

19


1. Berjaga-jaga

25:1 "Pada waktu itu hal Kerajaan Sorga seumpama sepuluh gadis, yang mengambil

pelitanya dan pergi menyongsong mempelai laki-laki. 25:2 Lima di antaranya bodoh dan lima bijaksana. 25:3 Gadis-gadis yang bodoh itu membawa pelitanya, tetapi tidak membawa minyak, 25:4 sedangkan gadis-gadis yang bijaksana itu membawa pelitanya dan juga minyak dalam bulibuli mereka� Mat 25:1-4 Matius 24-25 menjelaskan tentang gadis pintar dan bodoh yang membawa pelita, perumpamaan seorang hamba yang menanti tuannya dan perumpamaan tentang talenta. Perumpamaan-perumpamaan itu menggambarkan keadaan akhir zaman. Gadis yang membawa pelita, hamba dengan talenta, hamba dari seorang tuan ditujukan kepada orang-orang percaya, orang-orang yang sudah lahir baru, orang yang sudah memiliki keselamatan dalam hidupnya. Dalam perumpamaan talenta, hamba tersebut dituntut untuk mengembangkan talentanya (Mat 25:14-30) “Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut." Lukas12:48 Sekalipun kita sudah lahir baru, tetapi jika kita tidak berjaga-jaga seperti gadis bodoh yang tidak membawa cadangan minyak pada saat mempelai datang, mereka tidak mendapat bagian yang seharusnya mereka terima. Kita sudah diberi keselamatan dan dari kita akan dituntut pertanggungjawaban atas keselamatan yang telah kita terima.

2. Pergi dan menghasilkan buah

Kita ditetapkan untuk mengerjakan

amanat agung (Matius 28:18-20). Kita menerima keselamatan untuk memberitakan kembali berita injil kepada semua orang. Egois, saat kita membiarkan orang lain, bahkan orang-orang terdekat kita hidup dalam dosa yang berujung pada maut saat kita sudah diselamatkan. Tuhan tidak langsung mengangkat kita ke surga setelah kita menerima keselamatan supaya kita menghasilkan buah selama kita hidup.

20

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


“Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu” Yohanes 15:16 “Apa yang kita lakukan selama kita hidup di dunia akan kita peranggungjawabkan dihapan Allah di saat penghakiman.“ 24:40” Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 24:41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 24:44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” Kita cenderung mengatakan masih ada hari esok dan menjalani hidup seakan-akan waktu tidak akan berhenti. Tetapi tidak ada yang tahu kapan waktu Yesus datang, kapan waktu hidup kita berakhir dan kapan waktu teman-teman dan anggota keluarga kita berakhir. Karena itu, jangan menunda pertobatan, jangan menunda untuk memberitakan injil kepada orang-orang sekitar kita karena tidak ada kesempatan kedua saat semua berakhir dan hanya ada penyesalan. Berjaga-jagalah dan gunakan waktu yang ada untuk menghasilkan buah. Pada saat kita dipanggil kehadapan Bapa, ada dua pilihan untuk kita. Apa kita datang menghadap Bapa dengan wajah tertunduk karena kita menyia-nyiakan waktu yang Tuhan percayakan atau seperti Paulus yang dengan bangga pulang kepada Bapa karena telah menyelesaikan tugasnya sampai akhir di bumi. Berjaga-jaga berarti hidup dalam kekudusan, hidup dalam Firman Tuhan dan melakukan. Sehingga pada masa muncul nabi-nabi palsu, penyiksaan karena nama Yesus, saat kasih semakin dingin, dan perang demi perang besar berlangsung, kita tidak meninggalkan keselamatan yang telah kita terima. (acr) 'Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” Matius 7:21

Christmas doesn't come from a store, maybe Christmas perhaps means a little bit more.

sangkakalanatal 2012

21


ARTIKEL

Maukah Engkau Menerima Hari itu aku lupa tanggal berapa, yang pasti aku sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah perayaan Natal. Dalam perjalanan itu aku bertemu dengan seseorang yang belum kukenal sebelumnya. Ia berkata padaku, “Apakah yang kamu ketahui tentang Yesus?”

Kasih

Aku sempat terdiam sejenak. Ia berkata lagi, “Apakah kamu tahu tentang hidup-Nya? Atau ajaran-Nya?”

itu?

Aku terdiam. Berpikir sejenak kembali ke masa lalu, lalu mulai menjawab pertanyaannya, “Aku tidak tahu banyak tentang Dia. Yang aku tahu, dahulu aku adalah seorang yang hidup di dalam dosa dan kebencian, tetapi Tuhan membawaku keluar dari semua hal itu dengan tangan yang kuat.” “Tuhan membuat tanda-tanda dan mujizat yang besar di depan mata saya. Ia memberikan kepada saya kehidupan yang baru seturut dengan janji-Nya,” tandas saya selanjutnya. Kini raut wajahnya mulai berubah, setidaknya itu yang saya lihat ketika kami bersama-sama naik bus. Kami duduk bersebelahan, namun tidak berkata apapun. Sesaat kemudian, saya melihat senyum mulai muncul di wajahnya. Inilah saat yang paling tepat untuk menyampaikan kebenaran mengenai Yesus dan Kerajaan Allah. “Kasih yang telah saya terima dari-Nya begitu besar. Saya baru mengerti baru-baru ini, bahwa itulah anugerah. Anugerah. Saya tidak layak untuk menerima-Nya, namun Ia memberikannya, dan itu dengan gratis.” “Hanya satu yang Dia pinta, kawan, hanya satu,” lanjut saya, “Supaya kita percaya kepada-Nya. Melakukan segala perintah dengan setia di hadapan Tuhan.” Saya telah memperoleh kasih Allah itu. Kasih “meskipun” yang telah membuat hidup saya berubah. Saya juga ingin membagikan kasih itu kepadamu hari ini. Bagiku, ini bukanlah kebetulan. Bukan sama sekali. Sekarang, ijinkan saya bertanya, “Maukah kamu menerima kasih itu?” (dcs)

22

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


ARTIKEL

sinterklaas Eh? Siapa Sinterklaas?

Sinterklaas dalam Bahasa Belanda atau Santa Claus dalam Bahasa Inggris adalah seorang kakek bertubuh merah besar dan gemuk, berjenggot putih dan berpakaian memiliki ala paus, konon, tinggal di Kutub Utara 'North Pole' dan n. banyak kurcaci 'dwarf' yang membantunya membuat maina ber atau pada bulan Kakek yang satu ini selalu muncul pada tanggal 25 Desem anak-anak seluruh Desember. Legendanya, dia memiliki daftar panjang nama 2 kategori, yaitu baik dunia dan nama-nama tersebut dikategorikan ke dalam hadiah saat Natal tiba, dan nakal. Apabila anak itu baik, maka ia akan diberikan hanya saja berupa dan apabila anak itu nakal, ia akan diberikan hadiah juga, h dunia saat Malam batu bara. Dia memberikan hadiah ke anak-anak di seluru h ke kaos kaki hadia n sukka mema dan asap Natal. Dia masuk lewat cerobong pohon h bawa di nnya akkan melet yang digantung dekat perapian atau Natal.

Namun, siapa sebenarnya Santa Claus yang disebutsebut ini?

hidup Wujud Sinterklaas terinspirasi dari Santa Nicholas. Beliau Myra of p Bisho e Greec ai abad 4 Masehi dan menjabat sebag lia (sekarang Anato tine Byzan si provin h (sekarang Demre) di Lycia, sebua h hidupnya seluru erikan memb dan Turki). Beliau adalah seorang dermawan membagia karen al terken au n.Beli sejak kecil untuk Tuhan dan agama Kriste a beliau karen ma teruta gan, kuran bagikan hadiah kepada mereka yang berke anak tiga a kepad y' 'dowr menghadiahkan sejumlah uang perkawinan ja di beker perlu tidak ka mere perempuan dari seorang Kristiani sehingga prostitusi.

Jadi, Sinterklaas benar-benar ada atau hanya legenda? ci-kurcaci,

Tapi, kurca Sinterklaas yang sebenarnya adalah Santa Nicholas. hanya merupakan Utara Kutub di l masuk lewat cerobong asap, dan tingga . legenda belaka agar anak-anak kecil tidak nakal

Dunia Gemar Dan Soraklah! Rajamu Lahirlah; B'ri Hatimu, Kepada-Nya, Bersama Nyanyilah, Bersama Nyanyilah, Sama, Bersama Nyanyilah

sangkakalanatal 2012

23


Namun, apa sebenarnya maksud legenda ini turuntemurun diceritakan? Ada pelajaran-pelajaran yang dapat ditangkap dari dan Sinterklaas.

Santa Nicholas

an. Yang pertama adalah rela memberi di segala keada abat Walaupun terlihat bahwa Santa Nicholas, yang menj k kurcaci sebagai bishop, dan Sinterklaas, yang memiliki banya h untuk dipekerja-kan untuk membuat mainan, tak perna n kekurangan, tapi sebenarnya mereka memiliki piliha harta n denga diri upuk mem dan beri untuk tidak mem kekayaan. Kuncinya hanya satu, yaitu kasih. Yang kedua adalah rasa gembira di hati. Siapa sih yang tidak bahagia apabila diberi hadiah apalagi jika hadiah itu merupakan keinginannya yang ditunggu-tunggu? Itulah Natal. Kalau Sinterklaas memberi anak-anak hadiah, Allah Bapa memberikan atau menghadiahkan Anak-Nya yang tunggal untuk menyelamatkan manusia. Mengapa? gga Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehin a supay al, Ia rela mengorbankan Anak-Nya yang tungg a, binas setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak (TB) melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes 3:16

Nah! Sudah tahu kan siapa sebenarnya Sinterklaas keberadaan sebenarnya?

dan

Natal dan setiap saat, yang Oleh karena itu, saat Masa Advent dan saat Malam . Walaupun Sinterklaas yang ditunggu-tunggu bukan Sinterklaas tapi Tuhan Yesus yang mengasihi siapapun tergambar saat ini hanya dongeng, tapi karakter beliau Tuhan Yesus. Yuk jadi dapat dijadikan contoh untuk kehidupan kita dalam juga Firman Tuhan ke kasih n barka mene Sinterklaas-sinterklaas Kristiani yang semua orang! (chr)

24

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


ISU KAMPUS

Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.

sangkakalanatal 2012

25


Environment)

(ken)

26

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


PROFIL Angela Dorothea Merkel

REFORMASI DARI TITIK RENDAH Angela Dorothea Merkel– atau lebih dikenal sebagai Angela Merkel – adalah Kanselir Jerman sejak tahun 2005. Dia dilahirkan di keluarga Kristen, ayahnya adalah seorang pendeta dan ibunya pernah menjadi anggota Partai Sosial Demokratis di Jerman. Merkel juga merupakan salah satu anggota Partai Demokratis Kristen, sebuah partai politik Jerman yang moderat dan konservatif.

Meskipun Merkel dibesarkan d i ke l u a rga Kr i ste n , i a tidak memaksakan pandangan keagamaannya kepada orang lain. Tidak seperti politikus Amerika Serikat yang religius, dia tidak sering menuntut untuk bertanya kepada Tuhan atas p e t u n j u k m e n g e n a i ke p u t u s a n mengenai politik dan menyerukan katakata seperti 'Jerman adalah negara Tuhan'.

We feel bound to the Christian image of humanity – that is what defines us. Those who do not accept this are in the wrong place here.

Ketika dia bersumpah sebagai kanselir wanita pertama di Jerman, dia memilih untuk berkata “So help me God,” sebuah tradisi yang dilakukan saat pengambilan sumpah kanselir, tetapi biasanya tidak selalu diadakan.

Joy to the world, the Lord has come. Let earth receive her King Let every heart prepare Him room and heaven and nature sing

sangkakalanatal 2012

27


Merkel dikenal sebagai sosok yang kuat dalam menjalankan tugasnya sebagai kanselir pertama yang bergender wanita . Ketika Pemilu Jerman pada 2005, ia – sebagai salah seorang calonnya – hanya dianggap sebagai sosok underdog. Ia dipandang sebagai wanita biasa yang memiliki ambisi politik dengan kemampuan politik yang meragukan. Namun, dalam kenyataannya, ia bahkan mampu menggeser posisi Condolleezza Rice sebagai wanita yang paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes tahun 2006.Kekuatan Merkel terletak pada tekadnya untuk memperbaiki pertumbuhan ekonomi Jerman yang stagnan selama beberapa tahun terakhir pada angka 2%.

Merkel berusaha meneliti penyebab utama stagnasi pertumbuhan ekonomi negara dan akhirnya menemukan penyebabnya, yakni kurangnya investasi Amerika Serikat ke Jerma n. Karen a itu, ia berjua ng untuk meningkatkan investasi negara yang dijuluki Negeri Paman Sam itu ke Jerman. untuk melak ukan Renca nanya turisasi pajak restruk dan reformasi kesehatan demi melepaskan Jerman dari stagnasi ekonomi yang telah berlagsung selama lima tahun menimbulkan pro-kontra di kalangan publik. Namun, Merkel tetap bertahan pada proyek ini. Sampai akhirnya, setelah mengalami banyak penolakan, proyek ini justru menimbulkan hasil positif. Salah satu prestasi yang ditorehkan Merkel dalam tahun pertama pemerintahannya adalah menyelenggarakan Piala Dunia 2006 pada Juni-Juli 2006 dengan sukses. Tak ada kendala yang berarti selama acara tersebut berjalan.

Setelah melakukan kew ajibannya sebagai kanselir selama satu pe riode jabatan, ia kemud ian terpilih kembali pada Pem ilu Jerman yang diadakan tanggal 27 September 2009 dengan satu perio de jabatan lagi dengan jangka waktu maksimal 4 tahun . Pengalaman Angela Me rkel mirip dengan pengalaman Daud. Pad a awalnya, keduanya tid ak masuk hitungan dan han ya dipandang sebelah ma ta –Daud dengan ketape lnya dan Merkel denga n rencana reformasi yan g dianggap tidak aka n berhasil. Namun merek a sendiri membuktika n bahwa setiap orang dap at menyelesaikan segala sesuatunya dengan bai k dengan persiapan yan g dimilikinya dan diperluka nnya serta menyelarask an hatinya dengan kehendak Allah. Kekuatan utama M e r ke l d a l a m menjalankan tugasnya terletak pada semang at kerjanya yang pantang menyerah dan tak ken al lelah. Untuk memperb aiki ekonomi negarany a, ia telah berfungsi sebagai broker. (jun)

“Kalau Tuhan yang memilih dan mengangkat kita, tidak ada satu orang pun yang bisa menghalangi kita. Pada waktunya, Ia pun meninggikan kita.�

28

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


CHRISTIAN WORLDVIEW

Tubuh Perspektif dalam

ALKITAB TUBUH. Siapa tidak tahu tentang tubuh? Semua pasti tahu tentang tubuh karena itu merupakan bagian dari diri kita. Tapi, jika teman-teman berpikir sejenak, sebenarnya untuk apa Tuhan menciptakan tubuh. Apakah tubuh itu hanya sekedar untuk memuaskan keinginan manusia seperti makan dan minum yang enak-enak, atau tubuh itu hanya sebagai pelengkap saja. Lalu, bagaimana Firman Tuhan memberikan jawaban terhadap tubuh yang telah Tuhan ciptakan ini? Oleh karena itu mari simak artikel di bawah ini!

Zaman Modern Pemikiran tentang tubuh di zaman ini secara tidak langsung dikemukakan oleh seorang yang bernama Rene Descartes (1596-1650). Ia berpendapat bahwa seorang manusia bisa diakui jika dia memiliki pemikiran yang hebat atau banyak menggunakan pikiran di dalam kehidupan sehari-hari. Slogan terkenal yang sering ia ucapkan dalam bahasa latin adalah Cogito Ergo Sum artinya “aku berpikir, maka aku ada�. Kalimat ini secara tidak langsung mendewakan yang namanya otak atau pikiran, sedangkan tubuh tidak dipedulikan sama sekali. Jadi di zaman modern, pria yang berwajah tampan saja tidak cukup, tetapi juga harus pintar. Selain itu, orang modern juga sering berargumen bahwa tubuh hanya membawa kerugian saja seperti penderitaan dan sakit penyakit, sedangkan pikiran dapat menghasilkan pencerahan dan bijaksana.

Zaman Postmodern Di zaman postmodern tubuh sangat diperhatikan. Definisi tubuh menurut orang postmodern tidak hanya sekedar tentang kulit, tangan, dan kaki, tapi juga menyangkut tentang desire, hasrat, dan keinginan. Hal ini karena keinginan tidak bisa lepas dari yang namanya tindakan melalui tubuh. Sehingga secara tidak langsung orang postmodern sangat menekankan yang namanya emosi dan hasrat yang selama ini selalu diabaikan oleh orang modern. Salah satu contoh paling sederhana yaitu film-film saat ini lebih banyak menekankan yang namanya bagaimana supaya film tersebut bisa memuaskan hasrat tubuh manusia terutama dalam aspek emosi. Jika film zaman modern, yang ditekankan adalah bagaimana suatu permasalahan bisa diselesaikan secara logis dan tuntas. Sedangkan film postmodern yang ditekankan hanyalah emosinya saja seperti film tentang robot yang jatuh cinta atau vampir yang cinta pada manusia.

Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat

sangkakalanatal 2012

29


Prinsip Alkitab Lalu apa kata Firman Tuhan terhadap tubuh manusia ini? Apakah sama seperti yang dikatakan oleh dunia? Atau Alkitab memberikan konsep yang berbeda mengenai tubuh ini. Ada dua bagian di Alkitab yang bisa kita pelajari tentang konsep tubuh, yaitu: Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun. (I Korintus 6:12) Tubuh adalah sesuatu yang halal dan baik adanya. Segala sesuatu yang baik itu adalah pemberian Tuhan. Jadi tubuh itu merupakan suatu anugrah dari Tuhan. Tapi yang menjadi pergumulan adalah apakah tubuh ini bisa menjadi berguna? Satu hal yang membuat tubuh bisa menjadi berguna yaitu “be with” atau dalam terjemahan bebasnya yaitu “bersama-sama”. Hal ini karena hanya tubuh seperti manusialah yang bisa saling bersama-sama, bergandengan tangan, bisa saling memandang, dan bisa saling menyapa. Hal inilah yang membuat Tuhan tidak menciptakan manusia hanya dengan roh saja karena roh itu tidak terlihat dan tidak mungkin muncul sebuah persekutuan di dunia ini. "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita. (Mat 1:23) Ayat tersebut bisa menjadi dasar motivasi kita mengapa setiap orang Kristen harus “be with” dengan setiap orang. Hal ini karena Tuhan Yesus sendiri pun memberi teladan kepada kita bagaimana menjadi “be with” dengan manusia. Di ayat itu disebutkan tentang Immanuel yang artinya adalah Allah menyertai kita atau dalam bahasa Inggrisnya “God With Us”. Jika Tuhan Yesus ingin menjadi Immanuel, maka Tuhan Yesus harus turun ke dunia dengan mengenakan tubuh seorang manusia. Seperti yang Sangkakala bahas sebelumnya tidak mungkin antara roh dengan tubuh bisa saling bersekutu seperti layaknya antara manusia dengan manusia lainnya. Walaupun memang Allah selalu senantiasa menyertai ciptaan-Nya, tapi itu karena Allah berdaulat atas ciptaan-Nya. Sedangkan pada konteks dimana kita bisa melihat dan merasakan Allah sungguh hadir ditengah umat-Nya, maka Tuhan Yesus harus rela menjadi manusia. Jadi, jika Tuhan Yesus yang adalah Allah Sang Pencipta Alam Semesta mau be with dengan kita, manusia yang hina dan terbatas ini, maka kita pun seharusnya juga bisa be with dengan teman-teman disekitar kita. Pergumulan kita tidak hanya sekedar soal keluh kesah terhadap tubuh yang hanya membawa penderitaan dan sakit penyakit seperti orang modern. Bukan juga soal bagaimana menahan nafsu dan emosi yang ingin selalu dilampiaskan. Yang menjadi pergumulan kita adalah bagaimana tubuh ini bisa menjadi be with kepada semua orang, entah itu di keluarga, gereja, PMK, antar LP, himpunan, massa kampus, dan masyarakat sekitar kita. Soli Deo Gloria! (tpr)

30

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


REVIEW FILM Setelah sebelumnya diangkat ke layar lebar dengan judul “Scrooge�, film adaptasi novel karya Charles Dickens ini dirilis kembali dalam bentuk animasi pada tahun 2009 silam. Mengangkat tema yang sama namun dengan gaya berbeda, A Christmas Carol bercerita tentang seorang pengusaha tua yang hidup hanya untuk materi dan kesuksesan duniawi. Dialah Ebenezer Scrooge, kaya, sudah tua, tidak punya keluarga atau teman dekat, dibenci, dan dihindari. Entah untuk suatu alasan apa, terlepas dari sifat kikirnya, Scrooge sangat membenci Natal.

a CHRISTMAS

Carol

Suatu kali di malamnya yang dingin seperti biasa, Scrooge diperingatkan akan datangnya hantu dari masa lalunya, masa kini, dan masa yang akan datang. Merekalah yang akan membawa Scrooge mengarungi waktu dalam masa hidupnya. Kembali ke masa mudanya, Scrooge adalah seorang yang cemerlang dan penuh kehangatan. Namun obsesinya terhadap materi menjauhkannya dari kehidupan yang sesungguhnya. Di tengah-tengah perjuangannya mewujudkan mimpi, Scrooge harus kehilangan seseorang yang sangat berarti baginya. Ini menyisakan penyesalan yang menyesakkan sepanjang hidupnya. Lelah menyalahkan diri sendiri, Scrooge menumpahkan amarahnya kepada kehidupan. Ia membenci kebahagiaan dengan segala bentuknya. Dan Natal, masa di mana orang-orang selayaknya bersukacita, adalah momen yang paling ia benci. Perjalanan berlanjut. Hantu masa kini membawanya menyaksikan kehidupan orangorang di sekitarnya. Orang-orang yang karena kekikiran Scrooge, harus hidup dalam keterbatasan, merayakan Natal dengan segala kekurangan yang ada. Namun ia dapat melihat mereka hidup, hidup dalam arti yang sesungguhnya. Tidak ada hari yang diisi dengan kehampaan, seperti hari-hari yang biasa ia jalani.

Oh, jingle bells, jingle bells Jingle all the way! Oh, what fun it is to ride In a one horse open sleigh

sangkakalanatal 2012

31


Dan sekarang adalah giliran hantu masa depan membawanya melihat apa yang akan terjadi. Scrooge dapat menyaksikan betapa hidupnya akan berakhir menyedihkan. Meninggal di hari tuanya tanpa seorangpun datang melayat. Dikenang sebagai si kikir yang dingin dan penuh kemarahan. Scrooge tidak mau berakhir seperti itu. Ia tersadarkan akan kenyataan bahwa kekikiran tidak akan membawanya ke mana-mana, kecuali kepada kekosongan dan penderitaan. Scrooge ingin sekali lagi merasakan betapa Natal dapat membawa kedamaian dan kehangatan yang kini telah asing baginya. Ini adalah titik balik yang mengubahkan hidup Scrooge selamanya. Dari sosok yang dingin, ia berubah menjadi pribadi yang penuh kasih dan murah hati. Semakin hari ia merasakan kebahagiaan mengalir dalam hidupnya. Kebahagiaan yang penuh dan berasal dari sumber yang sejati. Dan dengan percaya diri, Scrooge akhirnya sekali lagi mengucapkan, “Merry Christmas, everyone!� Hal yang serupa juga dapat terjadi pada setiap kita. Terkadang kekecewaan akan hidup kita jadikan pembenaran atas ketidakacuhan kita terhadap dunia. Kita menutup hati kita sebagai tameng atas ketakutan akan penolakan. Memilih menjadi introvert dan bertumpu kepada obsesi akan pencapaian duniawi. Namun ada satu hal yang lebih besar dari semua itu. Percayalah Seseorang di atas sana tidak akan membiarkanmu berlama-lama hidup dalam kekosongan. Ketika kau menyerahkan hatimu untuk percaya dan memilih untuk berubah, Ia akan datang tepat pada waktunya. Menyentuh hati setiap kita dengan jalan-Nya yang luar biasa. Mari kita sambut Natal kali ini dengan semangat yang daripadaNya. Menyambut hari kelahiran-Nya dengan hati yang damai dan penuh kehangatan. Selamat Natal, semuanya! (dab)

32

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


Agnes AR’11 @Dela STEI’12, Roberta FTI’12 g Sama-sama berjuan dan terus mengucap syukur bagi setiap k. prosesnya Tuhan yu <3 u yo ve Lo ^^

sangkakalanatal 2012

33


34

sangkakalanatal 2012

Momen Terbaikku


Saut @Oddisey 2012 Udah natal lagi. Udah mau ultah lagi. Udah juga setahun semenjak ketemu dia. Thanks Tuhan udah ngubah hidupku lewat dia. Kepala dua yang sangat berkesan.

sangkakalanatal 2012

35


QUIZ

1 2 3 4 5

Apakah raja dari semua binatang ganas? a. Singa b. Buaya c. Serigala

Apakah yang dikirimkan Allah untuk nabi Elia? a. Burung gagak b. Burung rajawali c. Burung merpati

Berapa jumlah orang yang dibawa Gideon untuk menyerang musuh? a. 300 b. 400 c. 500

Berapa kali tembok Yerikho harus dikelilingi? a. 3 b. 7 c. 13

36

sangkakalanatal 2012

Siapa keturunan Saul yang cacat kakinya? a. Yonatan b. Mefiboset c. Malkisua

6 7 8 9 10

Berapa lama jenjang waktu antara akhir Perjanjian Lama dan awal Perjanjian Baru? a. Âą 400 tahun b. Âą 200 tahun c. Âą 100 tahun

Apakah alkitab pernah menyatakan bahwa bumi itu bulat? a. Ya b. Tidak

Apakah yang telah ada sejak sedianya sebelum Tuhan menciptakan alam semesta? a. Kegelapan b. Air c. Ruang

Berapa jumlah penulis kitabkitab dalam alkitab? a. 20 b. 30 c. 40 Apa arti dari Haleluya? a. Pujilah Tuhan b. Tinggikan Tuhan c. Muliakan Tuhan

Kirimkan jawaban Anda ke pmk.itb@gmail.com Paling lambat 26 12 2012, akan ada hadiah menarik Pengambilan hadiah pada saat Jumatan pertama


Sangkakala Natal 2012  

Buletin Sangkakala PMK ITB edisi Natal 2012. PMK ITB: Persekutuan Mahasiswa Kristen Institut Teknologi Bandung.

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you