Issuu on Google+

THE

freedom we know


OUR TEAM

Federico Pache Zouk KL promotoer Event’s Contributor federico@fingerfast.com

fitrah saputra event organizer / photographer Play! event’s manager fitrah@fingerfast.com

Dimas Arghani

Ridho Perwira

Bussines Management/ Vocalist Bandung Contributor dimas@fingerfast.com

Media Art Artist/ Photographer Yogyakarta Contributor edho@fingerfast.com

riva yudha wira IT practitioners/ lomographer Jakarta Contributor riva@fingerfast.com

yuli seperi journalist photographer Photographer Contributor yuli@fingerfast.com


G i l b e r t Yo h a n e s Architecture Practitioners Bandung Contributor gilbert@fingerfast.com

aep kamarudin Press Media / Broadcaster Bintan Contributor aep@fingerfast.com

Ammar Satria

Nurul Syafitri

Multimedia Practitioners Malaysia Contributor works@fingerfast.com

Marketing/ Bank Accounting Marketing nurul@fingerfast.com

m y r a e l - a m i r. f Multimedia Practitioners Beijing Contributor myra@fingerfast.com

marcel mucak Graphic Designer/ Digital Imaging Graphic Designer mucak@fingerfast.com


EDITOR Anak m u d a I n d o n e s i a m e r u p a k a n f i g u r y a n g d i namis dan penuh kebe basan! A p a y a n g t e rj a d i j i k a k e b e b a s a n t i d a k d irasakan oleh generasi muda b a n g s a i n i ? P e m b e ro n t a k a n . U n t u k i t u k i ranya orang tua, para pe mimpin b a n g s a m a up u n p e m i m p i n a g a m a h e n d aknya dapat mendengar un tuk dap a t m e n g e r t i k e b u t u h a n a n a k m u d a , s e r t a dapat membimbing anak muda u n t u k m e n c a p a i d e s t i n i , m e n c a p a i m i m p i yang mereka cita-citakan sedari d i n i . S i n e r g i in i a k a n m e n j a d i s u a t u e n e r gi besar untuk pembangu nan ba n g s a I n d o n e s i a : G e n e r a s i b a r u y a n g p e n uh kreatifitas, enerjik, dan mampu b e r s a i n g d e n g a n b a n g s a l a i n . Sebaga i a n a k m u d a , g e n e r a s i k a m i t e l a h m e l a k ukan eksplorasi terhadap fenome n a y a n g t e r j a d i d i l i n g k u n g a n i n i , e v e n t “THE FREEDOM WE KNOW – what i s y o u r f re e d o m ?” a k a n m e n j a d i m e d i a kami generasi muda untuk menyua r a k a n p e r u b a h a n : p e r u b a h a n l i f e s t y l e , perubahan paradigma, pe rubaha n f a s h i o n , d a n p e r u b a h a n a p re s i a s i m u sik yang mengarahkan bang sa ini k e m a s a d e p an y a n g l e b i h c e r a h t a n p a meninggalkan khasanah bu daya In d o n e s i a y a n g k a y a . Sudah m e n j a d i k o n s i s t e n s i k a m i s e j a k a w a l u n t uk mengeksplorasi talent muda i n s a n i y a n g k re a t i f , d i e d i s i k e 5 i n i k a m i merangkum kan semua apa yang a d a d i p i k a r a n m e re k a u n t u k d i v i s u a l i s a s i dalam media media yang berbed a , a k a n t e t a p i j a w a b a n d a r i k e re s a h a n k eresahan kami selama ini perlaha n a k a n t e r j a w a b , t e t a p f o k u s d a n b e rd e sikasi untuk bangsa dan negeri i n i ! s e l a m a t m e n i k m a t i s o b . . Ammar S a t r i a Editor i n C h i e f works@ f i n g e r f a s t . c o m

THETEAM Editor in C h i e f A m m a r S a t r i a /C re a t i v e D i re c t o r D o d o’/ Graphic Designer tyo/ Digital Imaging Yo s i R a s h i e d & M a r c e l M u c a k /E v e n t O r g a n i z er & Photographer Fitrah Sapu tra/ Web de s i g n e r / y a y a ’ M u s i c E d i t o r/ A r b i e V i s u a l illustration Arita Fashion Editor / Gladies Ma r k e t i n g N u r u l S y a f i t r i / A c c o u n t i n g R u r u L a wer Consultant /Abdul Rahman/ Contributor/ B a t a m / J u n i o r, D e n i I q b a l Te r u n a , E d o , D ayat, Rangga, Beatrix Bandung Dimas/Jaka r t a R i v a / B a l i V y a / B i n t a n A e p K a m a r u d i n / Makasar Adi Putra/ Yogyakarta Ridho Perw i r a / M a l a n g E v a n P u t r a l i z a / S i n g a p o re I c h a/Malaysia Dimas Putra Purnomo/ Beijing Myr a / D u b a i M u t a z / B e l a n d a / P u t r i M o n g o l i a Bahtetar / Yaman Ahmad Semua isi dan konten dilindungi oleh undang undang dan merupakan hak cipta dari Fingerfast Laboratory! Materi dan isi saduran dari Play magz selalu dicantumkan sumber dan alamat yang terkait, semua isi dan materi merupakan bagian dari pengemasan yang sifat nya untuk kepentingan sosial tanpa bermaksud mengambil keuntungan dengan cara menyalin dan memperbanyak serta mempublikasikannya secara komersial. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku- Bab (1) Ketentuan Umum Pasal (1) Undang Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta -


CONTENT

JUNE BATAMCULINARY KAINWARNAWARNI GIRAFFESTUDIO FORBIDDENPLAYGROUND ENTAH KESALENTAHMENYESAL MOTIONOFWATER CATATANSTQDABOSINGKEP BROADCASTASIA2009 ASIANTEA&COFFEE2009 TELKOMSELBROADBANDEXPO DEMOKRASIINDONESIA Fingerfast Media Publication. Organized by Fingerfast Laboratory System. The Official Event Partner of Visit Batam 2010 Laboratory Kapten Piere Tendean st 1-Tanjung Pinggir. Batam, Riau Islands .Indonesia 29400 p/f). 62778322926. e) laboratory@fingerfast.com Office. Palapa st V/12 Sekupang, Batam. Riau Islands, Indonesia p).62778310448 f).62778310488 e) works@fingerfast.comw) www.fingerfast.com Studio Pengok Kidul st 3 .Baciro, Gondokusuman. Yogyakarta .Indonesia 55225 p)622747879703 .m)628561991150 Representative. C1-12-5(7) Cyberia Smarthome Persiaran Multimedia Cyberjaya, Selangor Darul Ehsan Malaysia 63000 p. +60146226862


B ATA M C U L I N E R Y

credit. Lisa Mon

Tak sulit m e n c a r i p o n d o k - p o n d o k s e a f o o d d i B a t am. Kota Batam memang terbilang yang berv a r i a s i d a r i j e n i s d a n o l a h a n n y a . I k a n b a kar memang biasa. Pembedanya soa dicampur b u m b u - b u m b u l a i n m e m b u a t i k a n y a n g segar terasa gurih dan lezat. Makin makin be r g a i r a h s e m a n g a t t e r u s b e r t a m b a h . R a s a-rasa Seafood yang terletak di Jala food den g a n i k a n - i k a n s e g a r. I k a n l e b a m b a k a r menjadi primadona restoran sea food


playreport!

b i a ngnya seaf o o d . B a h k a n B a t a m m e m a n g d i k e n a l s e bagai pusat makanan sea food al r asa, dari ol a h a n b u m b u d a n c a r a m e m a s a k . I k a n b a kar dengan bumbu kelapa yang n mak nyus jik a d i c o l e k k a n p a d a s a m b a l t o m a t a t a u s ambal terasi. Wah, makan pun a n Pembangun a n K o m p l e k B a t a m P a r k N a g o y a i n i m e nawarkan berbagai macam sea d t ersebut. Ik a n l e b a m m o n t o k m a k i n t e r a s a k e l e z a t a n dagingnya dan sedikit manis.


credit. Lisa Mon


Menurut M i m i , r u j a k c a k u e i n i b i a s a d i s a n t a p s e b elum makanan utama seperti ikan baka r. ” S a m b i l m e n u n g g u i k a n d i b a k a r, b i a s a nya menyantap rujak cakue,” kata Mimi . C a k u e y a n g t e r a s a i k a n , b i s a j a d i m e n j adi perangsang makanan utama. Ca k u e t e r s e b u t d i b a k a r s e b e l u m d i s a n t a p . Ini membuat cakue menjadi ga ring da n t e r a s a k e re k e s … . k e re k e s j i k a d i m a k a n . Bahan yang lain untuk rujak cakue ser u p a d e n g a n r u j a k c i n g u r, m a k a n a n k h a s Jawa T imur. Bahannya terdiri da ri kang k u n g re b u s , t i m u n , b e n g k u a n g d a n n e n a s yang dicampur dengan pe tis Malays i a . ” K i t a t i d a k m e n g g u n a k a n g u l a m e r a h melaikan gula putih,” ung kapnya. Ada juga b o l a c u m i r a m b u t a n . C u m i y a n g d i k e m a s seperti bola-bola rambutan. Bulunya y a n g t e r b u a t d a r i b i h u n m e m b u a t c u m i t e rsebut makin menarik dan mi rip rambu t a n . M a k i n m a n t a p j i k a d i s a n t a p d e n g a n mayonaise. Tak kalah nikmat ayam kam p u n g g a r a m . M a s a k a n k h a s c h i n a i n i d i beri obat-obat china semisal kauki yan g b i a s a d i g u n a k a n u n t u k m a t a t e r a n g . Ayam yang sudah diberi obatobatan di b u n g k u s d e n g a n a l u m u n i u m f o i l k e m u d i an dipanaskan hingga matang. Untuk min u m a n , R a s a - r a s a m e n y e d i a k a n m i n u m a n dari serat lidah buaya. ’’Minuman i n i m e n y e h a t k a n . L i d a h b u a y a d a p a t m endinginkan perut. Kota Bata m m e n a w a r k a n w i s a t a k u l i n e r M e l a y u m enyambut Batam V isit Year 2010. “Ba t a m k a y a m as a k a n k h a s M e l a y u , y a n g k ami harapkan mampu men gundang b a n y a k w i s a t a w a n , ” k a t a Wa l i K o t a B a t a m Ahmad Dahlan di Batam, Sabtu. Ahmad Da h l a n m e n y e b u t k a n m a s a k a n M e l a y u y a n g dipromosikan antara lain roti prata, t e p u n g g o m a k , ro t i j a l e d a n n a s i d a g a ng. Di antara penganan itu, Wali Kota m e m p e r k e n a l k a n n a s i d a g a n g , y a n g m e nurut dia khas Batam. “Ini makanan B a t a m a s l i , ” k a t a n y a . Nasi daga n g m e n y e r u p a i n a s i u d u k a t a u n a s i l e m ak, nasi yang dimasak meng gunakan s a n t a n . B e d a n y a , n a s i d a g a n g d i b u n g k u s daun pisang dan dicampur boule. “B o u l e i t u k h a s n y a . K a l a u t i d a k a d a , b u k a n nasi dagang namanya,” kata Wali Kota m e m p ro m o s i k a n . Ia mengat a k a n P e m e r i n t a h K o t a m e n g i m b a u h o t e l -hotel menyediakan penganan khas Mela y u , s e b a g a i d a y a t a r i k w i s a t a w a n . “ M a k anan khas ini akan kita letak kan di hot e l - h o t e l , ” k a t a n y a . Wali kota m e n g a t a k a n h a r a p a n w i s a t a k u l i n e r k h a s Melayu dapat menarik wi satawan d o m e s t i k d a n m a n c a n e g a r a k e B a t a m . P emerintah Kota Batam men canangka n B a t a m V i s i t Ye a r 2 0 1 0 u n t u k m e n a r i k wisatawan asing dan lokal ke Batam de n g a n m e n a w a r k a n s e j u m l a h p ro g r a m k e giatan.

playreport!

Menurut M i m i , p e m i l i k R a s a - r a s a i k a n l e b a m m e m ang punya rasa khas jika di ba kar. Se l a i n I k a n l e b a m , re s t o r a n s e a f o o d y a n g dikelola keluarga itu juga menawark a n i k a n - i k a n l a i n s e p e r t i i k a n s e l a r. ’’ U n tuk Ikan lebam, kita sedang promosi. H a r g a n y a t e r m u r a h d i B a t a m , c u m a R p 7.000 per ons,’’ ujar Mimi lagi. Selain ika n l e b a m b a k a r, r u j a k c a k u e j a d i m a k a n a n kesukaan.


movieofthe.month


Kain War n a - Wa r n i . M e r u p a k a n f i l m p a n j a n g p e r t a ma produksi dari Teh O Ais Pro duction ya n g m e n g a n g k a t t e m a t e n t a n g k e h i d u p a n, persahabatan dan pilihan. Film ini be r k i s a h t e n t a n g e m p a t o r a n g s a h a b a t : B ella, Lana, Kirana, dan Danur. Keempat s a h a b a t y a n g t e l a h s a l i n g k e n a l s e j a k d i bangku SMA ini akhir nya me mutuskan u n t u k m e n g a d a k a n s e b u a h re u n i k e c i l d i sebuah kafe. Di tengah - ten gah perbin c a n g a n , t i b a - t i b a m e re k a m e n d a p a t k a n ide untuk melakukan liburan pendek be r s a m a . M e re k a d i h a d a p k a n k e p a d a s e b uah pilihan dimana mereka harus pergi k e p a n t a i a t a u k e g u n u n g . M e s k i p u n t e r k esan pilihan sepele, sebenar nya mereka di h a d a p k a n k e p a d a p i l i h a n y a n g a k a n m e n gubah hidup mereka selaman ya. Film ini me m i l i k i 2 p l o t c e r i t a d i m a n a a k a n m e m b erikan kemungkinan yang terjadi apabila me re k a p e r g i k e p a n t a i d a n a p a b i l a m e re k a pergi ke gunung. Dibuat di t a h u n 2 0 0 8 , K a i n Wa r n a - Wa r n i m e r u p a k an proyek yang merupakan “obesesi u t a m a ” d a r i b e rd i r i n y a Te h O A i s P ro d u c t ion. Proses pra p ro d u k s i d i m u l a i p a d a b u l a n S e p t e m b er 2008 hingga akhir nya produksi d i m u l a i p a d a t a n g g a l 2 9 N o v e m b e r 2 0 0 8 . Dalam waktu 10 hari, crew berhasil m e r a m p u n g k a n p ro s e s p ro d u k s i f i l m i n i . Film yang a k a n s e g e r a r i l i s p a d a b u l a n A p r i l 2 0 0 9 ini akan membuat anda pena saran dan a k a n m e n g u b a h p e r s p e k t i f a n d a t e n t a n g pilihan hidup. “Mungkin a n t a r a t a n g g a l 8 M e i 2 0 0 9 a t a u 1 5 M e i 2009 bersamaan dengan pekan film Indone s i a y a n g a k a n d i s e l e n g g a r a k a n o l e h M e rah Putih Club (Perkumpulan student In d o n e s i a d i L i m k o k w i n g U n i v e r s i t y ) ” t u t u r Rania Indira Ridwan, ketua panita dar i s c re e n i n g K a i n Wa r n a Wa r n i . R a n i a j u g a menuturkan rencananya aca ra diseleng g a r a k a n d i H a l l o f F a m e d a r i L i m k o k w i n g University. Dan gosip nya, One to Ma n y H u n d re d p e n g i s i s o u n d t r a c k d a r i f i l m ini juga akan datang ke Malay sia untuk m e n y e m a r a k a n a c a r a i n i .


L a n a A rd e l i a P u t r i, p utri tunggal dari pasangan pen g u s a h a k a y a d a n t e r k e nal di Jakarta. Kedua orang t u a n y a s e r i n g p e r g i k e l uar negeri untuk urusan bis n i s . D i r u m a h m e g a h n ya, ia hanya tinggal bersama d u a o r a n g p e m b a n t u . Untuk urusan materi, Lana tidak p e r n a h k e k u r a n g a n . N amun dalam hati Lana, Lana s a n g a t i n g i n a g a r o r a n gtuanya ada disampingnya. L a n a m e m a n g s o s o k e gois manja. Namun ia bukan o r a n g y a n g t i d a k d a p a t mandiri. Bahkan mungkin ia s a n g a t m a n d i r i . L a n a s angat menyukai lomografi. Ia s e l a l u m e m b a w a l o m o nya kemana mana. K e t i g a s a h a b a t n y a , D a nur, Kirana, dan Bella merupak a n s a h a b a t d a r i L a n a s ejak SMA. Lana selalu merasa n y a m a n d a n t i d a k k e s epian ketika berada di tengah m e re k a , t e r u t a m a B e l l a. Bella adalah sosok yang pal i n g d e k a t d e n g a n L a n a. L a n a m e m a n g s o s o k s eorang “putri� yang sedikit u r a k a n b a g i k e t i g a s a h abatnya. Mereka selalu me m a n j a k a n L a n a d a n m enyayanginya sebagai seorang adik. M e re k a b e re m p a t h a r u s terpisah ketika ia memutus k a n u n t u k k u l i a h d i I t a l ia. Sedangkan Danur dan Kira n a b e r a d a d i M a l a y s i a . Bella memutuskan untuk kuliah d i j a k a r t a , s e b e l u m a k hir nya ia mendapatkan bea s i s w a k e A m e r i k a S e r i kat. Salsabe l l a D e w a n d a r i. H i d u p b e r s a m a e m p a t laki laki m e m a n g b u k a n l a h h a l y a n g m u d a h . 3 orang k a k a k l a k i l a k i d a n s e o r a n g a y a h . I b unya beker j a k e r a s 2 4 j a m k a re n a a y a h n y a y a n g hanya dia m d i r u m a h d i k a re n a k a n d e p re s i y a n g dideritanya. Terkada n g , i a m e n g a n g g a p b a h w a p e re m p u a n jauh dap a t d i a n d a l k a n d i b a n d i n g l a k i l a k i . K akaknya yan g p e r t a m a d a n k e d u a a d a l a h s e o r a n g pema d a t . D a n k a k a k n y a y a n g k e t i g a a d a l a h seorang k u t u b u k u y a n g s e r i n g d i p e r m a i n k a n oleh tem a n t e m a n s e k o l a h n y a . A k h i r n y a , B e l l a lah yan g h a r u s m e r a w a t m e re k a s e m u a . S a a t SMA, ia b e r s a h a b a t d e n g a n D a n u r, K i r a n a , d a n Lana. L a n a m e r u p a k a n s a h a b a t y a n g s e l a l u meneman i B e l l a . B a g i L a n a , B e l l a a d a l a h s o s o k yang dewasa.


Kesendirian B e l l a d i J a k a r t a m e m b u a t n y a d e p re s i d an rindunya dia akan sosok sahabat La n a d i s a a t s a a t i t u . K e d u a k a k a k n y a y a n g mulai kecanduan mulai mem buat onar d i t e n g a h k e l u a r g a . Sampai sua t u h a r i , s e m u a n y a m u l a i m e m b a i k . K e d u a kakaknya masuk ke pusat rehabilitasi. K a k a k k e t i g a n y a m u l a i m e n d a p a t k a n p ekerjaan yang dapat memban t u ibunya. D i s a a t y a n g s a m a , B e l l a b e r h a s i l m e n d a patkan beasiswa ke Amerika Serikat. Na m u n , B e l l a s u d a h k e h i l a n g a n k e p e rc a y a annya dengan lelaki. Mungkin hanya Danu r l a k i - l a k i y a n g i a p e rc a y a . B e n a r k a h i t u ? K i r a n a L a r a s a t i. Lahir dari orangtua yang n o r m a l , s e o r a n g adik laki laki, dan lingkungan y a n g n o r m a l j u g a. Dalam kata lain, hidupnya s a n g a t l a h n o r m al. Yang membuat dia sedikit t i d a k n o r m a l h a nyalah kecanduannya dengan sebuah tulisan. K i r a n a a d a l a h s eseorang yang memiliki duni a n y a s e n d i r i . D u nia Kirana. Dimana di dunia i t u , i a d a p a t t i d ak ada yang tidak mungkin baginya. K i r a n a m e m i l i k i hobi menulis dan membaca d i m a n a i t u l e b i h menyerupai kehidupannya di b a n d i n g h a n y a hobi belaka. Disamping itu, ia j u g a s a n g a t d o y an untuk bepergian dan men u l i s s e b u a h p u i s i di dalam jur nal nya. Keingi n a n u t a m a n y a a dalah untuk dapat menerbit k a n k u m p u l a n p uisi yang ada di dalam jur nal tersebut. B a g i K i r a n a . . . D anur, Lana, dan Bella mungkin t i d a k d a p a t m e n yaingi persahabatannya den g a n b u k u . N a m un, mungkin perjalanan liburan y a n g a k a n m e re ka jalani dalam reuni mereka i n i a k a n m e n g u bah persepsi Kirana untuk se lamanya.

movieofthe.month

Mereka ber p i s a h k e t i k a l u l u s S M A . B e l l a t e t a p d i J a karta untuk tetap menjaga anggota ke l u a r g a n y a k e ti k a k e t i g a s a h a b a t n y a p e r g i keluar negeri untuk kuliah. Lana ke Ita l i a , K i r a n a d a n D a n u r b e r a d a d i M a l a y s i a.


M e n i n g g a l n y a s ang ayah membuat Danur b e n a r b e n a r t e r pukul dan meninggalkannya d e n g a n s a n g i b u seorang. Danur sangat me n y a y a n g i s a n g i bu, terutama semenjak kepergian sang ayah. K i r a n a , L a n a , d a n Bella adalah sahabat-sah a b a t y a n g m e m bantunya melewati masa sulit k e t i k a S M A . D a nur selalu berusaha tampil ri a n g d i h a d a p a n ketiga sahabatnya, meskipun i a t a h u , i a s e l a l u merindukan sang ayah. Lihat j u g a t e n t a n g K a rakter Lana di page berikut nya.

Pemutaran F i l m Wa r n a Wa r n i p a d a t a n g g a l 0 8 M e i 2009, di Hall of Fame. Limkokwin g U n i v e r s i t y, C y b e r j a y a , M a l a y s i a .

movieofthe.month

D a n u r A d i t y a P radana. Sebagai anak tung g a l , a y a h a d a l a h sosok yang ia puja dan horm a t i d a l a m k e h i dupannya. Dalam kesehari a n n y a , i a t a h u , sang ayah dapat selalu ia a n d a l k a n d a l a m hidupnya. Hingga suatu hari s a a t i a d u d u k d i bangku SMA, sang ayah ha r u s m e n i n g g a l k an dirinya dan ibundanya untuk s e l a m a l a m a n y a karena penyakit yang ia de rita.


trapercaps

one size fits all (61 cm) , with adjustable strap two colors available, cheking more at www.thedarbotz.com, mail to order info@thedarbotz.com

the darbotz


gira architectureprojectreview

pla


raffe studio

anning & freelance architect G I L B E RT YO H A N N E S VO E R M A N K o n t r i b u t o r B a n dung/gilbert@fingerfast.com


architectureprojectreview


architectureprojectreview


architectureprojectreview


architectureprojectreview


architectureprojectreview


artistartworks


artistartworks


artistartworks


artistartworks


artistartworks


Ntah Kesal Entah Menyesal

1

2

3

4


5

6

7

end


eventofthe.month

Catatan dari STQ ke 3 Kepri di DaboSingkep... oleh Aep Kamarudin/ kontributor Bintan ( aep@fingerfast.com)


“ Te n g o k l a h n i S TQ tingkat Propinsi dibikin di Dabo,kenape tak d i D a e k . K a n kalau kite kaji jauh nampak bahwe ibu kot e L i n g g a i n i m emang cocok di Dabo, sebab sarana yang me n u n j a n g n y e s u dah tersedie di Dabo ni.” Rupanya peneta pa n i b uk o t a L i n g ga di Daik masih menjadi duri didalam dag ing . Mubazir, it u l a h k a t a y a n g p a l i n g s e r i n g t e rdengar da r i m u l u t p u l u h a n o r a n g s a a t d i t a nyai pendap a t n y a t e n t a n g p e n y e l e n g g a r a a n STQ ke 3 P ro v i n s i K e p r i d i D a b o b e b e r a p a waktu yan g l a l u . S e o r a n g p e n g o j e k y a n g sering man g k a l d i s e b ua h p e re m p a t a n t a k jauh dari a re n a S T Q d i l a p a n g a n M e rd e k a Dabo berk a t a “ D u i t 1 5 M i l y a r u n t u k S T Q ini diceka u d a r i m a n e y e ? K a l a u c e k a u nye dari A P B D L i n g g a m a n t a p l a h , b e r a r t i Lingga tak t e r m a s u k k a b u p a t e n m i s k i n l a g i lah, bisa b u a n g d u i t 1 5 m i l y a r u n t u k S T Q ” . Di pelabuh a n D a b o s e o r a n g b a p a k s e d a n g menarik ja r i n g n y a y a n g d i t a g a n s e j a k a i r laut laut b e r g e r a k p a sa n g , s e n j a i t u t a k banyak ta n g k a p a n n y a t a p i c u k u p l a h b u a t bel anja es o k , k e t i k a d i t a n y a i p e n d a p a t n y a tentang ST Q i t u y a n g k e l u a r d a r i m u l u t n y a pun tak ja u h b e d a d e n g a n t u k a n g o j e k d i perempata n t a d i , “ M u b a z i r l a h … k e n a p e t a k dibikin di D a i k j e S T Q n i , k a n i b u k o t a L i n gga disane ? M u n g k i n mo b i l d i s a n e k u r a n g banyak, pe n g i n a p a n d i sa n e t a k c u k u p b u a t menampun g r i b u a n t a m u i n i t a k y e ? ” , Ta k lama kemu d i a n d a t a n g l a g i d u a l e l a k i p a r u h baya deng a n s e p e d a m o t o r d a n b e r h e n t i didekat ka m i , s a l a h s eo r a n g d a r i m e re k a meminta ik a n p a r a n g b u a t u m p a n m a n c i n g dengan si p e n j a r i n g t a d i k e m u d i a n i a p u n melempar t a l i p a n c i n g , s a m b i l m e m a n c i n g ia pun tak m a u h a n y a m e n j a d i p e n d e n g a r perbualan s a y a d a n p e n j a r i n g i t u , “ Te ngok lah ni S T Q t i n g k a t P ro p i n s i d i b i k i n d i Dabo, ken p a e t a k d i Da e k k a n k a l a u k i t e kaji jauh n a m p a k b a h w e i b u k o t e L i n g g a ini meman g c o c o k d i D a b o , s e b a b s a r ana yang m e n u n j a n g n y e s u d a h t e r s e d i e d i Dabo ni.” D e m i k i a n p u l a u j a r s i p e m a n c i n g itu. Ter nya t a m a s a l a h p e n e t a p a n i b u k o t a lingga di D a i k m a s i h m e n j a d i d u r i d i d a l a m daging ru p a n y a p i k i r s a y a d a l a m h a t i .

S e n j a pun berganti malam, ribuan o r a n g tumpah di Arena STQ, bintang s i n e t ron Cinta Fitri sedang ber nyanyi d i p anggung astaka, Kepri T imes b e rd i ri di bagian tengah depan astak a , k onser ini enaknya dinikmati dari t e n g ah, biar seimbang kedua telinga i n i m endengar alunan sound system l i n e a rray yang gagah berdiri mengapit a s t a ka itu, sayang sesekali terdengar o l a h vocal Shiren yang “lari’, sambil m e l a ntunkan ia pun berkode ke band p e n g i ring di panggung rendah sebe l a h k anannya, ketahuan ia tidak bisa m e m onitor irama lagu dari tempat ia b e rd i ri, tapi itu tidak pentinglah, pe n o n t on tetap bersorak gembira idol a n y a tampil live didepan mata sambil m e n g abadikan momen langka itu le w a t k amera ponsel mereka, Play! pun t a k mau ketinggalan, maju ke bibir p a n g gung, ikut larut dalam euphoria S T Q bersama puluhan photographer y a n g sibuk mencari angle memotret S h i re n. Tak lama Opick pun tampil ke m u k a panggung, sorakan penonton l e b i h kuat dari ketika Shiren tampil s e b e l umnya, Opick lah bintang STQ m a l a m itu, lagu Tombo Ati mengge m a d ihantarkan oleh tata suara pu l u h a n ribu watt , semua ber nyanyi b e r s ama Opick, Kepri T imes berhen t i m emotret sambil duduk memand a n g Opick yang berdiri tepat didep a n mata diatas astaka yang megah d i b a wahi lembutnya cahaya rembul a n … Tombo Ati ada lima perkara…. a k h …syahdunya malam itu, menetes a i r m ata ini mendengarkan lagu itu, b e t u l – betul “kering” jiwa ini, Tu h a n …. Jangan kemana-mana, aku a k a n kembali setelah yang satu ini.


eventofthe.month


Sehabis ko n s e r O p i c k m a l a m t a d i P l a y ! m e n u m p a ng tidur di Rida Education Cen ter, ada ka w a n y a n g s u d i m e n a w a r k a n l a p a k m e l e l ap disana. malas hendak me minta fasil i t a s p e n g i n a p a n k e p a d a p a n i t i a y a n g s i b uk leguh legah itu, sejak tiba di hari per t a m a l a l u t a m p a k k a l a u t i d a k s e m u a w a r tawan diperlakukan sama oleh panitia, ta p i t a k m e n j a d i k e n d a l a l a h i t u , m u n g k i n t erlupakan saja oleh mereka karena sib u k m e n g e m a s k e g i a t a n p a n j a n g i t u , d a n juga jur nalis Play! sejatinya siap ditem p a t k a n u n t u k p e l i p u t a n d a l a m k o n d i s i t e rburuk, bahkan meliput perang sekalipun. Setelah m e l i h a t - l i h a t k o l e k s i Ta m a n B a c a a n M a s y a rakat Pustaka Rida, Kepri T imes pun b e r g e g a s p a g i i t u u n t u k m e l i h a t p a w a i Taaruf STQ ke 3 Provinsi Ke pri, jalan- j a l a n d i k o t a D a b o d i p e n u h i p u l u h a n r i b u orang, penuh sesak dengan orang – or a n g b e r b a j u k u r u n g , k a b u p a t e n L i n g g a mengerahkan lebih kurang se bel as ribu o r a n g d a l a m p a w a i t a a r u f i n i , 7 5 5 5 o r a ng diantaranya untuk menabuh kompang d e m i m e m e c a h a k a n re k o r M U R I . R e n c a n a panitia menghadirkan atraksi pesawat te r b a n g b e t u l a n u n t u k m e m b a w a s p a n d u k STQ berkeliling diatas udara Dabo diga n t i k a n d e n g a n p e s a w a t a e ro m o d e l i n g . Salah satu y a n g k h a s d a r i p a r a d e K a b u p a t e n L i n g ga dalam pawai Taaruf pagi itu adalah p e n a m p i l a n i b u – i b u d a r i L A M K a b , L i n g ga, dengan kostum baju ku rung hitam , s o n g k e t h i t a m d a n t u d o n g m a n t o , s e b uah pemandangan yang sangat jarang diju m p a i d i K e p r i i n i , d e m i k i a n u j a r s e o r a n g peserta pawai dari Tanjung Pinang. Jelang sat u j a m p a w a i t a a r u f b e r l a n g s u n g t a m p a k beberapa kali ambulance hilir mudik, ad a p e s e r t a y a ng k e l e l a h a n d a n p i n g s a n k arena panasnya mentari jelang siang itu. M a l a m h a r i n y a d i s a a t p e m b u k a a n S T Q Guber nur Kepri Ismeth Abdullah menyampa i k a n p i d a t o s a m b u t a n n y a , y a n g t a k k e t i nggalan ditutup dengan pantun dan tepuk t a n g a n , h a n y a s a j a t a k t e rd e n g a r g e m u ruh tepuk tangan dari masyara kat yang h a d i r d i s e k i t a r a re n a S T Q . Antusias m a s y a r a k a t m e n y a k s i k a n p e r h e l a t a n S T Q ke 3 Kepri di Dabo ini pun tampaknya h a n y a p a d a s a a t – s a a t t e r t e n e t u s a j a , seperti ketika penampilan Op ick dan Sh i re e n S u n g k a r, P a w a i Ta a r u f , M a l a m P e mbukaan dan Penutupan, na mun saat s e l e k s i d i m a na p a r a q a r i a h m e l a f a z k a n a l quran yang merupakan inti dari STQ i n i t i d a k s e a n t u s i a s s e p e r t i p a d a a c a r a - acara seremonial sebelumnya. Pada hari k e d u a S T Q Ra b u ( 6 / 5 ) s i a n g h a r i n y a s a a t seleksi berlangsung arena STQ pun s e p i , h a n y a Wa g u b K e p r i M . S a n i d a n B u pati Lingga H. Daria pejabat menyaksik a n s e l e k s i . M a s y a r a k a t l e b i h b a n y a k d i Pasar rakyat dan bazaar. Keesokan h a r i n y a s a y a b e r k e n d a r a k e p e l o s o k – p elosok Dabo, lantaran di waktu hari pertam a t i b a s u d a h m e l i h a t K u a l a R a y a s a m p ai ke T injul maka hari itu city sightseein g n y a k e a r a h l a i n p u l a , e t a p e p e r t a m a a rah Dabo – Sedamai- Lanjut, sepanjang j a l a n t e r l i h a t h a m p a r a n p e s i s i r D a b o y a ng bikin sejuk mata meman dang itu, p a n t a i d a n p ep o h o n a n n y a d i t a m b a h s i s a -sisa rumah – rumah panggung atap limas n y a m e m b u a t p e r j a l a n a n i t u s e r a s a d i t e mpo dulu, sayang tour kecil ind ah itu s e s e k a l i t e r g a n g g u d e n g a n p e m a n d a n g a n rumah- rumah tak layak huni dik iri kana n n y a , r u m a h i t u s e a k a n b e r b a l i k 1 8 0 d e rajat dengan megahnya astaka STQ di Lap a n g a n M e rd e k a s a n a .


Kepada Pl a y ! i a b e r p e s a n a g a r d i b e r i t a k a n t e n t a n g usaha tamban salainya itu, mohon ditu l i s j u g a b a h w a i a b e l u m p e r n a h d i b a n t u pinjaman modal sedikit pun oleh peme r i n t a h , k e p a d a p a r a s t a k e h o l d e r y a n g b erwenang mengembangkan usaha kec i l m e n e n g a h d a n m e m b a c a t u l i s a n i n i t o l onglah dibantu saudara kita ini, tamban s a l a i n y a i t u a d a l a h k o m o d i t a s , h a n y a tinggal memoles packag ing dan pe m a s a r a n n y a s a j a m a k a b u k a n h a n y a B a ng Apun yang akan terbantu, satu desa b i s a t e r b a n t u d a r i s i t u . Sepulang d a r i k a m p u n g L a n j u t P l a y ! b e r g e r a k l a g i menyusuri jalan di pesisir Dabo , mu l a i d a r i p a n t a i B a t u B e d a u n s a m p a i k e K ebun Nyiur, disebuah warung pinggir jala n m P l a y ! b e rh e n t i u n t u k m i n u m s e b e n t a r, lantaran saya menenteng kamera da n m e m a k a i k a o s b e r t u l i s k a n J o u r n a l i s t On Duty sebagian warga Ke bun Nyiur y a n g a d a d i w a r u n g i t u l a n g s u n g p a h a m kalau saya adalah wartawan “ dari med i a m a n e d e k ? ” Ta n y a b a p a k y a n g d u d u k disebelah saya. “ Kepri T imes, pak “ s a y a m e n j a w a b “ Ta k p e r n a h d e n g a r pon,” sela si bapak . “ Koran kami cume b e re d a r 1 1 0 e k s p e m l a r d i L i n g g a n i p a k, makenye bapak tak per nah dengar” “ O o h h g i t u “ . Dalam binc a n g - b i n c a n g k a m i p e t a n g i t u b e r t a n y a l ah saya pada seorang le laki lainnya y a n g d u d u k d i a t a s s e p e d a m o t o r d i d e pan warung itu “ Sejak dah jadi kabup a t e n n i h , a p e y a n g t e r a s e b a n g ? p a n c i n g saya “ Makin sakit je lah bang, mre n y e h l a h ” . “ ng a p e p u l a k g i t u b a n g ? ” Ta nya saya lagi “ nebang kayu tak boleh, s o m e l ( s a w m i l l . re d ) t a k d e l a g i , n g a r a p kan laut same mecah batu je lah lagi k a m i n i , t a k d e l a p a n g a n k e r j e l a g i l a h ” “ batu yang buat bahan ban gunan tu y e b a n g , d i j u a l b e r a p e t u h ” Ta n y a s a y a p enasaran “ seribu lima ratus satu blet” j a w a b s i a b a n g . S a y a d i a m s e j e n a k m e n ganalisa, “blet” adalah isti lah orang m e l a y u s i n i u n t u k k a l e n g m i n y a k g o re n g 20 literan berbentuk persegi atau jerryc a n . B e r a r t i u n t u k s a t u k a l e n g 2 0 l i t e r a n batu dihargai seribu lima ra tus rupiah, A n j r i t , b u a t o n g k o s b e l i b a l s e m k a re n a melelasnya tangan memukul batu denga n g o d a m d a n p e g a l n y a d u d u k s a j a t i d a k cukup dengan seribu lima ratus. Batam ber t a h a n s e b a g a i j u a r a U m u m d i S T Q k e 3 Provinsi Kepri, tak heran me mang meli h a t n y a m e n g i n g a t p e m b i n a a n y a n g d i l a k ukan terhadap para qoriah dan qori n y a b u k a n l a h a s a l l a t i h , d i s a m p i n g l a t a r b elakang kehidupan Waliko tanya yang t u m b u h d i B a t u B e s a r B a t a m d a l a m s u asana kampong melayu tua yang dahu l u n y a s a n g a t e r a t d e n g a n t r a d i s i i s l a m , dan sempat ngampus di IAIN Sunan Kali j a g a J o g j a k a r t a .

eventofthe.month

Setibanya d i L a n j u t s a y a p u n m e l i h a t t e m p a t p e n yalaian ikan Tamban milik Bang Apun g , s e l a m a S T Q i n i h a m p i r s e p u l u h r i b u ekor sudah tamban salainya terjual, sej u k h a t i m e n d e n g a r n y a , t a k s i a – s i a j u g a belasan milyar rupiah digel ontorkan b u a t S T Q i n i , m e r a s a k a n j u g a B a n g A p u n g ini tempias dari perhelatan akbar itu, t e l a h s e b e l a s t a h u n i a m e n j a d i k a n t a m b an salai sebagai usahanya, terbangunl a h s e b u a h r u m a h b e t o n s e d e r h a n a d a r i hasil dagangannya itu, sejak pemerintah m e n g g r a t i s k a n b i a y a s e k o l a h r i n g a n j u galah beban yang harus dipi kulnya, sek a r a n g s e t e l a h u s a h a t a m b a n s a l a i n y a d i pasarkan sampai ke Tanjung Balai Karim u n d a n B a t a m i a i n g i n b i s a l e b i h b e s a r lagi


eventofthe.month


Seperti y a n g t e l a h d i p e r k i r a k a n s e b e l u m n y a s a at penutupan STQ pun berlangsun g m e r i a h , m e r i a h d i A re n a S T Q m e r i a h j uga di Pasar Rakyat dan ba zaar, ka re n a m a l a m t e r a k h i r m a k a d a g a n n g a n p un diobral murah. Seremonial penutu p a n S T Q t e r a s a k h i d m a t k e t i k a a y a t – a yat suci al quran dilantunkan dengan i n d a h d a n s y a h d u n y a o l e h s e o r a n g q o r i cilik utusan Batam, Mukh lis Syah p u t r a . M e r i n d i n g b u l u ro m a m e n d e n g a r nya. Selesai sudah acara se rah teri m a p i a l a S T Q d a n p e m b e r i a n d a n a s a n t unan untuk kalangan kurang mampu o l e h B u p a t i L i n g g a , s e o r a n g k a w a n j u r nalis berbisik pada saya “ jelang p i l k a d a s e m u a s i b u k s i r a m – s i r a m … , e n ak jadi kepala daerah ni e, saban h a r i i m a g e b ui l d i n g t a k h a b i s - h a b i s n y a ” . “ Sudahlah bang, ade mate pandan g , a d e t e l i n g e d e n g a r, a d e m u l u t d i a m , ade media, TULIS.” Jawab aku. Ke m b a n g a p i b e r s a u t - s a u t a n p e c a h m e n g hiasi angkasa diatas astaka menutu p S T Q k e 3 K e p r i . S e l e s a i s u d a h s e m u a n ya, Sampai Jumpa di STQ ke 4 Kepri , V i s i t B a t a m 2 0 1 0 , E x p e r i e n c e i t .


eventofthe.month


Iwan Septhiadi digital imaging artist


Iwan wahahaha h a a h a h basic gw p o t o desain ma h g t u 2 a j a klo mau sh a r i n g m a h h a y u a j a

Iwan hahahahah a h a ga tau tuh saya mah p u re a n k k o s a n kbetulan a j a s e n e n g m o t o di batam y a ? Play di KL sadis ya D . A n y a Iwan ohh hahahahah a masih bljr b g t Play ciiiaahh,.. m e re n d a h u nt m e ro k e t y a m a s . . hehhe Iwan hahahahah a ga lah Play udah mam p i r b e l u m s o b ? e m a g z s e r u 2 a n a n a k 2 b atam?? Iwan emg gtu k a l i tiap saat g a a k a n p r n a h a d a t i t i k ohh yg fingerfa s t i t u b u k a n ? Play yup! submit do n g a r t w o r k 2 n y a g a n kan bangg a a d a a n a k b a t a m y a n g c re a t i v e k a y a k ente

Iwan Septhiadi

Play ooh, dgr2 f l u b a b i n y e r a n g a n a k g a u l j g y a h , k a l o f otografer anak gaul jg gak? haha h a

artistofthe.month

Play sob, sene n g n g ed e s i g n j g y a , a j a r i n d o n g , p l i s s


Iwan wah gmn c r n y a ? ? wakakaka k a k a Play udah per n a h m a m p i r b e l u m s e b e l u m n y a ? bisa diund u h s k r n g g a n Iwan emg bisa s u b m i t g t u ? Play bisa dong ok2 Play mantap ga n Iwan ntr punten p i s a n m n t a c re d i t n y a b y i w a n a i a m ok hehehe Play pasti dong link D.A jg ? Iwan hahahahah a siap klo gt u m a h boleh deh Play sip2 Iwan eh mau yg m a n a n i h ? ? Play ambil jursa n a p a d i u n p a r ? Iwan d unpar ng m b i l h u k u m ngulang si h s b e n e r n y a awalnya d i t e n a s Play gpp gan yang pent i n g m a t a n g i l m u n y a


artistofthe.month

Iwan Septhiadi


Play skr ng kita g a b u t u h o r an g p i n t a r, u d a h b a n y a k , s e mpit lapangan kerja skr ng, talent krea t i f d i m a s a d a t a n g , s i a p j a d i l e a d e r p e re konomian gan.. Iwan wuihh siap2

Iwan hahahahah a h a siap2 Play alhamdulil l l a h v i s i t o r k i ta u d a h n y a m p e a n g k a 4 5 . 000 dari jan 09’ - skr ng, so,.. moho n d u k u n g a n n y a y a g a n . .

Septhiadi

Play jad i inti ny a a j a r i n s a y a m o t o s a m a d i g i t a l i m a g i n g itu ya hahhaha

a r t i s t o f t h e . m o n t h Iwan

Iwan hahahahah a h a insaoloh psti bntuin b a t a m l a h n t r


Iwan tekhnik ele k t ro haha Play oh,. manta p Iwan hahahaha ga nyambu n g y g a d a

Iwan perkemba n g a n b a t a m e m g s k r g g m n ? uda lumay a n l a m a g a b a l i k s o a l n y a Play beuuh,.. ngeri lah p o k o k n y a Iwan arahnya km n ? Play mo bil terb a n g , g e d u n g 2 p e n c a k a r l a n g i t Iwan jgn smpe k o n s e p n y a m a l a h j d a b s t r a k d t e n g a h j l n wakakaka k a k a k a waduk sia h hahaha Play konsep ab s t r a k g m a n a n i h g a n ? mo hon pe t u n j u k Iwan wahahaha h a gini takutn y a a p a y g a da d b a t a m s k r g c m s k e d a r trend tp ga bs jd s u b k u l t u r b a r u , s y g a j a k a n Play aseeeekk. . .

Septhiadi

Play tekejud aw a k t d t e n g o k D . A n y a , u d a h U K m i n d e d gt style photo nya.. terus berkarya g a n . . besok ada a i k o s e k o l a h d i b a n d u n g dia senima n m u r a l & g r a f i t i ,

a r t i s t o f t h e . m o n t h Iwan

Play di itenas a m b i l a p a k e m a r i n ?


a r t i s t o f t h e . m o n t h Iwan

Septhiadi


artistofthe.month

Iwan Septhiadi


Iwa n apa yg uda h d k o n s e p a m a k a l i a n 2 malah ancu r n t r n y a Play siiaap gan! thanks2 Iwa n kr na kalian g a p u n y a t i t ik y g j e l a s jd jgn cuma j d a n g e t 2 t a i a y a m l a h haha Play jadi terben t u k k a re n a p e r m i n t a a n d a n l o y a l itas kawan2 mengalir, g a k m e n g e j a r t i t i k , c o b a f l a s h b a c k ke belakan g , s i a p a s e n i m a n d a r i k e p r i / r i a u yang eksis d i k a n c a h n a s i o n a l ? p a l i n g c u m a dgn seni2 p u i s i 2 d a n p a n t u n n y a k a n . . s o dr mana su b k u l t u r i t u t er b e n t u k g a n ? b e d a sama tanah j a w a Iwa n klo aku bila n g s i h b s j d d r a p a y g k t a d a p t a s i dr luar, dr a p a y g k i t a b a c a , t o n t o n , d e n g e r, bnyaklah, t p g a t a u j g s i h i t u b k a l b s j d s u bkultur apa g a , k a re n a a k u n g e l i a t p e r k e m b a ngan potogr a f i d b a t a m tp bukan y g d r k a l a n g a n s e s e p u h n y a m e re k a mah udah s a k t i 2 l a h , t p y g d r s e u m u r a n a m a aku males a j a p o t o g r a f i c m d j a d i i n t re n d Play cuma dalam p e m b i c a r a a n k i t a h a r u s l i h a t d r 2 s u d ut pandang Iwa n cuma mau b e r b a g i p a n d a n g a n a j a hehe gmn2? Play “ yang pen t i n g k i t a b er u s a h a m e m b e r i k o n t r i b usi kepada kampung kita, sekecil ap a p u n i t u . . “


Metthew Sto n e @ Z o u k C lu b

A nnexe Galle r y

G reen Room @ O r a n g e

I m pulse@ Bla n c e c L e C l u b


fingerfast laboratory! attadance @ Kuala lumpur. Malaysia


report by; Ammar Satria, Multimedia Practitioners Singapore/Malaysia Contributor(works@fingerfast.com)

Mr Stephen Tan, Chief Executive of Singa pore Exhibition Ser vices Pte Ltd and President of Allworld Exhibitions Alliance Ltd, del ivering his welcome address


BroadcastA s i a , t h e re g i o n ’s m o s t c o m p re h e n s i v e d i gital multimedia and entertain ment techn o l o g y e x h i b i t io n a n d c o n f e re n c e , re t u r n s to the Singapore Expo on 16 19 June 2009. T h i s y e a r ’s e v e n t w i l l f e a t u re 6 4 7 e x h i b i ting companies, 85 per cent of which are f ro m o v e r s e a s , a n d w i l l s e e m o re t h a n 6 0 new companies to the show. It will serve a s a s t a g e f o r i n t e r n a t i o n a l c o m p a n i e s f rom across the globe to reach out to partners a n d c u s t o m e r s f ro m t h e A s i a P a c i f i c re gion. “In spite of t h e c u r re n t g l o b a l e c o n o m i c d o w n t u r n , businesses are still looking to wards Asia t o d r i v e t h e n e w w a v e o f g ro w t h i n t h e broadcast and media sectors. BroadcastA s i a re m a i n s t h e m u s t - a t t e n d e v e n t f o r c ompanies to source, purchase, network an d f o s t e r c o l l a b o r a t i o n s b e t w e e n i n t e r n a t ional, regional and local players, to leverage o n e a c h o t h e r s ’ s t re n g t h s a n d s e i z e n e w business opportunities,” said Mr Stephen Ta n , C h i e f E x e c u t i v e o f t h e s h o w ’s o r g aniser, Singapore Exhibition Services (SES) . BroadcastA s i a , c u r re n t l y i n i t s 1 4 t h y e a r, h a s g ro w n to encompass a broader spec trum of me d i a b e y o n d t h e t r a d i t i o n a l t e l e v i s i o n a n d Inter net outlets. W ith the shifts i n media co n s u m p t i o n p a t t e r n s a n d t h e i n c re a s i n g demands for more interactive and mobile cont e n t , s e r v i c e s a n d a p p l i c a t i o n s , t h i s y e a r’s showcase of technologies will reflect the i n c re a s i n g c o n v e r g e n c e o f m e d i a a c ro s s the entire landscape. “Broadcast A s i a h a s b e c o m e o n e o f t h e l e a d i n g s h o ws of its kind by spotlighting i ndustry inn o v a t i o n a n d f o s t e r i n g c o l l a b o r a t i o n s b y bringing together the world’s broadcast t e c h n o l o g y p l a y e r s i n a s i n g l e p l a c e . I t a lso reinforces Singapore’s aspi rations to b e a t t h e l e a d i n g e d g e o f d i g i t a l t e c h n o l ogy through an environment that promotes e x p e r i m e n t a t i o n a n d t e s t - b e d d i n g , ” s a i d Dr Christopher Chia, Chief Executive Office r, M e d i a D e v e l o p m e n t A u t h o r i t y o f S i n g apore. Featured fo r t h e f i r s t t i me a t B ro a d c a s t A s i a 2 0 0 9 i s Digital Signage, a form of con verging me d i a t h a t m a k e s u s e o f e l e c t ro n i c d i s p l a y s installed in public retail, hos pitality, tran s p o r t a t i o n a n d e n t e r t a i n m e n t s p a c e s t o captivate consumers. Digital Signage is a l t e r i n g o u t d o o r a d v e r t i s i n g a n d i s s e t t o be a strong growth segment in Asia as the re g i o n ’s a ff l u e n t c o n s u m e r p o p u l a t i o n s wells. One of the h i g h l i g h t s o n t h e s h o w f l o o r t h i s y e a r w i l l be Panasonic Systems Asia Pa cific ’s regio n a l l a u n c h o f 3 D i n F u l l H i g h D e f i n i t i o n ( HD) technology. Its mini theatre showcase w i l l f e a t u re a d r a m a t i c 1 0 - m i n u t e 3 D m o vie, shot in Full HD with Pana sonic’s mos t a d v a n c e d P 2 H D AV C - I n t r a c a m e r a s . T he setup will include a 5.1 surround soun d s y s t e m , a s i l v e r s c re e n m e a s u r i n g 2 . 7 by 1.5 metres, and will use two Full HD DLP p ro j e c t o r s t h a t a l l o w s f o r i m a g e s t o l i t erally jump off the screen. In ad dition, view e r s w i l l b e a b l e t o e x p e r i e n c e a f o u r t h d imension with surprise extra sensory effects d u r i n g t h e m o v i e . P a n a s o n i c w i l l a l s o d emonstrate live 3D broadcast i ng, captur i n g t h e a c t i o n i n i t s s t u d i o o n t h e s h o w f l oor, and projecting it in real time on its theat re s c re e n . P re v i o u s l y a p ro h i b i t i v e p ro c ess, the affordable prices of the equipment i s p o i s e d t o d r i v e 3 D c o n t e n t d e v e l o p m ent and make 3D entertainment more acces s i b l e t o c o n s u m e r s .


Sony’s HD d i s p l a y


Singapore a t t h e H e a r t o f N e w A s i a M e d i a The Singa p o re P a v i l i o n , l e d b y t h e M e d i a D e v e l o p ment Authority of Singapore (MDA), co n t i n u e s t o b e t h e a n c h o r p a v i l i o n a t B ro adcastAsia2009. The 1,200 sqm Pavili o n w i l l h o u s e 5 0 S i n g a p o re c o m p a n i e s showcasing leading-edge digital media tech n o l o g i e s , a p p l i c a t i o n s a n d s e r v i c e s a s well as some of the latest com mercially v i a b l e p ro j e c t s s u p p o r t e d b y M D A . “The Singa p o re P a v i l i o n s h o w c a s e s l o c a l c o m p a n i es and projects at the forefront of the digi t a l b ro a d c a s ti n g w a v e . I t a l s o p ro v i d e s a glimpse beyond traditional television i n t o a w o r l d o f i n t e r a c t i v e , r i c h - m e d i a e xperiences,” added Dr Chia. This year’s P a v i l i o n f e a t u re s i n n o v a t i o n s t h a t w i l l t ransform the way users en gage with t h e m e d i a f o r i n f o r m a t i o n a n d e n t e r t a i n ment. An exciting development is W ish Sin g a p o re , a n o u t d o o r d i g i t a l v i d e o d i s p l a y capable of receiving real-time content, s u c h a s v i d e o s , p i c t u re s a n d g r a p h i c s , u ploaded by people using their mo bile pho n e s a n d t h e I n t e r n e t . D e v e l o p e d a n d o perated by PGK Media in cooperation w i t h I D M R & D P ro g r a m O ff i c e h o s t e d u n der the MDA, the technology will make i t s p u b l i c d e b u t a t t h e N a t i o n a l D a y P a r ade as a giant floating digital wall on th e w a t e r s o f M a r i n a B a y, m a k i n g i t a w o r l d’s first and the largest ever built in Sin g a p o re . D u r i n g t h e N a t i o n a l D a y c e l e b r ations, this immersive digital canvas wi l l d i s p l a y S i n g a p o re a n s ’ w i s h e s a n d d e d ications from all around the world and i n re a l - t i m e . Discussion s a re u n d e r w a y f o r W i s h S i n g a p o re t o s upport the 2010 Youth Olympic Games in S i n g a p o re a n d t h e 2 0 1 0 Wo r l d E x p o i n Shanghai. Also exhib i t i n g a t t h e P a v i l i o n i s a Tr a ff i c I n f o r m a t i on System jointly developed by MediaCorp a n d i S E T M e d i a , a s u b s i d i a r y o f i S E T i n Korea. The System will, in the near future , p ro v i d e u p d a t e d , re a l - t i m e t r a ff i c i n f o r mation as well as supporting services in c l u d i n g E l e c t ro n i c R o a d P r i c i n g ( E R P ) d etails, locations of restaurants and parkin g l o t a v a i l a b il i t y, t h ro u g h t o a n i n t e g r a t ed street map system incorpo rating GPS a n d d y n a m i c n a v i g a t i o n c a p a b i l i t i e s . T he Traffic Information System accepts st a t i c t r a ff i c d a t a f ro m t h e L a n d Tr a n s p o r t Authority and MediaCorp’s TrafficWatc h b e f o re t r a n s m i t t i n g t h e l i v e i n f o r m a t i on via the Digital Audio Broad casting (D A B ) n e t w o r k t o m o t o r i s t s . M e d i a C o r p a n d iSET Media are now looking to develop a n i n - v e h i c l e re c e i v e r f o r c o m m e rc i a l u se. The possib i l i t i e s o f i n t e r a c t i v e t e l e v i s i o n w i l l a l s o be showcased. MediaCorp, Skycom S a t e l l i t e S y s t e m s a n d Z e n t e k Te c h n o l o g y Singapore will demonstrate an open stan d a rd , e n d - t o -e n d i n t e r a c t i v e t e l e v i s i o n s ystem that will allow viewers to pla y game s , v o t e a n d c a r r y o u t o t h e r i n t e r a c t i v e s ervices. MediaCorp and Zentek are develo p i n g a s e t o f i n t e r a c t i v e T V a p p l i c a t i o n s based on Multimedia Home Platform ( M H P ) , t h e re c o m m e n d e d i n t e r a c t i v e T V middleware standard for Singa pore, ASE A N a n d E u ro p e . T h e r a n g e o f i n t e r a c t i v e TV applications under devel opment in c l u d e a n E l e c t ro n i c P ro g r a m m e G u i d e ( EPG) as well as information services for n e w s , g o v e r n m e n t a n d c h i l d re n .


Google’s booth draws a crowd


These in t e r a c t i v e T V a p p l i c a t i o n s a re b eing trialle d o n M e d i a C o r p ’s d i g i t a l t e rrestrial T V t r a n s m i s s i o n n e t w o r k ( D V B - T ) using hig h d e f i n i t i o n M H P M P E G - 4 t e rrestrial s e t t o p b o x e s ( S T B ) d e v e l o p e d by Skyco m S a t e l l i t e S y s t e m s . I n a d d i t i o n to develo p i n g t h e s e ST B s f o r i n t e r a c t i v e TV applic a t i o n s a n d s e r v i c e s , S k y c o m i s looking t o e x t e n d t h e S T B c a p a b i l i t i e s t o support D V B - T 2 ( t h e s e c o n d g e n e r a t i o n of DVB-T ) , w h i c h w i l l p ro v i d e s p e c t r u m efficienc i e s o f u p t o 5 0 % a s c o m p a re d t o DVB-T. T h e s e e ff i c i e n c i e s w i l l e n a b l e , f o r example , t h e f u t u re ro l l o u t o f m u l t i c h a nnel HDTV o r i n n o v a t i v e d a t a c a s t i n g s e rvices. V isitors w i l l b e a b l e t o v i e w t h e s e n e w technolo g i e s a t t h e S in g a p o re P a v i l i o n located a t 8 G 4 - 0 5 , S i n g a p o re E x p o H a l l 8. A list o f t h e p a r t i c i p a t i n g c o m p a n i e s can be fo u n d i n t h e a t t a c h e d A n n e x . Regiona l C o n f e re n c e s H eld alo n g s i d e B ro a d c a s t A s i a 2 0 0 9 i s t h e B roadca s t A s i a 2 0 0 9 I n t e r n a t i o n a l C o nference, f e a t u r i n g a l i n e - u p o f p ro m i n e n t industry s p e a k e r s a n d p ro f e s s i o n a l s d i scussing t h e f u t u re o f b ro a d c a s t i n g . D e l egates wi l l l e a r n h o w f o rc e d re a s s e s s m e n t and chan g e s i n t h e i n d u s t r y b ro u g h t about by t h e d o w n t u r n c a n b e b e n e f i c i a l in the lon g r u n t h ro u g h m o re e ff i c i e n t a n d greener s o l u t i o n s . A highlig h t o f t h i s y e a r ’s c o n f e re n c e i s the parti c i p a t i o n o f S c o t t G o o d s t e i n , E xter nal On l i n e D i re c t o r o f U n i t e d S t a t e s Presiden t B a r a c k O b am a ’s p re s i d e n t i a l campaig n . M r G o o d s t e i n w i l l s p e a k o n how he e ff e c t i v e l y u s e d i n t e r a c t i v e d i g i t a l media su c h a s m o b i l e b ro a d c a s t i n g a n d social ne t w o r k i n g c o m m u n i t i e s t o e n g a g e Obama’s v o t e r s . H e w i l l a l s o d e m o n s t r a t e how indu s t r y p l a y e r s c a n b a n k o n n e w media ap p l i c a t i o n s a n d c re a t e a d d - o n opportun i t i e s t o g e n e r a t e a d d i t i o n a l re venue stre a m s f o r t h e i r b ro a d c a s t i n g b u s inesses.

C G Overdrive Asia’s unparalleled c o mputer graphics (CG) event dedi c a t ed to CG professionals, enthusi a s t s, students, producers, vendors a n d buyers, retur ns for its fourth e d i t ion at BroadcastAsia. The con f e re nce and its new segment of P ro f essional Tracks introduced to i m p art advanced skill sets to pro f e s s ional artists - promises a stel l a r l ine-up of speakers from intern a t i onally renowned studios such a s Codemasters, Double Negative, F Z D School of Design, Lucasfilm A n i mation Company Singapore B . V. , Pixar Animation Studios and R u n e Entertainment. Testament t o t he strong growth of the local C G industry, there will be nine CG s c h ools participating in the exhibi t i o n this year to recruit students t h a t will fill the additional 10,000 j o b s that is projected to be created b y 2015. Organised by V isual Com m u nication Order (VCO) with strate g i c partner SES, CG Overdrive also a l l o ws job seekers to meet the vari o u s leading studios on the lookout f o r talent at the event’s recruitment z o n e. A b out MDA F o r med in 2003, the Media De v e l o pment Authority of Singapore ( M DA) plays a vital role in trans f o r ming Singapore into a Global M e dia City and positioning it at t h e forefront of the digital media a g e . MDA spearheads initiatives t h a t promote developments in film, v i d eo, television, radio, publishing, m u s ic, games, animation, media s e r vices and Interactive Digital Me d i a . At the same time, in ensuring c l e a r and consistent regulatory pol i c i e s and guidelines, MDA helps to f o s t er a pro-business environment f o r i ndustry players and increase m e dia choices for consumers. For m o re information, visit www.mda. g o v.sg and www.smf.sg.


Panel disc u s s i o n a t t h e N e w M e d i a C o n f e re n c e


About Sin g a p o re E x h ib i t i o n S e r v i c e s P t e L t d Set up in 1 9 7 6 , S i n g a p o re E x h i b i t i o n S e r v i c e s ( S E S) has established itself as one of the m o s t i n n o v a t i v e a n d re s p e c t e d e x h i b i t i on and conference organisers in Asia. A p i o n e e r i n t h e S i n g a p o re e x h i b i t i o n i n d u stry, SES events have served as importa n t p l a t f o r m s f o r c o m p a n i e s a i m i n g t o f o rge new business contacts in Asia. W ith a p o r t f o l i o o f i n t e r n a t i o n a l t r a d e s h o w s already serving the Communi cations, E n g i n e e r i n g , M a c h i n e r y a n d L i f e s t y l e i n d u stries, SES continues to de velop new e v e n t s t o m e e t m a r k e t n e e d s . S E S e v e nts consistently attract a high level of ov e r s e a s p a r t i c i p a t i o n w i t h f o re i g n e x h i b i t ors accounting for almost 80% of the sho w f l o o r. S E S i s a m e m b e r o f A l l w o r l d E x hibitions Alliance, a global net work with o v e r 5 0 o ff i c e s w o r l d w i d e . F o r m o re i n f ormation, please visit www.ses allworld.co m . About Bro a d c a s t A s i a Broadcast A s i a , t h e m e d “ D i g i t a l : T h e J o u r n e y F o r w ard�, offers the latest in digital and intera c t i v e m e d i a , a d d re s s i n g t h e v a l u e c h a i n of content creation, manage ment, and d i s t r i b u t i o n . w w w. B ro a d c a s t - A s i a . c o m


eventofthemonth

WELCOM E T O B ATA M , I N D O N E S I A We l c o m e t o Asian Tea & Coffee Expo 2009

Te a & C o ff e e h a v e b e e n w e l l k n o w n i n t h e world. Million of people con s u m e t e a a n d c o ff e e m o re t h a n o n c e o n every single day. Some people e v e n t c a l l e d t h e m s e l f a s Te a & C o ff e e a ddict. Nowadays, the world of t e a & c o ff e e a l s o s p re a d i n t o s t y l e w h i l e business of these products in c re a s i n g c o n s i s t e n t l y. B a s e d o n t h e a b o v e , Av a v a G l o b a l P ro m otion Indonesia along with Indo n e s i a Te a B o a rd & A s s o c i a t i o n o f I n d o n e sian Coffee Exporters & Indus t r i e s , p l e a s e d t o w e l c o m e a l l o f y o u t o t h e ASIAN TEA & COFFEE Expo 2009 in Batam, Indonesia. T h e e v e n t p ro v i d e s a l l a b o u t Te a & C o ff e e and its related industries/ p ro d u c t s s u c h a s s u g a r, m i l k , b i s c u i t , p a ckaging, hotel & tourism, etc. P ro m i s i n g t o b r i n g Te a & C o ff e e s e l l e r s , buyers, decision maker, retail e r s , re s t a u r a t e u r s , g o v e r n m e n t l e a d e r s , and even tourists, students and public to the event. D a t e o f e x p o : M a y 2 2 - 2 4 , 2 0 09 Ve n u e : S u m a t e r a P ro motion Center (SPC), Batam, In d o n e s i a M a i n p ro g r a m : Te a & C o ff e e Expo (3 days expo) S u p p o r t p ro g r a m : S e m i n a r- A l l a bout Tea & Coffee Trade in Asia Ta l k S h o w : Va r i o u s Te a & Coffee and its Market Trend S h o w b i z : Te a & C o ff e e i n various function (Health & Beauty) P re E v e n t a c t i v a t i o n : G r a n d L a u n c h i ng in Hotel Mulia Senayan, Ja k a r t a , I n d o n e s i a . F u n G o l f To u r n a m e n t , B atam, Indonesia E n t e r t a i n m e n t : Te a & C o ff e e Music Festival with Indonesian To p A r t i s t s . Te a & C o ff e e B re a k – Tr a d i t i o n & Culture show


eventofthemonth


eventofthemonth


Telkomsel Broadband Expo 2009 featuring Fingerfast Laboratory!

Untuk mem e n u h i k e i n g i n t a h u a n p e l a n g g a n t e r h a d ap mobile lifestyle yang sedang trend saat i n i , Te l k o m s e l m e n g g e l a r a c a r a Te l k o m s el Broadband Expo di Nagoya Hill, selam a t i g a h a r i , 2 6 - 3 1 M e i . H a l t e r s e b u t t e r masuk serangkaian acara peray aan HUT Te l k o m s e l k e - 1 4 y a n g j a t u h t a n g g a l 2 6 M ei lalu. Acara Bro a d b a n d E x p o t e r s e b u t m e l i b a t k a n m i t r a dealer Telkomsel yang ada di Batam den g a n m e n a m p i l k a n b e r a g a m l a y a n a n m o bile lifestyle Telkomsel antara lain BlackB e r r y, Te l k o m l s e l F l a s h , m - M u s i c , p u s h email, dan I-phone yang baru saja dilunc u r k a n p e r t a m a k a l i d i I n d o n e s i a . T idak hany a i t u , s e i r i n g k e h a d i r a n p o n s e l , m u n c u l gaya hidup yang penuh mobili tas atau d i k e n a l d e n g a n n a m a m o b i l e - l i f e s t y l e ( m - lifestyle). Kini ponsel tak seka dar untuk m e n e l p o n d a n S M S , t a p i m e m i l i k i p e r a n yang sangat penting dalam mendukun g b e r b a g a i a k t i v i t a s s e h a r i - h a r i y a n g p e nuh mobilitas. Dengan po n s e l , k a p a n p u n d a n d i m a n a p u n k i t a berada, maka akan selalu terhubung de n g a n b e r b a g a i s u m b e r i n f o r m a s i s e p e r t i siaran TV, radio, inter net, dan E-mail. Ba h k a n l e b i h d a r i i t u , k i n i p o n s e l b i s a b e r f ungsi sebagai dompet digital atau mobi l e w a l l e t d i m a n a k i t a b i s a m e l a k u k a n t r ansfer uang, transaksi hingga pengambil a n u a n g t u n ai . U n t u k m e m a n j a k a n p e l a n ggannya, selama iven berlang sung, Telk o m s e l m e m b e r i k a n k e r i n g a n a n k e p a d a s etiap konsumen yang melaku kan transa k s i . ’’ I n i m e r u p a k a n s p e s i a l t re a t m e n t , k ita akan memberikan potongan harga 14 p e r s e n u n t u k f l a s h d a n 1 0 p e r s e n u n t u k iphone 3G,” jelas W idodo. Selain mem a m e r k a n p ro d u k - p ro d u k t e r b a r u n y a , Te lkomsel juga bekerjasama den gan Batam L i n k P u b l i s h e r m e n g g e l a r B o o k F a i r 2 0 09. Pameran buku terbesar di Kepri terse b u t d i i k u t i l e b i h d a r i 3 0 p e n e r b i t y a n g t ergabung dalam Ikatan Penerbit Indone s i a ( I K A P I ) D K I . ’’ A c a r a i n i m e r u p a k a n p ameran buku yang kedua di Batam, tu j u a n n y a u n t u k m e n a m b a h m i n a t b a c a w a rga Kepri, khususnya Batam,” kata Ketua P e l a k s a n a A c a r a , E d i S u t r i s n o d a r i B a t am Link Publisher. Ia mengat a k a n s e m u a j e n i s b a c a a n d a l a m p a m e r a n itu tersedia dengan lengkap. Mulai dari b a c a a n a n a k - a n a k , re l i g i , p o l i t i k d a n p e ngetahuan lainnya. ’’Setiap penerbit m e m i l i k i p ro d u k k h a s m a s i n g - m a s i n g , j a d i tergantung selera si pemba ca, ” ujar ny a . S e l a m a p a m e r a n b e r l a n g s u n g , b a n y a k kemudahan dan keringanan yang diber i k a n k e p a d a p e n g u n j u n g . S e l a i n b u k u n y a yang lengkap, harganya juga relatif mur a h d i b a n d i n g d i t o k o b u k u b i a s a . ’’ Ya , k arena ini langsung dari penerbit, otoma t i s h a r g a n y a l e b i h m u r a h , b a h k a n s e l a m a iven kita berikan diskon spe sial untuk s e t i a p p e n e r b i t , ” j e l a s n y a .

.... . . . . . s u m b e r ; H a r i a n B a tampos


eventofthemonth


photographygallery

Demokrasi

by Yuli Seperi (yuliseperi@fingerfast.com)


Indonesia



Play#05