Page 1

#1


DESAIN INTERIOR & PERSPEKTIF Apa yang pertama kali terpikirkan saat mendengar kata ‘desain interior’? Berdasarkan pengalaman yang cukup sering dialami, mayoritas teman-teman di luar program studi akan langsung menyangkutkan desain interior dengan, “Oh dekorasi-dekorasi gitu ya?” Berbicara tentang desain interior tentu tidak bisa terlepas dari ruang, karena arti interior itu sendiri yaitu ruang dalam. Manusia menghabiskan sebagian besar waktunya berkegiatan di dalam ruang. Seperti yang dikatakan oleh salah satu dosen senior Desain Interior ITB, Pribadi Widodo M.Sn., B.Arch., ruang interior ada sebagai salah satu wujud lingkungan fisik untuk manusia beraktivitas dalam bentuk terlindungi atau pun hanya terteduhi, dan harus sedemikian rupa dapat mengakomodasi kepentingan fisik maupun psikologisnya. Hal tersebut menjelaskan bahwa desain interior sangat kompleks, memperhatikan detail-detail yang membuat desain interior tidak hanya sekedar ‘dekorasi’ atau mengutamakan estetika saja, karena desain interior ada untuk menempatkan manusia dan memanusiakan tempat. Melalui majalah Perspektif ini, kami tidak berusaha untuk mendikte atau meluruskan pendapat pembaca mengenai desain interior, namun kami ingin mengajak pembaca untuk melihat dan memahami dunia desain interior dari sudut pandang kami. Edisi pertama Perspektif ini mengambil tema “Expose”, dimana kami selaku mahasiswa Desain Interior ITB ingin secara terbuka menunjukkan segala kegiatan, pendapat, pemikiran dan karya yang kami hasilkan. Selamat membaca!

Salam,

Ketua Redaksi


Redaksi Nathania Anandra Purba Ketua Redaksi

Woro Medha Mahardhika W.P. Ketua Redaksi

Nahja Akbar K. Reporter

Annisa Putri P. Lay out

Catherine H. Editor

Kariza Fitri A. Editor

Kinan Kawuryan D. Editor

Raphaella Dennisa Editor

Laksmi Pratiwi Secretary

Estu Singgih Lay out

M. Ridha

Livia Zefanya

Lay out

Lay out

Irfianti Wandyani Lay out

Andreas Ari Perdana Frastika G. Reporter

redaksi.perspektif@gmail.com

Friska Amalia Reporter

Reporter


Konten 03

04

Editorial

Redaksi

05

06

Konten

Design Review

12

16

19

Design Review

Our Design

Achievement

Urbane

Kursi Rotan

Etika Vidyarini

22 Internal Paradigma!

24 Eksternal New Olds

Rumah Baca Pak Apep


RUMAH BACA PAK APEP Berada di sebuah lingkungan perumahan yang mendapat view lembah, rumah ini telah dikenal oleh warga sekitar sebagai taman bacaan yang dikenal dengan ‘Rumah Baca Pak Apep’. Hunian yang berada di daerah Cigadung tersebut memiliki tiga tingkat, dimana lantai satu sebagai ruang publik, lantai dua sebagai ruang semi publik, dan lantai tiga sebagai ruang privat.

Lantai satu difungsikan penuh sebagai rumah baca. Rumah baca disediakan sebagai saranan sosial bagi warga yang ingin membaca dan dibangun dengan gagasan dan niat untuk mencerdaskan anak-anak dengan membaca. Rumah baca ini terdiri dari rak-rak kayu penuh buku serta kursi-kursi dari rotan. Bahkan halaman belakang dari rumah ini juga disediakan sebagai tempat baca outdoor.


“Rumah yang ideal adalah rumah yang sederhana, nyaman dan segar.� Sirkulasi udara dan cahaya di rumah ini amat lancar. Jendela besar yang terbuat dari anyaman bambu serta tembok bata yang bercelah-celah membuat sejuknya udara Bandung dapat dinikmati di rumah ini. Selain itu, penggunaan kaca untuk bagian langitlangit membuat cahaya alami berperan sebagai penerangan efektif di siang hari. Pemanfaatan batu bata yang diekspos sebagai dinding memberikan penekanan terhadap pensuasanaan ruang. Batu bata memberikan unsur tekstur yang kuat dan diolah menjadi sebuah pattern yang unik dalam ruangan.

Penggunaan bambu dengan diameter kecil memberikan kesan fleksibilitas karena bambu lebih digunakan sebagai sekat ataupun pembatas. Namun karakteristik bambu yang memiliki lengkungan memberikan efek bahwa pembatas tersebut tidak bersifat terlalu tegas dalam membatasi ruangan. Eksploitasi kayu yang dominan memberikan efek natural yang kental. Kayu yang digunakan pun sebagian besar adalah kayu tua peninggalan gedunggedung Belanda sehingga semakin memancarkan efek natural dari kayu-kayu tua tersebut.


URBANE

INDONESIA


KURSI ROTAN


KURSI ROTAN


Perspektif #1 : Expose  

Majalah Ikatan Mahasiswa Desain Interior ITB

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you