Page 1

Polda Periksa 'OASIS' Baca Selengkapnya di Halaman 5

Eceran

plg.ekspres@gmail.com Palembang Ekspres www.issuu.com/palpres

FOTO BERRY PALPRES

RABU, 13 FEBRUARI 2013

TERBIT 16 HALAMAN

Alex : Laporkan Petugas Pungut Program KB

Besok, ESP Hadirkan H Rhoma Irama Berikan Tausiyah dan Hiburan Rohani

PALEMBANG. PE – Masih ditemukannya petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) memungut biaya suntik KB (Keluarga Berencana) bagi masyarakat tidak mampu, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Ir H Alex Noerdin menegaskan untuk segera melaporkan jika di lapangan masih ada yang demikian. FOTO ALHADI FARID PALPRES PUKUL GONG “Karena implant saja gratis, itu biayanya Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin didamping Kepala BKKBN Sumsel, cukup mahal. Kejadian ini memang ada satu Dra Sri Rahayu pukul gong tanda dibukanya Rakerda BKKBN tingkat Provinsi Sumsel, di Hotel Jayakarta, Selasa (12/2).

HIBURAN ROHANI

FOTO IST

H Rhoma Irama, musisi dan pendakwah dijadwalkan bakal hadir menyampaik tausiyah dan hiburan rohani kepada warga metropolis di BKB, Kamis (15/2).

Bersambung ke HAL 5

PALEMBANG. PE – Ir H Eddy Santana Putra MT (ESP), Calon Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) 2013-2018 seolah tak berhenti memberikan sentuhan kepada masyarakatnya. Kali ini, ESP akan menghadirkan musisi sekaligus pendakwah kondang, H Rhoma Irama di Benteng Kuto Besak (BKB), Kamis, 14 Februari 2013 pukul 13.00-16.00 WIB. Pada kesempatan itu pentolan Grup Musik Soneta ini akan memberikan tausiyah kepada masyarakat Sumsel yang akan hadir melihat langsung idola mereka. Bersambung ke HAL 5

Longsor Tebing 300 M,

2 Tewas 1 Hilang

JALAN KAKI

FOTO HERY PALPRES

Warga terpaksa berjalan kaki menyusuri jalan akses menuju 4 Kecamatan OKU Selatan yang amblas dan longsor sepanjang 1 Kilometer.

Banjir Bandang Terjang Muaradua Akses 4 Kecamatan Lumpuh

MUARADUA. PE - Hujan lebat mengguyur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan dan sekitarnya Senin (11/2) malam, sekitar pukul 20.00 WIB, merendam puluham rumah di 2 Desa

yakni Pendagan dan Mahanggin, Kecamatan Muaradua dengan ketinggian air 1,7 meter.

Bersambung ke HAL 5

100 Persen Fit CARI KORBAN

PALEMBANG. PE – Aliyuddin, striker Sriwijaya Football Club (SFC) musim ini, sebelumnya mengalami cidera yang didapatnya ketika memperkuat timnya di ajang pra musim bertajuk Celebes Cup akhir tahun 2012 lalu.

FOTO-FOTO EKO PALPRES

Tim evakuasi penanggulangan bencana daerah dibantu warga mengalami kesulitan dalam upaya pencarian korban Wansah yang diduga masih tertimbun longsor tebing setinggi 300 meter di Dusun Rempasai, Kelurahan Penjalang. Tampak pula tim berjibaku saat mengevakuasi jasad korban Saipul dan Yati.

Bersambung ke HAL 5

Gara-gara Raskin Kades Dikeroyok

PAGARALAM. PE - Tiga warga Desa Perahudipo, Kelurahan Perahudipo, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, masingmasing Saipul (55), Yati (53) dan Wansah (30) tewas tertimbun longsor tebing setinggi 300 meter di Dusun Rempasai, Kelurahan Penjalang, Selasa (12/2) sekitar pukul 06.30 WIB. Ketiga korban saat kejadian sedang menunggu pondok di kebun kopi dan durian berukuran 3 x 5 meter tempat mereka bermalam. Pondok yang berada sekitar 30 meter dari bibir sungai Lematang dan sekitar 50 meter dari titik longsor hilang setelah ditimbun tanah bercampur batu setinggi 3 meter dengan luas 1 hektar.

MARTAPURA. PE - Diduga melakukan penggelapan beras untuk rakyat miskin (Raskin) selama enam tahun, Amir Hamzah, Kepala Desa (Kades) Jaya Mulya, Kecamatan Semendawai Suku III, nyaris tewas dikeroyok warganya sendiri, Senin (11/2) sekitar pukul 21.30 WIB. Bersambung ke HAL 5

Bersambung ke HAL 5

UKMK MKKR

Aliyuddin FOTO NOVA WAHYUDI PALPRES

Tak Cukup Satu Lelaki (1) AKU tidak mampu menjawab ketika ditanya mengapa aku memiliki banyak lelaki dalam kehidupanku, yang aku tahu aku merasa selalu haus kasih sayang dan perhatian dari kaum Adam.

M

ELAKONI banyak pasan-

gan sebenarnya sudah aku lakukan sejak aku duduk di bangku SMP, tepatnya ketika aku bersekolah dan jauh dari kakak

perempuan dan lelakiku. Apalagi sejak di tingkat SD, aku sudah kehilangan Ayah yang sangat dekat denganku apalagi sangat memanjakanku karena apa yang aku pinta selalu diberikannya.

Bersambung ke HAL 5

Anda Punya Cerita Undercover, Ingin berbagi cerita menarik tentang pengalaman pribadi anda mulai dari kisah asmara, perselingkuhan, pekerjaan atau cerita lainnya. Kirimkan permintaan wawancara khusus anda ke email : iqbql.palpres@gmail.com Semua cerita menarik tentang anda akan kami muat dengan penuturan bahasa Aku. Sehingga siapa pun anda identitasnya akan kami rahasiakan.


PALEMBANG EKSPRES

rabu, 13 februari 2013

Halaman 2

Wilayah Perbatasan Berpotensi Terjadi Kecurangan Walaupun telah digulirkannya Eletronik KTP (e-KTP) sebagai data resmi masyarakat. Namun, tidak menutup kemungkinan terjadinya kecurangan dalam Pemilihan Umum Kepada Daerah (Pilkada), terutama diwilayah perbatasan. Apalagi memang pemilih yang tinggal di wilayah perbatasan dinilai sangat potensial. Oleh karenanya wilayah perbatasan paling mudah untuk digarap oleh tim sukses calon yang bakal maju karena rawan akan kecurangan.

PERBATASAn

Wilayah perbatasan dinilai sangat potensial dalam pemilihan umum. Tapi, di wilayah perbatasan itu juga sangat berpotensi tejadi kecurangan walaupun telah diberlakukan e-KTP. Apalagi jika data e-KTP penduduk masih belum valid.

W

ilayah perbatasan memang kurang mendapat perhatian dari penyelenggara maupun dari kandidat. Akibatnya, masyarakat masih kurang mendapat sosialisasi saat pilkada. Para kandidat terkadang kurang melakukan kegiatan sosialisasi, sehingga jarang diekspos oleh media maupun dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri. Padahal pemilih di wilayah perbatasan tergolong dinamis karena tergolong masyarakat urban. Bahkan, pemilih juga sangat dimudahkan untuk mendapat berbagai informasi yang sifatnya nasional maupun lokal diwilayah itu. Di wilayah perbatasan juga biasanya masih bercermin dengan figur pemimpin yang lebih dikenal. Dengan begitu maka akan memudahkan tim sukses untuk menawarkan isu perubahan yang bakal digulirkan bakal calon kandidat itu. Meski memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tim sukses harus meyakini pemilih di wilayah perbatasan punya potensi suara besar. Hal itu dapat dilihat dari kepadatan penduduknya yang terbilang tinggi. Karenanya calon kandidat yang bakal maju itu, mulai menargetkan jumlah suara yang cukup besar. Secara awam, masyarakat tentunya

berkeyakinan dengan telah digulirkannya e-KTP secara nasional itu, maka Daftar Pemilih tetap (DPT) saat pilkada akan valid. Dimana data penduduk tidak ada yang ganda. Sehingga kecurangan yang bakal dilakukan tidak akan terjadi. Tapi, segala bentuk kecurangan demi memperoleh suara saat pilkada itu tetap saja bisa dilakukan oleh tim sukses calon kandidat. Jadi dengan diberlakukannya e-KTP itu bukan serta merta menutup akses kecurangan saat pilkada terutama diwilayah perbatasan itu. Memang cukup sulit mengetahui apakah penduduk di perbatasan itu memang benar-benar masuk dalam wilayah tersebut atau wilayah lain. Karenanya hampir disetiap penduduk yang ada di wilayah perbatasan mempunyai identitas ganda. Dengan dalih agar mudah dalam pengurusan administrasi, maka penduduk itu membuat identitas lain.

Guna mengurangi atau bahkan menghidari kecurangan yang bakal terjadi saat pilkada, maka KPU mesti melakukan sosialisasi dan benarbenar mendata DPT di wilayah perbatasan itu. Jika data DPT itu tidak valid, maka potensi kecurangan itu tetap saja besar terjadi. Pemerintah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), harus memberikan data yang benar-benar valid kepada KPU. Dengan adanya dapat kependudukan dari Dukcapil, maka KPU baru bisa menetapkan jumlah DPT saat pilkada. Dan kecurangan yang bakal terjadi bisa diminimalisir. Kepala Dinas Dukcapil Palembang, Abdullah S Farhan menjamin jika pendataan untuk Data Penduduk Potensi Pemilih Pemilu (DP4) yang diberikan kepada KPU Palembang untuk Pemilihan Wali Kota Palembang akurat.

foto: net

Karena data ini menggunakan data warga yang merekam e-KTP. “Jadi kecil kemungkinan data ganda. Karena, ini memakai data yang merekam e-KTP, sehingga terintegrasi langsung dengan data center di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI,” jelas Abdullah. Bagi warga yang belum mendapatkan e-KTP, tambah Farhan, tidak akan ada masalah dan tetap bisa memilih. “Karena kita pakai sistem undangan sesuai dengan data yang ada,” katanya. Sementara, Walikota Palembang, Ir H Eddy Santana Putra mengatakan, penyusunan DP4 sudah dilakukan sejak lama, hasilnya daftar potensi pemilu sebanyak 1.198.030 jiwa. Data ini bisa bertambah dan berkurang, karena dalam DP4 ini termasuk TNI dan Polri. “Ada sekitar 20 warga yang berprofesi sebagai TNI dan Polri.

Karena itulah hasil validasi data yang akan dilakukan KPU, data ini masih bisa bergerak, bertambah atau berkurang,” jelasnya. Lebih jauh dikatakannya, partisipasi masyarakat dalam memilih kepala daerah masih dinilai rendah. Biasanya, masyarakat yang menggunakan hak pilihnya berkisar 60-70 persen. “Target kita 85 persen masyarakat gunakan hak pilihnya, karena itu saya akan dorong lurah, ketua RW dan ketua RT untuk mengajak masyarakat

ikut menentukan masa depan Palembang,” kata Eddy. Menurut Eddy, akses masyarakat untuk mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) lebih mudah. Sebab, dalam satu TPS hanya melayani 500 pemilih. “Saya rasa jarak antara TPS tidak jauh, jalan kaki atau menggunakan sepeda saja sudah sampai. Kondisi ini berbeda dengan daerah, akses sulit ditambah jarak yang jauh,” terang Eddy. RIS

Daftar Pemilih Belum Valid PALEMBANG.PE - Pasca penerapan dan penyerahan Elektronik (e-KTP) kepada penduduk, yang dikhawatirkan bakal timbul kecurangan saat diadakannya pemilihan umum (Pemilu). Keadaan seperti ini dapat diindikasikan akan menyebabkan daftar pemilih ganda. Menurut anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel Divisi logistik dan keuangan, Kelly Mariana Hamid, justru dengan pembagian e-KTP dapat meminimalisir dampak kecurangan seperti daftar pemilu ganda. Sebab, KPU Sumsel dengan bantuan PPDP telah menyisir data pemilih yang terindikasi ganda. “Belum bisa dikatakan kecurangan karena memang sampai saat ini data tersebut belum valid,” ungkap Kelly kepada Palembang Ekspres. Data-data yang dikumpulkan oleh KPU sedang dimutakhirkan. Pemutakhiran data oleh KPU ini akan diselesaikan sampai April mendatang. Bisa dikatakan, sampai saat ini data tersebut masih belum valid. “Untuk saat ini data DP4 masih belum mutakhir, kita sedang melakukan pemutahiran data tersebut,” katanya. Karena menurutnya, masih banyak data yang perlu diperbaiki

lagi baik penambahan daftar pilih maupun pengurangan daftar pilih. “Akan ada penambahan dan pengurangan daftar pemilih untuk mendapakan data yang valid hingga menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” terangnya. Sebelum DPT resmi diumumkan, pihak KPU melakukan pengecekan ulang data-data tesebut. Seperti pemilih pemula (cukup umur ketika Pemilu) dan anggota TNI / Polri yang telah memasuki masa pensiun sehingga akan terjadi penambahan daftar pemilih. Lanjutnya, selain penambahan daftar pemilih juga akan ada pengurangan dam ini terjadi karena nama yang sudah terdaftar telah meninggal dunia. Selain itu WNI yang sedang menjalani hukuman pidana juga di cabut hak pilihnya. “Setelah dilakukan pengurangan dan penambahan daftar pemilih kita juga akan mencoret daftar pemilih ganda,” tegasnya. Kelly menghimbau, untuk peran aktif masyarakat guna mempercepat proses pemutakhiran data tersebut. “Masyarakat harus mengecek nama mereka di kelurahan setempat, jika belum terdaftar segera laporkan agar dapat kami tindak lanjuti,” pungkasnya. PTR

Abdullah Idi, Pengamat Politik

Masih Bisa Terjadi Kecurangan Dari tahun ke tahun setiap diadakannya pemilihan umum, pemerintah selalu mengalami masalah kecurangan dalam pemilihan mulai dari pencoblos atau pemilih ganda. Kecurangan dalam penghitungan dan masalah lainya dan masalah ini terus menjadi langganan, jika ada penyelengaraan pemilu. Dari masalah ini juga bisa berujung pada terjadinya konflik secara fisik. Meskipun sudah banyak langkah yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kecurangan pemilu, apalagi masalah pemilih ganda seperti menerbitkan Elektronik Kartu Tanda Penduduk atau e-KTP. Namun tidak menutup kemungkinan masalah kecurangan dalam pemilu yang satu ini bisa teratasi. Sebenarnya, penerbitan e-KTP merupakan langkah yang sangat tepat yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah kecurangan dalam pemilu khususnya pemilih ganda ini. “Tidak menutup kemungkinan masih ada pemilih ganda meskipun sudah ada e-KTP,” terang Pengamat Harian Umum

Politik, Abdulah Idi kepada Palembang Ekspres. Masalah pemilih ganda ini biasanya terjadi pada kawasan atau daerah perbatasan antar daerah. Penduduk atau masyarakat yang bertempat tinggal atau bermukim dikawasan perbatasan, biasanya memiliki dua identitas. Kepemilikan identitas ganda ini bisa saja menjadi kesempatan bagi pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin memenangkan salah satu pasangan calon kandidat. “Jangankan di kawasan perbatasan masyarakat bisa dimanfaatkan sebagai pemilih ganda, di daerah perkotaan saja masih bisa ada kecurangan pemilih ganda,” bebranya. Abdulah juga menekankan kecurangan ini bisa terjadi karena masih bayak masyarkat yang belum memperoleh e-KTP. “Saya optimis jika program e-KTP sudah berhasil dan selesai, maka masalah kecurangan dalam pemilu bisa teratasi dan tidak ada lagi kecurangan dalam pemilu nantinya,” pungkasnya. BAY

Pimpinan Umum: Rosmiyati. Pemimpin Perusahaan: Ahmad Rosidi. General Manager: Tri Nurwanto. Pemimpin Redaksi: Muhammad Iqbal, Redaktur Pelakasana : Berry Sandi. Koordinator Liputan: Trisno Rusli Redaktur : Berry Sandi, Trisno Rusli, Ella Sulistiana, Dian Cahyani Fitri. Staf Redaksi: Bala Putra, Janta, M. Joviter, Whita Uswatun Hasanah, M Wijdan (Ogan Ilir), Yuni Hartati (Muba), Hendra (OKU), Rifat Achmad (Lubuklinggau), Heru Fachrozi (Muara Enim), Heri Afrizon (OKU Selatan), Firdaus (Empat Lawang/Lahat), Mujianto (OKI), Arman Jaya (OKU Timur), Andre (Prabumulih), Budi Alamsyah (Banyuasin), Eko Wahyudi (Pagaralam), Al Imron (Musi Rawas) Redaktur Foto: Nova Wahyudi, Alhadi Farid. Bagian Pracetak: M Firman,Firyansyah, Abdul Kholid, Kgs Yahya, Bagian Iklan: David Arianto(Manager), Acounting Executive/AE : Noris Taslim, Yusri, Mutya. Bagian Pemasaran: Abdul Kadir (Manager), Lukman, Alwi Riyanto Bagian Keuangan : Dimas Murdani Muharam. Bagian Umum: Silvi Winda Pratiwi, Marsella Penerbit: PT Citra Media Palembang Ekspres Komisaris Utama: H Suparno Wonokromo. Komisaris: Muwarni, H Didi Wahyudi. Direktur Utama: H. Subki Sarnawi. Direktur: H Mahmud,Yunita Ayu Tarif Iklan: Iklan Baris per baris Halaman 1 Display Full Colour/Warna Rp.60.000/mm kolom, Halaman 1 BW Rp.30.000,/mm kolom,Halaman Dalam Full Colour/Warna Rp.25.000/mm Kolom Harga Berlangganan Koran : Rp.25.000/bulan No. Rek Mandiri Pasar 16 PT Citra Media Palembang Ekspres 113002062008.8 plg.ekspres@gmail.com

Alamat Redaksi/ Sirkulasi/ Iklan: Gedung Graha Pena Palembang, Jl Kol H Barlian No 773, Palembang. Telepon (0711) 8304424, 411768, 415263, 415264, 419503. ext 136,139 Fax (0711) 420066.


4:59 PALEMBANG EKSPRES

RABU, 13 FEBRUARI 2013

12:16 15:35 18:23 19:30 HALAMAN 3

Setahun Wajib Kantongi Izin PALEMBANG. PE – Dinas Sosial (Dinsos) Palembang mewanti-wanti kepada pengelola panti usaha untuk segera mengurusi izin pendirian dan operasional yayasan, terlebih panti asuhan yang sudah beroperasional selama setahun. Sebab bila tidak, dinas ini akan menutup panti tersebut. “Maksimal kita beri waktu setahun sudah harus punya izin,” terang Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinsos Palembang Bambang Hj Herty Mochtar Kusnadi belum lama ini. Aturan ini diterapkan setelah dikeluarkannya Peraturan Wali Kota Palembang (Perwali) Nomor 35 tahun 2012 tentang pembinaan dan pendaftaran lembaga sosial. Pihaknya mencatat ada 30 unit dari 78 unit panti asuhan di Palembang tidak terdaftar di Dinsos Palembang. Rata-rata panti asuhan ini sudah beroperasional sekitar 2-3 tahun. Terbanyak berada di Kecamatan Sukarami kemudia Kecamatan Ilir Timur (IT) II. “Saat ini kita masih memberikan surat teguran kepada pengelola panti, kalau tidak diindahkan akan kita berikan sanksi,” ucapnya. Dia menerangkan, panti asuhan yang terdaftar akan mendapatkan beberapa bantuan seperti bantuan operasional Rp195 perbulan, biaya lembaga dan pengurus panti asuhan Rp225 ribu perbulan dan biaya anak penghuni panti Rp 800 ribu peranak. “Bantuan itu dari pusat dan Pemprov Sumsel, kalau Pemkot memberikan pelatihan entrepreneur bagi anak-anak panti,” jelasnya. Sementara Kepala Dinsos Palembang, Hj Herty Mochtar menjelaskan, saat ini pihaknya mulai mulai memperketat keberadaan panti asuhan yang di atur dalam Peraturan Walikota (Perwali) Palembang 35/2012 tentang Pembinaan dan Pendaftaran Lembaga Kesejahteraan Sosial. Dalam Perwali tersebut disebutkan, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) termasuk panti asuhan harus memiliki Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Tak hanya itu, pengurus panti asuhan mengantongi ijazah minimal SMA sederajat dan memiliki dokumen kepemilikan tempat LKS atau sewa/ kontrak minimal selama 2 tahun. RIS

TP PKK Sumsel Tampung Keluhan Masyarakat PALEMBANG. PE - Ketua Umum TP PKK Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Hj Eliza Alex Noerdin melakukan silaturahmi dengan masyarakat yang tinggal di Kelurahan Karya Jaya, Kecamatan Kertapati, Kota Pelambang, untuk mendengarkan berbagai keluhan dan permasalahan yang selama ini belum mendapat solusi, Selasa (12/02). Eliza yang juga Ketua Pengajian Al-Hidayah Sumsel menyebutkan, kegiatan silaturahmi ini merupakan salah satu wujud kepedulian dari Pemprov Sumsel untuk bertatap muka secara langsung dengan masyarakat, yang bertujuan untuk saling menguatkan satu dengan yang lain. Isteri Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin ini menambahkan, selain silaturahmi dia juga menampung berbagai keluhan, permasalahan dan aspirasi masyarakat sekitar yang nantinya akan disampaikan ke bapak Alex Noerdin. “Saya akan sampaikan semua keluhan masyarakat Kerta Jaya ke bapak Alex Noerdin. Semoga beliau memberikan solusi bagi masyarakat di sini,” tukasnya. Sementara Zainuri menyebutkan, masyarakat Kerta Jaya sangat mengharapkan adanya perbaikan infrastruktur jalan, yang selama ini kerap dijanjikan oleh pemerintah setempat. Namun, hingga dengan kini, janji tersebut tidak pernah terwujud dan masyarakat hanya menikmati jalan rusak sehingga menghambat berbagai aktivitas sehari-hari. “Kami senang karena ibu Hj Eliza Alex Noerdin mau berkunjung ke Kerya Jaya. Walaupun melewati jalan yang berlubang dan rusak, Ibu tetap tersenyum tiba di lokasi. Semoga dengan kedatangan ibu ke tempat ini maka harapan masyarakat untuk memperleh jalan yang bagus dapat terwujud,” ungkapnya. Dalam kesempatan tersebut Hj Eliza Alex Noerdin memberikan bantuan hadiah rumah tangga yang dharapkan dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan membantu masyarakat dalam menjalankan kehidupan rumah tangga sehari-hari. REL/ DYN

BAWA KTP DAK?

Petugas Pol PP Kota Palembang saat memeriksa dua wanita pengunjung Pasar Cinde, apakah mereka membawa KTP atau tidak. Bila tidak, ya langsung disidang yustisi.

Lagi, Satpol PP Garuk Warga Tak Ber-KTP PALEMBANG. PE – Meski Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kota Palembang rutin menggelar penertiban kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP),

namun masih ada warga yang tertangkap tidak membawa kartu identitas tersebut. Kali ini, lokasi penertiban di kawasan Pasar Cinde. Di sana, petugas menyatroni satu persatu

warga yang sedang berbelanja kebutuhan keluarga, Selasa (12/2). Hasilnya, ada 10 warga tidak membawa KTP. Dalam kesempatan itu, petugas juga menertibkan motor yang parkir di atas trotoar,

Baru 28 Puskesmas Miliki Kendaraan

PALEMBANG. PE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang mengaku saat ini baru ada 28 unit puskesmas dari 39 puskesmas memiliki kendaraan operasional. Keberadaan kendaraan operasional ini dinilai penting karena bisa memperluas jangkauan pelayanan. “Sekitar 11 Puskesmas yang belum ada ambulance, atau puskesmas keliling,” aku Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Dr Letizia. Idealnya sambung dia, setiap puskesmas memiliki Ambulan sendiri sebagai kendaraan yang dapat digunakan sebagai pusling. Hal itu dianggap penting agar dapat lebih menjangkau daerahdaerah yang keberadaanya cukup jauh dari puskesmas. Dirincikannya, jika ke 28 Puskesmas yang telah memiliki pusling sendiri seperti Plaju, Pembina, Kertapati, Keramasan, 4 Ulu, 7 Ulu, Merdeka, 23 Ilir, Kampus, Makrayu, Gandus, Puntikayu, Sukarame, Talang Betutu, Kenten, Boom Baru, Sei Selincah, Sako, 5 Ilir, Kalidoni, Multi Wahana, Basuki Rahmat, Sekip, Dempo, dan 11 Ilir. “Namun, jika dari 28 unit tersebut ada sekitar 7 di antaranya yang mengalami kerusakan, dalam

artian tidak layak pakai namun masih bisa jalan,” keluhnya. Dia mengaku, selama ini pihaknya selalu menganggarkan biaya untuk perawatan kendaraan pusling tersebut. Namun akibat usia dari kendaraan sendiri terbilang tua sehingga keadaanya sekarang juga kurang maksimal. “Biaya yang kita berikan bervariatif tergantung kerusakanya mulai dari kerusakan kelas sedang, menengah, atau yang telah rusak berat,” katanya. Sebelumnya, Dinkes juga menempatkan 3 puskesmas untuk memberikan pelayanan khusus atau penyakit tidak menular seperti paru-paru, kolesterol, jantung dan lainnya. “Alat yang kita gunakan adalah sirometri, alat ini berfungsi untuk melihat kemampuan kapasitas kemampuan paru-paru, kolesterol dan jantung,” jelas Kepala Dinkes Palembang, Gema Asiani. Ketiga puskesmas yang ditunjuk untuk melayani penyakit tersebut adalah Puskesmas Merdeka, Dempo dan Pembina. Sebelumnya, Dinkes juga sudah meresmikan puskesmas yang melayani pemeriksaan pendengaran yakni Puskesmas Merdeka, Dempo dan Sekip.

“Khusus puskesmas untuk pemeriksaan pendengaran ini kita sudah bentuk 6 tim. Dalam memeriksa pendengaran ini, masyarakat tidak dikenakan biaya,” terangnya. Tak hanya itu, Dinkes juga sudah menunjuk puskesmas Kenten dan Plaju untuk melayani pengobatan tradisional. Pada puskesmas tersebut, akan melayani pengobatan tradisional, herbal, pemijatan dan akupuntur. Bahkan untuk mengembangkan puskesmas dengan metode pengobatan tradisonal, Gema menyebut akan membangun satu klinik herbal dikawasan jalan POM IX atau lebih dikenal dengan sebutan kampus. “Tahun depan, kita akan membangun klinik,” terangnya. Lebih jauh dia menambahkan, penerapan pengobatan tradisional ini akan dilakukan di semua Puskesmas di Palembang. Beberapa hal yang sudah mulai dipersiapkan seperti memberikan pelatihan bagi tenaga medik Puskesmas hingga pengandaan obat tradisional. “Kami sedang menghimpun tenaga medisnya, karena untuk mencari tenaga medis yang menguasai pemijatan perlu dilakukan pelatihan khusus,” ucapnya. RIS

3 pedagang kaki lima dan 5 becak yang dinilai ngetem mengganggu arus lalu lintas. Hasil pantauan, para petugas mengitari gedung pasar tradisional di Jalan Sudirman ini. Tak

pelak, warga yang sedang berbelanja harus terhenti dan memperlihatkan kartu identitas. Salah satunya, Septi (19) warga rumah susun (Rusun) Blok 7, dia bersama dua kakak sepupunya yakni Hani dan Serli harus digiring petugas untuk mengikuti sidang yustisi. Saat penertiban, Septi mengaku perlakuan petugas seolah menangkap pelaku kriminal. “Kami kan hanya tidak membawa KTP saja, kenapa harus dibawa ke mobil sidang dan disidangkan, memangnya kami penjahat, pencopet atau pembunuh sehingga harus disidang,” ucapnya. Kepala Satpol PP Linmas Kota Palembang, Aris Saputra mengatakan, setiap warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun wajib memiliki KTP dan harus dibawa saat keluar rumah. “KTP itu sebagai identitas diri yang sah dan harus dibawa kemanapun saat pergi,” jelasnya. Lebih jauh dia mengatakan, warga yang ditertibkan ini sudah melanggar Perda 30/2011 tentang Administrasi Kependudukan dan perda 4/2002 jo 13/2007 tentang ketertiban umum. “Untuk denda ditentukan oleh hakim dari PN Palembang,” katanya. Masih kata dia, proses sidang yustisi diharapkan mampu memberikan efek jera bagi masyarakat agar mau tertib dan mematuhi aturan yang ada. Meski sidang yustisi bukan termasuk tindak kejahatan kriminal, namun Aris masih menyangkan denda yang diberlakukan masih sangat ringan sehingga masyarakat tidak jera dengan denda yang diberlakukan. “Karena itulah, setiap pelanggaran harus mengikuti sidang yustisi,” terangnya. RIS


Pendidikan PALEMBANG EKSPRES

rabu, 13 februari 2013

Oleh: Erlinda Rosita Rozie

Pegawai Balai Bahasa Pemprov Sumsel

Ah....Uh....Dosa Itu

U

jung jejari kakimu tertiup angin, bergoyang kanan kiri. Sesantai senyaman mentari duha. Senyum kecil mengukir sudut-sudut bibirmu. Masih manis: seperti dulu, Ayah. Ketika ayah, ibu, aku, adik, dan mbak Mul punya banyak waktu bersama sejuknya subuh kampung nenek, Ibunya ayah. Menari-nari dalam memoriku, anakmu ini. “Subuh, Sayang. Ayo...kita buka buku baru di hadapan Allah, Sang Raja alam ini. Ayah kitikkitik belakang telingaku....aaaa...Ayah geliii!!! Ayo...ayo... Sayang, kita rebut rezeki Allah, jangan sampai ayam duluan....uu..uyuuk...”. Terjagalah aku karena cintamu. Tak bosan dan selalu berulang. Berpindah ke ranjang adik...kulirik dengan malas...kau cium, juga kitik-kitik kaki adik. Subuh nan indah pun jadi milik kita. Wahai indahnya dulu itu. Dua tiga butir bening rindu mengukir di sudut mataku. Ah... ayah, aku masih cengeng kiranya. Semasa itu... seindah abstraksi langit semesta. Beribu rupa Kau tampakkan dalam tiap kedip mata ini. Rupa-rupa bebunga menggoda tangan menggapainya. Warnawarni memesona jiwa hingga tak kuasa berpaling meski sedetik jua. Beragam mahkota bertahta tiara seakan Kau cipta untukku. Hehehe...ada sungging senyumku mengenang segalanya.... Ah...ayah masih jugakah kau ingat kisah itu? Semasa berdua menikmati waktu di kala senja. Menatap hamparan langit menanti maghrib. Angin semilir bagai orkestra symponi nan sahdu menambah rindu. Ingin kembali ke masa putih itu....Seputih kafan pembalut diri pada waktu tertentu. Detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun pun berganti. Berganti pula, ayahku. Tercenung dalam kerut keriput dahi keriting. Mata menutup tapi tak lena, aku tahu itu. Bibirmu rata, tawar, dan dingin. Sepi dan sungguh ayah....aku tak suka kau terlihat tak bersinar....bergetar jiwaku tatap kelam wajahmu.... menggema caci maki kawan, tetangga, juga keluarga kita. “Keluarga sesat, iblis. Tak ada lagikah yang bisa disantap tanpa menggerogoti firmanNya? Seperti tak percaya Tuhan, Sang pemilik rezeki. Quran dilahap juga. Dajal bermata empat. Tak cukup dua, dipakai pula mata anaknya. Sekutu dua iblis yang menyerupa manusia.... Nauzubila....”. Ah...ayah...benarkah itu? Menyeruak jiwa suciku menuntut janji-janji lembut dulu. Beribu bahkan berjuta tanya menggeliat nurani. Tak berjawab. Benarkah, Ayah? Sungguhkah demikian? Kau kotori darah dagingmu ini? Kau balut kulit kami dengan sutra berduri.... Kau buka pintu neraka untuk kita? Kau membuat aku bergidik....aku takut Ayah.... panasnya api neraka serasa menyentuh kulit lembut muka anak-anakmu ini. “Mari sini anak-anakku: ini, Al Quran, Kitab Suci agama kita. Di dalamnya terdapat banyak petunjuk untuk kita. Ada banyak jalan kebaikan di dalamnya. Jangan pernah keluar dari jalanNya. Mulailah dengan membaca segala maka akhirat kan kau dapat dunia pun tunduk padamu. Ingatlah itu!”. Aku coba pahami sepaham-pahamku. Kuukir rapi-rapi dalam relung terdalam. Kuyakin ayah pun demikian. Serupa ukiran hatiku. Bagai sisi keping mata uang yang setara. Uh....ternyata ayah... khianati aku, adik, juga ibu....bahkan sejagat terkhianati. Benciku memerah pada jiwamu yang lemah. Tergoda fatamorgana dunia. Dalam peluk hati berdarah aku murka padamu.... Tak berayah pun kurasa tak apa. Bukankah Isa pun tak berayah??? Rasaku jiwa menghampa melayang tak bertujuan.... Tak kuyakin kumampu berdiri bersemuka dengan alam. Uh... kemana mata akan menatap? Kemana kaki menetap langkah? Kemana hati menitip duka? Ku tak tahu pada siapa kataku kan berjawab? Pada siapa kupantas meluruhkan pilu? Jika darah dalam jantungku bertahtahkan kerak neraka... Sungguh aku terluka.... Tiap teguk ludah bagai brotowali ataupun samiloto.... pahit...Yah! Pahit!. ( BERSAMBUNG)

Halaman 4

Banjir, Ratusan Siswa Diliburkan

MUARADUA. PE - Banjir bandang yang terjadi di Desa Pendagan dan Desa Mahanggin, tak hanya meluluh lantakan dan menghanyutkan hewan ternak, tetapi gedung SD Negeri Pendagan, SMP Satu Atap, serta Paud ikut disapu ganasnya air. Ketinggian air sekitar 1,7 meter, banjir ini merusak bangku meja siswa dan menghanyutkan arsip arsip sekolah. Karenanya, pihaknya terpaksa meliburkan siswanya sampai dengan kondisi membaik. Pantauan Palembang Ekpres¸ fasilitas kegiatan belajar mengajar lumpuh total. Hal ini dikarenakan lumpur masih memenuhi semua ruangan sebatas mata kaki. Dari data yang dihimpun jumlah siswa yang diliburkan sebanyak 266 siswa, rinciannya siswa SD sebanyak 193 orang dan siswa SMP ada 73 orang.

Wakil Bupati OKU Selatan dr Hj Herawati Gatot, SPm, meminta secepatnya pembersihan ruang supaya kegitaan belajar mengajar kembali berjalan normal. Sedangkan untuk kebutuhan lainnya yang menyangkut dengan proses pembelajaran secepatnya dilakukan inpentarisir. Ia pun meminta supaya dalam penanganan bencana, untuk dilakukan secepatnya, dan sesuai dengan data, dan kenyataan yang ada saat ini dilapangan. ”Kita minta secepatnya ini ditangani, sehingga kegitan belajar mengajar dapat bejalan seperti semula, dan inpentaris kerusakan sesuai real yang ada dilapangan,”tegasnya. Sementara Kabid TK/ SD Saiful mengatakan, saat ini kegiatan belajar mengajar siswa diliburkan. Disinggung soal kesiapan peralatan kegiatan belajar

yang rusak lantaran banjir, dia masih enggan berkomentar banyak. “Kita masih menunggu laporan tertulis dulu, jika memungkinkan nanti dibantu,” katanya Hal senada diungkapakan Kabid SMP/SMA Disdik OKU Selatan, jika saat ini masih menunggu laporan secara tertulis akibat banjir yang menerjang sekolah tersebut. ”Jika ini sudah ada laporan tertulis berkemungkinan buku buku nanti akan dibantu,” ZON

NINJAU SEKOLAH

Wakil Bupati OKU Selatan dr Hj Herawati Gatot, SPm saat meninjau SD Negeri Pendagan yang tergenang lumpur sehabis banjir. Sekolah ini terpaksa diliburkan karena fasilitas kegiatan belajar rusak akibat banjir.

FOTO: herry /PALPRES

PAUD Cerdas dan Sehat

Jaga Kesehatan Sejak Dini

GOSOK GIGI

FOTO: alhadi farid/PALPRES

Siswa PAUD Cerdas dan Sehat sedang diajarkan cara menggosok gigi yang belajar. Metode langsung ini dilakukan untuk menanamkan agar siswa bisa menjaga kesehatan gigi sejak dini. PALEMBANG. PE - Selaras dengan namanya Paud Cerdas dan Sehat yang beralamat di Komplek Maskarebet, Jalan Tulip B8 No 7, RT 1, RW 1 Palembang ini sangat mengutamakan kesehatan untuk siswanya. Pihaknya tidak hanya mengutamakan sistem pembelajaran membaca, menulis dan menghitung, tapi juga mengajarkan anak-anak tentang pentingnya sehat sejak dini, Selasa (12/2), Paud cerdas dan sehat mengadakan acara gosok gigi dan pemeriksaan kesehatan, dalam rangka tumbuh kembang anak. Menurut Kepala PAUD Cerdas dan Sehat, Salma Nurfarisi Amd mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan 6 bulan sekali, yang bertujuan untuk melatih tumbuh kembang anak dan mengajarkan kepada anak tentang artinya kesehatan, kegiatan yang diselenggarakan hari ini memberikan vitamin, menimbang berat badan, siswa juga tidak merasa takut diperiksa karena merasa banyak kawan. “Ini memang kita adakan selama 6 bulan sekali, sebenarnya kegiatan kita ini rutin tapi khusus untuk hari ini, mengundang dokter dan bida, kita adakan 6

bulan sekali. Setiap hari jumat pihaknya selalu mengadakan senam, gosok gigi dan berenang, untuk menghindari kejenuhan yang dirasakan anak-anak karena setiap hari belajar, menurutnya setiap permainan itu belajar. “moto kita kan belajar yang menyenangkan tapi tetap menjadikan anak itu pintar, dengan belajar berenang anak-anak yang tadinya takut air menjadi berani, mewarnai juga, tadinya anak kurang berani memberikan warna pada gambar, atau mewarnai kurang rapi lamalama mereka berani dan rapi,” ujarnya. Selain itu lanjutnya, pihaknya memang sudah menerapkan menggosok gigi dari awal masuk, jadi siswa sudah menyadari sendiri tentang pentingnya gosok gigi,”awalnya kita mengajari pentingnya gosok gigi dan lama-kelamaan mereka sadar sendiri akan pentingnya menggosok gigi,” ujar ketua Himpaudi Kecamatan Alang-Alang Lebar ini. Dari seluruh siswa, hanya 15 anak yang tidak masuk dikarenakan masih takut dengan dokter, pihaknya tidak memaksakan untuk seluruhnya mengikuti acara ini, “nanti kan foto acara, kita pajang agar

Kreativitas Siswa

semua siswa bisa melihat, seperti tahun lalu, siswa yang tidak datang, fotonya tidak ada, mereka kan Tanya kenapa fhoto mereka tidak ada, dan kita berikan pengertian supaya jika ada kegiatan diharapkan datang agar fotonya juga ada, dan akhirnya siswa yang tadinya tidak datang akan datang ketika kita ada acara lagi”jelasnya. Sedangkan menurut orang tua siswa, Linda dan Monika mengaku senang dengan adanya kegiatan kesehatan ini, dengan adanya acara ini orang tua siswa bisa silaturahmi, selain itu juga anak-anak juga merasa senang. “Kita senang karena anak-anak diajarkan cara menggosok gigi dengan benar, selama ini kan jika diajari mereka tidak mau mendengar, tapi dengan adanya acara ini mereka bisa tahu akan pentingnya menggosok gigi, kita berharap semoga anak bisa lebih pintar cerdas sehat, karena acara ini anak-anak senang dan tidak takut dikarena rame dengan teman-temannya, anak-anak diberi vitamin juga mau, mereka lebih menganggap ini bermain padaha serius,” ujar ibu-ibu ini. WIT

Sosialisasikan Pilar Bangsa Lewat Cerdas Cermat PALEMBANG. PE – Berbagai cara dilakukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI dalam mensosialisasikan pilar kebangsaan. Di Palembang, majelis ini menggelar lomba cerdas cermat kebangsaan. Terlihat hadir Ketua MPR RI Taufik Kemas, anggota Komisi VI DPR RI Puan Maharani dan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Wakil Ketua MPR RI Lukman Hakim mengatakan, empat pilar kebangsaan yang dimaksud adalah Pancasila, UUD Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika. Diketahui, sekolah yang masuk dalam babak final lomba cerdas cermat ini SMAN 1 Ogan Komering Ulu (OKU), SMAN 3 Kayu Agung, dan SMAN 1 Muara Pinang. “Kita menyelenggarakan seleksi di 35 provinsi, perlombaan ini sudah kita selenggarakan selama enam kali. Kita berharap berharap empat pilar ini bisa lebih

CERDAS CERMAT

komprehensip dan menyeluruh, karena ini merupakan modal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya. Lebih jauh dia menjelaskan, istilah empat pilar tidak dimaksudkan untuk mensamaratakan pilar yang lain. Karena menurutnya UUD tidak sama dengan Pancasila, masingmasing punya urgensinya tersendiri dan mempunyai kedudukan dan fungsinya masing-masing. “Ini hanya merupakan salah satu metode yang diharapkan mampu membangun bangsa dengan semangat dan kemandirian untuk menjawab tantangan di masa depan, dan semoga empat pilar ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. Sementara Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dalam pidatonya mengapresiasi tentang empat pilar. Pihaknya mendukung penuh lomba empat pilar yang diselenggarakan MPR RI. WIT

FOTO: alhadi farid/PALPRES

Anggota DPR RI Puan Maharani saat menjadi juri pada lomba cerdas cermat tentang pilar kebangsaan.


Halaman 5

RABU, 13 FEBRUARI 2013

Polda Periksa ‘OASIS’

Kemasan di Bogor, Produksi di Sukomoro

PALEMBANG. PE - Diduga kurangnya legalitas terhadap air mineral merk OASIS, maka aparat Unit III Subdit I Indaksi, Direktorat Reskrim Khusus Polda Sumsel, saat ini sedang melakukan pemeriksaan intensif terhadap air mineral

merk OASIS itu. Pemeriksaan itu telah dilakukan sejak Rabu (30/1) itu, bermula dari informasi masyarakat jika adanya produksi air minum mineral, di kawasan Desa Sukomoro, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Padahal di dalam kemasan air mineral OASIS itu tertulis jika produksinya dari PT OASIS Water International yang beralamat di Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Bahkan dikeluarkan izin oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bogor bukan BPOM Palembang. “Jadi seolah-olah air mineral itu diproses dan diproduksi di Bogor, padahal di Desa Sukomoro, Talang Kelapa Banyuasin. Jadi ini sudah menyalahi masalah legalitasnya,” jelas Direktur Reskrimus Polda Sumsel, Kombes Pol H Raja Hariono melalui Kasubdit I

100 Persen Fit .....................................................DARI HALAMAN 1

Mantan pemain Persib Bandung ini terhitung sudah hampir 3 bulan absent memperkuat SFC, akhirnya bisa kembali pulih dari cidera dan sudah bisa dikatakan fit 100 persen. Dia siap bergabung bersama para punggawa tim Laskar Wong Kito lainnya. Terlihat dari sesi latihan Selasa (12/2) sore, di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ). Aliyuddin sudah bisa menjalani porsi latihan yang diberikan sang pelatih, Kas Hartadi, guna persiapan menghadapi tantangan Pelita Bandung Raya (PBR) di lanjutan Indonesian Super League (ISL) 2012-2013 Minggu (17/2) mendatang. Ada yang terlihat berbeda latihan kali ino. Biasanya pemilik jersey bernomor 15 ini menjalani latihan secara terpisah. Namun kemarin pemain berambut gondrong ini sudah bisa bergabung bersama pemain lainnya dalam latihan game dan latihan speed endurance. “Sekarang kondisi Aliyuddin sudah pulih 100 persen, dan dia sudah bisa ikut latihan seperti biasa, dan sudah siap untuk bermain,” kata Rudius Suseno, Fisioterapis SFC. Rudi menambahkan, sebel-

umnya Aliyuddin istirahat dan absent karena mengalami cidera lutut yang didapatnya di laga Celebes Cup akhir tahun lalu. Cidera tersebut harus membuat Aliyuddin menjalani operasi ligamen lutut kanan. Sementara itu, Aliyuddin sendiri mengaku, kondisi tubuhnya sudah kembali fit, terbukti sudah menjalani materi latihan yang diberikan oleh sang pelatih. Bahkan dia mengaku sudah tidak sabar lagi untuk bermain kembali membela SFC. “Kalau saya dipercaya untuk turun oleh pelatih, saya akan tampil maksimal lawan PBR nanti,” kata Aliyuddin penuh semangat. Selain Aliyuddin, Diogo Rangel Santos yang juga sempat dibekap cidera hamstring kaki kirinya, juga siap tampil. Nampak kegembiraan terlihat dari wajah Diogo saat mengikuti sesi game tim SFC. “Diogo juga sudah melewati terapi, dan sudah pulih dari cideranya, dia juga sudah ikut latihan dengan yang lain,” tambah Rudius. Di tempat yang sama Pelatih Kepala SFC, Kas Hartadi mengaku sangat senang dan lega Aliyuddin dan Diogo sudah bisa kembali

memperkuat SFC. Sehingga banyak pilihan lain jika posisi striker dan bek lmengalami cidera atau akumulasi kartu. “Sudah sangat lama Ali absen, saya bersyukur dia sudah pulih lagi. Begitu juga Diogo. Mereka bisa kita turunkan lagi,” kata Kas. Saat disinggung apakah kedua pemain yang baru pulih dari cidera, ini akan diturunkan atau tidak saat menghadapi PBR nanti, Kas tetap melihat kondis para pemainnya H-1 menjelang laga lawan PBR. “Pemain yang paling siap dan fit, tentunya akan kita turunkan untuk menjadi starter, kita tentukan nanti, karena bisa saja pemain yang sudah masuk line up, satu jam sebelum tanding kena diare atau sakit,” ungkap Kas. Dia mengaku tidak akan lagi kesulitan bila pemain depan seperti Tantan cidera. Terlebih sudah ada Aliyuddin yang akan menggantikan posisi Tantan yang musim ini selalu menjadi starter. Selama Aliyuddin absen, susah mencari pengganti Tantan, bahkan sang pealtih sering bereksprimen dengan memainkan Sultan Samma, Fakhruddin, bahkan Khoirul Huda di lini depan SFC. JAN

“Kegiatan ini tidak dipungut biaya, siapa saja boleh hadir melihat langsung dan mendengarkan tausiyah langsung H Rhoma Irama. Selain itu akan juga diberikan door prize berbagai hadiah menarik serta umroh gratis dari Yayasan Bunda Eva Santana,” ungkap Sekretaris Yayasan Bunda Eva, Said Albar, Selasa (12/2). Dia mengatakan, kegiatan tausiyah tersebut merupakan suatu rangkaian. Sebab selain menghadirkan Rhoma Irama, roadshow ESP juga diawali

sejumlah kegiatan lainnya bersama Ustadz Ahmad Al Habsy di halaman Masjid Al Hasanah, KM 11, Kecamatan Sukarami pukul 13.00-16.00 WIB, hari ini, Rabu (13/11). Selain itu pada pukul 15.00 WIB, ESP juga akan melantik pengurus Masjid Darus Said. “Kegiatan itu juga akan dibarengi dengan pelepasan 72 orang jemaah umroh gratis yang diselenggarakan ESP. Para peserta umroh merupakan pemenang dari berbagai pengajian yang sebelumnya

sudah dilakukan di berbagai kabupaten dan kota di Sumsel,” jelas Albar. Lebih lanjut Albar mengatakan, diberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin datang langsung pada ketiga agenda tersebut. Sebab selain menghadirkan para penceramah dan musisi ternama, ESP dan Yayasan Bunda Eva juga memberikan kesempatan umroh gratis kepada masyarakat yang beruntung. Tak hanya itu, berbagai hadiah menarik juga banjir pada setiap kegiatannya. REL

Besok, ESP Hadirkan ............................DARI HALAMAN 1

Longsor Tebing 300 M ............................DARI HALAMAN 1

Longsor bukan hanya menyebabkan 1 keluarga tewas mengenaskan, tapi juga menyebabkan ratusan batang kopi dan puluhan pohon durian roboh tertimbun lumpur campur batu. Tim evakusai penanggulangan bencana daerah terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), SAR, Polisi, TNI, satgas bencana alam, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kecamatan, kelurahan dan termasuk warga setempat, mengalami kesulitan dalam upaya pencarian korban karena timbunan batu campur tanah. Keadaan ini menyebabkan kendala evakuasi menggunakan peralatan manual, meskipun akhirnya dua dari tiga korban berhasil ditemukan, sedangkan satu lagi masih dilakukan pencarian. Kondisi cuaca tidak mendukung ditambah permukaan air sungai mulai naik dan medan cukup terjal upaya pencarian satu korban lagi dihentikan sementara. Kemudian akan dilanjutkan pukul 08.00 WIB keesokannya. Saat ditemukan posisi para korban terpencar dengan kondisi mengenaskan, akibat hantaman material longsor dan bahkan mayat Yati justru lebih dahulu ditemukan bagian tubuh atas karena terpotong dua. Menurut Sano dan Wandi warga setempat, kejadian yang diperkirakan pukul 06.00 WIB dan pencarian korban mulai dilakukan pukul 07.00 WIB oleh warga dibantu pemerintah setempat. “Setelah sekitar satu jam dilakukan baru berhasil menemukan Saipul dengan kondisi tertimbun lumpur tidak jauh dari lokasi pondok, sedangkan jasad isterinya, Yanti ditemukan dalam keadaan tidak utuh, karena badannya terpotong dua bagian,” ungkap dia. Kalau Yanti, kata dia, pertama ditemukan hanya bagian

perut ke atas, sedangkan bagian pinggang dan kaki beberapa jam kemudian. Jaraknya cukup jauh sekitar 30 meter dari pondok dan 20 meter dari Saipul pertama ditemukan. “Kalau Wansa belum berhasil ditemukan masih dilakukan pencarian, namun karena kondisi cuaca mulai hujan deras sehingga evakuasi dihentikan dan akan dilanjutkan besok,” ungkapnya. Dia mengatakan, tebing yang longsor berada di perbatasan antara Kecamatan Dempo Tengah dan Dempo Selatan yang dipisahkan Sungai Lematang, tepatnya di Lubuk Seredi, Luang Kering, Dusun Rempasai, Kelurahan Penjalang, Kejadian ini pertama sekali diketahui imbuh Sano, setelah Saifudin, pemilik kebun yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi longsor memberitahuan warga setempat jika ada korban tertimbun longsor saat menunggu durian di pondok. “Ketiga korban tidak sempat menyelamatkan diri karena longsor langsung menimbun pondok tempat mereka bermalam,” ungkap dia. Hingga kini baru dua korban yang berhasil dievakuasi sedangkan satu orang lagi masih dilakukan pencarian. Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pagaralam, Herawadi didampingi Kabid Penanggulangan Bencana, Yusman mengatakan, tim penanggulangan bencana daerah terdiri dari Tagana, SAR, Polisi, TNI, satgas bencana alam, tim kesehatan, dan termasuk warga setempat, membantu melakukan pencarian dan membantu evakuasi korban yang ditemukan. “Korban ini merupakan satu keluarga yang sedang bermalam di kebun untuk menunggu durian

yang sudah mulai masak, namun naas karena musim hujan membuat tebing setinggi ratusan meter longsor dan meninmbun ketiga korban,” ungkap Herawadi. Dia melanjutkan, upaya evakuasi mengalami kesulitan selain lokasi merupakan tebing terjal dan material longsor banyak mengandung material bebatuan berukuran cukup besar. “Korban yang berhasil ditemukan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pagaralam untuk dilakukan otopsi dan menunggu korban yang masih belum ditemukan,” ujar dia. Kapolres Kota Pagaralam, AKBP Abi Darrin melalui Kasat Reskrim AKP Indarmawan SH Msi mengatakan, korban sudah dilakukan indentifikasi meskipun dari tiga baru dua yang berhasil ditemukan dengan kondisi sudah meninggal. “Korban Saipul yang masih ditemukan dalam kondisi utuh, sedangkan Yanti badannya sudah terpotong dua bagian,” ungkap dia. Menurut Indarmawan, memang kondisi daerah yang longsor cukup curam sehingga menyulitkan dilakukan evakuasi dan timbunan lumpur tanah menyebabkan kesulitan pencarian satu korban lagi. “Wansa yang merupakan anak korban yang sudah lebih dahulu ditemukan hingga pukul 03.00 WIB belum berhasil ditemukan meskipun sudah mengerahkan tim gabungan untuk melakukan pencarian,” ujarnya. Kalau Saiful ditemukan sekitar pondok dibawah pohon durian, sedangkan Yanti, kata Indarmawan, ditemukan sekitar 30 meter arah perkampungan warga bagian tubuh atasnya, sedangkan bagian bawah ditemukan sekitar 25 meter arah ke sungai Lematang. KOE

Indaksi, AKP Dewa Putu Gede Arta didampingi Kanit III, Kompol Yoga, di Mapolda Sumsel, Selasa (12/2). Dikatakannya, apa yang dilakukan pihak air mineral OASIS itu telah melakukan pelanggaran pangan dan merugikan konsumen. Untuk itulah pihaknya telah mengambil beberapa sampel air mineral itu dan melakukan proses penyidikan. “Kita sudah memeriksa sejumlah saksi dan karyawannya. Karena memang produksi air mineral OASIS itu diduga sudah banyak beredar di Palembang dalam berbagai kemasan. Apalagi

air mineral itu sduah masuk ke Palembang sejak Agustus 2012 lalu,” terangnya. Jika terbukti, tegas Dewa, pihaknya akan menjerat pemilik usaha itu dengan Pasal 9 ayat 1 Undang-undang (UU) nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen. “Jelas ini merugikan konsumen, karena di kemasannya diproduksi di Bogor tapi ternyata di produksi di Desa Sukomoro, Banyuasin,” pungkas Dewa. Terpisah, sejumlah mahasiswa yang tergabung Forum Kerukunan Mahasiswa Sumsel (FKMS) menggelar aksi unjuk rasa di halaman Mapolres

Lubuklinggau. Koordinator lapangan, Ardeni dalam orasinya menuntut kejelasan terhadap proses penanganan penegakkan hukum terhadap produk air minum kemasan “AYOKU” yang masih beredar di wilayah Kota Lubuklinggau. “Kita minta petugas dan pihak-pihak terkait termasuk DPRD untuk bertindak tegas karena hingga saat ini masih beredar di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya sembari mengatakan, beredarnya produk illegal, jelasjelas suatu bentuk pembohongan publik, berimbas merugikan masyarakat umum. FKMS juga mendesak pihak produsen segera menarik minuman tersebut dari pasaran. Semetara itu Kapolres Lubuklinggau, AKBP Chaidir SIk MSi MPP melalui Waka Polres, Kompol Slamet Waluya mengapresiasi mahasiswa yang mempunyai

kepedulian terhadap kepentingan masyarakat. Menurutn dia, saat ini petugas tengah melakukan penyelidikan dan penyidikan bahkan telah meminta keterangan saksi-saksi baik saksi pelapor maupun pihak terkait. Sekedar mengiatkan, penghujung tahun lalu, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Kota Lubuklinggau melaporkan produk air minum kemasan merek “AYOKU” ke Polres Lubuklinggau. Dalam laporan yang disampaikan Sektetaris YLKI Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musirawas, H Nurussulhi Nawawi Sos itu keberadaan kemasan air minum tersebut illegal karena belum mengantongi izin resmi atau belum teregistrasi di database Balai Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM-RI). JOE/RIF

Alex: Laporkan Petugas ......................................................................DARI HALAMAN 1 atau dua kasus seperti ini, tetapi laporkan bagi masyarakat yang menemukan kejadian ini,” tegas Alex dibincangi usai acara Rapat Kerja Daerah BKKBN tingkat Provinsi Sumsel di Hotel Jayakarta Palembang, Selasa (12/2). Dia mengatakan, peningkatan pertumbuhan penduduk di Sumsel saat ini cukup tinggi, sehingga perlu perhatian serius. “Kalau masih ada yang memungut biaya KB, silahkan lapor saja. Inikan untuk kepentingan bersama dan harus didukung semua pihak terkait,” kata dia lagi. Dia menjelaskan, pertumbuhan penduduk yang tidak

terkendali akan berdampak luas, mempunyai anak tidak perlu banyak. Yang terpenting adalah kulitas anak-anak harus terjaga. Lebih lanjut Alex mengatakan, permasalahan KB sebenarnya sudah menjadi prioritas. Kalau saat ini pertumbuhan penduduk di Sumsel masih tinggi itu artinya ada yang tidak berjalan terhadap program BKKBN yang berjalan selama ini. “Kalau pertumbuhan penduduk masih tinggi, itu artinya ada yang belum berjalan di BKKBN,” jelasnya. Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)

Sumsel, Dra Sri Rahayu di tempat yang sama mengatakan, masalah sosialisasi dan masih ditemuinya pungutan dilapangan akan menjadi perhatiannya kedepan. Untuk masalah pengawasan dan sosialisasinya menyampaikan sudah menjadi wewnang tingkat kabupaten dan kota. Namun ia juga mengaharapkan melalui Gubernur, seluruh kepala daerah dapat membantu pengawasan di tingkat bawah. “Kita berharap melalui pak Gubernur ini, kepala daerah dapat membantu pelaksanaan di tingkat daerah,” terangnya. Selain itu dia menyampaikan

kurangnya sosialisasi tersebut karena sekarang ini masih kekurangan tenaga penyuluh, sehingga tidak sebanding dengan desa yang ada di provinsi itu. Hingga saat ini jumlah desa di provinsi itu mencapai 2.457 desa ditambah 311 kelurahan berada dalam wilayah 155 kecamatan dan 11 kabupaten serta empat kota. Seharusnya setiap desa memiliki seorang tenaga penyuluh agar program KB berjalan maksimal, namun kondisi sekarang ini belum terpenuhi. “Makanya kami akan mengupayakan, mempersiapkan penyuluh secukupnya untuk.” tukasnya. DYN

Informasi dihimpun di lapangan, kejadian bermula saat Kades Jaya Mulya meminta tanda tangan kepada Sekretaris Desa (Sekdes) Jaya Mulya, H Makruf. Dia meminta agar Makruf meneken surat pernyataan kalau raskin untuk warga miskin di Desa Jaya Mulya selama 6tahun yang jumlahnya mencapai 1 ton 65 Kg atau kalau ditotal selama 6 tahun mencapai 76 ton 680 Kg, telah dibagikan kepada warga. Karena merasa warga tidak pernah menerima Raskin, Sekdes Jaya Mulya tersebut tidak mau menandatangani. “Di samping disuruh teken surat pernyataan kalau raskin sudah dibagikan, saya disuruh teken surat pernyataan kalau tanah kas desa disewakan. Saya menolak menandatangani surat pernyataan tersebut,” kata Makruf. Karena keinginannya tidak

dituruti, Kades Jaya Bakti tersebut kemudian mencak-mencak dan mengancam Sekdes. Karena merasa terancam jiwanya, Makruf kemudian berteriak minta tolong. Warga sekitar rumah Makruf kontan keluar dan mendatangi kediaman Sekdes yang berada di depan Masjid. Kontan saja ratusan warga yang selama ini sudah kesal dengan Kades langsung menyerbu. “Kades berlari saat warga berdatangan. Saya ikut mengejarnya dan terjerembab jatuh saat menangkap Amir. Saat jatuh tersebut saya dipukul oleh orangnya Kades yang ikut datang ke rumah,” jelasnya. Asisten IV Setda OKU Timur, Faturahman, saat dikonfirmasi mengatakan kalau distribusi Raskin di tingkat desa ditangani oleh Tim Raskin Kecamatan Semendawai Suku III. Sementara

untuk Tim Raskin Kabupaten mengkoordinasi raskin dari Dolog ke Kecamatan. “Untuk pendataan penerima raskin sejak tahun 2008 dilakukan pihak BPS. Sementara kita berkoordinasi dengan Dolog. Sedangkan penyaluran raskin dilakukan oleh Dolog dan dikirim ke Kecamatan-kecamatan. Dari kecamatan-kecamatan lalu beras didistribusikan kepada warga miskin yang dikoordinir Tim Raskin Kecamatan,” terang Fatur. “Kita akan mengecek lagi bagaimana masalah tersebut bisa terjadi. Namun yang paling jelas. Masalah ini kalau dicek di Tim Raskin Kecamatan. Saya sudah menelpon camat yang sedang ada tugas, kalau raskin di wilayah tersebut tidak bermasalah,” sambungnya. Sementara keributan antara warga dengan kades menurut

dia ada masalah lain. Tim inspektorat sudah mengecek di wilayah tersebut kata camat tidak terjadi apa-apa. “Besok kita akan rapat dengan camat membahas masalah ini, sementara jangan diberitakan ya,” kata Fatur. Sementara itu, Kapolsek Semendawai Suku III Iptu Alfian saat dikonfirmasi mengatakan, kalau semalam memang hampir terjadi keributan warga terhadap kades Jaya Mulya karena mis komunikasi masalah raskin. Namun pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan. “Saat ini saya sedang rapat di Polda. Memang hampir terjadi keributan karena mis komunikasi masalah raskin dan kita sudah koordinasi dengan kecamatan. Sampai sekarang belum ada laporan resmi masuk,” tandasnya. MAN

Menyusul meluapnya Sungai Kisau Darat sekitar pukul 23.00 WIB, yang datang tiba-tiba merendam pemukiman warga di 2 Desa tersebut. Tokoh masyarakat Muaradua, Mursal Daut (67) menuturkan, banjir bandang menerjang pemukimannya sekitar pukul 23.00 WIB. ”Air datang tiba-tiba langsung menerjang pemukiman kami. Tanpa sempat menyelamatkan barang, barang yang ada dalam rumah, dengan ketinggian air sebatas leher orang dewasa,” katanya. Tak hanya itu menurut dia, banjir yang baru pertama kali ini terjadi dengan ketinggian air yang sangat tinggi. ”Saya tidak menyangka jika air akan tinggi, dan berdampak pada kerusakan,” tutur Mursal. Sementara itu Kepala Desa (Kades) Pendagan, Sukanto mengungkapkan, jika banjir bandang menyapu desanya, yakni di dusun 5, selain menerjang rumah, penduduk, 40 hektar lebih sawah terendam ganasnya air. Tak hanya itu puluhan hewan ternak berupa kambing hanyut terseret Sungai Kisau, dan puluhan binatang unggas hanyut. Senada diungkapkan Kades Mahanggin, Sundari, jika banjir bandang selain menghanyutkan ternak warganya, dan puluhan hektar siap panen terendam banjir disamping akses jalan menjadi lumpuh. ”Dua titik jalan cor beton ikut amblas, yakni di

dusun 5 Pendagan, berakibat tak bisa dilewati kendaraan roda empat,” bebernya. Saat bersamaan Camat Muaradua, Natalion S STP, mengatakan, saat ini pihaknya akan mendata kerusakan akibat bencana, untuk data sementara, sebanyak 40 rumah terendam banjir yang dihuni 125 kepala keluarga (KK), dan puluhan hewan ternak. “Ini baru data sementara, nanti kades akan menginventarisir kerusakan dan kerugian akibat banjir ini,” terangnya. Sementara Wakil Bupati OKU Selatan, dr Hj Herawati Gatot SPm menegaskan, jika hari ini, pihaknya akan melakukan pembersihan akibat banjir bandang, dan segera memberikan bantuan terhadap korban bencana banjir. “Besok (hari ini, Red) kita akan turun lagi ke lokasi banjir dan melakukan gotong royong pembersihan, dan dinas terkait akan dilibatkan, dan memberikan bantuan tanggap darurat bencana,” ” tegas Herawati, didampingi Kepala Dinas Sosial Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi, Putra Bani Sos, Kasat Pol PP, Ardiansyah Fitri, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura, Ir Asep Sudarno serta Kabag Humas dan Protokol Maha Resitama turun langsung ke lapangan meninjau lokasi banjir bandang. Untuk akses jalan yang terputus, secepatnya alat berat akan diturunkan ke lokasi, karena jalan

yang amblas merupakan salah satu akses masuk ke lokasi banjir. Setidaknya 4 kecamatan di Kabupaten OKU Selatan amblas dan tertimpa longsor. Jalan milik Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ini menghubungkan Kecamatan Muaradua Kisam, Kisam Tinggi, Buay runjung dan Runjung Agung. Amblas dan longsor terjadi di Desa Madura, Kecamatan Buay Sandang Aji, terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, Senin (11/2), mengakibatkan akses ke 4 kecamatan tersebut lumpuh total. Dari pantauan Palembang Ekpres, Selasa (12/2) amblasnya jalan tersebut, mengalami kerusakan parah, selain jalan aspal yang retak retak, dan terjadi longsor di dua titik. Dengan kepanjangan amblas, aspal retak dengan kondisi tanah menurun bergelombang mencapai 1 kilometer. Pengendara baik dari arah kota Muaradua menuju ke 4 Kecamatan tersebut, dan arah sebaliknya, harus menunggu, dikarenakan selain jalan aspal retak, dua titik longsor, yang dikerjakan 2 unit alat berat. Keretakan aspal mencapai 30 centimeter, serta bervariasi sepanjang 1 kilo meter. Tak hanya itu, 7 tiang gawang milik PLN ikut roboh, bahkan satu unit kendaraan operasioanl milik PLN Muaradua jenis pick up, terjebak saat kejadian. ”Kami tengah memperbaik lis-

trik wilayah ini kemarin malam, tidak taunya tiba-tiba, suara gemuruh datang, tanah bergoyang semua, hendak lari kemana kami tidak tau lagi,” ucap beberapa teknisi PLN di lokasi. Wakil Bupati OKU Selatan, dr Hj Herawati Gatot SPm didampingi Camat Buay Sadang Aji, Abdi Erawan SSTP Msi meminta supaya akses jalan dibuka. ”Ini kan sudah ada dua alat berat disini dan dapat cepat dilakukan pengerjaannya, setidaknya kendaraan roda dua jika longsor sudah dibuka bisa dilewati,” katanya. Untuk kendaraan roda empat, terang Herawati, dengan muatan yang banyak untuk tidak melewati jalan ini, ini dikarenakan kondisi tanah masih labil. “Keretakan jalan ini yang kita khawatirkan dengan kendaraan bertonase, sebaiknya kendaraan berat memutar lewat Simpang Campang, Kecamatan Kisam Ilir, biar memutar akan tetapi faktor keselamatan,” tandasnya. Sementara itu Camat Buay Sandang Aji, Abdi Erawan SSTP MSi mengungkapkan, amblas dan longsor jalan ini secepatnya akan diberitahukan secara tertulis ke Dinas PU OKU Selatan yang ditembuskan ke PUBM Provinsi Sumsel. ”Karena ini jalan milik Provinsi Sumsel, hari ini hanya sebatas membuka akses supaya jalan ini jangan sampai lumpuh total,” tandasnya. ZON

Gara-gara Raskin ...........................................................................................DARI HALAMAN 1

Banjir Bandang ...................................................................................................DARI HALAMAN 1

Tak Cukup Satu ..................................................................................................DARI HALAMAN 1

Bisa jadi aku kurang mendapatkan kasih sayang dari seorang Ayah yang masih aku butuhkan ketika itu sehingga aku mencari dari sosok lelaki yang aku inginkan. Tidak terlalu sulit bagiku untuk menggaet lawan jenisku. Pasalnya aku dianugerahi wajah cantik ditambah kulit putih mulus yang menjadi magnet

bagi kaum Adam yang tertarik denganku. Teman setingkat hingga kakak tingkatku di SMP sibuk mencari perhatian dariku. Bahkan tidak sedikit yang mencoba merayu, menggangu untuk mendapatkan kata “ya” sebagai tanda jadi pengikat hubungan. Memang masih cinta monyet.

Namun dari sinilah aku memiliki banyak lelaki yang memberikan aku perhatian bertubi-tubi. Bahkan tidak heran juga ada yang memberikan aku hadiah yang aku sukai. Anehnya dari sekian banyak lelaki yang mendekatiku ini tidak ada satupun yang aku sukai hingga mampu menggetarkan

hatiku meskipun usiaku belum berusia 17 tahun. Menginjak SMA, petualangan asmaraku masih berlanjut, jika di SMP aku masih malu-malu namun kali ini aku justru makin berani apalagi aku berteman d e n g a n t e m a n - t e man yang gaya pacarannya sudah terlalu jauh. BERSAMBUNG


PALEMBANG EKSPRES

RABU, 13 FEBRUARI 2013

Tanggal

Hari

Kick Off

Partai

14 Februari 14 Februari 15 Februari 15 Februari 15 Februari 16 Februari 16 Februari 16 Februari 17 Februari 17 Februari 17 Februari 17 Februari 18 Februari

Kamis Kamis Jumat Jumat Jumat Sabtu Sabtu Sabtu Minggu Minggu Minggu Minggu Senin

02:45 WIB 15:30 WIB 01:00 WIB 03:05 WIB 15:30 WIB 15:30 WIB 19:00 WIB 22:00 WIB 02:00 WIB 15:30 WIB 19:00 WIB 22:00 WIB 03:00 WIB

Real Madrid vs Man. United Persela vs Persidafon Sparta Praha vs Chelsea Inter Milan vs CFR Cluj Persebaya vs Persid Persija vs Arema Persisam vs Persib Arsenal vs Blackburn Granada vs Barcelona Mitra Kukar vs Persita Sriwijaya vs PBR Man City vs Leeds Real Madrid vs Rayo Vallecano

Halaman 6

TV SCTV tvOne SCTV SCTV tvOne ANTV ANTV TransTV TransTV ANTV ANTV TransTV TransTV

HASIL PERTANDINGAN ISL PSPS Pekanbaru Persija

1-0 2-2

Arema Gresik United

KLASEMEN LIGA INGGRIS

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Manchester United Manchester City Chelsea Tottenham Hotspur Arsenal Everton Swansea City West Bromwich Liverpool Stoke City West Ham United Fulham Sunderland Norwich City Southampton Newcastle United Aston Villa Reading Wigan Athletic Queens Park Ra

Kamis, 02.45 Wib Santiago Barnebue di SCTV

26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26 26

21 15 14 14 12 10 9 11 9 7 8 7 7 6 6 7 5 5 5 2

2 8 7 6 8 12 10 4 9 12 6 8 8 11 9 6 9 8 6 11

3 3 5 6 6 4 7 11 8 7 12 11 11 9 11 13 12 13 15 13

62-31 48-24 55-28 44-30 50-29 40-32 38-29 36-35 44-34 26-31 29-38 36-42 28-34 25-40 36-45 34-46 25-50 33-48 30-51 19-41

65 53 49 48 44 42 37 37 36 33 30 29 29 29 27 27 24 23 21 17

23 23 23 23 23 23 23 22 23 23 22 23 23 23 23 23 23 23 23 23

20 16 14 11 11 12 10 11 10 8 8 8 7 7 7 7 5 5 4 3

2 2 4 6 4 1 6 2 3 5 5 5 7 5 5 3 7 5 6 7

1 5 5 6 8 10 7 9 10 10 9 10 9 11 11 13 11 13 13 13

78 -26 44 -23 58 -22 36 -21 32 -35 33 -39 37 -29 31 -34 29 -35 30 -34 32 -29 29 -42 30 -34 29 -46 22 -32 23 -33 19 -27 21 -28 23 -43 27 -51

62 50 46 39 37 37 36 35 33 29 29 29 28 26 26 24 22 20 18 16

24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24 24

17 15 13 13 12 11 9 10 10 8 6 8 8 8 7 6 5 6 6 3

4 5 5 4 5 6 9 6 4 8 11 4 5 5 5 7 7 3 6 9

3 4 6 7 7 7 6 8 10 8 7 12 11 11 12 11 12 15 12 12

50 -16 46 -21 35 -26 39 -29 42 -30 41 -29 35 -33 31 -30 50 -45 30 -31 27 -27 25 -39 31 -30 21 -33 33 -34 26 -41 25 -37 20 -49 24 -34 21 -38

6 7 7 5 5 6 6 5 4 6 5 6 4 5 6 5 4 4

5 4 4 3 2 2 2 2 1 1 2 1 1 1 1 1 1 1

0 1 0 2 2 2 2 1 3 3 0 3 2 2 2 1 0 0

KLASEMEN LIGA SPANYOL

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Barcelona Atlético Madrid Real Madrid Málaga Valencia Rayo Vallecano Real Sociedad Real Betis Levante Sevilla Real Valladolid Getafe Espanyol Athletic Club Granada Real Zaragoza Osasuna Celta de Vigo Mallorca Deportivo La

KLASEMEN LIGA ITALIA

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20

Juventus Napoli Lazio Internazionale Milan Fiorentina Udinese Catania Roma Parma Torino Chievo Sampdoria Atalanta Bologna Cagliari Genoa Pescara Siena Palermo

55 50 44 43 41 39 36 36 34 32 28 28 28 27 26 25 22 21 18 18

KLASEMEN SEMENTARA ISL

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18

Mitra Kukar Gresik United Arema ISL Persipura Barito Putra Sriwijaya Persisam Putra Persiram Persib Pelita Bandung Persiwa PSPS Persiba Persita Persija ISL Persidafon Persela Persepam

1 2 3 0 1 2 2 2 0 2 3 2 1 2 3 3 3 3

14-9 10-9 14-7 11-2 6-5 12-12 10-10 6-7 7-5 8-9 7-10 3-4 3-3 4-8 8-12 8-9 6-7 2-11

REAL MADRID VS MANCHESTER UNITED

15 13 12 11 8 8 8 7 6 6 6 6 5 5 5 4 3 3

PE - Manchester United akan melanjutkan rivalitas bersejarahnya dengan Real Madrid, Kamis dinihari, sehingga Jose Mourinho menyebut bigmatch Liga Champions ini sebagai pertandingan yang dinantikan semua orang. “Ini laga yang sangat dinantikan dunia. Dunia tidak menantikan pertandingan Liga Champions lainnya. Jadi, saya berharap kami bisa memberikan apa yang dinantikan,” ujar Mourinho, Senin. Duel dua leg pada babak 16 Besar nanti juga lanjutan rivalitas Mourinho dengan Sir Alex Ferguson. Demi mengetahui perkembangan terkini musuh, entrenador El Real itu terbang ke Inggris untuk menyaksikan aksi Ryan Giggs cs menggunduli Everton 2-0 di Liga Premier. “Tentu saya ingin menang dan dia (Ferguson) juga ingin menang. Saya yakin tim yang kalah akan tetap bahagia karena hubungan baik kami. Tapi saya ingin menang,” tegas Mourinho. Juara tiga kali The Red Devils akan pergi ke Madrid, pemegang rekor juara sembilan kali, melanjutkan rivalitas tingkat Eropa yang telah dimulai sejak tahun 1957 silam. Pertemuan terakhir mereka pada perempat final 2003, sangat klasik dengan banyak gol yang dimenangkan Los Blancos agregat 6-5 melalui dua laga menegangkan. Mourinho mengucapkan hal-hal bagus perihal Ferguson, yang menjadi rivalnya sejak menangani FC Porto dan memuncak ketika pria Portugal itu membesut Chelsea. Ferguson pun mengatakan, siap untuk adu ilmu lagi dengan Mourinho. “Saya pikir dia akan puas berhadapan dengan saya. Ini tantangan hebat dari dua klub terbesar di dunia. Ini duel hebat bagi kami,” ujarnya. “Saya pikir Jose telah mengarahkan pandangannya ke Eropa tahun ini, tidak diragukan lagu. Di satu sisi itu membuat ini menjadi lebih sulit bagi kami, tetapi bagi mereka juga demikian,” pungkas Ferguson. Persaingan semakin berbumbu, karena keberadaan superstar Cristiano Ronaldo.

KARIM BENZEMA

Ronaldo Ingin Kalahkan Rekor Raul

Chelsea Berusaha Hancurkan Saya

PE – Florent Malouda berjanji akan membongkar semua perlakuan buruk yang diperolehnya selama berada di Chelsea. Usai berseragam The Blues selama 6 tahun dan meraih 6 trofi, termasuk Champions League musim 2011/12, Malouda malah tidak dihargai dan dikucilkan oleh kubu Roman AbraFlorent Malouda movich. Malouda dicoret dalam daftar 25 pemain untuk skuat Chelsea, yang membuatnya sama sekali tidak terlihat pada musim 2012/13. Ia juga dilarang berlatih di markas Chelsea, di Cobham. Winger asal Perancis itu hanya boleh berlatih bersama para pemain muda di akademi Chelsea. Malouda pun tidak sabar angkat koper dari sana saat kontraknya berakhir pada 30 Juni 2013. “Saya akan jelaskan ketika saya sudah bebas. Tapi strategi yang mereka gunakan membuat saya seperti seorang pemain yang mencari kompensasi substansial. Jika dikucilkan selama setahun, itu menjadi waktu yang sangat-sangat lama,” jelas Malouda. “Mental harus kuat. Mereka melakukan semua ini untuk menghancurkan mental saya, tapi sesungguhnya itu sangat memotivasi saya,” lanjut pria berusia 32 tahun itu. NET

Mantan winger Red Devils asal Portugal itu kini menjadi motor serangan utama El Merengues. Laga di Santiago Bernabeu pun menjadi konfrontasi pertama Ronaldo dengan United yang diperkuatnya selama enam musim dengan prestasi gemilang. “Terkadang saya ingin menghadapi mereka. Saya memiliki kenangankenangan hebat dari masa-masa saya di sana. Mereka selalu melakukannya dengan baik, setiap tahun mereka berada di puncak dan oleh sebab itu mereka menjadi tim yang sangat dihormati,” beber CR7. Empat pertemuan terakhir antara MadridMU terjadi di perempatfinal 2002/2003, ketika tiga gol Ronaldo Lima memberi raksasa Spanyol itu kemenangan 4-3 pada leg kedua. Real lolos ke semifinal melalui kemenangan agregat 6-5. Dan pertanyaannya, apakah ini adalah mimpi Mourinho bersama real Madrid setelah dipastikan akan sangat kecil untuk dapat menjuarai La Liga. Penyerang Real Madrid, Gonzalo Higuain, mengaku percaya timnya bisa mengatasi dan melukai Manchester United pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu atau Kamis (14/2/2013) dini hari WIB. Menurut Higuain, El Real memiliki kualitas untuk mempermalukan Seten Merah. “Manchester United merupakan tim yang cukup solid. Mereka selalu menampilkan itu di fase knock-out kompetisi Eropa. Namun, kami bisa membuat mereka kesulitan dengan kualitas individu yang kami miliki dan serangan balik kami. Jelas, kami akan menunjukkan yang kami punya,” tegas Higuain. NET

PE - Megabintang Real Madrid, Cristiano Rolando mengungkapkan ambisinya untuk mengalahkan Raul sebagai pencetak gol terbanyak Los Blancos sepanjang masa. Berkat hattrick yang ia ciptakan dikala timnya menang atas Sevilla di laga lanjutan La Liga akhir pekan lalu, Ronaldo telah melewati rekor Francisco Gento dengan torehan 182 gol. Ia telah duduk di posisi keenam di 10 pemain

Robbie Keane Berharap Lampard Gabung Ke LA Galaxy

PE - Striker Los Angeles Galaxy, Robbie Keane kedatangan gelandang Chelsea, Frank Lampard ke timnya akan memberikan dorongan yang sangat besar bagi klubnya. LA Galaxy baru saja kehilangan David Beckham yang bergabung ke Paris Saint-Germain. Posisi di gelandang tengah timnya tentu sedang kosong melompong. Masa depan Lampard sendiri di Stamford Bridge sudah mulai menemukan tanda tanya. Dengan kontraknya yang akan berakhir pada akhir musim ini, gelandang berusia 34 tahun tersebut belum juga mendapat tawaran perpanjangan kontrak dari pihak klub. Kondisi yang menjadikan munculnya spekulasi yang mengatakan

bahwa musim ini bisa menjadi musim terakhir bagi dirinya berseragam The Blues. Padahal, Lampard masih boleh dibilang produktif baik di level internasional maupun di klub. Pindah ke MLS bersama LA Galaxy telah menjadi tempat yang paling memungkinkan bagi Lampard jika akhirnya ia meninggalkan Chelsea. Kini, Keane yang juga sempat bermain di Liga Inggris, berharap Lampard bisa bermain bersamanya di Amerika. “Dengar, kami membutuhkan pemain seperti itu, dan mendatangkan Frank Lampard tentu akan sangat membantu seluruh tim,” ujar Keane kepada reporter. “Jadi, saya sungguh berharap bisa melihatnya di sini dalam waktu dekat.” NET

paling produktif Real Madrid. Kini, bintang asal Portugal tersebut telah menaruh target yang besar untuk mengalahkan rekor 323 gol Raul bersama Real Madrid. “Saya selalu mengatakan bahwa rekor ada untuk dikalahkan. Ini bukan hanya saya saja, tapi juga untuk seluruh generasi pemain berikutnya,” ujar Ronaldo kepada AS. “Saya merasa senang bisa menciptakan sebuah sejarah dan saya akan bangga bisa menjadi seorang figur. Apa

yang ingin saya lakukan sekarang adalah melanjutkan apa yang saya lakukan biasanya dan suatu hari, saya menjadi nomor 1.” Di posisi keenam dalam 10 pemain pencetak gol terbanyak Real Madrid, Ronaldo telah mengalahkan Francisco Gento (179), Pirri (171), Emilio Butragueno (171) dan Amancio Amaro (155). Hal ini memberikan rasa bangga tersendiri bagi Butrague-

Melahirkan Caesar Lantaran Bayinya Sungsang PE – Kebahagiaan tengah menyelimuti Imogen Thomas. Mantan selingkuhan bintang Manchester United, Ryan Giggs, ini baru saja melahirkan seorang bayi perempuan. Imogen melahirkan di Rumah Sakit Chelsea and Westminster, Inggris, Senin (11/2) kemarin, tepat pukul 10.45 waktu setempat. Bayi yang diberi nama Ariana Siena itu merupakan buah cinta pertama Imogen dengan pasangannya, Adam Horsley. Miss Wales 2003 ini melahirkan dengan cara operasi caesar lantaran si jabang bayi berada dalam posisi sungsang. Padahal, Imogen sangat mengidamkan proses persalinan normal di air (water birth). “Saya ingin melahirkan normal di air karena sudah mempersiapkan mental untuk itu. Proses melahirkan pasti sangat menyakitkan, tapi itu adalah pengalaman luar biasa,” ujar Imogen kepada majalah New!, beberapa waktu lalu. Kebahagiaan Imogen terasa lengkap karena proses persalinannya didampingi sang pujaan hati, Adam. Seorang sumber terdekat juga memastikan, wanita 30 tahun itu dan bayinya dalam keadaan baik. “Ibu dan bayi dalam keadaan baik dan sehat. Imogen sangat senang karena dia memang menginginkan anak perempuan,” ujar sumber tersebut seperti dilansir Daily Mail. NET

no yang namanya juga terpampang di 10 pemain pencetak gol terbanyak Madrid. “Kami semua sangat bangga kepada Cristiano Ronaldo adalah seorang pemain Real Madrid. Saya berharap ia tetap berada di sini dalam beberapa tahun kedepan karena ia merupakan pemain penting bagi kami,” ujar Butragueno di situs resmi Madrid. NET


RABU, 13 FEBRUARI 2013

HALAMAN 7

Ingin Stoper

Gantikan Min PALEMBANG. PE - Kas Hartadi Pelatih Sriwijaya FC sepertinya akan mencari pemain berposisi sebgai stoper untuk pengganti Min Kyoung Bin. Namun Kas membantah pemecatan Min Kyoung Bin ini bukan karena kualitasnya buruk. Namun lebih melihat pada kebutuhan tim. Sedangkan untuk saat ini sepertinya SFC akan lebih banyak menerapkan skema 4-1-4-1 dengan satu gelandang. “Kualitas individu Min cukup bagus, tapi sekarang yang kita cari seorang pemain yang memiliki naluri menyerang. Sementara Min tidak bisa membuktikan itu,” beber Kas Hatadi Meskpiun seandainya Min dipaksakan agar bermain lebih kedepan, namun sayang SFC banyak memiliki pilihan pemain

yang kualitasnya tidak jauh beda dengan Min. Nama-nama seperti Sultan Samma, Aliyudin Fakhrudin bahkan Fandy Muchtar bahkan memiliki naluri menyerang yang lebih dibandingkan Min. “Bermain di belakang Min kurang cocok. Jika disuruh di belakang menemani Abdul Rahman dan Jufrianto pun tidak cocok. Kalau diposisikan di depan kurang cocok karena tidak memiliki naluri menyerang,” sambungnya. Bahkan Kas tidak merasa kehilangan seorang pemain gelandang jika pola 4-1-4-1 dengan satu gelandang Ponaryo Astaman nanti berubah menjadi 4-2-3-1 dengan dua gelandang. “Kita masih punya Manu (sapaan akrab Imanuel Padwa) dan Jufrianto jika dibutuhkan untuk menemani Popon di lapangan tengah,” ungkapnya. Lebih lanjut Kas mengatakan jika sudah ada keputusan resmi tentang keputusan pemecatan Min Kyoung Bin, dirinya memberikan peluang bagi pemain Asia yang berposisi sebagai stoper. “Kalau memang sudah pasti Min dilepas, kita akan cari stoper saja kemungkinan setelah evaluasi paruh musim dirinya baru akan mencari pengganti Min karena ingin fokus dulu pada pertandingan,” ungkap Kas. Saat disinggung siapa pengganti Min, Kas masih belum bisa merekomendasikan siapa pemain yang bakal diajukannya kepada manajemen. Dikarenakan sang pelatih ingin fokus dulu menghadapi pertandingan melawan Pelita Bandung Raya (PBR), Minggu (17/2) mendatang. JAN

Per-Pemain Dapat Rejeki Dadakan dari Manajemen PALEMBANG. PE - Untuk merangsang para pemainnya memenangkan di setiap laga, jajaran manajemen mengeluarkan Rp2 juta per setiap pemainnya. Hal ini dilakukan Direktur Teknik PT SOM, Hendri Zainuddin usai latihan di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring kemarin. Hal tersebut diungkapkan langsung,Hendri Zainuddin, Direktur Teknik dan SDM Sriwijaya FC (SFC) didampingi Asisten Manager Muchendi Usai melakukan latihan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) pada Senin sore (11/2) kemarin. Seusai melakukan game yang dipimpin Pelatih SFC, Kas Hartadi, Ponaryo Astaman dan kawan-kawan biasanya melakukan rapat evaluasi kecil di tengah lapangan, tak lama berselang jajaran manajemen seperti Dirtek dan SDM SFC, Hendri Zainuddin, Asisten Manager SFC, Muchendi, Sekretaris SFC, Jamaluddin, menghampiri rapat kecil tersebut. Terlihat Hendri Zainuddin menghampiri para punggawa SFC dan mencoba melebur bersama pemain dengan bercanda dengan kelakar khasnya, Hendri Zainuddin lalu memberikan pengarahan kepada para pemain, dan melakukan tanya jawab singkat. Tak lama berselang, Hendri memanggil stafnya untuk memberikan kejutan dengan memberikan bonus. Terdengar para pemain diberikan Rp2 juta setiap pemainnya. Menjadi sang koordinator pembagian uang bonus adalah Hilton Moreira, Striker SFC usai rapat kecil diakhiri. Hendri mengatakan tujuan pemberian bonus dari manajemen kepada pemain tidak lain untuk sedikit memotivasi pemain yang sedang mempersiapkan latihan menjelang pertandingan menghadapi Pelita Bandung Raya (PBR) nanti. Tidak

hanya bonus berupa uang saja, namun seperti berkelakar dengan para pemain sangat berpengaruh kepada psikologis pemain. “Motivasi itu memang perlu bagi pemain, manajemen memang sekali-sekali harus turun ke lapangan dan berbicara hati ke hati dengan para pemain, bahkan soal masalah kecil yang mereka hadapi di lapangan, dengan begitu tidak ada jarak antara manajemen, pelatih dan pemain, dan masalah segera cepat di atasi,” ungkap pria berkaca mata ini. Hendri tidak mau menjelasakan detail nominal bonus. Dirinya beranggapan, yang terpenting pemain akan merasa nyaman bermain di SFC, serta enjoy saat melakukan latihan atau pertandingan, sehingga tim yang ber home base di Jakabaring ini bisa menampilkan permainan yang terbaik bagi masyarakat Sumsel. JAN

FOTO NOVA WAHYUDI/PALPPRES

FOTO ISTIMEWA

Foto bersama perwakilan Dubes Amerika di ruang rapat dispora

Palembang Tuan Rumah Triathlon Kelas Dunia

PALEMBANG. PE - Palembang kembali dipercaya menyelenggarakan even-even berkelas internasional. Kali ini, Triathlon dunia akan dihelat di palembang 28-31 Maret nanti. Rapat yang dihadiri langsung, H. Muddai Maddang, Ketua KONI Sumsel perwakilan Pihak Penyelenggara Triathlon,TNI, Lanal, Dishub, Satuan Pol PP, Kepolisian, Pengurus Koni, dan pihak terkait yang ikut hadir di Ruang Rapat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan, Selasa (12/2). Densah, Deputi Presiden Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia mengatakan menargetkan Triathlon tahun ini minimal ada 40 negara dan 1175 peserta yang ikut kejuaraan olah raga peringkat no 3 di dunia ini. “Selain para atlet, tentara dan kepolisian dari negara lain pun akan diikutsertakan dalam kegiatan olahraga yang bisa dikatakan mendunia ini,” ungkap Densah saat rapat di aula Pemprov Sumsel, Selasa di sejumlah awak media (12/2). “Kami sudah dapat usulan dari gubernur, kita sudah masuk di kalender resmi dunia. Sekitar 120 negara sudah diundang untuk menjadi anggota untuk menjadi peserta Triathlon,” katanya. Diterangkannya, Triathlon ini dapat menjadi salah satu olahraga yang berkaitan dengan promosi daerah, dimana masayarakat Sumsel dapat mengenalkan adat, budaya, ciri khas yang ada di kota pempek ini. “Kita juga menargetkan 400 anak-anak yang berumur 13 - 15 tahun dalam mensosialisasikan Triathlon,” jelasnya. Sementara itu, H. Muddai Maddang Ketua KONI Sumsel mengatakan rencananya Triathlon ini akan dilaksanakan di Komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Triathlon adalah kejuaraan dunia yang menandingkan 3 cabang olahraga, yakni renang, lari, dan balap sepeda. Rutenya untuk renang sejauh 1,5 KM akan dilakukan danau Jakabaring tepatnya di depan Venue Lapangan Tembak, lari mengitari komplek Jakabaring sejauh 10 KM dan balap sepeda sejauh 40 KM dengan rute dua kali mengitari air mancur dan Jakabaring. “Berarti balap sepeda akan lewati jembatan Ampera. Ini adalah rencananya dan akan bekerjasama dengan instansi terkait,” tambah Muddai. Muddai menerangkan dalam rapat hari ini Dispora kedatangan 3 perwakilan dari Kedubes Amerika dalam rangka memantau dan melihat secara langsung kondisi Sumsel, mereka menilai cukup dinamis dan signifikan apalagi dalam hal olahraga. Untuk itu mereka menawarkan kerjasama. “Berarti kegiatan kita dimonitor oleh negara luar. Mereka datang dengan sengaja untuk memberikan dukungan atas kegiatan olahraga yang bertaraf Internasional yang sering dilakukan di Sumatera Selatan,”Tandasnya. JAN

Cedera Lutut, Craig Gordon Dapat Pensiun Dini

PE – Kiper Skotlandia, Craig Gordon mengakui bahwa dirinya mungkin dapat pensiun setelah dirinya terkena cedera lutut yang membuat dirinya tidak dapat bermain hingga musim berakhir. Gordon dibeli Sunderland seharga 9 juta poundsterling pada 2007 lalu, pada saat itu dirinya menjagi kiper termahal di tanah Britania, tetapi dirinya dilepas secara gratis pada musim 2011-2012. Kiper berusia 30 tahun ini tidak memiliki klub sejak dirinya pergi dari Stadium of Light dan dirinya sejauh ini belum siap untuk kembali lagi, dan Gordon mengakui mungkin dirinya akan menjadi jajaran manajemen apabila dirinya pensiun dari dunia sepakbola. “Saya tidak menolak untuk bermain lagi, tetapi kemungkinan saya bermain semakin sedikit,” kata Gordon kepada Daily Record. “Saya telah menjalani beberapa operasi, tetapi hingga saat ini saya belum mencapai 100%. “Saya berharap saya dapat kembali bermain dengan sedikit rasa sakit. Hal ini adalah hal yang harus saya hadapi. “Yang pasti pada musim ini saya tidak dapat bermain lagi. Hal tersebutlah yang membuat saya ingin menjadi pelatih, anda tidak tahu kapan anda dapat bermain kembali. “Saya belum siap untuk menyerah begitu saja, tetapi ini sudah cukup lama, dan saya tidak tahu saya akan kemana di masa mednatang.” Gordon sendiri mengakui apabila dirinya ingin menjadi pelatih, dirinya ditawarkan oleh tim divisi utama Skotlandia, Dumbarton. NET


PALEMBANG EKSPRES

rabu, 13 februari 2013

Halaman 8


PALEMBANG EKSPRES

RABU, 13 FEBRUARI 2013

ALAMAT HOTEL THE ARYADUTA HOTEL & CONVENTION CENTER PALEMBANG Jl. POM IX, Palembang Square Palembang 30137, Sumatera Selatan Indonesia, Telpon +62711 383838 Fax +62711 377900 THE ARISTA HOTEL Jl Kapt A Rivai Palembang 30129 Sumatera Selatan, Telpon +62711 355000 Fax +62711 377966 NOVOTEL PALEMBANG HOTEL & RESIDENCE Jl R Sukamto No 8A Sumatera Selatan 30127 PALEMBANG INDONESIA Tel. (+62)711/369777 Fax. (+62)711/379777

Scoopy Injeksi Hadir Dua Varian

JAYAKARTA HOTELS AND RESORTS Jl Jenderal Sudirman no. 153 Palembang Sumatera Selatan Indonesia Tel +62 711 365 222 Fax +62 711 364 222 HOTEL ASTON Jl Basuki Rahmat No.189 Palembang' Telp : (0711) 388999 HOTEL SANDJAJA Jl Kapten A Rivai No 6193 Palembang 30129 Sumatera Selatan, Telp +62-711 362222 Fax +62-711 313693 HOTEL ANUGERAH Jln Jendral Sudirman No 149 Palembang 30129 Sumatera Selatan, Telp 62 711 312828 Fax 62 711 351183

JADWAL KEBERANGKATAN KA Nama Kereta

Berangkat

Datang

Limex Sriwijaya

21.00

05.10

Sindang Marga

20.00

04.00

Bukit Serelo

09.20

18.00

Rajabasa

08.00

18.45

JADWAL PENERBANGAN Palembang-Jakarta Berangkat 06.00 10.25 16.15

Tiba 07.00 11.30 18.50

Palembang-Jakarta Berangkat 06.10 07.40 11.05 14.20 15.55 17.20 19.10

Tiba 07.00 08.45 10.20 11.50 14.00 16.00 17.35

Palembang-Jakarta Berangkat 06.00 08.35 10.45 13.20 14.20 16.40 17.40 18.40

Tiba 07.00 09.35 11.45 14.20 15.20 17.40 18.40 19.40

PALEMBANG. PE – Honda Scoopy injeksi salah satu skutik keluaran Honda dimana scoopy injeksi ini merupakan seri injeksi Honda untuk model Scoopy yang telah beredar dipasaran. Skutik Honda yang bernama resmi Scoopy FI dimana FI ini menunjukkan jika Scoopy Honda ini menggunakan system injeksi dan sudah tidak menggunakan system pengabutan yang yang lebih terkenal dengan system karburasi. Model skutik bergaya retro modern ini siap untuk hadir dalam wujud Honda Scoopy injeksi. Honda scoopy injeksi ini semakin menunjukkan bahwa Honda memang akan meninggalkan system pengabutan untuk semua seri yang akan dikeluarkan oleh Honda. Matik retro terbaru dari Honda ini dijadwalkan akan di luncurkan di kota palembang bersamaan dengan peluncuran Honda verza 150 yaitu pada 23 februari mendatang. “Selain system injeksi, Honda

scoopy baru ini juga mempunyai desain dan tentunya tambahan fitur yang berasal dari technology terbaru keluaran Honda,” ujar Yohanes Kurniawan, Kepala Wilayah Astra Honda kepada Palembang Ekspres kemarin. Untuk dapat memiliki dan membawa pulang Honda Scoopy injeksi ini merogoh kocek sebesar Rp 14,3. Honda Scoopy FI ini sendiri hadir dalam dua varian yaitu sporty dan classic. Sporty tersedia dua warna yakni metro black dan cosmo cream dan stylish tiga warna, fancy black chic cream dan vogue red. “Scoopy terbaru ini lebih berkesan unik dan lebih cocok untuk

anak muda yang berani tampil beda,” katanya. Spesifikasi Honda Scoopy injeksi ini akan menggunakan mesin 110 cc dengan sistem asupan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Mesin ini bisa dikatakan hampir sama dengan mesin dari Honda Beat injeksi. “Dengan mesin ini, Honda Scoopy injeksi ini dapat lebih irit 30 persen dari model Honda scoopy sebelumnya,” jelasnya. Fitur Honda Scoopy terbaru ini mempunyai kelebihan komponen baru seperti misalnya lampu proyektor dengan bohlam halogen. “Dengan menggunakan lampu proyektor membuat Honda Scoopy FI memancarkan cahaya yang lebih terang,” katanya. Selain itu, motor ini memperluas bagasi di bawah jok enam kali lipat dari model sebelumnya menjadi 15,1 liter dan dilengkapi tombol pembuka dan penutup dimana bagasi ini dapat menyimpan helm half face dan tentunya beserta barang-barang yang lain. Selain itu dengan spesifikasi Honda Scoopy injeksi pada mesin injeksinya membuat suara mesin terasa lebih halus, getaran pun lebih halus, dan tentunya suara knalpot yang lebih halus dan tidak berisik. Sementara itu, menjelang perayaan hari Valentine setiap pembelian motor honda berhak mendapatkan potongan angsuran untuk jangka waktu angsuran 2,5 dan 3 tahun sebesar Rp 500 ribu sampai Rp 800 ribu. “Promo berakhir sampai 14 Februari dan berlaku untuk semua tipe kecuali motor sport,” pungkas Yohanes. PTR

HALAMAN 9

VARIAN BARU

Honda meluncurkan Scoopy

terbaru dengan teknologi injeksi yang hadir dengan dua warna

yang dijual seharga Rp 14,3 juta.

FOTO-FOTO ALHADI FARID PALPRES


PALEMBANG EKSPRES

RABU, 13 Februari 2013

Halaman 10

Ford Fiesta Pilih Sedan atau City Car PALEMBANG. PE- Produsen mobil Ford menawarkan dua jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Ford Fiesta tampil dengan dua pilihan yakni, Fiesta sedan dan Fiesta versi city car. Dari segi fitur keduanya hampir tak ada beda. Namun dari segi desain body dan interior jelas berbeda. “Fiesta sedan dan city car sama-sama dilengkapi dengan fitur unggulan hanya ada sedikit perbedaan,” ungkap Sales Counter PT Citra Abadi Indah Cemerlang, Rina Purnamasari. Fiesta Sedan panjangnya mencapai 4.291 mm, lebih panjang 341 mm dari hatchback. Sementara wheelbase keduanya sama persis 2.489 mm. dari segi bobot kendaraan Fiesta Sedan juga lebih berat 18 kg. Setir ringan dengan Electronic Power Streering (EPS) mampu mengikuti kemauan pengemudi. Cukup akurat dan lincah, meski jika kecepatan ditambah mulai terasa gejala understeer. “Bantingannya relatif setara dengan hatch-

back,” katanya. Kehadiran bagasi selain membantu melembutkan ayunan suspensi lantaran menambah bobot, juga meningkatkan fungsionalitas dengan volume memadai Dengan penggunaan mesin 1.596 cc 4 silinder Ti-VCT (Twin independent-Variable Camshaft Timing). Terpadu sempurna dengan transmisi kopling ganda (DSG) 6-speed bertajuk PowerShift. Bicara panel instrumen, desainnya tidak begitu berbeda bentuknya sporty dan mudah dibaca. Kesan serupa terus berlanjut ke bagian lain dasbor. Tombol audio piano-finished menjadi cirikhas. Kemudi palang tiga lengkap dengan kontrol audio di atasnya dan tuas voice command bersembunyi di balik kemudi. Sedangkan Fiesta versi hatchback memiliki design body yang dinamis, dipadu dengan lampu yang agresif, membuat mobil ini terlihat sangat brilliant dari segala sisi. “Ford Fiesta hacthback

hadir dalam dua varian yaitu Fiest yang mengusung bodykit standar dan Fiesta S yang tampil lebih sporty dengan adanya grill yang eksotis, dan spoiler belakang yang besar,” jelas Rina. Lanjutnya, bagian interior juga dikemas dengan sangat baik dengan perpaduan warna hitam dan silver, mulai dari tampilan dash-board terlihat sangat modern, jok berbahan kain yang nyaman, sampai dengan penggunaan material plastik yang cukup baik pada panel-panel pintu. Mobil ini memiliki kelengkapan fitur hiburan yang hampir sama dengan Fiesta sedan seperti radio, CD player, socket USB 2.0, dan socket AUX agar pengemudi dapat menikmati musik dari iPod, atau MP3 Player lainnya. Fitur unggulan dari Ford Fiesta adalah voice command yang memungkinkan untuk mengatur audio hanya dengan berbicara kepada Ford Fiesta. Fitur unik lainnya yang di tawarkan Ford Fiesta adalah m o d e Te l e p h o n e , d i m a n a

pengendara dapat menghubungkan handphone dengan jaringan Bluetooth Fiesta. “Fitur ini diciptakan dengan tujuan agar pengmudi tetap terhibur di saat menghadapi kemacatan atau sedang menempuh perjalanan yang jauh,” katanya. Fiesta versi hactback menawarkan pilihan mesin dengan kapasitas 1.400cc dengan pilihan transmisi manual atau otomatis, yang menghasilkan tenaga 94 HP. “Kapasitas mesin Fiesta hactback sedikit lebih kecil dibanding sedan,” katanya. Ford Fiesta sedan dan city car sama-sama dilengkapi dengan fitur keamanan yang mumpuni seperti penempatan dual-Airbag dan sistem pengereman di lengkapi dengan fitur ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Braking Distribution), & BA (Brake Assist) agar mobil tidak tergelincir pada saat melakukan pengereman mendadak. “Untuk menjaga keselamatan pengendara dan penumpang jika terjadi kecelakaan,” katanya. Pada sistim kemudi kedua

mobil ini menanamkan fitur ESP (Electronic Stability Program) yang membuat mobil tetap stabil saat melaju dengan kecepatan tinggi atau menikung dengan tajam, seluruh fitur tersebut dirancang agar pengemudi dapat mengendalikan mobilnya di berbagai situasi sehingga Ford Fiesta menyenangkan untuk di kendarai. Selain itu Rina menambahkan, Ford Fiesta hatchback banyak dimintai oleh anak-anak muda yang menyukai mobil sport city car, sedangkan Fiesta versi sedan lebih cenderung untuk kaum yang menyukai mobil-mobil kelas premium, karena tampilan Fiesta sedan yang elegan. PTR

LEBIH PANJANG Fiesta sedan memiliki

dimensi panjang mencapai

4.291 mm, lebih panjang

341mm dari tipe hatchback

FOTO - foto NET

PALEMBANG. PE - BMW Seri 3 dan 5 seken menjadi buruan konsumen yang ingin membeli mobil kelas premium seken. Dari penjualan BMW bekas, model Seri 3 dan 5 mengisi lebih dari separuh volume penjualan BMW Premium Selection tahun lalu. Diprediksi tahun ini kedua model tersebut bakal menguasai pasar BMW seken. “Model Seri 3 dan 5 masih menjadi favorit penjualan BMW seken kami, seperti tahun lalu. Tahun ini saya kira model yang sama akan tetap laris. Tapi seberapa besar prosentasenya tahun ini, saya belum bisa memprediksi karena masih awal tahun,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Indonesia di sela-sela pengumuman investasi sebesar Rp 14 miliar untuk ekspansi. BMW Premium Selection merupakan unit bisnis mobil seken BMW yang bersertifikat dari BMW Indonesia. Tahun lalu penjualan mobil seken BMW telah melampaui target, yakni

MAKIN LARIS

BMW seri 3 dan 5 masih menjadi incaran konsumen yang ingin memiliki sedan premium bekas foto NET

terjual sebanyak 268 unit, dimana paling banyak laku adalah Seri 3, disusul BMW seri 5. Semua mobil BMW seken yang dijual penyusutan kondisinya tidak terlalu besar, sekitar 15 persen dari BMW baru, terutama Seri 3 dan 5. “Seri 3 dan 5 depresiasinya lebih kecil, tapi itu semua tergantung kondisi. Jadi sama seperti yang BMW baru, BMW seken paling banyak terjual model Seri 3 dan 5,” tandas Ramesh. BMW Premium Selection menjadi salah satu strategi BMW Indonesia untuk meningkatkan resale value BMW, sekaligus untuk memperluas basis pemilik BMW di pasar Tanah Air. Divisi bisnis mobil seken bersertifikat BMW Premium Selection kini terintegrasi di outlet ritel Astra International di Sunter, Bestindo Car Utama di Bintaro, Trans Eurokars Indonesia di Kebon Jeruk, serta Tunas Mobilindo Parama di Hayam Wuruk. BMW Premium Selection merupakan unit bisnis mobil BMW seken bersertifikasi yang menawarkan mobil-mobil BMW berusia kurang dari lima tahun atau kurang dari 80.000 km dengan jaminan selama satu tahun. Semua mobil ini memiliki sejarah servis dari dealer-dealer resmi BMW serta pengecekan kualitas total 360. NET


PALEMBANG EKSPRES

RABU, 13 FEBRUARI 2013

Halaman 11

Lottemart Ekspansi Buka Hipermarket Targetkan Omset Capai Rp 420 miliar PALEMBANG. PE- Lottemart yang saat ini memiliki wholesale yang lebih bermain penjualan grosir akan melakukan ekspansi ditahun ini dengan membuka hipermarket dengan menyasar ritel. Meskipun belum bisa dipastikan kapan pastinya namun Lottemart lebih membidik di pusat perbelanjaan mengingat potensinya masih sangat menjanjikan. ”Target ekspansi ada tapi belum pasti untuk ditahun ini kalau soal lokasi juga masih dirahasiakan, kalau konsepnya lebih ke retail atau hipermarket,” ujar Lisanuddin, General Manager Lottemart Palembang kemarin. Sebagai tahap awal untuk jumlah hipermarket yang akan dibangun juga belum terlalu banyak dengan perkiraaan tiga unit, rencana dibukanya retailer ini menyusul sembilan kota

SELALU SEGAR

FOTO : ELLA / PALPRES

Buah-buahan menjadi salah satu produk yang kualitas dan kesegarannya dijaga di Lottemart Wholesale yang ditahun ini akan ekspansi dengan membuka hypermarket.

lain di Indonesia. Menurutnya Jakarta dan Makassar menjadi

kota yang sudah terlebih dahulu mengoperasikan Lottemart hipermarket mengingat pertum-

buhannya masih bagus. ”Kalau ditanya mengapa Lottemart tertarik membuka disegmen retail mungkin karena Palembang masih ”manis” untuk Lottemart, ini juga biar beda,” bebernya seraya mengatakan saat ini mulai perekrutan Sumbe Daya Manusia (SDM). Lisanuddin menambahkan tahun 2013 target omset yang harus dicapai Lottemart naik 6-10 persen atau sekitar Rp 420 miliar dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp 400 miliar. Naiknya target yang harus terealisasi ini sambungnya bukan tanpa alasan pasalnya target juga mengiringi tingkat inflasi ditahun ini yang juga diperkirakan enam persen. Bicara omset, Lottemart rata-rata setiap bulannya mampu menembus Rp 25 miliar dan jumlah ini akan naik signifikan di moment hari-hari besar seperti hari raya Idul Fitri. Sehingga tahun lalu, omset mencapai sekitar Rp 400 miliar. ”Besarnya target omset yang harus dicapai akan diusakan dengan fokus meningkatkan jumlah pelanggan terutama untuk segmen Small Medium Shop (SMS) karena segmen tersebut cukup potensial pertumbuhannya,” jelasnya.

Apalagi banyak keuntungan atau benefit menjadi member Lottemart selain akan mendapatkan harga spesial dan murah, serta mendapat benefit dalam pembelian produk non food, dengan bunga 0 persen. Dia menjelaskan, pihaknya juga tetap fokus menggarap segmen hotel restoran dan katering (horeka). Lantaran pertumbuhannya pun meningkat signifikan terutama untuk Kota Palembang. Saat ini Lottemart memiliki lima macam kategori customer yakni retail, horeka, services atau perkantoran dan lainnya. Pelanggan SMS sendiri masuk dalam kategori retail yang berkontribusi sekitar 20 persen. Selain itu, untuk horeka memberikan kontribusi sebesar 20 persen, service atau perkantoran 3 persen, end user 27 persen dan pedagang besar 30 persen. ”Kita mencoba tetap fokus menggarap sektor horeka dan SMS. Disamping itu, untuk mengejar omset kita akan menggelar program menarik termasuk program HUT Lottemart ke-9 pada April mendatang, dimana pelanggan dapat mengikuti berbagai kegiatan atau promo memperebutkan berbagai hadiah menarik,”jelasnya. LA

Sektor Perdagangan Pacu Pertumbuhan Ekonomi Sumsel

PALEMBANG. PE- Meskipun dibayangi ketidakpastian ekonomi global di 2012 lalu laju pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan masih tumbuh dengan baik sebesar 6,0 persen yang diiringi dengan pencapaian inflasi yang rendah sebesar 2,72 persen. Maka di 2013 diperkirakan merupakan babak baru, dimana tendensi permintaan sudah mulai meningkat secara gradual dan merespons peningkatan kapasitas produksi. ”Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tahun 2012 sebesar 6,0 persen, sebuah pencapaian yang baik ditengah kondisi ekonomi global yang masih lemah,” ujar Sutikno, Direktur Eksekutif Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah VII. Dari sisi sektoral, kontributor pertumbuhan ekonomi utama adalah sektor unggulan Sumatera Selatan, yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor pertanian, serta sektor industri pengolahan yang tumbuh masing-masing sebesar 9,5 persen, 5,3 persen, dan 6,0 persen (yoy). Namun, pertumbuhan sektor-sektor tersebut terpengaruh rendahnya harga komoditas unggulan Sumsel khususnya karet, dan CPO di pasar internasional sebagai dampak ketidakpastian ekonomi global. ”Akselerasi output terjadi pada sektor tersier terutama sektor perdagangan, hotel dan restoran, yang cenderung lebih bergantung pada kondisi permintaan domestik (nontradeables),” bebernya. Kuatnya permintaan domestik didorong oleh terjaganya optimisme masyarakat atas kondisi perekonomian, serta kegiatan investasi untuk ekspansi bisnis. Tingginya investasi di Sumsel antara lain juga disebabkan oleh tingginya pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global, serta didukung oleh kemudahan investasi di Sumatera Selatan dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terbaik nasional. Namun di sisi lain, kegiatan investasi yang tinggi memicu peningkatan pembelian barang modal dari luar negeri sehingga memberikan tambahan tekanan pada net ekspor.

PERTUMBUHAN EKONOMI

Kondisi perekonomian yang stabil ini juga didukung kinerja perbankan yang baik yang tercermin dari laju pertumbuhan kredit yang masih berada pada level yang tinggi yaitu sebesar 24,9 persen (yoy). Pertumbuhan output Sumatera Selatan diperkirakan akan mulai terakselerasi secara gradual mulai tahun 2013. Pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan pada tahun 2013 diperkirakan 6,0 – 6,5 persen, sedikit lebih tinggi dibandingkan tahun 2012 yang sebesar 6,0 persen (yoy). Di sisi sektoral, produksi komoditas unggulan seperti karet, CPO diperkirakan meningkat didorong oleh peningkatan kapasitas produksi, mengingat kegiatan investasi yang telah dilakukan secara intens pada dua tahun terakhir. Selain itu, harga komoditas unggulan diperkirakan meningkat secara gradual, karena proses perbaikan ekonomi global yang diperkirakan dimulai pada tahun 2013. Namun demikian, peningkatan harga komoditas karet diperkirakan terbatas karena munculnya tantangan lain terkait daya saing, yaitu suplai dan stok karet di tingkat dunia yang masih tinggi pada 2013. Selain permintaan luar negeri, peningkatan kapasitas produksi, khususnya untuk CPO, akan digunakan untuk memenuhi tumbuhnya permintaan dari industri hilir dalam negeri. ”Terkait dengan ini pula, pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur menjadi krusial untuk peningkatan daya saing dan pemanfaatan momentum permintaan,” tambahnya. Di sisi permintaan, konsumsi dan investasi diperkirakan tumbuh dengan tingkat yang relatif sama dengan tahun 2012. Berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia, terdapat optimisme yang sangat baik khususnya dalam memandang kondisi perekonomian Sumatera Selatan pada sekitar pertengahan tahun 2013. Selain itu, investasi diperkirakan masih tumbuh tinggi terkait adanya rencana penambahan kapasitas kegiatan produksi dan bisnis, yang didukung oleh daya tarik investasi yang tinggi karena potensi sumber daya alam yang melimpah. LA

FOTO NOVA WAHYUDI / PALPRES

Dari sisi sektoral, kontributor pertumbuhan ekonomi utama adalah sektor unggulan Sumatera Selatan, yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor pertanian, serta sektor industri pengolahan

HOTLINE IKLAN

0711 77 57 249

FOTO NOVA WAHYUDI / PALPRES

VALENTINE DAY

Bagi pasangan yang ingin merayakan hari kasih sayang bisa memilih di hotel The Jayakarta Daira dengan harga paket Rp 300.000 nett couple dan mengusung konsep Soul Meet Soul.

Hanya Rp 300.000 Bisa Romantic Dinner di Jayakarta

Hari Kasih sayang atau biasa dikenal dengan hari Valentine tinggal menghitung hari saja dan moment ini tidak disia-siakan oleh hotel The Jayakarta Daira yang menawarkan paket My Valentine soul meet soul dengan romantic dinner bersama pasangan.

P

ROMO menarik untuk hari kasih sayang ini menjadi agenda rutin yang digelar hotel bintang empat yang berada di jalan Jendral Sudirman ini. ”Paket untuk merayakan Valentine day cukup kompetitif dan kita harapkan pasangan yang akan merayakan hari kasih sayang bisa memanfaatkan paket ini,” ujar Hera Yulianti, Public Relation Manager The Jayakarta Daira Palembang. Mengerti akan keinginan pasangan yang merayakan hari kasih sayang, hotel ini menurut Hera menyediakan makan malam yang dikemas spesial dan sangat romantis sehingga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Menariknya lagi bagi pasangan yang makan malam di hotel The Jayakarta Daira akan berkesempa-

tan mendapatkan sovenir istimewa untuk tamu yang datang. ”Menu untuk romantic dinner akan kita sajikan dengan menu yang menggugah selera pada saat makan malam bersama pasangan, dan saat makan akan diiringi alunan musik romantis,” katanya seraya menambahkan makan malam bisa dinikmati di D’Lounge mulai pukul 19.00-21.00 WIB. Hidangan istimew yang sudah disiapkan c h e n handal hotel The Jayakarta

Daira mulai dari appetizer (makanan pembuka) sampai dessert sebagai menu penutup makan. Dengan hidangan lezat yang berselera Hera berharap pasangan yang merayakan hari yang istimewa bisa puas terhadap layanan yang dihadirkan. Menyediakan berbagai fasilitas eksklusif untuk para tamu dan pelanggannya disiapkan hotel ini dengan program khusus nan istimewa tersebut dengan baik dan harga spesial. “Hanya Rp 300.000 nett/couple, selain hidangan makan malam, iringan musik serta souvenir chocolate gift. Tamu yang beruntung akan mendapatkan door prize menarik berupa voucher untuk berkaraoke di The Jayakarta Daira Palembang dan voucher kamar hotel, serta goody bag spesial,” jelasnya. Sementara itu, Food & Beverage Manager Suwelo menambahkan, sajian

menu menggugah selera yang bakal dihadirkan diantaranya Appetizers (Devilled Eggs, Bruchetta’s, Thai Beef Salad with Aubergine, dan Tomato Cherry. Selain itu akan ada Green and Black Olive in Vinaigrette Dressing, Potato Salad with Tuna and Quail Eggs, serta Caesar Salad with Smoked Chicken Breast. “Banyak sekali menu istimewa bagi para tamu, termasuk Mexican Corn Salad with Roasted Capsicum Salsa, Soup (Zuppa Soup), Choices of Entrées (Butter Play of Steak),” bebernya. Disamping itu terdapat Ice Cream Station, Strawberry, Vanilla, Chocolate, Caramel, Chocolate, Strawberry Sauce, Assorted Nuts. Termasuk Dessert (Chocolate Fountain,Assorted Mousse in Glasses, Fruit Tartlet, Assorted French Pastries, Fruit Cocktail, Whole Fruit Display, Sliced Tropical Fruits). LA


sumsel PALEMBANG EKSPRES

rabu, 13 februari 2013

Ratusan Hektar Sawah Terendam Air

BATURAJA. PE -Tingginya curah hujan di Ogan Komering Ulu (OKU) selama beberapa hari terakhir, ternyata membuat petani sawah di daerah itu mulai menjadi panik. Pasalnya, dari 11.947 hektare (ha) sawah di Bumi Sebimbing Sekundang, sekitar lima persen atau 590 ha diprediksi telah terendam air. Pelaksana Harian Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura OKU, Hendri Ekaputra, melalui Kepala Bidang Produksi Padi dan Palawija, Joni Saihu,  Selasa (12/2), menjelaskan, sawah yang terendam air itu adalah yang berada di dekat Sungai Ogan, yakni di Ulu Ogan, Pengadonan, Semidangaji, Peninjauan dan Muarajaya. Untung saja kondisi irigasi di OKU terbilang bagus, sehingga air yang merendam sawah tersebut cepat surut. “Sawahnya maksimal terendam selama dua hari, bahkan terkadang hanya beberapa jam saja, sehingga tidak membuat tanaman padi milik petani menjadi busuk dan mengalami puso atau gagal panen,” ungkapnya. Terbukti kata Joni, sampai hari ini belum ada laporan dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pertanian dan TPH di tingkat kecamatan maupun dari pemerintah kecamatan sendiri perihal adanya sawah yang mengalami puso. “Kita di sini didukung oleh geografis OKU yang sebagian besar berada di dataran tinggi, sehingga sawah petani tidak akan pernah terendam air selama lebih dari sepekan. Apalagi padi yang ditanam petani rata-rata varietas unggul yang tahan terendam air,” katanya. Sementara saat disinggung soal produksi padi di OKU sampai Desember 2012, Joni mengungkapkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Selatan (Sumsel) total produksi padi di Bumi Sebimbing Sekundang tercatat mencapai 51.479 ton gabah kering giling (GKG). Angka itu meningkat 8,2 persen dibandingkan 2011 yang hanya dikisaran 47.577 ton GKG. “Ini bukti bahwa meskipun curah hujan di daerah ini tinggi, namun tidak akan menyebabkan puso. Bahkan, produksi padi setiap tahun terus mengalami peningkatan,” tegasnya sembari menjelaskan kalau tahun 2013 produksi padi di OKU ditargetkan meningkat 5,37 persen atau setara dengan 2.764 ton GKG, yakni dari 51.479 ton GKG menjadi 54.243 ton GKG. Meningkatnya produksi padi itu, menurut dia, disebabkan beberapa faktor antara lain adanya bantuan bibit padi untuk luas lahan 8.000 ha yang terdiri atas padi sawah 4.000 ha dan padi ladang 4.000 ha. Namun berbeda dibandingkan tahun lalu, guna mendapatkan bibit padi itu petani mesti membayarnya dengan harga Rp2.150 perkilogram. “Kalau tahun lalu bibit padinya gratis, tetapi tahun ini hanya disubsidi 75 persen oleh pemerintah pusat,” pungkasnya. CVG

30 Warga Latihan Pemadam Kebakaran PANGKALAN BALAI. PE - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang cukup besar di Wilayah Kabupaten Banyuasin, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyuasin melakukan pelatihan terhadap 30 warga tentang pengenalan dan pelatihan tahap awal antisipasi bahaya kebakaran. “Ada sekitar 30 warga yang dipilih untuk kita latih, yang berasal dari tiga kecamatan, mulai dari cara penggunaan APAR dan lain sebagainya,” ujar Drs H Arobin Mastofa, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Banyuasin melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Syafrudin Yusuf ketika ditemui kemarin. Untuk wilayahnya kata Yusuf, pihaknya memprioritaskan ketiga kecamatan tersebut karena kecamatan itu merupakan daerah rawan kebakaran. “Ketiga daerah rawan kebakaran yaitu kecamatan Banyuasin III, Kecamatan Rantau Bayur dan terakhir kecamatan Pulau Rimau,” jelasnya seraya mengungkapkan tiap kecamatan 10 perwakilan warga. Lebih lanjut, dia menerangkan pelatihan dan pengenalan alat pemadam agar masyarakat dapat membantu kalau terjadi kebakaran di daerahnya. Karena pernah terjadi di suatu wilayah dimana ada kebakaran, tidak ada satupun yang dapat mengoperasionalkan APAR. “Itu sangat kita sayangkan,” tukasnya. Mudah-mudahan dengan adanya latihan dan pengenalan alat pemadam kebakaran ini, dapat membantu warga mengantisipasi terjadi kebakaran yang lebih besar. Dia menambahkan, setiap toko diwajibkan memiliki APAR, karena itu sesuai peraturan daerah nomor 21 tahun 2011. “Bisa beli sendiri di tempat yang tersedia,” imbuhnya. Ketika ditanya apakah kendaraan operasional pemadam kebakaran sudah memadai, Yusuf mengatakan saat ini belum memadai karena ideal kendaraan harus ada lima. “Namun sekarang kita hanya ada tiga kendaraan dan itu belum cukup dengan wilayah Kabupaten Banyuasin yang sangat luas,” ucapnya. BUD

Halaman 12

Diduga Tak Sesuai RAB

FOTO; wijdan/PALPRES

ASAL JADI

Timbunan jalan asal jadi, foto kiri diambil Desember 2012 saat pengerjaan proyek sudah selesai dan saat kondisi air masih surut. Lalu tampak kondisi jalan tenggelam sepanjang 2 Km saat air sudah pasang, foto kanan diambil Januari 2013.

Peningkatan jalan Desa Tanjung Laut

INDRALAYA. PE - Proyek peningkatan jalan Desa Tanjung Laut, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI) yang menghabiskan dana APBD miliaran rupiah tahun 2012 diduga dikerjakan tidak sesuai rancangan anggaran biaya (RAB). Saat ini

kondisi jalan yang baru dibangun itu tenggelam tergenang air dan longsor. “Sampai sekarang jalan ini tidak bisa dilalui. Padahal jalan itu baru dibangun akhir tahun 2012 lalu,” ujar Nija, warga Tanjung Laut, Kecamatan Tanjung Batu,

OI, kemarin. Kendatipun sudah terlepas dari belenggu hujan berkepanjangan, namun jalan tanah tersebut tetap tidak bisa dilalui. Seharusnya pihak pemborong dapat meratakan jalan tersebut dengan alat berat. Dia melanjutkan kalau jalan tersebut dibangun untuk memudahkan masyarakat Kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Tanjung Raja sehingga rentang kendali lebih singkat. Awal pembangunan jalan

Operasional Terminal Belum Maksimal

INDRALAYA. PE - Kendati pembangunan Terminal KM 32 milik Dinas Perhubungan (Dishub) Ogan Ilir (OI) sudah selesai dan serah terima sudah dilakukan. Namun operasional terminal belum dilakukan maksimal. Pantauan Palembang Ekspres, Selasa (12/2), bus AKDP (angkutan kota dalam provinsi) yang ngetem di dalam terminal bukannya menunggu penumpang. Melainkan melakukan perbaikan terhadap onderdil mobil yang rusak. Kalaupun bus AKDP jurusan Palembang-Muara Enim dan Palembang-Prabumulih masuk terminal hanya untuk istirahat sebelum antre di

luar terminal menunggu penumpang. Seluruh bus dan angkutan barang yang melintas memang diwajibkan masuk terminal dan membayar retribusi. Petugas Dishub menunggu di luar terminal untuk menarik retribusi. Kepala Dishub OI, Drs Mustarsyah mengakui, pengoperasian terminal belum dilakukan maksimal. Namun bus AKPD dan AKAP yang melintas di wilayah OI patuh untuk masuk terminal. Hanya saja bus-bus tersebut tidak berhenti menaikkan dan menurunkan penumpang di dalam terminal karena umumnya penumpang memilih naik dan turun di jalan. “Penumpang nampaknya lebih senang naik dan turun di

luar terminal,” ujar Mustarsyah. Dikatakannya, memang fasilitas di dalam terminal belum lengkap. Sehingga bus tidak mencari penumpang di dalam terminal. Seperti warung kopi dan bangunan permanen lainnya yang dapat digunakan sebagai toko. Dishub sendiri memang sudah ada rencana untuk membangun fasilitas di dalam terminal. Tetapi karena terbatasnya anggaran. Maka rencana tersebut ditunda dulu. “Tahun depan rencananya Dishub akan menganggarkan pembangunan fasilitas di dalam terminal,” tukas pria yang pernah menjabat sebagai Camat Lubuk Keliat ini. VIV

BATURAJA. PE - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mengungkapkan, bahwa hasil verifikasi tim Audit Tujuan Tertentu (ATT) terhadap honorer K1 Kabupaten OKU belum diterima oleh Pemerintah Kabupaten OKU. Penegasan ini disampaikan Plh Kepala BKD OKU Mustika Aminah melalui Kabid Informasi Kepegawaian Burhanuddin Lubis, Selasa (12/2). Ditanya mengenai adanya isu dimasyarakat yang mengatakan jika hasil verifikasi tim ATT sudah diterima oleh BKD OKU, dirinya menegaskan jika BKD OKU belum menerima hasil verifikasi tersebut. “ Sekali lagi saya tegaskan,

BKD belum menerima hasil verifikasi honorer K1 oleh tim ATT,” tegas Lubis Oleh karena itu, Lubis meminta kepada para tenaga honorer untuk berhatihati dan tidak mudah percaya dengan isu tersebut. Ia khawatir isu tersebut akan dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk membuat gaduh para tenaga honorer sekaligus mencari keuntungan pribadi. “Saya meminta kepada tenaga honorer untuk tidak mudah terpancing dan percaya dengan isu hasil verifikasi honorer K1 sudah diterima oleh BKD OKU. Tetap bersabar menunggu hingga ada kejelasan. Jika ada informasi yang kurang jelas segera melapor ke BKD OKU,” pintanya.

Terkait belum adanya kejelasan soal honorer K1, Lubis berjanji jika hasil ATT diterima BKD OKU, maka secepatnya akan disampaikan kepada masyarakat tanpa ditunda. Apalagi lanjutnya, selain OKU, ada tiga kabupaten lain di Sumatera Selatan yang sampai saat ini juga belum menerima hasil verifikasi tim ATT, yakni OKU Selatan, OKU Timur, dan Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). “Berdoa saja semoga empat kabupaten ini cepat menirima hasil verifikasi honorer K1 oleh tim ATT,” harap Lubis. Sekedar diketahui jumlah honorer K1 di Kabupaten OKU yang saat ini masih dalam proses verifikasi ada sebanyak 604 orang. CVG

LUBUKLINGGAU. PE – Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau telah mengeluarkan surat edaran, melarang mobil dinas menggunakan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Hal ini ditegaskan Sekretaris Derah (Sekda) Kota Lubuklinggau, Ir H Parigan HS MM ketika dikonfirmasi Palembang Ekspres, usai menghadiri persiapan penandatanganan MoU pihak perbankan dengan BKM dalam rangka penyaluran dana KUR, bertempat di off room Dayang Torek, Selasa(12/2). Menurut mantan Sekda Kabupaten Banyuasin itu, larangan bagi

mobnas sesuai Peraturan Menteri ESDM RI Nomor 01 tahun 2013   tentang larangan Mobnas pakai BBM bersubsidi. Tentang larangan penggunaan BBM bersubsidi bagi Mobnas itu, ujar Parigan, juga menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sumatera Selatan. “Agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dan memudahkan pengawasan, mobnas telah dipasang stiker. Upaya lainnya, telah menjalin kerja sama dengan pihak Pertamina melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) melakukan pengawasan dan tidak melayani

Mobnas mengisi BBM bersubsidi tersebut,” ucap Parigan yang dilantik secara resmi sebagai Sekda Defenitif Kota Lubuklinggau pada Kamis (10/1) lalu. Lebih lanjut dikatakan Sekda, tujuan larangan bagi Mobnas untuk menggunakan BBM jenis bensin dan solar itu, karena lebih dipriolitaskan untuk masyarakat. Oleh sebab itu, dia kembali menghimbau dan mengingatkan kepada semua pihak khususnya pejabat yang dipercaya menggunakan mobnas agar mematuhi dan memberikan contoh yang baik. RIF

itu, masyarakat sangat antusias dan meminta pemborong untuk segera menyelesaikannya. “Tapi setelah selesai dibangun, ternyata tidak dapat digunakan. Apalagi saat hujan deras, justru jalan tergenang dan tenggelam,” tuturnya. Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Laut, Husni membenarkan jika saat ini kondisi jalan sepanjang lebih kurang 2 km tersebut tenggelam dan sama

sekali tidak dapat dilalui. “Mau diapakan lagi, memang kondisi jalan seperti itu,” katanya. Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) OI, H Muhsin mengaku kalau pihaknya belum mengetahui keadaan jalan tersebut. Begitu pula alokasi yang dikucurkan untuk pembangunan jalan itu. “Soal itu saya tidak begitu mengetahuinya dan dapat koordinasi dengan Kabid Jalan, Rizal,” ujarnya. VIV

5 Daerah Rawan Dipasang Rambu

BKD Belum Terima Hasil Verifikasi

Mobil Dinas Dilarang Gunakan BBM Bersubsidi

FOTO; herman jaya / PALPRES

PASANG

Meminimalisir angka kecelakaan di OKU Timur, Satlantas memasang rambu peringatan di lima titik yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas.

MARTAPURA. PE – Tidak kurang 5 titik daerah rawan kecelakaan di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dipasang rambu peringatan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres OKU Timur. Demikian diungkapkan Kapolres OKU Timur, AKBP Kristiyono melalui Kasat Lantas AKP M Yakin. “Rambu peringatan tersebut sebagai wujud peringatan kepada pengendara, agar disaat melintas daerah rawan laka harus lebih berjati-hati,” terang Yakin. Kelima titik rawan laka tersebuit di antaranya, daerah Minang Baru, Peracak, Kota Baru Selatan, Buay Madang tepatnya di tanggul Irigasi, dan di Belitang BK 12. “Kelima daerah ini memang kerap terjadi kecelakaan lalu lintas (lakalantas). Diharapkan dengan adanya rambu peringatan bisa meminimalisir angka kecelakaan di OKU Timur,” ungkapnya. Selain pemasangan rambu peringatan rawan kecelakaan, Satlantas Polres OKU Timur juga memasang spanduk himbauan kepada masyarakat di lima titik. Adapun spanduk himbauan tersebut bertuliskan gunakan helm, pengendara wajib membawa kelengkapan surat kendaraan-

nya, menyalakan lampu di siang hari bagi pengendara motor, serta tentang kebut-kebutan liar. “Di spanduk tersebut, selain himbauan kita juga menjelaskan sanksi denda, pidana serta pasal jika mereka melanggar. Artinya kita bekerja memang sesuai undang-undang yang ada,” terangnya Yakin. Harapannya lanjut dia, dengan adanya spanduk himbauan dan rambu peringatan, masyarakat OKU Timur lebih disiplin dalam berkendaraan. Dan masyarakat jadi tahu hukuman dan sanksinya jika melanggar aturan. “Tak bosan-bosannya kita terus melakukan himbauan dan peringatan kepada masyarakat. Agra benar-benar taat dan tertib saat berkendaraan, toh semua demi keselamatan mereka,” cetusnya. Kegiatan lain lanjut Yakin, pihaknya terus melakukan sosialisasi tidak hanya kepada masyarakat umum, tapi merambah ketingkat pelajar. Dengan member pemahaman dan pengetahuan pentingnya disiplin lalulintas sejak dini. “Setiap Senin kita ke sekolah-sekolah guna mensosialisasikan perlu dan pentingnya taat berlalulintas,” pungkasnya. MAN

Tunggakan Pelanggan PLN Baturaja Rp 3 Miliar BATURAJA. PE - Tunggakan pelanggan PLN rayon Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU) sampai Januari 2013 tercatat mencapai Rp3 miliar lebih. Berbeda dibandingkan tahun lalu, pada tahun ini sebagian besar pelanggan PLN yang menunggak tersebut berasal dari kalangan rumah tangga. “Tahun lalu sebagian besar pelanggan yang menunggak berasal dari instansi atau dinas di OKU, namun sejak Desember 2012 lalu mereka sudah melunasi tunggakannya, sehingga sekarang yang paling banyak

menunggak adalah konsumen rumah tangga,” kata Manager PLN rayon Baturaja, Yeyen Muryono, kepada wartawan, Selasa (12/2). Yeyen menjelaskan, tingginya tunggakan pelanggan PLN tersebut disebabkan beberapa faktor antara lain melemahnya perekonomian masyarakat OKU seiring dengan anjloknya harga karet di pasaran, serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajibannya membayar rekening listrik tepat waktu. “Ada sebagian pelanggan dari

kalangan rumah tangga yang membayar rekening listrik dua atau tiga bulan sekali. Ini yang kadangkadang membuat jumlah tunggakan pelanggan menjadi membengkak,” sesal Yeyen. Mengingat hal itu, lanjut dia, pihaknya sudah meminta bantuan kepada PLN rayon Lahat agar mengirimkan tenaga khusus untuk melakukan pemutusan terhadap pelanggan PLN rayon Baturaja yang menunggak lebih dari tiga bulan berturut-turut. “Selain itu kami juga sudah bek-

erjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan jemput bola dalam penagihan rekening listrik dengan harapan jumlah tunggakan sebesar Rp3 miliar tersebut bisa ditekan seminimal mungkin,” katanya. Disinggung soal pendapatan PLN rayon Baturaja sampai Januari 2013, Yeyen menambahkan, total pendapatan yang berhasil diraup BUMN tersebut rata-rata sekitar Rp16 miliar perbulan. “Angka ini relatif stabil setiap bulannya, sebab memang tidak ada penambahan jumlah pelanggan yang signifikan

di Bumi Sebimbing Sekundang selama beberapa bulan terakhir,” tegasnya. Sementara saat ditanya soal adanya pemadaman mendadak di kawasan Kelurahan Sukajadi, Senin (11/2) dari pukul 20.00-22.00 WIB, Yeyen menjelaskan, hal itu terpaksa dilakukan, sebab ada kerusakan di kabel Gardu Induk. “Kami minta maaf atas ketidaknyamanan tersebut, karena memang ada kerusakan kabel di Gardu Induk, tetapi sekarang semua kerusakan sudah diperbaiki,” pungkasnya. CVG


sumsel PALEMBANG EKSPRES

rabu, 13 februari 2013

Jumlah Pencari Kerja Naik 200 % PRABUMULIH. PE - Berdasarkan data yang dimiliki Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kota Prabumulih, jumlah pencari kerja (pencaker) pada tahun 2012 hingga Februari ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Berkisar 200 persen dibanding tahun 2011 lalu. Banyaknya pencari kerja di kota Prabumulih disebabkan, makin berkembangnya pembangunan tata ruang kota Prabumulih. Selain itu, ditunjang makin meningkatnya jumlah penduduk membuat warga mencari pengahasilan yang cukup mapan. Bahkan, dengan banyak berdiri perusahaan-perusahaan dibidang minyak dan gas, membuat masyarakat berlomba-lomba mencari peruntungan dengan melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut. Menanggapi hal itu, Kepala Disnaker kota Prabumulih, Drs Alfian Herdi MSi didampingi Kabid Penta Kerja, M Munsir SPd MM ketika dikonfirmasi mengatakan, kenaikan pencaker tersebut selama 2012 dikarena banyaknya bukaan lowongan kerja di kota ini. “Kenaikannya sendiri mencapai 200 persen lebih, hal itu bisa dilihat dari data 2011 yang jumlah pencakernya sebanyak 515 orang. Sementara untuk 2012 lalu, jumlahnya meningkat menjadi 1.673 orang. Hingga Febuari ini sendiri baru terdata 34 pencaker,” terangnya, Selasa (12/2) kepada Palembang Ekspres. Munsir menambahkan, memang ketika itu cukup banyak lowongan yang terbuka seperti, PT Pertamina EP, PTBA, Polisi, TNI dan lainlain. Sehingga, banyak pencaker yang membuat AK-1. Namun, dari data yang dimiliki oleh pihaknya, pencaker sendiri masih didominasi hampir 50 persen lebih, didominasi oleh pencaker yang berijazah SMA. “Jika dibandingkan pencaker berijazah D3 dan S1, yang berijazah SMA memang masih mendominasi di kota Prabumulih,” bebernya. Sementara itu, ketika ditanya soal tingkat pengangguran di kota Prabumulih, Munsir menjelaskan, pihaknya tidak memiliki data akurat. Pasalnya, banyak pencaker setelah diterima bekerja tidak lagi melaporkan kepada pihaknya. “Yang memiliki data akurat terkait jumlah pengangguran di kota ini, adalah BPS. Kita juga mengingatkan agar pencaker yang telah diterima bekerja, kembali melapor kepada kita untuk pendataan,” katanya. Masih kata dia, pihaknya rutin melakukan pendataan tiap tahun jumlah pencaker di kota ini untuk melihat angka kenaikan atau penurun pencaker, sebagai laporan pihaknya ke Disnakertrans Propinsi. “Hampir setiap tahun kita lakukan pendaataan, jumlah pencaker di kota ini,” tandasnya. AND

Laporkan Honorer “Siluman”, Uji Publik K2 Tunggu Verifikasi PRABUMULIH. PE- Menanggapi soal desakan uji publik terkait honorer kategori II (K2), yang diprioritaskan pada penerimaan CPNS tahun ini oleh Ketua Asosiasi Guru dan Pegawai Honorer (AGPH) kota Prabumulih Hasbi SPd MM. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kota Prabumulih, Drs H Sobban Asmuni menjelaskan, pihaknya sangat setujui dengan permintaan pihak AGPH kota Prabumulih untuk melakukan uji publik terhadap honorer K2. “Soal uji publik, sudah tentunya akan kita lakukan. Seperti halnya yang terjadi pada honorer K1 sebelumnya, akan tetapi hingga saat ini pihaknya masih menunggu hasil verifikasi dari BKN,” ungkapnya, Selasa (12/2) kepada Palembang Ekspres. Setelah adanya verifikasi dari BKN, terkait nama-nama honorer K2 yang disampaikan pihaknya. Untuk itu, akan dilakukan uji publik, sehingga masyarakat bisa langsung melaporkan. Jika ada kecurangan dan laporan terkait honorer K2 yang disebut-sebut sebagai honorer “Siluman”. “Setelah ada verifikasi, uji publik akan kita lakukan. Dengan mengumumkan nama-nama honorer K2, melalui media massa. Jika terjadi kecurangan bisa segera diprotes dan komplain kepada pihaknya, terkait nama-nama honorer K2 tersebut,” jelasnya. Sobban menerangkan, sudah tentunya laporan tersebut harus dibuktikan dengan data yang lengkap. “Datanya harus akurat dan lengkap, agar bisa kita tindak lanjuti. Jika terbukti nantinya, nama honorer K2 tersebut bisa digugurkan karena telah melakukan pemalsuan data. Terkait hal itu, pihaknya bisa mengenakan sanksi pidana,” kata dia. Diungkapkan sebelumnya, untuk penerimaan CPNS tahun ini memang diperuntukan untuk honorer K2 yang diprioritaskan. “Sesuai ketentuan dari pihak pusat, daerah memiliki kewajiban untuk menuntaskan honorer K2 yang masih tersisa untuk diangkat menjadi CPNS, yang tahun ini akan diseleksi melalui tes penerimaan CPNS,” tukasnya. AND

Halaman 13

Karyawan Sekuriti Tolak PT Tangkas PT TEL Lepas Tangan

MUARA ENIM. PE- PT Tanjung Enim Lestari (PT TEL) Kecamatan Rambang Dangku, tidak akan terlibat jauh dengan adanya penolakan aksi dari karyawan sekuriti PT TEL yang menolak dikelola oleh PT Tangkas Palembang. “Seharusnya permasalahan yang dialami sekuriti PT Tangkas dapat diselesaikan dengan sendirinya dengan pihak manajemen perusahaan itu, tanpa harus melibatkan PT TEL sebagai induk perusahaan,” ujar Humas PT TEL Saleh, Selasa (12/2) dibincangi terkait adanya aksi mogok ratusan karyawan sekuriti PT TEL yang menolak dikelola oleh PT Tangkas.

Aksi mogok dari sekuriti PT Tangkas kata dia, statusnya (sekuriti mogok) merupakan karyawan outsourcing di PT TEL dam saat ini diantara PT TEL dan PT Tangkas masih terikat kontrak kerja. “Sebenarnya itu masalah internal mereka, tetapi kita sebagai perusahaan induk akan melakukan tindakan, terhadap perusahaan PT Tangkas ini dan yang paling penting kita akan berupaya menjadi mediator atau kita akan memediasi antara karyawan sekuriti dam PT Tangkas agar permasalahan bisa cepat selesai,” katanya. Tak berhenti sampai disitu, aksi

mogok kerja sekuriti pun mendapat dukungan dari Serikat Pekerja PT TEL (SP PT TEL), juga dihadiri langsung Kadisnakertrans Kabupaten Muara Enim, Drs Abu Hanifah dan Wakil Ketua DPRD Muara Enim, Hendri Gunawan serta anggota DPRD Muara Enim, Elison. Koordinator Aksi Sekuriti, Ucok Harahap didampingi Asril bersama rekan-rekannya menerangkan, sesuai jadwal aksi yang dilakukan berupa mogok kerja selama 3 hari yang direncanakan tanggal 12, 13 dan 14 Februari 2013. Mogok kerja yang dilaksanakan para sekuriti ini, kata Asril, diakibatkan oleh

Tim Penangulangan Banjir Mura Berikan Bantuan

Foto: imron / palpres

BANTUAN

Tim penanggulangan banjir dari Pemkab Musi Rawas memberikan bantuan kepada salah seorang korban banjir di beberapa Kecamatan.

MUSI RAWAS. PE – Tim penanggulangan banjir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura yang dibentuk Bupati, turun memberikan bantuan kebeberapa Desa dan Kelurahan yang tersebar di Kecamatan kepada korban banjir. Menurut Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mura, Hj Susilawati Burlian melalui kasih Bencana, Evan, dari 5 Kecamatan mengatakan yang beberapa wilayahnya terendam banjir. Sedangkan di Kecamatan Rawas Ilir seperti di Desa Pauh 1, Tanjung Raja, dan Batu Kucing dilokasi ini ketinggian banjir mencapai 2 meter. “Seperti Desa dan Kelurahan di wilayah Kecamatan Muara Lakitan, Muara Kelingi, Karang Dapo, dan Megang Sakti hampir keseluruhan bantuan telah diberikan. Ter-

masuk daerah yang sulit dijangkau Desa di Kecamatan Rawas Ilir seperti Desa Pauh I, Tanjung Raja, dan Batu Kucing,” jelasnya kepada Palembang Ekspres Selasa (12/2). Sejauh ini, kata dia bantuan yang telah disalurkan tim penanggulangan banjir mencapai 12 ton beras, 942 dus mie instan, 3.460 dus air mineral, dan 172 dus dencis kepada korban banjir dibeberapa Desa dan Kelurahan Kecamatan Karang Dapo, Muara Kelingi, Megang Sakti, Lakitan dan juga Rawas Ilir. “Kita berusaha masuk kebeberapa desa di Rawas Ilir yang menggunakan Tongkang disiapkan pihak kecamatan. Sedangkan untuk yang tidak terjangkau, pihak kecamatan Rawas Ilir akan meneruskan bantuan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Rawas Ilir, Rehal Ikmal menjelaskan, di wilayahnya terdapat 8 Desa yang terendam banjir. Kondisi ini sudah terjadi sejak sebulan yang lalu dengan ketinggian mencapai satu meter lebih. Dari jumlah ini sebagian desa telah mendapatkan bantuan sembako dari beberapa perusahaan sekitar lokasi. “Memang ada beberapa Desa yang terkepung banjir sejak sebulan belakangan. Seperti, Desa Pauh I, Tanjung Raja dan Batu Kucing. Desa inilah yang terisolir dan banjirnya cukup tinggi,” bebernya. Selain itu, kata Rehal, banjir juga merendan Desa Mandi Angin, Bingin Teluk, Belaning, dan Pauh. “Tapi di desa ini bantuan sudah disalurkan,” tandasnya. IMR

EMPAT LAWANG. PE Banjir bandang yang melanda tiga desa di Kecamatan Pendopo, diduga akibat pembukaan lahan sawit yang dilakukan hingga ke Daerah Aliran Sungai ( DAS ). Seharusnya, perusahaan sawit tidak boleh membuka lebih dari 500 meter dari DAS. Hal ini diungkap anggota DPRD Empat Lawang Dapil Pendopo, Iin Hendri, Selasa (12/2). Dikatakannya, akibat pembukaan aliran air yang tidak berfungsi secara maksimal. Untuk itulah, perlu dikaji ulang dan dilihat kembali amdal yang dimiliki oleh perusahaan sawit. Karena, selama ini di Kecamatan Pendopo belum pernah terjadi banjir bandang hingga memelululantakan tiga desa. “Kita mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa lahan sawit sudah sampai ke pinggiran sungai, jadi aspirasi warga itu harus disampaikan, karena merasa cemas dan takut kalau musibah itu terulang lagi. Pihak ekskutif harus mengkaji lagi Amdal milik perusahaan sawit tersebut,” jelas politisi Partai Demokrasi Pembaha-

ruan (PDP) ini. Dari keterangan masyarakat yang diperolehnya, didapat bahwa lokasi lahan sawit terdapat di Bukit Gadung Jarakan, hutan yang ada sudah ditebang cukup luas sedangkan pohon sawit baru ditanam. Kalau memang benar laporan masyarakat adanya, apa salahnya dilakukan pengkajian ulang atau ditindak lanjuti oleh pihak ekskutif. “Kalau ini dibiarkan mungkin akan lebih parah lagi, apalgi saat ini curah hujan tinggi. Kami juga akan turun ke lapangan untuk melihat secara langsung aktivitas perkebunan sawit,” katanya. Sementara itu, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri menanggapi langsung adanya anggapan masyarakat dan anggota dewan dapil Pendopo yang mengutarakan kejadian banjir bandang di Pendopo itu lantaran pengaruh dari perkebunan sawit. Menurutnya tidaklah benar, karena kejadian itu pernah dialami warga beberapa tahun yang lalu. Ketika itu belum adanya perkebunan sawit yang dimaksud, dengan demikian tidak ada kaitannya dengan perkebunan sawit yang

dimaksudkan oleh warga itu. “Ini murni kejadian alam kehendak Yang Maha Kuasa, tinggal lagi kita memetik hikmah dibaliknya,” ungkapnya. Kendati demikian, kebijaksanaan pemerintah untuk kembali mengkaji Amdal akan dilakukan. Karena ini bukan sekedar menyangkut adanya perkebunan sawit melainkan juga mempelajari sejauh mana potensi banjir dari luapan sungai di Pendopo. Apalagi, Kabupaten Empat Lawang merupakan bagian hulu sungai musi yang tentu apabila hujan terus menerus tiba, maka potensi banjir kerap kali datang. Tinggal lagi kata dia, kajian Amdal yang dimaksudkan itu bermanfaat bagi masyarakat dan tidak akan ada lagi banjir susulan di kemudian hari. “Selain mengkaji Amdal yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH), kita juga akan menata ulang perairan sungai di area yang rawan banjir. Seperti Tanjung Raman, Nanjungan, dan Lubuk Payang ini. Apalagi sudah diberikan bronjong yang cukup kuatpun bisa diterjang oleh air,” tukasnya. FIR

Banjir Bandang Diduga Akibat Pembukaan Lahan Sawit

gagalnya perundingan yang digelar sebelumnya antara pihak karyawan dengan pihak manajemen. “PT Tangkas dinilai ingkar janji dan melanggar sesuai kesepakatan perjanjian kerja bersama (PKB) antara PT Tangkas dengan karyawan,” jelasnya. Ditambahkannya, sesuai tuntutan yang diajukan dalam aksi mogok kerja itu, para karyawan sekuriti meminta agar pihak manajemen PT Tangkas mengembalikan fasilitas kesehatan sesuai dengan keadaan semula sesuai PKB. Disamping itu, lanjut diam, pihaknya meminta hak kary-

awan agar karyawan sekuriti yang telah dilakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak oleh manajemen dipekerjakan kembali. Tidak kalah penting, adanya isu penolakan PT Tangkas untuk kembali mengelola sekuriti PT TEL adalah sesuatu tindakan berbohong, melanggar dan tidak melaksanakan PKB sebagaimana mestinya. “Intinya aksi kami ini yakni karyawan sekuriti yang bekerja sudah tidak percaya lagi dengan keberadaan PT Tangkas. Kami dengan tegas para sekuriti menolak PT Tangkas dan meminta dikelola kembali sekuriti PT TEL,” pintanya. HFB

Bupati Lahat Tuding Camat Sering Bolos LAHAT. PE – Hingga saat ini kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Lahat masih saja dikeluhkan masyarakat. Seperti pemberian layanan. Bahkan, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE, menuding beberapa camat yang ditugaskan dalam wilayah Kabupaten Lahat, sering bolos. “Banyak sekali laporan dibanyak tempat, baik camat atau pun jajarannya, datang jam 9, jam 11 sudah minum di warung warga, jam 12 sudah hilang dari kantor,” tegas Aswari, saat memimpin apel di Kantor Camat Gumay Ulu, pagi Selasa (12/2). Tidak hanya itu, kata dia, juga kerap menerima laporan dari masyarakat ada beberapa camat yang tidak perna menempati rumah dinas yang telah disediakan. Padahal, rumah dibangun dengan menggunakan uang rakyat dan disediakan untuk kepentingan camat dalam melayani warganya. “Biasanya tahun pertama menjabat, rajin sekali masuk kantor, tahun kedua mulai kendor, ditahun ketiga sama sekali

tidak peduli. Apa yang saya sampaikan ini memang benar adanya,” bebenrya. Disisi lain, Aswari menilai, saat ini PNS lebih mementingkan untuk menjadi seorang pejabat, bukannya menjadi pamong. Hal ini jauh berbeda dengan keadaan sebelumnya, dimana seorang PNS lebih memili menjadi pamong dan lebih memilih untuk menjadi pelayan masyarakat. “Tugas melayani rakyat, kalau tidak ingin, ya jangan jadi PNS. Sudah banyak terjadi di daerah lain, rela jual sawah hanya untuk jadi PNS, sangat disayangkan setelah jadi sama sekali tidak berguna,” tegasnya. Dirinya berharap, PNS lingkungan Pemkab Lahat terus berbenah diri dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebab menurutnya, gaji yang diterima PNS merupakan uang rakyat, yang harus dipertanggungjawabkan setiap PNS. “Yang ditunggu rakyat itu pengabdian, bukannya ikat pinggang bagus, penampilan bagus,” tukasnya. KOE

MUSI RAWAS. PE - Proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rupit, Kecamatan Rupit, Kabupaten Mura diduga asal-asalan. Pasalnya, pengerjaan pembangunan ditahap awalnya di tahun 2012 lalu yang menelan dana APBD Perubahan Pemkab Mura senilai Rp 483.356.000 kini kondisi beberapa bangunannya telah rusak berat. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Mura, Karyasid menjelaskan, pembangunan proyek RSUD Rupit tadinya sempat distop lantaran menunggu anggaran tahun 2013 cair. Sehingga, pembangunannya tak selesai secara keseluruhan. Tahun ini, kata dia, proyek dilanjutkan tahap rehab dengan menganggarkan dana sekitar Rp 800 juta. “Tahun lalu itu sudah dikerjakan menggunakan dana APBD perubahan. Nah, tahun ini dilanjutkan lagi rehab dengan menganggarkan dana APBD sekitar Rp800 juta,” ujar Karyasid kepada Palembang Ekspres Selasa (12/2). Menurutnya, nantinya RSUD Rupit tersebut akan diserahkan

ke pihak Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang bersangkutan. “Jadi keseluruhan merupakan tanggung jawab mereka untuk melakukan pemeliharaan,” bebernya. Sementara itu, Direktur RSUD Rupit Hendra mengaku, tidak dapat memberikan keterangan banyak terkait dengan pembangunan RSUD Rupit. Sebab dirinya mengaku baru tiga bulan ditugaskan di RSUD Rupit dan tidak mengetahui apapun. “Saya belum tahu karena baru tiga bulan ditempatkan di RSUD Rupit. Mohon maaf,” jelasnya dengan singkat. Berdasarkan pantauan di lapangan, bangunan RSUD Rupit masih kosong dan beberapa bangunanya banyak yang rusak serta tak terawat . Diantaranya plafon bangunan banyak yang jebol dan dindingnya ditumbuhi lumut. Selain itu, rumput liar tumbuh subur di kiri-kanan RSUD Rupit. Beberapa kaca jendela pecah dan tak jarang hewan ternak milik warga berkeliaran disekitar lokasi. Bahka kotoran hewan ternak tersebut berserakan dimana-mana. IMR

Pembangunan RSUD Rupit Diduga Asal-asalan

RUSAK

Foto: imron / palpres

Banyak bangunan rusak seperti plafon yang mulai hancur akibat pembangunannya diduga tidak maksimal dan terkesan asal-asalan.


PALEMBANG EKSPRES

RABU, 13 feBRUARI 2013

TELEPON PENTING Polda Sumsel

:

Poltabes

:

Polsek IB I Polsek IB II Polsek It I Polsek It II

: : : :

(0711) 360404/ (0711) 310264 (0711) 513334, (SPK) (0711) 510455 (0711) 353014 (0711) 352973 (0711) 351607 (0711) 713344

Halaman 14

Polsek SU I : (0711) 510128 Polsek SU II : (0711) 510096 Polsek S Gerong : (0711) 596333/ (0711) 598144/ (0711) 598145 Polsek Sako : (0711) 820062 Polsek Gandus : (0711) 7365855 Polsek Sukarami : (0711) 411585 Polsek Kemuning : (0711) 7300930 KPPP Boombaru : (0711) 712386 Pos Laka Pakjo : (0711) 7920902 Kodim 0418 : (0711) 351637

Denpom 2/4

: (0711) 351843/ (0711) 374836

LBH Palembang : 0711 356153 e-mail : lbhplg@yahoo.com Posbakum Ikadin Palembang : 0811711830/ (0711) 7081830/ 08197830830 Pemadam Kebakaran : (0711) 312011 PDAM : (0711) 350079 PLn : (0711) 356911(0711) 358355

RSMH Palembang (Sentral) : (0711) 354088 RS Charitas : (0711) 350827 RSI Siti Khadijah : (0711) 311884 RS AK Gani : (0711) 354691 RS Muhammadiyah : (0711) 513144 RS Myria : (0711) 411610 RS ernaldi Bahar : (0711) 410354 Informasi telepon : 108 Layanan telegram : 165 SLI : 100 Pengakuran Jam : 103

Gangguan telepon Ambulance Bandara SMB II Informasi SMB II Vip Room SMB II Lanud StA Kertapati

: : : : : : :

117 118 (0711) 411778 (0711) 413695 (0711) 410159 (0711) 410376 (0711) 515555/ (0711) 510201 ULPK BBPoM Palembang : (0711) 371463 Perusahaan Gas negara : (0711) 717950

Tahanan Tewas, Kapolsek Dipropamkan PALEMBANG.PE - Merasa suaminya yang ditangkap dalam kasus pembunuhan kakak iparnya sendiri diduga dianiaya hingga tewas, maka Liana (30) dengan didampingi keluarga serta kuasa hukumnya Chairul S Matdiah SH melaporkan Kapolsek Mesuji, tempat suaminya ditahan, ke Unit Yanduan Bid Propam Polda Sumsel, kemarin siang (12/2). Warga Tebing Tinggi, Desa Pematang Panggang, Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten OKI ini merasa jika sebelum ditangkap suaminya yang bernama Zulfahmi (32) masih sehat dan tidak ada bekas luka-luka ditubuhnya. Namun, setelah tiga hari ditahan di Polsek Mesuji, suaminya dinyatakan tewas. Dalam laporannya Liana mengaku jika suaminya tewas pada (14/10/2012) lalu. Sedangkan penangkapan yang dilakukan oleh tujuh orang anggota Polsek Mesuji itu dilakukan

pada (11/10/2012) sekitar pukul 12.00 WIB, saat sedang memperbaiki mesin genset. Zulfahmi ditangkap karena diduga telah membunuh kakak iparnya sendiri bernama Edi. Namun, sebelum ditangkap tubuh Zulfahmi dalam keadaan sehat. Namun, setelah dinyatakan tewas, ditubuh Zulfahmi ditemukan sejumlah luka lebam, bahk a n betis kanan Zulfami juga mengalami luka tembak. “Waktu ditangkap suami aku diseret seperti apa saja. Dan waktu itu suami aku tidak melakukan perlawanan, karena yang membawanya tujuh orang. Tapi setelah tiga hari suami aku dinyatakan tewas. Di tubuhnya penuh luka lebam dan kakinya ditembak. Jadi

Bocah SD Dicabuli di Belakang Sekolah KAYUAGUNG.PE - Nahas dialami bocah yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar (SD), sebut saja Bunga (8), warga Desa Pematang Panggang, Kecamatan Mesuji, Kabupaten OKI, yang telah menjadi korban pencabulan yang dilakukan tetangganya sendiri bernama Ahmad Syarifudin (14), hingga korban Bunga saat ini masih trauma. Kini, tersangkanya Ahmad Syarifudin yang merupakan pengangguran itu saat ini ditahan di Polsek Mesuji untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Walaupun dihadapan polisi tersangka tetap tidak mengakui kalau telah mencabuli korban, tetapi bukti hasil pemeriksaan medis kemaluan korban robek. Informasinya, tersangka Ahmad ditangkap pada Senin malam (11/2) dirumahnya, setelah polisi menerima laporan orang tua korban berisial AL (32), bahwa dirinya mendapati kalau anaknya menangis merasa sakit di kemaluan. ”Saat diperiksa secara medis di puskesmas, ternyata kemaluan anak aku robek,” ujar AL kemarin (12/2). Setelah didesak, korban mengaku kalau dirinya dicabuli oleh tersangka. Kejadiannya bermula saat pulang sekolah korban dijemput dan dipaksa untuk ikut ke belakang sekolah SD Negeri 25 Desa Pematang Panggang. Dibelakang sekolah itulah, korban dicabuli. Saat pulang kerumah korban menangis merasa sakit di kemaluannya sehingga hal ini diketahui oleh orang tuanya. Setelah menerima laporan tersebut, polisi langsung membekuk tersangka dan saat dintrogasi tersangka yang masih dibawah umur itu tidak mengakui perbuatannya. ”Aku tidak memperkosa di (korban, red). Aku hanya kemaluan aku tapi tidak sampai masuk kedalam,” kelit tersangka Ahmad yang mengaku nekat melakukan hal itu lantaran khilaf. Kapolsek Mesuji, AKP Dwi Handoko didampingi Kanit Reskrim, Aiptu Barowi mengatakan, bahwa memang terjadi tindak pidana pencabulan terhadap anak dibawah umur. ”Korban masih duduk dibangku SD, sementara tersangka juga masih dibawah umur, kasus ini selanjutnya kita limpahkan ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres OKI,” tegasnya. iaN

kami menduga suami aku dianiaya oleh polisi,” ucap Liana saat melapor. Sementara mertua korban Zulfahmi bernama Sidik (50), mengaku sewaktu menantunya ditangkap dirinya melihat langsung, kerena saat itu Zulfahmi dan dirinya sedang memperbaiki mesin genset.

“Aku melihat langsung, kalau dia (Zulfahmi, red) diseret seperti binatang saja. Padahal dia tidak melawan,” terang Sidik. Kuasa Hukum Liana, Chairul S Matdiah SH mengatakan, dirinya mendampingi Liana untuk melakukan laporan ke Propam Polda. Yang dilaporkan Kapolsek Mesuji Raya, karena diduga telah melakukan penganiyaan terhadap tahanan sehingga men-

inggal dunia. “Kelien saya membuat laporan ini karena merasa ada kejanggalan dengan kematian korban Zulfahmi. Karena ditubuhnya terdapat beberapa luka lebam. Dari hasil visum di rumah sakit juga tidak jelas, hanya dibilang tewas saja. Jadi dengan adanya laporan ini maka pihak Propam Polda dapat menindak lanjutinya,” tegas Chairul. Terpisah, Kapolsek Mesuji, AKP Dwi Handoko saat dihubungi sejumlah wartawan melalui telpon selulernya membantah jika telah melakukan penganiayaan seperti yang ditubuhkan. “Itu sama sekali tidak benar. Maaf saya sedang ada acara,” tutup Dwi singkat, Kabid Humas Polda Sumsel, AKBP R Djarod Padakova SIk membenarkan jika pihaknya telah menerima laporan tersebut. “Laporannya sudah kita terima dan masih dalam penyelidikan lebih lanjut,” pungkasnya. JOE

MELAPOR

Liana yang melaporkan Kapolsek Mesuji ke Yanduan Bid Propam Polda Sumsel karena diduga telah menganiaya suaminya hingga tewas. foto BeRRY / PALPReS

PNS BPS Terseret KA Serelo

EMPATLAWANG.PE - Sewaktu hendak pergi ke sekolah, seorang pelajar Matin Dika (16), warga Kelurahan Jayaloka, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, malah dirampok tiga orang saat melintas di Desa Rantau Tenang, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Akibat kejadian yang berlangsung kemarin (12/2) sekitar pukul 06.30 WIB, korban Matin harus kehilangan satu unit sepeda motor Honda Revo warna hitam BG 3469 ER. Informasi yang diterima Palembang Ekspres menyebutkan, korban yang masih duduk dibangku kelas 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), seperti biasa pergi sekolah di daerah Terusan dengan mengunakan sepeda motor miliknya. Namun, saat dalam perjalanan menuju sekolahnya, tepatnya di Desa Rantau Tenang yang memang kondisinya cukup sepi, ternyata motornya dipepet tiga orang yang menggunakan satu motor. Diduga korban telah diikuti dari pasar Tebing Tinggi. “Setelah memepet motor aku, tiga orang itu lalu menodongkan senjata tajam, sambil mengancam aku untuk menyerahkan motornya. Karena kalah banyak akhirnya aku menyerah,” jelas Matin saat melapor ke Mapolsek Urban Tebing Tinggi. Kapolsek Urban Tebing Tinggi, Kompol Dili Yanto membenarkan kejadian tersebut. “Kita telah menerima laporan korban. Kita akan melakukan penyelidikan lebih lanjut,” singkatnya. FiR

DIRAWAT

Korban Vera Anria Satri yang dirawat di RSUD Lahat setelah tertabrak dihantam KA Serelo, jurusan Kertapati-Lubuk Linggau, di perlintasan kereta api tanpa palang pintu. foto eKo / PALPReS

LAHAT.PE - Perlintasan Kereta Api (KA) tanpa palang pintu kembali makan korban. Kali ini dialami, Vera Anria Satri (24), warga Perumnas Tiara, Kelurahan Bandar Agung, Kecamatan Kota Lahat dan Astri (24), warga Kelurahan Bandar Agung, dihantam KA Serelo, jurusan Kertapati-Lubuk Linggau. Akibat peristiwa yang terjadi kemarin (12/2) sekitar pukul 15.15 WIB, di pintu perlintasan kereta api wilayah RT 3 RW 1, Kelurahan RPJKA Bandar Agung, Kota Lahat tersebut, kedua korban yang berstatus PNS Badan Pusat Statistik (BPS) Lahat, mengalami luka serius. Informasi dihimpun Palembang Ekspres, kedua korban melaju dari arah Jalan RE Martadinata Bandar Agung, menuju Jalan Kolonel H Barlian, menggunakan sepeda motor Yamaha Mio J BG 5667 ZI, yang

dikendarai korban Astri. Dengan membawa belasan botol air mineral, kedua korban melintas di perumahan PJKA. Diduga saat berada di pintu perlintasan kereta, korban Astri tidak melihat kiri kanan lagi. Padahal meluncur dari arah Palembang, KA Serelo dengan tujuan Lubuk Linggau. Suara tabrakan langsung terdengar, hingga suara benda keras terseret. Warga yang bermukim di sekitar lokasi kejadian langsung menuju lokasi. Sepeda motor dan kedua korban sempat terseret belasan meter, dengan botol air meneral beserak dimana-mana. Korban Astri mengalami cedera bahu kiri, lecet paha kanan dan dengkul. Namun, korban Vera mengalami cedera cukup serius, robek kening, luka robek bibir dan gigi atas lepas. Warga langsung melarikan kedua korban yang masih dalam keadaan sadar ke RSUD Lahat.

Sedangkan sepeda motor Yamaha Mio warna hitam milik korban Astri, mengalami rusak parah, setelah diseret kereta api belasan meter. “Kami cuma dengar suara benda keras diseret saja,” kata Agung Rudi Firmana, Ketua RT 3, Kelurahan RPJKA Bandar yang bermukim hanya beberapa meter dari lokasi kejadian. Kapolres Lahat, AKBP Budi Suryanto SH MSi melalui Kasat Lantas, AKP Agung Adhitya mengatakan, sepeda motor yang digunakan korban telah diamankan di Satlantas Polres Lahat. Namun, pihaknya belum dapat menyimpulkan bagaimana kronologis kejadian tersebut. “Sudah kita amankan sepeda motornya. Untuk kronologis, kami masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Tapi dugaan sementara, korban terlalu dekat dengan perlintasan saat kereta melintas,” tukasnya. KOE

Istri Ngamuk Suami Ditangkap Narkoba PALEMBANG.PE – Saat dilakukan pengrebekan di rumah pengedar narkoba, istri kaki tangan bandar narkoba itu sempat mengamuk dengan berteriak berusaha memanggil warga guna mengagalkan langkah polisi yang akan menangkap suaminya. namun, aparat Satuan Reserse narkoba Polresta Palembang langsung menunjukan surat penangkapan sehingga berhasil mengamankan tersangka feriyanto (39), warga Jalan Ahmad Yani, Lorong Dua Saudara, Rt 20 B, Kelurahan 14 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) II Palembang. Dalam penangkapan yang dilakukan pada Senin (11/2) sekitar pukul 12.00 WIB itu, petugas berhasil menyita barang bukti berupa sabu-sabu seberat 24,10 gram dan uang yang diduga hasil transaksi sabu-sabu sebesar Rp6,2 juta. Pedagang ikan di Jakabaring ini juga mengaku mendapatkan suplai barang haram ini dari temannya berinisial D. “Aku sudah hampir satu tahun menjalankan bisnis sebagai kurir sabu ini” terang tersangka feriyanto, kemarin (12/2). Selain itu petugas juga menangkap tersangka erwin Himawan (32), warga Jalan Prajurit Kemas Ali, Lorong Zein, Asrama

Sekojo, Rt 20 RW 10, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir timur (It) II Palembang, saat sedang menunggu temannya bernama Rosa di bedeng kontrakan milik Rosa dikawasan di Jalan Kolonel Haji Barlian, KM 8 pada Sabtu lalu (9/2) sekitar pukul 13.30 WIB. “Aku bertamu ke rumah Rosa, karena tidak ada jadi aku tunggu. Lalu datang seorang yang mengaku sebagai teman Rosa, karena Rosa tidak ada dirumah jadi dia titip barang ini ke aku. Aku tidak tahu kalau isinya sabu-sabu. Aku hanya tahu kalau barang itu merupakan jamu,” terang erwin. Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabarudin Ginting MSi melalui Kasat Resnarkoba, Kompol fX Irwan Arianto membenarkan jika pihaknya telah menangkap dan mengamankan kedua tersangka pengedar narkoba jenis sabu-sabu. terpisah, aparat Satres nakroba Polres Musirawas (Mura) juga berhasil menangkap Muhamad nasir (31), warga Perumahan SDn, Desa Darma Sakti, Kecamatan tuah negeri, Kabupaten Mura yang diduga menjadi pengedar narkoba jenis sabu. Darinya disita barang bukti satu paket sabu-sabu, yang dimasukan dalam kaleng rokok dan disembunyikan dibawah meja makan. Selain itu petugas juga mengamakan satu

Hendak Sekolah, Pelajar SMK Dirampok

buah timbangan digital, tiga unit Handphone (HP) merk nokia dan Maxis. “nilainya memang kecil, ini kami sekarang dilapangan tengah melakukan pengembangan,” kata Kapolres Mura, AKBP Ma Barly Ramadhani SIk melalui Kasat narkoba Polres Mura, AKP Gunadi. Begitu juga dengan aparat Polres ogan Ilir (oI), yang berhasil mengamankan seorang petani karena kedapatan membawa narkoba jenis ganja diatas jembatan Kelurahan tanjung Raja, Kabupaten oI, dalam razia cipta kondisi guna meningkatkan keamanan, Senin (11/2) sekitar pukul 21.00 WIB. tersangkanya, Karman (29), warga Desa Sridalam tanjung Raja, dan Hariyadi als Kedok (28), warga Rt 5, Kelurahan tanjung Raja, Kecamatan tanjung Raja, Kabupaten oI. Dari keduanya diamankan satu paket kecil ganja kering di dalam box motor Honda Mio putih tanpa plat. Kapolres oI AKBP Deni Dharmapala mengatakan, bahwa sengaja melakukan razia cipta kondisi guna meningkatkan keamanan. Saat ini tersangka sudah diamankan pihaknya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. BAY/IMR/VIV

Pulang dari Jambi Pembunuh Diciduk PALEMBANG.PE - Setelah sempat melarikan diri ke Provinsi Jambi, akhirnya satu dari empat pelaku pengeroyokan yang menyebabkan tewasnya, Herman (31), warga Jalan Ramakasih Raya, Lorong Ramakasih V, Kelurahan Duku, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, Senin (11/2) berhasil dibekuk aparat Polsekta IT II Palembang. Tersangkanya ternyata tetangga korban Herman sendiri bernama Indriyanto alias Iin (21), yang ditangkap dirumah saudarinya di kawasan Perumnas Kenten Palembang. Peristiwa pembunuhan itu terjadi pada Jumat lalu (25/1) didekat rumah korban. Kejadiannya bermula dari keributan antara korban Herman yang menuduh tersangka dan ketiga temannya telah melakukan aksi penodongan. “Kami dituduh korban menodong, padahal aku hanya minta uang denganAli kawan kami juga. Setelah itu korban marah-marah dengan kami.Awalnya kami diamkan saja. Tapi, setelah korban masuk rumah dan keluar bawa sepotong besi, mukul Haris, makanya kami langsung mengeroyok korban,”ungkap tersangka Indriyanto. Diakuinya, jika dirinya sempat beberapa kali memukul korban. Setelah itu dirinya tidak tahu lagi yang terjadi. Begitu pula dengan sebilah pisau yang masih tertancap di punggung korban saat meregang nyawa. “Aku tidak tahu itu pisau siapa, tapi waktu itu memang kami lagi kumpul–kumpul dan ramai. Seingat aku kami bertiga, aku, Haris dan Adi yang memukuli korban. Yang jelas aku tidak menusuk korban, setalh itu kami langsung berpencar,” ungkap Satpam gudang ini. Usai kejadian, ungkapnya, dirinya langsung lari ke sebuah rmah kosong di kawasan Taman Kenten. Kemudian dirinya menenangkan diri, sebelum kemudian mendatangi rumah saudarinya di kawasan Perumnas. “Aku tidak memberitahu keluarga aku kalau aku mau pergi ke Jambi melarikan diri. Aku tidak tahu Jambi karena memang baru sekali itulah. Makanya aku tidur di masjid. Di Masjid itu aku menyesal dan sembahyang serta dan berdoa. Akhirnya ku memutuskan pulang ke rumah saudara aku di Perumnas dan aku ditangkap polisi,” tuturnya. Kapolsekta IT II Palembang, Kompol Hans Rachmatulloh Irawan SIk didampingi Kanit Reskrim, Ipda M Sabur SAg membenarkan jika pihaknya telah menangkap seorang tersangka pengeroyokan dan pembunuhan.. JOE


inFOTainmenT RABU, 13 feBRUARI 2013

HALAMAn 15

081958908413 087897954XXX SEBAGUSNYA pengurus SfC dari pihak penggila bola dan berani berkorban sumbangan tenaga dan uang tanpa pamrih bukan buat promosi diri jadi caleg atau promosi jadi pejabat karena bisa bikin SfC jadi tim cuma top di liga dalam negeri tapi memble jadi ayam sayur di liga internasional pihak manajemen harus instrospeksi dan berjiwa besar +6285384071XXX PAK kapolda tlg tindak lanjuti .oknum polisi yg ngedar ke sabu2 /inex .d lrg sei jeruju .sering pesta sabu 2.berinisial andi %aditabes juga tlg tangkap gembong perampokan di muba .alamat samping tata kota pasar kuto.berinisial iyong.sering bawak pistol 087897954XXX BUAT pemain SfC dan pelatih Kas Hartadi waktu SfC versus PSPS 1 kata dari kami betapa jelek mainannya SfC seperti tim baru belajar main bola kayak kampungan, gak ada pola, skema, bola selalu lepas, pemain main grabak-grubuk, pemain depan, tengah, belakang nilai 0 pelatih gak ada skema taktik dll nilao 0. Ini kritik bukan kami benci, kritik ini karena kami cinta dan sayang kepada pemain dan pelatih SfC, by obama from USA 089696415XXX YTH Bapak Walikota Palembang, tolong ditegur oknum sopir bus kota yang suka ugal-ugalan buat bahayo be buat jalan macet asap mobilnyo bikin polusi bwm dak dipakek lagi mobil yang asap knalpotnya mak kabut saking banyaknyo. Udara dak bagus dibuatnyo

BX Coppola

Multi Talent, Ngeband Plus Sulap

PALEMBANG. PE – Performa BX Coppola di The Venus Luxury club & KTV cukup menghibur para clubbers. Band yang berasal dari kota kembang, Bandung ini tak hanya sekedar bernyanyi namun melakukan atraksi bermain kartu alias sulap.

Manajer The Venus Luxury club & KTV Thomas Liman mengatakan, di Palembang band ini akan hadir selama dua bulan. Sebelumnya, band yang berdiri pada 2010 lalu perform di Kinabalu Malaysia, JW Marriot Medan, Lombok, Batam dan Ternate. “Set-

iap hari ada tema khusus yang ditampilkan mereka (BX Coppola),” katanya. Untuk menghibur para clubbers sambung dia, pihaknya selalu mendatangkan band yang memiliki performa baik. Tak hanya itu, band itupun sudah

memiliki pengalaman. Dengan harapan bisa menghibur clubbers. “Untuk menhibur pengunjung kita selalu mendatangkan band dan DJ baru yang belum pernah tampil di Palembang.karena ini adalah ciri khas venus,” terangnya. JaN

085267616XXX KEPADA yth Gubernur Sumsel Pak Alex noerdin tolong jalan lintas komering itu diperbaiki, jalannyo hancur kalau diluputke buayo pasti hidup saking ancunnyo jalan, tiap mobil lewat kepater. Jadi cakmano solusi bagusnyo +6281930988XXX KEPADA YtH Bpk Guburnur sumsel H.ALeX noeRDIn,tlong pak jln lintas propinsi plg~lubuklinggau tepatya di kota sekayu di jln lingkar randik sekayu,jln nya sudah byak yang berlobang spenuh nya dengan kdalaman hampir 80 cm,mohon agar bpk dpt menindak lanjuti pak, dan trimakasih +6281958521XXX KEPADA Yth.Bapak Walikota Palembang.Pak tolong Ditindak orang2 yg suka pesta Miras di depan masjid mihfatul Janah Jln.Balap sepeda Lrg.Muhajirin 4 Rt43 Rw13 kec.Ib1 kel.Lorok pakjo Plg.mereka pesta miras pada malem hari sekitar maghrib dan sehabis isya mereka meresahkan.suruh mereka pesta di tempat lain saja. +6285273335XXX TOLONG pak ishak mekki jalan dikayu agung diperbaiki.

Imlek, Bagi Angpao PALEMBANG. PE - Menyambut tahun baru Cina 2564 atau biasadisebut Imlek, Mansion Executive Club bagi-bagi Angpao. Promo ini diberikan

yg baik dan gak pelit bwt yg mnat call aja ke +6287769893483 bwt mc trims. PENDAMPING HIDUP MC 10.953 AQ duda cri pndmping hidup wnita yg mnarik yg brminat hub no 087897874771 trmks mc

CEWEK SERIUS MC 10.951 Cari cewek yg serius .soleh. hub +6281278358687 TEMAN KHUSUS MC 10.952 MC namaku saputra cri tman khsus cwok

TEMAN CEWEK MC 10.954 AKU Joarek mau cari teman cewek/cowok, sms atau telepon ke nomor ini 087714896791 atau dapat ke alamat email joee.pagaralam@yahoo.com DIAjAK CURHAT MC 10.955 AKU cowok mau mencari temen cewek yang bisa di ajak curhat usia 18-30 tahun yang pengen kenal silakan hubungi 07118080473

kepada para tamu yang datang Dimana dengan jumlah bill F&B NOMINAL Rp. 5.000.000.-pengunjung berhak mengambil 1 amplop berhadiah tersebut (Ber-

CARI jANDA MC 10.956 MET siang pak / bu saya heri mau cri janda atau gadis 25 atau 35 th usia saya 38 th krja sopir mkasi sblum nya+6281377601548 WANITA DEWASA MC 10.957 ALDY cari janda atau wanita dewasa yang mau ditemani kemana saja sms 089654869342 PACAR BAIK MC 10.958 NAMA tian 18 tahun mau cari pacar yang baik, pengertian dan cantik 089648144752 CARI TEMAN MC 10.959

laku kelipatan) “Promo ini di mulai tanggal 09 sampai 28 Februari mendatang. Jadi nantinya setiap konsumen yang

ICHA mencari teman bernama Revo kalau ada yang tau hubungi 089633423237

datang berkaraoke dan melakukan transaksi seperti yang di sebutkan di atas berhak mendapat undian angpao,” terang Marketing Mansion Executive Club Karaoke Palembang Intan, kemarin. Adapun, undian angpao yang dibagikan antara lain 5 voucher isi RP. 500,000, 5 voucher isi Rp1.000.000, 3 bottle chivas 12, 2 bottle martel vsop, 5 bottle wine moscato d’asti, dan 10 botlle wine monalisa davinci. “Promo ini berlaku setiap hari dari Senin sampai Minggu diruangan apapun karaoke nya. Bila mana para tamu mencapai nominal bill 10.000.000,- maka tamu tersebut berhak mengambil kesempatan 2x mengambil angpao. Silahkan para tamu yg ingin merayakan kebersamaan imlek taun ini, mau karaoke bisa langsung datang ke Mansion Executive club Karaoke saja,”tandasnya. JaN

ingat hubungi or sms ke 087897619851

SUAMI SHOLEH MC 10.960 GADIS mencari pendamping suami yang sholeh 30 tahun ke atas hubungi 082380268918

TEMAN CURHAT MC 10.963 ADI di Musi 2 Palembang cari teman cewek yang bisa diajak curhat dan berbagi cerita hubungi 087897119185

TEMAN CEWEK MC 10.961 HERMAN 40 tahun mau mencari teman cewek atau cowok yang penting menerima apa adanya hubungi 081278694135

MASIH SEKOLAH MC 10.964 WIWI masih sekolah 2 SMA cari pacar setia tajir royal dan mecukupi pokoknya perfectlah hubungi 089627264883/087897030352

SOBAT DIMANA MC 10.962 DIMANAKAH kalian teman sobatku yang dari SMU Budi Utomo Prabumulih mungkin ada yang merantau. Aku Ari tamatan 2004 andai kalian masih

CEWEK SEDERHANA MC 10.965 ADI 26 tahun mau cari teman cewek yang sederhana saja yang bisa mengisi hari-hariku yang sepi 07118080473


rabu, 13 februari 2013

PALEMBANG EKSPRES

Mesin Partai PDIP Siap Menangkan SG MUARA ENIM. PE - Mesin partai PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim sebagai pengusung kandidat calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) siap menangkan pasangan SG (Syahril-Giri). Demikian ditegaskan oleh Sekretaris DPD PDIP Sumatera Selatan (Sumsel), MA Gantada SH saat konfrensi pers sebelum Rakorcabsus DPC PDIP didampingi Ketua DPC PDIP Muara Enim, Thamrin AZ dan cabup-cawabup yang diusung PDIP Muara Enim, Syahril Djemalip-Giri Ramanda Kiemas, di Ruang VVIP Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Selasa (12/2). Menurut Gantada, secara resmi dengan melaunching pasangan SG sebagai kandidat dari PDIP Muara Enim yang akan maju pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Muara Enim 5 Maret 2013 mendatang maka semua kader partai (mesin partai) siap bergerak memenangkan pasangan SG. “Kita di sini merupakan bagian konsolidasi untuk penguatan mesin

partai dalam pemenangan SG 5 Maret 2013 mendatang,” tegas Gantada. Momen ini lanjut dia, dianggap tepat untuk mengajak seluruh jajaran partai/mesin partai dengan arahanarahan secara moral dan organisasi serta gotong-royong dalam penguatan untuk pemenangan SG outputnya atau hasil tujuan akhirnya. Dengan mesin partai PDIP di Kabupaten Muara Enim imbuh dia, sekitar 10.000 orang di antaranya terdiri dari angota PDIP pada tingkat DPC, PAC, Desa dan Kelurahan serta Dusun. Ditambah dengan mesin partai dari keluarga, jaringan, dan sahabat menjadi elemen penting untuk memenangkan pasangan SG. Ketua DPC PDIP Muara Enim, Thamrin AZ mengaku dengan kosolidasi ini merupakan target pihaknya memenangkan Pemilukada Muara Enim 2013.Dan dengan bertumpu mesin partai seperti PAC dan ranting dapat mengoptimalkan dalam memenangkan pasangan SG. Sebagai kandidat cabup, Syahril

Djemalip menerangkan, dia dan pasangannya Giri Ramanda Kiemas (cawabup) telah melakukan door to door di hampir semua pelosok daerah di Kabupaten Muara Enim. “Hasilnya kita mendapatkan masih banyak terbelakang yang dialami masyarakat, seperti tertinggalnya pendidikan, kurang infrastruktur jalan, dan kekurangan gizi. Kedepan kita akan memperbaiki itu semua bila terpilih menjadi bupati dan wakil bupati,” janji Syahril. Senada diutarakan Giri dengan nada akan membawa perubahan pada Kabupaten Muara Enim lima tahun kedepan. “Kami percaya dengan kekuatan mesin partai kami, maka dari itu kami kumpulkan simpulsimpul massa agar mereka yakin program kemenangan dan percaya yang menjadi program yang memang dibutuhkan masyarakat Muara Enim. Dan dengan temuan-temuan yang telah didapat di lapangan, kedepan kami akan membawa perubahan di Kabupaten Muara Enim,” tandasn Giri. HFB

Kandidat Cabup-Cawabup Syahril dan Giri saat menghadiri Rakercabsus DPC PDI Perjuangan Muara Enim, di Ruang VVIP Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Selasa (12/2).

Bupati Tinjau Operasi Katarak Gratis 200 Warga Kurang Mampu Operasi Katarak

Bupati Banyuasin, H Amiruddin Inoed melakukan pemukulan gong tanda dibukanya pekan operasi katarak Dinkes Banyuasin.

P

H Amiruddin Inoed Bupati Banyuasin

emerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas Kesehatan Banyuasin melaksanakan program operasi katarak secara gratis dipusatkan di Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Selasa (12/2). Pada kesempatan itu Bupati Banyuasin, Ir H Amiruddin Inoed bersama Ketua PKK Kabupaten Banyuasin, Hj Hafinalty Amiruddin dan unsur muspida Kabupaten Banyuasin melakukan tinjauan langsung. Bupati Banyuasin, Ir H Amiruddin Inoed mengatakan, penderita penyakit kebutaan di Indonesia mencapai 3 juta jiwa. Dari jumlah itu sebanyak 78 persen yang disebabkan penyakit katarak untuk mengatasi itu Pemkab Banyuasin mengadakan program operasi katarak secara gratis bagi warga yang kurang mampu. “Khususnya di Kabupaten Banyuasin, jumlah penderita kebutaan mencapai 11.877 jiwa untuk yang mengalami katarak sebanyak 922 orang dari total itu pada tahap pertama ditargetkan 200 orang yang dibebaskan biaya oleh Pemkab Banyuasin pada tahun

Bupati Banyuasin, H Amiruddin Inoed dan Kepala Dinkes Banyuasin, dr Ayuhana meninjau jalannya operasi katarak.

foto: heru / palpres

RAKERCABSUS

ini,” kata Amiruddin dalam pidatonya. Terlebih dia menerangkan, kebutaan rata-rata disebabkan usianya sudah lanjut karena usia harapan hidup sekarang 66-67 tahun faktornya kurang menjaga kesehatan seperti gizi dan mental tapi kesadaran akan gaya hidup ingin sehat semakin meningkat. “Gaya hidup sehat ini dapat dilestarikan dirumah tangga dampak nya kalau tidak diatasi akan mengancam perekonomian masyarakat,” jelas Amiruddin. Dengan program gratis, masyarakat ekonomi lemah dapat terbantu hal itu dilakukan sejak diluncurkannya program berobat gratis. Sehingga Pemkab Banyuasin terus mendukung program yang dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). “Pemkab anggarkan sebesar Rp 11 milyar untuk dipergunakan dalam program berobat gratis,” ungkapnya. Terpisah, Kepala Dinkes Banyuasin, dr Ayuhana Awam mengatakan, kegiatan operasi katarak gratis dapat membantu masyarakat ekonomi yang kurang mampu dalam mengurangi angka kebutaan di Kabupaten Banyuasin. Dampaknya kalau tidak diatasi ekonomi dapat terganggu. Kegiatan operasi katarak ini dilakukan secara rutinan dalam setiap tahun. “Saat ini pelaksanaannya ada dua tahap yakni tahap pertama dari target 200 pasien yang hanya mendaftar sebanyak 150 orang dipusatkan Puskesmas Sukajadi dan tahap kedua akan dilaksanakan di Puskesmas Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III pada 23 Februari 2013 karena program operasi katarak gratis bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tukasnya. ADV/BUD

foto: budi alamsyah / palpres

Bupati Banyuasin, H Amiruddin Inoed dan Kepala Dinkes Banyuasin, dr Ayuhana meninjau pasien operasi katarak.

DPD PDIP Uji Kelayakan Balon Bupati dan Wakil Bupati PAL E M B A N G . P E – Mendekati pesta demokrasi yang akan berlangsung di sejumlah daerah, Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Sumatera Selatan (Sumsel) akan melakukan tes uji kelayakan (Fit and prover test), 13-14 Februari 2013. Kegiatan yang akan berlangsung di Hotel Royal Asia tersebut diagendakan untuk empat kabupaten kota. Wakil Sekretaris DPD PDIP Sumsel, Usman Effendi SH MHum menuturkan, pelaksanaan Fit and prover test tersebut akan berlangsung selama dua hari. Antara lain 13 Februari untuk kabupaten Banyuasin dan Lahat, sementara 14 Februari untuk kabupaten Ogan Kemering Ilir (OKI) dan Empat Lawang. “Tes ini dilakukan sesuai dengan mekanisme partai, seh-

ingga setiap Balon (bakal calon) Bupati dan Balon Wakil Bupati harus mengikuti tahapan yang sudah ditetapkan,” ungkap pria berkacamata ini. Usman menjelaskan, sederet Balon yang akan ikut dalam tes tersebut di antaranya, untuk Kabupaten OKI ada dua Balon bupati dan dua Balon Wakil Bupati. Sementara Banyuasin ada tiga Balon Bupati dan tujuh orang Balon Wakil Bupati. Kabupaten Empat Lawang, 1 orang Balon Bupati dan 4 balon wabup dan Kabupaten Lahat 2 Balon Bupati dan 4 Balon Wabup. Terlebih dia mengatakan, pada pelaksanaan fit and prover ters tersebut nantinya akan diukur kemampuan masing-masing calon sesuai dengan kemampuan mereka. “Hasilnya akan berupa poin to poin yang akan dijadikan landasan penilaian,” jelasnya.

Usman mengimbuhkan, meski di antara kader yang mencalonkan diri ikut dalam seleksi. Namun, tak berarti dukungan langsung diberikan kepada kader partai. Sebab masih harus melihat hasil tes dan survey di masing-masing daerah. Disoal menganai perkembangan pengambilan formulir Pilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dari PDI Perjuangan, Usman mengatakan, saat ini sudah ada lima nama yang tercatat sebagai Balon. Masingmasing 2 orang balon Gubernur dan 3 balon Wakil Gubernur. “Sampai hari ini (kemarin, red) yang mendaftar yakni H Eddy Santana Putra (ESP), Ketua DPD PDIP Sumsel tersebut mendaftarkan dirinya melalui perwakilan, sebab dia tengah berada di Belanda dalam agenda pengujian mahasiswa S2 di sana,” katanya. REL

PSPB Siap Menangkan MURNI PALEMBANG. PE – Calon walikota Palembang, H Mularis Djahri dan pasangannya, calon wakil walikota Palembang, H Husni Thamrin terus menerima dukungan. Tak hanya dari kalangan partai politik (parpol), kalangan organisasi masyarakat (ormas) pun ikut menyokong tekad dan upaya pemenangan pasangan yang kerap disingkat MURNI ini. Salah satunya dari Badan Pimpinan Pusat (BPP) Perguruan Silat Paku Bumi (PSPB) Sumatera Selatan (Sumsel). Kepada Palembang Ekspres, Ketua BPP PSPB Sumsel, Kgs M Husein St.r menuturkan, PSPB dan keluarga besar secara resmi menyatakan mendukung sepenuhnya pencalonan pasangan MURNI sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang. “Kami keluarga besar PSPB Sumsel siap mengusung dan memenangkan pasangan MURNI pada pemilihan walikota (Pilwako) 7 April 2013 mendatang,” ungkap Husein didampingi Sekretaris BPP PSPB Sumsel, Zamzam Pujiantoro. Menurut Husein, dukungan kepada pasangan MURNI lebih

LEBIH BAIK

foto: net

Pasangan H Mularis Djahri dan H Husni Thamrin menurut PSPB mampu membawa perubahan di Kota Palembang ke arah yang lebih baik.

didasari pertimbangan antara lain perpaduan harmonis antara sosok Mularis dari kalangan pengusaha dan Husni dari kalangan birokrasi. “Keduanya sudah teruji, berpengalaman, dekat semua kalangan, sehingga sangat menguntungkan kemajuan kota Palembang,” imbuhnya. Pasangan MURNI kata Husein,

mendapat dukungan dari berbagai kalangan dan sangat mengenal kondisi masyarakat metropolis. “Keluarga besar PSPB berharap melalui kepemimpinan MURNI ada perubahan yang lebih bagi bagi masyarakat metropolis. Sehingga secara bahu membahu kami siap memenangkan pasangan MURNI,” tukasnya. QPL

Palembang Ekspres Rabu, 13 Februari 2013  

Palembang Ekspres Rabu, 13 Feb 2013

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you