Page 44

Tanda-Tanda Umum

01

02

Phosporus (P)

Gejala-gejala kelihatan pada seluruh daun yang tua, secara menyeluruh warna daun hijau tua, lebih hijau dari biasa, sering kelihatan mengkilap kemerahmerahan, tangkai daun kelihatan lancip, daun yang tua tersebut kadang-kadang menjadi khlorosis (kuning). Pembentukan buah kurang sempurna begitu pula produksi bijinya, jerami dan gandum berwarna abu-abu, tanaman tumbuhnya menjadi kerdil.

Kalium (K)

Gejala-gejala kelihatan pada daun yang tua, dan mulanya setempat pada daun hutan itu, daun mulamula mengkerut dan mengkilap, setelah itu pada ujung daun mulai kelihatan chloroose, yang menjalar diantara tulang-tulang daun, kemudian bercak-bercak merah coklat itu sering jatuh sehingga daun-daun kelihatan bergigi mati.

Calcium (Ca)

Gejala-gejala kelihatan pada daun yang muda, pada mulanya kelihatan setempat, kecuali perubahan warna pada beberapa tempat mati, pada ujung tepi daun mulai kelihatan terjadi chloroose dan menjalar di antara tulag-tulang daun seperti kekurangan borium. Selain itu kekurangan kapur mengakibatkan jumlah perakaran menjadi kurang. Pada umumnya tanaman menjadi lemah.

Magnesium (Mg)

Gejala-gejala kelihatan pada daun yang tua, dan mulanya setempat pada daun tersebut, chloroose mulai kelihatan pada tlang-tulang daun dengan tekstur menjalar dengan temperatur dan warna daun berubah menjadi kuning dan merah coklat. Sedangkan tulang daun tetap hijau. Tanaman menjadi lemah, mudah terbakar atau kering daunnya teriknya matahari dan produksi biji berkurang.

Mangan (Mn)

Gejala-gejala kelihatan pada daun yang muda, pada mulanya kelihatan setempat kecuali perubahan warna maka pada beberapa tempat jaringan daun mati . antara tulang daun terjadi chloroose biasanya mati. Sedangkan tulang daun tetap berwarna hijau bagian tengah helai daun kadang-kadang berwarna coklat dan kemudian patah, pembentukan bijipun kurang baik.

Zat besi (Fe)

Gejala-gejala kelihatan pada seluruh daun yang muda, mula-mula diantara tulang daun muda tidak merata.

OPERATION WALLACEA TRUST

Bab IV. Alur Pemeliharaan

Gejala Kekurangan Unsur

33

Manual Teknik Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman (1)  
Manual Teknik Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman (1)  
Advertisement