Page 14

Persyaratan dan Teknik Penanaman 2.1 Persyaratan Penanaman

Kegagalan penanaman sebagian besar disebabkan oleh kurang terpenuhinya persyaratan penanaman, karena penanaman masih lebih mementingkan asal bibit sudah tertanam, maka kewajiban menanam telah selesai, tanpa memperdulikan apakah bibit yang ditanam akan dapat tumbuh baik atau tidak di lapangan. Oleh sebab itu, di bawah ini diuraikan beberapa persyaratan penanaman yang minimal dapat membantu meningkatkan keberhasilan penanaman berdasarkan pengalaman beberapa kegiatan penanaman di lapangan sebagai berikut :

Bab II. Persyaratan dan Teknik Penanaman

BAB II

a. Kesesuaian Tempat Tumbuh

Tanaman akan tumbuh dengan baik jika memenuhi kesesuaian tempat tumbuh. Kesesuaian tempat tumbuh dapat meliputi : kesesuaian tanaman terhadap : jenis tanah, iklim (curah hujan, suhu), kondisi air, ketinggian tempat, dll. Cara paling sederhana untuk mngetahui kesesuaian tempat tumbuh suatu jenis adalah dengan melihat apakah terdapat jenis dimaksud telah tumbuh dengan baik di lokasi tersebut. Jika tanaman yang akan dikembangkan telah tumbuh secara alami atau terdapat contoh tegakan yang dapat tumbuh dapat tumbuh dengan baik, maka jenis tersebut dapat dikategorikan memiliki kesesuaian tempat tumbuh di areal tersebut. Jika informasi kesesuaian tempat tumbuh tidak diperoleh, maka dapat melakukan Uji Species, yaitu uji kemampuan tumbuh suatu tanaman pada lokasi baru yang belum diketahui kesesuaian tempat tumbuhnya. Namun tentu uji species seperti ini akan banyak memakan waktu, oleh karenanya kajian terhadap literatur atau pustaka akan lebih membantu.

b. Kesesuaian Musim Tanam

Penanaman harus dilakukan pada musim hujan, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kematian tanaman sebagian besar disebabkan oleh kurangnya pasokan air akibat penanaman dilakukan tidak pada musim tanam yang sesuai (dilakukan pada akhir musim hujan atau bukan pada musim hujan). Kondisi terbaik penanaman adalah pada awal musim hujan yaitu ketika hujan turun mulai stabil pada bulan tersebut, artinya turunnya hujan sudah mulai rutin setiap 1-2 hari sekali. Di samping itu penanaman

OPERATION WALLACEA TRUST

3

Manual Teknik Penanaman dan Pemeliharaan Tanaman (1)