Issuu on Google+

OTOBOLD

Penantang Baru CRV dari Negeri Ginseng

p

ERSAINGAN mobil kelas sporty utility vehicle (SUV) perkotaan memang sudah lama melekat dengan pemegang merek mobil asal Jepang. Kedigdayaan Honda CRV di segmen ini hampir tidak terbendung dalam satu dekade terakhir. Lihat saja di dua bulan pertama 2013, All New Honda CRV terjual sebanyak 5.415 unit. Namun, seiring dengan popularitas SUV yang dilansir sejak 2000 itu, harganya pun semakin melangit. Bayangkan untuk tipe terendah CRV 2.0 manual dibanderol Rp367 juta hingga Rp431 juta untuk versi 2.4 Prestige. Bagi konsumen loyal Honda, hal itu mungkin tidak masalah. Namun, bagi para pencinta SUV dengan dana kurang mencukupi, perlu ada alternatif selain CRV. Saatnya O-Tabberz melirik SUV asal ‘Negeri Ginseng’ yang satu ini, yakni Kia Sportage. Karakter Kia Sportage memiliki kemampuan off-road tangguh sudah berubah. Kia Sportage terbaru justru mengikuti tren SUV perkotaan seperti Honda CRV, Nissan X-Trail, Suzuki Grand Vitara, Mitsubishi Outlander Sport, dan Mazda CX 5 yang menggunakan sasis monokok dan berdesain

elegan. Sportage akan berhadapan dengan mobilmobil tersebut di kelas yang menurut kategori internasional disebut segmen SUV C. “Kelas ini masih menjanjikan. Dan kami belum puas dengan jajaran produk,” ungkap Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran PT Kia Mobil Indonesia (KMI), Kamis (14/3). Jika O-Tabberz melihat dimensi interior dan harga yang ditawarkan. Mobil ini dapat menjadi alternatif O-Tabberz yang merasa harga SUV Jepang terlalu tinggi. Dari sisi harga, untuk tipe manual, O-Tabberz dapat menebus Kia Sportage di harga Rp270,5 juta dan transmisi otomatis di Rp286,5 juta. Untuk All New Sportage EX dibanderol Rp321 juta dan All New Sportage Platinum dengan transmisi otomatis enam percepatan manumatic Rp359,5 juta. Dengan harga tergolong rendah, Kia Sportage justru memiliki sejumlah keunggulan. Pertama dari segi desain, mobil ini tergolong spektakuler berkat proyek pengerjaan desainnya dipimpin Peter Schreyer yang merupakan mantan desainer Audi.

Bisa terlihat dari model depannya yang sangat rapi ditambah penggunaan daytime running light LED yang menyala pada siang hari dan memberikan kesan mewah selama perjalanan. Bahkan desain Kia Sportage bisa dibilang masih lebih tampan jika dibandingkan dengan Mazda CX-5 yang baru saja diluncurkan. Buritan belakang juga mengambil desain sporty. Di balik kap mesinnya bercokol sumber tenaga yang mampu menghasilkan daya 166 PS. Hebatnya tenaga yang besar tersebut muncul dari mesin berkapasitas hanya 2.000 cc dual CVVT. Bandingkan dengan Honda CRV 2.400 cc yang jauh lebih mahal, tapi dengan tenaga hanya berselisih sebesar 4 PS. Dari sisi keamanan, kantung udara (airbag) tentu tersedia. Satu hal lagi yang tergolong maju di antara rivalnya, Sportage memiliki sistem pengereman yang lebih efektif. “Dari hasil pengujian all disk brake, Sportage memiliki pengereman yang lebih baik atau beda 4m jarak pengereman dengan Honda CRV,” klaim Arifani Perbowo, General Manager of Production & Logistic of KMI. (Tsr/OL-7)

EDISI MARET 2013

5


TM_001_250313_005