Page 1

Edisi Juli 2010 World Cup 2010

ONTHEWAY step up your life

Macau World Heritage Journey to

Tasikmalaya

Festival Malang

Tempo Doeloe Gubernur Jakarta Dari Dulu Hingga Kini

Tempat Pilihan Nonton Bareng Final Piala Dunia Afrika Selatan


JULI 2010

EDITORIAL NOTES

ONTHEWAY step up your life

EDITOR Bayu Ismanto REDAKSI Bono Nanda Aditama Lana Juliasi

Step Up Your Life

PHOTOGRAFER Ahmad Rahardian DESIGN GRAFIS Billy Boy CONTRIBUTOR Hadi Suwarno Eka Fajar Rahmadi SALES MANAGER Syarif E Rasmita SALES & PROMOTION Michael Petit Seila Ditianti KEUANGAN Chandra Yudha DISTRIBUSI Dimas Bramanti

ALAMAT REDAKSI JL. Murai 106 A Pangkalan Jati Depok 16513 Telp : 021 - 26343663 Email : ontheway_news@yahoo.com

ONTHEWAY Hal 4

S

etiap kehidupan pasti ada pembelajaran, dari semula merangkak pasti akan bisa berjalan. OTW selama ini telah banyak belajar, belajar dan belajar, mencari masukan, menerima saran yang terbaik, membuat untuk lebih berkesan lagi agar dapat diterima menjadi sesuatu yang berarti. Dengan tampilan dan format baru kami ingin tampil lebih elegan untuk Anda para pembaca.

Redaksi


CONTENTS

JULI 2010 Cooming Soon Hal 6 Kane Loop

Makanan Lezat Yang Tertindas jaman

Festival Malang Tempo Doeloe

Hal 9

Hal 12

Free Way Hal 14 Main Street

Nonton Bareng Final Piala Dunia Afrika Selatan

Hal 34

Jakarta oh Jakarta

- Ondel-Ondel - Sunda Kelapa - Gubernur Jakarta Dari Dulu Hingga Kini

Hal 41

Macau World Heritage

Hal 16

Profile

Alif GM Grand Palace Hotel Jogjakarta

Hal 48

Produk Hal 50 Healthy Way

Kesehatan Mata & Lensa Kontak

Hal 54

Gadget

Samsung NX 10 Toshiba Libretto W 100

Hal 56

Sejuta Pesona Tasikmalaya

Hal 24 ONTHEWAY Hal 5


Coming Soon Sail Banda 23 Juli 2010 Pemerintah melalui Departemen Perikanan dan Kelautan RI kembali akan menggelar acara internasional yang bernama Sail Banda. Sesuai dengan namanya, event yang berlangsung dari 27 Juli sampai 17 Agustus 2010 akan di gelar di laut Banda, Maluku. Acara yang memiliki tema utama “Small Island For Our Future” memiliki sejumlah agenda utama berupa yacht rally and race, kejurnas olah raga perairan dan game fishing, internasional diving tournament, Arafura games, internasional conference on small island, konferensi kerjasama Indonesia-Australia, internasional seminar on “ sago and spices for food safety, seafood and fish product expo, lintas nusantara remaja bahari, peringatan Kemerdekaan RI Di Maluku Barat Daya, operasi “ Surya Baskara Jaya “ dan Navy to Navy talk and port visit. Photo Courtesy : inewscatcher.com

Jogja Fair Tanggal 30 Juni 4 Juli ini Jogja akan menggelar acara Jogja Fair 2010. Event tahunan kali ini akan mengangkat tema “PESTA LIBURAN RAKYAT JOGJA” , yang mengedepankan sebuah pameran yang sarat hiburan, dengan fasilitas yang lengkap untuk menunjang tema liburan sekolah tahun ini , tetapi tetap tidak melupakan unsur edukasi yang mendidik pada setiap program program acara yang disuguhkan, baik games atau hiburan.

Pesta Buku Jakarta IKAPI DKI Jakarta kembali akan menyelenggarakan Pesta Buku Jakarta 2010 yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 11 Juli 2010 di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

ONTHEWAY Hal 6

Jakarta Wedding Festival Weddingku kembali akan menggelar Jakarta Wedding Festival 2010 pada tanggal 30 Juli - 1 Agustus 2010 di Main Lobby, Assembly and Plenary Jakarta Convention Center. Jakarta Wedding Festival 2010 akan menampilkan koleksi-koleksi para vendor pernikahan tradisional dan international. Selain itu JWF 2010 juga akan menampilkan acara-acara yang dikemas dengan sangat menarik mulai dari talk show, fashion show gaun para desainer serta acara-acara lainnya yang tidak kalah menariknya.

Keraton Art Festival Keraton Kasunanan Surakarta menggelar ajang yang mempertunjukkan warisan budaya Keraton yang tangible (koleksi pusaka,peninggalan artefak)serta yang intangible (upacara adat,peragaan busana Keraton,tarian,konser karawitan dan acara lainnya. Acara ini akan di silenggarakan tanggal 9 - 10 Juli 2010 di Keraton Kasunan Surakarta.


Garuda go to Europe

Indonesia International Circus Festival Jakarta akan menjadi tuan rumah festival sirkus pertama dan terbesar di Indonesia yang akan diadakan pada tanggal 2-11 Juli 2010 di Lapangan Parkir Timur Senayan dari jam 10.00 - 22.00 WIB. Festival sirkus terbesar ini akan menampilkan atraksi menarik dari kelompok sirkus terkenal dunia antara lain CIRQUE LE MASQUE dari Amerika, NEW SHANGHAI CIRCUS dari China dan CYCLOWN CIRCUS dari Eropa.

1 Juni 2010 merupakan hari bersejarah buat maskapai kebanggaan Indonesia. Pada tanggal tersebut Garuda Indonesia kembali mengudara lagi ke langit Eropa dengan melakukan penerbangan perdananya ke negeri kincir angin, Belanda.

Jutaan Dollar Hadiah Piala Dunia Afsel 2010

Solo Keroncong Festival Solo Keroncong Festival akan menampilkan para seniman keroncong nasional maupun lokal. Acara ini diselenggarakan dalam upaya melestarikan musik tradisi dan memupuk rasa nasionalisme. Acara ini akan di selnggarakan tanggal 23 24 Juli 2010

Jakarta Great Sale Dalam rangka ulang tahun Jakarta, Pemda DKI menggelara acara Jakarta Diskon Festival yang bekerjasama dengan mall dan pusat perbelanjaan di Jakarta. Pesta diskon ini dalam rangka menjadikan Jakarta kota belanja. Acara ini berlangsung dari tanggal 18 Juni - 18 Juli 2010.

Fifa akan memberikan hadiah sebesar $ 30 juta USD bagi jawara piala dunia Afrika Selatan Juli 2010 ini dan $ 24 juta USD bagi runner up, $ 20 juta USD bagi semi finalis, $ 18 juta USD bagi negara yang memasuki perempat final, $ 9 juta USD bagi negara yang lolos putaran kedua, serta $ 8 juta USD bagi negara yang lolos babak pertama di piala dunia Afsel ini.

ONTHEWAY Hal 7


Festival Malang Tempo Doeloe Teks & Photo by Eka Fajar Rahmadi

Seru rasanya melihat kegembiraan masyarakat Malang yang mengahadiri acara Festival Malang Kembali atau yang lebih di kenal dengan Festival Malang Tempo Doeloe dengan berbagai atribut masa lalu. Dari mulai menggunakan kostum pejuang, menggunakan kebaya model jaman dulu hingga yang paling sederhana menggunakan kaos oblong putih yang dipadukan dengan celana panjang batik dan kain sarung. Malang Kembali atau Malam Temoe Doeloe adalah acara tahunan yang biasa di gelar oleh Pemerintah Kota Malang dalam rangka ulang tahun Kota Malang yang jatuh setiap tanggal 1 April dan sekaligus pengenalan budaya Malang kepada generasi penerus. Untuk tahun ini acara yang sekarang lebih dikenal dengan singkatan MTD dan diselenggarakan pada tanggal 20-23 Mei 2010 yang lalu mengangkat tema Rekonstruski Budaya panji. Budaya Panji merupakan budaya Jawa Kuno yang mengajarkan tentang kebaikan pada sesama manusia dan alam. Budaya Panji juga mencakup tentang tatanan sosial dan etika untuk kebaikan bersama. Pada acara MTD kelima ini JL Ijen yang merupakan salah satu jalan elit di Malang di sulap menjadi sepuluh zona panji yang menggambarkan kembali kebudayaan Jawa kuno.Semua zona menghadirkan budaya dan cerita tentang Panji. Di antaranya, zona sejarah dan legenda Panji, zona konservasi alam, zona wayang Panji, hingga zona pendidikan Panji.

ONTHEWAY Hal 9


Pawai Sepeda Onthel di MTD

Di zona sejarah dan legenda Panji dihadirkan duplikat hutan per-tapaan Panji Ditampilkan pula tokoh-tokoh yang berkaitan dengan legenda Panji dan candi-candi berelief Panji. Sementara di zona konservasi alam budaya, Panji diperkenalkan dalam bentuk pendidikan lingkungan yang mencakup pengelolaan sampah, pembuatan kompos dan daur ulang kertas. Acara yang sudah menjadi event tahunan kota Malang ini juga menampilkan pagelaran rakyat jaman dulu yang menggambarkan budaya panji , seperti wayang orang, wayang kulit hingga pementasan tari-tarian ada di acara ini. Selain itu MTD ini juga diramaikan oleh berbagai pawai kendaraan-kendaraan yang umumnya digunakan pada masa lalu seperti pawai mobil mobil antik, pawai sepede ontel dan juga pawai kendaraan ramah lingkungan dokar.

ONTHEWAY Hal 10

Selain menampilkan atraksi dan pawaipawai yang berbau masa lampau, Malang Tempo Doeloe juga menyajikan berbagai macam jajanan rakyat dengan penyajian ala jaman penjajah, seperti nasi pecel yang di sajikan diatas piring tanah liat dan juga teh manis yang dinikmati lewat cangkir tanah liat. Dalam ajang MTD ini panitia juga turut mengajak penggarajin barang-barang tradisional untuk memamerkan karyanya. Disini Anda dapat menjumpai barang-barang tradisional yang sekarang jarang jumpai seperti aneka topeng kayu, lampu petromak, kerajinan gerabah dan juga aneka ukir-ukiran. Nah untuk Anda yang belum pernah menghadiri acara MTD ini jangan lupa tahun depan untuk menghadirinya, kapan lagi kita bisa merasakan kembali ke masa lalu.


KaneLoop

Kelezatan Yang Tertindas Jaman

Siapakah diantara Anda yang belum pernah mencicipi Kerak Telor ?. Kerak Telor adalah salah satu makanan khas Jakarta asli dari Betawi. Pada zaman kompeni Belanda, Kerak Telor pernah menjadi makanan yang berkelas karena rasanya yang lezat. Makanan ini disajikan pada saat pesta dan hajatan besar para pejabat pada waktu itu. Keberadaan Kerak Telor pada masa sekarang ini sudah terlindas dengan maraknya restoran-restoran siap saji yang ditawarkan kepada masyarakat perkotaan khususnya Jakarta. Sulitnya menjumpai makanan Kerak Telor ini, membuat sebagian orang rindu akan cita rasa Kerak Telor atau mungkin bisa sedikit bernostalgia mengenang masa lalu dengan menikmati Kerak Telor bersama teman-teman lama. Kerak Telor dibuat dengan bahan olahan seperti beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Cara masaknya juga agak unik. Ketika Kerak

ONTHEWAY

Hal 12

Telor telah setengah matang maka wajan pemasaknya dibalikkan dan Kerak Telor dibiarkan langsung terkena panas arang dari anglo sehingga menjadi sedikit gosong. Mungkin ini yang disebut keraknya. Makanan Kerak Telor biasanya dapat kita jumpai pada saat acara Pekan Raya Jakarta di Kemayoran, acara memperingati hari ulang tahun kota Jakarta. Harganya cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp 5.000,- sampai Rp 10.000, tergantung jumlah telur dan jenis telur apa yang Anda inginkan. Ketika hari-hari biasa memang jarang sekali dijumpai pedagang Kerak Telor, mungkin hanya ada di tempat-tempat tertentu, seperti di Kampung Setu Babakan yang mayoritas penduduknya adalah asli Betawi, dan termasuk dalam komunitas lingkungan yang dilestarikan kebudayaannya oleh Pemerintah Jakarta. Nah, bagi Anda yang sedang kangen akan rasanya Kerak Telor, segeralah berkunjung ke Pekan Raya Jakarta, mumpung gampang Anda menjumpai pedagang Kerak Telor.


ONTHEWAY Hal 13


Free Way

Air Panas Cisolok - Sukabumi Anda mungkin sering mendengar atau pernah merasakan mandi dari sumber air panas alami yang banyak berkhasiat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Nah buat Anda yang sedang atau akan menuju ke Sukabumi tidak ada salahnya Anda mencoba Air Panas Cisolok, yang terletak 15 kilometer dari pelabukan Ratu. Sumber air panas Cisolok tergolong unik, karena berada di daerah pantai dan bukannya pegunungan. Ketika Anda sampai di daerah sumber air panas Cisolok, Anda kemudian akan melewati

jembatan. Di bawah jembatan ini Anda dapat menyaksikan sungai yang berarus sangat deras. Kemudian Anda akan bertemu muka dengan sebuah sungai lain, yang jauh lebih indah. Kabut putih menyelimuti sungai ini. Di tengah-tengahnya, air panas dengan tingkat kepanasan sekitar 80 derajat celcius menyembur dengan deras. Di tempat ini ada tiga semburan air panas. Hebatnya air panas di Cisolok ini tidak mengandung belerang sama sekali karena air panas di sini berasal dari geyser air panas yang melewati lapisan kerak bumi.

Benteng Amsterdam Ambon Benteng Amsterdam Ambon terletak di desa Hila Kaitetu, kecamatan Leihitu atau 42 kilometer dari kotaAmbon, kira-kira 1 jam apabila Anda melakukan perjalan dengan mobil dari kota Ambon. Benteng Amsterdam merupakan bangunan tua yang sudah berusia ratusan tahun, dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah penguasaan VOC di Ambon. Benteng ini terletak di tepi pantai yang sangat tenang dan menyajikan pemandangan yang sangat indah.

ONTHEWAY Hal 14

Benteng ini dibangun pada tanggal 26 Juli 1569 oleh Portugis yang diberi nama "Castel Vanveree". Benteng yang sangat berarti bagi Portugis masa itu, karena teluk Ambon merupakan jalur keluar masuk kapal-kapal dagang diperairan Maluku. Daerah ini dijadikan pusat perdagangan rempah-rempah oleh Portugis dan basis pertahanan menghadapi kapal-kapal asing yang datang menyerang. Setelah Portugis kalah oleh Belanda, benteng ini berubah nama menjadi "Benteng Amsterdam".


Taman Nasional Bukit Barisan Selatan - Lampung

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan perwakilan dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan yang terdiri dari tipe vegetasi hutan mangrove, hutan pantai, hutan pamah tropika sampai pegunungan di Sumatera. Di taman ini banyak sekali terdapat jenis tumbuh-tumbuhan dan tumbuhan yang menjadi cirri khas taman ini adalah adalah bunga bangkai jangkung (Amorphophallus decus-silvae), bunga bangkai raksasa (A. titanum) dan anggrek raksasa (Grammatophylum speciosum). Tinggi bunga bangkai jangkung dapat mencapai lebih dari 2 meter. Selai itu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan habitat beruang madu (Helarctos m a l a y a n u s m a l a y a n u s ) , b a d a k Su m a t e r a (Dicerorhinus sumatrensis sumatrensis), harimau

Pantai Nambo adalah sebuah pantai indah yang jaraknya kurang lebih 12 km dari Kota Kendari atau sekitar 15 menit ke arah selatan Kota Kendari dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dan dapat pula menggunakan perahu tradisional ketinting (kole-kole) sekitar 15 menit dari pelabuhan Kota Kendari menyusuri teluk Kendari. Pantai ini memiliki ombak yang tenang dan berair bersih, sehingga sangat nyaman untuk berenang bersama keluarga. Selain itu di pantai ini Anda dapat pula menikmati keindahan pantai dari gajebo-gajebo yang tersedia apalagi apabila matahari tengelam, sungguh menakjubkan.

Sumatera (Panthera tigris sumatrae), gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), tapir (Tapirus indicus), ungko (Hylobates agilis), siamang (H. syndactylus syndactylus), simpai (Presbytis melalophos fuscamurina), kancil (Tragulus javanicus kanchil), dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata). Kerennya di Taman Nasional ini terdapat Danau Menjukut yang berbatasan langsung dengan laut lepas Samudera Hindia yang menyerupai kolam renang yang sangat luas dan berada tidak jauh dari garis pantai. Di dalam Taman Nasional ini Anda dapat melakukan berbagai macam rekreasi seperti menjelajahi hutan, wisata bahari, berenang, bersampan, pengamatan berbagai macam tumbuhan, berkemah, dan menyelusuri sungai.

Pantai Nambo - Kendari

ONTHEWAY Hal 15


Macau World Heritage Macau merupakan kota heritage peninggalan bangsa Portugis yang mempunyai 25 tempat bersejarah. Kini, kota ini sedang mengepakkan sayapnya untuk menjadi pilihan tempat wisata di dunia. Di kota ini, Anda dapat menjumpai Putri Duyung muncul dilayar raksasa yang terdapat di lobby Hard Rock Hotel kawasan City of Dreams.

Teks by Hadi Suwarno Macau merupakan daerah pemerintahan istimewa Negara Republik Rakyat Cina (SARSpecial Administrative Region) sejak 20 Desember 1999 yang menganut satu negara dengan dua sistem sama halnya seperti Hongkong. Dengan luas daerah yang mencapai 29,2 km2, jumlah penduduknya terbilang sedikit yaitu sekitar 557.000 orang. Macau sendiri terdiri atas Semenanjung Macau seluas 9,3 km2, Pulau Taipa seluas 6,7 km2, dan Coloane seluas 7,6 km2 serta perluasan daerah Cotai sebesar 5,6 km2. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Cina dan Portugis, namun umumnya mereka lebih sering menggunakan bahasa Cina Canton karena bahasa tersebut dipakai dikalangan pemerintahan untuk semua dokumen resmi dan komunikasi. Sedangkan bahasa Inggris dipakai hanya untuk perdagangan, pariwisata dan perniagaan. Mata uang yang digunakan di Macau adalah Pataca, namun mata uang Dollar Hongkong juga diterima di kota ini. Macau mempunyai Museum of Macau yang memamerkan cikal bakal dan asal muasal kehidupan masyarakat Macau selama lebih dari empat abad. Di museum tersebut, juga menggambarkan gabungan dua kebudayaan yang berbeda dari masyarakat Macau yang menekankan karakteristik dua kultur dari kota itu dengan

ONTHEWAY Hal 16

masing-masing kepercayaan dan upacara keagamaan yang berbeda, kehidupan sosial, arsitektur, olahraga, seni dan makanan. Dulunya, museum ini bernama Mount Fortress yang dibangun oleh kaum Jesuit sebagai markas besarnya pada 1617-1626 yang merupakan bagian terpenting dari pusat pertahanan kota karena dilengkapi meriam-meriam, barak-barak tentara, sumur-sumur dan gudang senjata untuk persediaan amunisi dan perbekalan selama dua tahun jika terjadi pengepungan. Mount Fortress merupakan pertahanan yang efektif dari serangan Belanda pada 1624, kemudian dijadikan sebagai kediaman gubernur. Mount Fortress atau Museum of Macau yang memiliki area seluas 10.000 m2 dibangun bersamaan dengan pembangunan gereja St. Paul yang merupakan icon atau altar dari kota Macau. Reruntuhan St. Paul merupakan tampak depan asli dari gereja Mater Dei yang dibangun pada 16021640, bangunan ini hancur karena kebakaran yang terjadi pada 1835, bangunan ini juga bersebelahan dengan sekolah tinggi St. Paul yang juga habis terbakar. Secara garis besar Gereja Mater Dei, Sekolah Tinggi St. Paul dan Mount Fortress merupakan bangunan Jesuit dan dapat diartikan sebagai Akropolis Macau.


Tempat Bersejarah Macau mempunyai 25 tempat bersejarah yang patut dikunjungi, seperti A-Ma Temple yang telah berdiri sebelum kota Macau dibangun. Moorish Barracks dibangun pada 1874, digunakan untuk menampung tentara pemerintahan India yang ditugaskan untuk memperkuat kepolisian Macau. Selain itu, ada pula Lilau Square atau air tanah lilau yang merupakan sumber mata air utama di Macau. Jika meminum air ini, maka kita tidak bisa melupakan kota Macau. Tempat lainnya, Mandarin's House atau rumah bergaya cina yang merupakan tempat pemukiman tradisional dari tokoh sastrawan Cina yang terkenal yakni Zheng Guanying. Ada juga, St. Lawrence's Church merupakan salah satu dari tiga gereja tertua di Macau karena didirikan pada abad ke 16. Kemudian, St. Joseph's Seminary and Church berdiri pada 1728 yang merupakan seminari tua beserta St. Paul's College yang merupakan implementasi basis utama pekerjaan misionaris di Cina, Jepang dan sekitarnya. Juga ada, St. Augustine's Square yang menyatukan beberapa gedung seperti Gereja St. Augustine, Teater Dom Pedro V, Seminari St. Joseph dan perpustakaan Sir Robert Ho Tung. Selain itu, Macau juga memiliki tempat sejarah lainnya, seperti Dom Pedro V Theatre, Sir Robert Ho Tung Library, St. Augustine's Church, Leal Senado Building, Senado Square, Sam Kai Vui Kun, Holy House of Mercy, Cathedral, Lou Kau

Mansion, St. Dominic's Chruch, Ruins of St. Paul's yang berfungsi sebagai altar dari kota, Na Tcha Temple, Section of the Old City Walls, Mount Fortress, St. Anthony's Church, Casa Garden, Protestant Cemetery dan Guia Fortress. Macau Tower Bangunan yang menduduki peringkat ke 10 gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 338 meter, Macau Tower dibuka pada 19 Desember 2001 dengan fasilitas berupa restoran berputar yang berada diketinggian 216 meter, empat lantai untuk pusat konferensi dan hiburan, bioskop yang terletak di lantai dua serta plaza terbuka. Jika berani memacu adrenalin, Anda dapat melakukan body jumping dari tower ini. Bagi Anda yang mempunyai cita rasa masakan Indonesia, jangan kawatir, Restoran Semarang yang berada di Rua de Madride S/N R/C F/L Flat/S 15F ED Wuan Hou Teng Macau menyediakan berbagai menu khas Indonesia seperti gado-gado, sayur asam, tempe penyet, rendang, sate ayam atau daging kambing. Restoran ini sangat mudah dicari, karena posisi Restoran Semarang sangat dekat dengan patung Dewi Kwan In atau dalam bahasa kantonnya Kunyam Chiong. Ada juga Medan Indonesia Restaurant yang beralamat di 28A Estrada de Coelho do Amaral, edf. Chun Sing R/C + SLA, Macau yang siap menghilangkan rasa kangen lidah Anda untuk menikmati masakan Indonesia.

ONTHEWAY Hal 17


Pentas Cirque du Soleil Selain tempat-tempat bersejarah yang disodorkan Macau untuk wisatawan, pertunjukan akrobatik dari Cirque du Soleil sebuah grup pertunjukan yang berasal dari Canada digelar di Venetian Macau Resort Hotel dengan area dua lantai yang mampu menampung hingga 1800 penonton, mereka mementaskan pertunjukan yang diberi judul Zaia. Zaia yang dalam bahasa Yunani berarti hidup dan juga mengingatkan tentang roh bumi yang hidup dan sadar diri menceritakan tentang impian seorang gadis remaja yang pergi ke luar angkasa untuk mencari jati dirinya, dalam perjalanan gadis remaja tersebut bertemu dengan seorang pangeran yang mengantarkan dia untuk melihat keindahan kemanusiaan di bumi yang

ONTHEWAY Hal 18

pada akhirnya membawa gadis tersebut untuk memberi kebahagiaan dengan manusia di bumi. Zaia juga menceritakan tentang planet yang berada di luar angkasa yang tidak terbatas jumlahnya. Pertunjukan ini menampilkan gerakan, tarian, akrobatik dengan melompat-lompat di ketinggian lebih dari 10 meter dari pemain-pemain yang sudah terlatih dan profesional. Karya Cirque du Soleil ini, telah di pergelarkan hampir 80 juta penonton di lebih dari 200 kota di lima benua. Pada 2008 Cirque du Soleil mementaskan 17 pertunjukan secara serentak di seluruh dunia. Masing-masing karya memadukan akrobat, teater, tarian dan musik inovatif, dipadu dengan pencahayaan dan tata rias yang spektakuler. Cirque du Soleil berhasil melawat ke 13 kota di asia termasuk Singapura, Hongkong, Seoul, Tokyo, Taipeh dan Shanghai.


City of Dreams Ingin melihat Putri Duyung menari-nari didalam laut? Datanglah ke Hard Rock Hotel dikawasan City of Dreams, Anda akan disuguhkan gambar sesosok putri cantik yang bertubuh dan berekor ikan yang muncul dalam hitungan detik dilayar raksasa yang terdapat di lobby Hard Rock Hotel Macau. Menurut legenda, putri duyung merupakan makhluk air yang memiliki wajah menyerupai wanita cantik dengan tubuh dan ekor menyerupai ikan. Mitos mengenai Putri Duyung sudah melegenda seantero dunia. Selain Putri Duyung, disini juga disuguhkan pertunjukan The Dragon Treasure disajikan dalam the bubble yang sangat spektakuler. Anda akan dibawa dalam lingkungan yang penuh inspirasi dan menawan dengan permainan animasi, multimedia, pertunjukan air mancur, cahaya yang canggih dan audio visual yang sangat memukau. Ruang teater berbentuk kubah ini dapat menampung hingga 500 orang berdiri, disini Anda akan dibawa dalam negeri impian. The Dragon Treasure menceritakan tentang Naga Mutiara dan kekuatan misterius yang dimiliki oleh empat Raja Naga dalam kerajaan air es, tropis, gunung dan matahari. Penampilan The Dragon Treasure berlangsung selama 10 menit, pengunjung akan dibuat takjub bagaikan melihat pertunjukan magic dan supernatural. City of Dreams dikenal juga dengan the place of dreams, merupakan satu-satunya resort di Macau yang menyatukan antara hiburan dengan

resort. Empat hotel mewah berdiri disini antara lain Hard Rock Hotel, The Crown Towers, Grand Hyatt dan Hyatt Regency. The Boulevard yang merupakan sebutan untuk daerah shopping terbesar di City of Dreams yang menghubungkan diantara empat hotel mewah tersebut, juga dapat disambangi untuk sekadar jalan-jalan atau belanja keperluan pribadi. Berbagai jenis restaurant dapat Anda temukan disini. Biasanya jika mengunjungi suatu negara, kurang lengkap rasanya jika tidak ada buah tangan untuk keluarga, teman atau sahabat di rumah. Untuk itu, silahkan Anda berkunjung ke Senado Square. Disana banyak yang menjajakan barangbarang atau merchandise khas Macau, mulai dari gantungan kunci, kaos, jaket, parfum, hingga tas koper dengan ukuran besar dan masih banyak jenis oleh-oleh lainnya yang bisa dibawa pulang. Sama halnya dengan di Indonesia, Macau yang terkenal ini pun banyak sekali barang-barang yang bisa ditawar, namun tidak sedikit juga yang sudah mempunyai bandrol harga. Dan untuk membeli barang-barang disana, pastikan Anda sudah menukar rupiah Anda ke bentuk Dollar Hongkong atau Pataca. Informasi lebih lanjut hubungi MGTO Indonesia, jalan Dr. Sahardjo No. 96A, Jakarta 12960. Telp. (62) 21 8305664 Email: mgto@intrareps.com. Tunggu apa lagi Let's Experience Macau!.

ONTHEWAY Hal 19


Events Festival Makanan Filipina Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Filipina ke 112 yang jatuh pada tanggal 12 Juni 2010, Millennium Hotel Sirih Jakarta mengadakan Festival Makanan Filipina di Café Sirih mulai tanggal 14 sampai dengan 26 Juni 2010. Bekerjasama dengan hotel yang bernaung dalam grup yang sama di Filipina, The Heritage Hotel Manila, 2 orang Chef yang terampil didatangkan langsung untuk memuaskan selera dengan cita rasa masakan asli Filipina.

Rumus - Barcode

Rumus The Best School DJ 2008 dan 2009 bertempat di Barcode, Kemang menggelar Dance On Thursday Inconjuction with Dimasetya b'day Bash pada 10 Juni 2010. Dalam gelaran kali ini, Rumus menampilkan DJ DimaSetya, DJ Sabrina, DJ Tim Bourne, DJ D.M.Z, DJ Dio-Silverhawk dgn dipandu oleh MC Bam dan MC Manda. Acara yang dimulai pukul 11 malam berlangsung sangat meriah, terbukti dengan banyaknya clubbers Jakarta yang datang memadati Barcode malam itu. Dengan menyuguhkan berbagai macam aliran musik seperti progressive dan techno yang sedang banyak digemari, mengajak para clubbers tetap antusias menikmati acara hingga usai.

ONTHEWAY Hal 20

Let’s Children Help Children

©UNICEF/NYHQ 2006-1842/Estey

Le Méridien Jakarta menyelenggarakan acara “Children Help Children Charity Bazaar” (bazaar amal). Le Méridien Jakarta bekerjasama dengan 4 yayasan yang menghimpun anak-anak dengan keterbatasan yang berbeda-beda seperti ISDI (Ikatan Sindroma Down Indonesia, YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia), Yayasan Emmanuel dan ISCO (Indonesian Street Children Organization). “Children Help Children Charity Bazaar” diadakan pada tanggal 21 Juni sampai 21 Juli 2010 di area lobi Le Méridien Jakarta, setiap hari mulai jam 08.00 sampai 20.00. Pada bazaar tersebut, akan dijual hasil karya seni mereka yang berupa lukisan, fotografi, buku catatan kecil, beragam kerajinan tangan, aksesoris dan lainnnya. Hasil penjualan akan dikembalikan pada masing-masing yayasan sekaligus keuntungannya diberikan kepada UNICEF.


Events Baru-baru ini Aston Denpasar Hotel & Convention Center mendapat kehormatan menjadi tuan rumah seminar dari James Gwee yang berjudul Communication & Public Speaking National Summit “Grab your Audience ! � yang dibawakan oleh pembicara motivator terkenal James Gwee yang telah diadakan pada 19 Juni 2010 dan dihadiri lebih dari 800 orang. Ini adalah kesekian kalinya bagi Aston Denpasar Hotel & Convention Center bekerja sama dengan Narayana Production untuk mengorganisir acara yang diminati oleh banyak orang. Seminar dari James Gwee ini berhasil memberikan pengetahuan tentang public speaking dan menginspirasi semua tamu yang berpartisipasi untuk even besar ini.

Snowbay merayakan hari jadinya yang pertama pada 6 Juni lalu, suasana meriah ditampilkan dengan berbagai acara seperti penampilan artis papan atas diantaranya SHE, Once, Glenn Fredly, Dedy Corbuzier, penampilan DJ Stephanie dan berbagai acara menarik lainnya dipandu oleh Putri Patricia dan Terry Putri sebagai MCnya. Dalam acara tersebut berbagai hadiah diberikan kepada pengunjung Snowbay yang hadir pada saat itu, hadiah dalam bentuk door prize berupa Privilege Card, Laptop, PSP, Blackberry, Sepeda Motor, Wisata ke Bali dan Lombok hingga wisata ke Universal Studio di Singapore. Snowbay Water Park TMII hadir dengan misi untuk menjadi yang terbaik di industry wisata permainan air dan menghadirkan warna baru sebagai taman rekreasi petualangan air kelas

Grab Your Audience in Aston Denpasar

dunia yang fenomenal dengan nuansa pegunungan salju yang menyelimuti 70 persen area di Snowbay. Berbagai variasi permainan air ada di Snowbay seperti Hurricane, Flush Bowl, Cool Running, Snowbay Beach (ombak), Typhoon River (kolam arus) dan Tube Coaster yang selalu dinantikan para pemacu adrenalin hingga Boomblaster yang melengkapi wahana permainan anak di kolam Moby Zone dan wahana khusus balita di permainan air Toddle Zone dan Rainbow Ride. Anda dapat pula menikmati Aroma Therapy di 5 Hot Spa dan 1 Cool Spa. Snowbay Water Park TMII dilengkapi dengan Captain Jack's Cuisine yang menyajikan aneka menu kuliner nasional dan internasional dari executive chef terbaik dengan cita rasa yang menggugah selera. (HS)

ONTHEWAY Hal 21


Aston at Grand Kuta

Kenyamanan di Pusat Pulau Dewata Hotel terbaru dari Aston International yang baru saja beroperasi pada tanggal 1 Maret 2010 ini memberikan nuansa yang berbeda untuk Anda yang ingin bermalam di wilayah Kuta.Dengan konsep condotel modern dan trendy menjadikan Aston at Grand Kuta cocok untuk liburan keluarga dan pasangan yang mencari nilainilai liburan terbaik yang di sertai dengan lokasi yang strategis dan pelayanan berstandar internasional. Hotel berbintang tiga ini memberikan sentuhan natural pada desainnya yang bergaya modern minimalis. Dengan fasilitas 96 kamar Aston at Grand Kuta Jl. Dewi Sri No.8 - Legian, Kuta Bali indonesia T: +62-361 - 3000 888 F: +62-361 - 3000 999

ONTHEWAY Hal 22

yang di lengkapi dengan tiga kolam renang, Siloam Spa, Magnolia CafĂŠ dan juga Free Wi Fi serta fasilitas lainnya yang membuat Anda betah dan ingin berlama-lama menginap di hotel ini. Salah satu keuntungan Anda dengan memilih Aston at Grand Kuta adalah lokasinya yang ideal terletak dipersimpangan Jl Dewi Sri dan Sunset Road yang merupakan daya tarik utama Pulau Bali. Selain itu kelebihan lainnya adalah letak Airport dan pusat Kuta kurang dari 20 menit, begitupun juga dengan daerah Seminyak yang merupakan pusat restauran di Pulau Dewata .


Journey to Tasikmalaya


Journey

Sejuta Pesona Tasikmalaya

Danau Situ Lengkong

Teks by Nanda Aditama OTW pada kali ini berkesempatan mengunjungi kota Tasikmalaya yang terkenal dengan kecantikan wanita-wanitanya dan kehalusan kerajinan bordirnya. Perjalanan kami mulai pukul 10:00 WIB dengan memasuki pintu tol pertama adalah tol T.B Simatupang dengan akses tujuan menggunakan jalur tol Cipularang. Hari itu memang akhir pekan yang cerah untuk kami berpetualang. Pukul 12:00 WIB kami pun tiba di pintu keluar tol Cileunyi dan inilah awal petualang kami. Setelah kendaraan yang kami gunakan sempat “minta minum� di Rest Area. Dari Cileunyi kami menuju Jl Ranca Ekek, sepanjang jalan itu kami disuguhi dengan penjual Tahu Sumedang yang cukup menggoda, namun sayangnya kami tidak tergoda. Setelah melewati daerah penjualan Tahu Sumedang, tibalah kami di daerah Nagrek dan ternyata lalu lintas di daerah ini cukup bersahabat, karena kendaraan yang lewat tidak terlalu padat, sehingga perjalanan kami pun lancar-lancar saja. Dari Nagrek kami mengambil jalur arah Garut. Ada pilihan selain lewat Garut, bisa juga mengambil jalur Malangbong, namun jalur itu biasanya dilalui oleh bis-bis dan truk-truk besar. Bagi Anda yang suka menikmati pemandangan alam sepanjang perjalanan, lebih baik melewati

ONTHEWAY Hal 24

jalur Garut. Sekitar hampir dua jam perjalanan di Garut kami mampir untuk makan siang di sebuah rumah makan khas Sunda. Menu yang kami pesan adalah Nasi Timbel komplit dengan sambalnya yang sedap, pokoknya top banget deh..!!!. Setelah satu jam beristirahat dan perut terisi kembali , kami pun kembali menelusuri jalan Garut yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang sangat indah, melewati Kampung Naga, terus ke Singaparna. Setelah menempuh perjalanan selama 6 setengah jam dari Jakarta, dengan kecepatan kendaraan yang stabil, kami pun tiba di kota tujuan yaitu Tasikmalaya pada pukul 16:30 WIB. Busur warna-warni pelangi yang indah di langit Tasikmalaya menyambut kedatangan kami, rupanya baru saja habis diguyur gerimis yang membuat udara terasa lebih sejuk. Rumah yang kami singgahi adalah rumah Uwa' Nono yang berada di daerah Mangkubumi, sekaligus orang yang akan menjadi guide selama kami berada di Tasikmalaya. Sesampainya di rumah Uwa' Nono kami beristirahat sambil berbincang-bincang menanyakan tempat-tempat wisata dan tempattempat kerajinan tangan khas Tasikmalaya yang dapat kami datangi dalam waktu yang singkat.


KOTA Selepas senja setelah merasa cukup beristirahat, kami pun siap untuk keluar menelusuri jalanan kota Tasikmalaya di waktu malam, hanya sekedar ingin mengetahui dimana saja pusat keramaian kota. Daerah yang pertama kami lalui adalah Jl Dadaha, yang kami jumpai hanya pedagang kaki lima dan warung makan pinggir jalan yang biasa-biasa saja, suasananya pun tidak ramai, padahal malam minggu, atau mungkin waktunya belum terlalu malam dan mungkin karena baru saja diguyur gerimis. Dari Jl Dadaha kami menuju alun-alun Kabupaten. Ternyata suasana di sana sudah cukup ramai dengan banyaknya tongkrongan klub-klub motor yang ada di kota Tasik. Hampir sepanjang jalan alun-alun dipenuhi motor-motor dari berbagai merek dan jenis yang berbaris rapi, serta mudamudi dengan atributnya masing-masing. Lalu kami menuju Jl HZ Mustofa. Inilah jalan yang menjadi pusat keramaian kota. Kami pun parkir untuk dapat menikmati keramaian jalan ini. Jl KH. Zaenal Mustafa atau yang lebih familiar dengan sebutan HZ adalah Jalan Utama dan menjadi KM 0 ( Kilometer 0 ) Kota Tasikmalaya, jalan HZ kini sudah seperti Orchad

Road-nya Tasikmalaya, karena sepanjang jalannya dipenuhi pertokoan. Denyut nadi perekonomian di pusat kota ini sudah terasa seperti di Singapura, yakni ramai dan selalu mengundang penasaran banyak orang untuk mengunjunginya. Kota Tasikmalaya saat ini juga sudah dapat mengungguli kota-kota besar non ibukota provinsi seperti Kota Tegal, dan Kota Purwokerto di Jawa Tengah serta Kota Jember dan Kota Kediri di Jawa Timur dari segi kemajuan, keramaian, iklim investasi, pembangunan dan perkembangan kota. Oleh karena itu, kini pantas apabila kota Tasikmalaya disebut sebagai salah satu kota besar di Pulau Jawa. Sebelumnya, kota ini merupakan ibukota Kabupaten Tasikmalaya, kemudian ditingkatkan menjadi kota administratif, dan sejak tanggal 21 Juni 2001 ditetapkan menjadi kota dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001. Tasikmalaya juga dikenal sebagai kota santri, khususnya di era sebelum tahun 1980-an karena hampir di seluruh di wilayah ini tersebar pondokpondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil, bahkan melahirkan tokoh perjuangan nasional, Zainal Mustofa. Raja Polah Pusat Kerajinan Anyaman BarangBarang Khas Tasikmalaya. Disini Anda dapat membeli cinderamata dari mulai harga Rp 5.000,- sampai dengan ratusan ribu rupiah.

ONTHEWAY Hal 25


Sate Maranggi Alamat : Jl. HZ Mustofa BLK Yayasan Taman Harapan No 5 Harga sate per tusuk Rp 3.500 KULINER Selesai menelusuri trotoar Jl HZ Mustofa perut kami pun mulai terasa lapar. Segeralah kami beranjak mencari salah satu tempat makan yang terkenal di kota ini. Setelah berputar-putar mencari tempat makan, akhirnya kami pun memutuskan untuk singgah makan malam di Jl HZ Mustofa BLK Yayasan Taman Harapan nomor 5 yakni RM. Sobat Kuring. Karena sudah saking terkenalnya, jadi bukan nama rumah makannya yang terkenal, malah justru sate Marangginya yang lebih dikenal oleh banyak orang. Begitu sampai, kami langsung disuguhi daftar menu makanan, tanpa perlu berlama-lama membolak-balik daftar menu makanan, kami pun memesan sate Maranggi sebanyak dua puluh tusuk bersama nasi serta minumnya. Bagi Anda yang belum tahu seberapa besar ukuran satu tusuk sate Maranggi, baiknya memesan secukupnya disesuaikan dengan jumlah orang yang makan. Setelah menunggu sebentar sambil berbincang-bincang, hidangan yang kami pesan pun datang dengan mambawa keharuman cita rasa

ONTHEWAY Hal 26

sate Maranggi yang membuat lidah ini ingin buruburu mencicipi kelezatannya. Kalimat pertama yang keluar dari mulut kami begitu melihat rupa sate Maranggi adalah “Wow‌ satenya besar-besar banget..!!!â€?, nggak salah deh kalo di depan restorannya ada tulisan : Orang Bilaaaaang‌ Rajanya Sate !!!. Sate Maranggi disajikan dalam potongan-potongan daging sapi yang agak besarbesar. Bumbu utamanya adalah kecap dengan potongan bawang merah, cabai merah, cabai rawit, irisan tomat, serta taburan merica juga bawang goreng. Tapi jika Anda menginginkan bumbu kacang, tak perlu khawatir, restoran ini akan segera menyediakannya. Orang bilang, harga menentukan kualitas. Nah itulah yang kami rasakan setelah sate Maranggi kami lahap habis. Selesai makan malam waktu sudah menunjukan pukul 22:15 WIB. Sudah terasa lelah, sudah terasa kenyang, dan saatnya kami kembali ke rumah Uwa' Nono untuk beristirahat hingga esok pagi, karena besok ada beberapa tempat yang akan kami kunjungi, jadi harus mengumpulkan energi biar semangat lagi.


WISATA Matahari menjelang, pagi yang cerah telah datang. Pukul 06:00 WIB kami semua sudah bangun dari tidur dan segera mandi. Bersiap-siap, sarapan, dan pukul 07:00 WIB kembali melaju menelusuri jalanan Tasik. Tujuan berwisata kami adalah Danau Situ Lengkong yang terletak di desa Panjalu. Setelah satu setengah jam menempuh rute Tasikmalaya Rajapolah Panumbangan Panjalu (Ciamis) dengan jarak kurang lebih 40 kilometer sambil menikmati pemandangan yang sangat indah di sepanjang perjalanan, kami pun tiba di Situ Lengkong. Bahagia rasanya bisa menghirup udara segar dari pinggir danau. Maklumlah, udara di kota sudah terkena polusi. Tak sabar untuk mengelilingi danau, kami segera menyewa perahu sampan bermotor yang tersedia dengan tarif Rp 90.000,-. Bila Anda sabar menunggu atau membawa rombongan, tarifnya hanya Rp 4000,- perorang dengan kapasitas penumpang sebanyak 30 orang untuk setiap sampan motornya. Situ Lengkong adalah sebuah objek wisata danau berupa perpaduan antara wisata alam, wisata budaya, dan wisata ziarah, yang memiliki daya tarik tersendiri yang berada di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis bagian utara. Di objek wisata ini, pengunjung bisa menikmati keindahan panorama alam danau

(situ) yang berudara sejuk dengan sebuah pulau terdapat di tengahnya. Nusa Gede adalah suatu pulau yang boleh didatangi oleh pengunjung yang terdapat di Danau Situ lengkong. Di Nusa Gede ini terdapat makam Sanghyang Kencana, putera kedua dari Prabu Sanghyang Borosngora, Raja Panjalu yang membuat situ Lengkong pada masa beliau menjadi Raja Panjalu. Para pengunjung banyak juga yang berziarah ke makam tersebut. Untuk menghormati jasa para leluhur Panjalu, maka sampai saat ini warga keturunan Panjalu selalu melaksanakan semacam upacara adat yang di sebut Upacara Nyangku, yang biasanya digelar setiap bulan Maulud, dengan jalan membersihkan benda-benda pusaka yang disimpan di sebuah tempat khusus yang disebut Bumi Alit. Konon air Situ Lengkong tidak pernah kering meski terjadi kemarau panjang. Kawasan Nusa Gede menjadi habitat bagi Kelelawar serta satwa lainnya dengan tingkat populasi yang terus bertambah. Suara Kelelawar yang bersahutan dengan kicauan burung lainnya di pagi hari menjadi pelengkap daya tarik tersendiri. Kelelawar-Kelelawar itu akan beterbangan di sekitar pulau ketika mendengar suara motor perahu sampan yang mendekat ke Nusa Gede, sehingga menarik perhatian para pengunjung yang akan singgah.

Budgeting Liburan ke Tasik Transportasi Bensin Pergi - Pulang Rp 250.000 Tol TB Simatupang - Cileunyi Rp 49.000 Wisata Situ Lengkong Tiket Masuk Rp 2.500per-orang Sewa Perahu Sampan Motor Rp 90.000 Harga Barang Kerajinan di Raja Polah Tas Anyaman Rp 25.000 - Rp 40.000 Tudung Saji Rp 35.000,- sampai Rp 80.000 Tempat Koran Rp 40.000 - Rp 80.000

Sandal Anyaman Rp 10.000 - Rp 20.000 Gelang Rp 5.000 Harga Barang di Pusat Bordir Kawalu Mukenah +Tas Rp 250.000 - Rp 1,5 juta Daster Rp 40.000 - Rp 80.000 Kebaya Mulai Rp 175.000 Harga Oleh-Oleh di Garut Dodol Curah Aneka Rasa Rp 16.000 / kg Dodol Garut Rp 19.000 / kg

ONTHEWAY Hal 27


BUAH TANGAN Selesai berkunjung menikmati keindahan alam dan menghirup segarnya udara di Situ Lengkong, kami pun akan beranjak menuju Rajapolah. Rajapolah adalah salah satu pusat penjualan kerajinan tangan asli dari Tasikmalaya. Bagi Anda yang gemar berbelanja kerajinan tangan, sepatutnya Anda menyambangi daerah Rajapolah ini. Di sepanjang jalan daerah ini akan banyak dijumpai toko-toko yang menjual kerajinan tangan. Mulai dari perlengkapan rumah tangga seperti Sapu, Tempat Koran atau Majalah, Tudung Saji, Kap Lampu, Tikar, Alas Makan, Topi, Sandal, Tas, sampai pernak-pernik cantik seperti Kalung dan Gelang. Bahan dasarnya bermacammacam, ada yang dari bambu, pandan, lidi, mendong, hingga batok kelapa. Semuanya dijamin ramah lingkungan. Harganya pun bervariasi tergantung besar kecilnya dan jenis barangnya. Semua kerajinan tangannya terlihat unik dan menggugah hati untuk memilikinya, atau untuk sekedar oleh-oleh bagi keluarga dan teman-teman anda. Setelah cukup berbelanja sedikit kerajinan tangan di Rajapolah, kami bergerak lagi menuju suatu daerah yang terkenal dengan kerajinan tangannya juga, nama daerahnya Kawalu. Daerah ini dikenal karena seni bordirnya. Menurut teh Risha pengelola usaha bordiran Bunga Tanjung, usaha bordiran di daerah Kawalu ini sudah dimulai sejak tahun 1970-an. Para pengrajinnya berasal

ONTHEWAY Hal 28

dari penduduk sekitar yang berawal sebagai sebuah usaha rumahan. Pada tahun 2004 perkembangan bordiran di Kawalu semakin pesat semenjak para pengusaha bordir di daerah ini sudah mulai memiliki mesin bordir komputer yang diimport dari Jepang dan China yang harganya sampai Rp 500 juta. Sentra bordir Kawalu Tasikmalaya merupakan pusat kerajinan seni baju bordir Tasikmalaya. Produk bordirnya berupa Mukenah, Kerudung, Gamis, Baju Koko, Kebaya, Tas dan juga baju tidur. Ciri khas baju bordir Tasik menggunakan sentuhan seni bordir tangan, dan memadukan bordir dengan mesin bordir komputer sehingga menghasilkan seni bordir yang berkualitas. Harga-harga untuk sebuah produk bordir pun bervariasi. Untuk harga sebuah tas bordir saja dibanderol mulai harga Rp 50.000,sampai Rp 80.000,- , tergantung dari tingkat kesulitan bordiran. Lain lagi untuk sebuah Mukenah bordir, satu buah Mukenah plus dengan Tas Mukenahnya dibanderol dengan harga Rp 250.000,- sampai jutaan rupiah,- . Dan biasanya Mukenah ini dibeli untuk acara seserahan pernikahan, jadi harganya lumayan agak mahal. Bagi Anda yang ingin membeli Kebaya, di daerah Kawalu ini sebuah Kebaya dibanderol mulai Rp 175.000,- hingga jutaan rupiah dan itu belum dilengkapi dengan kain bawahan Kebaya. Untuk harga bordiran tersebut masih relatif lebih murah dibandingkan dengan harga-harga yang sudah ada ditoko-toko di Jakarta.


Bordiran Tasikmalaya saat ini masih memiliki potensi pasar yang masih sangat luas baik di dalam negeri maupun luar negeri, namun dengan kondisi persaingan yang semakin ketat, tetap harus membutuhkan inovasi produk dan pemasaran yang lebih kreatif lagi. Kerajinan Bordir salah satu unggulan dari Kota Tasikmalaya, yang kemudian menempati rangking pertama di antara 10 Kota / Kabupaten lainnya di Jawa Barat, yang juga mempunyai keunggulan seni bordir. Pemasaran seni bordir Kawalu Tasikmalaya sudah meliputi dalam dan luar negeri, untuk dalam negeri seperti Jawa, Sulawesi, NTT, Sumatera, Kalimantan, Jawa Timur, dan kota-kota lainnya. Sedangkan untuk pemasaran luar negeri meliputi Mesir, Saudi Arabia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Negara-negara lainnya. Bahkan terkadang turis-turis mancanegara langsung datang ke daerah Kawalu ini .� Terang Teh Risha� Selesai kunjungan kami di daerah Kawalu, maka selesai pula liputan tim OTW di kota Tasikmalaya ini. Dari Kawalu kami kembali

ke rumah Uwa' Nono untuk packing barang bawaan kami sebelum pulang menuju Jakarta. Sebelum pulang, kami sempat berbelanja sandal buatan industri rumahan yang berada dekat dengan rumah Uwa' Nono di daerah Mangkubumi. Harganya pun cukup terjangkau, namun harus membeli satu kodi atau paling sedikit 5 pasang. Pukul 15:30 WIB kami pun mulai beranjak pulang menuju Jakarta. Ketika melewati kembali daerah Garut kami menyempatkan untuk mampir membeli oleh-oleh camilan yang sudah terkenal yaitu dodol dengan beraneka rasa seperti dodol dengan rasa Apel, Nanas, Strawberry dan rasa-rasa lainnya. Perjalanan selama dua hari kami menyusuri kota Tasik ini bener-benar sangat berkesan, membuat kami untuk lebih bersemangat lagi menjalani hidup ini, dan tentunya juga lebih dapat mempromosikan dan mencintai tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia ini.

ONTHEWAY Hal 29


About Cover

Albertus Dimas Gaga Enterpreneur

Photografer : Ahmad Rahardian Property : OTW

ONTHEWAY Hal 30

ONTHE WAY

Edisi Ju World C li 2010 up 201 0

step up y our life

Macau World Heritag e Journe

Tasikmyato laya Festiva

Tempol Malang Doeloe Gubern ur Jaka r

Dari Ma sa

ke Mas a

ta

Tempa Final Pi t Pilihan Nonto ala Dun n ia Afrika Bareng Selatan

Jeanneke N Karaeng HR Officer UOB Kay Hian


ONTHEWAY Hal 31


ONTHEWAY Hal 32


Nontong Bareng Final Piala Dunia Afrika selatan

ONTHEWAY Hal 33


Nonton Bareng Final Piala Dunia Afrika Selatan Nonton Bareng, budaya ini bisa di katakana budaya jaman di dulu di kala televisi sebagai sarana hiburan masih sangat jarang sekali di jumpai. Biasa nonton bareng ini di dilakukan di balai-balai desa ataupun rumah penduduk yang pada waktu itu tergolang berkelas ekonomi tinggi. Tapi seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknolgi serta peningkatan ekonomi, budaya nonton bareng mulai di tinggalkan karena hampir setiap keluarga memiliki alat penangkap siaran tv sendiri. Budaya nonton bareng yang sudah jarang ini sekarang mulai muncul lagi, walaupun hanya sebulan saja dalam rangka menyambut piala dunia Afrika Selatan. Bedanya nonton bareng jaman sekarang lebih bersifat bisnis dan hiburan sedangkan nonton bareng jaman dulu terjadi

ONTHEWAY Hal 34

karena sebuah keterbatasan televisi. Padahal apabila dilihat lebih dekat lagi, nonton bareng banyak sekali memberikan manfaat, salah satunya adalah nonton bareng dapat mempererat tali pertemanan ataupun persaudaraan, apalagi dalam hal nonton bareng piala dunia ini, pasti antar pendukung tim kesayangannya akan terjadi interaksi yang kuat untuk sama-sama pertahankan jagoangnya masingmasing. Selain itu dari segi ekonomi, nonton bareng pun bisa menggairahkan bisnis-bisnis hiburan yang ada, sehingga dapat terjadi perputaran uang yang cepat. Dan yang tak kalah penting, nonton bareng itu dapat menghemat listrik PLN di tengah krisis listrik yang sedang di hadapi oleh Indonesia. Nah buat Anda pencinta sepak bola, kapan lagi Anda menikmati nonton bareng kalau bukan di saat piala dunia 2010 ini.


Tempat Pilihan Nonton BarengFinal Piala Dunia Afrika Selatan

1

Pekan Raya Jakarta

Tempat pilihan lain yang bisa menjadi alternatif Anda buat nonton final piala dunia adalah Pekan Raya Jakarta yang sedang berlangsung di kemayoran. Di tempat ini Anda dapat menonton final piala dunia dengan sajian layar raksasa yang terdapat di beberapa titik. Di tempat ini Anda dapat menonton langsung final piala dunia dengan ribuan pengjung PRJ yang pastinya akan menambah semarak Anda dalam

3

La Piazza Kelapa Gading

Salah satu tempat pilihan yang dapat jadi alternative buat Anda nonton bareng final piala dunia adalah La Piazza Kelapa Gading. Disini selain Anda dapat nonton bareng final world cup 2010 Afrika Selatan, Anda juga dapat menikmati berbagai macam hiburan yang disipakan oleh panitia salah satuanya adalah games dan doorprize.

4

2

Blitzmegaplex

Buat Anda yang penasaran ingin menonton pertandingan piala dunia dengan layar besar seperti di Bioskop, Anda dapat menoba menonton final piala dunia di Blitzmegaplex. Di sini Anda dapat meneonton piala dunia senyaman Anda menonton film di Biskop. Blitzmegaplex menyelenggarakan acara nonton bareng piala dunia ini di beberapa tempat, seperti blitzmegaplex Grand indonesia, Teraskota, Central Park, Mall of Indonesia dan Paris van Java.

Mall of Indonesia

Tempat keren lagi yang bisa jadi referensi Anda buat nonton bareng final piala dunia adalah Digital Lounge (DI.LO) Creative Center Mall of Indonesia Kelapa Gading - Jakarta Utara. Disini Anda dapat menikmati suasana final piala dunia lebih memukau lagi, karena tempat ini memasang BIG SCREEN dengan 3 Proyektor.

ONTHEWAY Hal 35


5

Summarecon Serpong

Tempat pilihan di bilangan BSD city ini dapat juga menjadi acuan buat Anda yang ingin menonton final piala dunia, yaitu di Downtown & Salsa Food City Summarecon Mal Serpong. Di tempat yang cozy ini, Anda dapat menikmati nonton baeng sambil menyantap makanan yang Anda suka. Denan suasana terbuak, tempat ini menyajikan suasana berbeda dalam menikmati indahnya liuk kan maestro sepak bola.

7

Aston Denpasar

6

Magnolia CafĂŠ

Tempat pilihan yang keren juga utuk Anda nonton final piala dunia adalah Magnolia Cafe yang berada di Aston Kuta. Dsini Anda akan menikamati berbagai penawaran menarik dari pihak penyelenggara, yaitu beli 3 bir botol kecil dapatkan gratis 2 botol, beli 2 bir botol besar dapatkan gratis 1 bir botol, selain itu ada juga harga khusus untuk berbagai pilihan sajian kopi hangat yang dihidangkan dengan potongan nenas goreng atau pisang goreng serta pancake. Dan yang tak kalah seru adalah penawaran khusus cocktail dengan potongan pizza diatasnya.

Buat Anda yang sedang atau berada di Pulau dewata, tempat pilihan ini dapat menjadi alternatif Anda untuk menikmati malam puncak piala dunia, tepatnya di ASTON Denpasar Hotel & Convention Center. Uniknya untuk menyelenggarakan nonton bareng event terakbar dunia ini, Aston Denpasar Hotel & Convention Center menyulap Jempiring Restoran sebagai tempat yang sempurna untuk menonton pertandingan. Di tempat ini manajemen hotel memasang layar lebar yang akan memuaskan pandangan Anda serta tambahan 3 TV layar datar lainnya di sekitar restoran. Di ajang nonton bareng ini, Aston Denpasar Hotel & Convention Center akan menyiapkan Menu Spesial Piala Dunia, seperti Kick Off Fries, Corner Kick Spicy Wing, Long Trow Samosa & Spring Roll, Free Kick Sandwich , Penalty Stuffing French Bread.

8

Restaurant Cepat Saji

Untuk Anda yang memilki budget terbatas, Anda dapat menikmati nonton bareng final di restaurant-restaurant cepat saji yang terdapat di Mal-mal yang dekat tempat tinggal Anda seperti Mc Donalds dan KFC. Disni anda dapat memesan makanan yang terjangkau dan menikmati malam final dengan screen yang di pasang oleh menajemen restaurant.

ONTHEWAY Hal 36


ONTHEWAY Hal 37


Events

Untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, Aston at Grand Kuta Hotel and Residence melakukan penanaman pohon di daerah Legian, Bali Indonesia. Program ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Juni 2010 yang dihadiri oleh rekan rekan media, pejabat desa dan pihak pengamanan daerah setempat. Penanaman pohon dilakukan di sekitar daerah Legian dengan berbagai jenis pohon dan secara simbolis dilakukan oleh Lurah, Bendesa adat, Ketua LPM, Kelian suka duka, Kepala lingkungan, Kasatgas, Polmas serta Babinsa daerah Legian yang dilanjutkan oleh General Manager serta staf Aston at Grand Kuta Hotel and Residence.

Swiss-Belhotel Kendari

ONTHEWAY Hal 38

Cooking Class Hotel Ciputra kembali mengadakan acara Cooking Class khusus untuk anak-anak ditemani orang tua dalam rangka liburan sekolah. Program ini diadakan setiap tahun di bulan Juni Juli dengan tujuan untuk meramaikan liburan sekolah dan mempererat hubungan antara orang tua dan anaknya. Acara ini diadakan pada hari Sabtu, 19 Juni 2010 pukul 10.30 pagi di Victoria 1, Hotel Ciputra Jakarta dan dihadiri lebih dari 40 peserta. Tema yang diangkat adalah “Sehari Menjadi Koki Itali.� Dengan dipandu oleh Chef Hotel Ciputra Jakarta, Dodi Lebriansyah peserta diajarkan cara memasak Fruit Prawn Salad, Spaghetti dan Fettucine Napolitan Sauce juga memberikan tips-tips untuk membuat makanan yang higienis, enak dan menarik.


Events

Aston at Kuningan Suites

Aston International mengumumkan bahwa grup Aston mengambil alih manajemen hotel apartemen yang cukup bergengsi di Jakarta, yaitu The Kuningan Suites. Pengumuman ini diikuti dengan acara perayaan perkenalan nama hotel baru dengan memperkenalkan anggota terbaru dari Grup Aston yang semakin berkembang ini kepada media serta perwakilan dari industri pariwisata sebagai “Aston at Kuningan Suites�. Aston at Kuningan Suites memiliki lokasi yang strategis di Jalan Setiabudi Utara, dan memiliki 100 kamar apartemen dan suite mewah yang dapat digunakan untuk lama tinggal dengan jangka waktu panjang atau sebentar.

Afternoon Breeze Aston Marina Ancol memperkenalkan berbagai tambahan fasilitas baru. Diantara nya, Zhu Spa terletak di lantai M2, wedding function di Gazebo area, One Bedroom Deluxe Residence dan juga Playroom yang terletak di Cium2 Lounge & Bar Lobby level. Acara dimulai dengan penampilan 15 koleksi gaun cocktail terbaru dari designer Windy Chandra di Cium2 Lounge & Bar yang terletak di area lobi. Dilanjutkan dengan peresmian ZHU spa di gazebo area. Pembukaan wedding function di Gazebo area, pembukaan Zhu spa yang ditandai dengan seremoni 'toast' oleh Bp. Robert Hunter, selaku General Manager Aston Marina bersamasama dengan seluruh tamu

ONTHEWAY Hal 39


Jakarta oh Jakarta

Ondel-Ondel Budaya Betawie Yang Mulai Tersingkirkan Teks by Nanda Aditama

Begitu banyak budaya kesenian di Jakarta ini khususnya kesenian dari Betawi, salah satunya adalah Ondel-Ondel. Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta siapa yang tak kenal Ondel-Ondel ?. Jaman sekarang ini sulit sekali menemukan kesenian Ondel-Ondel, selain pada acara ulang tahun kota Jakarta. Arak-arakan ondel-ondel tak lagi sering seperti pada jaman dulu di masa keemasannya. Arus pendatang dari luar Jakarta membuat pembauran suku bangsa menjadikan adanya pergeseran kebudayaan asli Jakarta. Ondel-Ondel yang menjadi salah satu ciri khas kesenian Betawi adalah berupa boneka besar yang tingginya sekitar 2,5 m dengan garis tengah sekitar 80 cm, dibuat dari anyaman bambu yang disiapkan sebegitu rupa sehingga mudah dipikul dari dalamnya. Bagian wajah berupa topeng atau kedok, dengan rambut kepala dibuat dari ijuk. Wajah Ondel-Ondel laki-laki di cat dengan warna merah, sedang yang perempuan dicat dengan warna putih. Bentuk pertunjukan ini banyak persamaannya dengan yang terdapat di beberapa daerah lain. Di Pasundan dikenal dengan sebutan Badawang, di Jawa Tengah disebut Barongan Buncis, dan di Bali barong landung. Pada zaman dulu sebelum masuknya islam ke Pulau Jawa pertunjukan Ondel-Ondel dipengaruhi oleh mistik, ondel-ondel dimainkan oleh suatu masyarakat sebagai sebuah media pelindung keselamatan nenek moyang atau leluhur masyarakat Betawi. Ondel-Ondel digunakan untuk

ONTHEWAY Hal 40

mengusir setan (pembawa penyakit), dimainkan bila suatu wilayah tertentu terserang wabah, boneka ondel-ondel akan di arak dari kampung ke kampung untuk mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari Sang Maha Kuasa. Pertunjukan Ondel-Ondel biasanya juga diiringi oleh musik yang mengiringi sepanjang arak-arakan berlangsung. Musik pengiring OndelOndel tidak tertentu, tergantung masing-masing rombongan. Ada yang diiringi Tanjidor, ada yang diiringi gendang pencak Betawi, ada pula yang diiringi Bende, “Kemes�, Ningnong dan Rebana Ketimpring. Yang menarik adalah semua alat-alat musik itu dibuat sendiri. Gendang dari kayu, kenong dan kempul dibuat dari plat seng. Kini, ada juga yang menambahkan instrumen gesek yang asalnya dari gambang kromong, namanya tekyan. Gaya tarinya hanya goyang kiri-kanan, lirik musiknya juga masih sama seperti dulu. Misalnya lagu Lenggang-lenggang Kangkung, Kicir-kicir, atau Sirih kuning. Di masa sekarang ini Ondel-Ondel dipertunjukan untuk menyemarakkan pesta-pesta rakyat atau menyambut tamu terhormat, arakarakan pawai dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia, atau pada saat hari ulang tahun Jakarta. Ondel-Ondel masih tetap bertahan sebagai ciri khas kebudayan Betawi ditengah derasnya arus perkembangan hiburan dan teknologi, serta menjadi penghias mengiringi gamerlapnya ibu kota Jakarta.


Sunda Kelapa Saksi Sejarah Kejayaan Jakarta

Teks by Nanda Aditama

Ketika matahari tak lagi menyengat, siang menjelang sore membawa kami OTW sampai di salah satu pelabuhan tua terkenal yang terdapat di Jakarta, Sunda Kelapa namanya. Kami coba untuk mengungkit kembali masa lalu yang melekat dari Pelabuhan Sunda Kelapa sebagai suatu pengetahuan sejarah yang tak akan lekang oleh perubahan zaman. Di pintu masuk Pelabuhan saja kami sudah disuguhi pemandangan kapal-kapal besar dengan tiang-tiang tinggi yang menjulang, seolah menunjukkan kejayaan masa lampau yang tetap terjaga. Menurut info sejarah yang kami temukan diberbagai situs internet, Sunda Kelapa adalah cikal bakal kota Jakarta. Konon nama Pelabuhan Sunda Kelapa sudah tersohor sejak abad ke-12. Kala itu pelabuhan ini dikenal sebagai pelabuhan Lada yang sibuk milik kerajaan Pajajaran, Kerajaan Hindu terakhir di Jawa Barat. Kapal-kapal asing dari Cina, Jepang, India Selatan dan Arab berlabuh di sana membawa

ONTHEWAY Hal 42

barang-barang seperti Porselen, Kopi, Sutra, Kain, Wangi-Wangian, Kuda, Anggur, dan zat warna untuk ditukar dengan rempah-rempah. Kemudian pada tahun 1512 Bangsa Portugis tiba di Sunda Kelapa mencari peluang perdagangan rempah-rempah. Keberadaan mereka ternyata tidak berlangsung lama, setelah gabungan kekuatan Muslim Banten dan Demak dipimpin Sunan Gunung Jati atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fatahillah menguasai Sunda Kelapa dan mengganti Sunda Kelapa menjadi Jayakarta yang artinya kemenangan yang nyata pada 22 Juni 1527, dan pada tanggal tersebut dijadikan sebagai ulang tahun kota Jakarta. Perlahan kami pun masuk lebih jauh kedalam untuk menikmati pelabuhan suasana pelabuhan tua ini. Ternyata Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta mempunyai potensi wisata alternatif yang belum dimaksimalkan untuk wisata air dengan sampan. Pengunjung atau wisatawan dapat menikmati


pemandangan kapal-kapal kayu yang berlabuh dengan menyewa sampan untuk berkeliling di kawasan Pelabuhan bongkar muat ini. Harga yang ditawarkan pemilik sampan pun cukup terjangkau untuk menyewa sampan berkapasitas tujuh orang , yaitu hanya Rp 30.000 saja. Sampan-sampan itu biasanya bersandar di pinggir pelabuhan di antara kapal-kapal pinisi besar yang kebanyakan berasal dari Kalimantan dan Sulawesi. Pemilik sampan akan mengantarkan pengunjung hingga ujung pelabuhan. Namun, jika pengunjung ingin lebih jauh lagi, pemilik sampan akan dengan senang hati membawa pengunjung berkeliling, mungkin hingga menara mercusuar Pelabuhan Sunda Kelapa. Ternyata Pelabuhan ini layak disebut sebagai kawasan ekowisata sebab suasana di daerah tersebut cukup menarik untuk dilihat dan didokumentasikan. Namun sayangnya keindahan alam di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa ini nampaknya tidak diimbangi dengan kebersihan lingkungan disekitar Pelabuhan, terlihat banyak sampah berserakan di sepanjang pinggiran pelabuhan dan limbah dari kapal-kapal yang membuat tercemarnya air laut di sekitar Pelabuhan ini, mungkin karena Pelabuhan ini lebih dikenal orang dengan Pelabuhan bongkar muat barang. Kurangnya fasilitas umum yang memadai di Pelabuhan Sunda Kelapa ini juga belum dapat mendukung untuk membangun citra sebuah kawasan ekowisata. Masih banyak yang harus dibenahi, dipersiapkan dan diperhatikan agar potensi daerah ini bisa lebih terangkat. Kami berharap Dinas Pariwisata Pemda DKI Jakarta memperhatikan dan peduli terhadap daerah ekowisata tersebut agar dapat dilestarikan sehingga akan banyak wisatawan yang berkunjung. Menjelang senja terbenam di ufuk barat kami pun perlahan beranjak dari Pelabuhan Sunda Kelapa, menyudahi kunjungan singkat yang sangat berkesan. Bahwa Pelabuhan Sunda Kelapa adalah suatu daerah ekowisata yang berpotensi sebagai tempat alternatif berwisata dengan pemandangan yang berbeda dari tempat wisata lainnya yang ada di Jakarta, dengan kapal-kapal bertiang tinggi dan suasana hiruk-pikuk Pelabuhan sebagai salah satu daya tariknya.

Penukaran Uang Receh di Pekan Raya Jakarta Jakarta Fair Kemayoran (JFK) menyediakan berbagai sarana pendukung dalam bertransaksi. Selain Anjungan Tunai Mandiri, pengunjung dan peserta Jakarta Fair bisa melakukan penukaran uang receh, di tenan Bank Indonesia, Hall D 2 arena Jakarta fair. Setiap orang bisa menukarkan uangnya, dalam jumlah yang tak terbatas.

Kerajinan Pakistan di Pekan Raya Jakarta Souvenir dan budaya ala Pakistan, menjadi pemandangan tersendiri di salah satu sudut hal A, arena Jakarta Fair. Ajang promosi dan bisnis, Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2010, tak hanya diikuti peserta dalam negeri. Meski relatif masih sedikit, ajang tahunan ini juga diikuti peserta dari mancanegara. Salah satunya adalah Laiq Co, perusahaan yang bergerak dibidang Handicrafts, oriental rose and wood furniture dari Pakistan. Selama berlangsungnya JFK 2010, Laiq Co membuka stand di hall A arena Jakarta Fair. Di tempat itu, Laiq Co memamerkan dan menjual, beberapa pernik serta kerajinan khas Pakistan. Seperti batu uniqe, guci tembaga, dompet sampai tas.

Teh Oolong di buru di Pekan Raya Jakarta Teh Oolong, di paviliun Bengkulu, hal B arena Jakarta Fair Kemayoran menjadi primadona pengunjung. Teh yang dipasaarkan PT. Samindo Lestari, ini konon bisa membantu mencegah Diabetes, Penyakit Kangker, Penuaan Dini hingga Penyakit Ginjal dan Jantung. Selain itu, teh ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, mengurangi kemungkinan terserang stroke dan juga berfungsi sebagai anti mikroba dan anti bakteri. www.jakartafair.biz

ONTHEWAY Hal 43


Gubernur Jakarta Dari Dulu Hingga Kini Di rangkum dari berbagai Sumber

3. Sudiro ( 1953 - 1960 ) 1. Suwirjo ( 1945 - 1947 dan 1950 - 1951) Sebagai Gubernur pertama Jakarta, Suwirjo, pria kelahiran Wonogiri, Jawa Timur 1903 ini mulai berperan aktif mengembangkan Jakarta. Menuntut ilmu hukum di Batavia, mengharuskan ia aktif dalam pergerakan kebangsaan. Sebagai Gubernur ibukota negara yang masih baru, beban yang ia tanggung amat berat. Pasalnya, pasca Indonesia merdeka, Jakarta didominasi dengan perjuangan melawan penjajahan Belanda. Karena inilah masa jabatan Suwirjo sempat terputus karena dia ditangkap Belanda. Di era kepemimpinannya Suwirjo dipusingkan oleh persoalan tanah yang menjadi problema utama Kota Jakarta. Oleh karena itu munculah kebijakan mengenai tanah. Ia memutuskan agar semua tanah harus didaftar menurut

2. Sjamsiridjal ( 1951 - 1953 ) Sebelum menduduki posisi Gubernur Jakarta, Sjamsuridjal menjabat sebagai walikota Bandung dan Solo. Selain mengkritis permasalahan tanah, kebijakan yang cukup terkenal pada masa kepemimpinannya adalah permasalahan listrik. Tak hanya itu, berbagai permasalahan seperti air minum, pelayanan kesehatan dan pendidikan turut diprioritaskan. Satu persatu masalah terpecahkan. Untuk mengatasi masalah listrik yang sering padam Sjamsuridjal membangun pembangkit listrik di Ancol. Sedangkan untuk meningkatkan ketersediaan air minum, dia membangun penyaringan air di Karet, penambahan pipa dan meningkatkan suplai air dari Bogor. Di bidang pendidikan ia mendukung pengembangan Universitas Indonesia.

ONTHEWAY Hal 44

Ketika Jakarta mendapat status administratif tingkat I, kebijakan yang dijalankannya waktu itu adalah pemecahan wilayah terkecil, Rukung Tetangga (RT) dan Rukun Kampung (RK) yang kemudian berubah menjadi Rukun Warga (RW). Ia juga memecah Jakarta menjadi 3 wilayah administratif yang disebut kabupaten yang dikepalai oleh seorang patih. Tiga wilayah itu adalah Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Yang tak kalah penting adalah lahirnya ide membangun Monumen Nasional. Inisiatifnya berasal dari Sarwoko, Presiden Soekarno pun mendukung gagasan tersebut.

4. Soemarno Sosroatmodjo ( 1960 - 1964 dan 1965 - 1966 ) Pada masa kepemimpinan Soemarno beberapa bangunan penting akhirnya resmi dibangun. Selain Monas ada juga Patung Selamat Datang dan Patung Pahlawan di Menteng. Tak hanya itu, pembuatan rumah minimum ikut dilaksanakan. Proyek rumah minimum pertama dibangun di Raden Saleh, Karang Anyar, Tanjung Priok dan Bandengan Selatan. Pada masa pemerintahannya, Gubernur yang sekaligus dokter yang juga Brigadir jenderal TNI ini dihadapkan pada masalah besar yang berkaitan dengan pembebasan Irian Jaya dan demonstrasi Ganyang Malaysia.


5. Henk Ngantung ( 1964 - 1965 ) 8. Soeprapto ( 1982 - 1987 ) Sebelum menjadi Gubernur Jakarta, dia menjabat sebagai Wakil Gubernur dibawah Soemarno atas prakarsa Presiden Soekarno. Pengangkatan ini menimbulkan pro dan kontra. Harapan Soekarno terhadap Ngantung adalah menjadikan Jakarta sebagai Kota Budaya. Dengan darah seni yang mengalir di tubuhnya, Ngantung dinilai memiliki bakat artistik. Henk Ngantung dikenal sebagai pelukis tanpa pendidikan formal. Bersama Chairul Anwar dan Asrul Sani ia turut mendirikan Gelanggaang.

Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 12 Agustus 1924 ini dinilai mampu menangani masalah Jakarta yang kompleks. Ia memulai tugas kepemimpinannya dengan mengajukan konsep yang pragmatis dan bersih tentang pembangunan Jakarta sebagai ibukota. Pengalamannya di bidang militer membuat ia harus fokus terhadap stabilitas, keamanan dan ketertiban Kota Jakarta. Salah satu kiprahnya, Soeprapto membuat master plan DKI Jakarta untuk periode 1985-2005 yang dikenal sebagai Rencana Umum Tata Ruang dan Rencana Bagian Wilayah Kota.

6. Ali Sadikin ( 1966 - 1977 ) 9. Wiyogo Admodarminto ( 1987 - 1992) Pria kelahiran Sumedang, Jawa Barat, 7 Juli 1927 ini boleh dbilang cukup populer di antara warganya. Andilnya cukup besar dalam membangun berbagai prasarana Kota Jakarta dari mulai Instansi pendidikan, Rumah Sakit, Sarana Ibadah, Pasar dan Gedung-Gedung bertingkat. Yang lebih menghebohkan, guna mengisi kas pendapatan daerah beliau menyetujui adanya kasino dengan pajak yang tinggi. Bang Ali juga mendirikan Taman Ismail Marzuki. Berkat Kerja kerasnya membuat ia dianugerahi penghargaan Magsaysay dari Filipina pada tahun 1971.

Boleh dibilang di era Gubernur Wiyogo konsep BMW (Bersih, Manusiawi dan berWibawa) dicanangkan di jakarta. Strategi ini tak sepenuhnya berhasil. Masih banyak sampah berserakan dan masih banyak ketakpedulian pada sesama. Pria kelahiran 22 November 1922 ini lebih banyak berkunjung ke berbagai tempat di Jakarta dari pada harus diam saja. Bang Wi, begitu ia dikenal, terkenal sebagai orang yang berpikiran terbuka dan disiplin. Ia peduli terhadap masalah yang melanda Kota Jakarta, misalnya mengurus masalah becak, tanah, sanitasi, dan transportasi.

7. Tjokropranolo ( 1977 - 1982 ) Bang Nolly, begitu ia kerap disapa adalah seorang kapten di masa revolusi fisik. Dahulunya ia adalah pengawal pribadi Panglima Besar Sudirman. Ia juga yang meloloskan Pak Dirman dari serangan Belanda yang berulang kali mencoba membunuhnya. Dalam karier militernya, ia pernah menjabat Asintel Siaga, Sekretaris Militer untuk Presiden. Pada Juli 1977 ia dilantik sebagai Gubernur Jakarta. Sebelumnya Tjokropranolo adalah asisten Gubernur Ali Sadikin. Pria

kelahiran Temanggung, Jawa Tengah, 20 Mei 1924, memanfaatkan pangkat Gubernurnya untuk lebih peduli terhadap nasib buruh. Ia sering mengunjungi berbagai pabrik untuk mengecek kesejahteraan buruh dan mempertimbangkan langsung tentang upah pekerja. Tak hanya itu, anak Bupati Temanggung ini mengalokasikan sekitar 425 tempat untuk 46.000 pedagang kecil agar dapat berdagang secara legal.

ONTHEWAY Hal 45


11. Sutiyoso ( 1997 - 2002 dan 2002 - 2007 )

10. Surjadi Soedirja ( 1992 - 1997 ) Di era '90-an, Surjadi Soedirdja berperan dalam proyek pembangunan rumah susun, menciptakan kawasan hijau dan memperbanyak daerah resapan air. Tapi banyak juga proyeknya yang belum terwujud sampai sekarang, misalnya proyek subway dan jalan susun 3 (triple decker). Yang jelas, Surjadi berhasil membebaskan Jakarta dari becak.

12. Fauzi Wibowo ( 2007 - Sekarang) Doktor Ingenieur dari Fachbereich Architektur / Raum Und UmweltplanungBaungenieurwesen, Universitat Kaiserlautern, Jerman, 2000, ini seorang pekerja keras dan disiplin. Bang Fauzi, sapaan akrab Fauzi Bowo lebih memilih berkarya dari pada banyak bicara. Pria kelahiran Jakarta, 10 April 1948 ini dibesarkan di Jakarta dari keluarga Betawi yang berpendidikan. Sempat masuk Fakultas Tehnik Universitas Indonesia 1966/67 sebelum kemudian melanjutkannya di Technische Universitat di Brunschweig, Jerman. Dari universitas ia meraih gelar sarjana arsitektur bidang perencanaan kota dan wilayah. Beberapa tahun kemudian ia melanjutkan pendidikannya di Universitat Kaiserlautern, Jerman dan mendapat gelar Doktor Ingenieur dengan predikat cum laude dengan thesis tentang pola tata ruang Kota Jakarta. Untuk Gubernur yang masih menjabat ini, masyarakat Jakarta banyak berharap kepadanya untuk meyelesaikan segala permasalaha Jakarta yang ada.

Sutiyoso memang memiliki riwayat karier militer yang membuatnya pantas memimpin pengamanan ibukota. Pria kelahiran Semarang, 6 Desember 1944 ini, lulus dari Akademi Militer Nasional, Magelang, tahun 1968. Ia seangkatan dengan mantang Panglima TNI Jenderal (Purn.) Wiranto dan mantan Gubernur Lemhanas Let. Jend (Purn.) Agum Gumelar. Karier Sutiyosa sebagian besar berjalan di lingkungan pasukan elit Kopassus, dimulai dengan komandan peleton, komandan kompi, kepala seksi 1, komandan karsa yudha, wakil komandan grup 1, sampai wakil komandan Kopassus. Sebelum menjadi wakil komandan Kopassus, ia sempat menjadi asisten operasi kostrad. Sebelum memimpin Kodam Jaya, ia diangkat sebagai komandan korem 061/Surya Kencana di Bogor, Jaw Barat (1993-1994), dan kepala staf Kodam Jaya (1994-1996). Keberhasilannya mengamankan Jakarta dalam pemilu kala itu, serta seringnya mengerahkan pasukan untuk menggerebek tempat-tempat judi dan arena maksiat lainnya di ibukota memuluskan niatnya untuk menuju Balai Kota pada 6 Oktober 1997 sebagai Gubernur DKI Jakarta. Selama 2 periode bersama Fauzi Bowo beliau berkiprah untuk Kota Jakarta. Salah satu hasil kerja kerasnya yang sekarang bias kita nikmati bersama adalah Bus Way dan juga Taman Menteng.

Celebrate Love With Folli Follie’s Heart4Heart Follie follie memperkenalkan kalung “Heart4heart� hati ke hati mempersembahkan tidak hanya satu, tetapi empat hati untuk mengekspresikan perasaan yang terdalam tentang cinta dan kelembutan kepada orang yang ada cintai, kalung ini akan membuat anda dekat dengannya setiap waktu.

ONTHEWAY Hal 46


Profile

“Ramah Terhadap Tamu” Siapa sangka General Manager The Grand Palace Hotel Yogyakarta ternyata dulunya seorang Prajurit Taruna? Apa saja kiat-kiat yang diberikan untuk memajukan perusahaan dan mengapa seorang Prajurit Taruna yang terlihat tegap, gagah dan galak mau banting setir menjadi seorang yang lembut, ramah dan murah senyum? Teks & Photo by Hadi Suwarno Sebagai General Manager di The Grand Palace Hotel Yogyakarta, Alif KH mempunyai keinginan mengembangkan The Grand Palace Hotel menjadi hotel terbaik di Yogyakarta. Untuk itu, berbagai usaha dilakukannya, seperti setiap pagi seluruh hotel manager berdiri di lobby untuk menyapa tamu yang menginap, satu per satu karyawan memperkenalkan diri dengan jabatan dan bagiannya masing-masing, setelah itu mulai melakukan aktifitas. Semua karyawan juga harus selalu tersenyum kepada semua orang baik tamu atau pun sesama karyawan, Ia lebih mengedepankan spirit of service. “Ramah terhadap tamu, itu kuncinya,” ujarnya. Ia merasa dengan banyaknya hotel disekitar The Grand Palace Hotel Yogyakarta, menjadi suatu tantangan baginya untuk mengedepankan The Grand Palace Hotel Yogyakarta dikelasnya. Namun siapa sangka pria 36 tahun ini pernah mengikuti pendidikan militer di Akademi Kepolisian Magelang sampai menjadi seorang Taruna Akabri, tapi ia hanya bertahan selama empat bulan dikarenakan tidak sesuai dengan hati nurani, masuk Akademi Kepolisian hanya memenuhi keinginan orang tua yang juga seorang militer. Keinginannya untuk bekerja di perhotelan yang mendorong Alif menekuni bidang itu, maka Ia melanjutkan sekolah pariwisata di Yasmi dan tercapailah apa yang diinginkannya. Pria yang hobby entertain dan traveling ini mengawali karirnya sebagai waiter di Kapal

ONTHEWAY Hal 48

Pesiar Holand America Line, kurang puas bekerja sebagai waiter, pria kelahiran Cirebon ini terus melanglang dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya seperti Marina Restaurant, Hotel Banjarsari, Karisma International Hotel, Hotel Intan, Hotel Bentani, Karlita International Hotel dan sempat menjadi konsultan hotel pada 2006, kini hatinya sudah berlabuh di The Grand Palace Hotel Yogyakarta sejak hotel ini berdiri pada Desember 2009. Di hotel yang baru dibangun ini, Alif dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannya agar The Grand Palace Hotel Yogyakarta dapat dikenal oleh masyarakat luas. Terbukti dengan turut campurnya Alif dalam pembangunan The Grand Palace Hotel Yogyakarta, pembangunan hotel ini dapat selesai tepat waktu dan dalam beberapa bulan saja, okupansi hotel ini sudah mencapai 5560 persen per bulan. Hotel berkonsep Romawi dan Tradisional ini mempunyai 62 kamar dengan fasilitas seperti kolam renang, spa, karaoke dan delapan meeting room serta restaurant yang terletak berdekatan dengan lobby hotel. Kerajinan tradisional pun disuguhkan di hotel ini. “saya tidak mau budaya kita hilang,” ujar pemain drum Escape Band saat masih di SMA. Kini penampilan Alif KH terlihat lebih fun, ramah dan murah senyum, tidak ada lagi tampang galak diwajahnya.


Produk

adidas stan smith 2 dengan gaya original adidas putih bersih dan berkesan kasual dengan desain minimalis sangat cocok dipadukan segala macam pakaian mulai dari jelana jeans sampai celana pendek

Tidak hanya memiliki kesan klasik, tetapi sepatu kets ini otentik dari Vans dan tersedia dalam berbagai macam kombinasi warna. Kanvas Authentic Vans cocok dengan sepasang celana jeans atau celana pendek kargo, cocok dengan kaos lembut untuk mengalahkan panas.

Travel With Sneakers

Converse Chuck Taylor ini All Star Vintage Slip-ons menggabungkan kesederhanaan dengan gaya desain yang dirancang oleh John Varvatos. Menambahkan twist fashion yang unik untuk model Chuck Taylor slip-ons ini, walaupun tanpa tali tapi tetap menjaga daya tarik dan penampilan yang trendi dan memberikan kesan klasik tapi tetap tetap santai dari tampilan dan nuansanya. Dibuat dengan bahan kanvas berwarna, sepatu All Star Vintage Slip ini dapat di padukan dengan celana pendek atau denim. Keren digunakan untuk malam di kota atau saat hang out bersama teman dan keluarga.

ONTHEWAY Hal 50


Travel With Sunglasses Faktor yang benar-benar penting adalah bahwa kacamata sebuah magnet wanita. Dengan bingkai mengkilap dan lensa berwarna biru, kacamata ini menambah kesan glamor. Kacamata ini dapat melindungi dari teriknya sinar matahari yang masuk ke mata denga nyaman. Kacamata yang menggunakan lensa anti gores yang tahan lama ini memilki warna pada lensa yang kuat dan menampilakn kesan modern.

Seorang pembuat kacamata dengan bentuk dan model moderen klasik, Michael Kors membuat karya lagi dengan seri Barcelona. Kacamata ini merupakan persilanagan antara olahraga tradisional dan fungsional warna. Fitur bingkai kacamata yang tipis dan ramping ini membuatnya cocok untuk bersantai bersamasama. Dengan gaya lembut melengkung yang menunjukkan bahwa pemakainya aktif dan berjiwa petualangan.

Pelindung mata Armani Exchange ini menggunakan lensa yang cukup besar untuk benar-benar berguna sebagai perisai dan menjaga kulit halus di sekitar mata. Bahkan kacamata ini hampir mirip dengan kacamata ski. Produk Armani ini menggunakan lensa dua warna yang memaksimalkan perlidungan dan juga gaya yang menarik. Jika Anda menyukainya terdapat pula warna kaca yang lebih gelap dan trendy serta kasual.

ONTHEWAY Hal 51


Nike Write The Future Nike sebagai salah satu perusahaan perangkat olah raga ternama di dunia meluncurkan sebuah kampanye global yang mengusung tema “Write The Future� pada tanggal 4 Juni 2010 si Senayan City. Program ini bertujuan mengajak para remaja diseluruh dunia untuk mengukir masa depan mereka sendiri seperti yang telah dilakukan sebelumnya oleh para pemain sepakbola kelas dunia. Pada pameran ini ditampilkan seragam Nike dari beberapa negara yang ikut berpartisipasi dalam piala dunia serta rangkaian sepatu bola terbaru Nike yang menggunakan desain dan teknologi terakhir dari Nike.

ONTHEWAY Hal 52


Berlangsungnya 2010 FIFA World Cup™ telah membawa adidas baru-baru ini memperkenalkan sepatu ringan dan tercepat di kelasnya F50 adiZero. Untuk semakin mendekatkan produk F50adiZero kepada konsumen, pada 24 Juni 2010 bertempat di Cilandak Town Square adidas mengadakan F50 adiZero Experintial yaitu sebuah kegiatan dimana konsumen dapat uji coba secara langsung F50 adiZero. Adidas juga memberikan coaching clinic, Freestyle Football Performance, 3 on 3 Street Ball Compettion serta penampilan dari Soul ID, Duo Percussion dan Mike's Apartment.

Sepatu adidas F50

ONTHEWAY Hal 53


Healthy Way

Teks by dr. Diana Bidakara Medical Center

Bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, lensa kontak akan menjadi suatu solusi untuk kepraktisan dan penampilan yang lebih baik. Tentunya apabila dibandingkan dengan kacamata, lensa kontak memiliki beberapa keunggulan seperti tidak dipengaruhi cuaca basah (hujan), tidak berembun, dan menyediakan lapang pandang yang lebih luas sehingga dapat dipakai untuk kegiatan olahraga. Menurut dr. Rita Polana, SpM , dokter spesialis mata di Bidakara Medical Center, sebelum memakai lensa kontak, akan lebih baik apabila kita berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter spesialis mata untuk mengetahui tipe lensa kontak yang sesuai dengan mata kita. Dokter akan melakukan evaluasi kondisi mata serta kualitas dan kuantitas air mata guna menjaga kebasahan mata. dr. Rita juga menekankan bahwa apabila mata tidak memiliki masalah penglihatan, maka tidak dianjurkan memakai lensa kontak karena bagaimanapun juga, lensa kontak sendiri merupakan benda asing yang menutupi bening mata kornea serta mengganggu daya hantar

ONTHEWAY Hal 54

Kesehatan Mata dan Lensa Kontak oksigen ke mata. Menurut beliau, kacamata merupakan koreksi yang paling aman. Lensa kontak memiliki kelengkungan bagian belakang (Base Curve) yang harus disesuaikan dengan kornea mata (selaput bening mata). Pemakaian lensa kontak tanpa diukur terlebih dahulu kelengkungan korneanya akan menyebabkan fitting yang terlalu ketat atau longgar. Hal ini dapat menyebabkan mata kekurangan oksigen dan tidak nyaman. JENIS LENSA KONTAK Dari segi waktu pemakaian, lensa kontak dapat terbagi menjadi beberapa jenis : 1. Disposable yang terdiri dari harian, mingguan, dan bulanan yang dapat dibuang setelah selesai dipakai 2. Frequent Replacement yang harus diganti setiap 3-6 bulan 3. Permanen yang dapat dipakai selama 1 tahun atau lebih


Lensa Kontak

PERAWATAN LENSA KONTAK Kebersihan dan sterilitas sangat diperhatikan di dalam perawatan lensa kontak. Oleh karena itu, sebaiknya : 1. Cucilah tangan dengan menggunakan sabun non-kosmetik sampai bersih sebelum memakai lensa kontak. Sabun yang mengandung parfum, minyak, atau lotion dapat menyebabkan iritasi mata 2. Pakailah lensa kontak terlebih dahulu sebelum memakai make-up. Gunakan hairspray sebelum memakai lensa kontak karena hair spray dapat menyebabkan penumpukan debris pada lensa kontak 3. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan (clean, rinse, disinfect) lensa kontak. Jangan menggunakan air keran karena dapat mengandung bakteri yang dapat menyebabkan iritasi pada mata 4. Gunakan produk perawatan lensa kontak yang direkomendasikan oleh dokter spesialis mata 5. Ganti tempat penyimpanan lensa kontak setiap 3 bulan. Cuci tempat penyimpanan tersebut setiap hari dengan cairan steril lalu keringkan KOMPLIKASI LENSA KONTAK Komplikasi merupakan salah satu yang harus diperhatikan di dalam pemakaian lensa kontak. Pemakaian yang tidak benar, tidak bersih, dan tidak steril dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang harus diwaspadai seperti : 1. Alergi terhadap bahan atau komponen cairan pembersih lensa kontak yang dapat menyebakan konjungtivitis alergica

2. Infeksi bakteri atau amoeba terutama apabila lensa kontak tersebut tidak steril dan terpajan oleh polusi udara. Apabila lensa kontak sudah menyebabkan mata merah maka sebaiknya segera dibuang karena dikhawatirkan sudah terdapat amoeba di dalamnya yang dapat menyebabkan ulkus (perlukaan) kornea 3. Neovaskularisasi atau tumbuhnya pembuluh darah baru di sekitar kornea akibat oksigenasi (penghantaran oksigen) pada kornea mata yang kurang. Sebaiknya lensa kontak tidak dipakai saat tidur karena dapat mengganggu oksigenasi. Neovaskularisasi ini dapat menyebabkan kekeruhan kornea sampai kebutaan Lensa kontak yang memiliki kadar air tinggi memiliki daya hantar oksigen yang lebih baik dibandingkan yang memiliki kadar air rendah. Namun lensa kontak dengan kadar air tinggi akan mudah menyebabkan penumpukan debris (kotoran), lemak, protein, baik yang berasal dari mata ataupun dari luar mata (eksternal). Tingginya deposit debris ini dapat menimbulkan iritasi pada mata. JANGAN GUNAKAN LENSA KONTAK Lensa kontak sebaiknya tidak digunakan pada mereka yang : 路 Memiliki mata kering (dry eye) atau produksi air mata tidak cukup 路 Sering terpapar dengan pewangi (perfumes) 路 Memiliki riwayat infeksi virus pada kornea 路 Tidak mempu menjaga kebersihan dan sterilitas dari lensa kontak (contoh : anak-anak) Menurut dr. Rita, lensa kontak memiliki banyak keuntungan dari segi penampilan dan kepraktisan. Namun tentunya, kita juga harus mengetahui bagaimana pemilihan lensa kontak yang baik serta perawatannya agar bukan saja penampilan kita bertambah baik namun kesehatan mata kita juga terus terjaga. (RP/TRH)

ONTHEWAY Hal 55


Gadget

Samsung NX 10

Samsung memperkenalkan kamera digital terbarunya, NX10 yang mampu menangkap foto sampai 14.6 MP dengan sensor APS-C CMOS dan layar Amoled yang cukup besar yaitu 3 inci sehingga pengguna dapat melihat image dengan jelas dan tajam, bahkan di bawah sinar matahari.

HD 720p dengan H.264 codec dan tak ketinggalan juga memiliki output HDMI. Samsung NX10 juga memiliki fitur tak kalah dengan DSLR di dalamnya dengan mengintegrasikan APS-C size CMOS sensor dan mirrorless interchangeable lens sehingga menghasilkan kamera yang ringan dan tangguh namun mudah dibawa kemana-mana.

Amoled juga 3.000 kali lebih cepat dalam tingkatan respons dari LCD, menampilkan gambar tajam dengan warna-warna cerah, terang secara merata tanpa samping atau cahaya latar, dan memungkinkan untuk melihat layar pada setiap sudut. Selain itu, dengan rasio kontras dinamis 10.000:1 memberikan gambar lebih jelas dengan warna seutuhnya.

Lensa kamera exchangeable digital DSLR menghasilkan kontaminasi debu akibat gesekan yang terjadi selama pergerakannya, saat debu menempel pada permukaan sensor gambar, dapat menurunkan kejelasan gambar yang diambil. Fitur Samsung NX10 supersonic dust removing berfungsi menghilangkan debu secara sempurna, menghilangkan debu dari sensor dengan getaran sebanyak 60.000 kali per detik, tidak masalah seberapa sering Anda melakukan penukaran lensa, hasilnya gambar tetap jernih dan tajam.

Samsung NX10 juga memiliki electronic viewfinder, lens-shift image stabilization, Supersonic type dust reduction, 100-3200 ISO,serta engine baru DRIMe II PRo. Selain mampu merekam foto, kamera digital ini juga mampu merekam video

ONTHEWAY Hal 56

www.beritateknologi.com


Toshiba Libretto W100

Toshiba akan meluncurkan notebook kecil bernama Libretto W100 jenis UMPC dengan layar 7 inci yang akan memberikan Anda 2 layar sekaligus. Anda tidak perlu mengetik dengan keyboard fisik di laptop unik ini karena ada keyboard virtual dengan banyak mode. Notebook ini menggunakan sistem operasi Windows 7 dengan prosesor 1.2 GHz Pentium U5400 processor, 2GB DDR3 RAM, 62GB SSD, sebuah USB port and microSD slot.

Jenis layarnya adalah layar sentuh multitouch dan dua layar ini bisa ditampilkan mendatar penuh. Untuk saat ini, Toshiba masih menyebutnya “concept pc� tetapi tetap berniat memasarkannya dengan harga kurang lebih 1099 USD atau sekitar Rp 10 juta rupiah dalam beberapa bulan mendatang. www.kassa9.com

ONTHEWAY Hal 57


PICK UP POINT

JaBaJoLi Jakarta Bandung Jogjakarta Bali HOTEL Aston Marina Ancol The Acacia Jakarta Sheraton Media Sari Pan Pacific Swiss-bellHotel MBSR The Akmani Novotel Mangga 2 Lumire Mercure Ancol Ciputra Jakarta Ibis slipi Nikko - Jakarta Millenium Hotel Alila Jakarta Ibis Mangga Dua Grand Flora Kemang Gran Melia Jakarta Le Meridien Jakarta Sahid Hotel Jakarta Aston Rasuna Santika Hotel Jakarta Harris Hotel Grand Tropic Red Top Hotel Swiss-bellHotel Intl Ibis Kemayoran Aston Cengkareng Le Grandeur MG 2 Mercure HYWRK Ibis Arcadia CITOS Excelso Starbucks SOHO Chater Box Haagen Daaz

Malayang Vilage Tartine Wing Dome Dixy Pisa Café Black Canyon Bistro Delifrance CIPETE Dapur Sunda Sabara Black Canyon Abuba Lopie salon DARMAWANGSA SQUARE O La La Gelato Bar Grand Canyon Tator Banana Café Rice Coffee Etcetere LA CODEFIN KEMANG Excelso Cold Stone O La La Strabucks Black Canyon Pawon Cilik Secret Recipe The Fuel KEMANG D'Cost Elbow Room Starbucks Liitle Bagdad Warung Pasta Jesselyn Cake Little Bagdhad Tamani Kafe

ONTHEWAY Hal 58

KELAPA GADING Starbucks - Mal Kelapa Gading Excelso - Mal Kelapa Gading Cold Stone - Mal Kelapa Gading Starbucks - La Piazza Chatter Box - La Piazza SENAYAN CITY Starbucks Excelso Secret Recipe Tator SOHO Music Kafe Betawi Urban Kitchen Zuma Frankfurter e’X Meja Info Valet & Car Call Starbucks Fish & Co Otoya PONDOK INDAH MALL Warjok Asli Choopstik Spaghetti House Kafe Betawi Dim Sum & La Mian Bandar Kopi Dairy Queen O la la Thai i Secret Recipe WIJAYA - SENOPATI Torigen The Harvest Inako Lutuye

Ever green salon Tea Box SETIABUDI ONE Ta Wan Pisa Café Strabucks Penang Vilage Puput Chinese Saboga Mangkok Putih Sushi Groove Ya Kun Kaya Toast Dabu-Dabu Autumn Frankfruter

BANDUNG Aston Braga Aston Pasteur GH Universal Banana Inn Holliday Inn The luxton Aston Tropicanay Sensa Hotel Grand Seriti Boutique Hotel Hyatt Regency

f ’X Meja Info f 'Pood Panini House Cosi Yaku Kaya Kopi Luwak Bistro Delifrance Zuma Mangkok Putih Motion Bistro Deli Starbucks Society The Café Cartel

JOGJAKARTA Jogjakarta Plaza Hotel Hyyatt Regency The Phoniex Hotel Melia Purosani Hotel Grand Quality Hotel Mutiara Malioboro The Jayakarta Hotel Santika Jogja Sheraton Mustika Hotel Saphir Novotel Jogja Inna Garuda Hotel Hotel Sahid Raya Kalyana Resort The Grand Palace

OTHERS BiMC - Pancoran d’ocean - Tendean Bluchen - Fatmawati Yopie Salon - Pasfes Johnny Andrean Lingga Salon - Pasfes Java Net - Pasfes Dream Salon&Spa X-Thrill Beauty Etnik Salon O la la - Point Square Excelso - Plaza Indonesia SUIHOU- Plaza Bpd

BALI Aston at Grand Kuta Aston Denpasar 100 sunset Aston Kuta Hotel Bali Kuta Resort Fave Denpasar Aston Bhavana Villas HARRIS Resort Kuta HARRIS Hotel Tuban HARRIS Riverview Bali The Ubud Village Nusa Dua Beach Grand Istana Rama


step up your life Distribution in

Iklan

Advertising Contact Customer Support 021- 26343663

Syarif E. Rasmita 085711990771

Michael Petit 08999223251 ONTHEWAY Hal 59


ONTHEWAY EDISI JULI 2010  

TEMPAT PIIHAN NONTON BARENG FINAL PIALA DUNIA AFRIKA SELATAN