Issuu on Google+

Proposal

DIAKONIA Sebuah Undangan untuk Berbagi

diakoniapmkitb.wordpress.com diakonia@pmk.itb.ac.id http://yhoo.it/diakoniapmkitb


Pengantar Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma. (Matius 10:8) Kami percaya, hanya karena kasih Allah semata kami saat ini diizinkan menimba ilmu di kampus luar biasa ini. Kami juga percaya hanya karena karunia-Nya kami diperkenankan ambil bagian dalam pelayanan Diakonia ini. Karena teladan kasih itulah, kami melakukan pelayanan ini dengan tulus dan sepenuh hati. Semoga pelayanan kami ini bisa mempermudah Abang dan Kakak sekalian untuk berbagi kasih pada adikadik yang masih membutuhkan bantuan semasa kuliah. :)


Sambutan Syalom, Abang dan Kakak alumni sekalian. Kami bersyukur sekaligus bangga ketika, melalui pemilihan oleh pengurus yang lama, kami semua dilayakkan oleh Allah untuk menjadi orang yang bisa membantu orang lain secara nyata. Dengan bimbingan Roh, kami menjadi sahabat bagi saudara-saudara seiman yang mengalami kesulitan keuangan. Puji Tuhan, hari demi hari, kami membuat lebih banyak saudara seiman di kampus ini menjadi lega. Mereka tidak lagi harus memikirkan biaya kuliah dan kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka bisa sepenuhnya fokus pada prestasi, pelayanan, dan persekutuan. Tapi, seperti yang sudah berlangsung selama 15 tahun terakhir, semua ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan keuangan yang berasal dari komitmen perorangan dari alumni seperti Abang dan Kakak. Terima kasih untuk semua itu. Kami sama sekali tidak bisa membalasnya. Tuhan sendirilah yang nantinya akan menganugerahkan mahkota pada Abang dan Kakak sekalian.

Salam Kasih, Koordinator Umum Diakonia PMK ITB 2012


Profil Diakonia PMK ITB adalah sebuah komisi yang menyalurkan bantuan biaya hidup dari alumni ITB bagi mahasiswa Kristen ITB yang membutuhkan. Tidak hanya memberi uang, para diaken juga menjadi pengasuh rohani bagi para penerima. Tuhan memberkati pelayanan ini. Ia membuat lingkaran kasih yang indah untuk Diakonia PMK ITB: setelah mereka lulus dan bekerja, alumni ITB yang dulu mendapat bantuan Diakonia kini menjadi penderma. Dengan makin banyaknya mahasiswa yang bisa dibantu oleh Diakonia, kami berharap makin banyak pula mahasiswa di masa depan yang bisa merasakan bentuk kasih dari para alumni.

Landasan 1. Kasih Kristus yang ada pada kita. 2. Betapa banyaknya karunia Tuhan yang telah kami alami. 3. Masih banyaknya adik-adik kita, para mahasiswa seiman, yang belum menerima karunia seperti yang telah kita terima—bahkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan dalam proses pendidikannya di ITB. 4. Keinginan untuk menjadi rekan sekerja Allah dalam menjalankan mandat budaya di tengah masyarakat, dengan dukungan teman-teman seiman untuk menciptakan komunitas yang membangun.


Sejarah Tahun 1997, Indonesia mengalami krisis ekonomi. Tahun itu juga, puluhan mahasiswa ITB mengundurkan diri. Walau ITB sendiri memberi bantuan pembebasan uang kuliah untuk mahasiswa miskin, kebutuhan biaya hidup masih begitu tinggi. Para dosen Kristen dan anggota PMK pada saat itu kemudian mengawali program bantuan biaya hidup dengan kode nama: Diakonia. Di bawah arahan koordinator umum PMK ITB, tim kerja Diakonia dibentuk. Tim kerja ini bertugas mencari calon penerima bantuan, mencari penderma, serta menyalurkan bantuan dari penderma ke penerima. Pemerhati—orang yang menyalurkan dana dan bertanggung jawab langsung atas seorang atau beberapa penerima—juga bertugas menjadi pengasuh dan pembimbing rohani untuk penerimanya. Sejak tahun itu hingga kini, Diakonia masih terus berjalan.

Tujuan 1. 2. 3.

Memberikan bantuan dana untuk mahasiswa yang membutuhkan. Mewujudkan kasih kepada saudara seiman lewat pemberian perhatian. Memotivasi penerima untuk turut menjadi penderma seusai mereka lulus dan bekerja.


Metode Tim kerja Diakonia PMK ITB bekerja dari balik layar. Di luar tim Diakonia dan alumni penderma, tidak ada orang lain yang tahu siapa saja pengurus Diakonia tahun ini. Hanya anggota humas (dengan nama kode PADI—Penghubung Alumni Diakonia) yang boleh menyatakan identitas mereka sebagai anggota Diakonia kepada jemaat PMK ITB. Tiap semester baru, humas Diakonia mengumumkan tentang Diakonia pada saat Jumatan, dan memberikan nomor kontak kepada seluruh jemaat. Humas juga mencantumkan nomor kontaknya pada Warta PMK ITB. Ketika seorang jemaat menghubungi Diakonia dan mengajukan diri menjadi calon penerima, tim Diakonia akan mengadakan wawancara dengannya untuk mendapatkan latar belakang dan kebutuhan ekonominya. Diakonia lalu memusyawarahkan apakah pengaju tersebut layak menerima bantuan atau tidak, dengan mempertimbangkan data diri pengaju, kondisi keuangan Diakonia, dan perbandingan dengan penerimapenerima lain yang sedang ditangani Diakonia. Jika musyawarah menetapkan bahwa seorang calon penerima layak mendapat bantuan, salah seorang dari anggota Diakonia akan diutus menjadi pemerhati bagi penerima tersebut. Pemerhati berperan memberikan dana bantuan tiap bulan dan menjadi kakak mentor bagi penerima.


Berita

Silakan kunjungi blog Diakonia di diakoniapmkitb.wordpress.com untuk membaca kesaksian dari para penerima dan berita terbaru Diakonia. Seluruh isi di dalam proposal ini juga dapat dibaca di pada blog tersebut. Pengurus Diakonia juga menyediakan milis di Yahoo!Groups sebagai sarana utama pertukaran informasi antara alumni penderma dan pengurus Diakonia.

Narahubung Untuk informasi lebih lanjut tentang rincian kebutuhan dan cara pemberian, silakan hubungi PADI (Penghubung Alumni Diakonia) di bawah ini. Okihita [IF '09] | 0813 3560 7447 okihita@yahoo.co.id Agastia [STI '09] | 0856 8755 450 marshall_agast@yahoo.com Agustina [STF '09] | 0817 9068 899 round_daqiu@yahoo.co.id


Kepengurusan Di pelayanan Diakonia tahun 2012 ini, ada 12 diaken yang giat melayani. Walau seluruh pengurusnya awanama, pembagian tugas masing-masing tetap jelas. Berikut susunan tugas di tahun ini: Koordinator 1. Menyusun jadwal pertemuan tim kerja tiap bulannya 3. Memimpin para diaken mencapai dan melaksanakan visi dan misi Diakonia 4. Bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Diakonia kepada Koordinator Umum PMK dan alumni Sekretaris 1. Mengelola administrasi dan pengarsipan Diakonia 2. Menyimpan data penerima beasiswa, penyantun beasiswa, proposal, dan AD/ART 3. Membuat notula rapat 4. Membuat surat kepada alumni baru untuk memperkenalkan program Diakonia Bendahara 1. Mengelola rekening bank Diakonia 2. Bertanggung jawab atas penggunaan dana Diakonia 3. Membuat laporan keuangan bulanan untuk disampaikan kepada alumni melalui PADI 4. Bekerja sama dengan pemerhati untuk membagikan dana beasiswa setiap bulannya


PADI (Penghubung Alumni Diakonia) 1. Menjadi penghubung antara tim Diakonia dan penderma. 2. Memutakhirkan berita dan kesaksian di blog Diakonia. 3. Menyebarkan proposal untuk mengundang alumni di berbagai kesempatan untuk menjadi penderma Diakonia. 4. Menjadi penghubung antara penerima beasiswa dengan alumni. Keakraban 1. Menjaga hubungan dalam tim Diakonia dengan mengadakan kegiatan bersama dan membuat jaringan doa Diakonia 2. Menjaga hubungan yang baik antara penerima, penderma, dan tim Diakonia dengan mengadakan kegiatan bersama Pemerhati 1. Membagikan dana beasiswa kepada para penerima setiap bulannya. 2. Memperhatikan kondisi penerima diakonia 3. Memperbaharui data-data para penerima beasiswa yang selanjutnya disimpan oleh sekretaris. 4. Mengkoordinir wawancara terhadap pemohon baru. 5. Mengumpulkan cerita kesaksian dari penerima. Dalam kepengurusan Diakonia, satu orang diaken diperkenankan untuk merangkap jabatan, khususnya jika jumlah penerima yang diperhatikan berjumlah banyak.


Kebutuhan Tahun 2011/2012 ini, ITB menerapkan sistem penerimaan yang baru. USM dihapuskan; siapapun bisa masuk ITB melalui SNMPTN. Kebijakan ini membuat siswa SMA dari golongan ekonomi manapun bisa masuk ITB. Kebijakan tersebut membuat makin banyak anak yang mengajukan permintaan bantuan. Di awal tahun ajaran, ada sekitar 50 mahasiswa yang mengajukan bantuan. Namun, karena keterbatasan dana, hanya 20 orang yang paling butuh yang bisa dibantu. Di semester II 2011/2012, kami berencana untuk membantu 10 orang penerima lain, dengan metode penjangkauan Diakonia. Biasanya, seorang anak akan menerima bantuan sebesar Rp 400.000,00 tiap bulan. Namun, biaya bulanan yang diberikan sesungguhnya bisa lebih atau kurang, tergantung pertimbangan Diakonia terhadap kondisi keuangan penerima. Kami menggolongkan dana masukan menjadi dua, neraca dan kas. Neraca merujuk pada dana yang keluar-masuk tiap bulannya, yang menunjukkan kontribusi dari penderma rutin; sedangkan kas merujuk kepada dana cair yang dimiliki Diakonia, yang merupakan kontribusi dari penderma insidental. Sekian ulasan singkat keadaan Diakonia. Silakan hubungi PADI untuk mendapat berita terbaru tentang keuangan dan kebutuhan Diakonia.


Penutup Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca proposal kami. Melalui pelayanan kami di Diakonia ini, kami berharap kami bisa menjadi penghubung antara Abang/Kakak yang berkenan membantu biaya kuliah adikadik mahasiswa ITB. Dalam pelayanan Diakonia ini, kami hanya menjadi perantara. Keikutsertaan Abang dan Kakak ‘lah yang membuat program ini dapat terus terlaksana serta menjadi berkat dan harapan bagi adikadik kita di kampus ini. Jehova jireh. Kiranya Tuhanlah yang memberi karunia dan kelimpahan sejak hari ini hingga Maranatha. Š 2012 - PADI Diakonia PMK ITB

Persekutuan Mahasiswa Kristen Institut Teknologi Bandung | pmk.itb.ac.id | @pmkitb | fb.me/pmkitb


“ Kita tidak perlu tahu apa yang akan terjadi esok; yang penting kita tahu Siapa yang menjaminnya. Yeremia 3:13


Proposal Diakonia PMK ITB: Sebuah Undangan untuk Berbagi