Issuu on Google+

Sabtu, 2 Maret 2013 (19 Rabiul Akhir 1434 H)

SINGGALANG B-15

AGAM

DKP Agam Targetkan Produksi Ikan 73,8 Ribu Ton

ARAHAN - Azwir Dainy Tara memberikan arahan kepada kader Partai Golkar seKecamatan Banuhampu Kabupaten Agam, di aula kecamatan setempat, Jumat (1/3). (ist)

DAMPAK FLU BURUNG

Pemkab Agam Ganti Itik yang Dimusnahkan AGAM - SINGGALANG Kepala Dinas Peternakan, Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Agam, Afdhal menjanjikan akan mengganti itik yang dimusn ahkan akibat terindikasi penyakit flu burung di Nagari Koto Tangah Kabupaten Agam, Kamis (28/2).

PAUD Terpadu Rumah Pelangi Diresmikan AGAM- Peresmian PAUD Terpadu Rumah Pelangi Mahkota Mas Jorong Parik Putus Nagari Ampang Gadang Kecamatan Ampek Angkek ditandai dengan Lomba Mewar nai tingkat PAUD, TK, dan kelompok bermain. Juga ada Lomba Alat Peraga Edukasi (APE) Media Edukatif tingkat guru sekolah PAUD dan TK se-Kecamatan Ampek angkek. Lomba yang dipu satkan Sekolah PAUD Terpadu Rumah Pelangi Mahkota Mas tersebut dibuka Camat Ampek angkek, H.En drizal, Kamis (28/2). H. Endrizal dalam sambutannya me ngatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan lomba me warnai dan APE tersebut. Kegiatan itu, selain dapat menjalin sillaturahmi di antara PAUD, TK, guru, murid dan orangtua juga dapat meningkatkan mental anak serta menyalurkan bakat anak supaya ber kembang dengan cepat. “Kita sangat men dukung kegiatan ini, karena cukup ber manfaat bagi per kembangan siswa siswa PAUD maupun TK,” ujarnya. Selain itu, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada PAUD terpadu Rumah Pelangi, karena PAUD yang baru berdiri lebih kurang satu tahun lalu sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat sehingga banyak para orangtua yang telah menyeko lahkan putra-putrinya di PAUD Terpadu tersebut. Menurutnya, keper cayaan dari masya rakat itu tentunya tidak terlepas dari peran kepala sekolah dan tenaga pendidik PAUD yang memiliki se mangat dan tekad yang kuat untuk menjadikan sekolah PUAD ini terbaik di Indonesia. “Kita berharap melalui perlombaan ini akan muncul bakat-bakat terpendam dari para murid dan para guru yang disalurkan sehingga menghasilkan hasil yang terbaik baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain,” tegasnya. (203)

Dari 1.200 itik yang dimusnahkan, pihak dinas akan mengganti bibit dalam jumlah yang sama atau lebih banyak dari sebelumnya kepada pemiliknya. “Hal itu bahagian dari kepedulian dinas terhadap peternak yang mengalami kerugian disebabkan ternak terjangkit flu burung,” kata

Afdhal kepada Singgalang, Jumat (1/3). Menurutnya, peternak bisa kembali melakukam usaha peternakan yang sama setelah kandang yang ada disemprot anti virus flu burung dan steril seperti sebelumnya. Penyerahan bantuan bibit itu akan diberikan da lam waktu dekat dari bibit

yang ada di daerah setempat. Supaya kondisi itik yang dibesarkan sesuai dengan suhu di daerah tersebut dan mampu hidup dan berkem bang serta menghasilkan telur itik yang lebih maksimal guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaitan dengan hal itu, pihak dinas tetap mengimbau kepa-

da warga sekitar lokasi musi bah flu burung agar waspada dengan masalah yang menimpa terhadap yang lain di waktu lainnya. Meski virus yang ada saat ini tidak membahayakan manusia, setidaknya perlu diwaspadai terjangkit kepada yang lainnya.

Agam, Singgalang Untuk menyukseskan Gerakan Agam Menyemai, Pemkab Agam melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam kembali membuat gebrakan yang menyentuh langsung bagi kesejahteraan masyarakat. Salah satunya menyediakan alat berat secara gratis untuk perluasan kolam bagi kelompok budidayakan ikan di daerah itu. Kepala DKP Agam, Ermanto dan Kabag Humas, Munisfar kepada Singgalang mengatakan, program tersebut dimaksudkan membantu masyarakat dalam usaha pembudidayaan ikan melalui pengembangan kolam masyarakat. Program itu juga sebagai upaya dari Pemkab Agam untuk meningkatkan produksi ikan tiap tahun di sana. Dijelaskannya, pada 2012 lalu produksi ikan di Kabupaten agam mencapai 60 ribu ton lebih dengan luas areal kolam mencapai 256 hektare lebih. Sedangkan 2013 pihaknya menargetkan produksi ikan di Kabupaten Agam mencapai 73,8 ribu ton. Mewujudkan target tersebut pihaknya berupaya mendorong kelompok usaha budidaya ikan masyarakat. Peningkatan produksi ikan itu dapat dilakukan dengan cara memperluas kolam budidaya ikan. “Tahun ini kita telah menargetkan luas kolam usaha budidaya ikan masyarakat mencapai 608 hektare dari luas sebelumnya hanya 256 hektare. Perluasan kolam tersebut diharapkan produksi ikan yang kita tergetkan juga dapat tercapai,” ujarnya. Bagi masyarakat yang akan memperluas usahanya tersebut Pemkab Agam melalui DKP Agam juga telah menyediakan alat berat untuk digunakan pembuatan kolam tersebut secara gratis. Syaratnya menurut Ermanto, masyarakat hanya menanggung BBM dan transportasi. Kemudian lahan yang tersedia minimal 0,5 hektare yang terdapat dalam satu hamparan. Untuk mengurangi biaya mobilisasi alat berat, pihaknya mengharapkan kepada masyarakat yang akan membuka kolam ikan dilakukan secara berkelompok, sehingga biaya trasnportasi untuk memobilisasi alat berat yang dikeluarkan hanya satu kali. (203)

(210)

PELANTIKAN PIMNAG GOLKAR BANUHAMPU

Azwir Ajak Kader Bekerja Sungguh-sungguh Agam, Singgalang Kepengurusan partai di tujuh nagari se-Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam dilantik Pimpinan Kecamatan Partai Golkar Banuhampu, Rosmiati. Pelantikan berlangsung di aula kecamatan setempat, Jumat (1/3). “Dengan telah dilantiknya kepengurusan partai di tujuh nagari, saya berharap Partai Golkar Kecamatan Banuhampu khususnya dan Agam secara umum akan semakin solid. Baik dalam Pemilu maupun Pilpres 2014 mendatang,” sebut Rosmiati. Rosmiati menyebutkan kecamatan tersebut yang berpenduduk 38 ribu jiwa mempunyai dua wakil rakyat dari Golkar. Ke depan, dengan memiliki kader-kader yang kreatif dan bertekad memenangkan Partai Golkar akan semakin banyak yang bisa duduk di dewan. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Agam, Lazuardi yang menyerahkan SK kepe ngurusan kenagarian yang dilantik bersama fungsionaris pusat Partai Azwir Dainy Tara. Lazuardi mengatakan, untuk memenangkan partai dalam pemilu sangat bertumpu pada struktural partai. Khususnya, kehadiran kepe ngurusan di tingkat nagari merupakan ujung tombak partai menghadapi Pemilu 2014.

“Menang atau tidak pada 2014, tergantung pada konsolidasi di jajaran kepengurusan dari tingkat DPD hingga kenagarian. Untuk itu, kami di DPD menyiapkan 15 kader tiap TPS pada 1.200 TPS yang ada di Kabupaten Agam ini,” tutur Lazuardi. Di hadapan kader dan fungsionaris Golkar DPD II Agam, Lazuardi menyampaikan penugasan partai terhadap Azwir Dainy Tara untuk maju sebagai caleg DPRRI 2014-2019 ke daerah pemilihan (Dapil) II Sumbar sangat tepat. Azwir yang selama ini dikenal dekat seluruh kader Golkar di Sumbar, berkesempatan membangun kampung halamannya di Kecamatan Palembayan. “Bang Azwir sangat berpengalaman dalam meme nangkan Partai Golkar. Beliau juga sangat dekat dengan kader dan masyarakat kecil, sehingga memberikan kekuatan bagi partai dalam kegiatan demokrasi di tingkat daerah, provinsi dan pusat. Karena itu saya berharap para kader Golkar dapat menyerap kelebihan beliau,” harapnya. Pada kesempatan yang sama, Azwir Dainy Tara yang diundang khusus menghadiri prosesi pelantikan kepengurusan nagari Partai Golkar setempat mengatakan dirinya ditugaskan ke Sumbar II untuk memperkuat Dapil tersebut. Setelah menerima

amanat DPP Golkar tersebut, Azwir mengatakan telah me ngunjungi setengah dari 16 kecematan yang ada di kabupaten setempat. Azwir menilai tugas politik merupakan sesuatu yang berat. Namun jika dijalankan sesuai moto partai “Suara Golkar Suara Rakyat”, semua dapat dilakukan dengan baik yang berimplementasi terhadap kebesaran Partai Gol kar. “Karena itu, Golkar harus berbuat banyak untuk ma

syarakat. Di Dapil II Sumbar, saya banyak menghimpun keluhan masyarakat terkait minimnya perhatian wakil rakyat terhadap aspirasi masyarakat. Ke depannya, saya berharap semua jajaran internal Golkar untuk mengamalkan moto partai,” ungkap Azwir sambil menegaskan bahwa saat ini kepercayaan masyarakat masih tinggi terhadap Partai Golkar dengan melihat hasil survei nasional yang mencapai angka 12,5 persen. (zul)

MEWARNAI- Sejumlah siswa PAUD asik mewarnai dalam lomba mewarnai tingkat PAUD se-Kecamatan Ampek Angkek Kamis. (asrial gindo)


azwir_ajak_kader