Page 1

Menjelajahi

Alam Selandia Baru Perjalanan Pendek/Hiking Siang Hari Bersantailah di luar ruangan dan terhubung dengan alam. Nikmati beberapa jalur perjalanan pendek dan hiking siang hari terbaik di Selandia Baru, yang membuktikan bahwa hal yang terbaik tidak selalu harus berukuran besar. Jalur ini mudah dicapai, baik untuk keluarga, dan dapat disertakan ke dalam rencana perjalanan dengan mudah – kebutuhan setiap orang akan terpenuhi. Dari mulai ujung utara hingga selatan, melalui belukar alami yang lebat dan hutan alami, serta di sepanjang pesisir yang berbatu, Selandia Baru sangat beruntung karena memiliki berbagai pilihan jalur perjalanan pendek dan hiking siang hari. Sebelum Anda memulai perjalanan, gunakan panduan ini untuk membantu Anda merencanakan dan bersiap menghadapi pengalaman yang luar biasa.

Pilih perjalanan yang sesuai

Rencanakan petualangan Anda

Selandia Baru memiliki berbagai jalur pendek dan tempat hiking siang hari – kebanyakan dari tempat ini menggunakan penanda jalur berkualitas tinggi yang mudah diikuti berwarna jingga, namun beberapa juga dapat melintasi rute yang menantang tanpa adanya jalur atau tanda, dan Anda perlu melengkapi diri secara mencukupi. Sebelum Anda pergi, pastikan Anda telah memilih jalur pendek atau tempat hiking yang sesuai bagi Anda dan kelompok Anda. Pertimbangkan lama perjalanan dan waktu yang dibutuhkan, berapa lama waktu yang tersedia bagi Anda, tingkat kebugaran, dan pakaian serta peralatan yang tepat. Jika Anda tidak yakin mengenai hal ini, Anda dapat bertanya ke penduduk setempat di kantor Department of Conservation (Departemen Konservasi) terdekat, atau i-SITE (mereka tahu banyak mengenai area setempat), atau minta saran dari seseorang di tempat akomodasi Anda. Para Kiwi senang membantu, dan mereka akan dengan senang hati membagi pengetahuan dengan Anda.

Perencanaan perjalanan pendek atau hiking seharian tidak memakan banyak waktu dan hanya membutuhkan sedikit upaya sebelum pergi, guna memastikan Anda dapat menikmati perjalanan. Penting untuk mengingat bahwa kebanyakan tempat “bermain” luar ruangan favorit di Selandia Baru dianggap sebagai daerah ‘terpencil’. Beberapa dari rute ini dapat memakan waktu berkendara beberapa jam dari fasilitas seperti pom bensin, supermarket, kantor polisi, bank, dan layanan/fasilitas lainnya yang mungkin Anda temui di kota kecil maupun besar. Mengetahui semua ini membuat Anda dapat mempersiapkan diri dengan baik. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan pendek/hiking seharian, luangkan waktu untuk menambah perbekalan dan pastikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan sebelum berangkat. Setelah Anda berada di tujuan perjalanan dan meninggalkan area parkir mobil, Anda tidak akan menjumpai layanan atau fasilitas selain dari pondok sederhana, tanda jalur, dan panel informasi di beberapa tempat.

Lake Matheson, West Coast

Cuaca yang selalu berubah Selandia Baru adalah kumpulan pulau di tengah samudera yang luas, dan ini berarti cuaca di sini berubah setiap hari dan tidak stabil seperti kebanyakan bagian kontinental Eropa, Asia, Amerika, dan Australia. Sangat umum untuk melihat matahari di satu saat, dan kemudian hujan lebat serta angin kencang di saat berikutnya – cuaca selalu berubah, dan perubahan ini dapat terjadi dengan sangat cepat. Kebanyakan lingkungan luar ruangan alami kami terletak dekat dengan lautan atau pegunungan. Bersiaplah untuk menghadapi empat musim dalam satu hari.

Hooker Valley, Canterbury

Managawhai Cliff walkway, Northland

Jangan tinggalkan jejak

Tidak ada sinyal

Lingkungan kami sangat spesial dan kami memperlakukannya dengan penuh rasa hormat. Dengan mengikuti berbagai usulan ini, Anda dapat memainkan peran untuk membantu menjaga keindahan Selandia Baru: tetaplah berjalan di jalur yang telah ditandai, bawa semua sampah bersama Anda, hanya gunakan toilet yang telah ditentukan, biarkan lingkungan alami sebagaimana Anda melihatnya (jangan ambil apa pun), hormati satwa liar yang Anda jumpai dan jangan beri makan burung, terutama burung Kea pegunungan South Island yang riang, karena ini berbahaya bagi kesehatan mereka.

Sinyal telepon seluler (termasuk sinyal internet) sangat buruk di kebanyakan area luar ruangan di seluruh Selandia Baru. Bahkan, Anda dapat memperkirakan untuk tidak mendapat sinyal telepon seluler di tengah perjalanan pendek atau hiking seharian, dan kalau pun sinyal ada, ini hanya sementara. Dalam banyak lokasi, Anda akan perlu pergi ke kota kecil terdekat untuk memperoleh sinyal telepon seluler, dan ini dapat berarti jarak beberapa jam berkendara dari sebagian lokasi di Selandia Baru. Selalu bawa telepon seluler Anda untuk berjaga-jaga, tapi jangan mengandalkannya untuk berfungsi tiap saat.


Roys Peak, Wanaka

Daftar Penting Kiwi Jika Anda bertanya kepada tramper (istilah kami untuk hiker atau pejalan kaki) di Selandia Baru, mereka akan memberi tahu tentang apa saja yang harus ada dalam ransel Anda. Berikut adalah daftar sederhana dari Mountain Safety Council (Dewan untuk Keamanan Pegunungan) yang berisi barang yang disarankan untuk dibawa. Daftar ini dapat berubah tergantung dari tempat tujuan, berapa lama Anda akan pergi, dan juga ramalan cuaca, namun gunakan daftar ini sebagai panduan minimal dan tambahkan: • Alas kaki kokoh dengan kualitas yang baik: Sepatu bot hiking adalah yang terbaik. Jalur kami dapat menantang jadi kenakan alas kaki tertutup yang kokoh dan nyaman – sepatu terbuka atau sandal bukan pilihan yang baik untuk jalur di Selandia Baru. • Lapisan pakaian: Lapisan yang dapat Anda kenakan atau lepas sesuai dengan kondisi, adalah pilihan yang baik. Lapisan termal berupa fleece, polipropilen, atau merino, baik untuk dikenakan di tengah kondisi Selandia Baru yang sering lembap. Jangan kenakan kaus katun dan jeans karena pakaian ini tidak baik untuk menghangatkan diri dan menjaga tubuh tetap kering. • Jas hujan: Ini adalah pakaian penting. Jika Anda beruntung maka Anda tidak akan membutuhkannya dan ini baik, tapi selalu bawa jas hujan untuk berjaga-jaga, bahkan di musim panas.

Bagaimana bantuan dapat menemukan Anda? Bahkan ketika berjalan-jalan singkat atau ketika melakukan hiking seharian, penting untuk memberi tahu orang lain mengenai rencana Anda, sebelum berangkat. Di Selandia Baru, Anda diharapkan untuk memberi tahu seseorang tentang kegiatan dan tujuan Anda, sebelum Anda berangkat. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu, layanan darurat kami dapat membantu karena mereka akan tahu rencana rute Anda. Beri tahu orang lain tentang rencana Anda dengan metode apa pun yang menurut Anda baik. Ini mungkin berupa email, telepon, atau pesan SMS terperinci ke seorang teman atau anggota keluarga. Pastikan Anda juga memberi tahu mereka ketika Anda kembali. Anda mungkin tidak dapat memperoleh sinyal telepon seluler selama perjalanan singkat atau hiking seharian, jadi pastikan Anda memberi tahu mengenai rencana Anda sebelum pergi.

Di tengah perjalanan • Ikuti penanda jalur warna jingga dan tetap berada di jalur

• Topi dan sarung tangan hangat: Bahkan saat musim panas, para tramper Kiwi tidak pernah pergi tanpa membawa keduanya.

• Gunakan jembatan ketika menyeberangi sungai, jika tersedia

• Air minum minimal 2 liter/setengah galon: Kecuali jika Anda menemukan sungai atau berjalan melewati suatu pondok, Anda tidak akan menemukan sumber air, jadi bawalah air yang cukup untuk perjalanan satu hari.

• Ikuti semua saran atau informasi yang tertera di rambu

• Makanan untuk satu hari: Bawa sedikit tambahan makanan untuk berjaga-jaga, andaikan Anda lebih lapar dari biasanya.

• Anda tidak membutuhkan izin untuk berjalan di jalur trekking Selandia Baru

• Senter yang dipasang di kepala, dan peralatan P3K kecil yang mencakup obat pribadi: Anda mungkin tidak akan menggunakan barang-barang ini, namun semua ini akan menjadi sumber daya yang baik jika ada sesuatu yang terjadi atau jika tertahan di suatu tempat. • Pelindung dari matahari: Tingkat UV Selandia Baru sangat tinggi. Ini berarti Anda akan sering membutuhkan kacamata hitam, tabir surya, dan topi, pada musim apa pun.

Hal yang harus dilakukan sebelum menjelajah alam di Selandia Baru

3. Waspadalah terhadap cuaca

1. Rencanakan perjalanan Anda

Cuaca di Selandia Baru dapat berubah-ubah dengan cepat. Pantau ramalan cuaca dan bersiap menghadapi perubahan cuaca.

Cari tahu pengetahuan setempat, rencanakan rute yang akan diambil serta jumlah waktu yang dibutuhkan secara masuk akal untuk menjalani rute tersebut.

Tantang diri Anda selama masih berada dalam batas fisik dan pengalaman.

2. Beri tahu orang lain tentang rencana Anda Beri tahu orang lain tentang rencana Anda dan tetapkan jarak waktu agar mereka dapat memperingatkan orang lain jika Anda belum kembali.

Dapatkan info yang Anda butuhkan

4. Ketahui batas Anda

5

langkah mudah

5. Bawa pasokan mencukupi Pastikan Anda membawa makanan, pakaian, peralatan, dan makanan cadangan yang mencukupi untuk menghadapi kemungkinan terburuk. Bawa alat komunikasi yang sesuai.

SINGKAPKAN SELANDIA BARU

TEMUKAN JALUR

DAPATKAN RAMALAN CUACA

RENCANAKAN PERJALANAN ANDA

100% Pure New Zealand www.newzealand.com

Department of Conservation www.doc.govt.nz

MetService New Zealand www.metservice.com

NZ Mountain Safety Council www.mountainsafety.org.nz

NZ Day Hiking Brochure: Indonesian  

A translated introduction to day hiking in New Zealand. Showing visitors how to prepare for a safe and enjoyable walk in the outdoors.

NZ Day Hiking Brochure: Indonesian  

A translated introduction to day hiking in New Zealand. Showing visitors how to prepare for a safe and enjoyable walk in the outdoors.