Page 1

LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI (JOGJA-BALI)

Disusun Oleh Chaerunnisa NAF

REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( RPL )


BAB I PENDAHULUAN A.

Latar Belakang

Latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll. Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan B.

Tujuan Kegiatan Kunjungan Industri

Tujuan kegiatan kunjungan industri adalah sebagai berikut : -

Memberikan motivasi baru kepada siswa terutama dalam belajar.

-

Mengetahui dan melihat alat – alat canggih pada industri tersebut.

-

Melihat secara langsung proses produksi dari awal hingga akhir.

-

Memberi bekal kepada siswa agar setelah lulus menjadi orang yang mandiri C.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kunjungan industri (observasi) yang dilakukan di Jogja (AKRB Yogyakarta) dan Bali (Pemkab Jembrana (smkn 3 Negara)). Pada tanggal 21 april 2014 sampai dengan 27 april 2014


BAB 2 PROFIL INDUSTRI

1. AKRB Yogyakarta

1 AKADEMI KOMUNIKASI RADYA BINATAMA (AKRB) YOGYAKARTA


SEJARAH PERKEMBANGAN AKRB

AKRB pertama kali didirikan oleh Aris Yudanto SH dan Dra Mirsawati,M.si wiraswastawan media di Yogyakarta, dengan akta NotarisSilvia Veronica SH, nomor 28 tanggal 12 maret 1991 dan akta perubahan nomor 21 tanggal 9 september 1999dengan Notaris Soemi Sajogjo Moedito ardjikoen SH. Pertama kalinya AKRB berkantor pusat dijalan purwanggan nomor 7. Kepentingan pengembangan institusi untuk kemudian berpengaruh pada kepengurusan yayasan ini, dimana saat ini AKRB dijalankan dalam satu manajemen dengan STMIK AMIKOM Yogyakarta, dibawah Ketua Dewan Pembina Prof. Dr. H.M Suyanto, MM. Berkantor pusat dijalan janti nomor 3/47 Karangjambe Sayap Barat Jembatan Layang Janti Yogyakarta


VISI AKRB : “Menjadi Perguruan Tinggi Unggulan Dalam Mencetak Tenaga Profesional Di Bidang Komunikasi di Indonesia tahun 2020� MISI AKRB : 1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terbaik dibidang komunikasi dan kepenyiaran berbasis Creativepreneur, sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang komunikasi dan penyiaran untuk kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat. 3. Menjalin kerjasama dengan industri atau dunia usaha sebagai masukan dalam mengasah kemampuan membuat karya-karya dibidang kepenyiaran.

TUJUAN AKRB : 1. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pelatihan di bidang komunikasi dan kepenyiaran , sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 2. Memberikan layanan yang profesional serta menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar dunia kerja. 3. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dengan orientasi Student Centered Learning. 4. Menghasilkan karya-karya yang diakui secara nasional. 5. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan keahliannya dibidang komunikasi dan kepenyiaran.


SARANA DAN PRASARANA 1.1.

Ruang Kelas

1.2.

Laboratorium

1.A, Lab. Editing/Produksi Audio Visual 2.B, Lab. Radio 3.C, Lab. Fotografi 4.D, Lab. Komputer Grafis dan Animasi 1.3.

Ruang Tunggu Dosen

1.4.

Ruang Seminar Ruang Seminar yaitu ruang yang diperuntukan khusus sebagai ruang untuk melakukan koordinasi dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar maupun pengembangan institusional.

1.5.

Mushola

1.6.

Ruang Kegiatan Mahasiswa

1.7.

Ruang Sidang Pendadaran


2 SMKN 3 NEGARA DI Desa Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Provinsi Bali.


VISI :

“Terwujudnya sekolah unggulan dalam prestasi, yang dinamis terhadap perkembangan IPTEK, berlandaskan IMTAQ menuju kemandirian�

MISI : 1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif 2. Menumbuhkan sifat mandiri berlandaskan jiwa kewirausahaan 3. Meningkatkan kemampuan dan etos kerja siswa sesuai dengan tuntunan lapangan kerja 4. Mengembangkan bakat dan minat siswa dibidang nonakademis 5. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa


FASILITAS SEKOLAH

1. Ruang Kepala Sekolah 2. Ruang Guru 3. Ruang Tata Usaha 4. 3 Ruang Laboratorium TKJ 5. 3 Ruang Laboratorium TMM 6. Ruang Perpustakaan 7. Ruang Kantin dan Ruang Rapat Lt 2 8. Ruang Pramuka 9. Ruang Uniut Produksi 10.

Ruang UKS

11. Ruang OSIS 12.

Ruang Lab. KKPI

13.

6 Ruang Kelas X, 6 Ruang Kelas XI, 6 Ruang Kelas

XII 14.

Tempat Ibadah Agama Hindu

15.

Tempat Parkir


JURUSAN : 1. TKJ ( Teknik Komputer Jaringan) meliputi : a. Web Design dan Database, WLAN. b. Sistem Operasi Jaringan (SOJ), LAN. c. Perakitan Personal Computer (PPC). d. Penerapan Konsep Dasar Listrik dan Elektronika.

2. TMM (Tehnik MultiMedia) Meliputi : a. Animasi 2 Dimensi b. Animasi 3 Dimensi c. Web Design d. Graphic Design


BAB 3 PENUTUP A.

KESIMPULAN

Dengan diadakan Kunjungan Industri seperti ini siswa siswi diharapkan dapat berfikir maju, kreatif, dan efisien sehingga dapat mengurangi perilaku yang bersifat negatif misalnya kenakalan remaja karena bakat dan kemampuannya lebih tersalur kepada hal-hal yang positif yang akan berguna bagi kehidupannya baik sekarang maupun yang akan datang.

B.

SARAN

Sekolah mampu memilih tempat Kunjungan Industri yang mampu melayani siswa-siswi melakukan Kunjungan Industri dengan memberikan keterangan-keterangan yang detail.

C.

LAMPIRAN

08 chaerunnisa naf xrpl2 tugas observasi jogja bali  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you