Issuu on Google+

BANDUNG TOURISM

COMPETITION

2012

Bandung Tourism Competition adalah sebuah kompetisi strategi pemasaran (marketing plan) pengembangan objek pariwisata di Kota Bandung, Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran. Kompetisi ini ditujukan untuk membangkitkan kesadaran mahasiswa untuk memberikan kontribusi nyata dalam bentuk ide dan pemikirannya terhadap potensi wisata yang ada di kota ini. BTC juga diharapkan dapat menciptakan marketers yang handal di Indonesia. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiwa S1 dan D3 dari univeristasuniversitas ternama di Indonesia.


GUNUNG TANGKUBAN PERAHU

Terletak 30 km dari pusat kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu telah lama menjadi pusat atraksi pariwisata alam yang kaya akan cermin budaya lokal juga cerita daerah dibaliknya. Maka, Bandung Tourism Competition 2012 menjadikan Gunung Tangkuban Perahu sebagai objek pariwisata yang akan dibuat strategi pemasarannya.


EVENT SCHEDULE 2012 9 Mei

Pendaftaran

Satu grup terdiri dari 3 orang mahasiswa S1 atau D3 jurusan apapun dari Universitas yang sama dapat mendaftar menjadi peserta BTC 2012. Peserta akan diberikan pemberitahuan telah terdaftar apabila telah mengirimkan kembali formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran.

6 Juni Workshop

Seluruh peserta yang telah terdaftar akan diundang untuk menghadiri Workshop Bandung Tourism Competition 2012. Dalam workshop ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang Gunung Tangkuban Perahu dan Tourism Marketing.

9 Juni

Pengumpulan Marketing Plan

20 Juni

Pengumuman 10 Besar

Proposal marketing plan akan dinilai oleh juri dan 10 kelompok dengan nilai terbaik maju ke babak Grand Final untuk memberikan presentasi marketing plan-nya.

Setelah mengikuti Workshop, peserta akan diberikan rentang waktu selama tiga minggu dimana peserta membuat dan mengumpulkan marketing plan, peserta yang tidak mengumpulkan proposal melewati tenggat waktu yang telah ditentukan, dianggap mengundurkan diri.

26 Juni

1 Juli

Grand Final

Presentasi 10 marketing plan terbaik yang telah diseleksi di depan para profesional dalam bidang yang terkait, serta pengumuman pemenang dan penyerahan Piala Gubernur Bandung Tourism Competition


PRIZE

1 2 3

IDR 7.500.000 + Piala Gubernur

IDR 6.000.000

IDR 4.500.000


HOW TO APPLY Kriteria Peserta 1. 2. 3. 4.

Mahasiswa S1 dan D3 yang masih aktif. Tim terdiri dari 3 orang mahasiswa aktif dari Universitas yang sama Peserta diperkenankan untuk berasal dari fakultas yang berbeda Proposal yang dikirimkan ke Bandung Tourism Competition merupakan karya orisinil peserta dan bukan karya plagiarisme.

Pendaftaran

Peserta kompetisi wajib men-download formulir pendaftaran serta booklet Bandung Tourism Competition 2012 di bandungtourismcompetition2012.blogspot.com dan mengirimkan kembali via e-mail ke bandungtourismcompetition@gmail.com. Dengan menyertakan: 1. Nama Tim ( tidak diperkenankan menggunakan nama Universitas asal peserta) 2. Nama seluruh anggota Tim 3. Alamat Email contact person Tim 4. No. handphone seluruh anggota Tim 5. Scan KTM setiap anggota 6. Scan KTP setiap anggota 7. Pas foto berwarna 8. Scan bukti pembayaran

Pembayaran Biaya pendaftaran per tim adalah sebesar Rp 200.000,00 Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer, ke: BCA Bank Mandiri BNI

5540225232 a.n. Anindyta 157000091167 a.n. Rizkyka Waluyo Putri 0173518446 a.n. Ezy Alvira

Formulir dikumpulkan paling lambat tanggal 6 Juni 2012 pukul 23.59. Calon peserta telah terdaftar menjadi peserta Bandung Tourism Competition apabila telah menerima e-mail konfirmasi dari panitia. Apabila peserta belum mendapatkan konfirmasi via e-mail dari panitia, perwakilan tim diwajibkan untuk segera menghubungi panitia untuk konfirmasi lebih lanjut selama 1x24 jam.


TERMS AND CONDITIONS

Workshop

Sabtu, 9 Juni 2012

Bale Rumawat, Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Universitas Padjadjaran, Bandung

Grand Final Minggu, 1 Juli 2012 Bumi Sangkuriang, Ciumbuleuit Bandung

DRESS CODE PESERTA Pria Pakaian Formal (Jas almamater, kemeja berkerah, celana panjang, sepatu)

Pria Pakaian Formal (Jas, kemeja berkerah, dasi, celana bahan, sepatu pantofel)

Wanita Pakaian Formal (Jas almamater, kemeja berkerah, rok/ celana panjang, sepatu)

Wanita Pakaian Formal (blazer, kemeja berkerah, rok, sepatu resmi)

Tanda pengenal peserta akan dibagikan pada saat registrasi ulang sebelum acara dimulai wajib dikenakan sepanjang acara berlangsung.

PARTISIPASI PESERTA a. b. c. d. e. f. g.

Peserta dianjurkan mengikuti rangkaian acara workshop dan bagi 10 besar finalis wajib mengikuti seluruh sesi dan rangkaian acara grand final tanpa terkecuali. Setiap tim wajib membawa flashdisk dan satu (1) buah laptop untuk kepentingan acara. Peserta menunjukkan perilaku yang sopan dan bertanggungjawab. Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam ruang workshop. Tidak diperbolehkan merokok, meminum minuman keras, dan menggunakan obat – obatan terlarang sepanjang rangkaian acara (termasuk waktu istirahat). Peserta diperkenankan hadir bersama pendamping dari universitasnya masingmasing, namun sifat kehadiran pendamping tersebut diluar tanggungjawab panitia dan tidak diperkenankan memasuki ruangan workshop dan grand final. Saat grand final peserta diperbolehkan membawa supporter namun kehadirannya diluar tanggungjawab panitia dan wajib mengikuti peraturan yang ada.


PRESENTASI PROPOSAL a. b. c.

d. e. f.

Sepuluh (10) besar finalis akan diumumkan pada H-6 Grand Final. Sepuluh (10) besar finalis akan memberikan presentasi mengenai marketing plan yang mereka angkat pada submitted paper sebelumnya. Sesi presentasi ini berdurasi sepuluh (10) menit (lihat Conference Agenda). Seluruh tim finalis diwajibkan mempersiapkan bahan presentasi dalam bentuk softcopy microsoft power point 2007 (.pptx) yang dikirimkan kepada panitia melalui email btc paling lambat H-1 Grand Final dengan format dan subject email powerpoint-namatim-namauniversitas.pptx Kepada tim finalis yang mencantumkan design merchandise atau inovasi-inovasi lain berupa design, wajib membawa bukti authentic . Setiap tim finalis diwajibkan untuk menyediakan hardcopy hand out dari materi presentasi sejumlah 5 (lima) rangkap yang akan dibawa ketika grand final dan diserahkan kepada panitia. Dalam pembuatan konten persentasi peserta diberi kebebasan dengan mengguna kan media atraktif lainnya dimana media yang akan digunakan telah dikoordinasikan dengan panitia.

ATURAN DISKUSI a. b. c. d.

Presentasi berjalan dengan menggunakan format diskusi sistematis dimana juri akan bertindak sebagai penilai konten dan moderator sebagai pengarah alur diskusi. Partisipasi dalam mengutarakan maupun menyanggah pendapat hanya dapat dilakukan setelah dipersilahkan oleh moderator. Setiap pendapat diutarakan menggunakan tata bahasa yang formal, sopan, dan komunikatif. Setiap tim finalis diberi waktu untuk presentasi selama sepuluh (10) menit, tanya jawab dengan peserta selama lima (5) menit, dan tanya jawab dengan juri selama sepuluh (10) menit.

KETENTUAN PROPOSAL Proposal berisi rencana pengembangan dan perbaikan Gunung Tangkuban Parahu dari aspek manajemen pemasaran dan bisnis pariwisata. Peserta bebas mencari sumber dari internet atau media cetak, dan diperbolehkan membawa bahan pada saat presentasi dengan syarat semua referensi dicantumkan pada presentasi. Peserta juga diperbolehkan untuk mengunjungi object wisata tersebut tanpa akomodasi dari panitia untuk mengobservasi lokasi dan mencari informasi tambahan.


Detail proposal marketing plan 1.

Layout proposal Bab I : Pendahuluan (Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan) Bab II : Pembahasan Bab III : Penutupan (Solusi dan Saran)

2.

Jumlah halaman minimal 10 halaman.

3.

Format penulisan:

• • • • • •

Ukuran kertas A4 Font isi Arial, 12 Font judul Arial, 16 Margin atas 3,75 cm, kiri-kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm Spacing 1,5 lines Boleh dihias sesuai dengan kreatifitas tanpa terlepas dari format ketentuan

Kriteria Penulisan Marketing Plan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

Pokok permasalahan dan relevansinya dengan judul dan kesimpulan Teknis penulisan : Sistematika, Deskripsi, dan Narasi Menjelaskan (Eksposisi) Landasan teoritis Latar belakang Hal-hal empirik (data-data) Analisis / pembahasan Gagasan-gagasan / inovasi / penambahan / perbaikan Kesimpulan


Alur Kompetisi Workshop Peserta Peserta akan diberi pengetahuan tentang Pariwisata Kota Bandung dan Tourism Marketing yang akan dilaksanakan di kampus FEB Unpad pada tanggal 9 Juni 2012 dengan membawa print konfirmasi peserta terdaftar yang dikirimkan oleh panitia. Workshop ini dianjurkan untuk seluruh peserta, dan peserta dapat bertanya dan menggali informasi lebih dalam kepada pemateri yang dapat membantu peserta dalam penyusunan proposal. Peserta yang tidak menghadiri workshop akan mendapatkan slide show materi yang akan dikirimkan oleh panitia. Pengumpulan Marketing Plan Peserta mengirimkan Marketing Plan dalam bentuk soft copy dan hard copy file marketing plan dalam format .pdf dengan format nama file (namatim_namauniversitas.doc) sebelum 20 Juni 2012 pukul 23.59 ke bandungtourismcompetition@gmail.com. dengan subject e-mail marketingplan-namatim-namauniversitas. Untuk hard copy dikirim ke Jl. Setrasari Kulon No. 10 Bandung – 40152. Peserta akan mendapat konfirmasi dari panitia setelah proposal diterima. Konfirmasi akan dilakukan melalui e-mail. Apabila peserta belum mendapatkan konfirmasi via e-mail dari panitia mengenai penerimaan proposal, perwakilan tim diwajibkan untuk segera menghubungi panitia untuk konfirmasi lebih lanjut selama 1x24 jam atau tim tersebut akan langsung dinyatakan gugur (diskualifikasi).

Tidak ada toleransi untuk keterlambatan pengiriman proposal ke e-mail panitia dan peserta yang terlambat mengirim dari waktu yang ditentukan akan didiskualifikasi. Keputusan Juri tidak bisa diganggu gugat.


ACCOMODATIONS Panitia tidak menanggung akomodasi peserta selama kegiatan, panitia hanya menyediakan transportasi peserta hanya dari hotel yang telah ditentukan oleh panitia ke tempat kegiatan dan sebaliknya. Silahkan hubungi Contact Person kami untuk informasi mengenai akomodasi dan daftar hotel.

CONTACT US Clarivtika 085720150298 Anne 085718889030 Boris 08812139374 @bandungtourismcomp bandungtourismcompetition2012.blogspot.com @himamgtunpad himamgt-s1.fe.unpad.ac.id


BTC Guidance Book