Page 1

VOL.1 READ: COVER STORY UNPREDICTABLE MIRACLE GARIS WAKTU TOP 5 THINGS TO DO IN SEOUL NADIA PURWOKO PEMBAWA MISI MULIA COVER MUSE: YOHANA NADYA


04


www.english.seoul.go.kr


CONTENT

2

Belongs To

4

Salute

6

Behind the Paper

8

Content

14 18 24 28

Cover Story

Inspiration Chit Chat Bareng Claudia Looks Outfit Of The Month Fashion Hacks Break Fashion Secret


32 36 42 44 48 50 54 56

Tutorial Tropical Makeup Beauthings Stay All Day With Liquid Lipstick Words

Deep Talk Unpredictable Micarle

New release

Movie Talk Garis Waktu Movie Review Mission Impossible Tante Pinky


58 60 62 66 68 70 77

His Opinion "Cantik" Kata Mereka Hightech Aplikasi Streaming Musik Penghilang Jenuh Travelpedia Top 8 Things in Seoul Travel Hacks Perfectly Fit Eevent Mahkota 3 Milliar Hangout

Cerpen Kenzo


Yohana Nadya COVER STORY

Miss Best in Traditional Costume at Mr & Ms LSPR Jakarta


15 COVER STORY


16

COVER STORY


INSPIRATION

Dokumen Pribadi


CHIT CHAT BARENG CLAUDIA

Nama Claudia Andhara sudah sering kita lihat di sejumlah layar televisi. Sejak kelas 5 SD, Claudia sudah pernah terlibat dalam sebuah sinetron komedi di sebuah stasiun televisi. Menjadi artis tidak serta merta membuat Claudia mengabaikan pendidikannya. Perempuan kelahiran Jakarta, 14 November 1997 ini kini sedang menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Nah, team kolase berkesempatan untuk mewawancarai Claudia Andhara loh! Berikut wawancara team dengan Audie.

Menurut kamu, jaman sekarang susah gak sih mau jadi seorang artis? Menurut aku dibanding jaman dulu ya sangat mudah ya karena di era sekarang kan banyak media yang mampu memfasilitasi itu semua, contoh nyatanya social media. Simple nya, kalo ada orang post foto-foto dirinya dianggap cantik aja bisa dipanggil buat diajakin casting, sementara kalo jaman dulu akses buat casting aja tuh sulit banget. Selain itu, konotasi "artis" di era sekarang aku rasa gak selalu harus tampil di TV, bisa juga jadi artis youtube mungkin? Atau selebgram? Itu semua balik lagi yang kaya aku bilang diatas di era sekarang jadi artis mudah karena banyak media yang bisa mewadahi.

Gimana sih cara dapetin popularitas? Hal yang paling utama, harus jadi diri sendiri dan harus percaya sama kemampuan kita (tapi jangan berlebihan jaga) dan yang pasti berserah diri sama Allah hehe karena yakinlah rezeki gak akan ketuker. Tanggapan kamu sama orang yang terkenal karena sensasi? Buat aku pribadi, terkenal itu ada 2 cara yaitu dengan prestasi atau sensasi, dan buat aku kedua hal tersebut gak ada yang salah karena itu balik lagi ke diri orang masing-masing cara mana yang mau mereka pilih. Tapi kalo pandangan aku, apabila seseorang ingin terkenal karenan sensasi, cari lah sensasi yang positive dan bisa bermanfaat untuk ditiru oleh banyak orang.

19

INSPIRATION

Dokumen Pribadi


Seberapa penting sih media untuk perjalanan karir seorang artis? Sangat penting, tanpa adanya media gak mungkin seorang artis bisa menyalurkan bakatnya. Media dan artis itu ibarat simbiosis mutualisme. Gaada media tanpa artis, gaada artis tanpa media. Ada tips gimana sih biar bisa jadi populer kayak kamu? Kalo cara aku sih ya jadi diri sendiri aja. Kedua, aku selalu menanamkan bahwa aku menjadi artis itu untuk menyalurkan passion aku dan juga mencari uang, untuk urusan popularitas bagi aku itu bonus dari kerja keras aku. Ketiga, aku slalu berusaha buat menggali potensi-potensi lainnya contohnya kaya aku sekarang yang selain acting aku juga lagi belajar untuk hosting. Terakhir, aku selalu berusaha untuk membagi hal-hal positive ke semua orang.

INSPIRATION

Menurut kamu, profesi "artis" itu bagus gak sih untuk jangka panjang? Personally, buat aku engga ya. Karena profesi artis itu untuk aku "musiman" akan ada periode waktu dimana orang akan bosen ngeliat muka kita di TV terus, ya namanya hidup ya pasti kan berputar gak mungkin kita berada diatas terus, makan menyiasati nya kita sebagai artis harus punya bakat lain contohnya mungkin dengan berbisnis sampingan.

Dokumen Pribadi

Menurut kamu, jenjang karir apa yang pas untuk seorang artis kedepannya? Bisnis. Karena dengan kita sebagai artis ibaratnya orang udah mengenal kita, sangat gampang untuk kita untuk mempromosikan sesuatu bisnis kita. Bukan hanya itu, sebagai artis yang sudah dikenal banyak orang, hal itu juga memudahkan kita untuk memperbanyak relasi kita, yang mana hal ini sangat amat menguntungkan bagi seorang artis.

Dokumen Pribadi

20


INSPIRATION Dokumen Pribadi


OUTFIT OF

LOOKS

Outfit summer selalu identik dengan gaya fashion yang details,

@pingkynurtania

@aninditalfiani

24


THE MONTH

LOOKS

kamu bisa tiru beberapa inspirasi yang hits dan super nyaman.

@nabillaptryi

@shafayra_

25


LOOKS

@mutiafz

@bernadettejenny_

26


LOOKS @hasyaathaya

@nawalsafiraamalia

27


28

FASHION HACKS


2

Menjaga Resleting Agar Tidak Turun Resleting celana mu suka turun dengan sendirinya? Hanya dengan menggunakan ring yang terdapat di gantungan kunci, lalu mengaitakn nya ke kancing celana, maka resleting kamu dijamin tidak akan turun atau terbuka dengan sendirinya lagi.

3

4

29

FASHION HACKS

1


2

3

4

FASHION HACKS

1

Menggantung Pakaian Tanpa Terjatuh Pakaian kamu sering jatuh saat di gantung karna licin? Carilah karet dan pasangkan ke kedua sisi hanger. Dengan begitu, pakaian mu tidak akan mudah untuk jatuh-jatuh lagi saat digantung.

30


1 Fan Brush Dengan Bobby Pin

FASHION HACKS

Berpenampilan menarik bagi wanita tentu belum lengkap tanpa adanya riasan diwajah. Hacks yang satu ini sangat mudah dilakukan. Jepitkan bobby pin pada salah satu brush yang kamu punya, maka jadi lah fan brush yang dapat kamu gunakan untuk menggunakan highlighter agar riasan di wajah mu terlihat lebih glowing.

2

3 31


32

TUTORIAL


33 TUTORIAL


34

TUTORIAL


35 TUTORIAL


36

TUTORIAL


37 TUTORIAL


38

BEAUTHINGS


TYPES OF FACE MASK

1. Wash Off Mask Masker wash off biasanya ada efek kencang saat memakai masker, pemakaian masker wash off ini tipe masker yang dibilas dengan air dan pemakaiannya pun cukup 5-15menit diwajah. masker jenis ini biasanya cocok untuk kulit yang berminyak, berjerawat dan kulit normal. Masker ini gak direkomendasikan untuk kulit kering dan sensitif karena efek kaku atau kencang dikulit saat diwajah. Manfaat masker ini penting banget yaitu membersihkan sisa kotoran di wajah kita jadi jangan males malesan ya untuk pake masker. 2. Sheet Mask Masker ini berbentuk wajah sehingga sangat praktis jika langsung digunakan. sheet mask memiliki kandungan essence dan serum. sheet mask memiliki berbagai macam kandungan serum sehingga memiliki berbagai manfaat mulai dari melembapkan, menutrisi, mencerahkan, sampai untuk mencegah penuaan. Sheet mask cocok banget buat si kulit kering karena berfungsi untuk melembapkan kulit kita apalagi masker ini sangat praktis untuk dibawa liburan

3. Gel Mask masker berbentuk gel yang membuat mudah menyerap ke kulit wajah. masker ini cocok digunakan semua jenis kulit, seperti wajah oily dan kering. Masker ini biasanya digunakan sebagai sleeping mask jadi gak usah dibilas dengan air. Sleeping mask bermanfaat melembabkan kulit wajah selama kita tidur.

39

BEAUTHINGS

beberapa tahun terakhir liquid lipstick menjadi trend dikalangan perempuan. Untuk liburan khususnya musim panas, liquid lipstick jadi pilihan yang pas loh karena full coverege lip color yang tahan lama dengan berbagai macam finish, ada yang glossy dan matte.


SKINCARE FOR HOLIDAY

BEAUTHINGS

As we know, skincare saat ini banyak banget stepnya gak mungkin kalau semua skincare kita dirumah dibawa liburan. Mau tahu bagian utama rangkaian skincare apa saja yang praktis dibawa untuk liburan?

1. Toner Toner biasanya digunakan sehabis cuci muka. Manfaat toner berguna menyegarkan kulit wajah setelah kita cuci muka. Benton Aloe BHA Skin Toner merupakan produk keluaran korea yang sangat cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi karena produk ini ringan dan efektif untuk melembabkan dan gak membuat berminyak kulit wajah.

2. Essence Setelah memakai toner, kita dapat menggunakan essence 10-15 menit kemudian. Essence ini kegunaannya adalah untuk bikin kulit kita lebih hydrated dan lebih sehat. Masih dari brand Benton, Snail Bee High Content Essence menggunakan snail mucin atau lendir siput sebagai bahan utamanya. Teksturnya seperti gel jadi cepat menyerap dan ada effect coolingnya. Produk ini paraben free loh jadi aman buat kulit wajah kalian yang sensitif.

40

3. Shooting Gel Aloe Vera Saat ini, produk Aloe Vera Gel sedang booming dikalangan wanita karena mengandung bahan alami dan berbagai macam manfaat. Aloe vera soothing gel ini sangat cocok untuk digunakan semua jenis kulit sehingga kita gak perlu khawatir efek samping dari produk ini meski kita gunakan terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Memakai Aloe Vera Gel sangat cocok untuk menenangkan kulit wajah yang terbakar akibat sinar matahari.


UNPREDICTABLE MIRACLE

DEEP TALK

Yeshua Abraham Santoso mengawali karirnya melalui ajang pencarian bakat yaitu ‘Just Duet’ pada tahun 2016. Suara emas dan wajah cool-nya membuat Yeshua berada di voting tertinggi dan menduduki kursi pertama di Just Duet Indonesia.

Dokumen Pribadi


Inspirasi lagu kamu? Sejak kapan kamu mulai suka musik?

kalo single “terlanjur” itu bukan gue yang nulis, jadi yang nulis ada seseorang tapi memang pas aja gitu ceritanya waktu itu dengan yang lagi gue jalani, karena waktu itu lagi deket sama satu cewe yang sekarang udah jadi pacar gue tapi kita belum jadian-jadian gitu kayak “yaa gue udah terlanjur sayang sama lo, kapan nih jadiannya?” gitu haha. Kalo single “tulang rusuk” itu terinspirasi dari cerita dari ayat-ayat cinta karena itu ditulis untuk soundtrack ayat-ayat cinta. Nah kalo single berikutnya akan rilis bulan Agustus, ini single sendiri lagu sendiri yang ditulis sendiri juga dan didoakan mudah-mudahan Agustus ini rilis.

gue suka musik semenjak dari kecil karena bokap juga suka musik dan gue udah di setelin lagu rohani dari kecil.. gitu.. sekitar umur dua - tiga tahun udah suka musik.

Pernah ada larangan dari orang tua? kalo larangan sih gak ada ya.. mungkin dulu ya jadi gue kan lahir dari keluarga kristen jadi mereka maunya gue denger lagu rohani. Larangannya masih kecil jangan denger lagu-lagu cinta dan pas udah gede orang tua gue ngelarangnya jangan jadi musisi karena gajinya nggak gede.

45

DEEP TALK

Dokumen Pribadi


Suka dan duka kamu di “Just Duet�?

DEEP TALK

banyak lah suka dukanya. Sukanya bisa tampil di TV nasional, dikenal banyak orang, ketemu artis. Dukanya.. ya.. banyak orang yang berfikir gue tuh munafik lah segala macem. Suka dukanya juga pasti jauh dari orang tua, harus tiga bulanan disana, harus latihan, mikirin lagu segala macem. Trus baru kenal temen-temen eh jadi deket gataunya mereka pulang duluan.. itu duka sih.. gitu..

Apa sih yang mendorong kamu ikut acara “Just Duet�? dorongan hati aja, karena sebenernya udah nggak pengen ikut acara kayak begituan karena kayak.. yaudahlah.. kayak desperate banget gitu mau terkenal dan gue kayak jalanin aja deh apa yang bisa gue jalanin tapi tiba-tiba ada dorongan di hati kayak.. kayaknya gue harus coba lagi.. iseng.. eh malah lolos. Padahal sebelumnya lagi semangatsemangatnya pengen terkenal, udah coba ikut beberapa ajang pencarian bakat yang lain tapi gak lolos satupun, giliran udah let go, nothing to lose malah lolos haha.

Dokumen Pribadi


Alat musik pertama yang kamu bisa?

masih suka drum sih tapi sekarang udah gapernah main lagi.. udah jarang banget

alat musik pertama itu drum karena dari dulu pengen banget bisa main drum bahkan dulu waktu masih kecil mainin kayak panci-panci an gitu hahaha kemudian liatin papa suka main gitar akhirnya belajar musik lagi gitar. Udah sih dua itu doang. Alat musik yang paling gue sukain itu drum tapi karena serakang yang relate sama gue nyanyi itu main gitar karena jarang banget nyanyi sambil main drum dan gitu juga membantu untuk instrumen pendamping kalo nggak lagi sama band jadi gue sekarang prefer ke gitar walaupun gue

latihan.

keluarga udah pasti, tapi yang paling utama sih ya memang Tuhan sih, karena gue percaya gini, apapun agama kalian lah, kalau Tuhan itu berdaulat, segala hal yang terjadi di kehidupan kita tuh pasti ada campur tangannya Dia, sampe gue sampe akhir dan bisa menang di “Just Duet� itu karena Tuhan sih..

Dokumen Pribadi

47

DEEP TALK

Support system no. 1?


48


49


MOVIE TALK


MOVIE TALK

Dokumen Pribadi

Dokumen Pribadi

51


52

MOVIE TALK


53 MOVIE TALK


MISSION IMPOSSIBLE

MOVIE REVIEW

Film yang wajib di tonton pada tahun 2018 ini salah satunya film aksi yang diproduseri dan dibintangi aktor Hollywood papan atas, Tom Cruise. Film ini tengah menghiasi bioskop tanah air. Kali ini, Ethan Hunt (Tom Cruise) dan timnya harus berpacu dengan waktu untuk mencegah inti plutonium jatuh ke tangan yang salah. Jika mereka gagal, jutaan nyawa manusia menjadi taruhannya. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

di film ini membuat tidak akan menebak apa yang akan terjadi setelah satu aksi selesai dan disusul aksi berikutnya. Kamu akan mengira Ethan bakal lolos dengan mudah dari berbagai bahaya, tapi caranya untuk lolos mungkin tidak akan kamu pikirkan sebelumnya hingga film ini benar-benar berakhir. film ini juga memperlihatkan kualitas Ethan sebagai seorang mata-mata yang tidak hanya piawai dalam aksi tapi juga memiliki nurani. Dia tidak mau mengorbankan orang-orang tak bersalah dalam misinya itu dan dia bisa melakukannya jika dia mau.

Fallout mengisahkan tentang Ethan Hunt (Tom Cruise) bersama tim IMF-nya, yaitu Alan Hunley (Alec Baldwin), Luther (Ving Rhames) dan Benji (Simon Pegg) untuk mendapatkan plutonium demi mencegah serangan nuklir di dunia. Agen CIA, August Walker (Henry Cavill) kemudian bergabung dengan mereka. Di tengah usaha itu, Ilsa (Rebecca Ferguson) kembali muncul. Ber-setting di Belfast, Berlin, Paris, London dan Kashmir, Fallout membawa Anda ke petualangan seru Ethan dalam menyelamatkan diri, orang terdekat dan misi yang diembannya. Plotnya termasuk cepat, tapi efektif, dan tidak tertebak meski plot ceritanya biasa, tapi aksi yang disuguhkan

54


Tanteee, Tanya Dong!

TANTE PINKY

Tempat solusi untuk konsultasi mengenai permasalahan cintamu dengan pacar, mantan, ataupun TTM (Teman Tapi Mesrah) yang menggangu pikiran hati, membuat galau gundah gulana dan yang pingin curhat, yuk ke tante Pinky!

Hai tante pinky mau tanya dong, gimana sih cara nya kurus dalam waktu cepat aku mau ketemu calon gebetan ku nih! Dari: Nabila

Cobain hal-hal yang baru lakuin hal yang gak biasa, misalnya, ajak dia kencan mengunjungi kebun binatang terus coba memberikan makan anak harimau bareng-bareng, atau tanding makan mie ayam dengan menggunakan jari kaki. intinya, selalu cari terobosan baru aja!

Gampang banget kamu cukup olahraga yg rutin aja setiap hari, minum air putih yg cukup, makan buah dan sayur. Tante jamin dalam seminggu badanmu mirip gitar spanyol hihihi...

Tante aku galau banget nih, pacarku beda agama sama aku dan orang tua ku gak setuju hubungan aku sama dia.. gimana yah?? Dari: Pipit

Tan gimana caranya supaya pacar gak bosen sama kita? Dari: Putri Gak perlu mikir sampe berdarah atau dapet ipk kumlot, yang jelas chat kamu jangan ngebosenin.

Tuhan memang satu... kita yang tak sama... haruskah aku lantas pergi meski cinta takkan bisa

56


Hui tante kenapa sih setiap cowo mandang cewe cuma dari fisik doang bukan dari hati? Dari: Bella

Tante, kok aku ngerasa semakin dewasa tuh semakin ngerasa kalo segalanya butuh uang, biarpun uang bukan segalanya. Bener gak sih, tante? Kasih jawaban yaa!! dari: Paloma

Cowok jaman sekarang tuh kayak buaya semua. Ada yang buaya darat, buaya laut, buaya terbang. Jadi kalo ketemu cowok kayak gitu lempar aja ke kali... Kalo kuliah mulai rada males, solusi biar bikin semangat lagi gimana tan?

Lah emang bener itu, uang memang bukan segalanya. saat kamu dewasa, kamu gak bisa Pre Order dan DP suami anak konglomerat hmm...

Aduuhh.. darlinggg... sini tante kecup.. kamu kuliah gak harus naik turun gunung lewatin lembah kan?? Kok masih males sih.. mau jadi apa kamu?? Cacing tanah??

Kenapa cewe jaman sekarang matre semua ya tan? Dari: Reza Karna semua cewe tuh mau cantik, butuh uang buat beli makeup lipstick, bedak, parfum, pergi ke salon, masa udah cantik dan wangi di ajaknya naik motor dan jajan di warteg sorry lah ya gak level!

57

TANTE PINKY

pergi #nowplaying peri cintaku – Marcell. Coba deh dengerin lagu ini dibawah kucuran air, dijamin sakitnya tuh disinih *nunjuk hati*


“Cantik� Kata Mereka? Semua perempuan sudah pasti memiliki kecantikannya masing-masing. Tapi, kalian past9i penasaran kan kira-kira apa sih cantik itu di mata laki-laki? Yuk simak pendapat mereka!

Fariz Rizky

HIS OPINION

@farizrzkyy Menurut gue peremupuan cantik itu relatif sih tapi menurut gue perempuam cantik itu dia bisa ngebawa diri dia sendiri dalam arti dia mandiri dalam segala hal dan juga mempuyai pendidikan dan ahklak yang luas.

Muhammad @ghafiqibahsin Perempuan yang cantik menurut gua itu punya 3 kriteria dan jarang banget ada di tiap perempuan. Pertama dia harus punya respect sesama manusia, yang kedua dia musti pinter dan yang ke tiga otomatis good looking dong. Kalo ada cewe udah good looking terus dia pinter dan respect sesama pasti itu bidadari!

Rangga Widya Putra @ranggawidya Perempuan yang cantik menurut gue, perempuan yang mempunyai karakter yang berbeda dari lainnya, tanpa mempedulikan komentar orang lain tentang dirinya, buat gue perempuan yang cantik adalah perempuan yang bisa menjadi dirinya sendiri, punya prinsip, punya tujuan, yang gacuma mulus, yang gacuma baik, kalo kata orang cantik itu relatif, kalo kata gue cantik itu jati diri, sekian:)

58


Alvin Putra @alviandhikadwi Menurut gue, Seorang perempuan yang cantik adalah dia yang berhasil menemukan hal yang berbeda pada dirinya, cantik itu relatif, semua wanita cantik, namun dia yang memperkaya dirinya dengan segala aspek tentang kehidupan, itulah cantik, ga melulu soal fisik, karena sometimes, ada perempuan yang sebenarnya cantiknya dengan fashion dan lifestyle jenis A, tapi dia malah memaksakan diri untuk mengikuti lifestyle fashion yang sedang hype, terbawa karena ingin dilihat trendy. jadi tidak terlihat dan membawa kesan natural. karena untuk cantik itu pada dasarnya “cantik berbeda lebih baik daripada cantik untuk terlihat baik�

George Ferdinand Seorang cewek itu cantik ketika ia berani untuk menjadi diri sendiri. Ketika ia tak malu terhadap semua keunikan dirinya, tak malu untuk mengakuinya, dan bahkan menerima keunikan itu sebagai bagian dari dirinya. Cewek cantik itu lebih dari sekadar penampilan, tapi juga atraktif isi kepalanya. Ketika lu ketemu cewek cantik, pasti lu betah ada di dekatnya, tapi lu juga pengen di dekatnya karena dia juga pandai ngomong.

Muhammad Irsyadillah @irsyat Definisi cewe cantik menurut gw itu yang enak dipandang. Cewe yang enak dipandang menurut gw itu yang cantik natural gitu lho. Yang gaperlu make up udah keliatan cantik. Terus cantik definisi gw tuh lebih ke manis sih. Karena kalo cantik tuh lama-lama bisa bosen dipandang. Kalo manis tuh gak bosen-bosen untuk dipandang. Selain luar nya yang cantik, dalem nya juga harus cantik dong. Kalo cewe itu baik, aura nya bakal keliatan kok. Tp kalo udah sayang sama personality nya, biasanya bakal keliatan cantik mulu kok heheh..

59

HIS OPINION

@georgeferdinand


60


61


TRAVELPEDIA

op 88 Things Things TTop o Do Do in in Seoul Seoul TTo


Korea Selatan adalah salah satu negara yang sekarang ini menjadi destinasi wisata

TRAVELPEDIA

paling populer di dunia. Kamu punya rencana liburan ke Seoul tapi masih belum ada bayangan disana mau ngapain saja? Nah, berikut tim Kolase rangkum ke dalam 5 poin mengenai apa saja yang harus dilakukan di Seoul. Yuk simak artikel ini!

Kamu bisa memakai Hanbok sambil mengelilingi dan berfoto-foto di istana Gyeongbokgung. Bahkan jika kamu mengunjungi beberapa istana dengan menggunakan hanbok, kamu gak akan di pungut biaya masuk lho!

Visit palace Hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu adalah mengunjungi istana. Di Seoul sendiri, terdapat banyak istana. Tetapi terdapat 5 istana yang menjadi objek wisata terkenal yang wajib kamu datangi saat kamu ke Seoul, Korea Selatan yaitu Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace, Changgyeonggung Palace, Deoksugung Palace dan Gyeonghuigung Palace.

Make up hunting Kora udah terkenal banget dengan produk kecantikannya. Kamu bisa menemukan toko kecantikan dimana-mana dengan harga yang jauh lebih murah serta pilihan yang bermacam-macam mulai dari bedak, liptint, ataupun skin care seperti masker dengan pilihan merk.

Hanbok Experience Pengen ngerasain gimana sih jadi princess Korea? Nah, kamu mesti banget nyobain pake baju tradisional Korea yaitu Hanbok.

63


Food Food Food! Ada banyak banget macam-macam makanan khas Korea. Mulai dari makanan ringan hingga berat. Kamu bisa nemuin cemilan di pinggir jalan seperti odeng, tteokbokki, dll. Jangan lupa juga untung cobain jjajangmyeng, bibimbap ataupun BBQ ala Korea!

Strolling Around Hongdae Hongdae sendiri mempunyai kepanjangan yaitu hongik daehagyo atau hongik university. Nah daerah ini bisa dibilang “daerah anak muda� nya Korea karena terletak di dekat Hongik University dan Ewha Women University. Disini kamu bisa nemuin baju-baju yang anak muda banget dengan harga yang affordable lho!

TRAVELPEDIA

Visit Cute Cafe Di Seoul banyak banget pilihan cafe untuk kamu nongkrong. Mulai dari yang minimalis, cafe yang punya tema garden dan flower, ataupun yang mempunyai suasa colorful. Ini adalah salah satu cafe colorful yang ada di Dongdaemun Design Plaza, namanya Heaven on Top dan Dore Dore cafe yang terletak di Common Ground.

Window Shopping at Gangnam District

Kalau kalian pecinta hal-hal yang berbau Korea pasti sudah tahu kan jika Gangnam ini adalah daerah elit yang ada disana. Gangnam adalah Kawasan elit atau jet set yang ada di Seoul.

Chill at The River Kalau kamu pecinta boyband BTS, pastinya kamu tau video mereka dengan tulisan I seoul u dibelakangnya. Nah, tulisan tersebut terletak di han river. Di taman sungai ini, kamu bisa menyewa tiker atau karpet untuk kamu bersantai sambil menikmati cemilan, hembusan angin serta keindahan sungai.

64


TRAVEL HACKS

Perfectly Fit Kamu punya rencana liburan tahun ini? Kalau iya, kamu pasti tau kan

betapa frustasinya mengemas barang-barang kamu ke dalam koper, apa lagi kamu ingin tetap eksis dengan berfoto-foto ditempat yang instagramable banget dengan berbagai outfit. Nah, tim Kolase punya beberapa tips agar kamu bisa memasukan barang-barang kamu dengan rapi kedalam koper.

66


2

3

4

1. MENGGULUNG BAJUMU

2. SIMPAN PARFUM DI KAOS KAKI

Membawa pakaian yang banyak agar bisa tetap eksis dengan berbagai outfit? Dibanding melipat, lebih efisien jika kamu menggulung bajumu agar sisa space dalam koper lebih banyak.

Jika kamu pecinta parfum dan suka membawa berbagai bau parfum saat berlibur, kamu bisa simpan parfum kamu didalam kaos kaki agar tidak tertimpa barang lain dan menghindar terjadinya pecah.

3. KOTAK KACA MATA SEBAGAI TEMPAT AKSESORIS Untuk menghindari kabel-kabelmu rusak bahkan putus, kamu bisa menggulungnya dan taro di kotak kacamata. Kabel chargermu tak akan rusak ataupun tersangkut!

67

4. HINDARI BENDA CAIR TUMPAH Gak perlu cemas jika membawa peralatan mandi atau produk cair lainnya, kalian bisa banget gunain plastic untuk membatasi penutup agar tidak mudah tumpah.

TRAVEL HACKS

1


EVENT


69 EVENT


HANGOUT


71


72


73


Ke nzo

a A nta ra M e sy a d a n Re y h a n . .

CERPEN

o leh A n gg i a Pusp i ta

Hari ini benar-benar telah menguras tenaga, pikiran dan perasaanku. Kuliah yang begitu padat serta gebetan yang tidak peka membuat semuanya terasa begitu lengkap. Tak ada satupun yang bisa menghiburku, bahkan sahabatku sekalipun. Ia pergi entah kemana tanpa memberitahuku. “Bocil gimana tadi kuliahnya?” Nah kan panjang umur! “Flat kak! Gue heran deh sama itu dosen! Doyan banget cerita masa lalunya! Hello… Gue bosen kali tiap dia ngajar yang diceritain itu lagi itu lagi,” dumelku. “Hahahaha, maklum namanya juga Kakek! Wajar aja Sya,” “oh iya Nesa mana?” Bukannya menghiburku agar beteku hilang, malah menanyakan Nesa, pujaan hatinya itu. Huh! Menyebalkan! “Kan… kan… kumat lagi penyakit bengongnya!” ucap Kak Kenzo sembari mengacak-ngacak rambut indahku, yayaya itulah hobinya. “Pacar lo cabut tadi! Tahu deh kemana dia, shopping kali, lo kan pacarnya kok bisa gak tahu sih dia dimana? Payah lo Kak!” ucapku. “Gue off de,” jawabnya. “Dan Gue ga peduli!” ucapku sembari meninggalkan Lobby kampus, ahh Aku

benar-benar muak dengan hari ini, sebab tak satupun yang peduli padaku. “Eh bocil mau kemana?” tanya Kak Kenzo. “Pulang! Kenapa? Mau nganterin?” tanyaku. “Pede banget lo Cil!” “Eh! Sekarang latihan Band! Ayoo, udah pada nunggu di studio!” ucap Kak Kenzo sembari menarik tanganku menuju mobilnya. Baru saja ingin masuk mobil Kak Kenzo, tiba-tiba aku melihat sosok Reyhan, entah mengapa rasanya aku kangen sekali dengannya. “Bro! Mau kemana?” tanya Kak Kenzo kepada Reyhan. “Ke studiolah kemana lagi!” jawabnya. “Tumben gak bareng sama ini bocah?” tanya Kak Kenzo ke Reyhan sambil menujukku, dan Reyhan? Hanya melirikku dan membuang muka acuh! Ahh dia kenapa sih? Masih marah? Salah aku apa coba? Ah udahlah bete. Di dalam mobil aku hanya diam, diam dan diam. Wajar sih, aku kalau lagi badmood memang begini. “Badmood-kah? Kenapa sih?” tanya Kak Kenzo seakan bisa membaca kata hatiku. “Engga! Lagi bete aja!” jawabku semoodnya. “Bete sama siapa? Reyhan?” Bete sama lo kak! Ish dasar manusia gak

76


peka! Eh tapi sama Reyhan juga sih. “Bukan urusan lo! Udah sana nyetir aja yang bener,” omelku. “Duhh yang lagi ngambek,” ledeknya. “Ishh rese lo kak! Hmm btw Reyhan tadi mau kemana kak? Gue gak denger,” bohongku. “Hmm masa calon pacarnya gak tahu sih dia kemana?” ledek Kak Kenzo. Well, aku jadi teringat dengan kenangan masa laluku bersama Kak Kenzo, asal muasal aku menyukai Kak Kenzo, ialah dari masa ospek, dimana Kak Kenzo seorang laki-laki berwajah diatas rata-rata alias tampan ini menjadi mentorku di masa ospek, dimana aku selalu melihat Kak Kenzo tersenyum, ceria, dan yaaa sebagainyalah! Sejuk sekali melihatnya hehehe, pokoknya aku jatuh cinta pada pandangan pertama deh dengan Kak Kenzo dan alhasil sampai masa ospek berakhirpun aku hanya mengagumi Kak Kenzo, dulu ‘say hai’ ke dia saja aku gak berani, payah bukan? Sampai akhirnya pada tanggal 12 September 2015 ketika aku tak punya teman makan bersama di kantin, kebetulan temanku Anesa Putri tidak datang ke kampus karena sakit, dan mau tak mau aku makan sendirian, sekali lagi SENDIRIAN. Oke cukup itu lebay, dan detik itu juga tiba-tiba Kak Kenzo duduk dimeja yang sama denganku! Shock? Gausah ditanya! Udah pasti itu sih! Dan lebih mengejutkannya lagi Ka Kenzo mengetahui nama lengkapku. Simple sih Aku salah satu anak didiknya saat Ospek, tapi sampai hafal nama lengkap apa itu tidak aneh? Tapi setelah keheranan itu

CERPEN

menghantui pikiranku, tiba-tiba saja Kak Kenzo menanyakan Anesa Teman karibku sejak Ospek, dan firasat buruk telah menghatuiku apakah Ka Kenzo menyukai Anesa? Atau hanya basa-basi saja? dan benar saja semua pertanyaan di kepala cantikku terjawab tak lama kami dekat Kak Kenzo dan Anesa resmi berpacaran. awal mula kedekatanku dengan Kak Kenzo, terlalu simple bukan? Tapi aku cukup senang! Setidaknya aku masih bisa terus bersamanya setiap saat walau dalam ‘Family Zone’ saja, Sungguh menyedihkan. “Kan bengong lagi! Ada masalah apa sih sama Reyhan?” tanya Kak Kenzo. “Hmm engga kok kak, cuma Reyhan akhir-akhir ini sibuk aja jadi lost contact gitu,” ucapku. “Yakin itu aja?” tanyanya kembali. “Ah iya deh iya jujur! Jadi, waktu itu Aku cerita kalo Aku suka sama seseorang, dan ya semenjak itu Dia jadi cuek! Kan bete Kak, Aku bingung emang salah ya kalo aku suka sama seseorang?” ceritaku pada akhirnya. “Yaiyalah Bocil! Reyhan tuh suka sama kamu!” kaget? Iyalah! Gausah ditanya itu sih “De coba deh kamu buka hati kamu secara perlahan, beri ruang sedikit untuk Reyhan. Reyhan sayang banget loh sama kamu! Udah setahun lebih dia suka kamu, dan dia merasa kalau kamu juga suka sama dia De tapi gak taunya selama ini kamu menyukai orang

77


CERPEN

lain, wajar kalo dia cuek sama kamu” Aku dan Reyhan cukup dekat sejak awal semester, Aku merasa nyaman dengannya. Tapi entahlah rasa nyaman seperti apa Aku belum bisa meyakini diriku sendiri. “Kita udah sampe Sya! Mau sampe kapan kamu duduk disitu?” ucap Kak Kenzo menyadarkanku, aku turun dari mobil dan berjalan kearah Studio Musik milik Kak Kenzo, dan ternyata benar-benar ada Reyhan disana, ya entah mengapa aku senang bisa melihatnya lagi jujur Aku sangat merindukannya, tanpa sadar aku berlari kearahnya dan memeluknya erat. “Waitss waitss kamu kenapa Sya? Tumben-tumbenan meluk gini?” tanya Reyhan heran. “Kangen! Bodoh, kamu kmana aja sih? Gak ada kabar sama sekali! Nyebelin tau gak! Diemin aku berhari-hari. Aku ada salah apa sih” ucapku masih dalam dekapannya. “Ciee yang kangen” ledeknya. “Tau ah nyebelin,” ambekku. Ketika aku ingin melepas pelukannya dia malah menahannya. “Aku sayang kamu Sya.” DEG! Aneh rasanya dengar Reyhan bicara begitu, walau aku tahu akan hal itu, tapi mendengar secara langsung aku merasa aneh. “Aku tahu Sya, aku tahu kamu selama ini sayang ke Ka… hmmmpppp,” kudekap mulut Reyhan yang hampir keceplosan itu. “tenang Sya! Diruangan ini cuma kita berdua kok! Kamu lagi gak fokus ya? Hari ini tuh gak ada latihan, ini semua rencana Kak Kenzo. Aku mau bicara empat mata sama kamu tapi aku bingung gimana caranya, jadi aku minta tolong Kak Kenzo,” jelas Reyhan.

“Sya, beri aku kesempatan! Ijinkan Aku menggantikan posisi Ka Kenzo” ucap Reyhan menggenggam tanganku. Come on mesya! Mau sampe kapan kamu gini terus? Mengaharapkan seseorang yang jelas-jelas hanya menganggapmu adiknya, sekarang dihadapan kamu ada sosok pria yang tulus sayang sama kamu! “Reyhan, aku gak tahu apkah aku bisa menghilangkan rasa sayang ini ke Kak Kenzo, kamu tau kan? Kak Kenzo adalah cinta pertamaku. Itu adalah hal yang sulit Rey, tapi aku mohon dengan sangat Rey, bantu aku! Bantu aku sayang sama kamu, bantu aku melupakan rasa sayang ini ke Kak Kenzo.” Entahlah mungkin ini saatnya aku melupakan Kak Kenzo, ya mungkin memang ini takdirnya? Aku dan Kak Kenzo hanya sebatas kakak-adik. Semoga kisahku dengan Reyhan berjalan dengan indah.

78


Keep

Moving Forward Vania Herlambang - Puteri Indonesia Lingkungan 2018

Rp. 45.000

KOLASE MAGAZINE  

SUMMER EDITION My latest project with my group for my 6th semester's final exam "Print Media Production & Management" subject. the image for...

KOLASE MAGAZINE  

SUMMER EDITION My latest project with my group for my 6th semester's final exam "Print Media Production & Management" subject. the image for...

Advertisement