Issuu on Google+

1 edisi digital

10 Juni 2012

sobat remaja bertaqwa & berprestasi


Salam Redaksi Assalamualaikum, Sobat Pebi… Mari, kita sambut Pebi versi digital dengan karpet merah, hehe. Ada yang baru nih... Yaha, setelah sekian lama tidak bersua dengan sobat-sobat sekalian, kini Pebi terlahir dengan wajah dan gaya baru. Pasti banyak yang bertanya-tanya, “Dulu versi cetak, kenapa ganti ke versi digital?” Secara Gan, kita kan sudah berada di era informasi yang serba kilat nih. Dan juga kata Kanjeng Rasul, “Sebaik-baik kamu adalah yang paling memberi manfaat di antara kamu.” So, dengan mempertimbangkan pendistribusian Pebi akan lebih cepat jika menggunakan versi digital, dan itu artinya Pebi akan lebih mudah memberi manfaat untuk para pelajar, maka tampillah Pebi dengan style barunya. Keren kan? Oh iya, Pebi versi digital perdana ini akan membahas tentang planing liburan teman-teman yang bentar lagi tiba. Kira-kira liburan kali ini bagusnya ngapain aja ya? Penting sekali loh ngisi momen liburan dengan hal-hal bermanfaat yang belum bisa kita lakukan di hari-hari biasa, mumpung banyak waktu nih. Ayups, kita tengok selengkapnya setelah cuap-cuap ini. Dear Sobat Pebi yang sama-sama ingin menjadi sebaik-baik manusia seperti yang diberitakan Kanjeng Nabi, boleh menyebarluaskan Pebi versi digital ini ke teman-teman lainnya yang belum kebagian.

Pimpinan redaksi Redaksi Layouter Editor

: Kasman Abbas, S.Kom : Kiki, Uni, Fiqah, Isla, Ami, Lani : Munzir, Mamad, Syahrul : Muti, Eky

mecenforstar@yahoo.com Ok. Selamat membaca dan berbagi… Mau dibawa ke mana liburan kita? Wassalam.

@lsppforstar Lspp Forstar 089 695 202 138

1


Bahasan Utama Hmm.. Sebentar lagi nyanyian populer yang berjudul “Libur Telah Tiba� bakalan naik rating nih. Ya, liburan memang masa yang paling dinanti-nanti para pelajar yang sudah mumet dengan pelajaran sekolah, tugas-tugas, apalagi ujian. Liburan adalah waktunya kita memencet tombol refresh di otak. Tapi jangan sampai liburan Sobat Pebi nanti jadi masa-masa hang (lho?). Jangan sampai gara-gara liburan kita jadi mati gaya lalu memutuskan untuk menghabiskan diri sendiri sebagai penghias kasur yang hobinya berguling-guling ke kiri dan ke kanan saja tanpa kegiatan yang berarti. Justru dengan adanya waktu liburan kita bisa bebas melakukan apa yang tidak bisa kita lakukan selama melaksanakan kegiatan rutin. Kita bisa jalan-jalan, memuaskan diri dengan baca buku, atau kegiatan lainnya yang menyenangkan dan bermanfaat. Pokoke berasyik-masyuk dengan kegiatan yang oke punya deh, agar setelah masa liburan usai nanti, kita jadi lebih segar dan bersemangat untuk menjalani rutinitas sekolah. Menurut psikolog Eko Rini Kuntowati, “Yang harus ditekankan, liburan yang baik adalah liburan yang bermakna. Sebaiknya ada hikmah yang dapat diambil, bukan sekadar liburan, tapi juga melatih kemandirian.�

Kalau yang kita lakukan pas waktu libur cuma tidur-tiduran, main game, nge-OL gak jelas, mana bisa liburan kita disebut sebagai liburan yang bermakna dan bermanfaat? Satu prinsip yang harus kita pegang teguh bahwa kita tidak boleh menyianyiakan waktu, kapan dan di manapun itu. Setiap detik dalam hidup ini harus kita manfaatkan, baik itu saat liburan, bekerja maupun belajar. Islam mengajarkan kepada para pemeluknya untuk menghargai waktu masa silam, masa kini, dan masa mendatang. Karena waktu adalah anugerah yang paling berharga yang diberikan Allah kepada kita. Jika waktu tidak kita manfaatkan untuk kebaikan, maka tentu sebaliknya, ia akan termanfaatkan untuk keburukan. So, mau dibawa ke mana liburan Sobat Pebi kali ini? Berikut Pebi kutipkan halhal yang biasa dilakukan orang-orang saat liburan. Suka yang mana?

2


Bahasan Utama Akhir-akhir ini backpacking menjadi kegiatan favorit masyarakat kita, karena memungkinkan semua orang untuk bisa pergi menikmati keindahan alam dengan biaya yang minim. Indonesia, dengan berbagai keindahan alamnya, seolah menjadi surga bagi para backpacker untuk mengeksplorasi setiap sudut negeri ini, mulai dari pantai, gunung, hingga lautnya. Bagi yang ingin melakukan kegiatan ini, tapi tidak memiliki teman seperjalanan, bisa bergabung dengan komunitas backpacker tertentu. Tidak hanya mendapatkan liburan yang asyik dan seru, teman dan jaringan pun bisa bertambah luas.

Wisata Kuliner

Backpacking

Wisata Kuliner Dalam kesempatan liburan, dapat dipastikan berbagai tempat makan akan diserbu oleh banyak kalangan, baik yang sudah berkeluarga maupun belum. Wisata kuliner memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari liburan. Berbagai tempat makan enak yang direkomendasikan di TV, internet, dan berbagai media lainnya, pasti akan laris manis, hingga kita harus cepatcepat kalau tidak mau kehabisan. Tak perlu mencari yang mahal. Yang penting makanannya benar-benar baru dan tentunya lezat untuk disantap.

3


Bahasan Utama Mudik Tidak hanya ketika hari raya saja, liburan panjang pun bisa menjadi kesempatan yang sangat baik untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul dengan keluarga tercinta. Dengan bertemu keluarga dan orang-orang tercinta di kampung halaman, maka kita pun akan lebih siap dan penuh semangat ketika menyambut hari baru setelah liburan. Diam di Rumah Bagi mereka yang tidak memiliki rencana apapun untuk liburan, atau tidak memiliki budget yang cukup, biasanya berdiam di rumah akan jadi pilihan. Namun, itu bukan berarti ia tak menikmati hari libur. Baca buku, bermain bersama keluarga atau melakukan kegiatan bersama, merupakan beberapa kegiatan yang pasti menyenangkan, walau dilakukan di rumah.

Wisata Sejarah dan Budaya Ini juga menjadi salah satu kegiatan yang biasa dilakukan saat liburan tiba. Sebab, setiap kota pasti memiliki sejarah dan bangunan-bangunan penting yang menarik untuk digali lebih dalam. Karenanya, berwisata di tempat-tempat sejarah dan budaya bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Selain berlibur, juga akan mendapat wawasan.

Ayooo... jangan lewatkan liburan yang akan datang dengan kegiatan monoton. Jadikan liburanmu lebih berkesan, tidak sekedar bersenang-senang dan menghabiskan waktu saja. Occre, silahkan memilah-milih kegiatan yang bermanfaat.

4


Tips ditingkatkan. Hal ini sangat bermanfaat buat kamu karena akan mampu mengukur sejauh mana kelebihan maupun kekurangannya. Ini penting artinya untuk dilakukan agar dapat meningkatkan cara belajar secara efektif dan efisien. Bagi orang tua, hal ini bisa menjadi sebuah introspeksi dan memotivasi anak-anaknya agar mendapatkan hasil yang lebih baik di tahun ajaran baru yang akan datang.

Tips Dan Trik

Memanfaatkan Liburan

Liburan adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi hasil pekerjaan yang telah kita lakukan. Liburan juga merupakan saat yang ditunggu oleh para siswa dan guru di sekolah. Setidaknya dengan adanya liburan ini kita bisa rehat sejenak dari hal-hal yang bisa membuat penat karena setiap hari terlibat dengan segala hal yang sangat memberatkan otak kita. Tetapi sesungguhnya, waktu liburan itu sendiri dapat dimanfaatkan juga dalam beberapa hal. semuanya bisa dilakukan secara santai tapi boleh dibilang cukup bermanfaat. 1.

Mengevaluasi hasil yang telah dicapai. Bagi siswa, setelah mendapatkan rapor, cek nilai apa yang mendapatkan nilai kurang. Lalu perbaiki cara belajarnya agar di semester mendatang nilainya dapat

2.

3.

Mengunjungi perpustakaan atau tempat bersejarah Selain mengunjungi tempat wisata, berkunjung ke perpustakaan atau tempat bersejarah bisa juga dijadikan sebuah alternatif. Jika mengunjungi perpustakan, maka hal itu akan menggugah minat baca kita, sedangkan dengan berkunjung ke tempat bersejarah maka hal itu akan mengetahui sejarah suatu tempat. Memanfaatkan hobi kamu Waktu liburan adalah waktu yang tepat untuk memperdalam hobi. Tentu bila hal itu dilakukan maka akan menambah wawasan kamu dalam suatu hal. Selain itu, bukan tidak mustahil hal itu pun dapat menghasilkan fulus. Bukankah hal itu lumayan untuk menambah uang saku.

Semakin hobi ditekuni, bukan tidak mustahil suatu saat dapat menjadi lahan dalam mencari nafkah. 4.

Ajang silaturahmi Silaturahmi dapat dilakukan dengan mengunjungi saudara, teman atau siapa pun yang pernah kamu kenal. Jika memungkinkan kamu bisa mengadakan reuni untuk bertemu dengan teman lama kamu. Setidaknya kamu bisa bernostalgia dengan teman sekolah atau pun teman waktu bermain di masa kecil dulu. Wah, asik neeh‌!!!

5.

Waktu untuk meng-charge diri kamu. Selain liburan dimanfaatkan untuk halhal yang bersifat duniawi, yang gak kalh pentingnya dalah waktu tersebut bisa digunakan untuk meng-charge diri kamu dengan amalan ibadah. Misalnya, memperbanyak shalat tahajjud, Shaum Sunnah, mendalami al-Quran berinfaq , bershadaqah dan mendalami ilmu agama. Dengan begitu, kamu tidak akan melupakan soal ibadah.

Sekian dulu tips dan trik dalam memanfaatkan liburan, sehingga kondisi kamu menjadi fresh dan siap kembali menjalani rutinitas yang suatu saat harus dihadapi oleh kamu-kamu...

5


Profil Assalaamu 'alaykum!! Kali ini kita akan berkenalan dengan ketua umum Lembaga Studi Pemuda dan Pelajar FORSTAR atau biasa disingkat dengan LSPP FORSTAR. Ini dia hasil wawancaranya, CeKiDot.. ^_~

1. Di isi dong, biodatanya!? Nama : Andi Hasri TTL : Malaysia, 22 November 1991 Jenis Kelamin : Laki-Laki Alamat : Jl. Sunu No. 215 Makassar No. Telp. : 085255865339 Email : hasri_ak09@yahoo.com Pekerjaan : Mahasiswa Gol. Darah :0 Agama : Islam Status : Belum Nikah

2. Hal menarik apa sih yang pernah anda alami?? “Banyak hal yang menarik yang pernah saya alami. Dan hal yang menarik paling awal yakni ketika Allah subhanahu wa ta'ala memberikan saya kesempatan untuk hidup, apa lagi lahirnya di negeri orang. Selain itu, hal menarik lainnya yang teringat di benak saya, ketika saya bisa mendapatkan uang walaupun itu hanya 2000 rupiah saja dengan keringat sendiri. Saya teringat waktu itu masih SD, saya lupa kelas berapa. Pertama kali saya dapat

Andi Hasri :

From Zero

to Hero 6


Profil uang itu hasil dari sewa buku, waktu itu saya punya buku-buku cerita islami, nah di sekolah pada saat itu, ada teman yang liat buku saya, kemudian dia sampaikan ke ibunya untuk dibelikan, trus ibunya bilang ke saya “beli dimana sri (pnggilan kecil)..?”, saya jawab “belinya di masjid bu”, trus ibunya teman saya ini bilang lagi, “ini bisa saya sewa ndak?”, ya udah karena gi dapat kesempatan untuk dapat uang, ya saya sewakan saja karena kebetulan saya sudah selesai membacanya. Ada lagi, saat saya menjadi seorang kacung (pemungut bola u/ tennis lapangan), eh alhamdulillah dapat Rp.2000,- juga, pernah juga saya jadi tukang parkir, penjual koran, dan bahkan jadi pemulung sekali pun udah pernah saya rasakan, dan banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa saya lupakan. Nah, itu kemudian memberikan inspirasi besar perkembangan selanjutnya terhadap kehidupan saya. Hal menarik lainnya, sewaktu bisa mewakili TPA saya utnuk berlomba. Dan tidak sedikit dari perlombahan itu, saya menangkan dan mempersembahkan piala buat TPA saya, dan ini juga yang turut mengispirasi perjalanan hidup saya sampai saat ini, dengan salah satu langkah saya yakni menjadi pengajar di tempat saya ngaji dulu. Dan yang paling menarik sepanjang beberapa tahun terakhir ini, yakni bisa merasakan nikmatnya naik pesawat tanpa mengeluarkan sepeserpun biaya pribadi. Waktu itu saya ke Medan dan Aceh mewakili Sul-Sel untuk mengikuti pelatihan kesadaran

bela negara yang diselenggarakan oleh kemenpora. Waktu itu saya diutus bersama seorang teman akrab saya. Saya bersyukur sekali waktu itu karena bisa mendapatkan kesempatan yang tidak banyak orang bisa mendptkannya. Semuanya tergantung dari seberapa besar ketekunan dan kegigihan kita. Masih banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang tidak bisa saya sebut satu persatu.” 3. Hal buruk yang pernah anda alami?? “Hal yang buruk yang pernah saya alami, emmm...apa yah..?? Waktu SD dan SMP dulu ada hal yang agak sering saya lakukan, sebenarnya bukan keseringan sih, tapi bisalah dikatakan begitu, yakni berkelahi... bukan tanpa sebab saya berkelahi... waktu itu saya termasuk orang yang sedikit galak dan serius, tidak suka kalau diganggu, jadi kalo diganggu dan membuat kesal, ujung-ujungnya berkelahi deh... tapi seiring waktu berlalu, sifat nakal itu berkurang. Sebenarnya masih ada lagi sih buruknya dan tidak pernah saya lupakan. Tapi ini bersifat r-ah-a-s-i-a... tentang cinta waktu SMA... hehehe...” 4. Apa sih alasan anda berada di LSPP Forstar?? “Ada banyak sih alasannya, 1.

Karena Allah.

2.

Dari Forstar saya banyak belajar hal

7


Profil seiring waktu berlalu, sifat nakal itu berkurang. Sebenarnya masih ada lagi sih buruknya dan tidak pernah saya lupakan. Tapi ini bersifat r-ah-a-s-i-a... tentang cinta waktu SMA... hehehe...” 4. Apa sih alasan anda berada di LSPP Forstar?? “Ada banyak sih alasannya, 1. Karena Allah. 2. Dari Forstar saya banyak belajar hal tentang kehidupan maupun kematian 3. Program-programnya bagus dan menarik 4. Bisa bergaul dengan pelajar dan pemuda se-Makassar, bahkan bisa se-Sulsel, dan bahkan se-Indonesia. mungkin hanya itu...” 5. Sebagai ketua LSPP Forstar, apa sih citacita besar anda terhadap lembaga ini?? “Sesuai dengan taglinenya, yakni “Kerja Besar Untuk Perubahan Besar”. Saya pribadi punya cita-cita besar terhadap Forstar. Cita-cita itu saya sebut SKP (Sistem, Kader, Pemimpin). Yang pertama sistem, Forstar kedepannya harus memiliki sistem yang handal dimana dari sistem yang handal itu kemudian mampu melahirkan kader, kader yang bagaimana, yakni kader yang mampu memaksimalkan potensi-potensi yang mereka miliki, baik

potensi akal, iman maupun fisiknya atau bahasa lainnya berkarakter. Ketika kader Forstar mampu mewujudkan itu semua maka tunggu saja kelahiran pemimpin-pemimpin muda yang siap membawa perubahan besar. Tidak hanya di tataran sekolah, tetapi di setiap tataran kehidupan masyarakat, bangsa dan tanah air. Hal inilah yang dicontohkan oleh Rasul kita, dimana masa awal kerasulan, yang pertama dilakukan adalah membangun sistem yang handal, itulah tarbiyah atau pendidikan. Kemudian dari situ lahirlah kader-kader yang memiliki potensi yang luar biasa sehingga tumbuhlah pemimpin-pemimpin yang membawa perubahan, tidak hanya untuk umat Islam, tetapi juga seluruh manusia. Secara sederhana kedepannya Forstar mampu membangun sistem di setiap sekolah, kemudian bisa memiliki kader di tiap sekolah di Kota Makassar dan lahirlah pemimpin muda dari Makassar, ewako pemuda dan pelajar....”

Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

RIWAYAT PENDIDIKAN SDN Kaluku Bodoa Makassar (1997 - 2003) SMPN 04 Makassar (2003 - 2006) SMAN 17 Makassar (2006 - 2009) UNHAS Fak. Ekonomi Jur. Akuntansi Makassar (S1) Tahun 2009 - Sekarang

6. Kemarin kan ada nih anggota LSPP Forstar yang dilantik, apa pesan anda untuk mereka? “Pesan saya untuk anak Forstar yang baru untuk saat ini ada dua yaitu: 1. Semangat besar dan, 2. Teruslah berkerja. 1. Semangat besar. Setiap kader Forstar harus punya semangat yang besar karena citacitanya juga besar. Kalo semangatnya kecil,

8


Profil maka hasinya pasti akan kecil. Untuk punya semangat yang besar, asupan gizinya harus besar pula. Otaknya harus terus diisi dengan muatan-muatan yang segar dan bermanfaat. Kemampuan Spiritualnya juga harus mantap, sholatnya, ngajinya dan ibadah-ibadah lainnya. Selain itu hubungan dengan orangorang juga harus bagus, kader Forstar sebisa mungkin menghindari pertikaian dengan orang lain. Orang yang tua (guru) juga harus dihormati dan sedangkan yang muda kita sayangi. 2. Teruslah bekerja. Semangat yang besar tanpa kerja, sama saja mengkhayal. Olehnya itu kita harus bekerja, kerjakan amanah kita dengan baik dan semaksimal mungkin, senantiasa bekerja sama (beramal jama'i). Membangun hubungan dengan siapa saja. Bahkan jangan biarkan ada waktu yang terlewatkan selain dari bekerja, bekerja untuk kebaikan. Bekerjalah sampai tubuh ini letih, jangan berhenti sebelum semuanya selesai dikerjakan. Dan ketika selesai, berdoa dan bertawakkallah kepada-Nya...” Nah, itu dia sedikit tentang Ketua LSPP Forstar, baru tau kan bahwa beliau ternyata pernah jadi seorang penjual koran bahkan jadi pemulung?. Boleh dikatakan beliau yang dari awal hanya seorang yang biasa saja, kemudian dengan kemampuannya beliau bisa menjadi orang yang luar biasa. Istilah kerennya “From Zero to Hero”. Ngerti kan?? Hhehe... Semoga

dapat memberi inspirasi dan semangar kepada adik-adik sekalian untuk terus bekerja, dan terus berkarya hingga telapak kaki ini menginjak syurga-Nya yang begitu indah. Aamiin... Wassalaamu 'alaykum warahmatullahi wabarakatuh... (nadisyamsfs)

Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

PENGALAMAN ORGANISASI Ketua OSIS SMPN 04 Makassar periode 2005 - 2006 Pengurus Remaja Masjid HaqqulYaqien Periode 2007 - 2009 Pengurus KURMA 17 Makassar Periode 2007 - 2008 Pengurus OSIS SMAN 17 Makassar Tahun 2007 – 2008 Pengurus FORSISMA Makassar Tahun 2007 - 2008 Pengurus TPA Masjid HaqqulYaqien 2007-skrng Anggota Departemen kaderisasi LSPP FORSTAR TAHUN 2008-

Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

2009 Anggota Biro Danus LSPP FORSTAR Tahun 2009 – 2010 Pengurus Forum Studi Ekonomi Islam (FOSEI) Unhas 2009-2010 Ketua Umum LSPP FORSTAR Periode 2010-2012 Pengurus Fkapmepi Makassar dan Sul-Sel 2010-skrng Ketua Umum Remaja Masjid HaqqulYaqien Periode 2010-2012 Ketua Umum LSPP FORSTAR Periode 2012-sekarang

Hobby : ngitung2, ngaji, baca buku, diskusi, mentraktir, main bola, nge-facebook-an, smsan, dll. Makanan Favorit : KBRI ( untuk lokal : Kapurung, nasional : Bakso, global: RotI). Minuman Favorit : Jus tomat. Motto : Belajar untuk kehidupan dan belajar untuk kematian (kita hidup didunia ini esensinya hanya 2 hal; untuk hidup dan untuk mati. Olehnya harus ada bekal untuk itu, bekalnya dimulai dan diperolah dari belajar).

9


Tekno Pernahkah teman-teman mendengar istilah 4G?? nah buat yang masih asing dengan 2 huruf ini, PEBI ingin berbagi sedikit tentang 4G. Disimak yah. Apa itu 4G? “ G ” di situ berarti Generasi, jadi ketika mendengar ada orang yang berbicara mengenai jaringan 4G, maka itu artinya mereka sedang membicarakan mengenai jaringan wireless berbasis pada teknologi jaringan generasi ke 4. bingung?? Agar lebih faham mari kita telusuri dari generasi pertama (1G) dimana ponsel benar-benar disebut ponsel, tidak disebut ponsel pintar (smart phone) atau ponsel bodoh, atau ponsel super atau apapun itu. yang pasti mereka akan terlihat menonjol di saku anda. Mereka sangat sederhana hanya digunakan untuk menelfon saja. tidak ada yang lain, tidak ada fitur jejaring sosial, tidak membutuhkan flash player 10.1 tidak ada yang mengupload hasil jepretan kamera 5 Mega Pixel ke filcker dan mereka tidak berubah menjadi hotspot nirkabel yang bisa menghubungkan beberapa ponsel lainnya ke internet. Teknologi sekarang sudah sangat maju dan GPRS, EDGE, UMTS, HSDPA adalah generasinya.

Perjalanan Generasi “G” adalah Generasi dan berhubungan dengan kecepatan Komunikasi data 1G - Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) 14.4 kbps 2G - Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) 9-14.4 kbps 2.5G - Packet data on to a 2G network (GPRS, EDGE) 20-40 kpbs 3G - Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) 500-700 kbps 3.5G - Replacement for EDGE is HSPA 1-3 mbps and HSDPA up to 7.2Mbps 4G - Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) 3-5 mbps 5G - Gigabit per second in a few years (?) 1+ gbps

10


Tekno Perkembangan teknologi nirkabel (tanpa

diberikan oleh GPRS : e-mail, mms (pesan

video conference, dan video calling*). Secara teori kecepatan akses UMTS sekitar 480kbps.

kabel) dapat dirangkum sebagai berikut:

gambar), browsing, internet. Secara teori

1G, Generasi pertama : hampir seluruh sistem

GPRS memberikan kecepatan akses antara

pada generasi ini merupakan sistem analog

56kbps sampai 115kbps

HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) merupakan perkembangan akses data

dengan kecepatan rendah (low-speed) dan 3G, Generasi ketiga: digital, mampu

selanjutnya dari 3G. HSDPA sering disebut

(Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog

mentransfer data dengan kecepatan tinggi

dengan generasi 3.5 (3.5G) karena HSDPA

Mobile Phone System).

(high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk

masih berjalan pada platform 3G. Secara teori

pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA

kecepatan akses data HSDPA sama seperti

suara sebagai objek utama. Contoh: NMT

2G, Generasi kedua: dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan

(atau dikenal juga dengan UMTS) , HSDPA dan

480kbps, tapi pastinya HSDPA lebih cepat lah.

CDMA2000 1xEV-DO.

Kalau gak lebih cepat apa gunanya m e n c i p t a k a n H S D PA . S e m a k i n b a r u

rendah - menengah. Contoh: GSM, GPRS dan CDMA2000 1xRTT. Antara generasi kedua dan

EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) :

generasi ketiga, sering disisipkan Generasi 2,5

teknologi perkembangan dari GSM, rata-rata

yaitu digital, kecepatan menengah (hingga 150

memiliki kecepatan 3kali dari kecepatan GPRS.

Kbps). Teknologi yang masuk kategori 2,5 G

Kecepatan akses EDGE secara teori sekitar

adalah layanan berbasis data seperti GPRS

384kbps. Fasilitas yang disediakan EDGE sama

(General Packet Radio Service) dan EDGE

seperti GPRS (e-mail, mms, dan browsing).

tekonologi pastinya semakin bagus.

(Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network)

UMTS (Universal Mobile Telecommunication

pada domain CDMA.

Service) : perkembangan selanjutnya dari

GPRS (General Packet Radio Service) : suatu

EDGE. UMTS sering disebut generasi ke tiga

teknologi yang digunakan untuk pengiriman

(3G). Selain menyediakan fasilitas akses

dan penerimaan paket data. GPRS sering

internet (e-mail, mms, dan browsing), UMTS

disebut dengan teknologi 2.5G. Fasilitas yang

juga menyediakan fasilitas video streaming,

11


Tekno 4G, Generasi keempat :

Engineers) adalah "3G and beyond".

berinteraksi internet telephony yang berbasis

4G yang digadang gadang 500 kali lebih cepat

Teknologi 4G adalah istilah serapan dari

Session Initiation Protocol (SIP).

daripada CDMA2000 dapat memberikan

bahasa Inggris: fourth-generation technology.

Semua jenis radio transmisi seperti GSM,

kecepatan hingga 1Gbps jika anda di rumah

Istilah ini umumnya digunakan untuk

TDMA, EDGE, CDMA 2G, 2.5G akan dapat

atau 100Mbps ketika anda bepergian.

menjelaskan pengembangan teknologi

digunakan, dan dapat berintegrasi dengan

Bayangkan dengan kecepatan super itu anda

telepon seluler.

mudah dengan radio yang di operasikan tanpa

dapat dengan mudah mendowload film

Sistem 4G akan dapat menyediakan solusi IP

lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4GHz

dengan kualitas HD. Dan dalam waktu yang

yang komprehensif dimana suara, data, dan

& 5-5.8Ghz, bluetooth dan selular. Integrasi

singkat tentu saja. untuk mendownload film

arus multimedia dapat sampai kepada

voice dan data dalam channel yang sama.

berkapasitas 6GB saja hanya diperlukan waktu

pengguna kapan saja dan dimana saja, pada

Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.

6 Menit. Luar biasa .. mari kita tunggu

rata-rata data lebih tinggi dari generasi

kedatangan teknologi yang super cepat ini.

sebelumnya. Belum ada definisi formal untuk

selain itu ini adalah salahsatu solusi yang paling

4G. Bagaimanapun, terdapat beberapa

efektif untuk jaringan internet dipedasaan

pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G

karena lebih baik menanam 1 menara 4G untuk

akan merupakan sistem berbasis IP

ber mil-mil jauhnya, daripada dengan

terintegrasi penuh.

menyelimuti sawah-sawah dengan kabel fiber

Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan

optik.

nirkabel dapat dikonversikan dan mampu

4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa

menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan

Inggris: fourth-generation technology. Istilah

1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang

ini umumnya digunakan mengacu kepada

dengan kualitas premium dan keamanan

pengembangan teknologi telepon seluler. 4G

tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis

merupakan pengembangan dari teknologi 3G.

layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap

Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE

handset 4G akan langsung mempunyai nomor

(Institute of Electrical and Electronics

IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk

12


Tekno Teknologi 4G di Indonesia

mungkin tanpa kontrol pemerintah sama

WiMAX, Teknologi 4G Pertama di Indonesia

Secara sederhana, dapat diartikan bahwa

sekali.

WiMAX (Worldwide Interoperability for

teknologi 1G adalah telepon analog / PSTN

Dengan teknologi SIP dalam 4G, nomor

Microwave Access) merupakan teknologi 4G

yang menggunakan seluler. Sementara

telepon PSTN hanyalah sebagian kecil dari

Pertama yang diimplementasikan di Indonesia

teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN.

identifikasi telepon. Bagian besarnya akan

pada bulan Juni 2010 oleh operator Firstmedia

Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja

dilakukan menggunakan URL. Kita tidak lagi

dengan merek dagang Sitra WiMAX. Teknologi

memasuki dan memulai tahap 3.5G atau yang

perlu bergantung pada nomor telepon yang

4G WiMAX terdiri atas tiga bagian generasi,

biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed

dikendalikan oleh pemerintah untuk

単 WiMAX 16.d, atau sering disebut WiMAX

Downlink Packet Access) yang mampu

b e r ko m u n i k a s i v i a i n t e r n e t - t e l e p o n .

nomadic dengan mobilitas terbatas hingga

memberikan kecepatan akses hingga 3.6 Mb/s

Infrastruktr internet telephony

kecepatan 70 Mbps. 単 WiMAX 16.e, merupakan WiMAX mobile

(termasuk koneksi pita lebar (broadband

memungkinkan kita untuk menyelenggarakan

connection)). Berkaitan dengan teknologi 4G,

sendiri banyak hal tanpa tergantung lisensi

dengan mobilitas tinggi hingga kecepatan

SIP adalah protokol inti dalam internet

pemerintah dan tidak melanggar hukum.

144Mbps.

telephony[1] yang merupakan evolusi terkini

Teknologi 4G juga akan menyebabkan

単 WiMAX 16.m, WiMAX mobile dengan

dari Voice over Internet Protocol maupun

kemunduran bagi teknologi Internet Network

mobilitas tinggi hingga kecepatan 1Gbps.

Telephony over Internet Protocol.

(IN) yang saat ini merupakan infrastruktur

Teknologi tersebut banyak di perdebatkan

telekomunikasi yang digunakan berbagai

oleh operator, pemerintah dan DPR

provider. Hal tersebut disebabkan terbukanya

belakangan ini. Tidak lama lagi internet

jalur arus bawah yang dapat didownload dan

telephony akan menjadi tulang punggung

diakses gratis dari internet.

utama infrastruktur telekomunikasi. Teknologi internet telephony memungkinkan pembangun infrastruktur telekomunikasi rakyat secara swadaya masyarakat (tanpa Bank Dunia, IMF maupun ADB) bahkan

13


Tekno Operator 4G Pertama di Indonesia Sitra WiMAX merupakan operator 4G pertama yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband di Indonesia. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT. Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadat dan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Propinsi Banten, Sumatera Utara, dan Propinsi NAD. Makassar belum ada yah :D masih di usahakan. Itu sekilas mengenai 4G, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang komunikasi data :D. Maju Terus Generasi Teknologi!!! sumber : google.com *nirkabel : tanpa kabel *analog : teknologi sistem manual * IEEE 802.11 : standardisasi internasional wimax yang digunakan saat ini

14


M-Series

Karena

Jilbab

Akan Memuliakanmu Akhir Tahun 2003, niat itu mulai muncul. Niat untuk mengenakan jilbab. Padahal, beberapa bulan lagi dia akan meninggalkan bangku sekolah tingkat SMP dan akan melanjutkan ke tingkat selanjutnya, Sekolah Menengah Atas (SMA). Kalau dipikir sih nanggung yah untuk pake jilbab? Sebentar lagi SMA, kenapa tidak sekalian SMA saja? Namun, niat itu sudah bulat, HARUS PAKE JILBAB. Dan alhamdulillah Allah memudahkan niat baiknya. Ingat Sobat Pebi yang sholelah, niat yang baik jangan ditunda yah ^_^ Setahun berjalan, Allah meyakinkan bahwa menyegerakan mengenakan jilbab adalah tindakan yang benar, yaitu mengenakan jilbab dengan syar'i. Dengan jilbab ini, secara otomatis kita akan selalu merasa “terawasi� oleh Allah. Jika kita melakukan hal sedikit saja yang tidak sesuai dengan pakaian kita, maka akan ada perasaan bersalah. Gimana sih kriteria jilbab syar'i itu? Nih dia penjelasan dari kekasih Allah dan panutan kita semua, Nabiullah Muhammad SAW: "Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Al-Ahzab 33; 59)

15


M-Series Sudah jelas kan jilbab syar'i itu. Jilbab yang tidak hanya menutup kepala kita, namun mengulurkan jilbab kita ke seluruh tubuh atau menutupi dada dan tidak transparan yang memperlihatkan apa yang ada di balik jilbab kita. Tidak ada yang salah dengan alasan memenuhi kewajiban menutup aurat bagi seorang muslimah, karena memang demikian adanya. Namun, ketika itu hanya difahami sebagai sebuah kewajiban tanpa adanya upaya mengkaji dan mengetahui lebih dalam mengapa Allah SWT yang Maha Penyayang menginginkannya begitu, secara tidak disadari, barangkali seorang muslimah hanya menghargai jilbab sekedar penutup kepala. Padahal, ada nilai lain yang mampu menjadi karekter kuat alasan jilbab menjadi sesuatu yang patut di pertahankan sesuai syari'at. Sehingga diujungnya, sebuah kesimpulan hadir dari kepahaman dan kesadaran diri, bahwa menjadi muslimah adalah anugerah yang tak hanya harus disyukur tapi juga dijaga oleh diri sendiri. Jilbab, bukan hanya sekedar penutup kepala. Tapi adalah kehormatan dan harga diri muslimah. Ya, kehormatan dan harga diri, yang dalam hubungan sosial menjadi hal yang sensitif . Sehingga jika demikian seorang muslimah memberi nilai dan arti pada jilbabnya, maka tak ada lagi "tawar menawar" syarat menutup aurat dengan berderet alasan logis namun dangkal dan menjerumuskan. Lanjut cerita... Setelah mengenakan jilbab syar'i, teman-temannya bertanya, “Apa kamu nggak kepanasan pake jilbab besar? Mana didouble lagi jilbabnya? Make kaos kaki lah, make manset lah (penutup tangan). Apa nggak kepanasan tuh?�

Jilbab yang tidak hanya menutup kepala kita, namun mengulurkan jilbab kita ke seluruh tubuh atau menutupi dada dan tidak transparan yang memperlihatkan apa yang ada di balik jilbab kita.

16


M-Series Dan dia pun menjawab, “A l h a m d u l i l l a h s e l a m a s a y a mengenakan jilbab seperti ini saya merasa nyaman dan terjaga dari halhal yang tidak diinginkan. Malah kalau saya tidak memakai salah satunya tadi yang kamu sebutkan, ada yang “lain” rasanya.” Kemudian, teman yang lainnya celutuk, “Huuu make jilbab itu nggak bisa ngapa-ngapain, ngak bisa cerewet lah dengan kata lain make jilbab tuh mesti kalem.” Mungkin masih ada sebagian kita yang berpikir bahwa ketika seorang muslimah memutuskan untuk mengenakan jilbab, maka dia tidak akan bebas melakukan apapun, merasa dirinya terbatasi dengan jilbab yang dikenakan. Ketika berjilbab, seorang muslimah tak boleh melakukan ini itu, harus meninggalkan seluruh kebiasaan lamanya. Ketika berjilbab, seorang muslimah harus kalem, pendiam, dll. Benarkah statement ini? Tidak kawan!!!

Siapa bilang ketika seorang muslimah memutuskan untuk berjilbab tak bebas melakukan apa-apa? Ada seorang muslimah yang hobi naik gunung, tetap naik gunung ketika memutuskan berjilbab syar'i, dengan rokcel-nya (rok celana). Ada seorang muslimah yang hobi nyanyi, akhirnya bernasyid ria ketika memutuskan berjilbab dan sering diminta tampil dalam acara kemuslimahan. Ada seorang muslimah yang hobi renang, tetap renang secara rutin di kolam renang khusus muslimah ketika memutuskan berjilbab. Bahkan banyak juga muslimah berjilbab yang tak kalah prestasinya dengan perempuan-perempuan lain dan jangan takut jika mencari pekerjaan nanti para muslimah akan sulit mendapatkannya..TIDAK!!! Baik teman-teman yang sholelah, kita sudah tahu kan gimana jilbab syar'i itu, gimana kelebihan dari jilbab itu dan yang pasti jilbab itu tidak membelenggu aktivitas-aktivitas kita. Bagi yang belum berjilbab, maka bersegeralah, karena ini perintahNYA. Bagi yang sudah berjilbab, semoga keistiqomahan senantiasa kita usahakan. Karena sesungguhnya, hidayah dan istiqomah itu bukanlah hal yang kita peroleh tanpa usaha. Selamat bermetamorfosis menjadi muslimah sejati ^_^ Dikutip dari tulisan Linda Puspita Sari dan Rifatul Farida (rifa_farida@yahoo.co.id)

17


Reebuk

Breaking The Time

Penulis : Satria Hadi Lubis Ukuran: 12 X 20 cm Tebal : 126 hlm. ISBN : 979-1273-71-5 Harga : Rp 18.000,Penerbit: Pro You

Sukses tidaknya seseorang sesungguhnya dipengaruhi oleh keterampilannya mengatur waktu. Hanya dengan pengaturan waktu yang baik saja hidup kita akan tertata, seimbang dan selaras sehingga memperoleh ketenangan dan kepuasaan batin. Dengannya kita dapat mencapai cita-cita yang kita idam-idamkan.Dengannya pula, kembali bangkit setelah mengalami keterpurukan menjadi mungkin untuk dilakukan. Jadikan buku ini sebagai panduan untuk menjabarkan semua ide dan keinginan Anda menuju langkah nyata. Anda mungkin tak pernah mengetahui sebelumnya, bahwa ada cara yang mudah diingat dan sederhana untuk dilakukan dalam mengatur waktu demi mencapai semua keinginan Anda.

Buku ini terutama ditujukan untuk para aktivis dan orang-orang sibuk yang ingin mengatur waktunya secara lebih baik lagi. Namun pada dasarnya setiap orang yang ingin meraih sukses dapat membaca buku ini. Mahasiswa, pelajar, karyawan, pengusaha, kaum profesional maupun aktivis organisasi dapat menjadikan buku ini sebagai rujukan untuk mengarahkan aktivitas mereka agar tetap berada di jalur kesuksesan.

18


Reebuk

MATEMATIKA AJAIB: Permainan Utak-Atik Angka yang Mengasyikkan Takjub lihat Joe Shandy The Master bisa hitung cepat mengalahkan kalkulator? Ingin bisa baca pikiran seperti Deddy Corbuzier? Kamu bisa! Semua itu ada triknya! Ternyata, sulap itu menggunakan pola matematika. Ya, matematika memang mengasyikkan. Lewat contoh-contoh menarik dan praktis, sang penulis—pembina olimpiade matematika berpengalaman—menyajikan aneka permainan matematika. Dengan buku ini, kamu bisa: Ø Membaca pikiran ala Deddy Corbuzier. Ø Menebak angka ala Joe Sandy. Ø Menerka tanggal ulang tahun. Ø Mengungkap trik sulap. Ø Menciptakan persegi ajaib. Ayo, kita utak atik angka dan kamu akan dapat permainan yang seru dan mengasyikkan!

Penulis : Janu Ismadi (Pembina Olimpiade Matematika) Ukuran: 14,5 x 20,5 cm Tebal : 80 hlm. ISBN : 978-602-8994-32-3 Harga : Rp29.000,Penerbit: Kaifa/Mizan

19


Info

Buat Sobat Pebi yang masih bingung mau ngapain pas liburan nanti, ikut aja Character Camp For Teens yang diadain sama FKAPMEPI Sulsel. Bakalan seru deh. Dan yang pastinya bikin liburan kamu lebih berkesan dan bermanfaat, insya Allah. Kalau berminat, langsung kontak nomer hp panitianya ya (085299368703 atau 085242296955).

20


Hikmah

Suatu masa dahulu, terdapat sebatang pohon apel yang amat besar. Seorang kanakkanak lelaki begitu gemar bermain-main di sekitar pohon apel ini setiap hari. Dia memanjat pohon tersebut, memetik serta memakan apel sepuas-puas hatinya, dan adakalanya dia beristirahat lalu terlelap di bawah pohon apel tersebut. Anak lelaki tersebut begitu menyayangi tempat permainannya. Pohon apel itu juga menyukai anak tersebut. Masa berlalu... anak lelaki itu sudah besar dan menjadi seorang remaja. Dia tidak lagi menghabiskan masanya setiap hari bermain di sekitar pohon apel tersebut. Namun begitu, suatu hari dia datang kepada pohon apel tersebut dengan wajah yang sedih. "Marilah bermain-mainlah di sekitarku," ajak pohon apel itu. "Aku bukan lagi kanak-kanak, aku tidak lagi gemar bermain dengan engkau," jawab remaja itu. "A k u m e n g i n g i n k a n m a i n a n . A k u memerlukan uang untuk membelinya," tambah remaja itu dengan nada yang sedih. Lalu pohon apel itu berkata, "Kalau begitu, petiklah apel-apel yang ada padaku. Juallah untuk mendapatkan uang. Dengan itu, kau dapat membeli permainan yang kau inginkan."

Remaja itu dengan gembiranya memetik semua apel dipohon itu dan pergi dari situ. Dia tidak kembali lagi setelah itu. Pohon apel itu merasa sedih. Masa berlalu... Suatu hari, remaja itu kembali. Dia semakin dewasa. Pohon apel itu merasa gembira. "Marilah bermain-main di sekitarku," ajak pohon apel itu. "Aku tiada waktu untuk bermain. Aku terpaksa bekerja untuk mendapatkan uang. Aku ingin membangun rumah sebagai tempat perlindungan untuk keluargaku. Maukah kau menolongku?" tanya anak itu. “Maafkan aku. Aku tidak mempunyai rumah. Tetapi kau boleh memotong dahandahanku yang besar ini dan kau buatlah rumah darinya." Pohon apel itu memberikan dahandahannya. Lalu, remaja yang semakin dewasa itu memotong kesemua dahan pohon apel itu dan pergi dengan gembiranya. Pohon apel itu pun turut gembira tetapi kemudian merasa sedih karena remaja itu tidak kembali lagi setelah itu. Suatu hari yang panas, seorang lelaki datang menemui pohon apel itu. Dia sebenarnya adalah anak lelaki yang pernah bermain-main dengan pohon apel itu. Dia telah matang dan dewasa."Marilah bermainmain di sekitarku," ajak pohon apel itu.

Kisah

Pohon Apel

21


Hikmah

"Maafkan aku, tetapi aku bukan lagi anak lelaki yang suka bermain-main di sekitarmu. Aku sudah dewasa. Aku mempunyai cita-cita untuk berlayar. Malangnya, aku tidak mempunyai perahu. Maukah kau menolongku?" tanya lelaki itu. “Aku tidak mempunyai perahu untuk diberikan kepadamu. Tetapi kau boleh memotong batang pohon ini untuk dijadikan perahu. Kau akan dapat belayar dengan gembira," kata pohon apel itu. Lelaki itu merasa amat gembira dan menebang batang pohon apel itu. Dia kemudian pergi dari situ dengan gembiranya dan tidak kembali lagi selepas itu. Namun begitu, pada suatu hari, seorang lelaki yang semakin dimakan usia, datang menuju pohon apel itu. Dia adalah anak lelaki yang pernah bermain di sekitar pohon apel itu. “Maafkan aku. Aku tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan kepadamu. Aku sudah memberikan buahku untuk kau jual, dahanku untuk kau buat rumah, batangku untuk kau buat perahu. Aku hanya punya akar yang hampir mati," kata pohon apel itu dengan nada pilu. “Aku tidak mau apelmu karena aku sudah tiada bergigi untuk memakannya, aku tidak mau dahanmu karena aku sudah tua untuk

memotongnya, aku tidak mau batang pohonmu karena aku tidak mau berlayar lagi, aku merasa lelah dan ingin istirahat," jawab lelaki tua itu. “Jika begitu, istirahatlah di bawahku," kata pohon apel itu. Lalu lelaki tua itu duduk di bawah pohon apel itu dan beristirahat. Sebenarnya, penulis mengumpamakan pohon apel di dalam cerita itu adalah ibu dan ayah kita. Saat kita masih muda, kita senang bermain dengan mereka. Ketika kita beranjak remaja, kita tinggalkan mereka dan hanya kembali meminta pertolongan ketika dalam kesusahan. Namun begitu, mereka tetap menolong kita dan melakukan apa saja asalkan kita bahagia dan gembira dalam hidup. Kamu mungkin berpikir bahwa anak lelaki itu bersikap kejam kepada pohon apel itu. Namun, seperti itulah kebanyakan anak-anak masa kini memperlakukan ibu dan ayah mereka. Ayo Sobat Pebi, hargai jasa ibu dan ayah kita. Jangan menghargai saja mereka hanya ketika memperingati hari ibu dan hari ayah (ada gak ya?) setiap tahun. Just share.

22


Kisah

Ketaqwaan dan keimanan pada Allah adalah asas kebahagian seseorang di dunia dan akhirat. Selain itu ia juga akan menentukan derajat kita di sisi Allah Rabbul Izzati. Namun untuk mencapai asas inilah berbagai perkara perlu ditempuh oleh setiap muslim

Beliau merupakan seorang yang bertaqwa kepada Allah SWT. Pada suatu hari, seorang hamba Allah telah bertanya kepada beliau, “Mengapakah engkau sungguh wangi? Seharum bau kasturi.” Inilah kisah pilihan dari orang terdahulu yang di pikiran sebagian besar orang mungkin sangat tidak masuk akal dan tampak bodoh, tapi itulah hal yang dilakukan oleh seorang Abu Bakar yang sejak kejadian itu beliau dijuluki Al Miski (si kasturi) karena tubuhnya selalu menebar aroma wangi yang sangat harum dan khas. Apa yang memyebabkan beliau selalu wangi setiap saat? Ternyata bukan karena minyak wangi seperti yang kebanyakan kita pakai. Abu Bakar Al Misky tidak pernah memakai minyak wangi misk sejak bertahun-tahun yang lalu.

Subhaanalaah, bahkan Abu Bakar Al Miski telah mencontohkan setelah sebelumnya Rasulullah 'Alaihi Wa Salam memberi jaminan: “Salah satu di antara tujuh orang yang diberi naungan Allah pada hari kiamat di mana tiada naungan kecuali naunganNya adalah seorang pemuda yang digoda untuk berzina dengan seorang wanita yang berpangkat lagi jelita namun ia menolakNya dan berkata, “Saya takut kepada Allah.” (HR Al Bukhari dan Muslim) Masihkah ada di zaman kebebasan ini lelaki seperti Abu Bakar Al Misk ? Semoga sobatsobat PeBi dapat mencontoh dari perbuatan mulia beliau. Mari lengkapilah harapan kita akan surga dengan salah satu kuncinya yaitu: rasa takut kepada Allah dan mencegah diri dari keinginan nafsu.

23


Kisah “Dan adapun orang yang takut akan kebesaran Allah dan menahan dirinya dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya surgalah tempat tinggal(nya)" Q.S An Naazi'aat 40-4

juga ia memerintahkan pembantunya untuk mengeluarkanku dari rumahnya. Alhamdulillah, segala puji bagi-Nya. Aku pun pulang dan membersihkan tubuhku yang penuh dengan kotoran.

Beliau pun bercerita asal mula aroma wangi yang selalu melekat di badannya. “Dahulu pernah ada wanita yang tak berakhlak, dia menipu dan memperdayaku sehingga aku terpaksa masuk ke dalam rumahnya. Setelah itu ia tiba-tiba menutup pintu rumahnya, dan berusaha menggoda serta merayuku. Saat itu aku binggung sekali. Aku tak tahu apa yang harus aku lakukan untuk bisa keluar dari rumah itu. Akhirnya aku dapat penyelesaian yang kurasa agak keterlaluan. Kukatakan padanya, “Ijinkan aku pergi ke WC sebertar.” Dan wanita itu kemudian memanggil pembantunya dan memerintahkan mengantarku ke WC.

Pada malam harinya aku bermimpi mendengar suara, “Ya Abu Bakar, engkau melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan orang selainmu. Mulai sekarang akan Kujadikan tubuhmu selalu harum di dunia dan akhirat.” Begitulah, mulai saat itu tubuhku selalu mengeluarkan bau wangi haruman minyak misk, dan itu berlanjut sampai sekarang.”

Ketika sampai di WC, aku mengambil kotoran dan mengoleskannya ke seluruh tubuhku. Aku kembali ke perempuan itu dengan tubuh dan pakaianku yang penuh dengan kotoran. Ia kaget sekali. Seketika itu

24


TnC

Cuma Ada Sepeda

Pelapor : ” Hallo…hallo, ini kantor polisi…. ? ” Polisi piket : ” Ya, betul ada apa …? ” Pelapor : ” Tolong pak…, mobil saya dilarikan perampok ke arah Tol Jagorawi barusan… segera kejar pak!!.. ” Polisi Piket : ” Wah…, disini cuma ada sepeda, ban nya gembos lagi..!!! “

Ribet

Ribet

Si Ribet rumahnya kemalingan, lalu dia pun melapor ke Polisi: Ribet : Pak Maling…..Pak Maling, semalam di rumah saya ke Polisi an. Masuknya lewat televisi, karena itu jendelanya di gotong. Sampai piringnya juga dimakan, karena itu opor ayam habis semua. Juga tali tambang saya hilang, padahal sapi nya masih terbelit di pager. Kaki ditinggalin, sandalnya di bawa. Polisi

: dasar ribet….ribet…ribet…… (sumber : setdah.com)

25


Pena Biru Digital Juni 2012