Page 1

#01

Keadilan Atas Hitam Putih Oktober 2012


Muhammad Fauzan Aziz

S

udah lebih dari 13 tahun yang lalu, bendera reformasi berhasil dikibarkan, mengatasnamakan keragaman “warna” Indonesia, “payung” demokrasi ditancapkan dalam-dalam untuk menaungi mereka yang warnanya saling berbeda, tetapi apa daya, sudah lebih dari 13 tahun kita bisa terbebas dari cengkeramannya rezim totaliter, nyatanya kita masih melihat sesuatu diantara hitam atau putih. Hitam dilambangkan sebagai warna yang jahat, kotor, dan penuh dengan tipu muslihat, sedangkan putih dilambangkan sebagai warna yang baik, bersih, dan berhubungan dengan “kesucian”. Sudah lebih dari 13 tahun juga, kita masih dibayang-


bayangi dan dihantui oleh situasi tersebut situasi dimana kita menganggap diri kita “putih” dan yang lainnya berwarna “hitam”, tetapi sebaliknya, kala kita dicap orang lain berwarna “hitam”, kita tidak mau kalah dan menganggap diri kita adalah “putih”, sehingga situasi konflik pun nyatanya tidak bisa dihindarkan. Foto esai ini akan memberi gambaran, atau setidaknya berusaha menginformasikan masyarakat melalui kejadian demonstransi mengenai kenaikan BBM yang hampir pasti berujung bentrok, kejadian yang berlangsung pada tanggal 30 Maret 2012 ini menjadi saksi atas egosentrisnya mereka menilai orang lain hanya pada dua warna.


Blokade - Selepas menjebol pagar pembatas, sekelompok demonstran anti kenaikan BBM memblokade jalan tol dalam kota arah Slipi, Jakarta (30/03/12). Kejadian tersebut membuat arus lalu lintas Slipi menuju Cawang lumpuh total. Massa yang merupakan gabungan dari mahasiswa dan buruh ini berniat untuk terus menduduki jalan tol sampai keinginannya tersampaikan.


M

uka hitam legam berkeringat terlihat melepas penat bersandar di pagar gedung para pengambil keputusan, disampingnya, tulisan sinis para aktivis keadilan seperti menaungi pemulung ini untuk tetap berusaha megubah arah roda kehidupan.

Tidak bermaksud untuk menghujat untuk menghakimi, potret perjuangan sekarang ini nya-


Visit: http://www.flickr.com/photos/63923008@N02/ Follow: @xpajonx

@xpajonx Š 2012

Visual Magz #01  

Majalah fitur fotografi yang bercerita lewat gambar. Menarik Lewat Momen.

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you