Page 1

UKM CUA Unit kegiatan bagi para mahasiswa yang berminat dalam voli yang sudah tergabung dalam klub dibawah naungan PBVSI bogor.

ORYZA Salah satu wadah untuk menyalurkan minat dan bakat para mahasiswa di bidang olahraga khususnya Baseball-Softball. UKM ini berdiri pada tanggal 28 Agustus 2008.

KARATE UKM Karate merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki hobi, minat, atau bahkan bakat dalam olahraga beladiri karate.

TAEKWONDO Taekwondo merupakan seni

bela diri asal korea yang mengandalkan kekuatan tangan dan kaki. Berbeda dengan Seni bela diri pada umumnya, seni beladiri taekwondo lebih menekankan pada tendangan untuk melumpuhkan lawan dari kejauhan.

AIKIDO

Merupakan salah satu aliran bela diri yang punya ciri khas menumbuhkan kembangkan kasih sayang dan alunan kelembutan dalam harmoni gerakannya. Menggunakan kekuatan lawan untuk menguncinya adalah teknik yang digunakan dalam Aikido. Latihan diadakan secara rutin dua kali seminggu, yaitu pada hari Rabu pukul 19.00 WIB dan Hari Minggu pukul 09.00 WIB bertempat di Gymnasium IPB.

TARUNG DERAJAT

Salah satu wadah bagi mahasiswa yang ingin menjadi petarung dengan porsi latihan yang keras, targetnya adalah untuk mencapai dan membentuk anggotanya mempunyai kelembutan hati nurani.

MERPATI PUTIH

Merupakan UKM bela diri pencak silat yang mengutamakan penggunaan tangan kosong sebagai senjata dan salah satu seni bela diri yang khas dengan olah nafasnya. Latihan rutin diadakan setiap hari Selasa dan Kamis pukul 19.00 WIB di pelataran Gymnasium IPB. Selain latihan rutin ada ujian kenaikan tingkat setiap 6 bulan sekali.

korpusipb.com

BKIM

AISEC (Association Interna-

(Badan Kerohanian Islam Mahasiswa)

tionale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales) Organisasi non-for-profit berskala internasional sebagai tempat pembangunan karakter pemimipin muda. AIESEC memiliki program pertukaran internasional yang memungkinkan mahasiswa dan lulusan baru untuk hidup dan magang di negara lain.

AGREEMOVE

(Agricultural Student Green Movement) UKM yang berfokus pada usaha penyelamatan bumi ini memiliki kegiatan-kegiatan yang bergerak dalam bidang lingkungan hidup. Lima program kerja utama AGREEMOVE, yaitu Green Act, Green Stuff Training, Basa Kuat, Green Move on Fun, dan Greenprovement.

KOPMA (Koperasi Mahasiswa) Bagi mahasiswa yang ingin memahami system perkoperasian secara spesifik dan mengemukakan ide-ide kreatif seputar wirausaha, di UKM inilah sarana yang tepat sebagai wadah penyalur minat dan bakat tersebut karena visinya yang ingin mencetak generasi muda yang kreatif dan pintar dalam berwirausaha. Kopma bergerak di dua bidang, yaitu bidang usaha dengan badan usaha mandiri dan bidang kepanitiaan untuk mengasah soft kill.

KSR PMI Unit I (Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit I)

Mewadahi mahasiswa IPB yang ingin berkutik di bidang kemanusiaan dan kepalangmerahan atas dasar kesadaran dan kesukarelaan. Kegiatan donor darah, baktisosial, dan pengiriman bantuan untuk korban bencana alam merupakan beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan UKM tersebut.

PRAMUKA Mengembangkan potensi untuk menjadi manusia yang mandiri dan kreatif melalui kegiatan kepanduan untuk mengabdi dan berkarya di bidang pertanian dalam arti luas merupakan visi dari UKM ini. Bagimahasiswa yang berminat dalam kepramukaan dapat bergabung dengan UKM ini yang juga merupakan Pusat Pengembangandan Pendidikan Pramuka Pertanian.

BKIM merupakan Lembaga Dakwah Kampus yang tertua di IPB dan tertua kedua di Indonesia. Bergerak di bidang agama Islam sejak tahun 1976, mewadahi orang-orang beragama Islam yang ada di sekitar kampus IPB. BKIM juga merupakan LDK ideologis yang membahas islam secara menyeluruh, tidak hanya akhlak, tapi juga ekonomi, politik, dan pergaulan. Adapun kegiatan rutin yang diadakan oleh BKIM seperti, Pekan Intelektual Muslim, Bazar Buku Islam dan Umum, Ekspo Muslimah, Bedah buku Islam dan masih banyak lagi.

KEMAKI

(Keluarga Mahasiswa Katolik) Unit kegiatan mahasiswa yang bergerak dibidang kerohanian bagi mahasiswa yang beragama khatolik. Kemaki juga diberikan kepercayaan untuk melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengembangan berupa responsi bagi mahasiswa tingkat 1. Agenda besar Kemaki adalah Ibadah Natal (Natal CIVA, gabungan dengan UKM PMK).

KMB

(Keluarga Mahasiswa Buddha)

Keluarga Mahasiswa Buddha IPB melakukan kegiatan untuk menghimpun seluruh mahasiswa Buddha di IPB. Kegiatan rutin yang dilakukan oleh semua anggota KMB adalah melaksanakan ibadah bersama. Selain kegaitan rutin tersebut, KMB juga memiliki agenda lain yakni menyelenggarakan Dhammapada Competition dan Vegetarian Day.

PMK

(Persekutuan Mahasiswa Kristen) Salah satu wadah untuk merangkul semua mahasiswa yang beragama kristen. Tujuan adanya PMK adalah agar mahasiswa Kristen dapat bersekutu dengan saudara seiman. Beberapa agenda besar yakni Ibadah KATA (Kebaktian Awal Tahun Ajaran), Ibadah Paskah (Malam Suka cita Paskah), dan Ibadah Natal (Natal CIVA gabungan dengan Kemaki).

KMHD

(Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma) Merupakan salah satu yang unit kegiatan mahasiswa bidang kerohanian agama hindu di IPB. Memiliki tujuan untuk menimbulkan asas kedharmaan yang fundamental bagi kehidupan dan jalannya organisasi, KMHD IPB juga merangkul seluruh mahasiswa Hindu di IPB.

BULU TANGKIS Salah satu wadah yang berfungsi sebagai tempat penyaluran minat dan bakat mahasiswa dalam bidang olahraga khususnya bulutangkis.

TENIS LAPANGAN Unit kegiatan mahasiswa yang menampung minat dan bakat para mahasiswa IPB yang menyukai olahraga tenis lapangan.

TENIS MEJA Unit kegiatan mahasiswa yang menampung minat dan bakat para mahasiswa IPB yang menyukai olahraga tenis meja.

PANAHAN Panahan yang bergerak di bidang olah raga ternyata memiliki tiga unsure penting di dalamnya, yaitu olah raga, olah rasa, dan olah jiwa. UKM ini mewadahi mahasiswa yang tertarik untuk belajar memanah. Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap minggunya adalah archery game yang tujuannya mengenalkan dan menumbuhkan minat bagi masyarakat mengenai panahan.

FUTSAL Tempat para mahasiswa menyalurkan hobi sekaligus meningkatkan kualitasnya dalam sepakbola mini.

SEPAK BOLA Merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa IPB yang berminat dan berbakat dalam bidang sepakbola.

13

13_  
Advertisement