__MAIN_TEXT__
feature-image

Page 1


PRI SKA

ALDI

Kr i st ant i R.

WendoK.

ADHI

Fi t r i aS.

RI CKY

J OVI

M. RONALDY

SEKARNURANI

LAUQHI

PRI MA

CATI A

I manP.

J ul i eA.

STEVEN

Mahf udh

Ret nadi ah

SamsuR I J AL

RI TA

Debor aU.

PUTRI U.

DERI

Andi kaB.

Gal i h

Pr aset yoN.

Rasyi d

DeямБanS.

AhmadZei n

EKO

KHUL QI

Adr i ana

AL GHANI

Sur yaE KO

F ARAH

M. FI DEL

Abdur r ahman

Set yoN.

Kaene

EGI

Set i awan

ALI

Ghor i zat ul l ah


( ASN)


( AM)


( WYA)

32


F YI :Pol i merS APj ugadi kenal s ebagai i ns t ants now kar ena mampumembent ukgel s eper t i s al j u


kemasan, perabotan rumah tangga, transportasi, hingga bahan kontruksi dan bangunan. Aluminium digunakan sebagai material yang patut untuk diper­ timbangkan antara lain karena: 1. Memiliki ketahanan korosi yang baik karena adanya lapisan oksida yang berfungsi sebagai lapisan pasif. 2. Memiliki koefisien konduksi termal yang cukup tinggi sehing­ ga mudah menyalurkan panas. 3. Memiliki lapisan oksida yang dapat dimodifikasi agar berpori sehingga aluminium dapat diwar­ na1. 4. Memiliki keuletan yang cukup tinggi sehingga mudah dibentuk. S. Memiliki struktur kristal FCC (face centered cubic) sehingga

sifatnya tidak berubah ketika beroperasi pada temperatur yang rendah. Karena penggunaan yang banyak dan pengembangan alu­ minium yang terus berkembang seperti pengembangan baterai al­ uminium, aluminium sering didaur ulang kembali. Hasil dari daur ulang ini dapat mereduksi energi yang dipakai hingga 95% dan menghasilkan emisi 95% lebih se­ dikit. Selanjutnya, industri alu­ minium akan mengalami pening­ katan permintaan seiring dengan kemajuan di bidang aluminium. Di tahun 2013, industri aluminium menghasilkan produksi sekitar SO juta ton. Diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat hingga 80 juta ton pada tahun 2023. (HBN)

J/UJJia. Dua ratus ton aluminium diproduksi dalam 36 tahun setelah Proses Deville ditemukan.

Coca-Cola dan Pepsi mulai menjual minuman dalam kemasan aluminium sejak tahun 1967.

Patung besar yang terbuat dari aluminium pertama kali terletak di London dibuat pada tahun 1893. Patung tersebut menggambarkan dewa Yunani, Anteros.

Aluminium sempat mencapai harga $1200 per kilo.

42


A

AR K A B

KE

P

UK B M E

A

H A L AN

IN I D AN

D

IA S E ON

N

TA U H N


oleh Indonesia, tetapi secara­ langsung juga oleh negara-nega­ ra tetangga seperti Singapura dan Malaysia Bahkan, nega­ ra-negara lain di luar Asia yang tergabung dalam Climate Change Conference secara tidak langsung juga terkena dampakn­ ya.

Mengapa kebakaran hutan akibat pembukaan Lahan di Indo­ nesia terus terulang? Faktor manusia merupakan penyebab kebakaran hutan di se­ jumlah provinsi. Le bih dari 90 persen kebakaran hutan disebab­ kan karena manusia, atau sengaja dibakar. Hal 1n1 diperparah de ngan fe nome na cuaca El Nino yang e m ny e babkan hampir se luruh wilayah ke pulauan Indo­ nesia menjadi kering. Pe nindakan pe me rintah yang dinilai tidak et gas terhadap pelaku pe mbakaran baik perseo­ rangan maupun perusahaan me njadikan pe mbakaran terjadi e tiap tahun. b rulang-ulang Banyak pe ngadilan kasus keba­ karan hutan ole h perusahaan ke lapa sawit yang menguap begitu saja. (SE)

49


Profile for MTM ITB

Stoff digital edition  

Majalah keprofesian Mahasiswa Teknik Material ITB edisi 1.

Stoff digital edition  

Majalah keprofesian Mahasiswa Teknik Material ITB edisi 1.

Profile for mtmitb
Advertisement

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded