Page 1

Muharram

1


Dewan Pembimbing : Robby Saleh, S. Kom., MT Besar, SH, MH Drs. Moang de Fernandez Penanggung Jawab Umum : Mochamad Agipratadi R. Pemimpin Redaksi : Muhammad Iqbal Fajar Redaktur Pelaksana :

Pa kabar ICONers??! Semoga dalam keadaan sehat ya. Alhamdulillah kita bertemu lagi di ICON edisi kali ini. Wah, ga kerasa ya sekarang kita sudah berada di penghujung tahun. Baik tahun Hijriyah maupun Masehi.

Yoggi Ardy Darmawan Editor : Unggul Ramdhani W Design Layout : Reshan Janotama Siti Khoirunnisa Amalia Delfrinasari Tim Reporter : Amardian Denki Fraja Dirham M. Akbar Pribadi M. Nurmuhaemin Rendra Lestiyanto Riko Rahmadiyanto Virman Ardinda Wendra Ayu Listianingsih Mulyanah Fachreza

Marketing Production : M. Luthfi Fathurrahman Yudha Isanto Mar yati Kontributor : Riky Rahmadian

Website :

SALAM REDAKSI

TIM REDAKSI

ICON atau Islamic Community merupakan sebuah buletin Islami di BINUS yang diterbitkan oleh UKM Islam MT Al-Khawarizmi. Buletin ICON ini berisikan isu-isu islami yang variatif dengan dilengkapi berita-berita seputar dalam dan luar kampus BINUS. Insya Allah, buletin ICON ini akan menjadi media informasi yang interaktif antara MT dengan civitas muslim BINUS.

Assalamualaikum WR Wb, Alhamdulillahi rabbil 'alamin, puji syukur selalu kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala atas limpahan karunianya. Shalawat serta salam tak lupa kita curahkan ke junjungan kita nabi Muhammad Shallallhu 'alaihi wasallam beserta keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang tetap istiqomah menegakkan Islam hingga Yaumil Akhir.

Nah karena sebentar lagi kita akan memasuki awal tahun yang baru, maka ICON kali ini pun mengangkat tema yang spesial yaitu perubahan. "It's Time to Change!", merupakan judul ICON edisi kali ini. Seperti yang kita tahu, jika hari ini sama dengan kemarin berarti kita semua termasuk orang yang merugi. ICONers pastinya ga mau donk, menjadi orang-orang yang merugi. Maka dari itu dibutuhkan perubahan ke arah yang lebih baik. Sebelumnya kita harus melakukan evaluasi terhadap masa-masa sebelumnya. Dengan momen akhir tahun ini, sangat tepat bagi kita menyiapkan perbaikan untuk di masa yang akan datang. Oleh karena itu ICON edisi kali ini akan membahas habis tentang perubahan tersebut, dari mulai artikel, tips, hikmah dan sebagainya. Selain itu juga, pada edisi kali ini juga kami kembali menghadirkan rubrik "Ustadz Menjawab". Bagi para ICONers yang ingin berkonsultasi seputar masalah keislaman langsung aja deh disalurkan lewat rubrik ini. Wah, Menarik sekali nampaknya, tunggu apa lagi? Silahkan menikmati ICON edisi kali ini. Keep readin' ICON yah. Wassalam.


h

dit s o’a /d

of t h

t. I 26. us

m

en j I a wab

o sh

. cerpen I 31. jadwa 28. mizah I 29. quiz I 30 l

lat I 32.

ba

over ck c

salam

s

m

I 23. BBA I 24. ha

ay I 25. sudut m u ed slim ah

I

review ah I 22. m ofile k i h . 1 I 20. tips I 2

. pr

isla

8

ic

lim

LAN

11 10 s new

us

MT

li k

18. opini pub

19

aspiras i m

4

si

l

6 7 nia du

12

c ua p - cu a

fi

dak re

testim on ia

14

p

2

15

qih

aksi

d li n e

a - fe ture

d re

3

isi tar

1

f da

cover

h ira

ea


“Perubahan itu mutlak dan relatif.”

“perubahan itu apa >> menjadi lebih baik luar dalam.”

“Take Chance for CHANGE and Get CHANGE of see chance.. Let's CHANGE together. InsyaALLAH”

Redaktur Pelaksana

Editor

Reporter

Reporter

M. Iqbal Fajar [iqra]

Yoggi Darmawan [yoggi]

Unggul R W [unggul]

Amardian [Amar#]

Denki Fraja

M. Akbar Pribadi [akbar_private]

Dirham [Dirham]

Virman Ardinda [virman]

M. Nurmuhaemin [mumu]

Wendra [wewen]

Reporter

Reporter

Reporter

Reporter

Reporter

“Perubahan merupakan pilihan! Berubah untuk maju atau kemajuan demi perubahan!”

“proses tanpa akhir yang diisi dengan perjuangan untuk mencapai perbaikan. Berpikir dengan sadar, bergerak dengan hati, dan bertanggungjawab pada diri dan Sang Pencipta untuk beranjak menuju perubahan yg lebih positif”

“PERUBAHAN adalah suatu proses menuju perbaikan. Dari sesuatu yang kurang baik menjadi lebih baik.”

“Perubahan merupakan hal yang membuat kita menjadi lebih baik.”

“Perubahan, harus kita lakukan dari sekarang. Rasulullah saja menjalankan kata ini apalagi kita.”

“Tak Peduli Berapa Jauh Jalan Salah yang Anda Jalani, Putar Arah Sekarang Juga!”

“Allah akan merubah diri kita, jika kita mau merubah diri kita sendiri”

Pemimpin Redaksi

[denq gutsy viola]


“pemuda sejati takkan pernah berhenti untuk selalu berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari kemarin, hari ini, dan saat ini.”

“Melakukan perubahan/tinda kan perbaikan dapat dilakukan dalam sekejab. yang membuat realisasi menjadi lama adalah keputusan anda mengubah’tidak’”

Marketing and Production

Reporter

Reporter

Marketing and Production

M. Luthfi F. [loet_v]

Fachreza [Eza]

Rendra L [izzatul khairats]

Yudha Isanto [Yudha]

Reshan Janotama [El Echano]

Siti Khoirunnisa [nieza]

Ayu Listia [ayu]

Maryati [maryati]

Ammalia D. [amel]

Mulyanah [yanah]

Design LAyout

Reporter

Marketing And Productin

Design LAyout

Reporter

“Perubahan: Tiap detik yang harus kita tempuh. Kitalah yang menciptakan perubahan dan bukan sebaliknya!”

“Perubahan ialah suatu tindakan dimana kita ingin menjadi lebih baik, dan membutuhkan keberanian.”

“Perubahan? adalah amanah, entah amanah untuk menjaganya atau malah amanah untuk merubahnya kembali.”

“Berani mencoba hal-hal yang baru, tapi tetap pikir dahulu sebelum melaksanakannya.”

“Perubahan adalah suatu awal dari harapan yang kita perjuangkan.”

“jangan takut untuk berubah. Jangan pernah berhenti untuk berubah menjadi orang yang jauh lebih baik.”

“Perubahan dimulai dari diri sendiri, baru bisa merubah orang lain.”

“Kadang ada kalanya perubahan tidak perlu dilakukan.” Design Layout


Thx ya Zakia, ide yang bagus tuh.. Doakan ya biar bisa terlaksana ^^

Ok, makasih atas masukkannya. Insya Allah kedepannya akan diadakan.

Terimakasih Ustadz, Insya Allah taon depan ada warnenye dikit, tunggu aje ye..

Makasih nih Bang atas masukkannya, doakan ICON agar tetep Istiqomah jadi salah satu media Islami di BINUS ya ^^

Sip, mohon doa dan dukungannya ya Lif..


IDUL ADHA 1430 H

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Pada tanggal 27 Desember 2009 takbir berkumandang diseluruh Dunia. Dimana itu sebagai salah satu tanda Perayaan Hari Besar Umat Muslim. Hari Raya Idul Adha 1430 H yang jatuh pada tanggal 27 Desember kemarin, benar-benar sebuah momentum bagi umat islam untuk melaksanakan Qurban. Tak ketinggalan MT Al-Khawarizmi juga melakukan penyembelihan hewan Qurban. Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyembelihan dilakukan di Kampus Syahdan. Jumlah hewan Qurban yang diterima pengurus MT-Alkhawarizmi yaitu, 10 Kambing dan 1 Sapi.

Proses penyembelihan dan pemotongan berjalan dengan baik. Ini dikarenakan banyaknya tenaga pengurus, karyawan, dan masyrakat sekitar ikut membantu dalam proses pemotongan dan pembungkusan daging. Alhamdulillah hasil dari 10 Kambing dan 1 Sapi, bisa menghasilkan Âą 500 bungkus. Yang seluruhnya diserahkan kepada orang-orang yang berhak (mustahiq). Hari Raya Idul Adha benar-benar suatu momen yang dimana sangat baik untuk menjalin suatu hubungan yang baik antara Civitas Muslim Binus dengan Civitas sekitar Binus. Dan semoga orang-orang yang berqurban mendapat pahala yang baik dari Allah. Amiin.

NGOPI : Ngobrol Pemikiran Islam

PELATIHAN JURNALISTIK Be Creative As Journalist"

Kamis, 17 Desember 2009 dimulai pukul 16.00 WIB Departemen Dakwah MT Al-Khawarizmi mengadakan acara NGObrol Pemikiran Islam yang dibawakan oleh Ust. Noorochmat, dengan tema Armagedon di Masjid Ar Ruhul Jadid, Kampus Anggrek. Berhubung acaranya pada hari Kamis, di akhir acara disediakan ta'jil untuk yang berpuasa sunnah. Sekalian di penghujung acara, membaca do'a awal tahun untuk tahun baru Islam 1431 H.

Alhamdulillah pada Sabtu-Minggu, 19-20 Desember 2009 bertempat di 310 pada hari pertama dan di K1A di hari kedua, telah dilaksanakan pelatihan jurnalistik. Acara ini diselenggarakan sepenuhnya oleh ICON untuk memberikan gambaran bagaimana menjadi seorang jurnalis, terutama di media cetak. Hari pertama membahas tentang dasar-dasar jurnalistik, yang dibawakan oleh Izzul Mutho (Redaktur INDOPOS). Hari berikutnya dibahas kelanjutan dari materi sebelumnya, yaitu membahas tentang tulisan-tulisan jurnalistik, yang dibawakan oleh Firman Firdaus (Editor National Geographic), hari kedua lebih kepada praktek keluar dari ruangan untuk mencari dan membuat dari materi-materi yang didapat dari hari pertama dan kedua. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini kurang lebih 20 orang. Nggak rugi deh kalau ikutin pelatihan ini, selain dapet ilmu dan wawasan tentang jurnalistik, peserta juga mendapat snack, makan siang, dan sertifikat pastinya. So ICONers, tunggu Pelatihan Jurnalistik tahun depan ya!

MT Invite You! Kajian rutin Senin dan Kamis di Masjid Ar Ruhul jadid, Kampus Anggrek setiap bada’ Ashar. Yang pasti kajiannya gak bakal bikin bosen deh karena dibawakan oleh Ustadzustadz yang berkompeten dan membahas tema-tema yang aktual dan up 2 date. Sekalian ada buka puasa Sunnah Lho!! Jadi gak bakal rugi deh ICONers, selain dapet ilmu dan wawasan bisa dapet ta’jil juga kan, Hehe..


ICONers, pada Senin, 7 Desember 2009 diadakan acara Inaugurasi TV Club (BINUS TV). Acara ini bertempat di Mini Studio Binus TV di ruang L1A Kampus Syahdan. BINUS TV merupakan bagian baru dari keluarga besar BINUS University, yang mana klub ini nantinya akan menjadi wadah dan komunitas untuk para Binusian yang berminat di bidang pertelevisian. Pada acara ini dilantik juga para anggota yang akan menjadi pengurus dari institusi penyiaran Binus TV. Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Drs. Andreas Chang, MBA beserta perwakilan dari UKM, HMJ dan Media Informasi di Binus. Acara ini sendiri terbagi menjadi dua sesi yaitu on-air dan off-air. Pada sesi on-air, dibuka dengan penampilan dari UKM Band yang membawakan sebuah lagu dan dilanjutkan dengan pertunjukan drama dari UKM ST MANIS.

Bagi ICONers yang mempunyai hobby memanjat tebing atau wall climbing, saat ini tidak perlu repotrepot ataupun jauh–jauh mencari wall climbing yang menantang, karena BINUS University saat ini sedang membangun sebuah Wall Climbing yang tertinggi di tingkat Universitas se-Indonesia, karena wall climbing yang dibangun tersebut memiliki ketinggian yang setara dengan gedung bertingkat lantai delapan.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan beberapa sambutansambutan, salah satunya dari Rektor Binus University Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM. melalui video conference. Kemudian ditampilkan juga sekilas video mengenai Binus TV dan sesi on-air ditutup dengan pelantikan para pengurus Binus TV baru secara simbolis dengan memberikan ID Card. Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi off-air dimana salah satunya penandatanganan kerjasama antara Binus TV dengan beberapa UKM dan HMJ, dan ditutup dengan sesi ramah tamah. Akhir kata semoga dengan hadirnya Binus TV dapat menjadi salah satu media di BINUS University yang bermanfaat sekaligus dapat turut memajukan BINUS University kedepannya.

Fasilitas Wall Climbing yang nantinya diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa ini dibangun di Kampus Anggrek, tepatnya dibelakang Outdoor Foodcourt Kampus Anggrek. Pembangunan Wall climbing ini menambah jumlah wall Climbing yang sudah ada sejak dahulu di kampus Syahdan. Wall climbing yang saat ini dalam tahap proses penyelesaian pembangunan ini nantinya dapat dipergunakan dalam ajang lomba internal kampus atau antar kampus dalam cabang wall climbing. So ICONers, semoga saja dalam penyelesaian pembangunan wall climbing tersebut lancar dan tidak mengalami masalah, agar nantinya fasilitas itu dapat segera dipergunakan soleh mahasiswa–mahasiswa yang saat ini sudah tidak sabar untuk meyalurkan hobby mereka.


Dari Senin, 7 Desember 2009 sampai dengan Jum’at, 11 Desember 2009, MT Al-Khawarizmi dengan dukungan Binus University melaksanakan pengumpulan Koin Untuk Prita. Pengumpulan koin yang bertemakan ‘Koin Untuk Keadilan’ ini dilaksanakan di kampus Anggrek tepatnya di ex-foodcourt lantai 1 dan juga Masjid Ar-Ruhul Jadid. Beberapa pengurus MT Al-Khawarizmi berkeliling kampus untuk mengumpulkan koin yang dimaksudkan untuk meringankan dana dari Ibu Prita yang sempat divonis denda Rp. 204 juta sebagai ganti rugi terkait kasusnya dengan RS Omni.

Hasilnya, aksi selama 5 hari ini dapat mengumpulkan dana sekitar Rp 562.550,- dan akan disalurkan langsung ke koordinator pengumpulan Koin Untuk Prita di Wetiga. Meskipun keputusan atas sidang lanjutan baru akan ditentukan pada Selasa, 29 Desember 2009 nanti , dan Ibu Prita kemungkinan akan bebas, namun aksi ini menunjukkan pada kita bahwa mahasiswa BINUS Universitu peduli juga akan keadilan hukum di Indonesia. Semoga hasil ini dapat bermanfaat dan memberikan hikmah bagi kita semua. MT Peduli, Binus Peduli, Kita Peduli.

[Rendra | Iqra | lay: nieza]


Muslim Dunia Kecam Swiss

Saat ini umat Islam di seluruh dunia mengecam tindakan Swiss yang menyetujui referendum pelarangan pembangunan menara azan di masjid-masjid. Larangan tersebut dianggap perwujudan rasa benci terhadap umat Muslim. Pemimpin umat islam mesir Ali Gomma mengatakan larangan itu merupakan penghinaan terhadap umat muslim dan menyerupai sebuah serangan terhadap kebebasan berkeyakinan yang ada di Negara itu. Larangan pembangunan menara azan yang merupakan simbol dari masjid itu diusulkan oleh partai sayap kanan Swiss yaitu Swiss People's Party (SVP) yang merupakan partai politik terbesar di negeri itu. Larangan ini tentu akan membuat kemarahan bagi umat islam di Swiss itu sendiri, bahkan umat Muslim di seluruh dunia, yang mana menara azan yang ada di Masjid merupakan simbol dari rumah ibadah Islam yang berguna untuk menyeru kepada umat muslim untuk melaksanakan sholat dan pertanda waktu sholat telah tiba. Sebelumnya Pemerintah Swiss dan PBB serta semua partai politik besar lainnya sebenarnya mengecam adanya upaya pelarangan pendirian menara Masjid. Sebab umat Muslim Swiss menganggap referendum itu akan menimbulkan islamofobia dan membuat kemarahan warga muslim di dunia. Partai Rakyat Swiss (SVP) berdalih bahwa menara azan yang ada di masjid-masjid merupakan simbol radikalisme dan juga mengatakan bahwa suara azan menimbulkan kebisingan yang berlebihan. Oleh karena itu, referendum yang dimotori oleh partai sayap kanan swiss itu mendapat dukungan dari pemerintah, padahal sebelumnya pemerintah dan PBB mengencam larangan tersebut

Israel Serang Gaza Dihari Pertama Idul Adha Lagi-lagi Israelaknatullah melakukan serangan pada hari Jumat (27/11) di Jalur Gaza pada hari pertama hari raya Idul Adha, melukai empat orang Palestina, menurut militer Israel dan pekerja medis Palestina. Namun dunia international hanya diam saja melihat kelakuan dari bangsa zionis Israel ini disaat umat muslim di seluruh dunia sedang merayakan hari raya Idul Adha. Serangan itu terjadi pada saat laporan-laporan pekan ini yang memperkirakan Israel dan Hamas hampir mencapai kesepakatan menyangkut pertukaran para tahanan yang akan menjamin pembebasan seorang serdadu Israel yang yang ditangkap para pejuang Palestina.

Empat warga Gaza yang diduga pejuang, salah satunya menderita luka serius dalam serangan tersebut, adalah anggota Jihad Islam, menurut laporan dari kelompok pejuang Jihad Islam. Laporan dari lintas perbatasan menyatakan bahwa kekerasan datang diawal minggu ini dan menyarankan Israel dan Hamas bisa mendekati sebuah kesepakatan pertukaran tahanan yang akan menjamin pembebasan tentara Israel yang tertangkap. Tetapi pejabat Hamas mengatakan perundingan tidak langsung bisa dilakukan dan akan ditunda sampai akhir hari keempat dari libur hari raya Idul Adha.

Waspadai Kuas Dari Bulu Babi Baru-baru ini di Kalimantan Timur beredar kuas yang terbuat daru bulu babi. Seperti kita ketahui kuas-kuas tersebut dapat digunakan dan biasanya digunakan untuk mengoles bumbu, dan margarin ketika pembuatan makanan seperti roti, kue, pengolahan ikan, dan masih banyak kegunaan lainnya. Kita semua sebagai umat Islam mengakui bahwa babi merupakan binatang yang haram untuk dimakan. Karena kuas tersebut terbuat dari bulu babi dan kebanyakan digunakan untuk makanan, maka MUI Kaltim menghimbau kepada umat muslim setempat, bahkan diluar kaltim untuk mewaspadai kuas tersebut. Hal ini disampaikan Sekretaris Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Makanan MUI Kaltim, Gina Saptiani. Karena itu, lanjut Gina, MUI Kaltim menghimbau umat Islam agar berhati-hati dalam menggunakan kuas yang berbahan bulu. “Karena konsumen kuas tidak tahu pasti, apakah itu terbuat dari bulu babi atau bulu binatang lain,� jelasnya.

Konsumen dianjurkan menggunakan kuas yang terbuat dari bahan nilon atau bahan yang lain yang bukan terbuat dari binatang. Karena warga akan sulit sekali mebedakan apakah kuas tersebut terbuat dari bulu babi atau binatang lain. Oleh karena itu MUI Kaltim menganjurkan seperti itu supaya lebih aman dan tidak ragu menggunakan kuas dalam proses pembuatan makanan dan sebagainya. Kuas bulu babi tersebut yang diproduksi oleh cina banyak beredar di kaltim karena masuk melalui jalur perbatasan Negara dari Tawau, Malaysia timur. Sekretaris LP POM MUI Kaltim ini menyatakan bahwa pihaknya sudah menghimbau penjual kuas setempat agar tidak menjual produk kuas babi ini ke pasaran. [wendra | eramuslim | okezone | antara]


________________________________________________________________________

_______________________________________________________________________ _______________________________________________________________________

Pak Fajar Maysa

Untuk kegiatan-kegiatan MT, mengenai Agama sudah bagus, tapi kepersertaan dari pada mahasiswanya minim sekali, yang mungkin mahasiswa BINUS boleh dikatakan yang cukup besar jumlah mahasiswanya di Indonesia, khususya di Jakarta. Evaluasi lagi, apakah program kegiatan yang diadakan MT daya tariknya kurang atau kegiatan program acaranya monoton. Mungkin untuk pemberitahuannya agar lebih kondusif mengenai pemberitahuan ke kelas-kelas bagi mahasiswa muslim kegiatan apa yang akan dilakukan dan bukan sekedar menempel di manding, mungkin tepatnya lebih proaktif lagi. Jika ingin dari awal pun apabila itu memungkinkan, MT bisa menjaring mahasiswa-mahasiswa baru yang muslim sekaligus memberitahu program acara. Saya lihat dari mahasiswa baru pun hanya pengenalan saja pada saat PMB (penerimaan mahasiswa baru), itu pun terbatas dengan waktu yang sempit. Mungkin masukannya, bikin program tahsin dengan tajwidnya untuk mahasiswa yang belum lancar membaca Al-Qur’annya. Terus lebih dikejar lagi program-program yang diadakan. Kalo pengajian dicari lagi tema yang menarik.

Achmad Hadi Al-Juffri, TI 08 Kehidupan islami di BINUS yang pasti itu sudah lumayan banyak ketika shalat fardhu, tapi kalo diliat dari jumlah mahasiswa yang masuk di BINUS itu mungkin masih sedikit banget. Terus mungkin puncaknya itu rameramenya pas waktu shalat Jumat, kalo di Anggrek jamaah yang shalat itu bisa sampai belakang-belakang, terus sampai tempat parkir. Ada segelintir orang yang berpikir bahwa shalat Jumat itu lebih penting ketimbang shalat lima waktu, tapi itu temen-temen gue sih. Ada yang bilang kalo tiga kali gak shalat Jumat berturut-turut bakalan kafir. Makanya dia shalat Jumat tiga minggu sekali, maksudnya sekarang shalat, minggu depan gak shalat, terus ketemu minggu depan lagi shalat, dan begitu seterusnya. jadi bisa dibilang tiga periode sekali. Mungkin itu aja sih yang lainnya gue kurang tau, Islam gue juga biasa-biasa aja. Pas waktunya shalat, gue biasanya nunggu kuliah dulu baru shalat, tapi kalo kebetulan shalat dulu, yah gue shalat. Kalo shalat Jumat, berhubung biasanya membludak gue siap-siap bawa sajadah. Kalo Acara-acara MT gue kurang berminat, mungkin waktunya juga nggak pas sama waktu kuliah gue. ________________________________________________________________________ ________________________________________________________________________

[mumu | lay: El Echano]


Selain puasa yang diwajibkan bagi kita umat Islam dalam bulan Ramadhan, bagi kita juga disyariatkan puasa-puasa sunnah untuk mendulang pahala pada bulan-bulan lainnya. Berikut adalah jenis-jenis puasa sunnah dalam satu tahun.

Puasa 6 Hari Dibulan Syawwal

lainnya dari Aisyah RA bahwa beliau ditanya tentang puasanya Rasulullah SAW, maka beliau menjawab:“Adalah beliau senantiasa menjaga puasa pada hari senin dan kamis” (HR.Tirmidzi (745),Ibnu Majah:1739,An-Nassai (2187),Ibnu Hibban (3643).dan dishahihkan Al-Albani dalam shahih Ibnu Majah

Amr bahwa Rasulullah SAW berkata kepadanya: “Dan sesungguhnya cukup bagimu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, karena sesungBerdasarkan hadits Abu Ayyub guhnya bagimu pada setiap kebaikan Al-Anshari bahwa Rasulullah SAW mendapat sepuluh kali semisalnya, bersabda: “ Barangsiapa yang maka itu sama dengan berpuasa berpuasa ramadhan, lalu menyamsetahun penuh.” bungnya dengan enam hari dibulan (HR.Bukhari:1874,Muslim:1159) syawwal,maka dia seperti berpuasa Juga diriwayatkan oleh Aisyah RA sepanjang tahun.” (HR.Muslim: bahwa beliau ditanya oleh Mu’adzah Puasa Dawud 1164 ) Hadits ini merupakan nash Al-Adawiyyah : apakah Rasulullah yang jelas menunjukkan disunnah‘Alaihissalam SAW senantiasa berpuasa tiga hari kannya berpuasa enam hari dibulan dalam setiap bulan? Maka beliau syawwal. Rasulullah SAW menya- Berdasarkan hadits yang datang dari menjawab: iya. Lalu ditanya lagi: makan puasa syawal dengan puasa Abdullah bin Amr bin ‘Al-Ash RA pada hari yang mana dari bulan setahun lamanya. Hal ini dikuatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: tersebut? Beliau menjawab:“Beliau dengan hadits Rasulullah shallahu “Puasa yang paling dicintai Allah tidak peduli dihari yang mana dari ‘alaihi wasallam bahwa beliau Ta’ala adalah puasa Dawud, beliau bulan tersebut ia bersabda: “ Berpuasa ramadhan berpuasa sehari dan berbuka sehari. berpuasa.”(HR.Muslim:1160) seimbang dengan sepuluh bulan, Dan shalat yang paling dicintai Hadits ini menjelaskan bahwa dan berpuasa enam hari seimbang Allah adalah shalatnya Dawud, diperbolehkan pada hari yang mana dengan dua bulan, maka yang beliau tidur dipertengahan malam, saja dari bulan tersebut ia berpuasa, demikian itu sama dengan berpuasa lalu bangun (shalat) pada sepertiga maka ia telah mengamalkan sunnah. setahun.” malam,dan tidur pada Namun jika ia ingin mengamalkan (HR.Nasaai dalam Al-kubra seperenamnya.”(HR.Bukhari yang lebih utama lagi, maka dianjur(2860),Al-Baihaqi :3238,dan Muslim:1159) kan untuk berpuasa pada pertenga(4/293),dishahihkan Al-Albani Puasa Dawud dilakukan secara han bulan hijriyah, yaitu tanggal dalam Al-Irwa’ (4/107). bergantian, yaitu sehari puasa, sehari 13,14 dan 15. Hal ini berdasarkan buka, sehari puasa lagi, sehari buka, hadits yang datang dari Abu Dzar dan seterusnya.Dalam riwayat lain Puasa Senin RA bahwa Rasulullah SAW Rasulullah SAW bersabda: bersabda: dan Kamis “ Tidak ada puasa (yang lebih “ Wahai Abu Dzar, jika engkau utama) diatas puasa Dawud hendak berpuasa tiga hari dalam Berdasarkan hadits yang diriwayatAlaihisssalam, setengah tahun, sebulan, maka berpuasalah pada kan oleh Imam Muslim dari Abu berpuasalah sehari dan berbukalah hari ketiga belas, empat belas, dan Qatadah RA bahwa Rasulullah SAW sehari.” lima belas.” ditanya tentang puasa pada hari (HR.Bukhari: 1879,Muslim:1159) (HR.Tirmidzi: 761, An-Nasaai: Senin, maka beliau menjawab: “Itu 2424, ahmad: 5/162, Ibnu Khuadalah hari yang aku dilahirkan Puasa Tiga Hari Dalam zaimah: 2128, Al-Baihaqi: 4/292. padanya, dan aku diutus, atau Dihasankan oleh Al-Albani dalam diturunkan kepadaku (wahyu).” Sebulan Al-Irwa’: 4/101 (HR.Muslim:1162) Juga diriwayat102) kan oleh Ibnu Majah dan yang Berdasarkan hadits Abdullah bin


Puasa Arafah

Rasulullah SAW berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa padanya. Mereka (para Adalah puasa pada Hari Arafah, shahabat) berkata: wahai Rasuyaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Puasa ini sangat dianjur- lullah, itu adalah hari yang diagungkan oleh Yahudi dan kan bagi umat muslim yang tidak Nashara. Maka bersabda Rasulullah pergi haji. Berdasarkan hadits Abu Qatadah RA bahwa Rasulullah SAW SAW: jika tiba tahun yang berikutnya, insya Allah kita pun berpuasa ditanya tentang puasa pada hari pada hari kesembilan. Namun arafah, Beliau menjawab: belum tiba tahun berikutnya hingga “Menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Rasulullah SAW wafat.” (HR.Muslim:1134) (HR.Muslim:1162) Kecuali bagi mereka yang sedang wukuf di Arafah dalam rangka Puasa dibulan Sya’ban menunaikan ibadah haji, maka tidak dianjurkan berpuasa pada hari itu. Diantara bulan yang dianjurkan Berdasarkan hadits Ibnu Abbas RA memperbanyak puasa adalah dibulan bahwa Rasulullah SAW berbuka di Sya’ban. Berdasarkan hadits Aisyah Arafah, Ummul Fadhl mengirimkan RA, beliau berkata: segelas susu kepada beliau, lalu “Aku tidak pernah melihat Rasubeliau meminumnya.” lullah SAW menyempurnakan puasa (HR.Tirmidzi: 750,dishahihkan sebulan penuh kecuali ramadhan, Al-Albani dalam shahih Tirmidzi) dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak dari Puasa dibulan Muharram, bulan Sya’ban,” (HR.Bukhari:1868) khususnya pada hari Kecuali pada hari-hari terakhir, ‘Asyura (10 muharram) sehari atau dua hari sebelum ramadhan, tidak diperbolehkan berpuasa Bulan muharram adalah bulan yang pada hari itu, terkecuali seseorang dianjurkan untuk memperbanyak yang menjadi hari kebiasaannya berpuasa padanya. Berdasarkan berpuasa maka dibolehkan, seperti hadits Abu Hurairah RA bahwa seseorang yang terbiasa berpuasa Rasulullah SAW bersabda: senin kamis, lalu sehari atau dua hari “Puasa yang paling afdhal setelah tersebut bertepatan dengan hari ramadhan adalah bulan Allah: Senin atau Kamis. Hal ini berdasarMuharram, dan shalat yang paling kan hadits Rasulullah SAW, bahwa afdhal setelah shalat wajib adalah beliau bersabda: shalat malam.” “Janganlah kalian mendahului (HR.Muslim:1163) ramadhan dengan berpuasa sehari Dan diantara hari-hari dibulan dan dua hari, kecuali seseorang yang tersebut, lebih dianjurkan lagi biasa berpuasa pada hari itu maka berpuasa pada hari Asyura, yaitu boleh baginya berpuasa. tanggal 10 muharram. Banyak (HR.Muslim:1082) [akbar | Al Ustadz hadits-hadits yang menunjukkan Abu Karimah Askari bin Jamal sangat dianjurkannya berpuasa pada Al-Bugisi | Lay: el echano] hari ‘Asyura. Dalam riwayat Muslim dari hadits Abu Qatadah bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang puasa pada hari ‘Asyura, maka beliau menjawab: “Menghapus dosa setahun yang telah lalu.” (HR.Muslim:1162) Dan juga dianjurkan berpuasa pada tanggal sembilan Muharram, berdasarkan hadits Ibnu abbas RA bahwa beliau berkata: tatkala


ICONers, kali ini kita akan berkenalan dengan "Demi Allah, mengapa engkau

Z

akan lakukan sesuatu yang tidak Rasulullah lakukan? Sungguh ini perkerjaan berat bagiku. Seandainya aku diperintahkan untuk memindahkan sebuah bukit, maka tidaklah seberat tugas yang kuhadapi ini"

Pada saat penantian kedatangan Rasulullah SAW dan Abu bakar di Madinah dari Makkah, Zaid bin Tsabit termasuk mereka yang sebentar-sebentar pergi ke tepi kota melihat kalau-kalau Rasulullah SAW tercinta telah datang. Betapa berbunganya hati kaum muslimin Madinah melihat Rasulullah SAW memasuki batas kota. Mereka menyambut dengan rasa syukur, dan menawarkan rumah-rumah mereka kepada Rasulullah SAW. Berbeda dengan yang lain, bani Annajar justru menawarkan pemuda-pemudanya, yang salah satunya adalah Zaid bin Tsabit.

Pada masa kekhalifahan Abu Bakar, Zaid ditugaskan untuk membukukan Al Quran. Abu Bakar RA. memanggilnya dan mengatakan, "Zaid, engkau adalah seorang penulis kepercayaan Rasulullah, dan engkau adalah pemuda cerdas yang kami percayai sepenuhnya. Untuk itu aku minta engkau dapat menerima amanah untuk mengumpulkan ayat-ayat Al Quran dan membukukannya. " Zaid yang tidak pernah menduga mendapat tugas seperti ini memberikan jawaban yang sangat terkenal dalam memulai tugas beratnya mengumpulkan dan membukukan Al Quran :

seorang Sahabat yang terkenal sebagai sekretaris Rasulullah SAW. Yaitu Zaid bin Tsabit.

aid bin Tsabit termasuk "grup Sahabat junior". Beliau 10 tahun lebih muda dari pada Ali bin Abi Thalib. Zaid dilahirkan 10 tahun sebelum hijrah. Orang tuanya berasal dari kabilah bani Annajar yaitu kelompok awal penduduk Madinah yang memeluk Islam. Zaid tumbuh menjadi pemuda yang cerdas dan berwawasan luas. dia memiliki daya tangkap dan daya ingat yang melebihi kawan-kawannya pada saat itu.

Waktu itu Zaid bin Tsabit masih berumur 11 tahun, saat Rasulullah SAW menerima untuk mendampinginya karena kecerdasannya. Rasulullah SAW merasa gembira menerima Zaid. Begitu pula Zaid bin Tsabit merasa bahagia dapat berdampingan dengan kekasih Allah SWT. Zaid bin Tsabit pun tidak menyia-nyiakan kepercayaan Rasulullah SAW, dengan kecerdasannya dia dapat menulis dan menghafal 17 surat Al Quran dalam waktu yang cepat. Sebagai seorang sekretaris dia bertugas menghafal dan mencatat wahyu yang baru saja turun. Zaid pun mendapat tugas dari Rasulullah SAW untuk mempelajari bahasa ibrani dan suryani, dua bahasa yang paling sering dipergunakan musuh islam pada waktu itu. Kedua bahasa tersebut pun dikuasai hanya dalam waktu 32 hari, Subhanallah!

"Demi Allah, mengapa engkau akan lakukan sesuatu yang tidak Rasulullah lakukan? Sungguh ini perkerjaan berat bagiku. Seandainya aku diperintahkan untuk memindahkan sebuah bukit, maka tidaklah seberat tugas yang kuhadapi ini" Akhirnya dengan melalui musyawarah yang berat, Abu bakar RA dan Umar bin Khattab dapat meyakinkan Zaid bin Tsabit dan sahabat-sahabat lain. Bahwa langkah pembukuan Al Quran ini adalah langkah yang baik. Sebab blebih dari 70 orang Hafidz yang telah menemui syahidnya dalam peperangan. [Akbar |1001 kisah teladan dengan penyesuaian]


Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum, sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri (QS. Ar Ra’d : 11)

I

ndonesia di penghujung tahun ini memang benar-benar sedang diuji, selain musibah datang silih berganti, muncul juga kasuskasus yang menyita perhatian hampir seluruh rakyat Indonesia. ICONers mungkin bosan membaca dan mendengar kata ‘KPK’, ‘POLRI’, dan ‘Century’ di berbagai macam media. Tetapi memang itulah kerikil-kerikil tajam yang sedang mengganggu perjalanan Indonesia saat ini. Untuk kasus KPK dan POLRI, kronologinya berawal dari laporan Antasari yang mengatakan adanya tindakan suap oleh PT. Masaro yang dilakukan beberapa pimpinan KPK. Lalu kasus bergeser dari laporan penyuapan ke kesalahan penggunaan wewenang oleh anggota KPK, dalam hal ini pencekalan Anggoro Wijaya dan Djoko Tjhandra oleh Chandra M. Hamzah dan Bibit Samad Riyanto, hingga akhirnya dua pimpinan KPK tersebut, dijadikan tersangka kasus penyalahgunaan wewenang dalam penetapan cekal terhadap koruptor oleh POLRI. Dari sinilah terbentuk opini di masyarakat bahwa sedang terjadi penggembosan KPK secara fungsi dan wewenangnya oleh pihak-pihak tertentu. Dan pemerintah sebagai penanggung jawab tertinggi atas stabilitas jalannya roda pemerintahan terkesan apatis membiarkan dua lembaga tinggi negara tersebut saling tuduh-menuduh, mencaricari kesalahan-kesalahan satu sama lain, bahkan sampai sumpah demi sumpah diucapkan untuk menghindar dari dakwaan bersalah.

Pemerintah terlihat tidak mau ikut campur dan lamban bergerak untuk menuntaskan ‘kisruh’ antar dua lembaga tinggi negara tersebut, baru ketika didesak oleh berbagai pihak, sampai ada juga tim independen yang memberi rekomendasi, barulah Presiden memberikan sikap dan mengeluarkan keputusan. Sampai pada akhirnya pernyataanpernyataan dan jawaban-jawaban Presiden yang diharapkan bisa menjadi solusi dan penengah ternyata malah menjadi pertanyaan-pertanyaan baru. Begitu juga pada kasus Century, Century ibarat buah simalakama bagi pemerintah, di satu sisi didesak berbagai pihak untuk dengan cepat menuntaskannya, tapi di satu sisi setengah hati dan ogahogahan untuk menuntaskan, seperti ada yang ditutup-tutupi dalam pengusutannya. Dan kronologis kasus Century bermula dari terjadinya ‘perampokan’ oleh para pemilik Bank Century, yaitu Robert Tantular (WNI), Rafat Ali Rizfi (WNA), dan Hesyam Al Waraq (WNA). Berdasarkan ‘perampokan’ tersebut diambil suatu tindakan atas rekomendasi Gubernur BI saat itu (Boediono) dan disetujui Menkeu (Sri Mulyani) untuk menyelamatkan Bank Century oleh LPS (Lembaga Penyamin Simpanan) dengan menyuntikkan total dana Rp 6,76 triliun, karena dikhawatirkan jika tidak diselamatkan, bank ini ‘berpotensi sistemik’ dalam merusak sistem perbankan nasional. Sehingga Bank Century yang sejatinya adalah kasus malah


Disinilah masyarakat memuncak rasa bosan dan ___ jenuhnya akan bobroknya sistem di Indonesia akibat kasus “kisruh KPK dan POLRI” dan “kasus Bank Century”. Mereka ingin mendapat kejelasan, apa yang sebenarnya terjadi? mereka menginginkan adanya PERUBAHAN.

Dan perubahan itu mutlak karena perubahan adalah sesuatu kewajaran, demikian suatu ajaran Sunnah Allah. Dan perubahan itu juga relatif, relatif kearah yang lebih baik atau malah ke arah yang lebih buruk. Dan yang pasti masyarakat menginginkan PERUBAHAN untuk Indonesia yang lebih baik di segala bidang. Kembali ke KPK dan POLRI, kedua lembaga itu adalah Lembaga tinggi negara yang seharusnya bersifat mandiri dan independen, yang bersenjatakan hukum dan berkuasa untuk “menghukum”, tetapi malah bisa diintervensi oleh pihak lain. Sehingga dalam praktiknya terlihat hukum dibuat malah bikin susah negara, bukan untuk mempermudah. Intinya agar semua lembaga-lembaga pengadil Negara Indonesia, bukan hanya KPK dan POLRI saja, agar mulai membenahi dan meperbaiki sistem yang dimiliki oleh lembaga masingmasing, supaya lebih profesional dan bebas intervensi dari pihak luar. Begitu juga dengan seluruh perangkat ekonomi di Indonesia, mulai dari Departemen Keuangan, Bank Indonesia, bank-bank swasta, dan lain sebagainya hendaknya menerapkan asas jujur dan transparansi, karena uang yang dikelola itu uang rakyat yang merupakan amanah yang mesti dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat. Dengan harapan kasus seperti Century dan yang lain-lain sebelumnya tidak akan terulang lagi di masa mendatang. ICONers, pada saat ini hendaknya kita jangan mencari siapa yang salah, lalu malah saling menyalahkan. Dan jangan kita membuat hukum dan aturan sendiri, untuk masalah siapa yang akan menghukum sudah ada perangkatnya dan pihak yang lebih’berwenang’. Kita hanya berkewajiban mengawasi dan mengkritisi jika mereka keluar dari koridor-koridor yang sudah ditetapkan. ICONers, kita bisa mengambil hikmah dari kasuskasus diatas, kita evaluasi, dimana kesalahan dan kekurangannya. Dan di penghujung tahun ini adalah saat yang tepat untuk dijadikan momentum untuk kita melakukan PERUBAHAN ke arah yang lebih baik. Dan sebelum kita meneriakkan PERUBAHAN, meneriakkan REFORMASI, meneriakkan REVOLUSI, sudahkah hal-hal tersebut kita lakukan terhadap diri kita sendiri, karena :

Hai orang-orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang tidak kamu perbuat? Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tiada kamu kerjakan (Qs. Ash Shaff :2,3) Islam pun memberikan bimbingan dengan tiga cara untuk mencapai perubahan. Pertama, disebut tajdid, artinya pemurnian. Tajdid merupakan suatu keharusan dan perubahan sikap dari dalam melalui pemantapan iman. Islam dengan jelas menyebutkan jaddiduu imaanakum, yang artinya "murnikanlah iman kamu". Dan Iman tercermin dari dua sikap, yaitu sabar dan syukur, yang jika dijabarkan adalah pandai menahan diri dan mampu menjaga nikmat Ilahi. Kedua, adalah taghyir yang artinya perubahan nasib. Al Qur’an menyebutkan bahwa “Allah SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum (masyarakat), sebelum masyarakat itu merubah sikap (anfus) mereka". Lebih jauh dalam taghyir, setiap diri dari anggota masyarakat itu wajib melakukan perubahan sikap, meninggalkan yang buruk menggantinya dengan yang baik, dari merusak kepada membangun, dari malas kepada rajin, dari lalai kepada berhati-hati, dari ceroboh kepada disiplin, dari liar kepada mawas diri. Taghyir ini mesti dilakukan dengan cara damai dan sejuk. Begitu tuntutan Allah SWT kepada umatnya. Ketiga, adalah tashlih, artinya perbaikan. Firman Allah menyebutkan "Jangan kamu merusak di bumi setelah Allah memberikan ishlah (perbaikanperbaikan) dengan bimbingan wahyu-Nya". Perubahan yang ini wajib dilaksanakan dengan cara yang baik dan damai. Karena perubahan ini akan mencakup tashlihul aqidah (perbaikan aqidah), tashlihul ibadah (perbaikan ibadah), tashlihul akhlaq (perbaikan akhlaq), tashlihul iqtishadiyah (perbaikan ekonomi), tashlihu al-siyasiyah (perbaikan tatanan politik), tashlihul mu'amalah (hubungan kemasyarakatan) dan banyak lagi yang lain. Semuanya wajib dilakukan dengan aman, tertib, tenteram, sejuk, dan damai, mengarah kepada selamat. Dan mustahil bila kita ingin melakukan PERUBAHAN, tetapi kita tidak merubah diri kita terkebih dahulu. Akhirnya,"Ya Allah, hindarkanlah negeri kami, bangsa kami, daerah kami dan negara kami yang tercinta ini dari kerusakan dan penghancuran karena kebodohan kami semua". Amin Ya Mujibas-saa-iliina. [unggul]


kekufuran. Itu sebabnya ia dikenal dengan julukan Al-Faruq yang artinya pembeda antara yang haq dan yang batil. Bagaimana dengan diri kita? Seberapa besar perubahan yang kita lakukan dalam hidup ini? “Demi Allah, harimu sekarang adalah hari dimana harus terkumpul bekal untuk akhiratmu; baik ke surga atau ke neraka. Jika engkau menuju jalan Allah, niscaya engkau akan mendapat kebahagiaan dan keberuntungan besar dalam waktu yang singkat, dan tidak abadi ini. Tapi jika engkau dahulukan syahwat, kesenangan dan main-main, niscaya engkau akan mendapatkan kepahitan yang besar dan abadi. Dimana rasa sakit dan payahnya lebih besar daripada rasa sakit dan kepayahan karena bersabar untuk tidak melanggar apa yang diharamkan Allah.” (Ibnu Qayyim al-Jauziyah)

Masih ingatkah ICONers cerita tentang kupu-kupu? ternyata selain pelajaran mengenai arti sebuah perjuangan, ada pelajaran lain yang bisa kita petik dari proses metamorfosis kupukupu, yaitu tentang sebuah perubahan yang membawa perbaikan pada diri kita. Setiap dari kita pasti mengetahui bahwa sebelum menjadi kupu-kupu, bentuknya adalah seekor ulat, bagi sebagian orang, ulat merupakan binatang yang menjijikan, jangankan untuk menganguminya, melihatnya saja bahkan tidak mau, apalagi jika ingin berpikir untuk memegang atau bahkan memilikinya. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh ulat tersebut untuk berubah menjadi kupu-kupu yang cantik, orang yang awalnya merasa jijik pada ulat berubah menyukai kupukupu tersebut. Seandainya saja ulat tadi tidak mentransformasi dirinya menjadi kepompong kemudian menjadi kupu-kupu, dia akan terus telihat buruk dan suatu saat akan mati dengan keburukan yang dimilikinya. Sama halnya dengan kita, Setiap orang selalu memiliki momentum yang istimewa dalam menjalani hidup ini. Malahan dalam lingkup keimanan pun momentum yang istimewa itu adalah saat-saat pindahnya seseorang dari kondisi Jahiliyah yang gelap gulita ke kondisi Islam yang terang benderang. Maka, momentum yang paling berharga bagi seorang muslim adalah tatkala ia mampu melakukan perubahan dan perbaikan yang sangat mempengaruhi dirinya. “Lihatlah dari dunia ini apa yang baik untuk jiwamu, lalu ambillah. Meskipun orang disekitarmu menganggapnya jelek. Dan lihatlah dari dunia ini apa yang buruk bagi jiwamu lalu tinggalkanlah. Kendatipun orang-orang disekitarmu menganggapnya baik” (Salamah bin Dinar) Coba kita lihat perubahan yang dilakukan oleh Umar bin Khatthab RA. Bagaimana beliau dalam melakukan perubahan pada dirinya, yang mana dimasa Jahiliyah adalah orang yang berwatak keras dan tegas terhadap Islam. Namun begitu saat ia menjadi seorang muslim, watak keras dan tegas itu tetap ada meski dalam bentuk yang membenci

Sangat jelas Ibnul Qayyim menjelaskan, bahwa sekaranglah saatnya untuk mengumpulkan bekal untuk akhirat, sebab kalau tidak sekarang, kapan lagi. Seperti halnya perubahan yang harus kita lakukan dalam diri kita sendiri. Setiap saat perubahan itu harus kita lakukan, sehingga kualitas diri kita terus meningkat dan terjaga. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa kita (manusia) selalu saja melakukan kesalahan, secara disadari atau tidak. Maka, alangkah baiknya kalau diri kita memperhatikan hadits ini : “Sesungguhnya manusia itu banyak salahnya. Dan sesungguhnya sebaik-baik orang yang banyak salahnya adalah orang yang banyak bertaubat” (HR. Tirmidzi) Oleh karena itu kalau kita menyadari kelemahan diri kita yang selalu berbuat salah (dosa), Maka, kita harus gigih dalam mengubah diri sendiri supaya manfaat dari perubahan itu bukan hanya dinikmati oleh diri kita sendiri, tapi lingkungan pun akan merasakannya. Pengaruh dari kegigihan yang kita lakukan dalam perubahan kualitas diri sendiri memang tidak akan sepontan dirasakan oleh lingkungan. Tapi percayalah, itu akan lebih membekas dalam hati dan benak orang yang ada di sekeliling kita. Makin lama bekas itu, akan membuat orang simpati dan terdorong untuk juga melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik lagi. Sebagaimana papatah bilang bahwa sebaik-baik manusia adalah, yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini. Norman Vincent Peale seorang motivator dan penulis kenamaan mengatakan, “Ubahlah Pemikiran Anda, maka Anda akan Mengubah Dunia Anda” bahkan Bill Gates sebagai seorang pendiri Microsoft Corporation pernah mengatakan “Berubah dengan Cepat atau Mati”. Tidak ada yang abadi selain perubahan itu sendiri, suka tidak suka, mau tidak mau anda harus siap untuk sebuah perubahan, oleh karena itu alangkah baiknya jika kita bisa memanfaatkan setiap apa yang terjadi untuk perubahan yang membawa perbaikan pada diri kita. Sesuai kutipan dari ayat dibawah ini : “Siapa saja yang mengerjakan kebaikan (amal shaleh) baik lelaki maupun wanita, dan ia beriman, maka baginya kehidupan yang lebih baik.” (Q An-Nahl:97) Waallahu a'lam bishowab. Syukron Katsiron.. [virman]


Hai ICONers, mau tahu seperti apa OPINI mereka tentang makna perubahan dalam hidup, dan perubahan seperti apa yang mereka inginkan untuk diri mereka sendiri dan Negara tercinta kita ini? Lets check it out!

Menurut saya arti perubahan itu ialah semua unsur-unsur atau secara keseluruhan berubah kearah positif dan lebih baik. Wah, kalau ditanya ingin berubah, saya ingin menjadi Anak yang Sholeh dan berguna baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

MAWAR – Teknik Informatika 2009

Perubahan Hidup adalah perubahan yang awalnya memiliki target agar menjadi lebih baik. Kalau perubahan yang saya inginkan ialah agar menjadi orang yang dapat menjalani hidup sesuai dengan Syariat-syariat Islam. Melihat negara sekarang, nggak tahu juga yah perubahan apa yang harus dilakukan soalnya negaranya udah rusak sih, Haha. Mungkin aparat-aparat negaranya harus diganti.

CINDY – Sastra Inggris 2009 Perubahan Hidup ialah suatu perubahan yang bisa membawa kita kearah positif atau negatif. Perubahan yang saya inginkan sekarang agar dapat lebih berpikir positiff. Hmm, Kalau perubahan yang dibutuhkan negara sekarang , mungkin tidak hanya negara saja tapi juga masyakaratnya, khususnya diri sendiri. Supaya negara ini lebih baik lagi.

RAINES – Marketing Communication 2007

Arti Perubahan Hidup buat saya ialah lebih baik dari sebelumnya. Dan perubahan yang dibutuhkan negara sekarang , mungkin perlu diganti aparat-aparat negaranya dengan orang yang lebih baik.

YUNIKA – Komputerisasi Akutansi 2008

Perubahan Hidup ialah perubahan yang tidak akan diulangi lagi. Perubahan yang saya inginkan sekarang ialah tidak males lagi.. hahah.. Wah, kalau perubahan yang dibutuhkan negara sekarang , pemerintah harus jujur dan ikhlas deh pokoknya.

DONI – Sastra Inggris 2008

Perubahan hidup ialah perubahan yang lebih baik dari sebelumnya. Perubahan itu sulit ditentukan , terkadang di tengah jalan, kita bisa menemui perbuahan-perubahan yang berbeda. Kalau ditanya perubahan yang dibutuhkan negara sekarang mungkin pemerintah harus lebih Transparan lagi dan terbuka kepada masyarkat.

ILHAM – Akutansi 2007 [denki]


Perubahan tidak pernah lelah menghasilkan orang-orang terbaiknya dimanapun, tak terkecuali perubahan di BINUS University pun menghasilkan Yola Rosa Bella Harum Utami, yang akhirnya melakukan perubahan itu sendiri. Biasa disapa dengan nama Bella, selain kesibukannya sebagai mahasiswa ia mengisi waktu kosongnya dengan ikut bermacam organisasi. Di BINUS Universty ia memilih HIMARS (Himpunan Mahasiswa Arsitektur) yang dimana ia menjadi Ketuanya, dan MT Al-Khawarizmi sebagai tempat untuk mengaktualisasikan dirinya, selain itu ia juga peserta dari YLI (Young Leader for Indonesia) di Kampus. Tidak hanya di kampus, ia juga masih sering mengikuti kegiatan Pramuka dan Rohis di SMPN 109 Jakarta.

Bella berharap buat masyarakat pada umunya dan mahasiswa pada khusunya untuk tahun baru Hijriah dan Masehi yang akan datang, paling tidak punya visi "dakwah" (dalam arti luas), bisa lebih baik dari sebelumnya, dan bisa lebih bermanfaat paling tidak buat orang-orang yang ada di sekitar kita.

Dan apa yang dimaksud dengan dakwah arti luas adalah bahwa mungkin kalau masyarakat pada umumnya hanya mengerti kalau "dakwah" itu adalah "ceramah" yang hanya bisa dilakukan oleh (sebut saja) Bella yang merupakan putri dari pasangan Bapak anak-anak atau remaja-remaja yang alim. Padahal Waluyo, ST dan Ibu Sri Latifah, B.Sc mengatakan kenapa "dakwah" itu kan salah satu kewajiban umat Muslim ia memilih organisasi tersebut untuk mengisi waktunya, pada umumnya. Terus "dakwah" yang dimaksud itu karena sebaik-baiknya umat adalah umat yang berman- adalah saling MENGAJAK ber-amar ma'fuf nahi munkar faat bagi orang-orang yang ada di sekitarnya, untuk dengan pikiran, perkataan, dan perbuatan berdasarkan membantu apa yang bisa ia bantu, dan ingin berdakwah. Al Qur'an dan sunnah serta hanya mengharapkan ridho Allah SWT. Sebut Bella yang mempunyai Motto hidup Di penghujung akhir tahun Hijriyah dan Masehi ini, Bella ikhlas (niatkan semua karena Allah), ikhtiar, dan tawakyang ingin membuka biro arsitektur sendiri berpenda- kal. pat, Tahun baru Islam dan Masehi yang sebentar lagi datang mestinya disambut dengan visi yang baru, Terakhir Bella memberi Tips untuk para ICONers yang terutama untuk menjadikan diri kita lebih baik dari sebe- ingin belajar membagi waktunya, pertama tentukan lumnya, bisa lebih bermanfaat buat orang-orang di prioritas kepada Allah SWT dan Rasul, kedua kepada sekitar, dan bahkan untuk kehidupan dunia dan akhirat. Keluarga, ketiga baru yang lain-lain. Dan Bella juga berpesan jangan mengulur-ngulur waktu jika kita mau Apresiasi masyarakat tentang tahun baru Islam belum berubah, harus mulai dari sekarang juga, detik ini, dan sebesar tahun baru Masehi, ini dikarenakan pada umum- dari diri sendiri. Supaya hasilnya akan lebih cepat kita nya masyarakat (terutama masyarakat muslim sendiri) rasakan. saja tidak tahu kapan tahun baru Hijriyah. Kalau tidak [ayu] tahu, bagaimana mau mengapresiasi, peduli saja tidak. Masyarakat yang saya maksud di situ malah lebih mengapresiasi tahun baru Masehi daripada tahun baru Hijriyah. Begitu menurut Bella yang hobinya antara lain fotografi dan berkemah


Akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk sejenak melepaskan diri dari rutinitas untuk mencharge semangat yang baru untuk setahun kedepan, selain biasanya bertepatan dengan waktu liburan. ICONers bisa pergi ke luar kota, tempat wisata, dan tempat-tempat lainnya.

Daripada memulai awal tahun dengan kegiatan yang hura-hura dan sia-sia, lebih baik mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti : Acara doa bersama di lingkungan rumah, mengikuti kajian akhir tahun, dan lain sebagainya.

Semoga tips-tips akhir tahun dapat bermanfaat untuk ICONers. Dan semoga kita semua diselamatkan satu tahun kedepan untuk bertemu lagi. Amin. [unggul]

ICONers Setelah beberapa hari yang lalu kita sudah melewati Tahun Baru 1431 H, dan beberapa hari lagi kita sudah akan berada di tahun 2010. Barang tentu sudah banyak kejadian yang ICONers lewati setahun kemarin, dan akan banyak lagi kejadiankejadian yang akan temui di masa depan. Yuk ICONers, kita persiapkan diri kita untuk mengahadapi tahun 1431 H dan tahun 210 Masehi :

Resolusi adalah mencanangkan rencana, tekad, niat, dan aktivitas baru yang akan dilakukannya tahun depan. Buatlah Resolusi pribadi untuk diri sendiri, mulailah dari hal-hal yang kecil, seperti : berhenti merokok, akan bangun setiap Subuh, tidak terlambat masuk kuliah, dan sebagainya. Dan bisa juga membuat proyeksi apa-apa saja yang akan dilakukan dan dikerjakan di tahun depan.

Akhir tahun bisa dijadikan momentum untuk kita semua bermuhasabah (introspeksi) dan berhijrah menjadi pribadi yang lebih baik dimasa datang. Meskipun muhasabah dapat kita lakukan pula kapanpun setiap saat, disetiap detik napas kita hirup, tapi akhir tahun merupakan momen yang sangat tepat untuk bermuhasabah.

Evaluasi perjalanan ICONers selama tahun, apa-apa saja yang telah didapat, apa-apa saja yang telah dilakukan, sudahkah ada PERUBAHAN, sudahkah ada peningkatan, sudahkah mencapai target (jika memasang target tahun lalu)


[ Riky ]


Judul Buku : Re-code Your Change DNA Pengarang : Rhenald Kasali Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2007 Jumlah halaman : 270 Setelah sukses dengan buku pertamanya cHaNgE!, Unsur-unsur pembentuk sifat perubahan (Change Rhenald Kasali kembali dengan buku yang semakin DNA) itu dapat disingkat menjadi OCEAN, yang terdiri dalam mengurai proses perubahan. dari Openness to experience, Conscientiousness, Extroversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Buku Re-code Your Change DNA adalah buku yang harus ini juga menyediakan tes untuk mengukur kadar dibaca siapa pun yang ingin melakukan perubahan OCEAN Anda, sehingga Anda bisa mengetahui bagian dalam hidupnya. Untuk beranjak dari satu titik tempat mana yang perlu Anda benahi untuk menjadi seorang kita sedang berada ke tempat yang kita inginkan, maka penggerak perubahan. kita harus berubah. Apa yang diperlukan dalam proses perubahan itu? Rhenald memberi ilustrasi beberapa individu yang dianggapnya mempunyai Change DNA yang unggul, Berdasarkan pengalamannya, perjalanannya, buku- yaitu Muhammad Yunus yang mendirikan bank untuk buku dan riset yang dipelajarinya, Rhenald Kasali yang pengemis, Paul Otellini yang membuat perubahan saat ini adalah staf pengajar UI dan menjabat Ketua besar-besaran di Intel, Sheikh Mohammed Bin Rashid Program Magister (MM) universitas yang sama meny- Al Maktoum yang mengubah Dubai dari sebuah usun sebuah teori tentang bagaimana terjadinya padang pasir menjadi Hongkong-nya Timur Tengah, sebuah perubahan. dan juga Martin Luther King yang memperjuangkan hak-hak kaum kulit hitam. Dengan teori yang diajukannya --dari Re-code individu, Re-code leader, Re-code pikiran, Re-code organisasi, Cerita-cerita di atas disampaikan dengan cara yang hingga Re-code the critical mass-- Rhenald sepertinya menarik dan sangat inspiratif. Tidak ketinggalan, diserakan kembali berkeliling dari seminar ke seminar, dan tai juga foto-foto yang menarik, yang mewarnai seluruh dari organisasi ke organisasi, untuk mengajarkan lang- buku ini. Buku ini adalah buku manajemen yang disamsung teorinya itu. Sebelumnya, hal yang sama terjadi paikan dengan cara yang "ngepop". Setiap bab dilengsetelah cHaNge! terbit dan mendapat sambutan yang kapi dengan foto, ilustrasi, kutipan, kesimpulan, komensangat baik dari pembaca. tar penulis, dan bahkan foto-foto penulis sendiri dalam berbagai ekspresi. Menurut Rhenald, agar tetap unggul dalam dunia bisnis yang kompetitif, setiap organisasi harus adaptif Layaknya tagline di bagian depannya 'Membebaskan terhadap perubahan. Organisasi yang adaptif didukung Belenggu-Belenggu Untuk Meraih Keberanian Dan oleh SDM dengan kadar Change DNA yang tinggi. Keberhasilan Dalam Pembaharuan' buku ini akan Change DNA adalah sifat-sifat dasar yang membentuk membuka lebar pikiran kita yang terkadang tertutup diri seseorang sehingga ia mampu melihat dan berg- pada perubahan. Bila Anda ingin organisasi Anda erak melakukan perubahan. berubah, maka mulailah dengan me-re-code Change DNA Anda sendiri. [iqra|Lay: Nieza]


Siapa ini?

ini laki-laki (dewasa)

Siapa ini?

ini anak kecil (laki-laki)

ini guru (laki-laki)

Siapa ini?

ini dokter (laki-laki)

Siapa ini?

Siapa ini?

KETERANGAN : Beda dengan kata tanya yang digunakan terhadap benda mati dan hewan, kata tanya digunakan terhadap manusia.

[yoggi|unggul|Lay: nieza]


Bedoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu, sesungguhnya orangorang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina dina. ( Al-Mukmin : 60)

Doa of the Day “Doa Ketika Bangun dari tidur” Segala puji bagi Allah SWT yang menghidupkan kami selepas mematikan kami dan kepada-Nya kami akan kembali.

Rasulullah saw bersabda, tidak ada seorang muslim pun yang berdoa kepada Allah dengan suatu doa dan ia tidak melakukan maksiat (dosa) atau memutus tali silaturahim, kecuali Allah memberinya salah satu dari tiga hal: Dia mengabulkan doanya, menyimpannya di akhirat, maupun memalingkannya dari kejahatan serupa. Mereka bertanya,”jadi kita haus banyak berdoa?” Rasulullah saw bersabda,”Allah akan memberi yang lebih banyak”(HR. Tirmidzi)

Re.[Amar] /ly.[Nieza]


Hai sobat muslimah, di zaman modern ini banyak sekali perubahan yang mempengaruhi gaya hidup masyarakat, salah satunya adalah “pemakaian kutek kuku” alias pewarna kuku. Barang itu mudah sekali kita didapatkan.Hampir di setiap tempat, menjual barang tersebut. Dan tidak sedikit diantara muslimah yang memakainya. Karena kutek kuku ini merupakan salah satu cara di zaman modern ini bagi kaum wanita untuk mempercantik diri sehingga banyak yang bilang pemakaian kutek kuku inipun supaya tidak di bilang wanita yang qurowi atau di sebut juga ‘ketinggalan zaman”. Hasrat untuk tampil cantik dan menarik adalah salah satu fitrah kaum wanita yang Allah SWT berikan, oleh karena itu wanita juga disebut “perhiasan dunia”. Karena Allah SWT menyukai keindahan, maka hendaklah para kaum muslimah berhias dan memperindah diri, tidak perlu dengan sesuatu yang mahal, tapi sederhana, bersih, rapi dan enak di pandang, itu lebih di sukai Allah SWT dari pada mahal tapi menghambur-hamburkan. Ketika kaum muslimah menggunakan kutek denagan maksud apabila kecantikan dan dandanannya itu disalurkan sesuai dengan apa yang dihalalkan oleh Allah SWT, maka semua itu justru akan menjadi ibadah dan pendekatan diri kepada Allah SWT. Misalnya bila seorang wanita berusaha tampil cantik dan menarik di depan suaminya dengan aneka make up termasuk salah satunya memakai pewarna kuku, sehingga dengan itu suaminya menjadi tertarik dan senang kepadanya, maka bagi wanita itu ada pahala dan ganjaran dari Allah SWT. Sebaliknya jika dandanan tersebut hanya bertujuan untuk menjerat kaum pria yang bukan muhrimnya sehingga menimbulkan zina mata dan terbangkitnya nafsu syahwatnya, maka bagi wanita itu ada dosa dan ancaman siksa di neraka. Jadi hukum memakai pewarna kuku itu bisa menjadi ibadah sunnah sekaligus bisa juga menjadi dosa.

Kutek kuku tidak termasuk benda yang najis sehingga dalam pemakaiannya pun tidak di haramkan bila bertujuan untuk menarik perhatian sang suami, tapi untuk para muslimah yang masih single lebih baik tidak menggunakannya. Masalah yang timbul dari pemakaian cutek ini, hanya ketika kita berwudhu, kutek tersebut akan menghalangi sampainya air wudhu tersebut pada kuku, sehingga air tersebut tidak bisa membasahi kuku-kuku kita. Sebab biasanya cutek ini mengadung zat pewarna yang membentuk lapisan kedap air. Jadi, Apabila telah mengering, lapisan ini tidak tembus air. Sehingga bila kita berwudhu; dalam keadaan memakai kutek, jelaslah bahwa wudhu kita itu tidak syah, karena wudhu itu sendiri mensyaratkan basahnya tangan dengan air, termasuk basahnya kuku. Apabila wudhu kita tidak sah maka sholat pun tidak sah karena salah satu syarat sah nya sholat itu apabila wudhu kita sah. Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah muka dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan kakimu sampai dengan kedua mata kaki (QS. Al-Maidah : 6). Karena kutek kuku itu tidak termasuk kategori dalam benda yang najis, maka dalam pemakaiannya pun dibolehkan tapi hendaklah kita pastikan jika ingin berwudhu membersihkan nya terlebih dahulu, sehingga air wudhu pun dapat membasuhi kukukuku kita. Adapun bagi wanita yang tidak shalat, seperti wanita yang mendapat haid, maka tidak ada dosa baginya jika ia menggunakan kutek tersebut, akan tetapi perlu diketahui bahwa kebiasaaankebiasaan tersebut adalah kebiasaan wanita-wanita kafir, dan menggunakan kutek tersebut tidak dibolehkan karena terdapat unsur menyerupai mereka.

[mulyanah]


TANYA : Begini pak Ustadz, setahu saya pacaran tidak ada hukumnya dalam Islam dan banyak orang yang bilang itu termasuk zina. Tapi kalau ada yang menyebutkan bahwa dia pacaran secara Islami, dalam arti tidak pegangan tangan, bercumbu, dan lain-lain. Apakah dia termasuk zina? mohon jawabannya, syukron. Rayhan JAWAB : Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Yang dilarang dalam islam sebenarnya bukan cuma zina tetapi juga “sebab” yang bisa membuat kita terperosok zina, kata Allah SWT : “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji ( fahisyah ) dan suatu jalan yang buruk.” ( QS. Al Isra’, 32 ) Jadi bukan hanya zina yang dilarang, tapi perbuatan mendekati zina pun dilarang. sehingga kata Rasulullah : “Jangan seorang laki-laki berkholwat (berduaan) dengan seorang wanita kecuali bersama mahromnya, juga jangan safar dengan wanita kecuali bersama mahromnya. (HR Bukhori) “Telah ditentukan atas setiap anak Adam bagiannya dari perbuatan zina, ia pasti melakukannya. Zina kedua mata adalah dengan memandang, zina kedua telinga adalah dengan mendengarkan, zina lisan adalah dengan berbicara, zina kedua tangan adalah dengan menggenggam, dan zina kedua kaki adalah dengan melangkah, sedangkan hati berkeinginan dan berandai-andai, dan kemaluan mempraktekkan keinginan untuk berzina itu atau menolaknya”. (Muttafaqun 'alaih) Untuk itu jaga hati, jaga pandangan, jaga mulut karena dia adalah pintu dari maksiat buat manusia.


Oleh Ustadz Ismeidas Makfiansyah

TANYA : Saya cewek berumur 15 tahun, mau nanya pak Ustadz? Saya kan diajak Haji sekeluarga bulan November besok, insyaallah berangkat, saya mau nanya apakah pada umur saya yang 15 ini, apa saya tidak apa-apa pergi haji? soalnya tementemen banyak yang bilang kalo haji itu nanti aja kalo udah tua, menurut bapak bagaimana? Ira

JAWAB : Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Haji adalah bagian dari ibadah yang wajib untuk mukallaf atau yang sudah baligh, jadi jika umur 15 tahun sudah haid, berarti sudah baligh. Maka wajib pergi haji jika mampu. Dan balasan haji mabrur adalah syurga, jadi jika di usia muda sudah bisa menunaikan haji, itu sebuah anugrah luar biasa, jadi berangkatlah jangan ditunda-tunda, semua ibadah dan niat baik harus disegerakan jangan ada keraguan. Dari Abu Hurairah RA. bahwa Rasulullah SAW. bersabda, “Umrah ke umrah selanjutnya adalah sebagai penebus dosa antara keduanya; dan haji mabrur tidak mempunyai balasannya kecuali ke surga.” (Muttafaqun’alaih) Dari Ibnu Mas’ud RA bahwa Rosulullah SAW bersabda, “Ikutilah pekerjaan haji dengan melaksanakan umrah; karena sesungguhnya keduanya dapat menghapus dosa dan kekafiran, sebagaimana ubupan tukang besi dapat menghilangkan kotoran besi, emas dan perak; dan tiada balasan bagi haji mabrur kecuali surga semata.” (Shahih: Shahihul Jami’us Shaghir) Dari Abu Hurairah RA ia berkata, “Barangsiapa menunaikan ibadah haji karena Allah SAW lalu ia tidak berkata kotor dan tidak melakukan perbuatan maksiat niscaya ia kembali ( ke negerinya) seperti pada hari ketika ia dilahirkan ibunya.” (Muttafaqun’alaih) Bahwa Rasulullah SAW ditanya tentang amal apakah yang paling utama? Beliau menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Beliau ditanya, “Lalu apa?” Beliau menjawab, “Jihad di jalan Allah.” Beliau ditanya, “Lalu apa?” Beliau menjawab, “Haji mabrur.” (HR. Bukhari) [Lay: el echano]


Kehabisan Dana Alutsista Karena dilanda suatu krisis ekonomi yang berkepanjangan, sepasukan tentara di suatu negara antah berantah terpaksa melakukan latihan perang dengan peralatan apa adanya. "Untuk menghemat pengeluaran tentara, maka peralatan perang untuk latihan diganti dengan bunyi mulut", Kata sang komandan. "Suara tusukan diganti dengan suara bles..." "Suara tembakan diganti suara dor..." "Dan, suara granat diganti dengan suara buuum..." Maka latihan perangpun dimulai dengan sengitnya, sampai suatu ketika terjadilah keributan sesama prajurit. Prajurit A : "Kamu curang, ketika masih jauh saya teriak buum... kamu masih jalan terus mendekati aku. Begitu pula ketika agak dekat saya teriak dor, kamu masih jalan terus. Bahkan ketika berhadapan aku bilang bless... kamu jalan terus. Kenapa kamu?" Prajurit B : "Breemmmmm saya panser."

Ta’aruf Unik ^_^ Seorang ikhwan yang kuliah di semester akhir berazzam untuk menyempurnakan separuh agamanya. Sebagaimana biasa, beliau pun menghubungi Ustadznya untuk memulai proses dari awal hingga sampai akhirnya tiba saatnya untuk ta’aruf, yaitu dipertemukan dengan calonnya. Tibalah hari dan jam yang telah ditentukan, dengan semangat seorang aktivis, beliau datang tepat waktu di sebuah tempat yang telah di janjikan Ustadz. Ta’aruf pun dimulai, sang akhi duduk disebelah murobbi (Ustadz), sementara agak jauh di depannya sang akhwat di temani murobbiahnya dengan posisi duduk menyamping menjauhi sudut pandangan si ikhwan. Setelah sekian lama berlalu tak ada pembicaraan, sang murobbi berbisik pelan pada muridnya yang malu-malu ini, “Gimana akhi, sudah lihat akhwatnya belum, sudah mantap apa belum?” “Sudah Ustadz, saya mantap sekali Ustadz, akhwatnya yang sebelah kiri itu kan?” Murobbinya kaget, wajahnya berubah agak kemerahan. “Eh, gimana antum! Yang itu istri ana!” [Fachreza|Lay: Nieza]


Surat apakah yang pertama kali diturunkan oleh Allah SWT? a Ar-Rahman

b

Al-Fatihah

c

Al-Alaq

d

Al-Kautsar

Ibukota negara Islam pertama kali yang didirikan oleh Rasulullah:

a

Mekkah

b

Jeddah

c

Yastrib

d

Baghdad

Pembukuan semua surat-surat dalam Al-Qur'an dilakukan oleh...

a Umar bin Khatab b Abu Bakar As-Shidiq c Utsman bin Affan d Ali Bin Abi Thalib Masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah:

a Masjid Al-Aqsa b Masjidil Haram c Masjid Quba d Masjid Nabawi Siapakah yang disebut sebagai Bapak Sekularisme Turki?

a Sultan Abdul Hamid b Necmetin Erbakan c Mustafa Kamal Attaturk d Jamaluddin Al-Afghani

Jawaban Quiz ICON Edisi November 2009 Anak nabi ibrahim Bapak ismail bulan ke 12 kalender islam Hari haram puasa sapi hewan ... 10 dzulhijjah

ISMAIL IBRAHIM DZULHIJJAH TASYRIK QURBAN IDULADHA


Saat

libur kuliah selama dua bulan, tepat setelah aku menyelesaikan ujian akhir semester, aku berencana mengunjungi Kak Karin di Bandung. Kakak angkatku itu menyambut kedatanganku dengan antusias, membuatku ikut senang. Di Bandung, aku menetap di asrama Kak Karin. Aku disambut hangat oleh teman-temannya yang juga tinggal di asrama. Asrama ini mungil, hanya terdiri dari 3 kamar dan penghuninya hanya 4 orang, yaitu Kak Karin, Kak Tuti, Kak Ros, dan Kak Ani. Mereka semuanya telihat ramah dan solehah, membuatku merasa sangat nyaman, merasa memiliki banyak saudara dan membuatku ingin menjadi seperti mereka. Andaikan aku bisa masuk ke universitas ini, mungkin saat ini aku bisa bergabung dengan mereka. Inikah yang dinamakan persaudaraan di bawah naungan iman Islam? Walaupun kami belum pernah bertemu atau berkenalan, terasa begitu dekat dan nyaman bersama mereka. Suasana ini tidak pernah aku dapatkan di daerah kampusku. Wajar saja, kampusku benar benar jauh dari kondisi Islami, semuanya serba materialistis. Dan sangat sulit untuk menemukan orangorang seperti Kak Karin dan temantemannya; orang-orang yang selalu berjuang menegakkan Islam di kampus mereka. “Oh iya, Nisa puasa ga?� Tibatiba terdengar suara Kak Ros, yang menyadarkanku dari lamunan. “InsyaAllah, Kak,� jawabku, seraya melihat jam. Sudah pukul lima sore, kira-kira satu jam lagi. Sepanjang jalan tadi sangat terasa haus, didukung dengan cuaca yang sangat panas. Tapi

aku sadar, penderitaan itu belumlah seberapa dibandingkan dengan penderitaan Siti hajar yang berjuang mencari setetes air di tengah-tengah tempat yang mustahil ditemukan air. Penderitannya pasti jauh lebih besar dalam menahan lapar dan dahaga. Subhanallah, mampukah aku seperti dia? Maghrib pun tiba, alhamdulillah. Setelah selesai shalat dan mengaji, aku masuk ke kamar Kak Karin. Ternyata beliau masih mengaji. Tak ingin mengganggu, aku pun duduk tak jauh darinya. Tiba-tiba terlihat olehku sebuah buletin berisi sebuah artikel yang berjudul 'Kemerdekaan'. Aku pun membaca, Kemerdekaan, adalah hak untuk semua negara. Sebuah negara bisa dikatakan merdeka bila sudah terlepas dari penjajahan. Namun sebenarnya kemerdekaan tidaklah identik terhadap negara yang menang dari penjajahan. Tetapi merdeka ini memiliki artian yang sangat luas, termasuk kebebasan manusia untuk memilih jalan kehidupannya. Manusia telah di berikan pilihan oleh Allah, apakah menjadi orang bertakwa atau menjadi orang yang ingkar. Dan hanya orang-orang yang berpikirlah, yang akan memilih jalan sesuai petunjuk yang telah Allah berikan, yaitu semuanya terdapat dalam Al Quran. Lalu apa hubungannya dengan puasa? Jelas ada hubungannya. Di bulan Ramadhan ini, sebenernya manusia telah terbebas dari hawa nafsu dan kebiasaan yang setiap harinya dia lakukan. Dan di bulan Ramadhan ini, umat Islam diberikan kebebasan untuk beribadah sebaikbaiknya.

Ada satu hal yang patut kita garis bawahi, yaitu ketika di bulan-bulan biasa, kita pasti terbiasa dengan menonton TV, selalu duduk di depan komputer, biasa makan di siang hari, dan berbagai aktivitas lainnya yang dilarang dilakukan ketika bulan puasa. Namun, di bulan Ramadhan ini, semua kebiasaan itu berubah dengan tiba-tiba. Ternyata kita bisa berubah dengan sekejab dan secepat itu. Kegiatan menonton TV, selalu menghabiskan waktu di depan komputer, semua berubah dengan kegiatan-kegiatan islami, seperti menghadiri pengajian, mengisi waktu luang dengan membaca Al-Quran. Bahkan kebiasaan kita yang tidur hingga subuh bisa berubah total dengan bangun sebelum subuh dan mampu melaksanakan solat Tajahud, solat yang sangat sulit dilakukan di hari-hari biasa. Sesungguhnya, bila dipikirkan kembali, ada kekuatan yang amat besar dalam diri kita, untuk bebas memilih hal yang terbaik dalam hidup, terutama dalam beribadah kepada Allah. Sehingga, diharapkan, setelah bulan ramadhan ini, kita masih bisa berpuasa sunah, kebiasaan bangun sepertiga malam, harus dipertahankan, dan kemampuan menahan hawa nafsu harus terus ditingkatkan agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa. Jadi, kenapa harus menunggu untuk berubah? Pilihan ada di tangan kita, dan kita bebas untuk menentukan jalan hidup, mau menjadi orang bertakwa, atau menjadi orang yang ingkar? Semoga kita semua menjawab ingin menjadi orang yang bertakwa. BERSAMBUNG [Lay: el echano]


Bingung

pagi pagi mau print tugas dimana?

kami buka 24 jam! Print BW Rp 300/lembar, 75 lembar keatas Rp 250,Print Warna Mulai dari Rp. 500 - Rp 2000 Terima : jilid, burn CD dan DVD Jual Alat-alat tulis dan kertas file Jangan bingung print laporan Skripsi, Minor, dan kerja Praktek dimana?

Print disini saja!

kirim file yang mau anda print atau hubungi kami di kahfionline@yahoo.com (YM, FB, TWITTER)

Contact Person

Dhani 021-94087857 Riki 085697266894

Hasil print-an bisa *dikirim untuk daerah binus dan ekitarnya!

ICON-12-Desember09.pdf  

ICON-12-Desember09.pdf

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you