Page 1

Al-Khawarizmi edisi khusus PMB

dapatkan edisi e-magazine dengan mendownload di situs kami :

www.alkhawarizmi.or.id

magz


salam redaksi Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillahi rabbil alamin, segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat iman, Islam, dan kesehatan serta memberikan nikmat kepada kita untuk dapat menikmati indahnya ukhuwah islamiyah. Semoga Allah SWT menurunkan keridhaan-Nya kepada kita semua. Tidak lupa salawat serta salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya yang Insya Allah tetap istiqomah menegakkan Islam di bumi ini hingga yaumil akhir. Apakabarnya Binusian 2011 ? (Alhamdulillah luar biasa Allahu Akbar..). Kami segenap pengurus MT-Alkhwarizmi yang notabene merupakan UKM kerohanian ISLAM di Binus mengucapkan selamat datang kepada kamu sekalian. Kalian lah penerus Binusian Moeslem Community di kampus tercinta ini. Alkhawarizmi Magz kali ini merupakan edisi khusus yang dibuat untuk kamu para Binusian 2011. Berisi pengetahuan seputar Islam dan juga ada tips menarik bagaimana caranya kamu menyesuaikan diri menjadi seorang Mahasiswa. Selain itu juga ada pengetahuan bagaimana cara bergaul yang aman. Harapan besar kami kepada kamu semua dapat membanggakan dan membesarkan MT-Alkhawarizmi kedepannya. Tentunya didukung dengan kemampuan akademis yang baik, be Smart, good, and religious Binusian. Untuk dapat berinteraksi sesama Binusian Muslim di Binus kamu dapat join langsung ke milis kita di muslim_binus@yahoogroups.com dan juga website kita http://alkhawarizmi.or.id ditunggu kehadirannya di dunia maya MT-Alkhwarizmi. wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

AlKhawarizmi Magz

2


tahukah kamu ? Qiyamullail dapat Menjadikan Pagi Anda Bersemangat

K

adangkala, ketika kita bangun pagi tubuh terasa lelah, kantuk masih menggelayuti mata. Rasanya ingin sekali menarik selimut tidur kembali dan melanjutkan “petualangan mimpi” di atas kasur yang empuk. Rasanya ingin sekali menolak kehadiran sinar mentari yang masuk melalui celah-celah jendela. Tidur lagi. Menurut saya, kalau bukan karena ngantor ataupun sekolah, mungkin banyak sekali orang yang bangun kesiangan. Buktinya, ketika hari libur, tak sedikit orang lebih memilih “meluruskan badan” di tempat tidur ketimbang bangun berpagi-pagi. Mengapa demikian? Mungkinkah karena kita terlalu keras bekerja? Mungkinkah kita terlalu banyak berpikir? Mungkinkah karena kita terlalu banyak beraktifitas? Atau mungkin ada faktor lain di luar itu yang menyebabkan tubuh kita kurang fit ketika bangun pagi? Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah Saw. menjelaskan bahwa penyebab utama kemalasan dan badan letih ketika bangun pagi adalah lantaran kita tidak bangun malam untuk qiyamullail. Kita tidur hanya untuk tidur, sehingga sering bangun kesiangan. Padahal, mestinya kita harus menjadikan tidur bukan untuk tidur, tapi untuk bangun malam, shalat Tahajjud, dan berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Setan mengikat di atas kepala orang yang sedang tidur dengan tiga simpul. Pada tiap simpul setan berkata, ‘Malam masih larut, tidurlah.’ Bila orang itu bangun dan berdzikir (berdoa), lepaslah satu simpul. Bila ia berwudhu, lepaslah simpul kedua. Dan bila ia shalat, maka lepaslah semua simpul itu. Sehingga ia berpagi-pagi dengan tangkas, riang gembira, dan lapang dada. Kalau tidak demikian, maka ia sempit dada dan malas” (HR Bukhari dan Muslim). Saya yakin, bila kita rajin bangun malam, shalat Tahajjud, dzikir, tilawah Al-Qur`an, dan dilanjutkan dengan melakukan aktifitas-aktifitas lainnya (kecuali tidur lagi), Insya Allah, kita berpagi-pagi dengan tangkas, riang gembira, lapang dada, dan bersemangat. AlKhawarizmi Magz

3


tokoh islam PROFIL HASAN AL-BANNA Akulah petualang yang mencari kebenaran Akulah manusia yang mencari makna dan hakikat kemanusiaannya di tengah manusia Akulah patriot yang berjuang menegakkan kehormatan, kebebasan, ketenangan, dan kehidupan yang baik bagi tanah air di bawah naungan Islam yang hanif Akulah lelaki bebas yang telah mengetahui rahasia wujudnya, maka ia pun berseru, “sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam yang tiada sekutu bagi-Nya. Kepada yang demikian itulah aku diperintahkan, dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” ( Hasan Al-Banna )

H

asan bin Ahmad bin Abdurrahman Muhammad AlBanna rahimahullah lahir pada bulan Sya’ban 1423H/ September 1906M di kota Mahmudiyah, sebuah kawasan dekat Iskandariyah, Mesir. Ayahnya, Ahmad bin Abdurrahman Al-Banna adalah seorang ulama dan aktivis yang menggeluti ilmu-ilmu yang berkaitan dengan sunnah nabawiyyah. Ia lulus dengan meraih rangking kelima dari seluruh pelajar Mesir dan hafal 18.000 bait sya’ir (puisi) Arab, juga prosa – selain al-Qur’an dan hadits – yang setara jumlahnya dalam usia SMU kala itu. Setelah lulus dari madrasah mu’allimin, ia melanjutkan kuliahnya di Darul ‘Ulum, Kairo pada tahun 1923 (nantinya menjadi University of Cairo). Di sini wawasannya mulai terbuka lebar-lebar. Beliau banyak menjalin hubungan dengan ulama. Beliau disiplin mengunjungi perpustakaan Salafiyyah dan rutin mengunjungi majelis ustadz Muhibbuddin Al Khatib, tempat beliau banyak bertemu dengan ulama. pada tahun 1923. Setelah menyelesaikan kuliahnya di Darul ‘Ulum pada tahun 1927 dengan predikat terbaik pertama, ia menggeluti profesi sebagai guru madrasah ibtidaiyah (sekolah dasar) negeri. Dalam fase itu ia sempat berpindah dari satu kota ke kota lain. Walau demikian, profesinya yang sesungguhnya adalah menyeru umat agar mengamalkan Al-Qur’an dan berpegang taguh pada sunnah Rasulullah saw. lewat tangannya, Allah swt telah berkenan memberi petunjuk kepada puluhan ribu mahasiswa, buruh, petani, pedagang dan berbagai golongan masyarakat yang lain. AlKhawarizmi Magz

4


tokoh islam Untuk beberapa waktu lamanya ia menetap di kota Ismailiyah, kota dimana ia mendirikan kantor pertama Ihwanul Muslimin bersama beberapa pengikutnya. Ia telah memimpin Jama’ah Al-Ikhwan Al-Muslimun pada saat usianya baru 22 tahun. Ia menyebarluaskan dakwahnya melalui serangkaian ceramah dan penerbitan. Ia menjadikan masjid hingga kedai kopi sebagai ladang dakwahnya. Tuntutan dakwah mendorongnya untuk mengunjungi semua kota dan desa yang bisa didatangi. Hasilnya, dalam waktu relatif singkat, gerakan dakwahnya telah memiliki cabang di hampir seluruh penjuru Mesir. Beberapa waktu kemudian ia dipindahkan ke Kairo. Kantor pusat IM-pun turut pindah ke Kairo. Di Kairo, dakwahnya cepat tersebar secara luas. Dalam tempo yang relatif singkat, anggota IM telah berjumlah setengah juta orang. Di Kairo pula ia mendirikan harian Al-Ikhwan Al-Muslimun. Hasan Al Banna sangat serius menjaga harakah dakwahnya agar jangan sampai menjadi harakah iqlimiyah (gerakan lokal) di wilayah mesir saja. Beliau ingin agar dakwahnya bersifat alamiyah (internasional). Beliau aktif mengirim utusan ke berbagai wilayah dunia Islam untuk melakukan observasi kondisi Muslim setempat, kemudian hasilnya di Kairo. Markas umum Ikhwanul Muslinin menjadi tempat bertemunya berbagai para aktiďŹ s Islam dari seluruh dunia, dari Afrika, Yaman, India, Pakistan, Indonesia, Afganistan, Sudan, Somalia, Suria, Irak, Palestina, dll. Hasan Al Banna mengibarkan panji jihad untuk menghadapi penjajah asing. Beliau juga secara khusus memobilisir jihad untuk pembebasan Palestina. Beberapa tahun kemudian ia menggetarkan Inggris dan Zionis karena memimpin pasukan mujahidin sebanyak 10.000 personil untuk membebaskan Palestina. Saat itu mereka telah berhasil menyerang jantung pertahanan Israel sampai ke ambang pintu Tel Aviv. Akan tetapi perjuangan tersebut dihentikan setelah Raja Farouq menandatangani perjanjian damai dengan Israel serta kemudian menangkapi seluruh pemimpin dan pasukan IM. Ia juga berperan dalam kemerdekaan bangsa Indonesia, dimana ia membentuk dan menjadi ketua Komite Solidaritas untuk Kemerdekaan Indonesia. Atas sokongannya yang besar bagi kemerdekaan Indonesia, H. Agus Salim, Bung Sjahrir, Mr. Nazir Pamoentjak, Dr.H.M. Rasyidi, dan M. Zein Hassan menyampaikan terima kasih bangsa Indonesia ke hadapan Hasan Al-Banna langsung di kantor pusat IM di Kairo. AlKhawarizmi Magz

5


tokoh islam Semakin besar pergerakan IM, kaum penjajah dan para sekutunya bersengkokol menghancurkan Ikhwanul Muslimin. Negara-negara Barat menekan Pemerintah Mesir untuk menghancurkan jamaah Ikhwanul Muslimin serta menangkap para mujahiddin sekembalinya mereka dari perang di Palestina. Pembubaran pertama gerakan Ikhwanul Muslim dilakukan pada masa Raja Faruq dengan pemerintahan perdana menteri An-Naqrasyi pada tanggal 8 Desember 1948. Ribuan aktivis Ikhwan ditangkap dan dipenjara di Ath-Thur dan Haiktasab. Jadilah Hasan Al Banna seorang diri di luar penjara setelah dirinya dipisahkan dari murid-muridnya, agar para musuh Islam lebih leluasa mewujudkan mimpinya. Pada tanggal 12 Desember 1949, di tengah hiruk-pikuk kota Kairo, tepatnya di depan kantor pusat organisasi Asy-Syubbanul Muslimun, sekolompok orang dari antekantek Raja Faruq secara pengecut di salah satu jalan di Kairo, memuntahkan pelurupeluru makar mereka ke tubuh Hasan AlBanna, dan kemudian berlari menghilang. Dengan tenaga yang masih tersisa, Hasan Al-Banna membopong tubuhnya ke rumah sakit, namun tak seorang dokter pun yang bersedia menangani luka parahnya. Mereka sengaja membiarkannya tersungkur di tengah lumuran darah yang mengucur tiada henti. Mereka bahkan juga menghalangi para pengikut beliau yang ingin menjenguknya.

Dua jam setelah penembakan, beliau menghembuskan nafas yang terakhir dan gugur untuk memenuhi cita-citanya yang tertinggi, Al-Mautu fii Sabilillah. Beliau berpulang ke rahmatullah pada usia 43 tahun. Imam syahid telah menghabiskan waktunya untuk menekuni dakwah dan tarbiyah. Beliau bangun jamaahnya dengan bertumpu pada proses tarbiyah untuk mencetak kader dakwah serta membangun kesadaran ummat yang selama ini tertidur pulas. Baginya dalam hidup ini harus bekerja keras tanpa kenal lelah. Selama hidupnya, beliau sedikit sekali waktu untuk istirahat atau tidur. Karena beliau merasa kewajiban yang harus dikerjakan lebih banyak dari waktu yang dimiliki. Akan ada waktunya nanti kita tidur pulas menuai benih ibadah dalam hidup kita di dunia. Semoga Allah berkenan memberikan rahmat dan surga-Nya kepada beliau. Peristiwa kesyahidan beliau telah membuat jiwa jutaan kaum muslimin “keluar darah”, dan dunia Islam telah kehilangan sebuah pribadi yang menyejarah dan unik. Di pihak lain, sejarah telah menyaksikan bangsa Amerika berhamburan ke jalanjalan, menari, dan menghabiskan bergalongalon khamr sebagai tanda kegembiraan yang teramat besar perihal “kemenangan” atas tewasnya beliau.

AlKhawarizmi Magz

6


dakwah

`Apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguhsungguh (urusan) yang lain` (QS. AlInsyirah( 94): 7)

S

ebagian ahli tafsir menafsirkan ayat ini sebagai berikut, `Apabila kamu (Nabi Muhammad SAW) telah selesai berdakwah, maka beribadahlah kepada Allah SWT.; apabila kamu telah selesai mengerjakan urusan dunia, maka kerjakanlah urusan akhirat; dan ada lagi yang mengatakan, apabila telah selesai dari mengerjakan salat, maka berdoalah. Setiap orang selalu memiliki momentum yang istimewa dalam menjalani hidup ini. Malahan dalam lingkup keimanan pun momentum yang istimewa itu adalah saat-saat pindahnya seseorang dari kondisi Jahiliyah yang gelap gulita ke kondisi Islam yang terang benderang. Maka, momentum yang paling berharga bagi seorang muslim adalah tatkala ia mampu melakukan perubahan dan perbaikan yang sangat mempengaruhi dirinya. `Lihatlah dari dunia ini apa yang baik untuk jiwamu, lalu ambillah. Meskipun orang disekitarmu menganggapnya jelek. Dan lihatlah dari dunia ini apa yang buruk bagi jiwamu lalu tinggalkanlah. Kendatipun orang-orang disekitarmu

menganggapnya baik` (Salamah bin Dinar) Coba kita lihat perubahan yang dilakukan oleh Umar bin Khaththab ra. Bagaimana Umar bin Khaththab dalam melakukan perubahan pada dirinya, yang mana dimasa Jahiliyah adalah orang yang berwatak keras dan tegas. Begitu pun saat ia menjadi seorang muslim, watak keras dan tegas itu tetap ada meski dalam bentuk yang berbeda. Umar dikenal sebagai sahabat yang sangat keras dan membenci kekufuran. Itu sebabnya ia dikenal dengan julukan al-Faruq yang artinya pembeda antara yang haq dan yang batil. Dan coba kita lihat bagaimana perubahan yang dilakukan Abu Bakar ra. Abu Bakar ra. dimasa Jahiliyah adalah orang yang lemah lembut, begitu pun dikala telah masuk Islam. Abu Bakar tetap memiliki karakter lemah lembut itu. Kelemah lembutan Abu Bakar, sangat di ikat oleh prinsip dan ajaran Islam. Ketika ia menjadi khalifah, Abu Bakar menginstruksikan pasukan Islam untuk berperang melawan orang yang menolak membayar zakat. Disini sangat nampak, bahwa sifat lemah lembut Abu Bakar tidak berarti lembek terhadap hal-hal yang memerlukan ketegasan. AlKhawarizmi Magz

7


dakwah Bagaimana dengan diri kita? Seberapa besar perubahan yang kita lakukan dalam hidup ini? `Demi Allah, harimu sekarang adalah hari dimana harus terkumpul bekal untuk akhiratmu; baik ke surga atau ke neraka. Jika engkau menuju jalan Allah, niscaya engkau akan mendapat kebahagiaan dan keberuntungan besar dalam waktu yang singkat, dan tidak abadi ini. Tapi jika engkau dahulukan syahwat, kesenangan dan main-main, niscaya engkau akan mendapatkan kepahitan yang besar dan abadi. Dimana rasa sakit dan payahnya lebih besar daripada rasa sakit dan kepayahan karena bersabar untuk tidak melanggar apa yang diharamkan Allah.` (Ibnu Qayyim al-Jauziyah) Sangat jelas Ibnul Qayyim menjelaskan, bahwa sekaranglah saatnya untuk mengumpulkan bekal untuk akhirat, sebab kalau tidak sekarang, kapan lagi. Seperti halnya perubahan yang harus kita lakukan dalam diri kita sendiri. Setiap saat perubahan itu harus kita lakukan, sehingga kualitas diri kita terus meningkat dan terjaga. Sebab, seperti yang kita tahu bahwa kita (manusia) selalu saja melakukan kesalahan, secara disadari atau tidak. Maka, alangkah baiknya kalau diri kita memperhatikan hadits ini

Oleh karena itu kalau kita menyadari kelemahan diri kita yang selalu berbuat salah (dosa), Maka, kita harus gigih dalam mengubah diri sendiri supaya manfaat dari perubahan itu bukan hanya dinikmati oleh diri kita sendiri, tapi lingkungan pun akan merasakannya. Pengaruh dari kegigihan yang kita lakukan dalam perubahan/ peningkat an kualitas diri sendiri memang tidak akan sepontan dirasakan oleh lingkungan. Tapi percayalah, itu akan lebih membekas dalam hati dan benak orang yang ada di sekeliling kita. Makin lama bekas itu, akan membuat orang simpati dan terdorong untuk juga melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik lagi. Ini akan terus berimbas dan akhirnya akan seperti bola salju. Perubahan bergulir semakin besar. Dan, kebaikan diri yang dibangun secara individu, secara perlahan bisa menjadi perbaikan kolektif.[] Walahu a`lam

`Sesungguhnya manusia itu banyak salahnya. Dan sesungguhnya sebaik-baik orang yang banyak salahnya adalah orang yang banyak bertaubat` (HR. Tirmidzi) AlKhawarizmi Magz

8


TIPS MAHASISWA

Setelah belajar berpuluh-puluh tahun di sekolah, kini tiba saatnya antum melanjutkan belajar di tempat dan suasana yang berbeda. Akan ada banyak perubahan pola hidup dan gaya belajar saat menjadi mahasiswa nanti. Nah ini ada beberapa tip untuk menjadi mahasiswa dan tentunya ini Spesial. Spesial bagi orang yang sederhana, Spesial bagi yang orang tuanya yang tidak begitu Wah,… Spesial bagi orang-orang yang Emput- emputan (bahsa apa ya…ada gak dalam kamus Bahasa manusia…. wkwkwkwkw) g penting. Pokoknyo buat orang sedeng-sedeng bae (baso pelembang dikit), ado duit untuk kul bae…. tapi dak katek buat yang laen hehehehe :) Nah ini dio tipnyo: 1. Sebelum beranjak meninggalkan rumah, mau kul maksdunya (apalagi mau Kost di tempat yang jauhhhhh dari rumah) jangan lupa buat siapin berkas-berkas, · Kartu Keluarga (KK) yang sudah dilegallisir, KTP kita dan photocopyan KTP orang tua, jadiin satu. Sekitar @ 5 rangkap atau lebih, lebih juga

tambah Ok. Surat keterangan miskin (yang ni super spesial, yang gak merasa jangan tersinggung), Slip gaji orang tua, Surat keterangan belum menikah dari Kades/kelurahan. · Semua berkas itu disiapin secepatnya sebelum pergi Ngekost. 2. Setelah berkas sudah siap, dan sudah jadi mahsiswa, nah jangan lupa trik dibawah ini: · Sering-sering liat pengumuman, dan biasanya baru masuk kuliah sudah ada beasiswa ( liat di pengumuman biasanya ada beasiswa, kost yang murah, dan semua informasi kampus) kalo tidak sering liat bisa-bisa pengumuman di “sobek-sobek” (kata mas tukul arwana) oleh mahasiswa lain. · Seterusnya liat dan tanyakan dimana letak ruang Layanan Informasi Mahasiswa, ruang dosen, ruang akademis, jangan sampe infonya ketinggalan. Gto…. SecePtnY4…. Urgents - Binus punya banyak UKM/HMJ tuh bervariasi dari A-Z, jangan sampai lo ga ikut salah satunya, ntar jadi kuper. Ikut organisasi buat lo jadi kenal banyak orang dan melatih soft skill. AlKhawarizmi Magz

9


TIPS MAHASISWA 3. Da kuliah….. · Cari koneksi kakak tingkat, kalo ada yang menyimpan arsip-arsip laporan praktikum misalnya atau kisi-kisi tahun lalu. Antum bisa cari di dorum · Buku kuliah, transparansi, catatan kuliah (tinggal fotocopy punya tmn :D), jgan sampe ketinggalan. Slide presentasi bisa di downlod di Binusmaya. Bisa pinjem buku di library max 2 buku selama 2 minggu. · Kenali sifat dosen lo orgnya gmn… jangan sampe lo malah bkin sensi dosen kita naek. So Tanya tuh sama kakak2 tingkat yang udah makan asam garam tentang dosen2 kita maunya gimana, pelit nilai ga? killer or not? , biasanya tau persis tuh watak dosen kita. · Bibir ntu agak di buka dikit, jangan melempem aja maunya. Kalo lo mau dket ama orang ya, minimal modal SKSD itu perlu. Tapi jangan menjilat. Lo gak bagus hasilnya ntar. · Di kuliahan bukan SMA, gak ada namanya rangking2, yang ada “solidarity dalam batas kewajaran” artinya jangan sok-lah, mentang2 agak pinteran dkit jadi pelit bagi2 sama kawan, lo bakalan mati sendiri ntar. (emang bakal wafat bedua ya….) · Ikuti pola hidup sebelum ngekost. Nah…

biasanya kalo anak2 manja (mandi jarang kali ya), anak2 yang biasa tinggal dengan Ortu, pas ngekost sering sakit. Alasan pertama tidak makan pagi. Dan makan sering telat di ganjal dengan Mi instant so, mana ada energi, makanya Om Tifus dan Tante demam berdarah yang sering menjangkiti mahasiswa datangan yang belum tau kondisi alam tempat kuliahan, so hati-hati aja, dan bawa P3K buat jaga-jaga. Makan pagi di jaga gtoooooooooo…..kayak ibu sama anak aj. Weleh,weleh… · Siapkan cemilan dalam kost, sapa tau mau ngetik sambil begadang, kan enjoy ngemil roti ama susu secangkir. Wenak bo…… apalagi kalo rame2, wwkkkwkwk · Binus menyediakan beasiswa bagi binusian yang smart, minimal IPS (Index Prestasi Semester) lo harus dapet 3.75 uang SKS bwt semester dpn bisa full gratis kalo IPS lo 4.0 - Jangan harap ada pengumuman nilai, kegiatan kampus, kalender perkuliahan, dll dipapan pengumuman, kampus kita ini kampus IT, tinggal buka Binusmaya aja - Saat menjelang ujian saatnya hunting KISI-KISI, secara kita kampus IT, kisi2 yang beredar menggunakan IT, rajin2 buka forum, milis kelas, YM, smoga kisi2nya manjur. Jangan lupa bwt network dgn kelas2 lain, dosen jg ngasih kisi2. AlKhawarizmi Magz

10


Jangan salah gaul! Sobat muda muslim, perkembangan teknologi informasi ini kudu disikapi dengan bijak. Artinya, rambu-rambu dalam kehidupan yang udah baku jangan dilanggar. Utamanya dalam urusan gaul ini. Kalo gaul bebas antar lawan jenis secara langsung jelas berdosa. Lalu gimana kalo melalui fasilitas party line atau chatting? Yup, memang aktivitas itu nggak disebut berkhalwat. Karena emang nggak bertemu. Meski demikian, interaksi di antara keduanya harus tetep dijaga. Nggak boleh menjurus ke perbuatan maksiat. Misalnya, nggak boleh ngerayu, ngegoda, atau membicarakan halhal yang porno dan yang melanggar syariat lainnya. Kalo itu dilanggar, ya, berdosa dong. Jadi, bukan hanya berbahaya tapi sekaligus sebuah kesalahan dalam pandangan syariat Islam. Itu hanya sebuah sarana yang bisa menghantarkan kepada perbuatan haram. Emang kudu ekstra waspada. Udah deh, daripada kamu keterusan, apalagi sampe kebablasan, mendingan hentikan aja aktivitas begituan. Masih banyak manfaat yang bisa kamu ambil dari cara lain. Misalnya, gaul di dunia nyata. Tentunya dengan tuntunan yang benar dari ajaran Islam dong. Sobat muda muslim, sebenarnya nggak sulit nyari teman di dunia nyata. Mungkin yang jadi sulit adalah karena kitanya sendiri nggak punya prinsip hidup. Kalo pun punya malah salah. Akhirnya nggak karuan kan? Sebagai remaja Islam, maka pastikan teman gaul kita adalah seorang muslim. Sebab, teman bisa membawa berkah, tapi juga bencana.

Makanya jangan berteman dengan orangorang yang rusak kepribadiannya. Firman Allah Swt.: Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(QS Al-Hujurat [49]: 13) Sobat muda muslim, untuk mencari teman selain syarat utama mereka harus muslim, dan punya kepribadian Islam yang bagus, juga boleh-boleh aja kamu pake syarat tambahan, yakni teman muslim yang akhlaknya bagus, plus yang ngertiin kita. Sebab, kita emang bisa berteman dengan setiap muslim dan yang kepribadiannya bagus tapi yang bisa ngertiin sifat kita nggak banyak. Meski demikian, kamu tetap boleh bergaul dengan seluruh kaum muslimin, karena hukum asal seorang muslim bisa dipercaya. Hanya saja, untuk kondisi sekarang, kamu kudu ekstra hati-hati. Sebab, banyak juga teman yang ngakunya

muslim, tapi gaya hidupnya malah mencontoh orang-orang kaďŹ r. Gaswat bener kan?

Jadi emang teman gaul kita kudu yang bener-benar oke kepribadian Islamnya. Kalo kebetulan nggak? Ya, berarti kamu yang kudu ngajak doi ke jalan yang benar. Sebab teman baik ialah yang bisa mengingatkan ketika kita lalai dan berbuat maksiat. Dan tentunya, doi selalu mengajak kepada kebenaran. AlKhawarizmi Magz

11


profil MT Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh Ya... Allah segala puji bagi-Mu. Pujian mulia yang penuh dengan barokah. Pujian yang memenuhi langit dan bumi segala isinya. Dan memenuhi segala apa yang Engkau kehendaki. Semuanya luar biasa, karena Allah tidak hanya menciptakan alam, tapi Allah yang juga menciptakan kejadian, dan kita dalam citaan Allah. Semoga rahmat serta salam senantiasa tercurahkan kepada murobbi teladan, mujahid dakwah, pemimpin umat dunia, makhluk pilihan Rasulullah Saw, beserta keluarga, dan para sahabat serta para da’i yang menyebarkan dakwahnya sampai Hari Akhir. Islam adalah sebuah sistem universal yang lengkap mencakup seluruh aspek hidup dan kehidupan. Islam adalah negara, bangsa dan tanah air, pemerintahan dan rakyat. Islam adalah akhlak dan kekuatan, rahmat dan keadilan. Islam adalah kultur dan perundangundangan, sains dan hukum. Islam adalah jihad dan dakwah, tentara dan ideologi. Sebagaimana Islam juga akidah murni, dan sekaligus ibadah yang benar. Imam Syahid Hasan Al-Banna berkata, ”Saya yakin, seyakin-yakinnya bahwa tidak ada sistem dan ajaran yang menjamin kebahagian jiwa manusia dan memimpin mereka ke jalan kebahagian dengan terang dan praktis selain sistem dan ajaran Islam yang benar, fitri dan jelas”. Dari sini kita dapat mengetahui bahwa suatu sistem atau manhaj yang benar, fitri dan jelas sangat penting dalam perjalanan gerak dakwah, khususnya kita berada di kampus. Berkaitan dengan urgensinya dakwah kampus yang merupakan salah satu pilar utama dari dakwah secara keseluruhan karena melalui dakwah yang dilakukan di lingkungan kampus inilah telah banyak dihasilkan sumbangsih dan aktifitas yang berarti bagi perubahan masyarakat. Dengan demikian, proses dakwah kampus yang berkesinambungan wajib untuk dihidupkan. Maka dari itu, kami dari MT Alkhawarizmi mengajak kepada antum semua, untuk menyeru kepada kebaikan dan berdakwah syiar Islam khususnya di lingkungan kampus dengan bernaung melalui MT ALkhawarizmi. Semoga aktifis dakwah kampus BiNus sekarang dan generasi selanjutnya tetap semangat dan berkomitmen terhadap keberlangsungan dakwah kita ini. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh AlKhawarizmi Magz

12


profil MT ABOUT MT ALKHAWARIZMI

B

erawal dari diperlukannya wadah untuk berinteraksi dan menjalin ukhuwah islamiyah di kalangan karyawan, dosen, dan mahasiswa, dibentuklah suatu wadah yang diberi nama Majelis Ta’lim pada tahun 1989. Dengan jumlah personil yang terbatas pada saat itu Majelis Ta’lim terus berupaya untuk tetap eksis dan dapat memberikan yang terbaik bagi umat muslim di Bina Nusantara.

2. Terlatihnya para ADK guna menjalankan kegiatan dakwah kampus

Pada tahun 1996 dalam rapat pleno pengurus, ditambahkan nama Al-Khawarizmi diambil dari nama seorang ilmuwan Islam sehingga sekarang dikenal dengan nama Majelis Ta’lim Al-Khawarizmi (MT Alkhawarizmi). Seiring dengan berputarnya waktu, MT Alkhawarizmi tumbuh dan berkembang dengan berbagai dinamika dan belajar dari pengalaman di dalam setiap kepengurusan terus diupayakan untuk mempertajam visi dan misi yang sesuai dengan kebutuhan kondisi yang berlaku.

5. Terkikisnya kebiasaan dan kegiatan yang tidak Islami serta tidak bermoral di lingkungan kampus Bina Nusantara, serta terbelanya ide dan kebiasaan yang Islami.

Keberadaan MT sebagai bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Bina Nusantara serta bagian dari Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Majelis Ta’lim berusaha secara aktif dan memberikan kontribusinya ke dalam perkembangan Univ. Bina Nusantara pada umumnya dan umat Islam yang ada di dalam lingkungan Univ. Bina Nusantara pada khususnya. Visi dan Misi Visi : Terbentuknya masyarakat kampus yang Islami di bawah naungan Ridha Illahi Misi : 1. Terbentuknya barisan Aktifis Dakwah Kampus (ADK), yaitu mereka yang menjadi barisan penggerak kegiatan dakwah di Univ. Bina Nusantara

3. Adanya perencanaan yang rapih tentang program dakwah kampus, berikut realisasi dan evaluasinya 4. Terbentuknya opini indahnya Islam di kalangan masyarakat kampus khususnya civitas akademika Univ. Bina Nusantara

6. Terangkat pentingnya supremasi Ilmu Pengetahuan di kalangan ADK dan civitas akademika Univ. Bina Nusantara 7. Terlahirnya sarjana-sarjana yang komit terhadap Islam yang mengisi berbagai bidang di masyarakat, termasuk menjadi dosen di Univ. Bina Nusantara. Arti Nama MT Al-Khawarizmi MT itu sendiri adalah singkatan dari Majelis Ta’lim yang artinya adalah suatu majelis yang membicarakan ilmu pengetahuan. Sedangkan Al-Khawarizmi adalah nama yang diambil dari ilmuwan Islam terkenal yang menemukan logika algoritma yang merupakan cikal bakal ditemukannya komputer. Sehingga nama tersebut dipandang cocok untuk disandingkan dengan MT (Majelis Ta’lim). Logo MT Al-Khawarizmi Menurut sejarahnya logo MT Al-Khawarizmi awalnya terinspirasi oleh tutup botol minuman bersoda.

AlKhawarizmi Magz

13


profil MT KEGIATAN-KEGIATAN MT ALKHAWARIZMI Kegiatan Non Rutin: • Islamic Expo Mei’06 di Kampus Syahdan dan Kampus Anggrek. • Penyambutan Mahasiswa Baru ( PMB ) Juli – Agustus ’06 di Kampus syahdan. • Tafakur Alam ( TA ) September’06 di Sukabumi. • Ramadhan September’06 di Kampus Anggrek dan Syahdan. • Rihlah ( jalan – jalan ) di Bandung November’06. • Latihan Dasar Keorganisasian dan Recruitment ( LDKR ) Desember’06 pesertanya calon pengurus baru di Bogor. • Idul Adha Desember’06 di Kampus Syahdan. • Majelis Ta’lim Recruitment (MTR) Januari’07 di Kampus Syahdan. • Madrasah Tastqif April’07 di Mesjid Al-Balagh. • Dauroh Tarqiyah (DT) Mei’07 di Sukabumi. • Ajang Temu Muslimah ( ATM ) Outdoor Juli’07 di Dunia Fantasi (DuFan) Kegiatan Rutin : • Shalat Jum’at diadakan setiap Jum’at di Musholla Syahdan dan Anggrek • Ajang Temu Muslimah ( ATM ) diadakan setiap Jum’at pukul : 11.30wib di ruang kelas K1A untuk Muslimah BINUS • Kerja Bakti tiap 3 bulan di mushola Syahdan dan Anggrek oleh pengurus MT • Penerbitan MADING setiap 2 minggu sekali di mading musholla • Perbaikan Mushola Syahdan dan Anggrek • MT Usaha seperti Bazaar di depan musholla Syahdan, mengadakan catering. Contact Person : Bila ingin bergabung dengan MT Alkhawarizmi, kamu dapat langsung datang ke Musholla Syahdan atau Anggrek, sebagai sekretariat MT atau menghubungi: Ahmad Deni Muttaqin : 08561088113 Email : aden_satelit@yahoo.com atau Indah Nur Sakinah : 081513657171 Email : syaqie_ins@yahoo.com AlKhawarizmi Magz

14


proямБl MT STRUKTUR BADAN PIMPINAN HARIAN MT. AL KHAWARIZMI UNIV. BINA NUSANTARA PERIODE 2006 / 2007

AlKhawarizmi Magz

15


Al-KhawarizmiMagz-EdPMB  

Buletin Al-KhawarizmiMagz Edisi Khusus PMB

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you