Page 1

> Dakwah < Tokoh Islam > Renungan > Kisah Teladan > Tips MT > Tahukah kamu > Ustad MT Menjawab > Hadist > Error

MT ALKHAWARIZMI magz edisi Juni 2007 free for muslim binusian only

www.alkhawarizmi.or.id


salam redaksi

Assalamualaikum wr wb Alhamdulillahi rabbil alamin, segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat iman, Islam, dan kesehatan serta memberikan nikmat kepada kita untuk dapat menikmati indahnya ukhuwah islamiyah. Semoga Allah SWT menurunkan keridhaan-Nya kepada kita semua. Tidak lupa salawat serta salam kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan para pengikutnya yang Insya Allah tetap istiqomah menegakkan Islam di bumi ini hingga yaumil akhir. Pada edisi kedua ini, ada beberapa kolom yang dimasukkan yaitu Dakwah mengenai ketakutan akan kematian. Tokoh Islam Juuwariyah binti AlHaritz. Kisah Teladan mengenai sahabat nabi. Yang menarik juga adalah Tips refreshing before UAS. Kami menyadari bahwa buletin edisi kali ini Al-Khawarizmi Magz banyak memiliki kekurangan. Jika ada saran dan kritik mohon diberitahu kepada redaksi agar edisi yang mendatang lebih baik lagi. Dapat langsung mengirim email ke readaksi di mail@alkhawarizmi.or.id Wassalamualaikum wr wb

daftar isi > > > > > > > > >

Dakwah “Berani Hidup Tak Takut Mati” Tokoh Islam Juwairiyah binti AL-Haritz Renungan “Fenomena Tukul“ Kisah Teladan “ Ikrimah Bin Abu Jahal” Tips “Refreshing Before UAS“ Tahukah kamu “6 Hak Seorang Muslim Atas Muslim Lainnya“ Ustad MT Menjawab “Kawin Beda Agama“ Hadist “Minum Sambil Berdiri“ Error

2

Al Khawarizmi Magz | Juni


dakwah BERANI HIDUP TAK TAKUT MATI

D

alam kehidupan sehari-hari kita sering kali dihadapkan dengan persaingan yang merupakan bagian dari kehidupan dan membutuhkan keberanian untuk memenangkan persaingan tersebut.

Sebagai mahasiswa, misalnya, kita harus belajar dengan tekun, kita harus berani menanggung lelahnya belajar, sulitnya menghapal dan mempertahankan daya ingat.

Setiap orang, apapun profesinya harus berani menjalani hidup ini dengan keputusan yang telah ia tetapkan. Dalam makna inilah kita memahami firman Allah, “Jika kamu berbuat baik(berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri.” (QS Al-Isra’:7).

Hidup memang pilihan-pilihan. Siapa yang berbuat harus mampu untuk bertanggung jawab. Demikian pula apabila kita memilih jalan maksiat, kita harus berani untuk m e n g h a d a p i segala resiko yang mengancam baik di dunia maupun di akhirat. Maha Benar Allah, ketika kelak setelah menghitung amal manusia yang buruk maupun yang baik, Ia berkata “Wahai manusia sekalian, ini hanyalah apa yang telah kamu kerjakan yang Aku hitung, lalu Aku datangkan balasannya.”

Rasulullah juga diperintahkan untuk menyadarkan ummatnya, betapa hidup adalah pilihan-pilihan. Kepadanya Allah memerintahkan, “Katakanlah:’Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (diantara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik dari dunia ini. Sesungguhnya, orang-orang yang dzalim itu tidak akan mendapat keberuntungan.’”(QS. Alan’am:135). Prinsip keberanian dalam hidup menegaskan bahwa siapapun kita, seorang manusia dewasa harus mampu melilih dengan berani jalan hidup apa yang akan kita tempuh. Kita harus mengisi kehidupan ini dengan segala hal yang memang semestinya kita jalani.

Agama Islam menginginkan setiap orang menyadari apa yang dilakukannya, mengerti konsekwensi akan sebuah tindakan dan perbuatannya. Karena pda kondisi normal seorang manusia dewasa dapat menolak atau menerima, memilih atau meninggalkan. Maka, tak ada pilihan bagi kita, kecuali berani memilih jalan kebenaran. Berani mengakui kesalahan bila tindakan yang kita ambil memang salah, serta berani untuk bertanggung jawab atas segala tindakan yang kita ambil dalam hidup ini. Hidup memang harus dijalani dengan keberanian dan kesadaran diri yang benar. Juni | Al Khawarizmi Magz

3


tokoh islam JUWAIRIYAH binti AL-HARITS

B

eliau adalah Juwairiyah Binti al-Harits Bin Abi Dhirar bin al-Habib al-Khuza’iyah alMushthaliqiyyah. Beliau adalah secantik-cantik seorang wanita. Beliau termasuk wanita yang ditawan tatkala kaum muslimin mengalahkan Bani Mushthaliq pada saat perang Muraisi’. Hasil Undian Juwairiyyah adalah bagian untuk Tsabit Bin Qais bin syamas atau anak pamannya, tatkala itu Juwairiyyah berumur 20 tahun. Dan akhirnya beliau selamat dari kehinaan sebagai tawanan/rampasan perang dan kerendahannya. Beliau menulis untuk Tsabit bin Qais (bahwa beliau hendak menebus dirinya), kemudian mendatangi Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam agar mau menolong untuk menebus dirinya. Maka menjadi iba-lah hati Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa sallam melihat kondis seorang wanita yang mulanya adalah seorang sayyidah merdeka yang mana dia memohon beliau untuk mengentaskan ujian yang menimpa dirinya. Maka beliau bertanya kepada Juwairiyyah: “Maukah engkau mendapatkan hal yang lebih baik dari itu ?”. Maka dia menjawab dengan sopan: “Apakah itu Ya Rasulullah ?”. Beliau menjawab: “Aku tebus dirimu kemudian aku nikahi dirimu!”. Maka tersiratlah pada wajahnya yang cantik suatu kebahagiaan sedangkan dia hampirhampir tidak perduli dengan kemerdekaan dia karena remehnya. Beliau menjawab:”Mau Ya Rasulullah”. Maka Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda:” Aku telah melakukannya”. ‘Aisyah, Ummul Mukmini berkata:”Tersebarlah berita kepada manusia bahwa Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam telah menikahi Juwairiyyah binti al-Harits bin Abi Dhirar. Maka orang-orang berkata:”Kerabat Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam! Maka mereka lepaskan tawanan perang yang mereka bawa, maka sungguh dengan pernikahan beliau Shallallâhu ‘alaihi wa sallam dengan Juwairiyyah manjadi sebab dibebaskannya seratus keluarga dari Bani Mushthaliq. Maka

4

Al Khawarizmi Magz | Juni

aku tidak pernah mengetahui seorang wanita yang lebih berkah bagi kaumnya daripada Juwairiyyah. Dan Ummul Mukminin ‘Aisyah menceritakan perihal pribadi Juwairiyyah:”Juwairiyyah adalah seorang wanita yang manis dan cantik, tiada seorangpun yang melihatnya melainkan akan jatuh hati kepadanya. Tatkala Juwairiyyah meminta kepada Rasulullah untuk membebaskan dirinya sedangkan -demi Allah- aku telah melihatnya melalui pintu kamarku, maka aku merasa cemburu karena menduga bahwa Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam akan melihat sebagaimana yang aku lihat. Maka masuklah pengantin wanita, Sayyidah Bani Mushthaliq kedalam rumah tangga Nubuwwah. Pada Mulanya, nama Beliau adalah Burrah namun Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam menggantinya dengan Juwairiyyah karena khawatir dia dikatakan keluar dari biji gandum. Ibnu Hajar menyebutkan di dalam kitabnya, al-Ishabah tentang kuatnya keimanan Juwairiyyah radhiallaahu ‘anha. Beliau berkata: “Ayah Juwairiyyah mendatangi Rasul dan berkata: “Sesungguhnya anakku tidak berhak ditawan karena terlalu mulia dari hal itu. Maka Nabi Shallallâhu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bagaimana pendapatmu seandainya anakmu disuruh memilih di antara kita; apakah anda setuju?”. “Baiklah”, katanya. Kemudian ayahnya mendatangi Juwairiyyah dan menyuruhnya untuk memilih antara dirinya dengan Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau menjawab:”Aku memilih Allah dan RasulNya”. Ibnu Hasyim meriwayatkan bahwa akhirnya ayah beliau yang bernama al-Harits masuk Islam bersama kedua putranya dan beberapa orang dari kaumnya. Ummul Mukminin, Juwairiyyah wafat pada tahun 50 H. Ada pula yang mengatakan tahun 56 H.


RENUNGAN

fenomena tukul kembali ke...??

“K

embali ke Lap…….( TOP !!!!! )”, suara Tukul diikuti teriakan penonton. Kita pasti sanagat familiar dengan kata-kata tersebut. Benar, itu adalah kalimat andalan Tukul yang tampil di acara salah satu stasiun televisi swasta. Setiap kali Tukul mengatakan kalimat tersebut, penonton pasti langsung mengikutinya. Seolah-olah terbius oleh Tukul, mereka mengikuti apaapa yang dikatakan dan diminta olehnya. Lalu apa hubungannya hal ini dengan kita? Ada, yaitu kembali ke satu hal tanpa ada keberatan dalam menjalankannya. Lalu kemana kita harus kembali? Kalau Tukul kembali ke laptop, kita umat Islam kembali ke masjid. Loh kok masjid??? Iya, karena kebanyakan orang Islam sudah meninggalkan masjid ( contohnya saya ). Sebagian besar dari kita pasti menyadari, bahwa kita kembali ke masjid hanya pada waktu-waktu tertentu. Contohnya ketika menjalankan ibadah shalat Jum ’at, menjalankan shalat Ied, merayakan maulid nabi, dan lain sebagainya. Itu pun hanya sebagian umat Islam yang hadir, kecuali pada waktu shalat Jum ‘at dan shalat Ied masjid pasti ramai dan penuh sesak. Tapi bila tiba waktu shalat yang 5 waktu, masjidnya sepi, kosong melompong, tidak banyak yang datang. Sebagian besar di sibukkan dengan urusan dunia seperti pekerjaan dan lainnya.

Nah, hal inilah yang perlu kita contoh dari para penonton Tukul. Kita kembali ke masjid rumah Allah seperti kita kembali ke laptop Tukul. Tanpa ada paksaan dan keberatan, hanya ada keikhlasan untuk menghadap Allah semata. Memang kita bisa saja menjalankan ibadah shalat dimana saja, di musholla kantor, sekolah, kampus atau tempat-tempat yang difungsikan sebagai tempat shalat. Tetapi bukankah menghidupkan masjid ( dalam artian shalat di masjid ) akan lebih baik? Selain bisa shalat berjamaah, juga bisa berdzikir atau ibadah lainnya yang dapat membuat kita lebih dekat kepada Allah. Sekali lagi, kita kembali ke masjid bukan hanya pada waktu-waktu tertentu saja. Tetapi kalau bisa, disetiap waktu shalat yang 5 kali sehari itu kita berada di masjid. Selain dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah. Kita juga akan memproleh pahala karena kita telah menghidupkan masjid. Selain itu, bukankah seorang petinggi orang non muslim pernah menyatakan akan takut kepada umat Islam bila kita menjalankan shalat Subuh seprti kita menjalankan shalat Jum ‘at? Jadi, marilah kita kembalikan masjid sebagai tempat kita menghadap Allah dan juga menghimpun kekuatan umat. Mari kita Kembali ke Mas…..( TOP !!!!). Loh salah. Ulangi. Kembali ke Mas…..( JID !!!!!!!!!!! ), ( yang baca yang teriak ).

Juni | Al Khawarizmi Magz

5


kisah teladan Ikrimah Bin Abu Jahal Mengingat Ikrimah bin Abu Jahal adalah mengingat sosok sahabat nabi yang menjadi tauladan dalam beritsar. Ikrimah menjadi contoh kemuliaan pribadi yang mengutamakan kepentingan orang lain. Sejarah mencatat, di antara orang-orang yang termasuk dalam barisan Perang Yarmuk adalah Haris bin Hisyam, Ikrimah bin Abu Jahal dan Suhail bin Amar. Di saat-saat kematian mereka, ada seorang sahabat yang memberinya air minum, akan tetapi mereka menolaknya. Setiap kali air itu akan diberikan kepada salah seorang dari mereka yang bertiga orang itu, maka masing-masing mereka berkata: “Berikan saja air itu kepada sahabat di sebelahku.” Demikianlah keadaan mereka seterusnya, sehingga akhirnya mereka bertiga menghembuskan nafas yang terakhir dalam keadaan belum sempat meminum air itu. Dalam riwayat lain diceritakan, bahwa sebenarnya Ikrimah bermaksud untuk meminum air tersebut, akan tetapi pada waktu ia akan meminumnya, ia melihat ke arah Suhail dan Suhail pun melihat ke arahnya pula, maka Ikrimah berkata: “Berikanlah saja air minum ini kepadanya, barangkali ia lebih memerlukannya daripadaku.” Suhail pula melihat kepada Haris, begitu juga Haris melihat kepadanya. Akhirnya Suhail berkata: “Berikanlah air minum ini kepada siapa saja, barangkali sahabat-sahabatku itu lebih memerlukannya daripadaku.” Begitulah keadaan mereka, sehingga air tersebut tidak seorangpun di antara mereka yang dapat meminumnya, sehingga ketiganya mati syahid. Sungguh mulia sifat beliau. Semoga apa yang dilakukan oleh Ikrimah bin Abu Jahal dapat menjadi contoh teladan bagi kita smua dalam menjalani kehidupan ini. Bahwa kita harus saling peduli terhadap saudara-saudara kita. Jika mereka mengalami kesusahan sudah seharusnya bagi kita untuk dapat menolongnya meskipun mungkin belum mempu sampai harus mengorbankan nyawa.

6

Al Khawarizmi Magz | Juni


tips mt REFRESHING BEFORE UAS

W

ah, UAS bentar lagi nih. Mana materi blum smuanya ngerti lagi. So pasti siap – siap begadang sebelum ujian. Pasti bakalan cape badan and capek otak. Sebelum kita bertempur, adakalanya kita butuh refreshing biar nanti di medan perang makin semangat. Oke, Akang Gimbal punya beberapa tips buat menyegarkan otak kamukamu semua yang akan menghadapi ujian. Dari tips yang Islami sampai tips yang akan dilakukan oleh manusia pada umumnya. Nah ini dia tipsnya: 1. Pergi jalan-jalan Pergi jalan-jalan sepertinya jadi cara yang ampuh dan paling murah buat refreshing sebelum UAS. Eits, tapi jalan-jalannya nggak perlu ke tempat yang jauh. Cukup cari spot atau tempat yang kita rasa bisa menenangkan otak plus badan kita. Agak bandel dikit nih, jalan-jalan keliling Jakarta pas jam 1 atau jam 2 dini hari tuh enak lho. Sepi plus bisa nikmatin suasana kota Jakarta di malam hari yang 100% berbeda. 2. Browsing atau surfing Internet Ini agak keluar biaya sedikit. Tapi lumayan buat me-refresh memory otak yang udah penuh sama pelajaran kuliah. Selain bisa buat refreshing, bisa juga buat mencari informasi atau ide-ide fresh yang mungkin nantinya bisa berguna pas kita mo ujian. 3. Main game online Nah, kalo ini kebiasaan anak kampus banget. Gak peduli habis kuliah atau pas lagi ujian sekalipun pasti pada nyempetin diri buat main game online. Dari DotA, CS, Seal, dan lain sebagainya. Tapi memang tidak diragukan lagi, ini memang cara yang baik buat refreshing. Secara warnet ngampar di sekitar kampus BiNus. Main game 1 sampai 2 jam aja, kita udah refresh, nyantai, dan tenang. Otak seger badan aja sedikit lemes.

4. Dengerin musik Nah ini juga bagus, tinggal nyalain computer atau MP3 player trus dengerin deh musiknya. Nggak mungkin otak kita nggak seger habis dengerin musik. Menurut beberapa ahli, musik itu bagus buat penyegaran otak terutama musik Jazz. Jadi tinggal buka playlist kita yang jumlahnya bisa sampe 2 Gb lebih, trus nikmatin deh. Jamin otak lebih fresh habis itu. 5. Dzikir Pernah denger kan kalo dzikir itu bisa menenangkan hati dan pikiran? Nah cara ini juga bisa dicoba. Nggak usah lama-lama, cukup 15 menit kita dzikir Insya Allah hati dan pikiran kita bisa tenang dan lebih fresh. Coba deh. 6. Baca Al-Qur’an Baca Al-Qur’an juga bisa jadi penenang dan penyegar hati. Habis ujian, hati kita pasti nggak tenang mikirin hasilnya. Iya kan? Nah dari hati kita, otak ke bawa juga buat mikir. Tambah cape deh. Coba baca Al-Qur’an deh, Insya Allah bisa lebih tenang dan nggak bikin kita kepikiran sama hasil ujiannya. Minimal kita bisa berpikir kalo kita sudah berbuat yang terbaik waktu ujian dan bisa prediksi kalo ujian nanti sukses. Nggak jadi parno gitu. Ya, mungkin ini aja yang bisa saya tulis buat tips of the month kali ini. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang sopan, kurang ajar, kurang lengkap, dan kurang yang lainnya. Oh iya, kalo ada yang punya tips-tips yang bagus boleh lho dikirim ke milis MT buat diangkat jadi tulisan kayak ini. Oke, sekian dari Akang Gimbal. Kita ketemu lagi di tulisan, tips, dan segala sesuatunya lagi lain kali.

Juni | Al Khawarizmi Magz

7


TAHUKAH KAMU 6 Hak Seorang Muslim atas Muslim Lainnya Mengucapkan Salam Sabda Rasulullah SAW “ Demi Dzat yang diriku dalam genggamanNya, mereka tidak masuk surga sehingga mereka beriman, dan mereka tidak beriman sehingga mereka saling mencinta. Maukah kamu aku tunjukkan sesuatu yang jika kamu mengerjakannya kamu saling menyinta? Sebarkan salam di kalangan kamu.” Memenuhi Undangan Seorang muslim yang mengundang saudaranya, maka ia berhak didatangi, oleh karena itu kewajiban yang diundang adalah mendatangi undangan tersebut sebagai mana sabda Rasulullah saw “Penuhilah undangan ini jika kamu diundang.” Memberi Nasehat Sesungguhnya agama ini adalah nasehat sebagaimana sabda Rasulullah saw`“ Agama itu nasehat” Kami bertanya kepada beliau, “Nasehat kepada siapa ?” Beliau menjawab : “Terhadap Allah, Quran, RasulNya, pemimpin-pemimpin dan seluruh kaum Muslimin”. Apabila ia bersin dan memuji Allah, hendaklah engkau mentasymitkannya (berdoa untuknya). Mendoakan saudara yang bersin merupakan wujud perhatian dan kasih sayang terhadap saudaranya, sebab tatkala saudaranya itu bersin dan mengucapkan pujian kepada penciptanya : “Alhamdulillah”, serta merta ia yang mendengarkannya menanggapi dengan mengucapkan “Yarhamukallah” (Semoga Allah memberimu Rahmat), ia merupakan ucapan simpati dan doa atas kondisi saudaranya yang senantiasa memuji Allah dalam setiap keadaan khususnya saat ia bersin. Menjenguknya ketika sakit Abu Hurairah ra meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda “ Sesungguhnya seorang muslim apabila menjenguk saudaranya sesama muslim, maka ia tetap berada di antara buah-buahan surga yang siap dipetik, sampai akhirnya ia kembali “ (HR.Muslim). Mengiringi jenazahnya Persaudaraan sejati tidak sebatas pada alam dunia saja, saat ajal menjemput, saudaranya ikut berta’ziyah dan mengiringi jenazahnya dan menyaksikan jasad saudaranya dimasukkan kedalam liang lahat, iringan terakhir di dunia dan kelak akan berjumpa di surganya Insya Allah. Allah swt bahkan akan memberikan pakaian kehormatan bagi mu’min yang berta’ziyah kepada saudaranya sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Majah dari Amr bin Haram : Tiadalah di antara mu’min berta’ziyah kepada saudaranya yang mendapat musibah, kecuali Allah mengenakan pakaian kehormatan pada hari kiamat.

8

Al Khawarizmi Magz | Juni


ustad mt menjawab Kawin beda agama?? Fulan : “ Assalamua’alaikum Ustad,,,,piye kabare??? Ehm,,,punya waktu luang kagak ?” Ustad : “Wa’alaikumussalam Wr.Wb.. Baik,,baik… Insya Allah ada,,,mang ada apa niY,, Tumben nanya?” Fulan : “ mmmm,,,, sebenarnya nikah beda agama itu boleh ga c?? Cuma pgn nanya aja Jangan mikir macem2 yaa…hehehhe” Ustad : “ Oooh,,, , dalam Islam itu tidak pekenankan menikah dalam berbeda agama. Ada Toh Nduk?? Wah,,Saya jadi curiga niy….” Fulan : “Hoohohoho,,ga kok,,Cuma sekedar pingin tau aja,,kan banyak sekarang artis2 Yang nikah beda agama. Ooppss,,,ketauan dey saya suka nonton acara Gossip! Ssst..jangan bilang syapa2 ya Pak Ustadz..” (Mengernyitkan dahi beberapa saat sambil menggaruk-garuk kepala ) Ustad : “ Lho…kenapa,,kok kyaknya bingung gitu…” Fulan :” ga,,, Klo emang ga diperbolehkan,,kok saya pernah melihat di TV ada artis yang Menikah beda agama,,yang diperbolehkan oleh suatu lembaga tertentu?? Padahalkan di Indonesia setahu saya tidak diperbolehkan. Ustad : ” Gini ya Nak, klo memang ada lembaga yang membolehkan,,ya terserah mereka, Yang penting kita memiliki pemehaman seperti ini… Sesuai Al-Qur’an “. Fulan :” But,,klo seandainya saya diundang ama temen yang mau nikah sama yang non Islam,saya mesti giman dunks??” Ustad : “ Okey,,,just make it simple dunks,, Duh,,Ustad jadi sok Gaul niy,,hehehehhe. Untuk undangan, jika menikahnya dilarang ,berarti kita juga ga perlu Mendatanginya, ini juga dilarang. Coba dey,,nanti kamu sampe rumah buka Q.S . Al-Baqarah 221“ Fulan :” oKEy d Pak Ustad,,,terima kasih yaaa…. Saya mau pulang mandi niy,,bau ! hehehhehe”

Juni | Al Khawarizmi Magz

9


hadist Minum sambil berdiri

Oleh: asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani rohimahulloh

Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda: ‫ﺍًﻡِﺉﺍَﻕ ْﻡُﻙْﻥِﻡ ٌﺩَﺡَﺃ َّﻥَﺏَﺭْﺵَﻱ ﺍَﻝ‬. “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri.” [Lihat ash-Shohihah no. 175] Dan sungguh hadits ini telah diriwayatkan dengan lafadz yang lain, yaitu : ‫ﻱِﻑ ﺍَﻡ ٌﻡِﺉﺍَﻕ َﻭُﻩَﻭ ُﺏَﺭْﺵَﻱ ﻱِﺫَّﻝﺍ ُﻡَﻝْﻉَﻱ ْﻭَﻝ‬ ‫ُﻩَءﺍَﻕَﺕْﺱﺍَﻝ ِﻩِﻥْﻁَﺏ‬. “Seandainya orang yang minum sambil berdiri mengetahui apa yang ada dalam perutnya sungguh ia akan memuntahkan.” [Lihat ash-Shohihah no. 176] Dalam hadits tersebut terdapat sindiran yang halus tentang larangan minum sambil berdiri, dan sungguh telah datang penegasan tentang hal tersebut dari hadits Anas rodhiyallohu anhu, yaitu : ‫ﺍًﻡِﺉﺍَﻕ ِﺏْﺭُّﺵﻝﺍ ْﻥَﻉ ] َﺭَﺝَﺯ ﻅﻑﻝ ﻱﻑﻭ [ ﻯَﻩَﻥ‬. “Nabi shollallohu alaihi wa sallam melarang (‫( )ﻯَﻩَﻥ‬dan dalam suatu lafadz: (‫)َﺭَﺝَﺯ‬ mencela) dari minum sambil berdiri.” [Lihat ash-Shohihah no. 177] Dhohir larangan dari hadits-hadits ini menunjukkan keharoman minum sambil berdiri tanpa udzur. Dan sungguh telah datang dalam hadits-hadits yang banyak bahwa Nabi shollallohu alaihi wa sallam minum sambil berdiri, para ulama telah berbeda pendapat dalam menggabungkan antara keduanya. Jumhur ulama berpendapat bahwa larangan tersebut bermakna tanzih (makruh tanzih, pent) dan perintah untuk memuntahkan adalah mustahab. Dan Ibnu Hazm menyelisihi

10

Al Khawarizmi Magz | Juni

mereka, ia berpendapat tentang haromnya. Dan mungkin inilah yang lebih dekat kepada kebenaran, karena sesungguhnya pendapat yang mengatakan tanzih tidak didukung dengan lafadz “mencela” (‫ )ﺭﺝﺯ‬dan tidak pula perintah untuk memuntahkan. Karena ia –maksudku : memuntahkan- padanya terdapat kesulitan yang berat bagi seseorang, dan aku tidak mengetahui bahwa dalam syari’at ada pembebanan seperti ini bagi orang yang bermudah-mudah (tasaahul) dengan perkara yang mustahab. Demikian pula sabdanya : ‫ﻥﺍﻁﻱﺵﻝﺍ ﻙﻉﻡ ﺏﺭﺵ ﺩﻕ‬ “Setan telah minum bersamamu.” Pada hadits ini terdapat penjauhan yang keras dari minum sambil berdiri, dan tidaklah peringatan seperti itu dikatakan dalam meninggalkan sesuatu yang mustahab. Dan hadits-hadits tentang minum sambil berdiri mungkin untuk dibawa pada kondisi udzur seperti sempitnya tempat atau keadaan tempat airnya yang menggantung, dan dalam sebagian hadits terdapat isyarat tentang hal tersebut. Wallohu a’lam. Kemudian aku melihat suatu perkataan yang bagus yang mirip dengan ini oleh Ibnu Taimiyyah, rujuklah dalam Al-Majmu’. *** [Diterjemahkan dari Aunul Wadud li Taysiiri ma fi as-Silsilah ash-Shohihah minal Fawa’id war Rudud. Takhrij hadits ini selengkapnya lihat di as-Silsilah ashShohihah no. 116, 117 & 118]


error Menuurt sbeauh penilitean di Cmabrigde Uinervtisy, tdaik mejnadi maslaah bgaimanaa urtaun hruuf-hruuf di dlaam sebauh ktaa, ynag palnig pnteing adlaah leatk hruuf partema dan terkhair itu bnaer. Siasnya dpaat brantaaken saam skelai dan kmau maish dpaat mebmacanya tnpaa msaalah. Hal ini kaerna otak manusia tidak membaca setiap huruf masing-masing, tatepi kata keseluruahn. Manejkubakn naggk?

Hewan apa yang bersaudara? Jawab : Katak beradik Telor apa yang ditakuti sama telor lainnya? Jawab : Telor asin, soalnya ada tatonya Telor asin paling takut ama telor apa ? Jawab : Telor Puyuh, soalnya tatonya lebih banyak Kenapa robin jadi pembasmi kejahatan? Jawab : Soalnya dia ketemu sama batman.... kalo ketemunya sama baskin dia bakalan buka toko eskrim Kenapa nyamuk kalau terbang pasti bunyinya nging nging dikuping? Jawab : Sebab nyamuk menghisap darah coba kalau menghisap solar pasti bunyinya bremmmmmmm...... bremmmmmm... bremmmmmm... bremmmmmmmm Burung apa yang sayapnya satu? Jawab : Burung ngelamar kerjaan (sayap satunya megang map) Orang apa kalau dipukul gak sakit-sakit? Jawab : Orang gak kena yeeeeeeeeee Mengapa bumi selalu berputar mengelilingi matahari? Jawab : Karena ingin mencari diskon Matahari yang paling besar Apa bahasa indianya bumbu dapur? Jawab : Tumbar miri jahe

Juni | Al Khawarizmi Magz

11


SATU LAGI, PERSEMBAHAN KAMI

join in our website: w w w . a l k h a w a r i z m i . o r. i d our milis: muslim_binus@yahoogroups.com

div. informasi

Al-KhawarizmiMagz-2-Juni07  

Buletin Al-KhawarizmiMagz Edisi 2 Juni 2007

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you